Dec 2, 2012

FOUNDATIONALISM





Ass Wr Wb
 Jika ingin membaca lebih lanjut tentang FOUNDATIONALISM, koneklah:










Wss Wr Wb
Marsigit

70 comments:

  1. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Fondasionalisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya untuk dapat dipertanggungjawabkan secara rasional perlu didasarkan atas suatu fondasi atau basis yang kokoh, yang jelas dengan sendirinya, tak dapat diragukan lagi kebenarannya, dan tak memerlukan koreksi lebih lanjut. pembenaran kebenaran berstruktur hierarkis, dimana kepercayaan dasar sudah benar pada dirinya sendiri, sedangkan kepercayaan simpulan hanya dapat dibenarkan berdasarkan kepercayaan dasar. Pembenaran kebenaran terjadi secara searah. Dengan kata lain, pembenaran kebenaran bersifat asimetris.

    ReplyDelete
  2. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Fondasionalisme adalah teori pembenaran paling terkenal dalam epistemologi. Hal itu tidak berlebihan karena teori ini memang cukup menarik lantaran penjangkaran empirisnya pada pengalaman, baik indrawi maupun introspektif, sebagai sumber informasi pengetahuan kita tentang dunia ini dan pembenarannya. Sebagaimana diketahui, indra adalah satu-satunya pintu gerbang bagi pemerolehan informasi dari luar diri kita. Di samping itu, intuitif terasa paling dekat dengan pengertian umum tentang pertanggungjawaban klaim kebenaran pengetahuan. Karena kalau biacara tentang pertanggungjawaban kebenaran pengetahuan, biasanya orang akan mencari alasan yang menjadi sumber dari pengetahuan tersebut. Dan dasar, sebagaimana lazim diketahui, memang tidak lagi bersumber pada dasar yang lain. Dengan demikian teori ini terlihat cocok.

    ReplyDelete
  3. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://plato.stanford.edu/entries/justep-foundational/ Keyakinan yang mendasar adalah kepercayaan yang tidak bergantung pada keyakinan lain untuk pembenarannya. Menurut foundationalism, keyakinan yang dibenarkan pasti merupakan fondasi atau bergantung pada pembenarannya, tetapi pada kepercayaan dasar. Aristoteles berpendapat bahwa "tidak semua pengetahuan bersifat demonstratif" (yaitu, tidak semua pengetahuan didasarkan pada argumen dari hal-hal lain yang diketahui), dan beberapa pengetahuan harus "tidak independen terhadap demonstrasi" (Posterior Analytics, I.3). Banyak filsuf abad pertengahan sepertinya sepakat dengan Aristoteles, berpendapat bahwa semua pengetahuan harus bergantung pada "prinsip pertama" atau "kebenaran yang terbukti sendiri" dari beberapa hal. Kemudian, Descartes terkenal bahwa semua pengetahuan harus berada pada pondasi yang aman dari kebenaran yang tak terbantahkan.

    ReplyDelete
  4. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://www.britannica.com/topic/foundationalism Foundasionalisme, dalam epistemologi, pandangan bahwa beberapa kepercayaan dapat dipungkiri dipegang oleh kesimpulan dari keyakinan lain, yang dibenarkan secara langsung - misalnya, berdasarkan intuisi rasional atau persepsi indra. Keyakinan tentang objek material atau tentang entitas teoretis sains, misalnya, tidak dianggap sebagai dasar atau dasar dengan cara ini namun diadakan untuk meminta dukungan inferensial. Foundationalists biasanya mengenali kebenaran yang terbukti dengan sendirinya dan laporan tentang data akal sebagai dasar, dalam artian mereka tidak memerlukan dukungan dari kepercayaan lain. Oleh karena itu, keyakinan semacam itu memberi fondasi di mana bangunan pengetahuan dapat dibangun dengan benar.

    ReplyDelete
  5. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Fondasionalisme berdasarkan epistimologi merupakan pandangan bahwa beberapa keyakinan yang dibenarkan dapat dipegang oleh kesimpulan dari keyakinan lain, yang dibenarkan secara langsung sendiri misalnya, atas dasar intuisi rasional atau merasakan persepsi. Keyakinan tentang obyek materi atau tentang entitas teoritis ilmu pengetahuan, misalnya, tidak dianggap sebagai dasar atau dasar dengan cara ini tetapi diadakan untuk memerlukan dukungan inferensial.

    ReplyDelete
  6. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Foundationalists biasanya telah diakui kebenarannya berdasaran kejelasan dan masuk akal, dalam arti bahwa fondationalist tidak membutuhkan dukungan dari keyakinan lain. Keyakinan seperti demikian memberikan dasar-dasar di mana pengetahuan yang benar dapat dibangun.

    ReplyDelete
  7. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Foundationalism concerns philosophical theories of knowledge resting upon justified belief, or some secure foundation of certainty such as a conclusion inferred from a basis of sound premises. Its main rival is coherentism, whereby a body of knowledge, not requiring a secure foundation, can be established by the interlocking strength of its components, like a puzzle solved without prior certainty that each small region was solved correctly.
    Identifying the alternatives as either circular reasoning or infinite regress, and thus exhibiting the regress problem, Aristotle made foundationalism his own clear choice, positing basic beliefs underpinning others. Descartes, the most famed foundationalist, discovered a foundation in the fact of his own existence and in the "clear and distinct" ideas of reason, whereas Locke found a foundation in experience. Differing foundations may reflect differing epistemological emphases—empiricists emphasizing experience, rationalists emphasizing reason—but may blend both.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Foundationalism

    ReplyDelete
  8. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Foundasionlisme adalah pandangan bahwa beberapa kepercayaan dapat dipungkiri dipegang oleh kesimpulan dari keyakinan lain, yang dibenarkan secara langsung - misalnya, berdasarkan intuisi rasional atau persepsi indra. Keyakinan tentang objek material atau tentang entitas teoretis sains, misalnya, tidak dianggap sebagai dasar atau dasar dengan cara ini namun diadakan untuk meminta dukungan inferensial. Foundationalists biasanya mengenali kebenaran yang terbukti dengan sendirinya dan laporan data perasaan sebagai dasar, dalam artian mereka tidak memerlukan dukungan dari kepercayaan lain. Oleh karena itu, keyakinan semacam itu memberi fondasi di mana bangunan pengetahuan dapat dibangun dengan benar.

    ReplyDelete
  9. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berdasarkan link di atas dapat kita ketahui bahwa fondasionalisme merupakan gambaran tentang adanya suatu pandangan yang harus memiliki dasar dan dapat menjadi landasan utama yang mencakup semua pengetahuan yang telah dibangun di atasnya. Fondasionalisme ini menjadi salah satu ciri utama filsafat modern sejak Descartes.Tugas pokok filsafat modern adalah mencari fondasi segala pengetahuan (fondasionalisme). Fondasionalisme berpendapat bahwa suatu justifikasi itu mundur sampai tidak terhingga itu tidak masuk akal. Begitu pula dengan pola yang berputar. Dia juga berpendapat bahwa dalam suatu kepercayaan-kepercayaan ini ada suatu kepercayaan yang logis dengan sendirinya. Jenis-jenis kepercayaan yang logis dengan sendirinya ini merupakan dasar dari kepercayaan-kepercayaan yang lainnya. Karena kepercayaan kepada sebuah fondasi dari kepercayaan maka paham ini disebut sebagai fondasionalisme.

    ReplyDelete
  10. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Fondasionalisme merupakan teori filsafat yang berfokus pada pengetahuan yang berpijak pada pembenaran keyakinan. Secara epistemologI, fondationalisme berupa pandangan bahwa beberapa keyakinan dapat dibenarkan oleh kesimpulan dari keyakinan lain Keyakinan yang dipelajari dalam fondasionalisme dapat berupa obyek materi atau tentang wujud teoritis ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  11. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Foundationalisme berasal dari kata foundation yang artinya dasar/fondasi. Dalam filsafat, Foundationalisme berbicara tentang pengetahuan yang didasarkan pada keyakinan yang telah dibenarkan, atau beberapa dasar keyakinan yang pasti seperti kesimpulan yang disimpulkan dari dasar yang baik/bagus. Menurut saya fondasi di sini juga diartikan sebagai sumber pengetahuan. Pada abad 21 ini, seseorang dapat memperoleh pengetahuan di mana saja, kapan saja, dan dari mana saja. Namun aliran ini memandang bahwa pengetahuan itu haruslah yang didasarkan pada sumber yang telah dapat diyakini kebenarannya.

    ReplyDelete
  12. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016


    Foundationalism secara sederhana berarti pondasi atau dasar bisa juga diartikan sebagai pegangan dalam meyakini sesuatu. Pegangan yang diyakini semestinya memiliki keberan, kepercayaan dan kekuatan yang hakiki, jika tidak maka apa yang kita yakini tersebut akan mudah goyah. Dalam menjalani hidup, maka harus menciptakan pondasi yang kuatagar hidup tidak goyah. Dalam hidup pondasi terkokoh adalah iman.

    ReplyDelete
  13. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Artikel tersebut membahas tentang foundationalism. Kalau dibaca sekilah pasti kita sudah tau bahwa kata itu adalah sebuah paham tentan fonadation or pembangun. Foundationalism adalah pandangan tentang struktur pembenaran atau pengetahuan. Tesis foundationalist secara singkat adalah bahwa semua pengetahuan atau kepercayaan yang dibenarkan pada akhirnya didasarkan pada pengetahuan noninferensial atau kepercayaan yang dapat dibenarkan.dan juga suatu keyakinan yang mendasar atau tidak dibenarkan adalah kepercayaan yang tidak bergantung pada keyakinan lain untuk pembenarannya. Menurut foundationalism, keyakinan yang dibenarkan pasti merupakan fondasi atau bergantung pada pembenarannya, pada akhirnya, pada kepercayaan dasar.

    ReplyDelete
  14. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Fondasionalisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. Hal ini berhubungan dengan epistemologi. Tugas pokok filsafat modern adalah mencari fondasi segala pengetahuan (fondasionalisme) serta mengesahkan pernyataan ilmiah dari disiplin-disiplin ilmu yang ada dengan cara menemukan fondasi atau dasar utamanya. Hal tersebut berkaitan dengan asumsi moderinitas bahwa ilmu pengetahuan semestinya bergerak dalam garis lurus hingga mencapai satu titik aksiomatis, di mana pengetahuan tidak membutuhkan pembenaran apapun lagi.

    ReplyDelete
  15. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Fondasionalisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya hal ini berhubungan dengan epistemologi. Fondasionalisme ini menjadi salah satu ciri utama filsafat modern sejak Descartes tugas pokok filsafat modern adalah mencari fondasi segala pengetahuan fondasionalisme. Fondasionalisme adalah teori pembenaran yang menyatakan bahwa suatu klaim kebenaran pengetahuan untuk dapat dipertanggungjawabkan secara rasional perlu didasarkan atas suatu pondasi atau basis yang kokoh yang jelas dengan sendirinya tak dapat diragukan lagi kebenarannya, dan tak memerlukan koreksi lebih lanjut. Jenis pengetahuan yang harus memiliki dasar sebagai pembenarannya ini dalam sejarah filsafat sudah dapat kita temui pada Plato dengan ideanya dan Aristoteles dengan materi dan bentuknya.

