Dec 1, 2012

POSMODERNISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang POSMODERNISM, silahkan konek ke:


http://plato.stanford.edu/entries/postmodernism/

Wss Wr Wb
Marsigit

38 comments:

  1. 16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan asal-usul kata, pascamodernisme, berasal dari bahasa Inggris yang artinya paham (-isme) yang berkembang setelah (pasca) modern. Pascamodernisme adalah paham yang berkembang setelah era modern dengan modernismenya. Pascamodernisme bukanlah paham tunggal atau sebuah teori, namun justru memayungi berbagai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Bagi David Graffin, pascamodernisme adalah koreksi beberapa aspek dari modernisme. Selain itu, bagi Giddens, pascamodernisme adalah bentuk modernisme yang sudah sadar diri dan menjadi bijak. Yang terakhir, bagi Habermas, pascamodernisme merupakan satu tahap dari modernisme yang belum selesai

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Posmodernisme adalah paham yang berkembang setelah jaman modern yang mengkritik modernisme yang dianggap kurang humanis Elemen utama dalam teori posmodernisme adalah tidak mempercayai kesaksian kehidupan manusia apapun yang mengaku memiliki akses langsung ke "kebenaran". Hal ini berarti posmodernisme bersifat relatif dalam pandangannya, sehingga kebenaran juga merupakan hal yang bersifat relative.

    ReplyDelete
  3. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Postmodernisme adalah paham yang berkembang setelah era modern dengan modernisme-nya. Postmodernisme bukanlah faham tunggal sebuat teori, namun justru menghargai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Hal itu dapat digambarkan sebagai seperangkat praktik kritis, strategis dan retoris menggunakan konsep-konsep seperti perbedaan, pengulangan, jejak, simulacrum, dan hiperrealitas untuk mengacaukan konsep lain seperti keberadaan, identitas, kemajuan sejarah. Kemunculan posmodernisme melakukan kritik terhadap modernitas.

    ReplyDelete
  4. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Istilah “postmodernisme” pertama kali memasuki leksikon filosofis pada tahun 1979, dengan publikasi The Postmodern Condition oleh Jean-François Lyotard. karena itu saya memberikan Lyotard kebanggaan tempat di bagian berikut. Ekonomi seleksi didikte pilihan tokoh lain untuk entri ini. Saya telah memilih hanya mereka yang paling sering dikutip dalam diskusi postmodernisme filosofis, lima Perancis dan dua Italia, meskipun secara individu mereka mungkin menolak afiliasi umum.

    Modernisme filosofis pada masalah di postmodernisme dimulai dengan “revolusi Copernicus,” Kant yaitu, asumsi bahwa kita tidak dapat mengetahui hal-hal dalam diri mereka sendiri dan bahwa objek pengetahuan harus sesuai dengan kemampuan kita representasi (Kant 1787). Ide-ide seperti Tuhan, kebebasan, keabadian, dunia, awal pertama, dan akhir akhir hanya memiliki fungsi regulatif untuk pengetahuan, karena mereka tidak dapat menemukan pemenuhan contoh antara objek-objek dari pengalaman. Dengan Hegel, kedekatan hubungan subjek-objek itu sendiri terbukti ilusi. Saat ia menyatakan dalam The Fenomenologi Roh, “kami menemukan bahwa baik satu atau yang lain hanya segera hadir dalam arti-kepastian, tetapi masing-masing pada saat yang sama dimediasi” (Hegel 1807, 59), karena subjek dan objek keduanya contoh dari “ini” dan “sekarang,” tak satu pun dari yang segera merasakan. Oleh karena itu disebut persepsi langsung tidak memiliki kepastian kedekatan itu sendiri, kepastian yang harus ditangguhkan ke bekerja dari sistem yang lengkap pengalaman. Namun, pemikir kemudian menunjukkan bahwa logika Hegel pra-mengandaikan konsep, seperti identitas dan negasi (lihat Hegel 1812), yang tidak bisa sendiri diterima sebagai segera diberikan, dan yang karenanya harus diperhitungkan dalam beberapa lain, cara non-dialektis.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Pascamodernisme (atau postmodernisme, posmodernisme, post-mo) adalah gerakan abad akhir ke-20 dalam seni, arsitektur, dan kritik, yang melanjutkan modernisme. Termasuk dalam pascamodernisme adalah interpretasi skeptis terhadap budaya, sastra, seni, filsafat, sejarah, ekonomi, arsitektur, fiksi, dan kritik sastra. Berdasarkan asau usul kata, Post-modern-isme, berasal dari bahasa Inggris yang artinya faham (isme), yang berkembang setelah (post) modern. Istilah ini muncul pertama kali pada tahun 1930 pada bidang seni oleh Federico de Onis untuk menunjukkan reaksi dari moderninsme. Kemudian pada bidang Sejarah oleh Toyn Bee dalam bukunya Study of History pada tahun 1947. Setelah itu berkembanga dalam bidang-bidang lain dan mengusung kritik atas modernisme pada bidang-bidangnya sendiri-sendiri. Postmodernisme dibedakan dengan postmodernitas, jika postmodernisme lebih menunjuk pada konsep berpikir. Sedangkan postmodernitas lebih menunjuk pada situasi dan tata sosial sosial produk teknologi informasi, globalisasi, fragmentasi gaya hidup, konsumerisme yang berlebihan, deregulasi pasar uang dan sarana publik, usangnya negara dan bangsa serta penggalian kembali inspirasi-inspirasi tradisi. Hal ini secara singkat sebenarnya ingin menghargai faktor lain (tradisi, spiritualitas) yang dihilangkan oleh rasionalisme, strukturalisme dan sekularisme.

    ReplyDelete
  6. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Posmodernism adalah paham yang berkembang setelah era modern. Banyak tokoh-tokoh yang memberikan arti posmodernism sebagai kelanjutan dari modernism. Posmodernism berasal dari bahasa Inggris yang artinya paham atau pandangan yang berkembang setelah modern. Posmodernism lebih menunjuk pada konsep berpikir. Ciri pemikiran di era posmodernism ini adalah pluralitas berpikir, setiap orang boleh berbicara dengan bebas sesuai pemikirannya. Posmodernism menolak arogansi dari setiap teori, sebab setiap teori punya tolak pikir masing-masing dan hal itu berguna.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Postmodernism lebih merunjuk pada konsep berpikir manusia yang berhubungan dengan kebebasan, subjektivitas dan kretaivitas manusia dan merupakan kelanjutan dari modernism. Postmodernism aturan yang tidak terlepas dari pengetahuan yang dimiliki dan wacana publik mengenai segala sesuatu. Hermeneutika juga berperran dalam postmodernism yang berusaha mencapai kesepakatan mengenai makna dari sesuatu.

    ReplyDelete
  8. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Postmodernisme merupakan hasil koreksi beberapa aspek dari moderinisme.
    Menurut Giddenspostmodermisme merupakan bentuk modernisme yang sudah sadar diri dan menjadi bijak atau lebih bijak. Sehingga modernisasi selalu berkembang dan tidak terbatas.
    Hal ini sejalan dengan pendapat Habermas, yang menyatakan bahwa postmodernisme merupakan satu tahap dari modernisme yang belum selesai.

    ReplyDelete
  9. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Postmodernisme bukan paham tunggal sebuah teori. Paham ini mengakui adanya perbedaan teori-teori.
    Paham yang menghargai teori-teori yang ada. Dan di dunia ini teori yang ada dan yang mungkin ada sanagtlah beragam.
    Sehingga banyak teori yang adan dan sulit dicari titik temu yang tunggal.

    ReplyDelete
  10. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Postmodernisme adalah faham yang berkembang setelah era modern dengan modernisme-nya. Postmodernisme bukanlah faham tunggal sebuat teori, namun justru menghargai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Ahli lain David Graffin pun berpendapat bahwa postmodern adalah koreksi terhadap modernisme. Sehingga faham ini memang tercipta dari ketidaksempurnaan modernisme.

    ReplyDelete
  11. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Istilah "posmodernisme" pertama kali memasuki ranah filosofis pada tahun 1979, dengan publikasi tentang Kondisi Postmodern oleh Jean-François Lyotard.Postmodernisme dipandang sebagai bentuk kritikan para filsuf terhadap modernitas. Frederic Jameson terkait bidang kebudayaan mengajukan suatu tesis bahwa postmodernisme bukan kritik satu bidang saja, namun semua bidang yang termasuk dalam budaya

    ReplyDelete
  12. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Ciri pemikiran di era postmodern ini adalah pluralitas berpikir dihargai, setiap orang boleh berbicara dengan bebas sesuai pemikirannya. Postmodernisme menolak arogansi dari setiap teori, sebab setiap teori punya tolak pikir masing-masing dan hal itu berguna.

    ReplyDelete
  13. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://plato.stanford.edu/entries/postmodernism/, Postmodernisme itu tidak dapat didefinisikan adalah sebuah penyesalan. Namun, hal itu dapat digambarkan sebagai seperangkat praktik kritis, strategis dan retoris yang menggunakan konsep seperti perbedaan, pengulangan, jejak, simulacrum, dan hyperreality untuk mengacaukan konsep lain seperti kehadiran, identitas, kemajuan historis, kepastian epistemis, dan Univocity makna. Postmodernisme adalah faham yang berkembang setelah era modern dengan modernisme-nya. Postmodernisme bukanlah faham tunggal sebuat teori, namun justru menghargai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Banyak tokoh-tokoh yang memberikan arti postmodernisme sebagai kelanjutan dari modernisme. Namun kelanjutan itu menjadi sangat beragam. Bagi Lyotard dan Geldner, modernisme adalah pemutusan secara total dari modernisme. Bagi Derrida, Foucault dan Baudrillard, bentuk radikal dari kemodernan yang akhirnya bunuh diri karena sulit menyeragamkan teori-teori.Postmodernisme dibedakan lebih menunjuk pada konsep berpikir.

    ReplyDelete
  14. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Istilah post-modernisme (untuk selanjutnya ditulis posmodernisme) secara harfiah berarti sesudah modernisme atau disebut pula dengan pasca-modernisme. Istilah ini sudah demikian populer dalam dunia perguruan tinggi di Indonesia selama lima tahun terakhir. posmodernisme merupakan reaksi atau sebagai kritik terhadap modernisme.

    ReplyDelete
  15. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Postmodernism describes a broad movement that developed in the mid to late 20th century across philosophy, the arts, architecture and criticism which marked a departure from modernism. While encompassing a broad range of ideas, postmodernism is typically defined by an attitude of skepticism, irony or distrust toward grand narratives, ideologies and various tenets of universalism, including objective notions of reason, human nature, social progress, moral universalism, absolute truth, and objective reality. Instead, it asserts that claims to knowledge and truth are products of social, historical or political discourses or interpretations, and are therefore contextual and constructed to varying degrees. Accordingly, postmodern thought is broadly characterized by tendencies to epistemology and moral relativism, pluralism, irreverence and self-referentiality.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Postmodernism

    ReplyDelete
  16. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Istilah postmodernisme pertama kali masuk ke dalam leksikon filosofis pada tahun 1979, dengan diterbitkannya The Postmodern Condition karya Jean-François Lyotard. Postmodernisme dapat digambarkan sebagai seperangkat praktik kritis, strategis dan retoris yang menggunakan konsep seperti perbedaan, pengulangan, jejak, simulacrum, dan hyperreality untuk mengacaukan konsep lain seperti kehadiran, identitas, kemajuan historis, kepastian epistemis.

    ReplyDelete
  17. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Istilah post-modernisme (untuk selanjutnya ditulis posmodernisme) secara harfiah berarti sesudah modernisme atau disebut pula dengan pasca-modernisme. Postmodernisme adalah salah satu efek dari aliran positivisme yang dipelopori oleh Aguste Compte. Posmodernisme merupakan paham tunggal akan tetapi dia menaungi pemikiran orang-orang pada modern yang tidak menemui titik temu. Posmodernism lebih menunjuk pada konsep berpikir. Ciri pemikiran di era posmodernism ini adalah pluralitas berpikir, setiap orang boleh berbicara dengan bebas sesuai pemikirannya.

    ReplyDelete
  18. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Posmodernisme menyatakan bahwa tidak ada sesuatu yang konstan dan stabil, karena stabilitas hanya bermakna statis. Kebenaran terpecah menjadi majemuk karena selalu berada dalam ruang, waktu dan konteks yang berpengaruh terhadap kebenaran itu. Di era posmodernisme tidak ada lagi konstruksi tetapi dekonstruksi, tidak ada sentral tetapi desentral, terjadi penyebaran-penyebaran. Atau, menurut Lyotard tidak ada homologi (sistem tunggal) tetapi paralogi (sistem plural).

    ReplyDelete
  19. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Postmodernisme jika diperhadapkan dengan modernisme, memiliki posisi yang beragam. Disatu sisi modernisme dianggap tidak berhasil mengangkat martabat manusia modern. Bahkan mengantarkan manusia ke jurang ketimpangan. Kata “Post” dalam sebutan postmodernisme bukan hanya berarti “setelah” (masa berikutnya), postmodernisme adalah usaha keras sebagai reaksi dari kesia-siaan zaman modernis yang sirna begitu saja bagai ditiup angin. Adapun penyebab dari kesia-siaan zaman modernis adalah akibat dari tekanan yang bersumber dari nalar intelektual manusia yang terus bermetamorfosis.

    ReplyDelete
  20. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Meskipun para tokoh posmodernisme dengan sangat tajam mengkritik rasio, akan tetapi sesungguhnya yang mereka lakukan bukanlah mengabaikan rasio itu sama sekali, tetapi belajar untuk menggunakan rasio dengan cara-cara baru, menghilangkan penggunaan rasio hitam-putih, dalam memahami realitas. Menurut mereka kita memerlukan logika baru cara pandang baru terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini. Pemahaman pemikiran postmodernis menjadi penting untuk memahami berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan budaya yang tak lagi memadai untuk dianalisis hanya berdasarkan paradigma ilmiah modern yang lebih menekankan kesatuan, homogenitas, objektivitas, dan universalitas.

    ReplyDelete
  21. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berdasarkan link yang ada di atas, dapat kita ketahui bahwa postmodernism adalah bentuk reaksi dari modernism. Ciri terpenting dari postmodernism adalah relativisme dan mengakuai pluralitas. Pada modernism, pengetahuan merupakan suatu kesatuan yang didasarkan pada cerita-cerita besar yang menjadi ide penuntun sampai ke penelitian-penelitian peling mendetail. Tetapi postmodernisme merelatifkan semuanya. Menurut para postmodernis, tidak ada suatu norma yang berlaku umum. Tiap bagian mempunyai keunikan sehingga tidak dapat menerima pemaksaan ke arah penyeragaman. Dengan demikian, postmodernisme mengakui pluralitas dan hak hidup individu atau unsur lokal.

    ReplyDelete
  22. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Istilah postmodernisme pertama kali muncul pada tahun 1979 oleh Jean-François Lyotard. Postmodernisme merupakan faham yang berkembang setelah era modern dengan modernismenya. Postmodernisme bukanlah paham tunggal dari sebuah teori, namun justru menghargai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Postmodernisme merupakan gerakan seni, arsitektur, dan kritik, yang melanjutkan modernism yang termasuk dalam pascamodernisme adalah interpretasi skeptis terhadap budaya, sastra, seni, filsafat, sejarah, ekonomi, arsitektur, fiksi, dan kritik sastra.

    ReplyDelete
  23. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Berdasarkan link di atas saya dapatkan bahwa istilah "postmodernisme" pertama kali masuk ke dalam leksikon filosofis pada tahun 1979, dengan diterbitkannya The Postmodern Condition karya Jean-François Lyotard. Oleh karena itu, saya memberi kebanggaan Lyotard pada bagian selanjutnya.
    Postmodernisme digambarkan sebagai seperangkat praktik kritis, strategis dan retoris yang menggunakan konsep seperti perbedaan, pengulangan, jejak, simulacrum, dan hyperreality untuk mengacaukan konsep lain seperti kehadiran, identitas, kemajuan historis, kepastian epistemis, dan Univocity makna. Postmodernisme adalah kelanjutan pemikiran modern dalam mode lain. Kaum Postmodernisme berpandangan bahwa pemikiran kristis sebagai sumber kebenaran, sehingga untuk menerima sesuatu harus benar-benar dipikirkan secara logis dan tepat.

    ReplyDelete
  24. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Postmodernisme adalah pengembangan dari modernitas, yaitu aliran pemikiran dan paradigma baru yang merupakan antitesis dari modernisme yang dinilai gagal dan tidak relevan dengan perkembangan zaman, serta dianggap tidak berhasil mengangkat martabat manusia. Postmodernisme adalah faham yang berkembang setelah era modern dengan modernisme-nya. Postmodernisme bukanlah faham tunggal sebuat teori, namun justru menghargai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal.

    ReplyDelete
  25. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Tanpa kita sadari perkembangan zaman saat ini telah merubah pola pikir manusia untuk menjadi lebih konsumtif daripada produktif. Suatu hal dapat bergati degan hal yang abru dengan cepat jika hal tersebut memiliki nilai yang tinggi Mialnya saja perubhan teknologi yang begitu cepat akan mengubah pola pikir manusia dalam mengganti gadget yang ia miliki dengan yang lebih canggih lagi. Postmodern ini adalah bentuk kritik terhadap era moderinsasi yang saat ini memunculkan pro dan kontra

    ReplyDelete
  26. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    postmodernisme adalah lawan dari modernisme yang dianggap tidak mampu mengangkat manusia modern. Awalnya postmodernisme ini adalah pergerakan dalam kemajuan kaum kapitalis secara khusus bidang seni. Selain itu, postmodernisme juga dimengerti sebagai bentuk konflik terhadap metanarasi. Istilah "postmodernisme" pertama kali memasuki leksikon filosofis pada tahun 1979, dengan penerbitan The Postmodern Condition oleh Jean-François Lyotard. Postmodern cenderung mengkritik segala sesuatu yang diasosiasikan dengan modernitas.Yaitu pada akumulasi pengalaman peradaban Barat adalah industrialisasi, urbanisasi, kemajuan teknologi, dan negara.

    ReplyDelete
  27. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Postmodernisme adalah paham yang mendalami masa postmodern atau masa setelah modern. Masa setelah modern adalah pada akhir abad 20. Sedangkan pada abad 21 ini manusia berada pada jaman post-post modern. Pendalaman pada masa postmodern adalah pendalaman mengenai cara berpikir manusia pada jaman itu. Pada masa postmodern memberi kebebasan berpikir kepada manusia, menghargai pemikiran yang plural. Dampak dari postmodernisme ini dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran yang kreatif dan membuat perkembangan.

    ReplyDelete
  28. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Di portal link tersebut menceritakan bahwa Postmodernisme dapat digambarkan sebagai seperangkat praktik kritis, strategis dan retoris yang menggunakan konsep seperti perbedaan, pengulangan, jejak, simulacrum, dan hyperreality untuk mengacaukan konsep lain seperti kehadiran, identitas, kemajuan historis, kepastian epistemis, dan Univocity makna. Dari sini ada kata historis yang berarti sejarah. Karena pada postmodernism ini gerakannya pada abad ke 20 akhir. dapat juga dikatakan bahwa lanjutan dari modernsm karena mengandung kata post pada postmodernsm. Posmodernsm ini yang saya tahu tidak hanya pada filsafat. tetapi ilmu-ilmu lain seperti seni dan budaya juga menggunakan kata posmodernism ini.

    ReplyDelete
  29. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Menurut Lyotard dan Geldner, Postmodernisme adalah pemutusan secara total dari modernisme.Sedangkan menurut Derrida, Foucault dan Baudrillard, Postmodernisme adalah bentuk radikal dari kemodernan yang akhirnya bunuh diri karena sulit menyeragamkan teori-teori. Bagi David Graffin, Postmodernisme adalah koreksi beberapa aspek dari moderinisme. Sementara itu menurut Giddens, Postmodernisme adalah bentuk modernisme yang sudah sadar diri dan menjadi bijak. Sedangkan bagi Habermas, Postmodernisme merupakan satu tahap dari modernisme yang belum selesai.

    ReplyDelete
  30. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Istilah Post-Modernisme pertama kali diperkenalkan pada tahun 1917 oleh filsuf Jerman, Rudolf Pannwitz, untuk menggambarkan nihilisme budaya barat abad ke-20. Post-Modernisme adalah suatu pergerakan ide yang menggantikan ide-ide zaman modern (yang mengutamakan rasio, objektivitas, dan kemajuan). Post-Modernisme memiliki cita-cita ingin meningkatkan kondisi ekonomi dan sosial, kesadaran akan peristiwa sejarah dan perkembangan dalam bidang penyiaran. Post-Modernisme mengkritik modernisme yang dianggap telah menyebabkan desentralisasi di bidang ekonomi dan teknologi, apalagi hal ini ditambah dengan pengaruh globalisasi. Selain itu, Post-Modernisme menganggap media yang ada saat ini hanya berkutat pada masalah yang sama dan saling meniru satu sama lain. Media informasi telah mengubah dunia, selama bertahun-tahun dibelenggu oleh batas-batas negara, kini bisa diakses oleh siapapun, kapanpun, dimanapun tanpa harus memikirkan batas-batas wilayah suatu negara. Begitulah dahsyatnya sebuah era Post-Modernisme.

    ReplyDelete
  31. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Habermas berpendapat bahwa postmodernisme bertentangan dengan dirinya sendiri melalui referensi diri, dan mencatat bahwa para postmodernis mengandaikan konsep yang jika tidak mereka coba lemahkan, misalnya kebebasan, subjektivitas, atau kreativitas.
    Dalam pandangannya, postmodernisme adalah estetika yang tidak terpisahkan dari pengetahuan dan wacana publik. Dengan ini, Habermas berusaha untuk merehabilitasi alasan modern sebagai sistem peraturan prosedural untuk mencapai kesepakatan dan kesepakatan di antara subyek yang berkomunikasi. Sejauh postmodernisme memperkenalkan permainan menyenangkan dan subversi ke dalam sains dan politik, dia menolaknya atas nama modernitas yang bergerak menuju penyelesaian daripada transformasi diri.

    ReplyDelete
  32. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Postmoderenism artinya era setelah era modern. Istilah tersebut diperkenalkan pertama kali pada tahun 1979. Jika kita melihat era saat ini yang mana jauh dari tahun tersebut, berarti kita telah berada jauh di depan era post modern. mungkin post post post modern. yang dapat kita gambarkan dari era saat ini yaitu kemajuan pesat di bidang teknologi. Hal itu tidak dipungkiri lagi, banyak perusahaan IT yang bersaing di era digital seperti saat ini, mungkin beberapa tahun kedepan akan muncul teknologi-teknologi terbaru yang belum pernah kita temui saat ini. namun demikian, sangat disayangkan karena kemajuan tersebut tidak sejalan dengan karakter bangsa yang justru mengalami kemunduran. Banyak kejahatan yang terjadi di berbagai belahan dunia. karakter yang dulu santun dan baik, sekarang mengalami kemunduran yang sangat memprihatinkan. Sehingga, yang menjadi PR besar adalah bagaimana kita tetap mempertahankan karakter bangsa yang dulu sangat dijunjung tinggi ke tempatnya semula. Sehingga, negara kita menjadi negara maju yang berkarakter.

    ReplyDelete
  33. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Postmodernisme pertama kali memasuki kamus filosofis pada tahun 1979, dengan penerbitan The Postmodern Condition oleh Jean-François Lyotard. Postmodernisme merupakan koreksi beberapa aspek dari moderinisme. Postmodernisme digambarkan sebagai serangkaian praktek kritis, strategis dan retoris menggunakan konsep-konsep seperti perbedaan, pengulangan, jejak, simulacrum, dan hiperrealitas untuk mengacaukan konsep lain. Konsep lain tersebut antara lain mengenai keberadaan, identitas, kemajuan sejarah, kepastian epistemik, dan univocity makna.

    ReplyDelete
  34. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pos modern berarti pasca modern, yang artinya bahwa masa sekarang ini sudah memasuki masa posmodern. Posmodernisme yaitu era pemikiran spektakuler yang telah merasuk ke dalam sendi-sendi kehidupan manusia di bidang sosial, ekonomi, budaya, politik, dan lain-lain, sebagai dampak dan pengaruh globalisasi. Sebagaimana halnya dengan globalisasi tersebut, arus pemikiran postmodernisme juga sekaligus membawa sisi-sisi positif dan negatifnya, termasuk bagi pendidikan. pandangan pokok postmodernisme, yakni mengenai realitas, perubahan dan perbedaan, metafisika, penelitian, dan bentuk-bentuk ilmu pengetahuan terhadap pendidikan.

    ReplyDelete
  35. Agus Cahyanto
    14301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terima kasih Pak Marsigit telah memberikan link tentang posmodernisme diatas. Semoga bermanfaat bagi saya dan teman-teman saya.

    ReplyDelete
  36. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika 2016

    Secara terminologis postmodern merupakan kritik atas masyarakat modern dan kegagalanya memenuhi janji-janjinya. Postmodern cenderung mengkritik segala sesuatu yang diasosiasikan dengan modernitas, yaitu akumulasi pengalaman peradaban Barat. Postmodernisme merupakan aliran pemikiran yang menjadi paradigma baru sebagai antithesis dari modernisme yang dianggap gagal dan tidal lagi relevan dengan perkembangan zaman. (Maya Syifadalam Aceng dkk, 2011: 104). Jadi posmodernisme merupakan suatu paham yang mengkritisi dan melampaui nilai-nilai dan pandangan yang diusung oleh zaman sebelumnya tekhusus modernisme yang dinilai gagal dan sebagai bentuk reaksi pemberontakan dan kritik atas janji modernisme.

    ReplyDelete
  37. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Post-Modernisme adalah gerakan yang luas pada akhir abad ke-20 filsafat dan seni, ditandai secara umum oleh keterbukaan terhadap makna dan otoritas dari tempat-tempat yang tak terduga, dan kemauan untuk meminjam tanpa malu-malu dari gerakan atau tradisi sebelumnya. Hal ini sering didefinisikan secara negatif sebagai reaksi atau oposisi terhadap Modernisme yang sama buruknya, walaupun beberapa orang mengklaim bahwa hal itu merupakan keseluruhan paradigma baru dalam pemikiran intelektual. Postmodernisme pada dasarnya bersifat anti-rasionalis dan skeptis, mendukung subjektivisme dan relativisme.

    ReplyDelete
  38. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Postmodernisme adalah faham yang berkembang setelah era modern dengan modernisme-nya. Postmodernisme bukanlah faham tunggal sebuat teori, namun justru menghargai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Banyak tokoh-tokoh yang memberikan arti postmodernisme sebagai kelanjutan dari modernisme. Namun kelanjutan itu menjadi sangat beragam. Bagi Lyotard dan Geldner, modernisme adalah pemutusan secara total dari modernisme. Bagi Derrida, Foucault dan Baudrillard, bentuk radikal dari kemodernan yang akhirnya bunuh diri karena sulit menyeragamkan teori-teori.

    ReplyDelete