Dec 2, 2012

ABSOLUTISM





Ass Wr Wb
Jika ingin mendalami ABSOLUTISM, silahkan konek:




Wss Wr Wb
Marsigit

30 comments:

  1. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Secara harfiah, absolutism berarti hal yang terbebas, tidak terikat hal-hal pendukung yang menjadikan hal tersebut sempurna. Absolut sering dipertentangkan dengan relativisme karena relativisme menganggap kebenaran bersifat relative, sedangkan absolut menganggap kebenaran bersifat kekal. Absolut memiliki beberapa pengertian sesuai dengan bidang telaahnya seperti absolut atas kebenaran nilai, absolut atas keyakinan, absolut atas kekeuasaan politik, dan absolut metafisika.

    ReplyDelete
  2. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Absolutisme merupakan suatu paham yang menyatakan bahwa suatu kebenaran itu mutlak, tidak ada seseorangpun atau hal apapun yang dapat merubah kebenaran yang ada. Absolutisme sering dinyatakan paham yang menyatakan kuasa Tuhan yang tidak ada satu makhluknya yang dapat merubah. Paham absolut ini juga ada dalam kehidupan pemerintahan, yang dampaknya masyarakatnya tidak dapat menggugat keputusan apapun yang ditetapkan oleh pemerintahnya. Menurut saya dengan paham absolut yang ada di sistem pemerintahan, banyak dampak yang merugikan salah satu pihak saja, tanpa memperhatikan kepentingan yang lainnya.

    ReplyDelete
  3. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Absolutisme merupakan kebalikan dari relativisme.Namun sebelumnya, saya ingin mengungkapkan bahwa hidup terikat oleh berbagai aturan.Aturan dari langit ke bumi diperuntukkan bagi semua orang tanpa terkecuali.Berupa pedoman hidup dan kitab-kitab untuk dijadikan sebagai panduan hidup. Kemudian ada juga aturan Negara yang harus kita taati berupa pancasial dan UUD 1945.Saya mencoba mengaitkannya dengan absolutisme yang merujuk pada moral dan politik.Ini membuktikan bahwa ada yang sifat kekal dan mutlak yaitu Kuasa-Nya Tuhan yang berupa aturan-aturan yang tidak dapat diubah-ubah dan diganggu gugat.

    ReplyDelete
  4. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Absolutisme adalah salah satu pahama yang meyakini kebenaran yang ada bersifat mutlak dan universal. Paham ini berlaku untuk siapa saja dan kapan saja sehingga tidak ada syarat untuk menjadikan dia benar atupun salah. Namun , ada peraturan moral yang berlaku bagi semua orang, termasuk mereka yang tidak mengakui prinsip-prinsip ini namun menjalani hidup mereka sesuai dengan prinsip-prinsip lain yang salah. Contoh : seperti yang dicontohkan Imanuel Kant dalam salah satu artikel diatas bahwa seseorang yang melakukan kebohongan untuk selamanya dia salah, karena bohon memang perbuatan yang tidak dibenarkan.

    ReplyDelete
  5. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Absolutisme adalah sistem pemerintahan yang memusatkan semua kekuasaan di satu tangan secara mutlak. Kata absolutism berasal dari kata latin absolutes yang berarti sempurna, lengkap, bulat, genap dan berdiri sendiri.

    ReplyDelete
  6. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa absolutisme dala filsafat dapat diartikan sebagai paham yang menyatakan bahwa realitas atau kebenaran yang objektif dan berlaku tanpa syarat apapun merupakan dasar dari objek yang dipersepsikan. Pengertian absolutisme juga dapat ditinjau dari moralitas yaitu kepercayaan dalam standar absolut terhadap masalah moral dapat dinilai, dalam konteks apapun.

