Dec 3, 2012

Philosophy of Science Education





Ass Wr Wb
Terlebih untuk mahasiswa S2 PSn, referensi berikut penting untuk dibaca:



Wss Wr Wb
Marsigit

23 comments:

  1. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Salah satu link tersebut merujuk pada Jean –Jackques Rousseau. Beliau merupakan seorang filsuf Jenewa, penulis, dan komposer pada abad ke-18. Filsafat politiknya mempengaruhi Revolusi Perancis serta pengembangan keseluruhan pemikiran politik, sosiologis, dan pendidikan modern. Rousseau berpendapat bahwa manusia mempunyai keadaan alamiah atau keadaan asli dalam dirinya sebagai suatu individu yang bebas atau merdeka tanpa adanya suatu intervensi atau paksaan dari manapun. Meskipun mempunyai kebebasan yang mutlak, manusia tidak memiliki keinginan sekaligus memiliki keinginan untuk menakhlukan sesamanya karena manusia secara alamiah bersifat tidak baik maupun tidak buruk. Menurutnya, manusia abad pencerahan sudah mengubah dirinya menjadi manusia rasional, yaitu mementingkan factor material untuk memenuhi kebutuhan dirinya. Faktor-faktor non-materail berupa perasaan dan emosi mengalami pengikisan sehingga manusia seolah-olah hanya berlaku menurut rasio saja. Abad Pencerahan menurut Rousseau adalah abad pesimisme total. Pemikir-pemikir pencerahan, perkembangan teknologi dan sains menyebabkan dekadensi moral dan budaya. Akibatnya, manusia menjadi rakus dan tamak sehingga terjadi kerusakan dan penghancuran besar-besaran bagi keberlangsungan manusia, baik itu alam maupun manusianya sendiri. Oleh sebab itu, Rousseau berpikir bahwa manusia seharusnya kembali pada kehidupannya yang alamiah yang memiliki emosi dan perasaan untuk mencegah dan terhindar dari kehancuran total. Pemikiran ini menjadi cikal bakal dari aliran Romantisme yang berkembang di eropa.

    ReplyDelete
  2. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Filsafat dan ilmu adalah dua kata yang saling terkait, baik secara substansial maupun historis karena kelahiran ilmu tidak lepas dari peranan filsafat, sebaliknya perkembangan ilmu memperkuat keberadaan filsafat. Pada perkembangannya, ilmu terbagi dalam beberapa disiplin, yang membutuhkan pendekatan, sifat, objek, tujuan dan ukuran yang berbeda antara disiplin ilmu yang satu dengan yang lainnya. Pembahasan filsafat ilmu sangat penting karena akan mendorong manusia untuk lebih kreatif dan inovatif. Filsafat ilmu memberikan spirit bagi perkembangan dan kemajuan ilmu dan sekaligus nilai-nilai moral yang terkandung pada setiap ilmu baik pada tataran ontologis, epistemologis maupun aksiologi.

    ReplyDelete
  3. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Filosofi pendidikan science dapat mengupas berbagai masalah sains hingga pada dasar keilmuannya. Menelusuri sejarah dan merunut kembali proses ditemukannya ide merupakan beberapa hal yang dilakukan filsuf. Dengan demikian maka teori tidak hanya sekedar menjadi teori namun dapat menjadi suatu ilmu yang dipahami.

    ReplyDelete
  4. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, Pendidikan adalah upaya mengembangkan potensi-potensi manusiawi peserta didik baik potensi fisik potensi cipta, rasa, maupun karsanya, agar potensi itu menjadi nyata dan dapat berfungsi dalam perjalanan hidupnya. Filsafat pendidikan sains adalah filsafat ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bagaimana hubungan pendidikan dengan sains, bagaimana cara mempelajari dan mengajarkan sains dengan baik dan benar, baik pada instusi pendidikan formal maupun non formal. Pendidikan untuk pengajaran Sains perlu dan dapat dimuati unsure pembentukan karakter melalui pengembangan sikap ilmiah (scientific attitude). 

    ReplyDelete
  5. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Filsafat pendidikan sains artinya mempelajari tentang berbagai ilmu pengetahuan tentang sains. Filsafat mengkaji tentang berbagai hal atau ruang lingkupnya yang begitu luas, filsafat juga erat kaitannya dengan pendidikan, matematika bahkan llmu pengetahuan sains. Salah satu objek filsafat mengkaji tentang ada dan yang mungkin ada , ilmu pegetahuan mengkaji tentang pengetahuan yang ada dan yang mungkin ada tergantung bagaimana orang menanggapinya agar tidak terjebak dengan logos.

    ReplyDelete
  6. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Filsafat pendidikan merupakan salah satu bagian dari ilmu filsafat yang mempelajari tentang hakikat pelaksanaan pendidikan. Hal-hal yang dipelajari adalah tujuan, latar belakang, hasil, serta hakikat pendidikan. Metode yang dilakukan adalah menganalisa secara kritis struktur dan manfaat dari pendidikan. Tujuan dari filsafat pendidikan adalah untuk memikirkan permasalahan-permasalahan yang ada dalam pendidikan. Kemudian, salah satu masalah yang perlu ditinjau adalah relasi antara pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran, aspek pengalaman pendidik, serta kebijakan pendidikan.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  7. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Filosofi pendidikan adalah cabang filsafat yang berkaitan dengan sifat dan tujuan pendidikan dan masalah filosofis yang timbul dari teori dan praktek pendidikan. Karena praktek pendidikan ada dimana-mana maka individu dan sosialnya sangat bervariasi, dan pengaruhnya sangat dalam, subjeknya sangat luas, melibatkan isu-isu dalam etika dan filsafat sosial/politik, epistemologi, metafisika, filsafat pikiran dan bahasa, dan bidang filsafat lainnya. Filsuf pendidikan telah memberikan kejelasan konseptual, ketegasan argumentatif, pertimbangan yang adil, serta penilaian yang diinformasikan dan beralasan terhadap tujuan dan intervensi pendidikan. Sacrotes dan filsuf lainnya telah memberikan pandangan bahwa pendidikan harus memupuk semua siswa sejauh mungkin untuk mencari alasan dan kemampuan untuk mengevaluasi secara tepat dan membimbing untuk melakukan evaluasi dalam hal keyakinan, tindakan, dan penilaian.

    ReplyDelete
  8. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Dalam ranah pendidikan, filsafat sangat mempunyai andil. Pendidikan membutuhkan filsafat untuk mengkaij masalah-masalah pendidikan. Masalah-masalah pendidikan meliputi fakta-fakta pendidikan sains yang merupakan masalah kompleks yang membutuhkan pemahaman karena tujuan pendidikan senantiasa berhubungan langsung dengan tujuan hidup manusia baik secara individu maupun secara berkelompok dalam tatanan kehidupan sosial.

    ReplyDelete
  9. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Filsafat pendidikan tidaklah dipahami sebagai disiplin akademis tetapi sebagai paradigma normatif yang dapat mengkombinasikan pedagodi, kurikulum, tujuan pendidikan yang berlandaskan pada asumsi metafisik, epistomologi, aksiologis tertentu. Hal ini juga dikaitkan dengan penerapan filsafat dalam masalah pendidikan, mengevaluasi kebijakan, perilaku dan pelaku pendidikan. Sehingga filsafat pendidikan dapat dilibatkan dalam berbagai penelitian pendidikan.

    ReplyDelete
  10. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Filsafat dan pendidikan adalah dua hal yang saling berhubungan. Filosofi pendidikan meneliti tentang tujuan, bentuk, metode dan makna pendidikan. istilah ini digunakan untuk menggabarkan analisis mendasar dari tema-tema deskripsi atau analisis pendekatan pedagogis tertentu. Pendidikan sains merupakan ilmu yang menghubungkan tentang fakta-fakta aktual yang melibatkan masalah nilai-nilai baik moral, sosial, dan budaya. Filsafat pendidikan sains merupakan dasar pendidikan sains. Berdasarkan sifat dan tujuannya, filsafat pendidikan sains berkaitan dengan masalah yang timbul dari teori dan praktiknya.

    ReplyDelete
  11. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Sains biasanya disebut ilmu pengetahuan alam, merupakan sekumpulan ilmu serumpun yang terdiri atas biologi, fisika, kimia, geologi dan astronomi yang berupaya menjelaskan setiap fenomena yang terjadi di alam. filsafat pendidikan merupakan sumber pendorong adanya pendidikan. Dalam bentuk yang terperinci lagi. Filsafat pendidikan menjadi jiwa dan pedoman asasi pendidikan. Pendidikan merupakan usaha untuk merealisasikan ide-ide idela dari filsafat menjadi kenyataan, tindakan, tingkah laku, dan pembentukan kepribadian. Sehingga filsafat dan pendidikan sains tentu sangat erat hubungannya.

    ReplyDelete
  12. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Filsafat ilmu tertentu berkisar dari pertanyaan tentang sifat waktu yang diangkat oleh relativitas umum Einstein , hingga implikasi ekonomi untuk kebijakan publik . Tema sentralnya adalah apakah satu disiplin ilmu dapat direduksi menjadi istilah yang lain. Yaitu, dapatkah kimia direduksi menjadi fisika, atau bisakah sosiologi direduksi menjadi psikologi individu? Pertanyaan umum filsafat ilmu juga muncul dengan kekhususan yang lebih besar dalam beberapa ilmu tertentu. Misalnya, pertanyaan tentang validitas penalaran ilmiah terlihat dalam kedok yang berbeda dalam dasar statistik . Pertanyaan tentang apa yang dianggap sebagai ilmu pengetahuan dan apa yang harus dikecualikan muncul sebagai masalah hidup atau mati dalam filsafat kedokteran . Selain itu, filosofi biologi, psikologi, dan ilmu sosial mengeksplorasi apakah studi ilmiah tentang sifat manusia dapat mencapai objektivitas atau tidak dapat dihindari dibentuk oleh nilai - nilai dan oleh hubungan sosial.terimakasih

    ReplyDelete
  13. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Filsafat ilmu adalah sub-bidang filsafat yang berkaitan dengan fondasi, metode, dan implikasi ilmu . Pertanyaan sentral dari penelitian ini menyangkut apa yang memenuhi syarat sebagai sains , keandalan teori-teori ilmiah, dan tujuan akhir sains. Disiplin ini tumpang tindih dengan metafisika , ontologi , dan epistemologi , misalnya, ketika mengeksplorasi hubungan antara sains dan kebenaran .terimakasih

    ReplyDelete
  14. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Berdasarkan penjelasan pada link yang diberikan, bisa dipahami bahwa hubungan antara sains dan filsafat sangat dekat. Hal ini mengakibatkan beberapa ilmu pengetahuan tertentu, khususnya cabang-cabang yang lebih umum, seperti matematika, fisika, kimia, biologi dan psikologi sangat diperlukan dalam filsafat. Filsafat saat ini cenderung langsung menganalisa secara kritis konsep-konsep dan mempelajari berbagai makna dan nilai. Arti filsafat tidak lebih sebagai studi logis dan humanistis berbagai hal. Perkembangan ilmu pengetahuan merupakan salah satu prestasi besar dari pikiran manusia. Tanpa pengetahuan tentang perkembangan atau pertumbuhan ilmu maka sukar untuk mengerti sejarah modern dewasa ini. Semua ini merupakan kemajuan dari proses berpikir manusia yang berhubungan dengan filsafat, sehingga pada masa sekarang kita mengenal adanya filsafat ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  15. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Filsafat pendidikan sains merupakan salah satu cabang dari ilmu filsafat. Pendidikan sains sendiri adalah penerapan dari teori ilmu pendidikan dalam pembelajaran sains. Pendidikan sains memiliki peranan penting untuk menghasilkan anak bangsa yang berpikir kritis dan ilmiah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pendidikan sains yang sekarang sedang dicanangkan di Indonesia yaitu pendekatan saintifik.

    ReplyDelete
  16. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    "The philosophy of education examines the goals, forms, methods, and meaning of education. The term is used to describe both fundamental philosophical analysis of these themes and the description or analysis of particular pedagogical approaches."
    From that sentence, we can conclude that philosophy of education is telling about anything in education. There will be a description of goals, forms, and also what education is.

    ReplyDelete
  17. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Sebagian besar refleksi filosofis mengenai maksud dan tujuan ilmu berkaitan dengan perolehan pengetahuan dan bagaimana pengetahuan itu membawa pemahaman. Sains bertujuan memahami dunia fisik, biologis, dan sosial.

    ReplyDelete
  18. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Filosofi dari pendidikan sains, merujuk pada bagaimana kita mengkaji suatu pengetahuan untuk mendapatkan ilmu. Dikaji secara logis, dengan menjabarkan dari segi ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Sehingga diperoleh pemahaman ilmiah dari ilmu pengetahuan yang dikaji dari segi ilmu alam maupun ilmu sosial.

    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  19. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Seperangkat filosofi yang berasal dari hasil pemikiran para filsuf adalah landasan dari semua komponen yang saat ini terdapat dalam dunia pendidikan. Baik itu yang berkaitan dengan metode pengajaran, tujuan pengajaran, siswa, guru bahkan makna dalam pendidikan itu sendiri. Artinya bahwa setiap kegiatan ataupun proses pendidikan semua terjadi atas dasar filsafat itu sendiri. Yang menjadi bagian terpenting adalah bagaimana memaknai makna filsafat dibalik fenomena tersebut karena gagasan – gagasan tersebut pada umumnya berasal dari suatu aliran filsafat tertentu. Terima kasih prof, dengan membaca topik ini saya mendapat gambaran untuk tugas yang telah diberikan yaitu bagaimana menemukan makna filsafat dibalik pendidikan serta aliran filsafatnya.

    ReplyDelete
  20. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, pendidikan sains dalam kacamata filsafah dapat dipandang sebagai bagaimana pola pikir dibentuk, diarahkan, dan diajarkan, bagaimana menghadirkan ruang dan waktu sains kepada yang dididik agar memahami sains sebagai ilmu alam yang dapat dipahami, dimengerti dengan baik, dan mendapatkan pembenaran disetiap fenomena dalam kehidupan serta kebenaran dari berbagai hubungan-hubungan dalam kajian hidup dan kehidupan. Terimakasih.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Filsafat pendidikan dipahami sebagai sebagai teori pendidikan normatif yang menyatukan pedagogi, kurikulum, teori belajar, dan tujuan pendidikan dan didasarkan pada asumsi metafisik, epistemologis, dan aksiologis tertentu. Filsafat pendidikan juga dapat merujuk pada penerapan filsafat terhadap masalah pendidikan, memeriksa definisi, tujuan dan rantai makna yang digunakan dalam pendidikan oleh guru, administrator dan pembuat kebijakan. Hal ini melibatkan pemeriksaan visi atau pendekatan tertentu oleh para periset dan pembuat kebijakan dalam pendidikan yang sering menangani perdebatan dan asumsi kontemporer tentang inovasi dan praktik dalam pengajaran dan pembelajaran dengan mempertimbangkan profesinya dalam konteks filosofis atau sosiokultural yang lebih luas.

    ReplyDelete
  23. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete