Dec 2, 2012

FOUNDATIONALISM





Ass Wr Wb
 Jika ingin membaca lebih lanjut tentang FOUNDATIONALISM, koneklah:










Wss Wr Wb
Marsigit

33 comments:

  1. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Fondasionalisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. Pandangan ini berarti pengetahuan yang akan dibangun akan menjadi kuat dan kokoh jika dilandasi dan dibangun dengan pemahaman dasar yang juga kuat dan kokoh. Kita memiliki cara berpikir dengan suatu gagasan bahwa kepercayaan dapat dijustifikasi (dibenarkan) bila kita mempunyai alasan yang tepat untuk menganggapnya benar. Fondasi atau dasar yang dimaksud oleh para penganut teori pembenaran ini bisa berbentuk intuisi akal budi atau persepsi indrawi. Intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa penalaran rasional dan intelektual dan persepsi indrawi adalah pengalaman yang didapatkan melalui sense indera yang kita miliki. Ungkapan seperti: “menurut pendapat saya”, “menurut penglihatan saya” adalah pernyataan-pernyataan pembenaran yang berasal dari paham fondasionalisme ini. Selain dari itu pengetahuan dengan pemahaman yang dasar dan kokoh ini menjadikan kebenaran pengetahuan dapat dipertanggungjawabkan secara rasional sebab kita memiliki keyakinan mendasar dari pengetahuan tersebut untuktidak diragukan lagi.

    ReplyDelete
  2. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Fondasionalisme ialah paham yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun. Keyakinan tersebut berhubungan dengan epistemologi. Keyakinan ini merupakan bagian paling mendasar dari piramida kebenaran. Menurut paham fondasionalisme, suatu klaim kebenaran pengetahuan untuk dapat dipertanggungjawabkan secara rasional perlu didasarkan atas suatu fondasi atau basis yang kokoh, jelas dengan sendirinya, tidak dapat diragukan lagi kebenarannya, dan tidak memerlukan koreksi lebih lanjut. Kebenaran adalah persesuaian antara sesuatu dengan fondasinya dan sekaligus persesuaian antara akal dan kenyataan yang teramati. Fondasi yang dimaksud dalam aliran ini bisa berbentuk intuisi akal budi atau persepsi inderawi.

    ReplyDelete
  3. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Foundationalism merupakan paham yang menyatakan tentang struktur pembenaran atau pengetahuan. Tesis foundationalism dengan singkat merupakan semua pengetahuan ataupun kepercayaan yang dibenarkan dan didasarkan pada pengetahuan noninferensial atau yang dapat dibenarkan. Dengan kata lain, beberapa landasan keyakinan disimpulkan dengan kesimpulan yang tepat. Aristoteles berpendapat bahwa keyakinan dasar mendukung keyakinan lain.

    ReplyDelete
  4. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Fondasionalisme merupakan suatu klaim kebenaran pengetahuan untuk dapat dipertanggung jawabkan secara rasional perlu didasarkan atas suatu fondasi atau basis yang kokoh, yang jelas dengan sendirinya, tak dapat diragukan kebenarannya dan tak memerlukan koreksi lebih lanjut. Dalam membangun gedung pun dibutuhkan pondasi yang kuat, begitu pula dalam membangun pengetahuan yang kuat maka dibutuhkan juga pondasi yang kokoh.

    ReplyDelete
  5. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Foundationalism dalam epistemologi merupakan pandangan bahwa beberapa keyakinan dapat dibenarkan dipegang oleh kesimpulan dari keyakinan lain yang mereka sendiri dibenarkan secara langsung misalnya atas dasar intuisi rasional atau persepsi inderawi. Kaum foundasionalis biasanya mengakui kebenaran-kebenaran yang terbukti dengan sendirinya dan laporan-data indera sebagai dasar, dalam arti bahwa mereka tidak memerlukan dukungan dari kepercayaan-kepercayaan lain. Keyakinan demikian dengan demikian memberikan fondasi di mana bangunan pengetahuan dapat dibangun dengan benar. Saingan utama teori pembenaran fondasionalis adalah teori koherensi pembenaran, di mana tubuh pengetahuan, tidak membutuhkan landasan yang aman, dapat dibentuk oleh kekuatan saling komponennya, seperti teka-teki yang dipecahkan tanpa kepastian sebelumnya bahwa setiap wilayah kecil diselesaikan dengan benar.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  6. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Fondasionalism merupakan suatu paham yang menitik beratkan semua identifikasi nilai pada suatu pondasinya. Pola pikir ini merupakan salah satu karakter dari filsafat modern yang selalu merunut sebuah nilai dengan mengkaji berbagai macam pondasinya. Acuan pola pikir ini adalah grafik gerak suatu ilmu. Dalam perkembangannya ilmu bergerak melalui sebuah grafik yang dapat dilihat ujung pangkalnya. Sehingga dalam kajiannya pun suatu ilmu dapat dirunut tahap perkembangannya dengan menempatkan pangkal sebagai fondasinya.
    Pola pikir ini sangat relevan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas. Dengan berbasis pada fondasi maka siswa akan lebih mudah dalam belajar. Runtutan-runtutan materi akan tersaji lebih nikmat. Hingga dalam kebermakanaan proses belajar pun lebih baik ketika pondasi sudah melekat pada setiap siswa. Matematika merupakan contoh proses pembelajaran yang sangat nampak fondasionalismenya, dimana materi selalu dipaparkan dengan hirarkinya sehingga siswa lebih mudah dalam belajar, dimulai dari pemahaman pondasi menuju ke berbagai ilmu yang lebih kompleks.

    ReplyDelete
  7. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, fondasionalisme adalah teori pembenaran yang menyatakan bahwa suatu klaim kebenaran pengetahuan untuk dapat dipertanggungjawabkan secara rasional perlu didasarkan atas suatu fondasi atau basis yang kokoh, yang jelas dengan sendirinya, tak dapat diragukan lagi kebenarannya, dan tak memerlukan koreksi lebih lanjut. Adapun fondasi yang dimaksud oleh para penganut teori fondasionalisme ini bisa berbentuk intuisi akal budi atau persepsi indra kita.

    ReplyDelete
  8. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Foundationalism merupakan paham yang menyatakan tentang struktur kebenaran akan suatu pengetahuan. Foundationalism merupakan sebuah teori pembenaran struktural karena kesimpulan yang dibangun berdasarkan pada kepercayaan dasar yang sudah benar pada dirinya sendiri. Sehingga foundationalism dimaksudkan untuk menghindari keraguan atau kecurigaan dalam kebenaran suatu pengetahuan.

    ReplyDelete
  9. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Paham Foundalisme merupakan paham mengenai cara menemukan fondasi atau dasar utama dari suatu pernyataan ilmiah berbagai disiplin ilmu yang ada yang telah kita ketahui dari berbagai filsuf terkait. Dapat dikatakan pula bahwa fondasionalisme merupakan pandangan tentang bagaimana keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. Hal ini erat kaitannya dengan epistemologi

