Dec 2, 2012

HUMANISM


Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang HUMANISM, konek berikut:

http://en.wikipedia.org/wiki/Humanism





Wss Wr Wb
Marsigit






33 comments:

  1. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Berdasarkan bacaan di atas, saya mencermati bahwa humanisme merupakan ungkapan umum yang diterapkan dalam kehidupan sosial dan intelektual serta sastra.Di samping itu, pusat perhatiannya didasarkan pada nilai yang terdapat pada manusiai tu sendiri.Dalam pandangan ini, juga menukil tentang menyatakan bahwa pengalaman sesorang cenderung menjadi praktis dalam segala hal.Tuturnya lagi bahwa kehidupan ideal bukan hanya praktik kerohanian dalam masyarakat tetapi juga bagaimana membangun hubungan yang kaya di dalam keberagaman.Berarti jika dipahami lebih mengutamakan dari sisi kemanusiaan.

    ReplyDelete
  2. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    humanisme merupakan pandangan berpusat pada martabat manusia dan kemampuannya. Dalam pendidikan, humanisme menekankan bahwa manusia memiliki keberadaan yang unik dalam dirinya berbeda antara manusia satu dengan yang lain sehingga sudah semestinya memperhatikan makna dan tujuan hidup manusia. Untuk mencapai hal tersebut harus ada kebebasan individu yang paling utama dan uni karena mereka mempunyai sikap hidup, tujuan hidup dan cara hidup sendiri.

    ReplyDelete
  3. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017


    Humanisme adalah pemahaman tentang pandangan yang menyatakan bahwa manusia dapat memahami dunia serta keseluruhan realita dengan menggunakan pengalaman dan nilai-nilai kemanusiaan bersama. Dalam kehidupan kita senantiasa membutuhkan orang lain. Humanisme bisa diartikan sebagai cara pandang dari sisi kemanusiaan orang tersebut, bagaimana dia berinteraksi dengan orang lain.

    ReplyDelete
  4. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Interaksi antar manusia merupakan suatu kebutuhan bagi setiap individu. Karena memang setiap individu memerlukan individu yang lain dalam memenuhi kebutuhannya. Seperti halnya guru dan siswa, kedua individu tersebut memiliki suatu interaksi yang sering kita sebut dengan kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar ini tentunya tidak lepas dari hak dan kewajiban antar guru dan siswa. Menyadari bahwa setiap individu memiliki hak dan kewajiban yang berbeda-beda merupakan salah satu penerapan dari Humanisme. Humanisme sendiri memiliki pengertian suatu paham yang berpusat pada manusia. Humanisme ini mengatakan manusia mempuyai kedudukan yang istimewa dan berkemampuan lebih dari mahluk lainya.

    ReplyDelete
  5. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Humanisme merupakan pikiran yang memfokuskan pada masalah-masalah dan isu-isu kemanusiaan. Pandangan ini berpedoman bahwa, kebebasan manusia itu ada dan perlu dipertahankan dan di expresikan. Dalam bidang pendidikan aliran ini berperan dalam mengembangkan kemampuan dan potensi belajar. Pihak guru dan siswa harus menjalin komunikasi yang baik untuk meningkatkan rasa saling peduli antar kedua belah pihak. Pembelajaran menggunakan teori humanistic berfokus pada pembentukan pribadi siswa, akhlak terputi serta perubahan sikap dari siswa. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  6. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Humanisme lebih melihat pada sisi perkembangan kepribadian manusia. Pendekatan ini melihat kejadian yaitu bagaimana manusia membangun dirinya untuk melakukan hal-hal yang positif. Kemampuan bertindak positif ini yang disebut sebagai potensi manusia dan para pendidik yang beraliran humanisme biasanya memfokuskan pengajarannya pada pembangunan kemampuan positif ini. Kemampuan positif disini erat kaitannya dengan pengembangan emosi positif yang terdapat dalam domain afektif. Emosi adalah karakterisitik yang sangat kuat yang nampak dari para pendidik beraliran humanisme.

    ReplyDelete
  7. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa humanisme adalah paham filsafat dan etik yang menekankan nilai manusia, baik secara individual maupun kolektif, dan biasanya lebih memilih pemikiran kritis dan bukti (rasionalisme dan empirisme) daripada menerima dogma atau takhayul.

    ReplyDelete
  8. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.Humanisme berasal dari kata humanitas yang kemudian diberi akhiran isme menjadi humanisme yang menunjukkan istilah aliran atau paham. Humanisme bisa diartikan sebagai paham di dalam aliran-aliran filsafat yang hendak menjunjung tinggi nilai dan martabat manusia, serta menjadikan manusia sebagai ukuran dari segenap penilaian, kejadian, dan gejala di atas muka bumi ini. Humanisme sekuler mencerminkan bangkitnya globalisme, teknologi, dan jatuhnya kekuasaan agama. Humanisme sekuler juga percaya pada martabat dan nilai seseorang dan kemampuan untuk memperoleh kesadaran diri melalui logika. Wassalamu’alaikum

    ReplyDelete
  9. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas, humanisme berasal dari bahasa Latin yang terdiri dari dua kata human dan isme. Human berarti manusia dan isme berarti aliran atau paham. Humanisme adalah paham atau aliran yang mengagungkan harkat dan martabat manusia sebagi pribadi yang agung, yang bernilai kemanusiaan, dan rasional.Paham ini menonjolkan kemampuan manusia dalam mempertahankan keeksistensiannya. Paham humanisme lebih melihat pada sisi perkembangan kepribadian manusia. Dari link (http://id.wikipedia.org/wiki/Humanisme) Humanisme adalah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Humanisme telah menjadi sejenis doktrin beretika yang cakupannya diperluas hingga mencapai seluruh etnisitas manusia, berlawanan dengan sistem-sistem beretika tradisonal yang hanya berlaku bagi kelompok-kelompok etnis tertentu.

    ReplyDelete
  10. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Menurut https://id.wikipedia.org/wiki/Humanisme, humanisme merupakan sebuah pemikiran filsafat yang mengedepankan nilai dan kedudukan manusia serta menjadikannya sebagai kriteri dalam segala hal. Menurut saya nilai dan kedudukan manusia memang penting dan dapat dijadikan kriteria dalam hal-hal yang terkait dengan interaksi dalam masyarakat. Tetapi dalam segi spirituaalm nilai dan kedudukan manusia tidak dapat dijadikan kriteria. Maka dari itu, sebagai manusia yang menjunjung spiritual kita harus dapat memilah kapan humanisme ini dapat kita guankan.

    ReplyDelete
  11. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Menurut beberapa referensi yang saya baca, humanism bisa diartikan pula dengan memanusiakan manusia. Humanisme merupakan gerakan kemanusiaan. Hal ini sesuai dengan pengertian meurut Ethichal Humanism yang mengatakan bahwa humanism adalah sebuah gerakan kemanusiaan yang secara luas memiliki perhatian khusus kepada perikemanusiaan, yang memperjuangkan kaum minoritas. Sehingga sikap saling menghargai, menghormati, dan toleransi sangat dijunjung dalam gerakan ini.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  12. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Humanisme tersebut berkedudukan sebagai satu pemikiran etis yang mempromosikan harkat, martabat, dan nilai-nilai kemanusiaan yang dalam perkembangannya telah menjadikan manusia sadar akan eksistensinya sebagai makhluk rohani, yang sekaligus juga menandaskan kembali tanggung jawabnya dalam kehidupan di dunia. Akibat pandangannya tentang manusia yang cukup optimis, humanisme telah berjasa mengembalikan harkat dan martabat manusia, menyadarkan potensinya dan menendaskan tanggung jawabnya dalam kehidupan.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  13. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Humanisme secara bahasa terdiri dari kata humanis dan isme. Human dalam bahasa indonesia diartikan sebagai manusia, dan isme mempunyai makna pusat. Jadi dapat dikatakan bahwa humanisme adalah sesuatu yang berpusat pada manusia. Dalam filsafat, humanisme diartikan sebagai sebuah pemikiran filsafat yang mengedepankan nilai dan kedudukan manusia serta menjadikannya sebagai kriteria dalam segala hal. Paham humanisme bertujuan untuk menghidupkan rasa perikemanusiaan dan mencita-citakan pergaulan hidup yang lebih baik.

    ReplyDelete
  14. Junianto
    PM C

    Humanisme adalah sikap filosofis dan etis yang menekankan nilai dan agensi manusia, secara individu dan kolektif, dan umumnya menyukai pemikiran dan bukti kritis (rasionalisme dan empirisisme) atas penerimaan dogma atau takhayul. Dari pengertian ini bisa dipahami bahwa bukti empiris dalam paham ini sangat diperlukan, sedangkan dogma atau takhayul menjadi hal yang masih perlu di kaji terkait dengan kebenarannya.

    ReplyDelete
  15. Latifah Fitriasari
    PM C

    Humanisme adalah sebuah pemikiran filsafat yang mengedepankan nilai dan kedudukan manusia serta menjadikannya sebagai kriteria dalam segala hal. Dalam khasanah intelektual, 'humanisme' sebagai istilah sering dipercakapkan dalam berbagai konteks, terutama konteks filsafat, pendidikan, dan kesusasteraan. Ini memperlihatkan bahwa sebagai istilah humanisme memperoleh sebaran pengaruh yang meluas.

    ReplyDelete
  16. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Humanisme merupakan salah satu hasil dari pergerakan Renaisance di Italia. Humanisme berasal dari latin, humanis; manusia, dan isme berarti paham atau aliran. Humanisme adalah paham filsafat yang menjunjung tinggi nilai dan kedudukan manusia atau dengan kata lain, humanisme menjadikan tabiat manusia beserta batas-batas dan kecenderungan alamiah manusia sebagai obyek. Manusia dengan segenap kebebasan memiliki potensi yang sangat besar dalam menjalankan kehidupan ini secara mandiri untuk mencapai keberhasilan hidup didunia. Menurut humanisme segala sesuatu ukuran penilaian dan referensi akhir dari semua kejadian manusiawi dikembalikan kepada manusia itu sendiri, bukan pada kekuatan-kekuatan diluar manusia

    ReplyDelete
  17. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Afeksi dan kebutuhan kognitif adalah kunci pembelajaran humanis, sementara goalnya adalah untuk membangun manusia yang dapat mengaktualisasikan diri dalam lingkungan yang kooperatif dan suportif. Setiap manusia adalah unik, memiliki potensi individual dan dorongan internal untuk berkembang dan menentukan perilakunya. Karena itu setiap diri manusia adalah bebas dan memiliki kecenderungan untuk tumbuh dan berkembang.

    ReplyDelete
  18. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Humanisme adalah sikap filosofis dan etis yang menekankan nilai dan agensi manusia, secara individu dan kolektif, dan umumnya menyukai pemikiran dan bukti kritis (rasionalisme dan empirisisme) atas penerimaan dogma atau takhayul. Umumnyahumanisme mengacu pada perspektif yang menegaskan pada beberapa gagasan tentang kebebasan dan kemajuan manusia.

    ReplyDelete
  19. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Humanisme adalah suatu term yang disandarkan kepada madzhab filsafat Pragmatisme yang dikembangkan oleh Charles S. Piece dan William James, yakni semenjak mereka memberikan interpretasi atas pragmatisme sebagai suatu madzhab yang berkeyakinan bahwa akhir (tujuan) manusia adalah aksi, dan semua upaya filosofis telah dihubungkan dengan manusia dan kemanusiaan. Sementara kata humanisme di pergunakan sebagai sebuah sistem tertentu bagi madzhab pragmatisme, meskipun dalam beberapa bagian, bertentangan dengan definisi dan semangat humanisme.

    ReplyDelete
  20. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Sikap kita sesama manusia memang seharusnya adalah saling menjaga kehormatan satu sama lain, atau bisa dibilang jangan selalu menebar aib orang lain. namun sekarang ini, aib seakan-akan bukan hal yang patut di simpan. Namun budaya orang-orang sekarang karena perkembangan zaman, mereka lebih sering membeberkan aib sana sini. Bahkan mereka yang sudah menikah pun masih sanggup dan tega menyebarkan aib sang pasangan. Sifat humanism selayaknya mulai ditanamkan kembali agar mereka mengetahui batasan-batasan untuk memberikan nasihat ke orang lain, yaitu bukan dengan menyebarkan aibnya agar mereka berubah.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  21. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Humanism adalah paham yang memandang dunia sebagai manusia yang merupakan pribadi yang luhur. Menjunjung tinggi kemanusiaan. Dari elegi di ats disebutkan ada 10 hal yang dapat dijadikan dasar penentuan apakah seseorang memiliki rasa humanisme atau tidak. Salah satu faktor penentunya pada akhirnya adalah apakah manusia tersebut memiliki hubungan dengan Tuhanatau tidak. Karena dengan memiliki hubungan dengan Tuhan maka akan menjalankan semua amalan-amalan yang dianjurkan, dan diperintahkan oleh Tuhan, yang nantinya juga berujung pada 10 hal tersebut.

    ReplyDelete
  22. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Humanisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa manusia dapat memahami dunia serta keseluruhan realita dengan menggunakan pengalaman dan nilai-nilai kemanusiaan bersama. Kita bisa hidup baik tanpa agama sekalipun. Para Humanis berusaha menciptakan yang terbaik bagi kehidupan dengan menciptakan makna dan tujuan bagi diri sendiri. Tokoh besar dari Humanisme adalah Erasmus dari Rotterdam, yang pernah bersahabat dengan Martin Luther.

    ReplyDelete
  23. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Menurut Budi Hardiman, humanisme adalah suatu paham yang menitikberatkan pada manusia, kemampuan kodratinya dan kehidupan duniawinya. Jadi paham humanisme ini menempatkan manusia sebagai mahluk yang unik dari makhluk lainnya, karena manusia memiliki kesadaran daripada yang lain. Sudah sepatutnya sebagai makhluk ciptaan Allah yang memiliki kelebihan atas akal dan pikiran yang telah diberikan-Nya, maka dengan bersyukur dan menggunakan akal dan pikiran sesuai dengan ruang dan waktunya serta beribadah dan berserah dirilah hanya kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  24. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Pengertian humanisme adalah pandangan yang menekankan martabat manusia dan kemampuannya. Menurut pandangan ini manusia bermartabat luhur, mampu menentukan nasib sendiri dan dengan kekuatan sendiri mampu mengembangkan diri dan memenuhi kepatuhan sendiri mampu mengembangkan diri dan memenuhi kepenuhan eksistensinya menjadi paripurna.

    ReplyDelete
  25. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Humanisme adalah aliran yang berfokus atau berhubungan dengan manusia. Humanisme mengacu pada perspektif yang menegaskan beberapa gagasan kebebasan dan kemajuan manusia. Humanisme percaya pada sikap semesta yang menganggap segala bentuk supranatural sebagai mitos.

    ReplyDelete
  26. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Humanism adalah sikap filosofis dan etis yang menekankan nilai dan agensi manusia, secara individu dan kolektif dan umumnya menyukai pemikiran dan bukti kritis (rasionalisme dan empirisisme) atas penerimaan dogma atau takhayul. Arti dari istilah humanisme telah berfluktuasi sesuai dengan gerakan intelektual berturut-turut yang telah mengidentifikasikannya. Umumnya, humanisme mengacu pada perspektif yang menegaskan beberapa gagasan tentang kebebasan dan kemajuan manusia. Di zaman modern, gerakan humanis biasanya adalah gerakan non-religius yang selaras dengan sekularisme dan saat ini humanisme biasanya mengacu pada sikap hidup nontheistik yang berpusat pada agensi manusia dan memandang ilmu pengetahuan daripada wahyu dari sumber supranatural untuk memahami dunia.

    ReplyDelete
  27. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Humanisme adalah suatu faham filsafat yang menjunjung tinggi nilai-nilai dan kedudukan manusia serta menjadikannya sebagai kriteria segala sesuatu. Humanisme mempunyai objek utama yaitu sifat hakiki manusia beserta batas-batas dan kecenderungan alamiahnya.

    ReplyDelete
  28. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Humanisme sebagai istilah dalam sejarah intelektual selalu menyoroti persoalan-persoalan kemanusiaan yang sering digunakan di dalam kajian bidang filsafat. Dua hal pokok di dalam peradaban Yunani Kuno yang menjadi sumber konsep humanisme adalah perkembangan pemikiran filsafat dari persoalan alam menuju pembicaraan soal-soal manusia dan konsep sebagai sistem pendidikan yang menjadi awal dari kesadaran intelektual manusia dan menjadi perenungan eksistensi manusia dalam bentuk daya nalarnya.

    ReplyDelete
  29. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb
    Humanisme adalah sebuah pemikiran filsafat yang mengedepankan nilai dan kedudukan manusia, dan menjadikannya sebagai pedoman dan prinsip dalam hidup. Orang dengan paham ini, memegang teguh dengan peraturan dan nilai nilai kebenaran. Humanisme ini mempunyai sifat sosialisme yang tinggi, dengan jiwa kemanusiaanya sehingga bersoisalisasi yang tinggi.

    ReplyDelete
  30. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Humanisme merupakan fungsi keseluruhan pribadi manusia yang melibatkan faktor intelektualdan emosional, motivasi belajar harus datang dari dalam diri anak itu sendiri. Proses belajar-mengajar menekankan pentingnya hubungan interperdonal, menerima siswa sebagai partisipan dalam proses belajar bersama. Pandangan utama aliran filsafat humanisme ini adalah proses pendidikan berpusat pada murid.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  31. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Pandangan utama aliran filsafat humanisme ini adalah proses pendidikan berpusat pada murid. Dalam hal ini peran guru dalam proses pendidikan sebagai fasilitator baik dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dan pembelajaran dalam konteks proses penemuan yang bersifat mandiri. Sehingga para guru humanistik ini mampu untuk mendorong para siswanya untuk belajar dan tumbuh.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  32. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Humanisme adalah cara pandang mengenai nilai-nilai pada diri manusia, pandangan mengenai penyelesaian dari permasalahan manusia, dan mengenai segala peristiwa-peristiwa terkait manusia. Terkait cara pandang ini, dibutuhkan pikiran yang kritis serta logika yang kuat, selain itu diperlukan nurani yang ikhlas agar menjadi humanis yang berguna bagi manusia.

    ReplyDelete
  33. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Menjadi manusia seutuhnya, salah satu caranya adalah melihat dan menyelesaikannya dengan cara yang manusiawi. Tanpa merugikan orang lain, tanpa menyakiti diri sendiri dengan pengambilan keputusan yang sebijaksana mungkin. Segala permasalahan selalu memiliki penyelesaian, tergantung bagaimana seorang manusia dapat melihatnya dan memahaminya.

    ReplyDelete