Dec 2, 2012

HUMANISM


Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang HUMANISM, konek berikut:

http://en.wikipedia.org/wiki/Humanism





Wss Wr Wb
Marsigit






66 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Humanisme adalah sebuah pandangan mengenai penyelesaian dari permasalahan manusia. Dalam kehidupan saat ini, humanisme tidak hanya mengenai penyelesaian masalah, namun juga mengenai semua peristiwa-peristiwa pada manusia. Bahkan untuk para pengikut humanisme, sekarang sudah banyak sekolah atau kuliah dengan jurusan humaniora. Untuk menjadi kaum humanis dibutuhkan pikiran yang kritis serta logika, selain itu diperlukan hati yang ikhlas agar menjadi humanis yang berguna bagi manusia.

    ReplyDelete
  2. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Humanisme adalah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Berdasarkan link http://www.ibiblio.org/expo/vatican.exhibit/exhibit/c-humanism/Humanism.html Gerakan intelektual besar Renaisans Italia adalah humanisme. Kaum humanis percaya bahwa bahasa Yunani dan Latin klasik berisi semua pelajaran yang dibutuhkan seseorang untuk menjalani kehidupan yang bermoral dan efektif serta model terbaik untuk gaya Latin yang hebat. Mereka mengembangkan jenis beasiswa klasik baru yang ketat, yang dengannya mereka mengoreksi dan mencoba memahami karya orang Yunani dan Romawi, yang sangat penting bagi mereka. Baik elit republik Florence dan Venesia dan keluarga penguasa Milan, Ferrara, dan Urbino mempekerjakan humanis untuk mengajarkan anak-anak mereka moralitas klasik dan untuk menulis huruf, sejarah, dan propaganda klasik yang elegan.

    ReplyDelete
  3. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Humanisme adalah istilah umum diterapkan pada filsafat sosial yang dominan dan arus intelektual dan sastra periode 1400 untuk 1650. Kembalinya untuk mendukung penyembah dirangsang filsafat sekularisme, apresiasi kesenangan duniawi, dan di atas semua intensif pernyataan kemerdekaan pribadi dan ekspresi individu. Cinta untuk klasik adalah hasil serta penyebab pandangan sekuler berkembang kehidupan.Humanisme diwujudkan marah mistis dan estetika dari usia pra-ilmiah. Itu tidak membebaskan pikiran dari sikap tunduk kepada otoritas kuno.

    ReplyDelete
  4. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Humanisme modern dibagi kepada dua aliran. Humanisme keagamaan/religi berakar dari tradisi Renaisans-Pencerahan dan diikuti banyak seniman, umat Kristen garis tengah, dan para cendekiawan dalam kesenian bebas. Pandangan mereka biasanya terfokus pada martabat dan kebudiluhuran dari keberhasilan serta kemungkinan yang dihasilkan umat manusia

    ReplyDelete
  5. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Humanisme adalah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Humanisme telah menjadi sejenis doktrin beretika yang cakupannya diperluas hingga mencapai seluruh etnisitas manusia, berlawanan dengan sistem-sistem beretika tradisonal yang hanya berlaku bagi kelompok-kelompok etnis tertentuKebebasan merupakan tema terpenting dari humanisme, tetapi bukan kebebasan yang absolut, atau kebebasan yang hanya sebagai antitesis dari diterminisme abad pertengahan yang dilakukan oleh orang-orang Gereja pada waktu itu, tapi bukan berarti Humanisme pada waktu itu menentang tentang adanya kekuasaan Tuhan.

    ReplyDelete
  6. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Humanism is a philosophical and ethical stance that emphasizes the value and agency of human beings, individually and collectively, and generally prefers critical thinking and evidence (rationalism, empiricism) over acceptance of dogma or superstition. The meaning of the term humanism has fluctuated according to the successive intellectual movements which have identified with it. The term was coined by theologian Friedrich Niethammer at the beginning of the 19th century. Generally, however, humanism refers to a perspective that affirms some notion of human freedom and progress. In modern times, humanist movements are typically aligned with secularism, and today humanism typically refers to a non-theistic life stance centred on human agency and looking to science rather than revelation from a supernatural source to understand the world.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Humanism

    ReplyDelete
  7. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Humanisme adalah sikap filosofis dan etis yang menekankan nilai dan agensi manusia, secara individu dan kolektif, dan umumnya menyukai pemikiran dan bukti kritis (rasionalisme, empirisisme) atas penerimaan dogma atau takhayul. Istilah ini diciptakan oleh teolog Friedrich Niethammer pada awal abad ke-19. Umumnya, humanisme mengacu pada perspektif yang menegaskan beberapa gagasan tentang kebebasan dan kemajuan manusia. Di zaman modern, gerakan humanis biasanya selaras dengan sekularisme, dan humanisme saat ini biasanya mengacu pada sikap hidup non-teistik yang berpusat pada agensi manusia dan mencari ilmu pengetahuan daripada wahyu dari sumber supranatural untuk memahami dunia. Kaum humanis percaya bahwa bahasa Yunani dan Latin klasik berisi semua pelajaran yang dibutuhkan seseorang untuk menjalani kehidupan yang bermoral dan efektif serta model terbaik untuk gaya Latin yang hebat.

    ReplyDelete
  8. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dalam paham Humanisme, manusia itu bebas dan memiliki potensi sendiri untuk menjalankan kehidupannya secara mandiri untuk berhasil di dunia, di mana setiap individu mampu untuk mengontrol nasib mereka sendiri melalui aplikasi kecerdasan dan pembelajaran mereka. Manusia memiliki keunikan tersendiri, memiliki potensi yang perlu diaktualisasikan dan memiliki dorongan-dorongan yang murni berasal dari dirinya.

