Dec 2, 2012

HEGELIANISM





Ass Wr Wb
Jika ingin mendalami HEGELIANISM, silahkan konek:




Wss Wr Wb

Marsigit

7 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Hegelianisme berkembang pada abad ke 19 dan dicetuskan oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Hegel mengatakan bahwa kebenaran itu subjektif, dan dengan demikian menyangkal adanya kebenaran tertinggi di atas atau di luar akal manusia. Semua pengetahuan adalah akal manusia. Pengandaian dasar dialektika Hegel adalah rasionalisme internal, yakni pengertian bahwa keseluruhan kenyataan dipahami sebagai manifestasi ruh, senantiasa terhubung satu sama lain dengan jejaring yang tak terputus. Ketika Hegel berbicara tentang ‘ruh dunia’ atau ‘akal dunia,’ yang dimaksudkannya adalah seluruh perkataan manusia. Hegelenisme berarah maju dan diarahkan untuk memprovokasi reaksi-reaksi besar dan merupakan pemikiran yang berorientasi kepada perlawanan. Pemikiran ini memandang semua realitas mampu diekspresikan dalam kategori rasional. Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas untuk kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme absolut.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke-19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Terbentuknya hegelianisme ditandai dengan pembentukan sekolah filsafat yang terbentuk sektiar 30 tahun yang memperkuat arah filsafat Jerman. Hegelenisme berarah maju dan diarahkan untuk memprovokasi reaksi-reaksi besar dan merupakan pemikiran yang berorientasi kepada perlawanan

    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Georg Wilhelm Friedrich Hegel adalah pencetus paham hegelianisme yang merupakan gerakan filsafat yang berkembang pada abad ke 19. Paham Hegelianisme mengemukakan bahwa rasional itu bersifat nyata, yang berarti bahwa semua realitas mampu diekspresikan dalam kategori rasional. Hal ini juga berarti bahwa pemikiran akan sesuatu hal lebih mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena yang terjadi dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    filsafat Hegelianisme yaitu filsafat dengan tokoh Hegel. Hegel adalah seorah tokoh filsafat yang mengatakan bahwa semua yang mungkin ada itu memiliki sejarah. Maka filsafat sejarah itu dinamakan sebagai filsafat Hegelianisme. Bahwa sejarah itu adalah pikiran Tuhan, dinamika abadi yang merubah dunia dimana secara spiritual adalah realitas.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Hegelianisme adalah semua realitas mampu diekspresikan dalam kategori rasional. Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas untuk kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme absolut.

    ReplyDelete
  6. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena.
    Terbentuknya hegelianisme ditandai dengan pembentukan sekolah filsafat yang terbentuk sektiar 30 tahun yang memperkuat arah filsafat Jerman. Hegelenisme berarah maju dan diarahkan untuk memprovokasi reaksi-reaksi besar dan merupakan pemikiran yang berorientasi kepada perlawanan. Terdapat empat tahap pembentukan dari Hegelianisme. Pertama, terjadi di salah satu sekolah Hegelian di Jerman pada periode tahun 1827-1850. Karena sering terlibat polemik terhadap lawan-lawan pemikirannya sekolah ini kemudian terbagi menjadi 3 kelompok. Kelompok kanan yang melibatkan murid-murid asli dari Hegel, memiliki pemikiran untuk mempertahankan pemikiran aslinya yakni menentang bahwa pemikiran ini bersifat liberal dan pantaestik (berpusat kepada ketuhanan). Kelompok kiri yang berisi pemikir-pemikir muda Hegelianisme yang memiliki pemikiran bahwa pendekatan dialektik merupakan dasar dari sebuah pergerakan pemikiran dan memandang bahwa perbandingan Hegel mengenai apa yang merupakan rational dan realitas sebagai sebuah perintah untuk memajukan realitas budaya dan politik. aka, para Hegelian muda mengiterpretasi dengan sentukan revolusiner bahwa Hegelianisme memiliki unsur pantaestik, ateistik dan liberalKelompok tengah adalah kelompok yang lebih mementingkan keasilian dari Hegelianisme dan sistemnya yang signifikan dengan ketertarikan khusus terhadap permasalahan logika

    ReplyDelete
  7. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Hegelianisme ini dicetuskan oleh Hegel. Hegel mengatakan bahwa kebenaran itu subjektif dan menyangkal adanya kebenaran tertinggi di atas atau di luar akal manusia. Semua pengetahuan adalah akal manusia. Hegelianisme mengajarkan kita untuk berpikir secara produktif. Hegel meyakini bahwa dari kesadaran manusia berubah, dari satu generasi ke generasi berikutnya. Karena itu tidak ada kebenaran yang abadi, tidak ada akal yang kekal. Satu-satunya titik pasti yang dapat dijadikan pegangan bagi filsafat adalah sejarah itu sendiri. Hegel mengemukakan bahwa siapa pun yang mempelajari sejarah secara mendalam akan mengetahui bahwa suatu pemikiran akan diajukan atas dasar pemikiran-pemikiran lain. Hegel percaya bahwa individu adalah bagian organis dari masyarakat. Menurut Hegel, negara itu lebih dari individu warga negara. Ia juga lebih dari sekedar sekumpulan warga negara. Orang tidak dapat melepaskan diri dari masyarakat.

    ReplyDelete