Dec 2, 2012

DEDUCTIVISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang DEDUCTIVISM, koneklah:






Wss Wr Wb

27 comments:

  1. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Link di atas menguraikan mengenai Hipotetikal Deduktif. Dari beberapa referensi di atas menjelaskan bahwa hipotetikal deduktif merupakan suatu metode ilmiah dalam perumusan hipotesis. Kata deduktif sering diartikan sebagai penjelsan dari yang umum ke yang khusus. Sehingga hipotetikal deduktif merupakan sautu perumusan hipotesis untuk mengenerelasisasikan suatu permasalahan yang ingin dijelaskan.

    ReplyDelete
  2. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Deduktif merupakan salah satu cara berpikir yang berdasarkan pada perumusan hipotesis, pengujian, dan penyimpulan atas hipotesis tersebut. Cara berpikir deduktif sangat erat kaitannya dengan penelitian ilmiah. Pola deduktif memiliki alur berpikir dari hal yang bersifat umum lalu diarahkan menuju hal yang bersifat khusus. Adapun salah satu jenis penalaran deduktif adalah silogisme.

    ReplyDelete
  3. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Deduktivisme merupakan sebuah pemikiran yang diawali dengan pemikiran secara umum kemudian dikembangkan secara khusus. Membahas hypothetico deduktif erat dengan metode penelitian ilmiah yang sering kali berkaitan dengan metode ekperimen yakni dimulai dari teori-teori secara umum yang digunakan untuk membuktikan sebuah fenomena apakah sesuai dengan teori. Terima Kasih

    ReplyDelete
  4. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Deduktivisme adalah sebah pemikiran yang diawali oleh pernyataan umum lalu dikembangkan/diperjelas oleh pernyataan-pernyataan khusus. Selain itu, deduktivisme adalah paradigma yang berdasar pada perumusan hipotesis, pengujian hipotesis, dan kemudian menyimpulkan hipotesis tersebut. Paradigma ini yang sering digunakan dalam metode penyelidikan ilmiah.
    Langkah-langkah dalam penelitian yang menggunakan deduktivisme sebagai berikut:
    1. Mendapati permasalahan
    2. Membuat hipotesis (dugaan/jawaban sementara) ==> umum
    3. Mencari data-data yang mendukung hipotesis ==> khusus
    4. Melakukan uji coba/eksperimen (mengolah data-data yang didapat)
    5. Menyimpulkan, apakah hipotesis nya benar atau tidak.

    ReplyDelete
  5. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan beberapa sumber yang saya baca, deduktif merupakan salah satu cara berpikir yang berproses pada perumusan hipotesis, pengujian, dan penyimpulan atas hipotesis tersebut. Cara berpikir deduktif biasanya sering diaplikasikan dalam penelitian ilmiah. Pola deduktif memiliki alur berpikir dari hal yang bersifat umum menuju hal yang bersifat khusus. Sehingga, hypothetico deduktif sering kali berkaitan dengan metode ekperimen yang dimulai dari teori-teori secara umum yang digunakan untuk membuktikan sebuah fenomena apakah sesuai dengan teori.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  6. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas dapat saya pahami bahwa deduktivisme memuat berpikir deduktif. Berpikir deduktif dimulai dengan sesuatu hal yang bersifat umum kemudian dapat diturunkan ke hal-hal yang khusus. Dalam matematika sekolah siswa lebih banyak menggunakan pola pikir induktif sedangkan untuk "pure mathematics" sudah menggunakan pola pikir deduktif. Deduktivisme dapat pula kita sebut sebagai formalism karena dalam berpikir deduktif itu menggunakan rasio formal atau pembuktian secara formal dan berlaku umum. Dalam deduktivisme menggunakan pola pikir analitis sistematis yang berdasarkan bukti-bukti empiris. Pola pikir deduktif dapat digeneralisasikan kepada hal-hal yang lebih khusus.Proses berfikir deduktif ini dimulai dari melakukan pengamatan terhadap fenomena yang terjadi, kemudian membentuk suatu dugaan atau hipotesis, lalu menyimpulkan hasil dugaan tersebut untuk kemudian di uji kebenarannya melalui eksperimen.

    ReplyDelete
  7. Junianto
    PM C

    Hipotetical deduktif merupakan salah satu deskripsi metode ilmiah. Berdasarkan metode ini, penelitian ilmiah dilakukan dengan merumusakan hipotesis yang dapat diformulasikan dari data yang diambil. Jika dilihat dari kata deduktif yang saya pahami selama ini merupakan pengambilan kesimpulan dari pengertian umum ke khusus. Cara berpikir deduktif ini sering digunakan dalam penarikan kesimpulan secar ilmiah.

