Dec 5, 2012

Forum Tanya Jawab 65: Si Tertuduh Infinit Regress




Ass, boleh jika ingin di komentari, seperti apakah kira-kira isiatau uraiannya dari Judul "Si Tertuduh Infinit Regress"?

Selamat mencoba. Amin.

Ass, Bapak Ibu, karena belum keluangan waktu maka saya tambah sedikit dulu referensi yang mendukung sisntesis judul ini dengan jawaban saya kepada Pak Fauzi rakhman sebagai berikut: "Ass untuk Pak Fauzi Rakhman dan juga untuk yang lainnya, Nyanyian Burung itu memang Sifat dan Karakter Dunia Pagi. Tetapi aku menemukan bahwa ternyata Kicauan Burung itu bisa sekonyong-konyong berhenti dikarenakan ulah Infinite Regress". Renungkanlah


Saya tambahkan, ternyata pada kesempatan lain kembali saya menemukan peristiwa mengenaskan karena ada Seekor Burung telah mati diterkam dan dimakan oleh Infinite Regress. Yah Pagi Hari itu tetap jalan terus walaupun tiadalah Kicau Burung di sana. Renungkanlah

Saya tambahkan, ternyata Pagi Hari berikutnya, bukannya Kicauan Burung yang aku dengar melainkan suara Derik Infinite Regress. Renungkanlah

Anehnya, di Pagi Hari yang lain saya menemukan Infinite Regress sedang memberi makan Burung-burung sehingga kemudian Burung-burung itu dapat Berkicau dengan Merdunya. Berikut saya nukilkan aktivitas Infinite Regres. Ibu Istining Ariwandini berkata "....tapi lagi-lagikita sering dihadapkan dengan Sarana dan Prasara yang kurang memadai dalam proses pembelajaran"

Kemudian Infinit Regress mengatakan " Menurut Nara Sumber Dunia Pendidikan Pagi Inovatif....sebenar-benar Hakekat Sarana dan Prasarana adalah KREATIVITAS GURU". Renungkanlah.



 Pagi berikutnya saya terkejut menyaksikan ada seorang Guru mengiba-iba di depan Infinite Regress seraya berkata "Oh Infinite Regress, engkau Kuda Sembraniku, bolehkah aku naik ke atas punggungmu agar aku bisa mengikuti jejakmu menembus Ruang dan Waktu?"

Kemudian aku mendengar jawaban Infinite Regress "Silahkan tetapi aku tidak bisa menanggung atas segala akibat yang ditimbulkannya. Janganlah aku engkau jadikan Si Tertuduh jika engkau menerima akibat dari mengikuti jejak dan naik di punggungku"

Pertanyaan saya kemudian adalah Bagaimana Bapak/Ibu mendeskripsikan, Binatang macam apakah Infinite Regress itu?

Selamat mencoba. Amin

35 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dalam artikel diatas terdapat istilah Infinite Regress. Dalam hal ini Infinite Regress mempunyai makna tentang sesuatu yang tak memiliki batas, dan bahkan tak akan pernah berhenti. Hal ini diartikan bahwa kita tidak bisa memprediksi kapan hal ini akan selesai dan apakah akan selesai.

    ReplyDelete
  2. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT 2016 (S2)
    Ada burung yang mati karena infinite regress. Tetapi di kemudian hari, ada burung yang berkicau dengan merdunya karena infinite regress telah memberikan makanan kepada mereka. Murid yang semula tidak mempunyai pengetahuan atau tampak seperti mati dalam pengetahuan. Tetapi di lain waktu, ada murid yang mampu berdiri tegak dengan kesuksesannya karena pengetahuan yang telah diberikan oleh gurunya.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Saya akan mencoba menafsirkan apa yang ada dalam artikel diatas, menurut saya itu menggambarkan tentang keadaan guru dalam dunia pendidikan, guru yang tidak mengikuti perkembangan, baik ilmu maupun teknologi tentu akan digilas oleh zaman, itulah dia guru yang konvensional, dia akan tertinggal digilas oleh zaman dan guru yang lebih kreatif, jia diibaratkan adalah guru-guru muda yang kreatif dan inovatif. karena guru muda yang kreatif dan inovatif itu tidak hanya tergantung pada sarana dan prasarana yang harus lengkap, namun dia akan menemukan pemikiran-pemikiran yang inovatif untuk kemajuna pendidikan.

    Infinite Regress itu menurut saya adalah perkembangan ilmu dan teknologi yang tanpa batas.

    ReplyDelete
  4. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    menurut saya yang dimaksud sebagai infinite regress itu adalah strategi guru dalam belajar. dalam hal ini strategi dapat menguntungkan siswa ika tepat digunakan, bisa juga malah akan memberikan dampak buruk. jika dalam belajar guru terlalu mendominasi atau lebih kepada teacher center, maka anak hanya terfokus pada apa yang dijelaskan oleh guru. dan siswa tidak dapat mengkonstruk pikirannya sendiri, pengetahuan yang didapat pun hanya sebatas apa yang disampaikan oleh guru. ada baiknya pembelajarn lebih kepada student center, sehingga siswa bisa lebih aktif dalam belajar

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    infinite regress dari artikel ini yang saya pahami adalah sesuatu yang tak terbatas. dan sesuatu yang tak terbatas itu bisa diwujudkan salah satunya kreativitas guru. guru yang kreativitas adalah guru yang mampu mengikuti perkembangan zaman salah satunya dengan memberikan metode-metode pembelajaran yang membuat siswa tidak bosan di setiap pembelajarannya

    ReplyDelete
  6. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Infinite regress adalah sesuatu yang tak memiliki batas, tidak akan pernah berhenti. Infinite regress disini adalah inovasi dan kreativitas guru untuk beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat setiap harinya. Untuk kondisi seperti ini, diperlukan guru-guru yang inovatif dan kreatif. Bukan guru yang sekedar menerima dan mengikuti alur Pendidikan di Indonesia dan hanya menggunakan sarana dan prasarana yang telah disediakan tanpa memperhatikan apa yang dibutuhkan siswa, tetapi guru yang dimaksudkan disini adalah guru yang inovatif dan kreatif menciptakan sarana dan prasarana sesuai dengan perkembangan IPTEK untuk mendukung proses pembelajaran, untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa, untuk solusi kesulitan dan masalah belajar yang dialami siswa. Jadilah guru yang yang selalu belajar dan belajar.

    ReplyDelete
  7. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Infinite regress yaitu pengertian yang tiada akhir atau sesuatu yang belum kita ketahui, jadi menurut saya yang di maksud dengan binatang apakah Infinite Regress itu adalah manusia yang belum mengetahui apa yang akan terjadi di hari esok yang sama sekali belum kita temui atau belum kita pahami. Tetapi rasa keingintahuan dari diri kita dari sesuatu yang lama membuat kita ingin menemukan sesuatu yang baru. Jadi Infinite regress itu merupakan sesuatu yang tanpa batas.

    ReplyDelete
  8. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Infinit Regres merupakan tiada akhir dari suatu pengertian dan hakikat. Maka dari cerita di atas kita peroleh bahwa kicauan burung yang berhenti karena infinit regres dan bisa jadi juga ada burung yang diterkam oleh infinit regres. Semua bisa terjadi karena infinite regres yang bahkan dalam pembelajaranpun diartikan sebagai hakikat sarana dan prasarana dari pembelajaran yaitu Kreatifitas guru, dengan demikian infinit regres dapat terjadi dalam kehidupan kita, semakin kita mencari suatu makna atau hakikat dalam hidup kita maka kita akan semakin menemukan makna dari suatu pengertian yang kita sendiri tidak tahu.

    ReplyDelete
  9. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Manusia yang mempunyai potensi dalam dirinya, harus terus mengembangkan dirinya untuk terus berinovasi dan kreatif dalam kehidupannya. Infinite regress seperti hidupnya manusia. Jangan pernah berharap yang hidup yang lebih baik jika dalam kehidupan ini kita tak berbuat apa- apa. Setiap orang mampu mengembangkan potensinya masing- masing. Contohnya, seorang guru yang menyalahkan pihak lain ketika gagal dalam proses pembelajaran, padahal kesalahan tersebut ialah karena tidak adanya inovasi dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  10. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)


    Kemampuan berpikir manusia yang begitu luar biasa menjadikannya hidupnya infinite regress. Ketika manusia mencoba mendefinisikan dirinya maka dari definisi tersebut muncul yang lainnya, ketika keinginan yang satu terpenuhi maka muncul keinginan yang lainnya, begitu juga dengan ilmu manusia ketika menemukan ilmu yang baru maka tersebut akan menjadi dasar kemunculan ilmu yang lainnya begitulah seterusnya tidak akan pernah habisnya.

    ReplyDelete
  11. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dalam dunia pendidik, guru sebagai profesi yang tugasnya untuk mendidik dan pengajar memiliki tugas lainnya yaitu untuk selalu melakukan inovasi sehigga melakukan perkembangan tanpa batas.
    Perkembangan dalam hal pengajaran di kelas yang meliputi perangkat pembelajaran yang di dalamnya terdapat banyak unsur.

    ReplyDelete
  12. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Infinite regress menurut kami adalah seorang penguasa yang menghendaki agar keinginannya terpenuhi dan memaksa agar orang lain menuruti apa yang diinginkan. Siapa saja bisa menjadi infinite regress melalui setiap pikiran, ucapan dan tindakan yang dilakukan. Seorang infinite regress cenderung melepas tangan, ketika telah memberikan pengaruh kepada orang lain. Tidak peduli apa yang terjadi pada orang yang telah dipengaruhi.

    ReplyDelete
  13. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Bagi para kaum absolut, matematika absolut benar dan tidak bersifat falibilist. Kebenaran teoremanya, kebenaran aksioma, definisi dan lain sebagainya adalah mutlak benar. Namun pada akhirnya kita akan menjumpai adanya “infinit regress” karena secara filosofis kita masih harus mempertanyakan kebenaran dan keabsahan sebuah aksioma atau lainnya.

    ReplyDelete
  14. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dalam elegi ini menjelaskan bahwa Menurut Nara Sumber Dunia Pendidikan Pagi Inovatif, sebenar-benar Hakekat Sarana dan Prasarana adalah KREATIVITAS GURU".
    Kreativitas guru dalam mengajar di dalam kelas sangatlah dibutuhkan.
    Hal ini karena guru sebagai nahkoda di dalam kelas yang memegang peranan penting dalam tercapainya tujuan pelaksanaan pembelajaran.

    ReplyDelete
  15. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Sejujurnya saya masih bingung apakah itu infinite regress, sehingga saya belum mampu mendeskripsikan binaatang seperti apakah infinite regress itu. Namun, yang dapat saya pahami adalah bahwa kicauan burung itu adalah pelaksana dunia pagi, terkadang dia mati jika telah menyerah sehingga tiada lagi kicauan darinya. Sehingga saya membayangkan, berarti infite regress adalah sesuatu yang terkand mendukung sang burung untuk berkicau, namun juga terkadang karena nya sang burung menjadi berhenti berkicau dan menyerah

    ReplyDelete
  16. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dari forum tanya jawab di atas tentang tertuduh infinit regress yang dapat saya pahami adalah mengenai proses pembelajaran. Dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas tentunya tidak terlepas dari berbagai kendala. Biasanya guru sering menghadapi kendala dalam menyampaikan pembelajaran, baik itu disebabkan oleh waktu yang tidak cukup, kurangnya fasilitas yang memadai, dan sebagainya. Namun dari artikel di atas, dapat dipahami bahwa kendala-kendala yang dihadapi khususnya oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, akan teratasi apabila guru tersebut kreatif. Apalagi seiring dengan penerapan K13 yang menuntut guru menerapkan pembelajaran yang inovatif. Dalam penerapan pembelajaran inovatif kreatifitas guru lah yang berperan penting dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  17. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Infinit regres dalam orum ini adalah seorang guru yang tidak mau erkembang mengikuti ruang dan waktu yang ada. Guru yang selalu beranggapan satu-satunya sumber ilmu, murid yang harus menyesuaikan dengan dirinya, serta seorang guru yang tidak mau jika siswanya memiliki kelebihan diandingkan dirinya. Hal-hal seperti ini adalah hal yang tidak baik, dimana saat ini ruang dan waktunya adalah siswa bisa bebas bersikap bahkan bisa saja seorang siswa bisa lebih dari seorang gurunya. Sebagai guru pun kita sebaiknya bangga jika ada siswanya bsisa melebihi kemampuannya.

    ReplyDelete
  18. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Menurut saya, infinit regress adalah sesuatu hal yang tidak pernah berhenti dan bersifat terus menerus. Segala sesuatu jika dipelajari dengan terus menerus maka akan membuat semakin mengerti. Tetapi infinit regress juga ada kekurangannya yaitu tidak mempedulikan terhadap yang dipengaruhinya. Maka menurut saya dalam pembelajaran lebih baik berpikir secara lebih luas dan mendalam agar masih terbatas dan tidak ada yang lebih luas dari kemampuan Tuhan.

    ReplyDelete
  19. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Si tertuduh infinit regress menurut pendapat saya adalah gambaran orang – orang yang beruntung di dalam segala ruang dan waktu yang dia hadapi. Akibat dari keberuntungan terhadap ruang dan waktu inilah yang memberikan warna dalam setiap jam, menit, detik yang dijalaninya. Orang yang seperti ini menyadari bahwa dirinya diberikan anugerah untuk dapat mengembangkan talenta dan potensi yang ada di dalam dirinya agar potensi dan talenta tersebut dapat bermanfaat bagi dirinya, orang lain, dan juga membawa pengaruh yang baik bagi lingkungan yang ada di sekitarnya.

    ReplyDelete
  20. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Aristotle argued that knowing does not necessitate an infinite regress because some knowledge does not depend on demonstration.
    Some hold that, owing to the necessity of knowing the primary premises, there is no scientific knowledge. Others think there is, but that all truths are demonstrable. Neither doctrine is either true or a necessary deduction from the premises. The first school, assuming that there is no way of knowing other than by demonstration, maintain that an infinite regress is involved, on the ground that if behind the prior stands no primary, we could not know the posterior through the prior (wherein they are right, for one cannot traverse an infinite series): if on the other hand – they say – the series terminates and there are primary premises, yet these are unknowable because incapable of demonstration, which according to them is the only form of knowledge. And since thus one cannot know the primary premises, knowledge of the conclusions which follow from them is not pure scientific knowledge nor properly knowing at all, but rests on the mere supposition that the premises are true. The other party agree with them as regards knowing, holding that it is only possible by demonstration, but they see no difficulty in holding that all truths are demonstrated, on the ground that demonstration may be circular and reciprocal. Our own doctrine is that not all knowledge is demonstrative: on the contrary, knowledge of the immediate premises is independent of demonstration. (The necessity of this is obvious; for since we must know the prior premises from which the demonstration is drawn, and since the regress must end in immediate truths, those truths must be indemonstrable.)
    Some fallibilists make an exception for things that are necessarily true (such as mathematical and logical truths). Others remain fallibilists about these types of truths as well. Susan Haack, following Willard Van Orman Quine, has argued that to refrain from extending fallibilism to logical truths—due to the necessity or a prioricity of such truths—mistakes "fallibilism" as a predicate on propositions, when it is a predicate on people or agents.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Infinite_regress

    ReplyDelete
  21. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    setelah saya membaca elegi in. infinite regress merupakan suatu alih-alih atau tempat mencari aman. dianalogikan bahwa pagi identik (yang seharusnya) kicauan burung. ketika infinite regress datang menggantikan kicauan burung, harus lah itu tetap menjadi pagi. namun kebanyakan orang tak mau lagi menyatakan itu pagi, karena adanya infinite regress. padahal pagi tetaplah pagi. dengan ada atau tidaknya kicauan burung atau hal lain yang menggantikan. karena semuanya adalah sesuai dengan aktifitas dan penilaian kita. jadi benarlah bahwa hakekat dari sarana dan prasarana adalah kreatifitas guru. bukan lagi sebatas benda-benda atau fasilitas-fasilitas yang biasa digunakan.

    ReplyDelete
  22. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Jika di kembangkan pad kegiatan pembelajaran elegi ini. Akan banyak kendala yang muncul dalam menciptakan pembelajaran yang efektif, menarik dan efisien. Tidak hanya peran guru saja yang dibutuhkan, namu peran siswa juga diperlukan dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, efektif dan efisien. Ketika keterbatasan menjadi suatu penghalang, disinilah infinite regress hadr untuk menyadarkan bahwa tiadalah keterbatasan yang menjadi penghalang untuk terus maju dan berkembang. Manusia diciptakan dengan cipta, rasa dan karsa yang bisa dimaksimalkan sehingga segala keterbatasan dapat ditemukan solusinya.

    ReplyDelete
  23. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Artiekl diatas membahsa tentang infinit regress yang mana itu adalah suaatu hal yang bersifat terbatas. Mungkin masih ingat dengan artikel sebelumnya perbedaan kicauan burung dipagi hari dan suara jangkrik di sore/ malah hari. Artikel ini pun ada kaitannya dengan hal tersebut. Kita tahu bahwa kicauan burung itu kita umpamanakna adalah guru yang inovatif dmna auntuk menajdi guru inovatif tentu saja gurur itu harus kreatif. Sebagai mana infinit regrees katakan bahwa “Kemudian Infinit Regress mengatakan " Menurut Nara Sumber Dunia Pendidikan Pagi Inovatif....sebenar-benar Hakekat Sarana dan Prasarana adalah KREATIVITAS GURU"”

    ReplyDelete
  24. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    infite regress adalah sesuatu yang terkand mendukung sang burung untuk berkicau, namun juga terkadang karena nya sang burung menjadi berhenti berkicau dan menyerah. Dalam elegi ini digambarkan orang yang beruntung baik di dunia maupun akhiratnya akan menjadikan hari – harinya semakin baik tidak berhenti meningkatkan potensi pada dirinya dapat bermanfaat dimanapun keberadannya dan senang dengan perubahan yang baru.

    ReplyDelete
  25. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Infinit Regress muncul saat kita mempertanyakan justifikasi (pembenaran) atas alasan-alasan. Jika alasannya sebagai pengetahuan, alasan tersebut harus dibenarkan atas alasan-alasannya, dan seterusnya, ad infinitum. Permasalahan infinite regress merupakan argumen kritis dari kaum Skeptik dalam filsafat kuno. Berikut ini beberapa karya Gregory O’Hair yang tidak dipublikasikan, David Amstrong mengidentifikasi beberapa cara yang mungkin untuk menghindari infinite regress menurut kaum Skeptik meliputi (1) Teori Non-Skeptis, (2) Infinite Regress adalah jahat, (3) Regress yang sebenarnya adalah finite dan berakhir dalam pengetahuan non-inferensial, (4) Pengetahun non-inferensial itu ada tetapi kebenarannya masih perlu pembuktian, (5) Pengetahuan non-inferensial adalah relasi antara kepercayaan dan situasi yang membuat pengetahuan tersebut benar.
    Referensi: http://www.informationphilosopher.com/knowledge/infinite_regress.html

    ReplyDelete
  26. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam elegi ini, sesuatu yang tak memiliki batas, tidak akan pernah berhenti diperankan oleh Infinite regress. Termasuk dalam pembelajaran, ada pula infinite refress nya, yang berarti ketakberhinggaan guru dalam belajar. Termasuk dalam usaha guru untuk mencari inovasi dan kreativitas guru dalam memimpin pembelajaran. Guru juga berkewajiban sebagai agen infinite regress untuk beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat setiap harinya. Tidak dipungkiri bahwa perkembangan IPTEK semakin pesat dan ini seharusnya menjadi peluang guru untuk mendukung proses pembelajaran, untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa, untuk solusi kesulitan dan masalah belajar yang dialami siswa.

    ReplyDelete
  27. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Seiring dengan kemajuan teknologi, teknologi menjadi suatu hal yang dibutuhkan, termasuk dalam proses pembelajaran. Dan salah satu alasan rendahnya hasil pembelajaran yang sering disebutkan karena kurangnya sarana prasarana. Padahal sebenar-benarnya hakekat sarana prasarana adalah kreatifitas guru itu sendiri.

    ReplyDelete
  28. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Apa sebenarnya infinit regress yang dimaksud oleh penulis, sebenarnya saya kurang begitu memahaminya dan tidak ada ide sama sekali. Bisa berarti dia merupakan sebuah makhluk hidup atau hanyalah sebuah kebijakan dalam pendidikan. Mungkin lebih cocok kita anggap sebuah kebijakan. Kebijakan yang tidak baik akan terus menerus membuat potensi siswa menurun. Sebagai serang guru, ketika dia ikhlas menjalankan apa yang diamanatkan kepadanya, maka pembelajaran dalam keadaan apapun akan tetap membuahkan hasil. Meskipun sarana dan prasarananya kurang memadai. Infinit regress merupakan sebuah kemunduran, yaitu ketika guru tidak mau berinovasi untuk terus memajukan pendidikan. Mereka hanya mengeluh dan mengeluh karena ketika ingin melakukan inovasi selalu terhalang oleh sarana dan prasaran yang kurang memadai. Itu hanya merupakan sebuah alibi. Guru yang baik adalah mereka yang selalu berusaha untuk menjamin semua siswa terfasilitasi dengan baik meskipun ditekan oleh segala keterbatasan.

    ReplyDelete
  29. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Pada suatu waktu, suatu metode pembelajaran yang diterapkan guru dapat 'membungkam' aktivitas siswa dalam artian metode tersebut hanya berpusat pada guru. Ada suatu waktu dimana metode pembelajaran yang diterapkan dalam ruang kelas membawa siswa membangun sendiri pengetahuan dalam dirinya.

    ReplyDelete
  30. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Yang lebih menarik adalah jawaban dari Infinit Regress bahwasanya sarana dan prasarana bergantung pada kreativitas guru. Guru adalah seorang fasilitator yang harus kreatif dan inovatif.

    ReplyDelete
  31. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Infinit regres adalah tanpa batas atau tiada akhir. Ada sesuatu hal di dunia ini yang dibatasi dan tidak. Misalnya inovasi, dalam hal inovasi kita tidak bisa membatasi diri kita, dalam hidup kita harus terus berinovasi dalam menciptakan teknologi-teknologi sesuai dengan perkembangan jaman. Termasuk guru, sebagai guru yang belajar sepanjang hayat, guru tidak boleh berhenti untuk berinovasi mengembangkan perangkat-perangkat yang dia gunakan dalam pembelajaran sehingga mampu menghasilkan kualitas pendidikan yang bagus.

    ReplyDelete
  32. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari perkataan guru kepada Infinit Regress “Oh Infinite Regress, engkau Kuda Sembraniku, bolehkah aku naik ke atas punggungmu agar aku bisa mengikuti jejakmu menembus Ruang dan Waktu?”. Yang dapat menembus ruang dan waktu adalah pikiran dan hati. Namun pada infinit regress memiliki pikiran yang kritis namun memiliki hati yang kotor. Hal tersebut dapat dilihat dari perkataan infinit regress “Menurut Nara Sumber Dunia Pendidikan Pagi Inovatif....sebenar-benar Hakekat Sarana dan Prasarana adalah KREATIVITAS GURU" menandakan pikiran yang kritis. Namun infinit regress memiliki hari yang kotot karena sikapnya yang menerkam burung dan perkataannya "Silahkan tetapi aku tidak bisa menanggung atas segala akibat yang ditimbulkannya...” menandakan bahwa dia tidak menjamin bahwa orang yang mengikutinya akan selamat di Dunia dan di Akhirat. Jadi menurut saya, infinit regress itu pikiran yang kritis dan hati yang kotor.

    ReplyDelete
  33. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Infinite regress adalah rantai sebab akibat dimana masing-masing penyebabnya sendiri memerlukan peristiwa lain dengan tipe yang sama persis. Dalam ini tampak bahwa dari suatu merefer ke sebab yang lain, kemudian sebab itu merefer ke sebab yang lain lagi, dan seterusnya. Contoh infinite regress adalah mana yang lebih dahulu ayam atau telor ayam. Banyak ilmuwan, mengamati kompleksitas kehidupan yang luar biasa dan terutama DNA, molekul yang memegang rangkaian instruksi lengkap untuk kehidupan, meragukan dengan kuat bahwa kehidupan bisa berasal dari bumi tanpa kehidupan yaitu sebuah proses yang disebut abiogenesis. Oleh sebab itu, kita memerlukan agama untuk memahami hal yang seperti ini.

    ReplyDelete
  34. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Seorang penguasa yang hanya ingin keinginannya terpenuhi dan memaksa orang lain mengikuti kehendaknya adalah gambaran infinite regress. Dalam bacaan tertulis gambaran seorang penguasa yang saat dimintai tolong oleh orang yang dibawahnya maka dia menolong tapi tidak memperhatikan orang yang ditolongnya. Infinite regress menuntut orang lain untuk kreatif namun dia tidak mw bertanggung jawab dengan setiap akibat aka nada saat dia menolong orang lain.

    ReplyDelete
  35. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut pendapat saya dan sepemahaman saya, infinite regress itu meminta guru untuk kreatif dalam pembelajarannya. Guru harus dapat mengimbangi perkembangan yang terjadi dan dialami oleh peserta didiknya. Dan ketika seorang guru telah mengikuti arus perkembangan jaman, guru harus berani untuk bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambilnya.

    ReplyDelete