Dec 5, 2012

Forum Tanya Jawab 65: Si Tertuduh Infinit Regress




Ass, boleh jika ingin di komentari, seperti apakah kira-kira isiatau uraiannya dari Judul "Si Tertuduh Infinit Regress"?

Selamat mencoba. Amin.

Ass, Bapak Ibu, karena belum keluangan waktu maka saya tambah sedikit dulu referensi yang mendukung sisntesis judul ini dengan jawaban saya kepada Pak Fauzi rakhman sebagai berikut: "Ass untuk Pak Fauzi Rakhman dan juga untuk yang lainnya, Nyanyian Burung itu memang Sifat dan Karakter Dunia Pagi. Tetapi aku menemukan bahwa ternyata Kicauan Burung itu bisa sekonyong-konyong berhenti dikarenakan ulah Infinite Regress". Renungkanlah


Saya tambahkan, ternyata pada kesempatan lain kembali saya menemukan peristiwa mengenaskan karena ada Seekor Burung telah mati diterkam dan dimakan oleh Infinite Regress. Yah Pagi Hari itu tetap jalan terus walaupun tiadalah Kicau Burung di sana. Renungkanlah

Saya tambahkan, ternyata Pagi Hari berikutnya, bukannya Kicauan Burung yang aku dengar melainkan suara Derik Infinite Regress. Renungkanlah

Anehnya, di Pagi Hari yang lain saya menemukan Infinite Regress sedang memberi makan Burung-burung sehingga kemudian Burung-burung itu dapat Berkicau dengan Merdunya. Berikut saya nukilkan aktivitas Infinite Regres. Ibu Istining Ariwandini berkata "....tapi lagi-lagikita sering dihadapkan dengan Sarana dan Prasara yang kurang memadai dalam proses pembelajaran"

Kemudian Infinit Regress mengatakan " Menurut Nara Sumber Dunia Pendidikan Pagi Inovatif....sebenar-benar Hakekat Sarana dan Prasarana adalah KREATIVITAS GURU". Renungkanlah.



 Pagi berikutnya saya terkejut menyaksikan ada seorang Guru mengiba-iba di depan Infinite Regress seraya berkata "Oh Infinite Regress, engkau Kuda Sembraniku, bolehkah aku naik ke atas punggungmu agar aku bisa mengikuti jejakmu menembus Ruang dan Waktu?"

Kemudian aku mendengar jawaban Infinite Regress "Silahkan tetapi aku tidak bisa menanggung atas segala akibat yang ditimbulkannya. Janganlah aku engkau jadikan Si Tertuduh jika engkau menerima akibat dari mengikuti jejak dan naik di punggungku"

Pertanyaan saya kemudian adalah Bagaimana Bapak/Ibu mendeskripsikan, Binatang macam apakah Infinite Regress itu?

Selamat mencoba. Amin

11 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dalam artikel diatas terdapat istilah Infinite Regress. Dalam hal ini Infinite Regress mempunyai makna tentang sesuatu yang tak memiliki batas, dan bahkan tak akan pernah berhenti. Hal ini diartikan bahwa kita tidak bisa memprediksi kapan hal ini akan selesai dan apakah akan selesai.

    ReplyDelete
  2. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT 2016 (S2)
    Ada burung yang mati karena infinite regress. Tetapi di kemudian hari, ada burung yang berkicau dengan merdunya karena infinite regress telah memberikan makanan kepada mereka. Murid yang semula tidak mempunyai pengetahuan atau tampak seperti mati dalam pengetahuan. Tetapi di lain waktu, ada murid yang mampu berdiri tegak dengan kesuksesannya karena pengetahuan yang telah diberikan oleh gurunya.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Saya akan mencoba menafsirkan apa yang ada dalam artikel diatas, menurut saya itu menggambarkan tentang keadaan guru dalam dunia pendidikan, guru yang tidak mengikuti perkembangan, baik ilmu maupun teknologi tentu akan digilas oleh zaman, itulah dia guru yang konvensional, dia akan tertinggal digilas oleh zaman dan guru yang lebih kreatif, jia diibaratkan adalah guru-guru muda yang kreatif dan inovatif. karena guru muda yang kreatif dan inovatif itu tidak hanya tergantung pada sarana dan prasarana yang harus lengkap, namun dia akan menemukan pemikiran-pemikiran yang inovatif untuk kemajuna pendidikan.

    Infinite Regress itu menurut saya adalah perkembangan ilmu dan teknologi yang tanpa batas.

    ReplyDelete
  4. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    menurut saya yang dimaksud sebagai infinite regress itu adalah strategi guru dalam belajar. dalam hal ini strategi dapat menguntungkan siswa ika tepat digunakan, bisa juga malah akan memberikan dampak buruk. jika dalam belajar guru terlalu mendominasi atau lebih kepada teacher center, maka anak hanya terfokus pada apa yang dijelaskan oleh guru. dan siswa tidak dapat mengkonstruk pikirannya sendiri, pengetahuan yang didapat pun hanya sebatas apa yang disampaikan oleh guru. ada baiknya pembelajarn lebih kepada student center, sehingga siswa bisa lebih aktif dalam belajar

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    infinite regress dari artikel ini yang saya pahami adalah sesuatu yang tak terbatas. dan sesuatu yang tak terbatas itu bisa diwujudkan salah satunya kreativitas guru. guru yang kreativitas adalah guru yang mampu mengikuti perkembangan zaman salah satunya dengan memberikan metode-metode pembelajaran yang membuat siswa tidak bosan di setiap pembelajarannya

    ReplyDelete
  6. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Infinite regress adalah sesuatu yang tak memiliki batas, tidak akan pernah berhenti. Infinite regress disini adalah inovasi dan kreativitas guru untuk beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat setiap harinya. Untuk kondisi seperti ini, diperlukan guru-guru yang inovatif dan kreatif. Bukan guru yang sekedar menerima dan mengikuti alur Pendidikan di Indonesia dan hanya menggunakan sarana dan prasarana yang telah disediakan tanpa memperhatikan apa yang dibutuhkan siswa, tetapi guru yang dimaksudkan disini adalah guru yang inovatif dan kreatif menciptakan sarana dan prasarana sesuai dengan perkembangan IPTEK untuk mendukung proses pembelajaran, untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa, untuk solusi kesulitan dan masalah belajar yang dialami siswa. Jadilah guru yang yang selalu belajar dan belajar.

    ReplyDelete
  7. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Infinite regress yaitu pengertian yang tiada akhir atau sesuatu yang belum kita ketahui, jadi menurut saya yang di maksud dengan binatang apakah Infinite Regress itu adalah manusia yang belum mengetahui apa yang akan terjadi di hari esok yang sama sekali belum kita temui atau belum kita pahami. Tetapi rasa keingintahuan dari diri kita dari sesuatu yang lama membuat kita ingin menemukan sesuatu yang baru. Jadi Infinite regress itu merupakan sesuatu yang tanpa batas.

    ReplyDelete
  8. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Infinit Regres merupakan tiada akhir dari suatu pengertian dan hakikat. Maka dari cerita di atas kita peroleh bahwa kicauan burung yang berhenti karena infinit regres dan bisa jadi juga ada burung yang diterkam oleh infinit regres. Semua bisa terjadi karena infinite regres yang bahkan dalam pembelajaranpun diartikan sebagai hakikat sarana dan prasarana dari pembelajaran yaitu Kreatifitas guru, dengan demikian infinit regres dapat terjadi dalam kehidupan kita, semakin kita mencari suatu makna atau hakikat dalam hidup kita maka kita akan semakin menemukan makna dari suatu pengertian yang kita sendiri tidak tahu.

    ReplyDelete
  9. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Manusia yang mempunyai potensi dalam dirinya, harus terus mengembangkan dirinya untuk terus berinovasi dan kreatif dalam kehidupannya. Infinite regress seperti hidupnya manusia. Jangan pernah berharap yang hidup yang lebih baik jika dalam kehidupan ini kita tak berbuat apa- apa. Setiap orang mampu mengembangkan potensinya masing- masing. Contohnya, seorang guru yang menyalahkan pihak lain ketika gagal dalam proses pembelajaran, padahal kesalahan tersebut ialah karena tidak adanya inovasi dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  10. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)


    Kemampuan berpikir manusia yang begitu luar biasa menjadikannya hidupnya infinite regress. Ketika manusia mencoba mendefinisikan dirinya maka dari definisi tersebut muncul yang lainnya, ketika keinginan yang satu terpenuhi maka muncul keinginan yang lainnya, begitu juga dengan ilmu manusia ketika menemukan ilmu yang baru maka tersebut akan menjadi dasar kemunculan ilmu yang lainnya begitulah seterusnya tidak akan pernah habisnya.

    ReplyDelete
  11. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dalam dunia pendidik, guru sebagai profesi yang tugasnya untuk mendidik dan pengajar memiliki tugas lainnya yaitu untuk selalu melakukan inovasi sehigga melakukan perkembangan tanpa batas.
    Perkembangan dalam hal pengajaran di kelas yang meliputi perangkat pembelajaran yang di dalamnya terdapat banyak unsur.

    ReplyDelete