Dec 2, 2012

HEGELIANISM





Ass Wr Wb
Jika ingin mendalami HEGELIANISM, silahkan konek:




Wss Wr Wb

Marsigit

66 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Hegelianisme adalah suatu pandangan filsafat yang mengikuti tokoh dialektisisme yaitu 'Hegel'. Hegel menyatakan bahwa segala sesuatu tidak ada yang bersifat absolut, karena bersifat dialektik. Semisal seorang penguasa harus dipatuhi tanpa alasan apapun, hal tersebut salah adanya karena bersifat memaksa, akan lebih baik jika dipandang secara dialektik (dua arah). Digabungkan antara pemikiran satu dengan yang lain secara dua arah yaitu antara rakyat dan penguasa, sehingga akan menghasilkan penguasa yang dikehendaki oleh rakyat, tanpa harus rakyat terpaksa untuk mematuhi.

    ReplyDelete
  2. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    filsafat Hegelianisme yaitu filsafat dengan tokoh Hegel. Hegel adalah seorah tokoh filsafat yang mengatakan bahwa semua yang mungkin ada itu memiliki sejarah. Maka filsafat sejarah itu dinamakan sebagai filsafat Hegelianisme.

    ReplyDelete
  3. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Hegelianisme adalah filsafat GWF Hegel yang dapat disimpulkan oleh diktum yang "rasional saja adalah nyata", yang berarti bahwa semua realitas mampu diekspresikan dalam kategori rasional. Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas untuk kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme mutlak.Istilah di sini ditafsirkan untuk mengecualikan Hegel sendiri dan untuk memasukkan, karena itu, hanya gerakan Hegelian berikutnya. Dengan demikian
    hegelianisme merupakan filsafat yang diajukan oleh GWF Hegel bahwa pikiran difokuskan pada sejarah dan logika, sejarah di mana kita dalam berbagai perspektif, bahwa "rasional adalah nyata" dan logika memandang bahwa "kebenaran adalah Menyeluruh."

    ReplyDelete
  4. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Hegelianism is the philosophy of G. W. F. Hegel which can be summed up by the dictum that "the rational alone is real", which means that all reality is capable of being expressed in rational categories. His goal was to reduce reality to a more synthetic unity within the system of absolute idealism.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Hegelianism

    ReplyDelete
  5. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari link yang saya baca, Hegelianisme adalah filosofi G. W. F. Hegel yang dapat disimpulkan oleh diktum bahwa rasional itu sendiri adalah nyata, yang berarti bahwa semua realitas dapat diekspresikan dalam kategori rasional. Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas ke kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme absolut.

    ReplyDelete
  6. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berdasarkan link di atas dapat kita ketahui bahwa hegelianisme diperkenalkan oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel pada abad ke 19 yang berarti gerakan filsafat yang berkembang. Pemikiran ini berpusat pada sejarah dan logika serta mengutamakan realita dari pada hal-hal yang dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Menurut Hegel, sejarah adalah perkembangan roh dalam waktu, sedangkan alam adalah perkembangan ide dalam ruang.Jika kita memahami kalimat di atas, tentu kita akan memahami filsafat sejarah Hegel. Sistem menyeluruh Hegel dibangun di atas tiga unsur utama (the great triad): Ide, Alam dan Roh. Ide dalam dirinya sendiri adalah sesuatu yang terus berkembang, dinamika realitas dari dan yang berdiri dibalik layar- atau sebelum-dunia. Antitesis dari ide yang berada di luar dirinya, yaitu Ruang, adalah Alam. Alam terus berkembang, setelah mengalami taraf perkembangan kehidupan mineral dan tumbuhan ke dalam diri manusia. Dan dalam diri manusia terdapat kesadaran yang membuat ide menjadi sadar akan dirinya sendiri. Kesadaran diri ini oleh Hegel disebut Roh, sedangkan antitesis ide dan Alam dan perkembangan dari kesadaran ini adalah sejarah.

    ReplyDelete
  7. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Berdasawkan wikipedia yang diberikan, Hegelianisme adalah gerakan filosofi yang dikenalkan oleh G. W. F. Hegel yang menyatakan bahwa rasional itu sendiri adalah nyata, yang berarti bahwa semua realitas dapat diekspresikan dalam kategori rasional. Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas ke kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme absolut. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena.

    ReplyDelete
  8. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Seringnya kita menilai bahwa benar bernilai tunggal, jika tidak benar maka bernilai salah. Hegelianism meyakini bahwa kebenaran berasal dari logika dan realita. Wajar jika hegel percaya dan berpegang teguh akan hal itu dalam meyakini suatu kebenaran karena logika dan realita bisa menjadi bukti nyata yang sangat menguatkan.

    ReplyDelete
  9. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Metode Hegel dalam filsafat terdiri dari perkembangan triad (Entwicklung) dalam setiap konsep dan setiap hal. Dengan demikian, ia berharap, filsafat tidak akan bertentangan dengan pengalaman, namun akan memberikan data pengalaman kepada filosofis, yang merupakan penjelasan yang pada akhirnya benar. Jika, misalnya, kita ingin tahu kebebasan apa, kita mengambil konsep di mana kita pertama kali menemukannya - tindakan tak terkendali dari orang buas, yang tidak merasakan kebutuhan untuk menindas setiap pikiran, perasaan, atau kecenderungan untuk bertindak. Dalam hegelianism juga terdiri dari 3 hal yaitu: Dalam dirinya sendiri (An-sich), Keluar dari dirinya sendiri (Anderssein), Dalam dan untuk dirinya sendiri (An-und-für-sich).

    ReplyDelete
  10. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Hegelianisme mengajarkan kita untuk berpikir secara produktif. bahwa kebenaran itu subjektif dengan demikian menyangkal adanya kebenaran tertinggi di atas atau di luar akal manusia. Semua pengetahuan adalah akal manusia, paham ini mengatakan bahwa ruh dunia berkembang menuju pengetahuan yang juga terus berkembang. sejarah adalah kisah tentang ruh dunia yang lambat laun mendekati kesadaran itu sendiri. Meski pun dunia itu selalu ada, kebudayaan manusia dan perkembangan manusia telah membuat ruh dunia semakin sadar akan nilainya yang hakiki.

    ReplyDelete
  11. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena.

    ReplyDelete
  12. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena.

    ReplyDelete
  13. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya memperoleh pemahaman kata baru dalam filsafat yaitu hegelianism. Dimana hegelianism ini berhubungan dengan pemikiran berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Sehingga dari sini sangat diperlukan ilmu-ilmu yang terdahulu untuk dapat mengungkapkan suatu ilmu. Selain itu hegelianism ini juga telah disebutkan mengutamakan realita daripada hal yang dialektik. Sihingga dari realita ini dapat menambah kevalidan dari sebuah ilmu yang ditemukan.

    ReplyDelete
  14. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Georg Wilhelm Friedrich Hegel adalah seorang filsuf idealis Jerman yang mencetuskan ajaran Hegelianisme dimana ajaran tersebut sangat berpengaruh pada tradisi intelektual Eropa sejak abad XIX hingga dewasa ini. Hegelianisme merupakan aliran pemikiran dalam filsafat yang berakar pada falsafah G. Hegel, khususnya yang menyangkut metode dialektika. Di sisi lain, Hegelianisme juga merupakan suatu aliran Neo-Idealisme. Hegelianisme bisa dianggap sebagai suatu kelanjutan faham Idealisme Plato. Melalui Hegelianisme, paham Idealisme Plato dilestarikan dalam sejarah pemikiran Barat. Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa Hegelianisme merupakan dasar intelektual-filosofis Nazisme yang berkembang di Jerman menjelang Perang Dunia I.

    ReplyDelete
  15. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hegelianisme adalah aliran filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Hegel mengatakan bahwa kebenaran itu subjektif, dan dengan demikian menyangkal adanya kebenaran tertinggi di atas atau di luar akal manusia. Semua pengetahuan adalah akal manusia. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena.

    ReplyDelete
  16. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Hegelianisme dikembangkan pada abad ke-19 oleh filsuf Jerman Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Aliran pemikiran dalam filsafat yang berakar pada falsafah G. Hegel, khususnya yang menyangkut metode dialektika atau nomina. Titik pandang yang mereka gunakan ialah spekulatif yang melampaui segala perspektif tertentu dan terpisah, harus memahami satu kebenaran, membawa kembali ke tengah tepat pada semua masalah logika, metafisika, filsafat alam, hukum, sejarah, dan budaya baik seni, agama, dan filsafat. Dengan demikian, pikiran difokuskan pada sejarah dan logika. Sejarah yang dilihat dalam berbagai perspektif, bahwa rasional adalah nyata. Sedangkan dalam logika dimana ia melihat bahwa kebenaran adalah seluruh.

    ReplyDelete
  17. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kebenaran itu tidak tunggal, tetapi berdasarkan logika dan realita. Mungkin inilah yang dianut oleh para hegelian. Saya menyoroti salah satu kelompok hegelian yaitu para pemikir muda Hegelian yang memiliki pemikiran bahwa pendekatan dialektik merupakan dasar dari sebuah pergerakan pemikiran dan memandang bahwa perbandingan Hegel mengenai apa yang merupakan rational dan realitas sebagai sebuah perintah untuk memajukan realitas budaya dan politik. Maka, para Hegelian muda mengiterpretasi dengan sentukan revolusiner bahwa Hegelianisme memiliki unsur pantaestik, ateistik dan liberal. Hal ini berarti rasionalitas dan realitas sangat ditekankan, terutama dalam pencapaian pengetahuan.

