Dec 2, 2012

IDEALISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang IDEALISM, silahkan konek:





Wss Wr Wb
Marsigit

38 comments:

  1. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Idealisme merupakan pandangan yang menganggap bahwa akal dan spiritualitas merupakan hal yang fundamental yang ada di dunia ini. Idealisme umumnya memandang ide berkedudukan primer, sedangkan materi sekunder. Secara garis besar Idealisme mempunyai dua aliran, yaitu idealisme subjektif dan idealisme objektif. Idealis subyektif adalah pandangan idealis yang bertitik tolak pada ide manusia atau ide sendiri, sedangkan idealisme objektif adalah pandangan idealis yang bertitik tolak pada ide di luar ide manusia.

    ReplyDelete
  2. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Idealisme adalah suatu keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar oleh individu yang bersangkutan dengan bersumber dari pengalaman, pendidikan, kultur budaya dan kebiasaan. Idealisme tumbuh secara perlahan dalam jiwa seseorang, dan termanifestasikan dalam bentuk perilaku, sikap, ide ataupun cara berpikir. Seseorang yang idealis mengandalkan pemahaman pada visi yang jelas. Diaa juga bersikap seperti itu, karena memiliki keyakinan yang kokoh atas persoalan yang sedang ditangani atau yang akan ditanamkan pengaruhnya. Dengan landasan sikap seperti itu, seseorang yang idealis sering menjadi tidak dapat mengendalikan komitmen atas masalah atau gagasan bersama karena sudah tercampur dengan keyakinannya sendiri. Seorang idealis juga memiliki suatu pengaruh positif, karena dia dapat memperlihatkan antusiasme dan keyakinan penuh melalui keterlibatan secara emosional atas visi yang sedang dituju dan seringkali mendorong orang lain untuk mencapai visi itu bersama

    ReplyDelete
  3. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Berdasarkan bacaan, saya memahami bahwa idealiasme brusaha memberikan penjelasan bahwa kenyataan dapat dipahami secara fundamental dengan berpatokan pada suatu keraguan tentang suatu masalah yang ada dalam pikiran.Khant adalah orang yang pertama kali mengagas konsep idealisme dengan tujuan menjembatani dua paham di abad ke dalapan belas yaitu paham rasionalisme dan paham empirisme.Khant mencoba menenagkan kedua paham ini dengan memberikan solusi melalui filsafat kritisnya.

    ReplyDelete
  4. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Idealisme merupakan salah satu aliran filsafat yang pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide ataupun gagasan. Dalam pandangan ini diketahui bahwa segala sesuatu yang dilakukan manusia tidak harus berkaitan dengan lahiriyah, namun harus berdasarkan prinsip idea. Oleh karenanya, pandangan filsafat ini sangat mementingkan perasaan dan fantasi manusia sebagai sumber pengetahuan. Terima Kasih
    .

    ReplyDelete
  5. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Berdasarkan referensi yang direkommendasikan, Idealisme adalah kelompok filsafat yang menegaskan bahwa realitas, atau kenyataan sebagaimana manusia dapat mengetahuinya, pada dasarnya bersifat mental, mental, atau tidak penting. Secara epistemologis, idealisme bermanifestasi sebagai skeptisisme tentang kemungkinan mengetahui hal yang independen dari pikiran.

    ReplyDelete
  6. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017
    Berdasarkan sumber lainnya, menyatakan bahwa Idealisme absolut adalah filosofi monistik ontologis yang dikaitkan dengan G.W.F. Hegel. Hegel mengembangkan metafisika spekulatif yang komprehensif yang menemukan kesatuan yang inklusif dalam Roh Mutlak (Allah yang tidak pribadi, bukan Pencipta, Hegelian). Hegel berpendapat bahwa Roh Mutlak mengungkapkan dirinya sebagai sejarah, yang mencakup semua peristiwa dan fenomena alam, sosial, dan sejarah. Karena idealisme Hegel didasarkan pada gagasan tentang Roh Mutlak, idealismenya disebut "Idealisme Mutlak."

    ReplyDelete
  7. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa idealisme adalah bagian dari filsafat yang menyatakan bahwa realitas/kebenaran adalah bersifat mental secara fundamental, dibangun secara mental dan jika tidak begitu maka realitas tersebut tidak ada (immaterial). Menurut paham ini, kesadaran harus ada sebelum dan merupakan prasyarat dari fenomena material. Kesadaran menciptakan serta menentukan material dan bukan sebaliknya.

    ReplyDelete
  8. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan sumber yang saya baca, ternyata selama ini ada hal-hal yang perlu diperbaiki mengenai pandangan saya tentang idealism. Selama ini, penjabaran mengenai idealisme sering kali tersalah artikan oleh masyarakat awam yaitu mengenai keinginan untuk membentuk sesuatu yang ideal. Jika ditilik dari segi bahasa berdasarkan pemahaman masyarakat sesungguhnya memang dapat dirasa benar, karena dengan penjabaran secara lintas pendek mengenai idealisme adalah sebuah pandangan pemahaman dunia/kenyataan berasal dari ide, atau dibentuk oleh ide, dan dari kata dasaran kata ide tersebut maka agar dapat dijadikan kata yang menjadi istilah seharusnya ideisme, tetapi karena sepertinya tidak memunculkan makna yang dapat dirasa maka tetap menjadi idealisme.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  9. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Idealisme adalah suatu keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar oleh individu yang bersangkutan dengan bersumber dari pengalaman, pendidikan, kultur budaya dan kebiasaan. Idealisme tumbuh secara perlahan dalam jiwa seseorang dan termanifestasikan dalam bentuk perilaku, sikap, ide ataupun cara berpikir. Pengaruh idealisme tidak hanya terbatas pada tingkat individu, tapi juga hingga ke tingkat negara. Nilai-nilai idealisme yang mempengaruhi individu contohnya adalah keyakinan mengenai pola hidup, nilai-nilai kebenaran, gaya mengasuh anak, karir dan lain sebagainya. Sedangkan idealisme pada tingkatan negara adalah seperti Ideologi Pancasila, komunisme, liberalism dan masih banyak lagi.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  10. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas dapat saya pahami bahwa Idealisme menurut plato adalah dunia didalam jiwa. Maksudnya adalah gambaran asli (cita) dalam lingkup rohani (mental) dan fikiran yang ketika digabungkan dengan jiwa akan menghasilkan angan-angan berupa ide. Paham idealisme ini memandang bahwa jiwa dan cita bisa menuntun manusia untuk hidup lebih realistis. Sehingga dalam kehidupan bermasyarakat, manusia yang memiliki idealisme kuat serta dibarengi dengan kebijaksanaan mereka akan mendapatkan kehidupan yang layak sesuai dengan apa yang telah mereka cita-citakan. Pandangan ini mengajak kita sebagai manusia untuk berfikir lebih realistis, dan berusaha untuk mewujudkan angan-angan tersebut menjadi kenyataan jangan hanya diam dan menunggu mati. Bermimpi, berusaha, dan berdoa dengan keyakinan yang kuat agar apa yang kita cita-citakan menjadi kenyataan.Idealisme merupakan salah satu aliran filsafat ilmu yang memandang sesuatu berdasarkan alam kejiwaan individu seperti masalah psikologis, estetika, etika serta nilai-nilai yang dapat dipandang dari aspek emosional dan kejiwaan. Paham ini tidak memandang sesuatu hanya berdasarkan material namun mengutamakan emosional dan kejiwaan. Setiap pandangan ini menekankan peran sentral yang ideal atau spiritual dalam penafsiran pengalaman.

    ReplyDelete
  11. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.Berikut refleksi saya setelah membaca referensi yang Prof. Marsigit berikan. Idealisme menekankan pada hal-hal bersifat ide, dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik. Realitas sendiri dijelaskan dengan gejala-gejala psikis, roh, budi, diri, pikiran mutlak, bukan berkenaan dengan materi. Dalam idealisme terbagi dua realitas yaitu yang tampak, apa yang kita alami setiap hari,yang mengakami perubahan, dimana ada dua kutub yang saling berlawanan; dan alam realitas, merupakan alam yang ideal, sejati dan murni dan adanya keteraturan. Mohon dikoreksi apabila terdapat kesalahan. Terimakasih, Wassalamu’alaikum

    ReplyDelete
  12. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Dari sumber yang saya baca, paham idealisme menegaskan keutamaan kesadaran sebagai asal mula dan prasyarat fenomena material. Dalam paham idealisme, kesadaran dan pikiran menjadi asal mula dunia material dan bertujuan untuk menjelaskan dunia yang ada sesuai dengan prinsip-prinsip ini. Paham idealisme ini ada di langit, dimana paham idealisme lebih mengutamakan pikiran untuk menjelaskan berbagai hal.

    ReplyDelete
  13. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Idealism merupakan suatu aliran yang mempunyai pemahaman bahwa semua isi dunia itu relatif terhadap pikiran manusia. Apa yang dipikirkan oleh manusia dapat berpengaruh terhadap sekitar. Satu-satunya hal yang pasti di dunia ini adalah keberadaan seseorang itu sendiri. Idealism untuk diri pribadi bisa saja baik, namun terkadang belum tentu juga bisa diterima oleh sekitarnya.

    ReplyDelete
  14. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Dari referensi tersebut dapat saya simpulkan bahwa dalam filsafat, idealisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan yang berpaham bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide. Semua bentuk realita adalah manifestasi dalam ide. Idealisme merupakan lawan dari aliran realisme. Secara epistemologis, idealisme bermanifestasi sebagai skeptisisme tentang kemungkinan mengetahui hal yang independen dari pikiran.

    ReplyDelete
  15. Junianto
    PM C

    Idealisme adalah aliran filsafat yang memandang yang mental dan ideasional sebagai kunci ke hakikat realitas. Ada juga yang mengatakan bahwa idealisme adalah suatu keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar oleh individu yang bersangkutan dengan bersumber dari pengalaman, pendidikan, kultur budaya dan kebiasaan. Kemudian bisa saya pahami bahwa pada intinya ide dan pengalaman menjadi hal yang mendasar dalam menentukan sebuah realitas yang ada.

    ReplyDelete
  16. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Secara epistemologis, idealism dapat diartikan sebagai skeptisisme tentang kemungkinan mengetahui hal yang independen dari pikiran. Sedangkan dalam filsafat, idealisme adalah kelompok filsafat yang menegaskan bahwa realitas, atau kenyataan pada dasarnya bersifat mental, dibangun secara mental, atau tidak penting. Idealisme berasal dari kata ide yang artinya adalah dunia di dalam jiwa (Plato), jadi pandangan ini lebih menekankan hal-hal bersifat ide, dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik. Realitas sendiri dijelaskan dengan gejala-gejala psikis, roh, budi, diri, pikiran mutlak, bukan berkenaan dengan materi.

    ReplyDelete
  17. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Idealism berarti paham yang berpusat pada ideal. Dimana ideal itu berasal dari manusia atau pikiran. Sangat mementingkan eksistensi akal pikiran manusia sebab pikiran manusia yang menjadi sumber ide. Ungkapan terkenal dari aliran ini adalah “segala yang ada hanyalah yang tiada” sebab yang ada itu hanyalah gambaran/perwujudan dari alam pikiran (bersifat tiruan). Sebaik apapun tiruan tidak akan seindah aslinya (yaitu ide). Jadi yang baik itu hanya apa yang ada di dalam ide itu sendiri. Maksud dari ini yaitu alam atau dunia atas, atau dunia teori yang hanya ada di pikiran manusia.

    ReplyDelete
  18. Latifah Fitriasari
    PM C

    Idealisme adalah sistem filsafat yang menekankan pentingnya keunggulan pikiran (mind), roh (soul) atau jiwa (spirit) dari pada hal-hal yang bersifat kebendaan atau material. Idealisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan yang berpaham bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide. Hal itu serupa dengan pernyataan bahwa aliran filsafat yang memandang yang mental dan ideasional sebagai kunci pandangan hidup.

    ReplyDelete
  19. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Dalam filsafat, idealisme adalah kelompok filosofi yang menyatakan bahwa realitas, atau kenyataan, secara fundamental mental, mental dibangun, atau immaterial. Epistemologis, idealisme bermanifestasi sebagai skeptisisme tentang kemungkinan mengetahui setiap pikiran-independen. Sebagai doktrin ontologis, idealisme lebih jauh, menegaskan bahwa semua entitas terdiri dari pikiran atau jiwa.

    ReplyDelete
  20. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Dalam filsafat, idealisme adalah kelompok filsafat yang menegaskan bahwa realitas, atau kenyataan sebagaimana manusia dapat mengetahuinya, pada dasarnya bersifat mental dan dibangun secara mental. Idealisme juga dapat dikatakan sebagai bentuk ideal yang diinginkan seseorang. Misalnya, proses pembelajaran matematika di sekolah idealnya dilakukan agar siswa mengkonstruk pengetahuannya. Akan tetapi, kenyataannya semuanya tidak berjjalan sesuai idealisme yang diinginkan.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Idealism adalah segala pandangan yang menekankan peran sentral yang ideal atau spiritual dalam menafsirkan pengalaman. Idealism menegaskan keutamaan kesadaran sebagai asal mula dan prasyarat fenomena material, dimana idealism percaya bahwa kesadaran dan pikiran menjadi asal mula dunia material dan bertujuan untuk menjelaskan dunia yang ada sesuai dengan prinsip-prinsip ini.
    Teori idealism terbagi dalam dua kelompok. Subjective idealism yaitu mengakui keunggulan kesadaran manusia dan percaya bahwa dunia yang ada adalah gabungan dari sensasi. Objective idealism mengakui keutamaan kesadaran obyektif yang ada sebelumnya dan dalam beberapa hal tidak tergantung pada manusia.

