Dec 1, 2012

CAPITALISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang CAPITALISM, silahkan konek :







 Wss Wr Wb
Marsigit





44 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Kapitalisme yang adalah pandangan mengenai perekonomian di dunia. Negara penganut kapitalisme berpegang teguh bahwa penguasa perekonomian negara adalah pihak swasta. Hal ini dilakukan agar warga negara menjadi mandiri dan semangat dalam bersaing terutama dalam ranah perekonomian. Sebenarnya hal ini sangat berbahaya jika pemerintah tidak ikut andil dalam perekonomian negara, karena jika ada warga yang kemampuan bersaingnya rendah justru akan terdepak dari suatu persaingan tanpa ada yang merasa iba. Sederhananya, yang kaya bisa menjadi sangat kaya, dan yang miskin dan tidak bisa survive dengan keadaan justru semakin miskin.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Kapitalisme atau Kapital adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar.[1][2] Pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tetapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi. Atau Kapitalisme adalah suatu sistem ekonomi yang mengatur proses produksi dan pendistribusian barang dan jasa. ciri-ciri Kapitalisme:
    1.Sebagian besar sarana produksi dan distribusi dimiliki oleh individu.
    2.Barang dan jasa diperdagangkan di pasar bebas (free market) yang bersifat kompetitif.
    3.modal kapitali (baik uang maupun kekayaan lain) diinvestasikan ke dalam berbagai usaha untuk menghasilkan laba.


    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Kapitalisme merupakan suatu paham yang meyakini pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya dimana pemerintah tidak dapat melakukan investasi pasar. Keuntungan yang dimaksud bukanlah mencakup keuntungan untuk kepentingan bersama melainkan keuntungan demi kepentingan pribadi. Manusia akan menghalalkan segala cara demi mencapai keuntungan pribadi.

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi yang filsafat sosial dan politiknya didasarkan kepada azas pengembangan hak milik pribadi dan pemeliharaannya serta perluasan faham kebebasan. Akar kapitalisme, dalam beberapa hal bersumber dari filsafat Romawi Kuno. Hal itu muncul pada ambisinya untuk memiliki kekuatan dan meluaskan pengaruh serta kekuasaan. Kapitalisme berkembang secara bertahap dari feodalisme, bourgeoisme, sampai kepada kapitalisme.

    ReplyDelete
  5. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    "Kapitalisme" secara konvensional didefinisikan bersama istilah ekonomi seperti berikut: Sistem ekonomi di mana alat-alat produksi dan distribusi secara pribadi atau korporat yang dimiliki dan pengembangan proporsional dengan akumulasi dan reinvestasi keuntungan yang diperoleh di pasar bebas.
    Ini adalah contoh dari definisi oleh non-penting. Definisi penting dari kapitalisme adalah politik definisi: Kapitalisme adalah sistem sosial berdasarkan prinsip hak-hak individu.
    Dalam rangka untuk memiliki sistem ekonomi di mana "produksi dan distribusi secara pribadi atau korporat milik", Anda harus memiliki hak-hak individu dan khususnya hak milik . Satu-satunya cara untuk memiliki sistem ekonomi pas definisi pertama adalah untuk memiliki sistem politik pas definisi kedua. Yang pertama adalah implikasi dari kedua. Karena kedua, politik, definisi adalah fundamental dan penyebab pertama, itu adalah definisi yang lebih berguna dan lebih disukai.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Kapitalisme atau Kapital adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar. Pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Dalam filsafat terdapat para filosof dengan aliran-aliran yang dibawanya, yaitu salah satunya adalah aliran kapitalisme. Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi yang filsafat sosial dan politiknya didasarkan kepada azas pengembangan hak milik pribadi dan pemeliharaannya serta perluasan faham kebebasan. Sistem ini telah banyak melahirkan malapetaka terhadap dunia. Tetapi ia terus melakukan tekanan-tekanannya dan campur tangan politis, sosial, dan kultural terhadap bansa-bangsa di dunia.

    ReplyDelete
  7. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

    Kapitalisme atau Kapital adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar.[1][2] Pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tetapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi.

    Walaupun demikian, kapitalisme sebenarnya tidak memiliki definisi universal yang bisa diterima secara luas. Beberapa ahli mendefinisikan kapitalisme sebagai sebuah sistem yang mulai berlaku di Eropa pada abad ke-16 hingga abad ke-19, yaitu pada masa perkembangan perbankan komersial Eropa di mana sekelompok individu maupun kelompok dapat bertindak sebagai suatu badan tertentu yang dapat memiliki maupun melakukan perdagangan benda milik pribadi, terutama barang modal, seperti tanah dan manusia guna proses perubahan dari barang modal ke barang jadi. Untuk mendapatkan modal-modal tersebut, para kapitalis harus mendapatkan bahan baku dan mesin dahulu, baru buruh sebagai operator mesin dan juga untuk mendapatkan nilai lebih dari bahan baku tersebut.

    Kapitalisme memiliki sejarah yang panjang, yaitu sejak ditemukannya sistem perniagaan yang dilakukan oleh pihak swasta. Di Eropa, hal ini dikenal dengan sebutan guild sebagai cikal bakal kapitalisme. Saat ini, kapitalisme tidak hanya dipandang sebagai suatu pandangan hidup yang menginginkan keuntungan belaka. Peleburan kapitalisme dengan sosialisme tanpa adanya pengubahan menjadikan kapitalisme lebih lunak daripada dua atau tiga abad yang lalu.

    Istilah kapitalisme, dalam arti modern, sering dikaitkan dengan Karl Marx.[3][4] Dalam magnum opus Das Kapital, Marx menulis tentang "cara produksi kapitalis" dengan menggunakan metode pemahaman yang sekarang dikenal sebagai Marxisme. Namun, sementara Marx jarang menggunakan istilah "kapitalisme", namun digunakan dua kali dalam interpretasi karyanya yang lebih politik, terutama ditulis oleh kolaborator Friedrich Engels. Pada abad ke-20 pembela sistem kapitalis sering menggantikan kapitalisme jangka panjang dengan frasa seperti perusahaan bebas dan perusahaan swasta dan diganti dengan kapitalis rente dan investor sebagai reaksi terhadap konotasi negatif yang terkait dengan kapitalisme.[5]

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam istilah sehari hari sering kita mendengar kata kapitalisme. Orang sering mengatakan "negara kapitalis. orang tanpa melihat referensi kemudian bisa mendefinisikan kapitalis dengan mengkonstruksikannya sendiri. Saya memahami kapitalisme sebagai bentuk otoritas pemilik usaha swasta dalam perekonomian untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi. Ini membuat yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin.

    ReplyDelete
  10. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Kapitalisme sendiri adalah suatu paham atau sistem ekonomi dimana pemilik modal dapat melakukan usaha apapun untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya tanpa mempedulikan hal lain, sehingga perdagangan, industri maupun produksi dapat dikuasai oleh satu pihak. Sistem ini tidak mengutamakan kesejahteraan sosial melainkan mengutamakan kesejahteraan pemilik modal. Indonesia pun menjadi sasaran empuk para kapitalis, dengan sumber daya alam dan manusia yang berlimpah sekaligus murah. Pemerintah harus turun tangan untuk menangani masalah ini.

    ReplyDelete
  11. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Capitalism merupakan sistem ekonomi dimana alat produksi dan distribusi dalam bidang ekonomi milik pribadi atau milik perusahaan dan pembangunan sebanding dengan akumulasi dan reinvestasi keuntungan yang diperoleh dalam pasar bebas. Sedangkan capitalism dalam ilmu politik berarti bahwa sistem sosial yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat di dasarkan pada prinsip hak individu masing-masing. Dengan demikian capitalism menjunjung tinggi hak individu sehingga masyarakat didefinisikan sebagai kumpulan individu-individu. Aturan yang berlaku juga bertujuan untuk menjaga kebebsan dan melindungi setiap individu.

    ReplyDelete
  12. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Kapitalisme lahir sebagai perlawanan terhadap sistem ekonomi sebelumnya yang lebih tradisional. Di dalam sistem ekonomi tradisional ini, modal menetap di beberapa kalangan (raja dan bangsawan). Secara bahasa kata kapitalisme berasal dari capital yang berarti modal, dan kata isme berarti suatu paham atau ajaran. Jadi arti kapitalisme itu sendiri adalah suatu ajaran atau paham tentang modal atau segala sesuatu dihargai dan diukur dengan uang. Kapitalisme dapat diartikan bahwa yang benar adalah yang berkuasa atau pemilik modal terbesar. Pemilik modal-lah yang dapat mengambil keputusan, pemilik modal memiliki kekuasaan untuk mengatur segalanya. Namun, kapitalisme merupakan satu-satunya paham yang menekankan pada kelangsungan hidup manusia dan perkembangannya, hanya saja, bagaimana cara bertahan dan berkembang tersebut mengabaikan keberlangsungan dan perkembangan orang lain. Ada tiga hal yang menjadi pola sifat dan watak dasar kapitalisme, tiga hal tersebut yang melandasi adanya penindasan yang terjadi dari sejak munculnya kapitalisme sampai praktek kapitalisme yang terjadi detik ini. Tiga hal tersebut adalah: eksploitasi, akumulasi, dan ekspansi.

    ReplyDelete
  13. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dalam paham ni individu mencari keuntungan dengan berbagai cara dan sarana, kecuali yang terang-terangan dilarang oleh suatu aturan karena merusak masyarakat .
    Sehingga kebebasan yang ada tetap ada aturan yang mengikat.

    ReplyDelete
  14. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Kapitalisme paham yang berpendapat hak milik pribadi sebagai suatu hal yang sangat tinggi dan diutamakan dengan membuka jalan selebar-lebarnya agar setiap orang mengerahkan kemampuan dan potensi yang ada untuk menigkatkan kemampuan dan memeliharanya serta tidak ada yang menjahatinya.

    ReplyDelete
  15. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Kapitalisme adalah sistem ekonomi di mana alat-alat produksi dan distribusi secara pribadi atau korporat yang dimiliki dan pengembangan proporsional dengan akumulasi dan reinvestasi keuntungan yang diperoleh di pasar bebas. Hal ini mengakibatkan orang-orang yang hanya memiliki modal besar dan kuat saja yang bisa bertahan. Sedangakan mereka yang tidak memiliki apa-apa akan lemah, susah untuk bertahan dan bahkan tidak memiliki apa-apa karena harga-harga yang semakin melambung tinggi.

    ReplyDelete
  16. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Kapitalisme secara konvensional didefinisikan bersama istilah ekonomi yaitu sebagai sistem ekonomi di mana alat-alat produksi dan distribusi pribadi atau badan usaha milik dan pengembangan adalah proporsional dengan akumulasi dan reinvestasi keuntungan yang diperoleh di pasar bebas. Sedangkan definisi politik bahwak kapitalisme adalah sistem sosial berdasarkan prinsip hak-hak individu

    ReplyDelete
  17. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Jika dimaknai positif, kapitalisme merupakan sistem politik moral sebab satu-satunya sistem yang didedikasikan untuk perlindungan hak-hak, yang merupakan persyaratan bagi kelangsungan hidup manusia dan berkembang.

    ReplyDelete
  18. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://id.wikipedia.org/wiki/Kapitalisme Kapitalisme atau Kapital adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar. Pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya.

    ReplyDelete
  19. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link, http://www.importanceofphilosophy.com/Politics_Capitalism.html "Kapitalisme" secara konvensional didefinisikan dalam istilah ekonomi sebagai Sistem ekonomi di mana alat produksi dan distribusi dimiliki secara pribadi atau dimiliki perusahaan dan pembangunan sebanding dengan akumulasi dan reinvestasi keuntungan yang diperoleh di pasar bebas. Sedangkan definisi penting tentang kapitalisme adalah definisi politik: Kapitalisme adalah sistem sosial yang didasarkan pada prinsip hak individu. Agar memiliki sistem ekonomi di mana "produksi dan distribusi dimiliki secara pribadi atau milik perusahaan", Anda harus memiliki hak individu dan hak kepemilikan khusus. Satu-satunya cara untuk memiliki sistem ekonomi yang sesuai dengan definisi pertama adalah memiliki sistem politik yang sesuai dengan definisi kedua. Yang pertama adalah implikasi dari yang kedua.

    ReplyDelete
  20. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Kapitalisme adalah sistem perekonomian yang menekankan peran kapital (modal), yakni kekayaan dalam segala jenisnya, termasuk barang-barang yang digunakan dalam produksi barang lainnya (Bagus, 1996). Ebenstein (1990) menyebut kapitalisme sebagai sistem sosial yang menyeluruh, lebih dari sekedar sistem perekonomian. Ia mengaitkan perkembangan kapitalisme sebagai bagian dari gerakan individualisme. Sedangkan Hayek (1978) memandang kapitalisme sebagai perwujudan liberalisme dalam ekonomi.

    ReplyDelete
  21. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Istilah kapitalisme, dalam arti modern, sering dikaitkan dengan Karl Marx. kapitalisme sebenarnya tidak memiliki definisi universal yang bisa diterima secara luas. Beberapa ahli mendefinisikan kapitalisme sebagai sebuah sistem yang mulai berlaku di Eropa pada abad ke-16 hingga abad ke-19, yaitu pada masa perkembangan perbankan komersial Eropa di mana sekelompok individu maupun kelompok dapat bertindak sebagai suatu badan tertentu yang dapat memiliki maupun melakukan perdagangan benda milik pribadi, terutama barang modal, seperti tanah dan manusia guna proses perubahan dari barang modal ke barang jadi. Untuk mendapatkan modal-modal tersebut, para kapitalis harus mendapatkan bahan baku dan mesin dahulu, baru buruh sebagai operator mesin dan juga untuk mendapatkan nilai lebih dari bahan baku tersebut.

    ReplyDelete
  22. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Capitalism is an economic system based on private ownership of the means of production and their operation for profit. Characteristics central to capitalism include private property, capital accumulation, wage labor, voluntary exchange, a price system, and competitive markets. In a capitalist market economy, decision-making and investment are determined by the owners of the factors of production in financial and capital markets, and prices and the distribution of goods are mainly determined by competition in the market.
    Capitalism has been criticized for establishing power in the hands of a minority capitalist class that exists through the exploitation of a working class majority; for prioritizing profit over social good, natural resources, and the environment; and for being an engine of inequality and economic instabilities. Supporters believe that it provides better products through competition, creates strong economic growth, yields productivity and prosperity that greatly benefits society, as well as being the most efficient system known for allocation of resources.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Capitalism

    ReplyDelete
  23. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Kapitalisme (1917), oleh Vladimir Lenin, menggambarkan fungsi modal keuangan dalam menghasilkan keuntungan dari kolonialisme imperialis sebagai tahap akhir pengembangan kapitalis untuk memastikan keuntungan yang lebih besar. Oleh karena itu agar suatu negara dapat terus maju dengan baik perlu memperhatikan kapitalisme di begaranya dan menghormati hak – hak manusia.

    ReplyDelete
  24. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Pendidikan dianggap sebagai kebudayaan nasional Indonesia yang harus dimajukan oleh pemerintah. Kebudayaan tidak termasuk dari bidang usaha yang terbuka untuk penanaman modal, baik swasta nasional maupun asing. Dengan adanya privatisasi dalam bidang pendidikan, akan terjadi komersialisme pendidikan. Privatisasi pendidikan membuat pemilik modal (kapitalis), yang berorientasi pada laba, mengusahakan agar bidang usahanya mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, para kapitalis berlomba-lomba meningkatkan harga agar bidang usaha yang mereka miliki terkesan berkualitas, meskipun pada kenyataannya belum tentu seperti itu.

    ReplyDelete
  25. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Kaum kapitalis yang memprivatisasikan pendidikan itu berusaha membuat orang tertarik pada ‘barang’ yang mereka jual dan ketika mereka sudah berhasil menarik hati masyarakat, mereka bermain-main dengan harga dan dana. Pendidikan diarahkan oleh para kaum kapitalis, sesuai dengan keinginannya. Bila kapitalis mudah memasuki pendidikan di Indonesia, Indonesia harus bersiap-siap memiliki agen-agen kapitalisme yang baru. Pendidikan, baik formal maupun nonformal, merupakan hal yang mulia. Seharusnya semua orang dapat merasakan pendidikan setinggi-tingginya dan tidak menjadikan biaya yang mahal sebagai masalah. Generasi penerus bangsa dengan tegas harus menolak kapitalisme dalam bentuk apapun, termasuk privatisasi pendidikan yang menjadi penjajahan modern dan melunturkan nasionalisme bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  26. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dari link di atas, yang bisa kita ketahui bahwa kapitalisme atau Kapital adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar.Pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi. Dalam perekonomian kapitalis setiap warga dapat mengatur nasibnya sendiri sesuai dengan kemampuannya.Sebuah sistem sosial yang didasarkan pada kebenaran setiap individu selayaknya mampu diciptakan dalam setiap kebijakan yang dibuat oleh penyelenggara negara yang mewakili aspirasi rakyat. Kapitalisme diharapkan mampu menjadi penentu keterlaksanaan suatu negara yang maju tanpa mengurangi hak individu .
    Namun paham ini sangatlah bertentangan dalam ajaran agama. Dimana pada paham kapitalism menghalalkan riba dalam perekonomian, sedangkan dalam ajaran agama khususnya Islam, riba adlah hal yang dilarang dan diharamkan.

    ReplyDelete
  27. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Kapitalisme menggambarkan tentang suatu sistem perekonomian dimana fungsi modal finansial dalam menghasilkan keuntungan dari kolonialisme imperialis sebagai tahap akhir pengembangan kapitalis untuk memastikan keuntungan yang lebih besar. Atau dengan kata lain sistem kapitalisme merupakan sistem ekonomi yang alat produksi dan distribusinya dimiliki secara pribadi atau dimiliki perusahaan dan pembangunan sebanding dengan akumulasi dan reinvestasi keuntungan yang diperoleh di pasar bebas.

    ReplyDelete
  28. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Kapitalisme mulai muncul setelah tercapainya perjanjian “Westphalia”, atau setelah selesainya perang yang lama terjadi di Eropa. Kapitalisme sendiri adalah suatu paham atau sistem ekonomi yang dimana pemilik modal dapat melakukan usaha apapun untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya tanpa memperdulikan hal lain, sehingga perdagangan, industri maupun produksi dapat dikuasai oleh satu pihak. Demi prinsip tersebut, pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dapat dilakukan secara besar-besaran demi keuntungan dan kepentingan-kepentingan pribadi. Sistem ini tidak mengutamakan kesejahteraan sosial melainkan mengutamakan kesejahteraan sang pemilik modal.

    ReplyDelete
  29. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Artiekl ini akan membahasa tentang vlaidmir lenin, yanag mana Imperialisme, Tahap Tertinggi Kapitalisme (1917), oleh Vladimir Lenin, menggambarkan fungsi modal finansial dalam menghasilkan keuntungan dari kolonialisme imperialis sebagai tahap akhir pengembangan kapitalis untuk memastikan keuntungan yang lebih besar. Esai tersebut merupakan sintesis dari modifikasi Lenin dan perkembangan teori ekonomi yang diformulasikan Karl Marx di Das Kapital (1867)
    Agar kapitalisme menghasilkan keuntungan lebih besar daripada yang dapat dihasilkan pasar dalam negeri, penggabungan bank dan kartel industri menghasilkan kapitalisme keuangan - ekspor dan investasi modal ke negara-negara dengan ekonomi terbelakang. Pada gilirannya, perilaku keuangan semacam itu mengarah pada pembagian dunia di antara perusahaan bisnis monopoli dan kekuatan besar. Selain itu, dalam rangka menjajah negara-negara yang belum berkembang, bisnis dan pemerintah pada akhirnya akan terlibat dalam konflik geopolitik mengenai eksploitasi ekonomi sebagian besar dunia geografis dan populasinya. Oleh karena itu, imperialisme adalah kapitalisme tertinggi (maju), yang membutuhkan monopoli (eksploitasi tenaga kerja dan sumber daya alam) dan ekspor modal keuangan (bukan barang) untuk mempertahankan kolonialisme, yang merupakan fungsi integral dari model ekonomi tersebut

    ReplyDelete
  30. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Kapitalisme tidak hanya dipandang sebagai suatu pandangan hidup yang menginginkan keuntungan. Peleburan kapitalisme dengan sosialisme tanpa adanya pengubahan menjadikan kapitalisme lebih lunak daripada dua atau tiga abad yang lalu. Beberapa ahli mendefinisikan kapitalisme sebagai sebuah sistem yang mulai berlaku di Eropa pada abad ke-16 hingga abad ke-19, yaitu pada masa perkembangan perbankan komersial Eropa di mana sekelompok individu maupun kelompok dapat bertindak sebagai suatu badan tertentu. Istilah kapitalisme dalam arti modern sering dikaitkan dengan Karl Marx. Dalam magnum opus Das Kapital, Marx menulis tentang “cara produksi kapitalis” dengan menggunakan metode pemahaman yang sekarang dikenal sebagai Marxisme.

    ReplyDelete
  31. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dalam filsafat mengikuti pemikiran pada filsuf. Oleh karena itu kita harus mengetahui pemikiran/aliran-aliran para filsful-filsuf dunia. Begitu pula pada capitalism ini dimana saya mengetahui bahwa capitalism ini merupakan suatu paham atau sistem ekonomi yang dimana pemilik modal dapat melakukan usaha apapun untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya tanpa memperdulikan hal lain, sehingga perdagangan, industri maupun produksi dapat dikuasai oleh satu pihak. Sehingga dengan adanya prinsil capitalism ini berdampak bahwa pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dapat dilakukan secara besar-besaran demi keuntungan dan kepentingan-kepentingan pribadi. Menurut saya aliran ini perlu kita berhati-hati dalam menyikapinya karena sistemnya tidak mengutamakan kesejahteraan sosial melainkan mengutamakan kesejahteraan sang pemilik modal.

    ReplyDelete
  32. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dalam http://www.importanceofphilosophy.com/Politics_Capitalism.html dijelaskan bahwa hal penting untuk menentukan "Kapitalisme" benar yaitu dengan mendefinisikan kapitalisme secara tepat. Kapitalisme satu-satunya sistem politik moral karena itu adalah satu-satunya sistem yang didedikasikan untuk perlindungan hak-hak, yang merupakan persyaratan bagi kelangsungan hidup manusia dan berkembang. Kapitalisme dijelaskan sebgai sebuah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan perekonomian. Semua orang bebas bersaing dalam bisnis untuk memperoleh laba sebesar besarnya.

    ReplyDelete
  33. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Kapitalisme atau Kapital merupakan sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar. Pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi berjalannya prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, namun intervensi yang dilakukan pemerintah secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi.

    ReplyDelete
  34. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi yang filsafat sosial dan politiknya didasarkan kepada asas pengembangan hak milik pribadi dan pemeliharaannya serta perluasan faham kebebasan. Sistem ini telah banyak melahirkan malapetaka terhadap dunia. Tetapi ia terus melakukan tekanan-tekanannya dan campur tangan politis, sosial dan kultural terhadap bangsa-bangsa di dunia.

    ReplyDelete
  35. Desy Dwi Frimadani
    1670251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Capitalism adalah sebuah sistem sosial yang berlandaskan pada kebenaran setiap individu layaknya mampu diciptakan dalam setiap kebijakan yang dibuat oleh penyelenggara negara yang mewakili aspirasi rakyat. Capitalism ini diharapkan mampu menjadi penentu terlaksananya suatu negara yang maju tanpa mengurangi hak individu.

    ReplyDelete
  36. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Menurut Karl Marx, kapitalisme dapat diartikan sebagai sebuah sistem dimana pemilik modal menjadi penentu dari seluruh kebijakan pasar dan harga barang dengan meminimalisir kerugian dan memaksimalkan keuntungan. Buah dari kapitalisme adalah semakin besarnya kesenjangan ekonomi masyarakat di Indonesia. Orang yang mempunyai modal besar, dialah yang memperoleh banyak keuntungan. Sedangkan rakyat kecil hanya menjadi korban. Yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Begitulah keadaannya jika kapitalisme merajalela. Kita sebagai makhluk yang lemah hanya bisa berlindung kepada Allah Swt. Jika di dasarkan pada asas-asas yang baik dan benar, maka Indonesia akan dapat menerapkan sistem kapitalisme dengan baik. Sehingga dapat meminimalisir kesenjangan ekonomi dan terjaminnya pemerataan.

    ReplyDelete
  37. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Kapitalisme dalam istilah ekonomi didefinisikan sebagai sebuah sistem ekonomi dimana alat-alat produksi dan distribusi pribadi atau badan usaha yang dimiliki dan pengembangan proporsional dengan akumulasi dan reinvestasi keuntungan yang diperoleh di pasar bebas. Pengertian kapitalisme adalah definisi politik yaitu kapitalisme merupakan sistem sosial yang berdasarkan prinsip hak-hak individu. Dalam rangka untuk memiliki sistem ekonomi, seseorang harus memiliki hak-hak individu dan hak milik. Satu-satunya cara untuk memiliki sistem ekonomi yang pas dari definisi pertama adalah memiliki sistem politik yang pas dari definisi kedua.

    ReplyDelete
  38. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kapitalisme biasa dimaknakonotasikan sebagai kekuasaan, terutama dalam masalah perekonomian. Ekonomi negara miskin semakin lemah karena kekayaan mereka justru mengalir ke negara-negara maju berkembang yang semakin kaya. Secara langsung maupun tidak, kemampuan, keahlian, dan ilmu pengetahuan yang didapat pada sekolah berkorelasi dengan kebutuhan ekonomi kapitalisme, dikarenakan kapitalisme sebagai sumber utama sistem sosial, ekonomi, dan ketidakmerataan pendidikan; kelas sosial sebagai penjelasan sosial dan pendidikan secara heuristik.

    ReplyDelete
  39. Agus Cahyanto
    14301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut Adam Smith, kapitalisme ialah suatu sistem yang bisa menciptakan kesejahteraan masyarakat apabila pemerintah tidak memiliki intervensi terhadap mekanisme dan kebijakan pasar. Di dalam kapitalisme pemerintah berperan hanya sebagai pengawas saja.

    ReplyDelete
  40. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika 2016

    Istilah kapitalisme dikembangkan pada abad ke-19 oleh pemikir sosialis Prancis seperti Proudhon, Pierre Leroux atau Blanqui. Mereka mengindikasikan bahwa sistem ekonomi dan sosial yang berlaku pada masa itu pada akhirnya akan tergantikan oleh sosialisme. Pengaruh pemikiran dan doktrin sosialisme ini dalam waktu yang singkat telah mengubah neologisme tersebut. Kapitalisme memperoleh konotasi peyoratif sehingga para penulis beraliran liberal mesti mengganti istilah kapitalisme dengan istilah yang lebih “netral” seperti “ekonomi pasar.” Saat ini, kapitalisme merupakan satu-satunya sistem ekonomi yang kuat untuk diberlakukan. Sebagian pihak tidak dapat menerima sistem ini.

    ReplyDelete
  41. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Imperialisme, Tahap Tertinggi Kapitalisme (1917), oleh Vladimir Lenin, menggambarkan fungsi modal finansial dalam menghasilkan keuntungan dari kolonialisme imperialis sebagai tahap akhir pengembangan kapitalis untuk memastikan keuntungan yang lebih besar. Imperialisme ini juga pernah terjadi di Indonesia pada saat negeri kita dijajah oleh bangsa lain yaitu Belanda. Imperialisme belanda menyebabkan segala macam otoritas negara kita dikendalikan oleh Belanda, masyarakat dan bangsa Indonesia harus tunduk pada kekuasaan belanda, karena belanda memegang kendali negara Indonesia. Dengan imperialismenya, maka Belanda memanfaatkan segala macam sumber daya yang ada di Indonesia untuk dapat memperoleh keuntungan dan kemakmuran yang besar bagi negerinya. Usaha-usaha Imperialisme semacam ini tidak memiliki hubungan yang saling menguntungkan kedua pihak tetapi hanya menguntungkan pihak lain yang berkuasa. Oleh karena itu, dengan adanya imperialisme bukan kerjasama yang terjalin melainkan akan mendorong terjadinya persaingan dan konflik.

    ReplyDelete
  42. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Kapitalisme merupakan system ekonomi dimana perdagangan, industry dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar. Pemilik modal dapat melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya dan pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar untuk kepentingan bersama melainkan untuk kepentingan pribadi. Dengan kata lain kapitalisme merupakan suatu paham yang meyakini pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya dimana pemerintah tidak dapat melakukan investasi pasar.

    ReplyDelete
  43. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Kapitalisme adalah sistem ekonomi dan sosial dimana modal atau kekayaan swasta digunakan dalam produksi dan distribusi barang. Dalam sistem seperti itu akumulasi modal terjadi ketika pemilik modal (tanaman produktif, dll) sesuai dengan nilai kekayaan yang diciptakan oleh non-pemilik / pekerja yang surplus terhadap nilai pendapatan yang dibayarkan kepada pekerja. Nilai surplus ini biasanya disebut sebagai profit dan profit-making merupakan kegiatan yang sah dalam sistem kapitalis.

    ReplyDelete
  44. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Kapitalisme atau kapital adalah suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama. Kapitalisme juga merupakan sistem ekonomi yang filsafat dan sosial politiknya didasarkan kepada asas perkembangan hak milik pribadi dan pemeliharaannya serta perluasan paham kebebasan. Tetapi sistem ini telah melahirkan banyak malapetaka di dunia, akan tetapi ia terus melakukan tekanan-tekanannya dan campur tangan politis, sosial, dan kultur terhadap bangsa-bangsa di dunia.

    ReplyDelete