    ReplyDelete
  18. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Hegelianism merupakan sebuah pemikiran yang berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Hegel menganggap sejarah sebagai proses dimengerti bergerak menuju kondisi-spesifik realisasi kebebasan manusia. Hegel menganggap hubungan antara ‘tujuan’ sejarah dan perkembangan subjektif dari kesadaran individu (‘roh’) sebagai kesatuan sehingga menjadi tugas utama bagi filsafat untuk memahami tempatnya dalam menyingkap sejarah.

    ReplyDelete
  19. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Hegelianisme atau metode Hegel (karena dikembangkan oleh G.W.F Hegel) dalam filsafat terdiri dari pengembangan triadic (Entwicklung) di setiap konsep dan setiap hal. Dengan demikian, ia berharap, filsafat tidak akan bertentangan pengalaman, tetapi akan memberikan data pengalaman dengan filosofis, yang merupakan penjelasan akhirnya benar.

    ReplyDelete
  20. Hegelianisme adalah gerakan dicetuskan oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel atau aliran yang bertolak pada pemikiran Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita. Rasional itu bersifat nyata, yang berarti bahwa semua realitas mampu diekspresikan dalam kategori rasional. Berpikir rasional merupakan realitas.

    ReplyDelete
  21. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Dari sumber yang Bapak berikan, dapat saya maknai bahwa Hegelianisme merupakan gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika yang mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Sehingga, pemikirannya terfokus pada sejarah dan logika. Sejarah yaitu di mana ia melihat dalam berbagai perspektif. Segala sesuatu yang rasional adalah yang sebenarnya. Dan kebenaran meruapak suatu keseluruhan.

    ReplyDelete
  22. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, Hegelianisme adalah ideologi filsafat yang berkembang pada abad ke 19 dan dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel (1770-1831). Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu hal yag disbeut dengan fenomena. pemikiran Friedrich Hegel bahwa tujuan dasariah filsafat adalah mengatasi oposisi-oposisi. (Hardiman,2007 : 176). Dalam kehidupan sehari-hari kita hanya menangkap kemajemukan, pertentangan, kontradiksi, dan lain-lain. Hal-hal tersebut menimbulkan ketidakpuasan dalam pikiran dan menurut Hegel kepentingan dasar dari pikiran (rasio) adalah mengusahakan keutuhan dari oposisi-oposisi tersebut.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.
    Hardiman, F. B. (2007). Filsafat Modern. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

    ReplyDelete
  23. Ada perasaan aneh yang saya rasakan ketika memiliki kesempatan masuk pada postingan ini. Aneh, karena sepertinya saya merasakan dua rasa yang berbeda dala momen yang hampir sekali waktu. Pertama, adalah senang. Saya sangat senang tepatnya, menjumpai judul "hegelianism" yang saya sendiri benar-benar baru pertama kali melihatnya. Maka adalah senang yang saya rasa, karena saya akan segera menerima ilmu yang baru. Kedua, bingun dan takut. Karena ini adalah hal baru, saya merasa bingung, saya juga merasa takut, jika saya tidak mampu mengejar ilmu ini. Tapi, mari kita berupaya. Jangan lupa diiringi dengan doa, agar kita senantiasa dala lindungan-Nya.
    "Hegelianism", berdasarkan sumber yang saya baca, saya melihat bahwa "hegelianism" memandang bahwa semua kenyataan diekpresikan dalam kategori yang rasional. "Yang rasional adalah yang sebenarnya". Sungguh, ini masih menjadi satu bahan kajian yang sangat sulit untuk saya pahami. Terkait dengan definisi yang menyampaikan bahwa semua kenyataan diekspresikan sebagai sesuatu yang rasional. Lantas kenyataan yang irasional itu apakah termasuk dalam "kenyataan" atau tidak. Dan bagaimana hegelianism memandang itu semua? Terimakasih, mhon pencerahannya

    ReplyDelete
  24. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Hegel adalah seorang filsuf yang bernama lengkap Georg Wilhelm Friedrich Hegel, terkenal dengan tori-teori sejarahnya, salah satu ungkapannya yang terkenal adalah "we learn from history that we do not learn from history". jadi hegelianism adalah aliran filsafat dari hegel, ungkapan dari hegel yang terkenal selain ungkapan diatas adalah "what is reasonable is real, that is real is reasonable", ungkapan tersebut juga dimuat dalam link https://en.wikipedia.org/wiki/Hegelianism dalan kalimat yang berbeda yaitu "the rational alone is real".

    ReplyDelete
  25. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Hegelianism mempunyai tokoh Georg Wilhelm Friedrich Hegel atau yang biasa dikeneal dengan Hegel. Hegel menyatakan bahwa semua yang ada itu pasti memiliki sejarah. Dan ajaran ini lebih lengkapnya menyatakan bahwa ilmu pengetahuan itu terbentuk dari sejarah, logika dan mengutamakan kehadiran realita. Artinya ilmu ini ada berdasarkan pengalaman (empiris) logis dan real (sesuai kenyataan). sesuatu dapat disampaiakan secara logis dan rassional.

    ReplyDelete
  26. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Hegelianisme merupakan aliran filsafat yang berakar dari pemikiran G. Hegel, khusunya menyangkut metode dialektika. Hegel merupakan seorang filosof idealis dari Jerman. Ia menyakini bahwa jiwa adalah realitas terakhir. Ia menggunakan dialektika untuk menjelaskan pandangannya. Dialektika merupakan konsep pertentangan menuju kesatuan dimana seluruh proses yang terjadi selalu mengalami pertentangan sebelum akhirnya menuu ke sebuah kesatuan. Hegel berpendapat bahwa tugas seorang filsuf sejarah adalah menemukan rasionalitas sejarah, yakni arti dari tujuan dalam proses sejarah secara keseluruhan serta mencoba untuk menjawab apakah searah lebih dari hanya sekedar rangkaian peristiwa yang berkaitan satu sama lain. Menurut Hegel, hanya ada satu asumsi pokok dalam pendekatan sejarah, yaitu alasan atau tujuannya sehingga sejarah hadir dengan suatu proses rasional. Dengan demikian, aliran hegelianisme juga memiliki pemikiran yang berpusat pada sejarah dan logika. Hegelianisme mengutamakan realita daripada hal-hal yang dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena.

    ReplyDelete
  27. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Hegealisme dapat dimaknai sebagai paham yang berpusat pada logika namun mengutamakan realita juga. Jadi berdasarkan pengertian tersebut dapat saya simplkan bahwa hegelianisme merupkan gabunga dari idealisme dan realsime. Dala hegealisme realita digunakan untuk mendapatkan ide dari suatu fenomena. Sehingga baik idealisem maupun realisme saling beerja sama. Dalam hal ini apabila dikaitkan dengan pembelajaran dapat dianalogikan sebagai aplikasi pembelajaran matematika dlaam kehidupan sehari-hari. Contohnya saat diberikan soal mengenai kehidupan sehari-hari maka ukuran yang ada di soal harus proporsi dan sesuai apabila terdapat dalam kenyataan. Agar secara logika dapat dibayangkan dan realita dapat ditemukan.

    ReplyDelete
  28. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Pandangan Hegel berfokus pada logika. Logika itu sendiri memiliki kategori pada wadah dan isinya. Tentunya setiap orang memiliki wadah dan isi logika yang berbeda. Perbedaan tersebut dikarenakan dimensi dari tiap-tiap individu juga berbeda-beda. Banyak hal yang dapat mempengaruhinya salah satunya tahap perkembangan individu itu sendiri. Semakin ia beranjak pada tahap dewasa maka sejarah yang sudah dilalui tidaklah sama dengan individu yang berada pada tahap perkembangan di bawahnya. Pola pikir juga akan terbentuk seiring perjalanan waktu. Tidaklah dapat dipungkiri bahwa pengalaman yang dirasakan amatlah banyak pada orang-orang yang berada pada usia dewasa bahkan lansia. Inilah bukti bahwa kehidupan itu bersifat dinamis.

    ReplyDelete
  29. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Hegelianism, sepertinya paham ini yang mencetuskan adalah filsuf Hegel. Dari beberapa sumber yang saya baca, hegelianism adalah paham atau pemikiran yang berpusat pada sejarah dan logika dan juga mengutamakan realita. Paham yang dicetuskan oleh Hegel terkenal sebagai paham yang sulit dipahami diantara paham dari filsuf-filsuf lainnya karena pemikiran Hegel sulit untuk dipahami. Hegel menjelaskan bahwa sesuatu yang nyata atau realita adalah rasional, dan sesuatu yang rasional adalah nyata atau realita.

    ReplyDelete
  30. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Hegel merupakan salah satu filsuf yang menganalisis gagasan-gagasan tentang sejarah. Menurut pandangan Hegel, Roh yang memikirkan dirinya sendiri adalah realitas yang terdapat proses pengenalan diri yang terjadi melalui kesadaran diri manusia. Filsafat yang dicetuskan oleh hegel dianggap sebagai titik puncak perkembangan idealism di Jerman sehingga filsafatnya dianggap merupakan salah satu dari sistem-sistem pemikiran yang paling berpengaruh pada abad ke-19. Banyak yang beranggapan bahwa tanpa Hegel, Marxisme tak akan terbayangkan. Saat ini, filsafat memberi pengaruh yang cukup luas ke arah teori sosial, sejarah dan hukum.

    ReplyDelete
  31. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Hegelianime adalah suatu paham tentang proes pemikiran. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Filsafat Hegel mengajarkan kita untuk berpikir secara produktif. Hegel meyakini bahwa dari kesadaran manusia berubah, dari satu generasi ke generasi berikutnya. Karena itu tidak ada kebenaran yang abadi, tidak ada akal yang kekal. Satu-satunya titik pasti yang dapat dijadika pegangan bagi filsafat adalah sejarah itu sendiri.

    ReplyDelete
  32. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Hegelianisme merupakan suatu pemikiran yang berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Pemikiran hegelianisme menentang bahwa pemikiran ini bersifat liberal dan pantaestik (berpusat kepada ketuhanan). Paham hegel ini tidak meyakini adanya kekekalan, paham ini memiliki kebenaran apabila suatu pemikiran tersebut sudah melewati kejadian-kejadian yang dijadikan sebuah sejarah.

    ReplyDelete
  33. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Sejujurnya ini merupakan suatu hal yang asing dan baru bagi saya mengenai istilah Hegelianisme.Setelah saya membaca tenyata Hegelianisme yang mepunyai tekad atau niat untuk mengembalikan ruh filsafat dalam memahami kebenaran dari berbagai perspektif yang berbeda-beda mulai dari logika, metafisika, hukum, politik dan budaya.Pertama-tama ia mencoba mamahami dirinya sendiri dengan batin dan kesadarannya serta menjauhkan diri dari berbagai intimidasi yang dapat mempengaruhi dirinya.Namun saya menemukan ini berarti ada kaitannya dengan kebenaran murni karena sumber rujukannya pada kesadaran meskipun untuk menyelesaikan masalah dengan mengawalinya pada dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Hegelianisme merupakan pandangan filsafat yang fokus pada sejarah dan logika. Pandangan ini dipelopori oleh hegel, diketahui bahwa hegel merupakan tokoh realism.Oleh karena itu, hegelisme juga melihat bahwa berbagai perspektif bahwa yang rasional adalah yang sebenarnya , pandangan logika bahwa kebenaran bersifat kesuluruhan. Memperlajari pandangan ini mengingatkan kami apa yang dikatakan soekarno “JAS MERAH” jangan lupakan sejarah, dimana pemikiran dan pandangan seseorang dapat dipengaruho oleh pengalaman, empirisme yang telah dialami entah secara pribadi atau meneladani niali-nilai dari sejarah tersebut. Terima Kasih

    ReplyDelete
  36. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Hegelianisme adalah filsafat G. W. F. Hegel yang dapat disimpulkan oleh diktum bahwa "rasional itu sendiri adalah nyata", yang berarti bahwa semua kenyataan dapat diekspresikan dalam kategori rasional. Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas ke kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme absolut.
    Metode Hegel dalam filsafat terdiri dari pengembangan triadik (Entwicklung) dalam setiap konsep dan setiap hal. Dengan demikian, ia berharap, filsafat tidak akan bertentangan dengan pengalaman, namun akan memberikan data pengalaman kepada filosofis, yang merupakan penjelasan yang akhirnya benar. Jika misalnya, kita ingin tahu kebebasan apa, kita mengambil konsep di mana kita pertama kali menemukannya, tindakan liar yang tidak terkendali, yang tidak merasakan kebutuhan untuk menindas setiap pikiran, perasaan, atau kecenderungan untuk bertindak.

    ReplyDelete
  37. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Hegelianisme adalah filsafat G. W. F. Hegel yang dapat disimpulkan oleh diktum bahwa "rasional itu sendiri adalah nyata", yang berarti bahwa semua kenyataan dapat diekspresikan dalam kategori rasional. Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas ke kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme absolut.
    Metode Hegel dalam filsafat terdiri dari pengembangan triadik (Entwicklung) dalam setiap konsep dan setiap hal. Dengan demikian, ia berharap, filsafat tidak akan bertentangan dengan pengalaman, namun akan memberikan data pengalaman kepada filosofis, yang merupakan penjelasan yang akhirnya benar. Jika misalnya, kita ingin tahu kebebasan apa, kita mengambil konsep di mana kita pertama kali menemukannya, tindakan liar yang tidak terkendali, yang tidak merasakan kebutuhan untuk menindas setiap pikiran, perasaan, atau kecenderungan untuk bertindak.

    ReplyDelete
  38. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa hegelianisme adalah filsafat yang dikemukakan oleh G.W.F. Hegel yang menyatakan bahwa rasional sendiri adalah nyata atau riil. Hal ini berarti bahwa realitas atau kebenaran dapat dinyatakan dalam kategori rasional. Tujuan Hegel adalah untuk mengerucutkan realitas/kebenaran ke dalam satuan yang lebih sintetis.

    ReplyDelete
  39. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan sumber pada wiwkipedia, hegelianism merupakan pemikiran yang berpusat kepada sejarah dan logika yang mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Pencetus hegelianism adalah Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Di dalam filsafat tema subyektivitas adalah tema yang sudah berumur ratusan tahun, jauh sebelum masa hidup Hegel. Para filsuf modern seperti Kant dan Descartes merefleksikannya secara sistematis dan mendalam. Namun menurut Hegel refleksi filsafat tentang subyektivitas di dalam filsafat Kant maupun Descartes masih terjebak pada kesalahpahaman dan inkoherensi.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  40. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Melanjutka komentar saya yang sebelumnya mengenai pemikiran Hegel, metode dialektik Hegel terdiri dari tiga tahap. Yang pertama adalah tesis, yakni membangun suatu pernyataan tertentu. Yang kedua adalah antitesis, yakni suatu pernyataan argumentatif yang menolak tesis. Dan yang ketiga adalah sintesis, yakni upaya untuk mendamaikan tegangan antara tesis dan antitesis. Biasanya para ahli mengaitkan konsep dialektika ini dengan filsafat Hegel, walaupun Hegel sendiri tidak pernah secara eksplisit menyatakan argumennya melalui konsep tesis, antitesis, dan sintesis. Sebaliknya Hegel justru menyatakan, bahwa ia mendapatkan argumen itu dari filsafat Kant. Lepas dari itu metode dialektik memang nantinya menjadi sangat populer di tangan para filsuf Idealisme Jerman, terutama di dalam pemikiran Hegel.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  41. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas dapat saya pahami bahwa Hegelianisme memandang bahwa manusia tidak memiliki kebebasan untuk hidup, menurut paham hegelianisme, realita kehidupan bercermin pada sejarah. Pandangan ini mengesampikan peran nyata manusia dalam menjalani kehidupannya untuk memperoleh kebebasan yang bertanggung jawab. Setiap manusia bebas menentukan pilihan hidupnya, agar manusia tersebut bisa memahami makna dan alasan mereka diberi kesempatan hidup di dunia ini oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
  42. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Karena keterbatasan ilmu saya, saya kurang dapat memahami hegelianisme, mohon bimbingan dan koreksi Prof. Marsigit apabila terdapat kesalahan refleksi. Hegelenisme berarah maju dan diarahkan untuk memprovokasi reaksi-reaksi besar dan merupakan pemikiran yang berorientasi kepada perlawanan. Pemikiran ini memandang semua realitas mampu diekspresikan dalam kategori rasional. Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas untuk kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme absolut. Hegelianisme dicetus oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Wassalamu’alaikum

    ReplyDelete
  43. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Hegelianisme merupakan filsafat Hegel. Dalam Hegelianism terdapat dictum bahwa rasional itu sendiri dalah nyata yang berarti bahwa semua kenyataan dapat diekspresikan dalam kategori rasional. Hegelianisme merupakan paham dimana filsafat tidak bertentangan dengan pengalaman, namun memberikan data pengalaman kepada filosofis, yang merupakan penjelasan yang akhirnya benar. Dalam pemhaman saya, Hegelianisme terkait dengan realisme.

    ReplyDelete
  44. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Hegelianisme adalah aliran filsafat yang dicetuskan oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Paham hegelianisme tersebut berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Tujuan dari helelianisme adalah untuk mengurangi realitas ke kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme absolut.

    ReplyDelete
  45. Junianto
    PM C

    Hegelianism merupakan pandangan yang berasala dari konsep-konsep yang dikemukakan oleh filsuf Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Paham ini berpusat pada sejarah, logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Oleh karena itu, hasil pemikiran-pemikiran yang ada merupakan pengalaman dari sejarah yang sudah dipikirakan secara logis.

    ReplyDelete
  46. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Hegelianisme adalah salah satu aliran yang dipelopori oleh GWF Hegel yang mengartikan bahwa “rasional itu sendiri adalah nyata”, yang berarti bahwa semua kenyataan dapat diekspresikan dalam kategori rasional. Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas ke kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme absolut.

    ReplyDelete
  47. Latifah Fitriasari
    PM C

    Perumpamaan seorang yang progresif dalam berfikir dan bertindak,meskipun tidak reaksioner dalam bersikap terhadap realitas biasa disebut Hegelianisme. Dalam hal ini penggunaan istilah ruhdunia, tapi dalam suatu pengertian baru. Ketika Hegel berbicara tentang ruh dunia atau akal dunia, yang dimaksudkannya adalah seluruh perkataan manusia, sebab hanya manusia yang mempunyai ruh

    ReplyDelete
  48. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Filsafat Hegel merupakan filsafat yang mengusung suatu pengetahuan, pengenalan realitas yang menyeluruh dalam keutuhannya, dalam kesatuannya. Keutuhan dari realitas dan dinamikanya itu diterminologi dengan spirit/roh. Roh dalam pandangan Hegel adalah sesuatu yang real, kongkret, kekuatan yang objektif, menjelma dalam berbagai bentuk sebagai world of spirit (dunia roh), yang menempatkan ke dalam objek-objek khusus. Di dalam kesadaran diri, roh itu merupakan esensi manusia dan juga esensi sejarah manusia. Hegel mengatakan bahwa kebenaran itu subjektif dan menyangkal adanya kebenaran tertinggi di atas atau di luar akal manusia. Semua pengetahuan adalah akal manusia. Hegel meyakini bahwa dari kesadaran manusia berubah, dari satu generasi ke generasi berikutnya. Karena itu tidak ada kebenaran yang abadi, tidak ada akal yang kekal. Satu-satunya titik pasti yang dapat dijadikan pegangan bagi filsafat adalah sejarah.

    ReplyDelete
  49. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Hegel adalah seorah tokoh filsafat yang mengatakan bahwa semua yang mungkin ada itu memiliki sejarah. Dialektika menurut Hegel adalah dua hal yang dipertentangkan lalu didamaikan, atau biasa dikenal dengan tesis (pengiyaan), antitesis (pengingkaran)dan sintesis (kesatuan kontradiksi). Pengiyaan harus berupa konsep pengertian yang empiris indrawi. Sedangkan, pengingkaran adalah konsep pengertian pertama (pengiyaan) dilawanartikan, sehingga muncul konsep pengertian kedua yang kosong, formal, tak tentu, dan tak terbatas.

    ReplyDelete
  50. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Berdasarkan sumber di atas, hegelianisme adalah filsafat G. W. F. Hegel yang mengatakan bahwa rasional itu sendiri adalah nyata. Hal ini berarti semua kenyataan dapat diekspresikan dalam kategori rasional. Ini artinya, semua kenyataan atau fakta yang didukung dengan data-data dapat disajikan secara rasional. Tambahan lagi, informasi yang belum diketahui benar atau salahnya karena tidak ada bukti atau fakta-fakta yang mendukung tidak dapat dipandang secara rasional. Oleh karena itu, seyogyanyalah kita menginformasikan hal-hal yang sudah terbukti kebenarannya berdasarkan bukti-bukti yang ada.

    ReplyDelete
  51. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Hegelianisme adalah gerakan dicetuskan oleh Georg Wilhelm Friedrich Hegel atau aliran yang bertolak pada pemikiran Hegel. Pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita. Rasional itu bersifat nyata, yang berarti bahwa semua realitas mampu diekspresikan dalam kategori rasional. Berpikir rasional merupakan realitas.

    ReplyDelete
  52. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Sesuai namanya, hegelianism dicetuskan oleh G. W. F. Hegel. Ia menyatakan bahwa "rasional itu sendiri adalah nyata", yang berarti bahwa semua kenyataan dapat diekspresikan dalam kategori rasional. Atau bisa juga disebut "yang rasional adalah yang sebenarnya" dan logika di mana ia melihat bahwa "kebenaran adalah keseluruhan”.
    Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas ke kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme absolut.

    ReplyDelete
  53. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Menurut sejarahnya, hegelianisme adalah gerakan filasafat yang berkembang pada abad ke 19. Pencetus dari filsafat hegelianism sendiri adalah Georg Wilhelm Friedrich Hegel. Pemahaman yang diberikan dari Georg Wilhelm Friedrich Hegel adalah bahwasannya pemikiran ini berpusat kepada sejarah dan logika dan mengutamakan realita daripada hal-hal dialektik untuk menguasai ide absolut mengenai suatu fenomena. Sehingga pemikiran yang logis dari suatu sejarah atau pengalaman hasil dari pemikiran yang ada.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  54. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Helegianisme merupakan salah satu filsafat yang diberi nama sesuai dengan nama tokoh filsafatnya. Hegelianisme berasal dari kata Hegel. Hegel adalah seorah tokoh filsafat yang mengatakan bahwa semua yang mungkin ada itu memiliki sejarah. Maka filsafat sejarah itu dinamakan sebagai filsafat Hegelianisme.

    ReplyDelete
  55. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Berdasarkan sumber yang Bapak berikan, Hegelianisme adalah filsafat Hegel yang dapat disimpulkan oleh diktum bahwa "rasional itu sendiri adalah nyata". Artinya bahwa semua kenyataan dapat diekspresikan dalam kategori rasional. Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas ke kesatuan yang lebih sintetis dalam sistem idealisme absolut.

    ReplyDelete
  56. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Menurut KBBI hegelianisme berarti aliran pemikiran dalam filsafat yang berakar pada falsafah G. Hegel, khususnya yang menyangkut metode dialektika. Hegel adalah seorah tokoh filsafat yang mengatakan bahwa semua yang mungkin ada itu memiliki sejarah. Maka filsafat sejarah itu dinamakan sebagai filsafat Hegelianisme.

    ReplyDelete
  57. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Hegelianisme adalah filosofi GWF Hegel yang dapat disimpulkan bahwa rasional adalah nyata, yang berarti bahwa semua realitas mampu diekspresikan dalam kategori rasional. Tujuannya adalah untuk mengurangi realitas kesatuan yang lebih sintesis dalam sistem idealisme mutlak.

    ReplyDelete
  58. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Metode Hegel dalam filsafat terdiri dari triadic develovement dalam setiap konsep dan dalam setiap hal. Maka dengan demikian diharapkan bahwa filsafat tidak akan bertentangan dengan pengalaman melainkan memberikan pengalaman kepada filosofis. Contohnya : bila ingin memahami tentang apa itu “kebebasan” , maka konsep yang pertama kali ditemukan adalah seperti: suatu tindakan liar yang tidak terkendali, perasaan dimana tidak memiliki tekanan pemikiran, suatu perasaan, atau suatu kecenderungan untuk bertindak.

    ReplyDelete
  59. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Secara sederhana saya berusaha menyimpulkan dari apa yang saya baca, paham Hegelianisme ini menitik beratkan pada peanan sejarah, logika dan realita dalam memandang sesuatu, dalam berpikir, dan menentukan setiap hal. Sejarah dan pengalaman memeiliki peran besar dalam pola pikir. Dari sejarah dan pengalaman manusia berusaha memikirkannya secara logis, kemudian pikiran ini digunakan dalam memandang suatu fenomena.

    ReplyDelete
  60. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Hegelianisme adalah sebuah paham yang pmikirannya terfokus pada pengalaman dan logika. Pengalaman di mana ia melihat dari berbagai perspektif. Jadi orang yang memiliki paham hegelianisme ini selalu melihat/berlandasan dengan pengalamannya. Pengalaman yang menurut mereka benar secara logis, maka akan dijadikan landasan untuk menjalankan kehidupan kedepannya. Dengan pengalaman itu ia bisa memutuskan sesuatu, menjalankan kehidupan sesuai pemikirannya.

    ReplyDelete
  61. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Kita sering menilai bahwa kebenaran itu sifatnya tunggal. Jika tidak benar maka tentulah ia salah. Padangan hegelisme ini menyakini bahwa kebenaran itu harus berasal dari logika dan realita. Bukti nyata memang sangat menguatkan, sehingga wajar kiranya jika hegel percaya dan berpegang teguh akan hal itu dalam meyakini suatu kebenaran.

    ReplyDelete
  62. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  63. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Filsafat hegel memandang bahwa sesuatu yang rasional itu adalah nyata. Sesuatu yang rasional adalah sesuatu yang logis menurut pikiran dan sudah melalui pertimbangan akal sehat. Jika sesuatu tidak logis maka bisa dikatakan tidak rasional sehingga tidak nyata. Contohnya berkaitan dengan dunia supranatural, karena tidak logis maka menurut paham ini dikatakan tidak nyata.

    ReplyDelete
  64. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Hegelianism merupakan pemikiran dalam filsafat yang berakar pada falsafah G. Hegel, khususnya yang menyangkut metode dialektika. Menurut paham ini kebenaran itu bersifat subjektif, sehingga menyangkal adanya kebenaran tertinggi di atas atau di luar akal manusia. Karena semua pengetahuan berawal dari akal manusia maka dari itu paham ini juga menyatakan bahwa kesadaran manusia berubah dari satu generasi ke generasi berikutnya. Karena itu tidak ada kebenaran yang abadi dan yang kekal. Satu-satunya titik pasti yang dapat dijadikan pegangan bagi filsafat adalah sejarah itu sendiri.

    ReplyDelete
  65. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    Pend. Matematika S2 Kelas C

    Hegelianisme merupakan hasil pemikiran dari seorang filsuf terkenal pada abad ke 19 yang bernama Hegel. Hegel memandang bahwa manusia tidak memiliki kebebasan untuk hidup, karena menurutnya realita kehidupan bercermin pada sejarah. Pandangan ini mengesampikan peran nyata manusia dalam menjalani kehidupannya untuk memperoleh kebebasan yang bertanggung jawab. Setiap manusia bebas menentukan pilihan hidupnya, agar manusia tersebut bisa memahami makna dan alasan mereka diberi kesempatan hidup di dunia ini oleh Allah SWT

    ReplyDelete