Dec 1, 2012

POSMODERNISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang POSMODERNISM, silahkan konek ke:


http://plato.stanford.edu/entries/postmodernism/

Wss Wr Wb
Marsigit

68 comments:

  1. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Postmodernisme adalah faham yang berkembang setelah era modern dengan modernisme-nya. Postmodernisme bukanlah faham tunggal sebuat teori, namun justru menghargai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Ahli lain David Graffin pun berpendapat bahwa postmodern adalah koreksi terhadap modernisme. Sehingga faham ini memang tercipta dari ketidaksempurnaan modernisme.

    ReplyDelete
  2. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Istilah "posmodernisme" pertama kali memasuki ranah filosofis pada tahun 1979, dengan publikasi tentang Kondisi Postmodern oleh Jean-François Lyotard.Postmodernisme dipandang sebagai bentuk kritikan para filsuf terhadap modernitas. Frederic Jameson terkait bidang kebudayaan mengajukan suatu tesis bahwa postmodernisme bukan kritik satu bidang saja, namun semua bidang yang termasuk dalam budaya

    ReplyDelete
  3. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Ciri pemikiran di era postmodern ini adalah pluralitas berpikir dihargai, setiap orang boleh berbicara dengan bebas sesuai pemikirannya. Postmodernisme menolak arogansi dari setiap teori, sebab setiap teori punya tolak pikir masing-masing dan hal itu berguna.

    ReplyDelete
  4. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://plato.stanford.edu/entries/postmodernism/, Postmodernisme itu tidak dapat didefinisikan adalah sebuah penyesalan. Namun, hal itu dapat digambarkan sebagai seperangkat praktik kritis, strategis dan retoris yang menggunakan konsep seperti perbedaan, pengulangan, jejak, simulacrum, dan hyperreality untuk mengacaukan konsep lain seperti kehadiran, identitas, kemajuan historis, kepastian epistemis, dan Univocity makna. Postmodernisme adalah faham yang berkembang setelah era modern dengan modernisme-nya. Postmodernisme bukanlah faham tunggal sebuat teori, namun justru menghargai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Banyak tokoh-tokoh yang memberikan arti postmodernisme sebagai kelanjutan dari modernisme. Namun kelanjutan itu menjadi sangat beragam. Bagi Lyotard dan Geldner, modernisme adalah pemutusan secara total dari modernisme. Bagi Derrida, Foucault dan Baudrillard, bentuk radikal dari kemodernan yang akhirnya bunuh diri karena sulit menyeragamkan teori-teori.Postmodernisme dibedakan lebih menunjuk pada konsep berpikir.

    ReplyDelete
  5. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Istilah post-modernisme (untuk selanjutnya ditulis posmodernisme) secara harfiah berarti sesudah modernisme atau disebut pula dengan pasca-modernisme. Istilah ini sudah demikian populer dalam dunia perguruan tinggi di Indonesia selama lima tahun terakhir. posmodernisme merupakan reaksi atau sebagai kritik terhadap modernisme.

    ReplyDelete
  6. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Postmodernism describes a broad movement that developed in the mid to late 20th century across philosophy, the arts, architecture and criticism which marked a departure from modernism. While encompassing a broad range of ideas, postmodernism is typically defined by an attitude of skepticism, irony or distrust toward grand narratives, ideologies and various tenets of universalism, including objective notions of reason, human nature, social progress, moral universalism, absolute truth, and objective reality. Instead, it asserts that claims to knowledge and truth are products of social, historical or political discourses or interpretations, and are therefore contextual and constructed to varying degrees. Accordingly, postmodern thought is broadly characterized by tendencies to epistemology and moral relativism, pluralism, irreverence and self-referentiality.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Postmodernism

    ReplyDelete
  7. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Istilah postmodernisme pertama kali masuk ke dalam leksikon filosofis pada tahun 1979, dengan diterbitkannya The Postmodern Condition karya Jean-François Lyotard. Postmodernisme dapat digambarkan sebagai seperangkat praktik kritis, strategis dan retoris yang menggunakan konsep seperti perbedaan, pengulangan, jejak, simulacrum, dan hyperreality untuk mengacaukan konsep lain seperti kehadiran, identitas, kemajuan historis, kepastian epistemis.

    ReplyDelete
  8. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Istilah post-modernisme (untuk selanjutnya ditulis posmodernisme) secara harfiah berarti sesudah modernisme atau disebut pula dengan pasca-modernisme. Postmodernisme adalah salah satu efek dari aliran positivisme yang dipelopori oleh Aguste Compte. Posmodernisme merupakan paham tunggal akan tetapi dia menaungi pemikiran orang-orang pada modern yang tidak menemui titik temu. Posmodernism lebih menunjuk pada konsep berpikir. Ciri pemikiran di era posmodernism ini adalah pluralitas berpikir, setiap orang boleh berbicara dengan bebas sesuai pemikirannya.

    ReplyDelete
  9. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Posmodernisme menyatakan bahwa tidak ada sesuatu yang konstan dan stabil, karena stabilitas hanya bermakna statis. Kebenaran terpecah menjadi majemuk karena selalu berada dalam ruang, waktu dan konteks yang berpengaruh terhadap kebenaran itu. Di era posmodernisme tidak ada lagi konstruksi tetapi dekonstruksi, tidak ada sentral tetapi desentral, terjadi penyebaran-penyebaran. Atau, menurut Lyotard tidak ada homologi (sistem tunggal) tetapi paralogi (sistem plural).

