Dec 1, 2012

NOMINALISM

Ass Wr Wb
Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang NOMINALISM, silahkan konek ke:


http://plato.stanford.edu/entries/nominalism-metaphysics/

Wss Wr Wb

Marsigit




8 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Aliran nominalisme adalah aliran filsafat yang menganggap bahwa teorema umum tidak menunjuk pada realita. Apakah hal ini juga bertentangan dengan ilmu matematika yang bersifat deduktif? Sehingga, kesimpulan umum tersebut belum tentu sesuai dengan realita atau kejadian khusus yang lain. Memang dalam kehidupan dunia berisi keanekaragaman dan sifatnya pun beragam. Keberagaman tersebut memang menunjukkan keanekaragaman kejadian-kejadian khusus, bagaimana bisa dari berbagai kejadian khusus dapat disimpulkan secara umum. Memang dalam ilmu alam sains berbeda dengan ilmu pasti dalam matematika.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan atau sejak abad ke-12. Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja (dalam bahasa Latin nomina) yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Terdapat pernyataan umum, tetapi bukan hal yang umum. Hanya yang individuallah yang nyata. Kenyataan adalah kumpulan rupa benda dan mahluk individual yang sama sekali berbeda karena tidak dapat dirangkum di bawah gagasan umum, sebab yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Berbagai hal diterangkan menurut apa adanya.




    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Nominalisme merupakan sebuah aliran yang menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Hal ini berarti bahwa pengertian umum tidak mencerminkan konsep umum, pernyataan umum yang ada tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Berbagai hal diterangkan menurut apa adanya sehingga yang nyata hanyalah yang bersifat individual.

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Istilah umum nominalisme, sementara universal atau benda abstrak, yang kadang-kadang dianggap dengan ketentuan ini, tidak ada. Dimana ialah ajaran yang menyangkal eksistensi hal- hal universal baik dalam pikiran maupun dalam dunia benda- benda.

    ReplyDelete
  5. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Kata 'Nominalisme', seperti yang digunakan oleh filsuf kontemporer dalam tradisi Anglo-Amerika, adalah ambigu. Di satu sisi, arti yang paling tradisional yang berasal dari Abad Pertengahan, itu berarti penolakan universal. Di lain, lebih modern tapi sama rasa bercokol, itu berarti penolakan benda abstrak. Untuk mengatakan bahwa ini adalah indera yang berbeda dari kata mengandaikan bahwa universal dan abstrak objek tidak berarti hal yang sama. Dan pada kenyataannya mereka tidak. Karena meskipun filsuf yang berbeda berarti hal yang berbeda dengan yang universal, dan juga oleh objek abstrak, menurut penggunaan luas universal adalah sesuatu yang dapat dipakai oleh entitas yang berbeda dan objek abstrak adalah sesuatu yang tidak spasial maupun temporal.
    Jadi ada (setidaknya) dua jenis Nominalisme, salah satu yang mempertahankan bahwa tidak ada universal dan salah satu yang menyatakan bahwa tidak ada benda-benda abstrak. [ 1 ] Realisme tentang universal adalah doktrin bahwa ada universal, dan Platonisme adalah doktrin bahwa ada benda-benda abstrak.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan atau sejak abad ke-12.[1] Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina)yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Terdapat pernyataan umum, tetapi bukan hal yang umum. Hanya yang individuallah yang nyata. Kenyataan adalah kumpulan rupa benda dan mahluk individual yang sama sekali berbeda karena tidak dapat dirangkum di bawah gagasan umum, sebab yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Berbagail hal diterangkan menurut apa adanya. Wahyu dan norma moral diterima seperti dan hanya karena dikehendakai oleh Tuhan tanpa alasan lain. Melalui Ockham dan Gabriel Biel, aliran nominalisme ini mempengaruhi Martin Luther dan positivisme modern yang menolak hak asasi sebagai asasi walau bukan sebagai pemberian pemerintah.

    ReplyDelete
  7. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Nominalisme merupakan aliran dari satu ilmu filsafat. Pada aliran ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina)yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual.

    ReplyDelete
  8. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Nominalism dalam filsafat terdapat dua pandangan yaitu yang pertama pandangan yang menyatakan bahwa nominalism merupakan penolakan terhadap suatu yang abstrak atau benda-benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu dan yang kedua pandangan yang menyatakan bahwa nominalism merupakan penolakan terhadap suatu yang universal atau menyangkal keberadaan hal universal yang dapat diturunkan atau dicontohkan oleh banyak hal-hal tertentu (misalnya kekuatan, kemanusiaan).

    ReplyDelete