    ReplyDelete
  7. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, absolutism adalah bentuk pemerintahan tanpa undang-undang dasar; bentuk pemerintahan dengan semua kekuasaan terletak di tangan penguasa (raja, kaisar, diktator, dan sebagainya). Sehingga rakyat tidak memiliki hak untuk berkontribusi pendapat dalam membangun negara. Absolutisme berasal dari kata berbahasa Inggris absolute dan berbahasa Latin absolutus. Kata absolutus merupakan bentuk partisipium perfek dari kata absolvere. Absolut secara harafiah dapat diartikan terlepas dari atau bebas dari. Kata Latin absolutus berarti pula yang sempurna atau lengkap. Dalam pengertian ini, bila sesuatu dikatakan absolut berarti sesuatu itu tidak membutuhkan yang lain untuk menjadi sempurna.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  8. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan beberapa sumber mengenai absolutism, pengertian absolutism terbagi menjadi empat pengertian. Saya mencoba menyimpulkan dari keempat pengertian tersebut, absolutism merupakan suatu pandangan atau keyakinan bahwa hanya terdapat satu yang tepat berkuasa mutlak abadi dan tidak berubah tentang realitas sehingga orang dituntut untuk setia dengan penguasa atau klas tersebut yang dikenal sebagai Sang Absolut. Dengan kata lain, sesuatu yang absolut berarti sesuatu yang tidak membutuhkan yang lain untuk menjadi sempurna.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  9. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas dapat saya pahami bahwa absolutisme adalah suatu paham dimana kekuasaan tertingginya ada pada penguasa secara mutlak. Mutlak di sini, berarti bahwa tunduk pada segala kewenangan hukum raja, bukan tunduk pada kewenangan hukum negara. Absolutisme berasal dari tulisan-tulisan para ahli hukum dan teolog Yesuit Francisco Suárez, yang berpendapat bahwa otoritas penguasa berasal daya mendelegasikan rakyat kepadanya. Hal ini berbeda dengan bentuk kedua absolutisme sejak transfer kekuasaan tidak dapat diubah: orang-orang sah bisa, dalam beberapa keadaan, merebut kembali otoritas mereka didelegasikan (Teori Kontrak Sosial). Dari link (http://id.wikipedia.org/wiki/Absolutisme), saya memperoleh bahwa Absolutisme moral adalah pandangan etika bahwa tindakan tertentu adalah benar atau salah secara mutlak, terlepas dari konteks lain seperti konsekuensi atau maksud di balik mereka.

    ReplyDelete
  10. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Mohon koreksi atas refleksi saya tentang absolutisme. Terdapat beberapa pengertian dari absolutisme. Pertama, absolutisme adalah pandangan bahwa kebenaran nilai atau realitas secara obyektif nyata, final dan abadi. Kedua, absolutisme adalah keyakinan bahwa hanya ada satu penjelasan obyektif yang tepat dan tidak berubah tentang realitas.Dalam pengertian tersebut, absolutisme dilawankan dengan relativisme dan subyektifisme. Ketiga, absolutisme dalam teori politik adalah rezim yang berkuasa mutlak.Dalam pengertian tersebut, orang dituntut untuk setia dengan seorang penguasa atau klas yang berkuasa tanpa mempersoalkannya. Terimakasih, wassalamu’alaikum

    ReplyDelete
  11. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Berdasarkan yang saya baca dari sumber yang bapak berikan, ada yang namanya moral absolutism. Moral absolutism merupakan kepercayaan akan standar absolut yang dapat dinilai oleh moral, terlepas dari konteksnya. Maka dalam hal ini beberapa hal terkait moral dipandang sebagai standar absolut. Contohnya adalah dilarang membunuh. Hal ini merupakan suatu pernyataan terkait moral yang absolut atau tetap. Tetapi sebagai seorang muslim kita harus menyadari bahwa setinggi dan sebaik apapun moral absolut, yang paling tinggi ialah yang sebenar-benar absolut, yaitu Allah SWT.

    ReplyDelete
  12. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Absolut mempunyai makna yang sama dengan mutlak. Dalam hal politik, absolutisme mengacu pada jenis pemerintahan di mana kekuasaan penguasa mutlak, yaitu tidak tunduk pada batasan hukum apapun. Lawan dari absolutisme adalah relativisme.

    ReplyDelete
  13. Junianto
    PM C

    Absolut merupakan paham yang bisa dikatakan bertentangan dengan relativism dimana absolutism menganggap bahwa kebenaran itu bersifat mutlak adanya. Kita juga sering mendengar adanya pemerintahan jaman dulu yang bersifat absolut atau mutlaq. Pemerintahan yang seperti ini mengandung arti bahwa pemerintah menjalankan sistem pemerintahan sesuai kehendak mereka atau sesuai kehendak kepala pemerintahan karena mereka menganggap bahwa kebenaran ada di tangan mereka tanpa memperhatikan kepentingan orang lain/ rakyat.

    ReplyDelete
  14. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Absolutisme memiliki beberapa pengertian. Absolutisme berasal dari kata berbahasa Inggris absolute. Absolut secara harafiah dapat diartikan terlepas dari atau bebas dari. Dalam pengertian ini, bila sesuatu dikatakan absolut berarti sesuatu itu tidak membutuhkan yang lain untuk menjadi sempurna. "Absolutisme" (atau 'absolutisme moral') mengacu pada doktrin tentang sifat moralitas, yang menurutnya ada prinsip moral yang benar atau dapat dibenarkan yang berlaku bagi semua orang, atau setidaknya, semua moral agen (tidak termasuk bayi dan orang cacat mental misalnya). Absolutisme moral dalam pengertian ini berkomitmen terhadap adanya prinsip-prinsip moral universal dan karena alasan ini kadang-kadang disebut universalisme.

    ReplyDelete
  15. Latifah Fitriasari
    PM C

    Absolutisme adalah keyakinan bahwa hanya ada satu dan tidak berubah tentang penjelasan obyektif yang tepat. Pengertian lain dari absolutisme juga adalah suatu system yang memusatkan semua kekuasaan di satu tangan secara mutlak yang bersifat otoriter. Absolutisme bisa merujuk ke: Monarki absolut, suatu bentuk pemerintahan di mana raja memiliki kekuasaan untuk memerintah tanah mereka dengan bebas, tanpa hukum yang berlaku.

    ReplyDelete
  16. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Absoutisme adalah aliran filsafat yang memandang objek pikir bersifat absolut. Tokoh absolutisme adalah Plato. Absolutisme memiliki beberapa pengertian yang dapat dibagi menjadi empat. absolutisme adalah pandangan bahwa kebenaran nilai atau realitas secara objektif nyata, final, dan abadi. absolutisme adalah keyakinan bahwa hanya ada satu penjelasan objektif yang tepat dan tidak berubah tentang realitas. absolutisme dalam teori politik adalah rezim yang berkuasa mutlak. absolutisme dalam metafisika mengenai Sang Absolut khususnya mengenai filsafat dari seorang tokoh bernama Bradley.

    ReplyDelete
  17. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Absolutisme merupakan kebalikan dari relativisme dan subjektivisme. Absolutisme merupakan pandangan bahwa kebenaran ialah suatu yang obyektif nyata, final dan abadi. Menurut saya, tidak ada yang benar-benar absolut di dunia ini. Semua yang ada dan mungkin ada mempunyai masanya dan akan berubah atau menghilang jika sudah masanya. Hanya satu yang benar-benar abadi, tidak berubah, dan absolut, yaitu Allah Yang Maha Esa.

    ReplyDelete
  18. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Absolutism dapat berarti kebenaran secara mutlak ataupun sempurna. Dalam pemerintahan yang menganut absolutism itu berarti kekuasaan pemerintahan berada di satu penguasa dan sifatnya mutlak. Sistem pemerintahan yang seperti itu memiliki banyak dampak negatif. Diantaran akan terjadinya pemerintahan yang otoriter dan kenijakan-kebijakan yang dibuat hanya akan menguntungkan pihak-pihak tertentu saja. Hal itu karena kekuasaan hanya dipegang oleh penguasa, sehingga pihak lain sulit untuk melakukan kontrol. Terimaksih

    ReplyDelete
  19. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Absolutism adalah keyakinan bahwa hanya ada satu penjelasan obyektif yang tepat dan tidak berubah terhadap realitas, dimana ia mendasari objek yang dirasakan tanpa ada syarat. Absolutism sering dipertentangkan dengan relativism, karena absolutism meangggap kebenaran bersifat absolut atau kekal sedangkan relativism menganggap kebenaran bersifat relatif.

    ReplyDelete
  20. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Jika dilihat dalam pengetahuan matematika, pandangan absolutism memandang terdapat dua jenis asumsi yang menjadi dasar dari pengetahuan matematika. Asumsi tersebut adalah asumsi definisi, yang menempati posisi tertinggi dan asumsi Aksioma yang berada di bawah asumsi definisi dimana keduanya merupakan asumsi dari para pakar matematika. Sedangkan menurut pakar logika, terdapat asumsi aksioma, aturan inferensi dan bahasa formal dan sintaks-nya. Ini adalah lokal atau mikro-asumsi. Dalam pandangan absolutism ini, kemutlakan akan kebenaran matematika adalah sesuatu yang pasti. Karena pada dasarnya matematika merupakan pengetahuan yang sudah pasti benar adanya dengan kesepakatan para matematikawan.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  21. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PMA

    Absolutisme adalah suatu model pemerintahan yang kekuasaan tunggalnya di pegang oleh pemimpin atau kerajaan, dan dilakukan secara absolute otorirer. Pemahaman ini meyebabkan pemerintahan yang berada di bawah satu tangan dengan kekuasaaan mutlak. Kekuasaan tidak terbatas karena konstitusi yang diciptakan adalah ciptaan penguasa tersebut. pemerintahan ini berlangsung antara abad 16-18. Pemerintahan absolutisme telah memunculkan gerakan di seluruh eropa, yakni berupa gerakan revolusi yang menghendaki pergantian penguasa sekaligus pergantian konstitusi yang dapat menjamin hak-hak warga negara, sekaligus dapat melakukan tugas pemerintahan sebagai mandataris rakyat. Gerakan ini disebut dengan Gerakan Revolusi Liberal.

    ReplyDelete
  22. Absolutism memandang bahwa adanya kebenaran maupun sistem yang berlaku bersifat secara universal, artinya sadar atau tidak hal tersebut berlaku untuk semua orang. Dalam arti ini, absolutism bertentangan dengan relativism, karena relativism menyangkal adanya prinsip yang berlaku secara universal. Menurut Imanuel Kant, seorang absolutis peratursn yg bersifat absolut tidak membenarkan hal yang diluar ketetapan, misalnya berbohong itu dilarang maka ia memegang prinsip bahwa tidak dibenarkan untuk berbohong.

    ReplyDelete
  23. Metia Novianti
    17709251021
    PPs PM A

    Absolutisme adalah suatu model pemerintahan yang kekuasaan tunggalnya di pegang oleh pemimpin atau kerajaan, dan dilakukan secara absolute otorirer. Pemahaman pemerintah yang berada di bawah satu tangan dengan kekuasaaan mutlak. kekuasaan tidak terbatas karena konstitusi yang diciptakan adalah ciptaan penguasa tersebut. Pemerintahan seperti ini berlangsung antara abad 16-18.

