Dec 2, 2012

IDEALISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang IDEALISM, silahkan konek:





Wss Wr Wb
Marsigit

14 comments:

  1. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Idealisme adalah suatu aliran yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami kaitanya dengan jiwa dan ruh. Sehingga sumber pengetahuan yang ada harus di sertai dengan adanya jiwa dan ruh. Menurut Arsitoteles faham ini memberikan sifat keruhanian dengan ajarannya yang menggambarkan alam ide sebagai sesuatu tenaga yang berada dalam benda-benda dan menjalankan pengaruh dari benda itu Aliran ini merupakan aliran yang sangat penting dalam perkembangan sejarah pemikiran manusia. Dan dapat di katakan sepanjang masa tidak pernah faham idealism hilang sama sekali.

    ReplyDelete
  2. Idealisme adalah salah satu aliran berpaham bahwa terdapat dunia yang sempurna tentang benda benda yang ada didunia yaitu dunia ide. Bahwa ada lingkaran yang sempurna, ada manusia yang sempurna. Dan benda yang sempurna tersebut berada pada dunia ide. Semua bentuk realita adalah manifestasi dalam ide. Idealisme menganggap, bahwa yang konkret hanyalah bayang-bayang, yang terdapat dalam akal pikiran manusia. Karena pandangannya yang idealis itulah idealisme sering disebut sebagai lawan dari aliran realisme. Tetapi, aliran ini muncul juga sebagai lawan dari realisme yang menganggap realitas atau kenyataan sebagai kebenaran tertinggi.

    ReplyDelete
  3. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dari sumber yang saya dapatkan, konsep idealisme dalam filsafat adalah cita-cita manusia mengarah kepada tingkah laku dan kesusilaannya. Secara sederhana Idealisme dapat diartikan sebagai cita-cita yang ingin dicapai oleh seseorang atau kelompok orang. Idealisme bukan sebarang cita-cita, namun cita-cita yang tinggi dan luhur, suatu nilai kebenaran dan harga diri, serta hasrat untuk mencapai hasil yang istimewa. Oleh sebab itu setiap tindakan atau aktivitas yang dilakukan selalu berorientasi pada cita-cita tersebut.

    ReplyDelete
  4. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Idealism dalam filsafat mengajarkan hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kebergantungannya pada jiwa dan roh. Idealism mengatakan bahwa realitas terdiri atas ide-ide, pikiran-pikiran, akal atau jiwa, dan bukan benda material dan kekuatan. Sebenarnya idealism tidak mengingkari materi. Hanya saja materi adalah suatu gagasan yang tidak jelas dan bukan hakikat. Sebab, jika seseorang memikirkan materi dalam hakikatnya, dia juga harus memikirkan roh atau akal.
    Idealism beranggapan bahwa jiwa merupakan suatu kenyataan yang sebenarnya. Adanya manusia karena adanya unsur yang tidak terlihat yang mengandung sikap dan tindakan manusia. Manusia dipandang sebagai makhluk kejiwaan atau kerohanian sebab, selain manusia membutuhkan panca inda, manusia juga membutuhkan rohaniah yang mencakup akal dan budi pekerti.

    ReplyDelete
  5. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Kata idealism sering terdengar dengar ketika terdapat seseorang yang memiliki pandangan yang berbeda terhadap sesuatu hal. Biasanya akan dianggap bahwa orang tersebut “idealis”.
    Awalnya saya berpikir bahwa idealisme merupakan suatu konsep yang memang harus ditinggalkan ketika menjalankan hidup agar mendapatkan hidup yang baik. Namun ternyata, Idealisme adalah merupakan keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar oleh individu yang bersangkutan dengan bersumber dari pengalaman, pendidikan, kultur budaya dan kebiasaan. Idealisme pada dasarnya adalah perubahan, terlepas dari apakah perubahan itu baik atau buruk. Setiap orang memiliki idealisme, yang berbeda adalah keteguhan orang tersebut dalam mempertahankan idealisme nya.

