Dec 5, 2012

Forum Tanya Jawab 65: Si Tertuduh Infinit Regress




Ass, boleh jika ingin di komentari, seperti apakah kira-kira isiatau uraiannya dari Judul "Si Tertuduh Infinit Regress"?

Selamat mencoba. Amin.

Ass, Bapak Ibu, karena belum keluangan waktu maka saya tambah sedikit dulu referensi yang mendukung sisntesis judul ini dengan jawaban saya kepada Pak Fauzi rakhman sebagai berikut: "Ass untuk Pak Fauzi Rakhman dan juga untuk yang lainnya, Nyanyian Burung itu memang Sifat dan Karakter Dunia Pagi. Tetapi aku menemukan bahwa ternyata Kicauan Burung itu bisa sekonyong-konyong berhenti dikarenakan ulah Infinite Regress". Renungkanlah


Saya tambahkan, ternyata pada kesempatan lain kembali saya menemukan peristiwa mengenaskan karena ada Seekor Burung telah mati diterkam dan dimakan oleh Infinite Regress. Yah Pagi Hari itu tetap jalan terus walaupun tiadalah Kicau Burung di sana. Renungkanlah

Saya tambahkan, ternyata Pagi Hari berikutnya, bukannya Kicauan Burung yang aku dengar melainkan suara Derik Infinite Regress. Renungkanlah

Anehnya, di Pagi Hari yang lain saya menemukan Infinite Regress sedang memberi makan Burung-burung sehingga kemudian Burung-burung itu dapat Berkicau dengan Merdunya. Berikut saya nukilkan aktivitas Infinite Regres. Ibu Istining Ariwandini berkata "....tapi lagi-lagikita sering dihadapkan dengan Sarana dan Prasara yang kurang memadai dalam proses pembelajaran"

Kemudian Infinit Regress mengatakan " Menurut Nara Sumber Dunia Pendidikan Pagi Inovatif....sebenar-benar Hakekat Sarana dan Prasarana adalah KREATIVITAS GURU". Renungkanlah.



 Pagi berikutnya saya terkejut menyaksikan ada seorang Guru mengiba-iba di depan Infinite Regress seraya berkata "Oh Infinite Regress, engkau Kuda Sembraniku, bolehkah aku naik ke atas punggungmu agar aku bisa mengikuti jejakmu menembus Ruang dan Waktu?"

Kemudian aku mendengar jawaban Infinite Regress "Silahkan tetapi aku tidak bisa menanggung atas segala akibat yang ditimbulkannya. Janganlah aku engkau jadikan Si Tertuduh jika engkau menerima akibat dari mengikuti jejak dan naik di punggungku"

Pertanyaan saya kemudian adalah Bagaimana Bapak/Ibu mendeskripsikan, Binatang macam apakah Infinite Regress itu?

Selamat mencoba. Amin

32 comments:

  1. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Berdasarkan gambaran diatas maka infiniter regres adalah binatang yang licik. Sikapnya suka berubah-ubah dari hari yang satu ke hari yang lain. Sulit mempercayai karena sifatnya yang licik. contoh Infinite regress adalah seorang penguasa yang menghendaki agar keinginannya terpenuhi dan memaksa agar orang lain menuruti apa yang diinginkan dan tidak ingin bertanggung jawab terhadap masalah yang ditimbulkan. Sebenarnya siapa saja bisa menjadi infinite regress melaui setiap pikiran, ucapan dan tindakan yang dilakukan. Seorang infinite regress cenderung melepas tangan, ketika telah memberikan pengaruh kepada orang lain. Tidak peduli apa yang terjadi pada orang yang telah dipengaruhi.

    ReplyDelete
  2. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Infinite regress merupakan binatang yang mempunyai banyak sifat dan penuh dengan ketidakjelasan. Terkadang ia akan menjadi sosok yang buruk dan dapat menghilangkan kicauan burung bahkan dapat membunuhnya. Akan tetapi terkadang infinite regress juga dapat menjadi sesuatu yang baik sehingga dapat meningkatkan semangat lagi bagi yang lainnya. Semangat untuk melakukan sesuatu, semangat dalam menggapai sesuatu, semangat untuk berkicau lagi, dan lain sebagainya. Infinite regress merupakan apa yang kita pikirkan dan rasakan. Terkadang kita berpikir bahwa apa yang dilakukan merupakan perbuatan baik, namun hal itu belum tentu menimbulkan dampak yang baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Namun bisa juga apa yang kita pikirkan tidak baik tapi bisa berakibat baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Apa yang dipikirkan dan lakukan merupakan keputusan yang telah diambil, sehingga apa yang menjadi resikonya dapat dipertanggungjawabkan.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  3. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Infinite regress merupakan kemunduran yang terjadi terus menerus terus menerus. Keadaan ini hanya mengandaikan dua asumsi, yaitu berhenti pada suatu kepercayaan dasar atau tidak berakhir sama sekali. Dalam kaitannya dengan pembelajaran, infinite regres dapat dihubungkan dengan perubahan paradigma pembelajaran. Infinite regres ialah keadaan dimana bukannya mengubah paradigma menjadi pembelajaran yang invovatif, tetapi yang terjadi justru mengalami kemunduran. Sekarang ini telah banyak guru yang mencoba melakukan pembelajaran yang inovatif tetapi guru cenderung memilih berhenti bahkan kembali ke pembelajaran tradisional karena menganggap pembelajaran inovatif terlalu sulit untuk dilakukan. Guru cenderung menyalahkan keadaan seperti kurangnya fasilitas dan sumber belajar. Padahal semestinya guru lah yang membuat sumber belajar tersebut karena guru yang benar-benar tahu kebutuhan siswanya.

    ReplyDelete
  4. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Menurut pendapat saya, infinite regress merupakan suatu kondisi yang terus berjalan tanpa batas. Artinya apa pun yang terjadi, hidup akan terus berjalan. Dengan atau tanpa sesuatu hal, maka keadaan lain tidak terpengaruh, ia akan terus berjalan. Seperti yang dicontohkan oleh Prof Marsigit dalam tulisan di atas bahwa dengan atau tanpa adanya kicauan burung, hari akan tetap terus berjalan. Begitu pula dalam pembelajaran, dengan atau tanpa adanya sarana dan prasarana, pembelajaran tetap dapat berjalan, karena pada dasarnya sebaik-baik sarana dan prasarana adalah kreativitas dari guru. Oleh karena itu, manusia tidak boleh menyalahkan/ mengkambinghitamkan pihak lain atas suatu kondisi yang tengah dialami, karena sebenar-benar hidup adalah infinite regress- kondisi yang terus berjalan tanpa batasan-batasan apa pun.

    ReplyDelete
  5. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
    Infinite Regress. Ketika bergantung pada rangkaian proporsi yang tidak pernah berakhir, bahkan validitas satu proporsi bergantung pada validitas dari yang mengikuti / mendahuluinya dimana tempat memberikan dukungan atas gilirannya malah berada di tempat tersebut untuk memulai. Ketika menuntut untuk inovatif namun justru tidak memfasilitasi dan malah memberikan solusi yang mengembalikan pertanyaan dengan jawaban seakan-seakan tidak mau tahu dengan urusannya. Ketika menggantungkan harapan namun justru tidak mau disalahkan dengan segala akibatnya nantinya.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

    ReplyDelete
  6. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Kemunduran yang tak terbatas dalam kesadaran adalah pembentukan serangkaian "pengamatan batin" yang tak terbatas. Kemunduran yang tak terbatas adalah mirip dengan fenomena optik di mana suatu urutan yang tak terbatas dari gambar surut terbentuk antara dua cermin menghadap paralel. Proses serupa terjadi dalam umpan balik optik. Jadi secara sederhananya infinite regress adalah suatu rangkaian (tak berhingga) pernyataan dimana hasil prosedur logika diterapkan ulang pada setiap masalah sebelumnya. “solusi” dari permasalahan adalah “masalah” itu sendiri. Jadi dalam hal ini kita tidak dapat membuktikan “kebenaran sejati” dari pernyataan tersebut karena “solusi” yang ditawarkan itu sendiri masih berupa “masalah” yang harus dipecahkan.

    ReplyDelete
  7. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Infinit Regress adalah sesuatu yang mepengaruhi sesuatu secara sistemik. Memang pada sebuah kehidupan itu pasti ada sebab dan akibat, dimana keduanya saling bertautan. Oleh karena itu sebagai manusia kita harus dapat berpikir secara mendalam tentang hidup ini, karena semua itu penuh dengan konsekuensi.

    ReplyDelete
  8. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Secara sederhana regressus ad infinitum adalah suatu rangkaian (tak berhingga) pernyataan dimana hasil prosedur logika diterapkan ulang pada setiap masalah sebelumnya. Regressus ad infinitum adalah suatu upaya pemecahan masalah dimana masalah yang sama (yaitu masalah yang ingin dipecahkan di awal) ditawarkan sebagai solusi dari masalah itu sendiri. Pada postingan di atas ada kalimat yang sangat menarik. Berikut ini kalimat tersebut : (Infinit Regress mengatakan " Menurut Nara Sumber Dunia Pendidikan Pagi Inovatif....sebenar-benar Hakekat Sarana dan Prasarana adalah KREATIVITAS GURU".). Dalam proses belajar mengajar, memang tidak bisa ditampik bahwa kreativitas guru merupakan salah satu unsur penting dalam keberlangsungan dan kebermaknaan suatu pembelajaran. Meskipun sarana dan prasarana untuk kegiatan pembelajaran sangat kurang tetapi dengan adanya kreativitas guru setidaknya dapat mengurangi keterbatasan pembelajaran tersebut.

    ReplyDelete
  9. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Berdasarkan cerita di atas, dapat kita ketahui bahwa infinite regres merupakan gambaran dari binatang yang licik. Sikapnyaseringkali berubah-ubah dan tidak konsisten. Contohnya adalah ketika awalnya seorang calon pemimpin ingin menjadi pemimpin, agar keinginannya terpenuhi maka ia akan memaksa orang lain atau melakukan segala macam cara agar apa yang diinginkannya terpenuhi dan tujuannya tercapai, akan tetapi ia tidak akan mau bertanggungjawab atas apa yang ia katakan dan apa yang ia lakukan. Setiap orang sebenarnya bisa berubah menjadi infinite regress, yaitu orang yang akan lepas tangan ketika telah memberikan pengaruh terhadap orang lain, tidak peduli bagaimana pengaruhnya terhadap obyek yang dipengaruhi.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  10. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Infinite regress erupakan kemunduran yang terus menerus. Dari forum diatas infinite regress merupakan binatang yang bermuka dua. Bermuka dua membuat tidak adanya kepercayaan lagi. Jika dikaitkan dengan pembelajaran maka seperti menuntut suatu perubahan yang dapat mendongkrak tetapi tidak memberi fasilitas yang sesuai. Ketika menuntut adanya suatu inovasi dalam pembelajaran, seluruh lini pendidikan harusnya bekerja sama dan memberi fasilitas yang maksimal agar inovasi pembelajaran yang diharapkan dapat terwujud.

    ReplyDelete
  11. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Menurut Saya infinit regress jika diibaratkan binatang akan seperti binatang buas singa tetapi yang selalu punya nafsu untuk menguasai dan bersifat licik. Namun, secara nyata infinit regress merupakan perkembangaan dunia yang kemajuannya terus melesat tak terbatas tanpa bisa dikendalikan oleh siapapun. Hal ini mempengaruhi pendidikan. Guru memang sudah mutlak untuk mengikuti perkembangan yang terjadi. akan tetapi ia harus mau menanggung setiap yang ia ikuti. Maksudnya ia harus bertanggung jawab atas akibat yang terjadi karena ia mengkuti infinit regress. Perkembangan zaman ini memang tidak salah adanya tetapi manusia yang mengikutinya harus mampu memfilter mana pengaruh baik dan buruk.

    ReplyDelete
  12. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Contoh dari perkembangan baik sekaligus buruk yaitu alat telekomunikasi yang semakin canggih. Dengan adanya berbagai perkembangan yang semakin canggih, komunikasi menjadi tidak terikat oleh ruang dan waktu. Dimana saja dan kapan saja informasi bisa diakses. Namun, gencar informasi yang semakin mudah harus bisa difilter dengan baik, manusia harus semakin cerdas dan kritis terhadap segala perkembangan. Jika tidak demikian maka akan terbawa pada kesesatan dan pada akhirnya justru akan merugikan diri kita.

    ReplyDelete
  13. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Disebutkan bahwa hakekat sarana dan prasarana bergantung pada kreativitas guru. Guru adalah seorang fasilitator yang harus kreatif dan inovatif. Sehingga guru harus dapat memanfaatkan semua hal yang ada didalam sekolah berupa sarana dan prasarana sebagai sesuatu yang dapat mendorong keberhasilan proses pembelajaran. Untuk itu guru dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif dalam memfasilitasi siswa dan memanfaatkan sarana dan prasarana dengan baik untuk proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  14. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Sarana dan Prasarana mau tidak mau memang sesuatu yang sangat berperan dalam pembelajaran disekolah. Sekolah yang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap tentu sangat membantu pembelajaran. Akan tetapi ditemukan juga beberapa sekolah yang masih kekurangan sarana dan prasana. Untuk itu, pemerintah perlu melengkapi dan memfasilitasi semua sekolah agar memiliki sarana dan prasarana yang memadahi untuk proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  15. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Infinite regress menunjukan niat awal yang ingin dilakukan. Apapun yang terjadi didalam perjalanan harus berani ditanggung. Kalau dari awal niat kita lurus, maka segala hambatan maupun tantangan harus ditaklukan. Hasilnya akan lebih barokah. Maka sedari awal, kalau berani berkomitmen, maka berani pula menanggung seluruh resiko.

    ReplyDelete
  16. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Infinite regress dalam postingan diatas dapat dikatakan sebagai resiko/akibat, resiko itu ada yang baik dan buruk. sarana dan prasarana merupakan resiko, Menjadi seorang guru didorong untuk berani berkreativitas dalam pembelajaran,apabila seorang guru dapat memanfaatkan sarana dan prasarana dengan baik maka efektivitas pembelajaran akan terjadi dan hasilnya pun dapat diperoleh dengan penilaian yang baik pula. Seseorang mengambil resiko sesuai dengan tujuan atau hasil yang akan diperoleh. Jika ingin mendapatkan hasil yang besar maka resiko yang diambilpun besar.

    ReplyDelete
  17. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Infitit regress pada forum tanya jawab tersebut menggambarkan sebuah perkembangan zaman yang tidak bisa dikendalikan. Seorang guru tentunya mempunyai keinginan untuk bisa mengikuti perkembangan yang terjadi tersebut. Namun seorang guru harus mampu menanggung akibat jika mengikuti adanya perkembangan tersebut. Pada umumnya perkembangan pada dunia ini akan terus terjadi dari waktu ke waktu, tinggal bagaimana kita memandang perkembangan tersebut sebagai hal yang positif untuk diri kita.

    ReplyDelete
  18. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Infinit Regress merupakan sesuatu yang tidak memiliki batas dan kita tidak tahu kapan akan hal tersebut selesai. Dalam postingan di atas infinit regress adalah kemauan dari hati paling kecil dari seorang guru. Digambarkan bahwa seorang guru berkecamuk untuk melakukan adanya perubahan dalam pembelajaran melalui inivasi, metode dan sebagainya. Namun, di sisi lain niat untuk melakukan perubahan sering menghilang. Sehingga kecamuk dalam hati antara iya dan tidak untuk melakukan perubahan dalam pembelajaran merupakan hal yang tidak akan pernah usai dalam perdebatan.

    ReplyDelete
  19. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Sesungguhnya binatang apakah infinite regress itu? saya rasa pertanyaan ini tidak mempunyai jawaban yang pasti. Menurut gambaran diatas, infinite regress ini selalu berubah terkadang menjadi baik dan terkadang sebaliknya. Jika infinite regress merupakan sebuah system maka saya ibaratkan infinit regress ini adalah sebuah kebijakan. Pada mulanya, kebijakan tentang system pendidikan membawa pencerahan dan perbaikan terhadap kebijakan system pendidikan yang lama, namun dalam prosesnya kebijakan ini mengalami banyak kendala yang berdampak pada guru dan proses pembelajaran. Baik kurangnya sarana dan prasana, kompetensi guru juga ikut di permasalahkan sedangkan tidak ada pendampingan yang berkelanjutan untuk meminimalisir dampak negative yang muncul selama berlangsungnya kebijakan tersebut. Sehingga perlu ada perbaikan-perbaikan dalam pelaksanaannya.

    ReplyDelete
  20. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Infinit regress adalah ketika sebuah argumen bergantung pada serangkaian proposisi yang tidak pernah berakhir, di mana validitas satu proposisi bergantung pada validitas yang mengikuti dan / atau mendahului itu. Pembentukan serangkaian yang tak terbatas ketika kita mengajukan pertanyaan tentang siapa yang mengamati keluaran dari korelasi saraf kesadaran dalam studi kesadaran subyektif.

    ReplyDelete
  21. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Infinit regress adalah degenerasi. Hal ini dimaknai sebagai kemnduran atau kemerosotan generasi, sehingga menyebabkan generasi penerusnya tidak sebaik generasi sebelumnya atau tidak adanya perkembangan. Degenerasi ini bisa “mematikan” kreativitas generasi. Seperti yang diilustasikan bahwa infinit regress memberi makan burung yang biasanya berkicau, hal ini konotasi dari kondisi dimana generasi yang sedang berkembang dibekali ilmu atau pembelajaran yang tidak bisa mendukung perkembangannya maka ia terancam degenerasi dan akhirnya kreatvitas mereka mati.

    ReplyDelete
  22. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Infinite regress adalah sebuah kejadian penurun secara terus menerus. Kejadian ini dapat mengakibatkan situasi berhenti pada kepercayaan dasar atau juga tidak. Infinite regress berhubungan dengan berubahnya pandangan seseorang tentang suatu metode pembelajaran. Berubah yang dimaksud adalah dari sesuatu yang seharusnya menjadi mundur. Misal dari pemebelajaran yang inovatif berubah ke pembelajaran yang konvensional. Biasanya hal ini ditandai dengan kurangnya pendukung atau sarana yang mendukung aktivitas pembelajaran. Terimakasih

    ReplyDelete
  23. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada tulisan ini disampaikan bahwa sebenar-benar Hakekat Sarana dan Prasarana adalah KREATIVITAS GURU. Saya sependapat dengan ini, karena kreativitas merupakan suatu proses mental individu yang melahirkan gagasan, proses, metode ataupun produk baru yang efektif yang bersifat imajinatif, fleksibel, dan diskontinuitas, yang digunakan untuk pemecahan suatu masalah. Kreativitas secara umum dipengaruhi adanya berbagai kemampuan yang dimiliki, sikap dan minat yang positif dan tinggi terhadap bidang yang ditekuni, serta kecakapan melaksanakan tugas-tugas, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

    ReplyDelete
  24. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Sebenar-benar hakekat sarana dan prasarana adalah kreativitas guru. Saya setuju dengan pernyataan ini. Seorang guru harus memiliki kreativitas karena kita merupakan sarana parasarana yang paling dekat dengan siswa. Kita tidak bisa terlalu mengandalkan sarana prasarana lain karena pasti akan disesuaikan dengan tempat. Oleh karena itu, kita, sebagai seorang guru harus memiliki kreativitas agar siswa tidak kehilangan sarana dan prasarana.

    ReplyDelete
  25. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Menurut saya Infinite Regress merupakan kreativitas guru dalam pembelajaran. Bagaimana seorang guru dapat memeberikan pembelajaran yang sebaik-baiknya kepada siswa walapun tanpa sarana dan prasarana yang memadai. Kemudian juga seorang guru yang baik adalah guru yang dapat memberi dorongan dan motivasi belajar kepada siswa, mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa. Bukannya mematikan motivasi dan potensi tersebut.

    ReplyDelete
  26. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Infinite regress memiliki makna tanpa batas dalam hal yang dilakukan bisa jadi mundur kebelakang atau melihat kebelakang untuk maju karena waktu terus berjalan. Apabila dihubungkan dengan pembelajaran, Sarana dan prasarana yang paling baik adalah kreativitas dari guru itu sendiri. Baik itu metode, media dan strategy yang di gunakan ketika mengajar. Memiliki infinite regrees harus mempunyai kesadaran mengenai ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  27. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Infinit Regress adalah merujuk pada hal yang mepengaruhi sesuatu secara sistemik. Sifatnya yang terus-menerus tanpa ada batasnya terjadi dalam kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  28. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Dalam kamus, infinite regress diartikan sebagai rangkaian proposisi berupa alasan atau justifikasi yang selalu hadir dan tak pernah selesai. Sebuah alasan dijustifikasi dengan alasan lain. Infinite regress sebagai argumentasi kritis kaum skeptis telah dipersoalkan sejak masa filsafat klasik. (https://www.informationphilosopher.com/knowledge/infinite_regress.html)
    Manusia, yang memiliki akal-budi, dalam kehidupannya sehari-hari, kerap mengalami hal semacam ini, muncul pertanyaan baru dari jawaban/alasan/justifikasi atas pertanyaan sebelumnya. Bisa kita lihat bagaimana seorang anak kecil yang tidak puas dengan jawaban atas pertanyaannya, kemudian bertanya lagi, terus tanpa henti.
    Manusia bisa disebut sebagai infinite regress karena ia tidak selalu dalam proses menjadi/menuju/dll yang tak pernah selesai sampai titik akhir.
    Semoga kita diberikan rahmat dan keberkahan untuk terus berproses menjadi ebih baik. Semoga Allah memberikan ampunan d an lindungan-Nya. Aamiin.
    Demikian yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf dan terima kasih.
    Wassaamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  29. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Saya menggambarkan binatang infinite regress sebagai suatu sikap menolong namun menolong bersyarat. Ketika ia membolehkan menaiki punggunnya namun tidak akan menjadi seorang yang bertanggung jawab atas apapun yang akan terjadi selanjutnya. Dalam praktik kehidupan sehari – hari terkadang masih banyak kita jumpai para pengikut infinit regress, salah satu contohnya adalah ketika kenyataan kita hidup berdampingan namun tidak mendungkung satu sama lain. Namun yang kita lupakan adalah sebagai manusia kita memiliki keterbatasan – keterbatasan karena kodrat kita adalah manusia tidak sempurna. Kurang dan lebih akan pemahaman saya.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  30. Rifki Rinaldo
    19709251070
    s2 PMD 2109

    Infinite regress bisa digambarkan binatang yang multi sifat dan ketidakjelasan. Terkadang ia akan menjadi sosok yang buruk dan dapat menghilangkan kicauan burung bahkan dapat membunuhnya. namun infinite regress juga dapat menjadi sesuatu yang baik sehingga dapat meningkatkan semangat lagi bagi yang lainnya. Infinite regress adalah apa yang kita pikirkan dan rasakan. Apa yang kita anggap baik belum tentu baik di hadapan orang. Masing-masing manusia mempunyai infinite regress versi mereka sendiri.

    ReplyDelete
  31. Jewish Van Septriwanto
    19709251077
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terima kasih untuk tulisan ini prof, Infinite Regress mempunyai makna tak memiliki batas, tak mau berhenti.Hal ini diartikan bahwa kita tak tahu dimana hal ini akan selesai. Sebagai contoh infinite regress adalah debat kusir. Debat kusir merupakan kegiatan yang tak akan bisa mencapai kata selesai dan tak menghasilkan solusi yang mufakat

    ReplyDelete
  32. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete