Dec 2, 2012

IDEALISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang IDEALISM, silahkan konek:





Wss Wr Wb
Marsigit

37 comments:

  1. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Prinsip idealisme menjadi sangat penting untuk menjalankan fungsi dalam kehidupan bermasyarakat. Misalnya dalam menerapkan nilai-nilai demokrasi dan hak asasi manusia serta memperjuangkan keadilan dan kebenaran. Penerapan nilai idealisme dalam keseharian misalnya ketika ingin mencontek hasil ujian teman di sekolah. Melalui keyakinan tinggi bahwa jawaban kita menjadi jawaban terbaik atas hasil belajar, dengan menghindari contekan merupakan bagian idealisme.

    ReplyDelete
  2. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Idealisme merupakan paham yang timbul dari pikiran atau ide yang mengarah pada hal-hal yang bersifat ideal. Idealisme menyatakan hal-hal yang berkaitan dengan ide-ide tentang realitas kehidupan yang berkenaan dengan pemikiran-pemikiran tertentu. Ada dua bentuk idealisme: yaitu idealisme aktif, yaitu idealisme yang melahirkan insipirasi-inspirasi baru yang bisa dilakukan dalam realitas, sedangkan idealisme pasif adalah idealisme yang hanya semu, tidak pernah bisa diwujudkan, bersifat utopis saja.

    ReplyDelete
  3. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Idealisme merupakan paham yang menekankan aspek penting idel atau spiritual dalam menafsirkan pengalaman. Idealisme juga menekankan akan keutamaan dalam kesadaran sebagai asal muasal dan prasyarat fenomena material, dimana idealism mempercayai kesadaran dan pikiran merupakan asal mulanya dan berfungsi untuk menjelaskan dunia yang ada sesuai dengan prinsip-prinsip tersebut. Teori ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu yang mengakui kesadaran manusia dan mempercayai bahwa dunia adalah gabungan dari sensasi(subective idealism) sedangkan teori lainnya menyatakan tentang keutamaan kesadaran objektif yang ada sebelumnya dan dalam beberapa hal tidak bergantung pada manusia.

    ReplyDelete
  4. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Idealisme merupakan ilmu filsafat yang mengajarkan bahwa mental dan ideasional merupakan kunci hakikat realitas. Realitas terdiri dari ide-ide, pikiran-pikiran, akal atau jiwa, bukan benda material dan kekuatan. Idealisme menekankan akal sebagai hal yang lebih dahulu daripada materi. Idealisme adalah ilmu filsafat yg menganggap pikiran atau cita-cita sbg satu-satunya hal yang benar yang dapat dicamkan dan dipahami, hidup atau berusaha hidup menurut cita-cita, menurut patokan yang dianggap sempurna. Mereka mementingkan khayal atau fantasi untuk menunjukkan keindahan dan kesempurnaan meskipun tidak sesuai dng kenyataan. Pada dasarnya setiap orang mempunyai idealism. Tingkat idealisme pada setiap orang berbeda-beda. Pada orang yang memiliki idealisme tinggi, ia tidak mudah terpengaruh oleh orang lain. Oleh karena itu, seseorang yang memiliki idealisme tinggi cenderung tidak bisa menerima pendapat orang lain. Idealis dapat menjadi sifat yang baik bila kita mampu menempatkannya sesuai dengan ruang dan waktunya

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Aliran filsafat idealisme terbukti cukup banyak memperhatikan masalah-masalah pendidikan, sehingga cukup berpengaruh terhadap pemikiran dan praktik pendidikan. Idealisme sangat concern tentang keberadaan sekolah. Pendidikan harus terus eksis sebagai lembaga untuk proses pemasyarakatan manusia sebagai kebutuhan spiritual, dan tidak sekadar kebutuhan alam semata. Gerakan filsafat idealisme pada abad ke-19 secara khusus mengajarkan tentang kebudayaan manusia dan lembaga kemanuisaan sebagai ekspresi realitas spiritual.
    Pendidikan idealisme untuk individual antara lain bertujuan agar anak didik bisa menjadi kaya dan memiliki kehidupan yang bermakna, memiliki kepribadian yang harmonis dan penuh warna, hidup bahagia, mampu menahan berbagai tekanan hidup, dan pada akhirnya diharapkan mampu membantu individu lainnya untuk hidup lebih baik. Sedangkan tujuan pendidikan idealisme bagi kehidupan sosial adalah perlunya persaudaraan sesama manusia. Karena dalam spirit persaudaraan terkandung suatu pendekatan seseorang kepada yang lain.

