Dec 2, 2012

FOUNDATIONALISM





Ass Wr Wb
 Jika ingin membaca lebih lanjut tentang FOUNDATIONALISM, koneklah:










Wss Wr Wb
Marsigit

8 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Fondasionalisme adalah teori pembenaran yang menyatakan bahwa suatu kebenaran pengetahuan harus dapat dipertanggungjawabkan secara rasional perlu didasarkan atas suatu fondasi atau basis yang kokoh, sehingga tak diragukan lagi kebenarannya, dan tak memerlukan koreksi lebih lanjut. Jenis pengetahuan yang harus memiliki dasar sebagai pembenarannya ini dalam sejarah filsafat sudah dapat kita temui pada Plato dengan ideanya dan Aristoteles dengan materi dan bentuknya. Adapun orang yang melaksanakan pondamen macam ini adalah kaum foundamentalis.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Fondasionalisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. Pandangan ini berarti pengetahuan yang akan dibangun akan menjadi kuat dan kokoh jika dilandasi dan dibangun dengan pemahaman dasar yang juga kuat dan kokoh. Selain dari itu pengetahuan dengan pemahaman yang dasar dan kokoh ini menjadikan kebenaran pengetahuan dapat dipertanggungjawabkan secara rasional sebab kita memiliki keyakinan mendasar dari pengetahuan tersebut untuktidak diragukan lagi.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Fondasionalisme adalah teori pembenaran yang menyatakan bahwa suatu klaim kebenaran pengetahuan untuk dapat dipertanggung jawabkan secara rasional perlu didasarkan atas suatu fondasi atau basis yang kokoh, yang jelas dengan sendirinya, tak dapat diragukan kebenarannya dan tak memerlukan koreksi lebih lanjut. Aliran fondasionalis ini terbagi dua, yang pertama yaitu fondasionalis ketat, yang mengatakan bahwa kepercayaan dasar harus jelas, tak keliru dan tak dapat diragukan lagi, dan pembenaran yang merujuk pada kepercayaan dasar itu harus berdasarkan suatu implikasi logis atau induksi dari kepercayaan dasar tersebut. Yang kedua adalah fondasionalis moderat. Aliran ini tidak menuntut bahwa suatu kepercayaan dasar haruslah tak dapat keliru dan tak dapat diragukan.

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Fondasionalisme adalah teori pembenaran yang didasarkan pada anggapan dasar bahwa, klaim kebenaran terhadap sesuatu perlu didasarkan pada fondasi atau basis yang kokoh, dan jelas dengan sendirinya sehingga tidak membutuhkan koreksi lebih lanjut. Fondasi yang dimaksud oleh para penganut teori pembenaran ini biasanya berbentuk intuisi akal budi atau persepsi indrawi. Seorang foundasionalis yang memberikan pembuktian kebenaran dari pendapat seseorang lainnya yang dianggapnya butuh ditemukan kebenarannya.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Fondasionalisme adalah teori pembenaran, DIMANA suatu kebenaran pengetahuan harus dapat dipertanggungjawabkan. fondasionalisme memiliki infalibilitas mengemukakan keyakinan dasar dan penalaran deduktif antara keyakinan-a fondasionalisme yang kuat. foundationalists baru-baru ini telah beragam diperbolehkan keyakinan keliru dasar, dan penalaran induktif antara mereka, baik dengan induksi enumerative atau inferensi untuk penjelasan terbaik.Dan sedangkan internalists membutuhkan akses kognitif untuk sarana membenarkan, externalists menemukan pembenaran tanpa akses tersebut.

    ReplyDelete
  6. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    fondasionalisme epistemik adalah pandangan tentang struktur yang tepat mengenai pengetahuan atau kepercayaan seseorang yang dibenarkan. Beberapa keyakinan dikenal atau dibenarkan percaya hanya karena beberapa kepercayaan lain yang dikenal atau dibenarkan percaya. Misalnya, Anda dapat mengetahui bahwa Anda memiliki penyakit jantung hanya jika Anda tahu beberapa klaim lain seperti dokter Anda melaporkan ini dan dokter dapat dipercaya. Dukungan keyakinan ini menyediakan keyakinan Anda bahwa Anda memiliki penyakit jantung menggambarkan bahwa kepercayaan pertama Anda adalah epistemis tergantung pada ini dua keyakinan lainnya. Ketergantungan epistemik ini secara alami menimbulkan pertanyaan tentang struktur epistemik yang tepat untuk keyakinan kita. Harus semua keyakinan didukung oleh keyakinan lain? Beberapa keyakinan benar diyakini selain menerima dukungan dari keyakinan lain? Apa sifat dari dukungan yang tepat antara keyakinan? fondasionalisme epistemik adalah salah satu pandangan tentang bagaimana menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. Foundationalists mempertahankan bahwa beberapa keyakinan yang benar dasar dan bahwa sisa dari keyakinan seseorang mewarisi status epistemik mereka (pengetahuan atau pembenaran) dalam kebajikan menerima dukungan yang tepat dari keyakinan dasar. Foundationalists memiliki dua proyek utama: teori basicality yang tepat (yaitu, teori pembenaran noninferential) dan teori dukungan yang tepat (yaitu, teori pembenaran inferensial).

    ReplyDelete
  7. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Fondasionalisme adalah teori pembenaran yang menyatakan bahwa suatu klaim kebenaran pengetahuan dapat dipertanggung jawabkan secara rasional dan perlu didasarkan atas suatu fondasi atau basis yang kokoh, yang jelas, tak dapat diragukan kebenarannya dan tak memerlukan koreksi lebih lanjut. Mereka meyakini bahwa manusia dapat memperoleh pengetahuan langsung dan tak dapat diragukan tentang prinsip-prinsip atau proposisi dasar tersebut, baik secara rasional maupun eksperimen. Beberapa kepercayaan dasar sudah jelas dengan sendirinya, sehingga tidak memerlukan pembenaran lain. Sedangkan kepercayaan lain hanya bisa dibenarkan berdasarkan kepercayaan dasar tersebut.

    ReplyDelete
  8. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Fondasionalisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya.
    Dalam suatu pengetahuan pasti ada keyakinan mendasar yang diyakini kebenarannya.
    Sehingga ntuk memperoleh pengetahuan yang benar harus mempunyai keyakinan dasar yang benar pula.

    ReplyDelete