Dec 1, 2012

FALLIBISM


Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang FALLIBISM, dapat konek berikut:

http://www.iep.utm.edu/fallibil/




Wss Wr Wb
Marsigit





33 comments:

  1. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Yang dapat saya pahami dari bacaan di atas, kehadiran teori atau konsep tidak dapat diyakini kebenarannya secara rasional.Sebab akan selalu ada keraguan.Begitulah yang diungkapkan Fallibisme .Bebrapa ahli epistimologi mencoba meraih fallibism e untuk menyiratkan skeptisme(keraguan).Ini juga merupakan bentuk penyangkalan terhadap ilmu sains murni yang mendewakan sebuah konsep atau teori untuk menilai kebenaran secara rasional.Pandangan ini meyakini bahwa tidak ada yang begitu sempurna untuk dibenarkan dari pandangan atau toori sehingga orang-orang dapat terhindar dari suatu kesalahan.Dengan kata lain tidak ada penghakiman atau bukti yang rasioanl atas kayakinan dari suatu teori.

    ReplyDelete
  2. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Fallibilism merupakan pandangan yang menyatakan bahwa semua pengetahuan bisa salah. Sehingga fallibilism ini bertentangan dengan absolutism. Pandangan ini sangat penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan, karenakan ilmu pengetahuan mencari validitas kebenaran. Karena itu mereka mengharapkan suatu pengetahuan menjadi seakurat mungkin. Dalam Fallibilism seluruh pengetahuan dapat diragukan kebenarannya.

    ReplyDelete
  3. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Fallibilism merupakan pandangan yang menyatakan bahwa semua pengetahuan bisa salah. Sehingga fallibilism ini bertentangan dengan absolutism. Pandangan ini sangat penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan, karenakan ilmu pengetahuan mencari validitas kebenaran. Karena itu mereka mengharapkan suatu pengetahuan menjadi seakurat mungkin. Dalam Fallibilism seluruh pengetahuan dapat diragukan kebenarannya.

    ReplyDelete
  4. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Fabilibisme ini merupakan suatu paham yang menyatakan bahwa pengetahuan itu bisa saja mengalami kesalahan. Pengetahuan tidak ada yang memiliki kemutlakan dalam suatu kebenaran. Falibilisme lebih dimaksudkan sebuah sikap yang beranggapan bahwa kendati pengetahuan ilmiah merupakan pengetahuan yang paling baik yang dapat dimiliki, dan bahwa metode ilmu pengetahuan merupakan satu-satunya metode yang dapat dipercaya dalam menyampaikan pikiran dan pendapat. Kita tidak boleh menganggap ilmu pengetahuan pasti benar dengan sendirinya. Atau dengan kata lain ilmu pengetahuan selalu bisa salah.

    ReplyDelete
  5. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Falabisme merupakan pandangan semua pengetahuan bisa salah, bahwa ilmu pengetahuan tidak akan pernah memberikan suatu formulasi final dan absolut tentang seluruh universal. Falibilisme di sini tidak berarti bahwa ilmu pengetahuan salah sama sekali, melainkan bahwa ilmuwan harus bersikap kritis terhadap apa yang sudah dicapainya. Falibilisme lebih dimaksudkan sebuah sikap yang beranggapan bahwa meskipun pengetahuan ilmiah merupakan pengetahuan yang paling baik yang dapat dimiliki, dan bahwa metode ilmu pengetahuan merupakan satu-satunya metode yang dapat dipercaya dalam menyampaikan pikiran dan pendapat. Kita tidak boleh menganggap ilmu pengetahuan pasti benar dengan sendirinya. Atau dengan kata lain ilmu pengetahuan selalu bisa salah. Terima Kasih

    ReplyDelete
  6. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Fallibilisme adalah klaim filosofis bahwa tidak ada kepercayaan yang dapat memiliki pembenaran yang menjamin kebenaran kepercayaan.
    Istilah "fallibilism" digunakan dalam berbagai pengertian dalam epistemologi kontemporer. Istilah ini diciptakan pada abad kesembilan belas oleh filsuf Amerika Charles Sanders Peirce. Dengan "fallibilisme", Peirce berarti pandangan bahwa "orang tidak dapat mencapai kepastian yang mutlak mengenai pertanyaan tentang fakta." Berdasarkan tokoh lain "fallibilisme" telah digunakan untuk menggambarkan klaim bahwa: Tidak ada keyakinan yang bisa dibenarkan secara meyakinkan, Pengetahuan tidak memerlukan kepastian dan Hampir tidak ada keyakinan mendasar pasti atau pasti dibenarkan.

    ReplyDelete
  7. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa falibilisme adalah klaim filsafat yang menyatakan bahwa tidak ada kepercayaan yang dapat menjustifikasi dan menjamin kebenaran suatu kepercayaan. Singkatnya, falibilisme digunakan untuk menyatakan bahwa: 1) tidak ada kepercayaan yang dapat dijustifikasi secara konklusif, 2)pengetahuan tidak memerluka kepastian ; 3) hampir tidak ada kepercayaan dasar yang pasti atau tar-justifikasi secara konklusif

    ReplyDelete
  8. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Falibilisme merupakan klaim filosofis bahwa tidak ada keyakinan dapat memiliki justifikasi yang menjamin kebenaran dari keyakinan itu. Para falibilis percaya bahwa tidak ada kebenaran mutlak dari pengetahuan. Falibilisme menyangkal bahwa pengetahuan membutuhkan kepastian yang mutlak. Paham falibilisme menyatakan bahwa semua pengetahuan empiris mungkin saja salah. Intinya dalam selalu terdapat keragu-raguan dalam falibilisme. Mohon dikoreksi apabila terdapat kesalahan pemahaman. Wassalamu’alaikum

    ReplyDelete
  9. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas, falibisme adalah doktrin filosofis yang menyatakan bahwa semua pengetahuan bisa salah. Kepastian mutlak pengetahuan itu tidak mungkin. Ilmu pengetahuan merupakan hasil penemuan manusia dimana sisi kelemahan manusia adalah tidak pernah luput dari kesalahan. Oleh karena itulah pengetahuan bisa saja salah. Berawal dari sinilah dari waktu ke waktu selalu terjadi perkembangan ilmu pengetahuan, ilmu pengetahuan yang awalnya salah dibenarkan oleh para ilmuan baru yang meneliti atau menelaah ulang kembali.

    ReplyDelete
  10. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Fallibisme berasal dari Bahasa latin yaitu fallibilis yang atinya bertanggung jawab untuk berbuat salah. Fallibisme adalah klaim bahwa tidak ada kepercayaan yang dapat memiliki pembenaran kepercayaan. Fallibisme digunakan untuk menggambarkan bahwa tidak ada keyakinan yang dibenarkan secara meyakinkan, pengetahuan tidak memerlukan kepastian, dan hampir tidak ada keyakinan mendasar yang pasti. Menurut saya keyakinan merupakan apa yang ada di dalam hati, maka apa yang kita yakini tidak perlu kita buktikan. Yang perlu kita buktikan adalah keyakinan kita itu sendiri.

    ReplyDelete
  11. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Falibilisme adalah doktrin filosofis yang menyatakan bahwa semua pengetahuan bisa salah. Beberapa fasibilis bahkan berkata bahwa kepastian mutlak pengetahuan itu tidak mungkin. Fallibilis mengklaim bahwa tidak ada keyakinan yang bisa dibenarkan secara utuh, pengetahuan tidak membutuhkan kepastian, hampir tidak ada keyakinan mendasar yang pasti dibenarkan.

    ReplyDelete
  12. Junianto
    PM C

    Fallibism merupakan pandangan yang mengatakan bahwa semua pengetahuan yang diciptakan oleh manusia bisa saja bernilai salah. Tentu hal ini sangat berbeda dengan paham absoutism yang mengatakan bahwa kebenaran bersifat multak. Seiring berkembangnya jaman maka ilmu pengetahuan pun juga ikut berkembang. Maka dari itu, ilmu pengetahuan digunakan pula untuk mencari kebenaran.

    ReplyDelete
  13. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Contoh fallibism adalah salah itu benar. Menurut Prof. Marsigit, M.A. dari hasil refleksi perkuliahan Filsafat Ilmu, filsafatnya salah adalah falibism. Dengan adanya aliran ini, kita akan menyadari bahwa ketika kita mendapat Nol, maka itu benar adanya. Maka sebenar-benar kegunaan dari tes jawab singkat adalah agar kita tidak sombong. Jika kita mencari ilmu didasari rasa sombong, maka kita tidak akan mendapatkan apapun. Dengan demikian, setidak ada artinya sesuatu menurut kita pasti bisa diambil hikmah dari suatu tersebut jika kita mau mencarinya.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  14. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan referensi http://www.iep.utm.edu/fallibil/, fallibism muncul sejak abad ke-19 yang dibawa oleh Charles Sander Pierce, seorang filsuf dari Amerika. Fallibisme sendiri berasal dari Bahasa Latin yaitu fallibilis yang berarti bertanggung jawab untuk berbuat salah. Fallibisme adalah klaim bahwa tidak ada kepercayaan yang dapat memiliki pembenaran kepercayaan. Fallibisme digunakan untuk menggambarkan bahwa tidak ada keyakinan yang dibenarkan secara meyakinkan, pengetahuan tidak memerlukan kepastian, dan hampir tidak ada keyakinan mendasar yang pasti. Dengan kata lain, tidak ada kepercayaan dalam kepercayaan aliran ini.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  15. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Dalam filsafat telah diketahui bahwa ada yang namanya tesis dan ada anti tesis. Fallibilisme adalah tesis epistemologis yang memiliki pandangan bahwa tidak ada teori, pandangan, tesis, dan sebagainya yang dapat didukung atau dibenarkan secara rasional dengan cara yang meyakinkan. Falibilisme adalah doktrin filosofis yang menyatakan bahwa semua pengetahuan bisa salah. Beberapa fasibilis bahkan berkata bahwa kepastian mutlak pengetahuan itu tidak mungkin. Jadi pada paham ini, memiliki sifat untuk tidak mudah percaya akan sesuatu, karena ada rasa keraguan untuk membenarkan sesuatu pemikiran atau pandangan yang ada.

    ReplyDelete
  16. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Fallibilism bukan rasa tidak percaya terhadap pengetahuan ilmiah, tetapi diwataki oleh keyakinan argumentasi. Aliran pola pikir fallibilism menganggap bahwa kebenaran dibenarkan dalam kerangka seperti informal di sistem matematika. Karena aliran fallibilism termasuk kedalam asal usul (terciptanya) pengetahuan matematika dan juga produknya, maka matematika dipandang sebagai bagian yang menyatu dengan sejarah dan kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  17. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Fallibilisme adalah prinsip filosofis bahwa manusia bisa salah. Fallibilism menunjukkan bahwa sebuah pengetahuan tidak bisa dipastikan dengan sepasti-pastinya. Selalu terdapat keraguan dalam sebuah pengetahuan. Misalnya saja kepercayaan ilmiah, kita tidak bisa pasti bahwa suatu saat sebuah teori baru akan muncul untuk mengganti teori yang lama.

    ReplyDelete
  18. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Fallibilisme berasal dari bahasa Latin pada Abad Pertengahan: fallibilis, "bertanggung jawab untuk berbuat salah". Fallabilisme adalah klaim filosofis bahwa tidak ada kepercayaan yang dapat memiliki pembenaran yang menjamin kebenaran kepercayaan. Namun, tidak semua pengikutnya percaya bahwa fallibilism meluas ke semua domain pengetahuan.

    ReplyDelete
  19. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Secara umum fallibilisme adalah anggapan filosofis yang mengatakan bahwa tidak ada kepercayaan yang dapat yang menjamin kebenaran. Falibilisme merupakan doktrin filosofis yang menyatakan bahwa semua pengetahuan bisa salah. Beberapa fasibilis bahkan berkata bahwa kepastian mutlak pengetahuan itu tidak mungkin. Dalam kehidupan kita, memang tidak ada yang menjamin sesuatu itu benar. Karena sesungguhnya kebenaran itu hanyalah milik Allah SWT, sekalipun itu pengetahuan. Akan tetapi, kita sebagai manusia dapat meminimalisasi kesalahan dengan melakukan pengujian, penelitian, ataupun pengecekan berulang-ulang (hermenutika).

    ReplyDelete
  20. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Falibilisme menurut wikipedia merupakan suatu dokrin (ajaran) filosofis yang menyatakan bahwa semua pengetahuan bisa salah, dalam artian mereka (falibilis) beranggapan bahwa tidak ada yang namanya kepastian mutlak dalam pengetahuan. Dan ajaran ini bertentangan dengan
    aliran absolutisme yang merupakan pandangan yang menyatakan bahwa kebenaran nilai atau suatu realitas adalah pasti. Seseorang yang menganut aliran ini tidak akan dengan mudah menerima suatu kebenaran/pengetahuan, karena segala sesuatu yang dianggap benar bisa saja salah.

    ReplyDelete
  21. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Paham ini sebearnya memberikan pemahaman kepada kita bahwa semua yang ada di dunia ini sebenarnya tidak secara mutlak benar adanya. Oleh karena itu, yang mendukung paham fabilism mereka cenderung berusaha mengembanhkan ilmu mereka untuk mencari mana yang lebih benar dari teori atau pengetahuan sebelumnya. Hal ini akan membuat ilmu itu akan semakin berkembang dan tidak monoton dan selalu digantikan dengan pengetahuan yang baru atau disempurnakan oleh pengetahuan yang baru
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  22. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Fallibisme adalah prinsip filosofis bahwa manusia bisa salah. Istilah ini diambil dari kata latin abad tengah Fallibilis. Konsep ini sangat penting bagi ilmu pengetahuan, karena ilmu pengetahuan mencari validitas kebenaran, dengan harapan suatu pengetahuan menjadi seakurat mungkin. Fallibilism menunjukkan bahwa sebuah pengetahuan tidak bisa dipastikan dengan sepasti-pastinya.

    ReplyDelete
  23. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Falibilisme adalah doktrin filosofis yang menyatakan bahwa semua pengetahuan bisa salah. Beberapa falibilis bahkan berkata bahwa kepastian mutlak pengetahuan itu tidak mungkin. Filsafat fallibilisme (juga termasuk konstruktivisme) yang menyatakan bahwa matematika dapat diperbaiki, bisa merupakan kekeliruan dan hasil dari perubahan sosial. Artinya manusia bisa salah. Konsep ini sangat penting bagi ilmu pengetahuan, ini dikarenakan ilmu pengetahuan mencari validitas kebenaran. Karena itu mereka mengharapkan suatu pengetahuan menjadi seakurat mungkin.

    ReplyDelete
  24. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Falibilisme adalah doktrin filosofis yang menyatakan bahwa semua pengetahuan bisa salah. Falibilisme di sini tidak berarti bahwa ilmu pengetahuan salah sama sekali, melainkan bahwa ilmuwan harus bersikap kritis terhadap apa yang sudah dicapainya. Falibilisme lebih dimaksudkan sebuah sikap yang beranggapan bahwa kendati pengetahuan ilmiah merupakan pengetahuan yang paling baik yang dapat dimiliki, dan bahwa metode ilmu pengetahuan merupakan satu-satunya metode yang dapat dipercaya dalam menyampaikan pikiran dan pendapat. Kita tidak boleh menganggap ilmu pengetahuan pasti benar dengan sendirinya.

    ReplyDelete
  25. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Fallibism adalah tesis epistemologis bahwa tidak ada kepercayaan (teori, pandangan, tesis, dan sebagainya) yang dapat didukung atau dibenarkan secara rasional dengan cara yang meyakinkan. Selalu masih ada kemungkinan keraguan mengenai kebenaran kepercayaan. Beberapa ahli epistemologi telah mengambil fallibism untuk menyiratkan skeptisisme, yang menurutnya tidak ada klaim atau pandangan yang bisa dibenarkan atau pengetahuan dengan baik.

    ReplyDelete
  26. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Fallibilism menunjukkan bahwa sebuah pengetahuan tidak bisa dipastikan dengan sepasti-pastinya. Selalu terdapat keraguan dalam sebuah pengetahuan. Misalnya saja kepercayaan ilmiah, kita tidak bisa pasti bahwa suatu saat sebuah teori baru akan muncul untuk mengganti teori yang lama. Berbeda dengan skeptisisme, dalam prinsip ini tidak dianjurkan untuk tidak mempercayai sesuatu hanya karena dia tidak meyakinkan atau masih bisa diragukan.

    ReplyDelete
  27. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Fallibilisme adalah prinsip filosofis bahwa manusia bisa salah. Dalam fallibilisme sesuatu dianggap tidak mutlak benar dan bisa salah. Fallibilism menunjukkan bahwa sebuah pengetahuan tidak bisa dipastikan dengan sepasti-pastinya. Selalu terdapat keraguan dalam sebuah pengetahuan. Misalnya saja kepercayaan ilmiah, kita tidak bisa pasti bahwa suatu saat sebuah teori baru akan muncul untuk mengganti teori yang lama.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  28. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Secara sederhana, saya memahami, falibisme menganggap segala sesuatu itu memiliki potensi untuk salah. Bahkan ilmu pengetahuan masih mungkin untuk salah, meskipun proses perolehannya menggunakan metode ilmiah yang hingga kini dinilai sebagai metode pengetahuan paling dapat dipercaya dengan menyertakan bukti empiris.

    ReplyDelete
    Replies
    1. akibatnya, teori yang selama bertahun-tahun atau bahkan berabad-abad dianggap benar, dikemudian hari dapat terbantahkan oleh pengetahuan baru yang dianggap lebih benar. Demikian seterusnya, karena tidak ada jaminan ilmu pengetahuan itu mutlak bersifat benar.

      Delete
  29. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Istilah Fallibism awalnya digunakan oleh gilsuf CS Pierce. Fallibism adalah suatu prinsip bahwa manusia bisa salah. Fallibism beranggapan bahwa susuatu itu dianggap tidak mutlak benar dan bisa saja salah.Fallibisme juga menunjukkan bahwa sebuah pengetahuan itu tidak bisa dipastikan dengan sebenar-benarnya, karena akan selalu ada keraguan dalam sebuah pengetahuan. Misalannyaa Ilmu pengetahuan itu meragukan terutama pada ilmu empiris. Hal itu karena dalam ilmu empiris teori lama dapat dibatalkan jika ada fakta baru yang bertolak belakang dengan teori lama. Terimakasih

    ReplyDelete
  30. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    Pend. Matematika S2 Kelas C

    Filosofis fallibism menekankan bahwa segala sesuatu bisa saja salah. Dalam fallibism tidak ada yang mutlak benar ataupun mutlak salah. Jika kita hubungkan secara spiritual, yang mutlak benar adalah Tuhan. Sedangkan manusia memang tidak luput dari kesalahan dan dosa. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita memohon ampunan atas kesalahan dan dosa kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Manusia juga tidak dapat mengaku apa yang ditemukannya ataupun sebuah teorema baru itu mutlak benar karena mungkin saja dan masih berpotensi di masa mendatang akan muncul teorema baru yang menentang teorema yang berkembang saat ini. Sisi positif dari filosofis fallibism adalah manusia akan terus memperbaiki diri terus ke arah yang lebih baik karena memang manusia bisa saja salah

    ReplyDelete
  31. Dheni Nugroho
    17709251023
    PPs Pendidikan Matematika

    Falibisme menyebutkan bahwa sebenarnya jika kita salah sebenarnya kita bisa saja benar tergantung ruang dan waktu yang kita jalani. Jika kita sebagai guru belum pernah mengajarkan sesuatu yang bermakna kepada siswa lalu kita mengujinya dengan materi itu dan siswa tidak bisa, maka siswa dalam hal ini adalah benar dan kita lah yang salah. Hal ini menyebabkan kita sebagai manusia tidak boleh semena-mena terhadap manusia lain karena ketidakketahuannya. Karena bisa saja kita mengetahuinbya bukan karena kita lebih pintar akan tetapi karena hanya kita lahir lebih dahulu saja dan mungkin saja di suatu hari nanti dia akan menjadi lebih pintar daripada kita.

    ReplyDelete
  32. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Kebenaran senantiasa satu, adakalanya terdapat perbedaan tentang sesuatu yang dinilai baik atau buruk. Hal ini mungkin menjadi perdebatan bagi banyak pihak. Mereka akan mengklaim bahwa apa yang mereka yakini dan percaya itu adalah benar. Walaupun nyatanya memang belum tentu benar atau salah. Keteguhan mempertahankan pendapat dan kepercayaan ini menandakan seseorang tersebut begitu yakin dan percayanya pada apa yang ia perjuangkan. Langkah ini dirasa baik selama hal yang ia lakukan dalam mempertahankan keyakinannya tersebut tidak mengganggu kenyamanan dan merugikan orang lain.

    ReplyDelete