Dec 2, 2012

TRANSCENDENTALISM





 Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang TRANSCENDENTALISM, koneklah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Transcendentalism








Wss Wr Wb
Marsigit


8 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Aliran Transendentalisme dipimpin oleh Ralph Waldo Emerson. Emerson menggarisbawahi pandangannya yang transendental mengenai prinsip kepercayaannya, yaitu tujuan dari hidup ini adalah mempelajari eksistensi kehidupan melalui pengamatan, pemahaman, dan interpretasi terhadap alam semesta. Apa yang ada di alam semesta ini adalah ajaran-ajaran. Manusia bertanggung jawab pada apa-apa yang diajarkan oleh alam semesta kepadanya. Dari aliran inilah muncul pemahaman bahwa kebenaran dan kebahagiaan bersumber pada spiritualitas.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang menekankan bahwa pengetahuan tidak hanya berasal dari pengalaman manusia itu sendiri namun tidak terbatas pada sesuatu hal saja, bisa berasal dari dalam maupun dari luar pikiran manusia. Transendentalisme juga lebih bayak berkaitan dengan hal-hal yang bersifat spiritual atau religius sehingga dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta. Untuk memahami paham transendetalisme, manusia harus menggunakan daya nalarnya untuk menemukan apa yang mutlak benar, yang ada di balik dunia nyata.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Transendentalisme merupakan keyakinan akan unggulnya yang intuitif atau yang rohani atas yang empiris dan ilmiah. Transendentalisme mempertahankan bahwa ada suatu realitas ideal, spiritaul yang melampaui pengalaman ruang waktu yang dapat ditangkap. Dan segala sesuatu disatukan denagn realitas ideal ini. Transendentalisme bertujuan mengetahui dengan pasti prinsip-prinsip fundamental a priori atau proses-proses yang membentuk seluruh pengetahuan.

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Transendentalisme yaitu aliran yang berpendapat bahwa pengetahuan manusia itu berasal dari luar maupun dari jiwa manusia itu sendiri. Paham transendentalisme merupakan paham yang berlawanan dengan empirisme, berupa pengalaman nyata yang artinya pengalamanlah yang menjadi sumber utama pengetahuan. Tetapi transendentalisme berpendapat bahwa pengetahuan tidak berasal semata-mata dari pengalaman tapi melampau atau melebihi itu.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Transcendentalism adalah suatu kemungkinan atau serangkaian tujuan untuk menciptakan
    ketertiban dalam msayarakat. Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang berpengaruh pada abad 18Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melaDengan demikian, paham tersebut menjadi berseberangan dengan Empirisme

    ReplyDelete
  6. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Transendentalisme menekankan nilai transenden (Inggris: transcendent; Latin: transcendere) Dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta kata "transenden" terdiri dari dua kata "trans" yang berarti seberang, melampaui, atas, dan kata "scandere" yang berarti memanjat. is tilah ini bersama-sama dengan bentuk-bentuk lain seperti "transendental", "transendensi".Beberapa pengertian dari transenden adalah: lebih unggul, agung, melampaui, superlatif, melampaui pengalaman manusia, berhubungan dengan apa yang selamanya melampaui pemahaman terhadap pangalaman biasa dan penjelasan ilmiah

    ReplyDelete
  7. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Dengan demikian, paham tersebut menjadi berseberangan dengan Empirisme. Transendtalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu. Transendetalisme lebih banyak bekerja pada aspek kerohanian manusia. Dengan penalaran yang mendalam, transendentalisme meyakini bahwa segala sesuatu yang tampak oleh mata merupakan perwujudan atau representasi dari dunia rohani atau transenden.

    ReplyDelete
  8. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Transendentalisme adalah sebuah aliran filsafat yang berkeyakinan bahwa manusia dan alam memiliki suatu kebaikan yang tak terpisahkan. Paham filsafat tersebut juga menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan. Transendentalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu. Untuk memahami paham transendentalisme, manusia mutlak harus menggunakan daya nalarnya untuk menemukan apa yang mutlak benar dan apa yang ada di balik dunia nyata.

    ReplyDelete