    ReplyDelete
  23. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Pada dsarnya, jika kita mendengat kata idealisme, maka kita akan secara reflek, bagi yang pernah menggunakan kata ideal, paham namun tidak mengerti arti sesungguhnya itu apa. Idealisme memiliki kata dasar ide yang artinya menurut Plato adalah dunia di dalam jiwa. Pandangan ini sering kali memandang bahwa sesuatu hal yang bersifat materi atau fisik itu rendah, namun sesuatu yang bersifat ide atau non-materi itulah yang mereka tekankan. Sehingga dalam paham ini segala sesuatu hanya didasarkan pada pemikiran atau ide yang sempurna tanpa melihat atau memperhatikan secara kasat mata atau praktiknya.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  24. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Idealisme adalah paham yang memandang mental sebagai kunci ke hakekat realitas. Idealisme adalah suatu pemikiran, ide, logika, yang menuju arah ideal. Seseorang ketika melakukan sesuatu pasti memiliki pedoman. Idealisme adalah perbuatan yang mengacu pada aturan tertulis lebih melakukan apa yang menjadi tugasnya. Pada dasarnya idealisme dan realitas adalah dua hal yang seharusnya tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan. Perlu adanya keseimbangaan antara sifat idealisme dan realitas agar menjadi manusia seutuhnya. Sikap realitas digunakan untuk memahami kondisi real di lapangan. Sedangkan idealisme diperlukan untuk memperbaiki atau menyempurnakan kekuarangan yang terjadi dalam realita. Karena tidak mungkin sesorang itu mengikuti arus selamanya. Tidak mungkin juga seseorang hanya mengutamakan idelaismenya.

    ReplyDelete
  25. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Idealisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan yang berpaham bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide. Secara logika, antara idealisme dan realisme tidak bisa dipertentangkan. Sebab, pencetus idealisme (Plato) adalah murid dari pencetus realisme (Socrates). Idealisme menganggap, bahwa yang konkret hanyalah bayang-bayang, yang terdapat dalam akal pikiran manusia. Sedangkan kaum idealisme sering menyebutnya dengan ide atau gagasan. Seorang realisme tidak menyetujui pandangan tersebut.

    ReplyDelete
  26. Di dalam filsafat, idealism merupakan pandangan kelompok filsafat bahwa segala sesuatu dibangun secara mental, yang mengutamakan kesadaran sebagai prasyarat eksistensi material. Teori yang membahas tentang idealism adalah idealism subjektif yang mengakui bahwa adanya sesuatu karena gabungan dari sensasi dan idealism objektif yang mengakui keunggulan kesadaran manusia dan percaya bahwa adanya sesuatu tidak tergantung pada manusia

    ReplyDelete
  27. Metia Novianti
    17709251021
    PPs PM A

    Idealisme berasal dari kata idea yang berarti gambaran atau pemikiran, dan isme yang berarti paham atau pendapat. Idealisme adalah suatu pandangan dunia atau metafisika yang menyatakan bahwa realitas dasar terdiri atas, atau sangat erat hubungannya dengan ide, pikiran atau jiwa. atau Biasa disebut dengan aliran filsafat yang menjelaskan bahwa kebenaran/pengetahuan sesungguhnya bukan bersumber dari rasio atau empiris, melainkan dari gambaran manusia tentang suatu pengamatan. Untuk membuktikan pengamatan itu perlu diadakan kajian yang mendalam, baik tentang subyek maupun tentang obyek.

    ReplyDelete
  28. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Idealisme adalah suatu aliran yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kaitannya dengan jiwa dan roh. Istilah Idealisme diambil dari kata idea yaitu sesuatu yang hadir dalam jiwa. Menurut Plato, seorang filosof idealisme klasik ( Yunani Purba ), menyatakan bahwa realitas terakhir adalah dunia cita. Hakikat manusia adalah jiwanya, rohaninya, yakni apa yang disebut “mind”.

    ReplyDelete
  29. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Idealisme mengungkapkan bahwa yang terpenting pada diri kita adalah jiwa dan ruh kita. sedangkan fisik atau materi hanyalah pencerminan, bayangan dan penjelmaan dari jiwa dan ruh. Apalah artinya fisik jika tidak ada ruh didalamnya. sedangkan fisik tergantung pada jiwa dan ruh yang menunginya. jika jiwa itu baik maka akan baik pula fisiknya, jika jiwa itu jahat maka akan jahat pula fisiknya. sama halnya disaat kita bercermin, yang dipantulkan adalah bayangan diri kita.

    ReplyDelete
  30. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Idealisme dalam artian umum seperti paham atau keinginan yang sesuai dengan ideal. akan tetapi dalam kehidupan shari-hari sangat sulit menerapkan idealisme ini yang dikarenakan adanya pertentangan antara diri dan realita.

    ReplyDelete
  31. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Idealisme menyatakan bahwa kenyataan atau pengetahuan dibangun berdasarkan mental dan ide yang pokok. Idealism menurut saya berupaya untuk menggapai sesuatu yang ideal mendekati sempurna atau absolut. Aliran idealism mengutamakan penggunaan pikiran dalam berbagai hal. Idealism akan berpegang teguh dengan ide yang dia bentuk selama ide itu memberikan nilai guna bagi dirinya maupun orang lain.

    ReplyDelete
  32. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Idealism adalah aliran yang mempunyai pemahaman bahwa semua isi dunia itu relatif terhadap pikiran manusia. Apa yang dipikirkan oleh manusia berpengaruh terhadap sekitar. Satu-satunya hal yang pasti di dunia ini adalah keberadaan seseorang sendiri. Idealism untuk diri pribadi baik, tetapi kadang belum tentu bisa diterima oleh sekitarnya.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,
    Idealisme adalah suatu paham yang menganggap bahwa relitas ini terdiri atas roh-roh
    atau jiwa, ide-ide dan pikiran atau yang sejenis dengan ha tersebut. Atau bisa dikatakan
    bahwa idealisme merupakan paham yang meyakini bahwa segala sesuatu dianggap
    benar oleh individu yang bersangkutan dengan bersumber dari pengalaman,
    pendidikan, budaya dan kebiasaan. Artinya bahwa pengetahuan dan kebenaran
    tertinggi itu adala ide. Paham ini merupakan lawan dari paham realisme yang
    menganggap realita sebagai kebenaran tertinggi. Implikasinya dalam dunia pendidikan
    yaitu mencita-citakan pemikiran atau ide tertinggi, karena hal konkret hanyalah baying-
    bayang, sedangkan yang sesungguhnya adalah apa yang ada di dalam akal pikiran
    manusia.

    ReplyDelete
  35. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Idealisme adalah sebuah paham yang idealisme. Maksudnya yaitu sebuah paham yang menegaskan realitas, atau kenyataan sebagaimana manusia dapat mengetahuinya, pada dasarnya bersifat mental, dibangun secara mental, atau tidak penting. Orang yang idealisme biasanya memikirkan sesuatu dengan detail.

    ReplyDelete
  36. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Idealisme menganggap bahwa hakekat realitas itu terdiri atas ide-ide, fikiran, akal atau jiwa dan bukan benda ataupun materi. Dalam idealisme itu, menekankan pikiran sebagai hal yang lebih dulu daripada materi. Oleh karena itu idealism adalah paham filsafat yang meyakini bahwa hakikat realitas itu berasal dari ide, fikiran ataupun jiwa dan mengesampingkan materi. Sehingga idealism ini bertetangan dengang empirism. Terimakasih

    ReplyDelete
  37. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Begitu luas pengaruh pikiran manusia, bahkan dunia pun terbentuk dari pemikiran manusia. Begitu berpengaruhnya pikiran manusia, sehingga jika ingin melihat dunia maka lihatlah kedalam pikiran sendiri. Pengetahuan dan kebenaran berasal dari ide yang bersumber dari pikiran manusia. Ide dapat berkembang, membentuk dimensi baru yang akan berbeda-beda antara satu orang dan yang lainnya.

    ReplyDelete
  38. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Idealism merupakan paham yang memberikan penilaian terhadap suatu hal berdasarkan pada pengalaman, kebiasaan ataupun kriteria tertentu. Idealism mengedepankan akal pikiran manusia. Sehingga sesuatu itu bisa terwujud atas dasar pemikiran manusia. Dalam pendidikan, paham ini memiliki kontribusi besar untuk kemajuan pendidikan. Idealism mengembangkan pemikiran peserta didik sehingga menjadikan peserta didik mampu menggunakan akal pikiran atau idenya dengan baik dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete