Dec 1, 2012

NOMINALISM

Ass Wr Wb
Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang NOMINALISM, silahkan konek ke:


http://plato.stanford.edu/entries/nominalism-metaphysics/

Wss Wr Wb

Marsigit




23 comments:

  1. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Nominalisme merupakan sebuah aliran yang menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Hal ini berarti bahwa pengertian umum tidak mencerminkan konsep umum, pernyataan umum yang ada tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Berbagai hal diterangkan menurut apa adanya sehingga yang nyata hanyalah yang bersifat individual.

    ReplyDelete
  2. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Menurut KBBI, nominalisme adalah aliran filsafat yang mengajarkan bahwa pengertian umum tidak mencerminkan aspek umum dan aspek yang mempunyai kesamaan tentang eksistensi suatu benda. Penganut nominalis beranggapan bahwa masalah sosial itu merupakan sesuatu dari hasil pemikiran seseorang (subyektif) sebagai contoh nama benda atau nama orang merupakan kreasi seseorang untuk mendiskripsikan sesuatu.

    ReplyDelete
  3. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Nominalisme merupakan suatu aliran yang berpegang hanya pada kata-kata yang disusun dari akan untuk mengatur keanekaragaman individual atau konsep umum yang tidak merujuk pada suatu kenyataan apapun. Segala yang berkaitan dengan universal dilawab karena dianggap tidak memiliki esensi. Nominalisme berpegang bahwa pada asumsi bahwa dunia sosial yang berada di luar alam pikiran seseorang adalah tidak lebih daripada nama-nama, konsep dan label yang digunakan untuk menstrukturkan kenyataan atau ilmu pengetahuan. Jadi, penganut nominalisme menganggap bahwa masalah atau interaksi sosial itu merupakan sesuatu dari hasil pemikiran seseorang sebagai contoh nama benda atau nama orang merupakan kreasi seseorang untuk mendeskripsikan sesuatu atau mempunyai arti tertentu dalam setiap nama yang disusun oleh manusia.

    ReplyDelete
  4. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Nominalisme datang dalam dua varietas yaitu penolakan terhadap objek abstrak dan penolakan universal. Kedua varietas Nominalisme bersifat independen satu sama lain dan dapat dipegang secara konsisten tanpa yang lain. Tetapi Nominalisme bukan hanya penolakan universal atau objek abstrak. Karena jika itu kasusnya, seorang nihilis, seseorang yang percaya bahwa tidak ada entitas sama sekali, akan dihitung sebagai nominalis. Demikian pula, seseorang yang menolak universal atau objek abstrak tetapi agnostik tentang keberadaan benda-benda konkret atau konkret akan dianggap sebagai nominalis. Mengingat bagaimana istilah 'Nominalisme' digunakan dalam filsafat kontemporer, para filsuf seperti itu tidak akan menjadi nominalis.
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  5. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Nominalisme merupakan paham yang menyangkal sifat universal dimana sebuah keabstrakan tidak diakui dalam paham tersebut. Kaum normalism yang sebenar-benarnya ada hanyalah benda-benda individual dengan cirri individualnya. Paham ini memiliki kecondongan dengan paham materialism dimana mengakui keberadaan suatu benda berdasarkan indera-indera.

    ReplyDelete
  6. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, nominalism adalah anggapan seseorang tentang gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja yang disusun oleh akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Nah contohnya yaitu seseorang yang berfikir bahwa nama benda atau nama orang merupakan kreasi seseorang untuk mendeskripsikan sesuatu.

    ReplyDelete
  7. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Nominalism adalah suatu paham filosofis yang menentang adanya benda abstrak dan universal (secara metafisik). Adapun nominalism dibagi menjadi dua jenis ataupun versi. Jenis pertama menyangkal keberadaan sifat universal dimana hal ini dapat dicontohkan dari beberapa hal. Jenis kedua adalah penyangkalan terhadap objek abstrak.

    ReplyDelete
  8. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Nominalisme berarti aliran filsafat yang mengajarkan bahwa pengertian umum tidak mencerminkan aspek umum dan aspek yang mempunyai kesamaan tentang eksistensi suatu benda. Penganut nominalis beranggapan bahwa masalah sosial itu merupakan sesuatu dari hasil pemikiran seseorang yang bersifat subyektif.

    ReplyDelete
  9. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Nominalisme adalah aliran yang menganggap bahwa gagasan hanya kata-kata saja yang disusun oleh pikiran yang tidak menunjuk pada kenyataan apapun. Hal yang umum berbeda dengan pernyataan umum. Kenyataan merupakan sekumpulan benda dan mahluk individual yang berbeda karena tidak dapat dirangkum di dalam pernyataan umum, pernyataan yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas/kenyataan

    ReplyDelete
  10. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Nominalisme memiliki arti sebagai kata benda “nomina” yang dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Selain itu, dalam filsafat, nominalisme berarti suatu aliran yang mengajarkan bahwa pengertian umum tidak mencerminkan aspek umum dan aspek yang mempunyai kesamaan tentang eksistensi suatu benda.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  11. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Nominalisme merupakan salah satu aliran filsafat dan teologi yang muncul pada abad pertengahan. Aliran ini menganggap bahwa suatu gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, sehingga gagasan tersebut hanya dalam bentuk kata-kata saja yang disusun oleh akal pikiran sebagai tanda untuk mengatur keanekaragaman individu. Seperti pada pernyataan umum bahwa hanya indiduallah yang nyata. Karena setiap individu tidak dapat dirangkum dalam suatu gagasan umum, karena yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Melalui Ockham dan Gabriel Biel, aliran nominalisme ini mempengaruhi Martin Luther dan positivisme modern yang menolak hak asasi sebagai asasi walau bukan sebagai pemberian pemerintah.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  12. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Nominalisme adalah salah satu aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan atau sejak abad ke-12. Nominalism berasalh dari bahasa Latin yaitu nomina. Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Terdapat pernyataan umum dalam aliran ini, yakni tetapi bukan hal yang umum. Hanya yang individual-lah yang nyata. Kenyataan berupa benda atau makhluk individual adalah berbeda karena tidak dapat dirangkum dalam gagasan umum, sedangkan gagasan umum tidak termasuk dalam suatu realitas.

    ReplyDelete
  13. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Nominalisme merupakan aliran filsafat yang berkembang pada abad pertengahan dan mengajarkan bahwa nama-nama benda, meskipun berguna untuk mengklasifikasian tetepi tidka sah untuk menggambarkan realitas. Nominalisme menampilkan pandangan minima berkenaan dengan problem universalia (paham-paham universal) yang menyatakan bahwa unversalia bukanlah entitas-entitas real, entah dalam dunia ataupun pikiran tetapi hanya nama-nama yang menunjuk kelompok atau kelas hal-hal individual.

    ReplyDelete
  14. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Menurut wikipedia, Aliran nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina)yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Nominalism berarti penolakan terhadap sesuatu yang abtrak dan universal.

    ReplyDelete
  15. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    nominalisme ini menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya kata-kata saja(dalam bahasa Latin nomina)yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. nominalisme ini mempengaruhi Martin Luther dan positivisme modern yang menolak hak asasi sebagai asasi walau bukan sebagai pemberian pemerintah. Terimakasih

    ReplyDelete
  16. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Nominalism adalah aliran yang menganggap bahwa gagasan ataupun konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apapun, maka gagasan hanya sekedar kata-kata saja yang disusun akal budi sebagai tanda mengatur keanekaragaman individual. Melalui Ockham dan gabriel Biel, aliran nominalism ini mempengaruhi Marthin Luther dan positivism modern yang menolak hak asasi sebagai asasi walau bkan sebagai pemberian pemerintah.

    ReplyDelete
  17. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Ada berbagai bentuk nominalisme mulai dari yang ekstrem hingga yang hampir realis. Kritik utama dari pandangan ini adalah bahwa itu tidak memberikan solusi yang memadai untuk masalah universal. Gagal memberikan penjelasan tentang apa yang membuatnya menjadi masalah bahwa sekelompok barang menjamin memiliki predikat yang sama untuk mereka.

    ReplyDelete
  18. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Nominalisme dalam filsafat dapat dimakanai sebagai anti tesis dari realisme. Nominalisme sendiri terdiri dari dua tesis utama yaitu penolakan terhadap sesuatu yang bersifat universal dan penolakan terhadap objek-objek abstrak. Dalam pandangan nominalisme, realitas di luar diri manusia tidak lebih dari struktur yang tersusun dari nama, konsep, dan label belaka. Struktur realita tersebut baru dapat dimaknai sebagai sesuatu yang benar-benar ada setelah diinterpretasi dan diberi makna oleh manusia.

    ReplyDelete
  19. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Menurut KBBI, nominalisme adalah aliran filsafat yang mengajarkan bahwa pengertian umum tidak mencerminkan aspek umum dan aspek yang mempunyai kesamaan tentang eksistensi suatu benda. Nominalisme muncul sebagai reaksi terhadap masalah universal. Penganut nominalisme beranggapan bahwa masalah sosial merupakan hasil pemikiran seseorang (subyektif), sebagai contoh nama orang atau nama benda merupakan kreasi seseorang untuk mendiskripsikan sesuatu. Selain itu,, nominalisme dapat digunakan untuk mendefinikan suatu benda yang ada dalam pikiran dan menghasilkan pemaknaan terhadap objek pikiran tersebut.

    ReplyDelete
  20. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Nominalism dalam filsafat ada dua yaitu yang pertama adalah pandangan yang menyatakan bahwa nominalism merupakan Penolakan terhadap suatu yang abstrak. Sedangkan yang kedua adalah pandangan yang menyatakan bahwa Nominalism merupakan Penolakan terhadap suatu yang universal.

    ReplyDelete
  21. Zuari Anzar
    19701251006
    S2 PEP A 2019

    Nominalism adalah suatu aliran filsafat yang menyatakan bahwa tidak ada eksistensi abstrak yang sungguh-sungguh objektif. Dalam konsep universal aliran ini hanya percaya pada fakta-fakta khusus, ada dua pemikiran yang mereka mungkin diterapkan mengenai pertanyaan tentang dugaan keberadaan dari dugaan entitas universal seperti sifat dan hubungannya. pemikiran pertama adalah dengan menolak keberadaan entitas tersebut. Pemikiran lain adalah dengan menerima bahwa entitas tersebut ada tapi untuk menyangkal bahwa mereka adalah universal.

    ReplyDelete
  22. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Nominalisme, berasal dari kata Latin nominalis yang berarti "atau berkaitan dengan nama-nama", adalah teori ontologis bahwa realitas hanya terdiri dari barang-barang tertentu. Ini menyangkal keberadaan nyata dari entitas umum seperti properti, spesies, universal, set, atau kategori lainnya. Hanya hal-hal yang konkret atau individual (atau mungkin keduanya) yang ada. Sebagaimana nominalisme adalah pandangan filosofis yang muncul setidaknya dalam dua pandangan. Di salah satu dari mereka itu adalah penolakan terhadap objek-objek abstrak, yang lain adalah penolakan terhadap hal-hal universal.

    ReplyDelete