Dec 2, 2012

HEGELIANISM





Ass Wr Wb
Jika ingin mendalami HEGELIANISM, silahkan konek:




Wss Wr Wb

Marsigit

33 comments:

  1. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Dalam karya Hegel “Fenomenologi Roh” menjelaskan bagaimana kesadaran manusia itu berkembang dalam proses dari tahapan paling rendah ke tahapan yang paling tinggi, yaitu dimulai dari kesadaran, kesadaran diri, rasio, roh, dan religius. Rasio adalah sintesis antara kesadaran dan kesadaran diri, sehingga muncul kesadaran universalitas, sedangkan roh merupakan kesadaran (universalitas) tak lain dari pada roh itu sendiri yang sadar diri. Pada tahap religius (agama), sintesis itu betul-betul dicapai.

    ReplyDelete
  2. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Georg Wilhelm Friedrich Hegel adalah pencetus paham hegelianisme yang merupakan gerakan filsafat yang berkembang pada abad ke 19. Paham Hegelianisme atau filsfat Hegel mengemukakan bahwa rasional itu bersifat nyata, yang berarti bahwa semua realitas mampu diekspresikan dalam kategori rasional. Hal ini juga berarti bahwa pemikiran akan sesuatu hal lebih mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena yang terjadi dalam kehidupan. Hegel mengatakan bahwa kebenaran itu subjektif yang artinya tidak meyakini adanya kebenaran tertinggi di atas atau di luar akal manusia. Semua pengetahuan adalah akal manusia. Filsafat Hegel mengajarkan kita untuk berpikir secara produktif. Hegel meyakini bahwa dari kesadaran manusia berubah dari satu generasi ke generasi berikutnya. Karena itu tidak ada kebenaran yang abadi, tidak ada akal yang kekal. Satu-satunya titik pasti yang dapat dijadikan pegangan bagi filsafat adalah sejarah itu sendiri.

    ReplyDelete
  3. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Hegelianism pertama kali dicetuskan oleh G.W.F.Hegel. Beliau mengatakan bahwa "Rasional itu sendiri adalah nyata", maksudnya adalah sesuatu yang rasional adalah sesuatu yang sebenarnya dan logika mampu melihat keseluruhan dari kebenaran. Hal ini bertujuan untuk mereduksi realitas ke kesatuan yang lebih sintesis dalam sistem idealisme absolut.

    ReplyDelete
  4. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Hegelianisme merupakan aliran filsafat yang berakar dari pemikiran G. Hegel, khusunya menyangkut metode dialektika. Hegel merupakan seorang filosof idealis dari Jerman. Ia menyakini bahwa jiwa adalah realitas terakhir. Ia menggunakan dialektika untuk menjelaskan pandangannya. Dialektika merupakan konsep pertentangan menuju kesatuan dimana seluruh proses yang terjadi selalu mengalami pertentangan sebelum akhirnya menuu ke sebuah kesatuan. Hegel berpendapat bahwa tugas seorang filsuf sejarah adalah menemukan rasionalitas sejarah, yakni arti dari tujuan dalam proses sejarah secara keseluruhan serta mencoba untuk menjawab apakah searah lebih dari hanya sekedar rangkaian peristiwa yang berkaitan satu sama lain. Menurut Hegel, hanya ada satu asumsi pokok dalam pendekatan sejarah, yaitu alasan atau tujuannya sehingga sejarah hadir dengan suatu proses rasional. Dengan demikian, aliran hegelianisme juga memiliki pemikiran yang berpusat pada sejarah dan logika. Hegelianisme mengutamakan realita daripada hal-hal yang dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Hegelianisme menurut KBBI adalah aliran pemikiran dalam filsafat yang berakar pada falsafah G. Hegel, khususnya yang menyangkut metode dialektika. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Segera setelah kematian Hegel, pengikut-pengikutnya terpecah menjadi aliran kiri, aliran tengah dan aliran kanan. Selain karena alasan keagamaan, perpecahan itu juga disebabkan pengaruh di bidang politik. Aliran kanan berpegang pada asas konservatif yang ada pada falsafah Hegel; sedang aliran kiri menitikberatkan pada sifat revolusioner yang terkandung dalam pemikiran Hegel.

    ReplyDelete
  6. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Pemikiran hegelianisme terfokus pada sejarah dan logika, sejarah di mana ia melihat, dalam berbagai perspektif, bahwa yang rasional adalah yang nyata dan logika di mana ia melihat bahwa kebenaran adalah keseluruhan. Metode Hegel dalam filsafat terdiri dari pengembangan triadic yang mengharapkan filsafat tidak akan bertentangan dengan pengalaman, tetapi pengalaman akan memberikan data kepada filosofis, yang merupakan penjelasan yang benar. Pertimbangan pertama dan paling luas ide yaitu mengungkapkan kepada kita kebenaran bahwa gagasan itu harus dipelajari (1) dalam dirinya sendiri, ini adalah subjek logika atau metafisika. (2) keluar dari dirinya sendiri, di alam, ini adalah subjek filsafat alam. dan (3) dalam dan untuk dirinya sendiri, sebagai pikiran, ini adalah subjek filsafat pikiran.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  7. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Hegelianisme merupakan filsafat yang dikembangkan oleh filsuf terkenal dari Stuttgart Jerman yaitu G.W.F Hegel. Pahamnya mengacu pada "the rational alone is real". Roh adalah yang pada umumnya dipandang sebagai part saja, dalam teori ini dipandang sebagai suatu poin absolut. Roh menjadi satu-satunya hal nyata yang ada di dunia. Sehingga manusia hanya dinilai sebagai suatu fase dalam perkembangan roh.
    Dalam teorinya, Hegel mendeskripsikan roh adalah kudus karena Hegel merupakan pemeluk Kristen. Namun dalam proses membaca saya mengamati bahwa pemikiran filsuf ini relevan untuk dimasukan ke dalam agama Islam. Yang Absolut merupakan Alloh, dimana memang dalam Islam Beliaulah satu-satunya yang sempurna. Hegelianisme menyebutkan bahwa seorang pelayan akan berperilaku seperti sifat tuannya. Dalam pengertian ini, Jelas umat islam pun selalu berusaha meneladani sifat-sifat Alloh, yang dipercontohkan melalui beberapa umat pilihan sebagai pencerah.

    ReplyDelete
  8. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, diketahui bahwa hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke-19 dan disahkan oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemikiran hegelianisme berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Hegel meyakini bahwa dari kesadaran manusia berubah, dari satu generasi ke generasi berikutnya. Karena itu tidak ada kebenaran yang abadi, tidak ada akal yang kekal. Satu-satunya titik pasti yang dapat dijadikan pegangan bagi filsafat adalah sejarah itu sendiri.

    ReplyDelete
  9. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Hegelianism dicetuskan oleh G.W.F.Hegel. Hegelianism berasal dari kata hegel yang berarti ruh dunia atau akal dunia. Ruh disini berupa pengetahuan dan kebudayaan manusia. Hegelianism menyangkal adanya kebenaran tertinggi di atas atau di luar akal manusia. Semua pengetahuan adalah akal manusia maka manusia harus berpikir produktif. Hegelianism berpusat kepada sejarah dan logika dan lebih mengutamakan realita.

    ReplyDelete
  10. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Hegel berpandangan bahwa manusia tidak memiliki kebebasan untuk hidup. Ia berpendapat bahwa realita kehidupan bercermin pada sejarah. Dari pemikiran Hegel tersebut dapat dikatakan bahwa Hegalianism merupakan paham yang mencoba untuk menemukan makna atau arah dalam sejarah. Adapun sejarah yang terjadi merupakan objek kajian yang rasional dan nyata, sehingga dapat kita artikan bahwa objek kajian dari sejarah dianggap sebagai keutuhan yang dapat diterima kebenarannya.

    ReplyDelete
  11. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Hegelianisme merupakan suatu gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 yang dicetuskan oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Hasil pemikirannyai berpusat kepada sejarah dan logika serta mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  12. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Berdasarkan paham Hegelianisme, Georg Hegel mengatakan bahwa kebenaran itu bersifat subjektif, dengan demikian ia menyangkal adanya kebenaran tertinggi di atas atau di luar akal manusia. Semua pengetahuan adalah akal manusia. Filsafat Hegel mengajarkan kita untuk berpikir secara produktif. Hegel juga meyakini bahwa kesadaran manusia berubah, dari satu generasi ke generasi berikutnya. Maka dari itu, tidak ada kebenaran yang abadi, tidak ada akal yang kekal. Satu-satunya titik pasti yang dapat dijadika pegangan bagi filsafat adalah sejarah itu sendiri.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  13. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Hegelianism mempunyai tokoh Georg Wilhelm Friedrich Hegel atau yang biasa dikeneal dengan Hegel. Hegel menyatakan bahwa semua yang ada itu pasti memiliki sejarah. Dan ajaran ini lebih lengkapnya menyatakan bahwa ilmu pengetahuan itu terbentuk dari sejarah, logika dan mengutamakan kehadiran realita. Artinya ilmu ini ada berdasarkan pengalaman (empiris) logis dan real (sesuai kenyataan). sesuatu dapat disampaiakan secara logis dan rassional

    ReplyDelete
  14. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Hegelianisme merupakan hasil pemikiran dari seorang filsuf bernama Georg Wihelm Friedrich Hegel. Oleh karena itu pemikiran atau lebih tepat disebut gerakan filsafat tersebut dinamakan Hegerlianisme. Hegelianisme adalah pemikiran yang berpusat kepada sejaran dan logika yang mengutamakan realita daripada hal-hal dialektia untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena.

    ReplyDelete
  15. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dalam hegelianisme terdapat tiga tahap metode dialekti Hegel. Pertama adalah tesis, yakni membangun suatu pernyataan tertentu. Kedua adalah tesis yaitu suatu pernyataan argumentatif yang menolak tesis. Dan ketiga adalah sintesis yakni upaya untuk mendamaikan ketegangan antara tesis dan antithesis. Biasanya para ahli mengaitkan konsep dialektika ini dnegan filsafat Hegel, walaupun Hegel sendiri tidak pernah secara eksplisit menyatakan argumennya melalui konsep tesis, antithesis, dan sintesis. Sebaliknya Hegel justru menyatakan, bahwa ia mendapatkan argument itu dari filsafat Kant.

    ReplyDelete
  16. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Hegelianism adalah filosofi dari G.W.F Hegel yang focus pada sejarah dan logika. Melalui pandangannya sejarahnya, ia mengungkapkan bahwa rasional adalah nyata yang berarti bahwa semua realitas atau kenyataan dapat diekspresikan secara rasional. Sedangkan logika itu seperti suatu kebenaran yang utuh. Tujuannya adalah merduksi kenyataan menjadi kesatuan yang lebih sintesis dalam system idealism absolut.

    ReplyDelete
  17. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Hegelianisme adalah gerakan filsafat yang berkembang pada abad ke 19 yang dicetuskan oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Terbentuknya hegelianisme ditandai dengan pembentukan sekolah-sekolah filsafat yang terbentuk sekitar 30 tahun yang memperkuat arah filsafat Jerman. Hegelenisme berarah maju dan diarahkan untuk memprovokasi reaksi-reaksi besar dan merupakan pemikiran yang berorientasi kepada perlawanan. Terdapat empat tahap pembentukan Hegelianisme. Pertama terjadi salah satu sekolah Hegelian di Jerman pada tahun 1827-1850. Tahap kedua (1850-1904) Hegelianisme tersebar di negara-negara lain, muncullah gerakan yang bernama neo-hegelianisme yan berpusat kapada logika dan reformasi dialektika. Tahap ketiga diawali dengan ditemukannya catatan-catatan Hegel pada masa mudanya, tahap ini kemudian disebut renaisans Hegel dan dicirikan dengan ketertarikan terhadap Pitologil dari terbitan catatan-catatan dan dari penelitian sejarah. Tahap keempat terjadi setelah perang dunia kedua, pada tahap ini dilakukan kegiatan mempelajari ulang pemikiran-pemikiran dasar dari hegelianisme pada tahap pertama.

    ReplyDelete
  18. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Menurut Wikipedia, Hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Sehingga segala sesuatu yang dianggap oleh paham hegelianisme ini adalah bukan sesuatu yang bersifat relatif atau tidak tetap melainkan sesuatu yang bersifat nyata dan sesuai realita.

    ReplyDelete
  19. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. hegeliasnisme berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. hegelianisme ditandai dengan pembentukan sekolah filsafat yang terbentuk sektiar 30 tahun yang memperkuat arah filsafat Jerman. Hegelenisme diarahkan untuk memprovokasi reaksi-reaksi besar dan merupakan pemikiran yang berorientasi kepada perlawanan. Terimakasih

    ReplyDelete
  20. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Terbentuknya hegelianisme ditandai dengan pembentukan sekolah filsafat yang terbentuk sektiar 30 tahun yang memperkuat arah filsafat Jerman. Hegelenisme berarah maju dan diarahkan untuk memprovokasi reaksi-reaksi besar dan merupakan pemikiran yang berorientasi kepada perlawanan.

    ReplyDelete
  21. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Hegelianism atau hegelianisme merupakan sala satu aliran filsafat yang lebih mengutamakan kepada sejarah, logika, dan realita untuk menjelaskan fenomena tertentu. Filsafat ini muncul pada abad ke-19, adapun tokoh dalam aliran ini adalah George Wilhelm Friedrich Hegel.

    ReplyDelete
  22. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Hegelianisme merupakan suatu paham filsafat yang sudah ada dan berkembang pada abad ke 19. Filsuf dari paham ini adalah Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Paham ini memfokuskan atau menekankan pada Pemikiran yang berpusat kepada sejarah dan logika serta mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena yang sedang terjadi. Sehingga realita itu dapat dikatakan nyata. Untuk menjelaskan suatu kejadian yang terjadi itu menggunakan dasar realita dan pemikiran yang logis.

    ReplyDelete
  23. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Metode Hegel dalam filsafat terdiri dari pengembangan triadik (Entwicklung) di setiap konsep dan setiap hal. Dengan demikian, ia berharap, filsafat tidak akan bertentangan dengan pengalaman, tetapi pengalaman akan memberikan data kepada filosofis, yang merupakan penjelasan yang akhirnya benar.

    ReplyDelete
  24. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Hegelianisme memandang tinggi idea-idea yang semakin bersifat kolektif, sebab semakin objektif sebuah idea semakin benar dan semakin reallah idea itu. Yang makin benar adalah "kita","ras", "zaman kita", "Roh dunia", dan bukan "aku" atau "pikiranku".

    ReplyDelete
  25. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Filsafat-filsafat sebelum Hegel memiliki satu kesamaan, yaitu berusaha menyelidiki dasar kesadaran manusia dan mentapkan kriteria abadi untuk apa yang diketahui manusia tentang dunia. Sementara, Hegel meyakini bahwa dasar kesadaran manusia berubah dari generasi ke generasi sehingga mustahil ada kebenaran abadi. Satu-satunya titik pasti yang dapat dijadikan pegagan adalah sejarah itu sendiri. Maksudnya, pemikiran manusia bergerak dalam konsep ruang dan waktu, berinteraksi dengan tradisi, pengalaman, serta keadaan sekitar pada waktu tertentu. Oleh karena itu manusia tidak bisa menyatakan bahwa pemikirannya selamanya benar, tetapi pemikirannya bisa jadi benar dilihat dari tempat manusia berada saat ini. Demikian, Hegel menyatakan bahwa akal itu dinamis.

    ReplyDelete
  26. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, hegelianisme mengatakan bahwa kebenaran itu subjektif, dan dengan demikian menyangkal adanya kebenaran tertinggi di atas atau di luar akal manusia. Semua pengetahuan adalah akal manusia, ungkap Hegel. Filsafat Hegel mengajarkan kita untuk berpikir secara produktif. Hegel meyakini bahwa dari kesadaran manusia berubah, dari satu generasi ke generasi berikutnya. Karena itu tidak ada kebenaran yang abadi, tidak ada akal yang kekal. Satu-satunya titik pasti yang dapat dijadika pegangan bagi filsafat adalah sejarah itu sendiri. Terimakasih

    ReplyDelete
  27. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Hegelianisme berpusat kepada sejarah dan logika serta mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Jika direfleksikan dalam kehidupan, hegelianisme lebih percaya pada hal-hal yang pasti seperti sejarah (sudah dikaji oleh banyak orang dan dapat dipastikan kebenarannya), ilmu (berdasarkan hasil penelitian, menurut pemikiran para ahli dalam jangka waktu yang lama, telah dipublikasikan, dan dapat dipertanggungjawabkan) serta realita (seperti aliran realism yang menganggap bahwa sesuatu memiliki nilai kebenaran jika dapat diamati, dilihat, disentuh) daripada hasil percapakan atau tanya jawab orang yang belum dapat dipastikan kebenarannya.

    ReplyDelete
  28. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Hegelianism merupakan pergerakan yang diprakarsai oleh Hegel pada abad ke 19. Pergerakan ini focus kepada sejarah dan logika, dimana sejarah sebagai seseutu yang dilihar dari berbagi macam perspektif dan menyatakan bahwa rasional (akal) merupakan kenyataan. “The rational is real” dan logika dilihat sebagai kebenaran yang utuh. Pendekatan filsafat yang dilakukan oleh Hegel tidak hanya berdasar pada apriori saja. Namun Hegel mengusulkan imanen (berfikir dengan diri sendiri/ subjektif) untuk mempertemukan antara filsafat dan sejarah.

    ReplyDelete
  29. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Hegelianism adalah paham yang berorientasi pada akal dan sejarah sebagai realita untuk mengetahui suatu objek atau fenomena. Hegel meyakini bahwa dasar kesadaran manusia berubah dari generasi ke generasi sehingga terjadinya perubahan pemikiran atau pola pikir. Oleh sebab itu yang dapat dijadikan suatu kesadaran yang bersifat tetap adalah sejarah itu sendiri. Maksudnya, pemikiran manusia bergerak dalam konsep ruang dan waktu, berinteraksi pengalaman, serta terus berkembang dari waktu ke watu.

    ReplyDelete
  30. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena

    ReplyDelete
  31. Heriansyah
    19701261017
    S3 PEP 2019

    Hegelianism mengatakan bahwa kebenaran itu subjektif, ia menyangkal adanya kebenaran tertinggi di atas atau di luar akal manusia. Semua pengetahuan adalah akal manusia, ungkap Hegel. Filsafat Hegel mengajarkan kita untuk berpikir secara produktif. Hegel meyakini bahwa dari kesadaran manusia berubah, dari satu generasi ke generasi berikutnya. Karena itu tidak ada kebenaran yang abadi, tidak ada akal yang kekal. Satu-satunya titik pasti yang dapat dijadika pegangan bagi filsafat adalah sejarah itu sendiri. Menurut saya pandangan Hegelianisme bertentang dengan keyakinan banyak agama. Jika akal adalah kebenaran tinggi, siapa yang membuat akal?Tentu tidak mungkin terjadi dengan sendirinya

    ReplyDelete
  32. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pend matematika D 2019

    Hegelianisme adalah ideologi filsafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel (1770-1831). Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu hal yag disbeut dengan fenomena. pemikiran Friedrich Hegel bahwa tujuan dasariah filsafat adalah mengatasi oposisi-oposisi. (Hardiman,2007 : 176). Dalam kehidupan sehari-hari kita hanya menangkap kemajemukan, pertentangan, kontradiksi, dan lain-lain. Hal-hal tersebut menimbulkan ketidakpuasan dalam pikiran dan menurut Hegel kepentingan dasar dari pikiran (rasio) adalah mengusahakan keutuhan dari oposisi-oposisi tersebut.

    ReplyDelete