Dec 3, 2012

PHILOSOPHY OF SCIENCE (Filsafat Sain)





Ass Wr Wb
Terlebih untuk Mahasiswa program S2 PSn, referensi berikut sangat penting untuk didalami:


Wss Wr Wb
Marsigit




29 comments:

  1. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Saya mengutip salah satu kalimat yang disampaikan pada salah satu link di atas, yaitu "Filsafat Ilmu adalah cabang filsafat formal yang didedikasikan untuk pertanyaan tentang sains dan metode ilmiah". Dari kalimat tersebut dapat kita ketahui bahwa filsafat sains itu merupakan salah satu pembentuk dalam ilmu sains dan menjelaskan bagaimana sains itu bekerja dalam kehidupan manusia. Selain itu dengan filsafat sains ini kita dapat mengetahui bagaimana cabang-cabang dari sains, seperti fisika, biologi dan kimia dalam membentuk pengetahuan manusia mengenai sains.

    ReplyDelete
  2. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Ternyata filsafat diperlukan di berbagai macam ilmu. Segala sesuatu yang dipelajari akan lebih bermakna apabila mempelajari juga filosofinya. Dalam sains pun diperlukan filsafat sains. Filsafat sains merupakan cabang filsafat yang mempelajari tentang metode, pondasi, dan implikasi sains. Dalam mempelajari sains diperlukan pemahaman mendalam tentang metode yang digunakan, manfaat yang dapat diambil dari sains dan dasar-dasar dalam sains. Semua itu perlu dipahami dengan filsafat sains. untuk mengetahui keunikan dan perbedaan sains dengan yang lainnya juga diperlukan filsafat sains.

    ReplyDelete
  3. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Filsafat sains dapat dimaknai sebagai bidang filsafat yang memahami fondasi, metode, dan implikasi dari sains. Biasanya, dalam filsafat sains banyak membahas tentang pengujian-pengujian ilmiah apakah sebuah temuan dapat dikatakan sebagai sains. Filsafat sains memiliki beberapa cabang seperti filsafat matematika, filsafat statistik, filsafat kimia, filsafat fisika, filsafat biologi dan lain-lain. Namun, dalam bidang biologi dan psikologi mengeksplorasi apakah studi ilmiah tentang sifat manusia dapat mencapai objektivitas atau pasti dibentuk oleh nilai dan oleh hubungan sosial yang pada akhirnya jatuh kepada pembuktian sains itu sendiri.

    ReplyDelete
  4. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Filsafat memegang peranan yang pentin dalam segala aspek kehidupan karena dalam filsafat kita akan menemuhi berbagai pendangan – pandangan yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah dan intelektual. filsafat sains merupakan cabang filsafat yang mempelajari tentang metode, pondasi, dan implikasi sains, selain itu filsafat dalam sains mengarahkan untuk menemukan bagaimana pengetahuan itu sebagaimana adanya, tidak mengada-ada dan selalu berusaha melakukan inovasi. Terima Kasih

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Filsafat dan ilmu adalah dua kata yang saling terkait, baik secara substansial maupun historis karena kelahiran ilmu tidak lepas dari peranan filsafat, sebaliknya perkembangan ilmu memperkuat keberadaan filsafat. Dari kalimat tersebut dapat dikatakan bahwa filsafat tidak hanya terkaitdengan matematika saja namun juga dengan ilmu, sehingga filsafat itu terkait dengan banyak hal. Filsafat memberikan keinginan bagi perkembangan dan kemajuan ilmu serta nilai nilai moral yang terkandungnya untuk berkembang.

    ReplyDelete
  7. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Dalam salah satu sumber dari link tersebut saya dapatkan tentang Filsafat Ilmu, yaitu cabang filsafat formal yang didedikasikan untuk pertanyaan tentang sains dan metode ilmiah. Ini bukan usaha untuk "melakukan" sains, tapi untuk bertanya tentang mengapa dan bagaimana sains dilakukan dan mengapa ini bisa menjadi metode yang baik. Ini juga berkaitan dengan sifat pengetahuan - apa yang membentuk pengetahuan dan bagaimana hal itu mempengaruhi sains.

    Dalam pengertian praktis, "filosofi sains hampir identik dengan metode ilmiah - ini adalah filosofi dan cita-cita yang para ilmuwan pegang dan mereka percaya seharusnya dianggap.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Ilmu filsafat ternyata berhubungan dengan ilmu-ilmu sains seperti matematika, kimia, biologi, dan fisika. Menurut artikel tersebut filsafat sains mempunyai dua arti yaitu filsafat sains dimaknai sebagai metode ilmiah dan yang kedua filsafat sains dimaknai sebagai pertanyaan filosofis yang dijawab oleh penemuan ilmiah. Metode ilmiah dan penemuan ilmiah adalah proses dan hasil dari berpikir (berfilsafat).

    ReplyDelete
  10. Junianto
    PM C

    Filsafat ilmu merupakan cabang filsafat yang digunakan sebagai salah satu metode ilmiah untuk menemukan sebuah sains/ ilmu baru. Dalam filsafat ilmu dikenal istilah ontologi, epistimologi dan aksiologi. Ketiga istilah ini menjadi pedoman dalam melakukan riset ilmiah agar riset menjadi kredibel dan diakui. Dengan adanya metode ini maka akan dihasilkan ilmu-ilmu baru yang akan menjadi sumber belajar dalam dunia sains dan pendidikan.

    ReplyDelete
  11. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Cara berpikir menurut filsafat sesuai dengan cara berpikir sains, yaitu disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu dibidang (pengetahuan) itu dan bersifat koheren, empiris, sistematis, dapat diukur dan dibuktikan. Sains merupakan suatu metode berpikir secara objektif. Tujuannya menggambarkan dan memberi makana pada dunia yang faktual. Sains adalah gambaran yang lengkap dan konsisten tentang berbagai fakta pengalaman dalam suatu hubungan yang mungkin paling sederhana (simple possible terms). Perkembangan kajian terkait dengan masalah empiris menimbulkan spesialisasi keilmuan dan menghasilkan kegunaan praktis. Sehingga, filsafat sains merupakan disiplin ilmu yang digunakan sebagai kerangka dasar/landasan berpikir bagi proses keilmuan. Seorang ilmuwan yang mampu berfikir filsafati, diharapkan bisa mendalami unsur-unsur pokok dari ilmu yang ditekuninya secara menyeluruh sehingga bisa memahami sumber, hakikat dan tujuan dari ilmu yang dikembangkannya, termasuk manfaatnya bagi pengembangan masyarakatnya.

    ReplyDelete
  12. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPS PM C

    Filsafat sains merupakan salah satu bagian dari filsafat yang mempelajari tentang sains atau ilmu pengetahuan. Dalam https://simple.wikipedia.org/wiki/Philosophy_of_science dijelaskan bahwa filsuf yang tertarik dengan sains, mempelajari bagaimana pengetahuan tentang sains dibangun oleh para scientist atau ilmuan, dan apa yang membuat sains berbeda dengan aktivitas yang lain. Hal ini menyiratkan bahwa adanya ilmu filsafat sains adalah karena ada filsuf yang memiliki ketertarikan dengan sains. Hal ini sekiranya berlaku juga dalam ilmu-ilmu yang lain bahwa suatu ilmu ada karena adanya seseorang yang memiliki ketertarikan dengan ilmu tersebut. Maka ilmu itu dibangun dari rasa ingin tahu, dari berpikir kritis.

    ReplyDelete
  13. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Filsafat ilmu merupakan bagian dari filsafat yang menjawab beberapa pertanyaan mengenai hakikat ilmu. Pada bidang ini mempelajari mengenai dasar-dasar filsafat, asumsi dan implikasi dari ilmu, di dalamnya antara termasuk ilmu alam dan ilmu sosial. Di sini, filsafat ilmu sangat berkaitan erat dengan epistemologi dan ontologi.

    ReplyDelete
  14. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Filsafat merupakan dasar dari semua ilmu. Filsafat sains digunakan sebagai dasardan landasa berpikir dalam mempelajari ilmu sains. Seorang ilmuwan yang mampu berfikir filsafati, diharapkan bisa mendalami unsur-unsur pokok dari ilmu yang ditekuninya secara menyeluruh sehingga bisa memahami sumber, hakikat dan tujuan dari ilmu yang dikembangkannya.

    ReplyDelete
  15. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Filsafat sains merupakan sub bidang filsafat yang berkaitan dengan fondasi, metode, dan implikasi sains. Filsafat sains mengungkapkan apa saja yang memenuhi syarat sebagai sains, keandalan teori ilmiah, dan tujuan akhir sains. Filsafat sains ini berhubungan dengan metafisika, ontologi, dan epistemologi. Hal ini menunjukan bahwa filsafat dapat masuk ke berbagai disiplin ilmu apa saja. Filsafat akan meluaskan suatu pemahaman dan memandang sesuatu tidak dari satu sisi saja.

    ReplyDelete
  16. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Filsafat sains adalah bidang sains yang mempelajari dasar-dasar filsafat, asumsi, dan implikasi dari sains, yang termasuk di dalamnya antara lain sains alam dan sains sosial. Di sini, filsafat sains sangat berkaitan erat dengan epistemologi dan ontologi. Menurut Lewis White Beck, filsafat sains membahas dan mengevaluasi metode-metode pemikiran ilmiah serta mencoba menemukan dan pentingnya upaya ilmiah sebagai suatu keseluruhan.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  17. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Filsafat sains adalah bidang sains yang mempelajari dasar-dasar filsafat, asumsi dan implikasi dari sains, yang termasuk di dalamnya antara lain sains alam dan sains sosial. Di sini, filsafat sains sangat berkaitan erat dengan epistemologi dan ontologi. Menurut Robert Ackerman Filsafat sains dalam suatu segi adalah suatu tinjauan kritis tentang pendapat-pendapat ilmiah dewasa ini dengan perbandingan terhadap kriteria-kriteria yang dikembangkan dari pendapat-pendapat demikian itu, tetapi filsafat sains jelas bukan suatu kemandirian cabang sains dari praktek ilmiah secara aktual.

    ReplyDelete
  18. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Filsafat sains adalah sub bidang filsafat yang berkaitan dengan fondasi, metode, dan implikasi sains. Bagi para filsuf sebenarnya tidak ada konsensus tentang masalah utama yang berkaitan dengan filsafat sains termasuk apakah sains dapat mengungkapkan kebenaran tentang hal-hal yang tidak dapat diamati dan apakah penalaran ilmiah dapat dibenarkan. Selain pertanyaan umum tentang sains secara keseluruhan, filsuf sains juga mempertimbangkan masalah yang diterapkan pada ilmu sains tertentu (seperti biologi atau fisika). Beberapa filsuf sains juga menggunakan hasil kontemporer dalam sains untuk mencapai kesimpulan tentang filsafat itu sendiri.

    ReplyDelete
  19. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    ari berbagai referensi, secara sederhana saya dapat mengatakan bahwa sains dan filsafat sudah sejak dari zaman awal memiliki hubungan yang sangat erat. Dalam berfilsafat berarti kita mencoba untuk menanyakan atau mengetahui asal usul atau dasar dari segala yang terjadi, atau induk dari setiap ilmu pengetahuan. Sementara itu Sains adalah cara atau metode berpikir secara objektif. Tujuannya menggambarkan dan memberi makana pada dunia yang faktual. Sains adalah gambaran yang lengkap dan konsisten tentang berbagai fakta pengalaman dalam suatu hubungan yang mungkin paling sederhana.

    ReplyDelete
  20. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Filsafat sains sebenarnya secara umum digunakan untuk menelaah atau membahas ilmu sains, baik itu secara berurutan atau sistematis dan secara khusus digunakan untuk menelaah metode yang akan digunakan dalam pembelajaran, konsep yang ada di dalam pembelajaran, dan lain sebagainya. Filsafat sains disini memberikan pengetahuan yang kompleks mengenai sains kepada para pendidik sehingga mereka akan memahami bahwa sains itu bukan seperti apa yang mereka ketahui, namun masih banyak yang harus diketahui untuk mengetahui Sains yang sesungguhnya dari luar sains.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  21. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Filsafat sains merupakan filsafat yang berhubungan dengan ilmu bidang sains. Seperti matematika, kimia, fisika dan biologi. Bagaimana seorang atau sekelompok ilmuwan yang menghadirkan dan membangun pengetahuan tentang sains. Tidak hanya di bidang sains, sebenarnya filsafat juga membahas segala aspek kehidupan. Hal ini menandakan bahwa filsafat sangat luas dan bisa memaknai kehidupan.

    ReplyDelete
  22. . Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Filsafat sains adalah salah satu filsafat yang dikaitkan dengan bidang yang lain yaitu sains. Filsafat sains menggambarkan hakikat sains ditinjau dari sisi ontologis, epistemologis, dan aksiologis. Filsafat sains memandang aspek-aspek apa saja yang menjadi kriteria sehingga disebut dalam ilmu sains. Filsafat sains juga mengkaitkan antara sains dan substansi ilmu-ilmu yang lain.

    ReplyDelete
  23. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Filsafat dan Sains memiliki kesamaan, dimana keduanya sama-sama merupakan hasil ciptaan kegiatan pikiran manusia, yaitu berpikir filosofis spekulatif dan berpikir empiris ilmiah. Perbedaan antara keduanya, terutama untuk aliran filsafat pendidikan tradisional adalah bahwa filsafat menentukan tujuan dan sains memberikan alat sarana untuk hidup.

    ReplyDelete
  24. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Prasyarat untuk pengetahuan alam menurut Kant, menerapkan konsep ruang dan waktu sebagai bentuk intuisi yang masuk akal adalah kondisi yang yang diperlukan untuk persepsi apapun. Selain itu, pengetahuan ilmiah mensyaratkan bahwa pengalaman tidak hanya harus dipahami namun juga harus masuk akal.

    ReplyDelete
  25. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Kant juga mengatakan bahwa karena relativitas ruang, setiap gerakan dapat dilihat secara sewenang-wenang baik sebagai gerakan tubuh dalam ruang saat istirahat atau sebagian tubuh dalam keadaan istirahat di ruang yang bergerak dalam arah yang berlawanan namun dengan kecepatan yang sama. Dalam Sains semua hal yang terjadi haruslah masuk akal dan dapat diberikan penjelasannya.

    ReplyDelete
  26. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Hubungan antara sains dan filsafat sangat dekat sehingga beberapa ilmu pengetahuan tertentu, khususnya cabang-cabang yang lebih umum, seperti matematika, fisika, kimia, biologi dan psikologi sangat diperlukan dalam filsafat. The Liang Gie (1987) memberikan pengertian ilmu adalah rangkaian penelaahan yang mencari penjelasan suatu metode untuk memperoleh pemahaman secara rasional empiris mengenai dunia ini dalam berbagai seginya, dan keseluruhan pengetahuan sistematis yang menjelaskan berbagai gejala yang ingin dimengerti manusia. erkembangan ilmu pengetahuan merupakan salah satu prestasi besar dari pikiran manusia.

    ReplyDelete
  27. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Sains itu termasuk salah satu ilmu. Sains yaitu ilmu pengetahauan yang bersifat koheran, empiris, sistematis, dapat diukur dan dapat dibuktikan. Sedangkan filsafat itu cakupannya lebih luas dari pada ilmu, karena filsafat merupakan dasar dari semua disiplin ilmu. Oleh karena itu, filsafat sains adalah salah satu cabang ilmu filsafat yang mengkaji tentang dasar- dasar, metode dan implikasi sains. Terimaksih

    ReplyDelete
  28. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Sains berarti ilmu, yaitu pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu dibidang (pengetahuan) itu dan bersifat koheren, empiris, sistematis, dapat diukur dan dibuktikan. Filsafat adalah suatu oalh fikir para filsuf dengan sudut pandang masing masing filsuf. Jadi, filsafat sains adalah suatu olah fikir para filsuf mengenai pengetahuan dibidang sains. Sudut pandang seputar sains.

    ReplyDelete
  29. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    Sains merupakan ilmu murni yang sangat membantu kehidupan di dunia. banyak fenomena alam yang terungkap serta teknologi canggih yang mampu diciptakan berkat pengetahuan tentang sains. dari referensi yang saya baca, ternyata dulu keberadaan sains sempat diperdebatkan oleh para filsuf. Ada yang menganggap bahwa sains tidak lain hanyalah akal sehat yang terorganisir, ada juga yang berpandangan bahwa sains didasarkan pada pengamatan dan kebenarannta dicapai dengan verifikasi. begitu bqanyak proses yang dilalui, pemikiran para filsuf sehingga sains mengalami kemajuan saat ini.

    ReplyDelete