    ReplyDelete
  24. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Absolutisme merupakan kebalikan dari relativisme. Absolutisme meyakini bahwa mental manusia dapat mencapai kebenaran mutlak tentang suatu obyek nyata, dalam artian sesuatu keyakinan di dalam pikiran tersebut disebut benar jika ia mencerminkan keadaan obyektif sebenarnya di alam luar. Untuk menyatakan kebenaran kebenaran tersebut, absolutisme menggunakan bahasa

    ReplyDelete
  25. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Absolutisme memiliki beberapa pengertian. (1) absolutisme adalah pandangan bahwa kebenaran nilai atau realitas secara obyektif nyata, final dan abadi. (2) absolutisme adalah keyakinan bahwa hanya ada satu penjelasan obyektif yang tepat dan tidak berubah tentang realitas. (3) absolutisme dalam teori politik adalah rezim yang memiliki kekuasaan mutlak, dan orang lain harus untuk mematuhinya. (4) absolutisme dalam metafisika mengenai Sang Absolut khususnya mengenai filsafat dari seorang tokoh bernama Bradley. Jadi, absolutisme merupakan suatu pandangan bahwa sesuatu itu mutlak adanya dan tidak bisa diganggu gugat.

    ReplyDelete
  26. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Absolutism memandang pengetahuan sebagai suatu kebenaran yang mutlak. Absolutism tidak memberikan ruang untuk dikritisi atau dibantah. Dalam kaitannya dengan spiritualism, absolutism dikaitkan dengan Kuasa Tuhan. Tidak ada pemerintah yang absolut, atasan yang absolut, atau penguasa absolut. Karena sebenar-benarnya absolutism di alam semesta ini hanyalah Kuasa Tuhan.

    ReplyDelete
  27. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,
    Absolutism adalah paham yang menganggap jika suatu hal tidak membutuhkna yang
    lain untuk menjadi absolut atau mutlak. Selain itu terdapat berbagai pengertian
    absolutism yaitu:
    Bebas dari keterbatasan, pembatasan, variabilitas, perubahan dan kesesatan.
    Dalam metafisika, absolut digunakan bersamaan dengan konsep-konsep
    kesempurnaan lainnya seperti totalitas, independensi, yaitu apa yang tidak
    diasalkan, tidak dikondisikan, tidak disebabkan, tidak berubah dan tidak
    diragukan.
    Sesuatu hal yang absolut tida menggantungkan keberadaan dan kegiatan pada
    sesuatu hal yang lain. Sebaliknya, yang lain justru menggantungkan
    keberadaannya pada yang mutla tersebut. Contohnya Tuhan ialah mutla bai
    hamba-hambanya.

    ReplyDelete
  28. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Absolutisme adalah suatu paham yang hanya percaya dengan kebenaran yang ada. Absolutisme merupakan kebalikan dari relativisme. Jika sesuatu belum terbukti kebenarannya, maka orang yang memiliki paham ini tidak akan percaya untuk itu semua. Yang mereka yakini mempunyai nilai kebenaran yang mutlak yang menjadi landasan/pegangan kuat untuk menjalankan kehidupan. Jadi orang yang memiliki paham ini tidak suka dengan kebohongan. Ini membuat bahwa absolutisme akan membangun moral.

    ReplyDelete
  29. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Absolutism adalah aliran yang kajiannya objek yang memiliki sifat absolut. Sedangkan absolut berarti adalah multak, berlaku secara universal tanpa terkecuali dan tanpa syarat. Sehingga absolutism adalah aliran filsfat yang objek kajiannya adalah segala yang ada dan mungkin ada yang bersifat mutlak, ketentuannya berlaku secara universal. Di dalam kehidupan yang absolut itu hanya miliki Tuhan, karena ketentuanNya bersifat mulat,menyeluruh, tanpa terkecual bagi setiap umat manusia.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  30. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Pada dasarnya, hal mutlak itu hanya sifat Allah SWT, tiadalah yang lain yang mampu bersifat absolute. Sehingga jika ada yang menilai dirinya bersifat absolute, maka ia telah menyalahi kaidah yang ada. Di lain pihak, absolute bertentangan dengan relatif. Pandangan relatif ini lebih rasional jika dibandingkan dengan absolute. Relatif, rasional, dan penuh kontradiksi, begitulah sewajarnya manusia.

    ReplyDelete