Dec 2, 2012

MYTHOLOGY




Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang MYTHOLOGY, silahka konek ke:









Wss Wr Wb
Marsigit


33 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Paham transcendentalism mulai berkembang pada akhir tahun 1820an dan 1830an yang merupakan bagian darinpergerakan filsapat di bagian timur negara Amerika serikat. Diketahui pada saat itu Transcendentalism berdampak dalam meningkatkan protes melawan pemerintah dalam aspek intelektual dan spiritualitas. Sehingga dapat dikatakan terjadi perjuangan dalam hal spritualitas dan intelektualitas pada perkembangan paham trancendentalisme.

    ReplyDelete
  3. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Mitologi memiliki arti kumpulan mitos yang merupakan kisah-kisah atau cerita yang menjelaskan tentang sifat alam, sejarah atau adat budaya. Mitos memiliki nilai kebenaran yang tidak dapat dibuktikan karena menyangkut kepercayaan terhadap kekuatan atau sesuatu yang fiktif. Tiap orang memiliki mitosnya masing-masing namun mitos harus di pahami dengan baik agar tidak menimbulkan hal-hal yang bersifat negatif

    ReplyDelete
  4. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Mitologi berasal dari kata bahasa Yunani yaitu " mythos " yang berarti " cerita rakyat " dan " logos " yang berarti " perkataan atau pembicaraan ". Jadi, Mitologi artinya cerita yang pernah dikatakan oleh suatu rakyat/ bangsa. Mitologi mengacu pada mitos yang dikumpulkan dari sekelompok orang, tapi bisa juga studi tentang mitos tersebut. Folklorist Alan Dundes mendefinisikan mitos sebagai narasi sakral yang menjelaskan bagaimana dunia dan kemanusiaan berevolusi menjadi bentuknya yang sekarang.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  5. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Mitologi merupakan akar dari filsafat di dunia ini, Istilah ini dapat berarti kajian tentang mitos. Mitologi adalah ilmu tentang kesusastraan yang mengandung konsep tentang dongeng suci, kehidupan para dewa, dan makhluk halus dalam suatu kebudayaan. Istilah ini terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa. Biasanya kisah-kisah tersebut memiliki hubungan erat dengan para dewa dan para pahlawan. Mitos yang ada di sekitar kita sebaiknya sebagai bahan belajar kita untuk dapat berpikir kritis.

    ReplyDelete
  6. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Mitologi adalah studi tentang mitos, legenda dan interpretasi mereka dalam beberapa budaya. Mitos juga didefinisikan didalam kamus ilmiah popular sebagai sesuatu yang berhubungan dengan kepercayaan primitif, tentang kehidupan alam gaib yang timbul dari usaha-usaha manusia yang tidak ilmiyah dan tidak berdasarkan pada pengalaman yang nyata untuk menjelaskan dunia atau juga dapat diartikan sebagai suatu keyakinan yang keliru yang mempengaruhi pengalaman manusia atau sesuatu yang tidak masuk akal karena tidak logis atau tidak berdasarkan pada logika.

    ReplyDelete
  7. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Mitologi merupakan kajian-kajian tentang mitos, atau sebuah kejadian misterius yang berasal dari berbagai sumber yang sulit dilacak. Mitos berpangkal pada suatu misteri penciptaan dunia atau manusia dimana step nya pun tidak bisa dilacak. Sumber dari mitos pun bertumpu dari berbagai cerita yang menyeruap di berbagai kalangan. Saat ini mitos dikenal sebagai keunikan dari suatu daerah, bahkan lebih condong ke sebuah kekayaan budaya, karena mitos sangat bergantung pada kondisi sekitar. Oleh karena itu suatu hal yang sama dapat memunculkan mitos yang berbeda karena berada dalam kelompok atau lingkungan yang berbeda.

    Mitologi biasanya berhubungan dengan sesuatu yang sulit ditembus oleh pikiran apalagi di lacak melalui fakta. Dragon merupakan salah satu mitologi hewan yang sangat terkenal. Mitos dragon ada di berbagai penjuru dunia, yang paling terkenal adalah dragon di cina. Sebuah hewan raksasa menyerupai ular yang dapat terbang. Seringkali digambarkan memiliki kemampuan untuk terbang. Mitos dragon juga lahir di Korea dan Jerman. Visualisasinya pun tentu memiliki perbedaan tergantung dari budaya tempat mitos tersebut lahir.

    ReplyDelete
  8. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, secara umum mitologi adalah ilmu pengetahuan atau penafsiran yang dianggap sebagai kisah suci atau cerita yang sering kita sebut dengan sebutan Mitos atau kumpulan cerita yang biasanya dibuang dengan keadaan manusia, kejahatan dan kebaikan, asal - usul manusia , kehidupan dan kematian, kehidupan selanjutnya, dan para dewa. Sedangakn menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, mitologi adalah ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus disuatu kebudayaan. Walaupun, itu suatu mitos, ambillah pesan atau nasehat yang baik-baik dari mitos tersebut.

    ReplyDelete
  9. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Mitologi berasal dari kata mitos yang berarti cerita rakyat yang menceritakan kisah masa lalu yang mengandung penafsiran tentang alam semesta serta keberadaan makhluk di dalamnya dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang mempercayainya. Dalam filsafat mitos berarti tidak berpikir. Karena tidak berdasar pada pemikiran maka kebenarannya sulit untuk ditentukan.

    ReplyDelete
  10. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Mitos merupakan suatu kisah suci yang menjelaskan bagaimana dunia maupun manusia dapat terbentuk seperti sekarang ini, meskipun, dalam pengertian yang sangat luas, istilah tersebut dapat mengacu kepada cerita tradisional. Namun, ada yang perlu diperhatikan dari sebuah mitos. Hal ini dikarenakan mitos bersifat sangat halus. Bahkan tanpa kita sadari, mitos telah merasuk dalam tubuh (pikiran) kita. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita harus memperkuat logos yang kita miliki agar tidak dikalahkan oleh mitos

    ReplyDelete
  11. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Mitologi merupakan ilmu pengetahuan atau penafsiran yang seringkali dianggap sebagai kisah suci atau cerita yang mustahil dari sebuah kebudayaan yang biasa kita kenal dengan kata " Mitos " atau kumpulan cerita yang biasanya dikaitkan dengan keadaan manusia, kejahatan dan kebaikan, asal - usul manusia, kehidupan dan kematian, kehidupan selanjutnya, dan para dewa. Selain itu, menurut KBBI, mitologi adalah ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung koesepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  12. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Mitos bisa diartikan sebagai kisah suci yang biasanya menjelaskan bagaimana dunia maupun manusia dapat terbentuk seperti sekarang ini, walaupun dalam pengertian yang sangat luas, istilah tersebut dapat mengacu kepada cerita-cerita tradisional yang ada di masyarakat. Mitologi sangat terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Mitologi juga dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  13. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Mitos, berasal dari kata “myth” adalah cerita-cerita yang berkaitan dengan penjelasan alam, sejarah, dewa, adat istiadat, dongeng, asal usul alam semesta, manusia, hal gaib, petualangan, kisah cinta, perang dan lain lain. Di Indonesia banyak sekali mitos mitos berkembang. Hal ini juga penting dalam perkembangan kebudayaan. Mitos fitur penting dalam konstruksi pengetahuan dan kebudayaan. mitos yang sering berkembang di Inodonesia sendiri dari adat istiadatsampai dengan hal yang gaib. mitos pun memang hal yang menarik dibicarakan untuk menjadi pembahasan, berkaitan dengan percaya atau tidak terhadap mitos yang muncul adalah pilihan masing-masing orang.

    ReplyDelete
  14. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Mitologi berasal dari bahasa Yunani yaitu mythologia yang tediri dari dua kata, yaitu mythos dan logos. Myth berarti kisah atau legenda, sedangkan logis berarti penuturan. Sedangkan menurut KBBI mitologi adalah ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan mahluk halus di suatu kebudayaan. Menurut pakarnya, mitos tidak boleh disamakan dengan fable, legenda, cerita rakyat, dongeng, anekdot, atau kisah fiksi. Mitos dan agam juga berbeda, namun menutupi beberapa aspek.

    ReplyDelete
  15. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Istilah mitologi dapat berarti kajian tentang mitos maupun sebuah himpunan atau koleksi-koleksi mitos-mitos. Sedangkan mitos itu sendiri adalah peristiwa dan tokoh yang dibuat-buat dalam peristiwa itu. Peristiwa tersebut didramatirisi sedemikain rupa sehingga menjadi sebuah peristiwa dongeng. Hal ini menunjukan bahwa peristiwa tersebut hasil pikiran manusia. Biasanya hal itu dimaksudkan untuk mempertinggi, mempersuci ajaran agaman meninggikan kedudukan seorang tokoh yang sangat dihormati dari para nabi, asul, orang saleh, pahlawan dan lainnya.

    ReplyDelete
  16. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Mythology atau mitos merupakan cerita narasi yang memaikan peran mendasar dalam masyarakat. Setiap masyarakat mempunyai cerita mitos yang beragam yang dibangun sejak zaman nenek moyang. Studi tentang mitos dimulai sejak serajah kuno. Saat ini, studi mitos berlanjut di berbagai bidang akademik, termasuk studi cerita rakyat, filologi, dan psikologi. Mitos ini terkait dengan legenda maupun cerita rakyat. Sekarang ini mitos terus berkembang dan bahkan, seringnya juga tercampur dengan logika ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  17. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Mitologi adalah ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung cerita dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa. Kaitannya seperti mitos, biasanya terdapat kumpulan cerita yang biasanya dikaitkan dengan keadaan manusia, kejahatan dan kebaikan, asal - usul manusia, kehidupan dan kematian, kehidupan selanjutnya, dan para dewa.

    ReplyDelete
  18. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Pemikiran mitologi merupakan sistem pemikiran orang Yunani yang hidup pada abad ke 6 SM. Mereka menjelaskan tentang fenomena alam dengan mengkaitakan pemikiran keagamaan. Karena menurut mereka makhluk-makhluk merupakan dasar alam, maka makhluk itu perlu dipuja dan disembah. Penjelasan keagamaan ini disampaikan secara turun temurun dalam bentuk mitos. Mitos adalah sebuah cerita mengenai dewa-dewa untuk menjelaskan mengapa kehidupan berjalan seperti adanya. Pola pikir mitos merupakan pola pikir masyarakat yang mengandalkan mitos untuk menjelaskan fenomena alam, seperti gempa bumi dan pelangi. Gempa bumi tidak dianggap fenomena alam biasa, tetapi Dewa Bumi yang sedang menggoyangkan kepalanya. Namun, setelah hadirya filsafat, fenomena alam tersebut tidak lagi dianggap sebagai aktivitas dewa, tetapi aktivitas alam yang terjadi secara kausalitas.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  19. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Mitologi dapat berarti kajian tentang mitos misalnya mitologi perbandingan, sebuah himpunan atau koleksi mitos-mitos. suatu mitos adalah kisah suci yang biasanya menjelaskan bagaimana dunia maupun manusia dapat terbentuk seperti sekarang ini, dalam pengertian yang sangat luas, istilah tersebut dapat mengacu kepada cerita tradisional atau legenda. terimakasih

    ReplyDelete
  20. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Mitologi dapat merujuk pada studi tentang mitos. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa. Bruce Lincoln mendefinisikan mitos sebagai ideologi dalam bentuk naratif. Terdapat pula mitologi-mitologi yang disajikan berdasarkan wilayah. Awalnya mitologi diceritakan secara lisan, lambat laun ada yang tertarik terhadap mitologi dan mendokumentasikannya dalam bentuk tulisan. Pada zaman sekarang ini, manusia akan dengan mudah untuk meniadakan mitologi dengan alasan ketidakrasionalan sebuah kisah mitologi. Manusia sekarang ini lebih memercayai hal yang nampak dan kebenarannya konkret.

    ReplyDelete
  21. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Mitologi merupakan ilmu yang menjelaskan tentang mitos. Mitos berbeda dengan dongeng, cerita rakyat, fable, maupun cerita fiksi. Mitologi berhubugan dengan cerita dewa-dewa bangsa yunani dan romawi.

    ReplyDelete
  22. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada link di atas, mitologi komparatif adalah perbandingan sistematis mitos dari berbagai budaya. Ia berusaha menemukan tema-tema mendasar yang umum untuk mitos berbagai budaya. Dalam beberapa kasus, mitologi komparatif menggunakan kesamaan antara mitologi yang berbeda untuk menyatakan bahwa mitologi tersebut memiliki sumber yang sama. Sumber ini dapat menginspirasi mitos atau memberikan "protomithologi" yang sama yang menyimpang ke dalam mitologi masing-masing budaya.

    ReplyDelete
  23. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Mitologi merupakan naratif yang berkembang di masyarakat sehingga mempengaruhi kehidupan masyarakat. Mitos sendiri terkadang masuk dalam budaya manusia.

    ReplyDelete
  24. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Mitologi merujuk pada kumpulan mitos dari sekelompok orang, tetapi bisa juga berarti studi tentang mitos tersebut. Misalnya, mitologi Yunani, mitologi Romawi, dan mitologi Het semuanya menggambarkan bangunan mitos yang diceritakan kembali di antara budaya-budaya tersebut.

    ReplyDelete
  25. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Mitologi merujuk pada studi tentang mitos-mitos kolektif. Sebelum manusia mengenal sains, mitos hadir sebagai usaha manusia memahami dan menjelaskan fenomena-fenomena alam yang kompleks.
    Edward Taylor menjelaskan bahwa mitos dan sains tidak dapat disatukan. Setelah manusia modern memahami sains, maka keberadaan mitos untuk menjelaskan fenomena-fenomena alam sudah tidak diperlukan lagi karena telah digantikan oleh sains. Maka, di era modern ini mitologi lebih dimaknai sebagai bentuk sastra yang mengkaji dongeng tentang kehidupan dewa-dewa atau legenda dalam suatu kebudayaan tertentu, misalnya mitologi Yunani, mitologi Mesir, mitologi China, dsb.

    ReplyDelete
  26. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Mythology adalah ilmu pengetahuan yang memfokuskan pada hal yang berhubungan dengan dewa, pahlawan, asal-usul, yang memiliki arti mendalam namun diungkapkan dengan cara gaib. Mitologi dapat dengan mudah mempengaruhi pikiran orang-orang tradisional yang masih kental dengan kebudayaannya. Mereka lebih mempercayai nasehat turun temurun nenek moyang dan cenderung mengabaikan logika mereka. Walaupun nenek moyang menciptakan mitos dengan tujuan yang baik, namun karena cara penyampaiannya yang keras membuat sugesti bahwa hal yang dimitoskan sebagai sesuatu yang benar dan harus dilakukan. Oleh karenanya, dalam kehidupan sering kali kita diliputi oleh mitos-mitos yang beredar. Akan tetapi, kita sebagai mahluk yang beragama, harus tetap andalkan Tuhan dalam bertindak.

    ReplyDelete
  27. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, Mitologi adalah ilmu tentang kesusastraan yang mengandung konsep tentang dongeng suci, kehidupan para dewa, dan makhluk halus dalam suatu kebudayaan. Mitologi digambarkan semacam legenda kalau di Indonesia mitos yang menceritakan monster legenda atau terciptanya sebuah tempat. Dengan demikian, mitologi ada ketika masa prasejarah. Mitologi oleh masyarakat jaman dahulu dianggap sebagai sebuah cerita yang suci. Meskipun demikian, cerita mitologi saat ini sudah tidak dianggap suci lagi. Hal ini dikarenakan, terkadang tidak ilmiah dan logis. Namun, cerita mitologi mengandung pelajaran dalam hidup dan amanat dalam menjalani hidup yang baik agar sesuai ruang dan waktunya dalam bingkai norma dan moral. Terimakasih.

    ReplyDelete
  28. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PM d 2019

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Mythology mengacu pada beragam mitos yang dikumpulkan dari sekelompok orang atau untuk mempelajari mitos semacam itu. Studi tentang mitos dimulai pada sejarah kuno. Mythology Yunani oleh Euhemerus, Plato dan Sallustius dikembangkan oleh Neoplatonis dan kemudian dihidupkan kembali oleh para ahli mitos Renaisans. Mythology komparatif abad kesembilan belas menafsirkan bahwa menurut Tylor mitos adalah sebagai ilmuwan primitif dan gagal ilmu pengetahuan, menurut Muiller mitos adalah sebuah "penyakit bahasa" dan menurut Frazer mitos merupakan salah tafsir ritual magis (Frazer).

    ReplyDelete
  29. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematiak D 2019

    Assalamualauikum Wr.Wb
    Mythology merupakan sebuah narasi sakral yang dikumpulkan orang untuk membangun sebuah ideologi atau cara pandang hidup. Dalam mythology terdapat sebuah narasi yang mengacu pada sebuah kisah yang berfungsi untuk mendefinisikan pandangan dunia fundamental suatu budaya dengan menjelaskan aspek-aspek dunia alami dan menggambarkan praktik-praktik psikologis dan sosial serta cita-cita masyarakat.

    ReplyDelete
  30. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Mitologi dapat berarti kajian tentang mitos (misalnya mitologi perbandingan), maupun sebuah himpunan atau koleksi mitos-mitos. Mitologi terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa.

    ReplyDelete
  31. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pend matematika D 2019

    Istilah mitologi berasal dari bahasa Yunani, μυθολογία (mythología) yang terdiri dari dua kata, yaitu (mýthos) dan (lógos). (mýthos) berarti kisah atau legenda, sedangkan (lógos) berarti penuturan. Istilah tersebut telah dipakai sejak abad ke-15, dan kurang lebih berati "ilmu yang menjelaskan tentang mitos". Di masa sekarang, mitologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997) adalah ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan. Menurut pakarnya, mitos tidak boleh disamakan dengan fabel, legenda, cerita rakyat, dongeng, anekdot atau kisah fiksi. Mitos dan agama juga berbeda, namun menutupi beberapa aspek.

    ReplyDelete
  32. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete