Dec 2, 2012

TRANSCENDENTALISM





 Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang TRANSCENDENTALISM, koneklah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Transcendentalism








Wss Wr Wb
Marsigit


35 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Aliran Transendentalisme dipimpin oleh Ralph Waldo Emerson. Emerson menggarisbawahi pandangannya yang transendental mengenai prinsip kepercayaannya, yaitu tujuan dari hidup ini adalah mempelajari eksistensi kehidupan melalui pengamatan, pemahaman, dan interpretasi terhadap alam semesta. Apa yang ada di alam semesta ini adalah ajaran-ajaran. Manusia bertanggung jawab pada apa-apa yang diajarkan oleh alam semesta kepadanya. Dari aliran inilah muncul pemahaman bahwa kebenaran dan kebahagiaan bersumber pada spiritualitas.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang menekankan bahwa pengetahuan tidak hanya berasal dari pengalaman manusia itu sendiri namun tidak terbatas pada sesuatu hal saja, bisa berasal dari dalam maupun dari luar pikiran manusia. Transendentalisme juga lebih bayak berkaitan dengan hal-hal yang bersifat spiritual atau religius sehingga dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta. Untuk memahami paham transendetalisme, manusia harus menggunakan daya nalarnya untuk menemukan apa yang mutlak benar, yang ada di balik dunia nyata.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Transendentalisme merupakan keyakinan akan unggulnya yang intuitif atau yang rohani atas yang empiris dan ilmiah. Transendentalisme mempertahankan bahwa ada suatu realitas ideal, spiritaul yang melampaui pengalaman ruang waktu yang dapat ditangkap. Dan segala sesuatu disatukan denagn realitas ideal ini. Transendentalisme bertujuan mengetahui dengan pasti prinsip-prinsip fundamental a priori atau proses-proses yang membentuk seluruh pengetahuan.

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Transendentalisme yaitu aliran yang berpendapat bahwa pengetahuan manusia itu berasal dari luar maupun dari jiwa manusia itu sendiri. Paham transendentalisme merupakan paham yang berlawanan dengan empirisme, berupa pengalaman nyata yang artinya pengalamanlah yang menjadi sumber utama pengetahuan. Tetapi transendentalisme berpendapat bahwa pengetahuan tidak berasal semata-mata dari pengalaman tapi melampau atau melebihi itu.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Transcendentalism adalah suatu kemungkinan atau serangkaian tujuan untuk menciptakan
    ketertiban dalam msayarakat. Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang berpengaruh pada abad 18Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melaDengan demikian, paham tersebut menjadi berseberangan dengan Empirisme

    ReplyDelete
  6. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Transendentalisme menekankan nilai transenden (Inggris: transcendent; Latin: transcendere) Dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta kata "transenden" terdiri dari dua kata "trans" yang berarti seberang, melampaui, atas, dan kata "scandere" yang berarti memanjat. is tilah ini bersama-sama dengan bentuk-bentuk lain seperti "transendental", "transendensi".Beberapa pengertian dari transenden adalah: lebih unggul, agung, melampaui, superlatif, melampaui pengalaman manusia, berhubungan dengan apa yang selamanya melampaui pemahaman terhadap pangalaman biasa dan penjelasan ilmiah

    ReplyDelete
  7. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Dengan demikian, paham tersebut menjadi berseberangan dengan Empirisme. Transendtalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu. Transendetalisme lebih banyak bekerja pada aspek kerohanian manusia. Dengan penalaran yang mendalam, transendentalisme meyakini bahwa segala sesuatu yang tampak oleh mata merupakan perwujudan atau representasi dari dunia rohani atau transenden.

    ReplyDelete
  8. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Transendentalisme adalah sebuah aliran filsafat yang berkeyakinan bahwa manusia dan alam memiliki suatu kebaikan yang tak terpisahkan. Paham filsafat tersebut juga menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan. Transendentalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu. Untuk memahami paham transendentalisme, manusia mutlak harus menggunakan daya nalarnya untuk menemukan apa yang mutlak benar dan apa yang ada di balik dunia nyata.

    ReplyDelete
  9. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Transendental secara harafiah dapat diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan transenden atau sesuatu yang melampaui pemahaman terhadap pengalaman biasa dan penjelasan ilmiah.
    Sehingga dalam paham ini diperlukan pemahaman yang lebih untuk memahami sesuatu.
    Tidak cukup dengan kemampuan intelegensi seseorang tetapi juga diperluka kemampuan diluar logika lainnya.

    ReplyDelete
  10. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Transcendentalism merupakan gerakan filosofis yang muncul sebagai reaksi keadaan umum yang terjadi pada intelektualism dan spiritualisme di Amerika Serikat. Transcendentalism menekankan pada intuisi subjektif dan empirisme objektif, penganut Transcendentalism berprinsip bahwa individu mampu menghasilkan wawasan asli. Filosofi ini menekankan pada kondisi apriori pengetahuan dan pengalaman berdasarkan realitas akhir.

    ReplyDelete
  11. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Immanuel Kant menggunakan kata transendental ketika menyebut transendental aplikasi prinsip dasar dari pemahaman murni yang melampaui atau mengatasi batas-batas pengalaman.
    Sehingga ketika pemahaman sesuatu sudah melampaui batas pengalaman hal tersebut sudah dapat dikatakan transendental.
    Karena hal-hal yang yang dipahami bukan lagi hal fisik yang diperoleh dari pengalaman.

    ReplyDelete
  12. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Transendetalisme adalah pandangan filsafat mengenai kemampuan manusia tidak hanya berasal dari pengalamannya saja, namun juga kemampuan berpikir atau logikanya. Sama seperti ungkapan bahwa, manusia yang bekerja karena pengalaman tanpa menggunakan pikirannya adalah orang yang bodoh, orang yang hanya bisa berencana dengan pikirannya tanpa bertindak adalah omong kosong, dan orang yang bertindak selalu dengan rencana dengan mempertimbangkan pengalaman yang pernah dihadapi adalah orang yang bijak. Sehingga akan lebih baik jika manusia dapat berpikiran seperti paham transendentalisme.

    ReplyDelete
  13. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang berpengaruh pada abad 18. Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Transendtalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu.

    ReplyDelete
  14. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://en.wikipedia.org/wiki/Transcendentalism, Transendentalisme adalah gerakan filosofis yang berkembang pada akhir 1820-an dan 1830-an di Amerika Serikat bagian timur. [1] [2] [3] Ini muncul sebagai reaksi terhadap atau memprotes keadaan umum intelektualisme dan spiritualitas saat itu. [4] Doktrin gereja Unitarian seperti yang diajarkan di Harvard Divinity School sangat diminati.Transendentalisme muncul dari Romantisisme Inggris dan Jerman, kritik Alkitabiah Herder dan Schleiermacher, skeptisisme Hume, [1] dan filsafat transendental Immanuel Kant dan Idealisme Jerman. Miller dan Versluis menganggap Emanuel Swedenborg sebagai pengaruh yang meluas pada transendentalisme. [5] [6] Hal itu juga dipengaruhi oleh teks Hindu tentang filsafat pikiran dan spiritualitas, terutama Upanishad.

    ReplyDelete
  15. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://en.wikipedia.org/wiki/Transcendentalism, Keyakinan inti transendentalisme adalah kebaikan yang melekat pada manusia dan alam. Pengikut percaya bahwa masyarakat dan institusi-institusinya telah merusak kemurnian individu, dan mereka memiliki keyakinan bahwa orang-orang berada pada tingkat terbaik saat benar-benar "mandiri" dan mandiri. Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang berpengaruh pada abad 18. Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Dengan demikian, paham tersebut menjadi berseberangan dengan Empirisme.

    ReplyDelete
  16. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang berpengaruh pada abad 18.[1] Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Transendentalisme lebih banyak bekerja pada aspek kerohanian manusia

    ReplyDelete
  17. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dalam filsafat Agama, transendentalisme mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta.Dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta.[3] kata "transenden" terdiri dari dua kata "trans" yang berarti seberang, melampaui, atas, dan kata "scandere" yang berarti memanjat.

    ReplyDelete
  18. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    A core belief of transcendentalism is in the inherent goodness of people and nature. Adherents believe that society and its institutions have corrupted the purity of the individual, and they have faith that people are at their best when truly "self-reliant" and independent.
    Transcendentalism emphasizes subjective intuition over objective empiricism. Adherents believe that individuals are capable of generating completely original insights with as little attention and deference to past masters as possible.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Transcendentalism

    ReplyDelete
  19. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Transendentalisme adalah gerakan sastra, politik, dan filosofis Amerika pada awal abad kesembilan belas, berpusat di sekitar Ralph Waldo Emerson. Transendentalisme muncul dari Romantisisme Inggris dan Jerman, kritik Alkitabiah Herder dan Schleiermacher, skeptisisme Hume, dan filsafat transendental Immanuel Kant dan Idealisme Jerman. Miller dan Versluis menganggap Emanuel Swedenborg sebagai pengaruh yang meluas pada transendentalisme. Keyakinan inti transendentalisme adalah kebaikan yang melekat pada manusia dan alam. Pengikut percaya bahwa masyarakat dan institusi-institusinya telah merusak kemurnian individu, dan mereka memiliki keyakinan bahwa orang-orang berada pada tingkat terbaik saat benar-benar mandiri.

    ReplyDelete
  20. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Transendetalisme merupakan suatu pemahaman yang beranggapan bahwa pengetahuan itu tidak terbatas. Dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta.kata "transenden" terdiri dari dua kata "trans" yang berarti seberang, melampaui, atas, dan kata "scandere" yang berarti memanjat. Istilah ini bersama-sama dengan bentuk-bentuk lain seperti "transendental". Transendetalisme lebih banyak bekerja pada aspek kerohanian manusia. Dengan penalaran yang mendalam, transendentalisme meyakini bahwa segala sesuatu yang tampak oleh mata merupakan perwujudan atau representasi dari dunia rohani atau transenden. Untuk memahami paham transendetalisme, manusia mutlak harus menggunakan daya nalarnya untuk menemukan apa yang mutlak benar, yang ada di balik dunia nyata.

    ReplyDelete
  21. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Transendentalisme adalah pandangan filosofis yang berpihak pada mitos. Mereka kaum Transendentalisme meyakini mitos dan memberikan reaksi atau memprotes pengetahuan dan spiritual. Kita ketahui bahwa mitos merupakan kepercayaan orang-orang terdahulu yang sebenarnya tidak sesuai dengan pengetahuan dan spiritual. Mereka yang mempercayai mitos-mitos inilah disebut dengan kaum Transendentalisme.

    ReplyDelete
  22. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berbicara tentang transcendentism maka temen-temen yang sudah sangata jelas menejlaskan pengertian trnascenden itu apa. Saya disini Cuma sekedar menambahkan sedikt dari apa itu transcendert. kita tahu bahwa i sebagai transendentalisme pertama kali muncul di kalangan Kongregasionalis New England yang liberal, yang meninggalkan Calvinis ortodoks, didalam dua hal itu : mereka percaya akan pentingnya dan kemanjuran perjuangan manusia, berlawanan dengan gambaran Puritan yang buruk tentang kerusakan manusia yang lengkap dan tak terhindarkan; Dan mereka menekankan kesatuan daripada "Trinitas" Allah (maka istilah "Unitarian," yang pada awalnya merupakan istilah pelecehan yang harus mereka adopsi.) Sebagian besar Unitarian berpendapat bahwa Yesus lebih rendah dari pada Allah Bapa tetapi Masih lebih besar dari manusia; Beberapa mengikuti Unitarian Inggris Joseph Priestley (1733-1804) dalam memegang bahwa Yesus benar-benar manusiawi, meskipun memiliki otoritas khusus. Pengkhotbah utama Unitarian, William Ellery Channing (1780-1842), menggambarkan Kongregasionalisme ortodoks sebagai agama yang takut, dan berpendapat bahwa Yesus menyelamatkan manusia dari dosa, tidak hanya dari hukuman. Khotbahnya "Unitarian Christianity" (1819) mencela "persekongkolan zaman melawan kebebasan orang Kristen" (P, 336) dan membantu memberi nama gerakan Unitarian. Dalam "Kesamaan dengan Tuhan" dia mengusulkan agar manusia "mengambil bagian" dari Ketuhanan dan mereka dapat mencapai "kemiripan yang tumbuh dengan Yang Mahatinggi"

    ReplyDelete
  23. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang lebih banyak bekerja pada aspek kerohanian manusia. Transendentalisme menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Dengan demikian, paham tersebut menjadi berseberangan dengan paham Empirisme. Transendtalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu.

    ReplyDelete
  24. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang berpengaruh pada abad 18. Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan melainkan melampauinya. Dengan demikian paham tersebut menjadi berseberangan dengan Empirisme. Transendentalisme adalah paham filsafat yang menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Transendtalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu.

    ReplyDelete
  25. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pada pengenalan suatu sesuatu atau realitas (obyek) pasti akan berpusat pada subyeknya. Hubungan tersebut sangat berpengaruh pada bagaimana kita menilai realitas tersebut. Sehingga realitas sendiri tidak bisa leoas dari hidup manusia dalam dinamika kesadaran diri. Sehingga dalam memperoleh pengetahuan, kita melihatnya dari dalam atau dari luar pikiran manusia.

    ReplyDelete
  26. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya memperoleh pengertian kata baru dalam aliran filsafat yaitu transcendentalism. Sebelum melihat sumber-sumber, saya menebak bahwa trancendentalism ini berkaitan dengan transeden dimana mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta. Transedentalism ini juga dapat berarti pengelaman atau pengamatan yang berarti bertentangan dengan empirisme. Sehingga yang perlu kita tekankan jika mengikuti paham ini yaitu pengalaman-pengalaman kita dalam mengaplikasikan ilmu yang kita dapatkan sehingga dapat dipergunakan universal pada setiap orang.

    ReplyDelete
  27. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Transcendentalism adalah sebuah gerakan sastra, politik, dan filsafat Amerika dari awal abad kesembilan belas, berpusat di sekitar Ralph Waldo Emerson. Transcendentalists lainnya adalah Henry David Thoreau, Margaret Fuller, Amos Bronson Alcott, Frederic Henry Hedge, dan Theodore Parker. Paham ini berkaitan dengan agama dan Tuhan. Mereka mengkritiki tentang agama dan Tuhan. Atau dengan istilah lain maka memurtadkan dari agama.

    ReplyDelete
  28. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang berpengaruh pada abad 18. Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya atau bahkan mustahil bisa dipahami oleh manusia. Seperti Schelling dan Hegel yang mengklaim telah menemukan identitas mutlak tujuan dan subjektif dalam pengetahuan manusia, atau hal-hal dan konsepsi manusia dari mereka, perbedaan Kantian antara ide-ide transenden dan transendental dapat memiliki tempat dalam filsafat mereka; dan karenanya, dengan mereka, transendentalisme mengklaim memiliki pengetahuan yang benar tentang segala sesuatu, material dan immaterial, manusia dan ilahi, sejauh pikiran mampu mengetahui mereka.

    ReplyDelete
  29. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Transendentalisme adalah gerakan keagamaan dan filosofis yang dikembangkan pada akhir 1820-an sampai 30-an di wilayah Timur Amerika Serikat. Gerakan ini sebagai protes terhadap keadaan spiritualitas umum dan khusus, keadaan intelektualisme di Harvard University dan doktrin gereja Unitarian seperti yang diajarkan di Harvard Divinity School. Di antara keyakinan inti transendentalis yaitu kebaikan yang melekat pada manusia dan alam. Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya.

    ReplyDelete
  30. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Paham transedentalisme ini berkaitan dengan doktrin spiritual. Paham ini menegaskan tetng ketidaklengkapan pengalaman manusia, bahwa ada beberapa pengalaman yang tidak bisa digapai oleh akal manusia, bahkan tidak mungkin manusia bisa menggapainya. Transendentalis adalah orang percaya yang kuat dalam kekuatan individu. Keyakinan mereka terkait erat dengan agama Romantik, namun berbeda dengan usaha untuk merangkul atau, paling tidak, untuk tidak menentang empirisme sains.

    ReplyDelete
  31. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika 2016

    Transenden (Inggris: transcendent) merupakan cara berpikir tentang hal-hal yang melampaui apa yang terlihat, yang dapat ditemukan di alam semesta. Contohnya, pemikiran yang mempelajari sifat Tuhan yang dianggap begitu jauh, berjarak dan mustahil dipahami manusia. Istilah transenden juga digunakan dalam bidang matematika merujuk pada bilangan yang tak terhingga. Misalnya bilangan "π" yang biasanya dibulatkan menjadi 3,14 sesungguhnya memiliki pecahan yang tak dapat didefinisikan. Sebuah bilangan yang tidak dapat dinyatakan dengan sembarang persamaan polinomial dengan koefisien-koefisien bilangan bulat disebut bilangan transenden, artinya tak terhitung atau tak terhingga.

    ReplyDelete
  32. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Munculnya transendentaslisme ini tidak lain dan tidak jauh dari seorang tokoh filsuf di Maerika yamg bernama Ralph Waldo Emerson.Pemikiran Emerson pada intinya adalah menelaah, "hubungan asli dengan alam semesta" . Emerson dan Thoreau mencari hubungan ini dalam kesendirian di tengah alam, dan dalam tulisan mereka. Emerson menunjukkan sebuah pemahaman dasar tentang tiga klaim Kantian, yang dapat ditelusuri sepanjang filsafatnya, bahwa pikiran manusia "membentuk" pengalaman. Bahwa keberadaan operasi mental semacam itu bertentangan dengan skeptisisme. Dan bahwa "transendental" tidak berarti "transenden" atau di luar pengalaman manusia sama sekali, tapi sesuatu yang dapat dimungkinkan melalui pengalaman. Emerson menganggap Nalar sebagai wilayah "penglihatan," yang bertentangan dengan pemahaman duniawi, yang "selalu bekerja keras, membandingkan, menciptakan, menambahkan, berpendapat ....". Bagi banyak orang transendentalis istilah "transendentalisme" tidak mewakili teknis apa pun sebagai penyelidikan terhadap pengandaian pengalaman manusia, namun kepercayaan dan apresiasi baru terhadap kekuatan pikiran, dan spiritualitas modern dan non-doktrinal. Orang transendentalis, menurut Emerson, percaya akan mukjizat, dipahami sebagai "keterbukaan abadi akal manusia terhadap masuknya cahaya dan kekuatan baru ..."

    ReplyDelete
  33. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Transendentalisme yaitu aliran yang berpendapat bahwa pengetahuan manusia itu berasal dari luar maupun dari dalam pikiran manusia itu sendiri. Paham transendentalisme merupakan paham yang berlawanan dengan empirisme. Transendentalisme berpendapat bahwa pengetahuan tidak berasal semata-mata dari pengalaman tapi melampau atau melebihi itu. Transendtalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu.

    ReplyDelete
  34. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Transendental berasal dari kata kerja “yang melampaui” yang berarti berada di luar jangkauan atau domain atau pemahaman (biasanya) pengalaman, akal, atau kepercayaan manusia. Transendental yang diterapkan pada filsafat memunculkan beberapa gagasan berbeda, seperti idealisme transendental, fenomenologi transendental dan meditasi transendental (yang mencoba untuk mendorong pelepasan dari masalah dan kelegaan dari kegelisahan).

    ReplyDelete
  35. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan juga tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampaui hal-hal tersebut. Transendtalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu. Transendetalisme lebih banyak bekerja pada aspek kerohanian manusia. Dengan penalaran yang mendalam, transendentalisme meyakini bahwa segala sesuatu yang tampak oleh mata merupakan perwujudan atau representasi dari dunia rohani atau transenden.

    ReplyDelete