Dec 5, 2012

Forum Tanya Jawab 65: Si Tertuduh Infinit Regress




Ass, boleh jika ingin di komentari, seperti apakah kira-kira isiatau uraiannya dari Judul "Si Tertuduh Infinit Regress"?

Selamat mencoba. Amin.

Ass, Bapak Ibu, karena belum keluangan waktu maka saya tambah sedikit dulu referensi yang mendukung sisntesis judul ini dengan jawaban saya kepada Pak Fauzi rakhman sebagai berikut: "Ass untuk Pak Fauzi Rakhman dan juga untuk yang lainnya, Nyanyian Burung itu memang Sifat dan Karakter Dunia Pagi. Tetapi aku menemukan bahwa ternyata Kicauan Burung itu bisa sekonyong-konyong berhenti dikarenakan ulah Infinite Regress". Renungkanlah


Saya tambahkan, ternyata pada kesempatan lain kembali saya menemukan peristiwa mengenaskan karena ada Seekor Burung telah mati diterkam dan dimakan oleh Infinite Regress. Yah Pagi Hari itu tetap jalan terus walaupun tiadalah Kicau Burung di sana. Renungkanlah

Saya tambahkan, ternyata Pagi Hari berikutnya, bukannya Kicauan Burung yang aku dengar melainkan suara Derik Infinite Regress. Renungkanlah

Anehnya, di Pagi Hari yang lain saya menemukan Infinite Regress sedang memberi makan Burung-burung sehingga kemudian Burung-burung itu dapat Berkicau dengan Merdunya. Berikut saya nukilkan aktivitas Infinite Regres. Ibu Istining Ariwandini berkata "....tapi lagi-lagikita sering dihadapkan dengan Sarana dan Prasara yang kurang memadai dalam proses pembelajaran"

Kemudian Infinit Regress mengatakan " Menurut Nara Sumber Dunia Pendidikan Pagi Inovatif....sebenar-benar Hakekat Sarana dan Prasarana adalah KREATIVITAS GURU". Renungkanlah.



 Pagi berikutnya saya terkejut menyaksikan ada seorang Guru mengiba-iba di depan Infinite Regress seraya berkata "Oh Infinite Regress, engkau Kuda Sembraniku, bolehkah aku naik ke atas punggungmu agar aku bisa mengikuti jejakmu menembus Ruang dan Waktu?"

Kemudian aku mendengar jawaban Infinite Regress "Silahkan tetapi aku tidak bisa menanggung atas segala akibat yang ditimbulkannya. Janganlah aku engkau jadikan Si Tertuduh jika engkau menerima akibat dari mengikuti jejak dan naik di punggungku"

Pertanyaan saya kemudian adalah Bagaimana Bapak/Ibu mendeskripsikan, Binatang macam apakah Infinite Regress itu?

Selamat mencoba. Amin

73 comments:

  1. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dari forum tanya jawab di atas tentang tertuduh infinit regress yang dapat saya pahami adalah mengenai proses pembelajaran. Dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas tentunya tidak terlepas dari berbagai kendala. Biasanya guru sering menghadapi kendala dalam menyampaikan pembelajaran, baik itu disebabkan oleh waktu yang tidak cukup, kurangnya fasilitas yang memadai, dan sebagainya. Namun dari artikel di atas, dapat dipahami bahwa kendala-kendala yang dihadapi khususnya oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, akan teratasi apabila guru tersebut kreatif. Apalagi seiring dengan penerapan K13 yang menuntut guru menerapkan pembelajaran yang inovatif. Dalam penerapan pembelajaran inovatif kreatifitas guru lah yang berperan penting dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Infinit regres dalam orum ini adalah seorang guru yang tidak mau erkembang mengikuti ruang dan waktu yang ada. Guru yang selalu beranggapan satu-satunya sumber ilmu, murid yang harus menyesuaikan dengan dirinya, serta seorang guru yang tidak mau jika siswanya memiliki kelebihan diandingkan dirinya. Hal-hal seperti ini adalah hal yang tidak baik, dimana saat ini ruang dan waktunya adalah siswa bisa bebas bersikap bahkan bisa saja seorang siswa bisa lebih dari seorang gurunya. Sebagai guru pun kita sebaiknya bangga jika ada siswanya bsisa melebihi kemampuannya.

    ReplyDelete
  3. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Menurut saya, infinit regress adalah sesuatu hal yang tidak pernah berhenti dan bersifat terus menerus. Segala sesuatu jika dipelajari dengan terus menerus maka akan membuat semakin mengerti. Tetapi infinit regress juga ada kekurangannya yaitu tidak mempedulikan terhadap yang dipengaruhinya. Maka menurut saya dalam pembelajaran lebih baik berpikir secara lebih luas dan mendalam agar masih terbatas dan tidak ada yang lebih luas dari kemampuan Tuhan.

    ReplyDelete
  4. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Si tertuduh infinit regress menurut pendapat saya adalah gambaran orang – orang yang beruntung di dalam segala ruang dan waktu yang dia hadapi. Akibat dari keberuntungan terhadap ruang dan waktu inilah yang memberikan warna dalam setiap jam, menit, detik yang dijalaninya. Orang yang seperti ini menyadari bahwa dirinya diberikan anugerah untuk dapat mengembangkan talenta dan potensi yang ada di dalam dirinya agar potensi dan talenta tersebut dapat bermanfaat bagi dirinya, orang lain, dan juga membawa pengaruh yang baik bagi lingkungan yang ada di sekitarnya.

    ReplyDelete
  5. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Aristotle argued that knowing does not necessitate an infinite regress because some knowledge does not depend on demonstration.
    Some hold that, owing to the necessity of knowing the primary premises, there is no scientific knowledge. Others think there is, but that all truths are demonstrable. Neither doctrine is either true or a necessary deduction from the premises. The first school, assuming that there is no way of knowing other than by demonstration, maintain that an infinite regress is involved, on the ground that if behind the prior stands no primary, we could not know the posterior through the prior (wherein they are right, for one cannot traverse an infinite series): if on the other hand – they say – the series terminates and there are primary premises, yet these are unknowable because incapable of demonstration, which according to them is the only form of knowledge. And since thus one cannot know the primary premises, knowledge of the conclusions which follow from them is not pure scientific knowledge nor properly knowing at all, but rests on the mere supposition that the premises are true. The other party agree with them as regards knowing, holding that it is only possible by demonstration, but they see no difficulty in holding that all truths are demonstrated, on the ground that demonstration may be circular and reciprocal. Our own doctrine is that not all knowledge is demonstrative: on the contrary, knowledge of the immediate premises is independent of demonstration. (The necessity of this is obvious; for since we must know the prior premises from which the demonstration is drawn, and since the regress must end in immediate truths, those truths must be indemonstrable.)
    Some fallibilists make an exception for things that are necessarily true (such as mathematical and logical truths). Others remain fallibilists about these types of truths as well. Susan Haack, following Willard Van Orman Quine, has argued that to refrain from extending fallibilism to logical truths—due to the necessity or a prioricity of such truths—mistakes "fallibilism" as a predicate on propositions, when it is a predicate on people or agents.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Infinite_regress

    ReplyDelete
  6. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    setelah saya membaca elegi in. infinite regress merupakan suatu alih-alih atau tempat mencari aman. dianalogikan bahwa pagi identik (yang seharusnya) kicauan burung. ketika infinite regress datang menggantikan kicauan burung, harus lah itu tetap menjadi pagi. namun kebanyakan orang tak mau lagi menyatakan itu pagi, karena adanya infinite regress. padahal pagi tetaplah pagi. dengan ada atau tidaknya kicauan burung atau hal lain yang menggantikan. karena semuanya adalah sesuai dengan aktifitas dan penilaian kita. jadi benarlah bahwa hakekat dari sarana dan prasarana adalah kreatifitas guru. bukan lagi sebatas benda-benda atau fasilitas-fasilitas yang biasa digunakan.

    ReplyDelete
  7. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Jika di kembangkan pad kegiatan pembelajaran elegi ini. Akan banyak kendala yang muncul dalam menciptakan pembelajaran yang efektif, menarik dan efisien. Tidak hanya peran guru saja yang dibutuhkan, namu peran siswa juga diperlukan dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, efektif dan efisien. Ketika keterbatasan menjadi suatu penghalang, disinilah infinite regress hadr untuk menyadarkan bahwa tiadalah keterbatasan yang menjadi penghalang untuk terus maju dan berkembang. Manusia diciptakan dengan cipta, rasa dan karsa yang bisa dimaksimalkan sehingga segala keterbatasan dapat ditemukan solusinya.

    ReplyDelete
  8. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Artiekl diatas membahsa tentang infinit regress yang mana itu adalah suaatu hal yang bersifat terbatas. Mungkin masih ingat dengan artikel sebelumnya perbedaan kicauan burung dipagi hari dan suara jangkrik di sore/ malah hari. Artikel ini pun ada kaitannya dengan hal tersebut. Kita tahu bahwa kicauan burung itu kita umpamanakna adalah guru yang inovatif dmna auntuk menajdi guru inovatif tentu saja gurur itu harus kreatif. Sebagai mana infinit regrees katakan bahwa “Kemudian Infinit Regress mengatakan " Menurut Nara Sumber Dunia Pendidikan Pagi Inovatif....sebenar-benar Hakekat Sarana dan Prasarana adalah KREATIVITAS GURU"”

    ReplyDelete
  9. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    infite regress adalah sesuatu yang terkand mendukung sang burung untuk berkicau, namun juga terkadang karena nya sang burung menjadi berhenti berkicau dan menyerah. Dalam elegi ini digambarkan orang yang beruntung baik di dunia maupun akhiratnya akan menjadikan hari – harinya semakin baik tidak berhenti meningkatkan potensi pada dirinya dapat bermanfaat dimanapun keberadannya dan senang dengan perubahan yang baru.

    ReplyDelete
  10. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Infinit Regress muncul saat kita mempertanyakan justifikasi (pembenaran) atas alasan-alasan. Jika alasannya sebagai pengetahuan, alasan tersebut harus dibenarkan atas alasan-alasannya, dan seterusnya, ad infinitum. Permasalahan infinite regress merupakan argumen kritis dari kaum Skeptik dalam filsafat kuno. Berikut ini beberapa karya Gregory O’Hair yang tidak dipublikasikan, David Amstrong mengidentifikasi beberapa cara yang mungkin untuk menghindari infinite regress menurut kaum Skeptik meliputi (1) Teori Non-Skeptis, (2) Infinite Regress adalah jahat, (3) Regress yang sebenarnya adalah finite dan berakhir dalam pengetahuan non-inferensial, (4) Pengetahun non-inferensial itu ada tetapi kebenarannya masih perlu pembuktian, (5) Pengetahuan non-inferensial adalah relasi antara kepercayaan dan situasi yang membuat pengetahuan tersebut benar.
    Referensi: http://www.informationphilosopher.com/knowledge/infinite_regress.html

    ReplyDelete
  11. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam elegi ini, sesuatu yang tak memiliki batas, tidak akan pernah berhenti diperankan oleh Infinite regress. Termasuk dalam pembelajaran, ada pula infinite refress nya, yang berarti ketakberhinggaan guru dalam belajar. Termasuk dalam usaha guru untuk mencari inovasi dan kreativitas guru dalam memimpin pembelajaran. Guru juga berkewajiban sebagai agen infinite regress untuk beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat setiap harinya. Tidak dipungkiri bahwa perkembangan IPTEK semakin pesat dan ini seharusnya menjadi peluang guru untuk mendukung proses pembelajaran, untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa, untuk solusi kesulitan dan masalah belajar yang dialami siswa.

    ReplyDelete
  12. Anisa Wahyu Nur Khasanah
    14301241010
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Seiring dengan kemajuan teknologi, teknologi menjadi suatu hal yang dibutuhkan, termasuk dalam proses pembelajaran. Dan salah satu alasan rendahnya hasil pembelajaran yang sering disebutkan karena kurangnya sarana prasarana. Padahal sebenar-benarnya hakekat sarana prasarana adalah kreatifitas guru itu sendiri.

    ReplyDelete
  13. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Apa sebenarnya infinit regress yang dimaksud oleh penulis, sebenarnya saya kurang begitu memahaminya dan tidak ada ide sama sekali. Bisa berarti dia merupakan sebuah makhluk hidup atau hanyalah sebuah kebijakan dalam pendidikan. Mungkin lebih cocok kita anggap sebuah kebijakan. Kebijakan yang tidak baik akan terus menerus membuat potensi siswa menurun. Sebagai serang guru, ketika dia ikhlas menjalankan apa yang diamanatkan kepadanya, maka pembelajaran dalam keadaan apapun akan tetap membuahkan hasil. Meskipun sarana dan prasarananya kurang memadai. Infinit regress merupakan sebuah kemunduran, yaitu ketika guru tidak mau berinovasi untuk terus memajukan pendidikan. Mereka hanya mengeluh dan mengeluh karena ketika ingin melakukan inovasi selalu terhalang oleh sarana dan prasaran yang kurang memadai. Itu hanya merupakan sebuah alibi. Guru yang baik adalah mereka yang selalu berusaha untuk menjamin semua siswa terfasilitasi dengan baik meskipun ditekan oleh segala keterbatasan.

    ReplyDelete
  14. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Pada suatu waktu, suatu metode pembelajaran yang diterapkan guru dapat 'membungkam' aktivitas siswa dalam artian metode tersebut hanya berpusat pada guru. Ada suatu waktu dimana metode pembelajaran yang diterapkan dalam ruang kelas membawa siswa membangun sendiri pengetahuan dalam dirinya.

    ReplyDelete
  15. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Yang lebih menarik adalah jawaban dari Infinit Regress bahwasanya sarana dan prasarana bergantung pada kreativitas guru. Guru adalah seorang fasilitator yang harus kreatif dan inovatif.

    ReplyDelete
  16. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Seorang penguasa yang hanya ingin keinginannya terpenuhi dan memaksa orang lain mengikuti kehendaknya adalah gambaran infinite regress. Dalam bacaan tertulis gambaran seorang penguasa yang saat dimintai tolong oleh orang yang dibawahnya maka dia menolong tapi tidak memperhatikan orang yang ditolongnya. Infinite regress menuntut orang lain untuk kreatif namun dia tidak mw bertanggung jawab dengan setiap akibat aka nada saat dia menolong orang lain.

    ReplyDelete
  17. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut pendapat saya dan sepemahaman saya, infinite regress itu meminta guru untuk kreatif dalam pembelajarannya. Guru harus dapat mengimbangi perkembangan yang terjadi dan dialami oleh peserta didiknya. Dan ketika seorang guru telah mengikuti arus perkembangan jaman, guru harus berani untuk bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambilnya.

    ReplyDelete
  18. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    *Tarik nafas dalam-dalam*. Sungguh, itu wujud keterkejutanku untuk memberikan komentar pada postingan ini. Selepas itu, saya membuka kamus bahasa Inggris yang secara fisik sudah terlihat usang di sudut kamar tidur. Okay, infinitive regress, ku dapat pengertiannya adalah kemunduran tak terbatas, tak pernah selesai. Entah benar entah salah, itu pemahaman ku atas arti kata-kata tersebut. Kemudian melihat pertanyaan-pertanyaan yang dinukilkan dalam postingan ini saya melihat bahwa infinitive regress berarti bahwa infinitive regress berkaitan dengan kebenaran dalam filsafat, yaitu yang ada dan yang mungkin ada. Berarti, infinitive regress memberikan jalan pengertian bahwa kebenaran adalah:
    kebenaran proposisi B1 memerlukan dukungan proposisi B2, kebenaran proposisi B2 memerlukan dukungan proposisi B3, ..., kebenaran proposisi Bn-1 memerlukan dukungan proposisi Bn, tidak pernah selesai.

    ReplyDelete
  19. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Infinit regress disini berarti sesuatu yang terus-menerus tak terhingga habisnya. Kreativitas guru memiliki sifat-sifat tidak terbatas infinit regress. Kreativitas guru akan terus berkembang seiring perkembangan zaman dan seiring bertambahnya pengetahuan guru tersebut. Ketakterhinggaan kreativitas guru dapat diwujudkan dengan guru yang selalu terampil, tanggap akan isu kekinian, belajar sesuatu yang baru, baik dari segi metode pengajaran dan pemanfaatan IT. Kreativitas akan hilang bahkan mati, jika guru hanya terpaku pada system, mengejar tunjangan saja, mengejar jabatan, atau sekadar memenuhi jam mengajar. Sehingga bukan malah muncul kreativitas yang infinit regress, melainkan kreativitas yang stagnan, tidak ada perubahan malah justru terjadi kemunduran yang tak terhingga pula batasnya.

    ReplyDelete
  20. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Infinite regress diatas menunjukan pondasi seseorang, niat awal yang ingin dilakukan. Apapun yang terjadi didalam perjalanan harus berani ditanggung. Kalau dari awal niat kita lurus, maka segala hambatan maupun tantangan harus ditaklukan. Hasilnya akan lebih barokah. Maka sedari awal, kalau berani berkomitmen, maka berani pula menanggung seluruh resiko. Infinite regress dari yang saya baca di atas itu bisa dikatakan sebagai resiko/akibat, resiko itu ada yang baik dan buruk. sarana dan prasarana merupakan resiko, Menjadi seorang guru didorong untuk berani berkreativitas dalam pembelajaran,apabila seorang guru dapat memanfaatkan sarana dan prasarana dengan baik maka efektivitas pembelajaran akan terjadi dan hasilnya pun dapat diperoleh dengan penilaian yang baik pula. Seseorang mengambil resiko sesuai dengan tujuan atau hasil yang akan diperoleh. Jika ingin mendapatkan hasil yang besar maka resiko yang diambilpun besar.

    ReplyDelete
  21. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Terima kasih atas ilmu yang dibeikan oleh Bapak. Dari bacaan di atas tentang infinit regress yang dapat saya ketahui yaitu sesuatu yang berjalan terus tanpa batas. Misalkan dalam dunia pendidikan yang namanya infinit regress yaitu usaha guru yang dilakukan untuk terus melakukan inovasi dan kreatifitas dalam pembelajaran. Sehingga dalam kehidupan sehari-hari juga demikian, bahwa segala sesuatu dilakukan terus menerus dan berkelanjutan. Selalu melakukan perbaikan-berbaikan agar tidak terjebak oleh mitos. Namun demikian infinit regress tentu ada batasannya atau ada kendalinya, sehingga dalam kehidupan kita tidak dengan membabi buta segala untuk melakukan pembeharuan, tentunya segala sesuatu tetap di imbangi dengan aspek spiritualita. Demikian yang bisa saya pahami.

    ReplyDelete
  22. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Infinite regres dimaknai dengan sesuatu yang tak terbatas atau sesuatu yang berlanjut secara terus menerus hingga tiada akhirnya. Jika dihubungkan dengan pembelajaran, seperti halnya yang disampaikan pada artikel di atas bahwa dalam melaksanakan pembelajaran kreativitas dan inovasi guru seharusnya tidak habisnya dan tidak terbatas dengan alasan keterbatasan sarana dan prasarana, selalu ada alternatif tertentu yang bisa dijadikan opsi bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran.

