Dec 3, 2012

Philosophy of Science Education





Ass Wr Wb
Terlebih untuk mahasiswa S2 PSn, referensi berikut penting untuk dibaca:



Wss Wr Wb
Marsigit

25 comments:

  1. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Terimakasih pak atas link yang telah diposting di atas. Dengan link-link tersebut kami bisa membaca mengenai hal-hal yang berhubungan dengan judul pada postingan ini yaitu Filsafat Pendidikan Sains. Filsafat dan pendidikan sains itu memang tidak dapat terpisahkan, kerena pendidikan sain salah satu pembentuknya yaitu filsafat. Menurut saya filsafat pendidikan sains ini sendiri merupakan suatu cara berpikir atau cara memandang pendidikan sains sehingga dapat membangun ilmu sains itu sendiri.

    ReplyDelete
  2. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Filsafat merupakan induknya dari berbagai macam ilmu, sehingga dalam segala hal diperlukan filsafat. Dalam pendidikan sains salah satunya juga diperlukan filsafat pendidikan sains. Filsafat pendidikan sains mempelajari tentang hakikat ontologi, epistemologi, dan aksiologi tentang segala yang berhubungan dengan pendidikan sains, baik guru, siswa, materi pembelajaran dan lain-lain. Seorang guru perlu untuk belajar tentang filsafat pendidikan sains. dengan bekal filsafat maka guru akan melaksanakan pembelajaran yang memperhatikan kepentingan siswa, berusaha untuk mengerti hakikat pembelajaran yang sebenarnya sehingga dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan ruang dan waktu serta terhindar dari guru yang determinis terhadap siswa.

    ReplyDelete
  3. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Filsafat pendidikan dapat dimaknai sebagai penerapan filsafat untuk dapat melihat secara jernih permasalahan, definisi, tujuan, pembelajaran dan kebijakan dalam pendidikan. Filsafat pendidikan sangat dibutuhkan sebagai pembuat landasan kebijakan pendidikan. Bagi saya, filsafat pendidikan merupakan kendaraan bebas emisi untuk dapat mencapai tujuan dasar pendidikan, artinya ia bebas dari unsur kepentingan, kuasa, dan murni sebagai tujuan keilmuan dan praktis pendidikan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  4. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Sesuai kajian dalam filsafat secara umum, dalam filsafat pendidikan membahas segala sesuatu yang berkitan dengan pendidikan yakni meliputi tujuan, latar belakang, cara, hasil dan hakikat pendidikan itu sendiri. Berfilsafat dalam pendidikan berusaha menggali secara intensif hingga keakar-akarnya untuk menemukan berbagai hal dan permasaahan dalam pendidikan sehingga dapat dijadikan acuan untuk menyusun system pendidikan yang mampu memberikan fasilitas yang maksimal bagi para subyek pembelajaran. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  5. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Pengetahuna merupakan buah peradaban dari suatu bangsa yang dikembangkan berdasarkan cita cita dan tujuan filsafat serta pandangan hidupnya. Perkembangan ilmu pengetahuan khususnya ilmu pengetahuan alam (matematika, biologi, fisika dan kimia) telah mengubah sejarah kehidupan manusia. Perkembangan ilmu pengetahuan merupakan salah satu prestasi besar dari pikiran manusia. Tanpa pengetahuan tentang perkembangan atau pertumbuhan ilmu adalah sukar untuk mengerti sejarah modern dewasa ini. Kesemua hal ini merupakan kemajuan dari proses berpikir manusia yang berhubungan dengan filsafat.

    ReplyDelete
  6. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    oiya prof Sekedar mau melaporkan, link dibawah ini sudah tidak bisa dibuka
    http://www.ejmste.com/v4n3/EURASIA_v4n3br_Erduran.pdf
    http://ihpst.net/journal/
    namun yang lainnya masih bisa dibuka.
    Terimakasih pak 

    ReplyDelete
  7. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Filsafat pendidikan dapat diartikan proses pendidikan atau filosofi disiplin pendidikan. Artinya, mungkin bagian dari disiplin dalam arti yang bersangkutan dengan tujuan, bentuk, metode, atau hasil dari proses mendidik atau dididik; atau mungkin metadisciplinary dalam arti yang berkaitan dengan konsep, tujuan, dan metode disiplin.

    ReplyDelete
  8. Junianto
    PM C


    Filsafat merupakan induk dari segala ilmu ciptaan manusia. Tentu filsafat berada dibawah ilmu spiritual karena ilmu spiritual bukanlah ciptaan manusia tetapi ciptaan Tuhan. Dalam filsafat ada istilah ontologi, epitimologi dan aksiologi yang menjadi dasar dari semua ilmu sains dalam melakukan sebuah penelitian. Ini merupakan salah satu alasan mengapa filsafat adalah induk dari segala ilmu. Filsafat bisa dikatakan sebagai ilmu yang mengajarkan agar kita selalu menggunakan pikiran/ akal kita dalam melakukan sebuah penelitian.

    ReplyDelete
  9. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs PM C

    Filsafat pendidikan dapat merujuk pada penerapan filsafat terhadap masalah pendidikan, memeriksa definisi, tujuan dan rantai makna yang digunakan dalam pendidikan oleh guru, administrator dan pembuat kebijakan (Wikipedia.org). Maka filsafat pendidikan tidak hanya perlu dipelajari oleh guru, tetapi juga pembuat kebijakan. Hal ini penting agar guru dan pembuat kebijakan memiliki pandangan dan pemahaman yang sama terkait hakikat pendidikan. Seorang pembuat kebijakan perlu untuk benar-benar memahami hakikat pendidikan dan masalah pendidikan yang ada sebelum membuat suatu kebijakan agar kebijakan yang dibuat tidak malah menambah masalah yang ada.

    ReplyDelete
  10. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Semua manusia dari zaman dahulu, sekarang dan masa yang akan datang memiliki kepentingan dalam pendidikan. Ketika lahir, seseorang dilahirkan dalam keadaan buta huruf, tidak mengerti sama sekali tentang norma dan budaya sekitarnya. Dengan pendidikan, kebutaan dan ketidaktahuan seeorangpun akan menghilang digantikan dengan kemampuan baik dalam membaca, menulis, dan bertindak dengan cara-cara yang tepat sesuai budaya. Pendidikan beserta pendidik sangatlah penting keberadaannya dalam kehidupan, namun terkadang masih juga disalah-salahkan, misalnya ketika masyarakat terguncang oleh krisis, ini sering diambil sebagai tanda-tanda kegagalan dalam pendidikan. Tapi hal tersebut bukanlah seluruhnya kesalahan pendidikan, banyak aspek lain yang mempengaruhi seperti kepribadian, tuntutan ekonomi, spiritual, dls.

    ReplyDelete
  11. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Filsafat dalam pendidikan dapat merujuk pada penerapan filsafat terhadap masalah pendidikan, memaknai definisi pendidikan , tujuan yang digunakan dalam pendidikan oleh guru dan pembuat kebijakan. Filsafat dapat menjadi landasan bagi pendidikan untuk menentukan visi dan misi. Filsafat dapat menjadi media bagi pendidikan sebagai oleh fikir demi mewujudkan pendidikan yang lebih baik. Oleh karena itu, filsafat dan pendidikan ialah dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

    ReplyDelete
  12. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Sains merupakan pengetahuan yang diperoleh dari beberapa kajian, pengamatan, pengolahan data, sehingga pendidikannya adalah hal yang kita pelajari tentang sains itu. Terdapat hubungan antara sains dan filsafat. Dalam mempelajari sains dapat diterapkan ilmu filsafat di dalamnya. Misalnya untuk mengamati suatu objek penelitian, maka perlu dilakukan pengamatan, mencari referensi dari berbagai sumber, kemudian baru pada akhirnya menyimpulan.

    ReplyDelete
  13. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Filsafat pendidikan berkaitan dengan aplikasi filsafat pada permasalahan pendidikan. Yang dipelajari dalam filsafat pendidikan adalah tujuan, latar belakang, cara, hasil, dan hakikat pendidikan. Filsafat pendidikan memandang kegiatan pendidikan sebagai objek yang dikaji. Pendidikan dapat dibedakan menjadi dua wilayah yaitu humanisme dan akademik. Sisi humanisme mengembangkan manusia dari segi ketrampilan dan praktik hidup. Sementara aspek akademik menekankan nilai kognitif dan ilmu murni. Keduanya merupakan aspek penting yang sebenarnya tidak dapat dipisahkan. Filsafat pendidikan berperan untuk terus menganalisa dan mengkritisi aspek akademik dan humanis demi sebuah pendidikan yang utuh dan seimbang. Filsafat pendidikan akan terus melakukan peninjauan terhadap proses pendidikan demi perkembangan pendidikan yang mencetak manusia handal.

    ReplyDelete
  14. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Filsafat mencakup keseluruhan pengetahuan manusia, filsafat merupakan sumber ide paling dalam bagi segala macam ilmu pengetahuan, sehingga filsafat disebut juga induk pengetahuan. Signifikansi pengetahuan mengacu kepada tujuan pendidikan dan pengetahuan yang telah ditetapkan diwujudkan dalam berbagai hal. Hal ini juga dapat diungkapkan tentang hubungan antara filsafat dengan filsafat pendidikan, dalam hal ini pendidikan bahwa filsafat tidak hanya melahirkan sains atau pengetahuan baru, melainkan juga melahirkan filsafat pendidikan.

    ReplyDelete
  15. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Filsafat pendidikan bukan dipahami sebagai disiplin akademis melainkan sebagai teori pendidikan normatif yang menyatukan pedagogi, kurikulum, teori belajar, dan tujuan pendidikan dan didasarkan pada asumsi metafisik, epistemologis, dan aksiologis tertentu. Filsafat pendidikan juga dapat merujuk pada penerapan filsafat terhadap masalah pendidikan, memeriksa definisi, tujuan dan rantai makna yang digunakan dalam pendidikan oleh guru, administrator dan pembuat kebijakan. Hal ini melibatkan pemeriksaan visi atau pendekatan tertentu oleh para periset dan pembuat kebijakan dalam pendidikan yang sering menangani perdebatan dan asumsi kontemporer tentang inovasi dan praktik dalam pengajaran dan pembelajaran dengan mempertimbangkan profesinya dalam konteks filosofis atau sosiokultural yang lebih luas.

    ReplyDelete
  16. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dari apa yang saya dapatkan, secara sederhana saya memahami bahwa filsafat pendidikan sains ini mengacu pada segala hal yang berkaitan dengan pendidikan sains. Baik itu hakekat pendidikan sains, apa tujuannya, bagaimana mengelolanya, dan segala hal yang berhubungan, termasuk juga problematika yang ada. Jika mengacu pada sifat dari sains, maka pendidikan sains juga mengarah pada pola pikir ilmiah.

    ReplyDelete
  17. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Pendidikan dan Filsafat merupakan dua hal yang saling mempengaruhi. Pengaruh darifilsafat terhadap pendidikan, akan merubah mindset para guru yang masih menganggap bahwa dunia pendidikan khususnya pada pembelajaran matematika itu hanya bersifat abstrak. Disini, dalam pendidikan akan memberikan pengaruh yang baik jika pendidikan itu bersinergi dengan filsafat. Karena filsafat membantu seorang guru memahami peran mereka dan juga peran peserta didik. Sehingga peserta didik akan mendapatkan haknya seccara utuh karena diperhatikan berdasarkan ilmu filsafat yang dikuasai guru.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  18. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Banyak paham filsafat yang berpengaruh terhadap filsafat pendidikan. Misalnya di dalam pendidikan sains paham empirisme. Filsafat pendidikan merupakan filsafat yang dijadikan sebagai dasar dari pandangan terhadap pelaksanaan pendidikan. Di dalam filsafat pendidikan terdapat beberapa kandungan diantaranya adalah cita-cita, nilai, gambaran mengenai tingkah laku baik secara individual ataupun masyarakat yang diharapkan. Filsafat pendidikan dengan sendirinya akan membantu mengarahkan diri dengan perubahan peran dan fungsinya dalam menyesuaikan diri dengan arus globalisasi yang sangat pesat seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
  19. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Filsafat pendidikan digunakan untuk semua hal terkait perkembangan pendidikan dan untuk setiap aspek-aspek yang mengandung keterkaitan dengan dunia pendidikan. Dengan adanya filsafat pendidikan dapat dijadikan sebagai referensi dalam mendefinisikan maupun menerjemahkan masalah pendidikan yang dialami siswa, guru, maupun pihak terkait. Dengan berpikir secara extensive dan intensive terhadap akar permasalahan akan mendorong untuk menemukan solusi yang tepat.

    ReplyDelete
  20. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Filsafat dapat menjadi landasan bagi ilmu sains. Filsafat juga dapat menjadi landasan bagi segala ilmu dengan meninjau dari segi ontologis, epistemologis, dan aksiologis. Filsafat pendidikan juga menggambarkan hakikat pendidikan itu sendiri yang kemudian diimplementasikan dalam perumusan tujuan, visi-misi atau indikator pendidikan. Kurikulum pendidikan juga dikonstruksi berdasarkan pendidikan ditinjau dari sisi ontologis, epistemologis, dan aksiologis.

    ReplyDelete
  21. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Filsafat dengan ontologi, epistemologi dan aksiologinya dapat menjadi dasar suatu ilmu, termasuk juga dalam pendidikan sains. Masalah-masalah dalam pendidikan dapat dipelajari dan diselesaikan melalui filsafat. Filsafat juga dapat dijadikan landasan bagi kebijakan atau tujuan dari pendidikan.

    ReplyDelete
  22. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Pendidikan sains adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bagaimana hubungan pendidikan dengan sains, bagaimana cara mempelajari dan mengajarkan sains dengan baik dan benar, baik pada instusi pendidikan formal maupun non formal. Pendidikan untuk pengajaran Sains perlu dan dapat dimuati unsur pembentukan karakter melalui pengembangan sikap ilmiah (scientific attitude)

    ReplyDelete
  23. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Filsafat merupakan olah pikir manusia. Melalui filsafat dapat mengahsilkan pemikiran-pemikiran para filsuf. Pendidikan sendiri merupakan salah satu cara merealisakikan ide-ide filsafat menjadi kenyataan, tindakan, perilaku dan pembentuk kepribadiaan seseorang. Dalam filsafat pendidikan memiliki dasar-dasar epistimilogi, ontologi dan aksiologi. Dasar-dasar tersebutlah yang dijadikan dasar dalam meleakukan para peneliti untuk melakukan penelitian ilmiah dalam dunia sains. Terimakasih

    ReplyDelete
  24. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Filsafat sains dengan filsafat pendidikan sains perbedaannya di pendidikannya. Jika filsafat sains adalah filsafat/olah fikir mengenai ilmu sains, sedangkan filsafat pendidikan sains dapat merujuk pada penerapan filsafat terhadap masalah pendidikan, memeriksa definisi, tujuan dan rantai makna yang digunakan dalam pendidikan oleh guru, administrator dan pembuat kebijakan. Namun terkhusus masalah pendidikan sains.

    ReplyDelete
  25. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    Filsafat pendidikan merupakan ilmu filsafat yang diterapkan pada dunia pendidikan. Dari apa yang saya dapatkan dalam kuliah filsafat dengan Prof. Marsigit, saya melihat bahwa filsafat merupakan modal bagi calon pendidik/guru untuk bijaksana dalam berpikir dan bertindak. bijaksana artinya mampu memposisikan diri sesuai ruang dan waktunya, misalnya : memberikan materi sesuai kebutuhan siswa, bersikap adil, tidak menjudge siswa sebagai siswa yang malas, bodoh, dsb, menjadi guru yang kritis, kreatif dan inovatif serta banyak hal lainnya yang dapat dipelajari dari kuliah filsafat.

    ReplyDelete