Dec 2, 2012

TRANSCENDENTALISM





 Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang TRANSCENDENTALISM, koneklah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Transcendentalism








Wss Wr Wb
Marsigit


30 comments:

  1. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Berdasarkan bacaan di atas transendentalisme sangat melekat dengan alam dan manusia.Para penganut aliran mengatakan bahwa kehadiran orang dan intuisinya telah mencedarai kemurnian individu.Sebab menurut pandangan orang –orang memiliki tingkat terbaik ketika mereka mulai belajar menemukan caranya sendiri.Juga mereka memberikan kepercayaan penuh bahwa individu dapat membangun wawasan sendiri yang lebih asli.Menurut saya,paham ini sangat memperhatikan kondisi individu dengan memberikan kebebasan sepenuhnya pada individu

    ReplyDelete
  2. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Pandangan transedentalisme erat kaitannya dengan doktrin dalam spiritual. Dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari tentang sifat Tuhan yang dapat ditangkap berdasarkan realitas semesta. Sehingga manusia harus menggunakan daya nalarnya untuk menemukan apa yang mutlak benar, yang terdapat di balik dunia nyata.

    ReplyDelete
  3. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Transenden adalah suatu pendapat yang merupakan cara berpikir tentang hal-hal yang melampaui apa yang terlihat, yang dapat ditemukan di alam semesta. Jadi apa yang kta pikirkan tidak hanya apa yangada di depan ata kita, sesuatu hal yang mungkin tidak terlihat juga merupakan bagian dari suatu pemikiran guna memperoleh ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  4. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Transedentalisme merupakan suatu paham yang mengutamakan intuitif atau yang spiritual diatas yang empiris dan ilmiah. Artinya transendenisme ini paham yang melampaui apa yang dapat dilihat ole manusia, melebihi apa yang dapat dilihat oleh manusia, namun dapat ditemukan pada alam semesta ini. Cara berpikir orang-orang yang memiliki paham transenden ini tidak hanya pada yang ada di depan mereka, melainkan semua yang ada dalam pikirannya. Transedentalisme ini bertujuan mengetahui dengan pasti prinsip-prinsip fundamental a priori atau proses-proses yang membentuk pengetahuan.

    ReplyDelete
  5. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Transendentalisme memahami bahwa sebuah pengetahuan tidak terbatas pada, dan semata-mata berasal dari pengalaman atau pengamatan melainkan lebih dari itu. Pandangan ini sangat dekat dengan spiritualitas, transendentalitas agama mengungkapkan bahwa Tuhan dipersepsikan sebagai satu-satunya realitas akhir, Yang Mutlak, Yang tidak Terbatas dan Maha Sempurna. Dalam transendentalisme secara eksoterik adanya kesamaan antara satu agama dengan agama. Dan secara eksoterik keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Mohon pencerahannya Prof. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  6. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017
    Saya tertarik untuk membaca tentang transendalisme dari link http://plato.stanford.edu/entries/transcendentalism/. Transendentalisme adalah gerakan sastra, politik, dan filosofis Amerika pada awal abad kesembilan belas, berpusat di sekitar Ralph Waldo Emerson. Orang-orang transendalisme atau transendentalis penting lainnya yaitu Henry David Thoreau, Margaret Fuller, Amos Bronson Alcott, Frederic Henry Hedge, dan Theodore Parker. Artikel tersebut menceritakan asal dan karakter, bibliografi kritik sosial dan politik , alat akademik terkait transendalisme.

    ReplyDelete
  7. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa transcendentalism adalah pergerakan filsafat yang berkembang di akhir 1820-an di Amerika Serikat bagian timur. Paham ini muncul sebagai reaksi atau protes terhadap keadaan umum dari intelektualisme spiritual. Kepercayaan inti dari pergerakan ini adalah kebaikan yang melekat pada manusia dan alam.

    ReplyDelete
  8. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas dapat saya pahami bahwa Transendentalisme adalah aliran filsafat yang behubungan dengan keagamaan, karena terhubung langsung dengan sang pencipta. Aliran ini tercipta sebagai bentuk protes masyarakat terhadap gaya hidup dan kebudayaan yang di anut oleh sebagian orang yang melampaui batas sehingga menimbulkan pengaruh buruk bagi orang lain. Transendental merupakan salah satu pendekatan Teologi Kontekstual yang melihat bahwa realitas bukan sebagai yang "ada di luar" dan lepas dari pengenalan manusia melainkan berada pada dinamika kesadaran diri.

    ReplyDelete
  9. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Transendentalisme adalah paham yang menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Transendtalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu. Transendentalisme meyakini bahwa segala sesuatu yang tampak oleh mata merupakan perwujudan atau representasi dari dunia rohani atau transenden. Dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta. Mohon dikoreksi Prof. Apabila terdapat kesalahan. Wassalamu’alaikum

    ReplyDelete
  10. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan referensi-referensi yang Prof. Marsigit sarankan pada postingan-postingan sebelumnya, referensi dari wikipedia selalu menempati posisi atas. Hal ini karena bagi saya sumber wikipedia lebih mudah dipahami daripada referensi lainnya. Pemimpin gerakan transendentalisme adalah Ralph Waldo Emerson. Ia lahir di Boston, Massachusetts, 25 Mei 1803 dan meninggal di Concord, Massachusetts, 27 April 1882 pada usia ke 78 tahun. Ia dikenal sebagai penganjur individualisme dan menyebarkan pemikiran-pemikirannya melalui lusinan esai dan lebih dari 1.500 ceramah umum di Amerika Serikat.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  11. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Secara etimologis, transendentalisme menekankan nilai transenden. Dalam Bahasa Inggris: transcendent dan Bahasa Latin: transcendere. Dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta. Kata "transenden" terdiri dari dua kata, yaitu "trans" yang berarti seberang, melampaui, atas, dan kata "scandere" yang berarti memanjat. Beberapa pengertian dari transenden adalah lebih unggul, agung, melampaui, superlatif, melampaui pengalaman manusia, berhubungan dengan apa yang selamanya melampaui pemahaman terhadap pangalaman biasa dan penjelasan ilmiah.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  12. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Transendentalisme merupakan suatu keyakinan tentang kebaikan yang melekat pada manusia dan alam. Pengikut keyakinan transendentalisme percaya bahwa masyarakat dan institusi-institusinya telah merusak kemurnian individu. Para pengikut transendentalisme meyakini bahwa gaya hidup atau budaya pada suatu masyarakat dan institusi-institusi menimbukan pengaruh negative. Pengaruh negative inilah yang merusak suatu individu menjadi tidak bersih lagi. Aliran transendentalisme ini terkait dengan filsafat agama.

    ReplyDelete
  13. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Transendentalisme adalah paham filsafat yang menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Transendentalisme erat kaitannya dengan Unitarianisme. Transendentalisme mulai berkembang pada awal abad kesembilan belas di Amerika Serikat bagian timur. Tokoh transendentalisme antara lain Henry David Thoreau, Margaret Fuller, Amos Bronson Alcott, Frederic Henry Hedge, dan Theodore Parker.

    ReplyDelete
  14. Junianto
    PM C

    Transendentialism merupakan suatu paham yang mengutamakan intuitif atau spiritual di atas yang empiris dan ilmiah. Transenden berkaitan erat dengan konsep ketuhanan/ spiritual. Orang-rang yang meyakini konsep ini menganggap bahwa ranah spiritual adalah ranah keyakinan bukan masalah keilmiahan saja. Hal ini disebabkan karena keyakinan/ iman itu memiliki kedudukan yang lebih tinggi daripada keilmiahan.

    ReplyDelete
  15. Latifah Fitriasari
    PM C
    Dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta. Hal tersebut bisa juga diartikan sebagai gerakan sastra, politik, dan filsafat Amerika awal abad kesembilan belas, berpusat di sekitar Ralph Waldo Emerson. Transcendentalism merupakan yang ada dan tidak dapat dijangkau oleh pikiran manusia.

    ReplyDelete
  16. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Keyakinan inti transendentalisme adalah kebaikan yang melekat pada manusia dan alam. Para pengikutnya percaya bahwa masyarakat dan institusi-institusinya telah merusak kemurnian individu, dan mereka memiliki keyakinan bahwa orang-orang berada pada tingkat terbaik saat benar-benar "mandiri" dan mandiri. Transendentalisme menekankan intuisi subjektif atas empirisme objektif.

    ReplyDelete
  17. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Transendetalisme meyakini bahwa segala sesuatu yang tampak oleh mata merupakan perwujudan atau representasi dari dunia rohani atau transenden. Dalam filsafat agama, transendentalisme mempelajari sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta. Beberapa pengertian dari transenden adalah: lebih unggul, agung, melampaui, superlatif, melampaui pengalaman manusia, berhubungan dengan apa yang selamanya melampaui pemahaman terhadap pangalaman biasa dan penjelasan ilmiah.

    ReplyDelete
  18. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Transendentalisme merupakan gerakan filosofis yang berkembang pada akhir 1820-an dan 1830-an di Amerika Serikat bagian timur. Keyakinan inti transendentalisme adalah kebaikan yang melekat pada manusia dan alam. Pengikut paham ini percaya bahwa masyarakat dan institusi-institusinya telah merusak kemurnian individu dan mereka memiliki keyakinan bahwa orang-orang berada pada tingkat terbaik saat benar-benar mandiri. Penganut paham ini juga percaya bahwa individu mampu menghasilkan wawasan yang benar-benar asli. Jadi, seseorang yang dapat menghasilkan sebuah ide dari pemikirannya sendiri dapat dikatakan telah mencoba menerapkan transendentalisme.

    ReplyDelete
  19. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Kata transendental digunakan oleh Immanuel Kant ketika menyebut transendental aplikasi prinsip dasar dari pemahaman murni yang melampaui atau mengatasi batas-batas pengalaman. Disini, contoh pemikiran transendental adalah anggapan bahwa ilmu matematika murni selalu menggunakan matematika abstrak untuk diterangkan kepada peserta didik dari segala macam usia. Namun, pada dasarnya mereka tidak mengetahui kebutuhan peserta didik khususnya peserta didik yang masih muda untuk memahami matematika tidak bisa melalui hal yang abstrak, namun dari sesuatu yang nyata untuk memahaminya sebagai bantuan.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  20. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang berpengaruh pada abad 18. Paham filsafat tersebut menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya. Para penganut Transendentalisme percaya bahwa pengetahuan bisa diraih bukan hanya melalui indera, tetapi juga melalui intuisi dan perenungan. Dengan demikian, mereka mengaku bersikap skeptis terhadap semua agama dan percaya bahwa sifat keilahian terletak pada diri manusia itu sendiri.

    ReplyDelete
  21. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Transendentalism merupaka sebuah paham filsafat yang menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan lebih dari itu. Bisa jadi antara dunia dan disebaliknya. Para Transendentalis melihat bahwa dengan adanya intuisi juga dapat memperoleh dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Namun secara spiritual, transenden mengaitkan hubungan dengan Tuhan. Transendentalism mempelajari sifat-sifat Tuhan yang dapat ditangkap melalui realitas semesta.

    ReplyDelete
  22. Metia Novianti
    17709251021
    PPs PM A

    Para penganut Transendentalisme percaya bahwa pengetahuan bisa diraih bukan hanya melalui indera, tetapi juga melalui intuisi dan perenungan. Dengan demikian, mereka mengaku bersikap skeptis terhadap semua agama dan percaya bahwa sifat keilahian terletak pada diri manusia itu sendiri. Transendentalis juga percaya bahwa manusia harus lebih memperhatikan hal-hal menyangkut batin dan jiwa mereka dibandingkan hal-hal “dangkal” seperti kekayaan, status, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  23. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Transendentalisme merupakan filsafat idealis yang secara umum mengutamakan masalah-masalah intuisi dan spiritual atas masalah-masalah empiris dan materi. Istilah transendentalisme sendiri berawal dari ucapan filsuf Immanuel Kant, yaitu “all knowledge transcendental which is concerned not with objects but with our mode of knowing objects.” Terdapat juga pendapat bahwa transendentalisme adalah aliran yang berpendapat bahwa pengetahuan manusia itu berasal dari luar maupun dari jiwa manusia itu sendiri. Dalam kuliah, Prof. Marsigit sering menyebut dunia transenden adalah dunia para dewa.

    ReplyDelete
  24. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Transcendentalism merupakan suatu gerakan sastra, politik, dan filosofis Amerika pada awal abad kesembilan belas, berpusat di sekitar Ralph Waldo Emerson. Dimana orang-orang transcendentalist bergerak sebagai reaksi terhadap atau memprotes keadaan umum intelektualisme dan spiritualitas saat itu. Dengan kata lain, mereka berjuang untuk mendefinisikan spiritualitas dan agama dengan cara yang mempertimbangkan pemahaman baru seusianya.

    ReplyDelete
  25. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Transendentalisme merupakan sebuah paham filsafat yang menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada dan tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampauinya.

    ReplyDelete
  26. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Transendentalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu. Dengan penalaran yang mendalam, transendentalisme meyakini bahwa segala sesuatu yang tampak oleh mata merupakan perwujudan atas representasi dari dunia rohani atau transenden.

    ReplyDelete
  27. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Transendentalisme adalah gerakan filosofis yang berkembang pada akhir 1820-an dan 1830-an di Amerika Serikat bagian timur. Gerakan ini muncul sebagai reaksi dan protes terhadap a keadaan umum intelektualisme dan spiritualitas saat itu. Keyakinan utama dari gerakan transendentalisme adalah kebaikan yang melekat pada manusia dan alam. Pengikut gerakan ini percaya bahwa masyarakat dan institusi-institusinya telah merusak kemurnian individu, dan mereka memiliki keyakinan bahwa orang-orang berada pada tingkat terbaik saat benar-benar "mandiri" dan bebas.

    ReplyDelete
  28. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb
    Transendentalisme adalah paham filsafat yang menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas karena pengalaman atau pengamatan, tapi pengetahuan yang tidak terbatas mengenai pengalaman atau pengamatan.Jadi transendetalisme berhubungan dengan pengalaman dan pengamatan yang dilakukan. Transendtalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu.

    ReplyDelete
  29. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Transendetalisme memandang manusia memiliki kemampuan bukan hanya dari hasil pengalamannya saja, namun juga hasil dari kemampuan olah pikir atau logikanya. Dari paham ini kita tentu dapat belajar bahwa pengalaman dan kemampuan berpikir harus digunakan secara harmonis untuk dapat melakukan sesuatu dengan optimal. Oleh sebab itu, ada ungkupan bahwa seseorang yang bekerja hanya dengan pengalaman tanpa menggunakan pikirannya adalah orang yang bodoh, sementara orang yang hanya bisa berencana dengan kemampuan berpikirnya tanpa bertindak adalah kosong, dan orang yang bertindak selalu dengan rencana dengan mempertimbangkan pengalaman yang pernah dihadapi adalah orang yang bijak. Sehingga akan lebih baik jika manusia dapat berpikiran seperti paham transendentalisme.

    ReplyDelete
  30. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Dalam mengenalan sesuatu/realitas (obyek) akan berpusat pada subyeknya. Hubungan ini memengaruhi bagaimana kita menilai sesuatu atau realitas tersebut. Sehingga realitas tidak akan lepas dari hidup manusia dalam dinamika kesadaran diri. Sehingga dalam memeroleh pengetahuan, kita dapat melihatnya dari dalam atau dari luar diri dan pikiran seseorang.

    ReplyDelete