Dec 2, 2012

TRANSCENDENTALISM





 Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang TRANSCENDENTALISM, koneklah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Transcendentalism








Wss Wr Wb
Marsigit


9 comments:

  1. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Transendentalisme adalah sebuah paham filsafat yang menekankan bahwa pengetahuan tidak terbatas pada, dan juga tidak berasal semata-mata dari pengalaman atau pengamatan, melainkan melampaui hal-hal tersebut. Transendtalisme juga meyakini bahwa pemecahan masalah-masalah yang dihadapi manusia dapat didukung dengan perkembangan emosi individu. Transendetalisme lebih banyak bekerja pada aspek kerohanian manusia. Dengan penalaran yang mendalam, transendentalisme meyakini bahwa segala sesuatu yang tampak oleh mata merupakan perwujudan atau representasi dari dunia rohani atau transenden.

    ReplyDelete
  2. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Transcendentalism merupakan faham dimana pengetahuan bisa diraih bukan hanya melalui indera, tetapi juga melalui intuisi dan perenungan. Paham ini berkebalikan dengan Empirisme yang perlu dibuktikan secara ilmiah. Transendetalism ini lebih mengutamakan pada aspek spiritual manusia. Bahkan mereka bersikap skeptis terhadap semua agama dan percaya bahwa sifat keilahian terletak pada diri manusia itu sendiri. Sehingga, segala sesuatu yang tampak oleh mata merupakan representasi dari dunia spiritual atau transenden yang mewajibkan manusia harus menggunakan nalarnya untuk menemukan kebenaran.

    ReplyDelete
  3. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami Trancendentialicm sangat erat kaitannya dengan New England transcendentalism yaitu suatu gerakan yang tokoh utamanya adalah Emerson, yang berpusat pada 'Transcendental Club' yang dibentuk di Boston pada tahun 1836. Gerakan ini sangat dipengaruhi oleh idealisme dan romantisme Jerman, dan lebih cenderung menuju panteisme, mistisisme, dan optimisme yang sangat antusian tentang kemajuan semangat. Kemandirian dan hidup sederhana dan komunal dikaitkan dengan keyakinan bahwa jiwa itu sendiri merupakan mikrokosmos, yang mencerminkan seluruh dunia.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  4. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Transcendetalism merupakan gerakan filosofis yang berkembang pada akhir 1820-an dan 1830-an di Amerika Serikat bagian timur. Ini muncul sebagai reaksi atau protes terhadap keadaan umum intelektualisme dan spiritualitas pada saat itu. Transcendetalism adalah paham filsafat yang berkaitan dengan agama serta Tuhan. Karena banyak orang yang berperilaku melebihi batas kewajaran, sehingga meresahkan oranglain dan menimbulkan pengaruh negatif pada oranglain. Pengaruh tersebut dapat menyebabkan keresahan, pertikaian, perselisihan, dll. Maka kemudian orang belajar untuk melakukan meditasi transedental yaitu perenungan kepada Tuhan untuk memperoleh ketenangan dalam pikir dan dalam hati.

    ReplyDelete
  5. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Bagi saya, bukan perkara mudah untuk memahami apa itu bahkan lebih jauh tentang bagaimana itu transendental. Bahkan hingga semua link saya buka dan saya baca pelan-pelan. Masih sulit juga bagi saya untuk larut bersamanya. Saya tau jawabannya mengapa bisa begini? Saya belum dalam keadaan ikhlas, belumlah mencapai ikhlas hati dan ikhlas pikir. Bismillah, saya akan mencobanya kembali.
    Pada salah satu link di atas, bacaan saya terhenti pada kalimat bahwa kehidupan kaum transendentalisme adalah tentang apa yang mereka tolak. "Apa yang mereka tolak merupakan apa yang mereka lihat sebagai situasi saat ini". Maka sayapun menjadi bertanya-tanya, atas dasar apa atau apa yang melatarbelakangi penolakan mereka? Apakah mereka mencari anti tesis anti tesis dari fenomena yang mereka hadapi. Maka jika memang seperti itu, kaum transendentalis bagi saya adalah kaum pemikir kritis yang hebat, yang senantiasa mencari anti tesis anti tesis terhadap tesis yang mereka temui. Tapi, itu barulah pendapat saya. Selain itu, saya juga melihat bahwa kaum transendentalis tidak menyerahkan sepenuhnya kebenaran pengetahuan yang mereka peroleh melalui sistem penginderaan saja, melainkan juga melalui intuisi. Hal ini semakin membuat saya memberikan nilai-nilai positif pada trasendentalis. Akan tetapi, saya tidak meyakini sepenuhnya tentang apa yang saya pahami ini, mohon pencerahannya. Terimakasih

    ReplyDelete
  6. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Terdafat 3 arti dari transcendentalism yang ambil dari kamus Merriam Webster's Collegiate edisi terbaru yang tertulis dalam link http://www.transcendentalists.com/terminology.html yaitu (1) Sebuah filosofi yang menekankan pada kondisi pengetahuan dan pengalaman apriori atau karakter realitas akhir yang tidak dapat diketahui atau yang menekankan transenden sebagai realitas fundamental. (2) sebuah filsafat yang menegaskan keunggulan spiritual dan transendental atas materi dan empiris, dan yang ke (3) kualitas atau keadaan yang transendental. sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, transendental itu sendiri berarti (1) menonjolkan hal-hal yang bersifat kerohanian, (2) sukar dipahami, (3) gaib, dan (4) abstrak.

    ReplyDelete
  7. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Transenden mengajarkan kita bahwa ilmu pengetahuan itu luas dan tidak terbatas melampaui logika dan empiris. Dalam filsafat agama, transenden berkaitan dengan keberadaan Allah. Transenden lebih banyak bekerja di aspek kerohanian manusia. Apa yang tampak dimata merupakan representasi di dunia rohani masing masing individu. transeneden sesuatau yang menekankan atau mengutamanakan sikapkerohaniannya atau sikap spritual, sehingga sesuatu yang bersifat spiritual adalah berbasis pada suatu keyakinan yang tidak hanya dapat di jelaskan melalui sesuatu yang logis saja.

    ReplyDelete
  8. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P. Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. transcendental selalu dikaitkan dengan hal yang melampaui realitas empirik (inderawi), sehingga pemikiran ini cenderung dianggap berseberangan dengan filsafat empirisme. Transcendental menekankan bahwa ada kekuatan melampaui kenyataan empirik. Dalam ajaran agama samawi, kekuatan tersebut bersumber dari kemahakuasaan Tuhan. Segala hal yang bersifat gaib dapat dikategorikan sebagai keberadaan yang transenden. Wallahu A’lam bishawab.

    ReplyDelete
  9. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Transendentalisme merupakan filsafat idealis yang secara umum mengutamakan masalah-masalah intuisi dan spiritual atas masalah-masalah empiris dan materi. Istilah transendentalisme sendiri berawal dari ucapan filsuf Immanuel Kant, yaitu “all knowledge transcendental which is concerned not with objects but with our mode of knowing objects.” Keberadaan suatu objek menjadi penting bukan disebabkan karena enititi objek tersebut, tetapi bagaimana seseorang memandang dan berpikir untuk memahami objek tersebut. Hal inilah yang kemudian mengacu pada pemikiran transendental yaitu berupaya menyelamatkan manusia dari alam dan menghidupkan kembali karakter spiritualnya.

    ReplyDelete