Dec 2, 2012

FOUNDATIONALISM





Ass Wr Wb
 Jika ingin membaca lebih lanjut tentang FOUNDATIONALISM, koneklah:










Wss Wr Wb
Marsigit

12 comments:

  1. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Fondasionalisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. Hal ini berhubungan dengan epistemologi. Fondasionalisme ini menjadi salah satu ciri utama filsafat modern sejak Descartes. Tugas pokok filsafat modern adalah mencari fondasi segala pengetahuan (fondasionalisme).

    ReplyDelete
  2. Fondasionalisme adalah cara pandang bahwa pengetahuan memerlukan fondasi atau basis yang kokoh, yang jelas, tak dapat diragukan kebenarannya dan tak memerlukan koreksi lebih lanjut. Pembenarannya ada pada hal yang menjadi fondasinya tersebut. Pertanggungjawaban kebenaran berdasarkan pada pondasi yang membentuk pengetahuan tersebut. Misal dasar negara Indonesia adalah Pancasila maka pancasila digunakan untuk menysusun, membangun, dan memajukan bangsa dan negara Indonesia. Kerangka pembangunan dan kemajuan adalah pada penjabaran Pancasila. Pancasila disebut dasar atau pondasinya.

    ReplyDelete
  3. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Apa yang kita lakukan dalam hidup selalu membutuhkan dasar atau landasan , agar apa yang kita lakukan menjadi kuat. Inilah yang secara sederhana dapat saya pahami dari foundationalisme. Secara teori, fondasionalisme sendiri adalah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. Fondasionalisme ini menjadi salah satu ciri utama filsafat modern, dimana tugas utama filsafat modern adalah mencari landasan dari setiap pengetahuan.

    ReplyDelete
  4. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Foundationalism merupakan suatu teori pembenaran yang menyatakan bahwa kebenaran ilmu pengetahuan harus dapat dipertanggungjawabkan secara rasional dan perlu didasarkan atas suatu fondasi yang jelas dan tidak dapat diragukan lagi kebenarannya. Hal ini menyebabkan kebenaran tidak memerlukan koreksi lebih lanjut lagi. Fondasi yang dimaksud oleh para penganut teori ini dapat berupa intuisi akal budi atau persepsi indrawi.

    ReplyDelete
  5. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Foundationalism menyangkut teori-teori filosofis tentang pengetahuan yang didasarkan pada keyakinan yang telah dibenarkan, atau beberapa landasan keyakinan yang pasti seperti kesimpulan yang disimpulkan dari dasar tempat yang tepat. Fondasi sebagai dasar atau landasan sudah barang tentu dimiliki oleh segala sesuatu yang ada. Karena tanpa adanya fondasi sebagai pijakan maka hidup tidak menjadi terarah, dan akan menimbulkan ketidaktentraman.

    ReplyDelete
  6. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, Fondasionalisme merupkan ideologi filsafat yang meyakinai bahwa pengetahuan itu terstruktur. Fondasionalisme sangat erat hubungannya dengan fondasionalisme epistemik yaitu pandangan tentang struktur yang tepat pengetahuan atau kepercayaan seseorang dapat dibenarkan. Beberapa pernyataan atau keyakinan dikenal atau d dipercaya kebenarannya hanya karena berdasarkan pernyataan lain yang dikenal dan diyakini kebenarannya

    ReplyDelete
  7. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P. Matematika kelas A

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. setelah saya mencoba memahami apa makna dari fondasionalisme, saya dapat menafsirkan bahwa fondasionalisme adalah suatu paham atau pemikiran yang menyatakan bahwa segala pengetahuan berdiri di atas fondasi yang mendasarinya. Pemikiran ini sangat berguna dalam ranah penelitian ilmiah. Misalnya: kita tidak mungkin dapat memahami suatu hakikat tanpa mengetahui dasar ontologis dan epistemologisnya. Begitupun dalam ajaran agama Islam diajarkan bahwa beriman dan bertakwa harus dilandasi dengan pengetahuan yang bersumber dari Al_Quran dan As-Sunnah.

    ReplyDelete
  8. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Fondasionalisme, yang saya pahami adalah tentang landasan atau dasar. Maka berdasarkan beberapa link yang saya baca, bertambahlah apa yang saya ketahui tentang fondasionalisme, dan tugas saya adalah berupaya untuk memahaminya. Sepemahaman saya setelah membaca beberapa link di atas adalah bahwa fondasionalisme menegaskan jika suatu bangunan pastilah memiliki pondasi. Begitu juga dengan bangunan pengetahuan, tentu memiliki suatu pondasi pondasi dan landasan utama. Tentu dengan pondasi yang kokoh akan terbagun rumah-rumah pengetahuan yang kuat. Oleh karena itu, refleksi bagi diri saya pribadi, jika saya ingin memiliki rumah (ilmu) yang kuat, maka sayapun harus bersabar, tekun dan telaten menata pondasi-pondasi ilmu saya. Dan saya pun harus senantiasa ingat jikalah pondasi atau landasan terbaik adalah landasan spiritual. Bismillah, semoga kita senantiasa dala lindungan-Nya.

    ReplyDelete
  9. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Terimaksih atas link yang Bp berikan, dari beberapa link yang ada link yang tidak dapat saya akses yaitu http://www.unc.edu/~theis/phil32/foundationalism.html dan link http://www.rep.routledge.com/article/P059 malah beralih ke link https://www.rep.routledge.com/articles/overview/epistemology/v-1. Terkait dengan POUNDATIONALISM didalam link https://www.britannica.com/topic/foundationalism dituliskan bahwa Foundationalisme, secara epistemologi merupakan pandangan bahwa beberapa kepercayaan dapat dibenarkan dipegang oleh kesimpulan dari keyakinan lain, yang dibenarkan secara langsung - misalnya, berdasarkan intuisi rasional atau persepsi indra.

    ReplyDelete
  10. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Fundalisme erat dengan kekohohan asas. Fundamentalisme adalah sebuah gerakan pada sebuah aliran, paham atau agama yang berupaya untuk kembali kepada apa yang diyakini sebagai dasar-dasar atau asas-asas (fundamental). Fundamental adalah seatu keadaan yang menjadi penting dan kuat atas dasar ilmu yang dipegang. Fundalisme menyatakan klaim kebenaran pengetahuan secara rasional, bisa dipertanggung jawabkan dan didasarkan atas suatu pondasi yang kokoh.

    ReplyDelete
  11. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Fondasionalisme ialah paham yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun. Keyakinan tersebut berhubungan dengan epistemologi. Keyakinan ini merupakan bagian paling mendasar dari piramida kebenaran. Menurut paham fondasionalisme, suatu klaim kebenaran pengetahuan untuk dapat dipertanggungjawabkan secara rasional perlu didasarkan atas suatu fondasi atau basis yang kokoh, jelas dengan sendirinya, tidak dapat diragukan lagi kebenarannya, dan tidak memerlukan koreksi lebih lanjut. Kebenaran adalah persesuaian antara sesuatu dengan fondasinya dan sekaligus persesuaian antara akal dan kenyataan yang teramati. Fondasi yang dimaksud dalam aliran ini bisa berbentuk intuisi akal budi atau persepsi inderawi.

    ReplyDelete
  12. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Foundationalism dapat dimaknai sebagai paham mengenai landasan utama bagi pengetahuan yang ada di atasnya. Apabila dikaitkan dengan pembelajaran matematika maka foundatinalism mengajarkan kita untuk dalam membentuk pengetahuan atau konsep semua saling berkaitan dan dimulai dari dasar sebagai konsep awal. Apabila dari konsep dasar tersebut tidak dipahami maka untuk selanjutnya sangat susah untuk memahami konsep selanjutnya. Oleh karena itu guru sebagai fasilitator harus memastikan bahwa konsep dasar tersebut benar-benar dipahami oleh siswa agar siswa tidak kesulitan dalam memahami konsep selanjutnya. Istilahnya apabila bangunan dasar suatu bangunan kokoh maka bangunan atasnya tidak mudah runtuh.

    ReplyDelete