Apr 19, 2013

Elegi Ritual Ikhlas I: Informasi awal


Elegi Ritual Ikhlas 2: Persiapan Teknis 1


Elegi Ritual Ikhlas 3: Persiapan Teknis 2


Elegi Ritual Ikhlas 4: Cantraka Sakti belum Ikhlas


Elegi Ritual Ikhlas 5: Cantraka Hitam Menguji Ilmu Hitamnya


Elegi Ritual Ikhlas 6: Cantraka Sakti Berkonsultasi kepada Muhammad Nurikhlas.


Elegi Ritual Ikhlas 9: Menggapai Keutamaan Dzikir


Elegi Ritual Ikhlas 7: Tanya jawab pertama perihal Hati yang Ikhlas


Elegi Ritual Ikhlas 8: Tata Cara atau Adabnya Orang Berdoa


Elegi Ritual Ikhlas 11: Memahami makna Taubat dan bertobat Nasuhah.


Elegi Ritual Ikhlas 12: Wasiat Muhammad Nurikhlas kepada Para Cantraka : Meretas Sejarah Peradaban Manusia


Elegi Ritual Ikhlas 13: Memandang Wajah Rasulullah


Elegi Ritual Ikhlas 14: Perjuangan Dewi Umaya dan Muhammad Nurikhlas


Elegi Ritual Ikhlas 15: Melawan Hawa Nafsu


Elegi Ritual Ikhlas 16: Menggapai Hamba Bersahaja


Elegi Ritual Ikhlas 17 : Para Bagawat Berlomba Menjunjung Langit


Elegi Ritual Ikhlas 18: Menggapai Hati Yang Jernih


Elegi Ritual Ikhlas 19: Tak Mampu Memikirkan Kapan Datangnya Kiamat


Elegi Ritual Ikhlas 20: Metafisika Filsafat


Elegi Ritual Ikhlas 21: Menggapai Ramai


Elegi Ritual Ikhlas 22: Perkelahian Keburukan dan Kebaikan


Elegi Ritual Ikhlas 23: Menggapai Cinta Ilahi


Elegi Ritual Ikhlas 24: Menggapai Doa dan Ikhtiar


Elegi Ritual Ikhlas 25: Menggapai Diri


Elegi Ritual Ikhlas 26: Perlombaan Menjunjung Langit


Elegi Ritual ikhlas 27: Silaturakhim Para Ikhlas


Elegi Ritual Ikhlas 28: Tasyakuran Ke Satu (Proyek Syurga)


Elegi Ritual Ikhlas 29: Tasyakuran Ke Dua (Proyek Syurga)


Elegi Ritual Ikhlas 30: Tasyakuran Ketiga (Proyek Syurga)


Elegi Ritual Ikhlas 31: Menggapai Kedamaian


Elegi Ritual Ikhlas 32: Mengaji Jalaliyyah dan Jamaliyyah Wujud Allah


Elegi Ritual Ikhlas 33: Doakulah yang tersisa


Elegi Ritual Ikhlas 34: Menemukan Ruh


Elegi Ritual Ikhlas 35: Cendekia yang ber Nurani


Elegi Ritual Ikhlas 36: Menggapai Tidak Risau


Elegi Ritual Ikhlas 38 : Menggapai Pikiran Ikhlas


Elegi Ritual Ikhlas 39: Menggapai Sepi


Elegi Ritual Ikhlas 40: Berguru Kepada Imam Al-Ghazali untuk Meningkatkan Kualitas Spiritual (Islam)


Elegi Ritual Ikhlas 41: Balas Dendam Syaitan Terhadap Matematikawan


Elegi Ritual Ikhlas 42: Mengubah Mitos menjadi Logos


Elegi Ritual Ikhlas 43: Kyai Mursidin 1


Elegi Ritual Ikhlas 44: Kyai Mursidin 2


Feb 12, 2013

Problem Utama Inovasi Pembelajaran (Matematka) pada PLPG dan Sertifikasi Guru


Lesson Study dan Siswa Berkebutuhan Khusus Belajar Matematika (Telah dimuat di Bernas, 26 Agustus 2008)


Pembelajaran Matematika Seperti Apa yang Kita Harapkan di SD?


Problematika Pembelajaran Matematika di SD

Identifikasi Problematika Pembelajaran Matematika di SD

To Develop Lesson Plan for Secondary Mathematics Teaching (Mengembangkan RPP Untuk PBM Matematika di SMP)


Metodologi Pendidikan


IDENTIFIKASI MASALAH PSIKOLOGI MENGAJAR MATEMATIKA, PSIKOLOGI BELAJAR MATEMATIKA DAN PSIKOLOGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA


IDENTIFICATION PSYCHOLOGICAL PROBLEMS IN THE TEACHING LEARNING OF MATHEMATICS


Peran Intuisi Dalam Pembelajaran Matematika


Perencanaan Pembelajaran Matematika


Peran Penelitian dalam Pengembangan Pendidikan Matematika


Peer Teaching of Secondary Mathematics in Bilingual for Teachers of The Candidate of International School


Identification the Problems on The Effort to Improve Teaching Learning Practice


Peer-teaching as one of The Activities of In-service Mathematics Junior High School Teacher Training


The anxiety of Mathematics Teachers and Their Problems


The Scene of Primary Mathematics Teaching


The Simple Logic of The Need to Reform of Mathematics Education in Indonesia


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 1: Intuisi dalam Matematika


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 2: Intuisi dalam Matematika (2)


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 3: Budaya Matematika Menghasilkan Mathematical Intuition


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 4: Kompetensi Matematika juga Menghasilkan Mathematical Intuition


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 5: Peran Intuisi dalam Mathematical Research


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 7: Structuralism Mathematics


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu?


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 9: School Mathematics


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 10: Architectonic Mathematics (2)


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 11: Apakah Matematika Kontradiktif ? (Bagian Kesatu)


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 12: Apakah Matematika Kontradiktif? (Bagian kedua)


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 13: Apakah Matematika Kontradiktif? (Bagian Ketiga)


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 14: Apakah Matematika Kontradiktif? (Bagian Keempat)


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 15: Apakah Matematika Kontradiktif? (Bagian Kelima)


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 16: Apakah Matematika Kontradiktif (Bagian Keenam)


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 17: Apakah Matematika Kontradiktif? (Bagian Ketujuh)


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 18: Apakah Mat Kontradiktif (Tanggapan utk Ibu Kriswianti)


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 19: Apakah Mat Kontradiktif? (Tanggapan utk P Handarto C)


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 20: Apkh Mat Kontradiktif? (Tanggapn utk Bu Kriswianti bgn kedua)


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 21: Mengapa 3+4=7 kontradiktif? (Bagian Kesatu)


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 22: Apakah Mat Kontradiktif (Jawaban utk Prof Sutarto Bgn Kesatu)


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 23: Logicist-Formalist-Foundationalist (Jawaban utk Prof Sutarto Bgn kedua)


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 24: Solusi 3+4=7 kontradiktif? (Jawaban utk Prof Sutarto Bgn Ketiga)


Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 25: Kompromi antar Pure Mathematics dgn School Mathemastics (Jawaban untuk Prof Sutarto Bgn Keempat)


Elegi Menggapai Sumber Bacaan_Makalah_Penelitian_Pengabdian Masyarakat_tentang Matematika_Pendidikan Matematika_dan Filsafat


Elegi Guru Menggapai Perubahan


Forum Tanya Jawab 64 : Burung di Pagi Hari, Jengkerik di Sore Hari


Forum Tanya Jawab 63: Bagaimana Siswa Bisa Menentukan Kurikulum?


Some Problems in the Effort of Promoting Innovations of Teaching Learning of Mathematics and Sciences in Indonesia


Mathematical Concept: What are their notions?


The Nature of Teaching Learning Processes


The Nature of Mathematics and School Mathematics


Constructing Mathematics Activity at Group-Discussion of The 6th Grade Students Of Primary Schools


Reflection Teacher’s Style of Mathematics and Science Teaching by Identifying Their Utterances


Vygotsky's Work and Its Relevance to Mathematics Education


Piaget's Work and its Relevance to Mathematics Education


Do the Teachers need to Research their Own Teaching ?


The Role of Lesson Study to Improve Teaching Learning of Mathematics and Science


Sekolah Bertaraf Internasional


Sekolah Bertaraf Internasional : Sebuah Epistemology


Artikel Populer: Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Matematika


Some Problems in the Effort of Promoting Innovations of Teaching Learning Practice: Reflection of Peer Teaching activities of Teachers’ Certification


The Nature of Teaching Learning Resources


The Nature of Mathematics Education Aim


The Nature of Students Learn Mathematics


The Implication of Vigotsky’s Work to Mathematics Education


The Role of Cognitive Development Theory for Mathematics Education


The Implication Of Piaget's Work to Mathematics Education


REFLECTION ON THE TEACHING OF “THE MULTIPLICATION ALGORITM OF THE 3rd GRADE OF PRIMARY SCHOOL” THROUGH VTR


Jan 13, 2013

PERFECTIONISM


UNIFORMITARIANISM


THEISM


STOICISM


SOPHISM


SCHISM


PYRRHONISM


PANTHEISM


NOMINALISM


INDIVIDUALISM


HEURISTICISM


FUNCTIONALISM


FICTIONALISM


EXPERIMENTALISM




ETHOLOGY




ECUMENISM




DUALISM




DIALECTICISM




CRITICISM




CONSEQUENTIALISM




CONSTRUCTIVISM




CONNECTIONISM




HOLISM


ACTUALISIM


SUMMUM BONUM


IDENTITY THEORY


TELEOLOGICAL ARGUMENT


COHERENTISM


Dec 2, 2012

EPOCHE


PHENOMENOLOGY


ANALYTIC -SYNTHETIC


METAPHYSICS


A PRIORI dan A POSTERIORI



NOUMENA


HERMENEUTICS


STRUCTURALISM


DEDUCTIVISM


INDUCTIVISM


RATIONALISM


ROMANTICISM


MONISM


PLURALISM


RELATIVISM



Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang RELATIVISM, silahkan konek:
  

IDEALISM


ABSOLUTISM


REALISM


HEGELIANISM


DIALECTICISM


FOUNDATIONALISM


INTUITIONISM


SCEPTICISM


TRANSCENDENTALISM


MYTHOLOGY


EXISTENTIALISM


REDUCTIONISM


DETERMINISM


VITALISM


FATALISM


HUMANISM


NIHILISM


Dec 1, 2012

FALLIBISM


NATURALISM

Ass Wr Wb
Jika ingin mambaca labih lanjut tentang NATURALISM, silahkan konek berikut:

SCIENTISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang SCIENTISM, konek ke berikut ini:

SOCIO-CONSTRUCTIVISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang SOCIO-CONSTRUCTIVISM, bisa konek berikut:


CAPITALISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang CAPITALISM, silahkan konek :

Analytic Philosophy


Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut Filsafat Analitik, bisa akses ke:

NOMINALISM

Ass Wr Wb
Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang NOMINALISM, silahkan konek ke:

POSITIVISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut perihal POSITIVISME, silahkan konek berikut:

POSMODERNISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang POSMODERNISM, silahkan konek ke:

HEDONISM



Ass Wr Wb
Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang  HEDONISM, BECALAH DI LINK BERIKUT:


Wss Wr Wb
Marsigit

UTILITARIANISM

Ass Wr Wb

Jika ingin membaca lebih lanjut tentang UTILITARIANISM, silahkan konek ke:

PRAGMATISM

Ass Wr Wb

Jika ingin membaca lebih lanjut tentang PRAGMATISM, bisa cermati link berikut:

Neo-Capitalism_By Nimer Ahmad


Nov 26, 2012

FOUNDATION OF MATHEMATICS_Documented by Marsigit


ELEMENTS OF EUCLID_Documented by Marsigit



CATEGORY THEORY_Documented by Marsigit




Godel Work to Show the Un-Success of Hilbert's Program_Documented by Marsigit



Hilbert's Program 1_Documented by Marsigit



Hilbert's Program 2_Documented by Marsigit



Hilbert's Program 3_Documented by Marsigit



INTUITIONISM_Documented by Marsigit




LOGICAL FALACY_ Documented by Marsigit



LOGICISM_Documented by Marsigit



MATHEMATICAL MODEL_Documented by Marsigit



MATHEMATICAL PROOF 1_ Documented by Marsigit



MATHEMATICAL PROOF 2_Docemented by Marsigit




MATHEMATICAL PROOF 3_Documented by Marsigit



PLATONISM_Documented by Marsigit



THE FIRST CRISIS IN THE FOUNDATION OF MATHEMATICS_Documented by Marsigit



THE SECOND CRISIS IN THE FOUNDATION OF MATHEMATICS_Documented by Marsigit



THE THIRD CRISIS IN THE FOUNDATION OF MATHEMATICS_Documented by Marsigit


Nov 25, 2012

KANT'S EPISTEMOLOGICAL DUALISM


KANT’S TRANSCENDENTAL ANALYTIC


KANT'S THEORY OF JUDGMENT


PURE INTUITION AND THE CONCEPT OF UNDERSTANDING


KANT'S TRANSCENDENTAL DIALECTIC


KANT’S TRANSCENDENTAL DOCTRINE OF METHOD



HOW THE UNDERSTANDING "ACTS UPON" THE MATERIAL OF SENSIBLE EXPERIENCE
------------------------------------------------------------------------
By Marsigit, Yogyakarta State University, Indonesia

Email: marsigitina@yahoo.com

AESTHETIC PERCEPTION IS ATTACHED OR DETACHED TO


THE CATEGORY OF CAUSALITY


BEHAVIORIST EMPIRICAL PSYCHOLOGY


THE IMPORTANCE OF FREEDOM FOR KANT


THE IMPORTANCE OF FREEDOM FOR KANT
----------------------------------------------------
By Marsigit, Yogyakarta State University, Indonesia
Email: marsigitina@yahoo.com

Theory of Knowledge and The Foundation of Mathematics

THE ROLE OF KANT’S THEORY OF KNOWLEDGE IN SETTING UP THE EPISTEMOLOGICAL FOUNDATION OF MATHEMATICS

By Marsigit, Yogyakarta State University, Indonesia

Email: marsigitina@yahoo.com

Oct 28, 2012

Oct 13, 2012

The System of Mathematics: Peterson’s and Hempel’s Notions


Wilkins’ and Hempel’s Notions of the Nature of Mathematics


The Un-stability Foundation of Mathematics: Litlangs’,Bold’s, Thomson’s and Posy’s Arguments


Thompson’s Notions of the Fallacies of Mathematical Intuition


Highlighting Thompson’s Notions of the Stretch of Mathematics from Theory to Philosophy


Koetsier’s Quasi-empiricism of Mathematics


The Relevance of Kant’s Theory of Knowledge to Contemporary Foundation of Mathematics


PHILOSOPHYCAL EXPLANATION OF MATHEMATICAL EXPERIENCE


Kant’s Theory of Knowledge Contributes to Epistemological Foundation of Mathematics


The Blow of the Epistemology of Mathematics: Turan’s and Posy’s Position between The Cartesian Doubt and Kant's Synthetic A Priori


Philosophy of Mathematics Education: Ernest's Vision


Kant’s Teleology


Cosmological Approach to Understand the Fourth Dimension


Poly-metric Relations Approach to Understand the Fourth Dimension


Temporal Approach to Understand the Fourth Dimension


Spiritual Approach to Understand the Fourth Dimension


Thompson’s Nurturing of Mathematical Intuition


We are living in “Metaphysically” the Fourth Dimension


Indonesian Philosophy among the World’s Crises


Oct 10, 2012

Kant’s Theory of Knowledge Synthesizes the Foundation of Mathematics


Forum Tanya Jawab 7: Intensif dan Ekstensif dari Teori Atom Demokritus


Forum Tanya Jawab 8: Memanipulasikan Ruang dan Waktu 1


Forum Tanya Jawab 9: Memanipulasikan Ruang dan Waktu 2


Forum Tanya Jawab 10: Memanipulasikan Pengalaman


Forum Tanya Jawab 11: Intensif dan Ekstensif Logika


Elegi Menggapai "Kant’s Method of Discovering the Concepts of the Pure Understanding"


Elegi Menggapai "Kant on the Construction of Mathematical Concepts and Cognition"


Elegi Menggapai "Kant on the Basis Validity of Mathematical Knowledge"


Elegi Menggapai "Kant’s System of all Principles of Pure Understanding"


Elegi Menggapai "Kant's Schematism of the Pure Concepts of Understanding"


Elegi Menggapai 'KANT’S METAPHYSICS'


Elegi Menggapai "Kant's Deduction of the Pure Concepts of Understanding"


Elegi Menggapai 'Kant's Philosophy of Mathematics'


Elegi Menggapai "Kant's Phenomena and Noumena"


Elegi Menggapai 'Kant’s Basic Epistemological Question'


Elegei Menggapai 'Kant’s Concepts of Space and Time'


Elegi Menggapai 'Kant’s Theory of Judgment'


Elegi Menggapai 'The Foundations of Mathematics'


Elegi Menggapai 'The Philosophy of Mathematics'


Elegi Menggapai "Ontology of Teaching"


Elegi Menggapai "Structuralism as the Epistemological Foundation of Mathematics"


Elegi Menggapai "The Metaphysic of Science"


"Elegi Menggapai "Constructivism as the Epistemological Foundation of Mathematics"


Elegi Menggapai "Formalism as the Epistemological Foundation of Mathematics"


Elegi Menggapai "Logicism as the Epistemological Foundation of Mathematics"


Elegi Menggapai "Platonism as the Epistemological Foundation of Mathematics"


Elegi Menggapai "Epistemological Foundation of Mathematics"


Elegi Menggapai "Mathematical Objectivity"


Elegi Menggapai "Mathematical Truth"


Elegi Menggapai "Ontology of Mathematics"


Elegi Menggapai "KANT’S ACCOUNT OF MORAL EXPERIENCE"


Referensi tentang Matematika yang Kontradiktif


Forum Tanya Jawab 12: Perjalanan Filsafat


Forum Tanya Jawab 13: Filsafat Pendidikan Sain


Forum Tanya Jawab 14: Filsafat Pendidikan Matematika


Forum Tanya Jawab 15: Transformasi Dunia


Forum Tanya Jawab 16: Sintesis Hati dan Pikiran


Forum Tanya Jawab 17: Menemukan bahwa Filsafat adalah Diriku


Forum Tanya Jawab 18: Menemukan Bahwa Dunia adalah Bahasa


Forum Tanya Jawab 19: Menemukan Dunia adalah Pikiranku


Forum Tanya Jawab 20: Tak Mampu Mendefinisikan Filsafat


Forum Tanya Jawab 21: Tidak Mengetahui Apapun


Forum Tanya Jawab 22: Tak Kusadari Bahwa Ternyata Aku Bisa Terbang


Forum Tanya Jawab 23: Gelar Tertinggi Mencari Ilmu


Forum Tanya Jawab 24: Mohon Maaf Filsafatku


Forum Tanya Jawab 25: Ilmuku adalah Kontradiksi itu


Forum Tanya Jawab 26: Hidupku antara Fatal dan Vital


Forum Tanya Jawab 28: Kegiatanku Tak Mampu Mengikuti Tulisanku


Forum Tanya Jawab 27: Sebagian Besar Dosaku karena Determinisku


Forum Tanya Jawab 29: Tulisanku Tidak Mampu Mengikuti Kata-kataku


Forum Tanya Jawab 30: Kata-kataku Tak Mampu Mengucapkan Semua Pikiranku


Forum Tanya Jawab 31: Pikiranku Tidak Mampu Memikirkan Semua Relung Hatiku


Forum Tanya Jawab 32: Ilmu Tentang Semua Hukum-hukum


Forum Tanya Jawab 33: Penguasa Dunia


Forum Tanya Jawab 34: Tidak Percaya Hukum Sebab Akibat


Forum Tanya Jawab 35: Menjawab Semua Pertanyaan


Forum Tanya Jawab 36: Diantara Ada dan Tidak Ada


Forum Tanya Jawab 37: Lingkaran Berjari-jari Tak Berhingga Panjangnya


Forum Tanya Jawab 38: Hubungan Antara yang Ada


Forum Tanya Jawab 39: Infinit Regress


Forum Tanya Jawab 40: Reduksi


Forum Tanya Jawab 41: Anti Filsafat


Forum Tanya Jawab 42: Filsuf Tak Mampu Melarikan Diri


Forum Tanya jawab 43: Membangun Dunia


Forum Tanya Jawab 45: Orang Paling Berbahaya di Dunia


Forum Tanya Jawab 46: Refleksi Tentang Orang yang Paling Berbahaya di Dunia


Forum Tanya Jawab 47: Surat Pembaca


Forum Tanya Jawab 48: Permohonan Maaf Arogansi Filsafatku


Forum Tanya Jawab 49: Permohonan Maaf atas Kelancangan Filsafatku


Forum Tanya Jawab 50: Permohonan Maaf Atas Kesombongan Filsafatku


Forum Tanya Jawab 51: Permohonan Maaf Atas Kemarahan Filsafatku

Ass, untuk semuanya:

Sintesiskan tesis-tesis dan anti-tesis anti-tesisnya untuk memahami bahwa ternyata untuk yang kesekian kalinya saya harus minta maaf atas Kemarahan Filsafatku terhadap Kesombongan dirimu.

Forum Tanya Jawab 53: Dialog Filsafat


Forum tanya Jawab 54: Dialog Filsafat ke dua

Oleh Marsigit

Mahasiswa:
Maaf Pak, masih banyak hal yang perlu kami tanyakan.

Forum Tanya Jawab 55: Tentang Tes Filsafat 1

Oleh Marsigit

Mahasiswa:
Maaf Pak saya ingin bertanya lagi perihal Pertanyaan-pertanyaan Bapak pada Tes Jawab Singkat.

Forum Tanya Jawab 56: Tentang Tes Filsafat 2


Forum Tanya Jawab 57: Dunia Imaginer


Forum Tanya Jawab 58: Hidup Adalah Pilihan


Forum Tanya Jawab 61: Sisi Negatif Internasionalisasi


Forum Tanya Jawab 59: Mengkonstruksi Hidup


Forum Tanya Jawab 60: Refleksi adalah Berpikir Tingkat Tinggi


Forum Tanya Jawab 66: Tangisan dan Nyanyian Para Filsuf



Forum Tanya Jawab 67: Aktivitas, Serba-serbi, Problematika Pembelajaran dan Solusinya


Forum Tanya Jawab 68: Tajamnya dan Kejamnya Reduksionism


Forum Tanya Jawab 69: Logika bukanlah Logicism


Mar 8, 2011

Elegi Menggapai "KANT’S AESTHETICS JUDGMENT"


Elegi Menggapai "Kant on Mathematical Judgment"


Elegi Menggapai 'Kant’s Concepts of Mathematics'

By Marsigit,
Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Science,
Yogyakarta State University,


A.How Is Pure Mathematics Possible?

Elegi Menggapai Pendidikan Bukan Laskar


Elegi Kuda Lumping Bangsaku


Elegi Sang Bagawat Menggoda Sarang Lebah


Elegi MengungkapTempurung Pendidikan


Elegi Menggapai Belajar dan Mengajar


Elegi Menggapai Hakekat Matematika Kesatu


Elegi Seorang Guru Menggapai Batas


Elegi Seorang Guru menggapai Diri?


Elegi Seorang Guru Menggapai Terang


Elegi Seminar Sehari Di Sarang Lebah


Elegi Ritual dan Serba-serbi Unas


Elegi Pemberontakan Para Bagawat Mitos Teori Kemampuan Otak


Elegi Konferensi Pertama Para Bagawat


Elegi Mengapa Pendidik Malas Meneliti?

Oleh Marsigit

PENDIDIK:

Aku ingin meneliti, tetapi aku bingung apa, mengapa, bagaimana, untuk apa meneliti buatku?

Konseptual:
Wahai pendidik, sebenar-benar dirimu itu tidak perlu meneliti jika engkau tidak mempunyai pemahaman tentang hakekat penelitian. Jika engkau paksakan meneliti, padahal engkau tidak tahu hakekat meneliti, maka engkau itu sebenarnya berpura-pura meneliti. Maka ancaman bagi dirimu adalah terjebak kepura-puraan konseptual. Ketahuilah bahwa sebenar-benar hakekat meneliti itu adalah rasa ingin tahu. Apakah engkau sudah mempunyai rasa ingin tahu tentang pekerjaanmu itu?

Elegi Memahami Sang Konveyor


Elegi Pertunjukkan Matematika


Elegi Menggapai Inovasi Pendidikan


Elegi Konferensi Internasional Imajiner

Oleh: Marsigit

Orang tua berambut putih ingin menyelenggarakan konferensi internasional imajiner. Semua orang penting diundang. Temanya adalah mengungkap hakekat ilmu. Moderatornya Socrates. Berikut jalannya sidang:

Socrates:
Wahai Permenides, Heraclitos, Pythagoras, ....Apakah ilmu menurut dirimu?

Mar 7, 2011

Elegi Konferensi Nasional Imaginer Para Syaitan Dunia Selatan

Oleh Marsigit

Neopragma Diraja Selatan:
Uheh...semua hadirin yang aku banggakan. Sampailah kita pada saat yang ditunggu-tunggu. Pada Konferensi Nasional Imaginer Para Syaitan ini, aku sebagai tetua syaitan di negeri selatan ini, ingin menyampaikan bahwa semua program dan kegiatan kita itu tidak bisa terlepas dari arahan dan petunjuk Sang Powernow, dialah sang diraja penguasa Syaitan seluruh dunia. Dalam waktu dekat ini kita harus menyukseskan acara yang akan digelar oleh Powernow yaitu Selamatan Raja Purna tingkat internasional. Saya persilahkan Keynote Presenter untuk menyampaikan laporan anda.

Elegi Konferensi Internasional I Para Transenden


Elegi Menangkap Pedagang Bangsa


Elegi Mengeledhek Kaum Tribal Dengan Sebotol Sofdrink Kosong


Elegi Memahami Jejaring Sistemik


Elegi Menggapai Pergaulan Dunia


Elegi Memahami Jejaring Sistemik


Elegi Wawancara Imaginer Dengan Direktur Pabrik Manusia Inhuman


Elegi Menonton Pakar Pendidikan Bingung


Feb 26, 2011

Elegi Menggapai fungsi f(x) = 1


Elegi Ritual Ikhlas IV: Enggan Pulang dan Ingin Mati?


Elegi Menggapai Sastra Jawa


Elegi Menggapai Ontologi dan Epistemologi Jawa: Mengerti Hidup?


Elegi Menggapai Ontologi dan Epistemologi Jawa: Hubungan subyek predikat dalam Serat Sastra Gending

Oleh Marsigit

Ontologi menjawab hakekat yang ada. Serat Sastra Gending adalah karya Sultan Agung ing Mataram (1613-1645). Damarjati Supajar mengungkapkan bahwa karya ini mengandung nilai-nilai kefilsafatan yang tinggi. Di sini saya hanya fokus untuk mengungkap sebagian kecil saja dari isi Serat Sastra Gending yang menunjukkan adanya pemikiran tentang ontologi dan epistemologi hubungan SUBYEK-PREDIKAT. Hubungan subyek-predikat ini sejalan dengan pemikiran Immanuel Kant (1724-1802) yang akhirnya menghasilkan proses berpikir ANALITIK atau SINTETIK.

Feb 25, 2011

Elegi Menemukan Diriku Adalah Ketidak Adilan


Elegi Tarian Lenggang


Elegi Pertandingan Tinju antara Kualitatif melawan Kuantitatif


Elegi Mencocokan Teori dan Praktek

Oleh Marsigit

Teori Berjalan Kaki:

Saya ingin menjaga stamina saya, maka saya ingin sedapat mungkin berjalan kaki jika bepergian. Ke pasar, ke warung, ke toko, ke Bank, ke bengkel, ke Pom Bensin, ..bahkan ke Kantor pun saya ingin jalankaki saja. Biar sehat gitu dheh.

Elegi Memperbudak atau Diperbudak Bentuk?


Oct 16, 2010

Elegi Memahami Elegi

Oleh Marsigit

Mahasiswa:
Aku jengkel, aku marah, aku tak peduli, aku tersinggung...