Dec 2, 2012

HUMANISM


Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang HUMANISM, konek berikut:

http://en.wikipedia.org/wiki/Humanism





Wss Wr Wb
Marsigit






36 comments:

  1. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Humanisme berasal dari bahasa latin yaitu humanis yaitu manusia sehingga humanisme merupakan istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Hal ini berarti humanisme menempatkan kebebasan manusia dalam memikirkan sesuatu, bertindak dan bekerja sebagai hal yang dianggap sangat penting dan mempunyai pengaruh terhadap kehidupan manusia itu sendiri dan kedudukannya di dalam masyarakat. Manusia memiliki kebenbasan untuk melakukan apa yang diinginkan sehingga mampu menentukan nasibnya sendiri serta mampu mengembangkan diri. Pandangan ini muncul dengan tujuan untuk mempromosikan harkat dan martabat manusia yang menyangkut harkat, peran dan tanggungjawab manusia.

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Pemahaman saya mengenai humanism berdasarkan link-link yang disertai pada tulisan diatas, humanisme adalah sikap filosofis dan etis yang menekankan nilai dan agensi manusia, baik secara individu dan kolektif serta pada umumnya menyukai bukti rasional dan empirisme terhadap dogma ataupun tahayul. Artinya, humanisme telah beralih kepada gerakan rasional dan intelektual yang mengidentifikasinya. Perspektif ini mengarah pada kebebasan dan kemajuan manusia. Di zaman sekarang, gerakan ini adalah gerakan yang selaras dengan gerakan non religius, untuk lebih mengenal dunia.

    ReplyDelete
  3. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Humanisme adalah sikap filosofis dan etis yang menekankan nilai dan agensi manusia, secara individu dan kolektif, dan umumnya lebih menyukai pemikiran kritis dan bukti atas penerimaan dogma atau takhayul. Namun, secara general, humanisme mengacu pada perspektif yang menegaskan beberapa gagasan tentang kebebasan dan kemajuan manusia. Saat ini, gerakan-gerakan humanis biasanya gerakan-gerakan non-agama sejajar dengan sekularisme, dan humanisme saat ini biasanya mengacu pada sikap hidup nontheistis yang berpusat pada agensi manusia dan mencari ilmu daripada wahyu dari sumber supernatural untuk memahami dunia. Jadi, kaum humanis lebih memilih untuk bekerja keras dalam mencari ilmu dan tidak mengandalkan wahyu bahkan cenderung tidak perduli dengan wahyu dalam mencapai sesuatu.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  4. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Humanisme adalah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Humanisme berpandangan bahwa manusia dapat memahami dunia serta keseluruhan realita dengan menggunakan pengalaman dan nilai-nilai kemanusiaan bersama. Humanisme telah menjadi sejenis doktrin beretika yang cakupannya diperluas hingga mencapai seluruh etnisitas manusia, berlawanan dengan sistem-sistem beretika tradisonal yang hanya berlaku bagi kelompok-kelompok etnis tertentu. Para Humanis berusaha menciptakan yang terbaik bagi kehidupan dengan menciptakan makna dan tujuan bagi diri sendiri. Paham ini menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia sebagai subyek yang bebas dan berdaulat dalam menentukan hidupnya. Menurut humanisme, setiap manusia harus dihormati sebagai seorang manusia seutuhnya. Humanisme ingin meneguhkan kemampuan manusia secara bebas dan berdaulat untuk mengarungi hidupnya sendiri

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2013

    Humanisme dalam arti filsafat di artikan sebagai paham filsafat yang menjunjung tinggi nilai dan martabat manusia sedemikian rupa sehingga manusia menempati posisi yang sangat sentral dan penting dalam hidup sehari-hari. Pendidikan yang humanis menekankan bahwa pendidikan pertama-tama dan utama adalah bagaimana menjalin komunikasi dan relasi personal antara pribadi-pribadi dan antar pribadi dan kelompok didalam komunitas sekolah.

    ReplyDelete
  6. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Manusia merupakan satu-satunya populasi penguasa dunia. Dikaruniai akal dan hati membuat manusia leluasa dalam bertindak, penuh inovasi dan invensi. Namun, manusia dianugerahi keberagaman, pola pikir masing-masing, cara pandang yang sangat bervariasi. Bahkan kembar identik pun sering mengalami beda persepsi dalam memandang masalah. Hal tersebutlah yang membuahkan berbagai macam polemik antar menusia. Ego membuat manusia kukuh terhadap hematnya masing-masing.
    Humanisme merupakan paham yang menggiring penganutnya untuk memposisikan diri dalam sebuah zona netral. Zona dimana kepentingan manusia secara umum menjadi bidikannya. Bahkan paham ini dikenal sebagai suatu etika dalam bersosial. Dan memang paham ini merupakan paham yang memiliki penganut sangat banyak. Bahkan asas kemanusiaan diterapkan di bernagai komunitas atau bahkan Negara.
    Dalam proses pembelajaran, paham humanis memberikan ruang bagi siswa untuk aktif berkreasi. Kaum humanis berusaha memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan eksplorasi dan mengembangkan kesadaran identitas diri yang melibatkan perkembangan konsep diri dan sistem nilai. Perhatian kaum humanisme lebih terpusat pada isi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa sendiri. Siswa harus memiliki kebebasan dan tanggung jawab untuk memilih dan menentukan apa, kapan dan bagaimana ia belajar.

    ReplyDelete
  7. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik bahasan mengenai Humanism pada link yang disajikan, yakni http://en.wikipedia.org/wiki/Humanism, bahwa "Humanisme bukanlah sebuah program ideologis tetapi sebuah badan pengetahuan sastra dan keterampilan linguistik yang didasarkan pada "kebangkitan surat-surat yang baik", yang merupakan kebangkitan kembali sebuah filologi dan tata bahasa antik-akhir, Beginilah bagaimana kata "humanis" dipahami oleh orang-orang sezaman , dan jika para sarjana akan setuju untuk menerima kata dalam pengertian ini daripada dalam arti di mana kata itu digunakan pada abad kesembilan belas kita mungkin terhindar dari banyak argumen yang tidak berguna. Bahwa humanisme memiliki konsekuensi sosial dan politik yang mendalam dari kehidupan pengadilan Italia tidak perlu diragukan. Tetapi gagasan bahwa sebagai sebuah gerakan itu, entah bagaimana, bertentangan dengan Gereja, atau tatanan sosial yang konservatif secara umum adalah sesuatu yang telah dikemukakan selama seabad dan lebih tanpa bukti substansial apa pun yang ditawarkan".

    ReplyDelete
  8. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Selanjutnya, pada link http://www.ibiblio.org/expo/vatican.exhibit/exhibit/c-humanism/Humanism.html, membahas tentang Para humanis yang percaya bahwa bahasa Yunani dan Latin klasik mengandung semua pelajaran yang diperlukan untuk menjalani kehidupan yang bermoral dan efektif serta model terbaik untuk gaya Latin yang kuat. Mereka mengembangkan jenis beasiswa klasik baru yang ketat, yang dengannya mereka mengoreksi dan mencoba memahami karya-karya orang-orang Yunani dan Romawi, yang tampaknya begitu penting bagi mereka. Baik elit republik Florence maupun Venesia dan keluarga penguasa Milan, Ferrara, dan Urbino menyewa para humanis untuk mengajari anak-anak mereka moralitas klasik dan menulis surat-surat klasik yang elegan, sejarah, dan propaganda.
    Dalam perjalanan abad ke lima belas, kaum humanis juga meyakinkan sebagian besar paus bahwa kepausan membutuhkan keterampilan mereka. Para sarjana klasik yang canggih dipekerjakan untuk menulis korespondensi dan propaganda resmi; untuk menciptakan citra para paus sebagai penguasa Gereja yang kuat, tercerahkan, modern; dan menerapkan alat-alat ilmiah mereka untuk kebutuhan gereja, termasuk menulis bentuk Misa yang lebih klasik"

    ReplyDelete
  9. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Selanjutnya, pada link http://www.historyguide.org/intellect/humanism.html, dalam link tersebut sepertinya mengkaji tentang Para sejarawan cukup banyak sepakat tentang garis besar sikap mental dan minat ilmiah yang disusun di bawah rubrik humanisme. Titik paling mendasar dari kesepakatan adalah bahwa mentalitas humanis berdiri di titik tengah antara supernaturalisme abad pertengahan dan sikap ilmiah dan kritis modern. Abad Pertengahan memandang humanisme sebagai produk akhir Abad Pertengahan. Para sejarawan modern barangkali lebih tepat memandang humanisme sebagai periode germinal modernisme.

    Mungkin yang paling bisa kita anggap adalah bahwa manusia Renaissance hidup, sebagaimana adanya, di antara dua dunia. Dunia matriks Kristen abad pertengahan, di mana signifikansi setiap fenomena pada akhirnya ditentukan melalui sudut pandang seragam, tidak lagi ada baginya. Di sisi lain, ia belum menemukan dalam sistem konsep ilmiah dan stabilitas prinsip sosial dan keamanan untuk hidupnya. Dengan kata lain, manusia Renaissance mungkin memang mendapati dirinya terhenti di antara iman dan akal.

    ReplyDelete
  10. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Selanjutnya, pada link http://en.wikipedia.org/wiki/Humanist_Manifesto, sepertinya membahas tentang Manifesto pertama, yang berjudul hanya Manifesto Humanis, ditulis pada tahun 1933 terutama oleh Roy Wood Sellars dan Raymond Bragg dan diterbitkan dengan 34 penandatangan termasuk filsuf John Dewey. Berbeda dengan yang kemudian, Manifesto pertama berbicara tentang "agama" baru, dan menyebut Humanisme sebagai gerakan agama untuk mengatasi dan menggantikan agama-agama sebelumnya yang didasarkan pada dugaan wahyu supranatural. Dokumen ini menguraikan sistem keyakinan lima belas titik, yang, selain pandangan sekuler, menentang "masyarakat yang berminat dan bermotivasi keuntungan" dan menguraikan masyarakat egaliter di seluruh dunia berdasarkan kerja sama sukarela, bahasa yang sangat diperlunak oleh dewan Humanis , pemilik dokumen, dua puluh tahun kemudian. Manifesto kedua ditulis pada tahun 1973 oleh Paul Kurtz dan Edwin H. Wilson, dan dimaksudkan untuk memperbarui dan mengganti yang sebelumnya. Ini dimulai dengan pernyataan bahwa ekses Nazisme dan Perang Dunia II telah membuat yang pertama tampak "terlalu optimis", dan menunjukkan pendekatan yang lebih keras dan realistis dalam pernyataan tujuh belas poinnya, yang lebih panjang dan lebih rumit daripada sebelumnya. versi. Namun demikian, banyak dari optimisme yang tak terkendali dari yang pertama tetap, dengan harapan menyatakan bahwa perang akan menjadi usang dan kemiskinan akan dihilangkan.

    ReplyDelete
  11. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Selanjutnya, pada link http://www.ihumanism.org/2005/01/the-10-points-of-humanism-a-definition.html, sepertinya membahas tentang 10 Poin Humanisme: Definisi A
    Pertama, Humanisme percaya pada metafisika naturalistik atau sikap terhadap alam semesta yang menganggap semua bentuk supernatural sebagai mitos; dan menganggap Alam sebagai totalitas keberadaan dan sebagai sistem materi dan energi yang terus berubah yang ada secara independen dari pikiran atau kesadaran apa pun. Kedua, Humanisme, yang terutama mengacu pada hukum dan fakta-fakta sains, percaya bahwa kita manusia adalah produk evolusi dari Alam yang menjadi bagian kita; bahwa pikiran secara tidak langsung bergabung dengan fungsi otak; dan bahwa sebagai kesatuan tubuh dan kepribadian yang tak terpisahkan, kita tidak dapat memiliki kelangsungan hidup sadar setelah kematian. Ketiga, Humanisme, memiliki keyakinan tertinggi pada manusia, percaya bahwa manusia memiliki kekuatan atau potensi untuk memecahkan masalah mereka sendiri, melalui ketergantungan terutama pada akal dan metode ilmiah yang diterapkan dengan keberanian dan visi. Keempat, Humanisme, bertentangan dengan semua teori determinisme universal, fatalisme, atau predestinasi, percaya bahwa manusia, sementara dikondisikan oleh masa lalu, memiliki kebebasan sejati pilihan dan tindakan kreatif, dan, dalam batas-batas obyektif tertentu, pembentuk mereka takdir sendiri. Kelima, Humanisme percaya pada etika atau moralitas yang mendasari semua nilai manusia dalam pengalaman dan hubungan duniawi ini dan yang memegang sebagai tujuan tertinggi kebahagiaan, kebebasan, dan kemajuan duniawi ini - ekonomi, budaya, dan etika semua umat manusia, terlepas dari apa pun. bangsa, ras, atau agama. Keenam, Humanisme percaya bahwa individu mencapai kehidupan yang baik dengan secara harmonis menggabungkan kepuasan pribadi dan pengembangan diri yang berkelanjutan dengan pekerjaan yang signifikan dan kegiatan lain yang berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat. Ketujuh, Humanisme mempercayai perkembangan seni yang seluas-luasnya dan kesadaran akan keindahan, termasuk penghargaan terhadap keindahan dan kemegahan Alam, sehingga pengalaman estetis dapat menjadi realitas yang meresap dalam kehidupan semua orang. Kedelapan, Humanisme percaya pada program sosial yang menjangkau jauh yang berdiri untuk pendirian di seluruh dunia demokrasi, perdamaian, dan standar hidup yang tinggi di atas fondasi tatanan ekonomi yang berkembang, baik nasional maupun internasional. Kesembilan, Humanisme percaya pada implementasi sosial lengkap dari nalar dan metode ilmiah; dan dengan demikian dalam prosedur demokratis, dan pemerintahan parlementer, dengan kebebasan berekspresi penuh dan kebebasan sipil, di seluruh bidang ekonomi, politik, dan kehidupan budaya. Kesepuluh, Humanisme, sesuai dengan metode ilmiah, percaya pada pertanyaan tak berujung asumsi dasar dan keyakinan, termasuk miliknya sendiri.

    ReplyDelete
  12. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, kita ketahui bahwa humanisme merupakan pandangan seseorang yang menyatakan bahwa manusia dapat memahami dunia serta semua kenyataan dengan menggunakan pengalaman dan nilai-nilai kemanusiaan bersama. Humanisme memusatkan manusia dan tidak menerima hakikat Tuhan di atas manusia, gerakan ini pada prinsipnya merupakan kecenderungan untuk mengumpulkan manusia dan alam secara mandiri dengan nafas yang berarti pula sebagai kelahiran kembali masyarakat dan kesenian kuno.

    ReplyDelete
  13. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Humanism berasal dari kata latin yaitu “humanus” yang berarti manusia. humanism merupakan aliran filsafat yang memandang manusia itu bermartabat luhur, mampu menentukan nasib sendiri, dan melalui kemampuannya dapat mengembangkan potensi dirinya. Humanism mencoba memanusiakan manusia sehingga setiap orang dibebaskan untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan keinginannya tetapi tetap memperhatikan nilai-nilai dasar kemanusiaan dan hak-hak orang lain.

    ReplyDelete
  14. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Dengan paham humanism seakan telah mengembalikan harkat dan martabat manusia, menyadarkan potensinya, dan memperlihatkan tanggung jawab dalam kehidupan. Di sisi lain, pandangan humanistis menjadi tidak seimbang karena terlalu melihat segi positif manusia saja. Dengan pandangan berat sebelah tentang manusia itu, tawarannya untuk menjadikan manusia sebagai ukuran dan kriteria segala-galanya tidak dapat diterima.Karena kriteria dan ukuran yang paling baik berasal dari sumber kebaikan absolut, yaitu Allah SWT.

    ReplyDelete
  15. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Humanisme merupakan sebuah pemikiran filsafat yang mengedepankan nilai dan kedudukan manusia serta menjadikannya sebagai kriteria dalam segala hal. Humanisme telah menjadi sejenis doktrin yang cakupannya diperluas hingga mencapai seluruh etnisitas manusia, berlawanan dengan sistem-sistem beretika tradisonal yang hanya berlaku bagi kelompok-kelompok etnis tertentu.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  16. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Humanisme modern dibagi kepada dua aliran, yaitu Humanisme keagamaan dimana pandangan mereka biasanya terfokus pada martabat dan kebudiluhuran dari keberhasilan serta kemungkinan yang dihasilkan umat manusia. Dan Humanisme sekuler yang mencerminkan bangkitnya globalisme, teknologi, dan jatuhnya kekuasaan agama. Humanisme sekuler juga percaya pada martabat dan nilai seseorang dan kemampuan untuk memperoleh kesadaran diri melalui logika. Orang-orang yang masuk dalam kategori ini menganggap bahwa mereka merupakan jawaban atas perlunya sebuah filsafat umum yang tidak dibatasi perbedaan kebudayaan yang diakibatkan adat-istiadat dan agama setempat.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  17. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Humanisme erat kaitannya dengan perikemanusiaan. Ini adalah usaha untuk memanusiakan manusia. Humanisme memandang bahwa manusia penting untuk memahami apa yang terjadi, realitas kehidupan dengan berdasar pada nilai nilai kemanusiaan. Humanisme memprioritaskan kemanusiaan dalam segala aspek kehidupan, selain memprioritaskan manusia adalah sesuatu yang digunakan untuk memperlakukan manusia yang baik dan sesuai hak dan kewajibannya, serta menghargainya apa yang ada pada dirinya. semua berkaiatan dengan manusia dengan segala yang dibawanya

    ReplyDelete
  18. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Humanism merupakan pandangan filosofis yang membahas tentang kemanusiaan. Humanism adalah sebuah pemikiran filsafat yang mengedepankan nilai dan kedudukan manusia yang menjadikannya sebagai kriteria dalam segala hal. Humanism telah menjadi doktrin beretika yang mencakup seluruh etnitas manusia, yang mana berlawanan dengan system-sistem beretika tradisional yang hanya mencakup kelompok-kelompok etnis tertentu. Terdapat dua aliran humanism modern yaitu humanism religi/keagamaan dan humanism sekuler. Humanism keagamaan terfokus pada martabat dan kebudiluhuran yang dihasilkan oleh umat manusia. Sedangkan humanism sekuler mencerminkan bangkitnya globalisme. Paham ini percaya bahwa martabat, nilai seseorang, dan kemampuan didapatkan dari kesadaran logika.

    ReplyDelete
  19. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Humanisme, sebuah pendekatan menuju kehidupan dengan tradisi-tradisi dasar zaman kuno. Humanisme menekankan harkat, peran, tanggugjawab menurut manusia. Menurut humanisme manusia mempuyai kedudukan yang istimewa dan berkemampuan lebih dari mahluk lainya karena mempunyai rohani. Pandangan humanisme membuat manusia sadar kembali tentang harkat dan martabat manusia sebagai mahluk rohani

    ReplyDelete
  20. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Humanisme sebagai sebuah aliran kefilsafatan yang menempatkan “kebebasan” manusia, baik berfikir, bertindak dan bekerja, sebagai segalah-galanya, berpengaruh secara signifikan terhadap munculnya bangunan peradaban modern dan yang lainnya.Kerja dari humanisme ini adalah mencoba menanusiakan manusia (humanisasi) sebagai manusia, yang selama ini menusia tidak lebih dipahami sebagai seonggok ‘objek’ atau minimal benda tanpa mempunyai kekuatan dan kemampuan apa-apa melalui relitas.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  21. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Secara sederhana humanisme diartikan sebagai paham yang memanusiakan manusia. Humanisme merupakan gerakan kemanusiaan yang secara luas memiliki perhatian khusus kepada perikemanusiaan, yang memperjuangkan kaum minoritas. Sehingga sikap saling menghargai, menghormati, dan toleransi sangat dijunjung dalam gerakan ini.

    ReplyDelete
  22. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Humanisme berkedudukan sebagai satu pemikiran etis yang mempromosikan harkat, martabat dan nilai-nilai kemanusiaan yang dalam perkembangannya telah menjadikan manusia sadar akan eksistensinya sebagai makhluk rohani, yang sekaligus juga menandaskan kembali tanggung jawabnya dalam kehidupan di dunia. Akibat pandangannya tentang manusia yang cukup optimis, humanisme telah berjasa mengembalikan harkat dan martabat manusia, menyadarkan potensinya dan tanggungjawabnya dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  23. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Humanisme adalah sebuah pemikiran filsafat yang mengedepankan nilai dan kedudukan manusia serta menjadikannya sebagai kriteria dalam segala hal. Humanisme telah menjadi sejenis doktrin beretika yang cakupannya mencapai seluruh etnisitas manusia, hal tersebut berlawanan dengan sistem-sistem beretika tradisonal yang hanya berlaku bagi kelompok-kelompok etnis tertentu. terimakasih

