Dec 2, 2012

ABSOLUTISM





Ass Wr Wb
Jika ingin mendalami ABSOLUTISM, silahkan konek:




Wss Wr Wb
Marsigit

31 comments:

  1. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Absolutisme berasal dari dasar kata absolut yang artinya mutlak merupakan paham yang percaya bahwa segala sesuatu yang ada itu memiliki sifat mutlak dan universal. Secara filsafat, pembahasan absolutisme dikaitkan dengan moral, maksudnya paham etika yang menekankan bahwa prinsip moral itu universal, berlaku untuk siapa saja, dan di mana saja. Tidak ada tawar menawar dalam prinsip ini, juga tidak tergantung pada adanya kondisi yang membuat prinsip moral dapat berubah.

    ReplyDelete
  2. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Absolut dapat diartikan sebagai sempurna, lengkap, bulat, berdiri sendiri atau sesuatu yang tidak terikat, bebas, mutlak atau terlepas dari sesuatu hal lainnya. Absolutisme berkaitan dengan keyakinan bahwa hanya ada satu penjelasan obyektif yang tepat dan tidak berubah tentang realitas yang ada. Hal ini berarti apa yang telah ada dalam realita tidak membutuhkan hal lain untuk menjadi sempurna. Ajaran absolutisme jika ditinjau dari sumbernya bermula dari dua macam ajaran yaitu helenisme dan semitisme. Helenisme mengajarkan bahwa kebenaran dan kepastian yang bersifat mutlak berasal dari akal manusia sedangkan semitisme berpendapat bahwa kebenaran mutlak berasal dari Tuhan

    ReplyDelete
  3. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Absolutisme berasal dari dasar kata absolut yang artinya mutlak. Absolutisme merupakan paham yang berpandangan bahwa segala sesuatu yang ada itu memiliki sifat mutlak dan universal. Kebenaran nilai atau realitas secara obyektif nyata, final, dan abadi. Absolutisme berlawanan dengan relativisme dan subyektifisme, yaitu hanya ada satu penjelasan obyektif yang tepat dan tidak berubah tentang realitas. Dalam teori politik, absolutisme merupakan rezim yang berkuasa secara mutlak. Orang-orang dituntut untuk setia terhadap penguasa.

    ReplyDelete
  4. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Absolutisme menurut KBBI ialah bentuk pemerintahan tanpa undang-undang dasar; bentuk pemerintahan dengan semua kekuasaan terletak di tangan penguasa (raja, kaisar, diktator, dan sebagainya). Absolutisme berasal dari kata absolute yang artinya mutlak merupakan prinsip yang percaya bahwa segala sesuatu yang ada itu memiliki sifat mutlak dan universal, dengan ini berarti absolutisme tidak ada tawar menawar, dalam prinsip ini juga tidak bergantung pada adanya kondisi yang membuat prinsip moral dapat berubah.

    ReplyDelete
  5. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Absolitism merupakan paham kemutlakan kebenaran suatu hal/proses. Paham ini banyak dianut dalam suatu pemerintahan masa lampau dimana kekuasaan dan kebenaran mutlak terdapat pada satu sumber yaitu raja. Berbagai macam kerajaan memberikan kuasa mutlak tanpa adanya peraturan resmi dalam penilaian benar atau salah. Mulai terdapat pergeseran seiring dengan perkembangan jaman, absolutism pada pemerintahan pun mulai meluntur.
    Dewasa ini absolutism dianut sebagai suatu bentuk pengabdian seorang manusia terhadap penciptanya. Agama menjadi sebuah sektor yang selalu dipahami dengan absolutism karena memang nilai kemutlakan melekat pada sektor ini. Ilmu manusia yang terbatas membuat manusia tidak dapat menjangkau spiritual, sedikit dari sekian banyak tanda yang kita ketahui dapat menjadikan dasar pengambilan kesimpulan bahwa agama merupakan sesuatu yang absolut.

    ReplyDelete
  6. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, absolutisme adalah suatu model pemerintahan yang kekuasaan tunggalnya dipegang oleh pemimpin atau kerajaan dan dilakukan secara absolute otorier. Pengertian lain dari absolutisme juga adalah suatu system pemerintahan yang memusatkan semua kekuasaan di satu tangan secara mutlak. Dari pengertiannya saya berfikir bahwa hal ini ada sangkut pautnya pada sistem kerajaan. Memang ada segi positifnya, tidak seperti sistem negara indonesia sekarang yang semakin merosot, politik demokrasi atau kebebasan berbicara membuat apa yang dibicarakan tidak diperhitungkan etikanya. Kekuasaan menjadi rebutan, sedangkan rakyat tidak diperhatikan. Ingat, kekuasaan yang Absolut hanya milik Allah Subhanahuwata'ala, jadi untuk apa berebut kekuasaan dengan saling menjatuhkan. Semoga kedepannya akan ada kesadaran dan hidayah dari diri mereka semua. Aamiin

    ReplyDelete
  7. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Absolutism berasal dari kata absolut yang berarti mutlak. Absolutism adalah aliran filsafat yang memusatkan kekuasaan secara mutlak, artinya tidak dibatasi dengan suatu aturan. Hal ini menyebabkan kaum yang berada dibawah kaum yang memiliki kekuasaan harus tunduk. Absolutism menimbulkan adanya keotoriteran akan kekuasaan.

    ReplyDelete
  8. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Paham absolutisme merupakan paham dengan prinsip moral yang tetap walaupun terdapat perubahan kondisi yang membuat prinsip moral tersebut dapat berubah. Sebagai contoh, absolutisme di Negara Eropa menggambarkan suatu bentuk kekuasaan monarki yang tak terkendali oleh semua lembaga-lembaga lain. Hal ini menyebabkan pemerintahan yang otoriter

    ReplyDelete
  9. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Absolutisme secara epistemologi berasal dari kata berbahasa Inggris, yaitu absolute dan jika dari bahasa Latin berasal dari kata absolutus yang secara harafiah dapat diartikan terlepas dari atau bebas dari.Kata Latin absolutus berarti pula yang sempurna atau lengkap.Dalam pengertian ini, jika sesuatu dikatakan absolut maka sesuatu itu tidak lagi membutuhkan yang lain untuk menjadi sempurna. Absolutisme dapat diartikan sebagai pandangan bahwa kebenaran nilai atau realitas secara obyektif nyata, final dan abadi, dan masih banyak lagi pendapat mengenai pengertian dari absolutisme.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  10. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Absolutisme memiliki pengertian yang menekankan pada dua ranah, yaitu ranah moral dan politik. Jika dalam moral menekankan pada ada sistem yang berlaku universal sedangkan dalam politik absolutisme dapat diartikan sebagai suatu model pemerintahan yang kekuasaan tunggalnya dipegang oleh pemimpin atau kerajaan dan dilakukan secara absolute otorier. Pengertian lain dari absolutisme juga adalah suatu sistem pemerintahan yang memusatkan semua kekuasaan di satu tangan secara mutlak.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  11. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Absolut artinya mutlak, sempurna dan lengkap. Tidak membutuhkan yang lain karena sudah lengkap atau sempurna. Aliran ini menjelaskan satu penjelasan objektif yang tepat, sempurna dan tidak berubah. Dalam Islam, yang absolut adalah Allah SWT. Allah yang menciptakan alam semesta dan tidak ada kontradiksi. Allah absolut dan sempurna. Aboluf itu pasti, bahwa Allah maha merajai alam semestai ini adalah pasti.

    ReplyDelete
  12. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Absolutism atau absolutism ialah kebenaran nilai atau realistas secara objektif, nyata, final dan abadi. Sedangkan arti lain dari absolutism ialah keyakinan bahwa hanya ada satu penjelasan obyektif yang tepat dan tidak berubah tentang realitas. Di samping itu absolutism ini dapat dikategorikan dalam beberapa hal seperti kepermerintahan, moral, metafisika, dantopik-topik lain dalam filsafat. Absolutism menggambarkan bahwa tidak ada zat yang abadi di dunia, karena yang abadi hanyalah Allah SWT.

