Dec 2, 2012

MYTHOLOGY




Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang MYTHOLOGY, silahka konek ke:









Wss Wr Wb
Marsigit


38 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Mitologi adalah kumpulan mitos, terutama yang memiliki tradisi agama atau budaya tertentu dari sekelompok orang. Mitologi merupakan faktor yang mendahului filsafat dan "seolah-olah" mempersiapkan ke arah timbulnya filsafat. Perbincangan mengenai Filsafat tidaklah lengkap tanpa menyentuh mitologi, sebab mitologilah akar dari semua filsafat di dunia ini. Hal ini dikarenakan filsuf-filsuf pertama menerima obyek penyelidikannya dari mitologi, yaitu alam semesta dan kejadian-kejadian yang setiap orang dapat menyaksikan di dalamnya. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional (cerita kuno).

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Mitologi dapat diartikan sebagai kumpulan mitos yang merupakan kisah-kisah atau cerita yang menjelaskan tentang sifat alam, sejarah dan adat istiadat. Mitos berkaitan dengan keyakinan seseorang akan sesuatu hal yang bersifat fiktif sehingga nilai kebenarannya tidak dapat dibuktikan. Setiap orang berhak mempunyai mitosnya sendiri untuk berbagai hal, namun perlu diingat bahwa mitos yang ada hendaknya tidak menjerumuskan manusia kepada hal-hal yang bersifat negative.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Istilah Mitologi telah dipakai sejak abad 15, dan berati “ilmu yang menjelaskan tentang mitos”. Di masa sekarang, Mitologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia mitologi adalah ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan Dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan. Menurut pakarnya, Mitos tidak boleh disamakan dengan fabel, legenda,cerita rakyat, dongeng, anekdot atau kisah fiksi. Mitos dan agama juga berbeda, namun meliputi beberapa aspek. Mitologi terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Tidak seperti mitologi, pada cerita rakyat, waktu dan tempat tidak spesifik dan ceritanya tidak dinggap sebagai suatu yang suci yang dipercaya kebenarannya. Sedangkan legenda, meskipun kejadiannya dianggap benar, pelaku-pelakunya pada legenda adalah manusia bukan dewa dan monster seperti pada mitologi..

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Mitos atau mite (myth) adalah cerita prosa rakyat yang di tokohi oleh para dewa atau makhluk setengah dewa yang terjadi di dunia lain (kahyangan) pada masa lampau dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang punya cerita atau penganutnya. Mitos juga disebut Mitologi yang berarti cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi dan bertalian dengan terjadinya tempat, alam semesta, para dewa, adat istiadat, dan konsep dongeng suci. Dalam filsafat, jika seseorang berhenti dalam menggapai ilmu pengetahuan akan terjebak sebenar- benarnya mitos.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Mitologi terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa. Tidak seperti mitologi, pada cerita rakyat, waktu dan tempat tidak spesifik dan ceritanya tidak dianggap sebagai kisah suci yang dipercaya kebenarannya. Sedangkan pada legenda, pelaku-pelakunya adalah manusia dan meskipun kejadiannya dianggap benar-benar terjadi, dapat mengandung kisah makhluk supranatural (dewa, setan, dsb.) dan kejadian luar biasa (kutukan, keajaiban, dsb.) seperti pada mitologi. Biasanya latar pada legenda adalah masa-masa pada saat manusia sudah ada dan dikaitkan dengan sejarah dan asal mula suatu tempat.

    ReplyDelete
  6. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Istilah "mitologi" dapat berarti kajian tentang mitos (misalnya mitologi perbandingan), maupun sebuah himpunan atau koleksi mitos-mitos (misalnya mitologi Inka).[1] Dalam folkloristika, suatu mitos adalah kisah suci yang biasanya menjelaskan bagaimana dunia maupun manusia dapat terbentuk seperti sekarang ini,[2] meskipun, dalam pengertian yang sangat luas, istilah tersebut dapat mengacu kepada cerita tradisional. Ada juga yang menyebutkan mitologi ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus dalam suatu kebudayaan
    Mitologi terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa. Tidak seperti mitologi, pada cerita rakyat, waktu dan tempat tidak spesifik dan ceritanya tidak dianggap sebagai kisah suci yang dipercaya kebenarannya. Sedangkan pada legenda, pelaku-pelakunya adalah manusia dan meskipun kejadiannya dianggap benar-benar terjadi, dapat mengandung kisah makhluk supranatural (dewa, setan, dsb.) dan kejadian luar biasa (kutukan, keajaiban, dsb.) seperti pada mitologi. Biasanya latar pada legenda adalah masa-masa pada saat manusia sudah ada dan dikaitkan dengan sejarah dan asal mula suatu tempat

