Dec 1, 2012

CAPITALISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang CAPITALISM, silahkan konek :







 Wss Wr Wb
Marsigit





72 comments:

  1. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Kapitalisme adalah sistem ekonomi di mana alat-alat produksi dan distribusi secara pribadi atau korporat yang dimiliki dan pengembangan proporsional dengan akumulasi dan reinvestasi keuntungan yang diperoleh di pasar bebas. Hal ini mengakibatkan orang-orang yang hanya memiliki modal besar dan kuat saja yang bisa bertahan. Sedangakan mereka yang tidak memiliki apa-apa akan lemah, susah untuk bertahan dan bahkan tidak memiliki apa-apa karena harga-harga yang semakin melambung tinggi.

    ReplyDelete
  2. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Kapitalisme secara konvensional didefinisikan bersama istilah ekonomi yaitu sebagai sistem ekonomi di mana alat-alat produksi dan distribusi pribadi atau badan usaha milik dan pengembangan adalah proporsional dengan akumulasi dan reinvestasi keuntungan yang diperoleh di pasar bebas. Sedangkan definisi politik bahwak kapitalisme adalah sistem sosial berdasarkan prinsip hak-hak individu

    ReplyDelete
  3. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Jika dimaknai positif, kapitalisme merupakan sistem politik moral sebab satu-satunya sistem yang didedikasikan untuk perlindungan hak-hak, yang merupakan persyaratan bagi kelangsungan hidup manusia dan berkembang.

    ReplyDelete
  4. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://id.wikipedia.org/wiki/Kapitalisme Kapitalisme atau Kapital adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar. Pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya.

    ReplyDelete
  5. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link, http://www.importanceofphilosophy.com/Politics_Capitalism.html "Kapitalisme" secara konvensional didefinisikan dalam istilah ekonomi sebagai Sistem ekonomi di mana alat produksi dan distribusi dimiliki secara pribadi atau dimiliki perusahaan dan pembangunan sebanding dengan akumulasi dan reinvestasi keuntungan yang diperoleh di pasar bebas. Sedangkan definisi penting tentang kapitalisme adalah definisi politik: Kapitalisme adalah sistem sosial yang didasarkan pada prinsip hak individu. Agar memiliki sistem ekonomi di mana "produksi dan distribusi dimiliki secara pribadi atau milik perusahaan", Anda harus memiliki hak individu dan hak kepemilikan khusus. Satu-satunya cara untuk memiliki sistem ekonomi yang sesuai dengan definisi pertama adalah memiliki sistem politik yang sesuai dengan definisi kedua. Yang pertama adalah implikasi dari yang kedua.

    ReplyDelete
  6. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Kapitalisme adalah sistem perekonomian yang menekankan peran kapital (modal), yakni kekayaan dalam segala jenisnya, termasuk barang-barang yang digunakan dalam produksi barang lainnya (Bagus, 1996). Ebenstein (1990) menyebut kapitalisme sebagai sistem sosial yang menyeluruh, lebih dari sekedar sistem perekonomian. Ia mengaitkan perkembangan kapitalisme sebagai bagian dari gerakan individualisme. Sedangkan Hayek (1978) memandang kapitalisme sebagai perwujudan liberalisme dalam ekonomi.

    ReplyDelete
  7. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Istilah kapitalisme, dalam arti modern, sering dikaitkan dengan Karl Marx. kapitalisme sebenarnya tidak memiliki definisi universal yang bisa diterima secara luas. Beberapa ahli mendefinisikan kapitalisme sebagai sebuah sistem yang mulai berlaku di Eropa pada abad ke-16 hingga abad ke-19, yaitu pada masa perkembangan perbankan komersial Eropa di mana sekelompok individu maupun kelompok dapat bertindak sebagai suatu badan tertentu yang dapat memiliki maupun melakukan perdagangan benda milik pribadi, terutama barang modal, seperti tanah dan manusia guna proses perubahan dari barang modal ke barang jadi. Untuk mendapatkan modal-modal tersebut, para kapitalis harus mendapatkan bahan baku dan mesin dahulu, baru buruh sebagai operator mesin dan juga untuk mendapatkan nilai lebih dari bahan baku tersebut.

    ReplyDelete
  8. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Capitalism is an economic system based on private ownership of the means of production and their operation for profit. Characteristics central to capitalism include private property, capital accumulation, wage labor, voluntary exchange, a price system, and competitive markets. In a capitalist market economy, decision-making and investment are determined by the owners of the factors of production in financial and capital markets, and prices and the distribution of goods are mainly determined by competition in the market.
    Capitalism has been criticized for establishing power in the hands of a minority capitalist class that exists through the exploitation of a working class majority; for prioritizing profit over social good, natural resources, and the environment; and for being an engine of inequality and economic instabilities. Supporters believe that it provides better products through competition, creates strong economic growth, yields productivity and prosperity that greatly benefits society, as well as being the most efficient system known for allocation of resources.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Capitalism

    ReplyDelete
  9. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Kapitalisme (1917), oleh Vladimir Lenin, menggambarkan fungsi modal keuangan dalam menghasilkan keuntungan dari kolonialisme imperialis sebagai tahap akhir pengembangan kapitalis untuk memastikan keuntungan yang lebih besar. Oleh karena itu agar suatu negara dapat terus maju dengan baik perlu memperhatikan kapitalisme di begaranya dan menghormati hak – hak manusia.

    ReplyDelete
  10. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Pendidikan dianggap sebagai kebudayaan nasional Indonesia yang harus dimajukan oleh pemerintah. Kebudayaan tidak termasuk dari bidang usaha yang terbuka untuk penanaman modal, baik swasta nasional maupun asing. Dengan adanya privatisasi dalam bidang pendidikan, akan terjadi komersialisme pendidikan. Privatisasi pendidikan membuat pemilik modal (kapitalis), yang berorientasi pada laba, mengusahakan agar bidang usahanya mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, para kapitalis berlomba-lomba meningkatkan harga agar bidang usaha yang mereka miliki terkesan berkualitas, meskipun pada kenyataannya belum tentu seperti itu.

    ReplyDelete
  11. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Kaum kapitalis yang memprivatisasikan pendidikan itu berusaha membuat orang tertarik pada ‘barang’ yang mereka jual dan ketika mereka sudah berhasil menarik hati masyarakat, mereka bermain-main dengan harga dan dana. Pendidikan diarahkan oleh para kaum kapitalis, sesuai dengan keinginannya. Bila kapitalis mudah memasuki pendidikan di Indonesia, Indonesia harus bersiap-siap memiliki agen-agen kapitalisme yang baru. Pendidikan, baik formal maupun nonformal, merupakan hal yang mulia. Seharusnya semua orang dapat merasakan pendidikan setinggi-tingginya dan tidak menjadikan biaya yang mahal sebagai masalah. Generasi penerus bangsa dengan tegas harus menolak kapitalisme dalam bentuk apapun, termasuk privatisasi pendidikan yang menjadi penjajahan modern dan melunturkan nasionalisme bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  12. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dari link di atas, yang bisa kita ketahui bahwa kapitalisme atau Kapital adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar.Pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi. Dalam perekonomian kapitalis setiap warga dapat mengatur nasibnya sendiri sesuai dengan kemampuannya.Sebuah sistem sosial yang didasarkan pada kebenaran setiap individu selayaknya mampu diciptakan dalam setiap kebijakan yang dibuat oleh penyelenggara negara yang mewakili aspirasi rakyat. Kapitalisme diharapkan mampu menjadi penentu keterlaksanaan suatu negara yang maju tanpa mengurangi hak individu .
    Namun paham ini sangatlah bertentangan dalam ajaran agama. Dimana pada paham kapitalism menghalalkan riba dalam perekonomian, sedangkan dalam ajaran agama khususnya Islam, riba adlah hal yang dilarang dan diharamkan.

    ReplyDelete
  13. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Kapitalisme menggambarkan tentang suatu sistem perekonomian dimana fungsi modal finansial dalam menghasilkan keuntungan dari kolonialisme imperialis sebagai tahap akhir pengembangan kapitalis untuk memastikan keuntungan yang lebih besar. Atau dengan kata lain sistem kapitalisme merupakan sistem ekonomi yang alat produksi dan distribusinya dimiliki secara pribadi atau dimiliki perusahaan dan pembangunan sebanding dengan akumulasi dan reinvestasi keuntungan yang diperoleh di pasar bebas.

    ReplyDelete
  14. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Kapitalisme mulai muncul setelah tercapainya perjanjian “Westphalia”, atau setelah selesainya perang yang lama terjadi di Eropa. Kapitalisme sendiri adalah suatu paham atau sistem ekonomi yang dimana pemilik modal dapat melakukan usaha apapun untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya tanpa memperdulikan hal lain, sehingga perdagangan, industri maupun produksi dapat dikuasai oleh satu pihak. Demi prinsip tersebut, pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dapat dilakukan secara besar-besaran demi keuntungan dan kepentingan-kepentingan pribadi. Sistem ini tidak mengutamakan kesejahteraan sosial melainkan mengutamakan kesejahteraan sang pemilik modal.

    ReplyDelete
  15. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Artiekl ini akan membahasa tentang vlaidmir lenin, yanag mana Imperialisme, Tahap Tertinggi Kapitalisme (1917), oleh Vladimir Lenin, menggambarkan fungsi modal finansial dalam menghasilkan keuntungan dari kolonialisme imperialis sebagai tahap akhir pengembangan kapitalis untuk memastikan keuntungan yang lebih besar. Esai tersebut merupakan sintesis dari modifikasi Lenin dan perkembangan teori ekonomi yang diformulasikan Karl Marx di Das Kapital (1867)
    Agar kapitalisme menghasilkan keuntungan lebih besar daripada yang dapat dihasilkan pasar dalam negeri, penggabungan bank dan kartel industri menghasilkan kapitalisme keuangan - ekspor dan investasi modal ke negara-negara dengan ekonomi terbelakang. Pada gilirannya, perilaku keuangan semacam itu mengarah pada pembagian dunia di antara perusahaan bisnis monopoli dan kekuatan besar. Selain itu, dalam rangka menjajah negara-negara yang belum berkembang, bisnis dan pemerintah pada akhirnya akan terlibat dalam konflik geopolitik mengenai eksploitasi ekonomi sebagian besar dunia geografis dan populasinya. Oleh karena itu, imperialisme adalah kapitalisme tertinggi (maju), yang membutuhkan monopoli (eksploitasi tenaga kerja dan sumber daya alam) dan ekspor modal keuangan (bukan barang) untuk mempertahankan kolonialisme, yang merupakan fungsi integral dari model ekonomi tersebut

    ReplyDelete
  16. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Kapitalisme tidak hanya dipandang sebagai suatu pandangan hidup yang menginginkan keuntungan. Peleburan kapitalisme dengan sosialisme tanpa adanya pengubahan menjadikan kapitalisme lebih lunak daripada dua atau tiga abad yang lalu. Beberapa ahli mendefinisikan kapitalisme sebagai sebuah sistem yang mulai berlaku di Eropa pada abad ke-16 hingga abad ke-19, yaitu pada masa perkembangan perbankan komersial Eropa di mana sekelompok individu maupun kelompok dapat bertindak sebagai suatu badan tertentu. Istilah kapitalisme dalam arti modern sering dikaitkan dengan Karl Marx. Dalam magnum opus Das Kapital, Marx menulis tentang “cara produksi kapitalis” dengan menggunakan metode pemahaman yang sekarang dikenal sebagai Marxisme.

    ReplyDelete
  17. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dalam filsafat mengikuti pemikiran pada filsuf. Oleh karena itu kita harus mengetahui pemikiran/aliran-aliran para filsful-filsuf dunia. Begitu pula pada capitalism ini dimana saya mengetahui bahwa capitalism ini merupakan suatu paham atau sistem ekonomi yang dimana pemilik modal dapat melakukan usaha apapun untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya tanpa memperdulikan hal lain, sehingga perdagangan, industri maupun produksi dapat dikuasai oleh satu pihak. Sehingga dengan adanya prinsil capitalism ini berdampak bahwa pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dapat dilakukan secara besar-besaran demi keuntungan dan kepentingan-kepentingan pribadi. Menurut saya aliran ini perlu kita berhati-hati dalam menyikapinya karena sistemnya tidak mengutamakan kesejahteraan sosial melainkan mengutamakan kesejahteraan sang pemilik modal.

    ReplyDelete
  18. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dalam http://www.importanceofphilosophy.com/Politics_Capitalism.html dijelaskan bahwa hal penting untuk menentukan "Kapitalisme" benar yaitu dengan mendefinisikan kapitalisme secara tepat. Kapitalisme satu-satunya sistem politik moral karena itu adalah satu-satunya sistem yang didedikasikan untuk perlindungan hak-hak, yang merupakan persyaratan bagi kelangsungan hidup manusia dan berkembang. Kapitalisme dijelaskan sebgai sebuah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan perekonomian. Semua orang bebas bersaing dalam bisnis untuk memperoleh laba sebesar besarnya.

    ReplyDelete
  19. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Kapitalisme atau Kapital merupakan sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar. Pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi berjalannya prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, namun intervensi yang dilakukan pemerintah secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi.

    ReplyDelete
  20. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi yang filsafat sosial dan politiknya didasarkan kepada asas pengembangan hak milik pribadi dan pemeliharaannya serta perluasan faham kebebasan. Sistem ini telah banyak melahirkan malapetaka terhadap dunia. Tetapi ia terus melakukan tekanan-tekanannya dan campur tangan politis, sosial dan kultural terhadap bangsa-bangsa di dunia.

    ReplyDelete
  21. Desy Dwi Frimadani
    1670251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Capitalism adalah sebuah sistem sosial yang berlandaskan pada kebenaran setiap individu layaknya mampu diciptakan dalam setiap kebijakan yang dibuat oleh penyelenggara negara yang mewakili aspirasi rakyat. Capitalism ini diharapkan mampu menjadi penentu terlaksananya suatu negara yang maju tanpa mengurangi hak individu.

    ReplyDelete
  22. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Menurut Karl Marx, kapitalisme dapat diartikan sebagai sebuah sistem dimana pemilik modal menjadi penentu dari seluruh kebijakan pasar dan harga barang dengan meminimalisir kerugian dan memaksimalkan keuntungan. Buah dari kapitalisme adalah semakin besarnya kesenjangan ekonomi masyarakat di Indonesia. Orang yang mempunyai modal besar, dialah yang memperoleh banyak keuntungan. Sedangkan rakyat kecil hanya menjadi korban. Yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Begitulah keadaannya jika kapitalisme merajalela. Kita sebagai makhluk yang lemah hanya bisa berlindung kepada Allah Swt. Jika di dasarkan pada asas-asas yang baik dan benar, maka Indonesia akan dapat menerapkan sistem kapitalisme dengan baik. Sehingga dapat meminimalisir kesenjangan ekonomi dan terjaminnya pemerataan.

    ReplyDelete
  23. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Kapitalisme dalam istilah ekonomi didefinisikan sebagai sebuah sistem ekonomi dimana alat-alat produksi dan distribusi pribadi atau badan usaha yang dimiliki dan pengembangan proporsional dengan akumulasi dan reinvestasi keuntungan yang diperoleh di pasar bebas. Pengertian kapitalisme adalah definisi politik yaitu kapitalisme merupakan sistem sosial yang berdasarkan prinsip hak-hak individu. Dalam rangka untuk memiliki sistem ekonomi, seseorang harus memiliki hak-hak individu dan hak milik. Satu-satunya cara untuk memiliki sistem ekonomi yang pas dari definisi pertama adalah memiliki sistem politik yang pas dari definisi kedua.

    ReplyDelete
  24. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kapitalisme biasa dimaknakonotasikan sebagai kekuasaan, terutama dalam masalah perekonomian. Ekonomi negara miskin semakin lemah karena kekayaan mereka justru mengalir ke negara-negara maju berkembang yang semakin kaya. Secara langsung maupun tidak, kemampuan, keahlian, dan ilmu pengetahuan yang didapat pada sekolah berkorelasi dengan kebutuhan ekonomi kapitalisme, dikarenakan kapitalisme sebagai sumber utama sistem sosial, ekonomi, dan ketidakmerataan pendidikan; kelas sosial sebagai penjelasan sosial dan pendidikan secara heuristik.

    ReplyDelete
  25. Agus Cahyanto
    14301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut Adam Smith, kapitalisme ialah suatu sistem yang bisa menciptakan kesejahteraan masyarakat apabila pemerintah tidak memiliki intervensi terhadap mekanisme dan kebijakan pasar. Di dalam kapitalisme pemerintah berperan hanya sebagai pengawas saja.

    ReplyDelete
  26. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika 2016

    Istilah kapitalisme dikembangkan pada abad ke-19 oleh pemikir sosialis Prancis seperti Proudhon, Pierre Leroux atau Blanqui. Mereka mengindikasikan bahwa sistem ekonomi dan sosial yang berlaku pada masa itu pada akhirnya akan tergantikan oleh sosialisme. Pengaruh pemikiran dan doktrin sosialisme ini dalam waktu yang singkat telah mengubah neologisme tersebut. Kapitalisme memperoleh konotasi peyoratif sehingga para penulis beraliran liberal mesti mengganti istilah kapitalisme dengan istilah yang lebih “netral” seperti “ekonomi pasar.” Saat ini, kapitalisme merupakan satu-satunya sistem ekonomi yang kuat untuk diberlakukan. Sebagian pihak tidak dapat menerima sistem ini.

    ReplyDelete
  27. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Imperialisme, Tahap Tertinggi Kapitalisme (1917), oleh Vladimir Lenin, menggambarkan fungsi modal finansial dalam menghasilkan keuntungan dari kolonialisme imperialis sebagai tahap akhir pengembangan kapitalis untuk memastikan keuntungan yang lebih besar. Imperialisme ini juga pernah terjadi di Indonesia pada saat negeri kita dijajah oleh bangsa lain yaitu Belanda. Imperialisme belanda menyebabkan segala macam otoritas negara kita dikendalikan oleh Belanda, masyarakat dan bangsa Indonesia harus tunduk pada kekuasaan belanda, karena belanda memegang kendali negara Indonesia. Dengan imperialismenya, maka Belanda memanfaatkan segala macam sumber daya yang ada di Indonesia untuk dapat memperoleh keuntungan dan kemakmuran yang besar bagi negerinya. Usaha-usaha Imperialisme semacam ini tidak memiliki hubungan yang saling menguntungkan kedua pihak tetapi hanya menguntungkan pihak lain yang berkuasa. Oleh karena itu, dengan adanya imperialisme bukan kerjasama yang terjalin melainkan akan mendorong terjadinya persaingan dan konflik.

    ReplyDelete
  28. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Kapitalisme atau kapital adalah suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama. Kapitalisme juga merupakan sistem ekonomi yang filsafat dan sosial politiknya didasarkan kepada asas perkembangan hak milik pribadi dan pemeliharaannya serta perluasan paham kebebasan. Tetapi sistem ini telah melahirkan banyak malapetaka di dunia, akan tetapi ia terus melakukan tekanan-tekanannya dan campur tangan politis, sosial, dan kultur terhadap bangsa-bangsa di dunia.

    ReplyDelete
  29. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika

    terima kasih atas, referensinya, pak. yang saya ingin tanyakan, bukankah referensi yang paling representatif untuk mendalami tentang Kapitalisme adalah buku "Kapita" tiga jilid karya Karl Max? setahu saya, buku tersebut berhasil mengungkap misteri nilai lebih dalam proses produksi kapital secara ilmiah.

    ReplyDelete
  30. Anisa Safitri
    17701251038
    PEPB

    Kapitalisme berkaitan dengan kepemilikan. Aliran ini mengarah pada kekuasaan materi yang memuaskan pemiliknya. Uang, materi menjadi penentu kekuasaan. Namun pandangan ini juga mempunyai kelemahan dimana yang kaya bisa menjadi sangat kaya, dan yang miskin dan tidak bisa survive dengan keadaan justru semakin miskin. Dilihat dari arti kapitalisme sendiri merpakan suatu sistem yang diguankan untuk mendapatkan keuntungan secara besar-besaran. Sehingga seseorang atau kelompok orang dapat melakuakn kegaitan seperti suatu badan untuk meraih keuntungan secara besar besaran untuk kepentingan pribadi.

    ReplyDelete
  31. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Asal kata kapitalisme yaitu kapital yang memiliki arti modal. Kapitalisme merupakan kegiatan ekonomi yang diselenggarakan oleh pihak tertentu secara pribadi hanya untuk memperkaya pribadi atau segelintir orang bukan untuk kesejahteraan masyarakat banyak. Tujuannya untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Dengan adanya kapitalisme yang diciptakan oleh kapitalis sejati melahirkan banyak malapetaka di dunia seperti, pertikaian, peperangan, kemiskinan, bahkan perang dunia pun bisa terjadi karena adanya kapitalisme.

    ReplyDelete
  32. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Berdasarkan sumber dari link wikipedia yang Bapak berikan berisi tentang Imperialisme, tahapan tertinggi kapitalisme. Imperialisme muncul sebagai perkembangan dan kelanjutan langsung dari karakteristik-karakteristik fundamental kapitalisme secara umum. Tetapi kapitalisme hanya menjadi kapitalisme imperialisme pada sebuah tahapan tertentu dan paling tinggi dari perkembangannya, ketika beberapa karakteristik fundamentalnya mulai berubah menjadi kebalikannya, ketika fitur-fitur dari epos transisi dari kapitalisme ke sebuah sistem sosial dan ekonomi yang lebih tinggi telah mengambil bentuk dan menunjukkan diri mereka dalam sebuah bidang.

    ReplyDelete
  33. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Kapitalisme merupakan suatu paham dimana orang yang memiliki modal paling banyak maka dialah yang paling berkuasa. Sedangkan orang yang tidak memiliki modal harus bekerja keras untuk si pemilik modal dengan bayaran yang semena-mena karena dia tidak memiliki kekuasaan apapun. Paham kapitalisme ini secara jelas dicela dalam Islam dan Allah. Menurut pandangan saya, Indonesia merupakan negara yang tidak sedikit masyarakatnya yang kapitalis. Uang adalah simbol dari kapitalisme yang dapat digunakan untuk membeli segala kemewahan dunia. Apa yang bisa dilakukan untuk melawan kapitalisme adalah mencintai produk dalam negeri dan berhati-hati ketika menggunakan barang impor yang tidak tahu jelas kemana arah uang yang dibelajakan digunakan untuk apa. Selain itu, bisa dengan berzakat (fitrah dan mal), yang dapat meleburkan batas antara orang kaya dan orang miskin, sehingga tidak ada orang yang merasakan kekurangan.

    ReplyDelete
  34. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Kapitalism adalah paham yang menggambarkan fungsi modal finansial dalam menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Paham ini yang kaya yang berkuasa. Maka paham kapitalism berusaha untuk mencari keuntungan yang besar. Karena kaya tersebut, kemudian dapat mengatur yang tidak memiliki modal. Paham ini banyak berkembang di neraga yang merupakan negara industri. Yang kaya yang akan berkuasa, dan yang miskin akan tunduk dan menjadi bawahan yang kaya. Sehingga jika berlaku hukum seperti itu, yang kaya akan menjadi semakin kaya, yang miskin akan tetap miskin. Tetapi pada paham ini jika dilihat dari sudut pandang yang positif yaitu dapat mendorong atau motivasi pelaku ekonomi agar mencapai prestasi terbaik.

    ReplyDelete
  35. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, kapitalisme merupkan ideologi dari organisasi sosioekonomi di mana suatu kelas atau kelompok pengusaha dan institusi kewirausahaan menyediakan modal dimana bisnis memproduksi barang dan jasa dan mempekerjakan pekerja. Sebagai gantinya, kapitalis mengeruk keuntungan dari barang yang dibuat. Kapitalisme sering dipandang sebagai perwujudan dari ekonomi pasar, dan karenanya dapat menghasilkan distribusi sumber daya yang langka yang optimal, dan menghasilkan suatu perbaikan untuk “semua”; Optimisme ini diimbangi dengan menunjukkan peluang eksploitasi yang melekat pada sistem.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  36. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Didalam link http://www.importanceofphilosophy.com/Politics_Capitalism.html Kapitalisme didefinisikan secara konvensional di sepanjang istilah ekonomi sebagai Sistem ekonomi di mana alat produksi dan distribusi dimiliki secara pribadi atau dimiliki perusahaan dan pembangunan sebanding dengan akumulasi dan reinvestasi keuntungan yang diperoleh di pasar bebas. jika dilihat dari kata dasarnya (kapital) yang berarti modal (pokok) dalam perniagaan, Kapitalis dapat diartikan sebagai suatu kegiatan ekonomi yang diselenggarakan oleh pihak tertentu (yang memiliki modal besar) secara pribadi hanya untuk memperkaya pribadi atau segelintir orang bukan untuk kesejahteraan masyarakat banyak.

    ReplyDelete
  37. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Bismillah. Menurut pemahaman saya, kapitalisme adalah paham yang menitikberatkan "kapital" atau "modal" atau materi sebagai hal yang utama. Sebenarnya sulit bagi saya mengungkapkan definisi kapitalis yang saya pahami melalui kalimat yang lugas. Hanya saja, saya berupaya menggabarkannya melalui cerita sangat pendek ini, "Pada suatu ketika saya dihadapkan pada dua pilihan. Kedua-duanya terjadi pada saat yang sama, dan saya harus memilih salah satunya. Dua pilihan tersebut ada;ah: 1) menerima tawaran pekerjaan baru dengan gaji 10 juta per bulan atau 2) tetap pada pekerjaan lama dengan gaji tidak mencapai setengahnya tapi keluarga saya lebih mendukung saya berada di perusahaan ini. Walhasil, saya memilih pilihan pertama, karena tergiur oleh gaji yang berlipat ganda". Begitulah sedikit yang saya pahami tentang kapitalisme.

    ReplyDelete
  38. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Setahu saya, kapitalisme adalah suatu sistem yang lahir dari revolusi industri pada abad ke 16 (runtuhnya feodalisme). Kapitalisme menandai suatu sistem ekonomi yang berdiri di atas ideologi liberal yang melanggengkan kepemilikan pribadi atas alat-alat produksi sebagai sala-satu prasyarat penting dalam rumus kapital. Dalam kapitalisme, terdapat dua kelas yang saling bertententangan yakni kelas kapitalis (pemilik modal) dan kelas ploretariat (kaum buruh). Pertentangan antara dua kelas tersebut ditandai dengan suatu ideologi yang mencoba untuk menghancurkan sistem kapitalisme yang dianggap dehumanistik (menindas kaum buruh) yakni ideology komunisme yang lahir dari pemikiran Karl Marx. Menurut Karl Marx, kepemilikan pribadi terhadap alat-alat produksi ekonomi menciptakan penindasan terhadap buruh, oleh karena itu alat-alat produksi tersebut harus dimiliki bersama secara kolektif melalui proses revolusi ploretariat. Sajauh ini, pemahaman saya tentang kapitalisme hanya sampai di situ. Mohon bimbingannya, pak.

    ReplyDelete
  39. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    177092510005

    Assalamualaikum prof,
    Kapitalisme merupakan sebuah sistem perekonomian yang filsafat sosial dan politiknya didasarkan pada asas pengembangan peran kapita (modal). Penganut paham ini meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tetapi untuk mendapatkan kepentingan-kepentingan pribadi. Paham ini melihat keuntungan (kapital) sebagai fokus utama kegiatannya. Walaupun demikian, kapitalisme sebenarnya tidak memiliki definisi universal yang bisa diterima secara luas.

    ReplyDelete
  40. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Kapitalisme dapat dimaknai sebagai paham yang mengembangkan asas hak milik pribadi dan pemeliharaan berdasarkan perluasan paham kebebasan. Kapitalisme lebih mementingkan keuntungan, mementingkan hak milik pribadi, adanya persaingan secara kompetitif, dan disesuaikan dengan permintaan serta kebutuhan. Apabila dianalogikan dalam pembelajaran hal ini tidak sesuai apabila dalma proses diskusi. Karena kapitalisme ini berbanding terblik dengan proses diskusi yang mengutamaka kerjasama, tidak mementingkan individu, semuanya setara dan tidak ada kompetitif untuk terlihat paling menonjol, agar proses diskusi adil agar diperoleh hasil diskusi yang benar-benar keputusan antara anggota kelompok.

    ReplyDelete
  41. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Mendenagar kata kapitalisme mambawa saya pada suatu makna yang negatif.Dalam kehidupan ini sering terjadi yang namanya kapitalisme meskipun tak nampak secara nyata namun setidaknya kita apat dmengetahui dari gejolak yang ada.Kapitalisme bermain di domain yang tersembunyi dimana orang-orang banyak tergiur bahkan menjadi pengikut kapitalisme.Menukil dari sumber bacaan di atas bahwasannya kapitalisme merupakan suatu unsur kepentingan.Kepentingannya itu, bagaimana meraup keuntungan yang sebesarnya-besarnya baik dari bidang ekonomi, industri atau bidang lainnya.Dan imperialisme merupakan tingkat kapitalisme yang paling berbahaya.

    ReplyDelete
  42. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Kapitalisme adalah sistem sosial yang didasarkan pada pengakuan hak-hak individu. Paham kapitalisme merupakan sebuah sistem yang muncul dari pemikiran dunia Barat. Tujuan dari kapitalisme adalah penguasaan atas hal-hal material di dunia. Berdasarkan link di atas telah disebutkan bahwa imprealisme merupakan tahapan tertinggi dari kapitalisme. Sektor pendidikan merupakan salah satu bidang yang tidak bisa lepas dari jeratan kapitalisme. Kepemilikian lembaga pendidikan perorangan di Indonesia lajunya tidak bisa ditekan, justru pemilik modal semakin meraup keuntungan yang banyak dari tingginya biaya pendidikan. Hal ini tentu akan menujukan kesenjangan sosial bahwa hanya orang yang kaya dapat bersekolah.

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Kapitalisme ini merupakan paham yang erat hubungannya dalam bidang ekonomi dan politik. Dalam dunia ekonomi, kapitalisme didefinisikan sebagai suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Untuk prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi. Namun, pengertian kapitalisme dapat didefinisikan dengan tepat yang tidak ada hubungannya dengan ekonomi. Kapitalis dapat bermakna baik jika definisi dari kapitalis tersebut yaitu prasyarat untuk pertahanan yang tepat. Kapitalisme adalah satu-satunya sistem politik moral karena merupakan satu-satunya sistem yang didedikasikan untuk perlindungan hak, yang merupakan persyaratan bagi kelangsungan hidup manusia dan berkembang. Inilah satu-satunya peran pemerintahan yang tepat. Kapitalisme harus dipertahankan dengan teguh pada dasar moral, bukan basis ekonomi atau utilitarian.

    ReplyDelete
  45. 1. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Pembahasan filsafat meluas seluas luasnya. Oleh karena itu kapitalisme sebagai salah satu aliran filsafat erat kaitannya dalam bisang ekonomi. Dasar oemikiran filsafat kapitalisme adalah sebuah system ekonomi yang filsafat sosial dan politiknya didasarkan kepada azas pengembangan hak milik pribadi dan pemeliharaannya meluas sesuai paham kebebasan. Terima Kasih

    ReplyDelete
  46. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Bapak kapitalisme yaitu Adam Smith, Ia mengemukakan 5 teori dasar dari kapitalisme yaitu antara lain sebagai berikut.
    1.Pengakuan hak milik pribadi tanpa batas – batas tertentu.
    2.Pengakuan hak pribadi untuk melakukan kegiatan ekonomi demi meningkatkan status sosial ekonomi.
    3.Pengakuan adanya motivasi ekonomi dalam bentuk semangat meraih keuntungan semaksimal mungkin.
    4.Kebebasan melakukan kompetisi.
    5.Mengakui hukum ekonomi pasar bebas/mekanisme pasar.

    Kapitalisme menurut Max Weber bukan sekadar sebuah nilai atau sikap mental untuk mencari keuntungan secara rasional dan sistematis atau sekadar sebuah sistem produksi yang berorientasi pada pencarian keuntungan. Sementara menurut Karl Marx kapitalisme merupakan sebuah cara produksi dan hubungan dalam proses produksi kemudian menimbulkan berbagai implikasi seperti ekonomi politik, sosial psikologis maupun kultural. Ketika feodalisme mulai memudar, kemudian hadir sistem ekonomi yang kapitalistik, maka yang terjadi kemudian adalah perubahan hubungan antarkelas, mode produksi (mode of production), dan perubahan gaya hidup masyarakat.

    ReplyDelete
  47. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C


    Assalamu'alaikum. Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi yang filsafat sosial dan politiknya didasarkan kepada azas pengembangan hak milik pribadi dan pemeliharaannya serta perluasan faham kebebasan. Akar kapitalisme, dalam beberapa hal bersumber dari filsafat Romawi Kuno. Hal itu muncul pada ambisinya untuk memiliki kekuatan dan meluaskan pengaruh serta kekuasaan. Wassalamu’alaikum

    ReplyDelete
  48. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas, kapitalisme adalah suatu paham sistem ekonomi yang bermodal pada kekuasaan tertinggi untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Pengaruh dari kapitalisme adalah menimbulkan terciptanya golongan kaya (kapitalis) dan miskin (pekerja). Golongan kapitalis akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena mempunyai modal untuk mengembangkan usaha sedangkan golongan miskin tidak memiliki seberapa modal, yang dimilikinya adalah tenaga. Pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untung kepentingan-kepentingan pribadi.

    ReplyDelete
  49. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Kapitalesme didefinisikan sebagai sistem sosial yang didasarkan pada hak individu. Dalam ekonomi, kapitalisme atau kapital adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan memperoleh keuntungan dalam ekonomi pasar. Maka para pemilik modal akan berusaha untuk merain keuntukngan sebesar-besarnya. Tetapi bagi yang tidak memiliki modal hanya akan menggantungkan nasibnya kepada pemilik modal.

    ReplyDelete
  50. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Kapitalisme adalah sebuah paham mengenai perekonomian. Dimana adanya sistem perdagangan disetiap kehidupan. Adanya interaksi sosial jual beli untuk memenuhi kebutuhan hidup. Adanya untung rugi yang terkandung dalam paham ini. Dalam jual beli ini adanya keinginan/ kebutuhan sehingga ada beberapa orang yang menggantungkan pada penjualan. Orang yang berjualan pun pasti juga membuutuhkan kegiatan membeli barang. Oleh sebab itu jual beli disini akan menjadi perputaran/siklik yang mempengaruhi kehidupan seseorang. Paham ini harus di mengerti agar tidak dikesampingkan oleh beberapa pihak.

    ReplyDelete
  51. Junianto
    PM C

    Kapitalisme merupakan kata sudah sangat akrab di telinga kita saat ini. Seiring dengna perkembangan jaman dan sulitnya persaigan dunia kerja maka paham ini semakin hari semakin menjadi. Kapitalisme bisa dikatakan sebagai salah satu sistem sosial yang menjunjung tinggi hak-hak individu. Dengan kata lain, setiap individu memiliki hak yang melekat pada diri masing-masing dan tidak bisa digangggu. Oleh karena itu, kekuasaan individu yang memiliki materi yang melimpah menjadi tidak terkendali, bahkan bisa menguasai pemerintah yang berkuasa.

    ReplyDelete
  52. Junianto
    PM C

    Paham kapitalisme ini lambat laun memunculkan banyak gejolak di masyarakat dimana banyak sektor-sektor strategis ternyata banyak dikuasai oleh individu-individu tertentu. Hingga kemudian kondisi ini menjadi tidak terkendali dan sulit dikendalikan. Para kaum kapitalis dam pemilik modal secara gencar dan masiv mulai menguasai sektor industri maupun sektor lainnya. Hal ini menyebabkan kekauasaan pemerintah seperti berada di bawah kaum kapitalis karena merekalah yang membiayai perekonomian suatu negera secara tidak langsung. Akhirnya, pemerintah menjadi lemah dan rakyat yang menjadi korban karena mau tidak mau harus mengikuti sistem yang dibangun dan tentu menguntukan salah satu pihak yaitu kaum kapitalis.

    ReplyDelete
  53. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Kapitalime merupakan sebuah sistem ekonomi yg filsafat sosial dan politiknya didasarkan kepada azas pengembangan hak milik pribadi dan pemeliharaannya serta perluasan faham kebebasan. Terdapat tiga asumsi dasar kapitalisme yakni kebebasan individu atau liberalisme, kepentingan diri atau individualisme, dan pasar bebas. Pada link artikel tersebut disebutkan bahwa imperialisme adalah tahap tertinggi kapitalisme. Tujuan paham kapitalisme adalah menguasai atas hal-hal material.

    ReplyDelete
  54. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Kapitalisme adalah sistem perekonomian yang menekankan peran kapital (modal) yaitu meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka seseorang tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi individu dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi. Walaupun demikian, kapitalisme sebenarnya tidak memiliki definisi universal yang bisa diterima secara luas.

    ReplyDelete
  55. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Kapitalisme lahir sebagai perlawanan terhadap sistem ekonomi sebelumnya yang lebih tradisional. Di dalam sistem ekonomi tradisional ini, modal menetap di beberapa kalangan (raja dan bangsawan). Secara bahasa kata kapitalisme berasal dari capital yang berarti modal, dan kata isme berarti suatu paham atau ajaran. Jadi arti kapitalisme itu sendiri adalah suatu ajaran atau paham tentang modal atau segala sesuatu dihargai dan diukur dengan uang. Kapitalisme dapat diartikan bahwa yang benar adalah yang berkuasa atau pemilik modal terbesar. Pemilik modal-lah yang dapat mengambil keputusan, pemilik modal memiliki kekuasaan untuk mengatur segalanya. Namun, kapitalisme merupakan satu-satunya paham yang menekankan pada kelangsungan hidup manusia dan perkembangannya, hanya saja, bagaimana cara bertahan dan berkembang tersebut mengabaikan keberlangsungan dan perkembangan orang lain. Ada tiga hal yang menjadi pola sifat dan watak dasar kapitalisme, tiga hal tersebut yang melandasi adanya penindasan yang terjadi dari sejak munculnya kapitalisme sampai praktek kapitalisme yang terjadi detik ini. Tiga hal tersebut adalah: eksploitasi, akumulasi, dan ekspansi.

    ReplyDelete
  56. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Kapitalisme atau kapital merupakan sistem yang ada pada bidang ekonomi di mana perdagangan, industri, dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan memperoleh keuntungan dalam ekonomi pasar. Pemilik modal dalam melakukan usahanya berusaha untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Dengan prinsip tersebut, pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna memperoleh keuntungan bersama, tetapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi. Di Indonesia sendiri, orang-orang kapitalis justru banyak dari orang lar negeri. Sehingga menurut saya, lama-kelamaan aset milik Indonesia bisa dikuasai oleh bangsa lain jika pemerintah tidak segera bertindak.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  57. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Secara sederhana, saya berpendapat bahwa kapitalisme itu adalah sebuah gagasan akan sistem ekonomi yang menjunjung tinggi kebebasan dari sektor swasta untuk dapat berperan aktif dalam perputaran roda ekonomi. Pengertian dari kapitalisme yang dikenal secara umum biasanya lebih dipahami seperti atribut-atribut mulai dari penghargaan akan uang, kekayaan, kepemilikan saham, perdagangan bebas, operasi bisnis, keuntungan/profit, dan lain-lain. Namun demikian, hal-hal tersebut belum cukup mendefinisikan secara lengkap apa itu capitalism.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  58. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Kapitalisme sebagai ideologi dapat diartikan sebagai sistem pemikiran dan keyakinan yang dipakai oleh kelas dominan untuk menjelaskan pada diri mereka sendiri bagaimana sistem sosial mereka beroperasi dan apa prinsip-prinsip yang diajukannya, ideologi ini melihat pencarian laba (kapital) sebagai fokus kegiatannya. Kapitalisme secara etimologis merujuk pada kata “capital” atau “capitale” yang akar katanya berasal dari bahasa Latin caput berarti “kepala”.

    ReplyDelete
  59. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Kapitalisme adalah satu-satunya sistem politik moral karena merupakan satu-satunya sistem yang didedikasikan untuk perlindungan hak, yang merupakan persyaratan bagi kelangsungan hidup manusia dan berkembang. Imperialisme, merupakan tahap tertinggi kapitalisme (1917), oleh Vladimir Lenin yang menggambarkan fungsi modal finansial dalam menghasilkan keuntungan dari kolonialisme imperialis sebagai tahap akhir pengembangan kapitalis untuk memastikan keuntungan yang lebih besar.

    ReplyDelete
  60. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa kapitalisme adalah sistem sosial yang berdasarkan hak individu. Jika dikaitkan dengan ekonomi, kapitalisme adalah sistem ekonomi di mana produksi dan distribusi dimiliki secara pribadi atau perusahaan.

    ReplyDelete
  61. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Kapitalisme atau kapital adalah suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama. Kapitalisme juga merupakan sistem ekonomi yang filsafat dan sosial politiknya didasarkan kepada asas perkembangan hak milik pribadi dan pemeliharaannya serta perluasan paham kebebasan. Tetapi sistem ini telah melahirkan banyak malapetaka di dunia, akan tetapi ia terus melakukan tekanan-tekanannya dan campur tangan politis, sosial, dan kultur terhadap bangsa-bangsa di dunia.

    ReplyDelete
  62. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Kapitalisme merupakan bagian dari gerakan individualisme. Kapitalisme lebih menakankan pada kepentingan dan kebutuhan individualisme. Artinya, kekuasaan dan hak-hak individu sangat diperhatikan dalam sistem kapitalisme ini. Sebaiknya, kapitalisme ini diterapkan hanya dalam ruang dan waktu tertentu saja. Proses sosial yang hanya mementingkan individu-individu tertentu saja akan mempunayi peluang untuk dapat merugikan individu lainnya.

    ReplyDelete
  63. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Kapitalisme lahir karena di latar belakangi oleh paham liberalisme yang tidak memberikan kepuasan kepada para penguasaha dan pekerja untuk mengembangkan usahanya. Kapitalisme sendiri menimbulkan malapetaka bagi banyak manusia, karena paham kapitalisme memberikan kebebasan kepada perusahaan untuk melakukan apa yang diinginkan dan di perlukan untuk memajukan perusahaan mereka.

    ReplyDelete
  64. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Capitalism merupakan paham atau ideologi dimana kepentingan pribadi berada di atas kepentingan umum atau masyarakat luas. Kapitalisme memandang bahwa sebuah kapital adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan memperoleh keuntungan dalam ekonomi pasar. Pemilik modal dalam melakukan usahanya berusaha untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya.

    ReplyDelete
  65. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Ebenstein (1990) menyebut kapitalisme sebagai sistem sosial yang menyeluruh, lebih dari sekedar sistem perekonomian. Ia mengaitkan perkembangan kapitalisme sebagai bagian dari gerakan individualisme. Dasar pemikiran Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi yg filsafat sosial dan politiknya didasarkan kepada azas pengembangan hak milik pribadi dan pemeliharaannya serta perluasan faham kebebasan.

    ReplyDelete
  66. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Kapitalisme adalah sebuah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan perekonomian. Seperti memproduksi barang, menjual barang, menyalurkan barang. Dalam perekonomian kapitalis setiap warga dapat mengatur nasibnya sendiri sesuai dengan kemampuannya.Sebuah sistem sosial yang didasarkan pada kebenaran setiap individu selayaknya mampu diciptakan dalam setiap kebijakan yang dibuat oleh penyelenggara negara yang mewakili aspirasi rakyat. Kapitalisme diharapkan mampu menjadi penentu keterlaksanaan suatu negara yang maju tanpa mengurangi hak individu.

    ReplyDelete
  67. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Pemahaman inti dari aliran ini adalah hak milik pribadi merupakan sesuatu yang memiliki tingkatan yang paling tinggi dan sangat diutamakan. Seseorang yang akan menjual barangnya dan mengambil keuntungan sebesar-besarnya atas apa yang dimiliki, itu disahkan saja. Namun jika ada ketentuan atau larangan, maka kebebasan akan sirna karena terdapat syarat yang mengikat.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  68. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Kapitalisme adalah suatu sistem ekonomi dimana alat produksi dan distribusi dimiliki secara pribadai atau dimiliki perusahaan dan pembangunan sebanding dengan akumulasi dan reinvestasi keuntungan yang diperoleh di pasar bebas. Kapitalisme adalah satu-satunya sistem politik moral karena merupakan satu-satunya sistem yang didedikasikan untuk perlindungan hak, yang merupakan persyaratan bagi kelangsungan hidup manusia dan berkembang. Sebab, inilah satu-satunya peran pemerintahan yang tepat. Kapitalisme harus dipertahankan dengan teguh pada dasar moral, bukan basis ekonomi atau utilitarian.

    ReplyDelete
  69. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Kapitalisme tumbuh sebagai paham yang menganggap hak pribadi atau individu adalah sangat penting. Maka dari itu disana ada kebebasan untuk memperjuangkannya. Dalam sistem ekonomi, kapitalisme berarti setiap pihak berhak menentukan nasibnya sendiri, siapa yang memiliki modal lebih besar biasanya cenderung berpeluang mendapatkan untung yang juga besar. Pihak yang tidak memiliki kesiapan baik secara modal maupun strategi harus siap menerima konsekuensinya sebagai pihak yang kalah atau lemah.

    ReplyDelete
  70. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Kapitalisme erat kaitannya dengan duania ekonomi. Berdasarkan sumber yang saya baca Karl Marx mendefinisikan kapitalisme sebagai sebuah sistem dimana harga barang dan kebijakan pasar ditentukan oleh para pemilik modal untuk meraup keuntungan yang sebesar-beasarnya. Dalam sistem kapitalisme pemerintash tidak dapat melakukan intervensi pasar demi keuntungan bersama, dan pemerintah hanya bertindak sebagai pengawas. Dalam sistem ini akan terjadi kesenjangan antara si kaya dengan si miskin, karena yang kaya akan semakin kaya dan yang miskin akan semakin miskin. Terimakasih

    ReplyDelete
  71. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Sebuah sistem sosial yang didasarkan pada kebenaran setiap individu selayaknya mampu diciptakan dalam setiap kebijakan yang dibuat oleh penyelenggara negara yang mewakili aspirasi rakyat. Kapitalisme diharapkan mampu menjadi penentu keterlaksanaan suatu negara yang maju tanpa mengurangi hak individu.

    ReplyDelete
  72. Gandes Sih Mustika
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241015

    Kapitalisme merupakan sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar. Pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Kapitalisme dapat dikatakan sebagai tindakan manusia yang mengejar kepentingan pribadinya, misalnya mengumpulkan kekayaan semata.

    ReplyDelete