Dec 2, 2012

MYTHOLOGY




Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang MYTHOLOGY, silahka konek ke:









Wss Wr Wb
Marsigit


68 comments:

  1. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Mitologi terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa. Tidak seperti mitologi, pada cerita rakyat, waktu dan tempat tidak spesifik dan ceritanya tidak dianggap sebagai kisah suci yang dipercaya kebenarannya. Sedangkan pada legenda, pelaku-pelakunya adalah manusia dan meskipun kejadiannya dianggap benar-benar terjadi, dapat mengandung kisah makhluk supranatural (dewa, setan, dsb.) dan kejadian luar biasa (kutukan, keajaiban, dsb.) seperti pada mitologi. Biasanya latar pada legenda adalah masa-masa pada saat manusia sudah ada dan dikaitkan dengan sejarah dan asal mula suatu tempat.

    ReplyDelete
  2. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    mitologi merupakan faktor yang mendahului filsafat dan "seolah-olah" mempersiapkan ke arah timbulnya filsafat. Memang benar, filsuf-filsuf pertama menerima obyek penyelidikannya dari mitologi, yaitu alam semesta dan kejadian-kejadian yang setiap orang dapat menyaksikan di dalamnya. Mitologi Yunani memang menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang alam semesta itu, tetapi jawaban-jawaban serupa itu justru diberikan dalam bentuk mite, yang meloloskan diri dari tiap-tiap kontrol pihak rasio.Mitos atau mite adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah masa lalu (masa lampau), yang mengandung penafsiran tentang alam semesta serta keberadaan makhluk di dalamnya, dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional (cerita kuno).Pada umumnya, mitos menceritakan kejadian alam semesta, dunia dan para makhluk penghuninya, bentuk topografi, kisah para mahkluk supranatural, dan sebagainya. Mitos bisa muncul dari catatan peristiwa sejarah yang terlalu dilebih-lebihkan.

    ReplyDelete
  3. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link, https://en.wikipedia.org/wiki/Mythology, Mitologi mengacu pada beragam mitos yang dikumpulkan dari sekelompok orang [1] atau untuk mempelajari mitos semacam itu. [2] Mitos adalah cerita yang diceritakan orang untuk menjelaskan alam, sejarah dan adat istiadat. Mitos adalah ciri setiap budaya. Banyak sumber mitos telah diusulkan, mulai dari personifikasi alam atau personifikasi fenomena alam, hingga kisah nyata atau hiperbolik peristiwa sejarah hingga penjelasan tentang ritual yang ada. Mitologi berlanjut, seperti yang ditunjukkan dalam mitopoeia kontemporer seperti legenda urban dan mitos fiksi ekspansif yang diciptakan oleh novel fantasi dan komik. Mitologi kolektif budaya membantu menyampaikan rasa memiliki, pengalaman bersama dan religius, model perilaku dan pelajaran moral dan praktis.

    ReplyDelete
  4. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Mitologi adalah kumpulan mitos, terutama dalam tradisi, agama atau budaya tertentu dari sekelompok orang berupa kumpulan cerita yang menjelaskan alam, sejarah, dan adat istiadat. Studi tentang mitos tanggal kembali pada tradisi kuno. Klasifikasi saingan dari mitos Yunani oleh Euhemeros, Plato Phaedrus, dan Sallustius dikembangkan oleh Neoplatonis dan dihidupkan kembali oleh Renaissance mythographers. Beberapa pendekatan baru telah menolak konflik antara nilai mitos dan pemikiran rasional, kebanyakan melihat mitos bukannya sebagai catatan sejarah hanya tidak akurat, namun lebih sebagai ekspresi untuk memahami kebenaran psikologis, budaya atau masyarakat umum.

    ReplyDelete
  5. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Bergesernya peradaban telah merubah makna mitos itu sendiri, mitos telah menutup nilai-nilai kearifan lokal dan tradisi masyarakat yang sarat akan nilai dan filosofi. Mitos merupakan suatu tradisi atau kebudayaan yang turun-temurun. Mitos telah mendarah daging bagi masyarakat, apalagi bagi bangsa Indonesia yang kaya akan budaya. Dari nenek moyang hingga sekarang, mitos tidak dapat terlepas begitu saja, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berawal dari pengalaman-pangalaman nenek moyang yang terdahulu, mereka yang masih berkepercayaan animisme dinamisme selalu mengaitkan segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan mereka dengan leluhur mereka, hingga mereka mempunyai keturunan dan mengajarkan pengalamannya.

    ReplyDelete
  6. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Mitos yang diceritakan secara turun temurun tersebut perlahan-lahan dipahami dan dimaknai, direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari, dan memang banyak mitos yang benar. Kebenaran-kebenaran dari mitos tersebut membuat seseorang atau masyarakat percaya bahwa mitos benar adanya, dengan adanya kebenaran mitos tersebut, seseorang sering menghadapi dan menyelesaikan masalah yang dihadapinya dengan mitos-mitos yang Ia peroleh secara turun-temurun tersebut. Tidak semua mitos dapat dibantah dengan filsafat. Banyak mitos yang dapat dibuktikan kebenarannya dengan rasional atau logika, dapat dibuktikan dengan akal sehat, namun banyak pula mitos yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya secara rasional.