    ReplyDelete
  23. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Seorang guru tudak terlepas dari berbagai macam usaha untuk memajukan pendidikan bangsa. Hal ini berkaitan dengan kreativitas untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dalam menggunakan pendekatan maupun metode pembelajaran. Kreativitas yang dilakukan tentu tidak ada batasannya, namun tetap berpedoman pada tujuan pendidikan. Ketidak terbatasan tersebut yang dalam ulasan Bapak disebut sebagai infinit regress. Pada intinya, segala hal yang tidak terbatas itulah yang disebut sebagai infinit regress. Namun, tetap diingat bahwa segala hal bisa saja terjadi dengan kemungkinan dampak yang akan diperoleh setelahnya.

    ReplyDelete
  24. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Lagi-lagi tidak cukup membaca sekali, bahkan sudah dua kali membaca pun saya masih bingung apa sebenarnya infinit regress itu. Karena kebingungan saya ini, saya belum bisa menjawab pertanyaan Bapak, binatang seperti apakah infinit regress itu. Tetapi sekarang saya mencoba menerka-nerka, apakah infinit regress itu segala yang ada dan yang mungkin ada yang sesuai dengan ruang dan waktunya? Jika infinit regress sesuai dengan ruang dan waktunya, maka positiflah apa yang dilakukannya, tetapi jika infinit regress tidak sesuai dengan ruang dan waktunya, maka negatiflah apa yang dilakukannya.

    ReplyDelete
  25. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb.

    Terimakasih banyak Pak prof ,dibalik keterbatan saya di dalam memahami ,saya memohon izin untuk mencoba memaknai kata Infinite Regress.Dari elegi sebelumnya memiliki kaitan dengan elegi sekarang yaitu mengenai dunia pendidikan sore tradisional dan dunia pendidikan pagi inovatif.Menurut saya kalau tidak salah Infinite Regress digambarkan dalam elegi tersebut sebagai orang yang tidak berhenti mengembarakan pikirannya untuk menemukan hal-hal baru.Meski kicauan –kicauan burung yang menghantui dirinya namun tidak membuat ia patah semangat dalam mengarungi niat yang menjadi tujuannya. Tokoh Infinite Regress yang dipaparkan dalam elagi di atas memberikan pemahaman kepada guru untuk hijrah menuju dunia pagi penddikan inovatif. Harapannya seorang guru dapat kreatif dalam mengolah sarana dan prasana berupa buku ajar, LKS, RPP, dan sebagainya guna menunjang proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  26. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dari tulisan ini yang kami dapatkan dan pahami adalah “infini regress” pada forum diskusi ini merupakan seorang guru yang terjebak pada zona nyaman sehingga tidak memiliki motivasi atau keinginan untuk berkembang mengikuti perubahan ruang dan waktu yang terjadi. Dia menganggap bahwa dirinya merupakan satu-satunya sumber ilmu dan pengeahuan bagi murid-muridnya sehingga pemikiran-pemikiran muridnya pun harus sesuai dengan dirinya, dan dia tidak senang apabila muridnya menghasilkan pemikiran-pemikiran yang berbeda dengannya apalagi melebihi dirinya. Tentulah hal ini sebaiknya jangan sampai terjadi, sebagai manusia, sebagai guru yang profesional hendaknya kita (kami) mampu turut berubah mengikuti perubahan ruang dan waktu yang terjadi, dan sebaiknya merasa senang dan bangga apabila mendapati murid yang mampu berfikir melampau gurunya.

    ReplyDelete
  27. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamu'alaikum Wr. Wb

    Mohon maaf pak, saya akan mencoba untuk menjelaskan apa yang dimaksud dengan infinit regress.
    Mungkin yang dimaksud dengan infinite regress disini seseorang yang memiliki mental yang sangat kuat, kreatif dan tetap konsistensi dalam melakukan segala hal, meski banyak kicauan burung yang menghampiri di pagi hari, akan tetapi infinite regress tetap dalam pendirian sehingga dia mampu membuktikan apa yang telah dia lakukan, yang kemudian menjadi suritauladan untuk orang-orang yang melihatnya dan bahkan yang pernah meragukan apa yang telah dia kerjakan.

    ReplyDelete
  28. Gamarina Isti Ratnasari
    17709251036
    Pendidikan Matematika Pasca

    Setiap siswa memiliki pengetahuan dan pengalaman yang berbeda karena setiap manusia memang dilahirkan dengan bermilyar-milyar sel otak yang diisi oleh pengetahuan dan pengalaman dari berbagai macam aspek. Oleh karena itu saat pembelajaran dikala siswa kita menyampaikan penjelasan namun hal tersbut bukanlah maksud yang diinginkan guru jangan menjadi seorang hakim dan langsung membuat keputusan hal tersbeut benar atau salah. Karena pendapat siswa tersbeut mengacu pada hasil pemikiran dari berpikir yang sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya dimana penjelesannya dan pengertianya tiada akhir atau sering disebut infinite regres. APabila pendapat siswa langsung dipatahkan maka tidak ada jaminan siswa tersbeut bersedia untuk menyampaikan pendapatnya lagi.

    ReplyDelete
  29. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP B (S2)
    Mohon maaf sebelumnya apabila saya salah dalam memahami. Menurut saya dalam forum tanya jawab tentang Si tertuduh infinit regress ini yang saya pahami adalah semua dikarenakan infinit regress. Infinit regress yang menyebabkan berhentinya kicauan burung, matinya burung, dan infinit regress juga mampu mebuat burung berkicau lagi. Saya kemudian mencari arti dari infinit regress yaitu kemunduran tak terbatas. Yang saya pahami adalah setiap hal itu ada didasari dengan hal sebelumnya dan sebelumnya sampai tak terbatas.

    ReplyDelete
  30. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, terimakasih prof. Marsigit atas artikel menarik diatas. Sesungguhnya saya tidak mengerti benar apa maksud artikel di atas, saya belum dapat menangkap sosok si infinit regress tersebut. Namun, menurut saya infinit regress adalah seorang pendidik yang adakalanya ia mengekang siswa dengan berbagai aturan dan standart yang harus dipathui dan dipenuhi, namun adakalanya pula ia memberi informasi dan memberi kebebasan siswa nya menuntut ilmu seluas-luasnya guna menambah wawasan dia. Saya rasa si infinit regress ini tidak boleh diikuti dan ditiru secara terus menerus, artinya kita hanya akan menjadi bayangannya jika kita terus mengikutinya tanpa mampu mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas diri sendiri. Terkadang siswa juga harus mengeluarkan apa yang ada dipikirannya, biasanya pendapat siswa tersbeut mengacu pada hasil pemikiran dari berpikir yang sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya yang ia ketahui sehingga ia tidak terbatas oleh si infinite regres. Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  31. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Infinite regress merupakan kemunduran yang terjadi terus menerus terus menerus. Keadaan ini hanya mengandaikan dua asumsi, yaitu berhenti pada suatu kepercayaan dasar atau tidak berakhir sama sekali. Dalam kaitannya dengan pembelajaran, infinite regres dapat dihubungkan dengan perubahan paradigma pembelajaran. Infinite regres ialah keadaan dimana bukannya mengubah paradigma menjadi pembelajaran yang invovatif, tetapi yang terjadi justru mengalami kemunduran. Sekarang ini telah banyak guru yang mencoba melakukan pembelajaran yang inovatif tetapi guru cenderung memilih berhenti bahkan kembali ke pembelajaran tradisional karena menganggap pembelajaran inovatif terlalu sulit untuk dilakukan. Guru cenderung menyalahkan keadaan seperti kurangnya fasilitas dan sumber belajar. Padahal semestinya guru lah yang membuat sumber belajar tersebut karena guru yang benar-benar tahu kebutuhan siswanya.

    ReplyDelete
  32. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    infinite regress berkaitan dengan proses dinamikan kehidupan yang tak lepas dari sebab akibat. Dalam pendidikan kadang kali terlena dengan kondisi kelas sehungga mengajar dengan metode konvensional. Nah , dengan adanya infinite regress mendoronh untuk melakukan peningkatan dan pembaharuan dalam sistem pembelajaran. Pembaharuan ini bukan berarti mematikan dan memusnahkan metode konvensional namun, merekontruksi proses pembelajaran dengan menempatkan siswa sebagi subyek belajar.
    Jika di analogikan dalam tulisan di atas bahwa metode konvensional adalah kicauan burung, kicauan burung ini di makan infinite regresa untuk di pelihara agar lebih baik kicaunya. begitu pula metode pembelajaran. Terima kasih

    ReplyDelete
  33. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Saya ingin mencoba untuk menjelaskannya namun sekiranya tidak tepat dengan pemahaman saya mohon dimaafkan. Saya memahami elegi ini bahwa sesuatu yang terjadi bukanlah hanya semata dikarenakan oleh sarana yang ada. Jika diibaratkan dalam kehidupan saat ini, infinite regress dapat berupa sarana teknologi. Smartphone sudah menjamur dalam kehidupan masyarakat. Tentunya selain untuk sarana memudahkan seseorang untuk berkomunikasi namun ada berbagai hal yang dapat dipelajari di dalamnya. Jika smartphone diisi dengan aplikasi yang baik maka akan membawa kepada yang baik. Sebaliknya, jika diisi dengan aplikasi yang buruk maka akan membawa kepada yang buruk. Manusia tidak dapat menyalahkan perkembangan teknologi ataupun orang yang membuat smartphone tersebut. Yang dapat dilakukan manusia adalah memilih bagaimana menggunakan smartphone dengan baik. Dunia seakan berada dalam genggaman tangan manusia namun jika tidak sesuai penggunaannya maka dunia akan hancur dengan sekejap mata. Bahkan terkadang manusia itu sendiri yang menghancurkan dunianya. Sejatinya kehidupan diisi oleh berbagai macam sarana dan pra-sarana. Semuanya itu tergantung pada bagaimana individu memandang, merawat, dan menerapkannya.

    ReplyDelete
  34. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Semua makhluk itu terbatas. Terbatas dalam ruang dan waktunya masing-masing. Pagi hari yang tak terdengar suara burung itu adalah pilihan dari si burung untuk tidak berkicau. Manusia juga memiliki pilihan mengenai apa yang akan ia pikirkan, apa yang akan ia lakukan. Karena, tak semua hal dapat ia lakukan secara bersamaan.
    Burung tak berkicau pun waktu tetap berlalu. Manusia tak berpikirpun waktu tetap berlalu. Guru tak kreatif mengajar pun, pembelajaran akan tetap berlangsung. Adalah pilihan guru untuk menjadi kreatif dalam mengajar, atau memilih untuk tidak memikirkan pengajarannya.

    ReplyDelete
  35. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Bismillah. Menurut pemahaman saya mengenai forum ini, infitit regress merupakan perkembangan dunia global saat ini yang kemajuannya melesat tak terbatsa tanpa bisa dikendalikan oleh siapapun. Guru berkeinginan untuk mengikuti setiap detik perkembangan teknologi tersebut. Akan tetapi ia harus mau menanggung setiap yang ia ikuti. Ia harus tanggung jawab atas akibat yang terjadi karena ia mengikuti infinit regress atau perkembangan dunia. Sejatinya perkembangan dunia global memang tidak salah, tetapi perkembangan tersebut ada yang baik dan ada yang buruk sehingga akan lebih baik jika kita mengikuti perkembangan yang baik dan bukan perkembangan yang buruk.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  36. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Contoh perkembangan baik sekaligus buruknya yaitu munculnya alat telekomunikasi yang semakin canggih, handphone (HP). Dengan adanya HP kita dapat berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya jauh tanpda harus bertemu. Selain itu kita juga dapat mengakses informasi di tempat yang jauh tanpa harus mendatangi lokasi kejadiannya. Akan tetapi jika tidak berhati-hati dalam mengakses informasi, kita bisa terjerumus untuk mendalami informasi yang buruk dan mengabaikan God Spot kita. Disitulah titik mulainya kehancuran terjadi. Sehingga landasan yang kuat sangat diperlukan ketika ingin melakukan sesuatu sehingga tidak membawa kita pada kesesatan.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  37. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Dalam elegi ini digambarkan orang yang beruntung baik di dunia maupun akhiratnya akan menjadikan hari – harinya semakin baik, tidak berhenti meningkatkan potensi pada dirinya, dapat bermanfaat dimanapun keberadannya, dan senang dengan perubahan yang baru. Sejatinya seorang guru haruslah menjadi orang yang terbuka akan perkembangan tekhnologi dan ilmu pengetahuan seperti penggambaran seperti diatas. Guru tidak boleh merasa bahwa dirinya adalah satu-satunya sumber pengetahuan siswanya.

    ReplyDelete
  38. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Kehidupan akan semakin berkembang, begitu pula kemajuan jaman. Sebagai seorang guru kita diharuskan untuk selalu pemberikan pebelajaran sesuai dengan kemajuan jaman. Oleh karena itu kita harus selalu belajar dan berusaha untuk mendalami lebih lanjt tentang ilmu. angan sampai kita terjebak dengan pembelajaran yang hanya itu-itu saja. Tidak memberikan sesuatu yang baru dalam pembelajaran karena kurang kreatifnya guru.

    ReplyDelete
  39. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Dalam pandangan filsafat manusia dilahirkan dengan memiliki berbagai keistimewaan, salah satu diantaranya adalah memiliki umur yang bersifat infiniterigres yang memiliki arti berkelanjutan terus, maksudnya manusia diberi kesempatan agar selalu berusaha mengembangkan segala kreativitas dan kompetensi yang ada pada dirinya sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.

    ReplyDelete
  40. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Infinite regress ini sangat berpengaruh sekali dikehidupan. Diceritakan disini mampu menghentikan kicauan burung, dapat menembus ruang dan waktu. Hal ini merupakan posisi yang berpengaruh di kehidupan dan tidak memiliki batas. Dikatkan juga disini bahwa saarana dan prasarana belajar itu merupakan kreatifitas guru. Sehingga meudahkan siswa memahami dan menarik perhatian siswa adalah tugas guru.

    ReplyDelete
  41. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dalam elegi ini, sepertinya akan lebih baik lagi jika salam dalam tulisan tersebut tidak disingkat, karena jika dibaca orang lain yang tidak paham maksudnya akan dikira kata yang tidak sopan.
    Salam hangat dari saya :)

    ReplyDelete
  42. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Membaca artikel ini membuat saya tambah ingin berpikir dan membaca berulan-ulang kali, namun saya akan mencoba untuk menuliskan sepemahaman saya di sini. Infinite Regress merupakan makna simbolik dari kemampuannya menembus ruang dan waktu. Secara khusus Infinite Regress memiliki arti tak memiliki keterbatasan dalam melakukan inovasi pembelajaran, maka dari itu kreativitas dapat dijadikan titik memulainya pembelajaran yang inovatif. Dan pada kata-kata penutup yang diungkapkan oleh Infinite Regress adalah jangan sampai guru masuk ke dalam zona nyaman dan menjadi penumpang dari tak terbatasnya inovasi, guru harus mampu menjadikan dirinya sebagai pusat dari segala kreatifitas dan inovasi.

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Infinite regress seperti seseorang begawan yang memiliki pengaruh dalam kehidupan karena dia memiliki kedudukan dan pengetahun yang jauh lebih tinggi dari guru tersebut. Seperti halnya kita dalam menuntut ilmu, wajiblah kita tetap selalu berpikir kritis dalam menerima ilmu. Karena, benar kita tak bisa menyalahkan guru guru kita yang sudah berbagi ilmu. Salah kita tidak bertanya lebih jauh dan detail akan suatu hal.

    ReplyDelete
  45. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Infinite regress yang tak mempunyai batas, tak mau berhenti. Hal ini diartikan kita tak tahu dimana ini akan selesai. Sebagai contoh infinite regress adalah debat kusir. Debat kusir merupakan kegiatan yang tak akan bisa mencapai kata selesai dan tak menghasilkan solusi yang mufakat.

    ReplyDelete
  46. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Berdasarkan forum tanya jawab ini Setelah saya renungkan kalimat dari infinite regress "Menurut Nara Sumber Dunia Pendidikan Pagi Inovatif....sebenar-benar Hakekat Sarana dan Prasarana adalah KREATIVITAS GURU". Guru memiliki tanggung jawab untuk menyediakan pembelajaran yang meaningfull learning serta menyenangkan. Hal itu dapat dilakukan dengan cara memilih metode yang inovatif.

    ReplyDelete
  47. Selain itu, guru juga sebaiknya menyiapkan LKS dan media pembelajarannya sendiri. Hal ini membutuhkan kreatifitas guru, agar pembelajaran dapat melibatkan siswa secara aktif. LKS dan Media pembelajaran tersebut menjadi sarana siswa belajar, yang kuncinya ada di kreativitas guru dalam menyusun ataupun membuatnya.

    ReplyDelete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Saya mohon maaf apabila ada salah pemahaman atas artikel ini. Yang dapat saya tangkap adalah sarana dan prasarana dalam suatu lembaga pendidikan terkadang tidak selalu memadai. Tapi dengan kreativitas guru maka masalah tersebut akan dapat diminimalisir. Guru yang kreatif akan selalu dapat mendidik murid-muridnya dalam kondisi fasilitas yang seperti apapun. Akan tetapi pihak lembaga pendidikan dan pemerintah tidak boleh hanya mengandalkan kreativitas guru saja.

    ReplyDelete
  50. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Guru yang baik bagi peserta didik dan menjalankan sesuai dengan pprofesi yang mereka dapatkan adalah mereka yang senantiasa melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai guru terhadap murid maupun perkembangan pendidikan. salah satu yang harus dilakukan guru adalah memberikan inovasi terhadap pembelajarannya. Selain itu, guru juga dituntut untuk kreatif sdalam mengembangkan bahan ajar guna pembelajaran yang baik dan interaktif. Jadi, jangan hanya beracu pada apa yang disediakan oleh pemerintah, namun juga fokus pada karakteristik peserta didik yang diajarnya
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  51. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Orang yang hebat itu dapat mengetahui kelebihan dan kelemahannya. Dengan mengetahui itu, maka setiap orang dapat mengembangkan kelenihan yang dimilikinya. Mengetahui apa yang menjadi suatu potensi yang besar dari dirinya. Maka seseorang dapat menjadi hebat itu bukanlah suatu faktor keberuntungan, tetapi dia paham apa yang menjadi kelebihan dan kelemahannya, dan kemudian mengembangkan apa yang menjadi kelebihannya. Oleh karena itu, kita sebaiknya selalu berusaha dan belajar terus menerus untuk mengembangkan kelebihan yang kita miliki agar bermanfaat bagi diri sendiri dan bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
  52. Junianto
    PM C

    Infinite regres yang saya pahami dalam artikel ini adalah sebuah aturan atau kebijakan. Aturan atau kebijakan yang ada senantiasa berubah dan bisa berdampak baik maupun buruk terhadap kehidupan. Hal ini disebabkan karena yang membuat aturan dan kebijakan adalah manusia yang tidak terlepas dari unsur ‘kepentingan’. Kebijakan yang diambil akan suatu hal bisa bernilai baik dan buruk memang bergantung pada sudut pandang kita sebagai manusia. Apakah kita pro dengan pembaut kebijakan atau sebaliknya.

    ReplyDelete
  53. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Meskipun sudah berkali kali membaca sesungguhnya saya masih belum memahami sepenuhnya tentang infinite regres. Menurut saya infinite regres merupakan suatu keadaan yang berputar-putar. Sebuah masalah yang solusinya juga merupakan masalah. Pada bacaan tersebut dijelaskan bahwa burung mati karena infinite regres, tetapi pada hari berikutnya justru infinite regres yang memberi makan burung. Ketika dipahami infinite regres merupakan sesuatu yang berputar-putar seperti pertanyaan tentang lebih dahulu mana antara telur dan ayam.

    ReplyDelete
  54. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Jika demikian keadaan yang diuraikan maka saya hanya dapat mengatakan bahwa infinit regress dapat diartikan sebagai seuatu yang ada dibalik keberadaan sesuatu yang lainnya. Ia akan hadir dalam keadaan yang tidak terduga. Ia berdasarkan apa yang dianggap manusia tidak ada padahal ia ada, dan ia tidak dalam alur kebiasaan. Dia adalah hal yang luar biasa.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  55. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Sarana prasarana yang baik dalam pembelajaran merupakan kebutuhan mutlak pendidikan, salah satunya adalah kreativitas guru. Jika guru memiliki kreativitas yang tinggi, maka ia akan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Dengan demikian, sebagai guru atau calon guru perlu untuk memiliki dan mengembangkan kreativitas untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik untuk siswa.

    ReplyDelete
  56. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Pagi dan sore disini melambangkan dua dimensi yang berbeda dalam dunia kependidikan. Bahwa pagi menyatakan dunia inovatif dimana yang menjadi permasalahannya lebih advanced dari permasalahan yang di alami dunia tradisional. Sore menyatakan dunia tradisional dimana dia menuju kegelapan malam. Pagi menyongsong matahari dan hari yang lebih baik. Permasalahan yang dihadapi dunia pagi masih dasar. Sehingga ada dua dimensi berbeda dalam dunia pendidikan. Tapi satu hal yang pernah diajarkan kepada saya oleh Pak Ilham, bahwa untuk membuat perubahan kamu tidak perlu melihat orang sebagai pacuanmu, bagaimana ini bagaimana itu terlalu banyak pertimbangan juga tidak baik membuatmu lama melangkah, maka lakukan perubahan dengan niatmu sendiri, niat dasarmu bahwa kamu ingin mencerdaskan anak bangsa, maka tidak mustahil jika kamu bisa menjadi inovatif di dalam tatanan mayoritas tradisional.

    ReplyDelete
  57. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Infinite Regress pendidikan adalah bentuk kreativitas guru terhadap proses pembelajaran. Saya awalnya juga berfikir sama, bahwa lagi-lagi masalah sarana dan prasarana-lah yang menghambat ke-tradisional-an kita menuju inovatif. Ini klise sekali ketika saya membaca tulisan bapak di atas, saya tiba-tiba merenungkan perkataan saya. Ingin menariknya kembali tapi hati dan pikiran saya masih saja berselisih. Dalam perselisihan inilah saya baru bisa memikirkan bahwa benar kata bapak, sebenar-benarnya sarana dan prasana adalah kreativias guru. Bagaimana saya tidak menentukan batasan dalam pembelajarannya. Mempunyai visi untuk mengembangkan kreativitas anak bangsa, tapi diri sendiri masih kesulitan mengembangkan kreativitasnya. Untuk itu saya rasa harus ada kemauan dan paksaan dari dalam diri sendiri untuk bertindak out of the box, dimana guru mampu menunjukkan kreativitasnya, Sehingga siswa tidak perlu jauh-jauh mencontoh para kreatif di luar sana, figur terdekat dalam kreatifitas dapat dilihatnya dari gurunya.

    ReplyDelete
  58. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Sarana dan prasarana pembelajaran yang secanggih apapun tidak akan bermanfaat secara maksimal apabila tidak adanya kreativitas dari guru. Kreativitas guru sangat diperlukan dalam merancang inovasi kegiatan belajar guna mencapai tujuan pembelajaran dengan semaksimal mungkin yang bisa diupayakan.

    ReplyDelete
  59. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Sekolah di pelosok pun tetap akan bisa mendapatkan pembelajaran yang baik tanpa sarana dan prasarana yang memadai jika gurunya kreatif dalam mengelola suatu pembelajaran. Peran guru tidak akan pernah bisa tergantikan oleh sekedar sarana dan prasarana, tetapi sarana dan prasarana itu dapat menjadi sebagai pendukung peran guru.

    ReplyDelete
  60. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dalam elegi ini digambarkan orang yang beruntung baik di dunia maupun akhiratnya akan menjadikan hari – harinya semakin baik, tidak berhenti meningkatkan potensi pada dirinya, dapat bermanfaat dimanapun keberadannya, dan senang dengan perubahan yang baru.

    ReplyDelete
  61. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Elegi ini memberikan gambaran mengenai orang – orang yang merasa selalu beruntung di setiap ruang dan waktu yang dihadapinya. Mereka sadar atas anugerah yang diberikan Tuhan untuk dapat mengembangkan talenta dan potensi yang ada di dalam dirinya agar potensi dan talenta tersebut dapat bermanfaat, tidak hanya bagi dirinya namun juga bagi orang lain dan lingkungan sekitarnya. Akibat dari rasa keberuntungan terhadap ruang dan waktu inilah yang memberikan warna dalam setiap apa yang dijalaninya.

    ReplyDelete

  62. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Sejujurnya saya masih bingung apakah itu infinite regress, sehingga saya belum mampu mendeskripsikan binaatang seperti apakah infinite regress itu. Namun, yang dapat saya pahami adalah bahwa kicauan burung itu adalah pelaksana dunia pagi, terkadang dia mati jika telah menyerah sehingga tiada lagi kicauan darinya. Sehingga saya membayangkan, berarti infite regress adalah sesuatu yang terkand mendukung sang burung untuk berkicau, namun juga terkadang karena nya sang burung menjadi berhenti berkicau dan menyerah. Tetapi mungkin jika harus saya deskripsikan macam apakah binatang infinite regress itu, yang dapat saya bayangkan, dia adalah seekor kancil yang cerdik, dimana dia begitu cerdik untuk ditiru kecerdikkannya tetapi ketika kita mengikuti dia, kita juga harus menanggung resiko untuk menjadi umpan atau korban demi keselamatan kancil sendiri ketika dia sedang dalam bahaya dan menggunkan kecerdikannya seperti yang ada pada dongeng-dongeng kancil

    ReplyDelete
  63. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Guru yang baik bagi peserta didik dan menjalankan sesuai dengan pprofesi yang mereka dapatkan adalah mereka yang senantiasa melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai guru terhadap murid maupun perkembangan pendidikan. salah satu yang harus dilakukan guru adalah memberikan inovasi terhadap pembelajarannya. Selain itu, guru juga dituntut untuk kreatif sdalam mengembangkan bahan ajar guna pembelajaran yang baik dan interaktif. Jadi, jangan hanya beracu pada apa yang disediakan oleh pemerintah, namun juga fokus pada karakteristik peserta didik yang diajarnya
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  64. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Dalam dunia pendidikan, khususnya proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas, maka infinit regres nya adalah bentuk kreativitas yang dimiliki oleh guru dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Guru harus mampu menentukan cara atau metode serta pendekatan yang tepat agar tercipta pembelajaran yang efektif dan membuat ketertarikan siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  65. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Kendala-kendala yang ada sesungguhnya hanya bentuk ketidaksiapan diri akan perubahan. Siap-tidak siap perkembangan itu akan terus bergulir. Perkembangan yang ada akan terus menuntut individu yang inovatif. Maka tiadalah alasan bagi guru untuk tidak melakukan inovasi pembelajaran selain rasa malas. Rasa malas ini yang kemudian mengkambing hitamkan aspek-aspek pendukung lainnya. Maka sesungguhnya inovasi pendidikan itu berada ditangan guru.

    ReplyDelete
  66. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Berulang-ulang kali saya sudah membaca elegi ini, namun mohon maafkan karena saya belum mampu memahami sebenarnya makhluk apakah si infinite regress. saya baru bisa memahami bahwa Infinite regress adalah suatu fenemona yang terjadi tiada habisnya, akan berulang terus menerus. Infinite regress ini terjadi dalam aspek kehidupan di dunia, dan di alami oleh segala yang ada dan mungkin ada.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  67. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Kreativitas guru merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran. Dengan kreativitas guru, apapun fasilitas atau sarana dan prasarana dapat digunakan dan dikembangkannya menjadi media pembelajaran. Kreativitas merupakan sesuatu yang sangat mahal dan tidak semua orang bisa menggunakannya. Kreativitas dapat membantu guru dalam menyajikan suatu pembelajaaran yang bervariasi dan inovatif.

    ReplyDelete
  68. Vidiya Rachmawati 17709251019
    PM A

    Infinit regres merupakan suatu pelaksaan kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelejaran itu. Sarana belajar terkadang masih kurang terpenuhi. Apalagi jika guru hanya melaksanakan pembelajaran dengan apa adanya, maka pembelajaran itu jelas kurang sehat. Karena keterbatasan sarana dan prasarana harus diimbangi dengan adanya inovasi. Inovasi pengadaan saran dan prasarana belajar itu menuntut guru untuk kreatif dalam memfasilitasi kegiatan belajar siswanya.

    ReplyDelete
  69. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Kita mengenal dalam filsafat bahwa semuanya memiliki struktur dan dimenisi. Satu kata atau satu benda bisa dimaknai secara sangat luas, baik secara intensif maupun ekstensif. Begitu juga dengan Infinite regress yang dapat dimaknai secara luas.
    Melihat paparan mengenai infinite regress, saya jadi teringat pada satu pepatah barat yang mengatakan “the man behind the gun”. Artinya, segala sesuatu, entah alat, teknologi dan sebagainya tergantung dari siapa yang memakainya. Senjata bisa jadi sangat berbahaya jika dipegang oleh para penjahat, tapi senjata akan sangat berguna jika dibawa oleh petugas kemanan. Dengan begitu, kita melihat bahwa baik tidaknya sebuah senjata tidak hanya tergantung pada senjata itu sendiri, melainkan juga ditentukan oleh siapa yang membawanya. Dalam dunia pendidikan, teknologi akan sangat membantu proses pembelajaran. Misalnya laptop, lcd, wireless dan sejenisnya. Namun ketika terjadi peristiwa mati listrik saat pelajaran sedang berlangsung, tak jarang para pendidik menjadi kebingungan. Hal ini menandakan bahwa pendidik tersebut belum menjadi pendidik yang kreatif. Karena ketika teknologi diambil, dia kesulitan menemukan solusinya. Dalam hal ini, posisi teknologi tidak selalu berarti baik, karena terkadang ia secara tidak langsung merampas kekreatifan guru.

    ReplyDelete
  70. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Menurut saya infinit regress berhubungan dengan bagimana seseorang menyikapi dan memandang sesuatu. Misalnya media pembeljaran. Guru yang tidak ingin meluaskan pikirannya dan berpikir kreatif akan merasa bahwa media pembelajran yang dapat digunakan hanya terbatas itu-itu saja dan dia juga hanya menggunakan media yang itu-itu saja. Namun saat guru tersebut terdorng untuk meluaskan pikirannya dan berpikir kreatif, maka beliau akan berusaha membuat inivasi baru. Sehingga selalu mempunyai ide untuk mengembangkan media pembelajran yang digunakan saat mengajar. Terimaksih

    ReplyDelete
  71. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Infinit tigres yaitu berasal dari kata infinit, tak terbatas. Disini diajarkan bahwa kita sebagai calon guru nantinya untuk selalu berkreasi. Guru itu harus pny kreativitas yang tinggi, jangan ada batas untuk kreativitas guru.

    ReplyDelete
  72. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Banyak kendala yang muncul dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, efektif dan efisien. Dibutuhkan tidak hanya peran guru saja, namun siswa pun dapat turut andil menciptakan susana pembelajaran yang demikian. Ketika keterbatasan menjadi penghalang, maka Infinite Regress hadir guna menyadarkan bahwasanya tiadalah keterbatasan yang dapat menghalangimu untuk terus maju dan berkembang. Manusia diciptakan dengan cipta rasa dan karsa yang dapat dimaksimalkan sehingga segala keterbatasan dapat diusahakan punya solusinya.

    ReplyDelete
  73. Tri Wahyu Nurjanah
    15301241010
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Elegi ini menggambarkan orang yang tidak berhenti meningkatkan dimensi diri, mampu bermanfaat dimanapun dan dalam keadaan apapun, suka dengan inovasi baru, dan kesehariannya semakin baik sehingga dia menjadi orang yang beruntung di dunia dan di akhiratnya.

    ReplyDelete