Dec 1, 2012

NOMINALISM

Ass Wr Wb
Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang NOMINALISM, silahkan konek ke:


http://plato.stanford.edu/entries/nominalism-metaphysics/

Wss Wr Wb

Marsigit




36 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Aliran nominalisme adalah aliran filsafat yang menganggap bahwa teorema umum tidak menunjuk pada realita. Apakah hal ini juga bertentangan dengan ilmu matematika yang bersifat deduktif? Sehingga, kesimpulan umum tersebut belum tentu sesuai dengan realita atau kejadian khusus yang lain. Memang dalam kehidupan dunia berisi keanekaragaman dan sifatnya pun beragam. Keberagaman tersebut memang menunjukkan keanekaragaman kejadian-kejadian khusus, bagaimana bisa dari berbagai kejadian khusus dapat disimpulkan secara umum. Memang dalam ilmu alam sains berbeda dengan ilmu pasti dalam matematika.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan atau sejak abad ke-12. Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja (dalam bahasa Latin nomina) yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Terdapat pernyataan umum, tetapi bukan hal yang umum. Hanya yang individuallah yang nyata. Kenyataan adalah kumpulan rupa benda dan mahluk individual yang sama sekali berbeda karena tidak dapat dirangkum di bawah gagasan umum, sebab yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Berbagai hal diterangkan menurut apa adanya.




    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Nominalisme merupakan sebuah aliran yang menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Hal ini berarti bahwa pengertian umum tidak mencerminkan konsep umum, pernyataan umum yang ada tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Berbagai hal diterangkan menurut apa adanya sehingga yang nyata hanyalah yang bersifat individual.

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Istilah umum nominalisme, sementara universal atau benda abstrak, yang kadang-kadang dianggap dengan ketentuan ini, tidak ada. Dimana ialah ajaran yang menyangkal eksistensi hal- hal universal baik dalam pikiran maupun dalam dunia benda- benda.

    ReplyDelete
  5. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Kata 'Nominalisme', seperti yang digunakan oleh filsuf kontemporer dalam tradisi Anglo-Amerika, adalah ambigu. Di satu sisi, arti yang paling tradisional yang berasal dari Abad Pertengahan, itu berarti penolakan universal. Di lain, lebih modern tapi sama rasa bercokol, itu berarti penolakan benda abstrak. Untuk mengatakan bahwa ini adalah indera yang berbeda dari kata mengandaikan bahwa universal dan abstrak objek tidak berarti hal yang sama. Dan pada kenyataannya mereka tidak. Karena meskipun filsuf yang berbeda berarti hal yang berbeda dengan yang universal, dan juga oleh objek abstrak, menurut penggunaan luas universal adalah sesuatu yang dapat dipakai oleh entitas yang berbeda dan objek abstrak adalah sesuatu yang tidak spasial maupun temporal.
    Jadi ada (setidaknya) dua jenis Nominalisme, salah satu yang mempertahankan bahwa tidak ada universal dan salah satu yang menyatakan bahwa tidak ada benda-benda abstrak. [ 1 ] Realisme tentang universal adalah doktrin bahwa ada universal, dan Platonisme adalah doktrin bahwa ada benda-benda abstrak.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan atau sejak abad ke-12.[1] Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina)yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Terdapat pernyataan umum, tetapi bukan hal yang umum. Hanya yang individuallah yang nyata. Kenyataan adalah kumpulan rupa benda dan mahluk individual yang sama sekali berbeda karena tidak dapat dirangkum di bawah gagasan umum, sebab yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Berbagail hal diterangkan menurut apa adanya. Wahyu dan norma moral diterima seperti dan hanya karena dikehendakai oleh Tuhan tanpa alasan lain. Melalui Ockham dan Gabriel Biel, aliran nominalisme ini mempengaruhi Martin Luther dan positivisme modern yang menolak hak asasi sebagai asasi walau bukan sebagai pemberian pemerintah.

    ReplyDelete
  7. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Nominalisme merupakan aliran dari satu ilmu filsafat. Pada aliran ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina)yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual.

    ReplyDelete
  8. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Nominalism dalam filsafat terdapat dua pandangan yaitu yang pertama pandangan yang menyatakan bahwa nominalism merupakan penolakan terhadap suatu yang abstrak atau benda-benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu dan yang kedua pandangan yang menyatakan bahwa nominalism merupakan penolakan terhadap suatu yang universal atau menyangkal keberadaan hal universal yang dapat diturunkan atau dicontohkan oleh banyak hal-hal tertentu (misalnya kekuatan, kemanusiaan).

    ReplyDelete
  9. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Nominalism merupakan bentuk penolakan terhadap objek universal dan penolakan terhadap objek abstrak. Akan tetapi seseorang yang menganut nihilism percaya bahwa tidak ada entitas sama sekali yang kemudian akan dihitung sebagai nominalism. Terdapat dua jenis Nominalism yaitu realisme tentang universal bahwa ada objek yang universal dan Platonism yang menyatakan ada objek abstrak. Dengan demikian, nominalism menyatakan segala sesuatu itu konkret dan tidak sepenuhnya benar.

    ReplyDelete
  10. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Paham nominalisme menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual.
    Sehingga dalam paham ini gagasan hanya ada dalam pikiran atau akal saja.

    ReplyDelete
  11. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Nominalisme adalah pandangan metafisik dalam filsafat yang menurut istilah umum atau abstrak dan predikat ada, sementara universal atau benda abstrak yang kadang-kadang dianggap sesuai dengan ketentuan-ketentuan ini tidak ada. Dengan demikian setidaknya ada dua versi utama dari nominalisme. Satu versi menyangkal keberadaan universal-hal yang dapat diturunkan atau dicontohkan oleh banyak hal-hal tertentu (misalnya kekuatan, kemanusiaan). Nominalism dalam filsafat ada dua yaitu yang pertama adalah pandangan yang menyatakan bahwa nominalism merupakan Penolakan terhadap suatu yang abstrak. Sedangkan yang kedua adalah pandangan yang menyatakan bahwa Nominalism merupakan Penolakan terhadap suatu yang universal.

    ReplyDelete
  12. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dalam paham nominalisme hanya yang individual yang nyata.
    Kenyataan adalah kumpulan rupa benda dan mahluk individual yang sama sekali berbeda karena tidak dapat dirangkum di bawah gagasan umum, sebab yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas.
    Sehingga individu hanya nyata karena individu memiliki akal/pikiran.

    ReplyDelete
  13. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Kata 'Nominalisme', seperti yang digunakan oleh filsuf kontemporer dalam tradisi Anglo-Amerika, adalah ambigu. Dalam arti tradisional yang berasal pada abad pertengahan, memiliki arti penolakan universal. Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apa pun, atau dapat dikataan hanya sebatas kata-kata saja.

    ReplyDelete
  14. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Kata 'Nominalisme', seperti yang digunakan oleh filsuf kontemporer dalam tradisi Anglo-Amerika, adalah ambigu. Di satu sisi, arti yang paling tradisional yang berasal dari Abad Pertengahan, itu berarti penolakan universal. Nominalisme merupakan ajaran yang menyangkal eksistensi hal-hal universal baik dala pikiran maupun dalam dunia benda-benda.

    ReplyDelete
  15. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Bentuk nominalisme yang paling radikal muncul pada abad ke-11 dalam pribadi Roscelin yang mempertalikan universalia dengan nama semata-mata. Pandangan ini berbeda dengan realisme abad pertengahan, kaum nominalis menegaskan bahwa yang sungguh-sungguh ada hanyalah benda-benda individual dengan ciri-ciri individualnya. Konsep-konsep umum yang diciptakan pikiran kita,sama sekali tidak berada secara independen dari benda-benda.

    ReplyDelete
  16. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan atau sejak abad ke-12.[1] Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina)yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Nominalisme masuk setidaknya dua varietas. Salah satunya adalah penolakan terhadap objek abstrak; Di sisi lain itu adalah penolakan universal. Para filsuf sering merasa perlu untuk mendalilkan benda abstrak atau universal. Jadi Nominalisme dalam satu bentuk atau lain telah memainkan peran penting dalam debat metafisik sejak setidaknya Abad Pertengahan, ketika versi varietas kedua Nominalisme diperkenalkan. Dua jenis Nominalisme saling independen satu sama lain dan dapat dipegang secara konsisten tanpa yang lain. Namun, kedua varietas tersebut memiliki beberapa motivasi dan argumen yang sama.

    ReplyDelete
  17. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Kaum normalis berada pada asumsi bahwa dunia sosial eksternal untuk kesadaran individu tidak lebih dari sebuah nama, konsep dan label yang digunakan untuk struktur realitas. Nominalist tidak pernah mengakui adanya stuktur apapun yang rill untuk menggambarkan konsep ini. Nama dianggap sebagai kreasi yang didasarkan pada kenyamanan mereka yang digunakan sebagai alat untuk menggambarkan, menciptakan rasa, dan melakukan negosiasi di dunia luar.

