Dec 1, 2012

CAPITALISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang CAPITALISM, silahkan konek :







 Wss Wr Wb
Marsigit





29 comments:

  1. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Kapitalisme sebagai ideologi dapat diartikan sebagai sistem pemikiran dan keyakinan yang dipakai oleh kelas dominan untuk menjelaskan pada diri mereka sendiri bagaimana sistem sosial mereka beroperasi dan apa prinsip-prinsip yang diajukannya, ideologi ini melihat pencarian laba (kapital) sebagai fokus kegiatannya. Apabila prinsip kapitalisme digunakan di dalam sektor pendidikan, negara tidak membatasi kepemilikan perorangan di dalam sektor pendidikan, artinya satuan penyelenggara pendidikan dapat dikuasai oleh perorangan (sektor swasta atau aktor non negara), dimana segala kebijakannya diatur oleh sektor swasta tersebut. Munculah persaingan-persaingan yang bahkan bisa mengakibatkan adanya monopoli. Akhirnya, akan muncul kesenjangan-kesenjangan bahwa orang yang kaya lah yang bisa mendapatkan pendidikan tersebut. Sedangkan bagi pihak pengguna jasa pendidikan yang kurang mampu, akan kesulitan dalam mendapatkan pendidikan tersebut.

    ReplyDelete
  2. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Kapitalisme asal katanya adalah kapital yang berarti modal. Menurut Tom G Palmer awalnya kapitalisme adalah sebuah sistem hukum, sosial, ekonomi, dan budaya yang mendorong kesetaraan hak, meritokrasi, desentralisasi inovasi, dan proses pembelajaran (trial and error). Kapitalisme menyadari bahwa manusia mengejar kepentingan pribadinya namun manusia tidak bisa menjadi makhluk anti sosial. Untuk mengejar kepentingan pribadinya maka manusia harus menawarkan kepada manusia lain sebuah nilai yang berguna bagi manusia. Inilah yang disebut kapitalisme. Selanjutnya berkembang menjadi kapitalisme yang merupakan suatu paham yang meyakini pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Keuntungan yang dimaksud bukanlah mencakup keuntungan untuk kepentingan bersama melainkan keuntungan demi kepentingan pribadi. Manusia akan menghalalkan segala cara demi mencapai keuntungan pribadi.

    ReplyDelete
  3. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Secara konvesional, capitalismn adalah sistem ekonom yang berarti produksi dan distribusi secara private dikembangkan atau dimiliki yang dikumpulkan dari pasar bebas, secara sistem sosial capitalism berdasarkan kepada prinsip dasar hak individu. Namun secara umum, capitalism adalah prasyarat untuk pembelaan diri. Capitalism adalah satu-satunya sistem politik moral karena berdedikasi kepada perlindungan akan hak-hak yang menyebarkan perjuangan manusia.

    ReplyDelete
  4. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Kapitalisme merupakan sebuah sistem perekonomian yang filsafat sosial dan politiknya didasarkan pada asas pengembangan peran kapita (modal). Penganut paham ini meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tetapi untuk mendapatkan kepentingan-kepentingan pribadi. Paham ini melihat keuntungan (kapital) sebagai fokus utama kegiatannya. Walaupun demikian, kapitalisme sebenarnya tidak memiliki definisi universal yang bisa diterima secara luas.

    ReplyDelete
  5. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Aliran kapitalism mengarah pada kekuasaan materi yang memuaskan pemiliknya. Uang, materi menjadi penentu kekuasaan. Namun pandangan ini juga mempunyai kelemahan dimana yang kaya bisa menjadi sangat kaya, dan yang miskin dan tidak bisa survive dengan keadaan justru semakin miskin. Dilihat dari arti kapitalisme sendiri merpakan suatu sistem yang diguankan untuk mendapatkan keuntungan secara besar-besaran. Sehingga seseorang atau kelompok orang dapat melakuakn kegaitan seperti suatu badan untuk meraih keuntungan secara besar besaran untuk kepentingan pribadi.

    ReplyDelete
  6. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Penting untuk mendefinisikan "Kapitalisme" dengan benar karena definisi yang tepat adalah prasyarat untuk pertahanan yang tepat. Kapitalisme adalah satu-satunya sistem politik moral karena itu adalah satu-satunya sistem yang didedikasikan untuk perlindungan hak, yang merupakan syarat bagi kelangsungan hidup manusia dan berkembang. Ini adalah satu-satunya peran yang tepat dari sebuah pemerintahan. Kapitalisme harus dibela dengan penuh semangat atas dasar moral, bukan dasar ekonomi atau utilitarian.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  7. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Kapitalisme merupakan paham arogan bahwa semua yang memiliki materi maka akan dapat memiliki berbagai hal. Paham ini mengarah pada kekuasaan suatu materi untuk memuaskan pemiliknya. Bahkan bagi seorang kapitalis uang menjadi sesuatu dengan kedudukan value yang sangat tinggi. Merajakan uang adalah hal yang biasa bagi penganut paham ini. Sehingga jargon “uang bukan segalanya tetapi segalanya butuh uang” pun lazim didengar.
    Paham kapitalisme ini bergandengan erat dengan liberalisme, di mana pihak swasta atau partikelir diberikan kebebasan oleh negara untuk mengolah dan memperjualbelikan kekayaan alam. Dalam hal ini, pemerintah atau negara tak berhak ikut campur dalam mengatur kaum kapitalis-liberalis dalam memperkayai diri mereka.
    Kapitalisme sering menjadi perdebatan keras antara kaum pro dan kontra. Dalam dunia Islam kapitalisme merupakan paham yang dihindari. Paham ini merupakan paham individual yang arogan, tanpa ada kompromi antara tiap umat. Yang kaya akan semakin mudah untuk melipat gandakan materinya melalui berbagai macam bisnis, sedangkan yang miskin tetap terpuruk dan sangat sulit untuk bangkit. Padahal dalam Islam tolong-menolong adalah salah satu basis utama kehidupan. Realisasinya dengan konsep zakat, sodaqoh, saling mendoakan dan lain sebagainya. Konponen tersebutlah yang tidak nampak dalam paham kapitalisme.

    ReplyDelete
  8. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, sudah kita ketahui bahwa kapitalisme atau Kapital adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan memperoleh keuntungan dalam ekonomi pasar. Pemilik modal dalam melakukan usahanya berusaha untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Nah itu dalam ilmu ekonomi, kalau di dalam ilmu pendidikan menurut saya bisa dicontohkan seorang guru yang menerapkan pembelajarannya dengan teacher center, dimana dia menganggap bahwa gurulah yang paling benar dan berkuasa. Namun sesungguhnya itu, sesuatu hal yang harus kita ubah, karena setiap manusia bisa saja berbuat salah, termasuk guru. Oleh karena itu, sebagai guru janganlah jadi orang yang merasa paling benar, tetapi jadilah guru yang berusaha mengajak siswa untuk kebenaran.

    ReplyDelete
  9. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018


    Kapitalisme berasal dari kata kapital yang berarti modal. Menurut Karl Marx kapitalisme adalah sebuah sistem dimana harga barang dan kebijakan pasar uamh ditentukan oleh para pemilik modal untuk meraup keuntungan sebersa-besarnya. Kapitalisme bersifat personal artinya hanya untuk kepentingan pribadi.

    ReplyDelete
  10. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Kapitalisme atau Kapital menyebabkan kesenjangan sosial dan distribusi yang tidak adil dari kekayaan dan kekuasaan. Kapitalisme merupakan sistem ekonomi yang dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar hanya untuk kepentingan pribadi semata

    ReplyDelete
  11. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Kapitalisme adalah suatu sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan memperoleh keuntungan dalam ekonomi pasar. Dalam kasus ini, pemilik modal akan berusaha sekuat tenaga untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Karena prinsip dari pemilik modal tersebut, pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna memperoleh keuntungan bersama, tetapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  12. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Dalam arti modern, kapitalisme seringkali dikaitkan dengan Karl Marx. Karl Marx menulis tentang "cara produksi kapitalis" dengan menggunakan metode pemahaman yang sekarang dikenal sebagai Marxisme. Akan tetapi, karena Marx jarang menggunakan istilah tersebut, pada abad ke-20 pembela sistem kapitalis sering menggantikan kapitalisme jangka panjang dengan frasa perusahaan bebas dan perusahaan swasta kemudian diganti dengan kapitalis rente dan investor sebagai reaksi terhadap konotasi negatif yang terkait dengan kapitalisme.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  13. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Capitalism merujuk pada perkembangan masyarakat modern saat ini. Definisi Kapitalisme atau Kapital adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan memperoleh keuntungan dalam ekonomi pasar. Biasanya kaum kapitalis tidak akan puas terhadap apa yang telah dicapainya. Contoh capitalism di era globalisasi ini adalah perdagangan bebas yang dikendalikan oleh swasta bukan pemerintah dan terpusat pada perdagangan dunia di China mengakibatkan adanya perputaran ekonomi yang tidak stabil khususnya bagi negara Indonesia sebagai pelaku perdagangan bebas. Selain itu, reklamasi yang dikendalikan oleh perusahaan swasta juga bentuk dari kapitalisme di Indonesia. Biaya pendidikan yang tidak bersahabat dengan merupakan salah satu bentuk kapitalisme di ranah pendidikan. Bagi masyarakat yang mempunyai status sosial ekonomi menengah keatas mungkin tidak menjadi masalah dengan mahalnya biaya pendidikan saat ini, namun masyarakat menengah kebawah pasti akan sangat keberatan dengan hal tersebut. Dampak dari Kapitalisme pendidikan tersebut ialah terciptanya kelas-kelas sosial dan ketidakadilan sosial terutama bagi masyarakat dengan status sosial ekonomi yang rendah. Meskipun ada dampak negative dan positif dari system kapitalisme ini, tapi tetap saja hal tersebut hanya akan menguntungkan sebelah pihak, tidak semua masyarakat akan merasakan dampak positifnya.

    ReplyDelete
  14. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Kapitalisme menyadari bahwa manusia mengejar kepentingan pribadinya namun manusia tidak bisa menjadi makhluk anti sosial. Capitalism adalah satu-satunya sistem politik moral karena berdedikasi kepada perlindungan akan hak-hak untuk manusia.

    ReplyDelete
  15. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Kapitlisme adalah sebuah sistem ekonomi yang filsafat sosial dan politiknya didasarkan kepada azas pengembangan hak milik pribadi dan pemeliharaanya serta perluasan paham kebebasan. Sistem ini telah banyak melahirkan malapetaka terhadap dunia. Tetapi ia terus melakukan tekanan-tekanannya dan campur tangan polits, sosial, dan kultural terhadap bangsa-bangsa di dunia.

    ReplyDelete
  16. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Kapitalisme atau Kapital adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan memperoleh keuntungan dalam ekonomi pasar. Dari sumber elegi ini dapat diketahui bahwa Marxis telah menganjurkan penggulingan revolusioner dari kapitalisme yang akan memimpin ke sosialisme, sebelum akhirnya berubah menjadi komunisme. Banyak sosialis menganggap kapitalisme menjadi tidak rasional, dalam produksi dan arah ekonomi tidak direncanakan, menciptakan banyak inkonsistensi dan kontradiksi internal. Terimakasih

    ReplyDelete
  17. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Kapitalisme bukan hanya sistem ekonomi, namun juga sistem hukum, sosial, dan budaya yang mengatur bagaimana manusia saling berinteraksi dalam sebuah masyarakat. Sistem hukum, karena ketika terjadi pertukaran suka rela maka harus ada jaminan hukum bagi hak kepemilikan. Barang dan nilai yang didapatkan dalam perdagangan harus seratus persen menjadi hak milik orang yang memilikinya. Tidak dibenarkan orang lain mencuri, memaksa, atau merampok suatu hak milik yang sudah menjadi milik orang tertentu. Kapitalisme juga merupakan sistem budaya, karena di sinilah masyarakat dengan sah bisa menjadi kaya dan makmur dengan memberikan nilai yang lebih dan berguna kepada masyarakat lainnya, bukan dengan mencuri, memaksa, ataupun merampok.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  18. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Kapitalisme sebenarnya tidak memiliki definisi universal yang bisa diterima secara luas. Beberapa ahli mendefinisikan kapitalisme sebagai sebuah sistem yang mulai berlaku pada abad ke-16 hingga ke-19 yaitu pada masa perkembangan perbankan komersial Eropa dimana sekelompok individu meupun kelompok dpat bertindak sebagai suatu badan tertentu yang dapat memiliki maupun melakukan perdaganngan benda milik pribadi, terutama barang modal seperti tanah guna proses perubahan dari barang modal ke barang jadi.

    ReplyDelete
  19. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi yang dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan meraih keuntungan sebesar-besarnya

    ReplyDelete
  20. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada link ini dijelaskan bahwa kapitalisme adalah sistem ekonomi di mana alat-alat produksi dan distribusi dimiliki secara pribadi atau perusahaan dan operasinya didanai oleh laba. Contoh kapitalisme adalah sistem penjara di Amerika Serikat yang dioperasikan oleh perusahaan swasta. Kapitalisme sering disebut sebagai ekonomi pasar bebas dalam bentuknya yang paling murni; tipe sosialisme yang umum adalah komunisme. Tertanam dalam sistem ekonomi ini adalah elemen politik dan sosial yang mempengaruhi tingkat kemurnian masing-masing sistem.

    ReplyDelete
  21. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Kapitalisme merupakan sebuah sistem perekonomian yang filsafat sosial dan politiknya didasarkan pada asas pengembangan peran kapita (modal). Penganut paham ini meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. parahnya, bahkan dalam dunia pendidikan saat ini khususnya di beberapa perguruan tinggi dimana seharusnya mahasiswa tidak dijadikan sebagai sasaran para kaum kapitalis yang terkadang memainkan perannya sebagai birokrasi kampus untuk mengumpulkan keuntungan per keuntungannya.

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Kapitalisme merupakan sabuah system yang melakukan pengembangan dan investasi kembali (reinvestasi) modal secara proposional untuk memperoleh keuntungan maksimal (mendapat hasil/ profit sebesar besarnya). Capitalism mementingkan prinsip hak individu (individual rigts). Dalam perkembangannya imperialism merupakan puncak tertinggi dari capitalism (Vladimir Lenin). Dalam imperialism dilakukan monopoli (ekspolitasi pekerja maupun sumber daya alam) dan ekpor modal untuk mempertahankan colonialism, yang merupakan integral dari model ekonomi tersebut. Kapitalism memiliki pro dan cons, dimana capitalism dapat meneybabkan tumbuhanya inovasi secra maksimal, dan produk terbaik dengan harga baik, namun menyebabkan tidak meratanya kesempatan dan kurang memetingkan kondisi luar atau lingkungan.

    ReplyDelete
  24. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Kapitalisme sejatinya adalah sebuah konsep sistem sosial yang mengakui penuh hak-hak individu. Konsep ini kemudian diadopsi menjadi istilah ekonomi yang secara umum berarti hak kepemilikan atas produksi dan distrbusi oleh pribadi atau swasta (privat). Implikasinya, dalam konteks ekonomi, kapitalisme memberi kesempatan bagi perusahaan pribadi atau swasta untuk mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya dari hasil produksi yang kemudian dikumpulkan sebagai kekayaan pribadi. Puncaknya, kapitalisme mendorong pribadi atau perusahaan swasta untuk mendapat laba lebih besar dengan melakukan kolonialisasi seperti yang pernah dilakukan VOC di Indonesia. Maka, muncullah imperialisme sebagai bentuk kapitalisme tertinggi.

    ReplyDelete
  25. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Capitalism didefinisikan sebagai filsafatnya modal. Selain itu, menurut KBBI, kapitalisme merupakan sistem dan paham ekonomi (perekonomian) yang modalnya (penanaman modalnya, kegiatan industrinya) bersumber pada modal pribadi atau modal perusahaan swasta dengan ciri persaingan dalam pasaran bebas. Seseorang yang menganut aliran kapitalisme mengarahkan pemikirannya pada materi, mencari keuntungan untuk kepentingan pribadi/golongan.

    ReplyDelete
  26. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Kapitalisme adalah satu-satunya sistem politik moral karena itu adalah satu-satunya sistem yang didedikasikan untuk perlindungan hak, yang merupakan persyaratan untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan manusia. Ini adalah satu-satunya peran yang tepat dari pemerintah. Kapitalisme harus dipertahankan dengan kuat berdasarkan moral, bukan ekonomi atau utilitarian.

    ReplyDelete
  27. Zuari Anzar
    19701251006
    S2 PEP A 2019

    Kapitalisme merupakan suatu sistem dimana harga barang dan kebijakan pasar ditentukan oleh para pemilik modal untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya. Dalam sistem kapitalisme ini, pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar demi keuntungan bersama, melainkan hanya untuk kepentingan-kepentingan pribadi.

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Kapitalisme adalah suatu sistem ekonomi di mana alat-alat produksi dan distribusi dimiliki secara pribadi atau perusahaan dan pengembangannya proporsional dengan akumulasi dan reinvestasi keuntungan yang diperoleh di pasar bebas. Namun, Kapitalisme juga adalah satu-satunya sistem politik moral karena itu adalah satu-satunya sistem yang didedikasikan untuk perlindungan hak, yang merupakan persyaratan untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan manusia. Ini adalah satu-satunya peran yang tepat dari pemerintah. Kapitalisme harus dipertahankan dengan kuat berdasarkan moral, bukan ekonomi atau utilitarian.

    ReplyDelete