    ReplyDelete
  16. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Foundalisionalisme merupakan pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama untuk semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. Beberapa keyakinan dikenal atau dibenarkan percaya hanya karena beberapa keyakinan lain yang dikenal atau dibenarkan percaya. Foundalisionalisme menjadi salah satu ciri utama filsafat modern sejak Descartes.

    ReplyDelete
  17. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya mendapatkan pemahaman kata filsafat baru yaitu fondationalism. Dimana fondationalism ini berhubungan dengan suatu klaim kebenaran pengetahuan dapat dipertanggung jawabkan. Dari sini Keyakinan atau kepercayaan tersebut harus dijustifikasi dalam rangka pertanggung jawaban rasional atas klaim kebenaran kepercayaan atau pendapat yang kita pegang tersebut. kita harus menjelaskan pertanyaan2 seperti 'kenapa sebuah kepercayaan adalah benar?' atau 'bagaimana seseorang tahu apa yang diketahuinya?'. Sehingga dari sini yang perlu kita tekankan dari fundationalism ini seharusnya apa yang paling diperlukan adalah “penjelasan terbaik” yang dapat diberikan berdasarkan sebuah kepercayaan dasar.

    ReplyDelete
  18. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Keyakinan atau kepercayaan harus dijustifikasi dalam rangka pertanggungjawaban rasional atas klaim kebenaran kepercayaan atau pendapat yang kita pegang. Justifikasi adalah alasan kenapa seseorang memiliki suatu kepercayaan, sebuah penjelasan mengenai kenapa sebuah kepercayaan adalah benar, atau bagaimana seseorang tahu apa yang diketahuinya. Fondasionalisme sebagai teori justifikasi merupakan teori yang didasarkan pada anggapan dasar bahwa klaim kebenaran terhadap sesuatu perlu didasarkan pada fondasi yang kokoh, dan jelas dengan sendirinya sehingga tidak membutuhkan koreksi atau perbaikan lebih lanjut. Adapun, fondasi yang dimaksud oleh para penganut teori pembenaran ini biasanya berbentuk intuisi akal budi atau persepsi indrawi.

    ReplyDelete
  19. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Fondasionalisme adalah teori pembenaran yang didasarkan pada anggapan dasar bahwa, klaim kebenaran terhadap sesuatu perlu didasarkan pada fondasi atau basis yang kokoh, dan jelas dengan sendirinya sehingga tak dapat diragukan lagi dan tidak membutuhkan koreksi lebih lanjut. Salah satu contohnya yaitu dalam belajar. Belajar adalah kegiatan yang kontinu. Seseorang yang mempunyai fondasi pengetahuan yang kokoh, tentu akan lebih mudah memahami lebih lanjut pengetahuan baru yang berkaitan dengan pengetahuan yang telah ia miliki sebelumnya. Termasuk juga dalam belajar matematika. Jika fondasi pengetahuan matematika seseorang di tingkat SD kokoh dan mantap, maka ia akan lebih mudah memahami materi matematika di tingkat SMP.

    ReplyDelete
  20. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Fondasionalisme epistemik adalah pandangan tentang struktur pengetahuan yang tepat atau kepercayaan seseorang dibenarkan. Sehingga fondasionalisme adalah pandangan tentang struktur pembenaran atau pengetahuan. Foundationalists mempertahankan bahwa beberapa keyakinan dasar yang benar dan bahwa sisa keyakinan seseorang mewarisi status epistemik mereka berupa pengetahuan atau pembenaran dalam menerima dukungan yang tepat dari keyakinan dasar. Foundationalists memiliki dua hal utama yaitu teori basicality dan teori dukungan yang tepat. Teori basicality yaitu teori pembenaran noninferential dan teori dukungan adalah teori pembenaran inferensial.

    ReplyDelete
  21. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Layaknya sebuah bangunan, untuk menghasilkan bangunan yang kokoh maka berawal dari pondasi yang kuat pula. Analogi ini menjelaskan pentingnya pondasi dalam membangun sesuatu (foundationalism). Foundationalism adalah pandangan tentang struktur pembenaran atau pengetahuan. Tesis foundationalist secara singkat adalah bahwa semua pengetahuan atau kepercayaan yang dibenarkan pada dasarnya didasarkan pada pengetahuan noninferensial atau kepercayaan yang dapat dibenarkan. Foundationalism adalah doktrin multifaset. Pandangan foundationalist yang berjalan dengan baik perlu secara alami menggabungkan teori pembenaran non-inferensial dengan pandangan tentang sifat kesimpulan.

    ReplyDelete
  22. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Foundation artinya dasar atau asas. Foundationalisme merupakan paham yang meyakini terdapat landasan atau dasar dari sebuah pengetahuan. Dengan kata lain, semua pengetahuan itu ada dasar atau landasannya. Yang tidak ada landasannya maka pengetahuan tersebut hanyalah mitos belaka. Lawan dari foundationalism adalah anti-foundationalism. Seseorang yang termasuk ke dalam anti-foundationalism adalah dia yang tidak menyadari atau mengetahui dari asal mula dari sesuatu hal. Hal ini sebagaimana intuisionism.

    ReplyDelete
  23. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Fondasionalisme berpandangan bahwa semua pengetahuan memiliki dasar yang menjadi landasan utamanya. Dengan demikian, setiap pemahaman dasar yang kokoh akan menghasilkan pengetahuan yang baik dan kokoh juga. Hal ini berlaku dalam pendidikan matematika sekolah, jika pemahaman dasar mengenai matematika tidak dikuasai dengan baik, maka siswa akan sulit jika dihadapkan dengan matematika lanjut yang dikembangkan dari setiap pemahaman dasar matematika yang ada.

    ReplyDelete
  24. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Fondasionalisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. Hal ini berhubungan dengan epistemologi. Fondasionalisme ini menjadi salah satu ciri utama filsafat modern sejak Descartes. Tugas pokok filsafat modern adalah mencari fondasi segala pengetahuan (fondasionalisme).

    ReplyDelete
  25. Fondasionalisme adalah cara pandang bahwa pengetahuan memerlukan fondasi atau basis yang kokoh, yang jelas, tak dapat diragukan kebenarannya dan tak memerlukan koreksi lebih lanjut. Pembenarannya ada pada hal yang menjadi fondasinya tersebut. Pertanggungjawaban kebenaran berdasarkan pada pondasi yang membentuk pengetahuan tersebut. Misal dasar negara Indonesia adalah Pancasila maka pancasila digunakan untuk menysusun, membangun, dan memajukan bangsa dan negara Indonesia. Kerangka pembangunan dan kemajuan adalah pada penjabaran Pancasila. Pancasila disebut dasar atau pondasinya.

    ReplyDelete
  26. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Apa yang kita lakukan dalam hidup selalu membutuhkan dasar atau landasan , agar apa yang kita lakukan menjadi kuat. Inilah yang secara sederhana dapat saya pahami dari foundationalisme. Secara teori, fondasionalisme sendiri adalah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. Fondasionalisme ini menjadi salah satu ciri utama filsafat modern, dimana tugas utama filsafat modern adalah mencari landasan dari setiap pengetahuan.

    ReplyDelete
  27. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Foundationalism merupakan suatu teori pembenaran yang menyatakan bahwa kebenaran ilmu pengetahuan harus dapat dipertanggungjawabkan secara rasional dan perlu didasarkan atas suatu fondasi yang jelas dan tidak dapat diragukan lagi kebenarannya. Hal ini menyebabkan kebenaran tidak memerlukan koreksi lebih lanjut lagi. Fondasi yang dimaksud oleh para penganut teori ini dapat berupa intuisi akal budi atau persepsi indrawi.

    ReplyDelete
  28. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Foundationalism menyangkut teori-teori filosofis tentang pengetahuan yang didasarkan pada keyakinan yang telah dibenarkan, atau beberapa landasan keyakinan yang pasti seperti kesimpulan yang disimpulkan dari dasar tempat yang tepat. Fondasi sebagai dasar atau landasan sudah barang tentu dimiliki oleh segala sesuatu yang ada. Karena tanpa adanya fondasi sebagai pijakan maka hidup tidak menjadi terarah, dan akan menimbulkan ketidaktentraman.

    ReplyDelete
  29. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, Fondasionalisme merupkan ideologi filsafat yang meyakinai bahwa pengetahuan itu terstruktur. Fondasionalisme sangat erat hubungannya dengan fondasionalisme epistemik yaitu pandangan tentang struktur yang tepat pengetahuan atau kepercayaan seseorang dapat dibenarkan. Beberapa pernyataan atau keyakinan dikenal atau d dipercaya kebenarannya hanya karena berdasarkan pernyataan lain yang dikenal dan diyakini kebenarannya

    ReplyDelete
  30. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P. Matematika kelas A

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. setelah saya mencoba memahami apa makna dari fondasionalisme, saya dapat menafsirkan bahwa fondasionalisme adalah suatu paham atau pemikiran yang menyatakan bahwa segala pengetahuan berdiri di atas fondasi yang mendasarinya. Pemikiran ini sangat berguna dalam ranah penelitian ilmiah. Misalnya: kita tidak mungkin dapat memahami suatu hakikat tanpa mengetahui dasar ontologis dan epistemologisnya. Begitupun dalam ajaran agama Islam diajarkan bahwa beriman dan bertakwa harus dilandasi dengan pengetahuan yang bersumber dari Al_Quran dan As-Sunnah.

    ReplyDelete
  31. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Fondasionalisme, yang saya pahami adalah tentang landasan atau dasar. Maka berdasarkan beberapa link yang saya baca, bertambahlah apa yang saya ketahui tentang fondasionalisme, dan tugas saya adalah berupaya untuk memahaminya. Sepemahaman saya setelah membaca beberapa link di atas adalah bahwa fondasionalisme menegaskan jika suatu bangunan pastilah memiliki pondasi. Begitu juga dengan bangunan pengetahuan, tentu memiliki suatu pondasi pondasi dan landasan utama. Tentu dengan pondasi yang kokoh akan terbagun rumah-rumah pengetahuan yang kuat. Oleh karena itu, refleksi bagi diri saya pribadi, jika saya ingin memiliki rumah (ilmu) yang kuat, maka sayapun harus bersabar, tekun dan telaten menata pondasi-pondasi ilmu saya. Dan saya pun harus senantiasa ingat jikalah pondasi atau landasan terbaik adalah landasan spiritual. Bismillah, semoga kita senantiasa dala lindungan-Nya.

    ReplyDelete
  32. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Terimaksih atas link yang Bp berikan, dari beberapa link yang ada link yang tidak dapat saya akses yaitu http://www.unc.edu/~theis/phil32/foundationalism.html dan link http://www.rep.routledge.com/article/P059 malah beralih ke link https://www.rep.routledge.com/articles/overview/epistemology/v-1. Terkait dengan POUNDATIONALISM didalam link https://www.britannica.com/topic/foundationalism dituliskan bahwa Foundationalisme, secara epistemologi merupakan pandangan bahwa beberapa kepercayaan dapat dibenarkan dipegang oleh kesimpulan dari keyakinan lain, yang dibenarkan secara langsung - misalnya, berdasarkan intuisi rasional atau persepsi indra.

    ReplyDelete
  33. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Fundalisme erat dengan kekohohan asas. Fundamentalisme adalah sebuah gerakan pada sebuah aliran, paham atau agama yang berupaya untuk kembali kepada apa yang diyakini sebagai dasar-dasar atau asas-asas (fundamental). Fundamental adalah seatu keadaan yang menjadi penting dan kuat atas dasar ilmu yang dipegang. Fundalisme menyatakan klaim kebenaran pengetahuan secara rasional, bisa dipertanggung jawabkan dan didasarkan atas suatu pondasi yang kokoh.

    ReplyDelete
  34. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Fondasionalisme ialah paham yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun. Keyakinan tersebut berhubungan dengan epistemologi. Keyakinan ini merupakan bagian paling mendasar dari piramida kebenaran. Menurut paham fondasionalisme, suatu klaim kebenaran pengetahuan untuk dapat dipertanggungjawabkan secara rasional perlu didasarkan atas suatu fondasi atau basis yang kokoh, jelas dengan sendirinya, tidak dapat diragukan lagi kebenarannya, dan tidak memerlukan koreksi lebih lanjut. Kebenaran adalah persesuaian antara sesuatu dengan fondasinya dan sekaligus persesuaian antara akal dan kenyataan yang teramati. Fondasi yang dimaksud dalam aliran ini bisa berbentuk intuisi akal budi atau persepsi inderawi.

    ReplyDelete
  35. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Foundationalism dapat dimaknai sebagai paham mengenai landasan utama bagi pengetahuan yang ada di atasnya. Apabila dikaitkan dengan pembelajaran matematika maka foundatinalism mengajarkan kita untuk dalam membentuk pengetahuan atau konsep semua saling berkaitan dan dimulai dari dasar sebagai konsep awal. Apabila dari konsep dasar tersebut tidak dipahami maka untuk selanjutnya sangat susah untuk memahami konsep selanjutnya. Oleh karena itu guru sebagai fasilitator harus memastikan bahwa konsep dasar tersebut benar-benar dipahami oleh siswa agar siswa tidak kesulitan dalam memahami konsep selanjutnya. Istilahnya apabila bangunan dasar suatu bangunan kokoh maka bangunan atasnya tidak mudah runtuh.

    ReplyDelete
  36. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Saya mendapatkan informasi bahwa dasar dari ilmu filsafat ada pada epistemologinya. Pengetahuan dan konsep termasuk di dalamnya. Filsafat menekankan pada olah pikir. Oleh karenanya, filsafat mampu menghidupkan seseorang kepada suatu ilmu. Buktinya adalah saat seseorang dapat bertanya tentang hal-hal yang ingin diketahuinya secara mendalam atau memang belum diketahui sama sekali. Saya semakin menyadari bahwa saya akan benar-benar hidup jika menggunakan pikiran dalam konteks mencari dan menggapai suatu pengetahuan. Saya juga menyadari bahwa ilmu terdiri dari berbagai konsep dan pengalaman yang berbeda-beda. Sungguh sangat menarik jika benar-benar dapat menghayati pikiran dan hati kita sendiri. Kunci daripada masuknya ilmu adalah kejernihan pada pikiran.

    ReplyDelete
  37. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Foundationalism merupakan pandangan tentang struktur pembenaran atau pengetahuan. Foundationalist beranggapan bahwa semua pengetahuan atau kepercayaan yang dibenarkan pada dasarnya didasarkan pada pengetahuan noninferensial atau kepercayaan yang dapat dibenarkan. Fondasionalisme adalah teori pembenaran yang menyatakan bahwa suatu klaim kebenaran pengetahuan untuk dapat dipertanggungjawabkan secara rasional perlu didasarkan atas suatu fondasi yang kokoh. Jadi, ibarat sebuah bangunan, kekuatan sebuah bangunan dapat diasumsikan berdasarkan kekuatan pondasinya.

    ReplyDelete
  38. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Foundalisme adalah suatu pandangan yang mempunyai keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. Hal ini merupakan proses sebuah pembentukan ilmu pengetahuan. Bagaimana seseorang memgembangkan pengetahuan bisa dilihat dari fondasi atau dasar pemikiran yang ia miliki sebelumnya. Dengan kemampuan ilmu yang dia miliki, ia akan mengembangan pola pikirnya berdasar pengetahuan sebelumnya.

    ReplyDelete
  39. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Fondasionalisme adalah pandangan seseorang terhadap pengetahuan yang dibangun berlandaskan pada keyakinan atau pemikirannya yang paling dasar. Pengetahuan seseorang itu dapat dilihat dari bagaimana seseorang yang bersangkutan itu memikirkan hal yang menuntun ke pembentukkan pengetahuan.

    ReplyDelete
  40. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Membaca artikel ini mengingatkan saya pada sebuah rumah.Rumah akan dapat berdiri kokoh jika mempunyai fondasi yang kuat.Pepohonan akan dapat berdiri tegak jika akar-akarnya kuat.Sama seperti bentuk fundasionalime di dalam filsafat yang mempunyai rasa belas kasih terhadap suatu keyakinan yang aman dimana kesimpulan akhir diambil dari dasar yang sehat.Fundasionalisme memegang keyakinan dasar tanpa mengacu pada kepercayaan lain.

