Dec 2, 2012

HUMANISM


Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang HUMANISM, konek berikut:

http://en.wikipedia.org/wiki/Humanism





Wss Wr Wb
Marsigit






11 comments:

  1. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Humanisme adalah suatu term yang disandarkan kepada madzhab filsafat Pragmatisme yang dikembangkan oleh Charles S. Piece dan William James, yakni semenjak mereka memberikan interpretasi atas pragmatisme sebagai suatu madzhab yang berkeyakinan bahwa akhir (tujuan) manusia adalah aksi, dan semua upaya filosofis telah dihubungkan dengan manusia dan kemanusiaan. Sementara kata humanisme di pergunakan sebagai sebuah system tertentu bagi madzhab pragmatisme, meskipun dalam beberapa bagian, bertentangan dengan definisi dan semangat humanisme.

    ReplyDelete
  2. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Secara sederhana arti humanism adalah kemanusiaan. Pengertian humanisme itu sendiri adalah pandanagan yang menekankan martabat manusia dan kemampuannya. Dalam pandangan ini menganggap manusia memiliki martabat yang luhur, mampu menentukan nasib sendiri dan dengan kekuatan sendiri mampu mengembangkan diri. Kebebasan merupakan tema terpenting dari humanisme, tetapi kebebasan yang dimaksud disini bukan kebebasan yang absolut dan bukan menentang kekuasaan Tuhan. Para humanis juga percaya bahwa dibalik kekuasaan Tuhan, masih banyak peluang bagi manusia untuk menentukan jalan hidupnya, mengembangkan potensi dan memilih masa depannya sendiri, tanpa terbelenggu oleh kodrat Tuhan. Humanis berpedoman bahwa kebebasan manusia itu ada dan perlu dipertahankan juga perlu diekspresikan.

    ReplyDelete
  3. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Humanisme merupakan aliran pemikiran yang mengacu pada keutamaan nilai-nilai kemanusiaan dan yang menempatkan individu rasional dalam kedudukan yang tinggi, dan sebagai sumber nulai paling puncak. Humanisme adalah gerakan sosiokultural yang secara sistematik berusaha mengartikulasikan makna humanitas atau kodrat manusiawi.

    ReplyDelete
  4. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Humanisme merupakan suatu pandangan yang menyatakan bahwa manusia bisa memahami dunia dan realita yang ada menggunakan pengalaman dan nilai-nilai kemanusiaan bersama. Para humanist menganggap bahwa mereka bisa hidup baik tanpa agama sekalipun. Selain itu, mereka berusaha menciptakan hal-hal yang terbaik bagi kehidupan dengan cara membentuk makna dan tujuan bagi diri sendiri. Sehingga, melalui humanism inilah yang mulai tumbuh suatu sikap bahwa manusia harus mencari jalan hidupnya sendiri, dan banyak yang akhirnya menyangkal adanya Tuhan dalam hidup mereka (ateisme).

    ReplyDelete
  5. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Humanisme merupakan aliran yang muncul pada masa Renaissance (masa peralihan antara zaman pertengahan dan zaman modern, dimana terjadi sejumlah kekacauan dalam bidang pemikiran), humanisme merupakan aliran yang menetapkan kebenaran berpusat pada manusia.
    Humanisme menurut Syariati dalam Hakim dan Saebani (2008:341), berkaitan dengan eksistensi manusia, yaitu bagian dari aliran filsafat yang menyatakan bahwa tujuan pokok dari segala sesuatu adalah kesempurnaan manusia. aliran ini memiliki pandangan bahwa manusia adalah makhluk mulia yang semua kebutuhan pokok diperuntukkan untuk memperbaiki spesiesnya.

    ReplyDelete
  6. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, secara umum Humanisme adalah merupakan filsafat yang menekankan pentingnya kesejahteraan dan martabat manusia, dan optimis tentang kekuatan pemahaman manusia tanpa bantuan. Lebih khusus lagi, gerakan yang khas dari Renaisans dan bersekutu dengan studi baru tentang literatur Yunani dan Romawi, penemuan kembali kesatuan manusia dan alam, dan sebuah permaknaan baru terhadap kesenangan hidup, semuanya seharusnya hilang di dunia abad pertengahan. Humanisme dalam pengertian Renaisans ini cukup konsisten dengan kepercayaan religius, maka diduga Tuhan telah menempatkan kita di sini untuk melanjutkan hal-hal yang menurut kaum humanis penting. Belakangan istilah ini cenderung disesuaikan dengan gerakan sosial dan politik anti-agama. Akhirnya, pada akhir abad ke-20, humanisme kadang-kadang digunakan sebagai istilah yang merendahkan oleh para penulis postmodernis dan terutama feminis, yang diterapkan pada filsafat seperti Sartre, yang mengandalkan kemungkinan otonomi, keadaran diri, rational, single self, dan hal tersebut diyakini tidak peka terhadap sifat fragmen, terpecah, historis yang dikondisikan secara kepribadian dan motivasi.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  7. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Human dalam bahasa indonesia berarti manusia, bersifat manusiawi atau berprikemanusiaan, sedangkan Humanisme jika dilihat didalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti (1) aliran yang bertujuan menghidupkan rasa perikemanusiaan dan mencita-citakan pergaulan hidup yang lebih baik; (2) paham yang menganggap manusia sebagai objek studi terpenting; (3) aliran zaman Renaissance yang menjadikan sastra klasik (dalam bahasa Latin dan Yunani) sebagai dasar seluruh peradaban manusia; (4) kemanusiaan. Dalam link http://www.ibiblio.org/expo/vatican.exhibit/exhibit/c-humanism/Humanism.html disebutkan Humanisme adalah Gerakan intelektual besar Renaisans Italia, sedangkan dalam link http://www.historyguide.org/intellect/humanism.html disebutkan bahwa Humanisme adalah istilah yang umumnya diterapkan pada filosofi sosial yang dominan dan arus intelektual dan sastra dari periode 1400 sampai 1650.

    ReplyDelete
  8. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    "Humanisme", tentu pusatnya pada manusia. Itu berarti segala tindakan porosnya pada tindakan manusia sebagai pelaku utama. Maka dari itu, tolok ukur kebenaran ada pada manusia juga. Humanisme mengindikasikan adanya kebebasan berperilaku pada manusia. Akan tetapi, saya belum memahami bagaimana kebebasan dan kebenaran dari sudut pandang humanisme. Apakah menjadi kebenaran yang mutlak bagi si manusia atau tidak. Karena, menurut saya, jika segalanya berpatokan pada manusia, apalagi tentang penilaian hal yang benar dan tidak benar, maka humanisme bisa jadi berbahaya bagi kehidupan ini.

    ReplyDelete
  9. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Humanisme erat kaitannya dengan perikemanusiaan. Ini adalah usaha untuk memanusiakan manusia. Humanisme memandang bahwa manusia penting untuk memahami apa yang terjadi, realitas kehidupan dengan berdasar pada nilai nilai kemanusiaan. Humanisme memprioritaskan kemanusiaan dalam segala aspek kehidupan, selain memprioritaskan manusia adalah sesuatu yang digunakan untuk memperlakukan manusia yang baik dan sesuai hak dan kewajibannya, serta menghargainya apa yang ada pada dirinya. semua berkaiatan dengan manusia dengan segala yang dibawanya.

    ReplyDelete
  10. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P. Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. Humanisme dapat di[ahami sebagai suatu paham yang berlandaskan pada perjuangan atas nilai-nilai kemanusiaan. Humanisme mungkin dapat dihbngkan dengan aspek hak asasi manusia. Ketika hak asasi manusia dilanggar, mereka yang menganut paham humanis akan memperjuangkan agar hak-hak asasi yang dilanggar tersebut dapat ditegakkan. Misal: perjuangan dalam membantu korban bencana alam, penggusuran, atau melawan tindak korupsi. Dalam ajaran Islam, humanism termanifestasikan dalam hablumminannas dan tugas-tugas manusia sebagai wakil Tuhan di Bumi.

    ReplyDelete
  11. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    177092510005

    Assalamualaikum prof,
    Humanisme adalah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Humanisme berpandangan bahwa manusia dapat memahami dunia serta keseluruhan realita dengan menggunakan pengalaman dan nilai-nilai kemanusiaan bersama. Humanisme telah menjadi sejenis doktrin beretika yang cakupannya diperluas hingga mencapai seluruh etnisitas manusia, berlawanan dengan sistem-sistem beretika tradisonal yang hanya berlaku bagi kelompok-kelompok etnis tertentu. Para Humanis berusaha menciptakan yang terbaik bagi kehidupan dengan menciptakan makna dan tujuan bagi diri sendiri. Paham ini menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia sebagai subyek yang bebas dan berdaulat dalam menentukan hidupnya. Menurut humanisme, setiap manusia harus dihormati sebagai seorang manusia seutuhnya. Humanisme ingin meneguhkan kemampuan manusia secara bebas dan berdaulat untuk mengarungi hidupnya sendiri.

    ReplyDelete