    ReplyDelete
  6. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof ataslink-link yang diberikan
    Berdasarkan sumber yang saya baca, saya melihat bahwa idealisme bertolak belakang dengan materialisme. Hal tersebut dipertegas dengan statement bahwa filsafat idealisme diturunkan dari idealisme metafisik. Jadi, idealisme tidak hanya melihat hal-hal yang dapat ditangkap secara inderawi saja. Hal itu dikarenakan pengetahuan yang diperoleh melalui indera tidak pasti dan tidak lengkap, karena dunia ini terdiri atas aspek fisik dan metafisik. Pada sumber yang saya baca (sepenangkapan saya) juga disebutkan bahwa filsafat idealisme menekankan pada pertumbuhan rohani. Oleh karena itu, menurut saya, jika diimplikasikan dalam pendidikan, pendidikan menurut filsafat idealisme menekankan hubungan antara anak dengan sisi spiritualnya.

    ReplyDelete
  7. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Idealisme adalah suatu aliran yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kaitannya dengan jiwa dan roh. Pandangan idealisme telah dimiliki oleh Plato dan pada filsafat modern dipelopori oleh J.G. Fichte, Schelling, dan Hegel.
    Istilah idealisme diambil dari kata idea yang berarti sesuatu yang hadir dalam jiwa. Ideanya Plato tidak khusus (spesifik) mental tetapi lebih merupakan objek universal, tetapi Plato juga sependapat dengan idealisme modern yang mengajarkan bahwa hakikat penampakan (yang tampak) itu berwatak (khas) spiritual.

    ReplyDelete
  8. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Idealism adalah suatu paham yang menganggap ilmu pengetahuan adalah sifat yang sempurna dan memiliki objek yang benar-benar nyata dari bentuk aslinya. Ilmu pengetahuan akan selalu tetap dan tidak akan pernah mengalami perubahan. Karena pengetahuan itu dapat dicapai dan dimiliki dengan sepenuhnya. Maka sebagai manusia yang berpendidikan kita harus tetap istiqomah dalam menuntut ilmu pengetahuan meskipun sampai ke negeri cina.

    ReplyDelete
  9. Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Pemahaman kami Idealisme adalah ideologi yang menyatakan bahwa realitas pada dasarnya bersifat mental. Batas-batas ideologi semacam semacam ini sebenarnya tidak ditarik dengan kuat: misalnya, pandangan tradisional Kristen bahwa Tuhan adalah penyebab yang menopang, memiliki realitas lebih besar daripada ciptaannya, mungkin hanya diklasifikasikan sebagai bentuk idealisme. Pemikiran Leibniz bahwa substansi sederhana yang darinya semua yang lain dibuat adalah diri mereka sendiri dan makhluk yang memakan (monads), dan bahwa ruang dan waktu merupakan penghubung dari hal-hal tersebut, merupakan versi awal yang lain dari ideologi ini. Bentuk utama idealisme meliputi idealisme subjektif, atau posisi yang lebih baik disebut immaterialisme dan dikaitkan dengan Berkeley, yang menurutnya ada persepsi, idealisme transendental, dan idealisme mutlak. Idealisme bertentangan dengan kepercayaan naturalistik bahwa pikiran itu sendiri secara mendalam dipahami sebagai produk proses alami. Manifestasi modem idealisme yang paling umum adalah pandangan yang disebut idealisme linguistik, bahwa kita 'menciptakan' dunia yang kita tinggali dengan menggunakan kategori linguistik dan sosial yang bergantung pada pikiran. Kesulitannya adalah memberi bentuk literal pada pandangan ini yang tidak bertentangan dengan fakta nyata bahwa kita tidak menciptakan dunia, tapi menemukan diri kita sebagai satu. teori kebenaran batas ideal Teori kebenaran seperti apa yang akan disepakati dalam batas permintaan yang ideal. Pandangan ini disarankan oleh Peirce dalam esainya 'How to Make our Ideas Clear' (1868). Kebajikan utamanya adalah menghubungkan gagasan kebenaran sebagai tujuan penyelidikan dengan gagasan kebajikan.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  10. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Idealisme dalam pemahaman saya adalah suatu aliran yang memposisikan dirinya sesuai dengan apa yang diingiinkannya. Menjadi suatu pemikiran yang memahami tentang kesempurnaan yang ada di dalam benaknya. Padahal tidak setiap orang memiliki pandangan yang sama terhadap suatu keadaan yang ideal. Jadi sebaiknya kita tidak perlu memaksakan diri untuk bisa seperti yang ada dalam pemikiran kita, namun kita berusaha sebaik mungkin melakukan sesuai dengan kemampuan kita sebagai manusia yang tidak pernah sempurna.

    ReplyDelete
  11. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Idealisme, dalam filsafat, segala pandangan yang menekankan pada yang ideal atau spiritual menjadi peran utama dalam menafsirkan pengalaman. begitu kira-kira yang tertulis dalam link https://www.britannica.com/topic/idealism, dalam KBBI ada 3 arti idealisme /ide·al·is·me/ /idéalisme/ yaitu (1) aliran ilmu filsafat yang menganggap pikiran atau cita-cita sebagai satu-satunya hal yang benar yang dapat dicamkan dan dipahami; (2) hidup atau berusaha hidup menurut cita-cita, menurut patokan yang dianggap sempurna; (3) Dalam Sastra berarti aliran yang mementingkan khayal atau fantasi untuk menunjukkan keindahan dan kesempurnaan meskipun tidak sesuai dengan kenyataan.

    ReplyDelete
  12. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Idealisme adalah tentang keidean. Aliran yang menyatakan bahwa kebenaran tertinggi adalah ide atau gagasan. Realita adalah manifestasiatau penerapan dari sebuah dari ide. Ide ide inilah yang menandakan keberadaan manusia itu ada. Ide selalu muncul dalam pikiran untuk mengatasi permasalahan yang ada.Idealisme adalah kontradiksi dari realisme. realisme berisifat setiap tindakan yang dapat dilihat, namun idealisme adalah suatu gagasan yang tidak tampak.

    ReplyDelete
  13. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Idealisme merupakan ilmu filsafat yang mengajarkan bahwa mental dan ideasional merupakan kunci hakikat realitas. Realitas terdiri dari ide-ide, pikiran-pikiran, akal atau jiwa, bukan benda material dan kekuatan. Idealisme menekankan akal sebagai hal yang lebih dahulu daripada materi. Idealisme adalah ilmu filsafat yg menganggap pikiran atau cita-cita sbg satu-satunya hal yang benar yang dapat dicamkan dan dipahami, hidup atau berusaha hidup menurut cita-cita, menurut patokan yang dianggap sempurna. Mereka mementingkan khayal atau fantasi untuk menunjukkan keindahan dan kesempurnaan meskipun tidak sesuai dng kenyataan. Pada dasarnya setiap orang mempunyai idealism. Tingkat idealisme pada setiap orang berbeda-beda. Pada orang yang memiliki idealisme tinggi, ia tidak mudah terpengaruh oleh orang lain. Oleh karena itu, seseorang yang memiliki idealisme tinggi cenderung tidak bisa menerima pendapat orang lain. Idealis dapat menjadi sifat yang baik bila kita mampu menempatkannya sesuai dengan ruang dan waktunya

    ReplyDelete
  14. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Berdasarkan referensi yang sya baca idealisme merupakan lawan dari aliran realisme. Idealisme lebih dimaknai sebagai kebenaran dan pengetahuan tertinggi adalah ide. Tidak heran pada paham idealisme menganggap ide adalah pengetahuan dan kebenaran tertinggi, saya sangat setuju akan hal tersebut, karena ide tidak dapat ditebak muncul kapan dan dimana. Berdasarkan pengalaman saat saya mencari ide, kadang memang harus dipikirkan tau bisa saja ide muncul begitu saja Sehingga tidak heran ide sangat berharga. Bahkan sekarang ini sedang digencarkan hak cipta di Indonesia, hal ini menunjukkan adanya apersiasi terhadap ide yang memang tidak mudah untuk diperoleh.

    ReplyDelete