Dec 5, 2012

Forum Tanya Jawab 65: Si Tertuduh Infinit Regress




Ass, boleh jika ingin di komentari, seperti apakah kira-kira isiatau uraiannya dari Judul "Si Tertuduh Infinit Regress"?

Selamat mencoba. Amin.

Ass, Bapak Ibu, karena belum keluangan waktu maka saya tambah sedikit dulu referensi yang mendukung sisntesis judul ini dengan jawaban saya kepada Pak Fauzi rakhman sebagai berikut: "Ass untuk Pak Fauzi Rakhman dan juga untuk yang lainnya, Nyanyian Burung itu memang Sifat dan Karakter Dunia Pagi. Tetapi aku menemukan bahwa ternyata Kicauan Burung itu bisa sekonyong-konyong berhenti dikarenakan ulah Infinite Regress". Renungkanlah


Saya tambahkan, ternyata pada kesempatan lain kembali saya menemukan peristiwa mengenaskan karena ada Seekor Burung telah mati diterkam dan dimakan oleh Infinite Regress. Yah Pagi Hari itu tetap jalan terus walaupun tiadalah Kicau Burung di sana. Renungkanlah

Saya tambahkan, ternyata Pagi Hari berikutnya, bukannya Kicauan Burung yang aku dengar melainkan suara Derik Infinite Regress. Renungkanlah

Anehnya, di Pagi Hari yang lain saya menemukan Infinite Regress sedang memberi makan Burung-burung sehingga kemudian Burung-burung itu dapat Berkicau dengan Merdunya. Berikut saya nukilkan aktivitas Infinite Regres. Ibu Istining Ariwandini berkata "....tapi lagi-lagikita sering dihadapkan dengan Sarana dan Prasara yang kurang memadai dalam proses pembelajaran"

Kemudian Infinit Regress mengatakan " Menurut Nara Sumber Dunia Pendidikan Pagi Inovatif....sebenar-benar Hakekat Sarana dan Prasarana adalah KREATIVITAS GURU". Renungkanlah.



 Pagi berikutnya saya terkejut menyaksikan ada seorang Guru mengiba-iba di depan Infinite Regress seraya berkata "Oh Infinite Regress, engkau Kuda Sembraniku, bolehkah aku naik ke atas punggungmu agar aku bisa mengikuti jejakmu menembus Ruang dan Waktu?"

Kemudian aku mendengar jawaban Infinite Regress "Silahkan tetapi aku tidak bisa menanggung atas segala akibat yang ditimbulkannya. Janganlah aku engkau jadikan Si Tertuduh jika engkau menerima akibat dari mengikuti jejak dan naik di punggungku"

Pertanyaan saya kemudian adalah Bagaimana Bapak/Ibu mendeskripsikan, Binatang macam apakah Infinite Regress itu?

Selamat mencoba. Amin

33 comments:

  1. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Infinite regress ini sangat berpengaruh sekali dikehidupan. Diceritakan disini mampu menghentikan kicauan burung, dapat menembus ruang dan waktu. Hal ini merupakan posisi yang berpengaruh di kehidupan dan tidak memiliki batas. Dikatkan juga disini bahwa saarana dan prasarana belajar itu merupakan kreatifitas guru. Sehingga meudahkan siswa memahami dan menarik perhatian siswa adalah tugas guru.

    ReplyDelete
  2. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dalam elegi ini, sepertinya akan lebih baik lagi jika salam dalam tulisan tersebut tidak disingkat, karena jika dibaca orang lain yang tidak paham maksudnya akan dikira kata yang tidak sopan.
    Salam hangat dari saya :)

    ReplyDelete
  3. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Membaca artikel ini membuat saya tambah ingin berpikir dan membaca berulan-ulang kali, namun saya akan mencoba untuk menuliskan sepemahaman saya di sini. Infinite Regress merupakan makna simbolik dari kemampuannya menembus ruang dan waktu. Secara khusus Infinite Regress memiliki arti tak memiliki keterbatasan dalam melakukan inovasi pembelajaran, maka dari itu kreativitas dapat dijadikan titik memulainya pembelajaran yang inovatif. Dan pada kata-kata penutup yang diungkapkan oleh Infinite Regress adalah jangan sampai guru masuk ke dalam zona nyaman dan menjadi penumpang dari tak terbatasnya inovasi, guru harus mampu menjadikan dirinya sebagai pusat dari segala kreatifitas dan inovasi.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Infinite regress seperti seseorang begawan yang memiliki pengaruh dalam kehidupan karena dia memiliki kedudukan dan pengetahun yang jauh lebih tinggi dari guru tersebut. Seperti halnya kita dalam menuntut ilmu, wajiblah kita tetap selalu berpikir kritis dalam menerima ilmu. Karena, benar kita tak bisa menyalahkan guru guru kita yang sudah berbagi ilmu. Salah kita tidak bertanya lebih jauh dan detail akan suatu hal.

    ReplyDelete
  6. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Infinite regress yang tak mempunyai batas, tak mau berhenti. Hal ini diartikan kita tak tahu dimana ini akan selesai. Sebagai contoh infinite regress adalah debat kusir. Debat kusir merupakan kegiatan yang tak akan bisa mencapai kata selesai dan tak menghasilkan solusi yang mufakat.

    ReplyDelete
  7. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Berdasarkan forum tanya jawab ini Setelah saya renungkan kalimat dari infinite regress "Menurut Nara Sumber Dunia Pendidikan Pagi Inovatif....sebenar-benar Hakekat Sarana dan Prasarana adalah KREATIVITAS GURU". Guru memiliki tanggung jawab untuk menyediakan pembelajaran yang meaningfull learning serta menyenangkan. Hal itu dapat dilakukan dengan cara memilih metode yang inovatif.

    ReplyDelete
  8. Selain itu, guru juga sebaiknya menyiapkan LKS dan media pembelajarannya sendiri. Hal ini membutuhkan kreatifitas guru, agar pembelajaran dapat melibatkan siswa secara aktif. LKS dan Media pembelajaran tersebut menjadi sarana siswa belajar, yang kuncinya ada di kreativitas guru dalam menyusun ataupun membuatnya.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Saya mohon maaf apabila ada salah pemahaman atas artikel ini. Yang dapat saya tangkap adalah sarana dan prasarana dalam suatu lembaga pendidikan terkadang tidak selalu memadai. Tapi dengan kreativitas guru maka masalah tersebut akan dapat diminimalisir. Guru yang kreatif akan selalu dapat mendidik murid-muridnya dalam kondisi fasilitas yang seperti apapun. Akan tetapi pihak lembaga pendidikan dan pemerintah tidak boleh hanya mengandalkan kreativitas guru saja.

    ReplyDelete
  11. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Guru yang baik bagi peserta didik dan menjalankan sesuai dengan pprofesi yang mereka dapatkan adalah mereka yang senantiasa melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai guru terhadap murid maupun perkembangan pendidikan. salah satu yang harus dilakukan guru adalah memberikan inovasi terhadap pembelajarannya. Selain itu, guru juga dituntut untuk kreatif sdalam mengembangkan bahan ajar guna pembelajaran yang baik dan interaktif. Jadi, jangan hanya beracu pada apa yang disediakan oleh pemerintah, namun juga fokus pada karakteristik peserta didik yang diajarnya
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  12. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Orang yang hebat itu dapat mengetahui kelebihan dan kelemahannya. Dengan mengetahui itu, maka setiap orang dapat mengembangkan kelenihan yang dimilikinya. Mengetahui apa yang menjadi suatu potensi yang besar dari dirinya. Maka seseorang dapat menjadi hebat itu bukanlah suatu faktor keberuntungan, tetapi dia paham apa yang menjadi kelebihan dan kelemahannya, dan kemudian mengembangkan apa yang menjadi kelebihannya. Oleh karena itu, kita sebaiknya selalu berusaha dan belajar terus menerus untuk mengembangkan kelebihan yang kita miliki agar bermanfaat bagi diri sendiri dan bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
  13. Junianto
    PM C

    Infinite regres yang saya pahami dalam artikel ini adalah sebuah aturan atau kebijakan. Aturan atau kebijakan yang ada senantiasa berubah dan bisa berdampak baik maupun buruk terhadap kehidupan. Hal ini disebabkan karena yang membuat aturan dan kebijakan adalah manusia yang tidak terlepas dari unsur ‘kepentingan’. Kebijakan yang diambil akan suatu hal bisa bernilai baik dan buruk memang bergantung pada sudut pandang kita sebagai manusia. Apakah kita pro dengan pembaut kebijakan atau sebaliknya.

    ReplyDelete
  14. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Meskipun sudah berkali kali membaca sesungguhnya saya masih belum memahami sepenuhnya tentang infinite regres. Menurut saya infinite regres merupakan suatu keadaan yang berputar-putar. Sebuah masalah yang solusinya juga merupakan masalah. Pada bacaan tersebut dijelaskan bahwa burung mati karena infinite regres, tetapi pada hari berikutnya justru infinite regres yang memberi makan burung. Ketika dipahami infinite regres merupakan sesuatu yang berputar-putar seperti pertanyaan tentang lebih dahulu mana antara telur dan ayam.

    ReplyDelete
  15. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Jika demikian keadaan yang diuraikan maka saya hanya dapat mengatakan bahwa infinit regress dapat diartikan sebagai seuatu yang ada dibalik keberadaan sesuatu yang lainnya. Ia akan hadir dalam keadaan yang tidak terduga. Ia berdasarkan apa yang dianggap manusia tidak ada padahal ia ada, dan ia tidak dalam alur kebiasaan. Dia adalah hal yang luar biasa.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  16. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Sarana prasarana yang baik dalam pembelajaran merupakan kebutuhan mutlak pendidikan, salah satunya adalah kreativitas guru. Jika guru memiliki kreativitas yang tinggi, maka ia akan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Dengan demikian, sebagai guru atau calon guru perlu untuk memiliki dan mengembangkan kreativitas untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik untuk siswa.

    ReplyDelete
  17. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Pagi dan sore disini melambangkan dua dimensi yang berbeda dalam dunia kependidikan. Bahwa pagi menyatakan dunia inovatif dimana yang menjadi permasalahannya lebih advanced dari permasalahan yang di alami dunia tradisional. Sore menyatakan dunia tradisional dimana dia menuju kegelapan malam. Pagi menyongsong matahari dan hari yang lebih baik. Permasalahan yang dihadapi dunia pagi masih dasar. Sehingga ada dua dimensi berbeda dalam dunia pendidikan. Tapi satu hal yang pernah diajarkan kepada saya oleh Pak Ilham, bahwa untuk membuat perubahan kamu tidak perlu melihat orang sebagai pacuanmu, bagaimana ini bagaimana itu terlalu banyak pertimbangan juga tidak baik membuatmu lama melangkah, maka lakukan perubahan dengan niatmu sendiri, niat dasarmu bahwa kamu ingin mencerdaskan anak bangsa, maka tidak mustahil jika kamu bisa menjadi inovatif di dalam tatanan mayoritas tradisional.

    ReplyDelete
  18. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Infinite Regress pendidikan adalah bentuk kreativitas guru terhadap proses pembelajaran. Saya awalnya juga berfikir sama, bahwa lagi-lagi masalah sarana dan prasarana-lah yang menghambat ke-tradisional-an kita menuju inovatif. Ini klise sekali ketika saya membaca tulisan bapak di atas, saya tiba-tiba merenungkan perkataan saya. Ingin menariknya kembali tapi hati dan pikiran saya masih saja berselisih. Dalam perselisihan inilah saya baru bisa memikirkan bahwa benar kata bapak, sebenar-benarnya sarana dan prasana adalah kreativias guru. Bagaimana saya tidak menentukan batasan dalam pembelajarannya. Mempunyai visi untuk mengembangkan kreativitas anak bangsa, tapi diri sendiri masih kesulitan mengembangkan kreativitasnya. Untuk itu saya rasa harus ada kemauan dan paksaan dari dalam diri sendiri untuk bertindak out of the box, dimana guru mampu menunjukkan kreativitasnya, Sehingga siswa tidak perlu jauh-jauh mencontoh para kreatif di luar sana, figur terdekat dalam kreatifitas dapat dilihatnya dari gurunya.

    ReplyDelete
  19. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Sarana dan prasarana pembelajaran yang secanggih apapun tidak akan bermanfaat secara maksimal apabila tidak adanya kreativitas dari guru. Kreativitas guru sangat diperlukan dalam merancang inovasi kegiatan belajar guna mencapai tujuan pembelajaran dengan semaksimal mungkin yang bisa diupayakan.

    ReplyDelete
  20. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Sekolah di pelosok pun tetap akan bisa mendapatkan pembelajaran yang baik tanpa sarana dan prasarana yang memadai jika gurunya kreatif dalam mengelola suatu pembelajaran. Peran guru tidak akan pernah bisa tergantikan oleh sekedar sarana dan prasarana, tetapi sarana dan prasarana itu dapat menjadi sebagai pendukung peran guru.

    ReplyDelete
  21. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dalam elegi ini digambarkan orang yang beruntung baik di dunia maupun akhiratnya akan menjadikan hari – harinya semakin baik, tidak berhenti meningkatkan potensi pada dirinya, dapat bermanfaat dimanapun keberadannya, dan senang dengan perubahan yang baru.

    ReplyDelete
  22. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Elegi ini memberikan gambaran mengenai orang – orang yang merasa selalu beruntung di setiap ruang dan waktu yang dihadapinya. Mereka sadar atas anugerah yang diberikan Tuhan untuk dapat mengembangkan talenta dan potensi yang ada di dalam dirinya agar potensi dan talenta tersebut dapat bermanfaat, tidak hanya bagi dirinya namun juga bagi orang lain dan lingkungan sekitarnya. Akibat dari rasa keberuntungan terhadap ruang dan waktu inilah yang memberikan warna dalam setiap apa yang dijalaninya.

    ReplyDelete

  23. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Sejujurnya saya masih bingung apakah itu infinite regress, sehingga saya belum mampu mendeskripsikan binaatang seperti apakah infinite regress itu. Namun, yang dapat saya pahami adalah bahwa kicauan burung itu adalah pelaksana dunia pagi, terkadang dia mati jika telah menyerah sehingga tiada lagi kicauan darinya. Sehingga saya membayangkan, berarti infite regress adalah sesuatu yang terkand mendukung sang burung untuk berkicau, namun juga terkadang karena nya sang burung menjadi berhenti berkicau dan menyerah. Tetapi mungkin jika harus saya deskripsikan macam apakah binatang infinite regress itu, yang dapat saya bayangkan, dia adalah seekor kancil yang cerdik, dimana dia begitu cerdik untuk ditiru kecerdikkannya tetapi ketika kita mengikuti dia, kita juga harus menanggung resiko untuk menjadi umpan atau korban demi keselamatan kancil sendiri ketika dia sedang dalam bahaya dan menggunkan kecerdikannya seperti yang ada pada dongeng-dongeng kancil

    ReplyDelete
  24. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Guru yang baik bagi peserta didik dan menjalankan sesuai dengan pprofesi yang mereka dapatkan adalah mereka yang senantiasa melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai guru terhadap murid maupun perkembangan pendidikan. salah satu yang harus dilakukan guru adalah memberikan inovasi terhadap pembelajarannya. Selain itu, guru juga dituntut untuk kreatif sdalam mengembangkan bahan ajar guna pembelajaran yang baik dan interaktif. Jadi, jangan hanya beracu pada apa yang disediakan oleh pemerintah, namun juga fokus pada karakteristik peserta didik yang diajarnya
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  25. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Dalam dunia pendidikan, khususnya proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas, maka infinit regres nya adalah bentuk kreativitas yang dimiliki oleh guru dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Guru harus mampu menentukan cara atau metode serta pendekatan yang tepat agar tercipta pembelajaran yang efektif dan membuat ketertarikan siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  26. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Kendala-kendala yang ada sesungguhnya hanya bentuk ketidaksiapan diri akan perubahan. Siap-tidak siap perkembangan itu akan terus bergulir. Perkembangan yang ada akan terus menuntut individu yang inovatif. Maka tiadalah alasan bagi guru untuk tidak melakukan inovasi pembelajaran selain rasa malas. Rasa malas ini yang kemudian mengkambing hitamkan aspek-aspek pendukung lainnya. Maka sesungguhnya inovasi pendidikan itu berada ditangan guru.

    ReplyDelete
  27. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Berulang-ulang kali saya sudah membaca elegi ini, namun mohon maafkan karena saya belum mampu memahami sebenarnya makhluk apakah si infinite regress. saya baru bisa memahami bahwa Infinite regress adalah suatu fenemona yang terjadi tiada habisnya, akan berulang terus menerus. Infinite regress ini terjadi dalam aspek kehidupan di dunia, dan di alami oleh segala yang ada dan mungkin ada.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  28. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Kreativitas guru merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran. Dengan kreativitas guru, apapun fasilitas atau sarana dan prasarana dapat digunakan dan dikembangkannya menjadi media pembelajaran. Kreativitas merupakan sesuatu yang sangat mahal dan tidak semua orang bisa menggunakannya. Kreativitas dapat membantu guru dalam menyajikan suatu pembelajaaran yang bervariasi dan inovatif.

    ReplyDelete
  29. Vidiya Rachmawati 17709251019
    PM A

    Infinit regres merupakan suatu pelaksaan kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelejaran itu. Sarana belajar terkadang masih kurang terpenuhi. Apalagi jika guru hanya melaksanakan pembelajaran dengan apa adanya, maka pembelajaran itu jelas kurang sehat. Karena keterbatasan sarana dan prasarana harus diimbangi dengan adanya inovasi. Inovasi pengadaan saran dan prasarana belajar itu menuntut guru untuk kreatif dalam memfasilitasi kegiatan belajar siswanya.

    ReplyDelete
  30. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Kita mengenal dalam filsafat bahwa semuanya memiliki struktur dan dimenisi. Satu kata atau satu benda bisa dimaknai secara sangat luas, baik secara intensif maupun ekstensif. Begitu juga dengan Infinite regress yang dapat dimaknai secara luas.
    Melihat paparan mengenai infinite regress, saya jadi teringat pada satu pepatah barat yang mengatakan “the man behind the gun”. Artinya, segala sesuatu, entah alat, teknologi dan sebagainya tergantung dari siapa yang memakainya. Senjata bisa jadi sangat berbahaya jika dipegang oleh para penjahat, tapi senjata akan sangat berguna jika dibawa oleh petugas kemanan. Dengan begitu, kita melihat bahwa baik tidaknya sebuah senjata tidak hanya tergantung pada senjata itu sendiri, melainkan juga ditentukan oleh siapa yang membawanya. Dalam dunia pendidikan, teknologi akan sangat membantu proses pembelajaran. Misalnya laptop, lcd, wireless dan sejenisnya. Namun ketika terjadi peristiwa mati listrik saat pelajaran sedang berlangsung, tak jarang para pendidik menjadi kebingungan. Hal ini menandakan bahwa pendidik tersebut belum menjadi pendidik yang kreatif. Karena ketika teknologi diambil, dia kesulitan menemukan solusinya. Dalam hal ini, posisi teknologi tidak selalu berarti baik, karena terkadang ia secara tidak langsung merampas kekreatifan guru.

    ReplyDelete
  31. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Menurut saya infinit regress berhubungan dengan bagimana seseorang menyikapi dan memandang sesuatu. Misalnya media pembeljaran. Guru yang tidak ingin meluaskan pikirannya dan berpikir kreatif akan merasa bahwa media pembelajran yang dapat digunakan hanya terbatas itu-itu saja dan dia juga hanya menggunakan media yang itu-itu saja. Namun saat guru tersebut terdorng untuk meluaskan pikirannya dan berpikir kreatif, maka beliau akan berusaha membuat inivasi baru. Sehingga selalu mempunyai ide untuk mengembangkan media pembelajran yang digunakan saat mengajar. Terimaksih

    ReplyDelete
  32. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Infinit tigres yaitu berasal dari kata infinit, tak terbatas. Disini diajarkan bahwa kita sebagai calon guru nantinya untuk selalu berkreasi. Guru itu harus pny kreativitas yang tinggi, jangan ada batas untuk kreativitas guru.

    ReplyDelete
  33. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Banyak kendala yang muncul dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, efektif dan efisien. Dibutuhkan tidak hanya peran guru saja, namun siswa pun dapat turut andil menciptakan susana pembelajaran yang demikian. Ketika keterbatasan menjadi penghalang, maka Infinite Regress hadir guna menyadarkan bahwasanya tiadalah keterbatasan yang dapat menghalangimu untuk terus maju dan berkembang. Manusia diciptakan dengan cipta rasa dan karsa yang dapat dimaksimalkan sehingga segala keterbatasan dapat diusahakan punya solusinya.

    ReplyDelete