    ReplyDelete
  7. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Mitologi adalah kajian tentang hal hal yang mistis yang berkaitan dengan hal hal yang suci dan ghoib. Mitos identik dengan hal ghoib yang terjadi sebagai akibat dari suatu hal. Mitologi terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa. Tidak seperti mitologi, pada cerita rakyat, waktu dan tempat tidak spesifik dan ceritanya tidak dianggap sebagai kisah suci yang dipercaya kebenarannya. Sedangkan pada legenda, pelaku-pelakunya adalah manusia dan meskipun kejadiannya dianggap benar-benar terjadi, dapat mengandung kisah makhluk supranatural (dewa, setan, dsb.) dan kejadian luar biasa (kutukan, keajaiban, dsb.) seperti pada mitologi. Biasanya latar pada legenda adalah masa-masa pada saat manusia sudah ada dan dikaitkan dengan sejarah dan asal mula suatu tempat.

    ReplyDelete
  8. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Mitologi adalah kumpulan dari mitos-mitos. Mitos adalah suatu cerita tradisional mengenai peristiwa gaib dan kehidupan dewa-dewa. Istilah mitos (mythos) berasal dari bahasa Latin yang artinya adalah “perkataan” atau “cerita”, cerita tentang peristiwa dari waktu yang sangat lampau, biasanya tokohnya adalah para dewa, keturunan dewa, orang-orang sakti, suci, dan oleh pendukungnya dianggap benar-benar pernah terjadi. Plato adalah orang pertama yang memperkenalkan istilah mitos.

    ReplyDelete
  9. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Istilah "mitologi" dapat berarti kajian tentang mitos (misalnya mitologi perbandingan), maupun sebuah himpunan atau koleksi mitos-mitos (misalnya mitologi Inka).
    Dimana Mitos (bahasa Yunani: μῦθος— mythos) atau mite (bahasa Belanda: mythe) adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya.
    Sehingga mitologi merupakan kajian tentang cerita prosa rakyat.

    ReplyDelete
  10. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Mythology merupakan mitos mengenai cerita yang diceritakan orang untuk menjelaskan keadaan alam, sejarah dan adat istiadat, mitos merupakan ciri setiap budaya. Ada banyak mitos menurut Plato dan Plato menggunakan mitos untuk menanamkan keyakinan pembaca filosofinya yang kurang filosofi dan ia menentang mode wacana. Menurut Plato mitos tradisional ialah mitos yang sudah mengandung unsur tradisi, sama halnya di Indonesia, masyarakat Indonesia kental sekali dengan mitos pada zaman dahulu yang beredar luas dari mulut ke mulut.

    ReplyDelete
  11. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Mitologi merupakan kajian tentang mitos-mitos. Yang mana mitos merupakan menceritakan terjadinya alam semesta, dunia dan para makhluk penghuninya, bentuk topografi, kisah para makhluk supranatural, dan sebagainya.
    Mitos dapat timbul sebagai catatan peristiwa sejarah yang terlalu dilebih-lebihkan, sebagai alegori atau personifikasi bagi fenomena alam, atau sebagai suatu penjelasan tentang ritual.
    Dan yang ada mitos seringkali dipercayai oleh sekelompok orang, dan terus dipercaya seiring perubahan zaman.

    ReplyDelete
  12. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Mitologi adalah kajian atau ilmu mengenai mitos. Di Indonesia banyak mitos yang berkembang, dalam bentuk cerita rakyat, legenda, atau kisah-kisah supranatural yang sangat sulit untuk membuktikan kebenarannya. Dalam filsafat, orang yang mempercayai mitos hanyalah dikuasai oleh pikiran yang tidak rasional. Sebagai manusia yang hidup dalam dunia yang penuh dengan kontradiksi, kita harus menghargai mitos namun berusaha untuk mencapai logos.

    ReplyDelete
  13. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Mitologi terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa. Tidak seperti mitologi, pada cerita rakyat, waktu dan tempat tidak spesifik dan ceritanya tidak dianggap sebagai kisah suci yang dipercaya kebenarannya. Sedangkan pada legenda, pelaku-pelakunya adalah manusia dan meskipun kejadiannya dianggap benar-benar terjadi, dapat mengandung kisah makhluk supranatural (dewa, setan, dsb.) dan kejadian luar biasa (kutukan, keajaiban, dsb.) seperti pada mitologi. Biasanya latar pada legenda adalah masa-masa pada saat manusia sudah ada dan dikaitkan dengan sejarah dan asal mula suatu tempat.

    ReplyDelete
  14. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    mitologi merupakan faktor yang mendahului filsafat dan "seolah-olah" mempersiapkan ke arah timbulnya filsafat. Memang benar, filsuf-filsuf pertama menerima obyek penyelidikannya dari mitologi, yaitu alam semesta dan kejadian-kejadian yang setiap orang dapat menyaksikan di dalamnya. Mitologi Yunani memang menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang alam semesta itu, tetapi jawaban-jawaban serupa itu justru diberikan dalam bentuk mite, yang meloloskan diri dari tiap-tiap kontrol pihak rasio.Mitos atau mite adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah masa lalu (masa lampau), yang mengandung penafsiran tentang alam semesta serta keberadaan makhluk di dalamnya, dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional (cerita kuno).Pada umumnya, mitos menceritakan kejadian alam semesta, dunia dan para makhluk penghuninya, bentuk topografi, kisah para mahkluk supranatural, dan sebagainya. Mitos bisa muncul dari catatan peristiwa sejarah yang terlalu dilebih-lebihkan.

    ReplyDelete
  15. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link, https://en.wikipedia.org/wiki/Mythology, Mitologi mengacu pada beragam mitos yang dikumpulkan dari sekelompok orang [1] atau untuk mempelajari mitos semacam itu. [2] Mitos adalah cerita yang diceritakan orang untuk menjelaskan alam, sejarah dan adat istiadat. Mitos adalah ciri setiap budaya. Banyak sumber mitos telah diusulkan, mulai dari personifikasi alam atau personifikasi fenomena alam, hingga kisah nyata atau hiperbolik peristiwa sejarah hingga penjelasan tentang ritual yang ada. Mitologi berlanjut, seperti yang ditunjukkan dalam mitopoeia kontemporer seperti legenda urban dan mitos fiksi ekspansif yang diciptakan oleh novel fantasi dan komik. Mitologi kolektif budaya membantu menyampaikan rasa memiliki, pengalaman bersama dan religius, model perilaku dan pelajaran moral dan praktis.

    ReplyDelete
  16. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Mitologi adalah kumpulan mitos, terutama dalam tradisi, agama atau budaya tertentu dari sekelompok orang berupa kumpulan cerita yang menjelaskan alam, sejarah, dan adat istiadat. Studi tentang mitos tanggal kembali pada tradisi kuno. Klasifikasi saingan dari mitos Yunani oleh Euhemeros, Plato Phaedrus, dan Sallustius dikembangkan oleh Neoplatonis dan dihidupkan kembali oleh Renaissance mythographers. Beberapa pendekatan baru telah menolak konflik antara nilai mitos dan pemikiran rasional, kebanyakan melihat mitos bukannya sebagai catatan sejarah hanya tidak akurat, namun lebih sebagai ekspresi untuk memahami kebenaran psikologis, budaya atau masyarakat umum.

