Dec 2, 2012

TRANSCENDENTALISM





 Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang TRANSCENDENTALISM, koneklah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Transcendentalism








Wss Wr Wb
Marsigit


61 comments:

  1. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang berpengaruh pada abad 18. Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Transendtalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu.

    ReplyDelete
  2. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://en.wikipedia.org/wiki/Transcendentalism, Transendentalisme adalah gerakan filosofis yang berkembang pada akhir 1820-an dan 1830-an di Amerika Serikat bagian timur. [1] [2] [3] Ini muncul sebagai reaksi terhadap atau memprotes keadaan umum intelektualisme dan spiritualitas saat itu. [4] Doktrin gereja Unitarian seperti yang diajarkan di Harvard Divinity School sangat diminati.Transendentalisme muncul dari Romantisisme Inggris dan Jerman, kritik Alkitabiah Herder dan Schleiermacher, skeptisisme Hume, [1] dan filsafat transendental Immanuel Kant dan Idealisme Jerman. Miller dan Versluis menganggap Emanuel Swedenborg sebagai pengaruh yang meluas pada transendentalisme. [5] [6] Hal itu juga dipengaruhi oleh teks Hindu tentang filsafat pikiran dan spiritualitas, terutama Upanishad.

    ReplyDelete
  3. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://en.wikipedia.org/wiki/Transcendentalism, Keyakinan inti transendentalisme adalah kebaikan yang melekat pada manusia dan alam. Pengikut percaya bahwa masyarakat dan institusi-institusinya telah merusak kemurnian individu, dan mereka memiliki keyakinan bahwa orang-orang berada pada tingkat terbaik saat benar-benar "mandiri" dan mandiri. Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang berpengaruh pada abad 18. Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Dengan demikian, paham tersebut menjadi berseberangan dengan Empirisme.

    ReplyDelete
  4. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang berpengaruh pada abad 18.[1] Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Transendentalisme lebih banyak bekerja pada aspek kerohanian manusia

    ReplyDelete
  5. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dalam filsafat Agama, transendentalisme mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta.Dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta.[3] kata "transenden" terdiri dari dua kata "trans" yang berarti seberang, melampaui, atas, dan kata "scandere" yang berarti memanjat.

    ReplyDelete
  6. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    A core belief of transcendentalism is in the inherent goodness of people and nature. Adherents believe that society and its institutions have corrupted the purity of the individual, and they have faith that people are at their best when truly "self-reliant" and independent.
    Transcendentalism emphasizes subjective intuition over objective empiricism. Adherents believe that individuals are capable of generating completely original insights with as little attention and deference to past masters as possible.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Transcendentalism

    ReplyDelete
  7. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Transendentalisme adalah gerakan sastra, politik, dan filosofis Amerika pada awal abad kesembilan belas, berpusat di sekitar Ralph Waldo Emerson. Transendentalisme muncul dari Romantisisme Inggris dan Jerman, kritik Alkitabiah Herder dan Schleiermacher, skeptisisme Hume, dan filsafat transendental Immanuel Kant dan Idealisme Jerman. Miller dan Versluis menganggap Emanuel Swedenborg sebagai pengaruh yang meluas pada transendentalisme. Keyakinan inti transendentalisme adalah kebaikan yang melekat pada manusia dan alam. Pengikut percaya bahwa masyarakat dan institusi-institusinya telah merusak kemurnian individu, dan mereka memiliki keyakinan bahwa orang-orang berada pada tingkat terbaik saat benar-benar mandiri.

    ReplyDelete
  8. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Transendetalisme merupakan suatu pemahaman yang beranggapan bahwa pengetahuan itu tidak terbatas. Dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta.kata "transenden" terdiri dari dua kata "trans" yang berarti seberang, melampaui, atas, dan kata "scandere" yang berarti memanjat. Istilah ini bersama-sama dengan bentuk-bentuk lain seperti "transendental". Transendetalisme lebih banyak bekerja pada aspek kerohanian manusia. Dengan penalaran yang mendalam, transendentalisme meyakini bahwa segala sesuatu yang tampak oleh mata merupakan perwujudan atau representasi dari dunia rohani atau transenden. Untuk memahami paham transendetalisme, manusia mutlak harus menggunakan daya nalarnya untuk menemukan apa yang mutlak benar, yang ada di balik dunia nyata.

    ReplyDelete
  9. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Transendentalisme adalah pandangan filosofis yang berpihak pada mitos. Mereka kaum Transendentalisme meyakini mitos dan memberikan reaksi atau memprotes pengetahuan dan spiritual. Kita ketahui bahwa mitos merupakan kepercayaan orang-orang terdahulu yang sebenarnya tidak sesuai dengan pengetahuan dan spiritual. Mereka yang mempercayai mitos-mitos inilah disebut dengan kaum Transendentalisme.

    ReplyDelete
  10. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berbicara tentang transcendentism maka temen-temen yang sudah sangata jelas menejlaskan pengertian trnascenden itu apa. Saya disini Cuma sekedar menambahkan sedikt dari apa itu transcendert. kita tahu bahwa i sebagai transendentalisme pertama kali muncul di kalangan Kongregasionalis New England yang liberal, yang meninggalkan Calvinis ortodoks, didalam dua hal itu : mereka percaya akan pentingnya dan kemanjuran perjuangan manusia, berlawanan dengan gambaran Puritan yang buruk tentang kerusakan manusia yang lengkap dan tak terhindarkan; Dan mereka menekankan kesatuan daripada "Trinitas" Allah (maka istilah "Unitarian," yang pada awalnya merupakan istilah pelecehan yang harus mereka adopsi.) Sebagian besar Unitarian berpendapat bahwa Yesus lebih rendah dari pada Allah Bapa tetapi Masih lebih besar dari manusia; Beberapa mengikuti Unitarian Inggris Joseph Priestley (1733-1804) dalam memegang bahwa Yesus benar-benar manusiawi, meskipun memiliki otoritas khusus. Pengkhotbah utama Unitarian, William Ellery Channing (1780-1842), menggambarkan Kongregasionalisme ortodoks sebagai agama yang takut, dan berpendapat bahwa Yesus menyelamatkan manusia dari dosa, tidak hanya dari hukuman. Khotbahnya "Unitarian Christianity" (1819) mencela "persekongkolan zaman melawan kebebasan orang Kristen" (P, 336) dan membantu memberi nama gerakan Unitarian. Dalam "Kesamaan dengan Tuhan" dia mengusulkan agar manusia "mengambil bagian" dari Ketuhanan dan mereka dapat mencapai "kemiripan yang tumbuh dengan Yang Mahatinggi"

    ReplyDelete
  11. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang lebih banyak bekerja pada aspek kerohanian manusia. Transendentalisme menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Dengan demikian, paham tersebut menjadi berseberangan dengan paham Empirisme. Transendtalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu.

    ReplyDelete
  12. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang berpengaruh pada abad 18. Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan melainkan melampauinya. Dengan demikian paham tersebut menjadi berseberangan dengan Empirisme. Transendentalisme adalah paham filsafat yang menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Transendtalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu.

    ReplyDelete
  13. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pada pengenalan suatu sesuatu atau realitas (obyek) pasti akan berpusat pada subyeknya. Hubungan tersebut sangat berpengaruh pada bagaimana kita menilai realitas tersebut. Sehingga realitas sendiri tidak bisa leoas dari hidup manusia dalam dinamika kesadaran diri. Sehingga dalam memperoleh pengetahuan, kita melihatnya dari dalam atau dari luar pikiran manusia.

    ReplyDelete
  14. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya memperoleh pengertian kata baru dalam aliran filsafat yaitu transcendentalism. Sebelum melihat sumber-sumber, saya menebak bahwa trancendentalism ini berkaitan dengan transeden dimana mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta. Transedentalism ini juga dapat berarti pengelaman atau pengamatan yang berarti bertentangan dengan empirisme. Sehingga yang perlu kita tekankan jika mengikuti paham ini yaitu pengalaman-pengalaman kita dalam mengaplikasikan ilmu yang kita dapatkan sehingga dapat dipergunakan universal pada setiap orang.

    ReplyDelete
  15. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Transcendentalism adalah sebuah gerakan sastra, politik, dan filsafat Amerika dari awal abad kesembilan belas, berpusat di sekitar Ralph Waldo Emerson. Transcendentalists lainnya adalah Henry David Thoreau, Margaret Fuller, Amos Bronson Alcott, Frederic Henry Hedge, dan Theodore Parker. Paham ini berkaitan dengan agama dan Tuhan. Mereka mengkritiki tentang agama dan Tuhan. Atau dengan istilah lain maka memurtadkan dari agama.

    ReplyDelete
  16. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang berpengaruh pada abad 18. Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya atau bahkan mustahil bisa dipahami oleh manusia. Seperti Schelling dan Hegel yang mengklaim telah menemukan identitas mutlak tujuan dan subjektif dalam pengetahuan manusia, atau hal-hal dan konsepsi manusia dari mereka, perbedaan Kantian antara ide-ide transenden dan transendental dapat memiliki tempat dalam filsafat mereka; dan karenanya, dengan mereka, transendentalisme mengklaim memiliki pengetahuan yang benar tentang segala sesuatu, material dan immaterial, manusia dan ilahi, sejauh pikiran mampu mengetahui mereka.

    ReplyDelete
  17. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Transendentalisme adalah gerakan keagamaan dan filosofis yang dikembangkan pada akhir 1820-an sampai 30-an di wilayah Timur Amerika Serikat. Gerakan ini sebagai protes terhadap keadaan spiritualitas umum dan khusus, keadaan intelektualisme di Harvard University dan doktrin gereja Unitarian seperti yang diajarkan di Harvard Divinity School. Di antara keyakinan inti transendentalis yaitu kebaikan yang melekat pada manusia dan alam. Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya.

    ReplyDelete
  18. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Paham transedentalisme ini berkaitan dengan doktrin spiritual. Paham ini menegaskan tetng ketidaklengkapan pengalaman manusia, bahwa ada beberapa pengalaman yang tidak bisa digapai oleh akal manusia, bahkan tidak mungkin manusia bisa menggapainya. Transendentalis adalah orang percaya yang kuat dalam kekuatan individu. Keyakinan mereka terkait erat dengan agama Romantik, namun berbeda dengan usaha untuk merangkul atau, paling tidak, untuk tidak menentang empirisme sains.

    ReplyDelete
  19. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika 2016

    Transenden (Inggris: transcendent) merupakan cara berpikir tentang hal-hal yang melampaui apa yang terlihat, yang dapat ditemukan di alam semesta. Contohnya, pemikiran yang mempelajari sifat Tuhan yang dianggap begitu jauh, berjarak dan mustahil dipahami manusia. Istilah transenden juga digunakan dalam bidang matematika merujuk pada bilangan yang tak terhingga. Misalnya bilangan "π" yang biasanya dibulatkan menjadi 3,14 sesungguhnya memiliki pecahan yang tak dapat didefinisikan. Sebuah bilangan yang tidak dapat dinyatakan dengan sembarang persamaan polinomial dengan koefisien-koefisien bilangan bulat disebut bilangan transenden, artinya tak terhitung atau tak terhingga.

    ReplyDelete
  20. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Munculnya transendentaslisme ini tidak lain dan tidak jauh dari seorang tokoh filsuf di Maerika yamg bernama Ralph Waldo Emerson.Pemikiran Emerson pada intinya adalah menelaah, "hubungan asli dengan alam semesta" . Emerson dan Thoreau mencari hubungan ini dalam kesendirian di tengah alam, dan dalam tulisan mereka. Emerson menunjukkan sebuah pemahaman dasar tentang tiga klaim Kantian, yang dapat ditelusuri sepanjang filsafatnya, bahwa pikiran manusia "membentuk" pengalaman. Bahwa keberadaan operasi mental semacam itu bertentangan dengan skeptisisme. Dan bahwa "transendental" tidak berarti "transenden" atau di luar pengalaman manusia sama sekali, tapi sesuatu yang dapat dimungkinkan melalui pengalaman. Emerson menganggap Nalar sebagai wilayah "penglihatan," yang bertentangan dengan pemahaman duniawi, yang "selalu bekerja keras, membandingkan, menciptakan, menambahkan, berpendapat ....". Bagi banyak orang transendentalis istilah "transendentalisme" tidak mewakili teknis apa pun sebagai penyelidikan terhadap pengandaian pengalaman manusia, namun kepercayaan dan apresiasi baru terhadap kekuatan pikiran, dan spiritualitas modern dan non-doktrinal. Orang transendentalis, menurut Emerson, percaya akan mukjizat, dipahami sebagai "keterbukaan abadi akal manusia terhadap masuknya cahaya dan kekuatan baru ..."

    ReplyDelete
  21. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Transendentalisme yaitu aliran yang berpendapat bahwa pengetahuan manusia itu berasal dari luar maupun dari dalam pikiran manusia itu sendiri. Paham transendentalisme merupakan paham yang berlawanan dengan empirisme. Transendentalisme berpendapat bahwa pengetahuan tidak berasal semata-mata dari pengalaman tapi melampau atau melebihi itu. Transendtalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu.

    ReplyDelete
  22. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan juga tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampaui hal-hal tersebut. Transendtalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu. Transendetalisme lebih banyak bekerja pada aspek kerohanian manusia. Dengan penalaran yang mendalam, transendentalisme meyakini bahwa segala sesuatu yang tampak oleh mata merupakan perwujudan atau representasi dari dunia rohani atau transenden.

    ReplyDelete
  23. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Transcendentalism merupakan faham dimana pengetahuan bisa diraih bukan hanya melalui indera, tetapi juga melalui intuisi dan perenungan. Paham ini berkebalikan dengan Empirisme yang perlu dibuktikan secara ilmiah. Transendetalism ini lebih mengutamakan pada aspek spiritual manusia. Bahkan mereka bersikap skeptis terhadap semua agama dan percaya bahwa sifat keilahian terletak pada diri manusia itu sendiri. Sehingga, segala sesuatu yang tampak oleh mata merupakan representasi dari dunia spiritual atau transenden yang mewajibkan manusia harus menggunakan nalarnya untuk menemukan kebenaran.

    ReplyDelete
  24. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami Trancendentialicm sangat erat kaitannya dengan New England transcendentalism yaitu suatu gerakan yang tokoh utamanya adalah Emerson, yang berpusat pada 'Transcendental Club' yang dibentuk di Boston pada tahun 1836. Gerakan ini sangat dipengaruhi oleh idealisme dan romantisme Jerman, dan lebih cenderung menuju panteisme, mistisisme, dan optimisme yang sangat antusian tentang kemajuan semangat. Kemandirian dan hidup sederhana dan komunal dikaitkan dengan keyakinan bahwa jiwa itu sendiri merupakan mikrokosmos, yang mencerminkan seluruh dunia.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  25. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Transcendetalism merupakan gerakan filosofis yang berkembang pada akhir 1820-an dan 1830-an di Amerika Serikat bagian timur. Ini muncul sebagai reaksi atau protes terhadap keadaan umum intelektualisme dan spiritualitas pada saat itu. Transcendetalism adalah paham filsafat yang berkaitan dengan agama serta Tuhan. Karena banyak orang yang berperilaku melebihi batas kewajaran, sehingga meresahkan oranglain dan menimbulkan pengaruh negatif pada oranglain. Pengaruh tersebut dapat menyebabkan keresahan, pertikaian, perselisihan, dll. Maka kemudian orang belajar untuk melakukan meditasi transedental yaitu perenungan kepada Tuhan untuk memperoleh ketenangan dalam pikir dan dalam hati.

    ReplyDelete
  26. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Bagi saya, bukan perkara mudah untuk memahami apa itu bahkan lebih jauh tentang bagaimana itu transendental. Bahkan hingga semua link saya buka dan saya baca pelan-pelan. Masih sulit juga bagi saya untuk larut bersamanya. Saya tau jawabannya mengapa bisa begini? Saya belum dalam keadaan ikhlas, belumlah mencapai ikhlas hati dan ikhlas pikir. Bismillah, saya akan mencobanya kembali.
    Pada salah satu link di atas, bacaan saya terhenti pada kalimat bahwa kehidupan kaum transendentalisme adalah tentang apa yang mereka tolak. "Apa yang mereka tolak merupakan apa yang mereka lihat sebagai situasi saat ini". Maka sayapun menjadi bertanya-tanya, atas dasar apa atau apa yang melatarbelakangi penolakan mereka? Apakah mereka mencari anti tesis anti tesis dari fenomena yang mereka hadapi. Maka jika memang seperti itu, kaum transendentalis bagi saya adalah kaum pemikir kritis yang hebat, yang senantiasa mencari anti tesis anti tesis terhadap tesis yang mereka temui. Tapi, itu barulah pendapat saya. Selain itu, saya juga melihat bahwa kaum transendentalis tidak menyerahkan sepenuhnya kebenaran pengetahuan yang mereka peroleh melalui sistem penginderaan saja, melainkan juga melalui intuisi. Hal ini semakin membuat saya memberikan nilai-nilai positif pada trasendentalis. Akan tetapi, saya tidak meyakini sepenuhnya tentang apa yang saya pahami ini, mohon pencerahannya. Terimakasih

    ReplyDelete
  27. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Terdafat 3 arti dari transcendentalism yang ambil dari kamus Merriam Webster's Collegiate edisi terbaru yang tertulis dalam link http://www.transcendentalists.com/terminology.html yaitu (1) Sebuah filosofi yang menekankan pada kondisi pengetahuan dan pengalaman apriori atau karakter realitas akhir yang tidak dapat diketahui atau yang menekankan transenden sebagai realitas fundamental. (2) sebuah filsafat yang menegaskan keunggulan spiritual dan transendental atas materi dan empiris, dan yang ke (3) kualitas atau keadaan yang transendental. sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, transendental itu sendiri berarti (1) menonjolkan hal-hal yang bersifat kerohanian, (2) sukar dipahami, (3) gaib, dan (4) abstrak.

    ReplyDelete
  28. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Transenden mengajarkan kita bahwa ilmu pengetahuan itu luas dan tidak terbatas melampaui logika dan empiris. Dalam filsafat agama, transenden berkaitan dengan keberadaan Allah. Transenden lebih banyak bekerja di aspek kerohanian manusia. Apa yang tampak dimata merupakan representasi di dunia rohani masing masing individu. transeneden sesuatau yang menekankan atau mengutamanakan sikapkerohaniannya atau sikap spritual, sehingga sesuatu yang bersifat spiritual adalah berbasis pada suatu keyakinan yang tidak hanya dapat di jelaskan melalui sesuatu yang logis saja.

    ReplyDelete
  29. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P. Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. transcendental selalu dikaitkan dengan hal yang melampaui realitas empirik (inderawi), sehingga pemikiran ini cenderung dianggap berseberangan dengan filsafat empirisme. Transcendental menekankan bahwa ada kekuatan melampaui kenyataan empirik. Dalam ajaran agama samawi, kekuatan tersebut bersumber dari kemahakuasaan Tuhan. Segala hal yang bersifat gaib dapat dikategorikan sebagai keberadaan yang transenden. Wallahu A’lam bishawab.

    ReplyDelete
  30. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Transendentalisme merupakan filsafat idealis yang secara umum mengutamakan masalah-masalah intuisi dan spiritual atas masalah-masalah empiris dan materi. Istilah transendentalisme sendiri berawal dari ucapan filsuf Immanuel Kant, yaitu “all knowledge transcendental which is concerned not with objects but with our mode of knowing objects.” Keberadaan suatu objek menjadi penting bukan disebabkan karena enititi objek tersebut, tetapi bagaimana seseorang memandang dan berpikir untuk memahami objek tersebut. Hal inilah yang kemudian mengacu pada pemikiran transendental yaitu berupaya menyelamatkan manusia dari alam dan menghidupkan kembali karakter spiritualnya.

    ReplyDelete
  31. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Saya memaknai transcendentalism dengan aliran yang berfokus pada hal-hal di luar yang kongkret. Misalnya, rohani, intuisi, supranatural ataupun spiritual. Sehingga sulit sekali untuk menguji kebenarannya secara ilmiah. Hal ini dikarenakan semua dimensi tersebut hanya perlu diimani keberadaannya. Manusia sendiri tidaklah mampu melampaui batas tersebut. Semua yang ada di dunia sejatinya meliputi hal-hal yang kongkret dan juga abstrak. Keduanya saling bersinergi dan bukan dijadikan sebagai momok dalam hidup. Berdamai dalam ketenangan jiwa melalui aktivitas spiritual jauh lebih baik.

    ReplyDelete
  32. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Berdasarkan bacaan di atas transendentalisme sangat melekat dengan alam dan manusia.Para penganut aliran mengatakan bahwa kehadiran orang dan intuisinya telah mencedarai kemurnian individu.Sebab menurut pandangan orang –orang memiliki tingkat terbaik ketika mereka mulai belajar menemukan caranya sendiri.Juga mereka memberikan kepercayaan penuh bahwa individu dapat membangun wawasan sendiri yang lebih asli.Menurut saya,paham ini sangat memperhatikan kondisi individu dengan memberikan kebebasan sepenuhnya pada individu

    ReplyDelete
  33. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Pandangan transedentalisme erat kaitannya dengan doktrin dalam spiritual. Dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari tentang sifat Tuhan yang dapat ditangkap berdasarkan realitas semesta. Sehingga manusia harus menggunakan daya nalarnya untuk menemukan apa yang mutlak benar, yang terdapat di balik dunia nyata.

    ReplyDelete
  34. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Transenden adalah suatu pendapat yang merupakan cara berpikir tentang hal-hal yang melampaui apa yang terlihat, yang dapat ditemukan di alam semesta. Jadi apa yang kta pikirkan tidak hanya apa yangada di depan ata kita, sesuatu hal yang mungkin tidak terlihat juga merupakan bagian dari suatu pemikiran guna memperoleh ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  35. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Transedentalisme merupakan suatu paham yang mengutamakan intuitif atau yang spiritual diatas yang empiris dan ilmiah. Artinya transendenisme ini paham yang melampaui apa yang dapat dilihat ole manusia, melebihi apa yang dapat dilihat oleh manusia, namun dapat ditemukan pada alam semesta ini. Cara berpikir orang-orang yang memiliki paham transenden ini tidak hanya pada yang ada di depan mereka, melainkan semua yang ada dalam pikirannya. Transedentalisme ini bertujuan mengetahui dengan pasti prinsip-prinsip fundamental a priori atau proses-proses yang membentuk pengetahuan.

    ReplyDelete
  36. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Transendentalisme memahami bahwa sebuah pengetahuan tidak terbatas pada, dan semata-mata berasal dari pengalaman atau pengamatan melainkan lebih dari itu. Pandangan ini sangat dekat dengan spiritualitas, transendentalitas agama mengungkapkan bahwa Tuhan dipersepsikan sebagai satu-satunya realitas akhir, Yang Mutlak, Yang tidak Terbatas dan Maha Sempurna. Dalam transendentalisme secara eksoterik adanya kesamaan antara satu agama dengan agama. Dan secara eksoterik keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Mohon pencerahannya Prof. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  37. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017
    Saya tertarik untuk membaca tentang transendalisme dari link http://plato.stanford.edu/entries/transcendentalism/. Transendentalisme adalah gerakan sastra, politik, dan filosofis Amerika pada awal abad kesembilan belas, berpusat di sekitar Ralph Waldo Emerson. Orang-orang transendalisme atau transendentalis penting lainnya yaitu Henry David Thoreau, Margaret Fuller, Amos Bronson Alcott, Frederic Henry Hedge, dan Theodore Parker. Artikel tersebut menceritakan asal dan karakter, bibliografi kritik sosial dan politik , alat akademik terkait transendalisme.

    ReplyDelete
  38. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa transcendentalism adalah pergerakan filsafat yang berkembang di akhir 1820-an di Amerika Serikat bagian timur. Paham ini muncul sebagai reaksi atau protes terhadap keadaan umum dari intelektualisme spiritual. Kepercayaan inti dari pergerakan ini adalah kebaikan yang melekat pada manusia dan alam.

    ReplyDelete
  39. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas dapat saya pahami bahwa Transendentalisme adalah aliran filsafat yang behubungan dengan keagamaan, karena terhubung langsung dengan sang pencipta. Aliran ini tercipta sebagai bentuk protes masyarakat terhadap gaya hidup dan kebudayaan yang di anut oleh sebagian orang yang melampaui batas sehingga menimbulkan pengaruh buruk bagi orang lain. Transendental merupakan salah satu pendekatan Teologi Kontekstual yang melihat bahwa realitas bukan sebagai yang "ada di luar" dan lepas dari pengenalan manusia melainkan berada pada dinamika kesadaran diri.

    ReplyDelete
  40. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Transendentalisme adalah paham yang menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Transendtalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu. Transendentalisme meyakini bahwa segala sesuatu yang tampak oleh mata merupakan perwujudan atau representasi dari dunia rohani atau transenden. Dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta. Mohon dikoreksi Prof. Apabila terdapat kesalahan. Wassalamu’alaikum

    ReplyDelete
  41. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan referensi-referensi yang Prof. Marsigit sarankan pada postingan-postingan sebelumnya, referensi dari wikipedia selalu menempati posisi atas. Hal ini karena bagi saya sumber wikipedia lebih mudah dipahami daripada referensi lainnya. Pemimpin gerakan transendentalisme adalah Ralph Waldo Emerson. Ia lahir di Boston, Massachusetts, 25 Mei 1803 dan meninggal di Concord, Massachusetts, 27 April 1882 pada usia ke 78 tahun. Ia dikenal sebagai penganjur individualisme dan menyebarkan pemikiran-pemikirannya melalui lusinan esai dan lebih dari 1.500 ceramah umum di Amerika Serikat.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  42. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Secara etimologis, transendentalisme menekankan nilai transenden. Dalam Bahasa Inggris: transcendent dan Bahasa Latin: transcendere. Dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta. Kata "transenden" terdiri dari dua kata, yaitu "trans" yang berarti seberang, melampaui, atas, dan kata "scandere" yang berarti memanjat. Beberapa pengertian dari transenden adalah lebih unggul, agung, melampaui, superlatif, melampaui pengalaman manusia, berhubungan dengan apa yang selamanya melampaui pemahaman terhadap pangalaman biasa dan penjelasan ilmiah.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  43. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Transendentalisme merupakan suatu keyakinan tentang kebaikan yang melekat pada manusia dan alam. Pengikut keyakinan transendentalisme percaya bahwa masyarakat dan institusi-institusinya telah merusak kemurnian individu. Para pengikut transendentalisme meyakini bahwa gaya hidup atau budaya pada suatu masyarakat dan institusi-institusi menimbukan pengaruh negative. Pengaruh negative inilah yang merusak suatu individu menjadi tidak bersih lagi. Aliran transendentalisme ini terkait dengan filsafat agama.

    ReplyDelete
  44. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Transendentalisme adalah paham filsafat yang menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Transendentalisme erat kaitannya dengan Unitarianisme. Transendentalisme mulai berkembang pada awal abad kesembilan belas di Amerika Serikat bagian timur. Tokoh transendentalisme antara lain Henry David Thoreau, Margaret Fuller, Amos Bronson Alcott, Frederic Henry Hedge, dan Theodore Parker.

    ReplyDelete
  45. Junianto
    PM C

    Transendentialism merupakan suatu paham yang mengutamakan intuitif atau spiritual di atas yang empiris dan ilmiah. Transenden berkaitan erat dengan konsep ketuhanan/ spiritual. Orang-rang yang meyakini konsep ini menganggap bahwa ranah spiritual adalah ranah keyakinan bukan masalah keilmiahan saja. Hal ini disebabkan karena keyakinan/ iman itu memiliki kedudukan yang lebih tinggi daripada keilmiahan.

    ReplyDelete
  46. Latifah Fitriasari
    PM C
    Dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta. Hal tersebut bisa juga diartikan sebagai gerakan sastra, politik, dan filsafat Amerika awal abad kesembilan belas, berpusat di sekitar Ralph Waldo Emerson. Transcendentalism merupakan yang ada dan tidak dapat dijangkau oleh pikiran manusia.

    ReplyDelete
  47. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Keyakinan inti transendentalisme adalah kebaikan yang melekat pada manusia dan alam. Para pengikutnya percaya bahwa masyarakat dan institusi-institusinya telah merusak kemurnian individu, dan mereka memiliki keyakinan bahwa orang-orang berada pada tingkat terbaik saat benar-benar "mandiri" dan mandiri. Transendentalisme menekankan intuisi subjektif atas empirisme objektif.

    ReplyDelete
  48. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Transendetalisme meyakini bahwa segala sesuatu yang tampak oleh mata merupakan perwujudan atau representasi dari dunia rohani atau transenden. Dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta. Beberapa pengertian dari transenden adalah: lebih unggul, agung, melampaui, superlatif, melampaui pengalaman manusia, berhubungan dengan apa yang selamanya melampaui pemahaman terhadap pangalaman biasa dan penjelasan ilmiah.

    ReplyDelete
  49. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Transendentalisme merupakan gerakan filosofis yang berkembang pada akhir 1820-an dan 1830-an di Amerika Serikat bagian timur. Keyakinan inti transendentalisme adalah kebaikan yang melekat pada manusia dan alam. Pengikut paham ini percaya bahwa masyarakat dan institusi-institusinya telah merusak kemurnian individu dan mereka memiliki keyakinan bahwa orang-orang berada pada tingkat terbaik saat benar-benar mandiri. Penganut paham ini juga percaya bahwa individu mampu menghasilkan wawasan yang benar-benar asli. Jadi, seseorang yang dapat menghasilkan sebuah ide dari pemikirannya sendiri dapat dikatakan telah mencoba menerapkan transendentalisme.

    ReplyDelete
  50. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Kata transendental digunakan oleh Immanuel Kant ketika menyebut transendental aplikasi prinsip dasar dari pemahaman murni yang melampaui atau mengatasi batas-batas pengalaman. Disini, contoh pemikiran transendental adalah anggapan bahwa ilmu matematika murni selalu menggunakan matematika abstrak untuk diterangkan kepada peserta didik dari segala macam usia. Namun, pada dasarnya mereka tidak mengetahui kebutuhan peserta didik khususnya peserta didik yang masih muda untuk memahami matematika tidak bisa melalui hal yang abstrak, namun dari sesuatu yang nyata untuk memahaminya sebagai bantuan.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  51. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang berpengaruh pada abad 18. Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Para penganut Transendentalisme percaya bahwa pengetahuan bisa diraih bukan hanya melalui indera, tetapi juga melalui intuisi dan perenungan. Dengan demikian, mereka mengaku bersikap skeptis terhadap semua agama dan percaya bahwa sifat keilahian terletak pada diri manusia itu sendiri.

    ReplyDelete
  52. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Transendentalism merupaka sebuah paham filsafat yang menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan lebih dari itu. Bisa jadi antara dunia dan disebaliknya. Para Transendentalis melihat bahwa dengan adanya intuisi juga dapat memperoleh dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Namun secara spiritual, transenden mengaitkan hubungan dengan Tuhan. Transendentalism mempelajari sifat-sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta.

    ReplyDelete
  53. Metia Novianti
    17709251021
    PPs PM A

    Para penganut Transendentalisme percaya bahwa pengetahuan bisa diraih bukan hanya melalui indera, tetapi juga melalui intuisi dan perenungan. Dengan demikian, mereka mengaku bersikap skeptis terhadap semua agama dan percaya bahwa sifat keilahian terletak pada diri manusia itu sendiri. Transendentalis juga percaya bahwa manusia harus lebih memperhatikan hal-hal menyangkut batin dan jiwa mereka dibandingkan hal-hal “dangkal” seperti kekayaan, status, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  54. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Transendentalisme merupakan filsafat idealis yang secara umum mengutamakan masalah-masalah intuisi dan spiritual atas masalah-masalah empiris dan materi. Istilah transendentalisme sendiri berawal dari ucapan filsuf Immanuel Kant, yaitu “all knowledge transcendental which is concerned not with objects but with our mode of knowing objects.” Terdapat juga pendapat bahwa transendentalisme adalah aliran yang berpendapat bahwa pengetahuan manusia itu berasal dari luar maupun dari jiwa manusia itu sendiri. Dalam kuliah, Prof. Marsigit sering menyebut dunia transenden adalah dunia para dewa.

    ReplyDelete
  55. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Transcendentalism merupakan suatu gerakan sastra, politik, dan filosofis Amerika pada awal abad kesembilan belas, berpusat di sekitar Ralph Waldo Emerson. Dimana orang-orang transcendentalist bergerak sebagai reaksi terhadap atau memprotes keadaan umum intelektualisme dan spiritualitas saat itu. Dengan kata lain, mereka berjuang untuk mendefinisikan spiritualitas dan agama dengan cara yang mempertimbangkan pemahaman baru seusianya.

    ReplyDelete
  56. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Transendentalisme merupakan sebuah paham filsafat yang menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya.

    ReplyDelete
  57. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Transendentalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu. Dengan penalaran yang mendalam, transendentalisme meyakini bahwa segala sesuatu yang tampak oleh mata merupakan perwujudan atas representasi dari dunia rohani atau transenden.

    ReplyDelete
  58. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Transendentalisme adalah gerakan filosofis yang berkembang pada akhir 1820-an dan 1830-an di Amerika Serikat bagian timur. Gerakan ini muncul sebagai reaksi dan protes terhadap a keadaan umum intelektualisme dan spiritualitas saat itu. Keyakinan utama dari gerakan transendentalisme adalah kebaikan yang melekat pada manusia dan alam. Pengikut gerakan ini percaya bahwa masyarakat dan institusi-institusinya telah merusak kemurnian individu, dan mereka memiliki keyakinan bahwa orang-orang berada pada tingkat terbaik saat benar-benar "mandiri" dan bebas.

    ReplyDelete
  59. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb
    Transendentalisme adalah paham filsafat yang menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas karena pengalaman atau pengamatan, tapi pengetahuan yang tidak terbatas mengenai pengalaman atau pengamatan.Jadi transendetalisme berhubungan dengan pengalaman dan pengamatan yang dilakukan. Transendtalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu.

    ReplyDelete
  60. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Transendetalisme memandang manusia memiliki kemampuan bukan hanya dari hasil pengalamannya saja, namun juga hasil dari kemampuan olah pikir atau logikanya. Dari paham ini kita tentu dapat belajar bahwa pengalaman dan kemampuan berpikir harus digunakan secara harmonis untuk dapat melakukan sesuatu dengan optimal. Oleh sebab itu, ada ungkupan bahwa seseorang yang bekerja hanya dengan pengalaman tanpa menggunakan pikirannya adalah orang yang bodoh, sementara orang yang hanya bisa berencana dengan kemampuan berpikirnya tanpa bertindak adalah kosong, dan orang yang bertindak selalu dengan rencana dengan mempertimbangkan pengalaman yang pernah dihadapi adalah orang yang bijak. Sehingga akan lebih baik jika manusia dapat berpikiran seperti paham transendentalisme.

    ReplyDelete
  61. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Dalam mengenalan sesuatu/realitas (obyek) akan berpusat pada subyeknya. Hubungan ini memengaruhi bagaimana kita menilai sesuatu atau realitas tersebut. Sehingga realitas tidak akan lepas dari hidup manusia dalam dinamika kesadaran diri. Sehingga dalam memeroleh pengetahuan, kita dapat melihatnya dari dalam atau dari luar diri dan pikiran seseorang.

    ReplyDelete