    ReplyDelete
  8. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Deduktivisme adalah paradigma yang berdasar pada perumusan hipotesis, pengujian hipotesis, dan kemudian menyimpulkan hipotesis tersebut. Pradigma ini yang sering digunakan dalam metode penyelidikan ilmiah. Hipotesis deduktif merupakan hipotesis yang dirumuskan berdasarkan teori ilmiah yang telah ada. Ciri-ciri dari logika deduktif antara lain analitis, tautologies, apirori, argument deduktif selalu dapat nilai sahih atau tidaknya. Langkah-langkah dalam penelitian yang menggunakan deduktivisme sebagai berikut: mendapati permasalahan, membuat hipotesis (dugaan/jawaban sementara), mencari data-data yang mendukung hipotesis, melakukan uji coba/eksperimen (mengolah data-data yang didapat), menyimpulkan, apakah hipotesis nya benar atau tidak. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  9. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Hipotetical deduktif merupakan salah satu metode ilmiah. Dalam metode ini, hipotesis diformulasi berdasarkan teori-teori umum yang ada. Metode hipotetical deduktif biasa dilakukan dalam metode ilmiah. Langkah-langkah yang dilakukan dalam metode ini yaitu perumusan hipotesis, pengujian hipotesis, dan kemudian menyimpulkan hipotesis tersebut.

    ReplyDelete
  10. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Deduktif merupakan suatu metode ilmiah yakni melalui proses penalaran dari satu atau lebih pernyataan untuk mencapai kesimpulan logis tertentu. Metode deduktif sering digambarkan sebagai pengambilan kesimpulan dari sesuatu yang umum ke sesuatu yang khusus. Dalam sistem deduktif yang kompleks, peneliti atau pengamat dapat menarik lebih dari satu kesimpulan.

    ReplyDelete
  11. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Deduktivisme ialah sebuah pemikiran yang diawali oleh pernyataan umum yang kemudian dikembangkan oleh pernyataan-pernyataan khusus atau paradigma yang berdasarkan perumusan hipotesis yang kemudian di simpulkan oleh hipotesis tersebut.
    Deduktif dapat diartikan pula sebagai pendekatan yang menggunakan logika untuk menarik satu atau lebih kesimpulan berdasarkan seperangkat premis yang diberikan.

    ReplyDelete
  12. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Model atau metode hipotetik deduktif merupakan metode ilmiah deskriptif. Penyelidikan ilmiah dilakukan dengan merumuskan hipotesis dalam bentuk yang dapat diuji keabsahannya melalui data yang dapat diamati. Sebuah tes yang bisa dan memang bertentangan dengan prediksi hipotesis diambil sebagai pemalsuan hipotesis. Namun tes yang bisa tapi tidak bertentangan dengan hipotesis maka menguatkan teori tersebut.

    ReplyDelete
  13. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Deduktif merupakan salah satu pola berpikir manusia. Pola berpikir secara deduktif ini diberlakukan dalam pembelajaran matematika. Karena dalam pembelajaran matematika biasanya diawali dari sebuah definisi, sebelum kemudian menuju pada contoh-contoh soal yang sifatnya lebih khusus dari definisi umumnya. Memang tidak selamanya dalam pembelajaran matematika diawali dengan definisi.

    ReplyDelete
  14. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Deductivism adalah paham yang memandang dunia secara deduktif dimulai dari suatu hal yang umum kemudian menjadi hal-hal yang lebih khusus. Pandangan yang luas diletakkan di depan, kemudian mencari hal-hal kecil yang di dapatkan dari penjabaran hal besar yang disebutkan di awal. Biasanya pemikiran seperti ini digunakan untuk membuktikan sesuatu, apakah benar atau salah, kemudian diuji dari hal-hal kecil dari penjabaran hal besar tadi apakah benar atau tidak.

    ReplyDelete
  15. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Deduktif merupakan salah satu metode berpikir yang menerapkan hal-hal yang umum terlebih dahulu untuk seterusnya dihubungkan dalam bagian-bagiannya yang khusus. Proses ilmiah sebenarnya juga menerapkan deduktif karena dimulai dengan hipotesis yang bersifat umum kemudian diselidiki dengan hal-hal yang khusus. Matematika pun juga bersifat deduktif yakni dimulai dengan hal-hal yang umum. Akan tetapi, tidak semuanya hal-hal harus difikirkan secara deduktif. Terkadang kita perlu melihat hal-hal yang bersifat khusus untuk menemukan suatu fakta atau generalisasi.

    ReplyDelete
  16. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Deduktivisme seringkali dimaknai sebagai suatu pola pikir untuk menarik sebuah kesimpulan tertentu dari sesuatu yang sudah ada dan bersifat umum untuk kemudian dilihat pada bagian-bagian tertentu secara lebih khusus. Deduktif dipakai dalam pembelajaran matematika, penarikan kesimpulan dari sesuatu yang sudah ada dan sesuatu yang umum. Berpikir secara deduksi ini akan mendapat kesimpulan yang pasti benar adanya, sehingga implementasi dalam kehidupan sehari-hari, untuk mengambil kesimpulan, ambillah dari sesuatu yang ada dalam kenyataan, dan bersifat benar untuk umum, maka pasti akan benar untuk tertentu yang termasuk dalam umum tersebut.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Deductivism merupakan sebuah metode deskripsi ilmiah dengan menggunakan proses menarik kesimpulan berupa prinsip atau sikap yang berlaku khusus berdasarkan fakta-fakta yang bersifat umum. Hal ini dimulai dari hal-hal umum menuju kepada hal-hal khusus. Salah satu contoh deductivism adalah:
    1. Gunakan pengalaman untuk memahami masalah dan mengumpulkan data.
    2. Tetapkan hipotesis atau dugaan sementara.
    3. Dedikasikan prediksi berdasarkan hipotesis.
    4. Uji coba atau carilah bukti (observasi).

    ReplyDelete
  19. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Dalam pembelajaran matematika, kita sering sekali khususnya bagi peserta didik yang sudah dewasa dan cukup mengenal mengenai matematika abstrak, mengenal adanya menemukan konsep kembali maupun pembuktian dari rumus yang sudah ada. Penemuan hingga pembuktian dengan metode deduktif berawal dari hal-hal yang bersifat umun menuju kepda penyimpulan yang bersifat khusus. Hal ini berarti mempelajari hal-hal yang bersifat atau berlaku secara umum selanjutnya diaplikasikan ke hal yang khusus guna menemukan konsep atau rumus yang diinginkan.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  20. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Dalam pembuktian matematika ada yang dikatakan sebagai pembuktian deduktif. Deduktivisme merupakan paradigma yang berdasarkan kepada adanya merumuskan hipotesis, pengujian hipotesis, dan kemudian menyimpulkan hipotesis tersebut. Metode deduktif ini juga sering digambarkan sebagai pengambilan kesimpulan dari sesuatu yang umum ke sesuatu yang khusus dalam suatu penelitian untuk menemukan sesuatu yang baru. Artinya kesimpulan tersebut diambil berdasarkan fakta-fakta yang ada pada sesuatu yang umum tadi.

    ReplyDelete
  21. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Deduktivisme merupakan sebuah pemikiran yang diawali oleh pernyataan umum lalu dikembangkan/diperjelas oleh pernyataan-pernyataan khusus. Pemikiran ini bisa bisa berupa buku, penelitian/tesis, artikel, diskusi atau semacamnya. Langkah-langkah dalam penelitian yang menggunakan deduktivisme meliputi: 1) mendapati permasalahan, 2) membuat hipotesis, 3) mencari data-data yang mendukung hipotesis, 4) Melakukan uji coba/ eksperimen, 5) menyimpulkan, apakah hipotesis nya benar atau tidak.

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Deduktivisme merupakan lawan dari induktivisme. Deduktivisme adalah metode yang sering dipakai dalam penelitian. Deduktivisme bermula dari pembuatan hipotesis dari suatu masalah, kemudian berakhir pada pembuatan kesimpulan

    ReplyDelete
  24. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Metode deduktif adalah metode berikir yang menerapkan hal-hal yang umum terlebih dahulu untuk seterusnya dihubungkan dalam bagian-bagiannya yang khusus.

    ReplyDelete
  25. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Dalam salah satu link diatas dikatakan bahwa alasan mengapa kita membutuhkan hukum universal (contohnya: pernyataan “semua”) dalam suatu hypothetico-deductivism yaitu dikarenakan komponen deduktif dari argumen tersebut. Pengurangan tetap mempertahankan kebenaran. Contoh : jika benar bahwa Socrates adalah manusia, maka tentu juga benar bahwa Socrates adalah makhluk fana. Dijelaskan disini bahwa jika premis tersebut benar, tidak ada dunia yang dapat dibayangkan dimana Socrates bukan merupakan makhluk fana. Jadi sangat mustahil untuk mengatakan Socrates fana hari ini namun menjadi makhluk abadi keesokan harinya, sebab apa yang benar hari ini tidak akan menjadi salah dihari selanjutnya. Namun bila tidak seperti itu pasti ada kekeliruan yang terjadi sebelummnya.

    ReplyDelete
  26. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Deductivisme berasal dari kata deduktif. Deduktif berlawanan dengan induktif, dalam artian deductivism juga berlawanan dengan inductivism. Kalau inductivism adalah sebuah paham yang berkaitan segala sesuatu berawal dari khusus ke umum. Maka, deductivism adalah sebuah paham yang mengawali sesuatu dengan sesuatu yang bersifat umum, sehingga menjadi sesuatu yang bersifat khusus. Contohnya secara umum bunga itu berwarna merah, namun ada yang terkhusus misalnya bunga mawar, karena pada bunga mawar ada bunga yang berwarna selain merah. Ini berarti konsep yang didapat berasal dari sesuatu yang bersifat umum, lalu difokuskan ke salah satu aspek sehingga menjadi sesuatu yang bersifat secara khusus.

    ReplyDelete
  27. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Pendefinisian dari hal paling umum menuju hal khusus sifatnya lebih mengenalkan definisi terlebih dahulu barulah pemberian contoh. Hal ini lebih menguatkan teori dasar sehingga ketika bertemu dengan hal khusus, akan lebih mudah mentukan arah harus bagaimana dan kemana. Mempelajari banyak hal, perlu dilakukan agar dapat memahami hidup secara lebih mendalam.

    ReplyDelete