Dec 3, 2012

EDUCATIONAL PARADIGM




Ass Wr Wb
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Paradigma Pendidikan, bacalah berikut:

http://edorigami.edublogs.org/2010/10/02/comparing-20th-and-21st-century-educational-paradigms/

 Ass Wr Wb
Marsigit

37 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Link tersebut menuliskan tentang artikel perbandingan antara paradigma pendidikan abad ke 20 dan 21.Ada 21 aspek pembanding paradigma pendidikan tersebut. Di antaranya adalah cara pengajaran, orientasi kelas, desain sekolah dan masih banyak lagi. setiap hal pasti saling melengkapi, namun tak lepas dari itu, kita tidak boleh membuang masalalu, namun ke depannya agar lebih baik lagi. Amiin

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Perbandingan paradigma pendidikan antara abad 20 dan abad 21 memperlihatkan perbedaan antara keduanya. Perbedaan tersebut tercermin dalam setiap komponen pembelajaran yang meliputi interaksi, penilaian, program belajar, pendekatan pembelajaran, relevenasi pembelajaran , kemampuan berpikir, penggunaan teknologi, dan lain-lain sampai kepada waktu pembelajaran, desain sekolah. Pendidikan abad 20 lebih mengarah kepada pembelajran tradisional atau konvensional di mana setiap komponen yang ada dalam pembelajaran kurang mendukung dan memotivasi siswa dalam kreativitasnya, sedangkan pendidikan abad 21 sudah mengarah kepada pendidikan yang ideal dengan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan. Pendidikan yang ideal tercermin dalam pendidikan abad 21 di mana setiap komponen pembelajaran yang terlibat di dalamnya mulai mengarah kepada kualitas pendidikan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  3. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Para orang tua siswa sangat setuju dengan peran guru dalam menyisipkan pendidikan nilai, etika, moral dan sopan santun, tentunya orang tua siswa akan merespon positif artinya setuju sepenuhnya. Hal ini dapat dipahami bahwa tingkah laku anak manusia dikendalikan oleh aturan-aturan tertentu sangatlah penting dalam menentukan sejauh mana sikap siswa dalam bertingkah laku sebagai bagian dari masyarakat, apakah sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat ataukah tidak.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Link tersebut menyebutkan tentang perbedaan paradigma pendidika abad 20 dan abad 21. Dimana dalam pendidikan abad 20 masih cendrung dengan teacher centered yakni guru sebagai satu-satunya sumber dalam pendidikan, penilaian masih ditahap akhir tanpa menilai bagaiman prosesnya, dalam dunia pendidikan paradigma abad 20 ini sering disebut dengan pendidikan yang konvensional. Paradigma pendidikan dalam abad 21 sering kita istilahkan dengan pendekatan saintifik, guru hanya sebagai fasilitator, penilaian tidak terbatas hanya menilai hasil tapi juga proses, sehingga dalam kurikulum muncul yang dinamakan kurikulum 2013 yang menekankan pada pemikiran konstruktivisme.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    link di atas memperlihatkan paradigma pendidikan abad 20 dan abad 21. Dalam paradigma pendidikan hasil belajar saling berhubungan dengan pengajaran dan metode pembelajaran, penilaian, dan evaluasi dan jaminan kualitas. Peran guru adalah untuk memastikan bahwa setiap sesi terintegrasi dengan seluruh kurikulum dengan memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mencapai tujuan yang dinyatakan dan dengan demikian mampu melewati penilaian.

    ReplyDelete
  6. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    That link describes about the comparison of 20th and 21st century educational paradigms. We are now in 21st century educational paradigms. Our education system reach the education that student center, mainly collaborative some individual, learning through technology, constructivist, students construct content and develop and evaluate processe, use multiple sources – self, peer & teacher/mentor, and the others. And in 21st century educational paradigms, teachers must be creative to develop media and learning resources, using a variety of learning methods, etc.

    ReplyDelete
  7. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Di dalam link tersebut menjelaskan perbandingan antara paradigma pendidikan abad 20 dan 21, di abad 21 dunia pendidikan sudah sangat maju dibandingkan dengan abad 20, karena di abad 21 manusia sudah banyak belajar dari pendidikan abad 20 menjadikan abad 21 lebih baik dari abad 20 itu merupakan hasil dari ilmu pengetahuan manusia yang tiada batas, yang ingin menciptakan sesuatu yang baru dengan kualitas yang lebih baik. Perubahan paradigma pendidikan dari abad 20 ke 21 terletak pada berbagai aspek seperti metode pembelajaran yang dapat digunakan guru, penilaian dsb.

    ReplyDelete
  8. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Link di atas berisi tentang perbandingan paradigma pendidikan abad 20 dan abad 21. Pada abad 20 guru lebih mendominasi pada pembelajaran (teacher center), metode pembelajaran yang digunakan guru yaitu siswa hanya duduk dan menerima dan lebih ditekankan pada penilaian pembelajaran sedangkan pada abad 21 pembelajaran berpusat pada siswa, metode yang digunakan oleh guru lebih kearah proyek dan pembelajaran berbasis masalah dan kontruktivisme, dan lebih ditekankan pada proses dan hasil siswa. Penerapan pendidikan seperti yang di abad 21 lebih menuju kearah pendidikan dengan basis kurikulum 2013 yang saat ini sedang dilaksanakan oleh beberapa sekolah di Indonesia guna menciptakan lulusan sekolah yang lebih berkualitas.

    ReplyDelete
  9. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Membandingkan Paradigma Pendidikan 20th & 21st Century
    Ada banyak pembicaraan tentang perbedaan antara pendidikan abad ke 20 dan 21. Perbedaan antara siswa abad ke-20 dan yang kita ajar sekarang sangat mendalam, terkenal dan terdokumentasi. Dari perbedaan ini, ditambah perbedaan yang ada di dunia tempat kita tinggal sekarang dan dunia yang akan kita tempati, aman untuk mengasumsikan bahwa pendidikan harus diubah. Jadi ini adalah usaha untuk membandingkan pendekatan pendidikan dominan abad ke-20 dan abad ke-21 . tiga hal diantaranya adalah
    Paradigma Century ke-20 Paradigma Abad 21
    Interaksi Terutama beberapa kolaborasi Terutama kolaboratif beberapa individu
    Penilaian Terutama penilaian sumatif dengan beberapa unsur formatif

    Persentase / angka Formatif dengan sumatif
    Kriteria penilaian berbasis
    Centricity Guru-sentris Siswa-sentris

    ReplyDelete
  10. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Paradigma merupakan konsepsi, model atau pola pemikiran yang sifatnya umum dan mendasar. Paradigma bukan teori, tetapi merupakan pemikiran yang teoritis yang menuju kepada pengembangan teori tentang sesuatu, dan pemikiran teoritis ini menjadi dasar fundamental bagi paraktek. Paradigma pendidikan merupakan pemikiran teoritis yang sifatnya mendasar yang dipakai sebagai latar belakang bagi disusunnya suatu framework untuk pelaksanaan pendidikan. Sebuah paradigma dapat berubah tergantung sejauhmana kebenaran paradigma itu masih dapat diterima. Karena pendidikan merupakan salah satu kemajuan suatu Negara selalu memberikan upaya untuk meningkatkan pendidikan, maka berguna untuk menghasilkan sumber daya manusia yang baik.

    ReplyDelete
  11. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Paradigma dalam dunia pendidikan semakin hari semakin berkembang. Seiring berjalannya zaman banyak pula perbedaan yang muncul secara jelas.
    Dalam hal pengajaran, yang awalnya kepada lebih teacher center beralih ke student center.
    Yang mana dalam kegiatan pembelajaran di kelas siswa lebih aktif daripada gurunya.

    ReplyDelete
  12. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Ada beberapa perbedaan paradigma pendidikan di abad 20 dan 21. Dahulu guru berbicara dan siswa mendengar, menyimak, dan menulis, saat ini guru harus lebih banyak mendengarkan siswanya saling berinteraksi, berargumen, berdebat, dan berkolaborasi. Dahulu mekanisme pembelajaran satu arah dari guru ke siswa, saat ini harus terdapat interaksi yang cukup antara guru dan siswa. Dahulu siswa hanya dapat bertanya pada guru dan berguru pada buku, sekarang ini siswa dapat menimba ilmu dari siapa saja dan dari mana saja yang dapat dihubungi serta diperoleh via internet. Dahulu contoh-contoh yang diberikan guru kepada siswanya kebanyakan bersifat artifisial, saat ini guru harus dapat memberikan contoh-contoh yang sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari dan relevan dengan bahan yang diajarkan. Dahulu proses pembelajaran lebih bersifat personal atau berbasiskan masing-masing individu, saat ini model pembelajaran harus mengedepankan kerjasama antar individu. Dahulu ilmu guru hanya mengandalkan papan tulis untuk mengajar, saat ini diharapkan guru dapat menggunakan beranekaragam peralatan dan teknologi pendidikan yang tersedia – baik yang bersifat konvensional maupun moderen. Dahulu yang terjadi di dalam kelas adalah “pemindahan” ilmu dari guru ke siswa, saat ini yang terjadi di kelas adalah pertukaran pengetahuan antara guru dan siswa maupun antara siswa dengan sesamanya.

    ReplyDelete
  13. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Paradigma pada abad 20 dan abad 21 memiliki perbedaan yang signifikan. Pada abad 20 pengetahuan siswa bersumber dari guru dan siswa dianggap sebagai gelas kosong yang siap diisi (pasif). Seiring berjalannya waktu dan ilmu pengetahuan semakin maju, serta teknologi yang semakin canggih maka terjadi pergeseran paradigma pendidikan. Sedangkan paradigma pendidikan abad 21 siswa harus dianggap memiliki pengetahuan awal. Dalam hal ini guru memiliki tugas sebagai fasilitator. Siswa dianggap sudah memiliki potensi untuk tumbuh dan berkembang, sedangkan guru hanya berfungsi untuk memfasilitasi siswanya tumbuh dan berkembang dengan baik.

    ReplyDelete
  14. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    dalam artikel ini memperlihatkan perbedaan paradigma pendidikan yang terjadi di abad 20 dan 21. di abad 21 dimana pendidikan masih menggunakan pembelajaran yang tradisional yang masih berpusat pada guru dan menjadikan guru sebagai sumber pengetahuan utama. sedangkan di abad yang ke 21 dimana kualitas pendidikan menjadi lebih baik karena banyaknya penelitian yang dilaksanakan terkait dengan pendidikan.

    ReplyDelete
  15. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Paradigma pedidikan yang ada yang semakin berkembang. Dari aktu ke waktu dari abad ke abad.
    Mulai dari perubahan pengajaran dari guru yang man pada era sekarang guru hanya sebagai fasilitator, kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang mana siswa lebih aktif.
    Hingga perkembangan dalam kurikulum yang selalu berkembang mengikuti perkembangan teori belajar yang ada.

    ReplyDelete
  16. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Ada beberapa perbedaan yang bisa terlihat antara abad 20 dan 21, perbedaan tersebut antara lain adalah metode mengajar, kurikulum, kegiatan di kelas dan fokus pembelajaran siswa. Jaman dahulu guru berperan sebagai pusat informasi yang mentransfer semua pengetahuannya kepada siswa, dan sebagai siswa pun hanya menerima semua yang guru berikan. Sedangkan pada saat ini, guru berperan sebagai fasilitator, siswa diberi kesempatan untuk membangun pengetahuannya sendiri dan mereka lebih bebas untuk mengeksplor semua yang mereka inginkan.

    ReplyDelete
  17. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berdasarkan sumber di atas tentang paradigma pendidikan, dapat kita ketahui adanya beberapa perbedaan antara paradigma pendidikan era abad 20 dan abad 21 yang ditinjau dari beberapa aspek, seperti: interaksi di kelas, penilaian, program pembelajaran, fokus pembelajaran, dan sebagainya. Selain itu perbedaan yang muncul juga dapat ditinjau dari metode mengajar. Berbicara mengenai metode mengajar tentunya berhubungan dengan guru. Paradigma pembelajaran era sekarang abad 21 tentunya berbeda dengan metode yang digunakan pada tahun-tahun 90-an kemarin atau abad 20. Kalau di abad 20 kemarin metode yang digunakan umumnya adalah guru menyampaikan materi kepada siswa, maka di era sekarang guru dituntut untuk membimbing siswa bagaimana mereka membangun atau mengkonstruk sendiri pengetahuan dengan memberikan soal-soal yang berbasis pemecahan masalah.

    ReplyDelete
  18. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari link tersebut menjelaskan bahwa ada perbedaan paradigma pendidikan pada abad ke 20 dan 21, di mana ada perkembangan dalam pendidikan. Misalnya dalam hal kegiatan pembelajaran sampai dengan teknologinya. Pada pembelajaran abad 21 ini, pembelajaran lebih difokuskan kepada siswa agar siswa mampu membangun pengetahuannya sendiri. Dengan demikian siswa akan lebih memaknai belajarnya dan lebih aktif dalam pembelajaran karena guru menyusun pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif.

    ReplyDelete
  19. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Paradigma pendidikan 21 bertujuan untuk memperbaiki paradigma pendidikan sebelumnya dari paradigma pendidikan 20. Paradigma pendidikan 21 menekankan perbaikan proses pembelajaran agar berpusat pada siswa dan agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Keadaan ini diharapkan dapat membuat siswa menemukan sendiri suatu materi ajar dan kemudian siswa mampu mengkonstruk pengetahuannya agar dapat bertahan lama dalam memori jangka panjang siswa.

    ReplyDelete
  20. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    When planning a session or programme, paying attention to how the objectives or outcomes will be achieved (through appropriate teaching and learning methods), assessed and evaluated requires active and overt consideration of the educational process: the interaction of teachers, students and knowledge. Stenhouse (1975) thought of an objective-led curriculum as an educational ‘straghtjacket’, proposing a shift to a process-driven model in which the facilitation of learning is the central concern, and outcomes become unpredictable. Hussey and Smith (2008) call this the ‘corridor of tolerance’, allowing space for learning outcomes to emerge through the learning process.
    Later writers, such as Grundy (1987), suggest that any curriculum is continually mediated and developed, a concept which in some ways can lead to uncertainty, particularly in medicine, where one of the requirements of training is that learners need to acquire specific competences. Defining very detailed instructional objectives is highly appropriate if, for example, we are trying to specify the core components of a clinical skill, but it can sometimes detract from the learning process and lead to an educationally impoverished curriculum.
    Sumber:
    http://www.faculty.londondeanery.ac.uk/e-learning/setting-learning-objectives/the-educational-paradigm

    ReplyDelete
  21. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    paradigma pendidikan pada abad 20 dan abad 21 memang cukup berbeda. pada abad 20, metode pembelajaran di kelas masih berpusat pada siswa. tujuan dari pembelajaran juga masih hanya memperdulikan hasil. sehingga dalam pelaksanaannya sangat bersifat instruksional (dari guru). berbeda dengan abad 21 pada sekarang ini. metode pembelajaran di kelas sedikit demi sekit dilatih untuk berpusat pada siswa. siswa sebagai subyek pembelajaran dan guru bertugas sebagai fasilitator. karena siswa menjadi aktor utama dalam pembelajaran, maka tujuan pembelajarannya tidak lagi hanya sekedar hasil, namun juga proses yang mereka lalui. dan proses yang dilalui siswa dalam pembelajaran adalah mengkonstruksikan sendiri pengetahuan mereka, tidak lagi menunggu diberikan oleh guru.

    ReplyDelete
  22. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Artikel tersebut membahsa tentang adanay perbedaan paradigma abad ke 20 dan abad 21. Saya tertarik dengan bagian assessment, centricity, dan learning program outcome. Yanag mana pada bagian asessment membahas tentanag penilaian pada abagad 20 dan 21 yanaga mana pada abad 20 penilaian nya hanya berfokus pada summativ saja dan untiuk formatif nya ahanya beberapa/ sedangkan pada abad 21 lebih ditekankan kepda keduanya. Yaitu formatif dengan summativ. yang mana formatif dan sumamtif salaing bersama-sama. Pada bagian selanjutnya yaitu centricity yang pada pembelajaran ada yang berpusat pada guru dan ada yang pada siswa. dan bagian yang untuk outocmenya pada abad 20 hasil yang dicapai hanya bagaimana siswa itu mendapat nilai tinggi. Jika siswa dapat nilai tinggi maak siswa itu berhasil beda hal dengan abad 21 yanag menekankan pada proses dan nilai. Sehingga hasil outcome nya itu seimbanag antara nilai dan proses. Dan lebih di tekankan pada prosesnya.

    ReplyDelete
  23. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari link tersebut, terlihat pada abad ke 21 sudah mulai tidak ditemukan pendekatan pembelajaran tradisional dimana merupakan kegiatan pembelajaran yang hanya men-transfer pengetahuan dari guru ke murid saja. Melainkan pada abad 21 ini siswa dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuan-pengetahuan yang baru mereka dapat agar lebih mandiri. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru agar siswa dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuan mereka adalah dengan mengubah metode pembelajarannya yang semula tradisional diubah ke metode inovatif.

    ReplyDelete
  24. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Dalam perspektif kritis, urusan pendidikan adalah melakukan refleksi kritis, terhadap ‘ideologi dominan’ kearah transformasi sosial. Tugas utama pendidikan adalah menciptakan ruang agar sikap kritis terhadap sistem dan struktur ketidakadilan, serta melakukan dekonstruksi dan advokasi menuju sistem sosial yang lebih adil. Pendidikan pada abad ke 20 dengan abad ke 21 itu memiliki perbedaan. Pendidikan pada abad ke 20 cenderung menggunakan metode tradisional dimana guru masih begitu mendominasi pembelajaran. Pembelajaran masih berpusat pada guru dan siswa hanyalah sebagai obyek saja. Sedangkan pembelajaran pada abad ke 21 pembelajarannya sudah mulai menggunakan metode inovatif dimana yang menjadi subyek pembelajaran adalah siswa. pembelajaran juga lebih mementingkan pada prosesnya.

    ReplyDelete
  25. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Paradigma pendidikan lama dalam pendidikan adalah transfer-of-knowledge atau pembelajaran satu arah dari guru kepada peserta didik. Namun paradigma baru pendidikan saat ini pembelajaran terjadi dua arah atau mengutamakan interaksi antara guru dan peserta didik. guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran sehingga peserta didik diharapkan dapat mengonstruksi pengetahuannya, intinya adalah pembelajaran berpusat pada siswa. Untuk melaksanakan pembelajaran sesuai paradigma baru, guru harus berpikir dan berjuang lebih keras, karena bukanlah

    ReplyDelete
  26. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Seiring perubahan zaman, paradigma pendidikan pun turut mengalami perubahan atau pergeseran. Hal ini bisa dilihat dari perbandingan paradigma pendidikan abad ke 20 dan abad ke 21 berdasarkan segi interaksi belajar, penilaian, pusat dari proses pembelajaran, program pembelajaran, outcome program pembelajaran, fokus pembelajaran, pendekatan pengajaran, relevansi pembelajaran, model aplikasi Dagget, kemampuan berpikir, penggunaan teknologi, metodologi pengajaran, partisipasi siswa dalam pembelajaran, umpan balik, manajemen diri siswa, promosi siswa, kecerdasan dan keberbakatan siswa, gaya belajar, latihan fisik, sistem rapot, waktu pembelajaran, rancangan sekolah. Adanya pergeseran paradigma pendidikan tersebut adalah untuk menjawab tantangan zaman yaitu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi abad ke 21.

    ReplyDelete
  27. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Terdapat beberapa perbedaan antara paradigma pendidikan abad 20 dan abad 21, antara lain dari aspek pendekatan pembelajaran, keberpusatan pembelajaran (teacher center dan student center), kemampuan kognitif yang ingin dicapai, teknik penilaian, penggunaan teknologi, dan sebagainya.

    ReplyDelete
  28. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Elegi ini memaparkan mengenai perkembangan dan perbedaan paradigma pendidikan antara pendidikan pada abad-20 dengan pendidikan pada abad-21. Salah satu aspek yang membedakan yaitu pusat belajarnya. Pada abad-20 pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher-centered), sedangkan pada abad-21 pembelajaran sudah berppusat pada siswa (student-centered) dan guru sebagai fasilitator. Kemudian jika dipandang dari aspek penilaian, pada abad-20 penilaian /asesmen nya hanya pada hasil akhir saja, sedangkan pada abad ke 21 penilaian sudah autentik, meliputi penilaian proses dan juga kinerja atau portofolio. Paradigma pada abad sekarang ini memanglah yang cocok dan mewadahi siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya dengan teknik penilaian yang melibatkan semua aspek.

    ReplyDelete
  29. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Paradigma dan visi pendidikan yang cocok bagi tantangan zaman sekarang ini yaitu seperti yang pernah dibahas oleh UNESCO dalam World Education Forum dalam mempersiapkan pendidikan manusia abad ke-21. Pendidikan hendaknya mengubah paradigma teaching (mengajar) menjadi learning (belajar). Dengan perubahan ini proses pendidikan menjadi “proses bagaimana belajar bersama antara guru dan peserta didik”. Guru dalam konteks ini juga termasuk dalam proses belajar. Sehingga lingkungan sekolah, meminjam istilahnya Ivan Illich, menjadi learning society (masyarakat belajar). Dalam paradigma ini, peserta didik tidak lagi disebut pupil (siswa), tapi learner (yang belajar).

    ReplyDelete
  30. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Link di atas menjelaskan tentang perbandingan paradigma pendidikan pada abad ke-20 dan abad ke-21. Pendidikan pada abad ke-20, fokus pembelajarannya menekankan pada isi, berpusat pada guru, program pembelajaran secara berkelompok, dan hasil dari program pembelajaran terfokus pada tugas. Sedangkan pendidikan pada abad ke-21 menekankan pada proses, berpusat pada siswa, program pembelajaran secara individu, program pembelajaran terfokus pada proses, dan hasil dari program pembelajaran terfokus pada proses dan hasil. Jika kita amati, pendidikan pada abad ke-20 dan 21 telah mengalami pergeseran paradigma. Dan tentunya pergeseran tersebut membawa ke arah yang lebih baik. Pada abad sekarang, pendidika menekankan pada siswa yang aktif dan lebih ditekankan untuk menyelesaikan masalah-masalah sehingga siswa dapat menghadapi permasalahan yang dia alami dalam kehidupannya dengan baik.

    ReplyDelete
  31. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pada tautan link yang bapak berikan menjelaskan perbedaan paradigma di abad 20 dan 21. Pada abad 20 penilaian Terutama sumatif dengan beberapa formatif sedangkan pada abad 21 Formatif dengan sumatif. Pada abad 20 pusat pembelajaran adalah guru sedangkan di abad 21 belajar berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  32. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam sumber yang dilampirkan dalam artikel in membahas paradigm pendidikan pada abad 20 dan abad 21. Perbedaa paradigm pada kedua abad tersebut disajikan dalam pentuk tabel perbandingan. Yang lebih saya amati bahwa pada abad 20 lebih ke teacher centered dan pada abad 21 itu student centered. Serta abad 20 mementingkan kepada hasil, sedangkan pada abad 21 lebih mementingkan proses dan rekonstruksi pengetahuan yang dilakukan oleh siswa.

    ReplyDelete
  33. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Artikel tentang perbandingan paradigma pendidikan abad 20 dan 21 tersebut harapannya dapat membantu orang tua untuk mengetahui perbedaan pendidikan di masanya. Selain itu, juga membantu orang tua jaman sekarang agar tidak menyamakan pendidikan sekarang dengan pendidkan pada jamannya, karena waktu selalu berjalan maka sistem dan metode pendidikan juga akan berubah sesuai kebutuhan.

    ReplyDelete
  34. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Paradigma dalam belajar telah berubah. Di dunia, para pemimpin di bidang pendidikan telah menunjukkan bahwa sekarang puluhan ribu pendidik di seluruh dunia mempersonalisasi pendidikan dan pengembangan profesional mereka karena mereka menyadari bahwa mereka adalah pembimbing utama di sekolah dan kelas mereka. Namun, apakah di Indonesia terdapat usaha seperti itu? Jawabnya iya ada usaha, hal ini tampak dari usaha pemerintah mengubah sistem kurikulum serta mendesain agar dilaksanakan Lesson Study, dan sebagainya. Hal-hal tersebut adalah usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mengubah paradigma lama dalam dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  35. Salma Maulida Karima
    14301241021
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Link di atas, membahas tentang perbandingan paradigma pendidikan pada abad 20 dan 21. Disajikan dalam bentuk tabel. Berisi tentang fokus pembelajaran, pusat pembelajaran, program pembelajaran dll. Dimana banyak perbedaan dari keduanya. Namun dengan harapan agar pendidikan semakin baik lagi.

    ReplyDelete
  36. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan link yang bapak rekomendasikan terkait dengan paradigma pendidikan, yaitu mengenai perbedaan bagaimana pendidikan pada abad ke-20 dan abad ke-21, dari setiap tahun pendidikan tentunya berkembang menuju lebih baik, pendidikan yang guru aktif memberikan penjelasan kini berubah menjadi siswa yang aktif dikelas, siswa yang mengonstruksi pengetahuannya untuk memahami konsep sedangkan guru menjadi fasilitator.

    ReplyDelete
  37. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pendidikan akan senantiasa berkembang, sehingga perlu adanya perbaikan dalam setiap pelaksanaanya. Sehingga, jelas ada perbedaan bagaimana pendidikan pada abad-20 dan abad-21. Pendidikan saat ini lebih menitikberatkan pada keaktifan siswa dalam memperoleh pengetahuannya sendiri. Sedangkan guru beritndak sebagai fasilitator.

    ReplyDelete