Dec 1, 2012

CAPITALISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang CAPITALISM, silahkan konek :







 Wss Wr Wb
Marsigit





31 comments:

  1. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Mendenagar kata kapitalisme mambawa saya pada suatu makna yang negatif.Dalam kehidupan ini sering terjadi yang namanya kapitalisme meskipun tak nampak secara nyata namun setidaknya kita apat dmengetahui dari gejolak yang ada.Kapitalisme bermain di domain yang tersembunyi dimana orang-orang banyak tergiur bahkan menjadi pengikut kapitalisme.Menukil dari sumber bacaan di atas bahwasannya kapitalisme merupakan suatu unsur kepentingan.Kepentingannya itu, bagaimana meraup keuntungan yang sebesarnya-besarnya baik dari bidang ekonomi, industri atau bidang lainnya.Dan imperialisme merupakan tingkat kapitalisme yang paling berbahaya.

    ReplyDelete
  2. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Kapitalisme adalah sistem sosial yang didasarkan pada pengakuan hak-hak individu. Paham kapitalisme merupakan sebuah sistem yang muncul dari pemikiran dunia Barat. Tujuan dari kapitalisme adalah penguasaan atas hal-hal material di dunia. Berdasarkan link di atas telah disebutkan bahwa imprealisme merupakan tahapan tertinggi dari kapitalisme. Sektor pendidikan merupakan salah satu bidang yang tidak bisa lepas dari jeratan kapitalisme. Kepemilikian lembaga pendidikan perorangan di Indonesia lajunya tidak bisa ditekan, justru pemilik modal semakin meraup keuntungan yang banyak dari tingginya biaya pendidikan. Hal ini tentu akan menujukan kesenjangan sosial bahwa hanya orang yang kaya dapat bersekolah.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Kapitalisme ini merupakan paham yang erat hubungannya dalam bidang ekonomi dan politik. Dalam dunia ekonomi, kapitalisme didefinisikan sebagai suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Untuk prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi. Namun, pengertian kapitalisme dapat didefinisikan dengan tepat yang tidak ada hubungannya dengan ekonomi. Kapitalis dapat bermakna baik jika definisi dari kapitalis tersebut yaitu prasyarat untuk pertahanan yang tepat. Kapitalisme adalah satu-satunya sistem politik moral karena merupakan satu-satunya sistem yang didedikasikan untuk perlindungan hak, yang merupakan persyaratan bagi kelangsungan hidup manusia dan berkembang. Inilah satu-satunya peran pemerintahan yang tepat. Kapitalisme harus dipertahankan dengan teguh pada dasar moral, bukan basis ekonomi atau utilitarian.

    ReplyDelete
  5. 1. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Pembahasan filsafat meluas seluas luasnya. Oleh karena itu kapitalisme sebagai salah satu aliran filsafat erat kaitannya dalam bisang ekonomi. Dasar oemikiran filsafat kapitalisme adalah sebuah system ekonomi yang filsafat sosial dan politiknya didasarkan kepada azas pengembangan hak milik pribadi dan pemeliharaannya meluas sesuai paham kebebasan. Terima Kasih

    ReplyDelete
  6. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Bapak kapitalisme yaitu Adam Smith, Ia mengemukakan 5 teori dasar dari kapitalisme yaitu antara lain sebagai berikut.
    1.Pengakuan hak milik pribadi tanpa batas – batas tertentu.
    2.Pengakuan hak pribadi untuk melakukan kegiatan ekonomi demi meningkatkan status sosial ekonomi.
    3.Pengakuan adanya motivasi ekonomi dalam bentuk semangat meraih keuntungan semaksimal mungkin.
    4.Kebebasan melakukan kompetisi.
    5.Mengakui hukum ekonomi pasar bebas/mekanisme pasar.

    Kapitalisme menurut Max Weber bukan sekadar sebuah nilai atau sikap mental untuk mencari keuntungan secara rasional dan sistematis atau sekadar sebuah sistem produksi yang berorientasi pada pencarian keuntungan. Sementara menurut Karl Marx kapitalisme merupakan sebuah cara produksi dan hubungan dalam proses produksi kemudian menimbulkan berbagai implikasi seperti ekonomi politik, sosial psikologis maupun kultural. Ketika feodalisme mulai memudar, kemudian hadir sistem ekonomi yang kapitalistik, maka yang terjadi kemudian adalah perubahan hubungan antarkelas, mode produksi (mode of production), dan perubahan gaya hidup masyarakat.

    ReplyDelete
  7. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C


    Assalamu'alaikum. Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi yang filsafat sosial dan politiknya didasarkan kepada azas pengembangan hak milik pribadi dan pemeliharaannya serta perluasan faham kebebasan. Akar kapitalisme, dalam beberapa hal bersumber dari filsafat Romawi Kuno. Hal itu muncul pada ambisinya untuk memiliki kekuatan dan meluaskan pengaruh serta kekuasaan. Wassalamu’alaikum

    ReplyDelete
  8. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas, kapitalisme adalah suatu paham sistem ekonomi yang bermodal pada kekuasaan tertinggi untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Pengaruh dari kapitalisme adalah menimbulkan terciptanya golongan kaya (kapitalis) dan miskin (pekerja). Golongan kapitalis akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena mempunyai modal untuk mengembangkan usaha sedangkan golongan miskin tidak memiliki seberapa modal, yang dimilikinya adalah tenaga. Pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untung kepentingan-kepentingan pribadi.

    ReplyDelete
  9. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Kapitalesme didefinisikan sebagai sistem sosial yang didasarkan pada hak individu. Dalam ekonomi, kapitalisme atau kapital adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan memperoleh keuntungan dalam ekonomi pasar. Maka para pemilik modal akan berusaha untuk merain keuntukngan sebesar-besarnya. Tetapi bagi yang tidak memiliki modal hanya akan menggantungkan nasibnya kepada pemilik modal.

    ReplyDelete
  10. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Kapitalisme adalah sebuah paham mengenai perekonomian. Dimana adanya sistem perdagangan disetiap kehidupan. Adanya interaksi sosial jual beli untuk memenuhi kebutuhan hidup. Adanya untung rugi yang terkandung dalam paham ini. Dalam jual beli ini adanya keinginan/ kebutuhan sehingga ada beberapa orang yang menggantungkan pada penjualan. Orang yang berjualan pun pasti juga membuutuhkan kegiatan membeli barang. Oleh sebab itu jual beli disini akan menjadi perputaran/siklik yang mempengaruhi kehidupan seseorang. Paham ini harus di mengerti agar tidak dikesampingkan oleh beberapa pihak.

    ReplyDelete
  11. Junianto
    PM C

    Kapitalisme merupakan kata sudah sangat akrab di telinga kita saat ini. Seiring dengna perkembangan jaman dan sulitnya persaigan dunia kerja maka paham ini semakin hari semakin menjadi. Kapitalisme bisa dikatakan sebagai salah satu sistem sosial yang menjunjung tinggi hak-hak individu. Dengan kata lain, setiap individu memiliki hak yang melekat pada diri masing-masing dan tidak bisa digangggu. Oleh karena itu, kekuasaan individu yang memiliki materi yang melimpah menjadi tidak terkendali, bahkan bisa menguasai pemerintah yang berkuasa.

    ReplyDelete
  12. Junianto
    PM C

    Paham kapitalisme ini lambat laun memunculkan banyak gejolak di masyarakat dimana banyak sektor-sektor strategis ternyata banyak dikuasai oleh individu-individu tertentu. Hingga kemudian kondisi ini menjadi tidak terkendali dan sulit dikendalikan. Para kaum kapitalis dam pemilik modal secara gencar dan masiv mulai menguasai sektor industri maupun sektor lainnya. Hal ini menyebabkan kekauasaan pemerintah seperti berada di bawah kaum kapitalis karena merekalah yang membiayai perekonomian suatu negera secara tidak langsung. Akhirnya, pemerintah menjadi lemah dan rakyat yang menjadi korban karena mau tidak mau harus mengikuti sistem yang dibangun dan tentu menguntukan salah satu pihak yaitu kaum kapitalis.

    ReplyDelete
  13. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Kapitalime merupakan sebuah sistem ekonomi yg filsafat sosial dan politiknya didasarkan kepada azas pengembangan hak milik pribadi dan pemeliharaannya serta perluasan faham kebebasan. Terdapat tiga asumsi dasar kapitalisme yakni kebebasan individu atau liberalisme, kepentingan diri atau individualisme, dan pasar bebas. Pada link artikel tersebut disebutkan bahwa imperialisme adalah tahap tertinggi kapitalisme. Tujuan paham kapitalisme adalah menguasai atas hal-hal material.

    ReplyDelete
  14. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Kapitalisme adalah sistem perekonomian yang menekankan peran kapital (modal) yaitu meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka seseorang tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi individu dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi. Walaupun demikian, kapitalisme sebenarnya tidak memiliki definisi universal yang bisa diterima secara luas.

    ReplyDelete
  15. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Kapitalisme lahir sebagai perlawanan terhadap sistem ekonomi sebelumnya yang lebih tradisional. Di dalam sistem ekonomi tradisional ini, modal menetap di beberapa kalangan (raja dan bangsawan). Secara bahasa kata kapitalisme berasal dari capital yang berarti modal, dan kata isme berarti suatu paham atau ajaran. Jadi arti kapitalisme itu sendiri adalah suatu ajaran atau paham tentang modal atau segala sesuatu dihargai dan diukur dengan uang. Kapitalisme dapat diartikan bahwa yang benar adalah yang berkuasa atau pemilik modal terbesar. Pemilik modal-lah yang dapat mengambil keputusan, pemilik modal memiliki kekuasaan untuk mengatur segalanya. Namun, kapitalisme merupakan satu-satunya paham yang menekankan pada kelangsungan hidup manusia dan perkembangannya, hanya saja, bagaimana cara bertahan dan berkembang tersebut mengabaikan keberlangsungan dan perkembangan orang lain. Ada tiga hal yang menjadi pola sifat dan watak dasar kapitalisme, tiga hal tersebut yang melandasi adanya penindasan yang terjadi dari sejak munculnya kapitalisme sampai praktek kapitalisme yang terjadi detik ini. Tiga hal tersebut adalah: eksploitasi, akumulasi, dan ekspansi.

    ReplyDelete
  16. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Kapitalisme atau kapital merupakan sistem yang ada pada bidang ekonomi di mana perdagangan, industri, dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan memperoleh keuntungan dalam ekonomi pasar. Pemilik modal dalam melakukan usahanya berusaha untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Dengan prinsip tersebut, pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna memperoleh keuntungan bersama, tetapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi. Di Indonesia sendiri, orang-orang kapitalis justru banyak dari orang lar negeri. Sehingga menurut saya, lama-kelamaan aset milik Indonesia bisa dikuasai oleh bangsa lain jika pemerintah tidak segera bertindak.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  17. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Secara sederhana, saya berpendapat bahwa kapitalisme itu adalah sebuah gagasan akan sistem ekonomi yang menjunjung tinggi kebebasan dari sektor swasta untuk dapat berperan aktif dalam perputaran roda ekonomi. Pengertian dari kapitalisme yang dikenal secara umum biasanya lebih dipahami seperti atribut-atribut mulai dari penghargaan akan uang, kekayaan, kepemilikan saham, perdagangan bebas, operasi bisnis, keuntungan/profit, dan lain-lain. Namun demikian, hal-hal tersebut belum cukup mendefinisikan secara lengkap apa itu capitalism.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  18. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Kapitalisme sebagai ideologi dapat diartikan sebagai sistem pemikiran dan keyakinan yang dipakai oleh kelas dominan untuk menjelaskan pada diri mereka sendiri bagaimana sistem sosial mereka beroperasi dan apa prinsip-prinsip yang diajukannya, ideologi ini melihat pencarian laba (kapital) sebagai fokus kegiatannya. Kapitalisme secara etimologis merujuk pada kata “capital” atau “capitale” yang akar katanya berasal dari bahasa Latin caput berarti “kepala”.

    ReplyDelete
  19. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Kapitalisme adalah satu-satunya sistem politik moral karena merupakan satu-satunya sistem yang didedikasikan untuk perlindungan hak, yang merupakan persyaratan bagi kelangsungan hidup manusia dan berkembang. Imperialisme, merupakan tahap tertinggi kapitalisme (1917), oleh Vladimir Lenin yang menggambarkan fungsi modal finansial dalam menghasilkan keuntungan dari kolonialisme imperialis sebagai tahap akhir pengembangan kapitalis untuk memastikan keuntungan yang lebih besar.

    ReplyDelete
  20. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa kapitalisme adalah sistem sosial yang berdasarkan hak individu. Jika dikaitkan dengan ekonomi, kapitalisme adalah sistem ekonomi di mana produksi dan distribusi dimiliki secara pribadi atau perusahaan.

    ReplyDelete
  21. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Kapitalisme atau kapital adalah suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama. Kapitalisme juga merupakan sistem ekonomi yang filsafat dan sosial politiknya didasarkan kepada asas perkembangan hak milik pribadi dan pemeliharaannya serta perluasan paham kebebasan. Tetapi sistem ini telah melahirkan banyak malapetaka di dunia, akan tetapi ia terus melakukan tekanan-tekanannya dan campur tangan politis, sosial, dan kultur terhadap bangsa-bangsa di dunia.

    ReplyDelete
  22. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Kapitalisme merupakan bagian dari gerakan individualisme. Kapitalisme lebih menakankan pada kepentingan dan kebutuhan individualisme. Artinya, kekuasaan dan hak-hak individu sangat diperhatikan dalam sistem kapitalisme ini. Sebaiknya, kapitalisme ini diterapkan hanya dalam ruang dan waktu tertentu saja. Proses sosial yang hanya mementingkan individu-individu tertentu saja akan mempunayi peluang untuk dapat merugikan individu lainnya.

    ReplyDelete
  23. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Kapitalisme lahir karena di latar belakangi oleh paham liberalisme yang tidak memberikan kepuasan kepada para penguasaha dan pekerja untuk mengembangkan usahanya. Kapitalisme sendiri menimbulkan malapetaka bagi banyak manusia, karena paham kapitalisme memberikan kebebasan kepada perusahaan untuk melakukan apa yang diinginkan dan di perlukan untuk memajukan perusahaan mereka.

    ReplyDelete
  24. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Capitalism merupakan paham atau ideologi dimana kepentingan pribadi berada di atas kepentingan umum atau masyarakat luas. Kapitalisme memandang bahwa sebuah kapital adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan memperoleh keuntungan dalam ekonomi pasar. Pemilik modal dalam melakukan usahanya berusaha untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya.

    ReplyDelete
  25. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Ebenstein (1990) menyebut kapitalisme sebagai sistem sosial yang menyeluruh, lebih dari sekedar sistem perekonomian. Ia mengaitkan perkembangan kapitalisme sebagai bagian dari gerakan individualisme. Dasar pemikiran Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi yg filsafat sosial dan politiknya didasarkan kepada azas pengembangan hak milik pribadi dan pemeliharaannya serta perluasan faham kebebasan.

    ReplyDelete
  26. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Kapitalisme adalah sebuah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan perekonomian. Seperti memproduksi barang, menjual barang, menyalurkan barang. Dalam perekonomian kapitalis setiap warga dapat mengatur nasibnya sendiri sesuai dengan kemampuannya.Sebuah sistem sosial yang didasarkan pada kebenaran setiap individu selayaknya mampu diciptakan dalam setiap kebijakan yang dibuat oleh penyelenggara negara yang mewakili aspirasi rakyat. Kapitalisme diharapkan mampu menjadi penentu keterlaksanaan suatu negara yang maju tanpa mengurangi hak individu.

    ReplyDelete
  27. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Pemahaman inti dari aliran ini adalah hak milik pribadi merupakan sesuatu yang memiliki tingkatan yang paling tinggi dan sangat diutamakan. Seseorang yang akan menjual barangnya dan mengambil keuntungan sebesar-besarnya atas apa yang dimiliki, itu disahkan saja. Namun jika ada ketentuan atau larangan, maka kebebasan akan sirna karena terdapat syarat yang mengikat.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  28. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Kapitalisme adalah suatu sistem ekonomi dimana alat produksi dan distribusi dimiliki secara pribadai atau dimiliki perusahaan dan pembangunan sebanding dengan akumulasi dan reinvestasi keuntungan yang diperoleh di pasar bebas. Kapitalisme adalah satu-satunya sistem politik moral karena merupakan satu-satunya sistem yang didedikasikan untuk perlindungan hak, yang merupakan persyaratan bagi kelangsungan hidup manusia dan berkembang. Sebab, inilah satu-satunya peran pemerintahan yang tepat. Kapitalisme harus dipertahankan dengan teguh pada dasar moral, bukan basis ekonomi atau utilitarian.

    ReplyDelete
  29. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Kapitalisme tumbuh sebagai paham yang menganggap hak pribadi atau individu adalah sangat penting. Maka dari itu disana ada kebebasan untuk memperjuangkannya. Dalam sistem ekonomi, kapitalisme berarti setiap pihak berhak menentukan nasibnya sendiri, siapa yang memiliki modal lebih besar biasanya cenderung berpeluang mendapatkan untung yang juga besar. Pihak yang tidak memiliki kesiapan baik secara modal maupun strategi harus siap menerima konsekuensinya sebagai pihak yang kalah atau lemah.

    ReplyDelete
  30. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Kapitalisme erat kaitannya dengan duania ekonomi. Berdasarkan sumber yang saya baca Karl Marx mendefinisikan kapitalisme sebagai sebuah sistem dimana harga barang dan kebijakan pasar ditentukan oleh para pemilik modal untuk meraup keuntungan yang sebesar-beasarnya. Dalam sistem kapitalisme pemerintash tidak dapat melakukan intervensi pasar demi keuntungan bersama, dan pemerintah hanya bertindak sebagai pengawas. Dalam sistem ini akan terjadi kesenjangan antara si kaya dengan si miskin, karena yang kaya akan semakin kaya dan yang miskin akan semakin miskin. Terimakasih

    ReplyDelete
  31. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Sebuah sistem sosial yang didasarkan pada kebenaran setiap individu selayaknya mampu diciptakan dalam setiap kebijakan yang dibuat oleh penyelenggara negara yang mewakili aspirasi rakyat. Kapitalisme diharapkan mampu menjadi penentu keterlaksanaan suatu negara yang maju tanpa mengurangi hak individu.

    ReplyDelete