Dec 2, 2012

HEGELIANISM





Ass Wr Wb
Jika ingin mendalami HEGELIANISM, silahkan konek:




Wss Wr Wb

Marsigit

36 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Hegelianisme berkembang pada abad ke 19 dan dicetuskan oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Hegel mengatakan bahwa kebenaran itu subjektif, dan dengan demikian menyangkal adanya kebenaran tertinggi di atas atau di luar akal manusia. Semua pengetahuan adalah akal manusia. Pengandaian dasar dialektika Hegel adalah rasionalisme internal, yakni pengertian bahwa keseluruhan kenyataan dipahami sebagai manifestasi ruh, senantiasa terhubung satu sama lain dengan jejaring yang tak terputus. Ketika Hegel berbicara tentang ‘ruh dunia’ atau ‘akal dunia,’ yang dimaksudkannya adalah seluruh perkataan manusia. Hegelenisme berarah maju dan diarahkan untuk memprovokasi reaksi-reaksi besar dan merupakan pemikiran yang berorientasi kepada perlawanan. Pemikiran ini memandang semua realitas mampu diekspresikan dalam kategori rasional. Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas untuk kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme absolut.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke-19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Terbentuknya hegelianisme ditandai dengan pembentukan sekolah filsafat yang terbentuk sektiar 30 tahun yang memperkuat arah filsafat Jerman. Hegelenisme berarah maju dan diarahkan untuk memprovokasi reaksi-reaksi besar dan merupakan pemikiran yang berorientasi kepada perlawanan

    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Georg Wilhelm Friedrich Hegel adalah pencetus paham hegelianisme yang merupakan gerakan filsafat yang berkembang pada abad ke 19. Paham Hegelianisme mengemukakan bahwa rasional itu bersifat nyata, yang berarti bahwa semua realitas mampu diekspresikan dalam kategori rasional. Hal ini juga berarti bahwa pemikiran akan sesuatu hal lebih mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena yang terjadi dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    filsafat Hegelianisme yaitu filsafat dengan tokoh Hegel. Hegel adalah seorah tokoh filsafat yang mengatakan bahwa semua yang mungkin ada itu memiliki sejarah. Maka filsafat sejarah itu dinamakan sebagai filsafat Hegelianisme. Bahwa sejarah itu adalah pikiran Tuhan, dinamika abadi yang merubah dunia dimana secara spiritual adalah realitas.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Hegelianisme adalah semua realitas mampu diekspresikan dalam kategori rasional. Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas untuk kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme absolut.

    ReplyDelete
  6. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena.
    Terbentuknya hegelianisme ditandai dengan pembentukan sekolah filsafat yang terbentuk sektiar 30 tahun yang memperkuat arah filsafat Jerman. Hegelenisme berarah maju dan diarahkan untuk memprovokasi reaksi-reaksi besar dan merupakan pemikiran yang berorientasi kepada perlawanan. Terdapat empat tahap pembentukan dari Hegelianisme. Pertama, terjadi di salah satu sekolah Hegelian di Jerman pada periode tahun 1827-1850. Karena sering terlibat polemik terhadap lawan-lawan pemikirannya sekolah ini kemudian terbagi menjadi 3 kelompok. Kelompok kanan yang melibatkan murid-murid asli dari Hegel, memiliki pemikiran untuk mempertahankan pemikiran aslinya yakni menentang bahwa pemikiran ini bersifat liberal dan pantaestik (berpusat kepada ketuhanan). Kelompok kiri yang berisi pemikir-pemikir muda Hegelianisme yang memiliki pemikiran bahwa pendekatan dialektik merupakan dasar dari sebuah pergerakan pemikiran dan memandang bahwa perbandingan Hegel mengenai apa yang merupakan rational dan realitas sebagai sebuah perintah untuk memajukan realitas budaya dan politik. aka, para Hegelian muda mengiterpretasi dengan sentukan revolusiner bahwa Hegelianisme memiliki unsur pantaestik, ateistik dan liberalKelompok tengah adalah kelompok yang lebih mementingkan keasilian dari Hegelianisme dan sistemnya yang signifikan dengan ketertarikan khusus terhadap permasalahan logika

    ReplyDelete
  7. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Hegelianisme ini dicetuskan oleh Hegel. Hegel mengatakan bahwa kebenaran itu subjektif dan menyangkal adanya kebenaran tertinggi di atas atau di luar akal manusia. Semua pengetahuan adalah akal manusia. Hegelianisme mengajarkan kita untuk berpikir secara produktif. Hegel meyakini bahwa dari kesadaran manusia berubah, dari satu generasi ke generasi berikutnya. Karena itu tidak ada kebenaran yang abadi, tidak ada akal yang kekal. Satu-satunya titik pasti yang dapat dijadikan pegangan bagi filsafat adalah sejarah itu sendiri. Hegel mengemukakan bahwa siapa pun yang mempelajari sejarah secara mendalam akan mengetahui bahwa suatu pemikiran akan diajukan atas dasar pemikiran-pemikiran lain. Hegel percaya bahwa individu adalah bagian organis dari masyarakat. Menurut Hegel, negara itu lebih dari individu warga negara. Ia juga lebih dari sekedar sekumpulan warga negara. Orang tidak dapat melepaskan diri dari masyarakat.

    ReplyDelete
  8. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena.
    Sehingga hasil pemikiran yang ada merupakan pengalaman dari sejarah yang sudah di pikirkan secara logis.

    ReplyDelete
  9. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Hegelianism dicetuskan oleh GWF Hegel bahwa rasional itu nyata, semua realitas dapat dikategorikan rasional. Metode Hegel meminimalisir agar filsafat tidak akan bertentangan dengan pengalaman akan tetapi memberikan data pengalaman kepada filosofi yang akhirnya menuju ke kebenaran.

    ReplyDelete
  10. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Filsafat Hegel merupakan filsafat yang mengusung suatu pengetahuan, pengenalan realitas yang menyeluruh dalam keutuhannya, dalam kesatuannya. Keutuhan dari realitas dan dinamikanya itu diterminologi dengan spirit/roh. Roh dalam pandangan Hegel adalah sesuatu yang real, kongkret, kekuatan yang objektif, menjelma dalam berbagai bentuk sebagai world of spirit (dunia roh), yang menempatkan ke dalam objek-objek khusus. Di dalam kesadaran diri, roh itu merupakan esensi manusia dan juga esensi sejarah manusia. Hegel mengatakan bahwa kebenaran itu subjektif dan menyangkal adanya kebenaran tertinggi di atas atau di luar akal manusia. Semua pengetahuan adalah akal manusia. Hegel meyakini bahwa dari kesadaran manusia berubah, dari satu generasi ke generasi berikutnya. Karena itu tidak ada kebenaran yang abadi, tidak ada akal yang kekal. Satu-satunya titik pasti yang dapat dijadikan pegangan bagi filsafat adalah sejarah.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hegelenisme yang pemikirannya berdasarkan sejarah memiliki arah maju dan diarahkan untuk memprovokasi reaksi-reaksi besar dan merupakan pemikiran yang berorientasi kepada perlawanan.
    Sehingga dalam pembentukannya terdapat kelompok-kelompok yang awalnya dalam satu kelompok kemudian berpecah untuk saling melwan dengan pemikiran-pemikirannya sendiri.

    ReplyDelete
  13. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://www.britannica.com/topic/Hegelianism, Hegelianisme, koleksi gerakan filosofis yang berkembang dari pemikiran filsuf Jerman abad ke-19 Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Istilah di sini begitu ditafsirkan untuk menyingkirkan Hegel sendiri dan untuk memasukkan, oleh karena itu, hanya gerakan Hegelian berikutnya. Dengan demikian, pemikirannya terfokus pada sejarah dan logika, sebuah sejarah di mana ia melihat, dalam berbagai perspektif, bahwa "yang rasional adalah yang sebenarnya" dan logika di mana ia melihat bahwa "kebenaran adalah keseluruhan."

    ReplyDelete
  14. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Hegel mengembangkan kerangka filosofis yang komprehensif, atau “sistem”, idealisme Absolute ke account secara terpadu dan perkembangan bagi hubungan pikiran dan alam, subyek dan obyek pengetahuan, psikologi, negara, sejarah, seni, agama, dan filsafat. Secara khusus, ia mengembangkan konsep bahwa pikiran atau roh terwujud dalam serangkaian kontradiksi dan pertentangan yang pada akhirnya terintegrasi dan bersatu, tanpa menghilangkan kedua kutub atau mengurangi satu ke yang lain.

    ReplyDelete
  15. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Hegelianisme adalah suatu pandangan filsafat yang mengikuti tokoh dialektisisme yaitu 'Hegel'. Hegel menyatakan bahwa segala sesuatu tidak ada yang bersifat absolut, karena bersifat dialektik. Semisal seorang penguasa harus dipatuhi tanpa alasan apapun, hal tersebut salah adanya karena bersifat memaksa, akan lebih baik jika dipandang secara dialektik (dua arah). Digabungkan antara pemikiran satu dengan yang lain secara dua arah yaitu antara rakyat dan penguasa, sehingga akan menghasilkan penguasa yang dikehendaki oleh rakyat, tanpa harus rakyat terpaksa untuk mematuhi.

    ReplyDelete
  16. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    filsafat Hegelianisme yaitu filsafat dengan tokoh Hegel. Hegel adalah seorah tokoh filsafat yang mengatakan bahwa semua yang mungkin ada itu memiliki sejarah. Maka filsafat sejarah itu dinamakan sebagai filsafat Hegelianisme.

    ReplyDelete
  17. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Hegelianisme adalah filsafat GWF Hegel yang dapat disimpulkan oleh diktum yang "rasional saja adalah nyata", yang berarti bahwa semua realitas mampu diekspresikan dalam kategori rasional. Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas untuk kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme mutlak.Istilah di sini ditafsirkan untuk mengecualikan Hegel sendiri dan untuk memasukkan, karena itu, hanya gerakan Hegelian berikutnya. Dengan demikian
    hegelianisme merupakan filsafat yang diajukan oleh GWF Hegel bahwa pikiran difokuskan pada sejarah dan logika, sejarah di mana kita dalam berbagai perspektif, bahwa "rasional adalah nyata" dan logika memandang bahwa "kebenaran adalah Menyeluruh."

    ReplyDelete
  18. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Hegelianism is the philosophy of G. W. F. Hegel which can be summed up by the dictum that "the rational alone is real", which means that all reality is capable of being expressed in rational categories. His goal was to reduce reality to a more synthetic unity within the system of absolute idealism.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Hegelianism

    ReplyDelete
  19. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari link yang saya baca, Hegelianisme adalah filosofi G. W. F. Hegel yang dapat disimpulkan oleh diktum bahwa rasional itu sendiri adalah nyata, yang berarti bahwa semua realitas dapat diekspresikan dalam kategori rasional. Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas ke kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme absolut.

    ReplyDelete
  20. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berdasarkan link di atas dapat kita ketahui bahwa hegelianisme diperkenalkan oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel pada abad ke 19 yang berarti gerakan filsafat yang berkembang. Pemikiran ini berpusat pada sejarah dan logika serta mengutamakan realita dari pada hal-hal yang dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Menurut Hegel, sejarah adalah perkembangan roh dalam waktu, sedangkan alam adalah perkembangan ide dalam ruang.Jika kita memahami kalimat di atas, tentu kita akan memahami filsafat sejarah Hegel. Sistem menyeluruh Hegel dibangun di atas tiga unsur utama (the great triad): Ide, Alam dan Roh. Ide dalam dirinya sendiri adalah sesuatu yang terus berkembang, dinamika realitas dari dan yang berdiri dibalik layar- atau sebelum-dunia. Antitesis dari ide yang berada di luar dirinya, yaitu Ruang, adalah Alam. Alam terus berkembang, setelah mengalami taraf perkembangan kehidupan mineral dan tumbuhan ke dalam diri manusia. Dan dalam diri manusia terdapat kesadaran yang membuat ide menjadi sadar akan dirinya sendiri. Kesadaran diri ini oleh Hegel disebut Roh, sedangkan antitesis ide dan Alam dan perkembangan dari kesadaran ini adalah sejarah.

    ReplyDelete
  21. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Berdasawkan wikipedia yang diberikan, Hegelianisme adalah gerakan filosofi yang dikenalkan oleh G. W. F. Hegel yang menyatakan bahwa rasional itu sendiri adalah nyata, yang berarti bahwa semua realitas dapat diekspresikan dalam kategori rasional. Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas ke kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme absolut. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena.

    ReplyDelete
  22. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Seringnya kita menilai bahwa benar bernilai tunggal, jika tidak benar maka bernilai salah. Hegelianism meyakini bahwa kebenaran berasal dari logika dan realita. Wajar jika hegel percaya dan berpegang teguh akan hal itu dalam meyakini suatu kebenaran karena logika dan realita bisa menjadi bukti nyata yang sangat menguatkan.

    ReplyDelete
  23. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Metode Hegel dalam filsafat terdiri dari perkembangan triad (Entwicklung) dalam setiap konsep dan setiap hal. Dengan demikian, ia berharap, filsafat tidak akan bertentangan dengan pengalaman, namun akan memberikan data pengalaman kepada filosofis, yang merupakan penjelasan yang pada akhirnya benar. Jika, misalnya, kita ingin tahu kebebasan apa, kita mengambil konsep di mana kita pertama kali menemukannya - tindakan tak terkendali dari orang buas, yang tidak merasakan kebutuhan untuk menindas setiap pikiran, perasaan, atau kecenderungan untuk bertindak. Dalam hegelianism juga terdiri dari 3 hal yaitu: Dalam dirinya sendiri (An-sich), Keluar dari dirinya sendiri (Anderssein), Dalam dan untuk dirinya sendiri (An-und-für-sich).

    ReplyDelete
  24. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Hegelianisme mengajarkan kita untuk berpikir secara produktif. bahwa kebenaran itu subjektif dengan demikian menyangkal adanya kebenaran tertinggi di atas atau di luar akal manusia. Semua pengetahuan adalah akal manusia, paham ini mengatakan bahwa ruh dunia berkembang menuju pengetahuan yang juga terus berkembang. sejarah adalah kisah tentang ruh dunia yang lambat laun mendekati kesadaran itu sendiri. Meski pun dunia itu selalu ada, kebudayaan manusia dan perkembangan manusia telah membuat ruh dunia semakin sadar akan nilainya yang hakiki.

    ReplyDelete
  25. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena.

    ReplyDelete
  26. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena.

    ReplyDelete
  27. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya memperoleh pemahaman kata baru dalam filsafat yaitu hegelianism. Dimana hegelianism ini berhubungan dengan pemikiran berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Sehingga dari sini sangat diperlukan ilmu-ilmu yang terdahulu untuk dapat mengungkapkan suatu ilmu. Selain itu hegelianism ini juga telah disebutkan mengutamakan realita daripada hal yang dialektik. Sihingga dari realita ini dapat menambah kevalidan dari sebuah ilmu yang ditemukan.

    ReplyDelete
  28. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Georg Wilhelm Friedrich Hegel adalah seorang filsuf idealis Jerman yang mencetuskan ajaran Hegelianisme dimana ajaran tersebut sangat berpengaruh pada tradisi intelektual Eropa sejak abad XIX hingga dewasa ini. Hegelianisme merupakan aliran pemikiran dalam filsafat yang berakar pada falsafah G. Hegel, khususnya yang menyangkut metode dialektika. Di sisi lain, Hegelianisme juga merupakan suatu aliran Neo-Idealisme. Hegelianisme bisa dianggap sebagai suatu kelanjutan faham Idealisme Plato. Melalui Hegelianisme, paham Idealisme Plato dilestarikan dalam sejarah pemikiran Barat. Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa Hegelianisme merupakan dasar intelektual-filosofis Nazisme yang berkembang di Jerman menjelang Perang Dunia I.

    ReplyDelete
  29. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hegelianisme adalah aliran filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Hegel mengatakan bahwa kebenaran itu subjektif, dan dengan demikian menyangkal adanya kebenaran tertinggi di atas atau di luar akal manusia. Semua pengetahuan adalah akal manusia. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena.

    ReplyDelete
  30. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Hegelianisme dikembangkan pada abad ke-19 oleh filsuf Jerman Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Aliran pemikiran dalam filsafat yang berakar pada falsafah G. Hegel, khususnya yang menyangkut metode dialektika atau nomina. Titik pandang yang mereka gunakan ialah spekulatif yang melampaui segala perspektif tertentu dan terpisah, harus memahami satu kebenaran, membawa kembali ke tengah tepat pada semua masalah logika, metafisika, filsafat alam, hukum, sejarah, dan budaya baik seni, agama, dan filsafat. Dengan demikian, pikiran difokuskan pada sejarah dan logika. Sejarah yang dilihat dalam berbagai perspektif, bahwa rasional adalah nyata. Sedangkan dalam logika dimana ia melihat bahwa kebenaran adalah seluruh.

    ReplyDelete
  31. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kebenaran itu tidak tunggal, tetapi berdasarkan logika dan realita. Mungkin inilah yang dianut oleh para hegelian. Saya menyoroti salah satu kelompok hegelian yaitu para pemikir muda Hegelian yang memiliki pemikiran bahwa pendekatan dialektik merupakan dasar dari sebuah pergerakan pemikiran dan memandang bahwa perbandingan Hegel mengenai apa yang merupakan rational dan realitas sebagai sebuah perintah untuk memajukan realitas budaya dan politik. Maka, para Hegelian muda mengiterpretasi dengan sentukan revolusiner bahwa Hegelianisme memiliki unsur pantaestik, ateistik dan liberal. Hal ini berarti rasionalitas dan realitas sangat ditekankan, terutama dalam pencapaian pengetahuan.

    ReplyDelete
  32. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Hegelianism merupakan sebuah pemikiran yang berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Hegel menganggap sejarah sebagai proses dimengerti bergerak menuju kondisi-spesifik realisasi kebebasan manusia. Hegel menganggap hubungan antara ‘tujuan’ sejarah dan perkembangan subjektif dari kesadaran individu (‘roh’) sebagai kesatuan sehingga menjadi tugas utama bagi filsafat untuk memahami tempatnya dalam menyingkap sejarah.

    ReplyDelete
  33. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Hegelianisme adalah sekolah filosofis yang didasarkan pada tulisan filsuf Idealis Jerman Georg Wilhelm Friedrich Hegel, dan tradisi filosofis yang dimulai dengan dia. Yang berpusat di Jerman pada pertengahan abad ke-19. Dia menganjurkan semacam Idealisme Mutlak yang historis dan berpikiran, di mana alam semesta akan menyadari potensi spiritualnya melalui perkembangan masyarakat manusia, dan di mana pikiran dan alam dapat dilihat sebagai dua abstraksi dari satu keseluruhan Roh yang tak terpisahkan. Hegel mengembangkan teorinya dari Idealisme Subjektif (atau Idealisme Transendental) Immanuel Kant.

    ReplyDelete
  34. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pemikiran Hegelianisme berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena.

    ReplyDelete
  35. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Hegelianisme atau metode Hegel (karena dikembangkan oleh G.W.F Hegel) dalam filsafat terdiri dari pengembangan triadic (Entwicklung) di setiap konsep dan setiap hal. Dengan demikian, ia berharap, filsafat tidak akan bertentangan pengalaman, tetapi akan memberikan data pengalaman dengan filosofis, yang merupakan penjelasan akhirnya benar.

    ReplyDelete
  36. Hegelianisme adalah gerakan dicetuskan oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel atau aliran yang bertolak pada pemikiran Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita. Rasional itu bersifat nyata, yang berarti bahwa semua realitas mampu diekspresikan dalam kategori rasional. Berpikir rasional merupakan realitas.

    ReplyDelete