    ReplyDelete
  10. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Postmodernisme jika diperhadapkan dengan modernisme, memiliki posisi yang beragam. Disatu sisi modernisme dianggap tidak berhasil mengangkat martabat manusia modern. Bahkan mengantarkan manusia ke jurang ketimpangan. Kata “Post” dalam sebutan postmodernisme bukan hanya berarti “setelah” (masa berikutnya), postmodernisme adalah usaha keras sebagai reaksi dari kesia-siaan zaman modernis yang sirna begitu saja bagai ditiup angin. Adapun penyebab dari kesia-siaan zaman modernis adalah akibat dari tekanan yang bersumber dari nalar intelektual manusia yang terus bermetamorfosis.

    ReplyDelete
  11. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Meskipun para tokoh posmodernisme dengan sangat tajam mengkritik rasio, akan tetapi sesungguhnya yang mereka lakukan bukanlah mengabaikan rasio itu sama sekali, tetapi belajar untuk menggunakan rasio dengan cara-cara baru, menghilangkan penggunaan rasio hitam-putih, dalam memahami realitas. Menurut mereka kita memerlukan logika baru cara pandang baru terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini. Pemahaman pemikiran postmodernis menjadi penting untuk memahami berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan budaya yang tak lagi memadai untuk dianalisis hanya berdasarkan paradigma ilmiah modern yang lebih menekankan kesatuan, homogenitas, objektivitas, dan universalitas.

    ReplyDelete
  12. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berdasarkan link yang ada di atas, dapat kita ketahui bahwa postmodernism adalah bentuk reaksi dari modernism. Ciri terpenting dari postmodernism adalah relativisme dan mengakuai pluralitas. Pada modernism, pengetahuan merupakan suatu kesatuan yang didasarkan pada cerita-cerita besar yang menjadi ide penuntun sampai ke penelitian-penelitian peling mendetail. Tetapi postmodernisme merelatifkan semuanya. Menurut para postmodernis, tidak ada suatu norma yang berlaku umum. Tiap bagian mempunyai keunikan sehingga tidak dapat menerima pemaksaan ke arah penyeragaman. Dengan demikian, postmodernisme mengakui pluralitas dan hak hidup individu atau unsur lokal.

    ReplyDelete
  13. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Istilah postmodernisme pertama kali muncul pada tahun 1979 oleh Jean-François Lyotard. Postmodernisme merupakan faham yang berkembang setelah era modern dengan modernismenya. Postmodernisme bukanlah paham tunggal dari sebuah teori, namun justru menghargai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Postmodernisme merupakan gerakan seni, arsitektur, dan kritik, yang melanjutkan modernism yang termasuk dalam pascamodernisme adalah interpretasi skeptis terhadap budaya, sastra, seni, filsafat, sejarah, ekonomi, arsitektur, fiksi, dan kritik sastra.

    ReplyDelete
  14. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Berdasarkan link di atas saya dapatkan bahwa istilah "postmodernisme" pertama kali masuk ke dalam leksikon filosofis pada tahun 1979, dengan diterbitkannya The Postmodern Condition karya Jean-François Lyotard. Oleh karena itu, saya memberi kebanggaan Lyotard pada bagian selanjutnya.
    Postmodernisme digambarkan sebagai seperangkat praktik kritis, strategis dan retoris yang menggunakan konsep seperti perbedaan, pengulangan, jejak, simulacrum, dan hyperreality untuk mengacaukan konsep lain seperti kehadiran, identitas, kemajuan historis, kepastian epistemis, dan Univocity makna. Postmodernisme adalah kelanjutan pemikiran modern dalam mode lain. Kaum Postmodernisme berpandangan bahwa pemikiran kristis sebagai sumber kebenaran, sehingga untuk menerima sesuatu harus benar-benar dipikirkan secara logis dan tepat.

    ReplyDelete
  15. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Postmodernisme adalah pengembangan dari modernitas, yaitu aliran pemikiran dan paradigma baru yang merupakan antitesis dari modernisme yang dinilai gagal dan tidak relevan dengan perkembangan zaman, serta dianggap tidak berhasil mengangkat martabat manusia. Postmodernisme adalah faham yang berkembang setelah era modern dengan modernisme-nya. Postmodernisme bukanlah faham tunggal sebuat teori, namun justru menghargai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal.

    ReplyDelete
  16. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Tanpa kita sadari perkembangan zaman saat ini telah merubah pola pikir manusia untuk menjadi lebih konsumtif daripada produktif. Suatu hal dapat bergati degan hal yang abru dengan cepat jika hal tersebut memiliki nilai yang tinggi Mialnya saja perubhan teknologi yang begitu cepat akan mengubah pola pikir manusia dalam mengganti gadget yang ia miliki dengan yang lebih canggih lagi. Postmodern ini adalah bentuk kritik terhadap era moderinsasi yang saat ini memunculkan pro dan kontra

    ReplyDelete
  17. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    postmodernisme adalah lawan dari modernisme yang dianggap tidak mampu mengangkat manusia modern. Awalnya postmodernisme ini adalah pergerakan dalam kemajuan kaum kapitalis secara khusus bidang seni. Selain itu, postmodernisme juga dimengerti sebagai bentuk konflik terhadap metanarasi. Istilah "postmodernisme" pertama kali memasuki leksikon filosofis pada tahun 1979, dengan penerbitan The Postmodern Condition oleh Jean-François Lyotard. Postmodern cenderung mengkritik segala sesuatu yang diasosiasikan dengan modernitas.Yaitu pada akumulasi pengalaman peradaban Barat adalah industrialisasi, urbanisasi, kemajuan teknologi, dan negara.