    ReplyDelete
  18. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan atau sejak abad ke-12. Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina)yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Terdapat pernyataan umum, tetapi bukan hal yang umum. Hanya yang individuallah yang nyata. Kenyataan adalah kumpulan rupa benda dan mahluk individual yang sama sekali berbeda karena tidak dapat dirangkum di bawah gagasan umum, sebab yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Berbagail hal diterangkan menurut apa adanya.

    ReplyDelete
  19. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    In metaphysics, nominalism is a philosophical view which denies the existence of universals and abstract objects, but affirms the existence of general or abstract terms and predicates. There are at least two main versions of nominalism. One version denies the existence of universals – things that can be instantiated or exemplified by many particular things (e.g., strength, humanity). The other version specifically denies the existence of abstract objects – objects that do not exist in space and time.
    Most nominalists have held that only physical particulars in space and time are real, and that universals exist only post res, that is, subsequent to particular things. However, some versions of nominalism hold that some particulars are abstract entities (e.g., numbers), while others are concrete entities – entities that do exist in space and time (e.g., thrones, couches, bananas).
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Nominalism

    ReplyDelete
  20. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Kata Nominalisme, seperti yang digunakan oleh filsuf kontemporer dalam tradisi Anglo-Amerika, ambigu. Dalam satu pengertian, perasaan paling tradisional yang berasal dari abad pertengahan, ini menyiratkan penolakan terhadap universal. Di sisi lain, yang lebih modern tapi sama-sama memiliki akar, ini menyiratkan penolakan terhadap benda-benda abstrak. Jadi ada (setidaknya) dua jenis Nominalisme, yang berpendapat bahwa tidak ada yang universal dan yang mempertahankan bahwa tidak ada benda abstrak.

    ReplyDelete
  21. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan atau sejak abad ke-12. Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina)yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Terdapat pernyataan umum, tetapi bukan hal yang umum. Hanya yang individuallah yang nyata. Kenyataan adalah kumpulan rupa benda dan mahluk individual yang sama sekali berbeda karena tidak dapat dirangkum di bawah gagasan umum, sebab yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Berbagail hal diterangkan menurut apa adanya. Wahyu dan norma moral diterima seperti dan hanya karena dikehendakai oleh Tuhan tanpa alasan lain. Melalui Ockham dan Gabriel Biel, aliran nominalisme ini mempengaruhi Martin Luther dan positivisme modern yang menolak hak asasi sebagai asasi walau bukan sebagai pemberian pemerintah.

    ReplyDelete
  22. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Setidaknya ada dua versi utama nominalisme. Salah satu versi menyangkal keberadaan universal - hal yang dapat diturunkan atau dicontohkan oleh banyak hal tertentu (misalnya, kekuatan manusia). Versi lainnya khusus menyangkal keberadaan benda abstrak - Benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  23. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Penganut nominalis beranggapan bahwa masalah sosial itu merupakan sesuatu dari hasil pemikiran seseorang (subyektif) sebagai contoh nama benda atau nama orang merupakan kreasi seseorang untuk mendiskripsikan sesuatu. Nominalisme dan realisme adalah dua aliran dalam filsafat yang berbeda atau bertolak belakang. Dari berbagai literatur dicontohkan perbedaan tersebut menyangkut hakikat dari suatu masalah (fenomena) terutama realita sosial yang diselidiki antara lain apakah realitas itu merupakan sesuatu yang obyektif atau subyektif (hasil pemikiran seseorang). Atau apakah realitas itu merupakan sesuatu yang sudah ada (given) berada diluar pikiran manusia atau dari pikiran manusia.

    ReplyDelete
  24. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dapat kita pahami dari kata Nominalisme secara tradisional yang berasal pada abad pertengahan berarti penolakan universal. Secara modern diartikan sebagai penolakan benda abstrak. Sedangkan secara umum diartikan sebagai sesuatu yang dapat dipakai oleh entitas yang berbeda dan objek abstrak adalah sesuatu yang tidak spasial atau temporal. Tapi Nominalisme bukan hanya penolakan universal atau benda abstrak. Karena jika yang terjadi nihilis seseorang yang percaya bahwa tidak ada entitas sama sekali, akan dihitung sebagai seorang nominalis . Demikian pula, seseorang yang menolak universal atau benda abstrak tetapi agnostik tentang keberadaan khusus atau benda konkret akan dihitung sebagai seorang nominalis.

    ReplyDelete
  25. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Aliran filsafat nominalisme memandang bahwa suatu objek itu tidak universal dan tidak abstrak. Namun, nominalisme bukan sekadar penolakan universal atau objek abstrak. Karena jika memang demikian, nihilis, seseorang yang percaya bahwa tidak ada entitas sama sekali, akan dihitung sebagai nominalis. Demikian pula, seseorang yang menolak universal atau benda abstrak tapi agnostik tentang adanya hal-hal khusus atau objek konkret akan dihitung sebagai nominalis. Mengingat bagaimana istilah 'Nominalisme' digunakan dalam filsafat kontemporer, filsuf semacam itu tidak akan menjadi nominalis. Kata 'Nominalisme' membawa implikasi bahwa doktrin yang sesuai menegaskan bahwa segala sesuatu itu khusus atau konkret, dan ini tidak sepenuhnya benar.

    ReplyDelete
  26. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan atau sejak abad ke-12 yaitu Nominalisme. Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina)yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Nominalisme juga diartikan sebagai pandangan metafisik dalam filsafat yang menurut istilah umum atau abstrak dan predikat ada, sementara universal atau benda abstrak, yang kadang-kadang dianggap sesuai dengan ketentuan ini, tidak ada.

    ReplyDelete
  27. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Saya jadi ingat bahwa dalam filsafat mengikuti pemikiran pada filsuf. Oleh karena itu kita harus mengetahui pemikiran/aliran-aliran para filsful-filsuf dunia. Salah satunya pada nominalism ini yang muncul pada pertengahan atau sejak abad ke-12 melalui pemikiran Ockham dan Gabriel Biel. Dimana saya memperoleh pemahaman bahwa Nominalisme dapat mempengaruhi Martin Luther dan positivisme modern yang menolak hak asasi sebagai asasi walau bukan sebagai pemberian pemerintah.

    ReplyDelete
  28. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Nominalisme adalah merupakan sebuah aliran filsafat yang sudah ada sejak abad ke 12.Kata nominalisme memiliki arti yang ambigu. Di satu sisi, arti yang paling tradisional berasal dari Abad Pertengahan, mempunyai arti “penolakan universal”. Di lain sisi, mempunyai arti “penolakan benda abstrak”. Jadi setidaknya ada dua jenis Nominalisme, salah satu menyatakan bahwa tidak ada universal, menegaskan bahwa ada benda tertentu dan bahwa segala sesuatu tertentu, dan lainnya. Salah satu lagi menyatakan bahwa tidak ada benda abstrak, menegaskan bahwa ada benda konkret dan bahwa segala sesuatu yang konkret.

    ReplyDelete
  29. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Nominalisme merupakan aliran filsafat yang berkembang pada abad pertengahan dan mengajarkan bahwa nama-nama (Lat. nomnina) benda, meskipun berguna untuk membuat klasifikasi, sebenamya tidak secara sah menggambarkan realitas. Setiap substansi bersifat individual, tidak ada kodrat yang umum. Konsep universal hanya ada dalam pikiran. Nominalisme (abad ke-13) menantang teori Aquinas dan menyatakan bahwa universal bukanlah esens dari segalanya tapi konsep dalam pikiran, hanya nama, karena hal tertentu adalah nyata.


    ReplyDelete
  30. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Kata 'Nominalisme', seperti yang digunakan oleh filsuf kontemporer dalam tradisi Anglo-Amerika. Dalam satu pengertian, perasaan paling tradisional yang berasal dari Abad Pertengahan, ini menyiratkan penolakan terhadap universal. Di sisi lain, yang lebih modern tapi sama-sama memiliki akar, ini menyiratkan penolakan terhadap benda-benda abstrak. Mengatakan bahwa ini adalah pengertian yang berbeda dari kata yang mengandaikan bahwa objek universal dan abstrak tidak berarti hal yang sama. Dan sebenarnya tidak. Karena walaupun para filsuf yang berbeda berarti hal yang berbeda secara universal, dan juga oleh objek abstrak, menurut penggunaan luas universal adalah sesuatu yang dapat di instantiasikan oleh entitas yang berbeda dan objek abstrak adalah sesuatu yang tidak bersifat spasial maupun temporal.

    ReplyDelete
  31. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Nominalisme merupakan salah satu aliran ilmu filsafat yang menganggap bahwa jika suatu gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan tersebut hanya kata-kata (dalam bahasa Latin nomina) yang disusun akal budi sebagai tanda untuk mengatur keanekaragaman individual. Terdapat dua jenis nominalisme yakni yang menyatakan bahwa tidak ada yang universal dan yang menyatakan bahwa tidak ada objek abstrak. Tapi Nominalisme bukan hanya penolakan universal atau benda abstrak. Karena jika yang terjadi sebuah nihilis atau seseorang yang percaya bahwa tidak ada entitas sama sekali, akan dihitung sebagai nominalis. Demikian pula, seseorang yang menolak universal atau benda abstrak tetapi agnostik tentang keberadaan khusus atau benda konkret juga akan dihitung sebagai nominalis.

    ReplyDelete
  32. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam artikel pada link di atas, nominalisme juga berkaitan dengan metafisik. Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina)yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Proses pengabstraksian ini tidak ada bagi kaum nominalisme dan tidak ada di dunia ini yang bersifat universal, artinya tidak ada yang dapat diseragamkan. Paham Nominalisme berimbas munculnya doktrin yang sesuai menegaskan bahwa segala sesuatu itu khusus atau konkret, dan ini tidak sepenuhnya benar. Jadi satu jenis Nominalisme menegaskan bahwa ada benda-benda tertentu dan bahwa segala sesuatu bersifat khusus, dan yang lainnya menegaskan bahwa ada benda-benda konkret dan semuanya bersifat konkret.

    ReplyDelete
  33. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Nominalisme menampilkan pandangan minimal berkenaan dengan problem universal (paham-paham universal) yang mengatakan bahwa unersalia bukanlah entitas-entitas real, entah dalam dunia atau dalam pikiran tetapi hanya nama-nama yang menunjuk kelompok atau kelas hal-hal individu. Pandangan nominalisme sulit membedakan dari beberapa bentuk konseptualisme.

    ReplyDelete
  34. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Positivisme berasal dari kata positif yang sama artinya dengan faktual, yaitu apa yang berdasarkan fakta-fakta. Menurur positivisme, pengetahuan kita tidak boleh melebihi fakta-fakta. Dengan demikian, ilmu pengetahuan empiris menjadi contoh istimewa dalam bidang pengetahuan. Kemudian, filsafat pun harus meneladani contoh itu. Oleh karena itu pulalah, positivisme menolak cabang filsafat metafisika. Menanyakan hakikat benda-benda atau penyebab yang sebenarnya bagi positivisme tidaklah mempunyai arti apa-apa. Ilmu pengetahuan termasuk juga filsafat, hanya menyelidiki fakta-fakta dan hubungan yang terdapat antara fakta-fakta tersebut

    ReplyDelete
  35. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Nominalisme adalah pandangan bahwa universal tidak memiliki eksistensi di luar pemikiran dan hanyalah nama yang tidak mewakili apa pun yang benar-benar ada. Rodriguez-Pereyra (2011) menjelaskan bahwa nominalisme masuk setidaknya dua varietas. Dalam salah satu dari mereka itu adalah penolakan terhadap benda-benda abstrak; Di sisi lain itu adalah penolakan universal. Para filsuf sering merasa perlu untuk mendalilkan benda abstrak atau universal. Jadi Nominalisme dalam satu bentuk atau lain telah memainkan peran penting dalam debat metafisik sejak setidaknya Abad Pertengahan, ketika versi varietas kedua Nominalisme diperkenalkan. Dua jenis Nominalisme saling independen satu sama lain dan dapat dipegang secara konsisten tanpa yang lain. Nominalisme, dalam kedua pengertian, adalah sejenis anti-realisme. Untuk satu jenis Nominalisme menyangkal eksistensi, dan oleh karena itu realitas, universal dan yang lainnya menyangkal keberadaan, dan karena itu realitas, benda-benda abstrak.

    Rodriguez-Pereyra, G., 2011, 'Nominalism in metaphysics', in Zalta, E.N. (Ed.), Stanford Encyclopedia of Philosophy (Fall 2011 Edition)

    ReplyDelete
  36. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Kaum nominalis beranggapan bahwa realitas sosial yang dianggap merupakan sesuatu yang berada di luar diri seseorang hanyalah sekedar nama-nama (names), konsep atau label yang digunakan menjelaskan realitas sosial. Mereka tidak menerima adanya kenyataan masyarakat di manapun yang benar-benar dapat dijelaskan oleh konsep semacam itu. Penamaan itu hanyalah rekaan saja untuk menjelaskan, memberi pengertian dan memahami realitas. Nominalisme sering disejajarkan dengan paham konvensionalisme. Keduanya sulit dibedakan.

    ReplyDelete