Dec 3, 2012

EDUCATIONAL PARADIGM




Ass Wr Wb
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Paradigma Pendidikan, bacalah berikut:

http://edorigami.edublogs.org/2010/10/02/comparing-20th-and-21st-century-educational-paradigms/

 Ass Wr Wb
Marsigit

19 comments:

  1. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pendidikan akan senantiasa berkembang, sehingga perlu adanya perbaikan dalam setiap pelaksanaanya. Sehingga, jelas ada perbedaan bagaimana pendidikan pada abad-20 dan abad-21. Pendidikan saat ini lebih menitikberatkan pada keaktifan siswa dalam memperoleh pengetahuannya sendiri. Sedangkan guru beritndak sebagai fasilitator.

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum wr.wb.

    Terima kasih, Pak atas link sumber belajarnya. Dari link tersebut saya jadi lebih memahami tentang paradigma pendidikan di abad ke-20 dan ke-21. Ada perbedaan yang ada. Di abad ke-20 interaksi cenderung ke individualis. Sementara di abad ke-21 interaksi siswa cenderung kolaborasi. Itu artinya kerjasama dan komunikasi antar siswa mulai diterapkan. Di abad ke-20 pembelajaran cenderung terpusat pada guru, sementara di abad ke-21 pembelajaran cenderung terpusat pada siswa. Di abad ke-20 guru cenderung mentrasnfer ilmu pengetahuannya, sementara di abad ke-21 guru membimbing siswa untuk membangun pengetahuan dan pembelajaran cenderung problem based learning.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  3. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Saya mengucapkan terimakasih atas sumber ilmu yang secara sukarela bapak bagikan. Setelah saya baca dengan agak terbata-bata (karena saya harus berkali-kali melihat kamus), saya melihat bahwa terdapat perbedaan lumayan signifikan pada paradigma pendidikan abad 20 dan paradigma pendidikan abad 21. Sejujurnya sangat tertarik dengan poin-poin paradigma pendidikan abad 21. Pendidikan terlihat begitu indah, bukan? Siswa menjadi subjek, aspek sosial dan moralitas menjadi perhatian, prestasi akademik bukan satu-satunya tolok ukur keberhasilan belajar. Saya rasa pendidikan abd ke 21 lebih memanusiakan manusia.

    ReplyDelete
  4. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Paradigma pendidikan abat 20 dan 21 secara umum memiliki sejumlah perbedaan. Dalam paradigma pendidikan abat 20, proses pembelajaran lebih banyak dilakukan dengan pemberian pengetahuan dari guru kepada siswa, dalam hal ini siswa cenderung pasif dan hanya mencoba memahami pengetahuan - pengetahuan yang diajarkan oleh sang guru. Sedangkan dalam paradigma pendidikan abat 21, proses pembelajaran dikelas lebih ditekankan pada aktivitas aktif siswa dalam menemukan atau mengkonstruksi konsep dan pengetahuan baru. Dalam hal ini tugas guru hanya sebagai fasilitator dan pembimbing bagi siswa agar mampu menemukan berbagai konsep dengan benar.

    ReplyDelete
  5. Atik Rodiawati
    17709251025
    PPS Pendidikan Matematika B 2017
    Dalam komentar saya kali ini saya tidak akan membahas apa saja perbedaan paradigma pendidikan di abad ke 20 dan abad ke 21, karena perbandingan paradigma pendidikan sudah sangat jelas tertulis di artikel ini.
    Manusia adalah makhluk yang tuhan ciptakan yang paling sempurna diantara makhluk lainnya yang memiliki akal dan juga nafsu. Manusia adalah orang yang paling bertanggung jawab atas bumi ini, sehingga kehidupan manusia dari hari ke hari harus semakin baik, terutama dalam hal pendidikan. Orang yang mendapatkan pendidikan yang baik tentu akan mendapatkan ilmu yang baik dan bermanfaat sehingga diharapkan dapat menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di sekitarnya atau masalah yang lebih kompleks.
    Perubahan pendidikan memang harus dilakukan, karena ilmu dari masa ke masa akan terus berkembang dan akan terus dikembangkan, sehingga membutuhkan metode-metode baru dalam pendidikan. Seperti sebuah kata mutiara yang mengatakan “hari ini harus lebih baik dari hari kemaren, dan hari esok harus lebih baik dari hari kemaren”.

    ReplyDelete
  6. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Perbandingan paradigma pendidikan pada abad ke-20 dan ke-21 yang ditunjukkan pada link yang Bapak berikan salah satunya adalah terkait dengan pusat pembelajaran. Pada abad ke 20 pembelajaran berpisat pada guru , karena guru disini mentransfer ilmunya kepada siswa, namun pada abad ke 21 pembelajaran berpusat kepada siswa, guru hanya berperan sebagai fasilitator. Siswa dituntut untuk aktif dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  7. Muhammad Sabri
    17701252034
    S2 PEP B

    Terimakasih Prof., apa yang dipaparkan dalam link yang bp bagikan memberikan kami gamabaran bagaimana paradigma pendidikan di abad 20 dan awal abad 21 ini, saya harap paradigma-paradigma pada abad 21 yang tercantum pada link tersebut, tidak hanya menjadi paradigma yang tertulis saja melainkan bisa diaplikasikan atau diterapkan secara nyata pada dunia pendidikan, karena saya lihat masih ada beberapa paradigma yang belum sepenuhnya terealisasikan, seperti Student-centric, saya rasa masih banyak lembaga pendidikan atau lebih khususnya guru yang belum menerapkan paradigma ini, masih banyak guru yang bertahan dengan paradigma lama (Teacher-centric) sehingga pembelajaranpun masih mengikuti paradigma lama.

    ReplyDelete
  8. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Terlihat dalam tabel beberapa perbedaan pembelajaran di abad 20 dan 21. Salah satu diantaranya adalah peralihan dari pembelajaran terpusat diiguru menjadi pembelajaran berpusat di siswa. Ini menunjukkan bahwa siswa diajak untuk lebih mengembangkan dan mengkonstruk ilmu pengetahuan mereka dengan pembelajaran yang disusun oleh guru. Sikap kritis siswa dalam pemecahan masalah, sumber belajar yang tidak hanya pada guru dan lain sebagainya menjadi penanda kemajuan pembelajaran di abad 21. Disini guru harus kreatif dalam memberikan masalah atau kasus, memilih metode yang disesuaikan dengan materi yang relevan. Kerjasama dan aktifnya guru dan siswa akan membangun komunikasi yang baik dalam pembelajaran dan membuat pembelajaran dikelas menjadi hidup sehingga siswa dapat memperoleh pengetahuan yang bru dengan carayang menyenangkan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  9. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Berdasarkan artikel yang membandingkan paradigma pendidikan di abad 20 dan 21, dari poin-poin yang tampilkan dapat kita diketahui apa saja perubahan maupun pembaharuan paradigma pendidikan dari abad 20 ke abad 21, dengan perkembangan zaman yang begitu pesat dan penuh tantangan ini paradigma pendidikan di abad 21diharapkan dapat diterapkan pada pendidikan saat ini sebagaimana mestinya sehingga generasi penerus bangsa “peserta didik” mampu menghadapi tantangan dan tuntutan masa kini.

    ReplyDelete
  10. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Paradigma pendidikan dari abad 20 ke abad 21 memang terlihat sekali perbedaannya. Memasuki abad ke-21 sekarang ini, pendidikan di Indonesia dihadapkan dengan sejumlah tantangan dan peluang. Berdasarkan sumber yang Bapak berikan, terdapat beberapa perbedaan, yaitu pembelajaran dari berpusat pada guru menuju berpusat pada siswa. Jika dahulu yang terjadi adalah guru berbicara dan siswa mendengar, menyimak, dan menulis, maka saat ini guru harus lebih banyak mendengarkan siswanya yang saling berinteraksi, berargumen, dan berkolaborasi. Fungsi guru sebagai pengajar berubah dengan sendirinya menjadi fasilitator bagi siswa-siswanya. Selain itu, pembelajran dari satu arah menuju interaktif. Jika dahulu komunikasi dalam pembelajaran yang terjadi adalah satu arah dari guru ke siswa, maka saat ini harus terdapat interaksi yang cukup antara guru dengan siswa maupun antar siswa dalam berbagai bentuk komunikasinya. Oleh karena itu, merupakan keharusan bagi guru saat ini untuk terus berusaha membuat kelas semenarik mungkin melalui berbagai pendekatan yang berorientasi pada siswa.

    ReplyDelete
  11. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. yang saya pahami, paradigma adalah cara pandang/kerangka fikir/basis filosofis yang dapat menjabarkan suatu metodelogi dan teori-teori yang relevan. Dalam konteks pendidikan, paradigma tentunya beranekaragam, mulai dari paradigra positivis, non positivis sampai ke paradigma critical. Di Indonesia sendiri, kita berdiri di bawah naungan Pancasila sebagai paradigma pembangunan. Dengan kata lain, pendidikan nasional menganut paradigma Pancasila.

    ReplyDelete
  12. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Mohon izin Pak sebelumnya, atas ketidak tahuan saya akan hal paradigma pendidikan, tetapi saya mencoba untuk mengomentari. Paradigma pendidikan sepertinya memiliki makna suatu cara untuk memandang dan memahami masalah-masalah pendidikan yang dihapai dan juga mencari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kiranya perlu untuk dirancang kembali paradigma pendidikan di Indonesia. Tantangan zaman saat ini sepertinya tepat jika menggunakan paradigma yang pernah diusung oleh UNESCO dalam World Education Forum dalam mempersiapkan pendidikan manusia abad ke-21. Paradigma pendidikan versi UNESCO ini mengubah paradigma teaching menjadi learning.

    ReplyDelete
  13. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dunia ini senantiasa berubah ruang dan waktunya sejalan dengan perjalanan waktu. Demikian halnya dengan pendidikan. Paradigma pendidikan antara abad ke 20 dan abad ke 21 terjadi perubahan. Perubahan yang paling namak adalah perubahan paradigma dari pembelajaran berpusat kepada guru menjadi pembelajaran berpusat kepada siswa. Pada saat ini dalam pembelajaran siswa diharapkan banyak melakukan kegiatan atau aktifitas sehingga siswa dituntut untuk lebih aktif dalam pembelajaran, serta dalam penilaian diharapkan juga untuk menitik beratkan pada proses pembelajarannya tidak hanya berdasarkan pada hasil akhir dari pembelajaran. Pembelajaran saat ini diharapkan pembelajaran dengan ideologi kontruktivisme yaitu pembelajaran yang mengedepankan aktivitas-aktivitas pemecahan masalah atau proyek, di mana dengan aktifitas tersebut siswa mendapatkan pengalaman sehingga mampu membangung pemahaman pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  14. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, thank you prof. Marsigit for the interesting article above. We should be grateful because now we live in the 21st century, which humans in this era have become more intelligent and creative in thinking and behaving. Let's look at the development of educational paradigm if we compare between the 20th century and the 21st century. In the past, the learning process centered on the teacher where the students were only able to listen to the explanation from the teacher and write it in the notebook. Now, the educational paradigm has changed the concept of it all that today students must become active and creative in learning. Students must be courageous to speak, discuss, and express their opinions in front of the class. the educational paradigm is also highly visible when it comes to technology. The more influences from the current globalization that the technology of the western world has become more sophisticated and has arrived in our country. So we become quite dependent on technology. In the world of education, the role of technology is very beneficial for both teachers and students. Because, in addition to lighten the teacher in explaining and practicing the material taught, technology also makes students more familiar with the concept that must be mastered. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  15. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Hal yang wajar paradigma pendidikan pada abad 20 dan abad 21 memiliki perbedaan. Pada abad 21 akan terdapat pembelajaran yang berasaskan teknologi. Selain itu pemerintah juga telah mencanangkan pembelajaran abad 21 seperti komunikasi, kerjasama, kreatif. Hal ini sebenarnya sudah mulai terlaksana apalagi sejak diimplemetasikan kurikulum 2013. Pada kurikulum ini lebih mengedepankan student center, sedangkan guru bertindak sebaga fasilitator. Hal ini berbeda dengan pembelajaran pada abad 20 yang lebih mngedepankan teacher center dan siswa sebagai penonton saja apa yang dilakukan oleh gurunya. Semoga dengan perubahan pembelajaran ini, akan membuat pendidikan di Indonesia semakin berkembang, dan dapat menjadikan siswa kita menjadi siswa yang dapat bertahan dan mengembangkan potensinya pada abad 21

    ReplyDelete
  16. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Sumber tersebut menyajikan perubahan paradigma pendidikan pada abad ke 20 dan abad ke 21. Terdapat berbagai aspek yang membedakan kedua paradigma tersebut. Bahkan perbedaan dari keduanya bisa saling berkebalikan. Misalnya jika dipandang dari interaksi pembelajaran, pada abad ke 20 lebih fokus pada individul dan hanya sedikit kolaborasi, sementara pada abad ke 21 lebih banyak pada interaksi kolaboratif daripada individul. Kemudian jika dilihat dari fokus pembelajarannya, pada abad ke 20 terpusat pada guru, sedangkan pada abad ke 21 terpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  17. Keterlibatan siswa di dalam pembelajaran berdasarkan kedua paradigma tersebut juga sangat berbeda, siswa pada abad ke 20 hanya diberikan materi dan diberikan proses, sementara pada abad ke 21 siswa mengkonstruk sendiri materi dan mengembangkan dan mengevaluasi proses belajarnya. Perubahan paradigma ini perlu untuk dilakukan karena sekarang ini jaman sudah berubah, pada abad ke 21 ini menuntut siswa untuk dapat bersaing secara global.Siswa harus mampu menyelesaikan berbagai permasalahan hidup yang akan dihadapinya dan harus kreatif agar bisa survive.

    ReplyDelete
  18. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    I am interested in the educational paradigm of the 21st century. In the 21st century it focuses on excavating students' competencies and skills. Responding to learning styles in the 21st century, looks so varied and makes students try to master the intelligence of more than one aspect. Indeed has a lot of talent in self. It is unfortunate if the applied style of learning can turn off the character and inhibit the growth of student talent. Education is one of the means that can be taken for the sake of human life itself. Thank you Prof has shared this knowledge.

    ReplyDelete
  19. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    I am interested in the educational paradigm of the 21st century. In the 21st century it focuses on excavating students' competencies and skills. Responding to learning styles in the 21st century, looks so varied and makes students try to master the intelligence of more than one aspect. Indeed students are blessed with so much talent in themselves. It is unfortunate if the applied style of learning can turn off the character and inhibit the growth of student talent. Education is one of the means that can be taken for the sake of human life itself. Thank you Prof. has shared this knowledge.

    ReplyDelete