    ReplyDelete
  17. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Bergesernya peradaban telah merubah makna mitos itu sendiri, mitos telah menutup nilai-nilai kearifan lokal dan tradisi masyarakat yang sarat akan nilai dan filosofi. Mitos merupakan suatu tradisi atau kebudayaan yang turun-temurun. Mitos telah mendarah daging bagi masyarakat, apalagi bagi bangsa Indonesia yang kaya akan budaya. Dari nenek moyang hingga sekarang, mitos tidak dapat terlepas begitu saja, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berawal dari pengalaman-pangalaman nenek moyang yang terdahulu, mereka yang masih berkepercayaan animisme dinamisme selalu mengaitkan segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan mereka dengan leluhur mereka, hingga mereka mempunyai keturunan dan mengajarkan pengalamannya.

    ReplyDelete
  18. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Mitos yang diceritakan secara turun temurun tersebut perlahan-lahan dipahami dan dimaknai, direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari, dan memang banyak mitos yang benar. Kebenaran-kebenaran dari mitos tersebut membuat seseorang atau masyarakat percaya bahwa mitos benar adanya, dengan adanya kebenaran mitos tersebut, seseorang sering menghadapi dan menyelesaikan masalah yang dihadapinya dengan mitos-mitos yang Ia peroleh secara turun-temurun tersebut. Tidak semua mitos dapat dibantah dengan filsafat. Banyak mitos yang dapat dibuktikan kebenarannya dengan rasional atau logika, dapat dibuktikan dengan akal sehat, namun banyak pula mitos yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya secara rasional.

    ReplyDelete
  19. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Mythology refers variously to the collected myths of a group of people or to the study of such myths. Myths are the stories people tell to explain nature, history and customs.
    Myth is a feature of every culture. Many sources for myths have been proposed, ranging from personification of nature or personification of natural phenomena, to truthful or hyperbolic accounts of historical events to explanations of existing rituals. Mythologizing continues, as shown in contemporary mythopoeia such as urban legends and the expansive fictional mythoi created by fantasy novels and comics. A culture's collective mythology helps convey belonging, shared and religious experiences, behavioral models and moral and practical lessons.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Mythology

    ReplyDelete
  20. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Mitologi mengacu pada beragam mitos yang dikumpulkan dari sekelompok orang atau untuk mempelajari mitos semacam itu. Mitos adalah cerita yang diceritakan orang untuk menjelaskan alam, sejarah dan adat istiadat. Mitos adalah ciri setiap budaya. Banyak sumber mitos telah diusulkan, mulai dari personifikasi alam atau personifikasi fenomena alam, hingga kisah nyata atau hiperbolik peristiwa sejarah hingga penjelasan tentang ritual yang ada. Mitologi berlanjut, seperti yang ditunjukkan dalam mitopoeia kontemporer seperti legenda urban dan mitos fiksi ekspansif yang diciptakan oleh novel fantasi dan komik. Studi tentang mitos dimulai pada sejarah kuno, Yunani oleh Euhemerus, Plato dan Sallustius dikembangkan oleh Neoplatonis dan kemudian dihidupkan kembali oleh para ilmuwan mitos Renaisans. Mitologi komparatif abad kesembilan belas menafsirkan mitos sebagai rekan ilmuwan primitif dan gagal ilmu pengetahuan (Tylor), sebuah penyakit bahasa (Müller), atau salah tafsir ritual magis (Frazer).

    ReplyDelete
  21. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berdasarkan sumber di atas dapat kita ketahui bahwa mitologi merupakan sekumpulan mitos atau legenda yang berkembang di masyarakat. mitos ini biasanya dilatar belakangi oleh kebudayaan dan kepercayaan dari masyarakat yang telah dipercayai secara turun temurun meskipun mungkin kebenarannya masih belum terbukti. Mitologi dapat dengan mudah mempengaruhi pikiran orang-orang tradisional yang masih kental dengan kebudayaannya. Mereka lebih mempercayai nasehat turun temurun nenek moyang dan cenderung mengabaikan logika mereka. Walaupun nenek moyang menciptakan mitos dengan tujuan yang baik, namun karena cara penyampaiannya yang keras membuat sugesti bahwa hal yang dimitoskan sebagai sesuatu yang benar dan harus dilakukan. Oleh karenanya, dalam kehidupan sering kali kita diliputi oleh mitos-mitos yang beredar.

    ReplyDelete
  22. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Mith artinya mitos. Mitologi merupakan studi yang mempelajari tentang beragam mitos yang dikumpulkan dari sekelompok orang. Dimana mitos adalah cerita yang diceritakan orang untuk menjelaskan alam, sejarah dan adat istiadat. Orang-orang ini mempercayai dan menjalankan cerita tersebut. Mitos tentunya hanyalah kebiasaan yang mereka kenal bukan ketentuan agama dan tidak dibuktikan kebenarannya. Orang yang merujuk mitos tentu menolak ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete

  23. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Cerita diluar logika manusia biasanya dijadikan manusia untuk bahan belajar dan memahami hidup agar lebih baik lagi. Nasehat hidup akan muncul dari berbagai sisi kehidupan manusia termasuk mitos-mitos yang berkembang di sekitar. Oleh karenya sebaiknya dalam memhami hidup tidk hanya dari luar atau dari satu sisi saja. Lihatlah dari berbagai sisi agar lebih bisa memaknai sepenuhnya dan seutuhnya hidup.

    ReplyDelete
  24. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Mitologi berarti kajian tentang mitos. Mitos sendiri diartikan sebagai cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional. Dalam pandangan filsafat, mitos mengacu pada hal-hal yang tidak dapat dijelaskan ataupun yang diterima begitu saja tanpa membutuhkan penjelasan lebih lanjut.

    ReplyDelete
  25. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berbicara masalah mitologi maka erat kaitannya dengan bangsa romawi, yang pada zaman dahalu mitologi romawi dasnaa yang berasal. mitologi mengacu pada beragam mitos yang dikumpulkan dari sekelompok orang atau untuk mempelajari mitos semacam itu.Mitos adalah cerita yang diceritakan orang untuk menjelaskan alam, sejarah dan adat istiadat.
    Mitos adalah ciri setiap budaya. Banyak sumber mitos telah diusulkan, mulai dari personifikasi alam atau personifikasi fenomena alam, hingga kisah nyata atau hiperbolik peristiwa sejarah hingga penjelasan tentang ritual yang ada. Mitologi berlanjut, seperti yang ditunjukkan dalam mitopoeia kontemporer seperti legenda urban dan mitos fiksi ekspansif yang diciptakan oleh novel fantasi dan komik. Mitologi kolektif budaya membantu menyampaikan rasa memiliki, pengalaman bersama dan religius, model perilaku dan pelajaran moral dan praktis. Mitologi yang sering kita dengar adalah seperi zeus, possseidon, hedes. Hera, aprodith, hermes, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  26. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Mitologi adalah ilmu yang mempelajari tentang mitos. Sedangkan mitos itu sendiri adalah cerita-cerita yang dipercaya oleh masyarakat sebagai kejadian/kisah yang benar-benar terjadi.
    Atau istilah "mitologi" dapat berarti kajian tentang mitos (misalnya mitologi perbandingan), maupun sebuah himpunan atau koleksi mitos-mitos (misalnya mitologi Inka).[1] Dalam folkloristika, suatu mitos adalah kisah suci yang biasanya menjelaskan bagaimana dunia maupun manusia dapat terbentuk seperti sekarang ini,[2] meskipun, dalam pengertian yang sangat luas, istilah tersebut dapat mengacu kepada cerita tradisional.[3] (https://id.wikipedia.org/wiki/Mitologi)

    ReplyDelete
  27. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    mitologi merupakan faktor yang mendahului filsafat dan "seolah-olah" mempersiapkan ke arah timbulnya filsafat. Memang benar filsuf-filsuf pertama menerima obyek penyelidikannya dari mitologi yaitu alam semesta dan kejadian-kejadian yang setiap orang dapat menyaksikan di dalamnya. Pemikiran mitologi merupakan sistem pemikiran orang yunani yang hidup pada pra abad ke 6 SM. Mereka menjelaskan tentang fenomena alam dengan mengkaitakan pemikiran keagamaan. Karena menurut mereka karena makhluk-makhluk merupakan dasar ala, maka makhluk itu perlu di puja dan di sembah. Istilah "mitologi" juga dapat berarti kajian tentang mitos, maupun sebuah himpunan atau koleksi mitos-mitos. Ini yang mengakibatkan Mitos juga disebut Mitologi, yang kadang diartikan Mitologi adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi.

    ReplyDelete
  28. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya memperoleh kata baru dalam filsafat yaitu mitologi. Mitologi di sini berhubungan dengan mitos-mitos. Mitos sering disebutkan dalam blog ini. Namun mitos dalam artian mitologi ini merupakan kisah suci yang biasanya menjelaskan bagaimana dunia maupun manusia dapat terbentuk seperti sekarang ini. Hal ini dapat berarti bahwa cerita-cerita rakyat yang telah beredar pada masyarakat kita ini. Ada berbagai mitos-mitos yang beredar di indonesia ini. Salah satunya di yogyakarta ini banyak kejadian yang mengandung mitos, sperti prambanan, beserta candi-candi yang lain.

    ReplyDelete
  29. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Istilah “mitologi” dapat berarti kajian mitos (misalnya mitologi perbandingan), maupun sebuah himpunan atau koleksi mitos-mitos. Mitologi terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa. Tidak seperti mitologi, pada cerita rakyat, waktu dan tempat tidak spesifik dan ceritanya tidak dianggap sebagai kisah suci yang dipercaya kebenarannya. Sedangkan pada legenda, pelaku-pelakunya adalah manusia dan meskipun kejadiannya dianggap benar-benar terjadi, dapat mengandung kisah makhluk supranatural (dewa, setan, dsb.) dan kejadian luar biasa (kutukan, keajaiban, dsb.) seperti pada mitologi

    ReplyDelete
  30. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Istilah mitologi dapat diartikan sebagai kajian mengenai mitos. Dalam folkloristika, suatu mitos adalah kisah suci yang biasanya menjelaskan bagaimana dunia maupun manusia dapat terbentuk seperti sekarang ini walaupun mengacu pada legenda dan cerita rakyat atau cerita tradisional. Hal tersebut terkait dengan keingintahuan manusia untuk memahami dunia yang ia tinggali. Awalnya keingintahuan manusia ternyata tidak dapat terpuaskan atas dasar pengamatan maupun pengalamannya. Untuk memuaskan alam pikirannya, manusia mereka-reka sendiri jawaban terhadap keingintahuannya melalui mitos-mitos. Jadi, mitos-mitos tersebut sudah merupakan percobaan manusia untuk mengerti dunianya, melalui “penelitian yang paling sederhana”.

    ReplyDelete
  31. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Merupakan paham yang bertolak belakang dengan empirism. Paham tersebut berpandangan bahwa kehidupan di dunia merupakan hasil dari perwujudan atau representasi dunia rohani atau transenden. Dengan adanya paham tersebut maka manusia percaya akan adanya Tuhan yang mengatur segala sesuatu di alam semesta. Walau hanya sehelai daunpun yang jatuh dari ranting pohon, pasti sudah tercatat dalam Lauhul Mahfudz.

    ReplyDelete
  32. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Mitologi dapat merujuk ke mitos yang dikumpulkan dari sekelompok orang, atau berupa cerita yang mereka katakan untuk menjelaskan alam, sejarah, dan adat istiadat atau untuk mempelajari mitos tersebut. Mitologi merupakan fitur penting dari setiap kebudayaan, karena kebudayaan ini dapat diceritakan berdasarkan kumpulan cerita. Beberapa pendekatan menolak konflik antara nilai mitos dan pemikiran rasional. Sering melihat mitos catatan sejarah yang tidak akurat, sebagai ekspresi untuk memahami kebenaran psikologis, budaya atau masyarakat umum. Dari Lydgate pada abad ke- 17 sampai ke-18, "mitologi" berarti moral, dongeng, sebuah alegori, atau perumpamaan, dari awal penggunaan yang mengacu pada kumpulan cerita tradisional atau keyakinan.

    ReplyDelete
  33. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Mitologi merupakan kajian tentang mitos, atau bisa juga berarti kumpulan mitos-mitos. Mitos dapat timbul sebagai catatan peristiwa sejarah yang terlalu dilebih-lebihkan, sebagai alegori atau personifikasi bagi fenomena alam, atau sebagai suatu penjelasan tentang ritual. Mereka disebarkan untuk menyampaikan pengalaman religius atau ideal, untuk membentuk model sifat-sifat tertentu, dan sebagai bahan ajaran dalam suatu komunitas. Dalam hal science, mitos dilawankan dengan logos atau ilmu. Mitos ini juga dipaparkan oleh Plato. Ada banyak mitos dalam dialog Plato: mitos tradisional, yang kadang-kadang dimodifikasi, dan juga mitos yang dia ciptakan, meski banyak mengandung elemen mitos dari berbagai tradisi.

    ReplyDelete
  34. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika 2016

    Istilah "mitologi" dapat berarti kajian tentang mitos (misalnya mitologi perbandingan), maupun sebuah himpunan atau koleksi mitos-mitos (misalnya mitologi Inka). Dalam folkloristika, suatu mitos adalah kisah suci yang biasanya menjelaskan bagaimana dunia maupun manusia dapat terbentuk seperti sekarang ini, meskipun, dalam pengertian yang sangat luas, istilah tersebut dapat mengacu kepada cerita tradisional. Mitologi terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa. Tidak seperti mitologi, pada cerita rakyat, waktu dan tempat tidak spesifik dan ceritanya tidak dianggap sebagai kisah suci yang dipercaya kebenarannya. Sedangkan pada legenda, pelaku-pelakunya adalah manusia dan meskipun kejadiannya dianggap benar-benar terjadi, dapat mengandung kisah makhluk supranatural (dewa, setan, dsb.) dan kejadian luar biasa (kutukan, keajaiban, dsb.) seperti pada mitologi. Biasanya latar pada legenda adalah masa-masa pada saat manusia sudah ada dan dikaitkan dengan sejarah dan asal mula suatu tempat

    ReplyDelete
  35. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Mitologi atau kumpulan mitos merupakan kisah atau cerita yang menjelaskan tentang sifat alam, sejarah dan adat istiadat. Nilai kebenaran mitos tidak dapat dibuktikan karena berhubungan dengan keyakinan seseorang akan suatu hal yang bersifat fiktif. Dalam filsafat, kita mengenal adanya mitos dan logos. Suatu logos atau pengetahuan akan menjadi mitos apabila kita berhenti mempelajari hal tersebut dan menganggap diri sudah tahu sehingga lama kelamaan kita menjadi sombong.

    ReplyDelete
  36. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Mitologi dapat diartikan sebagai kumpulan mitos yang merupakan kisah-kisah atau cerita yang menjelaskan tentang sifat alam, sejarah dan adat istiadat. Mitos berkaitan dengan keyakinan seseorang akan sesuatu hal yang bersifat fiktif sehingga nilai kebenarannya tidak dapat dibuktikan. Dalam filsafat, jika seseorang berhenti dalam menggapai ilmu pengetahuan maka ia akan terjebak dalam sebenar- benarnya mitos. Oleh karena itu, jadilah manusia yang selalu belajar dan belajar, meningkatkan kualitas diri, ibadah, selalu meningkatkan dimensi hidup, dan berusaha untuk mencapai logos.

    ReplyDelete
  37. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Mitologi adalah seperangkat mitos, cerita, tradisi, atau kepercayaan yang terkait dengan kelompok tertentu atau sejarah sebuah peristiwa, yang timbul secara alami atau sengaja dipupuk. Mitos awalnya menyiratkan 'narasi yang luar biasa' dan banyak digunakan dalam pengertian itu. Mitos kemudian terkait dengan gagasan tentang dongeng. Mitos juga sering digunakan dalam artian legenda dengan beberapa basis dalam sejarah namun memiliki akar tafsir 'terdistorsi' tentang asal usul umat manusia, dan sebagainya. Mitos saat legenda berkembang, terutama dalam antropologi, memberikan petunjuk tentang konstruksi sosial, dalam apa yang dilihat sebagai pengembangan budaya manusia melalui tahap animistik.

    ReplyDelete
  38. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Mitologi secara bahasa adalah ilmu yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan. Secara lebih umum mitologi dapat diartikan juga sebagai mitos, yaitu merupakan suatu pendapat yang belum diketahui kepastian kebenarannya, jadi hanya sekedar seperti argumen atau pendapat seseorang.

    ReplyDelete