Dec 2, 2012

ABSOLUTISM





Ass Wr Wb
Jika ingin mendalami ABSOLUTISM, silahkan konek:




Wss Wr Wb
Marsigit

12 comments:

  1. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Absolutisme memiliki beberapa pengertian yang dapat dibagi menjadi 4 pengertian.Pertama, absolutisme adalah pandangan bahwa kebenaran nilai atau realitas secara obyektif nyata, final dan abadi. Kedua, absolutisme adalah keyakinan bahwa hanya ada satu penjelasan obyektif yang tepat dan tidak berubah tentang realitas. Dalam pengertian tersebut, absolutisme dilawankan dengan relativisme dan subyektifisme. Ketiga, absolutisme dalam teori politik adalah rezim yang berkuasa mutlak. Dalam pengertian tersebut, orang dituntut untuk setia dengan seorang penguasa atau klas yang berkuasa tanpa mempersoalkannya. Keempat, absolutisme dalam metafisika mengenai Sang Absolut khususnya mengenai filsafat dari seorang tokoh bernama Bradley.

    ReplyDelete
  2. Absolutisme memiliki beberapa pengertian sesuai dengan kontek pembicaraannya. Pertama, absolutisme adalah pandangan bahwa kebenaran nilai atau realitas secara obyektif nyata, final dan abadi. Kedua, absolutisme adalah keyakinan bahwa hanya ada satu penjelasan obyektif yang tepat dan tidak berubah tentang realitas. Dalam pengertian tersebut, absolutisme dilawankan dengan relativisme dan subyektifisme. Ketiga, absolutisme dalam teori politik adalah rezim yang berkuasa mutlak. Dalam pengertian tersebut, orang dituntut untuk setia dengan seorang penguasa atau klas yang berkuasa tanpa mempersoalkannya. Keempat, absolutisme dalam metafisika mengenai Sang Absolut.
    Mengenai absolut tentang kebenaran nilai secara obyektif sering dikaitkan dengan matematika. bahwa matematika dipandang mempunyai kebenaran yang absolut bahwa 1 + 1 = 2 dimanapun diajarkan. Tetapi karena 1 yang dijumlahkan tersebut terbebas dari ruang dan waktu tetapi jika terikat ruang dan waktu maka tidak bisa misal 1 hari + 1 minggu tidak menjadi 2 hari atau 2 minggu tetapi 8 hari.

    ReplyDelete
  3. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Absolut adalah mutlak. Absolutism apabila ditinjau dari sudut pandang pemerintah eropa adalah suatu sistem atau bentuk pemerintahan tanpa undang-undang dasar, dimana semua kekuasaan terletak di tangan penguasa. Absolutism di Eropa berkisar antara tahun 1610-1789. Di Eropa absolutism menggambarkan suatu bentuk kekuasaan monarki yang tak terkendali oleh semua lembaga-lembaga lain, seperti gereja-gereja, legislatif, atau elit sosial. Raja di Eropa secara menyeluruh memerintah secara absolut selama masa transisi dari feodalisme ke kapitalisme.

    ReplyDelete
  4. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Apa yang ada di dunia atas (langit) yaitu keyakinan atau spiritualisme dimana terdapat keyakinan tentang Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini juga bersifat absolut (absolutisme) dan tunggal (monoisme atau satu). Penting untuk menggunakan hati dalam mempercayai adanya Tuhan. Karena keimanan tertinggi terletak pada hati manusia. Monoisme juga bersifat identitas, tidak terikat ruang dan waktu. Sehingga absolutisme bersifat wajib. Namun, sebenar-benar prinsip monoisme dan absolutisme adalah kuasa Tuhan yang sudah tertulis pada Kitab Suci Agama.

    ReplyDelete
  5. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Pemahaman kami Absolutisme, dalam teori politik, adalah pandangan bahwa tidak ada batasan mengenai hak dan kekuasaan dari pemerintah. Absolutisme dalam filsafat merupakan ideologi yang meyakini bahwa kebenaran itu mutlak dan tidak dapat ditentang. Padahal menurut kami satu-satunya kebanaran yang mutlak dan tidak dapat ditentang adalah Kuasa Tuhan. Sedangkan absolutisme dalam matematika biasanya merupakan lambang kepastian, kebenaran pasti, dan tidak dapat ditentang atau dibantahkan. Absolutisme dalam pengetahuan matematika berdasarkan pada dua asumsi yaitu :
    1. Menurut ahli matematika, pada absolutisme terhadap pengetahuan matematika haruslah berdasarkan dengan asusmsi aksioma dan definisi.
    2. Menurut ahli logika, pada absolutisme terhadap pengetahuan matematika haruslah berdasarkan asumsi aksioma, kesimpulan, dan aturan kebahasaan yang formal.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  6. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Absolutism adalah paham filsafat yang menganggap semua dari kebenaran mutlaknya. Yaitu kekuasaan atau kebenaran Tuhan. Lawan dari absolutisme adalah relatifism. Semua aturan yang dibuat manusia itu adalah kebenaran relatif, orang satu dengan yang lainnya kadang memiliki pemikiran yang berbeda. Tetapi kebenaran yang tidak bisa dibantah lagi adalah kebenaran Tuhan, maka itu adalah kebenaran absolut.

    ReplyDelete
  7. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Jika berbicara tentang absolutisme, sebelum semakin jauh membahas dan belajar lebih dalam tentang absolutisme, saya ingin berbagai cerita. Ya, jika membicarakan topik tentang absolutisme, yang ada dala pikiran saya adalah tentang hal-hal yang mutlak dan berlawanan dengan relatifisme. Yang kedua, tentang absolutisme, saya selalu menghubungkannya dengan isu politik. Misal, penguasa yang absolut, berarti penguasa yang memberikan peraturan-peraturan bersifat "mutlak" tanpa negoisasi pada rakyat atau masyarakatnya. Begitulah, beberapa hal yang saya ketahui selama ini terkait dengan "absolutisme".
    Poin pentingnya adalah setelah saya membaca beberapa link di atas, saya memperoleh informasi bahwa sifat absolut seorang pemimpin dalam pemerintahan juga dibahas pada link http://www.newworldencyclopedia.org/entry/Absolutism, bahwa absolutisme juga dibahas dalam hal politik, dicontohkan juga bagaimana pemerintahan monarki Eropa pada jamannya, dan yang seperti itu masuk ke dalam absolutisme politik. Selain absolutisme politik juga ada absolutisme moral yang berlawanan dengan relativisme moral. Selain itu, melalui beberapa link yang dibagikan, saya juga membaca jika absolutisme mengacu pada doktrin jika terdapat prinsip moral yang dianggap benar dan berlaku bagi semua orang. Sekali lagi, hal ini semakin meyakinkan saya bahwa absolutisme adalah berlawanan arah dengan relativisme. Refleksinya, setiap manusia bisa saja memberikan tolok ukur suatu kebenaran, bisa jadi menjadi mutlak menurut mereka. Tapi, kita harus mengimani bahwa sebenar-benarnya kebenaran mutlak hanyalah milik Allah SWT.

    ReplyDelete
  8. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Dalam link http://www.newworldencyclopedia.org/entry/Absolutism dituliskan bahwa istilah 'absolutisme' memiliki konotasi moral dan politik, Dalam hal moralitas, 'absolutisme' petama, mengacu pada klaim bahwa ada sistem moral yang berlaku secara universal, yang berlaku bagi semua orang apakah mereka menyadarinya atau tidak. Kedua, absolutisme dapat merujuk pada klaim bahwa peraturan moral atau prinsip tidak mengakui pengecualian apapun. sedangkan jika melihat arti kata dari absolutisme dalam kamus besar bahasa indonesia, lebih mengarah pada konotasi politik, dalam KBBI dituliskan absolutisme /ab·so·lut·is·me/ berarti bentuk pemerintahan tanpa undang-undang dasar, bentuk pemerintahan dengan semua kekuasaan terletak di tangan penguasa (raja, kaisar, diktator, dan sebagainya)

    ReplyDelete
  9. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Absolut artinya mutlak, sempurna dan lengkap. Tidak membutuhkan yang lain karena sudah lengkap atau sempurna. Aliran ini menjelaskan satu penjelasan objektif yang tepat, sempurna dan tidak berubah. Dalam Islam, yang absolut adalah Allah SWT. Allah yang menciptakan alam semesta dan tidak ada kontradiksi. Allah absolut dan sempurna. Aboluf itu pasti, bahwa Allah maha merajai alam semestai ini adalah pasti.

    ReplyDelete
  10. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Absolutisme artinya sempurna, dan tidak membutuhkan hal lain untuk lebih menyempurnakannya. Seperti halnya kuasa tuhan yang sifatnya absolut. Kekuasaannya bersifat nyata dan abadi. Nyata artinya bisa dirasakan oleh setiap orang dan abadi artinya akan selalu ada tanpa ada keraguan di dalamnya. Wallahua’lam

    ReplyDelete
  11. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Absolutisme berasal dari dasar kata absolut yang artinya mutlak. Absolutisme merupakan paham yang berpandangan bahwa segala sesuatu yang ada itu memiliki sifat mutlak dan universal. Kebenaran nilai atau realitas secara obyektif nyata, final, dan abadi. Absolutisme berlawanan dengan relativisme dan subyektifisme, yaitu hanya ada satu penjelasan obyektif yang tepat dan tidak berubah tentang realitas. Dalam teori politik, absolutisme merupakan rezim yang berkuasa secara mutlak. Orang-orang dituntut untuk setia terhadap penguasa.

    ReplyDelete
  12. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Absolutisme dapat dimaknai sebagai keyakinan terhadap sesuatu bersifat mutlak dan tidak ada kontradiksi di dalamnya. Apabila dikaitkan dalam pembelajaran matematika hal ini sudah tidak berlaku lagi bagi seorang guru apalagi semenjak diterapkan kurikulum 2013, pengetahuan bukan mutlak berasal dari guru saja namun lebih mengedepankan siswa. Sehingga guru tidak boleh lagi bertindak dan merasa yang paling benar dan mutlak semua siswa harus menyetujui semua paradigma guru. Namun saat ini siswa diberi kebebasan dlama berpikir dan menggunakan kreativitasnya selama pembelajaran.

    ReplyDelete