Dec 1, 2012

CAPITALISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang CAPITALISM, silahkan konek :







 Wss Wr Wb
Marsigit





12 comments:

  1. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Kapitalisme atau kapital adalah suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama. Kapitalisme juga merupakan sistem ekonomi yang filsafat dan sosial politiknya didasarkan kepada asas perkembangan hak milik pribadi dan pemeliharaannya serta perluasan paham kebebasan. Tetapi sistem ini telah melahirkan banyak malapetaka di dunia, akan tetapi ia terus melakukan tekanan-tekanannya dan campur tangan politis, sosial, dan kultur terhadap bangsa-bangsa di dunia.

    ReplyDelete
  2. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika

    terima kasih atas, referensinya, pak. yang saya ingin tanyakan, bukankah referensi yang paling representatif untuk mendalami tentang Kapitalisme adalah buku "Kapita" tiga jilid karya Karl Max? setahu saya, buku tersebut berhasil mengungkap misteri nilai lebih dalam proses produksi kapital secara ilmiah.

    ReplyDelete
  3. Anisa Safitri
    17701251038
    PEPB

    Kapitalisme berkaitan dengan kepemilikan. Aliran ini mengarah pada kekuasaan materi yang memuaskan pemiliknya. Uang, materi menjadi penentu kekuasaan. Namun pandangan ini juga mempunyai kelemahan dimana yang kaya bisa menjadi sangat kaya, dan yang miskin dan tidak bisa survive dengan keadaan justru semakin miskin. Dilihat dari arti kapitalisme sendiri merpakan suatu sistem yang diguankan untuk mendapatkan keuntungan secara besar-besaran. Sehingga seseorang atau kelompok orang dapat melakuakn kegaitan seperti suatu badan untuk meraih keuntungan secara besar besaran untuk kepentingan pribadi.

    ReplyDelete
  4. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Asal kata kapitalisme yaitu kapital yang memiliki arti modal. Kapitalisme merupakan kegiatan ekonomi yang diselenggarakan oleh pihak tertentu secara pribadi hanya untuk memperkaya pribadi atau segelintir orang bukan untuk kesejahteraan masyarakat banyak. Tujuannya untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Dengan adanya kapitalisme yang diciptakan oleh kapitalis sejati melahirkan banyak malapetaka di dunia seperti, pertikaian, peperangan, kemiskinan, bahkan perang dunia pun bisa terjadi karena adanya kapitalisme.

    ReplyDelete
  5. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Berdasarkan sumber dari link wikipedia yang Bapak berikan berisi tentang Imperialisme, tahapan tertinggi kapitalisme. Imperialisme muncul sebagai perkembangan dan kelanjutan langsung dari karakteristik-karakteristik fundamental kapitalisme secara umum. Tetapi kapitalisme hanya menjadi kapitalisme imperialisme pada sebuah tahapan tertentu dan paling tinggi dari perkembangannya, ketika beberapa karakteristik fundamentalnya mulai berubah menjadi kebalikannya, ketika fitur-fitur dari epos transisi dari kapitalisme ke sebuah sistem sosial dan ekonomi yang lebih tinggi telah mengambil bentuk dan menunjukkan diri mereka dalam sebuah bidang.

    ReplyDelete
  6. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Kapitalisme merupakan suatu paham dimana orang yang memiliki modal paling banyak maka dialah yang paling berkuasa. Sedangkan orang yang tidak memiliki modal harus bekerja keras untuk si pemilik modal dengan bayaran yang semena-mena karena dia tidak memiliki kekuasaan apapun. Paham kapitalisme ini secara jelas dicela dalam Islam dan Allah. Menurut pandangan saya, Indonesia merupakan negara yang tidak sedikit masyarakatnya yang kapitalis. Uang adalah simbol dari kapitalisme yang dapat digunakan untuk membeli segala kemewahan dunia. Apa yang bisa dilakukan untuk melawan kapitalisme adalah mencintai produk dalam negeri dan berhati-hati ketika menggunakan barang impor yang tidak tahu jelas kemana arah uang yang dibelajakan digunakan untuk apa. Selain itu, bisa dengan berzakat (fitrah dan mal), yang dapat meleburkan batas antara orang kaya dan orang miskin, sehingga tidak ada orang yang merasakan kekurangan.

    ReplyDelete
  7. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Kapitalism adalah paham yang menggambarkan fungsi modal finansial dalam menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Paham ini yang kaya yang berkuasa. Maka paham kapitalism berusaha untuk mencari keuntungan yang besar. Karena kaya tersebut, kemudian dapat mengatur yang tidak memiliki modal. Paham ini banyak berkembang di neraga yang merupakan negara industri. Yang kaya yang akan berkuasa, dan yang miskin akan tunduk dan menjadi bawahan yang kaya. Sehingga jika berlaku hukum seperti itu, yang kaya akan menjadi semakin kaya, yang miskin akan tetap miskin. Tetapi pada paham ini jika dilihat dari sudut pandang yang positif yaitu dapat mendorong atau motivasi pelaku ekonomi agar mencapai prestasi terbaik.

    ReplyDelete
  8. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, kapitalisme merupkan ideologi dari organisasi sosioekonomi di mana suatu kelas atau kelompok pengusaha dan institusi kewirausahaan menyediakan modal dimana bisnis memproduksi barang dan jasa dan mempekerjakan pekerja. Sebagai gantinya, kapitalis mengeruk keuntungan dari barang yang dibuat. Kapitalisme sering dipandang sebagai perwujudan dari ekonomi pasar, dan karenanya dapat menghasilkan distribusi sumber daya yang langka yang optimal, dan menghasilkan suatu perbaikan untuk “semua”; Optimisme ini diimbangi dengan menunjukkan peluang eksploitasi yang melekat pada sistem.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  9. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Didalam link http://www.importanceofphilosophy.com/Politics_Capitalism.html Kapitalisme didefinisikan secara konvensional di sepanjang istilah ekonomi sebagai Sistem ekonomi di mana alat produksi dan distribusi dimiliki secara pribadi atau dimiliki perusahaan dan pembangunan sebanding dengan akumulasi dan reinvestasi keuntungan yang diperoleh di pasar bebas. jika dilihat dari kata dasarnya (kapital) yang berarti modal (pokok) dalam perniagaan, Kapitalis dapat diartikan sebagai suatu kegiatan ekonomi yang diselenggarakan oleh pihak tertentu (yang memiliki modal besar) secara pribadi hanya untuk memperkaya pribadi atau segelintir orang bukan untuk kesejahteraan masyarakat banyak.

    ReplyDelete
  10. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Bismillah. Menurut pemahaman saya, kapitalisme adalah paham yang menitikberatkan "kapital" atau "modal" atau materi sebagai hal yang utama. Sebenarnya sulit bagi saya mengungkapkan definisi kapitalis yang saya pahami melalui kalimat yang lugas. Hanya saja, saya berupaya menggabarkannya melalui cerita sangat pendek ini, "Pada suatu ketika saya dihadapkan pada dua pilihan. Kedua-duanya terjadi pada saat yang sama, dan saya harus memilih salah satunya. Dua pilihan tersebut ada;ah: 1) menerima tawaran pekerjaan baru dengan gaji 10 juta per bulan atau 2) tetap pada pekerjaan lama dengan gaji tidak mencapai setengahnya tapi keluarga saya lebih mendukung saya berada di perusahaan ini. Walhasil, saya memilih pilihan pertama, karena tergiur oleh gaji yang berlipat ganda". Begitulah sedikit yang saya pahami tentang kapitalisme.

    ReplyDelete
  11. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Setahu saya, kapitalisme adalah suatu sistem yang lahir dari revolusi industri pada abad ke 16 (runtuhnya feodalisme). Kapitalisme menandai suatu sistem ekonomi yang berdiri di atas ideologi liberal yang melanggengkan kepemilikan pribadi atas alat-alat produksi sebagai sala-satu prasyarat penting dalam rumus kapital. Dalam kapitalisme, terdapat dua kelas yang saling bertententangan yakni kelas kapitalis (pemilik modal) dan kelas ploretariat (kaum buruh). Pertentangan antara dua kelas tersebut ditandai dengan suatu ideologi yang mencoba untuk menghancurkan sistem kapitalisme yang dianggap dehumanistik (menindas kaum buruh) yakni ideology komunisme yang lahir dari pemikiran Karl Marx. Menurut Karl Marx, kepemilikan pribadi terhadap alat-alat produksi ekonomi menciptakan penindasan terhadap buruh, oleh karena itu alat-alat produksi tersebut harus dimiliki bersama secara kolektif melalui proses revolusi ploretariat. Sajauh ini, pemahaman saya tentang kapitalisme hanya sampai di situ. Mohon bimbingannya, pak.

    ReplyDelete
  12. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    177092510005

    Assalamualaikum prof,
    Kapitalisme merupakan sebuah sistem perekonomian yang filsafat sosial dan politiknya didasarkan pada asas pengembangan peran kapita (modal). Penganut paham ini meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tetapi untuk mendapatkan kepentingan-kepentingan pribadi. Paham ini melihat keuntungan (kapital) sebagai fokus utama kegiatannya. Walaupun demikian, kapitalisme sebenarnya tidak memiliki definisi universal yang bisa diterima secara luas.

    ReplyDelete