    ReplyDelete
  13. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Absolutisme berasal dari kata berbahasa Inggris absolute dan berbahasa latin Absolutus. Kata absolutus merupakan bentuk partisipium perfek dari kata absolvere. Kata latin absolutus berarti pula yang sempurna atau lengkap. Dalam pengertian ini, bila sesuatu dikatakan absolut berarti sesutau itu tidak membutuhkan yang lain untuk menjadi sempurna. Alasannya, sesuatu itu sudah sempurna dari dirinya sendiri. Dalam arti kata, absolut berlawanan dengan relative, artinya tidak mempunyai relasi apa-apa tentang yang lain.

    ReplyDelete
  14. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Berdasarkan dari berbagai referensi, dapat disimpulkan bahwa absolutism merupakan suatu pandangan atau keyakinan bahwa hanya terdapat satu yang tepat berkuasa mutlak abadi dan tidak berubah tentang realitas sehingga orang dituntut untuk setia dengan penguasa atau kelas tersebut yang dikenal sebagai Sang Absolut.

    ReplyDelete
  15. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Absolutisme adalah pandangan bahwa kebenaran nilai atau realitas secara obyektif nyata, final dan abadi. orang dituntut untuk setia dengan seorang penguasa atau klas yang berkuasa tanpa mempersoalkannya. Pandangan absolutisme menganggap bahwa terdapat suatu keputusan atau sesuatu hal yang mutlak.

    ReplyDelete
  16. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Absolutism merujuk pada pemerintahan seperti absolutisme monarki, enlightened absolutism, dan autokrasi. Sedangkan ditinaju dari segi filsafat yaitu sebagai morality yang didalamnya ada moral absolutism dan graded absolutism. Secara filsafat absolutism dipandang sebagai realitas objektif dan tanpa syarat dikatakan untuk mendasari objek yang dirasakan. Terimakasih

    ReplyDelete
  17. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Berkaitan dengan matematika, dalam pandangan absolutisme, pengetahuan matematika adalah bahwa hal itu terdiri dari kebenaran tertentu dan unchallengeable (tidak dapat ditantang), pengetahuan matematika adalah kebenaran yang mutlak. Meskipun berbagai macam absolutisme telah dikelompokkan dan menjadi objek kritik bersama, ada bentuk-bentuk absolutisme yang berbeda dalam matematika. Menyamakannya dengan filsafat sains, seorang tokoh bernama Confrey memisahkan absolute formal dengan absolute progresif dalam filsafat matematika. Absolutis progresif yang lebih memandang (dari sudut pandang aliran absolutis) matematika sebagai akibat dari upaya manusia untuk mencari kebenaran daripada hasilnya. Filsafat absolut progresif menggambarkan bahwa dalam matematika terdapat absolutis progresif, yang mana memandang bahwa ilmu matematika didapatkan dari kerja keras manusia yang bersifat progress dalam mencari kebenaran dalam matematika tersebut. Dan yang mana disebutkan bahwa kebenaran tersebut lebih berbasis upaya atau usaha atau proses daripada hasil.

    ReplyDelete
  18. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Secara filsaat, realitas objektif dan tanpa syarat mendasari adanya suatu objek. Absolutisem merupakan aliran yang merujuk pada klaim bahwa ada sistem moral atau aturan yang berlaku secara universal, yang berlaku untuk semua orang. Konsep absolute ini bisa menimbulkan masalah khusus untuk berekspresi dalam kata-kata, puisi, mitologi, dan seni. Penulis, pelukis, pendongeng, pembuat film sering menggunakan paradoks atau kontradiksi karena "aspek kontradiktif dari realitas".

    ReplyDelete
  19. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Absolutisme memiliki beberapa pengertian yang berbeda-beda. Absolutisme merupakan suatu paham yang berpendapat bahwa kekuasaan tidak perlu dibatasi dengan peraturan yang mengikat. Disisi lain absolutisme bertentangan dengan relativisme moral karena menanyakan prinsip-prinsip moral universal yang berlaku. Dalam sistem pemerintahan yang bersifat absolut memiliki pandangan bahwa pemimpin yang berkuasa memiliki kekuasaan dan wewenangnya tidak terbatas atau bersifat mutlak.

    ReplyDelete
  20. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Absolutism atau Absolutisme berasal dari kata ‘absolute’ yang berarti mutlak. Absolutisme sendiri berhubungan dengan moral dan politik. Dimana absolutism mengklaim bahwa adanya sistem moral yang berlaku untuk semua orang secara universal. Dalam hal politik lebih mengacu kepada bahwa kekuasaan pemerintah adalah hal yang mutlak, tidak tunduk kepada hukum.

    ReplyDelete
  21. Jefrri Mailool
    PEP 18701261002

    Idealisme absolut adalah filsafat ontologis monistik "terutama terkait dengan Friedrich Schelling dan G. W. F. Hegel, keduanya filsuf idealis Jerman abad ke-19, Josiah Royce, seorang filsuf Amerika, dan yang lainnya, tetapi, pada intinya, produk dari Hegel".

    ReplyDelete
  22. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Absolutisme berarti mutlak. Absolutisme dalam matematika mungkin menjadi kebenaran yang mutlak.

    ReplyDelete
  23. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Absolutisme dalam filsafat moral merujuk pada suatu keadaan di mana terdapat satu moral universal yang berlaku untuk semua orang tanpa terkecuali. Misalnya, larangan membunuh sesama manusia, larangan mencuri, dsb. Menurut pandangan absolutisme, membunuh manusia adalah tindakan salah sekalipun tujuannya untuk melindungi diri sendiri. Begitupun mencuri adalah sesuatu yang salah walaupun mencuri dari orang kaya yang kikir dan hasil curiannya diberikan kepada orang miskin. Dalam konteks pemeritahan, absolutisme merujuk pada konsep kekuasaan mutlak pemerintah/raja yang menolak adanya campur tangan pihak-pihak lain dalam pemerintahan.

    ReplyDelete
  24. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Istilah 'absolutisme' memiliki konotasi moral dan politik. Dalam hal moralitas, 'absolutisme' mengacu pada setidaknya dua doktrin yang berbeda. Pertama, absolutisme dapat merujuk pada klaim bahwa ada sistem moral berlaku secara universal artinya untuk semua orang entah disadari atau tidak. Kedua, absolutisme dapat merujuk pada klaim bahwa aturan atau prinsip moral tidak mengakui pengecualian. Filsuf Immanuel Kant, misalnya, adalah seorang yang dikategorikan absolut. Sedangkan dalam hal politik, 'absolutisme' mengacu pada jenis pemerintahan di mana kekuasaan penguasa absolut, yaitu, tidak tunduk pada hukum apa pun.
    Harapan saya bahwa dengan teori absolut kita dapat belajar untuk selalu positif dan bersikap absolut dalam segala aspek kehidupan.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  25. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, terimakasih bapak atas informasinya. Absolutism memandang bahwa kebenaran nilai atau realitas secara obyektif nyata, final dan abadi. keyakinan atau kebenaran tersebut hanya ada satu penjelasan obyektif yang tepat dan tidak berubah tentang realitas. Dapat juga dimaknai rezim yang mutlak, absolutisme dalam metafisika mengenai Sang Absolut khususnya mengenai filsafat. Sesuatu yang bernilai mutlak adalah sesuatu yang ditetapkan oleh Allah subhanawataala yang sifat dan kuasaNya absolut. Terimakasih.

    ReplyDelete
  26. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Absolutism mennyatakan adanya system yang diterapkan pada semua orang dan tidak terikat atau terpengaruh dengan kondisi atau keadaan dan bersifat objektif. Selain itu absolutism juga dapat mengacu pada peraturan atau prinsip prinsip yang tidak boleh dilanggar dalam keadaan apapun (bersifat absolut). Salah satu contoh dari absolutism adalah berbohong, berbohong merupakan hal yang tidak diperbolehkan dalam keadaan apapun. Contoh lain dalam bidang hokum adalah seseorang mencuri karena kelaparan, orang tersebut tetap salah karena telah mencuri tidak pedulu alasannya.

    ReplyDelete
  27. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 PMD 2019 D

    berdasarkan aritkel diatas dapat disimpulkan bahwa absolutism berasal dari kata absolut atau mutlak. Absolutism berkaitan dengan moral dan politik. sebagaimana absolutisme dapat diartikan sebagai suatu keadaan sistem moral yang berlaku secara universal. Sebenar-benar Absolutisme hanya milik Allah SWT. hanya sistem Allah SWT yang bersifat mutlak dan tidak ada yang dapat mengubahnya selain Allah SWT itu sendiri. Dialah yang Maha Kuasa dari apa yang ada di Alam semesta ini.

    ReplyDelete
  28. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    19709251073

    Absolutism merupakan aliran yang menyatakan pandangan bahwa kebenaran suatu ilmu itu mutlak adanya. Mutlak artinya benar tidak terbantahkan lagi kebenarannya. Dalam kehidupan manusia, yang memiliki sifat absolut hanyalah Tuhan semesta alam.

    ReplyDelete
  29. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Secara etimologi absolutisme berasal dari bahasa Inggris yaitu absolutism yang terdiri dari dua kata absolute dan isme. Sedangkan dalam bahasa latin yaitu absolutus. Kata absolutus merupakan bentuk partisipium perfek dari kata absolvere. Kata kerja absolvere merupakan penggabungan dua akata “ab” yang berarti “dari” dan “solvere” yang berarti “membebaskan”, “menyelesaikan”. Absolut secara harfiah berarti “terlepas dari”, “bebas dari”. Kata latin absolutus berarti pula “yang sempurna” atau “lengkap”. Dalam pengertian ini, bila sesuatu disebut absolut, berarti sesuatu itu tidak membutuhkan yang lain untuk menjadi sempurna. Alasannya, sesuatu itu sudah sempurna dari dirinya sendiri. Dalam arti kata, absolut berlawanan dengan relatif, artinya tidak mempunyai relasi apa-apa tentang yang lain. Sehubungan dengan ini, istilah ini mempunyai arti: tertentu, pasti; mandiri, lengkap, total. Sedangkan secara terminologi, absolut dan absolutisme mempunyai banyak pengertian yang harus disesuaikan dengan tempat penggunaannya.

    ReplyDelete
  30. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pend matematika D 2019

    Absolutisme memiliki beberapa pengertian yang dapat dibagi menjadi 4 pengertian. Pertama, absolutisme adalah pandangan bahwa kebenaran nilai atau realitas secara obyektif nyata, final dan abadi.Kedua, absolutisme adalah keyakinan bahwa hanya ada satu penjelasan obyektif yang tepat dan tidak berubah tentang realitas.Dalam pengertian tersebut, absolutisme dilawankan dengan relativisme dan subyektifisme. Ketiga, absolutisme dalam teori politik adalah rezim yang berkuasa mutlak.Dalam pengertian tersebut, orang dituntut untuk setia dengan seorang penguasa atau klas yang berkuasa tanpa mempersoalkannya. Keempat, absolutisme dalam metafisika mengenai Sang Absolut khususnya mengenai filsafat dari seorang tokoh bernama Bradley.

    ReplyDelete
  31. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Absolutisme adalah paham, ajaran, ataupun kepercayaan yang memfokuskan pada hal yang tidak terbatas; mutlak, sepenuhnya; tanpa syarat; tidak dapat diragukan lagi atau nyata. Aliran ini memberikan pengaruh dalam dunia pemerintahan karena absolutisme didefinisikan sebagai suatu model pemerintahan yang kekuasaan tunggalnya dipegang oleh pemimpin atau kerajaan dan dilakukan secara absolute otorirer serta pemahaman pemerintah yang berada di bawah satu tangan dengan kekuasaaan mutlak. Dalam pemerintahan absolut, tidak dimungkinkan terjadi dialog, sharing pendapat, debat, penyampaian aspirasi, dalam menentukan suatu kebijakan yang berhubungan dengan pemerintahan. Hal ini karena kekuasaan yang tak terkendali oleh semua lembaga-lembaga lain seperti legislative.

    ReplyDelete