    ReplyDelete
  41. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Foundalisme merupakan pemikiran bahwa suatu klaim kebenaran terhadap pengetahuan dapat dipertanggungjawabkan secara rasional yang didasarkan pada fondasi atau dasar yang kokoh, yang jelas dengan sendirinya, tak dapat diragukan lagi kebenarannya, dan tak memerlukan koreksi lebih lanjut. Berdasarkan hal tersebut foudalisme mengengbangkan cara berpikir dengan suatu gagasan bahwa kepercayaan dapat dibenarkan bila kita mempunyai alasan yang tepat untuk menganggapnya benar. Contoh : “ warung makan A tidak jualan sarapan pecel pada minggu ini” hal ini bisa dibenarkan jika ada yang memperkuat bahwa “ saat ini ramadhan” dan “ warung itu tidak berjualan ketika pagi hari “. Jadi statement pertama dapat diyakini adanya ketika ada dua buah keyakinan adanya statement yang kedua dan yang ketika. Pemahaman kami berputar-puter Prof. Mohon pencerahannya. Terima Kasih

    ReplyDelete
  42. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Berdasarkan sumber yang bapak berikan, Foundationalism itu menyangkut teori-teori filosofis tentang pengetahuan yang didasarkan pada keyakinan yang telah dibenarkan, atau beberapa landasan keyakinan yang pasti seperti kesimpulan yang disimpulkan dari dasar tempat yang tepat. Saingan utamanya adalah koheren, di mana sebuah badan pengetahuan, yang tidak memerlukan pondasi yang aman, dapat dibentuk oleh kekuatan komponen yang saling terkait, seperti sebuah teka-teki yang dipecahkan tanpa kepastian sebelumnya bahwa setiap wilayah kecil telah terpecahkan dengan benar.

    ReplyDelete
  43. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa fondasionalisme merupakan teori filsafat mengenai pengetahuan yang harus berdasarkan kepercayaan yang terjustifikasi misalnya kesimpulan yang diambil dari dasar premis yang benar.

    ReplyDelete
  44. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link (http://id.wikipedia.org/wiki/foundationalism), Fondasionalisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. Fondasionalisme adalah teori pembenaran yang menyatakan bahwa suatu klaim kebenaran pengetahuan untuk dapat dipertanggungjawabkan secara rasional perlu didasarkan atas suatu fondasi atau basis yang kokoh, yang jelas dengan sendirinya, tak dapat diragukan lagi kebenarannya, dan tak memerlukan koreksi lebih lanjut. Para penganut teori ini membedakan antara dua kepercayaan dalam pembenaran. Yaitu kepercayaan dasar dan kepercayaan simpulan.

    ReplyDelete
  45. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Fondasionalisme adalah teori pembenaran yang menyatakan bahwa suatu klaim kebenaran pengetahuan untuk dapat dipertanggungjawabkan secara rasional perlu didasarkan atas suatu fondasi atau basis yang kokoh, yang jelas dengan sendirinya, tak dapat diragukan lagi kebenarannya, dan tak memerlukan koreksi lebih lanjut. Pembenaran kebenaran berstruktur hierarkis, dimana kepercayaan dasar sudah benar pada dirinya sendiri, sedangkan kepercayaan simpulan hanya dapat dibenarkan berdasarkan kepercayaan dasar. Pembenaran kebenaran terjadi secara searah. Dengan kata lain, pembenaran kebenaran bersifat asimetris. Wassalamu’alaikum.

    ReplyDelete
  46. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan sumber yang saya baca dari https://id.wikipedia.org/wiki/Fondasionalisme, foundasionalisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa foundationalism adalah pondasi dasar. Dalam foundamentalis teori ada klas keyakinan yang disebut keyakinan dasar yang tidak membutuhkan bukti. Keyakinan dasar tersebut cukup dimengerti saja.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  47. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Menurut Holism, seseorang adalah justified dalam merubah pola keyakinan ketika merubah akibat dalam kesederhanaan, pola, meninggalkan keyakinan yang kontradiksi atau tidak dapat dijelaskan oleh yang lain. Alasan yang sesuai untuk hubungan holism dan ignorance-avoidance adalah bahwa mereka berbagi pemikiran konsevatif untuk merubah dari keyakinan. Ketika sebuah keyakinan adalah koheren dengan keyakinan lain, kemudian menurut holistik kita dijustifikasi terus menerus untuk mempercayainya, meskipun kita tidak mempunyai bukti yang spesifik bahwa keyakinan itu benar.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  48. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Foundationalism menyangkut teori-teori filosofis tentang pengetahuan yang telah dibenarkan, atau beberapa landasan keyakinan yang pasti seperti kesimpulan yang disimpulkan dari dasar tempat yang tepat. Foundationalist menganggap bahwa segala sesuatu memiliki pondamen atau dasar. Pondamen dari sebuah ilmu adalah bertanya. Maka untuk memperoleh ilmu seseorang harus berpikir kritis dan bertanya. Lawan dari foundationalism adalah anti-faoundationalism.

    ReplyDelete
  49. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Pertama kali terlintas dalam benak saya adalah fundamen yang berarti dasar atau landasan. Fondasionalisme diartikan sebagai pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. Foundasionalisme adalah pandangan tentang struktur pembenaran atau pengetahuan. Para foundasionalis berpendapat secara singkat bahwa semua pengetahuan atau kepercayaan yang dibenarkan pada dasarnya didasarkan pada pengetahuan noninferensial atau kepercayaan yang dapat dibenarkan.

    ReplyDelete
  50. Junianto
    PM C

    Fondasionalisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. Pengetahuan dasar dalam pandangan ini dijadikan sebagai fondasi untuk menentukan pengetahuan-pengetahuan yang lain. Karena menjadi dasar/ fondasi maka pengetahuan yang baru tidak boleh bertentangna dengan keyakinan dasar yang telah ada atau yang telah dibangun.

    ReplyDelete
  51. Latifah Fitriasari
    PM C

    Foundationalist mengedepankan kekonsistenan dirinya sendiri. Hal ini bisa disebutkan juga jika pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya dan berhubungan dengan epistemologi. Tetapi Foundationalist cenderung membangun sistem matematika yang bersifat tertutup.Dalam ilmu pengetahuan pandangan tersebut berarti menerapkan kesewenang-wenangan untuk memaksa agar kita tunduk pada interpretasi sebagai kebenaran tunggal.

    ReplyDelete
  52. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Landasan dasar epistemis adalah pandangan tentang struktur pengetahuan seseorang yang benar atau keyakinan yang dapat dibenarkan. Beberapa kepercayaan dikenal atau diyakini hanya diyakini karena beberapa keyakinan lain diketahui atau dipercaya. Foundationalists memiliki dua proyek utama: teori tentang dasar-dasar yang tepat (yaitu teori pembenaran noninferensial) dan teori dukungan yang sesuai (yaitu teori pembenaran inferensial).

    ReplyDelete
  53. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Fondasionalisme bermaksud untuk menghindari masalah ini dengan positing keyakinan dasar: keyakinan ini dapat membenarkan keyakinan lain tetapi tidak perlu dibenarkan sendiri sehingga dapat berfungsi sebagai dasar pengetahuan. Klasik fondasionalisme menyatakan bahwa keyakinan dasar harus sempurna, dan pembenaran yang mungkin hanya terdiri dari penalaran deduktif dari satu keyakinan selanjutnya.

    ReplyDelete
  54. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Fondasionalisme merupakan pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. Fondasionalisme ini menjadi salah satu ciri utama filsafat. Bukan hanya filsafat, sebenarnya disiplin ilmu lain juga harus dibangun berdasarkan landasan yang kuat. Sesuatu yang dibangun dengan landasan yang kuat akan berdiri kokoh dan dapat dikembangkan dalam bentuk apapun. Oleh karena itu, baiknya segala sesuatu dibangun di atas suatu landasan yang kokoh.

    ReplyDelete
  55. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Fondasionalisme adalah keyakinan berdasarkan keyakinan. Hal itu berarti harus ada keyakinan sebelum membenarkan keyakinan lain. Fondasionalisme bermaksud untuk memnghindari masalah dengan cara memiliki keyakinan dasar. Keyakinan ini dapat digunakan untuk membenarkan keyakinan lain, sehingg suatu keyakinan dapat berfungsi sebagai dasar dari pengetahuan. Klasik fondasionalisme menyatakan bahwa keyakinan dasar harus sempurna, dan pembenaran yang mungkin hanya terdiri dari penalaran deduktif dari satu keyakinan ke depan. Terimakasih

    ReplyDelete
  56. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Fondasionalisme adalah paham yang memandang bahwa terdapat keyakinan yang mendasar bagi semua pengetahuan. Menurut paham fondasionalisme kebenaran adalah penyesuaian sesuatu dengan pondasinya dan sekaligus penyesuaian antara akal dan kenyataan. Paham yang memandang dunia dari dasarnya. Untuk membuat bangunan yang kokoh dibutuhkan pondasi yang kuat. Sehingga ketika dibuat bagunan di atasnya bangunannya akan berdiri kokoh. Maka dasar itu penting sebelum dikembangkan secara luas. Memahami konsep secara mendalam itu penting supaya nantinya dapat dikembangkan menuju pengetahuan yang baru sehingga membangun bangunan yang kokoh.

    ReplyDelete
  57. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Foundationalism merupakan paham dimana seluruh yang ada di dunia ini merupakan sesuatu yang harus memiliki landasan. Jika landasan dalam hidup itu tidak kuat, maka akan terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalkan saja, seseorang ingin membangun rumah. Mereka pasti perlu landasan atau pondasi rumah yang kokoh agar rumah tersebut awet. Namun, jika dari pondasi rumah saja sudah tidak kuat, maka umur rumah tersebut dapat rusak lebih cepat dibandingkan dengan landasan yang kuat. Inilah perumpamaan dari pernyataan bahwa hidup itu harus berlandaskan, landasan bagi manusia pastilah agama atau keyakinan. Semakin yakin seseorang terhadap agamanya, maka semakin kuat juga mereka dapat menjalani kehidupan di dunia ini.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  58. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Setiap perkataan dan perbuatan kita hendaknya memiliki landasan, agar tidak salah dalam berbicara dan bertindak sehingga menyakiti atau merugikan orang lain. Seperti kata pepatah ‘mulutmu harimaumu’. Apa yang kita ucapkan maka kita juga akan mempertanggungjawabkannya. Namun di era teknologi komunikasi seperti sekarang ini, sering orang berpendapat tanpa landasan. Mentang-mentang hidungnya tak nampak, suaranya tak terdengar, ekspresinya tak terlihat, seenaknya saja berbicara tidak baik di social media. Baik berupa postingan, maupun komentar.
    Begitu pula dengan membaca, perlu adanya landasan. Kalau tidak ada, maka cerita seseorang bisa diartikan pamer dan sombong, nasihat orang diartikan sindiran, pertanyaan orang diartikan sanggahan, dan semacamnya. Sehingga munculnya prasangka menyebabkan pertengkaran yang konyol. Bertengkar karena hal sepele tetapi bisa sampai ke meja hijau. Maka dari itu, marilah kita selalu menggunakan landasan dalam setiap perkataan dan perbuatan kita. Baik itu secara langsung maupun di social media atau internet.

    ReplyDelete
  59. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Fondasionalisme adalah teori pembenaran yang menyatakan bahwa suatu klaim kebenaran pengetahuan untuk dapat dipertanggungjawabkan secara rasional perlu didasarkan atas suatu fondasi atau basis yang kokoh, yang jelas dengan sendirinya, tak dapat diragukan lagi kebenarannya, dan tak memerlukan koreksi lebih lanjut. Jenis pengetahuan yang harus memiliki dasar sebagai pembenarannya ini dalam sejarah filsafat sudah dapat kita temui pada Plato dengan ideanya dan Aristoteles dengan materi dan bentuknya. Para penganut teori ini mebedakan antara dua kepercayaan dalam pembenaran. Yaitu kepercayaan dasar dan kepercayaan simpulan. Kepercayaan dasar adalah kepercayaan yang sudah jelas dengan sendirinya, sehingga dapat digunakan sebagai fondasi bagi kepercayaan-kepercayaan lain yang bersifat simpulan. Sedangkan kepercayaan simpulan adalah kepercayaan yang disimpulkan dari satu atau lebih kepercayaan dasar. Sebagai contoh, dengan keyakinan bahwa bilangan “positif kali positif adalah positif” sebagai keyakinan dasar, maka semua bilangan yang mengikuti pola “positif kali positif” pada akhirnya harus sesuai dengan keyakinan dasar tersebut, yaitu berhasil akhir positif. Seperti 2x2=4, 2x3=6, dst.

    ReplyDelete
  60. Metia Novianti
    17709251021
    PPs PM A

    Keyakinan atau kepercayaan harus dijustifikasi dalam rangka pertanggungjawaban rasional atas klaim kebenaran kepercayaan atau pendapat yang kita pegang. Justifikasi adalah alasan kenapa seseorang memiliki suatu kepercayaan, sebuah penjelasan mengenai kenapa sebuah kepercayaan adalah benar, atau bagaimana seseorang tahu apa yang diketahuinya. Fondasioanalisme merupakan salah satu teori justifikasi. Fondasioanlaisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya.

    ReplyDelete
  61. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  62. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Foundationalism adalah pandangan tentang struktur pembenaran atau pengetahuan. Tesis foundationalism secara singkat adalah bahwa semua pengetahuan atau kepercayaan yang dibenarkan pada dasarnya didasarkan pada pengetahuan noninferensial atau kepercayaan yang dapat dibenarkan. Dengan kata lain, beberapa landasan keyakinan yang pasti seperti kesimpulan yang disimpulkan berasal dari dasar yang tepat.
    Sedangkan menurut Aristoteles, membuat foundationalism pilihannya sendiri yang jelas dengan mengemukakan keyakinan dasar yang mendukung yang lain. Descartes, seorang foundationalist yang paling terkenal, menemukan sebuah dasar dalam kenyataan keberadaannya sendiri dan gagasan akal yang "jelas dan berbeda". Dan Locke menemukan sebuah landasan dalam pengalaman.

    ReplyDelete
  63. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Foundasionalisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun diatasnya. Foundasionalisme menjadi salah satu ciri utama filsafat modern sejak Descartes. Tugas pokok filsafat modern adalah mencari fondasi dari segala pengetahuan (foundasionalisme). Menurut paham ini, tugas para filsuf adalah mengesahkan pernyataan ilmiah dari disiplin-disiplin ilmu yang ada dengan cara menemukan fondasi atau dasar utamanya.

    ReplyDelete
  64. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Pada salah satu link di atas dikatakan bahwa, foundationalism adalah pandangan tentang struktur pembenaran atau pengetahuan. Tesis foundationalist secara singkat adalah bahwa semua pengetahuan atau kepercayaan yang dibenarkan pada dasarnya didasarkan pada pengetahuan noninferensial atau kepercayaan yang dapat dibenarkan.

    ReplyDelete
  65. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum Prof
    Postingan kali ini berbicara tentang paham fondasionalisme. Fondasionalisme adalah sebuah paham yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar. Dan orang yang memiliki paham fondalisme mempunyai sesuatu yang mendasar yang menjadi landasan utama untuk pengetahuan selanjutnya. Jadi orang seperti ini, mempunyai rasa jika mereka belum mempunyai dasar yang kuat, maka mereka mengalami kesulitan untuk melanjutkan pengetahuan yang lebih lanjut.

    ReplyDelete
  66. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Paham ini memahami segala sesuatu harus memiliki pondasi atau berdasar. Sifat kebenaran dalam kehidupan tergantung seberapa kuat yang melandasi hal itu. Paham ini mengajarkan bahwa setiap yang dilakukan haruslah memiliki dasar atau landasan. Begitu juga dengan ilmu pengetahuan, sebenar-benar ilmu pengetahuan adalah yang berdasar atau berlandaskan ilmu pengetahuan lain sebagai titik awal pengembangannya.

    ReplyDelete
  67. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Hal yang menjadi pegangan dalam meyakini sesuatu haruslah kuat. Sehingga pegangan yang kita yakini itu semestinya memiliki kekuatan, kepercayaan dan kebenaran yang hakiki karena jika tidak maka apa yang kita yakini tersebut akan mudah goyah. Sesuatu yang didasari pada pondasi yang kuat, akan sulit tertiup angin dan jatuh rubuh. Begitu juga dalam menjalani hidup, ciptakanlah pondasi yang kuat agar hidup tidak mudah goyah. Pegangan yang paling mendasar dan yang paling kuat adalah iman.

    ReplyDelete
  68. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  69. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Paham ini menyatakan bahwa adanya fondasi untuk menyandarkan keyakinan yang berupa keyakinan dasar. Semua pengetahuan didasarkan pada fondasi yang kuat. Landasan yang kuat ini sudah tidak perlu diragukan lagi kebenarannya. Fondasi yang kuat dalam berbagai hal sangat diperlukan karena untuk menopang beban diatasnya. Dalam hal pengetahuan, jika kita hendak membangun pengetahuan, maka pastikan dulu pengetahuan dasar kita harus kuat.

    ReplyDelete
  70. Gandes Sih Mustika
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241015

    Fondasionalisme adalah pandangan yang menyatakan terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang akan datang. Menurut paham ini, kebenaran adalah penyesuaian antara dasar dari pengetahuan sekaligus penyesuaian antara akal dan kenyataan yang teramati. Descartes mengatakan bahwa semua pengetahuan harus berdasarkan pada pondasi atau dasar yang aman dari kebenaran yang tidak terbantahkan.

    ReplyDelete