    ReplyDelete
  10. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Fondasionalisme merupakan suatu pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. Fondasionalisme menjadi salah satu ciri utama filsafat modern sejak Descartes karena tugas pokok filsafat modern adalah mencari fondasi segala pengetahuan (fondasionalisme). Dengan demikian, menurut paham fondasionalisme, kebenaran adalah persesuaian antara sesuatu dengan fondasinya dan sekaligus persesuaian antara akal dan kenyataan yang teramati.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  11. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Fondasionalisme adalah teori pembenaran yang menyatakan bahwa suatu klaim kebenaran pengetahuan agar dapat dipertanggungjawabkan secara rasional maka perlu didasarkan atas suatu fondasi atau basis yang kokoh, yang jelas dengan sendirinya, tak dapat diragukan lagi kebenarannya, dan tak memerlukan koreksi lebih lanjut. Jenis pengetahuan yang harus memiliki dasar sebagai pembenarannya ini dalam sejarah filsafat sudah dapat kita temui pada seorang filsuf, yaitu Plato dengan ideanya dan Aristoteles dengan materi dan bentuknya. Adapun fondasi yang dimaksud oleh para penganut teori pembenaran ini bisa berbentuk intuisi akal budi atau persepsi indrawi.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  12. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Menurut Wikipedia, fondasionalisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. Lebih lanjut lagi dijelaskan bahwa fondasionalisme adalah teori pembenaran yang menyatakan bahwa suatu klaim kebenaran pengetahuan untuk dapat dipertanggugjawabkan secaa rasional perlu didasarkan atas suatu fondasi atau basis yang kokoh, yang jelas dengan sendirinya, tak dapat diragukan lagi kebenarannya, dan tak memerlukan koreksi lebih lanjut.

    ReplyDelete
  13. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Para penganut teori fondasionalisme membedakan antara dua kepercayaan dalam pembenaran yaitu kepercayaan dasar dan kepercayaan simpulan. Kepercayaan dasar adalah kepercayaan yang sudah jelas dengan sendirinya sehingga dapat digunakan sebagai fondasi bagi kepercayaan lain yang bersifat simpulan. Sedangkan kepercayaan simpulan adalah kepercayaan yang disimpulkan dari satu atau lebih kepercayaan dasar. Sebagai contoh dengan keyakinan bahwa bilanagan “positif kali positif adalah positif” sebagai keyakinan dasr, maka semua bilangan yang mengikuti “positif kali positif” pada akhirnya harus sesuai dengan keyakinan dasar tersebut yakni berhasil akhir positif.

    ReplyDelete
  14. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Fundalisme erat dengan kekohohan asas. Fundamentalisme adalah sebuah gerakan pada sebuah aliran, paham atau agama yang berupaya untuk kembali kepada apa yang diyakini sebagai dasar-dasar atau asas-asas (fundamental). Fundamental adalah seatu keadaan yang menjadi penting dan kuat atas dasar ilmu yang dipegang. Fundalisme menyatakan klaim kebenaran pengetahuan secara rasional, bisa dipertanggung jawabkan dan didasarkan atas suatu pondasi yang kokoh.

    ReplyDelete
  15. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Foundationalism atau foundasionalisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun diatasnya. Tokoh filsuf yang mengembangkan pandangan ini adalah Aristoteles, Descartes, dan John Locke. Para filsuf mengesahkan pernyataan ilmiah dari disiplin-disiplin ilmu yang ada dengan cara menemukan fondasi atau dasar utamanya. Foundasionalisme ini merupakan warisan dari Rene Descarte yang memusatkan kebenaran filsafat pada rasio manusia, slogannya adalah aku berpikir maka aku ada. Dengan demikian foundasionalisme ini adalah persesuaian antara sesuatu dengan fondasinya dan sekaligus persesuaian antara akal dan kenyataan yang teramati.

    ReplyDelete
  16. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Fondasionalisme adalah teori pembenaran yang menyatakan bahwa suatu klaim kebenaran pengetahuan untuk dapat dipertanggungjawabkan secara rasional perlu didasarkan atas suatu fondasi atau basis yang kokoh, yang jelas dengan sendirinya, tak dapat diragukan lagi kebenarannya, dan tak memerlukan koreksi lebih lanjut.

    ReplyDelete
  17. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Fondasionalisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. menurut paham fondasionalisme, kebenaran adalah persesuaian antara sesuatu dengan fondasinya dan sekaligus persesuaian antara akal dan kenyataan yang teramati. Terimakasih

    ReplyDelete
  18. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Fondasionalisme merupakan aliran engetahuan yang bertumpu pada suatu landasan yang pasti seperti kesimpulan yang disimpulkan dari dasar pemikiran yang logis dan rasional. Fondasi yang berbeda dapat mencerminkan perbedaan epistemologis— empiris menekankan pengalaman, rasionalis menekankan nalar — tetapi dapat menggabungkan keduanya.

    ReplyDelete
  19. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Rasio dipandang sebagai satu-satunya alat yang mampu menjawab cara menemukan fondasi atau dasar utamanya. Menurut paham fondasionalisme, kebenaran adalah persesuaian antara sesuatu dengan fondasinya dan sekaligus persesuaian antara akal dan kenyataan yang teramati. Kemampuan manusia untuk menggunakan akal dalam memahami lingkungannya merupakan potensi dasar yang memungkinkan manusia berpikir, dengan berpikir manusia menjadi mampu melakukan perubahan dalam dirinya, dan memang sebagian besar perubahan dalam diri manusia merupakan akibat dari aktivitas berpikir.

    ReplyDelete
  20. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Fondasionalisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. Hal ini berhubungan dengan epistimologi. Foundasionalisme ini menjadi salah satu ciri utama filsafat modern sejak Descartes. Tugas pokok filsafat modern adalah mencari fondasi segala pengetahuan (fondasonalisme)

    ReplyDelete
  21. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    fondasionalisme merupakan suatu teori pembenaran yang memandang bahwa semua pengetahuan didasarkan pada fondasi yang kuat, yang tak diragukan lagi kebenarannya. Menurut aliran ini terdapat dua kepercayaan dalam pembenaran. Kepercayaan dasar dan kepercayaan simpulan. Kepercayaan dasar adalah kepercayaan yang sudah jelas, tidak perlu diragukan lagi dan bisa menjadi landasan bagi kepecayaan simpulan. Sehingga kepercayaan simpulan lahir dari satu atau lebih kepercayaan dasar.

    ReplyDelete
  22. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Foundationalism berpendapat bahwa ada 'kepercayaan dasar' yang berfungsi sebagai fondasi untuk menjangkarkan seluruh keyakinan kita. Artinya, foundationalisme berpendapat bahwa ada kepercayaan dasar sebelum kita memiliki pandangan.

    ReplyDelete
  23. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Fondasionalisme berkaitan dengan teori-teori filosofis tentang pengetahuan yang didasarkan pada kepercayaan yang dibenarkan, atau landasan kepastian yang aman seperti kesimpulan yang disimpulkan dari dasar pemikiran yang sehat.

    ReplyDelete
  24. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Suatu klaim kebenaran pengetahuan dapat dipertanggungjawabkan secara rasional jika didasarkan pada suatu fondasi yang kokoh. Fondasi ini harus bersifat jelas dengan sendirinya, tidak memunculkan keraguan, serta tidak memerlukan koreksi lebih lanjut. Penganut filsafat fondasionalisme meyakini bahwa fondasi kokoh ini adalah intuisi akal budi atau persepsi inderawi. Pola berfikir demikian relevan dalam proses penalaran manusia, di mana manusia harus memiliki alasan yang kuat sebelum mengemukakan asumsi-asumsi atau memiliki bukti-bukti akurat yang dapat mendukung asumsi-asumsinya. Demikian pula dengan bidang-bidang ilmu yang ada di dunia ini sesungguhnya masing-masing memiliki satu fondasi yang kemudia berkembang seiring dinamika zaman.

    ReplyDelete
  25. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, Fondasionalisme adalah teori pembenaran yang menyatakan bahwa suatu klaim kebenaran pengetahuan untuk dapat dipertanggungjawabkan secara rasional perlu didasarkan atas suatu fondasi atau basis yang kokoh, yang jelas dengan sendirinya, tak dapat diragukan lagi kebenarannya, dan tak memerlukan koreksi lebih lanjut. Adapun fondasi yang dimaksud oleh para penganut teori pembenaran ini bisa berbentuk intuisi akal budi atau persepsi indrawi. Intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa penalaran rasional dan intelektual dan persepsi indrawi adalah pengalaman yang didapatkan melalui sense indera yang kita miliki. Ungkapan seperti: “menurut pendapat saya”, “menurut penglihatan saya”, “perasaan saya mengatakan.....” adalah pernyataan-pernyataan pembenaran yang berasal dari paham fondasionalisme ini. Terimakasih

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Foundationalism merupakan pendangan mengenai struktur dari pengetahuan dan justifikasi. Foundationalism merupakan klaim kebenaran pengetahuan/ kepercayaan yang didasarkan pada justifikasi yang rasional dan memiliki dasar yang kuat. Fondasi ini dapat berupa intuisi akal, maupuan persepsi indra. Contohnya seseorang hanya dapat mengetahui terjangkit hepatitis apabila ada pernyataan dari dokter, maka dalam hal ini kebenaran didasarkan justifikasi dari dokter yang memiliki fondasi yang kuat dalam bidangnya.

    ReplyDelete
  28. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Foundationalism, dalam epistemologi, berupa pandangan bahwa beberapa kepercayaan dapat dibenarkan jika dipegang oleh kesimpulan dari keyakinan lain, yang dengan sendirinya dibenarkan secara langsung misalkan berdasarkan intuisi rasional atau persepsi indera. Kaum fondationalism secara khas mengakui kebenaran dan laporan bukti-indera yang terbukti dengan sendirinya sebagai dasar, dalam artian mereka tidak membutuhkan dukungan dari kepercayaan lain. Karenanya, keyakinan semacam itu memberikan fondasi di mana bangunan pengetahuan dapat dibangun dengan benar.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Fondasionalisme epistemik adalah pandangan tentang struktur yang tepat dari pengetahuan seseorang atau keyakinan yang dibenarkan. Beberapa keyakinan diketahui atau dibenarkan hanya karena beberapa keyakinan lain dikenal atau diyakini benar. Misalnya, Anda dapat mengetahui bahwa Anda memiliki penyakit jantung hanya jika Anda mengetahui beberapa klaim lain seperti dokter Anda melaporkan hal ini dan dokter dapat dipercaya. Dukungan kepercayaan ini memberikan keyakinan Anda bahwa Anda memiliki penyakit jantung menggambarkan bahwa keyakinan pertama Anda secara epistemik tergantung pada dua keyakinan lainnya.

    ReplyDelete
  31. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pend matematika D 2019

    Fondasionalisme merupkan ideologi filsafat yang meyakinai bahwa pengetahuan itu terstruktur. Fondasionalisme sangat erat hubungannya dengan fondasionalisme epistemik yaitu pandangan tentang struktur yang tepat pengetahuan atau kepercayaan seseorang dapat dibenarkan. Beberapa pernyataan atau keyakinan dikenal atau d dipercaya kebenarannya hanya karena berdasarkan pernyataan lain yang dikenal dan diyakini kebenarannya.

    ReplyDelete
  32. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Berdasarkan sumber di atas, terlihat bahwa foundasionalisme yang menjadi salah satu ciri utama filsafat modern sejak Descartes adalah pandangan tentang struktur pembenaran atau pengetahuan. Didefinisikan pula sebagai pandangan yang menyatakan bahwa terdapat keyakinan yang mendasar dan menjadi landasan utama bagi semua pengetahuan yang dibangun di atasnya. Ilmu pengetahuan semestinya bergerak dalam garis lurus hingga mencapai satu titik aksiomatis, di mana pengetahuan tidak membutuhkan pembenaran apapun lagi, (http://id.wikipedia.org/wiki/Fondasionalisme).
    Jika direfleksikan dalam kehidupan, aliran foundalisme ibarat iman. Jika seseorang sudah percaya adanya Allah dan mengakui kebenaran Islam, maka pengetahuan tentang agama Islam akan dengan mudah dibangun. Namun saat seseorang menolak kebenaran Allah dan hakikat Islam, maka segala pengetahuan keagamaan yang berhubungan akan ditolak sehingga sulit untuk dibangun.

    ReplyDelete