    ReplyDelete
  6. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Materi menjadi sebuah hal yang dikesampingkan dalam paham idealisme. Paham ini meletakan seuatu gagasan dalam hirarki yang paling tinggi. sebuah gagasan dipandang menjadi sesuatu yang dipegang teguh dengan mengesampingkan berbagai macam realita. Selalu berpegang dengan pakem yang ada dan sulit berkompromi dengan keadaan adalah tipikal penganut aliran ini. Namun aliran ini biasa dianut oleh orang dengan semangat juang luar biasa dengan didamping visi misi yang kuat. Paham ini biasa dijadikan media untuk mengejar sesuatu yang diinginkan, mempertahankan semangat juang, dan memberikan aura positif pada suatu keadaan yang tidak bersahabat.

    Tan Malaka Menyebutkan bahwa "Idealisme adalah kemewahan yang dimiliki oleh pemuda". Memang idealisme merupakan aset yang dimiliki oleh seorang pemuda walaupun terkadang kaum dewasa memberikan olok-olok idealisme ada karena minimnya pengalaman. Namun mau tidak mau kaum dewasa harus mengakui idealismelah yang membawa kemerdekaan Bangsa ini, melalui pemuda. Tidak heran jika Bung Karno berujar "berikan aku 10 pemuda, maka akan aku guncangkan dunia". Pemuda dengan idealismenya.

    ReplyDelete
  7. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, idealism atau idealisme mengatakan bahwa realitas atau kenyataan terdiri atas ide-ide, fikiran-fikiran, akal atau jiwa dan bukan benda material dan kekuatan. Idealisme menekankan akal sebagai hal yang lebih dahulu daripada materi. Contohnya, saat kita sedang melakukan suatu pekerjaan, ternyata kita tidak menyukai apa yang kita kerjakan itu dan akhirnya kita memilih mundur karena tidak sesuai dengan idealisme kita, pengertian idealisme di sini bisa jadi, apa yang telah kita kerjakan tadi tidak sesuai aturan yang ada, atau tidak sesuai kehendak atau minat dalam hati kita. 

    ReplyDelete
  8. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Idealisme adalah aliran filsafat pendidikan yang menganggap bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide. Idealisme menganggap bahwa bahwa semua yang konkret hanyalah imajinasi yang terdapat dalam pikiran manusia. Dan ini lah yang disebut dengan ide. Sehingga kaum idealisme mengutamakan pemikiran manusia.

    ReplyDelete
  9. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Idealisme dalam hubungannya dengan pendidikan, memberikan sumbangan yang besar tehadap perkembangan filsafat pendidikan. Pendidikan merupakan pertumbuhan ke arah tujuan pribadi manusia yang ideal. Pendidik yang ideal diharapkan dapat mewujudkan watak sebaik mungkin. Di sinilah pendidik harus memandang anak sebagai tujuan, bukan sebagai alat dalam pendidikan

    ReplyDelete
  10. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Idealisme secara epistemologi berasal dari kata ide yang artinya adalah dunia di dalam jiwa dan isme adalah paham, jadi idealisme lebih menekankan pada hal-hal yang bersifat ide, dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik. Realitas sendiri dapat dijelaskan dengan gejala-gejala psikis, roh, budi, diri, pikiran mutlak, bukan berkenaan dengan materi. Istilah Idealisme adalah aliran filsafat yang memandang bahwa mental dan ideasional adalah kunci ke hakikat realitas

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  11. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Idealis secara umum memiliki arti kata sebagai seseorang yang menerima ukuran moral yang tnggi, estetika, dan agama, serta menghayatinya, kemudian seseorang yang dapat melukiskan dan menganjurkan suatu rencana atau program yang belum ada. Dalam filsafat, idealisme memiliki arti sebagai berikut 1) Idealisme mengatakan bahwa realitas terdiri atas ide-ide, fikiran-fikiran, akal atau jiwa dan bukan benda material serta kekuatan, 2) Idealisme menakankan pada mind sebagai hal yang lebih dahulu ditekankan dari pada materi, dan 3) Suatu pandangan dunia atau metafisik yang mengatakan bahwa realitas dasar terdiri atas, atau sangat erat hubungannya dengan ide, pikiran, atau jiwa.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  12. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Idealisme berasal dari kata ide yang artinya adalah dunia di dalam jiwa, jadi pandangan ini lebih menekankan hal-hal bersifat ide dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik. Idealisme pertama kali digunakan dalam dunia filsafat oleh Leibniz. Ia menerapkan isitilah ini pada pemikiran Plato. Istilah idealisme adalah aliran filsafat yang memandang yang mental dan ideasional sebagai kunsi ke hakikat realitas.

    ReplyDelete
  13. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Idealisme adalah suatu keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar oleh individu yang bersangkutan dengan sumber dari pengalaan, pendidikan, kultur budaya dan kebiasaan. Idealism tumbuh secara perlahan dalam jiwa seseorang dan termanifestasikan dalam bentuk perilaku, sikap, ide ataupun cara berpikir. Pengaruh idealism tidak hanya terbatas pada tingkat individu, tapi juga hingga ke tingkat Negara. Nilai-nilai idealism yang mempengaruhi individu contohnya adalah keyakinan mengenai pola hidup, nilai-nilai kebenaran, gaya mengasuh anak, karir dan lain sebagainya. Sedangkan idealisme pada tingkatan Negara adalah seperti ideology pancasila, komunisme, liberlisme,dan lainnya.

    ReplyDelete
  14. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Idealisme adalah tentang keidean. Aliran yang menyatakan bahwa kebenaran tertinggi adalah ide atau gagasan. Realita adalah manifestasiatau penerapan dari sebuah dari ide. Ide ide inilah yang menandakan keberadaan manusia itu ada. Ide selalu muncul dalam pikiran untuk mengatasi permasalahan yang ada.Idealisme adalah kontradiksi dari realisme. realisme berisifat setiap tindakan yang dapat dilihat, namun idealisme adalah suatu gagasan yang tidak tampak.

    ReplyDelete
  15. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Dari berbagai sumber didapatkan bahwa Idealisme adalah suatu keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar oleh individu yang bersangkutan dengan bersumber dari pengalaman, pendidikan, kultur budaya dan kebiasaan. Idealisme tumbuh secara perlahan dalam jiwa seseorang, dan termanifestasikan dalam bentuk perilaku, sikap, ide ataupun cara berpikir. Idealisme dibagi menjadi dua kelompok yaitu idealisme subjektif dan idealism objektif. Idealisme subjektif adalah kesadaran manusia melihat dunia yang ada sebagai kombinasi dari suatu sensasi. Idealisme objektif mengandaikan adanya kesadaran objektif yang ada sebelum, dalam beberapa hal, terlepas dari kesadaran manusia.

    ReplyDelete
  16. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Idealism merupakan suatu aliran filsafat yang mempunyai pandangan bahwa hakikat akan segala sesuatu
    yang berhubungan dengan akal pikir akan selalu didasari dengan sesuatu yang bernama ide. penganut idealism berpendapat bahwa keindahan itu ada ketika direfleksikan atau dipraktekan pada sesuatu yang ideal. Sehingga jika suatu seni berupaya untuk menciptakan atau mengekspresikan yang absolut maka akan dikategorikan sebagai sesuatu yang memuaskan jika dinilai dari segi estetika.

    ReplyDelete
  17. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Idealisme berpandangan bahwa segala sesuatu yg dilakukan oleh manusia tidaklah selalu harus berkaitan dengan hal-hal yang bersifat lahiriah, tetapi harus berdasarkan prinsip kerohanian (idea). Oleh sebab itu, Idealiseme sangat mementingkan perasaan dan fantasi manusia sebagai sumber pengetahuan.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  18. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Setalah membaca sumber dapat diketahui bahwa Idealisme adalah kelompok filosofi metafisik yang menyatakan bahwa realitas, atau kenyataan yang dapat diketahui manusia, pada dasarnya adalah mental, dibangun secara mental, atau tidak material.Teori idealisme terutama dibagi menjadi dua kelompok. Idealisme subyektif mengambil sebagai titik awal fakta yang diberikan kesadaran manusia melihat dunia yang ada sebagai kombinasi dari sensasi. terimakasih

    ReplyDelete
  19. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Aliran idealisme merupakan suatu aliran ilmu filsafat yang mengagungkan jiwa dan memiliki paham bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide. Semua bentuk realita adalah manifestasi dalam ide. Karena itu, idealisme sering disebut sebagai lawan dari aliran realisme. Tetapi, aliran ini justru muncul atas umpan balik terhadap realisme yang menganggap realitas sebagai kebenaran tertinggi. Para filosof idealisme memulai sistematika berpikir mereka dengan pandangan yang fundamental bahwa realitas yang tertinggi adalah alam pikiran. Sehingga, rohani dan sukma merupakan tumpuan bagi pelaksanaan dari paham ini. Karena itu alam nyata tidak mutlak bagi aliran idealisme. Namun pada porsinya, para filosof idealisme mengetengahkan berbagai macam pandangan tentang hakikat alam yang sebenarnya adalah idea. Mereka menyatakan bahwa kebenaran tidak bisa ditemukan dalam dunia materi yang tidak sempurna dan berubah.

    ReplyDelete
  20. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Terdapat pandangan idealisme menurut beberapa kepercayaan. Idealism menurut Hindu sering mengambil bentuk monisme atau non-dualisme, menganut pandangan bahwa kesadaran kesatuan adalah esensi atau makna realitas fenomenal dan pluralitas. Sementara idealisme Buddhis lebih bersifat epistemis dan bukan monisme metafisik. Sedangkan pada teks Veda, idealisme meliputi hal-hal dari dunia objektif seperti lima unsur dan dunia subyektif seperti kehendak, harapan, ingatan, dll.

    ReplyDelete
  21. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Idealisme merupakan suatu pandangan dunia atau metafisik yang mengatakan bahwa realitas dasar sangat erat hubungannya dengan ide, pikiran atau jiwa. Idealisme secara perlahan tumbuh dalam jiwa seseorang. Orang yang memiliki idealism yang tinggi akan mempengaruhi keyakinan mengenai pola hidup, nilai-nilai kebenaran, karir dan lainnya. Idealisme berbeda dengan realisme dimana realisme merupakan pola pikir yang mengikuti arus dan mengabaikan nilai kebenaran yang diyakininya.

    ReplyDelete
  22. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Idealisme berasal dari kata ‘idea’ yang bermakna sesuatu yang hadir dalam jiwa. Aliran filsafat ini lebih berfokus kepada sesuatu yang bersifat ide, dan mengesampingkan hal-hal materi dan fisik. Selain itu jiwa mempunyai kedudukan yang paling pertama dalam idealisme.

    ReplyDelete
  23. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Idealisme merupakan sebuah pemikiran filosofis yang telah memberikan pengaruh besar terhadap dunia pendidikan selama beberapa abad. idealisme juga merupakan pandangan yang menyimpulkan bahwa alam merupakan ekspresi dari pikiran. Dalam kajian filsafat, idealisme adalah doktrin yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam ketergantungannya pada jiwa (mind) dan spirit (ruh). lstilah ini diambil dari "idea", yaitu sesuatu yang hadir dalam jiwa.

    ReplyDelete
  24. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Idealisme adalah teori yang menyatakan bahwa alam semesta merupakan suatu penjelmaan pikiran. untuk bereksistensi realitas tergantung pada suatu pikiran. realitas dijelaskan berkenaan dengan gejala-gejala psikis seperti pikiran, diri, roh. dan tidak berkenaan dengan materi.

