Dec 2, 2012

HUMANISM


Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang HUMANISM, konek berikut:

http://en.wikipedia.org/wiki/Humanism





Wss Wr Wb
Marsigit






35 comments:

  1. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Humanisme berasal dari kata Latin humanus dan mempunyai akar kata homo yang berarti 'manusia'. humanus berarti 'bersifat manusiawi','sesuai dengan kodrat manusia'.Semula humanisme merupakan sebuah gerakan yang tujuan dan kesibukannya adalah mempromosikan harkat, martabat, dan nilai manusia. Sebagai aliran pemikiran etis yang berasal dari gerakan yang menjunjung tinggi manusia, humanisme menekankan harkat, peranan, dan tanggung jawab manusia. Menurut humanisme manusia adalah makhluk yang mempunyai kedudukan istimewa dan berkemampuan lebih dari makhluk-makhluk lain di dunia karena bersifat rohani (A Mangunhardjana, 1997).

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Humanisme adalah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Humanisme telah menjadi sejenis doktrin beretika yang cakupannya diperluas hingga mencapai seluruh etnisitas manusia, berlawanan dengan sistem-sistem beretika tradisonal yang hanya berlaku bagi kelompok-kelompok etnis tertentu. Humanisme modern dibagi kepada dua aliran. Humanisme keagamaan/religi berakar dari tradisi Renaisans-Pencerahan dan diikuti banyak seniman, umat Kristen garis tengah, dan para cendekiawan dalam kesenian bebas. Pandangan mereka biasanya terfokus pada martabat dan kebudiluhuran dari keberhasilan serta kemungkinan yang dihasilkan umat manusia. Humanisme sekuler mencerminkan bangkitnya globalisme, teknologi, dan jatuhnya kekuasaan agama. Humanisme sekuler juga percaya pada martabat dan nilai seseorang dan kemampuan untuk memperoleh kesadaran diri melalui logika. Orang-orang yang masuk dalam kategori ini menganggap bahwa mereka merupakan jawaban atas perlunya sebuah filsafat umum yang tidak dibatasi perbedaan kebudayaan yang diakibatkan adat-istiadat dan agama setempat.

    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Humanisme adalah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Hal ini berarti humanisme menempatkan kebebasan manusia dalam memikirkan sesuatu, bertindak dan bekerja sebagai hal yang dianggap sangat penting dan mempunyai pengaruh terhadap kehidupan manusia itu sendiri dan kedudukannya di dalam masyarakat. Manusia memiliki kebenbasan untuk melakukan apa yang diinginkan sehingga mampu menentukan nasibnya sendiri serta mampu mengembangkan diri.

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pemikiran filsafat humanisme ini meliputi beberapa hal yakni Pandangan tentang hakekat manusia, Pandangan tentang kebebasan dan otonomi manusia dan Pandangan tentang diri dan konsep diri. Pandangan kaum humanisme tentang manusia memang bernada optimis karena yakin akan kemampuan manusia untuk memperbaiki diri dan lingkungannya. Bila didampingi, didukung, dan dibantu oleh situasi dan keadaan yang baik, dalam keluarga, lingkungan, dan masyarakat, manusia pasti mampu berkembang menjadi lebih baik dan membawa kemajuan bagi diri dan masyarakatnya.

    ReplyDelete
  5. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Humanisme berasal dari latin, humanis; manusia, dan isme berarti paham atau aliran. Mangun Harjana mengatakan, pengertian humanisme adalah pandangan yang menekankan martabat manusia dan kemampuannya. Menurut pandangan ini manusia bermartabat luhur, mampu menentukan nasib sendiri dan dengan kekuatan sendiri mampu mengembangkan diri dan memenuhi kepatuhan sendiri mampu mengembangkan diri dan memenuhi kepenuhan eksistensinya menjadi paripurna. Gerakan intelektual besar dari Renaissance Italia adalah humanisme. Kaum humanis percaya bahwa klasik Yunani dan Latin yang terkandung baik semua pelajaran satu yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan moral dan efektif dan model terbaik untuk gaya Latin kuat.

    Semula humanisme adalah gerakan dengan tujuan untuk mempromosikan harkat dan martabat manusia. Sebagai pemikiran etis yang menjunjung tinggi manusia. Humanisme menekankan harkat, peran, tanggugjawab menurut manusia. Menurut humanisme manusia mempuyai kedudukan yang istimewa dan berkemampuan lebih dari mahluk lainya karena mempunyai rohani.
    Pandangan humanisme membuat manusia sadar kembali tentang harkat dan martabat manusia sebagai mahluk rohani. Etika rohani mendasari manusia untuk bertangungjawab dalam kehidupan di dunia.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Humanisme adalah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Humanisme tersebut menempatkan diri sebagai satu pemikiran etis yang mempromosikan harkat, martabat dan nilai-nilai kemanusiaan yang dalam perkembangannya telah menjadikan manusia sadar akan eksistensinya sebagai makhluk rohani, yang sekaligus juga menandaskan kembali tanggung jawabnya dalam kehidupan di dunia. Akibat pandangannya tentang manusia yang cukup optimis, humanisme telah berjasa mengembalikan harkat dan martabat manusia, menyadarkan potensinya dan menendaskan tanggung jawabnya dalam kehidupan. Manusia dalam pandangan humanistik adalah ukuran segala sesuatu.

    ReplyDelete
  7. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Humanisme adalah paham yang manitik beratkan pda manusia dan mengunggulkannya karena sifatnya yang memiliki kesadaran tinggi dibanding makhluk lainnya.

    ReplyDelete
  8. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam istilah sehari hari sering kita mendengar kata humanis. "wah dia itu humanis", "kamu humanis sekali" dan lain sebagainya. Dengan sering mendengar kata ini dalam susunan kalimat kita dapat mengkonstruksikan sendiri definisi dari humanisme. Kesalahan seseorang dalam mengkonstruksikan sendiri kata humanis terjadi karena kata yang ia dengar dari orang, berada pada susunan kata yang salah, atau orang yang mengatakan belum memahami kata humanisme. Maka perlu untuk membaca referensi yang terpercaya.

    ReplyDelete
  9. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Humanism adalah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Humanism telah menjadi sejenis doktrin beretika yang cakupannya diperluas hingga mencapai seluruh etnisitas manusia, berlawanan dengan sistem-sistem beretika tradisional yang hanya berlaku bagi kelompok-kelompok etnis tertentu.

    ReplyDelete
  10. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Humanisme berasal dari latin, humanis; manusia, dan isme berarti paham atau aliran. Menurut Mangun Harjana mengatakan, pengertian humanisme adalah pandangan yang menekankan martabat manusia dan kemampuannya.
    Martabat manusia sebagai manusia. Sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna dengan segala kemampuan yang dimiliki.
    Sehingga manusia mampu mengubah nasibnya berkat kemampuan untuk mengusahakannya.

    ReplyDelete
  11. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Humanism merupakan kepercayaan tertinggi yang dimiliki manusia, percaya bahwa manusia memiliki kekuatan atau potensi untuk dapat memecahkan masalah mereka sendiri melalui akal dan metode ilmiah yang dipunyai serta diterapkan dengan keberanian dan penglihatan manusia. Dalam humanism, etika yang mendasari pengalaman manusia yang berhubungan dengan duniawi bertujuan agar manusia memperoleh kebahagiaan, kebebasan, dan kemajuan yang tidak berhubungan dengan bangsa, ras dan agama.

    ReplyDelete
  12. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Humanisme merupakan salah satu hasil dari pergerakan Renaisance di Italia. Humanisme berasal dari latin, humanis; manusia, dan isme berarti paham atau aliran. Humanisme adalah paham filsafat yang menjunjung tinggi nilai dan kedudukan manusia atau dengan kata lain, humanisme menjadikan tabiat manusia beserta batas-batas dan kecenderungan alamiah manusia sebagai obyek. Manusia dengan segenap kebebasan memiliki potensi yang sangat besar dalam menjalankan kehidupan ini secara mandiri untuk mencapai keberhasilan hidup didunia. Menurut humanisme segala sesuatu ukuran penilaian dan referensi akhir dari semua kejadian manusiawi dikembalikan kepada manusia itu sendiri, bukan pada kekuatan-kekuatan diluar manusia (misalnya, kekuatan Tuhan atau alam).

    ReplyDelete
  13. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Humanisme adalah gerakan dengan tujuan untuk mempromosikan harkat dan martabat manusia. Sebagai pemikiran etis yang menjunjung tinggi manusia. Humanisme menekankan harkat, peran, tanggugjawab menurut manusia.
    Manusia dengan segala kemampuannya yang dilengkapi dengan pikiran dan nurani sehingga manusia mampu berlaku lebih bijak dan lebih baik dibanding makhluk yang lain.

    ReplyDelete
  14. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Humanisme adalah sebuah pandangan mengenai penyelesaian dari permasalahan manusia. Dalam kehidupan saat ini, humanisme tidak hanya mengenai penyelesaian masalah, namun juga mengenai semua peristiwa-peristiwa pada manusia. Bahkan untuk para pengikut humanisme, sekarang sudah banyak sekolah atau kuliah dengan jurusan humaniora. Untuk menjadi kaum humanis dibutuhkan pikiran yang kritis serta logika, selain itu diperlukan hati yang ikhlas agar menjadi humanis yang berguna bagi manusia.

    ReplyDelete
  15. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Humanisme adalah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Berdasarkan link http://www.ibiblio.org/expo/vatican.exhibit/exhibit/c-humanism/Humanism.html Gerakan intelektual besar Renaisans Italia adalah humanisme. Kaum humanis percaya bahwa bahasa Yunani dan Latin klasik berisi semua pelajaran yang dibutuhkan seseorang untuk menjalani kehidupan yang bermoral dan efektif serta model terbaik untuk gaya Latin yang hebat. Mereka mengembangkan jenis beasiswa klasik baru yang ketat, yang dengannya mereka mengoreksi dan mencoba memahami karya orang Yunani dan Romawi, yang sangat penting bagi mereka. Baik elit republik Florence dan Venesia dan keluarga penguasa Milan, Ferrara, dan Urbino mempekerjakan humanis untuk mengajarkan anak-anak mereka moralitas klasik dan untuk menulis huruf, sejarah, dan propaganda klasik yang elegan.

    ReplyDelete
  16. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Humanisme adalah istilah umum diterapkan pada filsafat sosial yang dominan dan arus intelektual dan sastra periode 1400 untuk 1650. Kembalinya untuk mendukung penyembah dirangsang filsafat sekularisme, apresiasi kesenangan duniawi, dan di atas semua intensif pernyataan kemerdekaan pribadi dan ekspresi individu. Cinta untuk klasik adalah hasil serta penyebab pandangan sekuler berkembang kehidupan.Humanisme diwujudkan marah mistis dan estetika dari usia pra-ilmiah. Itu tidak membebaskan pikiran dari sikap tunduk kepada otoritas kuno.

    ReplyDelete
  17. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Humanisme modern dibagi kepada dua aliran. Humanisme keagamaan/religi berakar dari tradisi Renaisans-Pencerahan dan diikuti banyak seniman, umat Kristen garis tengah, dan para cendekiawan dalam kesenian bebas. Pandangan mereka biasanya terfokus pada martabat dan kebudiluhuran dari keberhasilan serta kemungkinan yang dihasilkan umat manusia

    ReplyDelete
  18. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Humanisme adalah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Humanisme telah menjadi sejenis doktrin beretika yang cakupannya diperluas hingga mencapai seluruh etnisitas manusia, berlawanan dengan sistem-sistem beretika tradisonal yang hanya berlaku bagi kelompok-kelompok etnis tertentuKebebasan merupakan tema terpenting dari humanisme, tetapi bukan kebebasan yang absolut, atau kebebasan yang hanya sebagai antitesis dari diterminisme abad pertengahan yang dilakukan oleh orang-orang Gereja pada waktu itu, tapi bukan berarti Humanisme pada waktu itu menentang tentang adanya kekuasaan Tuhan.

    ReplyDelete
  19. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Humanism is a philosophical and ethical stance that emphasizes the value and agency of human beings, individually and collectively, and generally prefers critical thinking and evidence (rationalism, empiricism) over acceptance of dogma or superstition. The meaning of the term humanism has fluctuated according to the successive intellectual movements which have identified with it. The term was coined by theologian Friedrich Niethammer at the beginning of the 19th century. Generally, however, humanism refers to a perspective that affirms some notion of human freedom and progress. In modern times, humanist movements are typically aligned with secularism, and today humanism typically refers to a non-theistic life stance centred on human agency and looking to science rather than revelation from a supernatural source to understand the world.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Humanism

    ReplyDelete
  20. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Humanisme adalah sikap filosofis dan etis yang menekankan nilai dan agensi manusia, secara individu dan kolektif, dan umumnya menyukai pemikiran dan bukti kritis (rasionalisme, empirisisme) atas penerimaan dogma atau takhayul. Istilah ini diciptakan oleh teolog Friedrich Niethammer pada awal abad ke-19. Umumnya, humanisme mengacu pada perspektif yang menegaskan beberapa gagasan tentang kebebasan dan kemajuan manusia. Di zaman modern, gerakan humanis biasanya selaras dengan sekularisme, dan humanisme saat ini biasanya mengacu pada sikap hidup non-teistik yang berpusat pada agensi manusia dan mencari ilmu pengetahuan daripada wahyu dari sumber supranatural untuk memahami dunia. Kaum humanis percaya bahwa bahasa Yunani dan Latin klasik berisi semua pelajaran yang dibutuhkan seseorang untuk menjalani kehidupan yang bermoral dan efektif serta model terbaik untuk gaya Latin yang hebat.

    ReplyDelete
  21. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dalam paham Humanisme, manusia itu bebas dan memiliki potensi sendiri untuk menjalankan kehidupannya secara mandiri untuk berhasil di dunia, di mana setiap individu mampu untuk mengontrol nasib mereka sendiri melalui aplikasi kecerdasan dan pembelajaran mereka. Manusia memiliki keunikan tersendiri, memiliki potensi yang perlu diaktualisasikan dan memiliki dorongan-dorongan yang murni berasal dari dirinya.

    ReplyDelete
  22. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Humanisme adalah suatu paham filosofis yang menunjukkan sikap dan etis yang menekankan nilai dan agensi manusia, secara individu dan kolektif, dan umumnya menyukai pemikiran dan bukti kritis (rasionalisme, empirisisme) atas penerimaan dogma atau takhayul. Kaum Humanisme melakukan gerakan untuk menggapai kemajuan dan perkembangan. Dimana pada abad 18 dan 19 merupakan masa modern yang penuh ilmu pengetahuan dan teknologi yang canggih sehingga kaum ini telah mampu berpikir dengan kritis dan menginginkan bukti ketika akan menerima takhayul.

    ReplyDelete
  23. Desy Dwi Frimadani
    1670925150
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    yang menjadi salah satu cara untuk menjadi manusia seutuhnya adalah melihat dan menyelesaikan masalahnya dengan cara manusiwai, tanpa merugikan orang lain dan menyakiti dri sendiri dengan mengambil keputusan yang sebijaksana mungkin. Segala permasalahan pasti ada penyelesaiannya, tergantung pada bagaimana seirang manusia dapat melihat dan memahaminya. dalam megambil keputusan yang bijaksana bukanlah hal yang mudah banyak yang perlu dipertimbangkan dengan matang.

    ReplyDelete
  24. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Pandangan humanisme biasanya terfokus pada martabat dan kebudiluhuran dari keberhasilan serta kemungkinan yang dihasilkan umat manusia. Humanisme adalah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Humanisme telah menjadi sejenis doktrin beretika yang cakupannya diperluas hingga mencapai seluruh etnisitas manusia, berlawanan dengan sistem-sistem beretika tradisonal yang hanya berlaku bagi kelompok-kelompok etnis tertentu.

    ReplyDelete
  25. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berdasarkan artikel diatas tentang humanism maka Humanisme adalah sikap filosofis dan etis yang menekankan nilai dan agensi manusia, secara individu dan kolektif, dan umumnya menyukai pemikiran dan bukti kritis (rasionalisme, empirisisme) atas penerimaan dogma atau takhayul. Arti dari istilah humanisme telah berfluktuasi sesuai dengan gerakan intelektual berturut-turut yang telah mengidentifikasinya

    ReplyDelete
  26. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Humanisme berasal dari latin, humanis berarti manusia, dan isme berarti paham atau aliran. Mangun Harjana mengatakan pengertian humanisme adalah pandangan yang menekankan martabat manusia dan kemampuannya. Menurut pandangan ini manusia bermartabat luhur, mampu menentukan nasib sendiri dan dengan kekuatan sendiri mampu mengembangkan diri dan memenuhi kepatuhan sendiri mampu mengembangkan diri dan memenuhi kepenuhan eksistensinya menjadi paripurna.

    ReplyDelete
  27. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya mendapatkan pengertian paham filsafat baru yaitu humanism. Dimana sebelum melihat refrensi saya menebak bahwasanya ada hubungannya dengan manusia Setelah saya memahami refrensinya saya mendapatkan pemahaman bahwa humanism ini merupakan istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Pandangan ini biasanya terfokus pada martabat dan kebudiluhuran dari keberhasilan serta kemungkinan yang dihasilkan umat manusia. Sehingga hal ini dalam kehidupan bermasyarakat, paham ini sangat diperlukan untuk menjalin kerukunan antar masyarakat.

    ReplyDelete
  28. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Humanisme adalah istilah umum diterapkan pada filsafat sosial yang dominan dan arus intelektual dan sastra periode 1400 ke 1650.Berikut 10 point penting mengenai Humanisme. Pertama, Humanisme percaya pada metafisika naturalistik atau sikap terhadap alam semesta yang menganggap segala bentuk supranatural sebagai mitos. Kedua, Humanisme, menggambar terutama pada hukum dan fakta-fakta ilmu pengetahuan, percaya bahwa kita manusia adalah produk evolusi dari Sifat yang kita miliki; bahwa pikiran adalah tidak terpisah dengan fungsi otak. Ketiga, Humanisme percaya bahwa manusia memiliki potensi untuk memecahkan masalah mereka sendiri. Keempat, Humanisme bertentangan dengan semua teori determinisme universal, fatalisme. Kelima, Humanisme percaya dalam etika atau moralitas dasar semua nilai-nilai kemanusiaan dalam pengalaman duniawi dan hubungan sebagai tujuan tertinggi duniawi yaitu kebahagiaan, kebebasan, dan kemajuan. Keenam, Humanisme percaya bahwa individu mencapai kehidupan yang baik dengan harmonis menggabungkan kepuasan pribadi dan pengembangan diri yang berkelanjutan dengan kerja yang signifikan dan kegiatan lainnya yang berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat. Ketujuh, Humanisme percaya dalam pengembangan keindahan dan kemegahan. Kedelapan, Humanisme percaya dalam program sosial yang luas yang berdiri untuk pembentukan seluruh dunia demokrasi, perdamaian, dan standar hidup yang tinggi di atas fondasi tatanan ekonomi berkembang, baik nasional maupun internasional. Kesembilan, Humanisme percaya dalam pelaksanaan sosial lengkap akal dan metode ilmiah; dan dengan demikian dalam prosedur demokrasi, dan pemerintahan parlementer, dengan kebebasan penuh ekspresi dan kebebasan sipil, seluruh bidang kehidupan ekonomi, politik, dan budaya. Kesepuluh, Humanisme, sesuai dengan metode ilmiah, percaya pada pertanyaan tak berujung asumsi dasar dan keyakinan.

    ReplyDelete
  29. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pada umumnya, humanisme dipandang sebagai paham yang memiliki unsur-unsur kesamaan yang berkaitan dengan konsern dan nilai-nilai kemanusiaan dan yang biasanya dimaksudkan untuk mengangkat harkat dan martabat manusia. Makna-makna yang diberikan kepada istilah humanisme juga memiliki nuansa yang sangat berbeda, tergantung pada kepentingan dan proyek-proyek yang direncanakan dan diajukan. Bahkan dalam bidang tertentu seperti filsafat, konsep “humanisme” juga mengalami berbagai perubahan makna ketika dipakai oleh para filsuf dalam periode historis yang berbeda (Thomas H. Tjaya, 2008). Oleh karena itu, humanisme secara terminologi mengalami perluasan pemahaman diantaranya Humanisme Renaissans, Humanisme Literer, Humanisme Budaya, Humanisme Filsufis, Humanisme Sekuler, Humanisme Religius.

    ReplyDelete
  30. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Humanism berkaitan dengan solusi dari masalah-masalah atau isu-isu tentang manusia. Terdapat sepuluh poin dalam mendefinisikan humanisme, yakni
    1. Percaya pada metafisika naturalistik yang menganggap segala bentuk supranatural sebagai mitos;
    2. Menggambar terutama pada hukum dan fakta sains;
    3. Percaya bahwa manusia memiliki kekuatan atau potensi untuk memecahkan masalah mereka sendiri;
    4. Bertentangan dengan semua teori determinisme universal, fatalisme, atau predestinasi;
    5. Percaya dalam etika atau moralitas yang alasan semua nilai-nilai kemanusiaan dalam pengalaman duniawi;
    6. Percaya bahwa individu mencapai kehidupan yang baik dengan harmonis menggabungkan kepuasan pribadi dan terus menerus pengembangan diri;
    7. Percaya pengalaman estetis merupakan kenyataan dalam kehidupan semua orang;
    8. Percaya pada program sosial yang luas yang berdiri untuk pembentukan seluruh dunia demokrasi, perdamaian, dan standar hidup yang tinggi di atas fondasi tatanan ekonomi berkembang, baik nasional maupun internasional;
    9. Percaya dalam pelaksanaan sosial lengkap akal dan metode ilmiah; dan
    10. Humanism bukanlah dogma baru tetapi filosofi yang berkembang untuk pengujian eksperimental untuk penemuan fakta baru dengan penalaran yang lebih ketat.
    Jika saya dapat menyimpulkan, inti dari paham tersebut yaitu untuk memanusiakan manusia, serta menyelesaikan semua permasalahan yang dialami dalam kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  31. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Humanisme mengacu pada perspektif yang menegaskan beberapa gagasan mengenai sifat manusia. Humanisme adalah sikap filosofis dan etika yang menekankan nilai dan badan manusia, baik secara individual maupun kolektif, dan umumnya lebih suka berpikir kritis dan bukti yaitu rasionalisme, empirisme yang tidak bisa dipungkiri atau dengan kepercayaan (fideisme). Di zaman modern, gerakan humanis biasanya selaras dengan sekularisme. Sekarang Humanisme biasanya mengacu pada sikap hidup non-teistik yang berpusat pada seorang manusia dalam mencari ilmu pengetahuan, bukan agama untuk memahami dunia.

    ReplyDelete
  32. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Mendengar kata humanisme memang sudah tidak asing lagi bagi kita. Humanisme ini berkaitan dengan human (manusia). Humanisme adalah sikap filosofis dan etis yang menekankan nilai dan agensi manusia, secara individu dan kolektif, dan umumnya menyukai pemikiran dan bukti kritis (rasionalisme, empirisisme) atas penerimaan dogma atau takhayul. Melalui artikel dalam link saya juga menjadi tahu tentang "Secular Humanist Declaration" yang memiliki beberapa poin utama yaitu: Penemuan Bebas, Pemisahan Gereja dan Negara, Ideal Kebebasan, Etika Berdasarkan Kecerdasan Kritis, Pendidikan Moral, Skeptisisme Agama, Nalaran, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Evolusi, dan Pendidikan.

    ReplyDelete
  33. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Humanisme sebagai suatu gerakan filsafat dan gerakan kebudayaan berkembang sebagai suatu reaksi terhadap dehumanis yang telah terjadi berabad-abad. Terjadi dalam dunia Eropa sebagai akibat langsung dari kekuasaan para pemimpin agama yang merasa menjadi satu-satunya otoritas dalam memberikan intepretasi terhadap dogma-dogma agam yang kemudian diterjemahkan kedalam segenap bidang kehidupan di Eropa. Dalam kontek reaksi ini, pelopor humanisme menjelaskan bahwa manusia dengan segenap kebebasan memiliki potensi yang sangat besar dalam menjalankan kehidupan ini secara mandiri untuk mencapai keberhasilan hidup didunia.

    ReplyDelete
  34. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Humanisme mengacu pada pandangan yang menolak agama dan berfokus pada potensi pembangunan manusia. Humanisme adalah istilah dengan beberapa arti. Humanisme mengacu pada pendekatan umum di bidang filsafat dan ilmu sosial yang menuntut agar orang dan makna mereka membangun (bukan sistem) harus menjadi perhatian utama penyelidikan dan analisis. Pendekatan ini terbukti dalam keprihatinan para filsuf eksistensialis, ahli fenomenologi, Marxis humanis, dan ahli hermeneutika serta beberapa peneliti sosial yang mengadopsi pendekatan etnografi atau verstehen.

    ReplyDelete
  35. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Humanisme adalah suatu term yang disandarkan kepada madzhab filsafat Pragmatisme yang dikembangkan oleh Charles S. Piece dan William James, yakni semenjak mereka memberikan interpretasi atas pragmatisme sebagai suatu madzhab yang berkeyakinan bahwa akhir (tujuan) manusia adalah aksi, dan semua upaya filosofis telah dihubungkan dengan manusia dan kemanusiaan. Sementara kata humanisme di pergunakan sebagai sebuah system tertentu bagi madzhab pragmatisme, meskipun dalam beberapa bagian, bertentangan dengan definisi dan semangat humanisme.

    ReplyDelete