Dec 2, 2012

RATIONALISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih jauh tentang RATIONALISM, dapat konek:






Wss Wr Wb

38 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Kritis rasionalisme muncul dari salah satu sekolah filsafat yang ingin mengembangkan filsafat ilmu deduktif. Karl Popper menjelaskan perkembangan ilmu pengetahuan tanpa bukti, proyek ini telah menghasilkan teori yang bersaing rasionalitas dan telah diperpanjang untuk berbagai bidang. Dalam salah satu artikel ini ia membahas dan berkonsentrasi pada logika internal dan masalah yang terlibat dalam pengembangan metode kritis mampu menghasilkan pertumbuhan pengetahuan.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Dalam sejarah Filsafat, Plato adalah seorang filsuf rasionalisme klasik (Tokoh modern rasionalisme adalah Descartes, Spinoza, Leibniz). Tokoh rasionalisme berpandangan bahwa sumber pengetahuan yang terpercaya adalah rasio (akal). Pengetahuan menurut kaum rasionalisme bersifat a priori yaitu pengetahuan tanpa melalui pengalaman. Cara kerjanya adalah berdasarkan penalaran deduktif, logis dan matematis. Rasionalisme adalah faham doktrin filsafat yang menyatakan bahwa kebenaran haruslah ditentukan melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan pada fakta. Hal ini berarti bahwa pengetahuan yang dimiliki pembenarannya harus dapat diterima oleh akal sehat (rasio) melalui pembuktian dan logika dan harus sesuai dengan fakta yang ada.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Rasionalisme adalah paham yang mengatakan bahwa akal itulah alat pencari dan pengukur pengetahuan. Pengetahuan dicari dengan akal, temuannya diukur dengan akal pula. Dicari dengan akal ialah dicari dengan berfikir logis. Diukur dengan akal artinya diuji apakah temuan itu logis atau tidak. Bila logis, benar; bila tidak, salah. Dengan akal itulah aturan untuk mengatur manusia dan alam itu dibuat. Ini juga berarti bahwa kebenaran itu bersumber pada akal. Rasionalisme itu berpendirian, sumber pengetahuan terletak pada akal. Bukan karena Rasionalisme mengingkari nilai pengalaman, melainkan pengalaman paling-paling dipandang sebagai sejenis perangsang bagi pikiran. Rasionalisme adalah paham filsafat yang mengatakan bahwa akal (reason) adalah alat terpenting dalam memperoleh pengetahuan dan mengetes pengetahuan.

    ReplyDelete
  4. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Rasionalis umumnya mengembangkan pandangan mereka dalam dua cara. Pertama, mereka berpendapat bahwa ada kasus di mana isi dari konsep atau pengetahuan melampaui informasi. Keduaalasan bagaimana dalam beberapa bentuk atau lainnya memberikan informasi tambahan tentang dunia.

    ReplyDelete
  5. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Secara etimologis Rasionalisme berasal dari kata bahasa Inggris rationalism. Kata ini berakar dari kata bahasa Latin ratio yang berarti “akal”. Rasionalisme menempati sebuah tempat yang sangat penting. Paham ini dikaitkan dengan kaum rasionalis abad ke-17 dan ke-18, tokoh-tokohnya ialah Rene Descartes, Spinoza, Leibzniz, dan Wolff, meskipun pada hakikatnya akar pemikiran mereka dapat ditemukan pada pemikiran para filsuf klasik misalnya Plato, Aristoteles, dan lainnya.Paham ini beranggapan, ada prinsip-prinsip dasar dunia tertentu, yang diakui benar oleh rasio manusia. Dari prinsip-prinsip ini diperoleh pengetahuan deduksi yang ketat tentang dunia. Prinsip-prinsip pertama ini bersumber dalam budi manusia dan tidak dijabarkan dari pengalaman, bahkan pengalaman empiris bergantung pada prinsip-prinsip ini.

    ReplyDelete
  6. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Dalam epistemologi , rasionalisme adalah pandangan bahwa " menganggap alasan sebagai sumber utama dan ujian pengetahuan" atau "pandangan apapun yang menarik bagi akal sebagai sumber pengetahuan atau pembenaran". lebih formal, rasionalisme didefinisikan sebagai metodologi atau teori "di mana kriteria kebenaran tidak bersifat indrawi tapi intelektual dan deduktif ".
    Dalam sebuah kontroversi lama, rasionalisme menentang empirisme , di mana kaum rasionalis percaya bahwa realitas memiliki struktur logis secara intrinsik. Karena itu, para rasionalis berpendapat bahwa ada kebenaran tertentu dan bahwa intelek dapat secara langsung memahami kebenaran ini. Artinya, para rasionalis menegaskan bahwa beberapa prinsip rasional ada dalam logika, matematika, etika, dan metafisika yang pada dasarnya benar sehingga menyangkal hal tersebut menyebabkan seseorang jatuh ke dalam kontradiksi. Kaum rasionalis memiliki kepercayaan yang tinggi dengan alasan bahwa bukti empiris dan bukti fisik dianggap tidak perlu untuk memastikan kebenaran tertentu - dengan kata lain, "ada beberapa cara penting di mana konsep dan pengetahuan kita diperoleh secara independen dari pengalaman indra".

    ReplyDelete
  7. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Rationalism dalam epistemologi menganggap bahwa alasan sebagai sumber utama dari pengetahuan dan pandangan apapun yang berasal dari akal merupakan pengetahuan atau pembenaran. Rationalism dalam ilmu formal didefinisikan sebagai metodologi atau teori dengan kebenarannya tidak bersifat indrawi tetapi intelektual dan deduktif. Rasionalism dulunya menentang empirisme karena kaum rasionalism percaya bahwa realitas memiliki struktur yang logis. Para penganut rasionalis menegaskan bahwa beberapa prinsip rasional ada dalam logika, matematika, etika, dan metafisika yang benar sehingga menyebabkan terjadinya kontradiksi. Kaum rasionalis memiliki kepercayaan yang tinggi mengenai suatu kebenaran berdasarkan bukti empiris dan bukti fisik.

    ReplyDelete
  8. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Rasionalisme adalah doktrin filsafat yang menyatakan bahwa kebenaran haruslah ditentukan melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan fakta, daripada melalui iman, dogma, atau ajaran agama. Rasionalisme dapat diterapkan ke masalah-masalah politik atau sosial. Dalam kasus-kasus seperti ini, yang menjadi ciri-ciri penting dari perpektif para rasionalis adalah penolakan terhadap perasaan (emosi), adat-istiadat atau kepercayaan.

    ReplyDelete
  9. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dalam paham rasinalisme akal sumber pengetahuan. Sehingga menyusun pengetahuan awal melalui akal.
    Jika pegetahuan secara akal dapat diterima maka tidak memerlukan pengalaman sebagai sumber pengetahuan lagi. Sudah cukup dengan alasan yang logis untuk membuktikannya.

    ReplyDelete
  10. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Rasionalisme selalu menganggap bahwa akal (reason) adalah alat terpenting dalam memperoleh pengetahuan dan mengetes pengetahuan maka rasionalisme mengajarkan bahwa pengetahuan diperoleh dengan cara berpikir.Tokoh-tokohnya adalah Rene Descartes, Benedictus de Spinoza, Leibniz, dan Blaise Pascal. Descartes memandang pengetahuan melalui indera adalah kabur. Untuk meyakinkan orang bahwa dasar filsafat haruslah akal, ia menyusun argumentasi yang amat terkenal. Argumentasi ini tertuang di dalam sebuah metode yang sering disebut Cogito Descartes atau metode keraguan Descartes (Cartesian Doubt). Aku berpikir maka aku ada

    ReplyDelete
  11. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    Dalam epistemologi, rasionalisme adalah pandangan bahwa "menganggap alasan sebagai sumber utama dan ujian pengetahuan" . Secara lebih formal, rasionalisme didefinisikan sebagai metodologi atau teori "di mana kriteria kebenaran tidak bersifat indrawi tapi intelektual dan deduktif". para rasionalis menegaskan bahwa beberapa prinsip rasional ada dalam logika, matematika, etika, dan metafisika yang pada dasarnya benar sehingga menyangkal hal tersebut menyebabkan seseorang jatuh ke dalam kontradiksi.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dalam paham rationalisme pengalaman hanya digunakan sebagai perangsang pengetahuan saja bukan sebagai sumber pengetahuan.
    Sumber pengetahuan yang ada berawal dari akal, sehingga pengetahuan sudah dipikirkan terlebih dahulu tanpa ada pengalaman yang ada.

    ReplyDelete
  14. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://en.wikipedia.org/wiki/Progressive_rationalism, Rasionalisme progresif adalah keyakinan humanistik bahwa perbaikan dalam kesejahteraan global bergantung pada perubahan politik berdasarkan akal. Ini bersifat progresif dalam arti bisa dipalsukan. Ini adalah sistem keyakinan rasionalis yang sarat dengan empirisisme, yang dibangun, setidaknya dalam istilah pertama, pada kepastian (kenyataan adalah kenyataan bahwa kita tidak percayainya, tidak akan lenyap) bukan hanya kepercayaan belaka. Kaum rasionalis progresif melihat korupsi dan keyakinan sebagai dua hambatan terhadap kondisi yang membaik. Secara politis, hal itu tidak hanya bertentangan dengan sistem pemerintahan otoriter atau teokratik sayap kanan, namun juga relativisme moral yang ditunjukkan oleh pihak kiri. Hal ini berbeda dari kedua konstituennya yang berdiri sendiri dengan menyatakan bahwa baik progresivisme maupun rasionalisme adalah enabler yang sangat diperlukan bagi masyarakat yang berkembang.

    ReplyDelete
  15. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Rasionalisme juga disebut dengan gerakan rasionalis, sesuai dengan nama dasarnya 'rasional' adalah memandang segala sesuatu secara rasional, menggunakan akal pikiran, logika, dan diseuaikan dengan fakta yang ada. Memandang secara rasional termasuk dalam menentukan kebenaran, sehingga mereka akan bersifat lebih obyektif. Rasionalisme akan mengesampingkan keyakinan (agama), emosi, keinginan dan segala sesuatu yang bertentangan dengan sifat rasional. Meskipun sebenarnya baik, namun rasionalisme akan sangat berbahaya karena rentan untuk menjadi atheis, tidak percaya kepada Tuhan jika menurut mereka itu tidak rasional.

    ReplyDelete
  16. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Rasionalisme tidak mengingkari nilai pengalaman, melainkan pengalaman hanya dipandang sebagai sejenis perangsang bagi pikiran (ide sederhana) yang bukan sumber utama pengetahuan, karenanya aliran ini yakin bahwa kebenaran dan kesesatan terletak di dalam ide-ide bawaan(innates ideas), dan bukannya di dalam barang sesuatu. Jika kebenaran bermakna sebagai mempunyai ide yang sesuai dengan atau yang menunjuk kepada kenyataan, maka kebenaran hanya dapat ada di dalam pikiran kita dan hanya dapat diperoleh dengan akal saja.

    ReplyDelete
  17. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Berfikir rasional adalah berfikir tanpa melihat unsur lain, dimana hanya berfikir sesuai dengan kenyataan dan logika. Rasionalism mengklaim bahwa konsep dan pengetahuan diperoleh secara independen oleh pengalaman akal pikiran kita. bagi rasionalisme, kebenaran pengetahuan dapat dinyatakan setelah menggunakan akal pikiran kita dan dapat dibuktikan dengan logika lewat pengalaman-pengalaman yang telah ada

    ReplyDelete
  18. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    In epistemology, rationalism is the view that "regards reason as the chief source and test of knowledge" or "any view appealing to reason as a source of knowledge or justification". More formally, rationalism is defined as a methodology or a theory "in which the criterion of the truth is not sensory but intellectual and deductive".
    In an old controversy, rationalism was opposed to empiricism, where the rationalists believed that reality has an intrinsically logical structure. Because of this, the rationalists argued that certain truths exist and that the intellect can directly grasp these truths. That is to say, rationalists asserted that certain rational principles exist in logic, mathematics, ethics, and metaphysics that are so fundamentally true that denying them causes one to fall into contradiction. The rationalists had such a high confidence in reason that empirical proof and physical evidence were regarded as unnecessary to ascertain certain truths – in other words, "there are significant ways in which our concepts and knowledge are gained independently of sense experience".
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Rationalism

    ReplyDelete
  19. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Rasionalisme dalam epistemologi merupakan pandangan yang menganggap alasan sebagai sumber utama dan ujian pengetahuan atau pandangan apapun sebagai sumber pengetahuan atau pembenaran. Jadi resionalisme didefinisikan sebagai metodologi atau teori di mana kriteria kebenaran tidak bersifat inderawi tetapi intelektual dan deduktif. Para rasionalis menegaskan bahwa beberapa prinsip rasional ada dalam logika, matematika, etika, dan metafisika yang pada dasarnya benar sehingga menyangkal hal tersebut menyebabkan seseorang jatuh ke dalam kontradiksi. Kaum rasionalis memiliki kepercayaan yang tinggi dengan alasan bahwa bukti empiris dan bukti fisik dianggap tidak perlu untuk memastikan kebenaran tertentu - dengan kata lain, ada beberapa cara penting di mana konsep dan pengetahuan kita diperoleh secara independen dari pengalaman indera.

    ReplyDelete
  20. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dapat kita ketahui bahwa rasionalisme adalah faham atau aliran yang berdasar rasio, ide-ide yang masuk akal. Rasionalisme adalah paham filsafat yang mengatakan bahwa akal (reason) adalah alat terpenting dalam memperoleh pengetahuan dan mengetes pengetahuan. Rasionalisme ada dua macam : ada bidang agama dan dalam bidang filsafat. Dalam bidang agama rasionalisme adalah lawan autoritas, dalam bidang filsafat rasionalisme adalah lawan emperisme. Rasionalisme dalam bidang agama biasanya digunakan untuk mengkritik ajaran agama, rasionalisme dalam bidang filsafat terutama berguna sebagai teori pengetahuan. Sebagai lawan empirisme, rasionalisme berpendapat bahwa sebagian dan bagian penting pengetahuan datang dari penemuan akal.

    ReplyDelete
  21. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Berbicara tentang rasionalisme yang artinya kita membahas tentang epitimologi. Epistimologi adalah tentang bagaimana suatu pengetahuan diperoleh oleh seseorang. Rasionalisme merupakan aliran filsafat yang memberikan pandangan bahwa mereka menganggap logika sebagai sumber utama suatu pengetahuan atau pandangan bahwa akal sebagai sumber pengetahuan atau pembenaran". Dengan kata lain aliran rasionalisme menyatakan bahwa pengetahuan bukan berasal dari indera manusia melainkan akal seseorang. Dimana kaum rasionalis percaya bahwa realitas memiliki struktur logis secara intrinsik.

    ReplyDelete
  22. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Rasionalisme adalah paham yang mengatakan bahwa akal itulah alat pencari dan pengukur pengetahuan. Adapula yang mengatakan bahwa rasionalisme merupakan doktrin filsafat yang menyatakan bahwa kebenaran haruslah ditentukan melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan fakta, daripada melalui iman, dogma, atau ajaran agama.

    ReplyDelete
  23. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Dalam epistemologi, rasionalisme adalah pandangan bahwa "menganggap alasan sebagai sumber utama dan ujian pengetahuan" [1] atau "pandangan apapun yang menarik bagi akal sebagai sumber pengetahuan atau pembenaran". [2] Secara lebih formal, rasionalisme didefinisikan sebagai metodologi atau teori "di mana kriteria kebenaran tidak bersifat indrawi tapi intelektual dan deduktif" (Bourke, Vernon J., "Rationalism," p. 263 in Runes (1962)). Kita juga tahu bahwa ratiomalsm adalah suatu pandangan yang memandang dunia ini ada karena rational. Rasionalisme sering dikontraskan dengan empirisme. Secara umum, pandangan ini tidak saling eksklusif, karena seorang filsuf dapat menjadi rasionalis dan empiris. [2] Diambil secara ekstrem, pandangan empiris berpendapat bahwa semua gagasan membawa kita pada sebuah posteriori, yaitu melalui pengalaman; Baik melalui indra eksternal atau melalui sensasi batin seperti rasa sakit dan gratifikasi. Empiris pada dasarnya percaya bahwa pengetahuan didasarkan pada atau diturunkan secara langsung dari pengalaman

    ReplyDelete
  24. Desy Dwi Frimadani
    167092501050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Sesuatu yang dianggap benar tentu harus bisa dibuktikan kebernarnya. Cara membuktikan suatu kebenaran tnetu harus dilandasi oleh dasar yang kuat, sesuai logika dan dapat dianalisis dengan fakta. Paham rationalism berpegang teguh pada akal. Proses rationalism ini memperoleh penetahuan dengan cara berfikir sesuai dengan logika dan kaidahnya.

    ReplyDelete
  25. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Rasionalisme adalah sebuah pandangan yang berpegangan bahwa akal merupakan sumber bagi pengetahuan dan pembenaran. Sementara itu, secara terminologis aliran ini dipandang sebagai aliran yang berpegang pada prinsip bahwa akal harus diberi peranan utama dalam penjelasan. Rasionalisme berpikir menjelaskan dan menekankan kala budi sebagai karunia lebih yang dimiliki oleh semua manusia, mampu menyusun sistem-sistem kefilsafatan yang berasal dari manusia.

    ReplyDelete
  26. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya mendapatkan pemahaman baru dari paham filsafat yaitu berupa rationalism. Dimana rationalism ini berpegangan bahwa akal merupakan sumber bagi pengetahuan dan pembenaran. tidak mengingkari nilai pengalaman, melainkan pengalaman hanya dipandang sebagai sejenis perangsang bagi pikiran. Misalnya dalam matematika, Aksioma dasar yang dipakai membangun sistem pemikirannya diturunkan dari ide yang menurut anggapannya adalah jelas, tegas dan pasti dalam pikiran manusia. Pikiran manusia mempunyai kemampuan untuk mengetahui ide tersebut, namun manusia tidak menciptakannya, maupun tidak mempelajari lewat pengalaman.

    ReplyDelete
  27. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Rasionalisme merupakan aliran filsafat yang sangat mementingkan rasio (akal budi). Dalam rasio, terdapat ide-ide dan dengan itu orang dapat membangun suatu ilmu pengetahuan tanpa menghiraukan realitas di luar rasio yang berpengaruh akan perkembangan ilmu pengetahuan yang menjadi ciri terbentuknya masyarakat modern adalah rasionalisme. Aliran ini mengutamakan daya akal budi (rasio) untuk menemukan kebenaran. Dalam perkembangannya rasionalisme diusung oleh banyak tokoh diantaranya Rene Descartes (1596 – 1650 ), Nicholas Malerbranche (1638 – 1775), Baruch De Spinoza (1632 – 1677 M), Gottfried Wilhelm von Leibniz (1946 – 1716), Christian Wolff (1679 – 1754), Blaise Pascal (1623 – 1662 M), Voltaire, Diderot, D’Alembert.

    ReplyDelete
  28. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Rasionalisme mempunyai kemiripan dari segi ideologi dan tujuan dengan humanism dan atheism dalam hal bahwa mereka bertujuan untuk menyediakan sebuah wahana bagi diskursus sosial dan filsafat di luar kepercayaan keagamaan atau takhayul. Rasionalisme atau gerakan rasionalis adalah doktrin filsafat yang menyatakan bahwa kebenaran haruslah ditentukan melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan fakta, daripada melalui iman, dogma, atau ajaran agama.

    ReplyDelete
  29. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Ratio berarti akal atau budi. Berpikir secara arsional berarti berpikir menggunakan akal dan budi, terlebih lagi dalam pembelajaran matematika. Rasionalisme menentang empirisme, di mana kaum rasionalis percaya bahwa realitas memiliki struktur logis secara intrinsik. Karena itu, para rasionalis berpendapat bahwa ada kebenaran tertentu dan bahwa intelek dapat secara langsung memahami kebenaran ini. Artinya, para rasionalis menegaskan bahwa beberapa prinsip rasional ada dalam logika, matematika, etika, dan metafisika yang pada dasarnya benar sehingga menyangkal hal tersebut menyebabkan seseorang jatuh ke dalam kontradiksi. Kaum rasionalis memiliki kepercayaan yang tinggi dengan alasan bahwa bukti empiris dan bukti fisik dianggap tidak perlu untuk memastikan kebenaran tertentu - dengan kata lain, "ada beberapa cara penting di mana konsep dan pengetahuan kita diperoleh secara independen dari pengalaman indra."

    ReplyDelete
  30. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Rasionalisme adalah paham yang mengatakan bahwa akal itulah alat pencari dan pengukur pengetahuan. Pengetahuan dicari dengan akal, temuannya diukur dengan akal pula. Dicari dengan akal ialah dicari dengan berfikir logis. Diukur dengan akal artinya diuji apakah temuan itu logis atau tidak. Bila logis, benar; bila tidak, salah. Dengan akal itulah, aturan untuk mengatur manusia dan alam itu dibuat. Ini juga berarti bahwa kebenaran itu bersumber pada akal.

    ReplyDelete
  31. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Rasionalisme merupakan sebuah paham yang menyatakan bahwa kebenaran haruslah ditentukan atau didasarkan pada akal melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan fakta, daripada melalui iman, dogma, atau ajaran agama. Padahal akal manusia itu diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Jika suatu kebenaran didasarkan pada akal daripada melalui iman atau ajaran agama, lantas akal sendiri di dasarkan pada apa? Manusia diciptakan beserta akalnya sehingga manusia dapat berpikir dan lebih tinggi derajatnya dibandingkan dengan makhluk lain. Seharusnya kita bersyukur atas pemberian akal tersebut. salah satu wujud rasa syukur kita adalah dengan cara beriman. Percaya bahwa semua itu tidak terjadi dengan sendirinya. Kita dapat berpikir karena kehendak Sang Pencipta. Jadi menurut saya, kebenaran tertinggi adalah kebenaran yang berasal dari Allah Swt.

    ReplyDelete
  32. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Rasionalisme didefinisikan sebagai metodologi atau teori dimana kriteria kebenaran tidak sensorik tetapi intelektual dan deduktif. Rasionalisme menegaskan bahwa pengetahuan diperoleh dengan cara berfikir. Alat dalam berfikir ialah kaidah-kaidah logis atau kaidah-kaidah logika. Aliran ini dipandang sebagai aliran yang berpegang pada prinsip bahwa akal harus diberi peranan utama dalam penjelasan. Rasionalisme menekankan akal budi sebagai sumber utama pengetahuan, mendahului dan bebas dari pengamatan indrawi.

    ReplyDelete
  33. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Rasionalisme adalah paham filsafat yang menyatakan bahwa akal adalah alat terpenting untuk memperoleh pengetahuan. Menurut aliran rasionalis, suatu pengetahuan diperoleh dengan cara berpikir. Rasionalisme ada dua macam, dalam bidang agama dan dalam bidang filsafat. Dalam bidang agama rasionalisme adalah lawan autoritas. Dalam bidang filsafat rasionalisme adalah lawan empirisme.

    ReplyDelete
  34. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Romantisme merupakan reaksi terhadap Revolusi Industri, itu juga pemberontakan terhadap norma-norma sosial dan politik aristokrat Abad Pencerahan dan reaksi terhadap rasionalisasi ilmiah alam. Hal ini diwujudkan paling kuat dalam seni visual, musik, dan sastra, tetapi memiliki dampak yang besar pada historiografi, pendidikan, dan ilmu-ilmu alam.

    ReplyDelete
  35. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Rasionalisme adalah teori yang mengakui akal sebagai sumber unik dari pengetahuan sejati. Bagi kaum rasionalis, pengetahuan dimungkinkan melalui akal. Rasionalisme adalah satu dari dua pendekatan yang mendominasi filsafat Barat abad ke-17, yang lainnya adalah empirisme. Descartes, Spinoza dan Leibnitz dianggap sebagai triumvirate kaum rasionalis klasik. Rasionalisme bertentangan dengan empirisme, yang membuat pengalaman (persepsi indrawi, dll) sebagai alasan sumber pengetahuan.

    ReplyDelete
  36. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Rasionalisme atau gerakan rasionalis adalah doktrin filsafat yang menyatakan bahwa kebenaran haruslah ditentukan melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan fakta, daripada melalui iman, dogma, atau ajaran agama.

    ReplyDelete
  37. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Aliran rasionalisme ini dipelopori oleh Rene Descartes. Rasionalisme atau gerakan rasionalis adalah doktrin filsafat yang menyatakan bahwa kebenaran haruslah ditentukan melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan fakta, daripada melalui iman, dogma, atau ajaran agama. Rasionalisme juga dapat diartikan sebagai aliran filsafat yang menekankan dan berpendapat bahwa sumber pengetahuan yang dapat dipercaya adalah rasio (akal). Hanya pengetahuan yang dicapai melalui akal yang dinilai memenuhi syarat yang dituntut oleh semua pengetahuan ilmiah.

    ReplyDelete
  38. Rasionalisme merupaka cara pandang atau faham yang mempercayai bahwa pengetahaun yang benar hanya yang berdasarkan pada akal (reason). Hanya akal/rasio yang benar-benar dapat dijadikan pertimbangan terpenting dalam memperoleh pengetahuan dan mengetes pengetahuan. Hal ini disebabkan karena pengetahuan yang diperoleh melalui indera adalah kabur, kadang menipu, dan tidak lengkap. Misal bahwa didunia ini kita akan melihat benda geometri, tetapi benda yang kita lihat tersebut tidak sempurna mesti ada yang cacat. Jika dua garis yang dibuat dalam kertas yang sama akan memperoleh garis yang berbeda atau tidak identik . Padahal garis haruslah sama.

    ReplyDelete