    ReplyDelete
  25. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Idealisme adalah sebuah pandangan mengenai representasi bagaimana sesuatu seharusnya. Bisa saja idealisme berhubungan dengan imajinasi karena kita sering berimajinasi mengenai kondisi yang ideal untuk diri kita untuk kemudian direpresentasikan ke dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  26. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Idealisme menjunjung tinggi ide dan gagasan sebagai sumber pengetahuan manusia. Realitas yang berwujud lebih dulu ada dalam realitas ide bukan pada hal-hal yang bersifat materi. Sehingga, alam semesta adalah ekspresi dari pikiran manusia.

    ReplyDelete
  27. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Pada link pertama, teori idealism ditinjau dari sisi filsafat yang dibagi kedalam dua bagian yaitu idealism subyektif dan idealism obyektif. Idealism subyektif bertolak dari fakta akan kesadaran manusia itu sendiri untuk melihat dunia sebagai sebuah kombinasi sensasi. Sedangkan, idealism obyektif menekankan pada kesadaran obyektif manusia yang mana telah ada sebelumnya. Jika ditinjau dari segi filsafat, idealism dikategorikan sebagai kelompok filsafat metafisik dimana berbentuk tidak material. Idealisme percaya akan kesadaran dan pikiran sebagai asal dari dunia material dan bertujuan untuk menjelaskan dunia yang ada atau nyata berdasarkan prinsip – prinsip tersebut.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  28. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Dalam link yang kedua menggambarkan idealism absolut dimana merupakan filsafat monistik ontologis yang dikaitkan dengan filsuf G.W.F. Hegel. Hegel mengembangkan metafisika spekulatif yang komprehensif yang menemukan kesatuan menyeluruh.
    Tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa antara dunia dan diri manusia saling berhubungan.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  29. Hermawan Wahyu S
    Dikdas S3
    19706261012
    Asalamualaikum Wr Wb
    Idealisme adlah aliran filsafat pendidikan yang menanggapi bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide. Idealisme menganggap bahwa semua yang nyata adalah imajinasi yang terdapat dalam pikiran manusia. Dan ini yang disebut ide. Sehingga kaum idealis mengutamakan pemikiran manusia.

    ReplyDelete
  30. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)
    Bismillah, Idealisme adalah sumber perubahan. Perubahan terjadi karena tidak adanya kepuasan terhadap kondisi terkini, perubahan terjadi karena ada “kesalahan” atas suatu hal, perubahan dapat dilakukan hanya bila ada keberanian, dan keberanian untuk melakukan perubahan merupakan implementasi nyata dari idealisme. Nilai-nilai idealisme mempengaruhi individu contohnya adalah keyakinan mengenai pola hidup, nilai-nilai kebenaran, gaya mengasuh anak, karir dan lain sebagainya. Menanggapi hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa Idealisme adalah suatu keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar oleh individu yang bersangkutan dengan bersumber dari pengalaman, pendidikan, kultur budaya dan kebiasaan. Idealisme tumbuh secara perlahan dalam jiwa seseorang, dan termanifestasikan dalam bentuk perilaku, sikap, ide ataupun cara berpikir. Terimakasih.

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Idealisme adalah aliran yang menyatakan bahwa realita atau kenyataan berasal dari akal, ide, pikiran, kesadaran, sebagai prasyarat dari fenomena. Maksudnya adalah benda atau fenomena yang muncul sebagai persepsi atau uang dirasakan. Sehingga dapat dikatakan bawa kenyataan atau relalita dalam aliran idealisme adalah ide dan pikiran, bukan material dan kekuatan

    ReplyDelete
  33. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika 2019 D

    Dalam filsafat, idealisme adalah kelompok filsafat metafisik yang menyatakan bahwa realitas, atau kenyataan yang dapat diketahui oleh manusia, pada dasarnya adalah mental, keyakinan, atau bukan material. Secara epistemologis, idealisme bermanifestasi sebagai skeptisisme tentang kemungkinan mengetahui hal yang bebas dari pikiran. Berbeda dengan materialisme, idealisme menegaskan keutamaan kesadaran sebagai asal dan prasyarat fenomena material. Menurut pandangan ini, kesadaran ada sebelum dan merupakan prasyarat keberadaan material. Idealisme percaya kesadaran dan pikiran sebagai asal dari dunia material dan bertujuan untuk menjelaskan dunia yang ada sesuai dengan prinsip-prinsip ini.

    ReplyDelete
  34. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Idealism merupakan suatu aliran filsafat yang mempunyai pandangan bahwa hakikat akan segala sesuatuyang berhubungan dengan akal pikir akan selalu didasari dengan sesuatu yang bernama ide.Realitas atau kenyataan dan wujud sesuatu pada suatu hal telah lebih ada terlebih dahulu dalamsuatu ide dan pikiran, bukan adanya materi terlebih dahulu baru akan muncul ide. Meskipun dengan penjelasan yang sedemikian rupa, sebuah ide tidak dapat mengingkari adanya materi, karena materi merupakan komponen terluar dari apa yang biasa kita sebut sebagai akal pikirterdalam manusia yaitu jiwa dan ruh yang senantiasa melekat pada diri manusia. Sehingga materi merupakan bungkus terluar dari hakikat, pikiran, akal budi, ruh dan nilai yang ada pada diri manusia

    ReplyDelete
  35. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pend matematika D 2019

    Idealisme adalah ideologi yang menyatakan bahwa realitas pada dasarnya bersifat mental. Batas-batas ideologi semacam semacam ini sebenarnya tidak ditarik dengan kuat: misalnya, pandangan tradisional Kristen bahwa Tuhan adalah penyebab yang menopang, memiliki realitas lebih besar daripada ciptaannya, mungkin hanya diklasifikasikan sebagai bentuk idealisme. Pemikiran Leibniz bahwa substansi sederhana yang darinya semua yang lain dibuat adalah diri mereka sendiri dan makhluk yang memakan (monads), dan bahwa ruang dan waktu merupakan penghubung dari hal-hal tersebut, merupakan versi awal yang lain dari ideologi ini. Bentuk utama idealisme meliputi idealisme subjektif, atau posisi yang lebih baik disebut immaterialisme dan dikaitkan dengan Berkeley, yang menurutnya ada persepsi, idealisme transendental, dan idealisme mutlak. Idealisme bertentangan dengan kepercayaan naturalistik bahwa pikiran itu sendiri secara mendalam dipahami sebagai produk proses alami. Manifestasi modem idealisme yang paling umum adalah pandangan yang disebut idealisme linguistik, bahwa kita 'menciptakan' dunia yang kita tinggali dengan menggunakan kategori linguistik dan sosial yang bergantung pada pikiran. Kesulitannya adalah memberi bentuk literal pada pandangan ini yang tidak bertentangan dengan fakta nyata bahwa kita tidak menciptakan dunia, tapi menemukan diri kita sebagai satu. teori kebenaran batas ideal Teori kebenaran seperti apa yang akan disepakati dalam batas permintaan yang ideal. Pandangan ini disarankan oleh Peirce dalam esainya 'How to Make our Ideas Clear' (1868). Kebajikan utamanya adalah menghubungkan gagasan kebenaran sebagai tujuan penyelidikan dengan gagasan kebajikan.
    Sumber: Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press

    ReplyDelete
  36. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Idealisme, berangkat dari kata idea dan isme yang berarti paham, ajaran, ataupun kepercayaan. Idealisme dalam KBBI dijabarkan sebagai aliran ilmu filsafat yang menganggap pikiran atau cita-cita sebagai satu-satunya hal yang benar yang dapat dicamkan dan dipahami; hidup atau berusaha hidup menurut cita-cita, menurut patokan yang dianggap sempurna; aliran yang mementingkan khayal atau fantasi untuk menunjukkan keindahan dan kesempurnaan meskipun tidak sesuai dengan kenyataan. Dengan demikian, idealism menekankan pada ranah pikiran, ide, khayalan, dan segala hal yang ada di dalam pikiran. Oleh karenanya dalam perkuliahan ditekankan bahwa seseorang yang mengakui adanya kebenaran dari apa yang ada di dalam pikiran, maka dia seorang pengikut aliran idealism. Adapun tokoh untuk aliran ini adalah Plato.

    ReplyDelete
  37. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete