Dec 2, 2012

SCEPTICISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang SCEPTICISM, konek:






Wss Wr Wb
Marsigit

13 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Pemahaman mengenai Skeptisisme berasal dari kata 'skeptis' yang artinya adalah keraguan atau ketidakpercayaan. Sesuai dengan arti kata pokoknya, skeptisisme adalah pandangan filsafat mengenai ketidakpercayaan atau keraguan, sehingga menuntut bukti pada segala hal termasuk pernyataan filsafat. Sebenarnya sikap skeptis ini sangat baik, jika dalam ilmu sains berawal dari skeptis maka dilakukan suatu penelitian sehingga akan mendapatkan suatu penemuan baru. Oleh karena itu, bagi para guru perlu juga adanya sikap skeptis untuk mengembangkan metode pembelajarannya dalam kelas.

    ReplyDelete
  2. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Skeptism berarti keraguan, Skeptisisme merupakan aliran penting dalam ilmu pengetahuan, karena Ilmu pengetahuan memerlukan suatu kepastian yang seakurat mungkin karena itu ilmuan diharapkan skeptis.

    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Rasa ingin tahu seseorang akan sesuatu menimbulkan pertanyaan-pertanyaan yang akan dicari tahu kebenarannya. Rasa ingin tahu dan pertanyaan yang diajukan tersebut juga dikarenakan keragu-raguan seseorang akan sesuatu hal yang belum diketahui kebenarannya atau tidak pasti. Perasaan ragu-ragu seseorang inilah yang dinamakan dengan skeptis. Sedangkan paham yang memandang sesuatu selalu tidak pasti atau diragukan dinamakan Skeptisisme. Jadi secara umum skeptisisme adalah ketidakpercayaan atau keraguan seseorang tentang sesuatu yang belum tentu kebenarannya.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Skeptisisme adalah aliran (paham) yg memandang sesuatu selalu tidak pasti (meragukan, mencurigakan). Aliran ini meragukan atau menyangsikan kemampuan pikir dan pengetahuan manusia unttuk mencapai kebenaran yang tetap, yang defenitif, yang satu, dan yang objektif yang berlaku bagi semua orang. Beih-benih munculnya aliran ini sudah tampak pada kaum sofis yang menjamur pada masa sebelum dan sejaman dengan Sacrates. Ajaran skeptisisme yang paling keras berasal dari Pyrrho dari Elis.

    ReplyDelete
  5. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Aliran Skeptisisme dapat diartikan dengan seorang pemikir yang menolak kebenaran atau muncul keraguan dalam menggapai ilmu pengetahuan, entah itu sebagian atau keseluruhan dari ilmu pengetahuan yang ada. Artinya orang yang sering kali ragu-ragu dan merasa tidak pasti sebab sifat dari idea-idea itu kurang jelas.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Skeptisisme umumnya sikap ingin atau ragu dalam suatu ilmu pengetahuan. Ingin memperoleh ilmunya, ia sering ragu-ragu di karenakan beberapa alasan..

    ReplyDelete
  7. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Sikap skeptis adalah sebuah pendirian di dalam epistemologi (filsafat pengetahuan) yang menyangsikan kenyataan yang diketahui baik ciri-cirinya maupun eksistensinya. Para skeptikus sudah ada sejak zaman yunani kuno, tetapi di dalam filsafat modern, René Descartes adalah perintis sikap ini dalam metode ilmiah. Kesangsian descartes dalam metode kesangsiannya adalah sebuah sikap skeptis, tetapi skeptisisme macam itu bersifat metodis, karena tujuan akhirnya adalah untuk mendapatkan kepastian yang tak tergoyangkan, yaitu: cogito atau subjectum sebagai onstansi akhir pengetahuan manusia. Di dalam filsafat D.Hume kita menjumpai skeptisme radikal, karena ia tidak hanya menyangsikan hubungan-hubungan kausal, melainkan juga adanya substansi atau realitas akhir yang bersifat tetap.
    Dalam filsafat klasik, mempertanyakan merujuk kepada ajaran mengenai "Skeptikoi". Dalam ilmu filsafat dari yang dikatakan bahwa mereka "tidak menyatakan apa-apa selain pandangan sendiri saja." (Liddell and Scott). Dalam hal ini, keraguan filsafati, atau Pyrrhonisme adalah posisi filsafat yang harus menangguhkan satu keputusan dalam penyelidikan. Sextus Empiricus, Outlines Of Pyrrhonism, Terjemahan R.G. Bury, Harvard University Press, Cambridge, Massachusetts, 1933, 21

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam filsafat, skeptisisme adalah merujuk lebih bermakna khusus untuk suatu atau dari beberapa sudut pandang. Termasuk sudut pandang tentang:

    1. Sebuah pertanyaan,
    2. Metode mendapatkan pengetahuan melalui keraguan sistematis dan terus menerus pengujian,
    3. Kesembarangan, relativitas, atau subyektivitas dari nilai-nilai moral,
    4. Keterbatasan pengetahuan,
    5. Metode intelektual kehati-hatian dan pertimbangan yang ditangguhkan.

    ReplyDelete
  10. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Skeptisisme adalah paham yang memandang sesuatu selalu tidak pasti (meragukan, mencurigakan) contohnya; kesulitan itu telah banyak menimbulkan skeptisisme terhadap kesanggupan dalam menanggapi gejolak hubungan internasional.

    ReplyDelete
  11. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Skeptisisme adalah satu-satunya paham atau aliran yang secara radikal dan fundamental tidak mengakui atau meragukan atau menolak adanya kepastian dan kebenaran pengetahuan. Para skeptis pada awalnya adalah orang-orang yang mengamati segala sesuatu dengan cermat serta mengadakan penelitian terhadapnya. Seringkali banyak kepercayaan yang dianggap benar, kemudian ternyata salah. Skeptisisme dapat juga diartikan sebagai pernyataan ragu-ragu. Dalam makna sempit, skeptisisme adalah pengingkaran tentang kemungkinan mengetahui. Sedangkan dalam makna luas, berarti sikap menunda pertimbangan sampai analisis yang kritis selesai dan bukti-bukti yang mungkin diperoleh.

    ReplyDelete
  12. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Skeptisisme adalah paham yang memandang sesuatu selalu tidak pasti (meragukan, mencurigakan). Hal ini biasanya dapat terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul ketika sesuatu dipaparkan.
    Melalui pertanyaan pertanyaan tersebut maka terlihatlah banyak keragu-raguan atau sesuatu yang perlu dibuktikan kebenarannya.

    ReplyDelete
  13. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Skepticism merupakan klaim mengenai keterbatasan pengetahuan manusia dan respon yang tepat terhadap keterbatasan tersebut yang bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan melalui keraguan sistematis dan pengujian yang dilakukan secara terus menerus dengan pengawasan kritis, kehati-hatian dan kedisiplinan intelektual. Skepticism terjadi di beberapa aspek kehidupan termasuk pada agama atau disebut skepticism agama yaitu keraguan manusia mengenai prinsip-prinsip dasar agama, dengan demikian kita perlu memperkuat iman kita dengan meyakini dan mengamalkan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.

    ReplyDelete