Dec 3, 2012

EDUCATIONAL PARADIGM




Ass Wr Wb
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Paradigma Pendidikan, bacalah berikut:

http://edorigami.edublogs.org/2010/10/02/comparing-20th-and-21st-century-educational-paradigms/

 Ass Wr Wb
Marsigit

36 comments:

  1. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Paradigma pendidikan merupakan cara memandang dan memahami pendidikan. Paradigma pendidikan diperlukan untuk membangun masyarakat terdidik, masyarakat yang cerdas akan membawa pendididkan sebagai proses pembentukan manusia. Dari Link yang diberikan pada postngan ini, ditampilkan perkembangan paradigma pendidikan pada abad ke 20 dan abad 21. Secara garis besar pada abad 21 pendidikan diharapkan lebih fleksibel dalam segala aspek, baik dalam aspek pengajaran, siswa, gaya pembelajaran, guru, penggunaan teknologi dan lain sebagainya. Fleksibel disini maksudnya, tidak tertuju dengan suatu pandangan atau cara belajar atau mengajar saja. Guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk secara mandiri mengembangkan potensinya yang tentunya masih dalam pengawasan dari guru. Siswa pada abad 21 diharapkan dapat lebih aktif dalam mencari informasi dengan cara eksplorasi, melakukan pengamatan-pengamatan serta dengan mengakses pembelajaran dan bertukan pengetahuan dengan ornag lain melalui teknolgi yang sudah sangat mudah untuk diakses.

    ReplyDelete
  2. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Paradigma pendidikan dari abad 20 ke abad 21 mengalami perubahan. Perubahan tersebut meliputi berbagai hal, diantaranya berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa, belajar tentang teknologi menjadi belajar dengan teknologi, guru memberikan instruksi dan siswa diam mendengarkan menjadi pembelajaran yang berbasis masalah dan konstruktivis, pembelajaran yang terfokus pada membaca, menulis, dan mendengarkan menjadi pembelajaran yang menggunakan berbagai macam gaya belajar, waktu sekolah tradisional menjadi waktu yang fleksibel dapat belajar dimana saja dan kapan saja.
    Berdasarkan paparan perubahan paradigma pendidikan abad 20 dan 21 tersebut dapat dijadikan dasar sebagai bahan refleksi pelaku pendidikan apakah pembelajaran telah sesuai dengan paradigma pendidikan saat ini.

    ReplyDelete
  3. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Paradigm pendidkan pada abad 20 dan abad 21 memiliki karakteristik tersendiri dan dapat dilihat bahwa kraktersitik itu ada yang bertolak belakang. Misalkan di abad 20 menggunakan teacher centric sedangkan abad 21 menggunakan student centric. Kemudian abad 20 lebih mementingkan penilaian, sedangkan abad 21 mementingkan proses dan keluaran. Hal ini dikarenakan perubahan yang terjadi di msyarakat sehingga paradigm pendidikan un juga berubah mengikuti perkembangan jaman.

    ReplyDelete
  4. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Membaca perbandingan antara paradigma pendidikan abad 20 dan 21, saya dapat memahami bahwa kedua era tersebut memiliki banyak paradigm fundamental yang berbeda. Jika pada era industri kuno pada abad 20, pendidikan mengedepankan konsep kompetisi untuk dapat bertahan hidup dan berupaya untuk menandingi lawan dalam kompetisinya agar ia semakin diperhitungkan dan dapat memenuhi indikator kesuksesan, lain halnya dengan era industry modern, bahwa apakah google dan facebook diciptakan atas dasar kompetisi? Tentu tidak, google merupakan mesin pencari pertama yang dibuat untuk memudahkan manusia melakukan pencarian di internet, dan facebook memiliki konsep awal untuk dapat menghubungkan alumni di suatu universitas. Hal ini memiliki arti bahwa pendidikan yang memiliki paradigma persaingan telah bergeser menjadi pendidikan dengan paradigma kolaboratif. Pendidikan pada abad 20 menekankan pada penilaian standar untuk semua lulusannya. Tujuan dari penilaian standar ini adalah untuk dapat menciptakan buruh yang patuh dan berdaya saing. Namun hal tersebut tidak berlaku di pendidikan abad 21 yang lebih mengedepankan kemampuan kolaboratif dan memiliki gagasan inovatif di masayarakat.

    ReplyDelete
  5. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah

    Dalam link tersebut, digambarkan bagaimana paradigma pendidikan itu. Karena, pada setiap zaman tentu paradigma pendidikan berubah sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Abad 20 dan 21 memiliki perkembangan yang cukup signifikan. Isu perkembangan pendidikan semakin terasa hangat dan menjadi tantangan besar bagi para pendidik. Banyaknya seminar seminar dan penelitian yabg dilakukan di tahun tahun ini pun menjadi bukti akan kesiapan kita untuk merubah paradigma pendidikan dari abad 20 ke 21. Seperti di tabel perbandingan itu, jelas yang lebih baik dan lebih efektif efisien dalam menciptakan geberasi penerus adalah paradigma abad 21. Karena siswa akab lebih bebas dalam berkreasi dengan ilmu ilmunya.

    ReplyDelete
  6. Paradigma adalah cara pandang kita mengenaik sesuatu. paradigma pendidikan tentu saja berkaitan dengan cara pandang kita mengenai pendidikan. Pendidikan kita mau dibawa ke alur mana dan bagaimana isisnya tentusaja tergantung dari paradigma pemegang keputusan dan pembuat kebijakan. kalau menurut saya, pendidikan matematika di Indonesia harus diarahkan kepada bagaimana siswa pada akhirnya bisa berkarya, jadi siswa tidak akan takut jika lulus dan tidak bekerja. mereka akan memiliki keyakinan bahwa mereka akan dapat hidup dengan karyanya.

    ReplyDelete
  7. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Tabel perbandingan antara dua paradigm para abad 20 dan 21 merupakan transformasi paradigm pendidikan yang bertujuan untuk menggapai proses dan hasil yang lebih baik. Transformasi tersebut tidak terlepas dari perubahan zaman dari tahun ketahuan, kecepatan teknologi , subyek pembelajar dan obyek yang dipelajari. Oleh karena itu , aspek-aspek diatas penting dipelajari untuk mengevaluasi apakah pembelajaran saat ini sudah efektif atau perlu adanya transformasi. Untuk menuju paradigm pendidikan abad 21 diperlukan persiapan dari sekarang yakni penyelesaian permasalah pendidikan dasae dan merencanakan dengan matang inovasi pembelajaran yasebagaimana tertuliskan diatas pada abad 21 agar nantinya dapat terlaksana sesuai tujuan. Terima Kasih

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Assalamu'alaikum wr.wb.

    Paradigma pendidikan selalu mengalami perubahan dari masa ke masa. Paradigma pendidikan Indonesia dari abad 20 ke abad 21 mengalamai perubahan dari teacher center menuju le student center. Interaksi dalam pendidikan pun terjadi perubahan dari yang dulunya siswa banyak belajar mandiri menjadi siswa lebih banyak belajar bersama dengan teman-temannya, diskusi bersama. Pendidikan di era abad ke-20 lebih mengedepankan penilaian atau hasil belajar siswa, sedangkan pendidikan di abad 21 lebih mengedepankan ke proses belajar. Pendidikan di era abad ke-21 menggunakan bantuan teknologi sehingga diharapkan pendidikan akan lebih maju lagi.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  10. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Perubahan paradigm pendidikan pada abad ke 20 dan abad ke 21 menjadi semakin baik, dan menyesuaikan zaman. Dahulu pada abad 20 metode pembelajarannya masih diberikan langsung oleh guru di depan kelas (Stand and Deliver) dan juga instruksional. Pada abad 21, pembelajaran sudah mulai menggunakan project ataupun problem based learning, sudah mengarah ke konstruktivis.

    ReplyDelete
  11. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Perbedaan yang dapat kita amati dalam tabel tersebut mengenai penggunaan teknologinya. Pada abad ke 20 di sekolah masih belajar mengenal teknologi (literacy), siswa baru belajar mengenal computer dan menggunakan dasar-dasar pengoperasiannya. Sedangkan pada abad 21 siswa sudah belajar menggunakan teknologi, siswa mengakses sumber belajar, menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Perbedaan mencolok yang saat ini juga masih digencarkan adalah perubahan paradigma dari teacher-centered menjadi student-centered. Pembelajaran yang diharapkan adalah siswa aktif mengkonstruksi sendiri pengetahuannya, dan guru hanya menjadi fasilitator.

    ReplyDelete
  12. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Paradigma pendidikan di abad 21 ini secara keseluruhan adalah student centered yang tadinya adalah teacher centered pada paradigma pendidikan abad 20. Model pembelajan yang paling cocok untuk diterapkan pada paradigma pendidikan abad 21 adalah model pembelajaran yang inkuri dan konstruktivis, dimana pengetahuan yang diperoleh siswa bukan lagi hanya sekedar menerima materi dari guru, akan tetapi dibangun sendiri oleh siswa dan guru berperan sebagai fasilitator dan pemberi umpan balik serta evaluasi dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  13. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Teacher centered menjadi paradigma dalam pembelajaran pada saat itu, tetapi sekarang informasi dan teknologi sudah semakin maju sehingga sumber belajar bukan hanya buku dan informasi dari guru saja, melainkan banyak sekali sumber-sumber belajar dan jumlahnya sangat tidak terbatas.

    ReplyDelete
  14. Paradigma adalah cara pandang kita mengenaik sesuatu. paradigma pendidikan tentu saja berkaitan dengan cara pandang kita mengenai pendidikan. Pendidikan kita mau dibawa ke alur mana dan bagaimana isisnya tentusaja tergantung dari paradigma pemegang keputusan dan pembuat kebijakan. kalau menurut saya, pendidikan matematika di Indonesia harus diarahkan kepada bagaimana siswa pada akhirnya bisa berkarya, jadi siswa tidak akan takut jika lulus dan tidak bekerja. mereka akan memiliki keyakinan bahwa mereka akan dapat hidup dengan karyanya.

    ReplyDelete
  15. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Ilmu pengetahuan, peradaban, dan teknologi memang berkembang mengikuti zaman. Demikian hal nya dengan pendidikan. Pendidikan di abad ke 20 pastilah berbeda dengan pendidikan di abad ke 21. Misalkan pada abad 20 menggunakan teacher centric, sedangkan pada abad ke 21 menggunakan student centric. Sudah menjadi guru bukanlah alasan untuk berhenti belajar, karena ilmu pengetahuan dan dunia pendidikan selalu berkembang mengikuti perubahan zaman.

    ReplyDelete
  16. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Dari waktu ke waktu, paradigma pendidikan yang ada di dunia ini sebearnya berkembang secara pesat. Namun, tidak merubah adanya paradigma sebelumnya namun hanya menyempurnakan, walaupun memang pada dasarnya terdapat paradigma yang bertentanga, namun hal tersebut merupakan evaluasi dari hasil paradigma yang dianutnya. Paraigma disini memberikan pengaruh yang positif jika guru melakukannya. Antara lain seperti perubahan model pengajaran antara guru yang satu dengan yang lainnya, guru yang dulu dengan guru yang masuk pada zaman now. Sekarang ini guru sangat dituntut untuk mengikuti perkembangan peserta didiknya, sehingga paradigma guru juga harus mulai berubah seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih. Karena jika paradigma guru tidak mengikuti perkembangan peserta didik yang selalu up to date pada perkembangan zaman, lama kelamaan guru tidak akan lagi di respect secara penuh oleh muridnya karena tidak bisa memfasilitasi apa yang mereka butuhkan.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  17. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Perbandingan paradigm pendidikan abad ke-20 dan abad ke-21 banyak yang saling bertolak belakang. Paradigma pendidikan abad ke-21 lebih mendetail dalam menjabarkan peran siswa dan guru. Siswa dituntut untuk dapat belajar secara mandiri, sedangkan guru dituntut untuk menjadi fasilitator dalam kegiatan pembelajaran, sehingga sebelum melakukan pembelajaran guru harus mempersiapkan rencana pembelajaran yang nantinya akan digunakan siswa sebagai salah satu sumber belajar. Dalam paradigma pendidikan abad ke-21 guru bukanlah satu-satunya sumber belajar, jadi siswa perlu aktif mencari sumber belajar lain yang dapat mendukung proses kegiatan belajar mengajar.

    ReplyDelete
  18. Junianto
    PM C

    Paradigma pendidikan merupakan pandangan-pandangan dalam dunia pendidikan secara umum. Misalnya, paradigma pendidikan sebelum abad ini adalah teacher center dimana guru adalah sumber belajar siswa dan guru mentransfer ilmu kepada siswa. kemudian, seiring perkembangan jaman paradigma ini mulai berubah. Paradigma sekarang adalah student center dimana siswalah yang mencari dan membangun pengetahuan mereka dan guru hanyalah sebagai fasilitator dalam mendampingi siswa belajar. Dengan paradigma ini yang diharapkan adalah pembelajaran yang bermakna dimana pengetahuan akan melekat dalam diri siswa karena siswa yang mengalami.

    ReplyDelete
  19. Nur dwi laili
    17709251059
    PPs pendidikan matematika C

    Pada link tersebut disebutkan perbedaan-perbedaan paradigma pendidikan pada abad 20 dam abad 21. Gaya belajar pada abad 20 didominasi dengan membaca, menulis dan auditory. Sedangkan gaya belajar pada abad 21 seharusnya sudah menggunakan pendekatan multiple intellegence. Selain itu metode pembelajaran pada abad 21 seharusnya menggunakan project & problem based learning serta pendekatan konstruktivistik. Waktu belajar dalam paradigma pembelajaran abad 21 juga bukan lagi hanya di kelas dan ketika mengerjakan PR, tetapi dapat dilakukan setiap saat dengan bantuan teknologi. Sayangnya di Indonesia saat ini belum sepenuhnya menggunakan paradigma pendidikan abad 21. Hal ini harus menjadi perhatian kita bersama agar pendidikan di Indonesia bisa sepenuhnya mengikuti paradigma pembelajaran abad 21.

    ReplyDelete
  20. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Terimakasih banyak Prof. atas link nya.
    Dari link tersebut, dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan paradigma pendidikan dari abad 20 ke abad 21. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari interaksi, dimana pada abad 20 interaksi antar siswa lebih bersifat individu sedangkan pada abad 21, interaksi lebih kepada kolaborasi. Perbedaan lain juga dapat dilihat dari pusat pembelajaran yang berpindah dari berpusat kepada guru menjadi berpusat pada siswa. Kemudian dari skill, pada abad 20 skill yang dituntut masih berpusat pada skill menghafal dan memahami sedangkan pada abad 21 sudah bergeser pada kemampuan analisis, evaluasi dan sintesis. Jadi, secara umum paradigma pendidikan pada abad 21 lebih berfokus pada proses pembelajaran inovatif.

    ReplyDelete
  21. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Sekarang ini pembelajaran diusahan untuk lebih berfokus pada peserta didik. Pembelajaran yang inovatif adalah pembelajaran yang dikembangkan. Siswa dituntut untuk lebih aktif mencari pengetahuannya sendiri, guru hanya bersifat sebagai fasilitator saja. Sekarang ini, dalam pembelajaran dibutuhkan transformasi pembelajaran tradisional menuju pembelajaran yang inovatif, agar siswa dapat, menuangkan idenya secara maksimal.

    ReplyDelete
  22. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Paradigma merupakan cara kita memandang suatu objek. Dalam hal ini objeknya adalah pendidikan. Jadi paradigma pendidikan dalam hal ini adalah bagaimana cara kita memandang pendidikan. Pendidikan di abad 21 ini memandang pentingnya penerapan soft skill dan membuat suatu inovasi-inovasi yang diharapkan menjadi output utama pada paradigma pendidikan abad 21 ini. Paradigma pada dasarnya senantiasa berubah-ubah seiring dengan perkembangan dan peradaban.

    ReplyDelete
  23. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Salah satu perbandingan paradigma pendidikan abad 20 dan abad 21 adalah pada hasil program belajar. Pada abad 20 hasil belajar lebih ditekankan atau difokuskan pada penilaian akhir saja, d]sedangkan pada abad ke 21 hasil belajar merupakan yang dinilai adalah proses dan outputnya, atau dengan kata lain abad 21 lebih menekankan pada produk manusianya, yaitu tentu saja produk yang berkualitas.

    ReplyDelete
  24. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Paradigma pendidikan merupakan suatu pemikiran mendasar yang digunakan sebagai konsep dasar atau latar belakang dalam pelaksanaan pendidikan. Maka tidak heran jika paradigma pendidikan ini terus bergeser dari masa ke masa. Seperti yang terdapat dalam link yang diposting diatas, sangat jelas tergambar pergeseran paradigma pendidikan tepatnya antara abad 20 dan abad 21. Salah satu contoh yang sangat berbeda yaitu dari segi pendekatan yang digunakan. Pada abad 20, pendekatan pembelajaran lebih cenderung dengan menggunakan teacher-center atau pembelajaran yang berpusat kepada guru. Sedangkan pada abad 21, pembelajaran lebih cenderung kepada pembelajaran yang berpusat kepada siswa atau student-center. Berdasarkan contoh tersebut terlihat adanya perubahan cara mengajar dari abad 20 menuju ke abad 21. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa dengan berubahnya paradigma pendidikan maka pendidikan itu sendiri telah mengalami perbaikan dari waktu ke waktu.

    ReplyDelete
  25. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Paradigma seiring dengan berubahnya zaman diharapkan juga mengalami perubahan yang lebih baik. Begitupula dengan paradigma pendidikan, berganti zaman harus disesuaikan pula dengan zaman agar tetap relevan dan menjadi lebih baik. Salah satu aspek yang berupah dari abad 20 ke abad 21 adah pusat pembelajaran sudah mulai bergeser dari berpusat pada guru menuju berpusat pada siswa. Terimakasih

    ReplyDelete
  26. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Paradigma pendidikan di abad lalu, berpola teacher center dengan kegiatan lebih kepada transfer-of-knowledge atau pembelajaran satu arah dari guru kepada peserta didik. Namun paradigma pendidikan saat ini kegiatan pembelajaran terjadi secara dua arah atau mengutamakan interaksi antara guru dan peserta didik. guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran sehingga peserta didik diharapkan dapat mengonstruksi pengetahuannya, intinya adalah pembelajaran berpusat pada siswa. Untuk melaksanakan pembelajaran sesuai paradigma baru, guru harus berpikir dan berjuang lebih keras, karena bukanlah hal mudah untuk melaksanakan pembelajaran yang bermakna

    ReplyDelete
  27. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Dalam tautan tersebut menjelaskan tentang perbedaan paradigma pendidikan di abad 20 dan di abad 21. Secara umum dalam paradigma pendidikan abad 21, variasi dan inovasi pendidikan lebih terlihat menonjol. Jika abad 20 didominasi dengan pendidikan yang terpusat pada guru, di abad 21 pendidikan lebih dipusatkan pada siswa. Guru-guru pada abad 21 telah mulai menyadari bahwa sudah saatnyalah siswa harus aktif di dalam kelas dan guru tidak lagi seperti narasumber yang selalu berceramah dan mendominasi jalannya pembelajaran.Metode cooperative learning, diskusi-diskusi, presentasi-presentasi, lebih sering dilakukan oleh guru agar siswa-siswa benar-benar terlibat dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  28. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Dari waktu ke waktu, paradigma pendidikan yang ada di dunia ini sebearnya berkembang secara pesat. Namun, tidak merubah adanya paradigma sebelumnya namun hanya menyempurnakan, walaupun memang pada dasarnya terdapat paradigma yang bertentanga, namun hal tersebut merupakan evaluasi dari hasil paradigma yang dianutnya. Paraigma disini memberikan pengaruh yang positif jika guru melakukannya. Antara lain seperti perubahan model pengajaran antara guru yang satu dengan yang lainnya, guru yang dulu dengan guru yang masuk pada zaman now. Sekarang ini guru sangat dituntut untuk mengikuti perkembangan peserta didiknya, sehingga paradigma guru juga harus mulai berubah seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih. Karena jika paradigma guru tidak mengikuti perkembangan peserta didik yang selalu up to date pada perkembangan zaman, lama kelamaan guru tidak akan lagi di respect secara penuh oleh muridnya karena tidak bisa memfasilitasi apa yang mereka butuhkan.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  29. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Terimakasih Bapak atas sharing link terkait dengan paradigm pendidikan. Adanya perubahan paradigma terhadap pendidikan dari abad 20 ke abad 21, merupakan tantangan besar yang mau tidak mau harus dihadapi oleh bangsa Indonesia. paradigm pendidikan 21 merupakan perbaikan dari paradigm 20 sebelumnya. Saya tertarik dengan bagian perbedaan penggunaan teknologi. Dari segi penggunaan teknologi, pada abad 20 menerapakan literasi dan argumentasi (learning about and with technology), artinya pembelajaran berorientasi menggunakan teknologi. Sedangkan pada abad 21, pembelajaran bersifat transformative (learning through technology), artinya pembelajaran akibat dari teknologi. Ini menandakan bahwa dengan keberadaan teknologi yang semakin maju dan pesat untuk ke depannya secara tidak langsung juga menuntut para pembelajar tidak gaptek.

    ReplyDelete
  30. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Dunia selalu berubah, begitu pula dengan paradigma pendidikan. Paradigma pendidikan pada abad 20 pembelajaran berpusat pada guru (teacher centric) sedangkan paradigma pada abad 21 pembelajaran berpusat pada siswa (student centric). Program pembelajaran pada abad 20 adalah pola grup dengan metode remidial, sedangkan pada abad 21 adalah program pembelajaran individu. Selain perbedaan di atas, paradigma pendidikan pada abad 20 dan 21 memiliki persamaam, salah satunya yaitu interaksi yang berasal dari kerjasama antar individu.

    ReplyDelete
  31. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    From the article,we can realize that there are many differences fromthe paradigm of education in 20th century and the 21th century. from the article we can take which method that is effective and not. In addition, I found that the educational paradigm has progressed over time. If the good paradigm really implemented in Indonesian education, education in Indonesia will had a progress anyway.

    ReplyDelete
  32. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Paradigma atau kerangka berpikir merupakan bagian dari sistem yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Dengan paradigma diharapkan dapat tercipta pola berpikir yang lebih mendekati pola yang diharakan dan diidealkan. Paradigam pendidikan abad 21 tentunya harus lebih berkembang mengikuti perkembangan zaman. Harus lebih memfasilitasi bagi siswa untuk dapat mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya sehingga memiliki life-skill yang mumpuni dalam menghadapi kehidupan nyata.

    ReplyDelete
  33. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Perbedaan paradigma pendidikan abad 20 dan 21 juka dilihat dari segi penggunaan teknologi adalah pada abad 20 siswa belajar tentang bagaimana mempelajari teknologi, mencoba untuk meningkatkan teknologi, sedangkan abad 21 siswa sudah belajar untukmenggunakan teknologi. Pada kurikulum 2013, terkait dengan dihapusnya pembelajaran TIK di sekolah, hal ini dikarenakan sudah bukan lagi jamannya TIK untuk dipelajari, namun TIK sudah menjadi hal yang wajip dimiliki karena TIK merupakan penunjang pembeajaran, guru pada kurikulum 2013 diharapkan menggunakan pembelajaran yang berbasis teknologi.

    ReplyDelete
  34. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Perubahan paradigma dari abad ke 20 ke abad 21 merupakan suatu perbaikan pendidikan di Indonesia. Yang dulunya pendidikan terpusan pada guru, sehingga seolah-olah guru adalah dewanya pembelajaran di kelas. Guru yang memberikan ilmu kepada siswanya. Hal ini tentu menjadi keprihatinan para pendidik di Indonesia. Sehingga pada abad ke 21 perlahan-lahan paradigma tersebut diubah, sehingga siswa mulai dilatih untuk mengkonstruksi sendiri ilmu pengetahuan, dengan difasilitasi oleh guru.

    ReplyDelete
  35. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Educational paradigma, berbicara mengenai paradigma pendidikan. Paradigma pendidikan mengikuti perubahan zaman. Perubahan paradigma pendidikan pada abd 20 ke abad 21 pendidikan berpusat pada siswa, jadi siswa berusaha menemukan konsep sendiri, dengan guru yang menjadi fasilitatornya. Selain itu jika tadinya hasil pembelajaran hanya dilihat dari nilai tes akhir, pada abad 21 hasil pembelajaran dilihat dari proses belajar mengajar. Masih banyak lagi, link yang diberikan memberi wawasan kepada kita untuk mempersiapkan diri menghadapi perubahan paradigma pendidikan ini.

    ReplyDelete
  36. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    Terdapat perbedaan mencolok antara paradigma pendidikan abad 20 dan 21. paradigma 21 menekankan pada pembelajaran kolaboratif, berpusat pada siswa, pembelajaran yang didesain sesuai dengan kebutuhan siswa, dan memperhatikan proses daripada penilaian (assessesment). Menurut saya paradigma pendidikan abad 21 ini sangat sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga guru perlu menerapkannya dengan baik.

    ReplyDelete