    ReplyDelete
  24. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Pada bahasan humanism, terdapat humanisme sekuler. Humanism sekuler merupakan sikap yang komprehensif mencakup nalar manusia, naturalisme metafisik, moralitas altruistik dan keadilan distributif, dan secara sadar menolak klaim supernatural, keyakinan dan religiusitas yang teistik, pseudosains, dan takhyul.
    Humanisme menegaskan bahwa manusia memiliki hak dan tanggung jawab untuk memberi makna dan bentuk pada kehidupan mereka sendiri. Itu berarti membangun masyarakat yang lebih manusiawi melalui etika yang didasarkan pada nilai-nilai manusia dan alam.

    ReplyDelete
  25. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Humanisme adalah sikap filosofis dan etis yang menekankan nilai dan hak pilihan manusia,secara individu dan kolektif dan umumnya lebih suka pemikiran kritis dan bukti (rasionalisme dan empirisme) daripada penerimaan dogma atau tahayul. Makna dari humanisme telah terfluktuasi sesuai dengan gerakan intelektual yang berurutan yang telah mengidentifikasikannya.

    ReplyDelete
  26. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Humanisme memandang bahwa harkat, martabat dan nilai-nilai kemanusiaan yang dalam perkembangannya telah menjadikan manusia sadar akan eksistensinya sebagai makhluk rohani, sehingga manusia memiliki tanggung jawab dalam kehidupan di dunia. Aliran filsafat humanisme dibagi menjadi dua yaitu humanisme keagamaan dan humanisme sekular. Humanisme keagamaan fokus pada martabat dari keberhasilan serta kemungkinan yang dihasilkan umat manusia. Humanisme secular mempercayai martabat dan nilai seseorang serta kemampuan untuk memperoleh kesadaran diri melalui logika.

    ReplyDelete
  27. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada link di atas dijelaskan bahwa humanisme adalah suatu pendekatan terhadap kehidupan yang didasarkan pada akal dan kemanusiaan kita bersama, mengakui bahwa nilai-nilai moral didasarkan pada sifat dan pengalaman manusia semata. Jadi kaum Humanis berusaha untuk menjalani kehidupan yang baik tanpa kepercayaan agama atau takhayul. Seorang humanis dapat merangkul semua atau sebagian besar pendekatan lain yang diperkenalkan di sini, dan sebagai tambahan humanis percaya bahwa nilai-nilai moral merupakan kelanjutan dari sifat dan pengalaman manusia dalam beberapa cara.

    ReplyDelete
  28. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Humanisme menekankan pada penghargaan terhadap individu, baik sendiri maupun kolektif. Artinya, pandangan ini sangat menghargai setiap nilai manusia.

    ReplyDelete
  29. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Humanisme memiliki dua arah yaitu humanisme individu dan humanisme sosial.Humanisme individu mengutamakan kemerdekaan berpikir, mengemukakan pendapat, dan berbagai aktivitas yang kreatif. Humanisme sosial mengutamakan pendidikan bagi masyarakat keseluruhan untuk kesejahteraan sosial dan perbaikan hubungan antar manusia.

    ReplyDelete
  30. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Manusia dengan segala kesempurnaan akal dan hatinya serta segala kewajiban dan hak yang melekat padanya, sejatinya adalah makhluk bermartabat. Namun, pada masa sebelum rainesans manusia lebih sering diposisikan sebagai objek dalam alam semesta. Humanisme lahir sebagai kritik terhadap situasi ini dengan gagasan memanusiakan manusia. Dengan kemampuan berpikir yang jauh lebih maju dari spesies animal lainnya, kaum humanist yakin manusia mampu menentukan nasib sendiri, berfikir, mengembangkan diri, hingga akhirnya mencapai aktualisasi diri.

    ReplyDelete
  31. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Humanisme berasal dari latin, humanis; manusia, dan isme berarti paham atau aliran. Humanisme merupakan istilah yang sering digunakan pada kalangan masyarakat Indonesia sebagai suatu kata yang mengungkapkan tentang sesuatu yang berhubungan dengan manusia. adapun arti humanisme menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau yang seing di sebut KBBI yaitu aliran yg bertujuan menghidupkan rasa perikemanusiaan dan mencita-citakan pergaulan hidup yg lebih baik. Semula humanisme adalah gerakan dengan tujuan untuk mempromosikan harkat dan martabat manusia. Sebagai pemikiran etis yang menjunjung tinggi manusia. Humanisme menekankan harkat, peran, tanggugjawab menurut manusia. Menurut humanisme manusia mempuyai kedudukan yang istimewa dan berkemampuan lebih dari mahluk lainya karena mempunyai rohani. Pandangan humanisme membuat manusia sadar kembali tentang harkat dan martabat manusia sebagai mahluk rohani.

    ReplyDelete
  32. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Humanisme adalah pandangan filosofis dan etis yang menekankan nilai dan hak pilihan manusia, secara individu dan kolektif, dan umumnya lebih suka berpikir kritis dan bukti (rasionalisme dan empirisme) daripada menerima dogma atau takhayul. Namun, secara umum, humanisme mengacu pada perspektif yang menegaskan beberapa gagasan tentang kebebasan dan kemajuan manusia. Humanisme memandang manusia sebagai satu-satunya yang bertanggung jawab atas kemajuan dan pengembangan individu dan menekankan kepedulian terhadap manusia dalam hubungannya dengan dunia.

    ReplyDelete
  33. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    19709251073

    Humanisme adalah sikap filosofis dan etis yang menekankan nilai dan agensi manusia, secara individu dan kolektif, dan umumnya menyukai pemikiran dan bukti kritis (rasionalisme, empirisisme). Humanisme modern dibagi kepada dua aliran. Humanisme keagamaan/religi yang berasal dari tradisi Renaisans-Pencerahan dan diikuti banyak seniman, umat Kristen garis tengah, dan para cendekiawan dalam kesenian bebas. Pandangan mereka biasanya terfokus pada martabat dan kebudiluhuran dari keberhasilan serta kemungkinan yang dihasilkan umat manusia. Dan humanisme sekuler yang mencerminkan bangkitnya globalisme, teknologi, dan jatuhnya kekuasaan agama. Humanisme sekuler juga percaya pada martabat dan nilai seseorang dan kemampuan untuk memperoleh kesadaran diri melalui logika. Orang-orang yang masuk dalam kategori ini menganggap bahwa mereka merupakan jawaban atas perlunya sebuah filsafat umum yang tidak dibatasi perbedaan kebudayaan yang diakibatkan adat-istiadat dan agama setempat.

    ReplyDelete
  34. Zuari Anzar
    19701251006
    S2 PEP A 2019

    Humanisme merupakan pemikiran yang mengedepankan nilai dan kedudukan manusia serta menjadikannya sebagai kriteria dalam segala hal. Pandangan mereka biasanya terfokus pada martabat dan kebudiluhuran dari keberhasilan serta kemungkinan yang dihasilkan umat manusia. gagasan yang mengutamakan tentang martabat manusia sebagai seorang manusia dan manusia yang berhak memperoleh hak asasi manusia. Humanisme tidak mempunyai ikatan yang erat dengan Tuhan ataupun agama. Manusia bukan Tuhan yang patut disembah, bukan pula binatang yang yang bisa ditunggangi, dan bukan pula robot yang tidak kenal lelah. Manusia merupakan makhluk Tuhan yang paling sempurna dan tidak bisa dibandingkan dengan kecanggihan ciptaan manusia, sekalipun itu robot.

    ReplyDelete
  35. sintha afardu anggraeni
    19709251071
    S2 pend matematika D 2019

    Humanisme dalam pengertian Renaisans ini cukup konsisten dengan kepercayaan religius, maka diduga Tuhan telah menempatkan kita di sini untuk melanjutkan hal-hal yang menurut kaum humanis penting. Belakangan istilah ini cenderung disesuaikan dengan gerakan sosial dan politik anti-agama. Akhirnya, pada akhir abad ke-20, humanisme kadang-kadang digunakan sebagai istilah yang merendahkan oleh para penulis postmodernis dan terutama feminis, yang diterapkan pada filsafat seperti Sartre, yang mengandalkan kemungkinan otonomi, keadaran diri, rational, single self, dan hal tersebut diyakini tidak peka terhadap sifat fragmen, terpecah, historis yang dikondisikan secara kepribadian dan motivasi.

    ReplyDelete
  36. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete