Dec 1, 2012

POSMODERNISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang POSMODERNISM, silahkan konek ke:


http://plato.stanford.edu/entries/postmodernism/

Wss Wr Wb
Marsigit

29 comments:

  1. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Posmodernisme merupakan paham yang berkembang setelah modernism. Setiap paham yang berkembang setelah modernisme dan merupakan reaksi dari modernisme disebut dengan posmodernisme. Jadi posmodernisme bukan merupakan paham yang tunggal, namun di dalamnya terdapat berbagai macam paham dari berbagai cabang ilmu. Posmodernisme dinyatakan sebagai kelanjutan dari modernisme maupun koreksi dari modernisme sehingga lebih bijak daripada modernisme.

    ReplyDelete
  2. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Yang saya pahami dari bacaan jikalau tidak salah, kemunculan dari postmodernisme sebagai ungkapan ketidakpuasan terhadap kebenaran yang dikekang oleh berbagai aturan umun yang ada.Maka dapat dicermati dari maknanya bahwa postmodernisme bukanlah bentuk penyesalan melainkan sebuah penalaran yang kritis tertahadp suatu keadaan yang menimbulkan keraguan.Sejalan dengan pernyataannya Khant bahwa “Tidak ada yang dapat mengetahui hal-hal yang ada dalam diri seseorang dan objek pengetahuan merupakan representasi kita.

    ReplyDelete
  3. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Yang saya pahami dari bacaan jikalau tidak salah, kemunculan dari postmodernisme sebagai ungkapan ketidakpuasan terhadap kebenaran yang dikekang oleh berbagai aturan umun yang ada.Maka dapat dicermati dari maknanya bahwa postmodernisme bukanlah bentuk penyesalan melainkan sebuah penalaran yang kritis tertahadp suatu keadaan yang menimbulkan keraguan.Sejalan dengan pernyataannya Khant bahwa “Tidak ada yang dapat mengetahui hal-hal yang ada dalam diri seseorang dan objek pengetahuan merupakan representasi kita.

    ReplyDelete
  4. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Postmodern merupakan aliran yang memberikan kritik atas masyarakat modern dan kegagalanya memenuhi janji-janjinya. Postmodern juga cendeung mengkritik segala sesuatu yang diasosiasikan dengan modernitas, yaitu akumulasi penglaman peradaban barat. Pandangan postmodernisme selalu beranggapan bahwa pikiran digantikan oleh keinginan, penalaran digantikan oleh emosi, dan moralitas digantikan oleh relativisme. Kenyataan tidak lebih dari konstuk sosial, kebenaran disamakan dengan kekuatan atau kekuasaan.

    ReplyDelete
  5. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Posmodernisme banyak yang mengatakan bahwa paham yang berkembang dari paham sebelumnya yaitu paham moderenisme. Posmoderenisme ini sedikit bertentangan dengan paham moderenisme. POstmodernisme ini juga kan menghubungkan antara ilmu dan alasan. IImu akan mencari “best answer”. Namun, jawaban yang hadir dalam pandangan post modernisme akan menolak generalisasi. Kebenaran, lebih mengandal kan pada kemampuan fiksi persuasif, relativitas, lokal, plural, tak menentu, dan penafsiran.

    ReplyDelete
  6. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Postmodernism sifatnya ini sangat relatif, kenyataan juga sifatnya relatif, dan kedua hal it menjadi konstruk yang tidak berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Hal tersebut berkaitan dengan bagaimana kita melihat diri dan mengonstruk identitas diri yang tidak akan pernah sama dengan orang lain. Postmodernism bisa dikatakan sebagai suatu perlawanan terhadap suatu hal yang lampau dan harus diganti dengan hal yang baru karena ini tingkatannya satu tingkat lebih tinggi dari modernism.

    ReplyDelete
  7. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Moderenisme membawa reformasi di berbagai bidang yakni seni. Perdagangan , sastra dan juga filsafat. Postmoderenisme merupakan keadaan setelah adanya moderenisme sebagai salah sartu kritik yang ditimbulkan oleh adanya perang dunia II. Postmoderenisme mengacu pada keadaan yang tidak memiliki pusat, bersifat ambigu dan beragam , Terima Kasih

    ReplyDelete
  8. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Aliran Post Modernisme ini muncul sebagai reaksi terhadap modernisme dengan segala dampaknya, pengertian postmodern bukan sesuatu yang baru dalam filsafat Lyotard menjadi orang pertama yang menngintroduksikan istilah ini ke dalam filsafat.
    Tokoh-Tokoh Penting:
    a. Francois Lyotard
    b. Jacques Derrida
    c. Richard Rorty
    d. Michel Foucoult

    ReplyDelete
  9. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas yang dapat saya pahami adalah bahwa postmodernisme adalah suatu pola kebebasan yang melaman arogansi dari berbagai macam teori. Postmodernism menekankan pada kebebasan dan kreativitas. Dalam pemikiran ini subjektivitas memberikan dominasi kuat dibanding objektivitas. Postmodernisme lebih merujuk pada konsep berpikir. Ciri pemikiran di era postmodern adalah pluralitas atau keberagaman berpikir dihargai, setiap orang boleh berbicara dengan bebas sesuai pemikirannya. Postmodernisme ini berupaya untuk melakukan pembaruan yang terus-menerus dan revolusi kehidupan tidak menganggap kesejajaran antara sesamanya.

    ReplyDelete
  10. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Postmodernisme mengacu pada keadaan yang tidak memiliki hirarki pusat, bersifat ambigu, dan beragam. Postmodernisme berarti, ‘setelah modernisme’. Gerakan ini merupakan reaksi terhadap modernisme yang dipengaruhi oleh kekecewaan yang ditimbulkan oleh Perang Dunia II. Postmodernisme menentang penggunaan pemikiran logis, postmodernisme percaya bahwa tidak ada kebenaran universal. Wassalamualaikum

    ReplyDelete
  11. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Postmodernisme ini merupakan kelanjutan dari modernisme. Namun beberapa filsuf berbeda pandangan tentang maksud dari kelanjutannya. Bagi Lyotard dan Geldner, pascamodernisme adalah pemutusan secara total dari modernisme. Bagi David Graffin, pascamodernisme adalah koreksi beberapa aspek dari modernisme. Selain itu, bagi Giddens, pascamodernisme adalah bentuk modernisme yang sudah sadar diri dan menjadi bijak.

    ReplyDelete
  12. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Postmoderenisme bisa disebut pascamodernisme. Pasca berati setelah, dan modernisme yaitu modern. Jadi postmoderenisme yaitu lanjutan/ tahap selanjutna dari moderenisme. Postmodernisme dapat digambarkan sebagai seperangkat praktik kritis, strategis dan retoris yang menggunakan konsep seperti perbedaan, pengulangan, jejak, simulacrum, dan hyperreality untuk mengacaukan konsep lain.

    ReplyDelete
  13. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Posmodernisme dapat dimaknai sebagai faham yang berkembang setelah modernisme. Postmodernisme bukanlah faham tunggal sebuat teori, namun justru menghargai teori-teori yang lain yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Filsuf Lyotard dan Geldner mengatakan modernisme adalah pemutusan secara total dari modernisme. Sementara bagi David Graffin, Postmodernisme adalah koreksi beberapa aspek dari moderinisme. Sedangkan menurut Habermas, posmodernisme merupakan satu tahap dari modernisme yang belum selesai.

    ReplyDelete
  14. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Postmodern ini merupakan sebuah kritik atas realitas modernitas yang dianggap telah gagal sehingga dijadikan ketidakpercayaan pada narasi besar modernisme. Karena postmodernisme merupakan filsafat yang menegaskan bahwa tidak ada kebenaran yang obyektif atau mutlak, terutama yang terkait soal agama dan spiritualitas. Walaupun pada awalnya, kata postmodern tidak muncul dalam filsafat ataupun sosiologi tetapi wacana postmodern ini pada awalnya muncul dalam arsitektur dan kemudian juga dalam sastra.

    ReplyDelete
  15. Junianto
    PM C

    Posmodernism merupakan paham yang berkembang setelah modernism. Paham ini muncul sebagai bentuk reaksi kebebasan dalam berpikir dimana paham ini muncul karena mengaggap bahwa paham modernism terkekang oleh aturan-aturan umum. Maka dari itu, posmoderm muncul untuk memberikan kebebasan dalam berpikir, berkreativitas, berinovasi, tanpa dibatasi oleh aturan-aturan umum. Aturan yang ada dianggap bisa membatasi kreativitas manusia dalam berpikir.

    ReplyDelete
  16. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan asal katanya, pascamodernisme, berasal dari bahasa Inggris yang artinya paham (-isme) yang berkembang setelah (pasca) modern. Istilah ini muncul pertama kali pada tahun 1930 pada bidang seni oleh Federico de Onis untuk menunjukkan reaksi dari modernisme. Era postmodernisme sendiri hanya dibatasi pada akhir abad 20. Beberapa ahli terkadang menyebutkan bahwa era postmodernisme dimulai setelah Perang Dunia II berakhir karena adanya kekecewaan eksistensial akibat terjadinya Holocaust.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  17. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Dalam sumber lain, saya memperoleh pengetahuan bahwa pengertian posmodernisme memiliki dua pengertian. Para ahli teori sepakat bahwa terdapat dua pengertian postmodernisme yaitu pertama, postmodernisme sebagai reaksi terhadap estetika modernisme pada paruh pertama abad 20 dalam arsitektur, seni, dan sastra. Dan kedua, postmodernisme sebagai reaksi terhadap tradisi modernitas yang telah berlangsung lama selama Abad Pertengahan. Makna kedua seringkali disebut juga dengan postmodernity atau postmodernitas karena mengacu pada banyaknya aspek historis dan sosial postmodernisme.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  18. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Postmodernisme merupakan sebuah istilah dan sebuah fenomena kekinian yang hidup dalam alam fikiran orang orang yang mengapresiasi kehadirannya tentunya. Suatu yang dianggap cara pandang alternative dari narasi narasi besar yang telah terbentuk dalam sejarah pemikiran umat manusia sekaligus yang mencoba menggugat serta mempertanyakannya kembali. Postmodernisme hadir untuk merevisi pandangan modernisme.

    ReplyDelete
  19. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Postmodernism adalah salah satu gerakan abad ke-20 yang ditandai oleh skeptisisme, subjektivisme, atau relativisme yang luas; kecurigaan umum tentang alasan; dan sensitivitas akut terhadap peran ideologi dalam menegaskan dan mempertahankan kekuatan politik dan ekonomi. Postmodernisme merupakan reaksi terhadap modernisme. Modernisme pada umumnya didasarkan pada idealisme dan visi tentang kehidupan dan masyarakat manusia dan kepercayaan akan kemajuan.

    ReplyDelete
  20. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa postmodernisme dapat digambarkan sebagai kumpulan praktisi kritis, strategis dan retorik yang menggunakan konsep seperti perbedaan, pengulangan, jejak, simulakrum, dan realitas yang dilebih-lebihkan untuk mengacaukan konsep lain seperti, kehadiran, identitas, perkembangan sejarah, kepastian epidemik, dll.

    ReplyDelete
  21. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Postmodernism adalah paham yang memandang dunia sebagai kebebasan dan kreativitas. Kreativitas yang dimaksud adalah sikap kritis terhadap sesuatu. Paham ini memandang manusia memiliki pemikiran yang berbeda satu dengan yang lainnya sehingga apa yang diinginkannya pun juga berbeda. Sehingga manusia bebas untuk berekspresi dan menyalurkan ide pemikirannya. Karena pada dasarnya kebebasan merupakan hak individu.

    ReplyDelete
  22. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Posmodernism adalah paham yang berkembang setelah era modern dengan modernismenya. Posmodernism bukanlah paham tunggal atau sebuah teori, namun justru memayungi berbagai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Posmodernism lebih menunjuk pada konsep berpikir. Ciri pemikiran di era Posmodern ini adalah pluralitas berpikir dihargai, setiap orang boleh berbicara dengan bebas sesuai pemikirannya. Posmodernism menolak arogansi dari setiap teori, sebab setiap teori punya tolak pikir masing-masing dan hal itu berguna

    ReplyDelete
  23. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Postmodernisme merupakan faham yang berkembang setelah era modern. Postmodernisme bukanlah faham tunggal sebuat teori, namun justru menghargai teori-teori yang lain. Artinya, postmodernisme merupakan paham yang berkembang setelah modernisme. Paham modernisme cenderung merujuk pada kehidupan zaman sekarang yang penuh teknologi, sehingga postmodernisme akan lebih merujuk pada kehidupan yang sangat modern. Artinya, kita sebagai manusia hendaknya tetap mengikuti perkembangan yang ada tetapi tetap berpegang teguh pada aturan dan norma.

    ReplyDelete
  24. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Berdasarkan referensi yang Prof berikan, Posmeodernism digambarkan sebagai kumpulan dari praktek kritis, strategi dan retorikal yang menggunakan konsep perbedaan, repetisi, jejak, realitas yang dilebih-lebihkan dan sebagainya. Realitas yang dilebih-lebihkan ini seringkali terjadi pada saat ini. Hal-hal kecil yang dibesar-besarkan, blow-up media akan suatu pemberitaan baik dalam hal pemerintahan ataupun kehidupan sosial. Akan sangat berbahaya apabila dibessarkan tanpa tahu alasan sebenarnya karena akan tercipta hoax atau bahkan pergunjingan yang sangat berbahaya dan merugikan.

    ReplyDelete
  25. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Postmodernisme adalah faham yang berkembang setelah era modern dengan modernisme-nya. Postmodernisme bukanlah faham tunggal sebuat teori, namun justru menghargai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Menurut Sarup (2003: 231-232) postmodernisme adalah gerakan kultural yang semula terjadi di masyarakat Barat tetapi telah menyebar ke seluruh dunia, khususnya dalam bidang seni. Beberapa masalah pokok yang dikaitkan dengan postmodernisme dalam bidang seni, antara lain hilangnya batas-batas sekaligus hierarki antara budaya populer dengan budaya elite, budaya massa dengan budaya tinggi. Dalam karya sastra, misalnya, hilangnya batas-batas yang tegas antara seniman sebagai pencipta dengan pembaca sebagai penerima, bahkan pengarang dianggap sebagai anonimitas.

    ReplyDelete
  26. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Postmodernisme merupakan gerakan seni, arsitektur, dan kritik, yang melanjutkan modernism yang termasuk dalam pascamodernisme adalah interpretasi skeptis terhadap budaya, sastra, seni, filsafat, sejarah, ekonomi, arsitektur, fiksi, dan kritik sastra. Postmodernisme juga dikatakan mencerminkan perasaan masyarakat modern dengan rasa keterasingan, rasa tidak aman dan ketidakpastian mengenai identitasnya, sejarah, kemajuan dan kebenaran dalam dirinya. tradisi seperti agama, keluargaaan mulai memudar.

    ReplyDelete
  27. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Posmodernisme adalah paham yang menghargai teori-teori yang ada, sehingga sulit dicari titik temu diantara mereka. Posmodernisme merupakan anti tesis dari modernisme.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  28. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Postmodernisme adalah sebuah term atau istilah yang rumit. Suatu hal yang sulit, bila tidak bisa dikatakan mustahil, untuk menjelaskan postmodernisme. Tidak hanya postmodernisme bisa ditemukan dalam berbagai hal (seperti dalam seni, arsitekur, studi literatur, dan ilmu sosial), namun juga dalam berbagai hal tersebut postmodernisme dimengerti dan dijelaskan dengan berbagai cara yang berbeda.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  29. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Postmoderisme merupakan paham baru yang muncul sebagai reaksi terhadap moderimse. Pemikiran baru yang kritis, kebebasan berpendapat, krativitas, inovasi, dan segala pembaruan menjadi tagline dari aliran ini. Sebagai akibatnya kebebasan berpikir dan berkreasi menjadi ciri dari paham ini.

    ReplyDelete