Dec 1, 2012

NOMINALISM

Ass Wr Wb
Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang NOMINALISM, silahkan konek ke:


http://plato.stanford.edu/entries/nominalism-metaphysics/

Wss Wr Wb

Marsigit




51 comments:

  1. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Kata 'Nominalisme', seperti yang digunakan oleh filsuf kontemporer dalam tradisi Anglo-Amerika. Dalam satu pengertian, perasaan paling tradisional yang berasal dari Abad Pertengahan, ini menyiratkan penolakan terhadap universal. Di sisi lain, yang lebih modern tapi sama-sama memiliki akar, ini menyiratkan penolakan terhadap benda-benda abstrak. Mengatakan bahwa ini adalah pengertian yang berbeda dari kata yang mengandaikan bahwa objek universal dan abstrak tidak berarti hal yang sama. Dan sebenarnya tidak. Karena walaupun para filsuf yang berbeda berarti hal yang berbeda secara universal, dan juga oleh objek abstrak, menurut penggunaan luas universal adalah sesuatu yang dapat di instantiasikan oleh entitas yang berbeda dan objek abstrak adalah sesuatu yang tidak bersifat spasial maupun temporal.

    ReplyDelete
  2. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Nominalisme merupakan salah satu aliran ilmu filsafat yang menganggap bahwa jika suatu gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan tersebut hanya kata-kata (dalam bahasa Latin nomina) yang disusun akal budi sebagai tanda untuk mengatur keanekaragaman individual. Terdapat dua jenis nominalisme yakni yang menyatakan bahwa tidak ada yang universal dan yang menyatakan bahwa tidak ada objek abstrak. Tapi Nominalisme bukan hanya penolakan universal atau benda abstrak. Karena jika yang terjadi sebuah nihilis atau seseorang yang percaya bahwa tidak ada entitas sama sekali, akan dihitung sebagai nominalis. Demikian pula, seseorang yang menolak universal atau benda abstrak tetapi agnostik tentang keberadaan khusus atau benda konkret juga akan dihitung sebagai nominalis.

    ReplyDelete
  3. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam artikel pada link di atas, nominalisme juga berkaitan dengan metafisik. Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina)yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Proses pengabstraksian ini tidak ada bagi kaum nominalisme dan tidak ada di dunia ini yang bersifat universal, artinya tidak ada yang dapat diseragamkan. Paham Nominalisme berimbas munculnya doktrin yang sesuai menegaskan bahwa segala sesuatu itu khusus atau konkret, dan ini tidak sepenuhnya benar. Jadi satu jenis Nominalisme menegaskan bahwa ada benda-benda tertentu dan bahwa segala sesuatu bersifat khusus, dan yang lainnya menegaskan bahwa ada benda-benda konkret dan semuanya bersifat konkret.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Nominalisme menampilkan pandangan minimal berkenaan dengan problem universal (paham-paham universal) yang mengatakan bahwa unersalia bukanlah entitas-entitas real, entah dalam dunia atau dalam pikiran tetapi hanya nama-nama yang menunjuk kelompok atau kelas hal-hal individu. Pandangan nominalisme sulit membedakan dari beberapa bentuk konseptualisme.

    ReplyDelete
  5. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Positivisme berasal dari kata positif yang sama artinya dengan faktual, yaitu apa yang berdasarkan fakta-fakta. Menurur positivisme, pengetahuan kita tidak boleh melebihi fakta-fakta. Dengan demikian, ilmu pengetahuan empiris menjadi contoh istimewa dalam bidang pengetahuan. Kemudian, filsafat pun harus meneladani contoh itu. Oleh karena itu pulalah, positivisme menolak cabang filsafat metafisika. Menanyakan hakikat benda-benda atau penyebab yang sebenarnya bagi positivisme tidaklah mempunyai arti apa-apa. Ilmu pengetahuan termasuk juga filsafat, hanya menyelidiki fakta-fakta dan hubungan yang terdapat antara fakta-fakta tersebut

    ReplyDelete
  6. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Kaum nominalis beranggapan bahwa realitas sosial yang dianggap merupakan sesuatu yang berada di luar diri seseorang hanyalah sekedar nama-nama (names), konsep atau label yang digunakan menjelaskan realitas sosial. Mereka tidak menerima adanya kenyataan masyarakat di manapun yang benar-benar dapat dijelaskan oleh konsep semacam itu. Penamaan itu hanyalah rekaan saja untuk menjelaskan, memberi pengertian dan memahami realitas. Nominalisme sering disejajarkan dengan paham konvensionalisme. Keduanya sulit dibedakan.

    ReplyDelete
  7. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Nominalisme adalah penolakan sesuatu yang abstrak. Suatu aliran yang berpegang hanya pada kata-kata yang disusun dari akan untuk mengatur keanekaragaman individual atau konsep umum yang tidak merujuk pada suatu kenyataan apapun. Segala yang berkaitan dengan universal dilawab karena dianggap tidak memiliki esensi. Nominalisme berpegang bahwa pada asumsi bahwa dunia sosial yang berada di luar alam pikiran seseorang adalah tidak lebih daripada nama-nama, konsep dan label yang digunakan untuk menstrukturkan kenyataan atau ilmu pengetahuan. Jadi, penganut nominalisme menganggap bahwa masalah atau interaksi sosial itu merupakan sesuatu dari hasil pemikiran seseorang sebagai contoh nama benda atau nama orang merupakan kreasi seseorang untuk mendeskripsikan sesuatu atau mempunyai arti tertentu dalam setiap nama yang disusun oleh manusia.

    ReplyDelete
  8. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Nominalisme merupakan aliran filsafat yang bertolak belakang dengan aliran realisme. Aliran ini juga menyangkal eksistensi hal-hal universal baik dalam alam pikiran maupun dalam dunia benda-benda. Menurut aliran nominalisme masalah sosial merupakan sesuatu yang subyektif. Contohnya pada penamaan suatu benda atau seseorang merupakan gagasan atau konsep umum seseorang untuk mendeskripsikan sesuatu.

    ReplyDelete
  9. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Arti nominalisme yang digunakan para fisuf kontemporer adalah ambigu. Sedangkan menurut abad pertengahan Nominalisme berarti penolakan unversal, dan menurut yang lebih modern nominalisme berarti penolakan benda abstrak. Tapi nominalisme bukan hanya penolakan universal atau benda abstrak. Karena jika terjadi, sebuah nihilis, seseorang yang percaya bahwa tidak ada entitas sama sekali, akan dihitung sebagai nominalis. Demikian pula, seseorang yang menolak universal atau benda abstrak tetap agnostik tentang keberadaan khusus atau benda konkret akan dihitung sebagai nominalis.

    ReplyDelete
  10. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. nominalism kurang lebih adalah suatu paham yang menolak suatu kebenaran tunggal. Tidak ada kebenaran tunggal (gagasan umum), sebab individu-individu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Paham ini kurang lebih (semoga tidak salah) adalah paham yang menekankan pada kebebasan individu yang berdiri di atas prinsip hak asasi manusia. Saya tidak tahu, apakah nominalism memilik hubungan dengan liberalism. Tentunya, hal tersebut sangat penting untuk kita pelajari.

    ReplyDelete
  11. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, nominalisme merupakan ideologi yang memiliki pandangan bahwa hal-hal yang didenominasikan dengan istilah yang sama tidak menghasilkan apa-apa kecuali fakta tentang hal tersebut. Misalkan semua kursi memiliki kesamaan adalah bahwa mereka disebut 'kursi'. Doktrin ini biasanya terkait dengan pemikiran bahwa segala sesuatu yang ada adalah individu tertentu, dan karena itu tidak ada hal-hal seperti universal. Klasifikasi umum kita hanyalah sekadar nada datar atau nafas suara. Nominalisme dicetuskan oleh Boethius, dan merupakan salah satu elemen terpenting dalam filsafat Ockham. Namun, tidak mudah untuk menyatakan doktrin ini secara stabil, karena jika kursi dapat berbagi fitur yang disebut 'kursi', maka mereka juga seharusnya bisa berbagi fitur lain; Masalahnya seharusnya tidak berapa banyak kasus fitur bersama ada, tapi bagaimana dengan berbagi fitur, dan apakah bahasa memainkan peran mendasar dalam menciptakan fenomena tersebut. Nominalisme adalah versi ekstrim dari gagasan yang menarik secara permanen bahwa ciri umum dari berbagai hal adalah semacam penciptaan tanggapan dan gagasan manusia.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  12. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    "Nominalism". Beberapa kali saya menjumpai statement bahwa nominalisme adalah suatu paha yang memberikan penolakan terhadap dua sifat, yaitu "abstrak" dan "universal". Nominalism tidak mempercayai kebenaran tentang hal-hal yang abstrak dan berlaku universal. Akan tetapi, saya juga menemukan catatan penting, bahwa nominalisme bukan sekadar penolakan terhadap universal atau objek abstrak. Karena paha yang menolak universal dan objek abstrak bisa jadi masuk pada paha nihilsm yang mempercayai tidak ada entitas sama sekali. Penekanannya, nominalisme menegaskan bahwa ada benda tertentu yang sifatnya khusus, dan yang lainnya menegaskan bahwa ada benda konkret dan semuanya bersifat konkret. Ada seseorang yang kemungkinan menjadi nominalis di suatu hal, dan tidak di sisi lain. Digambarkan seperti ini, ada seseorang yang tidak mempercayai objek abstrak, akan tetapi dia mengimani kebenaran universal. Berarti orang tersebut adalah tidak nominalism dalam arti menolak objek abstrak. Refleksi saya, untuk menentuka apakah seseorang itu niminalism atau bukan, harus dilakukan analisis terhadap pandangannya terhadap objek abstrak dan kebenaran universal.

    ReplyDelete
  13. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Dalam link https://plato.stanford.edu/entries/nominalism-metaphysics/#WhaNom dituliskan bahwa setidaknya dua jenis Nominalisme, satu diantaranya berpendapat bahwa tidak ada universal dan satu yang lainnya mempertahankan pendapat bahwa tidak ada benda abstrak. ini menunjukkan bahwa Nominalisme bertolak belakang dengan realisme namun sejalan dengan platonisme (doktrin bahwa ada benda-benda abstrak). dalam kamus besar bahasa Indonesia dituliskan nominalisme /no·mi·na·lis·me/ berarti aliran filsafat yang mengajarkan bahwa pengertian umum tidak mencerminkan aspek umum dan aspek yang mempunyai kesamaan tentang eksistensi suatu benda.

    ReplyDelete
  14. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    177092510005

    Assalamualaikum prof,
    Paham nominalisme menghubungkan universalia dengan nama-nama semata. Pandangan ini bertentangan dengan pandangan yang memperlihatkan suatu pemahaman arti-arti universal sebagai dasar dari semua nama universal. Nominalisme condong kepada materialis yang mengakui bahwa benda-benda justru yang primer sedangkan konsep-konsep adalah yang sekunder. Kaum nominalis menegaskan bahwa yang sungguh-sungguh ada hanyalah benda-benda individu dengan ciri-ciri individualnya. Dengan kata lain hanya benda-benda fisik di dalam ruang dan waktulah yang nyata, dan yang lainnya hanyalah khayal. Konsep-konsep umum yang diciptakan oleh pikiran manusia sama sekali tidak berada secara independen dari benda-benda, bahkan konsep-konsep umum tersebut tidak mencerminkan ciri dan kualitas benda-benda. Sehingga kumpulan benda dan makhluk tidak dapat dirangkum di dalam satu gagasan umum karana konsep umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas.

    ReplyDelete
  15. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Nominalisme adalah faham filsuf yang menyangkal adanya realitas di dunia dan menyatakan bahwa dunia adalah seperti apa yang kita jelaskan. Seseorang yang menyangkal realitas itu ada dan melampaui cara munculnya fenomena biasa bagi kita kadang disebut dengan istilah nominalis, karena mereka percaya bahwa ide-ide abstrak hanyalah sebuah nama.

    ReplyDelete
  16. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Nominalisme dapat dimaknai sebagai gagasan atau konsep umum disusun berdasarkan akal manusia saja namun tidak menunjuk pada kenyataan. Hal yang umum pada nominalisme tidak menunjukkan realitas. Apabila saya kaitkan dengan pembelajaran matematika, seperti pemikiran saya ketika saya menjadi siswa dahulu, yaitu ketika belajar matematika tapi hanya mengetahui rumus saja dan tidak mengetahui applikasinya dalam kehidupan sehari-hari atau realitasnya. Tentu saja pembelajaran tersbeut menjdi tidak bermakna. Berbeda dengan pembelajaran pada kurikulum 2013, dimana siswa akan mengetahui aplikasi dari kehidupan sehari-hari. Selain itu berdasarkan pengalaman saya siswa akan lebih kritis lagi dalam pembelajran ketika angka dan ukuraan yang digunakan tidak sesuai dengan realita.

    ReplyDelete
  17. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Yang menjadi tumpu perhatian nasionalism ada dua yang pertama melakukan penyangkalan terhadap benda absrak dan penyangkalan terhadap persepsi umum.Plato merupakan orang yang menyemai dan memihak di antara benda abstrak dan universal tersebut.Alasan nasionalism menentang hal demikan karena ontologisnya yang tidak jelas dimana keadan objek bastrak tidak memiliki refrensi yang jelas dan lengkap di dalam menjelaskan identitasnya

    ReplyDelete
  18. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Mencermati dari bacaan yang terdapat dalam link tersebut ,bahwa nominalism e merupakan paham yang melakukan penolakan terhadap sesuatu yang universal juga melakukan penolakan terhadap sesuatu yang abstrak.Menurut paham ini dalam pengandaiannya dengan mengatakan universal dan abstrak bukanlah sesuatu yang sama.Kalau dicermati nominalisme mengalami pertentangan dengan realisme yang menganggap bahwa universal itu ada dan juga bertentangan dengan Plato yang mengatakan bahwa benda abstrak itu ada.Jadi nominalisme dapat dikatakan semacam anti realisme dan sesuatu yang bersifat abstrak.

    ReplyDelete
  19. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Nominalisme merupakan pandangan yang menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Nominalisme menegaskan bahwa ada benda-benda tertentu dan bahwa segala sesuatu bersifat khusus, dan yang lainnya menegaskan bahwa ada benda-benda konkret dan semuanya bersifat konkret

    ReplyDelete
  20. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Nominalisme merupakan paham yang menyangkal sesuatu yang bersifat universal baik dalam pemikiran ataupun terhdapa benda-benda kongkrit. Penganut nominalis beranggapan bahwa masalah sosial itu merupakan sesuatu dari hasil pemikiran seseorang (subyektif) sebagai contoh nama benda atau nama orang merupakan kreasi seseorang untuk mendiskripsikan sesuatu.

    ReplyDelete
  21. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Nominalist tidak pernah memandang dan mengakui adanya struktur apapun yang riil untuk menggambarkan, konsep ataupun gagasan. Nominalisme menyangkal adanya universal , benda abstrak yakni benda-benda yang tidak ada di dalam ruang dan waktu. Hal ini berimplikasi bahwa universal, gagasan , esensi hanya produk dari bahasa kita dan atau bagaimana pikiran kita memahami kenyataan. Terima Kasih

    ReplyDelete
  22. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Nominalisme menampilkan pandangan minimal berkenaan dengan poblem universalia (paham-paham universal) yng menyatakan bahwa universalia bukanlah entitas-entitas real, entah dalam dunia entah dalam pikiran, tetapi hanya nama-nama yang menunjukkan kelompok atau kelas hal-hal individual. Pandangan nominalism sulit dibedakan dari beberapa bentuk konseptualisme. Diantara para filsuf yang pandangannya berkenaan dengan universali ditafsir sebgai nominalisme seperti Roscelii, William Ockham Jean Buridan, Thomas Hobbes, Hume, Condillac, Nelson Good Man, dll.

    ReplyDelete
  23. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Nominalisme adalah teori filsafat yang menjelaskan bahwa terjadi penolakan terhadap luang lingkup abstrak dan universal. Maksud penolakan abstrak yaitu penolakan terhadap sesuatu yang tidak dapat diterima oleh panca indra atau tidak konkret. Sedangkan penolakan terhadap universal adalah tidak diterimanya suatu pandangan yang bersifat umum.

    ReplyDelete
  24. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. Terimakasih Prof. Marsigit atas referensi yang diberikan. Berdasarkan website http://plato.stanford.edu/entries/nominalism-metaphysics/ kata Nominalisme digunakan oleh filsuf kontemporer dalam tradisi Anglo –Amerika. Nominalisme dalam arti yang lebih modern berarti penolakan terhadap benda-benda abstrak . Terdapat dua jenis Nominalisme , yaitu Realisme, dan Platonisme. Akan tetapi tidak hanya itu karena bila hanya itu seorang nihilisme juga akan dianggap sebagai nominalisme. Apa yang diperlukan bagi seorang nominalis adalah menerima keberadaan sifat, kemungkinan dunia dan proposisi mengenai benda konkret. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

    ReplyDelete
  25. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas yang dapat saya pahami adalah bahwa menurut nominalisme, benda-benda abstrak tidak ada dalam ruang dan waktu. Dalam matematika nominalisme berasumsi bahwa himpunan (set) itu ada. Nominalisme menegaskan bahwa ada beberapa benda yang segala sesuatunya khusus, dan ada beberapa benda konkret yang segala sesuatunya konkret sehingga tidak ada benda-benda yang abstrak dan semuanya adalah nyata.

    ReplyDelete
  26. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Nominalisme merupakan salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul sejak abad ke-12, aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya berupa kata-kata saja yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaragaman individual, hanya individual lah yang nyata. Kenyataan adalah kumpulan rupa benda dan makhluk individual yang sama sekali berbeda karena tidak dapat dirangkum di bawah gagasan umum, sebab umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Segala suatu gagasan (wahyu, norma moral) diterima hanya karena dikehendaki oleh Tuhan tanpa alasan lain.

    ReplyDelete
  27. Nur Dwi Laili
    17709251059
    PMC

    Nominalisme merupakan istilah yang digunakan filsuf kontemporer dalam tradisi Anglo-Amerika. Terdapat dua pendapat tentang memaknai nominalisme. Ada yang memaknai nominalisme sebagai penolakan terhadap universal. Tetapi disisi lain, nominalisme juga diartikan sebagai penolakan terhadap benda-benda abstrak. Nominalisme dalam arti tidak ada universal merupakan kebalikan dari realisme. Sedangkan nominalisme dalam arti tidak ada abstrak merupakan kebalikan dari platonisme.

    ReplyDelete
  28. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Nominalisme adalah adalah suatu paham yang menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina)yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Jadi pada paham ini tidak menunjukkan sikap, melainkan pada paham ini hanya berfokus pada gagasan/pendapat.
    Menurut link yang diberikan Prof akan ada penolakan universal tentang suatu paham. dan Nominalisme akan menjadi peran penting dalam debat metafisik sejak setidaknya Abad Pertengahan, ketika versi variasi kedua Nominalisme diperkenalkan.

    ReplyDelete
  29. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Dalam kamus besar bahasa Indonesia nominalisme diartikan sebagai aliran filsafat yang mengajarkan bahwa pengertian umum tidak mencerminkan aspek umum dan aspek yang mempunyai kesamaan tentang eksistensi suatu benda. Terdapat setidaknya dua varietas nominalisme. Varietas nominalisme yang pertama ialah menolak terhadap benda-benda abstrak. Varietas yang kedua merupakan penolakan universal.

    ReplyDelete
  30. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Nominalisme menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina). Kata 'Nominalisme', seperti yang digunakan oleh filsuf kontemporer dalam tradisi Anglo-Amerika, adalah ambigu. Menurut paham nominalisme, hanya hal-hal individual yang nyata, sedangkan konsep universal kurang lebih adalah sewenang-wenang.

    ReplyDelete
  31. Junianto
    PM C

    Nominalism merupakan paham yang menolak hal universal dan menolak sesuatu yang abstrak. Paham ini juga menolak gagasan yang bersifat umum karena dianggap tidak merujuk terhadap kenyataan dimana makna gagasan hanyalah kata-kata/ argumen seseorang yang tidak bisa dibuktikan. Penolakan terhadap sesuatu yang abstrak mengandung maksud bahwa hal-hal yang tidak bisa di indra oleh manusia tidak bisa diterima paham ini, karena dianggap hanya sebagai gagasan/ pikiran manusia saja.

    ReplyDelete
  32. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Karakter utama dari Nominalism adalah penolakan terhadap apa yang disebut universal dan apa yang disebut object yang bersifat abstrak. Doktrin nominalism adalah semuanya itu bersifat khusus dan konkret. Nominalism dapat dikatakan sebagai anti Realism. Pada kasus tertentu, keberadaan sesuatu yang orang anggap sebagai objek abstrak dan universal misalnya angka, atau dunia, nominalism menanggapinya dengan dua cara: menyangkal keberadaan entitas tersebut atau menerima keberadaan entitas tersebut dengan penekanan bahwa objek tersebut tertentu dan konkret.

    ReplyDelete
  33. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Dalam kamus teologi, nominalism merupakan aliran filsafat yang berkembang pada abad pertengahan dan mengajarkan bahwa nama-nama benda, meskipun berguna untuk mengklasifikasikan, tetapi tidak sah untuk menggambarkan realitas. Tokoh nominalism yang paling terkenal adalah Wiliam Occam (1285-1347). Perlu kita tahu, ternyata filsafat ini mempengaruhi teologi khususnya ajaran mengenai Allah, pembenaran, dan sakramen.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  34. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Nominalism adalah suatu pandangan yang menolak adanya semesta (universal) dan tidak percaya akan hal-hal abstrak. Nominalism dibedakan atas dua hal yaitu, nominalis akan hal-hal yang bersifat kesemestaan atau universal dan nominalis akan hal-hal yang bersifat abstrak. Orang-orang yang menganut paham nominalism akan hal abstrak adalah mereka tidak menyetujui adanya suatu hal yang tidak bisa dirasakan oleh ke-5 panca indra atau tidak menempati ruang.

    ReplyDelete
  35. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Nominalisme adalah doktrin tentang konsep abstrak, istilah umum atau universalnya adalah tidak memiliki eksistensi independen namun hanya ada sebagai nama. Maka berbagai objek yang diberi label dengan istilah yang sama tidak memiliki kesamaan terhadap nama mereka. Dengan kata lain, hanya fakta fisik sebenarnya yang nyata, dan universal hanya ada setelah hal-hal tertentu, hanya merupakan abstraksi lisan.

    ReplyDelete
  36. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa nominalisme adalah pandangan filsafat yang menolak keberadaan objek universal dan abstrak, namun menerima adanya istilah dan predikat umum atau abstrak.

    ReplyDelete
  37. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina)yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Sehingga kebenaran yang bersifat abstrak akan tertolak.

    ReplyDelete
  38. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Nominalism adalah paham yang menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataa. Mkasudnya yaitu paham yang menganggap bahwa yang dapat di indera saja yang dianggap ada. Yang diindera disini meliputi dapat didengar, dilihat, dicium, dirasakan, diraba. Sedangkan yang diluar itu dikatakan tidak ada, apalagi yang hanya berupa pemikiran saja tanpa ada bukti fisik yang jelas.

    ReplyDelete
  39. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Berdasarkan beberapa sumber, nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat yang muncul pada abad pertengahan atau sejak abad ke-12.Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina)yang disusun oleh akal budi sebagai tanda belaka. Ini artinya, nominalisme berkebalikan dengan realisme. Jika realisme condong kepada kenyataan yang ada, nominalisme malah sebaliknya, tidak percaya pada kenyataan apapun. Sebenarnya, kata-kata atau kalimat yang merupakan hasil pemikiran manusia bisa menjadi kenyataan jika didukung dengan bukti-bukti yang ada. Akan tetapi, jika tidak ada bukti yang mendukung maka sesuatu tersebut dapat diragukan.

    ReplyDelete
  40. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Beberapa pengertian nominalisme ialah sebagai berikut:
    1. Teori bahwa hal-hal tidak mempunyai esensi
    2. Definisi-definisi dan bahasa-bahasa tida menunjuk hal-hal, melainkan berhubungan dengan nama-nama atau istuila yang kita berikan pada hal-ha itu
    3. Semua istila uuniversal hanya merupakan nama-nama fiksional (simbol yang dibuat-buat) dan tida mempunyai eksistensi objektif dan real yang berkaitan dengannya
    Artinya, segala sesuatu yang kita ketahui tentang nama-nama, istilah, atau penjelasan dan definisi yang ada hanyala sebuah nama yang diberikan oleh manusia dan disepakati bersama. Bukan murni merupakan wujud dari hal-ha yang sesungguhnya ada.

    ReplyDelete
  41. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Nominalisme dan realisme adalah dua aliran dalam filsafat yang berbeda atau bertolak belakang. Dari berbagai literatur dicontohkan perbedaan tersebut menyangkut hakikat dari suatu masalah (fenomena) terutama realita sosial yang diselidiki antara lain apakah realitas itu merupakan sesuatu yang obyektif atau subyektif (hasil pemikiran seseorang). Penganut nominalis beranggapan bahwa masalah sosial itu merupakan sesuatu dari hasil pemikiran seseorang (subyektif) sebagai contoh nama benda atau nama orang merupakan kreasi seseorang untuk mendiskripsikan sesuatu

    ReplyDelete
  42. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Secara metafisik, nominalisme adalah pandangan filsafat yang menyangkal keberadaan benda universal dan abstrak. Penyangkalan keberadaan universal adalah menyangkal sesuatu yang dapat mencontohkan atau mewakili banyak hal, sedangkan penyangkalan terhadap benda abstrak adalah menyangkal adanya objek yang tidak ada dalam ruang dan waktu. Namun terdapat pandangan lain terhadap nominalisme yang berpendapat bahwa beberapa hal khusus adalah abstrak misalnya angka, sementara yang lainnya adalah konkret yang ada di dalam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  43. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Dalam filsafat kontemporer, nominalisme biasanya didefinisikan sebagai pandangan bahwa tidak ada benda abstrak.
    Terdapat dua versi utama nominalisme . Salah satu versi menyangkal keberadaan universal (hal yang dapat diturunkan atau dicontohkan oleh banyak hal tertentu ) karena hal-hal yang universal tidak mempunyai esensi melainkan hanya definisi-definisi dan bahasa-bahasa pada umumnya yang berhubungan dengan nama-nama atau istilah.

    ReplyDelete
  44. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Nominalisme merupakan gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina) yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  45. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Kenyataan adalah kumpulan rupa benda dan mahluk individual yang sama sekali berbeda karena tidak dapat dirangkum dibawah gagasan umum, sebab yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  46. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Nominalisme adalah pandangan metafisik dalam filsafat yang menurut istilah umum atau abstrak dan predikat ada, sementara universal atau benda abstrak, yang kadang-kadang dianggap sesuai dengan ketentuan-ketentuan ini, tidak ada. Dengan demikian, setidaknya ada dua versi utama dari nominalisme. Satu versi menyangkal keberadaan universal dicontohkan oleh banyak hal-hal tertentu (misalnya kekuatan, kemanusiaan).

    ReplyDelete
  47. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Versi lainnya yang secara khusus menolak keberadaan abstrak benda-benda yang tidak ada dalam ruang dan waktu. Kebanyakan nominalists telah menyatakan bahwa hanya khusus fisik dalam ruang dan waktu yang nyata, dan bahwa universal eksis hanya posting res, yaitu, setelah hal-hal tertentu. Namun, beberapa versi nominalisme terus bahwa beberapa khusus adalah entitas abstrak (misalnya nomor ), sementara yang lain beton entitas-entitas yang memang ada dalam ruang dan waktu (misalnya meja, kursi).

    ReplyDelete
  48. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Paham ini lebih pada anggapan bahwa gagasan itu hanya ada dalam pikiran atau kaal saja. Sehingga paham ini lebih pada gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun karena jika dilihat gagasan itu memang tidak ada realnya di dunia ini.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  49. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Paham nominalisme adalah paham filsafat yang berpandangan bahwa yang menganggap bahwa teorema umum tidak menunjuk pada realita. Dalam kehidupan dunia yang dibenuhi dengan keanekaragaman memang menunjukkan fenomena yang beragam pula. Untuk itu bagaimana bisa dari yang beragam kejadian atau fenomena khusus ini dapat dapat disimpulkan secara umum. Itulah salah satu pandangan dari paham nominalisme. Mereka lebih sepakat terhadap kebenaran itu bersifat khusus pada fenomena-fenomena tertentu saja.

    ReplyDelete
  50. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Paham ini mengungkapkan bahwa kepercayaan kepada benda abstrak dan alam semesta itu tidak ada. Benda-benda abstrak memang sulit untuk didefinisikan, karena sifatnya yang tidak pasti dan tetap. Sedangkan alam semesta itu sifatnya luas. Sulit ditentukan batasannya dan terlalu luas definisinya. Bahasa dinilai sebagai benda abstrak karena sifatnya yang hanya terbatas pada suatu kaum saja dan sifatnya tidak universal.

    ReplyDelete
  51. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Paham ini berpadangan bahwa yang sunguh-sunguh ada hanyalah benda-benda nyata dengan ciri-ciri konkretnya. Menurut paham ini sesuatu hal atau benda akan tampak jika ada bukti realitasnya, karena hal-hal yang bersifat abstrak sulit untuk dilakukan penilaian. Paham ini menilai bahwa hal-hal abstrak itu tidak ada, karena paham ini merupakan pertentangan dari paham realism.

    ReplyDelete