    ReplyDelete
  7. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Mythology refers variously to the collected myths of a group of people or to the study of such myths. Myths are the stories people tell to explain nature, history and customs.
    Myth is a feature of every culture. Many sources for myths have been proposed, ranging from personification of nature or personification of natural phenomena, to truthful or hyperbolic accounts of historical events to explanations of existing rituals. Mythologizing continues, as shown in contemporary mythopoeia such as urban legends and the expansive fictional mythoi created by fantasy novels and comics. A culture's collective mythology helps convey belonging, shared and religious experiences, behavioral models and moral and practical lessons.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Mythology

    ReplyDelete
  8. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Mitologi mengacu pada beragam mitos yang dikumpulkan dari sekelompok orang atau untuk mempelajari mitos semacam itu. Mitos adalah cerita yang diceritakan orang untuk menjelaskan alam, sejarah dan adat istiadat. Mitos adalah ciri setiap budaya. Banyak sumber mitos telah diusulkan, mulai dari personifikasi alam atau personifikasi fenomena alam, hingga kisah nyata atau hiperbolik peristiwa sejarah hingga penjelasan tentang ritual yang ada. Mitologi berlanjut, seperti yang ditunjukkan dalam mitopoeia kontemporer seperti legenda urban dan mitos fiksi ekspansif yang diciptakan oleh novel fantasi dan komik. Studi tentang mitos dimulai pada sejarah kuno, Yunani oleh Euhemerus, Plato dan Sallustius dikembangkan oleh Neoplatonis dan kemudian dihidupkan kembali oleh para ilmuwan mitos Renaisans. Mitologi komparatif abad kesembilan belas menafsirkan mitos sebagai rekan ilmuwan primitif dan gagal ilmu pengetahuan (Tylor), sebuah penyakit bahasa (Müller), atau salah tafsir ritual magis (Frazer).

    ReplyDelete
  9. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berdasarkan sumber di atas dapat kita ketahui bahwa mitologi merupakan sekumpulan mitos atau legenda yang berkembang di masyarakat. mitos ini biasanya dilatar belakangi oleh kebudayaan dan kepercayaan dari masyarakat yang telah dipercayai secara turun temurun meskipun mungkin kebenarannya masih belum terbukti. Mitologi dapat dengan mudah mempengaruhi pikiran orang-orang tradisional yang masih kental dengan kebudayaannya. Mereka lebih mempercayai nasehat turun temurun nenek moyang dan cenderung mengabaikan logika mereka. Walaupun nenek moyang menciptakan mitos dengan tujuan yang baik, namun karena cara penyampaiannya yang keras membuat sugesti bahwa hal yang dimitoskan sebagai sesuatu yang benar dan harus dilakukan. Oleh karenanya, dalam kehidupan sering kali kita diliputi oleh mitos-mitos yang beredar.

    ReplyDelete
  10. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Mith artinya mitos. Mitologi merupakan studi yang mempelajari tentang beragam mitos yang dikumpulkan dari sekelompok orang. Dimana mitos adalah cerita yang diceritakan orang untuk menjelaskan alam, sejarah dan adat istiadat. Orang-orang ini mempercayai dan menjalankan cerita tersebut. Mitos tentunya hanyalah kebiasaan yang mereka kenal bukan ketentuan agama dan tidak dibuktikan kebenarannya. Orang yang merujuk mitos tentu menolak ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete

  11. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Cerita diluar logika manusia biasanya dijadikan manusia untuk bahan belajar dan memahami hidup agar lebih baik lagi. Nasehat hidup akan muncul dari berbagai sisi kehidupan manusia termasuk mitos-mitos yang berkembang di sekitar. Oleh karenya sebaiknya dalam memhami hidup tidk hanya dari luar atau dari satu sisi saja. Lihatlah dari berbagai sisi agar lebih bisa memaknai sepenuhnya dan seutuhnya hidup.

    ReplyDelete
  12. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Mitologi berarti kajian tentang mitos. Mitos sendiri diartikan sebagai cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional. Dalam pandangan filsafat, mitos mengacu pada hal-hal yang tidak dapat dijelaskan ataupun yang diterima begitu saja tanpa membutuhkan penjelasan lebih lanjut.

    ReplyDelete
  13. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berbicara masalah mitologi maka erat kaitannya dengan bangsa romawi, yang pada zaman dahalu mitologi romawi dasnaa yang berasal. mitologi mengacu pada beragam mitos yang dikumpulkan dari sekelompok orang atau untuk mempelajari mitos semacam itu.Mitos adalah cerita yang diceritakan orang untuk menjelaskan alam, sejarah dan adat istiadat.
    Mitos adalah ciri setiap budaya. Banyak sumber mitos telah diusulkan, mulai dari personifikasi alam atau personifikasi fenomena alam, hingga kisah nyata atau hiperbolik peristiwa sejarah hingga penjelasan tentang ritual yang ada. Mitologi berlanjut, seperti yang ditunjukkan dalam mitopoeia kontemporer seperti legenda urban dan mitos fiksi ekspansif yang diciptakan oleh novel fantasi dan komik. Mitologi kolektif budaya membantu menyampaikan rasa memiliki, pengalaman bersama dan religius, model perilaku dan pelajaran moral dan praktis. Mitologi yang sering kita dengar adalah seperi zeus, possseidon, hedes. Hera, aprodith, hermes, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  14. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Mitologi adalah ilmu yang mempelajari tentang mitos. Sedangkan mitos itu sendiri adalah cerita-cerita yang dipercaya oleh masyarakat sebagai kejadian/kisah yang benar-benar terjadi.
    Atau istilah "mitologi" dapat berarti kajian tentang mitos (misalnya mitologi perbandingan), maupun sebuah himpunan atau koleksi mitos-mitos (misalnya mitologi Inka).[1] Dalam folkloristika, suatu mitos adalah kisah suci yang biasanya menjelaskan bagaimana dunia maupun manusia dapat terbentuk seperti sekarang ini,[2] meskipun, dalam pengertian yang sangat luas, istilah tersebut dapat mengacu kepada cerita tradisional.[3] (https://id.wikipedia.org/wiki/Mitologi)

    ReplyDelete
  15. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    mitologi merupakan faktor yang mendahului filsafat dan "seolah-olah" mempersiapkan ke arah timbulnya filsafat. Memang benar filsuf-filsuf pertama menerima obyek penyelidikannya dari mitologi yaitu alam semesta dan kejadian-kejadian yang setiap orang dapat menyaksikan di dalamnya. Pemikiran mitologi merupakan sistem pemikiran orang yunani yang hidup pada pra abad ke 6 SM. Mereka menjelaskan tentang fenomena alam dengan mengkaitakan pemikiran keagamaan. Karena menurut mereka karena makhluk-makhluk merupakan dasar ala, maka makhluk itu perlu di puja dan di sembah. Istilah "mitologi" juga dapat berarti kajian tentang mitos, maupun sebuah himpunan atau koleksi mitos-mitos. Ini yang mengakibatkan Mitos juga disebut Mitologi, yang kadang diartikan Mitologi adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi.

    ReplyDelete
  16. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya memperoleh kata baru dalam filsafat yaitu mitologi. Mitologi di sini berhubungan dengan mitos-mitos. Mitos sering disebutkan dalam blog ini. Namun mitos dalam artian mitologi ini merupakan kisah suci yang biasanya menjelaskan bagaimana dunia maupun manusia dapat terbentuk seperti sekarang ini. Hal ini dapat berarti bahwa cerita-cerita rakyat yang telah beredar pada masyarakat kita ini. Ada berbagai mitos-mitos yang beredar di indonesia ini. Salah satunya di yogyakarta ini banyak kejadian yang mengandung mitos, sperti prambanan, beserta candi-candi yang lain.

    ReplyDelete
  17. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Istilah “mitologi” dapat berarti kajian mitos (misalnya mitologi perbandingan), maupun sebuah himpunan atau koleksi mitos-mitos. Mitologi terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa. Tidak seperti mitologi, pada cerita rakyat, waktu dan tempat tidak spesifik dan ceritanya tidak dianggap sebagai kisah suci yang dipercaya kebenarannya. Sedangkan pada legenda, pelaku-pelakunya adalah manusia dan meskipun kejadiannya dianggap benar-benar terjadi, dapat mengandung kisah makhluk supranatural (dewa, setan, dsb.) dan kejadian luar biasa (kutukan, keajaiban, dsb.) seperti pada mitologi

    ReplyDelete
  18. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Istilah mitologi dapat diartikan sebagai kajian mengenai mitos. Dalam folkloristika, suatu mitos adalah kisah suci yang biasanya menjelaskan bagaimana dunia maupun manusia dapat terbentuk seperti sekarang ini walaupun mengacu pada legenda dan cerita rakyat atau cerita tradisional. Hal tersebut terkait dengan keingintahuan manusia untuk memahami dunia yang ia tinggali. Awalnya keingintahuan manusia ternyata tidak dapat terpuaskan atas dasar pengamatan maupun pengalamannya. Untuk memuaskan alam pikirannya, manusia mereka-reka sendiri jawaban terhadap keingintahuannya melalui mitos-mitos. Jadi, mitos-mitos tersebut sudah merupakan percobaan manusia untuk mengerti dunianya, melalui “penelitian yang paling sederhana”.

    ReplyDelete
  19. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Merupakan paham yang bertolak belakang dengan empirism. Paham tersebut berpandangan bahwa kehidupan di dunia merupakan hasil dari perwujudan atau representasi dunia rohani atau transenden. Dengan adanya paham tersebut maka manusia percaya akan adanya Tuhan yang mengatur segala sesuatu di alam semesta. Walau hanya sehelai daunpun yang jatuh dari ranting pohon, pasti sudah tercatat dalam Lauhul Mahfudz.

    ReplyDelete
  20. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Mitologi dapat merujuk ke mitos yang dikumpulkan dari sekelompok orang, atau berupa cerita yang mereka katakan untuk menjelaskan alam, sejarah, dan adat istiadat atau untuk mempelajari mitos tersebut. Mitologi merupakan fitur penting dari setiap kebudayaan, karena kebudayaan ini dapat diceritakan berdasarkan kumpulan cerita. Beberapa pendekatan menolak konflik antara nilai mitos dan pemikiran rasional. Sering melihat mitos catatan sejarah yang tidak akurat, sebagai ekspresi untuk memahami kebenaran psikologis, budaya atau masyarakat umum. Dari Lydgate pada abad ke- 17 sampai ke-18, "mitologi" berarti moral, dongeng, sebuah alegori, atau perumpamaan, dari awal penggunaan yang mengacu pada kumpulan cerita tradisional atau keyakinan.

    ReplyDelete
  21. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Mitologi merupakan kajian tentang mitos, atau bisa juga berarti kumpulan mitos-mitos. Mitos dapat timbul sebagai catatan peristiwa sejarah yang terlalu dilebih-lebihkan, sebagai alegori atau personifikasi bagi fenomena alam, atau sebagai suatu penjelasan tentang ritual. Mereka disebarkan untuk menyampaikan pengalaman religius atau ideal, untuk membentuk model sifat-sifat tertentu, dan sebagai bahan ajaran dalam suatu komunitas. Dalam hal science, mitos dilawankan dengan logos atau ilmu. Mitos ini juga dipaparkan oleh Plato. Ada banyak mitos dalam dialog Plato: mitos tradisional, yang kadang-kadang dimodifikasi, dan juga mitos yang dia ciptakan, meski banyak mengandung elemen mitos dari berbagai tradisi.

    ReplyDelete
  22. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika 2016

    Istilah "mitologi" dapat berarti kajian tentang mitos (misalnya mitologi perbandingan), maupun sebuah himpunan atau koleksi mitos-mitos (misalnya mitologi Inka). Dalam folkloristika, suatu mitos adalah kisah suci yang biasanya menjelaskan bagaimana dunia maupun manusia dapat terbentuk seperti sekarang ini, meskipun, dalam pengertian yang sangat luas, istilah tersebut dapat mengacu kepada cerita tradisional. Mitologi terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa. Tidak seperti mitologi, pada cerita rakyat, waktu dan tempat tidak spesifik dan ceritanya tidak dianggap sebagai kisah suci yang dipercaya kebenarannya. Sedangkan pada legenda, pelaku-pelakunya adalah manusia dan meskipun kejadiannya dianggap benar-benar terjadi, dapat mengandung kisah makhluk supranatural (dewa, setan, dsb.) dan kejadian luar biasa (kutukan, keajaiban, dsb.) seperti pada mitologi. Biasanya latar pada legenda adalah masa-masa pada saat manusia sudah ada dan dikaitkan dengan sejarah dan asal mula suatu tempat

    ReplyDelete
  23. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Mitologi atau kumpulan mitos merupakan kisah atau cerita yang menjelaskan tentang sifat alam, sejarah dan adat istiadat. Nilai kebenaran mitos tidak dapat dibuktikan karena berhubungan dengan keyakinan seseorang akan suatu hal yang bersifat fiktif. Dalam filsafat, kita mengenal adanya mitos dan logos. Suatu logos atau pengetahuan akan menjadi mitos apabila kita berhenti mempelajari hal tersebut dan menganggap diri sudah tahu sehingga lama kelamaan kita menjadi sombong.

    ReplyDelete
  24. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Mitologi dapat diartikan sebagai kumpulan mitos yang merupakan kisah-kisah atau cerita yang menjelaskan tentang sifat alam, sejarah dan adat istiadat. Mitos berkaitan dengan keyakinan seseorang akan sesuatu hal yang bersifat fiktif sehingga nilai kebenarannya tidak dapat dibuktikan. Dalam filsafat, jika seseorang berhenti dalam menggapai ilmu pengetahuan maka ia akan terjebak dalam sebenar- benarnya mitos. Oleh karena itu, jadilah manusia yang selalu belajar dan belajar, meningkatkan kualitas diri, ibadah, selalu meningkatkan dimensi hidup, dan berusaha untuk mencapai logos.

    ReplyDelete
  25. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Mitologi secara bahasa adalah ilmu yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan. Secara lebih umum mitologi dapat diartikan juga sebagai mitos, yaitu merupakan suatu pendapat yang belum diketahui kepastian kebenarannya, jadi hanya sekedar seperti argumen atau pendapat seseorang.

    ReplyDelete
  26. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami Mitologi dari bahasa Yunani 'mitos' untuk cerita tentang suatu tokoh, figur atau orang, dan 'logo' untuk kata atau ucapan, sehingga mitologi merupakan studi tentang cerita lisan dari seseorang dan interpretasi cerita suci atau dongeng dari budaya yang dikenal sebagai 'mitos 'atau koleksi cerita-cerita seperti yang biasanya berhubungan dengan kondisi manusia, baik dan jahat, asal-usul manusia, hidup dan mati, akhirat, dan para dewa. Mitos biasanya mengekspresikan keyakinan dan nilai-nilai tentang norma, kepercayaan dan pengetahuan yang dipegang dan diyakini oleh budaya tertentu.

    ReplyDelete
  27. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Sedikit berdebar-debar bagi saya menggambarkan pemahaman saya tentang mitologi. Mitologi, adalah mitos. Dahulu, sebelum Tuhan memberi saya kesempatan luar biasa menjadi salah satu orang yang belajar filsafat ilmu, saya memahami mitos sebagai seseuatu yang sifatnya irasional, yang berkembang pada masyarakat. Karena itulah saya terkadang menilai mitos itu bermajas, terkadang ada mitos yang hiperbola. Akan tetapi, saya juga meykini kebenaran bahwa mitos-mitos yang berkembang di masyarakat membawa pesan-pesan, entah pesan moral, pesan sosial, atau bahkan sampai pada pesan spiritual.
    Nah saat ini, atau lebih tepatnya kurang lebih dua bulan ini, makna mitos bagi saya tidak hanya seperti yang saya ungkapkan di atas. Mitos yang saat ini, terkadang menakutkan, ya memang, itu, ada kata-kata "aku takut terjebak mitos", "mitos menghalangi ku menggapai logos". Wah jahat betul aku ini menilainya, sedangkan pengetahuanku bisa jadi sebagian lebih berasal dari mitos. Maka yang ada sekarang adalah rasa syukur yang senantiasa aku perjuangkan untuk selalu hadir dalam setiap tarikan nafas dan hembusannya, Karena-Nya diri ini mendapatkan kesempatan menjalani fase hidup yang luar biasa. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  28. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Terimkasih Atas link-link yang Bp berikan, didalam link https://www.greekmythology.com dituliskan Mitologi Yunani adalah kumpulan cerita tentang dewa, dewi, pahlawan dan ritual orang Yunani Kuno. sedangkan pada link http://www.pantheon.org/areas/mythology/ mitologi dibedakn berdasarkan wilayah geografisnya, secara umum ada 6 wilayah geografis dari mitologi yaitu Afrika, Amerika, Asia, Eropa, dan Oceania. berbeda dengan link https://www.windows2universe.org/?page=/mythology/mythology.html yang menggambarkan bagaimana mitologi itu lahir.

    ReplyDelete
  29. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Mitos, berasal dari kata “myth” adalah cerita-cerita yang berkaitan dengan penjelasan alam, sejarah, dewa, adat istiadat, dongeng, asal usul alam semesta, manusia, hal gaib, petualangan, kisah cinta, perang dan lain lain. Di Indonesia banyak sekali mitos mitos berkembang. Hal ini juga penting dalam perkembangan kebudayaan. Mitos fitur penting dalam konstruksi pengetahuan dan kebudayaan. mitos yang sering berkembang di Inodonesia sendiri dari adat istiadatsampai dengan hal yang gaib. mitos pun memang hal yang menarik dibicarakan untuk menjadi pembahasan, berkaitan dengan percaya atau tidak terhadap mitos yang muncul adalah pilihan masing-masing orang.

    ReplyDelete
  30. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P. Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. mitologi selalu dihibungkan dengan suatu kejadian yang dipercayai sebagai suatu sejarah yang pernah terjadi pada masa silam. Kepercayaan pada mitos tidak perlu menggunakan bukti-bukti yang valid untuk mempercayainya, sebab di beberapa daerah yang masih memegang teguh nilai-nilai tradisionil, mitos dianggap sebagai bagian terpenting dalam tardisi dan kebudayaannya. Meskipun seperti itu, namun ada beberapa mitos yang mengandung nilai-nilai moril. Setiap daerah memiliki mitosnya sendiri-sendiri sesuai dengan karakter kebudayaannya

    ReplyDelete
  31. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Mitologi merupakan akar dari filsafat di dunia ini, Istilah ini dapat berarti kajian tentang mitos. Mitologi adalah ilmu tentang kesusastraan yang mengandung konsep tentang dongeng suci, kehidupan para dewa, dan makhluk halus dalam suatu kebudayaan. Istilah ini terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa. Biasanya kisah-kisah tersebut memiliki hubungan erat dengan para dewa dan para pahlawan. Mitos yang ada di sekitar kita sebaiknya sebagai bahan belajar kita untuk dapat berpikir kritis.

    ReplyDelete
  32. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Mitologi dapat dimaknai sebagai kepercayaan terhadap keberagaman, ada pendapat juga epercayaan terhadap dewa-dewa. Namun apabila saya kaitkan dalam pembelajaran. Mitologi dapat dimaknai sebagai keberagaman siswa dalam segi pengetahuan dan pengalamannya. Keberagaman tersebut akan menjadi kesulitan tersendiri bagi guru dalam menyampaikan pengajarannya apabila guru tidak mau memahami setiap keberagaman siswa tersebut. Menurut saya langkah awal saat pertama kali bertemu dengan siswa yaitu dengan memberikan tes awal dulu tentang matematika yang dasar agar guru dapat mengidentifikasi lebih awal tingkat pengetahuan siswa dan guru dapat segera memperbaiki kekurangan pengetahuan tersebut dengan beberapa perlakuan-perlakuan.

    ReplyDelete
  33. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Mitologi merupakan suatu ilmu yang berkaitan dengan proses pengadaan daripada suatu obyek maupun subyek. Terlihat jelas bahwa melalui sejarah seseorang dapat mempelajari suatu mitos. Cakupan daripada mitos yaitu dunia beserta isinya. Sebelum saya membaca berbagai link di atas saya menganggap bahwa mitos adalah hal-hal yang sifatnya mengancam atau negatif. Ternyata, dengan mitos seseorang dapat memperoleh suatu pengetahuan baik itu tentang kisah-kisah masa lampau maupun pengenalan suatu tempat. Sebenar-benar kehidupan sejatinya dipengaruhi oleh asal muasal daripada sejarah pada zaman dahulu kala. Tentunya mitos dapat dijelaskan melalui berbagai konsep daripada gagasan para filsuf dan ilmu-ilmu lainnya.

    ReplyDelete
  34. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Mythology merupakan ilmu yang mengkaji mengenai mitos. Dalam salah satu link dijelaskan bahwa mitos adalah kisah yang menceritakan bagaimana dunia ataupun manusia tebentuk dan ada sepeti pada saat ini. Mitos dalam bahasan di sini mencakup legenda maupun cerita rakyat. Mitologi terbagi atas beberapa bagian, ada mitologi bedasakan wilayah, mitologi berdasarkan agama, dan mitologi bedasarkan waktu. Pada mitologi berdasakan agama, saya mencoba membaca mitologi berdasarkan agama islam. Pada mitologi islam ini beberapa hal yang terjadi pada zaman kenabian banyak dianggap sebagai suatu kejadian yang mistik menurut mereka yang berkeyakinan agama tetapi belum memeluk islam. Salah satu contohnya pada saat Nabi Muhammad SAW melakukan perjalan isra’ mi’raj dianggap sebagai suatu perjalanan yang mistis karena dianggap melebih-lebihkan dan tidak masuk akal. Astagfirullahaladzim.

    ReplyDelete
  35. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Merujuk pada bacaan tersebut saya berpendapat bahwa mitodologi mempunyai korelasi dengan mitos.Mitos dikatakan juga dikatakan juga sebaga fitur tentang budaya.Mitos juga biasanya bersifat mendidik .Sebagaiman yang digambarkan lewat cerita dongeng dan memiliki hubungan dengan cerita rakyat atau legenda.Saya mencermati bahwa nilai-nilai yang terkandung di dalam cerita tersebut dikaikan dengan kehidupan nyata sehingga dapat berkontribusi untuk dijadikan sebagi nilai hidup.Mitos juga memiliki kaitan erat dengan keyakinan dan agama.Merefleksi kembali dari pelajaran sebelumnya dalam kelas bahwa mitos dapat menjadi baik dan buruk.Baiknya jika kita terus berikhtiar dan berusaha untuk menggapainya dan tidak berhenti di tengah jalan begitupun sebaliknya.

    ReplyDelete
  36. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Mitologi merupakan kajian tentang mitos, pada zaman dulu yaitu pra abad ke 6 SM manusia menjelaskan segala fenomena alam dengan mitologi keagamaan, menurut manusia pada zaman tersebut bahwa makhluk-makhluk merupakan dasar alam, maka makhluk itu perlu di puja dan di sembah. Sehingga penjelasan mitologi keagamaan ini disampaikan secara turun temurun melalui mitos. Namun, seiring berkembangnya zaman manusia mulai menjelaskan fenomena-fenomena alam dengan cara logis dan rasional.

    ReplyDelete
  37. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Mitologi, salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang mitos. Mitos adalah suatu kebiasaan yang dijadikan sebagai suatu pegangan atau prinsip, seiring dengan perubahan jadwal tidak semua prinsip tersbeut sesuai dengan kemajuan jaman. Dahulu kala, mitos mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya.

    ReplyDelete
  38. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Mitologi menurut beberapa referensi merupakan faktor yang mendahului filsafat atau hal yang mengarahkan timbulnya filsafat. Obyek penyelidikan dari mitologi, yaitu alam semesta dan kejadian-kejadian yang setiap orang dapat menyaksikan di dalamnya. Dengan kata lain mitologi mempelajari tentang mitos yang terjadi dalam masyarakat. Mitos adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah masa lalu (masa lampau), yang mengandung penafsiran tentang alam semesta serta keberadaan makhluk di dalamnya, dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Pada umumnya, mitos menceritakan kejadian alam semesta, dunia dan para makhluk penghuninya, bentuk topografi, kisah para makhluk supranatural, dan sebagainya. Mitos bisa muncul dari catatan peristiwa sejarah yang terlalu dilebih-lebihkan

    ReplyDelete
  39. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Mitologi merupakan kajian tentang mitos ataupun kumpulan mitos-mitos. Mitologi terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa. Mitologi berbeda dengan cerita rakyat karena dalam mitologi terdapat kisah suci yang dipercaya kebenarannya. Sumber lain mengatakan bahwa mitologi merupkan faktor yang mendahului adanya filsafat dan seolah olah menjadi hal yang menyebabkan adanya filsafat. Mitos benar adanya , Namun kita tidak boleh larut dalam mitos hingga terjebak di dalamnya. Mohon pencerahannya Prof, Terima Kasih.

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Mitologi juga berkaitan dengan Mitos/legenda, dimana mitos adalah rekaan-rekaan peristiwa dan tokoh yang terlibat dalam peristiwa itu. Peristiwa didramatisir sedemikian rupa menjadi peristiwa dongeng. Sedangkan mitologi adalah ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan Dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan. Mitologi mempunya ciri dramatisasi dan lebih merupakan bentuk sastra. Kisah-kisah dewa-dewa mempunyai standar tertentu dengan berbagai macam variasinya. Hal ini menunjukkan bahwa kisah tersebut hasil pikiran manusia. Biasanya bermula dari maksud mempertinggi, mempersuci ajaran agama, meninggikan kedudukan seorang tokoh yang sangat dihormati dari para nabi, rasul, orang saleh, pahlawan maupun raja. Sikap itu menjadi berlebihan dan semakin menjadi seiring bergantinya generasi.

    ReplyDelete
  42. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa mitologi merujuk pada mitos dari suatu kelompok orang atau studi mengenai mitos tersebut. Mitos adalah ciri dari setiap kebudayaan. Sumber dari mitos dapat berupa personifikasi fenomena alam, cerita yang sebenarnya atau yang dilebih-lebihkan mengenai kejadian historis untuk menjelaskan ritual yang ada.

    ReplyDelete
  43. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas dapat saya pahami bahwa mitologi berasal dari bahasa yunani yaitu mitos dan logos yang artinya adalah penuturan tentang kisah-kisah suci atau legenda kehidupan para dewa serta makhluk halus di suatu kebudayaan. Dilihat dari pengertiannya, mitologi bergerak di bidang sastra karena banyak sekali kisah kehidupan para dewa yang diceritakan kembali melalui kisah mitologi. Sedangkan Plato mendefinisikan mitos sebagai karangan fiksi. Menurut Alan Dundes, mitos adalah sebuah narasi suci menjelaskan bagaimana dunia dan manusia diasumsikan bentuk yang sekarang mereka.

    ReplyDelete
  44. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Istilah mitologi muncul sebelum adanya istilah mitos. Istilah mitologi muncul pertama kali abad 15. Penggunanaan istilah mitologi mirip dengan istilah moral, fabel, alegori atau perumpamaan. Dulu mitologi digunakan untuk mengacu pada kumpulan cerita tradisional atau keyakinan, mitologi tersirat kepalsuan cerita yang digambarkan. Mitologi terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa. Wassalamuaikum

    ReplyDelete
  45. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan sumber yang saya baca, mitologi sangat berkaitan erat dengan mitos/legenda, dimana mitos adalah peristiwa dan tokoh yang dibuat-buat dalam peristiwa itu. Peristiwa tersebut didramatisir sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah peristiwa dongeng. Sedangkan mitologi adalah ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan. Kisah-kisah dewa mempunyai standar tertentu dengan berbagai macam variasi. Hal ini menunjukkan bahwa kisah tersebut hasil pikiran manusia. Biasanya hal itu bermaksud untuk mempertinggi, mempersuci ajaran agama, meninggikan kedudukan seorang tokoh yang sangat dihormati dari para nabi, rasul, orang saleh, pahlawan maupun raja. Sikap itu menjadi berlebihan dan semakin menjadi seiring bergantinya generasi.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  46. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Sumber lain menyebutkan bahwa mythologi adalah mitos atau bisa disebut legenda di suatu daerah. Saya mengambil referensi dari wikipedia, istilah mitologi berasal dari bahasa Yunani, mythología yang terdiri dari dua kata, yaitu mýthos dan lógos. Mýthos berarti kisah atau legenda, sedangkan lógos berarti penuturan. Istilah tersebut telah dipakai sejak abad ke-15, dan kurang lebih berati "ilmu yang menjelaskan tentang mitos". Di masa sekarang, mitologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997) adalah ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan. Menurut pakarnya, mitos tidak boleh disamakan dengan fabel, legenda, cerita rakyat, dongeng, anekdot atau kisah fiksi. Mitos dan agama juga berbeda, namun menutupi beberapa aspek.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  47. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Dalam https://en.wikipedia.org/wiki/Mythology dijelaskan bahwa mitologi mengacu pada beragam mitos yang dikumpulkan dari sekelompok orang atau untuk mempelajari mitos semacam itu. Mitos merupakan ciri setiap budaya. Di Indonesia dengan keberagaman budayanya, memiliki banyak mitos. Apalagi di daerah jawa, dimana terdapat banyak sekali budaya-budaya kejawen yang berisi mitos-mitos. Sebagai masyarakat yang hidup di zaman modern, maka sudah seharusnya kita tidak menelan mentah mitos yang ada di masyarakat. Budaya memang sesuatu yang perlu dilestarikan, tetapi mitos bukanlah sesuatu yang harus kita terima begitu saja.

    ReplyDelete
  48. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Secara bahasa, mitologi berasal dari kata myth dan logos sehingga mitologi dapat diartikan sebagai kajian mengenai mitos. Mitos adalah ciri setiap budaya. Termasuk di Indonesia yang kaya akan budaya pastilah juga memiliki banyak mitos pada budaya masyarakatnya. Kajian tentang mitos dimulai sejak zaman dahulu. Banyak sumber mitos telah dikemukakan, mulai dari personifikasi alam atau personifikasi fenomena alam, hingga kisah nyata atau peristiwa sejarah yang dihiperbolakan atau dilebih-lebihkan.

    ReplyDelete
  49. Junianto
    PM C

    Mythology merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang mitos yang sudah ada sejak jaman dahulu. Mitos yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat jaman dahulu menjadi sebuah acuan atau landasan dalam melakukan tindakan di jaman sekarang. Sebenarnya tidak hanya di jaman dahulu saja, tetapi mitos-mitos itu selalu berkembang dan ada samapai sekarang. Hal ini disebabkan karena mitos merupakan aggapan atau pandangan seseorang yang belum diyakini kebenarannya tetapi bisa tersebar secara luas dalam masyarakat.

    ReplyDelete
  50. Latifah Fitriasari
    PM C

    Mitologi berasal dari kata bahasa Yunani yaitu mythos yang artinya cerita rakyat dan logos yang berarti perkataan atau pembicaraan, sehingga mitologi dapat berarti kajian tentang mitos (misalnya mitologi perbandingan), maupun sebuah himpunan atau koleksi mitos-mitos. Dalam folkloristika, suatu mitos adalah kisah suci yang biasanya menjelaskan bagaimana dunia maupun manusia dapat terbentuk seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
  51. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Mitologi merupakan sekumpulan cerita yang biasanya berdasarkan kebudayaan suatu daerah atau suku bangsa, agama dan sejarah. Satu diantara mitologi yang paling terkenal adalah mitologi Yunani. Berbagai dewa dan dewi mitologi Yunani ini sering menjadi inspirasi para penulis novel atau penulis naskah film.

    ReplyDelete
  52. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Mitologi mengacu pada beragam mitos yang dikumpulkan dari sekelompok orang atau untuk mempelajari mitos semacam itu. Ada banyak mitos dalam dialog Plato: mitos tradisional, yang kadang-kadang dimodifikasi, dan juga mitos yang dia ciptakan, meski banyak mengandung elemen mitos dari berbagai tradisi. Mitos adalah ciri setiap budaya. Banyak sumber mitos telah diusulkan, mulai dari personifikasi alam atau personifikasi fenomena alam, hingga kisah nyata atau hiperbolik peristiwa sejarah hingga penjelasan tentang ritual yang ada.

    ReplyDelete
  53. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Mytologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari dan menjelaskan tentang mitos-mitos. Mitos merupakan penafsiran tentang alam semesta dan makhluk-makhluk yang ada di dalamnya. Setiap orang mempunyai pandangannya sendiri tentang mitos. Ada yang menganggap bahwa mitos memang benar-benar ada atau hanya berupa penjelasan ritual-ritual yang ada. Tetapi, sebenar-benarnya mitos ialah ketika kita sudah merasa puas dan tidak mau lagi bergerak untuk menuntut ilmu.

    ReplyDelete
  54. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Mythology adalah ilmu yang mempelajari tentang fenomena alam dengan mengaitkan pemikiran kegamaan. Penjelasan keagaman disampaikan secara turun menurun dalam bentuk yang dinamakan mitos. Mitos merupakan kisah-kisah kehidupan para dewa serta makhluk yang tak terlihat mata yang ada di dunia ini. Kisah-kisah itu kemudian dipercaya dan dihormati sebagai kisah yang suci. Yang dapat pula mempengaruhi kehidupan nyata dari manusia yang mempercayainya. Karena dipercaya, maka muncul aliran-aliran kepercayaan. Oleh karena itu, agar kita terjebak pada mitos, kita sebainya memperkuat keimanan kita.

    ReplyDelete
  55. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Kajian tentang mitos merupakan istilah lain dari mithology. Namun ada juga yang mengatakan bahwa mithologi juga merupakan sekumpulan dari mitos-mitos yang dipercayai seseorang. Mitos disini merupakan kajian yang membahas tentang terjadinya segala hal yang ada di alam ini namun porsinya terkadang selalu dilebih-lebihkan. Hal yang selalu dilebih-lebihkan biasnaya tidak termasuk dalam fakta. Karena pada hakikatnya fakta merupakan kejadian yang benar-benar terjadi dan tidak dilebihkan maupun dikurangkan. Jadi disini mithos berarti bukan merupakan fakta.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  56. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Istilah Mitologi telah dipakai sejak abad 15. Mitologi berati “ilmu yang menjelaskan tentang mitos”. Mitologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997) adalah ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan Dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan. Menurut ahli, Mitos tidak boleh disamakan dengan fabel, legenda,cerita rakyat, dongeng, anekdot atau kisah fiksi. Mitologi terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Tidak seperti mitologi, pada cerita rakyat, waktu dan tempat tidak spesifik dan ceritanya tidak dinggap sebagai suatu yang suci yang dipercaya kebenarannya. Sedangkan legenda, meskipun kejadiannya dianggap benar, pelaku-pelakunya pada legenda adalah manusia bukan dewa dan monster seperti pada mitologi.

    ReplyDelete
  57. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Mitologi adalah ilmu tentang bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan Dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan. Istilah mitologi sendiri telah digunakan sejak abad ke-15, berasal dari bahasa Yunani (mythología ). Mitologi juga terkait dengan legenda maupun cerita rakyat. Dalam mitos sebenarnya manusia berusaha dengan imajinasinya menerangkan gejala alam yang ada. Namun pembahasan mitologi tersebut belum tentu keenarannya. Masyarakat yang mengkonsumsinya hanya ingin mempercayai apa yang ingin mereka percayai.

    ReplyDelete
  58. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Dari sudut etimologi eksistensi berasal dari kata “eks” yang berarti diluar dan “sistensi” yang berarti berdiri atau menempatkan, jadi secara luas eksistensi dapat diartikan sebagai berdiri sendiri sebagai dirinya sekaligus keluar dari dirinya. Adapun eksistensialisme menurut pengertian terminologinya adalah suatu aliran dalam ilmu filsafat yang menekankan segala sesuatu terhadap manusia dan segala sesuatu yang mengiringinya, dan dimana manusia dipandang sebagai suatu mahluk yang harus bereksistensi atau aktif dengan sesuatu yang ada disekelilingnya, serta mengkaji cara kerja manusia ketika berada di alam dunia ini dengan kesadaran.

    ReplyDelete
  59. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Mythology mengacu pada beragam mitos yang dikumpulkan dari sekelompok orang atau untuk mempelajari mitos semacam itu. Studi tentang mitos dimulai pada sejarah kuno. Mythology Yunani oleh Euhemerus, Plato dan Sallustius dikembangkan oleh Neoplatonis dan kemudian dihidupkan kembali oleh para ahli mitos Renaisans. Mythology komparatif abad kesembilan belas menafsirkan bahwa menurut Tylor mitos adalah sebagai ilmuwan primitif dan gagal ilmu pengetahuan, menurut Muiller mitos adalah sebuah "penyakit bahasa" dan menurut Frazer mitos merupakan salah tafsir ritual magis (Frazer).

    ReplyDelete
  60. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Istilah mitologi dapat berarti kajian tentang mitos, maupun sebuah himpunan mitos. Dalam folkloristika, suatu mitos adalah kisah suci yang biasanya menjelaskan bagaimana dunia maupun manusia dapat terbentuk seperti sekarang ini, meskipun dalam pengertian yang sangat luas, istilah tersebut dapat mengacu kepada cerita tradisional. Mitologi terkait dengan legenda maupun cerita rakyat.

    ReplyDelete
  61. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Mitologi mengacu pada beragam mitos yang dikumpulkan dari sekelompok orang atau suatu studi yang mempelajari mitos dan sejenisnya. Contohnya mitologi yunani, dimana Mitologi Yunani merupakan sekumpulan cerita tentang dewa, dewi, pahlawan dan ritual orang Yunani Kuno. Mitologi Yunani adalah bagian dari agama di Yunani Kuno. Tokoh Mitologi Yunani yang paling populer termasuk Dewa Yunani seperti Zeus, Poseidon & Apollo, Dewi Yunani seperti Aphrodite, Hera & Athena dan Titans seperti Atlas.

    ReplyDelete
  62. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb
    Istilah "mitologi" dapat berarti kajian tentang mitos, maupun sebuah himpunan atau koleksi mitos-mitos. Dalam filsafat mitos paling dibenci oleh para filsuf, ini berarti mitologi juga hal yang paling tidak disenangi para filsuf. Karena semua yang berhubungan dengan mitos harus dihindari. Karena mitos itu tidak dapat dipercaya.

    ReplyDelete
  63. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Mitologi adalah sebuah kajian atau ilmu atau paham mengenai mitos-mitos. Mitos, sejak jaman dulu, banyak berkembang di masyarakat dan dipandang sebagai sesuatu yang menarik oleh para filsuf, bahkan sejak jaman Yunani kuno. Mitos banyak berkembang dalam bentuk cerita rakyat, legenda, atau kisah-kisah supranatural yang sangat sulit untuk dibuktikan kebenarannya secara empiris. Dalam filsafat, orang yang mempercayai mitos berarti mereka dikuasai oleh pikiran yang tidak rasional.. Oleh sebab itu, dalam hidup manusia sebisa mungkin harus melawan mitos.

    ReplyDelete
  64. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Ada banyak hal diluar logika manusia yang berkembang dan menjadi dasar bagi banyak hal. Sejarah mencatat, cerita diluar logika manusia itu dapat menjadikan manusia untuk dapat belajar dan memahami hidup secara lebih baik lagi. Pesan moral, dapat hadir dari berbagai sisi kehidupan termasuk dari mitos-mitos yang ada. Oleh karena itu, baik kiranya untuk dapat memahami tidak hanya dari luarnya saja atau dari satu sisi saja. Lihatlah dari sisi yang lain untuk dapat memaknai sepenuhnya dan seutuhnya.

    ReplyDelete
  65. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Ada banyak hal diluar logika manusia yang berkembang dan menjadi dasar bagi banyak hal. Sejarah mencatat, cerita diluar logika manusia itu dapat menjadikan manusia untuk dapat belajar dan memahami hidup secara lebih baik lagi. Pesan moral, dapat hadir dari berbagai sisi kehidupan termasuk dari mitos-mitos yang ada. Oleh karena itu, baik kiranya untuk dapat memahami tidak hanya dari luarnya saja atau dari satu sisi saja. Lihatlah dari sisi yang lain untuk dapat memaknai sepenuhnya dan seutuhnya.

    ReplyDelete
  66. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    Pend. Matematika S2 Kelas C

    Mitologi berasal dari bahasa yunani yaitu mitos dan logos yang artinya adalah penuturan tentang kisah-kisah suci atau legenda kehidupan para dewa serta makhluk halus di suatu kebudayaan. Dilihat dari pengertiannya, mitologi bergerak di bidang sastra karena banyak sekali kisah kehidupan para dewa yang diceritakan kembali melalui kisah mitologi. Dalam kisahnya, dewa-dewa tersebut diagungkan karena punya kekuatan yang luar biasa yang bisa membawa kedamaian dan ketentraman dalam kehidupan di dunia. Kisah-kisah tersebut sedikit banyak sudah mempengaruhi kehidupan nyata manusia, lalu melalui kekagumannya tersebut manusia mengikuti jalan hidup para dewa dan berusaha mendapatkan ketenangan dengan menyembahnya. Kita tidak bisa berpendapat bahwa itu salah secara mutlak, karena di dunia ini manusia bebas memilih kepercayaannya. Namun sebagai seorang manusia yang memiliki keyakinan dan pedoman yang kuat dalam kehidupannya, jangan mudah goyah. Jalanilah hidup dengan semestinya, sebab kedamaian hidup tidak bisa didapatkan secara instan butuh proses untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.

    ReplyDelete
  67. Gandes Sih Mustika
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241015

    Mitologi merupakan kajian mengenai mitos. Mitos adalah kisah suci yang biasanya menjelaskan mengenai dunia dan manusia bisa terbentuk seperti sekarang, mitos mengacu pada cerita tradisional, legenda dan cerita masyarakat. Mitos dilatarbelakangi oleh kebudayaan dan kepercayaan dari masyarakat setempat secara turun temurun meskipun kebenarannya belum dapat dibuktikan. Walaupun demikian, nenek moyang menciptakan suatu mitos untuk tujuan yang baik.

    ReplyDelete