    ReplyDelete
  18. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Postmodernisme adalah paham yang mendalami masa postmodern atau masa setelah modern. Masa setelah modern adalah pada akhir abad 20. Sedangkan pada abad 21 ini manusia berada pada jaman post-post modern. Pendalaman pada masa postmodern adalah pendalaman mengenai cara berpikir manusia pada jaman itu. Pada masa postmodern memberi kebebasan berpikir kepada manusia, menghargai pemikiran yang plural. Dampak dari postmodernisme ini dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran yang kreatif dan membuat perkembangan.

    ReplyDelete
  19. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Di portal link tersebut menceritakan bahwa Postmodernisme dapat digambarkan sebagai seperangkat praktik kritis, strategis dan retoris yang menggunakan konsep seperti perbedaan, pengulangan, jejak, simulacrum, dan hyperreality untuk mengacaukan konsep lain seperti kehadiran, identitas, kemajuan historis, kepastian epistemis, dan Univocity makna. Dari sini ada kata historis yang berarti sejarah. Karena pada postmodernism ini gerakannya pada abad ke 20 akhir. dapat juga dikatakan bahwa lanjutan dari modernsm karena mengandung kata post pada postmodernsm. Posmodernsm ini yang saya tahu tidak hanya pada filsafat. tetapi ilmu-ilmu lain seperti seni dan budaya juga menggunakan kata posmodernism ini.

    ReplyDelete
  20. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Menurut Lyotard dan Geldner, Postmodernisme adalah pemutusan secara total dari modernisme.Sedangkan menurut Derrida, Foucault dan Baudrillard, Postmodernisme adalah bentuk radikal dari kemodernan yang akhirnya bunuh diri karena sulit menyeragamkan teori-teori. Bagi David Graffin, Postmodernisme adalah koreksi beberapa aspek dari moderinisme. Sementara itu menurut Giddens, Postmodernisme adalah bentuk modernisme yang sudah sadar diri dan menjadi bijak. Sedangkan bagi Habermas, Postmodernisme merupakan satu tahap dari modernisme yang belum selesai.

    ReplyDelete
  21. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Istilah Post-Modernisme pertama kali diperkenalkan pada tahun 1917 oleh filsuf Jerman, Rudolf Pannwitz, untuk menggambarkan nihilisme budaya barat abad ke-20. Post-Modernisme adalah suatu pergerakan ide yang menggantikan ide-ide zaman modern (yang mengutamakan rasio, objektivitas, dan kemajuan). Post-Modernisme memiliki cita-cita ingin meningkatkan kondisi ekonomi dan sosial, kesadaran akan peristiwa sejarah dan perkembangan dalam bidang penyiaran. Post-Modernisme mengkritik modernisme yang dianggap telah menyebabkan desentralisasi di bidang ekonomi dan teknologi, apalagi hal ini ditambah dengan pengaruh globalisasi. Selain itu, Post-Modernisme menganggap media yang ada saat ini hanya berkutat pada masalah yang sama dan saling meniru satu sama lain. Media informasi telah mengubah dunia, selama bertahun-tahun dibelenggu oleh batas-batas negara, kini bisa diakses oleh siapapun, kapanpun, dimanapun tanpa harus memikirkan batas-batas wilayah suatu negara. Begitulah dahsyatnya sebuah era Post-Modernisme.

    ReplyDelete
  22. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Habermas berpendapat bahwa postmodernisme bertentangan dengan dirinya sendiri melalui referensi diri, dan mencatat bahwa para postmodernis mengandaikan konsep yang jika tidak mereka coba lemahkan, misalnya kebebasan, subjektivitas, atau kreativitas.
    Dalam pandangannya, postmodernisme adalah estetika yang tidak terpisahkan dari pengetahuan dan wacana publik. Dengan ini, Habermas berusaha untuk merehabilitasi alasan modern sebagai sistem peraturan prosedural untuk mencapai kesepakatan dan kesepakatan di antara subyek yang berkomunikasi. Sejauh postmodernisme memperkenalkan permainan menyenangkan dan subversi ke dalam sains dan politik, dia menolaknya atas nama modernitas yang bergerak menuju penyelesaian daripada transformasi diri.

    ReplyDelete
  23. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Postmoderenism artinya era setelah era modern. Istilah tersebut diperkenalkan pertama kali pada tahun 1979. Jika kita melihat era saat ini yang mana jauh dari tahun tersebut, berarti kita telah berada jauh di depan era post modern. mungkin post post post modern. yang dapat kita gambarkan dari era saat ini yaitu kemajuan pesat di bidang teknologi. Hal itu tidak dipungkiri lagi, banyak perusahaan IT yang bersaing di era digital seperti saat ini, mungkin beberapa tahun kedepan akan muncul teknologi-teknologi terbaru yang belum pernah kita temui saat ini. namun demikian, sangat disayangkan karena kemajuan tersebut tidak sejalan dengan karakter bangsa yang justru mengalami kemunduran. Banyak kejahatan yang terjadi di berbagai belahan dunia. karakter yang dulu santun dan baik, sekarang mengalami kemunduran yang sangat memprihatinkan. Sehingga, yang menjadi PR besar adalah bagaimana kita tetap mempertahankan karakter bangsa yang dulu sangat dijunjung tinggi ke tempatnya semula. Sehingga, negara kita menjadi negara maju yang berkarakter.

    ReplyDelete
  24. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Postmodernisme pertama kali memasuki kamus filosofis pada tahun 1979, dengan penerbitan The Postmodern Condition oleh Jean-François Lyotard. Postmodernisme merupakan koreksi beberapa aspek dari moderinisme. Postmodernisme digambarkan sebagai serangkaian praktek kritis, strategis dan retoris menggunakan konsep-konsep seperti perbedaan, pengulangan, jejak, simulacrum, dan hiperrealitas untuk mengacaukan konsep lain. Konsep lain tersebut antara lain mengenai keberadaan, identitas, kemajuan sejarah, kepastian epistemik, dan univocity makna.

    ReplyDelete
  25. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pos modern berarti pasca modern, yang artinya bahwa masa sekarang ini sudah memasuki masa posmodern. Posmodernisme yaitu era pemikiran spektakuler yang telah merasuk ke dalam sendi-sendi kehidupan manusia di bidang sosial, ekonomi, budaya, politik, dan lain-lain, sebagai dampak dan pengaruh globalisasi. Sebagaimana halnya dengan globalisasi tersebut, arus pemikiran postmodernisme juga sekaligus membawa sisi-sisi positif dan negatifnya, termasuk bagi pendidikan. pandangan pokok postmodernisme, yakni mengenai realitas, perubahan dan perbedaan, metafisika, penelitian, dan bentuk-bentuk ilmu pengetahuan terhadap pendidikan.

    ReplyDelete
  26. Agus Cahyanto
    14301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terima kasih Pak Marsigit telah memberikan link tentang posmodernisme diatas. Semoga bermanfaat bagi saya dan teman-teman saya.

    ReplyDelete
  27. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika 2016

    Secara terminologis postmodern merupakan kritik atas masyarakat modern dan kegagalanya memenuhi janji-janjinya. Postmodern cenderung mengkritik segala sesuatu yang diasosiasikan dengan modernitas, yaitu akumulasi pengalaman peradaban Barat. Postmodernisme merupakan aliran pemikiran yang menjadi paradigma baru sebagai antithesis dari modernisme yang dianggap gagal dan tidal lagi relevan dengan perkembangan zaman. (Maya Syifadalam Aceng dkk, 2011: 104). Jadi posmodernisme merupakan suatu paham yang mengkritisi dan melampaui nilai-nilai dan pandangan yang diusung oleh zaman sebelumnya tekhusus modernisme yang dinilai gagal dan sebagai bentuk reaksi pemberontakan dan kritik atas janji modernisme.

    ReplyDelete
  28. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Postmodernisme adalah faham yang berkembang setelah era modern dengan modernisme-nya. Postmodernisme bukanlah faham tunggal sebuat teori, namun justru menghargai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Banyak tokoh-tokoh yang memberikan arti postmodernisme sebagai kelanjutan dari modernisme. Namun kelanjutan itu menjadi sangat beragam. Bagi Lyotard dan Geldner, modernisme adalah pemutusan secara total dari modernisme. Bagi Derrida, Foucault dan Baudrillard, bentuk radikal dari kemodernan yang akhirnya bunuh diri karena sulit menyeragamkan teori-teori.

    ReplyDelete
  29. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Posmoderims merujuk pada gagasan setelah zaman modern sendiri. Pada zaman ini merupakan zaman mosern yang banyak manusia memenuhi keinginan dengan menggunakan fasilitas teknologi yang canggih sekarang. Paham ini berkembang setelah era modern.seperto menurut Josh McDowell dan Bob Hostetler yang mendefinisikan postmodernisme meurpakan Suatu pandangan dunia yang ditandai dengan keyakinan bahwa tidak ada kebenaran dalam pengertian objektif tetapi diciptakan bukan ditemukan." Kebenaran adalah "yang diciptakan oleh budaya spesifik dan hanya ada di budaya Dalam paham ini, pikiran digantikan oleh keinginan, penalaran digantikan oleh emosi, dan moralitas digantikan oleh relativisme, dan kebenaran disamakan dengan kekuasaan atau kekuatan.

    ReplyDelete
  30. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Postmodernisme atau dalam bahasa indonesia disebut sebagai pascamodernisme merupakan paham yang berkembang setelah modernisme. Istilah ini muncul pertama kali pada tahun 1930 pada bidang seni oleh Federico de Onis untuk menunjukkan reaksi dari modernisme (https://id.wikipedia.org/wiki/Pascamodernisme). Apa yang menbedakan modernisme dan postmodernisme adalah modernitas itu sendiri, dimana postmodernisme adalah kelanjutan pemikiran modern dalam mode lain. Habermas berpendapat bahwa postmodernisme bertentangan dengan dirinya sendiri melalui referensi diri, dan mencatat bahwa para postmodernis mengandaikan konsep yang jika tidak mereka coba akan merugikan, misalnya, kebebasan, subjektivitas, atau kreativitas. Sehingga apa yang mereka anggap benar perupakan hal yang diciptakan, tanpa memperhatikan pembuktian-pembuktian dari mana kebenaran tersebut ada.

    ReplyDelete
  31. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, postmodernisme, dalam kebudaya pada umumnya, biasanya dikaitkan dengan penerimaan permukaan dan gaya dangkal, kutipan dan parodi yang sadar akan diri sendiri, dan merupakan sebuah perayaan yang ironis, sementara, dan mewah. Hal ini biasanya dilihat sebagai reaksi terhadap keyakinan naif dan sungguh-sungguh dalam kemajuan, dan bertentangan dengan keyakinan akan kebenaran objektif atau ilmiah. Oleh karena itu, dalam filsafat, ideologi ini menyiratkan ketidakpercayaan terhadap modernitas pembenaran: pembenaran berskala besar masyarakat barat dan kepercayaan akan kemajuan yang terlihat di Kant, Hegel, atau Marx, atau yang timbul dari visi kesempurnaan utopia yang dicapai melalui evolusi, sosial perbaikan, pendidikan, atau penyebaran sains. Dalam aspek post-strukturalisnya, hal itu mencakup penolakan terhadap segala makna tetap, atau korespondensi antara bahasa dan dunia, atau kenyataan atau kebenaran tetap atau fakta untuk dijadikan objek penyelidikan.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  32. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Awal munculnya postmodernisme karena adanya keinginan untuk berpaling dari paham modernisme yang dianggap berlebihan dalam mendeskripsikan kehidupan. Postmodernisme merupakan antitesis dari modernisme, modernisme dinilai telah gagal dan tidak relevan lagi bagi perkembangan zaman. Postmodernisme tidak memperhatikan batasan yang ketat dari “isme” antara yang satu dengan yang lain, sebab postmodernisme menyesuaikan, mentransformasikan, dan mentransendensikan, misalnya strukturalisme, romantisme, fenomenisme, nihilisme, eksitensialisme, hermenitika.(Jalaluddin, 2014: 66)

    ReplyDelete
  33. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Postmodernism, tentu lahir setelah modernism. Sangat membutuhkan tenaga untuk membaca dan memahaminya. Sebagai paham baru yang lahir setelah modernisme, tentu postmodernism menjadi paham yang lebih terbuka. Maksut saya, postmodernism hadir untuk memberikan atap pada berbagai teori-teori yang sulit dicari titik temu yang tunggal. Oleh karena itu dalam mencari satu titik temu, sudah pasti dibutuhkan kehati-hatian dalam menyusun tesis, anti tesis, dan sintesis dari beberapa aliran dan teori yang sudah ada. Oleh karena itu, pertanyaan saya, apakah bisa postmodernism ini gagal dalam menyatukan berbagai macam aliran atau teori yang sudah eksis dan berkembang? Jika tidak ditemukan titik temu dari berbagai aliran dan teori yang sudah ada, apakah berarti postmodernism juga ikut gagal dan mati? Mohon pencerahannya. Terimakasih

    ReplyDelete
  34. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Postmodernisme dalam link https://plato.stanford.edu/entries/postmodernism/ didefinisikan sebagai seperangkat praktik kritis, strategis dan retoris yang menggunakan konsep seperti perbedaan, pengulangan, jejak, simulacrum, dan hyperreality untuk mengacaukan konsep lain seperti kehadiran, identitas, kemajuan historis, kepastian epistemis, dan ketidakberadaan makna. berankat dari kata modern yang berarti terbaru; mutakhir, istilah postmodern dapat diaktikan sesuatu yang lebih baru dari yang sudah modern.

    ReplyDelete
  35. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    177092510005

    Assalamualaikum prof,
    Berdasarkan asau usul kata, Post-modern-isme, berasal dari bahasa Inggris yang artinya faham (isme), yang berkembang setelah (post) modern. Sesuai dengan asal usul katanya, postmodernisme merupakan salah satu aliran filsafat yang berkembang setelah era modern dengan modernismenya. Banyak pula tokoh-tokoh yang memberikan arti postmodernisme sebagai kelanjutan dari modernisme. Ciri pemikiran di era postmodern ini adalah pluralitas berpikir dihargai, setiap orang boleh berbicara dengan bebas sesuai pemikirannya karena faham ini bukanlah faham tunggal atau sebuah teori, namun justru menghargai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Mereka menolak arogansi dari setiap teori, sebab setiap teori punya tolak pikir masing-masing.

    ReplyDelete
  36. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P. Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. terima kasih atas link yang bapak ssajikan. Menurut beberapa sumber, posmodernisme selalu dikaitkan dengan pemikiran yang anti kemapanan. Posmodernisme kurang lebih sebagai suatu paham yang mencoba untuk mendekonstruksi kemapanan modernisme. Tokoh-tokoh yang terkenal yang sering dikaitkan dengan paham ini seperti Michel Foucoult, Derrida, dll.

    ReplyDelete
  37. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Posmodernisme dapat dimaknai sebagai paham yang berkembang pada era setelah modern. Paham ini lebih mengedepankan skeptisme, menggunakan media sebagai pusat dinamika, penduduknya menempati perkotaan, dan terdapat elemen kelas. Apabila hal tersebut saya kaitkan dengan pembelajaran matematika sebenarnya post modernisme sudah sering kita aplikasikan terutama menggunakan media sebagai pembelajaran. Sekarang sedang marak blanded learning atau pembelajaran yang megintegrasikan antara teknologi dan pembelajaran bermakna. Hal ini menurut saya salah satu inovasi pembelajaran yang cocok pada posmodernisme yang sudah kita rasakan dari segi prkembangan teknologinya.

    ReplyDelete
  38. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Posmodernism, dengan asal katanya yaitu pos yang berarti setelah, modern yang berarti modern, dan ism yang berarti aliran atau paham. Jadi, posmodern adalah paham atau aliran yang lahir setelah zaman modern. Lahinya posmodernism akibat dari adanya paradigma modernism yang dianggap gagal dalam menyelesaikan misi yang direncanakan. Oleh sebab itu, modernism mulai kehilangan landasan untuk memenuhi misi yang telah dijanjikan. Dahulu modernism menjanjikan manusia akan terbebas dari mitos-mitos dan jauh dari perbudakan berhala-berhala yang dapat menindas kehidupannya. Tetapi ternyata pada zaman posmodernism perbudakan dan mitos-mitos semakin merajalela dengan berkembangnya teknologi yang sangat pesat.

    ReplyDelete
  39. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Posmodernisme merupakan paham yang berkembang setelah modernism. Setiap paham yang berkembang setelah modernisme dan merupakan reaksi dari modernisme disebut dengan posmodernisme. Jadi posmodernisme bukan merupakan paham yang tunggal, namun di dalamnya terdapat berbagai macam paham dari berbagai cabang ilmu. Posmodernisme dinyatakan sebagai kelanjutan dari modernisme maupun koreksi dari modernisme sehingga lebih bijak daripada modernisme.

    ReplyDelete
  40. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Yang saya pahami dari bacaan jikalau tidak salah, kemunculan dari postmodernisme sebagai ungkapan ketidakpuasan terhadap kebenaran yang dikekang oleh berbagai aturan umun yang ada.Maka dapat dicermati dari maknanya bahwa postmodernisme bukanlah bentuk penyesalan melainkan sebuah penalaran yang kritis tertahadp suatu keadaan yang menimbulkan keraguan.Sejalan dengan pernyataannya Khant bahwa “Tidak ada yang dapat mengetahui hal-hal yang ada dalam diri seseorang dan objek pengetahuan merupakan representasi kita.

    ReplyDelete
  41. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Yang saya pahami dari bacaan jikalau tidak salah, kemunculan dari postmodernisme sebagai ungkapan ketidakpuasan terhadap kebenaran yang dikekang oleh berbagai aturan umun yang ada.Maka dapat dicermati dari maknanya bahwa postmodernisme bukanlah bentuk penyesalan melainkan sebuah penalaran yang kritis tertahadp suatu keadaan yang menimbulkan keraguan.Sejalan dengan pernyataannya Khant bahwa “Tidak ada yang dapat mengetahui hal-hal yang ada dalam diri seseorang dan objek pengetahuan merupakan representasi kita.

    ReplyDelete
  42. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Postmodern merupakan aliran yang memberikan kritik atas masyarakat modern dan kegagalanya memenuhi janji-janjinya. Postmodern juga cendeung mengkritik segala sesuatu yang diasosiasikan dengan modernitas, yaitu akumulasi penglaman peradaban barat. Pandangan postmodernisme selalu beranggapan bahwa pikiran digantikan oleh keinginan, penalaran digantikan oleh emosi, dan moralitas digantikan oleh relativisme. Kenyataan tidak lebih dari konstuk sosial, kebenaran disamakan dengan kekuatan atau kekuasaan.

    ReplyDelete
  43. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Posmodernisme banyak yang mengatakan bahwa paham yang berkembang dari paham sebelumnya yaitu paham moderenisme. Posmoderenisme ini sedikit bertentangan dengan paham moderenisme. POstmodernisme ini juga kan menghubungkan antara ilmu dan alasan. IImu akan mencari “best answer”. Namun, jawaban yang hadir dalam pandangan post modernisme akan menolak generalisasi. Kebenaran, lebih mengandal kan pada kemampuan fiksi persuasif, relativitas, lokal, plural, tak menentu, dan penafsiran.

    ReplyDelete
  44. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Postmodernism sifatnya ini sangat relatif, kenyataan juga sifatnya relatif, dan kedua hal it menjadi konstruk yang tidak berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Hal tersebut berkaitan dengan bagaimana kita melihat diri dan mengonstruk identitas diri yang tidak akan pernah sama dengan orang lain. Postmodernism bisa dikatakan sebagai suatu perlawanan terhadap suatu hal yang lampau dan harus diganti dengan hal yang baru karena ini tingkatannya satu tingkat lebih tinggi dari modernism.

    ReplyDelete
  45. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Moderenisme membawa reformasi di berbagai bidang yakni seni. Perdagangan , sastra dan juga filsafat. Postmoderenisme merupakan keadaan setelah adanya moderenisme sebagai salah sartu kritik yang ditimbulkan oleh adanya perang dunia II. Postmoderenisme mengacu pada keadaan yang tidak memiliki pusat, bersifat ambigu dan beragam , Terima Kasih

    ReplyDelete
  46. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Aliran Post Modernisme ini muncul sebagai reaksi terhadap modernisme dengan segala dampaknya, pengertian postmodern bukan sesuatu yang baru dalam filsafat Lyotard menjadi orang pertama yang menngintroduksikan istilah ini ke dalam filsafat.
    Tokoh-Tokoh Penting:
    a. Francois Lyotard
    b. Jacques Derrida
    c. Richard Rorty
    d. Michel Foucoult

    ReplyDelete
  47. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas yang dapat saya pahami adalah bahwa postmodernisme adalah suatu pola kebebasan yang melaman arogansi dari berbagai macam teori. Postmodernism menekankan pada kebebasan dan kreativitas. Dalam pemikiran ini subjektivitas memberikan dominasi kuat dibanding objektivitas. Postmodernisme lebih merujuk pada konsep berpikir. Ciri pemikiran di era postmodern adalah pluralitas atau keberagaman berpikir dihargai, setiap orang boleh berbicara dengan bebas sesuai pemikirannya. Postmodernisme ini berupaya untuk melakukan pembaruan yang terus-menerus dan revolusi kehidupan tidak menganggap kesejajaran antara sesamanya.

    ReplyDelete
  48. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Postmodernisme mengacu pada keadaan yang tidak memiliki hirarki pusat, bersifat ambigu, dan beragam. Postmodernisme berarti, ‘setelah modernisme’. Gerakan ini merupakan reaksi terhadap modernisme yang dipengaruhi oleh kekecewaan yang ditimbulkan oleh Perang Dunia II. Postmodernisme menentang penggunaan pemikiran logis, postmodernisme percaya bahwa tidak ada kebenaran universal. Wassalamualaikum

    ReplyDelete
  49. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Postmodernisme ini merupakan kelanjutan dari modernisme. Namun beberapa filsuf berbeda pandangan tentang maksud dari kelanjutannya. Bagi Lyotard dan Geldner, pascamodernisme adalah pemutusan secara total dari modernisme. Bagi David Graffin, pascamodernisme adalah koreksi beberapa aspek dari modernisme. Selain itu, bagi Giddens, pascamodernisme adalah bentuk modernisme yang sudah sadar diri dan menjadi bijak.

    ReplyDelete
  50. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Postmoderenisme bisa disebut pascamodernisme. Pasca berati setelah, dan modernisme yaitu modern. Jadi postmoderenisme yaitu lanjutan/ tahap selanjutna dari moderenisme. Postmodernisme dapat digambarkan sebagai seperangkat praktik kritis, strategis dan retoris yang menggunakan konsep seperti perbedaan, pengulangan, jejak, simulacrum, dan hyperreality untuk mengacaukan konsep lain.

    ReplyDelete
  51. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Posmodernisme dapat dimaknai sebagai faham yang berkembang setelah modernisme. Postmodernisme bukanlah faham tunggal sebuat teori, namun justru menghargai teori-teori yang lain yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Filsuf Lyotard dan Geldner mengatakan modernisme adalah pemutusan secara total dari modernisme. Sementara bagi David Graffin, Postmodernisme adalah koreksi beberapa aspek dari moderinisme. Sedangkan menurut Habermas, posmodernisme merupakan satu tahap dari modernisme yang belum selesai.

    ReplyDelete
  52. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Postmodern ini merupakan sebuah kritik atas realitas modernitas yang dianggap telah gagal sehingga dijadikan ketidakpercayaan pada narasi besar modernisme. Karena postmodernisme merupakan filsafat yang menegaskan bahwa tidak ada kebenaran yang obyektif atau mutlak, terutama yang terkait soal agama dan spiritualitas. Walaupun pada awalnya, kata postmodern tidak muncul dalam filsafat ataupun sosiologi tetapi wacana postmodern ini pada awalnya muncul dalam arsitektur dan kemudian juga dalam sastra.

    ReplyDelete
  53. Junianto
    PM C

    Posmodernism merupakan paham yang berkembang setelah modernism. Paham ini muncul sebagai bentuk reaksi kebebasan dalam berpikir dimana paham ini muncul karena mengaggap bahwa paham modernism terkekang oleh aturan-aturan umum. Maka dari itu, posmoderm muncul untuk memberikan kebebasan dalam berpikir, berkreativitas, berinovasi, tanpa dibatasi oleh aturan-aturan umum. Aturan yang ada dianggap bisa membatasi kreativitas manusia dalam berpikir.

    ReplyDelete
  54. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan asal katanya, pascamodernisme, berasal dari bahasa Inggris yang artinya paham (-isme) yang berkembang setelah (pasca) modern. Istilah ini muncul pertama kali pada tahun 1930 pada bidang seni oleh Federico de Onis untuk menunjukkan reaksi dari modernisme. Era postmodernisme sendiri hanya dibatasi pada akhir abad 20. Beberapa ahli terkadang menyebutkan bahwa era postmodernisme dimulai setelah Perang Dunia II berakhir karena adanya kekecewaan eksistensial akibat terjadinya Holocaust.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  55. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Dalam sumber lain, saya memperoleh pengetahuan bahwa pengertian posmodernisme memiliki dua pengertian. Para ahli teori sepakat bahwa terdapat dua pengertian postmodernisme yaitu pertama, postmodernisme sebagai reaksi terhadap estetika modernisme pada paruh pertama abad 20 dalam arsitektur, seni, dan sastra. Dan kedua, postmodernisme sebagai reaksi terhadap tradisi modernitas yang telah berlangsung lama selama Abad Pertengahan. Makna kedua seringkali disebut juga dengan postmodernity atau postmodernitas karena mengacu pada banyaknya aspek historis dan sosial postmodernisme.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  56. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Postmodernisme merupakan sebuah istilah dan sebuah fenomena kekinian yang hidup dalam alam fikiran orang orang yang mengapresiasi kehadirannya tentunya. Suatu yang dianggap cara pandang alternative dari narasi narasi besar yang telah terbentuk dalam sejarah pemikiran umat manusia sekaligus yang mencoba menggugat serta mempertanyakannya kembali. Postmodernisme hadir untuk merevisi pandangan modernisme.

    ReplyDelete
  57. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Postmodernism adalah salah satu gerakan abad ke-20 yang ditandai oleh skeptisisme, subjektivisme, atau relativisme yang luas; kecurigaan umum tentang alasan; dan sensitivitas akut terhadap peran ideologi dalam menegaskan dan mempertahankan kekuatan politik dan ekonomi. Postmodernisme merupakan reaksi terhadap modernisme. Modernisme pada umumnya didasarkan pada idealisme dan visi tentang kehidupan dan masyarakat manusia dan kepercayaan akan kemajuan.

    ReplyDelete
  58. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa postmodernisme dapat digambarkan sebagai kumpulan praktisi kritis, strategis dan retorik yang menggunakan konsep seperti perbedaan, pengulangan, jejak, simulakrum, dan realitas yang dilebih-lebihkan untuk mengacaukan konsep lain seperti, kehadiran, identitas, perkembangan sejarah, kepastian epidemik, dll.

    ReplyDelete
  59. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Postmodernism adalah paham yang memandang dunia sebagai kebebasan dan kreativitas. Kreativitas yang dimaksud adalah sikap kritis terhadap sesuatu. Paham ini memandang manusia memiliki pemikiran yang berbeda satu dengan yang lainnya sehingga apa yang diinginkannya pun juga berbeda. Sehingga manusia bebas untuk berekspresi dan menyalurkan ide pemikirannya. Karena pada dasarnya kebebasan merupakan hak individu.

    ReplyDelete
  60. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Posmodernism adalah paham yang berkembang setelah era modern dengan modernismenya. Posmodernism bukanlah paham tunggal atau sebuah teori, namun justru memayungi berbagai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Posmodernism lebih menunjuk pada konsep berpikir. Ciri pemikiran di era Posmodern ini adalah pluralitas berpikir dihargai, setiap orang boleh berbicara dengan bebas sesuai pemikirannya. Posmodernism menolak arogansi dari setiap teori, sebab setiap teori punya tolak pikir masing-masing dan hal itu berguna

    ReplyDelete
  61. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Postmodernisme merupakan faham yang berkembang setelah era modern. Postmodernisme bukanlah faham tunggal sebuat teori, namun justru menghargai teori-teori yang lain. Artinya, postmodernisme merupakan paham yang berkembang setelah modernisme. Paham modernisme cenderung merujuk pada kehidupan zaman sekarang yang penuh teknologi, sehingga postmodernisme akan lebih merujuk pada kehidupan yang sangat modern. Artinya, kita sebagai manusia hendaknya tetap mengikuti perkembangan yang ada tetapi tetap berpegang teguh pada aturan dan norma.

    ReplyDelete
  62. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Berdasarkan referensi yang Prof berikan, Posmeodernism digambarkan sebagai kumpulan dari praktek kritis, strategi dan retorikal yang menggunakan konsep perbedaan, repetisi, jejak, realitas yang dilebih-lebihkan dan sebagainya. Realitas yang dilebih-lebihkan ini seringkali terjadi pada saat ini. Hal-hal kecil yang dibesar-besarkan, blow-up media akan suatu pemberitaan baik dalam hal pemerintahan ataupun kehidupan sosial. Akan sangat berbahaya apabila dibessarkan tanpa tahu alasan sebenarnya karena akan tercipta hoax atau bahkan pergunjingan yang sangat berbahaya dan merugikan.

    ReplyDelete
  63. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Postmodernisme adalah faham yang berkembang setelah era modern dengan modernisme-nya. Postmodernisme bukanlah faham tunggal sebuat teori, namun justru menghargai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Menurut Sarup (2003: 231-232) postmodernisme adalah gerakan kultural yang semula terjadi di masyarakat Barat tetapi telah menyebar ke seluruh dunia, khususnya dalam bidang seni. Beberapa masalah pokok yang dikaitkan dengan postmodernisme dalam bidang seni, antara lain hilangnya batas-batas sekaligus hierarki antara budaya populer dengan budaya elite, budaya massa dengan budaya tinggi. Dalam karya sastra, misalnya, hilangnya batas-batas yang tegas antara seniman sebagai pencipta dengan pembaca sebagai penerima, bahkan pengarang dianggap sebagai anonimitas.

    ReplyDelete
  64. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Postmodernisme merupakan gerakan seni, arsitektur, dan kritik, yang melanjutkan modernism yang termasuk dalam pascamodernisme adalah interpretasi skeptis terhadap budaya, sastra, seni, filsafat, sejarah, ekonomi, arsitektur, fiksi, dan kritik sastra. Postmodernisme juga dikatakan mencerminkan perasaan masyarakat modern dengan rasa keterasingan, rasa tidak aman dan ketidakpastian mengenai identitasnya, sejarah, kemajuan dan kebenaran dalam dirinya. tradisi seperti agama, keluargaaan mulai memudar.

    ReplyDelete
  65. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Posmodernisme adalah paham yang menghargai teori-teori yang ada, sehingga sulit dicari titik temu diantara mereka. Posmodernisme merupakan anti tesis dari modernisme.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  66. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Postmodernisme adalah sebuah term atau istilah yang rumit. Suatu hal yang sulit, bila tidak bisa dikatakan mustahil, untuk menjelaskan postmodernisme. Tidak hanya postmodernisme bisa ditemukan dalam berbagai hal (seperti dalam seni, arsitekur, studi literatur, dan ilmu sosial), namun juga dalam berbagai hal tersebut postmodernisme dimengerti dan dijelaskan dengan berbagai cara yang berbeda.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  67. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Postmoderisme merupakan paham baru yang muncul sebagai reaksi terhadap moderimse. Pemikiran baru yang kritis, kebebasan berpendapat, krativitas, inovasi, dan segala pembaruan menjadi tagline dari aliran ini. Sebagai akibatnya kebebasan berpikir dan berkreasi menjadi ciri dari paham ini.

    ReplyDelete
  68. Gandes Sih Mustika
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241015

    Posmodernisme tidak dapat ditentukan dan disangkal. Namun Posmodernisme dapat digambarkan sebagai sekumpulan praktik kritis, strategis dan retoris seperti keberadaan, identitas, kemajuan historis, kepastian dan tidak berartinya makna. Posmodernisme dilihat sebagai bentuk kritikan terhadap modernism. Posmodernisme bukanlah paham tunggal, namun tetap menghargai teori-teori yang ada dan sulit untuk dicari titik temunya.

    ReplyDelete