Dec 2, 2012

MYTHOLOGY




Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang MYTHOLOGY, silahka konek ke:









Wss Wr Wb
Marsigit


9 comments:

  1. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Mitologi secara bahasa adalah ilmu yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan. Secara lebih umum mitologi dapat diartikan juga sebagai mitos, yaitu merupakan suatu pendapat yang belum diketahui kepastian kebenarannya, jadi hanya sekedar seperti argumen atau pendapat seseorang.

    ReplyDelete
  2. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami Mitologi dari bahasa Yunani 'mitos' untuk cerita tentang suatu tokoh, figur atau orang, dan 'logo' untuk kata atau ucapan, sehingga mitologi merupakan studi tentang cerita lisan dari seseorang dan interpretasi cerita suci atau dongeng dari budaya yang dikenal sebagai 'mitos 'atau koleksi cerita-cerita seperti yang biasanya berhubungan dengan kondisi manusia, baik dan jahat, asal-usul manusia, hidup dan mati, akhirat, dan para dewa. Mitos biasanya mengekspresikan keyakinan dan nilai-nilai tentang norma, kepercayaan dan pengetahuan yang dipegang dan diyakini oleh budaya tertentu.

    ReplyDelete
  3. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Sedikit berdebar-debar bagi saya menggambarkan pemahaman saya tentang mitologi. Mitologi, adalah mitos. Dahulu, sebelum Tuhan memberi saya kesempatan luar biasa menjadi salah satu orang yang belajar filsafat ilmu, saya memahami mitos sebagai seseuatu yang sifatnya irasional, yang berkembang pada masyarakat. Karena itulah saya terkadang menilai mitos itu bermajas, terkadang ada mitos yang hiperbola. Akan tetapi, saya juga meykini kebenaran bahwa mitos-mitos yang berkembang di masyarakat membawa pesan-pesan, entah pesan moral, pesan sosial, atau bahkan sampai pada pesan spiritual.
    Nah saat ini, atau lebih tepatnya kurang lebih dua bulan ini, makna mitos bagi saya tidak hanya seperti yang saya ungkapkan di atas. Mitos yang saat ini, terkadang menakutkan, ya memang, itu, ada kata-kata "aku takut terjebak mitos", "mitos menghalangi ku menggapai logos". Wah jahat betul aku ini menilainya, sedangkan pengetahuanku bisa jadi sebagian lebih berasal dari mitos. Maka yang ada sekarang adalah rasa syukur yang senantiasa aku perjuangkan untuk selalu hadir dalam setiap tarikan nafas dan hembusannya, Karena-Nya diri ini mendapatkan kesempatan menjalani fase hidup yang luar biasa. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  4. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Terimkasih Atas link-link yang Bp berikan, didalam link https://www.greekmythology.com dituliskan Mitologi Yunani adalah kumpulan cerita tentang dewa, dewi, pahlawan dan ritual orang Yunani Kuno. sedangkan pada link http://www.pantheon.org/areas/mythology/ mitologi dibedakn berdasarkan wilayah geografisnya, secara umum ada 6 wilayah geografis dari mitologi yaitu Afrika, Amerika, Asia, Eropa, dan Oceania. berbeda dengan link https://www.windows2universe.org/?page=/mythology/mythology.html yang menggambarkan bagaimana mitologi itu lahir.

    ReplyDelete
  5. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Mitos, berasal dari kata “myth” adalah cerita-cerita yang berkaitan dengan penjelasan alam, sejarah, dewa, adat istiadat, dongeng, asal usul alam semesta, manusia, hal gaib, petualangan, kisah cinta, perang dan lain lain. Di Indonesia banyak sekali mitos mitos berkembang. Hal ini juga penting dalam perkembangan kebudayaan. Mitos fitur penting dalam konstruksi pengetahuan dan kebudayaan. mitos yang sering berkembang di Inodonesia sendiri dari adat istiadatsampai dengan hal yang gaib. mitos pun memang hal yang menarik dibicarakan untuk menjadi pembahasan, berkaitan dengan percaya atau tidak terhadap mitos yang muncul adalah pilihan masing-masing orang.

    ReplyDelete
  6. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P. Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. mitologi selalu dihibungkan dengan suatu kejadian yang dipercayai sebagai suatu sejarah yang pernah terjadi pada masa silam. Kepercayaan pada mitos tidak perlu menggunakan bukti-bukti yang valid untuk mempercayainya, sebab di beberapa daerah yang masih memegang teguh nilai-nilai tradisionil, mitos dianggap sebagai bagian terpenting dalam tardisi dan kebudayaannya. Meskipun seperti itu, namun ada beberapa mitos yang mengandung nilai-nilai moril. Setiap daerah memiliki mitosnya sendiri-sendiri sesuai dengan karakter kebudayaannya

    ReplyDelete
  7. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Mitologi merupakan akar dari filsafat di dunia ini, Istilah ini dapat berarti kajian tentang mitos. Mitologi adalah ilmu tentang kesusastraan yang mengandung konsep tentang dongeng suci, kehidupan para dewa, dan makhluk halus dalam suatu kebudayaan. Istilah ini terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa. Biasanya kisah-kisah tersebut memiliki hubungan erat dengan para dewa dan para pahlawan. Mitos yang ada di sekitar kita sebaiknya sebagai bahan belajar kita untuk dapat berpikir kritis.

    ReplyDelete
  8. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Mitologi dapat dimaknai sebagai kepercayaan terhadap keberagaman, ada pendapat juga epercayaan terhadap dewa-dewa. Namun apabila saya kaitkan dalam pembelajaran. Mitologi dapat dimaknai sebagai keberagaman siswa dalam segi pengetahuan dan pengalamannya. Keberagaman tersebut akan menjadi kesulitan tersendiri bagi guru dalam menyampaikan pengajarannya apabila guru tidak mau memahami setiap keberagaman siswa tersebut. Menurut saya langkah awal saat pertama kali bertemu dengan siswa yaitu dengan memberikan tes awal dulu tentang matematika yang dasar agar guru dapat mengidentifikasi lebih awal tingkat pengetahuan siswa dan guru dapat segera memperbaiki kekurangan pengetahuan tersebut dengan beberapa perlakuan-perlakuan.

    ReplyDelete