Dec 2, 2012

IDEALISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang IDEALISM, silahkan konek:





Wss Wr Wb
Marsigit

39 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Pada filsafat modern, pandangan ini mula-mula kelihatan pada George Berkeley (1685-1753) yang menyatakan bahwa hakekat objek-objek fisik adalah idea-idea. Idealisme berasal dari kata idea yang berarti sesuatu yang hadir dalam jiwa dan isme yang berarti paham/ pemikiran. Sehingga, idealisme adalah doktrin yang mengajarkan bahwa hakekat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kebergantungannya pada jiwa (mind) dan spirit (roh). Keyakinan merupakan teori yang dikembangkan oleh Plato.Idealisme menekankan pada hal-hal bersifat ide, dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik. Realitas sendiri dijelaskan dengan gejala-gejala psikis, roh, budi, diri, pikiran mutlak, bukan berkenaan dengan materi. Dalam idealisme terbagi dua realitas yaitu yang tampak, apa yang kita alami setiap hari,yang mengakami perubahan, dimana ada dua kutub yang saling berlawanan; dan alam realitas, merupakan alam yang ideal, sejati dan murni dan adanya keteraturan.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Idealisme merupakan paham yang timbul dari pikiran atau ide yang mengarah pada hal-hal yang bersifat ideal. Idealisme menyatakan hal-hal yang berkaitan dengan ide-ide tentang realitas kehidupan yang berkenaan dengan pemikiran-pemikiran tertentu.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Idealisme adalah sebuah istilah yang digunakan pertama kali dalam dunia filsafat oleh Leibniz pada awal abad 18. Ia menerapkan istilah ini pada pemikiran Plato, seraya memperlawankan dengan materialisme Epikuros. Istilah Idealisme adalah aliran filsafat yang memandang yang mental dan ideasional sebagai kunci ke hakikat realitas. Dari abad 17 sampai permulaan abad 20 istilah ini banyak dipakai dalam pengklarifikasian filsafat. Idealisme berasal dari kata ide yang artinya adalah dunia di dalam jiwa (Plato), jadi pandangan ini lebih menekankan hal-hal bersifat ide, dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik. Realitas sendiri dijelaskan dengan gejala-gejala psikis, roh, budi, diri, pikiran mutlak, bukan berkenaan dengan materi.

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Idealisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan yang berpaham bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide. Semua bentuk realita adalah manifestasi dalam ide. Karena pandangannya yang idealis itulah idealisme sering disebut sebagai lawan dari aliran realisme. Idealisme menganggap, bahwa yang konkret hanyalah bayang-bayang, yang terdapat dalam akal pikiran manusia. Tetapi, aliran ini justru muncul atas feed back realisme yang menganggap realitas sebagai kebenaran tertinggi.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Idealisme di ambil dari kata idea, yakni sesuatu yang hadir dalam jiwa. Idealisme juga didefinisikan sebagai suatu ajaran atau faham yang menggangap bahwa realitas ini terdiri atas ruh-ruh atau jiwa, ide-ide dan pikiran atau yang sejenis degan itu. Idealisme adalah suatu aliran yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami kaitanya dengan jiwa dan ruh. Sehingga sumber pengetahuan yang ada harus di sertai dengan adanya jiwa dan ruh.

    ReplyDelete
  6. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Idealisme adalah sebuah istilah yang digunakan pertama kali dalam dunia filsafat oleh Leibniz pada awal abad 18. ia menerapkan istilah ini pada pemikiran Plato, seraya memperlawankan dengan materialisme Epikuros. Istilah Idealisme adalah aliran filsafat yang memandang yang mental dan ideasional sebagai kunci ke hakikat realitas. Dari abad 17 sampai permulaan abad 20 istilah ini banyak dipakai dalam pengklarifikasian filsafat.
    Idealisme berasal dari kata ide yang artinya adalah dunia di dalam jiwa (Plato), jadi pandangan ini lebih menekankan hal-hal bersifat ide, dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik. Realitas sendiri dijelaskan dengan gejala-gejala psikis, roh, budi, diri, pikiran mutlak, bukan berkenaan dengan materi.
    Pandangan beberapa filsuf mengenai idealism:
    • Fichte memakai nama idealisme subyektif, jadi pandangan-pandangan berasal dari subyek-subyek tertentu, dia menyandarkan keunggulan moral untuk sebuah etika manusia yang ideal. Dia diduga sebagai pendiri idealisme di Jerman.
    • Hegel mengangkat idealisme subyektif dan obyektif untuk menggambarkan tesis dan antitesis secara berturut-turut. Hegel sendiri mengemukakan pandangannya sendiri yang disebut idealisme absolut sebagai sintesis yang lebih tinggi dibanding unsur yang membentuknya (tesis dan antitesis).
    • Kant menyebut pandangannya dengan istilah idealisme transendental atau idealisme kritis. Dalam alternatif ini isi pengalaman langsung tidak dianggap sebagai benda dalam dirinya sendiri, dan ruang dan waktu merupakan forma intuisi kita sendiri. Schelling telah menggunakan istilah idealisme transendental sebagai pengganti idealisme subyektif.

    ReplyDelete
  7. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Idealisme adalah tradisi pemikiran filsafat yang berpandangan bahwa doktrin tentang realitas eksternal tidak dapat dipahami secara terpisah dari kesadaran manusia. Dengan kata lain kategori dan gagasan eksis di dalam ruang kesadaran manusia terlebih dahulu sebelum adanya pengalaman-pengalaman inderawi. Idealisme bisa diartikan sebagai suatu pemikiran, ide, logika manusia yang jujur/murni kearah ideal. Pengertian dan makna Idealisme memang luas. Idealisme itu sangat penting selama dijalankan dengan tidak egois dan arogan.

    ReplyDelete
  8. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Idealisme berasal dari kata ide yang artinya adalah dunia di dalam jiwa (Plato), jadi pandangan ini lebih menekankan hal-hal bersifat ide, dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik.
    Sehingga dalam paham ini segala sesuatu hanya didasarkan pada pemikiran atau ide yang sempurna tanpa melihat atau memperhatikan secara kasat mata atau praktiknya.

    ReplyDelete
  9. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Idealism merupakan realitas atau kenyataan yang dapat kita ketahui secara fundamental. Idealism secara epistemologis sebagai skeptisisme (keragu-raguan) mengenai kemungkinan mengetahui hal yang bersifat independent dalam pikiran manusia. Secara sosiologis, idealism merupakan cara bagaimana gagasan manusia mengenai kepercayaan dan nilai dalam bermasyarakat. Idealisme epistemologis merupakan pandangan bahwa kenyataan hanya bisa diketahui melalui gagasan dan hanya pengalaman psikologis yang bisa ditangkap oleh pikiran.

    ReplyDelete
  10. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Idealisme adalah aliran filsafat yang memandang yang mental dan ideasional sebagai kunci ke hakikat realitas. Sehingga segala sesuatu yang ada berawal dari ide hasil pe,mikiran yang sangat baik.
    Hingga dari ide-ide kemudian baru diarahkan kepada hakikat realitas yang ada. Kunci utamanya merupakan ide.

    ReplyDelete
  11. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://www.britannica.com/topic/idealism , Idealisme, dalam filsafat, segala pandangan yang menekankan peran sentral yang ideal atau spiritual dalam menafsirkan pengalaman. Ini mungkin berpendapat bahwa dunia atau realitas pada dasarnya ada sebagai roh atau kesadaran, bahwa abstraksi dan hukum lebih mendasar dalam kenyataan daripada hal-hal indrawi, atau, setidaknya, bahwa apa pun yang ada dikenal dalam dimensi yang terutama bersifat mental dan gagasan. Jadi, dua bentuk dasar idealisme adalah idealisme metafisik, yang menegaskan idealitas realitas, dan idealisme epistemologis, yang berpendapat bahwa dalam proses pengetahuan, pikiran hanya dapat memahami psikis atau bahwa objeknya dikondisikan oleh persepsi mereka. Dalam metafisikanya, idealisme secara langsung bertentangan dengan materialisme - pandangan bahwa substansi dasar dunia adalah materi dan hal itu diketahui terutama melalui dan sebagai bentuk dan proses material. Dalam epistemologinya, ini bertentangan dengan realisme, yang berpendapat bahwa dalam objek pengetahuan manusia dipahami dan dilihat seperti adanya - di dalam keberadaan mereka di luar dan terlepas dari pikiran.

    ReplyDelete
  12. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Idealisme artinya adalah pandangan filsafat mengenai ide atau gagasan seseorang. Gagasan atau ide adalah hasil dari pikiran-pikiran otak, sehingga tidak bersifat realita. Idealisme bersifat tetap, tidak relatif, tak berubah-ubah karena tidak terikat oleh ruang dan waktu. Seseorang dapat memikirkan ide sebebas mereka tanpa memikirkan kenyataan yang ada. Karena Allah telah memberi kelebihan kepada manusia berupa akal pikir, bahkan manusia dapat berencana setinggi mungkin walaupun belum memiliki pengalaman.

    ReplyDelete
  13. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Aliran idealisme merupakan suatu aliran ilmu filsafat yang mengagungkan jiwa. Menurutnya, cita adalah gambaran asli yang semata-mata bersifat rohani dan jiwa terletak di antara gambaran asli (cita) dengan bayangan dunia yang ditangkap oleh panca indera. Pertemuan antara jiwa dan cita melahirkan suatu angan-angan yaitu dunia idea. Aliran ini memandang serta menganggap bahwa yang nyata hanyalah idea. Idea sendiri selalu tetap atau tidak mengalami perubahan serta penggeseran, yang mengalami gerak tidak dikategorikan idea.Keberadaan idea tidak tampak dalam wujud lahiriah, tetapi gambaran yang asli hanya dapat dipotret oleh jiwa murni. Alam dalam pandangan idealisme adalah gambaran dari dunia idea, sebab posisinya tidak menetap. Sedangkan yang dimaksud dengan idea adalah hakikat murni dan asli. Keberadaannya sangat absolut dan kesempurnaannya sangat mutlak, tidak bisa dijangkau oleh material. Pada kenyataannya, idea digambarkan dengan dunia yang tidak berbentuk demikian jiwa bertempat di dalam dunia yang tidak bertubuh yang dikatakan dunia idea.

    ReplyDelete
  14. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Prinsipnya, aliran idealisme mendasari semua yang ada. Yang nyata di alam ini hanya idea, dunia idea merupakan lapangan rohani dan bentuknya tidak sama dengan alam nyata seperti yang tampak dan tergambar. Sedangkan ruangannya tidak mempunyai batas dan tumpuan yang paling akhir dari idea adalah arche yang merupakan tempat kembali kesempurnaan yang disebut dunia idea dengan Tuhan, arche, sifatnya kekal dan sedikit pun tidak mengalami perubahan.

    ReplyDelete
  15. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Secara epistemologis, idealisme bermanifestasi sebagai skeptisisme tentang kemungkinan mengetahui hal yang independen dari pikiran. Secara sosiologis, idealisme menekankan bagaimana gagasan manusia - terutama kepercayaan dan nilai - bentuk masyarakat. Dalam filsafat, idealisme adalah kelompok filsafat yang menegaskan bahwa realitas, atau kenyataan yang dapat kita ketahui, secara fundamental adalah mental, mental, atau tidak material.
    sedangkan Idealisme absolut adalah filosofi monistik ontologis yang mengembangkan metafisika spekulatif yang komprehensif yang menemukan kesatuan yang inklusif dalam Roh Mutlak (Allah yang tidak pribadi, bukan Pencipta, Hegelian yang rasional).

    ReplyDelete
  16. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Idealisme adalah sebuah istilah yang digunakan pertama kali dalam dunia filsafat oleh Leibniz pada awal abad 18. ia menerapkan istilah ini pada pemikiran Plato, seraya memperlawankan dengan materialisme Epikuros. Istilah Idealisme adalah aliran filsafat yang memandang yang mental dan ideasional sebagai kunci ke hakikat realitas. Dari abad 17 sampai permulaan abad 20 istilah ini banyak dipakai dalam pengklarifikasian filsafat.

    ReplyDelete
  17. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Idealisme berasal dari kata ide yang artinya adalah dunia di dalam jiwa (Plato), jadi pandangan ini lebih menekankan hal-hal bersifat ide, dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik. Realitas sendiri dijelaskan dengan gejala-gejala psikis, roh, budi, diri, pikiran mutlak, bukan berkenaan dengan materi

    ReplyDelete
  18. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    In philosophy, idealism is the group of philosophies which assert that reality, or reality as we can know it, is fundamentally mental, mentally constructed, or otherwise immaterial. Epistemologically, idealism manifests as a skepticism about the possibility of knowing any mind-independent thing. In a sociological sense, idealism emphasizes how human ideas—especially beliefs and values—shape society. As an ontological doctrine, idealism goes further, asserting that all entities are composed of mind or spirit. Idealism thus rejects physicalist and dualist theories that fail to ascribe priority to the mind.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Idealism

    ReplyDelete
  19. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Idealisme dalam filsafat menegaskan bahwa realitas atau kenyataan yang dapat kita ketahui secara fundamental adalah mental atau tidak material. Secara epistemologis, idealisme bermanifestasi sebagai skeptisisme tentang kemungkinan mengetahui hal yang independen dari pikiran. Secara sosiologis, idealisme menekankan bagaimana gagasan manusia - terutama kepercayaan dan nilai - bentuk masyarakat. Sebagai doktrin ontologis, idealisme melangkah lebih jauh, dengan menyatakan bahwa semua entitas terdiri dari pikiran atau jiwa. Jadi dalam hal ini, pikiran atau jiwa mempengaruhi bagaimana seseorang memandang idealisme dalam hidupnya.

    ReplyDelete
  20. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Idealisme adalah sebuah istilah yang digunakan pertama kali dalam dunia filsafat oleh Leibniz pada awal abad 18. Ia menerapkan istilah ini pada pemikiran Plato. Idealisme adalah suatu keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar oleh individu yang bersangkutan dengan bersumber dari pengalaman, pendidikan, kultur budaya dan kebiasaan. Idealisme tumbuh secara perlahan dalam jiwa seseorang, dan termanifestasikan dalam bentuk perilaku, sikap, ide ataupun cara berpikir. Pengaruh idealisme tidak hanya terbatas pada tingkat individu, tapi juga hingga ke tingkat negara. Nilai-nilai idealisme yang mempengaruhi individu contohnya adalah keyakinan mengenai pola hidup, nilai-nilai kebenaran, gaya mengasuh anak, karir dan lain sebagainya. Sedangkan idealisme pada tingkatan negara adalah seperti Ideologi Pancasila, komunisme, liberalisme dan masih banyak lagi. Idealisme adalah sumber perubahan. Perubahan terjadi karena tidak adanya kepuasan terhadap kondisi terkini, perubahan terjadi karena ada “kesalahan” atas suatu hal, perubahan dapat dilakukan hanya bila ada keberanian, dan keberanian untuk melakukan perubahan merupakan implementasi nyata dari idealisme.
    (http://www.kompasiana.com/venomaxus/orang-idealis-vs-orang realistis_55003fa9813311a119fa7349

    ReplyDelete
  21. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Idealisme merupakan aliran filsafat yang meyakini sebuah pandangan bahwa realitas yang dapat diketahui adalah mental atau bukan material. Secara epistemologis, idealisme bermanifestasi sebagai skeptisisme tentang kemungkinan mengetahui hal yang independen dari pikiran. Secara sosiologis, idealisme menekankan bagaimana gagasan manusia terutama kepercayaan dan nilai bentuk masyarakat. Sebagai doktrin ontologis, idealisme melangkah lebih jauh, dengan menyatakan bahwa semua entitas terdiri dari pikiran atau jiwa. Idealisme dengan demikian menolak teori fisikis dan dualis yang gagal menganggap prioritas pada pikiran.

    ReplyDelete
  22. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Idealisme adalah suatu keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar oleh individu yang bersangkutan dengan sumber dari pengalaman, pendidikan, kultur budaya dan kebiasaan. Dalam filsafat, idealisme adalah doktrin yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kebergantungannya pada jiwa (mind) dan roh (spirit). Istilah ini diambil dari kata “idea”, yaitu sesuatu yang hadir dalam jiwa.. Menurut Hegel tema filsafatnya adalah ide mutlak. Oleh karena itu, semua pemikirannya tidak terlepas dari ide mutlak, baik berkenaan dari sistemnya, proses dialektiknya, maupun titik awal dan titik akhir kefilsafatannya. Oleh karena itu pulalah filsafatnya disebut filsafat idealis, suatu filsafat yang menetapkan wujud yang pertama adalah ide.

    ReplyDelete
  23. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Idealism adalah suatu pandangan bahwa semua hal yang ada di dalam pikiran kita. Secara ideal. Secara epistemologis, idealisme bermanifestasi sebagai skeptisisme tentang kemungkinan mengetahui hal yang independen dari pikiran. Secara sosiologis, idealisme menekankan bagaimana gagasan manusia - terutama kepercayaan dan nilai - bentuk masyarakat. Sebagai doktrin ontologis, idealisme melangkah lebih jauh, dengan menyatakan bahwa semua entitas terdiri dari pikiran atau jiwa. Idealisme dengan demikian menolak teori fisikis dan dualism yang gagal menganggap prioritas pada pikiran.(https://en.wikipedia.org/wiki/Idealism)

    ReplyDelete
  24. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Idealisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan yang berpaham bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide. Semua bentuk realita adalah manifestasi dalam ide karena pandangannya yang idealis itulah idealisme sering disebut sebagai lawan dari aliran realisme. Tetapi aliran ini justru muncul atas feed back realisme yang menganggap realitas sebagai kebenaran tertinggi idealisme menganggap bahwa yang konkret hanyalah bayang yang terdapat dalam akal pikiran manusia, kaum idealisme sering menyebutnya dengan ide atau gagasan.

    ReplyDelete
  25. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Istilah Idealisme adalah aliran filsafat yang memandang yang mental dan ideasional sebagai kunci ke hakikat realitas. Idealisme juga merupakan doktrin yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kebergantungannya pada jiwa (mind) dan roh (spirit). Aliran ini memandang serta menganggap bahwa yang nyata hanyalah idea. Idea sendiri selalu tetap atau tidak mengalami perubahan serta penggeseran, yang mengalami gerak tidak dikategorikan idea.

    ReplyDelete
  26. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya memperoleh pemahaman paham filsafat baru yaitu idealism. Dimana paham ini merupakan paham yang menggangap bahwa realitas ini terdiri atas ruh-ruh atau jiwa, ide-ide dan pikiran atau yang sejenis degan itu. Idealism ini jika di implikasikan ke lingkungan masyrakat, rangsangan masyarakat untuk melakukukan aktivitas harus adanya jiwa dan ruh dalam diri seseorang atau masyrakat itu sendiri. Misalnya dalam ranah masyrakat Indonesia yang menginginkan negaranya bersih atau lingkungannya bersih padahal tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya karena masyrakatnya sendiri tidak menyadari pentingnya menjadi lingkungan. Oleh karena masyarakat juga ikut berperan penting dalam mensejahterahkan negaranya.

    ReplyDelete
  27. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dunia terbentu dari luasnya pemikiran manusia. Sangat besar pengaru pikiran manusia, sehingga jika ingin elihat dunia maka kita haru melihat kedala pikiran sendrii. Pengetahuan dan kebenaran berasal dari ide yang bersumber dari pikiran manusia. Ide bisa berkembang membentuk dimensi baru yang berada antara satu orang dan yang lainnya.

    ReplyDelete
  28. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Idealisme merupakan salah satu aliran filsafat pada abad modern yang mempunyai paham bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kaitannya dengan jiwa dan roh. Ada pendapat lain yang mengatakan, idealisme berasal dari bahasa latin idea, yaitu gagasan, ide, isi pikiran, dan buah mental. Terdapat aliran filsafat yang beranggapan, yang ada yang sesungguhnya adalah yang ada dalam budi, yang hadir dalam mental. Karena hanya yang berbeda secara demikian yang sempurna, utuh, tetap, tidak berubah dan jelas. Itu semua adalah idealisme. Pada intinya, Idealisme adalah suatu penekanan pada realitas ide-gagasan, pemikiran, akal-pikir atau kedirian daripada sebagai suatu penekanan pada objek-objek dan daya-daya material. Tokoh-tokoh dalam idealisme diantaranya yaitu: Rene Descartes (1596-1650), George Berkeley (1685-1753), Immanuel Kant (1724-1804), F. W. S. Schelling (1775-1854), dan George W. F. Hegel (1770-1831).

    ReplyDelete
  29. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Idealisme merupakan paham yang timbul dari pikiran atau ide yang mengarah pada hal-hal yang bersifat ideal. Istilah ini diambil dari kata “idea”, yaitu sesuatu yang hadir dalam pikiran. Salah satu filsuf yang terkenal tentang ini adalah Hegel. Menurut Hegel tema filsafatnya adalah ide mutlak. Oleh karena itu, semua pemikirannya tidak terlepas dari ide mutlak, baik berkenaan dari sistemnya, proses dialektiknya, maupun titik awal dan titik akhir kefilsafatannya. Oleh karena itu pulalah filsafatnya disebut filsafat idealis, suatu filsafat yang menetapkan wujud yang pertama adalah ide.

    ReplyDelete
  30. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kata "idealisme" memiliki lebih dari satu makna. (Misalnya, itu bisa berarti memikirkan hal-hal atau orang-orang yang memiliki kualitas terbaik atau paling sempurna).
    Dalam salah satu artikel juga dijelaskan mengenai idealisme absolut. Idealisme absolut adalah filosofi monistik ontologis yang dikaitkan dengan G.W.F. Hegel. Hegel mengembangkan metafisika spekulatif yang komprehensif yang menemukan kesatuan menyeluruh dalam Roh Mutlak. Hegel berpendapat bahwa Roh Mutlak mengungkapkan dirinya sebagai sejarah, yang mencakup semua peristiwa dan fenomena alam, sosial, dan sejarah.

    ReplyDelete
  31. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Idealisme berasal dari kata ide yang berarti gagasan, pokok pikiran, ataupun dunia di dalam jiwa seperti yang diungkapkan Plato. Idealisme adalah suatu paham yang menekankan pada hal-hal yang bersifat ide dan merendahkan hal-hal yang bersifat materi atau fisik. Idealism memang sangat dibutuhkan manusia sebagai motivasi untuk terus melakukan perbaikan dalam kehidupannya sehingga sesuai dengan apa yang menurut mereka ideal. Tetapi orang yang terlalu idealis akan mengalami kekecewaan yang sangat ketika apa yang dia inginkan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Sehingga ketika bersikap idealis, maka kita juga harus mengimbanginya dengan realis. Bermimpi untuk menjadi sempurna itu bagus, dapat digunakan sebagai motivasi, tetapi alangkah baiknya jika disesuaikan dengan kenyataan-kenyataan yang ada.

    ReplyDelete
  32. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Idealisme dalam filsafat adalah kelompok filosofi yang menyatakan bahwa realitas atau kenyataan seperti yang kita bisa ketahui, secara fundamental dibangun dalam mental atau material. Idealisme dalam arti sosiologis menekankan ide, terutama bagaimana keyakinan manusia dan bentuk nilai masyarakat. Idealisme Platonik menegaskan bahwa abstraksi yang lebih mendasar pada kenyataan daripada hal-hal yang kita rasakan, sementara idealis subjektif dan phenomenalists cenderung keistimewaan pengalaman indrawi lebih dari penalaran abstrak.

    ReplyDelete
  33. Agus Cahyanto
    14301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Idealisme berasal dari kata ide yang memiliki arti sesuatu yang hadir dalam jiwa. Sehingga idealisme adalah suatu aliran yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kaitannya dengan jiwa dan roh.

    ReplyDelete
  34. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Idealisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan yang berpaham bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide. Aliran idealisme mengedepankan akal pikiran manusia. Sehingga sesuatu itu bisa terwujud atas dasar pemikiran manusia.

    ReplyDelete
  35. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Idealisme merupakan salah satu bagian dari filsafat pendidikan. Idealisme sangat dibutuhkan oleh manusia, tetapi ketika hal itu berlebihan maka akan menimbulkan kekecewaan yang sangat tinggi pula. Maka terlalu idealis pun dirasa kurang baik.

    ReplyDelete
  36. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Idealisme adalah pandangan filosofis yang menunjukkan bahwa dunia entah bagaimana dibentuk oleh pikiran. Ada beberapa varian idealisme. Intinya, bagaimanapun, idealisme menyiratkan keunggulan gagasan. Ini mungkin merupakan gagasan spiritual atau ilahi atau gagasan konstitutif tentang kesadaran manusia. Idealisme sebagai posisi filosofis harus dikontraskan dengan istilah idealis yang memiliki sejumlah makna polemik yang tumpang tindih. Idealisme dikembangkan di Jerman pada abad 18 dan 19 awal. Hal ini biasanya dilihat sebagai salah satu dari dua rute yang diambil oleh filsafat dalam mencoba untuk mendamaikan dualisme rasionalisme Cartesian. Rute lainnya adalah materialisme, dan idealisme sering dikontraskan dengannya.

    ReplyDelete
  37. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Idealisme adalah aliran filsafat yang memandang yang mental dan ideasional dijadikan sebagai kunci ke hakikat realitas. Idealisme berasal dari kata ide yang artinya adalah dunia di dalam jiwa (Plato), jadi pandangan ini lebih menekankan hal-hal bersifat ide, dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik.

    ReplyDelete
  38. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Idealisme adalah suatu aliran yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami kaitanya dengan jiwa dan ruh. Sehingga sumber pengetahuan yang ada harus di sertai dengan adanya jiwa dan ruh. Menurut Arsitoteles faham ini memberikan sifat keruhanian dengan ajarannya yang menggambarkan alam ide sebagai sesuatu tenaga yang berada dalam benda-benda dan menjalankan pengaruh dari benda itu Aliran ini merupakan aliran yang sangat penting dalam perkembangan sejarah pemikiran manusia. Dan dapat di katakan sepanjang masa tidak pernah faham idealism hilang sama sekali.

    ReplyDelete
  39. Idealisme adalah salah satu aliran berpaham bahwa terdapat dunia yang sempurna tentang benda benda yang ada didunia yaitu dunia ide. Bahwa ada lingkaran yang sempurna, ada manusia yang sempurna. Dan benda yang sempurna tersebut berada pada dunia ide. Semua bentuk realita adalah manifestasi dalam ide. Idealisme menganggap, bahwa yang konkret hanyalah bayang-bayang, yang terdapat dalam akal pikiran manusia. Karena pandangannya yang idealis itulah idealisme sering disebut sebagai lawan dari aliran realisme. Tetapi, aliran ini muncul juga sebagai lawan dari realisme yang menganggap realitas atau kenyataan sebagai kebenaran tertinggi.

    ReplyDelete