    ReplyDelete
  9. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Humanisme adalah suatu paham filosofis yang menunjukkan sikap dan etis yang menekankan nilai dan agensi manusia, secara individu dan kolektif, dan umumnya menyukai pemikiran dan bukti kritis (rasionalisme, empirisisme) atas penerimaan dogma atau takhayul. Kaum Humanisme melakukan gerakan untuk menggapai kemajuan dan perkembangan. Dimana pada abad 18 dan 19 merupakan masa modern yang penuh ilmu pengetahuan dan teknologi yang canggih sehingga kaum ini telah mampu berpikir dengan kritis dan menginginkan bukti ketika akan menerima takhayul.

    ReplyDelete
  10. Desy Dwi Frimadani
    1670925150
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    yang menjadi salah satu cara untuk menjadi manusia seutuhnya adalah melihat dan menyelesaikan masalahnya dengan cara manusiwai, tanpa merugikan orang lain dan menyakiti dri sendiri dengan mengambil keputusan yang sebijaksana mungkin. Segala permasalahan pasti ada penyelesaiannya, tergantung pada bagaimana seirang manusia dapat melihat dan memahaminya. dalam megambil keputusan yang bijaksana bukanlah hal yang mudah banyak yang perlu dipertimbangkan dengan matang.

    ReplyDelete
  11. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Pandangan humanisme biasanya terfokus pada martabat dan kebudiluhuran dari keberhasilan serta kemungkinan yang dihasilkan umat manusia. Humanisme adalah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Humanisme telah menjadi sejenis doktrin beretika yang cakupannya diperluas hingga mencapai seluruh etnisitas manusia, berlawanan dengan sistem-sistem beretika tradisonal yang hanya berlaku bagi kelompok-kelompok etnis tertentu.

    ReplyDelete
  12. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berdasarkan artikel diatas tentang humanism maka Humanisme adalah sikap filosofis dan etis yang menekankan nilai dan agensi manusia, secara individu dan kolektif, dan umumnya menyukai pemikiran dan bukti kritis (rasionalisme, empirisisme) atas penerimaan dogma atau takhayul. Arti dari istilah humanisme telah berfluktuasi sesuai dengan gerakan intelektual berturut-turut yang telah mengidentifikasinya

    ReplyDelete
  13. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Humanisme berasal dari latin, humanis berarti manusia, dan isme berarti paham atau aliran. Mangun Harjana mengatakan pengertian humanisme adalah pandangan yang menekankan martabat manusia dan kemampuannya. Menurut pandangan ini manusia bermartabat luhur, mampu menentukan nasib sendiri dan dengan kekuatan sendiri mampu mengembangkan diri dan memenuhi kepatuhan sendiri mampu mengembangkan diri dan memenuhi kepenuhan eksistensinya menjadi paripurna.

    ReplyDelete
  14. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya mendapatkan pengertian paham filsafat baru yaitu humanism. Dimana sebelum melihat refrensi saya menebak bahwasanya ada hubungannya dengan manusia Setelah saya memahami refrensinya saya mendapatkan pemahaman bahwa humanism ini merupakan istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Pandangan ini biasanya terfokus pada martabat dan kebudiluhuran dari keberhasilan serta kemungkinan yang dihasilkan umat manusia. Sehingga hal ini dalam kehidupan bermasyarakat, paham ini sangat diperlukan untuk menjalin kerukunan antar masyarakat.

    ReplyDelete
  15. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Humanisme adalah istilah umum diterapkan pada filsafat sosial yang dominan dan arus intelektual dan sastra periode 1400 ke 1650.Berikut 10 point penting mengenai Humanisme. Pertama, Humanisme percaya pada metafisika naturalistik atau sikap terhadap alam semesta yang menganggap segala bentuk supranatural sebagai mitos. Kedua, Humanisme, menggambar terutama pada hukum dan fakta-fakta ilmu pengetahuan, percaya bahwa kita manusia adalah produk evolusi dari Sifat yang kita miliki; bahwa pikiran adalah tidak terpisah dengan fungsi otak. Ketiga, Humanisme percaya bahwa manusia memiliki potensi untuk memecahkan masalah mereka sendiri. Keempat, Humanisme bertentangan dengan semua teori determinisme universal, fatalisme. Kelima, Humanisme percaya dalam etika atau moralitas dasar semua nilai-nilai kemanusiaan dalam pengalaman duniawi dan hubungan sebagai tujuan tertinggi duniawi yaitu kebahagiaan, kebebasan, dan kemajuan. Keenam, Humanisme percaya bahwa individu mencapai kehidupan yang baik dengan harmonis menggabungkan kepuasan pribadi dan pengembangan diri yang berkelanjutan dengan kerja yang signifikan dan kegiatan lainnya yang berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat. Ketujuh, Humanisme percaya dalam pengembangan keindahan dan kemegahan. Kedelapan, Humanisme percaya dalam program sosial yang luas yang berdiri untuk pembentukan seluruh dunia demokrasi, perdamaian, dan standar hidup yang tinggi di atas fondasi tatanan ekonomi berkembang, baik nasional maupun internasional. Kesembilan, Humanisme percaya dalam pelaksanaan sosial lengkap akal dan metode ilmiah; dan dengan demikian dalam prosedur demokrasi, dan pemerintahan parlementer, dengan kebebasan penuh ekspresi dan kebebasan sipil, seluruh bidang kehidupan ekonomi, politik, dan budaya. Kesepuluh, Humanisme, sesuai dengan metode ilmiah, percaya pada pertanyaan tak berujung asumsi dasar dan keyakinan.

    ReplyDelete
  16. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pada umumnya, humanisme dipandang sebagai paham yang memiliki unsur-unsur kesamaan yang berkaitan dengan konsern dan nilai-nilai kemanusiaan dan yang biasanya dimaksudkan untuk mengangkat harkat dan martabat manusia. Makna-makna yang diberikan kepada istilah humanisme juga memiliki nuansa yang sangat berbeda, tergantung pada kepentingan dan proyek-proyek yang direncanakan dan diajukan. Bahkan dalam bidang tertentu seperti filsafat, konsep “humanisme” juga mengalami berbagai perubahan makna ketika dipakai oleh para filsuf dalam periode historis yang berbeda (Thomas H. Tjaya, 2008). Oleh karena itu, humanisme secara terminologi mengalami perluasan pemahaman diantaranya Humanisme Renaissans, Humanisme Literer, Humanisme Budaya, Humanisme Filsufis, Humanisme Sekuler, Humanisme Religius.

    ReplyDelete
  17. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Humanism berkaitan dengan solusi dari masalah-masalah atau isu-isu tentang manusia. Terdapat sepuluh poin dalam mendefinisikan humanisme, yakni
    1. Percaya pada metafisika naturalistik yang menganggap segala bentuk supranatural sebagai mitos;
    2. Menggambar terutama pada hukum dan fakta sains;
    3. Percaya bahwa manusia memiliki kekuatan atau potensi untuk memecahkan masalah mereka sendiri;
    4. Bertentangan dengan semua teori determinisme universal, fatalisme, atau predestinasi;
    5. Percaya dalam etika atau moralitas yang alasan semua nilai-nilai kemanusiaan dalam pengalaman duniawi;
    6. Percaya bahwa individu mencapai kehidupan yang baik dengan harmonis menggabungkan kepuasan pribadi dan terus menerus pengembangan diri;
    7. Percaya pengalaman estetis merupakan kenyataan dalam kehidupan semua orang;
    8. Percaya pada program sosial yang luas yang berdiri untuk pembentukan seluruh dunia demokrasi, perdamaian, dan standar hidup yang tinggi di atas fondasi tatanan ekonomi berkembang, baik nasional maupun internasional;
    9. Percaya dalam pelaksanaan sosial lengkap akal dan metode ilmiah; dan
    10. Humanism bukanlah dogma baru tetapi filosofi yang berkembang untuk pengujian eksperimental untuk penemuan fakta baru dengan penalaran yang lebih ketat.
    Jika saya dapat menyimpulkan, inti dari paham tersebut yaitu untuk memanusiakan manusia, serta menyelesaikan semua permasalahan yang dialami dalam kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  18. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Humanisme mengacu pada perspektif yang menegaskan beberapa gagasan mengenai sifat manusia. Humanisme adalah sikap filosofis dan etika yang menekankan nilai dan badan manusia, baik secara individual maupun kolektif, dan umumnya lebih suka berpikir kritis dan bukti yaitu rasionalisme, empirisme yang tidak bisa dipungkiri atau dengan kepercayaan (fideisme). Di zaman modern, gerakan humanis biasanya selaras dengan sekularisme. Sekarang Humanisme biasanya mengacu pada sikap hidup non-teistik yang berpusat pada seorang manusia dalam mencari ilmu pengetahuan, bukan agama untuk memahami dunia.

    ReplyDelete
  19. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Mendengar kata humanisme memang sudah tidak asing lagi bagi kita. Humanisme ini berkaitan dengan human (manusia). Humanisme adalah sikap filosofis dan etis yang menekankan nilai dan agensi manusia, secara individu dan kolektif, dan umumnya menyukai pemikiran dan bukti kritis (rasionalisme, empirisisme) atas penerimaan dogma atau takhayul. Melalui artikel dalam link saya juga menjadi tahu tentang "Secular Humanist Declaration" yang memiliki beberapa poin utama yaitu: Penemuan Bebas, Pemisahan Gereja dan Negara, Ideal Kebebasan, Etika Berdasarkan Kecerdasan Kritis, Pendidikan Moral, Skeptisisme Agama, Nalaran, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Evolusi, dan Pendidikan.

    ReplyDelete
  20. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Humanisme sebagai suatu gerakan filsafat dan gerakan kebudayaan berkembang sebagai suatu reaksi terhadap dehumanis yang telah terjadi berabad-abad. Terjadi dalam dunia Eropa sebagai akibat langsung dari kekuasaan para pemimpin agama yang merasa menjadi satu-satunya otoritas dalam memberikan intepretasi terhadap dogma-dogma agam yang kemudian diterjemahkan kedalam segenap bidang kehidupan di Eropa. Dalam kontek reaksi ini, pelopor humanisme menjelaskan bahwa manusia dengan segenap kebebasan memiliki potensi yang sangat besar dalam menjalankan kehidupan ini secara mandiri untuk mencapai keberhasilan hidup didunia.

    ReplyDelete
  21. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Humanisme adalah suatu term yang disandarkan kepada madzhab filsafat Pragmatisme yang dikembangkan oleh Charles S. Piece dan William James, yakni semenjak mereka memberikan interpretasi atas pragmatisme sebagai suatu madzhab yang berkeyakinan bahwa akhir (tujuan) manusia adalah aksi, dan semua upaya filosofis telah dihubungkan dengan manusia dan kemanusiaan. Sementara kata humanisme di pergunakan sebagai sebuah system tertentu bagi madzhab pragmatisme, meskipun dalam beberapa bagian, bertentangan dengan definisi dan semangat humanisme.

    ReplyDelete
  22. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Secara sederhana arti humanism adalah kemanusiaan. Pengertian humanisme itu sendiri adalah pandanagan yang menekankan martabat manusia dan kemampuannya. Dalam pandangan ini menganggap manusia memiliki martabat yang luhur, mampu menentukan nasib sendiri dan dengan kekuatan sendiri mampu mengembangkan diri. Kebebasan merupakan tema terpenting dari humanisme, tetapi kebebasan yang dimaksud disini bukan kebebasan yang absolut dan bukan menentang kekuasaan Tuhan. Para humanis juga percaya bahwa dibalik kekuasaan Tuhan, masih banyak peluang bagi manusia untuk menentukan jalan hidupnya, mengembangkan potensi dan memilih masa depannya sendiri, tanpa terbelenggu oleh kodrat Tuhan. Humanis berpedoman bahwa kebebasan manusia itu ada dan perlu dipertahankan juga perlu diekspresikan.

    ReplyDelete
  23. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Humanisme merupakan aliran pemikiran yang mengacu pada keutamaan nilai-nilai kemanusiaan dan yang menempatkan individu rasional dalam kedudukan yang tinggi, dan sebagai sumber nulai paling puncak. Humanisme adalah gerakan sosiokultural yang secara sistematik berusaha mengartikulasikan makna humanitas atau kodrat manusiawi.

    ReplyDelete
  24. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Humanisme merupakan suatu pandangan yang menyatakan bahwa manusia bisa memahami dunia dan realita yang ada menggunakan pengalaman dan nilai-nilai kemanusiaan bersama. Para humanist menganggap bahwa mereka bisa hidup baik tanpa agama sekalipun. Selain itu, mereka berusaha menciptakan hal-hal yang terbaik bagi kehidupan dengan cara membentuk makna dan tujuan bagi diri sendiri. Sehingga, melalui humanism inilah yang mulai tumbuh suatu sikap bahwa manusia harus mencari jalan hidupnya sendiri, dan banyak yang akhirnya menyangkal adanya Tuhan dalam hidup mereka (ateisme).

    ReplyDelete
  25. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Humanisme merupakan aliran yang muncul pada masa Renaissance (masa peralihan antara zaman pertengahan dan zaman modern, dimana terjadi sejumlah kekacauan dalam bidang pemikiran), humanisme merupakan aliran yang menetapkan kebenaran berpusat pada manusia.
    Humanisme menurut Syariati dalam Hakim dan Saebani (2008:341), berkaitan dengan eksistensi manusia, yaitu bagian dari aliran filsafat yang menyatakan bahwa tujuan pokok dari segala sesuatu adalah kesempurnaan manusia. aliran ini memiliki pandangan bahwa manusia adalah makhluk mulia yang semua kebutuhan pokok diperuntukkan untuk memperbaiki spesiesnya.

    ReplyDelete
  26. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, secara umum Humanisme adalah merupakan filsafat yang menekankan pentingnya kesejahteraan dan martabat manusia, dan optimis tentang kekuatan pemahaman manusia tanpa bantuan. Lebih khusus lagi, gerakan yang khas dari Renaisans dan bersekutu dengan studi baru tentang literatur Yunani dan Romawi, penemuan kembali kesatuan manusia dan alam, dan sebuah permaknaan baru terhadap kesenangan hidup, semuanya seharusnya hilang di dunia abad pertengahan. Humanisme dalam pengertian Renaisans ini cukup konsisten dengan kepercayaan religius, maka diduga Tuhan telah menempatkan kita di sini untuk melanjutkan hal-hal yang menurut kaum humanis penting. Belakangan istilah ini cenderung disesuaikan dengan gerakan sosial dan politik anti-agama. Akhirnya, pada akhir abad ke-20, humanisme kadang-kadang digunakan sebagai istilah yang merendahkan oleh para penulis postmodernis dan terutama feminis, yang diterapkan pada filsafat seperti Sartre, yang mengandalkan kemungkinan otonomi, keadaran diri, rational, single self, dan hal tersebut diyakini tidak peka terhadap sifat fragmen, terpecah, historis yang dikondisikan secara kepribadian dan motivasi.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  27. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Human dalam bahasa indonesia berarti manusia, bersifat manusiawi atau berprikemanusiaan, sedangkan Humanisme jika dilihat didalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti (1) aliran yang bertujuan menghidupkan rasa perikemanusiaan dan mencita-citakan pergaulan hidup yang lebih baik; (2) paham yang menganggap manusia sebagai objek studi terpenting; (3) aliran zaman Renaissance yang menjadikan sastra klasik (dalam bahasa Latin dan Yunani) sebagai dasar seluruh peradaban manusia; (4) kemanusiaan. Dalam link http://www.ibiblio.org/expo/vatican.exhibit/exhibit/c-humanism/Humanism.html disebutkan Humanisme adalah Gerakan intelektual besar Renaisans Italia, sedangkan dalam link http://www.historyguide.org/intellect/humanism.html disebutkan bahwa Humanisme adalah istilah yang umumnya diterapkan pada filosofi sosial yang dominan dan arus intelektual dan sastra dari periode 1400 sampai 1650.

    ReplyDelete
  28. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    "Humanisme", tentu pusatnya pada manusia. Itu berarti segala tindakan porosnya pada tindakan manusia sebagai pelaku utama. Maka dari itu, tolok ukur kebenaran ada pada manusia juga. Humanisme mengindikasikan adanya kebebasan berperilaku pada manusia. Akan tetapi, saya belum memahami bagaimana kebebasan dan kebenaran dari sudut pandang humanisme. Apakah menjadi kebenaran yang mutlak bagi si manusia atau tidak. Karena, menurut saya, jika segalanya berpatokan pada manusia, apalagi tentang penilaian hal yang benar dan tidak benar, maka humanisme bisa jadi berbahaya bagi kehidupan ini.

    ReplyDelete
  29. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Humanisme erat kaitannya dengan perikemanusiaan. Ini adalah usaha untuk memanusiakan manusia. Humanisme memandang bahwa manusia penting untuk memahami apa yang terjadi, realitas kehidupan dengan berdasar pada nilai nilai kemanusiaan. Humanisme memprioritaskan kemanusiaan dalam segala aspek kehidupan, selain memprioritaskan manusia adalah sesuatu yang digunakan untuk memperlakukan manusia yang baik dan sesuai hak dan kewajibannya, serta menghargainya apa yang ada pada dirinya. semua berkaiatan dengan manusia dengan segala yang dibawanya.

    ReplyDelete
  30. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P. Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. Humanisme dapat di[ahami sebagai suatu paham yang berlandaskan pada perjuangan atas nilai-nilai kemanusiaan. Humanisme mungkin dapat dihbngkan dengan aspek hak asasi manusia. Ketika hak asasi manusia dilanggar, mereka yang menganut paham humanis akan memperjuangkan agar hak-hak asasi yang dilanggar tersebut dapat ditegakkan. Misal: perjuangan dalam membantu korban bencana alam, penggusuran, atau melawan tindak korupsi. Dalam ajaran Islam, humanism termanifestasikan dalam hablumminannas dan tugas-tugas manusia sebagai wakil Tuhan di Bumi.

    ReplyDelete
  31. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    177092510005

    Assalamualaikum prof,
    Humanisme adalah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Humanisme berpandangan bahwa manusia dapat memahami dunia serta keseluruhan realita dengan menggunakan pengalaman dan nilai-nilai kemanusiaan bersama. Humanisme telah menjadi sejenis doktrin beretika yang cakupannya diperluas hingga mencapai seluruh etnisitas manusia, berlawanan dengan sistem-sistem beretika tradisonal yang hanya berlaku bagi kelompok-kelompok etnis tertentu. Para Humanis berusaha menciptakan yang terbaik bagi kehidupan dengan menciptakan makna dan tujuan bagi diri sendiri. Paham ini menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia sebagai subyek yang bebas dan berdaulat dalam menentukan hidupnya. Menurut humanisme, setiap manusia harus dihormati sebagai seorang manusia seutuhnya. Humanisme ingin meneguhkan kemampuan manusia secara bebas dan berdaulat untuk mengarungi hidupnya sendiri.

    ReplyDelete
  32. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Humanisme dapat dimaknai dengan doktrin beretika yang berfokus pada jalan keluar untuk masalah dan isu yang berhubungan dengan manusia. Humanisme lebih mengutamakan seluruh etnisitas manusia, hal ini berlawanan dengan sistem etika tradisional yang berlaku pada kelompok-kelompok tertentu. Apabila saya kaitkan dengan pembelajaran matematika maka dapat saya simpulkan bahwa humanisme cocok dengan pembelajaran matematika, karena pada humanisme yang lebih mengutamakan seluruh etnitas manusia, sama halnya dengan seorang guru yang harus merangkul seluruh jenis siswa artinya tidak ada pilih kasih, hanya salah satu jenis siswa. Karena apabila guru pilih siswa akan langsung merasakan, dan pada saat itu juga apabila siswa membawa sampai ke perasaan maka siswa akan menjadi pemicu pada kesenjangan.

    ReplyDelete
  33. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Berdasarkan bacaan di atas, saya mencermati bahwa humanisme merupakan ungkapan umum yang diterapkan dalam kehidupan sosial dan intelektual serta sastra.Di samping itu, pusat perhatiannya didasarkan pada nilai yang terdapat pada manusiai tu sendiri.Dalam pandangan ini, juga menukil tentang menyatakan bahwa pengalaman sesorang cenderung menjadi praktis dalam segala hal.Tuturnya lagi bahwa kehidupan ideal bukan hanya praktik kerohanian dalam masyarakat tetapi juga bagaimana membangun hubungan yang kaya di dalam keberagaman.Berarti jika dipahami lebih mengutamakan dari sisi kemanusiaan.

    ReplyDelete
  34. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    humanisme merupakan pandangan berpusat pada martabat manusia dan kemampuannya. Dalam pendidikan, humanisme menekankan bahwa manusia memiliki keberadaan yang unik dalam dirinya berbeda antara manusia satu dengan yang lain sehingga sudah semestinya memperhatikan makna dan tujuan hidup manusia. Untuk mencapai hal tersebut harus ada kebebasan individu yang paling utama dan uni karena mereka mempunyai sikap hidup, tujuan hidup dan cara hidup sendiri.

    ReplyDelete
  35. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017


    Humanisme adalah pemahaman tentang pandangan yang menyatakan bahwa manusia dapat memahami dunia serta keseluruhan realita dengan menggunakan pengalaman dan nilai-nilai kemanusiaan bersama. Dalam kehidupan kita senantiasa membutuhkan orang lain. Humanisme bisa diartikan sebagai cara pandang dari sisi kemanusiaan orang tersebut, bagaimana dia berinteraksi dengan orang lain.

    ReplyDelete
  36. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Interaksi antar manusia merupakan suatu kebutuhan bagi setiap individu. Karena memang setiap individu memerlukan individu yang lain dalam memenuhi kebutuhannya. Seperti halnya guru dan siswa, kedua individu tersebut memiliki suatu interaksi yang sering kita sebut dengan kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar ini tentunya tidak lepas dari hak dan kewajiban antar guru dan siswa. Menyadari bahwa setiap individu memiliki hak dan kewajiban yang berbeda-beda merupakan salah satu penerapan dari Humanisme. Humanisme sendiri memiliki pengertian suatu paham yang berpusat pada manusia. Humanisme ini mengatakan manusia mempuyai kedudukan yang istimewa dan berkemampuan lebih dari mahluk lainya.

    ReplyDelete
  37. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Humanisme merupakan pikiran yang memfokuskan pada masalah-masalah dan isu-isu kemanusiaan. Pandangan ini berpedoman bahwa, kebebasan manusia itu ada dan perlu dipertahankan dan di expresikan. Dalam bidang pendidikan aliran ini berperan dalam mengembangkan kemampuan dan potensi belajar. Pihak guru dan siswa harus menjalin komunikasi yang baik untuk meningkatkan rasa saling peduli antar kedua belah pihak. Pembelajaran menggunakan teori humanistic berfokus pada pembentukan pribadi siswa, akhlak terputi serta perubahan sikap dari siswa. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  38. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Humanisme lebih melihat pada sisi perkembangan kepribadian manusia. Pendekatan ini melihat kejadian yaitu bagaimana manusia membangun dirinya untuk melakukan hal-hal yang positif. Kemampuan bertindak positif ini yang disebut sebagai potensi manusia dan para pendidik yang beraliran humanisme biasanya memfokuskan pengajarannya pada pembangunan kemampuan positif ini. Kemampuan positif disini erat kaitannya dengan pengembangan emosi positif yang terdapat dalam domain afektif. Emosi adalah karakterisitik yang sangat kuat yang nampak dari para pendidik beraliran humanisme.

    ReplyDelete
  39. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa humanisme adalah paham filsafat dan etik yang menekankan nilai manusia, baik secara individual maupun kolektif, dan biasanya lebih memilih pemikiran kritis dan bukti (rasionalisme dan empirisme) daripada menerima dogma atau takhayul.

    ReplyDelete
  40. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.Humanisme berasal dari kata humanitas yang kemudian diberi akhiran isme menjadi humanisme yang menunjukkan istilah aliran atau paham. Humanisme bisa diartikan sebagai paham di dalam aliran-aliran filsafat yang hendak menjunjung tinggi nilai dan martabat manusia, serta menjadikan manusia sebagai ukuran dari segenap penilaian, kejadian, dan gejala di atas muka bumi ini. Humanisme sekuler mencerminkan bangkitnya globalisme, teknologi, dan jatuhnya kekuasaan agama. Humanisme sekuler juga percaya pada martabat dan nilai seseorang dan kemampuan untuk memperoleh kesadaran diri melalui logika. Wassalamu’alaikum

    ReplyDelete
  41. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas, humanisme berasal dari bahasa Latin yang terdiri dari dua kata human dan isme. Human berarti manusia dan isme berarti aliran atau paham. Humanisme adalah paham atau aliran yang mengagungkan harkat dan martabat manusia sebagi pribadi yang agung, yang bernilai kemanusiaan, dan rasional.Paham ini menonjolkan kemampuan manusia dalam mempertahankan keeksistensiannya. Paham humanisme lebih melihat pada sisi perkembangan kepribadian manusia. Dari link (http://id.wikipedia.org/wiki/Humanisme) Humanisme adalah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Humanisme telah menjadi sejenis doktrin beretika yang cakupannya diperluas hingga mencapai seluruh etnisitas manusia, berlawanan dengan sistem-sistem beretika tradisonal yang hanya berlaku bagi kelompok-kelompok etnis tertentu.

    ReplyDelete
  42. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Menurut https://id.wikipedia.org/wiki/Humanisme, humanisme merupakan sebuah pemikiran filsafat yang mengedepankan nilai dan kedudukan manusia serta menjadikannya sebagai kriteri dalam segala hal. Menurut saya nilai dan kedudukan manusia memang penting dan dapat dijadikan kriteria dalam hal-hal yang terkait dengan interaksi dalam masyarakat. Tetapi dalam segi spirituaalm nilai dan kedudukan manusia tidak dapat dijadikan kriteria. Maka dari itu, sebagai manusia yang menjunjung spiritual kita harus dapat memilah kapan humanisme ini dapat kita guankan.

    ReplyDelete
  43. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Menurut beberapa referensi yang saya baca, humanism bisa diartikan pula dengan memanusiakan manusia. Humanisme merupakan gerakan kemanusiaan. Hal ini sesuai dengan pengertian meurut Ethichal Humanism yang mengatakan bahwa humanism adalah sebuah gerakan kemanusiaan yang secara luas memiliki perhatian khusus kepada perikemanusiaan, yang memperjuangkan kaum minoritas. Sehingga sikap saling menghargai, menghormati, dan toleransi sangat dijunjung dalam gerakan ini.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  44. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Humanisme tersebut berkedudukan sebagai satu pemikiran etis yang mempromosikan harkat, martabat, dan nilai-nilai kemanusiaan yang dalam perkembangannya telah menjadikan manusia sadar akan eksistensinya sebagai makhluk rohani, yang sekaligus juga menandaskan kembali tanggung jawabnya dalam kehidupan di dunia. Akibat pandangannya tentang manusia yang cukup optimis, humanisme telah berjasa mengembalikan harkat dan martabat manusia, menyadarkan potensinya dan menendaskan tanggung jawabnya dalam kehidupan.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  45. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Humanisme secara bahasa terdiri dari kata humanis dan isme. Human dalam bahasa indonesia diartikan sebagai manusia, dan isme mempunyai makna pusat. Jadi dapat dikatakan bahwa humanisme adalah sesuatu yang berpusat pada manusia. Dalam filsafat, humanisme diartikan sebagai sebuah pemikiran filsafat yang mengedepankan nilai dan kedudukan manusia serta menjadikannya sebagai kriteria dalam segala hal. Paham humanisme bertujuan untuk menghidupkan rasa perikemanusiaan dan mencita-citakan pergaulan hidup yang lebih baik.

    ReplyDelete
  46. Junianto
    PM C

    Humanisme adalah sikap filosofis dan etis yang menekankan nilai dan agensi manusia, secara individu dan kolektif, dan umumnya menyukai pemikiran dan bukti kritis (rasionalisme dan empirisisme) atas penerimaan dogma atau takhayul. Dari pengertian ini bisa dipahami bahwa bukti empiris dalam paham ini sangat diperlukan, sedangkan dogma atau takhayul menjadi hal yang masih perlu di kaji terkait dengan kebenarannya.

    ReplyDelete
  47. Latifah Fitriasari
    PM C

    Humanisme adalah sebuah pemikiran filsafat yang mengedepankan nilai dan kedudukan manusia serta menjadikannya sebagai kriteria dalam segala hal. Dalam khasanah intelektual, 'humanisme' sebagai istilah sering dipercakapkan dalam berbagai konteks, terutama konteks filsafat, pendidikan, dan kesusasteraan. Ini memperlihatkan bahwa sebagai istilah humanisme memperoleh sebaran pengaruh yang meluas.

    ReplyDelete
  48. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Humanisme merupakan salah satu hasil dari pergerakan Renaisance di Italia. Humanisme berasal dari latin, humanis; manusia, dan isme berarti paham atau aliran. Humanisme adalah paham filsafat yang menjunjung tinggi nilai dan kedudukan manusia atau dengan kata lain, humanisme menjadikan tabiat manusia beserta batas-batas dan kecenderungan alamiah manusia sebagai obyek. Manusia dengan segenap kebebasan memiliki potensi yang sangat besar dalam menjalankan kehidupan ini secara mandiri untuk mencapai keberhasilan hidup didunia. Menurut humanisme segala sesuatu ukuran penilaian dan referensi akhir dari semua kejadian manusiawi dikembalikan kepada manusia itu sendiri, bukan pada kekuatan-kekuatan diluar manusia

    ReplyDelete
  49. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Afeksi dan kebutuhan kognitif adalah kunci pembelajaran humanis, sementara goalnya adalah untuk membangun manusia yang dapat mengaktualisasikan diri dalam lingkungan yang kooperatif dan suportif. Setiap manusia adalah unik, memiliki potensi individual dan dorongan internal untuk berkembang dan menentukan perilakunya. Karena itu setiap diri manusia adalah bebas dan memiliki kecenderungan untuk tumbuh dan berkembang.

    ReplyDelete
  50. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Humanisme adalah sikap filosofis dan etis yang menekankan nilai dan agensi manusia, secara individu dan kolektif, dan umumnya menyukai pemikiran dan bukti kritis (rasionalisme dan empirisisme) atas penerimaan dogma atau takhayul. Umumnyahumanisme mengacu pada perspektif yang menegaskan pada beberapa gagasan tentang kebebasan dan kemajuan manusia.

    ReplyDelete
  51. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Humanisme adalah suatu term yang disandarkan kepada madzhab filsafat Pragmatisme yang dikembangkan oleh Charles S. Piece dan William James, yakni semenjak mereka memberikan interpretasi atas pragmatisme sebagai suatu madzhab yang berkeyakinan bahwa akhir (tujuan) manusia adalah aksi, dan semua upaya filosofis telah dihubungkan dengan manusia dan kemanusiaan. Sementara kata humanisme di pergunakan sebagai sebuah sistem tertentu bagi madzhab pragmatisme, meskipun dalam beberapa bagian, bertentangan dengan definisi dan semangat humanisme.

    ReplyDelete
  52. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Sikap kita sesama manusia memang seharusnya adalah saling menjaga kehormatan satu sama lain, atau bisa dibilang jangan selalu menebar aib orang lain. namun sekarang ini, aib seakan-akan bukan hal yang patut di simpan. Namun budaya orang-orang sekarang karena perkembangan zaman, mereka lebih sering membeberkan aib sana sini. Bahkan mereka yang sudah menikah pun masih sanggup dan tega menyebarkan aib sang pasangan. Sifat humanism selayaknya mulai ditanamkan kembali agar mereka mengetahui batasan-batasan untuk memberikan nasihat ke orang lain, yaitu bukan dengan menyebarkan aibnya agar mereka berubah.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  53. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Humanism adalah paham yang memandang dunia sebagai manusia yang merupakan pribadi yang luhur. Menjunjung tinggi kemanusiaan. Dari elegi di ats disebutkan ada 10 hal yang dapat dijadikan dasar penentuan apakah seseorang memiliki rasa humanisme atau tidak. Salah satu faktor penentunya pada akhirnya adalah apakah manusia tersebut memiliki hubungan dengan Tuhanatau tidak. Karena dengan memiliki hubungan dengan Tuhan maka akan menjalankan semua amalan-amalan yang dianjurkan, dan diperintahkan oleh Tuhan, yang nantinya juga berujung pada 10 hal tersebut.

    ReplyDelete
  54. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Humanisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa manusia dapat memahami dunia serta keseluruhan realita dengan menggunakan pengalaman dan nilai-nilai kemanusiaan bersama. Kita bisa hidup baik tanpa agama sekalipun. Para Humanis berusaha menciptakan yang terbaik bagi kehidupan dengan menciptakan makna dan tujuan bagi diri sendiri. Tokoh besar dari Humanisme adalah Erasmus dari Rotterdam, yang pernah bersahabat dengan Martin Luther.

    ReplyDelete
  55. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Menurut Budi Hardiman, humanisme adalah suatu paham yang menitikberatkan pada manusia, kemampuan kodratinya dan kehidupan duniawinya. Jadi paham humanisme ini menempatkan manusia sebagai mahluk yang unik dari makhluk lainnya, karena manusia memiliki kesadaran daripada yang lain. Sudah sepatutnya sebagai makhluk ciptaan Allah yang memiliki kelebihan atas akal dan pikiran yang telah diberikan-Nya, maka dengan bersyukur dan menggunakan akal dan pikiran sesuai dengan ruang dan waktunya serta beribadah dan berserah dirilah hanya kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  56. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Pengertian humanisme adalah pandangan yang menekankan martabat manusia dan kemampuannya. Menurut pandangan ini manusia bermartabat luhur, mampu menentukan nasib sendiri dan dengan kekuatan sendiri mampu mengembangkan diri dan memenuhi kepatuhan sendiri mampu mengembangkan diri dan memenuhi kepenuhan eksistensinya menjadi paripurna.

    ReplyDelete
  57. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Humanisme adalah aliran yang berfokus atau berhubungan dengan manusia. Humanisme mengacu pada perspektif yang menegaskan beberapa gagasan kebebasan dan kemajuan manusia. Humanisme percaya pada sikap semesta yang menganggap segala bentuk supranatural sebagai mitos.

    ReplyDelete
  58. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Humanism adalah sikap filosofis dan etis yang menekankan nilai dan agensi manusia, secara individu dan kolektif dan umumnya menyukai pemikiran dan bukti kritis (rasionalisme dan empirisisme) atas penerimaan dogma atau takhayul. Arti dari istilah humanisme telah berfluktuasi sesuai dengan gerakan intelektual berturut-turut yang telah mengidentifikasikannya. Umumnya, humanisme mengacu pada perspektif yang menegaskan beberapa gagasan tentang kebebasan dan kemajuan manusia. Di zaman modern, gerakan humanis biasanya adalah gerakan non-religius yang selaras dengan sekularisme dan saat ini humanisme biasanya mengacu pada sikap hidup nontheistik yang berpusat pada agensi manusia dan memandang ilmu pengetahuan daripada wahyu dari sumber supranatural untuk memahami dunia.

    ReplyDelete
  59. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Humanisme adalah suatu faham filsafat yang menjunjung tinggi nilai-nilai dan kedudukan manusia serta menjadikannya sebagai kriteria segala sesuatu. Humanisme mempunyai objek utama yaitu sifat hakiki manusia beserta batas-batas dan kecenderungan alamiahnya.

    ReplyDelete
  60. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Humanisme sebagai istilah dalam sejarah intelektual selalu menyoroti persoalan-persoalan kemanusiaan yang sering digunakan di dalam kajian bidang filsafat. Dua hal pokok di dalam peradaban Yunani Kuno yang menjadi sumber konsep humanisme adalah perkembangan pemikiran filsafat dari persoalan alam menuju pembicaraan soal-soal manusia dan konsep sebagai sistem pendidikan yang menjadi awal dari kesadaran intelektual manusia dan menjadi perenungan eksistensi manusia dalam bentuk daya nalarnya.

    ReplyDelete
  61. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb
    Humanisme adalah sebuah pemikiran filsafat yang mengedepankan nilai dan kedudukan manusia, dan menjadikannya sebagai pedoman dan prinsip dalam hidup. Orang dengan paham ini, memegang teguh dengan peraturan dan nilai nilai kebenaran. Humanisme ini mempunyai sifat sosialisme yang tinggi, dengan jiwa kemanusiaanya sehingga bersoisalisasi yang tinggi.

    ReplyDelete
  62. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Humanisme merupakan fungsi keseluruhan pribadi manusia yang melibatkan faktor intelektualdan emosional, motivasi belajar harus datang dari dalam diri anak itu sendiri. Proses belajar-mengajar menekankan pentingnya hubungan interperdonal, menerima siswa sebagai partisipan dalam proses belajar bersama. Pandangan utama aliran filsafat humanisme ini adalah proses pendidikan berpusat pada murid.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  63. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Pandangan utama aliran filsafat humanisme ini adalah proses pendidikan berpusat pada murid. Dalam hal ini peran guru dalam proses pendidikan sebagai fasilitator baik dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dan pembelajaran dalam konteks proses penemuan yang bersifat mandiri. Sehingga para guru humanistik ini mampu untuk mendorong para siswanya untuk belajar dan tumbuh.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  64. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Humanisme adalah cara pandang mengenai nilai-nilai pada diri manusia, pandangan mengenai penyelesaian dari permasalahan manusia, dan mengenai segala peristiwa-peristiwa terkait manusia. Terkait cara pandang ini, dibutuhkan pikiran yang kritis serta logika yang kuat, selain itu diperlukan nurani yang ikhlas agar menjadi humanis yang berguna bagi manusia.

    ReplyDelete
  65. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Menjadi manusia seutuhnya, salah satu caranya adalah melihat dan menyelesaikannya dengan cara yang manusiawi. Tanpa merugikan orang lain, tanpa menyakiti diri sendiri dengan pengambilan keputusan yang sebijaksana mungkin. Segala permasalahan selalu memiliki penyelesaian, tergantung bagaimana seorang manusia dapat melihatnya dan memahaminya.

    ReplyDelete
  66. Gandes Sih Mustika
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241015

    Humanisme adalah sikap filosofis dan etis yang menekankan nilai dan agensi manusia, secara individu dan kolektif, dan umumnya menyukai pemikiran dan bukti kritis (rasionalisme, empirisisme). Humanisme modern dibagi kepada dua aliran. Humanisme keagamaan/religi yang berasal dari tradisi Renaisans-Pencerahan dan diikuti banyak seniman, umat Kristen garis tengah, dan para cendekiawan dalam kesenian bebas. Pandangan mereka biasanya terfokus pada martabat dan kebudiluhuran dari keberhasilan serta kemungkinan yang dihasilkan umat manusia. Dan humanisme sekuler yang mencerminkan bangkitnya globalisme, teknologi, dan jatuhnya kekuasaan agama. Humanisme sekuler juga percaya pada martabat dan nilai seseorang dan kemampuan untuk memperoleh kesadaran diri melalui logika. Orang-orang yang masuk dalam kategori ini menganggap bahwa mereka merupakan jawaban atas perlunya sebuah filsafat umum yang tidak dibatasi perbedaan kebudayaan yang diakibatkan adat-istiadat dan agama setempat.

    ReplyDelete