Dec 2, 2012

IDEALISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang IDEALISM, silahkan konek:





Wss Wr Wb
Marsigit

75 comments:

  1. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Secara epistemologis, idealisme bermanifestasi sebagai skeptisisme tentang kemungkinan mengetahui hal yang independen dari pikiran. Secara sosiologis, idealisme menekankan bagaimana gagasan manusia - terutama kepercayaan dan nilai - bentuk masyarakat. Dalam filsafat, idealisme adalah kelompok filsafat yang menegaskan bahwa realitas, atau kenyataan yang dapat kita ketahui, secara fundamental adalah mental, mental, atau tidak material.
    sedangkan Idealisme absolut adalah filosofi monistik ontologis yang mengembangkan metafisika spekulatif yang komprehensif yang menemukan kesatuan yang inklusif dalam Roh Mutlak (Allah yang tidak pribadi, bukan Pencipta, Hegelian yang rasional).

    ReplyDelete
  2. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Idealisme adalah sebuah istilah yang digunakan pertama kali dalam dunia filsafat oleh Leibniz pada awal abad 18. ia menerapkan istilah ini pada pemikiran Plato, seraya memperlawankan dengan materialisme Epikuros. Istilah Idealisme adalah aliran filsafat yang memandang yang mental dan ideasional sebagai kunci ke hakikat realitas. Dari abad 17 sampai permulaan abad 20 istilah ini banyak dipakai dalam pengklarifikasian filsafat.

    ReplyDelete
  3. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Idealisme berasal dari kata ide yang artinya adalah dunia di dalam jiwa (Plato), jadi pandangan ini lebih menekankan hal-hal bersifat ide, dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik. Realitas sendiri dijelaskan dengan gejala-gejala psikis, roh, budi, diri, pikiran mutlak, bukan berkenaan dengan materi

    ReplyDelete
  4. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    In philosophy, idealism is the group of philosophies which assert that reality, or reality as we can know it, is fundamentally mental, mentally constructed, or otherwise immaterial. Epistemologically, idealism manifests as a skepticism about the possibility of knowing any mind-independent thing. In a sociological sense, idealism emphasizes how human ideas—especially beliefs and values—shape society. As an ontological doctrine, idealism goes further, asserting that all entities are composed of mind or spirit. Idealism thus rejects physicalist and dualist theories that fail to ascribe priority to the mind.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Idealism

    ReplyDelete
  5. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Idealisme dalam filsafat menegaskan bahwa realitas atau kenyataan yang dapat kita ketahui secara fundamental adalah mental atau tidak material. Secara epistemologis, idealisme bermanifestasi sebagai skeptisisme tentang kemungkinan mengetahui hal yang independen dari pikiran. Secara sosiologis, idealisme menekankan bagaimana gagasan manusia - terutama kepercayaan dan nilai - bentuk masyarakat. Sebagai doktrin ontologis, idealisme melangkah lebih jauh, dengan menyatakan bahwa semua entitas terdiri dari pikiran atau jiwa. Jadi dalam hal ini, pikiran atau jiwa mempengaruhi bagaimana seseorang memandang idealisme dalam hidupnya.

    ReplyDelete
  6. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Idealisme adalah sebuah istilah yang digunakan pertama kali dalam dunia filsafat oleh Leibniz pada awal abad 18. Ia menerapkan istilah ini pada pemikiran Plato. Idealisme adalah suatu keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar oleh individu yang bersangkutan dengan bersumber dari pengalaman, pendidikan, kultur budaya dan kebiasaan. Idealisme tumbuh secara perlahan dalam jiwa seseorang, dan termanifestasikan dalam bentuk perilaku, sikap, ide ataupun cara berpikir. Pengaruh idealisme tidak hanya terbatas pada tingkat individu, tapi juga hingga ke tingkat negara. Nilai-nilai idealisme yang mempengaruhi individu contohnya adalah keyakinan mengenai pola hidup, nilai-nilai kebenaran, gaya mengasuh anak, karir dan lain sebagainya. Sedangkan idealisme pada tingkatan negara adalah seperti Ideologi Pancasila, komunisme, liberalisme dan masih banyak lagi. Idealisme adalah sumber perubahan. Perubahan terjadi karena tidak adanya kepuasan terhadap kondisi terkini, perubahan terjadi karena ada “kesalahan” atas suatu hal, perubahan dapat dilakukan hanya bila ada keberanian, dan keberanian untuk melakukan perubahan merupakan implementasi nyata dari idealisme.
    (http://www.kompasiana.com/venomaxus/orang-idealis-vs-orang realistis_55003fa9813311a119fa7349

    ReplyDelete
  7. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Idealisme merupakan aliran filsafat yang meyakini sebuah pandangan bahwa realitas yang dapat diketahui adalah mental atau bukan material. Secara epistemologis, idealisme bermanifestasi sebagai skeptisisme tentang kemungkinan mengetahui hal yang independen dari pikiran. Secara sosiologis, idealisme menekankan bagaimana gagasan manusia terutama kepercayaan dan nilai bentuk masyarakat. Sebagai doktrin ontologis, idealisme melangkah lebih jauh, dengan menyatakan bahwa semua entitas terdiri dari pikiran atau jiwa. Idealisme dengan demikian menolak teori fisikis dan dualis yang gagal menganggap prioritas pada pikiran.

    ReplyDelete
  8. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Idealisme adalah suatu keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar oleh individu yang bersangkutan dengan sumber dari pengalaman, pendidikan, kultur budaya dan kebiasaan. Dalam filsafat, idealisme adalah doktrin yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kebergantungannya pada jiwa (mind) dan roh (spirit). Istilah ini diambil dari kata “idea”, yaitu sesuatu yang hadir dalam jiwa.. Menurut Hegel tema filsafatnya adalah ide mutlak. Oleh karena itu, semua pemikirannya tidak terlepas dari ide mutlak, baik berkenaan dari sistemnya, proses dialektiknya, maupun titik awal dan titik akhir kefilsafatannya. Oleh karena itu pulalah filsafatnya disebut filsafat idealis, suatu filsafat yang menetapkan wujud yang pertama adalah ide.

    ReplyDelete
  9. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Idealism adalah suatu pandangan bahwa semua hal yang ada di dalam pikiran kita. Secara ideal. Secara epistemologis, idealisme bermanifestasi sebagai skeptisisme tentang kemungkinan mengetahui hal yang independen dari pikiran. Secara sosiologis, idealisme menekankan bagaimana gagasan manusia - terutama kepercayaan dan nilai - bentuk masyarakat. Sebagai doktrin ontologis, idealisme melangkah lebih jauh, dengan menyatakan bahwa semua entitas terdiri dari pikiran atau jiwa. Idealisme dengan demikian menolak teori fisikis dan dualism yang gagal menganggap prioritas pada pikiran.(https://en.wikipedia.org/wiki/Idealism)

    ReplyDelete
  10. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Idealisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan yang berpaham bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide. Semua bentuk realita adalah manifestasi dalam ide karena pandangannya yang idealis itulah idealisme sering disebut sebagai lawan dari aliran realisme. Tetapi aliran ini justru muncul atas feed back realisme yang menganggap realitas sebagai kebenaran tertinggi idealisme menganggap bahwa yang konkret hanyalah bayang yang terdapat dalam akal pikiran manusia, kaum idealisme sering menyebutnya dengan ide atau gagasan.

    ReplyDelete
  11. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Istilah Idealisme adalah aliran filsafat yang memandang yang mental dan ideasional sebagai kunci ke hakikat realitas. Idealisme juga merupakan doktrin yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kebergantungannya pada jiwa (mind) dan roh (spirit). Aliran ini memandang serta menganggap bahwa yang nyata hanyalah idea. Idea sendiri selalu tetap atau tidak mengalami perubahan serta penggeseran, yang mengalami gerak tidak dikategorikan idea.

    ReplyDelete
  12. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya memperoleh pemahaman paham filsafat baru yaitu idealism. Dimana paham ini merupakan paham yang menggangap bahwa realitas ini terdiri atas ruh-ruh atau jiwa, ide-ide dan pikiran atau yang sejenis degan itu. Idealism ini jika di implikasikan ke lingkungan masyrakat, rangsangan masyarakat untuk melakukukan aktivitas harus adanya jiwa dan ruh dalam diri seseorang atau masyrakat itu sendiri. Misalnya dalam ranah masyrakat Indonesia yang menginginkan negaranya bersih atau lingkungannya bersih padahal tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya karena masyrakatnya sendiri tidak menyadari pentingnya menjadi lingkungan. Oleh karena masyarakat juga ikut berperan penting dalam mensejahterahkan negaranya.

    ReplyDelete
  13. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dunia terbentu dari luasnya pemikiran manusia. Sangat besar pengaru pikiran manusia, sehingga jika ingin elihat dunia maka kita haru melihat kedala pikiran sendrii. Pengetahuan dan kebenaran berasal dari ide yang bersumber dari pikiran manusia. Ide bisa berkembang membentuk dimensi baru yang berada antara satu orang dan yang lainnya.

    ReplyDelete
  14. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Idealisme merupakan salah satu aliran filsafat pada abad modern yang mempunyai paham bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kaitannya dengan jiwa dan roh. Ada pendapat lain yang mengatakan, idealisme berasal dari bahasa latin idea, yaitu gagasan, ide, isi pikiran, dan buah mental. Terdapat aliran filsafat yang beranggapan, yang ada yang sesungguhnya adalah yang ada dalam budi, yang hadir dalam mental. Karena hanya yang berbeda secara demikian yang sempurna, utuh, tetap, tidak berubah dan jelas. Itu semua adalah idealisme. Pada intinya, Idealisme adalah suatu penekanan pada realitas ide-gagasan, pemikiran, akal-pikir atau kedirian daripada sebagai suatu penekanan pada objek-objek dan daya-daya material. Tokoh-tokoh dalam idealisme diantaranya yaitu: Rene Descartes (1596-1650), George Berkeley (1685-1753), Immanuel Kant (1724-1804), F. W. S. Schelling (1775-1854), dan George W. F. Hegel (1770-1831).

    ReplyDelete
  15. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Idealisme merupakan paham yang timbul dari pikiran atau ide yang mengarah pada hal-hal yang bersifat ideal. Istilah ini diambil dari kata “idea”, yaitu sesuatu yang hadir dalam pikiran. Salah satu filsuf yang terkenal tentang ini adalah Hegel. Menurut Hegel tema filsafatnya adalah ide mutlak. Oleh karena itu, semua pemikirannya tidak terlepas dari ide mutlak, baik berkenaan dari sistemnya, proses dialektiknya, maupun titik awal dan titik akhir kefilsafatannya. Oleh karena itu pulalah filsafatnya disebut filsafat idealis, suatu filsafat yang menetapkan wujud yang pertama adalah ide.

    ReplyDelete
  16. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kata "idealisme" memiliki lebih dari satu makna. (Misalnya, itu bisa berarti memikirkan hal-hal atau orang-orang yang memiliki kualitas terbaik atau paling sempurna).
    Dalam salah satu artikel juga dijelaskan mengenai idealisme absolut. Idealisme absolut adalah filosofi monistik ontologis yang dikaitkan dengan G.W.F. Hegel. Hegel mengembangkan metafisika spekulatif yang komprehensif yang menemukan kesatuan menyeluruh dalam Roh Mutlak. Hegel berpendapat bahwa Roh Mutlak mengungkapkan dirinya sebagai sejarah, yang mencakup semua peristiwa dan fenomena alam, sosial, dan sejarah.

    ReplyDelete
  17. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Idealisme berasal dari kata ide yang berarti gagasan, pokok pikiran, ataupun dunia di dalam jiwa seperti yang diungkapkan Plato. Idealisme adalah suatu paham yang menekankan pada hal-hal yang bersifat ide dan merendahkan hal-hal yang bersifat materi atau fisik. Idealism memang sangat dibutuhkan manusia sebagai motivasi untuk terus melakukan perbaikan dalam kehidupannya sehingga sesuai dengan apa yang menurut mereka ideal. Tetapi orang yang terlalu idealis akan mengalami kekecewaan yang sangat ketika apa yang dia inginkan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Sehingga ketika bersikap idealis, maka kita juga harus mengimbanginya dengan realis. Bermimpi untuk menjadi sempurna itu bagus, dapat digunakan sebagai motivasi, tetapi alangkah baiknya jika disesuaikan dengan kenyataan-kenyataan yang ada.

    ReplyDelete
  18. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Idealisme dalam filsafat adalah kelompok filosofi yang menyatakan bahwa realitas atau kenyataan seperti yang kita bisa ketahui, secara fundamental dibangun dalam mental atau material. Idealisme dalam arti sosiologis menekankan ide, terutama bagaimana keyakinan manusia dan bentuk nilai masyarakat. Idealisme Platonik menegaskan bahwa abstraksi yang lebih mendasar pada kenyataan daripada hal-hal yang kita rasakan, sementara idealis subjektif dan phenomenalists cenderung keistimewaan pengalaman indrawi lebih dari penalaran abstrak.

    ReplyDelete
  19. Agus Cahyanto
    14301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Idealisme berasal dari kata ide yang memiliki arti sesuatu yang hadir dalam jiwa. Sehingga idealisme adalah suatu aliran yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kaitannya dengan jiwa dan roh.

    ReplyDelete
  20. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Idealisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan yang berpaham bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide. Aliran idealisme mengedepankan akal pikiran manusia. Sehingga sesuatu itu bisa terwujud atas dasar pemikiran manusia.

    ReplyDelete
  21. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Idealisme merupakan salah satu bagian dari filsafat pendidikan. Idealisme sangat dibutuhkan oleh manusia, tetapi ketika hal itu berlebihan maka akan menimbulkan kekecewaan yang sangat tinggi pula. Maka terlalu idealis pun dirasa kurang baik.

    ReplyDelete
  22. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Idealisme adalah suatu aliran yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami kaitanya dengan jiwa dan ruh. Sehingga sumber pengetahuan yang ada harus di sertai dengan adanya jiwa dan ruh. Menurut Arsitoteles faham ini memberikan sifat keruhanian dengan ajarannya yang menggambarkan alam ide sebagai sesuatu tenaga yang berada dalam benda-benda dan menjalankan pengaruh dari benda itu Aliran ini merupakan aliran yang sangat penting dalam perkembangan sejarah pemikiran manusia. Dan dapat di katakan sepanjang masa tidak pernah faham idealism hilang sama sekali.

    ReplyDelete
  23. Idealisme adalah salah satu aliran berpaham bahwa terdapat dunia yang sempurna tentang benda benda yang ada didunia yaitu dunia ide. Bahwa ada lingkaran yang sempurna, ada manusia yang sempurna. Dan benda yang sempurna tersebut berada pada dunia ide. Semua bentuk realita adalah manifestasi dalam ide. Idealisme menganggap, bahwa yang konkret hanyalah bayang-bayang, yang terdapat dalam akal pikiran manusia. Karena pandangannya yang idealis itulah idealisme sering disebut sebagai lawan dari aliran realisme. Tetapi, aliran ini muncul juga sebagai lawan dari realisme yang menganggap realitas atau kenyataan sebagai kebenaran tertinggi.

    ReplyDelete
  24. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dari sumber yang saya dapatkan, konsep idealisme dalam filsafat adalah cita-cita manusia mengarah kepada tingkah laku dan kesusilaannya. Secara sederhana Idealisme dapat diartikan sebagai cita-cita yang ingin dicapai oleh seseorang atau kelompok orang. Idealisme bukan sebarang cita-cita, namun cita-cita yang tinggi dan luhur, suatu nilai kebenaran dan harga diri, serta hasrat untuk mencapai hasil yang istimewa. Oleh sebab itu setiap tindakan atau aktivitas yang dilakukan selalu berorientasi pada cita-cita tersebut.

    ReplyDelete
  25. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Idealism dalam filsafat mengajarkan hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kebergantungannya pada jiwa dan roh. Idealism mengatakan bahwa realitas terdiri atas ide-ide, pikiran-pikiran, akal atau jiwa, dan bukan benda material dan kekuatan. Sebenarnya idealism tidak mengingkari materi. Hanya saja materi adalah suatu gagasan yang tidak jelas dan bukan hakikat. Sebab, jika seseorang memikirkan materi dalam hakikatnya, dia juga harus memikirkan roh atau akal.
    Idealism beranggapan bahwa jiwa merupakan suatu kenyataan yang sebenarnya. Adanya manusia karena adanya unsur yang tidak terlihat yang mengandung sikap dan tindakan manusia. Manusia dipandang sebagai makhluk kejiwaan atau kerohanian sebab, selain manusia membutuhkan panca inda, manusia juga membutuhkan rohaniah yang mencakup akal dan budi pekerti.

    ReplyDelete
  26. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Kata idealism sering terdengar dengar ketika terdapat seseorang yang memiliki pandangan yang berbeda terhadap sesuatu hal. Biasanya akan dianggap bahwa orang tersebut “idealis”.
    Awalnya saya berpikir bahwa idealisme merupakan suatu konsep yang memang harus ditinggalkan ketika menjalankan hidup agar mendapatkan hidup yang baik. Namun ternyata, Idealisme adalah merupakan keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar oleh individu yang bersangkutan dengan bersumber dari pengalaman, pendidikan, kultur budaya dan kebiasaan. Idealisme pada dasarnya adalah perubahan, terlepas dari apakah perubahan itu baik atau buruk. Setiap orang memiliki idealisme, yang berbeda adalah keteguhan orang tersebut dalam mempertahankan idealisme nya.

    ReplyDelete
  27. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof ataslink-link yang diberikan
    Berdasarkan sumber yang saya baca, saya melihat bahwa idealisme bertolak belakang dengan materialisme. Hal tersebut dipertegas dengan statement bahwa filsafat idealisme diturunkan dari idealisme metafisik. Jadi, idealisme tidak hanya melihat hal-hal yang dapat ditangkap secara inderawi saja. Hal itu dikarenakan pengetahuan yang diperoleh melalui indera tidak pasti dan tidak lengkap, karena dunia ini terdiri atas aspek fisik dan metafisik. Pada sumber yang saya baca (sepenangkapan saya) juga disebutkan bahwa filsafat idealisme menekankan pada pertumbuhan rohani. Oleh karena itu, menurut saya, jika diimplikasikan dalam pendidikan, pendidikan menurut filsafat idealisme menekankan hubungan antara anak dengan sisi spiritualnya.

    ReplyDelete
  28. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Idealisme adalah suatu aliran yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kaitannya dengan jiwa dan roh. Pandangan idealisme telah dimiliki oleh Plato dan pada filsafat modern dipelopori oleh J.G. Fichte, Schelling, dan Hegel.
    Istilah idealisme diambil dari kata idea yang berarti sesuatu yang hadir dalam jiwa. Ideanya Plato tidak khusus (spesifik) mental tetapi lebih merupakan objek universal, tetapi Plato juga sependapat dengan idealisme modern yang mengajarkan bahwa hakikat penampakan (yang tampak) itu berwatak (khas) spiritual.

    ReplyDelete
  29. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Idealism adalah suatu paham yang menganggap ilmu pengetahuan adalah sifat yang sempurna dan memiliki objek yang benar-benar nyata dari bentuk aslinya. Ilmu pengetahuan akan selalu tetap dan tidak akan pernah mengalami perubahan. Karena pengetahuan itu dapat dicapai dan dimiliki dengan sepenuhnya. Maka sebagai manusia yang berpendidikan kita harus tetap istiqomah dalam menuntut ilmu pengetahuan meskipun sampai ke negeri cina.

    ReplyDelete
  30. Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Pemahaman kami Idealisme adalah ideologi yang menyatakan bahwa realitas pada dasarnya bersifat mental. Batas-batas ideologi semacam semacam ini sebenarnya tidak ditarik dengan kuat: misalnya, pandangan tradisional Kristen bahwa Tuhan adalah penyebab yang menopang, memiliki realitas lebih besar daripada ciptaannya, mungkin hanya diklasifikasikan sebagai bentuk idealisme. Pemikiran Leibniz bahwa substansi sederhana yang darinya semua yang lain dibuat adalah diri mereka sendiri dan makhluk yang memakan (monads), dan bahwa ruang dan waktu merupakan penghubung dari hal-hal tersebut, merupakan versi awal yang lain dari ideologi ini. Bentuk utama idealisme meliputi idealisme subjektif, atau posisi yang lebih baik disebut immaterialisme dan dikaitkan dengan Berkeley, yang menurutnya ada persepsi, idealisme transendental, dan idealisme mutlak. Idealisme bertentangan dengan kepercayaan naturalistik bahwa pikiran itu sendiri secara mendalam dipahami sebagai produk proses alami. Manifestasi modem idealisme yang paling umum adalah pandangan yang disebut idealisme linguistik, bahwa kita 'menciptakan' dunia yang kita tinggali dengan menggunakan kategori linguistik dan sosial yang bergantung pada pikiran. Kesulitannya adalah memberi bentuk literal pada pandangan ini yang tidak bertentangan dengan fakta nyata bahwa kita tidak menciptakan dunia, tapi menemukan diri kita sebagai satu. teori kebenaran batas ideal Teori kebenaran seperti apa yang akan disepakati dalam batas permintaan yang ideal. Pandangan ini disarankan oleh Peirce dalam esainya 'How to Make our Ideas Clear' (1868). Kebajikan utamanya adalah menghubungkan gagasan kebenaran sebagai tujuan penyelidikan dengan gagasan kebajikan.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  31. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Idealisme dalam pemahaman saya adalah suatu aliran yang memposisikan dirinya sesuai dengan apa yang diingiinkannya. Menjadi suatu pemikiran yang memahami tentang kesempurnaan yang ada di dalam benaknya. Padahal tidak setiap orang memiliki pandangan yang sama terhadap suatu keadaan yang ideal. Jadi sebaiknya kita tidak perlu memaksakan diri untuk bisa seperti yang ada dalam pemikiran kita, namun kita berusaha sebaik mungkin melakukan sesuai dengan kemampuan kita sebagai manusia yang tidak pernah sempurna.

    ReplyDelete
  32. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Idealisme, dalam filsafat, segala pandangan yang menekankan pada yang ideal atau spiritual menjadi peran utama dalam menafsirkan pengalaman. begitu kira-kira yang tertulis dalam link https://www.britannica.com/topic/idealism, dalam KBBI ada 3 arti idealisme /ide·al·is·me/ /idéalisme/ yaitu (1) aliran ilmu filsafat yang menganggap pikiran atau cita-cita sebagai satu-satunya hal yang benar yang dapat dicamkan dan dipahami; (2) hidup atau berusaha hidup menurut cita-cita, menurut patokan yang dianggap sempurna; (3) Dalam Sastra berarti aliran yang mementingkan khayal atau fantasi untuk menunjukkan keindahan dan kesempurnaan meskipun tidak sesuai dengan kenyataan.

    ReplyDelete
  33. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Idealisme adalah tentang keidean. Aliran yang menyatakan bahwa kebenaran tertinggi adalah ide atau gagasan. Realita adalah manifestasiatau penerapan dari sebuah dari ide. Ide ide inilah yang menandakan keberadaan manusia itu ada. Ide selalu muncul dalam pikiran untuk mengatasi permasalahan yang ada.Idealisme adalah kontradiksi dari realisme. realisme berisifat setiap tindakan yang dapat dilihat, namun idealisme adalah suatu gagasan yang tidak tampak.

    ReplyDelete
  34. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Idealisme merupakan ilmu filsafat yang mengajarkan bahwa mental dan ideasional merupakan kunci hakikat realitas. Realitas terdiri dari ide-ide, pikiran-pikiran, akal atau jiwa, bukan benda material dan kekuatan. Idealisme menekankan akal sebagai hal yang lebih dahulu daripada materi. Idealisme adalah ilmu filsafat yg menganggap pikiran atau cita-cita sbg satu-satunya hal yang benar yang dapat dicamkan dan dipahami, hidup atau berusaha hidup menurut cita-cita, menurut patokan yang dianggap sempurna. Mereka mementingkan khayal atau fantasi untuk menunjukkan keindahan dan kesempurnaan meskipun tidak sesuai dng kenyataan. Pada dasarnya setiap orang mempunyai idealism. Tingkat idealisme pada setiap orang berbeda-beda. Pada orang yang memiliki idealisme tinggi, ia tidak mudah terpengaruh oleh orang lain. Oleh karena itu, seseorang yang memiliki idealisme tinggi cenderung tidak bisa menerima pendapat orang lain. Idealis dapat menjadi sifat yang baik bila kita mampu menempatkannya sesuai dengan ruang dan waktunya

    ReplyDelete
  35. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Berdasarkan referensi yang sya baca idealisme merupakan lawan dari aliran realisme. Idealisme lebih dimaknai sebagai kebenaran dan pengetahuan tertinggi adalah ide. Tidak heran pada paham idealisme menganggap ide adalah pengetahuan dan kebenaran tertinggi, saya sangat setuju akan hal tersebut, karena ide tidak dapat ditebak muncul kapan dan dimana. Berdasarkan pengalaman saat saya mencari ide, kadang memang harus dipikirkan tau bisa saja ide muncul begitu saja Sehingga tidak heran ide sangat berharga. Bahkan sekarang ini sedang digencarkan hak cipta di Indonesia, hal ini menunjukkan adanya apersiasi terhadap ide yang memang tidak mudah untuk diperoleh.

    ReplyDelete
  36. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Sesuai dengan asal katanya”ide”, Idealisme adalah aliran filsafat yang berpaham bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide. Idealisme menganggap, bahwa yang konkret hanyalah bayang-bayang, yang terdapat dalam akal pikiran manusia. Kaum idealisme sering menyebutnya dengan ide atau gagasan. Aliran ini sangat mengedepankan akal pikiran manusia.

    ReplyDelete
  37. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Sebelumnya saya menganggap bahwa idealism erat kaitannya dengan pandangan yang ideal. Dalam arti bahwa seseorang menghendaki kondisi yang sesuai dengan perencanaan dan harapan-harapannya. Kondisi yang tentunya belum dirasakan oleh individu tersebut. Namun, setelah membaca isi daripada link yang ada seketika saya menyadari bahwa idealism cenderung memiliki makna yang begitu tinggi kedudukannya. Ideal dalam artian bahwa menjelaskan atau mengembalikan sesuatu kepada yang sebenarnya. Kemudian, ada pula proses penjernihan yang dapat digapai melalui kegiatan spiritual. Tentunya tidak melibatkan pikiran semata. Saya menyadari bahwa sebenar-benarnya ideal jika seseorang menyadari bahwa kuasa hidupnya bukanlah sepenuhnya ada dalam dirinya.

    ReplyDelete
  38. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Idealisme merupakan pandangan yang menganggap bahwa akal dan spiritualitas merupakan hal yang fundamental yang ada di dunia ini. Idealisme umumnya memandang ide berkedudukan primer, sedangkan materi sekunder. Secara garis besar Idealisme mempunyai dua aliran, yaitu idealisme subjektif dan idealisme objektif. Idealis subyektif adalah pandangan idealis yang bertitik tolak pada ide manusia atau ide sendiri, sedangkan idealisme objektif adalah pandangan idealis yang bertitik tolak pada ide di luar ide manusia.

    ReplyDelete
  39. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Idealisme adalah suatu keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar oleh individu yang bersangkutan dengan bersumber dari pengalaman, pendidikan, kultur budaya dan kebiasaan. Idealisme tumbuh secara perlahan dalam jiwa seseorang, dan termanifestasikan dalam bentuk perilaku, sikap, ide ataupun cara berpikir. Seseorang yang idealis mengandalkan pemahaman pada visi yang jelas. Diaa juga bersikap seperti itu, karena memiliki keyakinan yang kokoh atas persoalan yang sedang ditangani atau yang akan ditanamkan pengaruhnya. Dengan landasan sikap seperti itu, seseorang yang idealis sering menjadi tidak dapat mengendalikan komitmen atas masalah atau gagasan bersama karena sudah tercampur dengan keyakinannya sendiri. Seorang idealis juga memiliki suatu pengaruh positif, karena dia dapat memperlihatkan antusiasme dan keyakinan penuh melalui keterlibatan secara emosional atas visi yang sedang dituju dan seringkali mendorong orang lain untuk mencapai visi itu bersama

    ReplyDelete
  40. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Berdasarkan bacaan, saya memahami bahwa idealiasme brusaha memberikan penjelasan bahwa kenyataan dapat dipahami secara fundamental dengan berpatokan pada suatu keraguan tentang suatu masalah yang ada dalam pikiran.Khant adalah orang yang pertama kali mengagas konsep idealisme dengan tujuan menjembatani dua paham di abad ke dalapan belas yaitu paham rasionalisme dan paham empirisme.Khant mencoba menenagkan kedua paham ini dengan memberikan solusi melalui filsafat kritisnya.

    ReplyDelete
  41. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Idealisme merupakan salah satu aliran filsafat yang pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide ataupun gagasan. Dalam pandangan ini diketahui bahwa segala sesuatu yang dilakukan manusia tidak harus berkaitan dengan lahiriyah, namun harus berdasarkan prinsip idea. Oleh karenanya, pandangan filsafat ini sangat mementingkan perasaan dan fantasi manusia sebagai sumber pengetahuan. Terima Kasih
    .

    ReplyDelete
  42. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Berdasarkan referensi yang direkommendasikan, Idealisme adalah kelompok filsafat yang menegaskan bahwa realitas, atau kenyataan sebagaimana manusia dapat mengetahuinya, pada dasarnya bersifat mental, mental, atau tidak penting. Secara epistemologis, idealisme bermanifestasi sebagai skeptisisme tentang kemungkinan mengetahui hal yang independen dari pikiran.

    ReplyDelete
  43. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017
    Berdasarkan sumber lainnya, menyatakan bahwa Idealisme absolut adalah filosofi monistik ontologis yang dikaitkan dengan G.W.F. Hegel. Hegel mengembangkan metafisika spekulatif yang komprehensif yang menemukan kesatuan yang inklusif dalam Roh Mutlak (Allah yang tidak pribadi, bukan Pencipta, Hegelian). Hegel berpendapat bahwa Roh Mutlak mengungkapkan dirinya sebagai sejarah, yang mencakup semua peristiwa dan fenomena alam, sosial, dan sejarah. Karena idealisme Hegel didasarkan pada gagasan tentang Roh Mutlak, idealismenya disebut "Idealisme Mutlak."

    ReplyDelete
  44. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa idealisme adalah bagian dari filsafat yang menyatakan bahwa realitas/kebenaran adalah bersifat mental secara fundamental, dibangun secara mental dan jika tidak begitu maka realitas tersebut tidak ada (immaterial). Menurut paham ini, kesadaran harus ada sebelum dan merupakan prasyarat dari fenomena material. Kesadaran menciptakan serta menentukan material dan bukan sebaliknya.

    ReplyDelete
  45. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan sumber yang saya baca, ternyata selama ini ada hal-hal yang perlu diperbaiki mengenai pandangan saya tentang idealism. Selama ini, penjabaran mengenai idealisme sering kali tersalah artikan oleh masyarakat awam yaitu mengenai keinginan untuk membentuk sesuatu yang ideal. Jika ditilik dari segi bahasa berdasarkan pemahaman masyarakat sesungguhnya memang dapat dirasa benar, karena dengan penjabaran secara lintas pendek mengenai idealisme adalah sebuah pandangan pemahaman dunia/kenyataan berasal dari ide, atau dibentuk oleh ide, dan dari kata dasaran kata ide tersebut maka agar dapat dijadikan kata yang menjadi istilah seharusnya ideisme, tetapi karena sepertinya tidak memunculkan makna yang dapat dirasa maka tetap menjadi idealisme.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  46. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Idealisme adalah suatu keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar oleh individu yang bersangkutan dengan bersumber dari pengalaman, pendidikan, kultur budaya dan kebiasaan. Idealisme tumbuh secara perlahan dalam jiwa seseorang dan termanifestasikan dalam bentuk perilaku, sikap, ide ataupun cara berpikir. Pengaruh idealisme tidak hanya terbatas pada tingkat individu, tapi juga hingga ke tingkat negara. Nilai-nilai idealisme yang mempengaruhi individu contohnya adalah keyakinan mengenai pola hidup, nilai-nilai kebenaran, gaya mengasuh anak, karir dan lain sebagainya. Sedangkan idealisme pada tingkatan negara adalah seperti Ideologi Pancasila, komunisme, liberalism dan masih banyak lagi.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  47. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas dapat saya pahami bahwa Idealisme menurut plato adalah dunia didalam jiwa. Maksudnya adalah gambaran asli (cita) dalam lingkup rohani (mental) dan fikiran yang ketika digabungkan dengan jiwa akan menghasilkan angan-angan berupa ide. Paham idealisme ini memandang bahwa jiwa dan cita bisa menuntun manusia untuk hidup lebih realistis. Sehingga dalam kehidupan bermasyarakat, manusia yang memiliki idealisme kuat serta dibarengi dengan kebijaksanaan mereka akan mendapatkan kehidupan yang layak sesuai dengan apa yang telah mereka cita-citakan. Pandangan ini mengajak kita sebagai manusia untuk berfikir lebih realistis, dan berusaha untuk mewujudkan angan-angan tersebut menjadi kenyataan jangan hanya diam dan menunggu mati. Bermimpi, berusaha, dan berdoa dengan keyakinan yang kuat agar apa yang kita cita-citakan menjadi kenyataan.Idealisme merupakan salah satu aliran filsafat ilmu yang memandang sesuatu berdasarkan alam kejiwaan individu seperti masalah psikologis, estetika, etika serta nilai-nilai yang dapat dipandang dari aspek emosional dan kejiwaan. Paham ini tidak memandang sesuatu hanya berdasarkan material namun mengutamakan emosional dan kejiwaan. Setiap pandangan ini menekankan peran sentral yang ideal atau spiritual dalam penafsiran pengalaman.

    ReplyDelete
  48. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.Berikut refleksi saya setelah membaca referensi yang Prof. Marsigit berikan. Idealisme menekankan pada hal-hal bersifat ide, dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik. Realitas sendiri dijelaskan dengan gejala-gejala psikis, roh, budi, diri, pikiran mutlak, bukan berkenaan dengan materi. Dalam idealisme terbagi dua realitas yaitu yang tampak, apa yang kita alami setiap hari,yang mengakami perubahan, dimana ada dua kutub yang saling berlawanan; dan alam realitas, merupakan alam yang ideal, sejati dan murni dan adanya keteraturan. Mohon dikoreksi apabila terdapat kesalahan. Terimakasih, Wassalamu’alaikum

    ReplyDelete
  49. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Dari sumber yang saya baca, paham idealisme menegaskan keutamaan kesadaran sebagai asal mula dan prasyarat fenomena material. Dalam paham idealisme, kesadaran dan pikiran menjadi asal mula dunia material dan bertujuan untuk menjelaskan dunia yang ada sesuai dengan prinsip-prinsip ini. Paham idealisme ini ada di langit, dimana paham idealisme lebih mengutamakan pikiran untuk menjelaskan berbagai hal.

    ReplyDelete
  50. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Idealism merupakan suatu aliran yang mempunyai pemahaman bahwa semua isi dunia itu relatif terhadap pikiran manusia. Apa yang dipikirkan oleh manusia dapat berpengaruh terhadap sekitar. Satu-satunya hal yang pasti di dunia ini adalah keberadaan seseorang itu sendiri. Idealism untuk diri pribadi bisa saja baik, namun terkadang belum tentu juga bisa diterima oleh sekitarnya.

    ReplyDelete
  51. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Dari referensi tersebut dapat saya simpulkan bahwa dalam filsafat, idealisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan yang berpaham bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide. Semua bentuk realita adalah manifestasi dalam ide. Idealisme merupakan lawan dari aliran realisme. Secara epistemologis, idealisme bermanifestasi sebagai skeptisisme tentang kemungkinan mengetahui hal yang independen dari pikiran.

    ReplyDelete
  52. Junianto
    PM C

    Idealisme adalah aliran filsafat yang memandang yang mental dan ideasional sebagai kunci ke hakikat realitas. Ada juga yang mengatakan bahwa idealisme adalah suatu keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar oleh individu yang bersangkutan dengan bersumber dari pengalaman, pendidikan, kultur budaya dan kebiasaan. Kemudian bisa saya pahami bahwa pada intinya ide dan pengalaman menjadi hal yang mendasar dalam menentukan sebuah realitas yang ada.

    ReplyDelete
  53. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Secara epistemologis, idealism dapat diartikan sebagai skeptisisme tentang kemungkinan mengetahui hal yang independen dari pikiran. Sedangkan dalam filsafat, idealisme adalah kelompok filsafat yang menegaskan bahwa realitas, atau kenyataan pada dasarnya bersifat mental, dibangun secara mental, atau tidak penting. Idealisme berasal dari kata ide yang artinya adalah dunia di dalam jiwa (Plato), jadi pandangan ini lebih menekankan hal-hal bersifat ide, dan merendahkan hal-hal yang materi dan fisik. Realitas sendiri dijelaskan dengan gejala-gejala psikis, roh, budi, diri, pikiran mutlak, bukan berkenaan dengan materi.

    ReplyDelete
  54. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Idealism berarti paham yang berpusat pada ideal. Dimana ideal itu berasal dari manusia atau pikiran. Sangat mementingkan eksistensi akal pikiran manusia sebab pikiran manusia yang menjadi sumber ide. Ungkapan terkenal dari aliran ini adalah “segala yang ada hanyalah yang tiada” sebab yang ada itu hanyalah gambaran/perwujudan dari alam pikiran (bersifat tiruan). Sebaik apapun tiruan tidak akan seindah aslinya (yaitu ide). Jadi yang baik itu hanya apa yang ada di dalam ide itu sendiri. Maksud dari ini yaitu alam atau dunia atas, atau dunia teori yang hanya ada di pikiran manusia.

    ReplyDelete
  55. Latifah Fitriasari
    PM C

    Idealisme adalah sistem filsafat yang menekankan pentingnya keunggulan pikiran (mind), roh (soul) atau jiwa (spirit) dari pada hal-hal yang bersifat kebendaan atau material. Idealisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan yang berpaham bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide. Hal itu serupa dengan pernyataan bahwa aliran filsafat yang memandang yang mental dan ideasional sebagai kunci pandangan hidup.

    ReplyDelete
  56. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Dalam filsafat, idealisme adalah kelompok filosofi yang menyatakan bahwa realitas, atau kenyataan, secara fundamental mental, mental dibangun, atau immaterial. Epistemologis, idealisme bermanifestasi sebagai skeptisisme tentang kemungkinan mengetahui setiap pikiran-independen. Sebagai doktrin ontologis, idealisme lebih jauh, menegaskan bahwa semua entitas terdiri dari pikiran atau jiwa.

    ReplyDelete
  57. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Dalam filsafat, idealisme adalah kelompok filsafat yang menegaskan bahwa realitas, atau kenyataan sebagaimana manusia dapat mengetahuinya, pada dasarnya bersifat mental dan dibangun secara mental. Idealisme juga dapat dikatakan sebagai bentuk ideal yang diinginkan seseorang. Misalnya, proses pembelajaran matematika di sekolah idealnya dilakukan agar siswa mengkonstruk pengetahuannya. Akan tetapi, kenyataannya semuanya tidak berjjalan sesuai idealisme yang diinginkan.

    ReplyDelete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  59. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Idealism adalah segala pandangan yang menekankan peran sentral yang ideal atau spiritual dalam menafsirkan pengalaman. Idealism menegaskan keutamaan kesadaran sebagai asal mula dan prasyarat fenomena material, dimana idealism percaya bahwa kesadaran dan pikiran menjadi asal mula dunia material dan bertujuan untuk menjelaskan dunia yang ada sesuai dengan prinsip-prinsip ini.
    Teori idealism terbagi dalam dua kelompok. Subjective idealism yaitu mengakui keunggulan kesadaran manusia dan percaya bahwa dunia yang ada adalah gabungan dari sensasi. Objective idealism mengakui keutamaan kesadaran obyektif yang ada sebelumnya dan dalam beberapa hal tidak tergantung pada manusia.

    ReplyDelete
  60. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Pada dsarnya, jika kita mendengat kata idealisme, maka kita akan secara reflek, bagi yang pernah menggunakan kata ideal, paham namun tidak mengerti arti sesungguhnya itu apa. Idealisme memiliki kata dasar ide yang artinya menurut Plato adalah dunia di dalam jiwa. Pandangan ini sering kali memandang bahwa sesuatu hal yang bersifat materi atau fisik itu rendah, namun sesuatu yang bersifat ide atau non-materi itulah yang mereka tekankan. Sehingga dalam paham ini segala sesuatu hanya didasarkan pada pemikiran atau ide yang sempurna tanpa melihat atau memperhatikan secara kasat mata atau praktiknya.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  61. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Idealisme adalah paham yang memandang mental sebagai kunci ke hakekat realitas. Idealisme adalah suatu pemikiran, ide, logika, yang menuju arah ideal. Seseorang ketika melakukan sesuatu pasti memiliki pedoman. Idealisme adalah perbuatan yang mengacu pada aturan tertulis lebih melakukan apa yang menjadi tugasnya. Pada dasarnya idealisme dan realitas adalah dua hal yang seharusnya tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan. Perlu adanya keseimbangaan antara sifat idealisme dan realitas agar menjadi manusia seutuhnya. Sikap realitas digunakan untuk memahami kondisi real di lapangan. Sedangkan idealisme diperlukan untuk memperbaiki atau menyempurnakan kekuarangan yang terjadi dalam realita. Karena tidak mungkin sesorang itu mengikuti arus selamanya. Tidak mungkin juga seseorang hanya mengutamakan idelaismenya.

    ReplyDelete
  62. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Idealisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan yang berpaham bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide. Secara logika, antara idealisme dan realisme tidak bisa dipertentangkan. Sebab, pencetus idealisme (Plato) adalah murid dari pencetus realisme (Socrates). Idealisme menganggap, bahwa yang konkret hanyalah bayang-bayang, yang terdapat dalam akal pikiran manusia. Sedangkan kaum idealisme sering menyebutnya dengan ide atau gagasan. Seorang realisme tidak menyetujui pandangan tersebut.

    ReplyDelete
  63. Di dalam filsafat, idealism merupakan pandangan kelompok filsafat bahwa segala sesuatu dibangun secara mental, yang mengutamakan kesadaran sebagai prasyarat eksistensi material. Teori yang membahas tentang idealism adalah idealism subjektif yang mengakui bahwa adanya sesuatu karena gabungan dari sensasi dan idealism objektif yang mengakui keunggulan kesadaran manusia dan percaya bahwa adanya sesuatu tidak tergantung pada manusia

    ReplyDelete
  64. Metia Novianti
    17709251021
    PPs PM A

    Idealisme berasal dari kata idea yang berarti gambaran atau pemikiran, dan isme yang berarti paham atau pendapat. Idealisme adalah suatu pandangan dunia atau metafisika yang menyatakan bahwa realitas dasar terdiri atas, atau sangat erat hubungannya dengan ide, pikiran atau jiwa. atau Biasa disebut dengan aliran filsafat yang menjelaskan bahwa kebenaran/pengetahuan sesungguhnya bukan bersumber dari rasio atau empiris, melainkan dari gambaran manusia tentang suatu pengamatan. Untuk membuktikan pengamatan itu perlu diadakan kajian yang mendalam, baik tentang subyek maupun tentang obyek.

    ReplyDelete
  65. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Idealisme adalah suatu aliran yang mengajarkan bahwa hakikat dunia fisik hanya dapat dipahami dalam kaitannya dengan jiwa dan roh. Istilah Idealisme diambil dari kata idea yaitu sesuatu yang hadir dalam jiwa. Menurut Plato, seorang filosof idealisme klasik ( Yunani Purba ), menyatakan bahwa realitas terakhir adalah dunia cita. Hakikat manusia adalah jiwanya, rohaninya, yakni apa yang disebut “mind”.

    ReplyDelete
  66. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Idealisme mengungkapkan bahwa yang terpenting pada diri kita adalah jiwa dan ruh kita. sedangkan fisik atau materi hanyalah pencerminan, bayangan dan penjelmaan dari jiwa dan ruh. Apalah artinya fisik jika tidak ada ruh didalamnya. sedangkan fisik tergantung pada jiwa dan ruh yang menunginya. jika jiwa itu baik maka akan baik pula fisiknya, jika jiwa itu jahat maka akan jahat pula fisiknya. sama halnya disaat kita bercermin, yang dipantulkan adalah bayangan diri kita.

    ReplyDelete
  67. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Idealisme dalam artian umum seperti paham atau keinginan yang sesuai dengan ideal. akan tetapi dalam kehidupan shari-hari sangat sulit menerapkan idealisme ini yang dikarenakan adanya pertentangan antara diri dan realita.

    ReplyDelete
  68. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Idealisme menyatakan bahwa kenyataan atau pengetahuan dibangun berdasarkan mental dan ide yang pokok. Idealism menurut saya berupaya untuk menggapai sesuatu yang ideal mendekati sempurna atau absolut. Aliran idealism mengutamakan penggunaan pikiran dalam berbagai hal. Idealism akan berpegang teguh dengan ide yang dia bentuk selama ide itu memberikan nilai guna bagi dirinya maupun orang lain.

    ReplyDelete
  69. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Idealism adalah aliran yang mempunyai pemahaman bahwa semua isi dunia itu relatif terhadap pikiran manusia. Apa yang dipikirkan oleh manusia berpengaruh terhadap sekitar. Satu-satunya hal yang pasti di dunia ini adalah keberadaan seseorang sendiri. Idealism untuk diri pribadi baik, tetapi kadang belum tentu bisa diterima oleh sekitarnya.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  70. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  71. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,
    Idealisme adalah suatu paham yang menganggap bahwa relitas ini terdiri atas roh-roh
    atau jiwa, ide-ide dan pikiran atau yang sejenis dengan ha tersebut. Atau bisa dikatakan
    bahwa idealisme merupakan paham yang meyakini bahwa segala sesuatu dianggap
    benar oleh individu yang bersangkutan dengan bersumber dari pengalaman,
    pendidikan, budaya dan kebiasaan. Artinya bahwa pengetahuan dan kebenaran
    tertinggi itu adala ide. Paham ini merupakan lawan dari paham realisme yang
    menganggap realita sebagai kebenaran tertinggi. Implikasinya dalam dunia pendidikan
    yaitu mencita-citakan pemikiran atau ide tertinggi, karena hal konkret hanyalah baying-
    bayang, sedangkan yang sesungguhnya adalah apa yang ada di dalam akal pikiran
    manusia.

    ReplyDelete
  72. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Idealisme adalah sebuah paham yang idealisme. Maksudnya yaitu sebuah paham yang menegaskan realitas, atau kenyataan sebagaimana manusia dapat mengetahuinya, pada dasarnya bersifat mental, dibangun secara mental, atau tidak penting. Orang yang idealisme biasanya memikirkan sesuatu dengan detail.

    ReplyDelete
  73. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Idealisme menganggap bahwa hakekat realitas itu terdiri atas ide-ide, fikiran, akal atau jiwa dan bukan benda ataupun materi. Dalam idealisme itu, menekankan pikiran sebagai hal yang lebih dulu daripada materi. Oleh karena itu idealism adalah paham filsafat yang meyakini bahwa hakikat realitas itu berasal dari ide, fikiran ataupun jiwa dan mengesampingkan materi. Sehingga idealism ini bertetangan dengang empirism. Terimakasih

    ReplyDelete
  74. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Begitu luas pengaruh pikiran manusia, bahkan dunia pun terbentuk dari pemikiran manusia. Begitu berpengaruhnya pikiran manusia, sehingga jika ingin melihat dunia maka lihatlah kedalam pikiran sendiri. Pengetahuan dan kebenaran berasal dari ide yang bersumber dari pikiran manusia. Ide dapat berkembang, membentuk dimensi baru yang akan berbeda-beda antara satu orang dan yang lainnya.

    ReplyDelete
  75. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Idealism merupakan paham yang memberikan penilaian terhadap suatu hal berdasarkan pada pengalaman, kebiasaan ataupun kriteria tertentu. Idealism mengedepankan akal pikiran manusia. Sehingga sesuatu itu bisa terwujud atas dasar pemikiran manusia. Dalam pendidikan, paham ini memiliki kontribusi besar untuk kemajuan pendidikan. Idealism mengembangkan pemikiran peserta didik sehingga menjadikan peserta didik mampu menggunakan akal pikiran atau idenya dengan baik dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete