Dec 2, 2012

PHENOMENOLOGY





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang PHENOMENOLOGY, koneklah:





Wss Wr Wb
Marsigit

28 comments:

  1. "fenomenologi" sering kali terbatas pada karakterisasi kualitas sensorik dalam melihat, mendengar, dll: bagaimana rasanya memiliki sensasi dari berbagai jenis

    ReplyDelete
  2. Wisniarti
    17709251037
    PM B Matematika

    Dari referensi di atas fenemonoligi dipahami berdasarkan bidang disiplin dalam filsafat, atau sebagai gerakan dalam sejarah filsafat. Fenomenologi yang dipahami berdasarkan bidang disiplin dalam filsafat didefinisikan pada awalnya sebagai studi tentang struktur pengalaman, atau kesadaran. Dan, pada baru-baru ini istilah "fenomenologi" sering kali terbatas pada karakterisasi kualitas sensorik dalam melihat, mendengar, dll: bagaimana rasanya memiliki sensasi dari berbagai jenis. Pengalaman dan kesadaran itu berhubungan dengan kualitas sensori manusia. Contohnya, manusia belajar merupakan, manusia melihat adanya pelangi merupakan fenomenologi. Fenomenologi itu pengalaman yang membawa manusia itu memiliki suatu kesadaran mengenai sesuatu yang memberikan sensori.

    ReplyDelete
  3. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Fenomenologi merupakan studi dalam bidang filsafat yang memperlajari manusia sebagai sebuah fenomena. Mempelajari manusia sebagai fenomena tidak lepas dari hakikat manusia itu sendiri atau disebut ilmu hermeunetik. Oleh karena itu, topik yang dibahas dalam tradisi fenomenologis meliputi sifat intensionalitas, persepsi, kesadaran waktu, kesadaran diri, kesadaran tubuh dan kesadaran orang lain. Terima Kasih

    ReplyDelete
  4. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Berdasarkan salah satu web diata, fenomenologi merupakan salah satu gerakan pada abad 20. Pada filsafat kontemporer menyebutkan bahwafenomenologi adalah sebuah properti dari beberapa keadaan mental, properti yang mereka miliki jika dan hanya jika ada sesuatu yang seperti berada di dalamnya. Dengan demikian, "fenomenologis" mengacu pada cara melakukan filsafat yang kurang lebih terkait erat dengan gerakan yang sesuai. Fenomenologi menggunakan metode khusus untuk mempelajari ciri-ciri struktural pengalaman dan hal-hal seperti yang dialami. Ini terutama disiplin deskriptif dan dilakukan dengan cara yang sebagian besar tidak bergantung pada penjelasan ilmiah, termasuk kausal, penjelasan dan penjelasan tentang sifat pengalaman. Topik yang dibahas dalam tradisi fenomenologis meliputi sifat intensionalitas, persepsi, kesadaran waktu, kesadaran diri, kesadaran tubuh dan kesadaran orang lain.

    ReplyDelete
  5. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Fenomenologi merupakan pandangan filsafat dengan beberapa macam rujukan, diantaranya yaitu fenomenologi filsafat, fenomenologi bagian fisika, fenomenologi arsitektur, fenomenologi arkeologi, dan fenomenologi psikologi. Fenomenologi secara umum dapat dimaknai sebagai suatu konsep yang membicarakan tentang fenomena atau segala sesuatu yang nampak atau menampakan diri. Fenomenologi dapat dikatakan sebagai filsafat utama karena ia merupakan studi tentang kesadaran. Dalam Fenomenologi Kenyataan tidak harus didekati dengan argumen-argumen, konsep-konsep dan teori umum, namun kita dpat memperkenalkan gejala-gejala dengan menggunakan intuisi.

    ReplyDelete
  6. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa phenomenology dapat didefinisikan berdasarkan beberapa sudut pandang keilmuan. Jika ditinjau dari bidang penelitian empiris, fenomenologi merupakan metode penelitian. Dalam filsafat sendiri, fenomenologi merupakan suatu metode filsafat mengenai struktur pengalaman atau kesadaran

    ReplyDelete
  7. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Secara bahasa phenomenologi berasal dari kata phainomenon yang artinya apa yang dapat dilihat atau tampak. Fenomenologi adalah sebuah studi dalam bidang filsafat yang mempelajari manusia sebagai sebuah fenomena. fenomonologi merupakan cabang ilmu filsafat yang biasanya dihubungkan dengan ilmu yang mempelajari arti daripada fenomena yang ada.

    Sementara itu, dalam kaitannya dengan matematika, fenomenologi berusaha untuk memahami objek kajian matematika dengan kesadaran melalui suatu pengalaman. Dengen demikian dituntut adanya kesadaran penuh dan kemampuan bernalar yang tinggi untuk memahami adanya fenomena dalam matematika itu sendiri. Fenomenologi memandang matematika dari segi konkritnya karena fenomenologi menuntut objek yang dapat dilihat. Sedangkan untuk objek abstrak matematika fenomenologi membutuhkan model yang dibuat oleh matematika.

    ReplyDelete
  8. Adapun contoh dari phenomenologi pendidikan matematika adalah segala proses yang dilakukan secara sadar dan terencana dalam pendidikan matematika itu sendiri, misalnya saja proses pembelajaran matematika yang melibatkan siswa, guru, dan sumber belajar. Selain itu, Contoh dari fenomenologi matematika adalah proses memahami objek matematika abstrak melalui suatu contoh yang real yang dilakukan dengan melakukan aktivitas atau melalui serangkaian pengalaman. Misalnya mengenai pemahaman konsep kubus dan balok.

    ReplyDelete
  9. Fenomenologi adalah studi tentang struktur kesadaran yang dialami dari sudut pandang orang pertama. Fenomenologi merupakan karya Husserl pada abad ke-20. fenomenologi mempelajari manusia sebagai suatu fenomena. Fenomenologi dapat merujuk dari berbagai hal dan berbagai bidang. Dalam matematika, fenomenologi merujuk pada hal konkret atau objek nyata yang dapat dilihat, oleh karena itu dalam memahami matematika secara fenomenologi dibutuhkan kesadaran dan kemampuan bernalar.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  10. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Sebelumnya, pengetahuan saya mengenai fenomenologi hanyalah sebatas mengartikan fenomenologi sebagai salah satu jenis penelitian kualitatif. Dari artikel tesebut dapat saya simpulkan bahwa fenomenologi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur kesadaran yang dialami dari sudut pandang orang pertama. Dan ternyata fenomenologi mempunyai keterkaitan dengan disiplin ilmu filsafat lainnya seperti ontologi, epistemologi , logika, dan etika.

    ReplyDelete
  11. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link http://plato.stanford.edu/entries/phenomenology/. Yang saya pahami adalah phenomenology adalah suatu pemahaman sebagai bagian dari filsafat atau bisa dikatakan sebagai perkembangan dari sejarah filsafat. Phenomenology mempelajari pengalaman sadar sebagai bentuk pengalaman dari sudut pandang orang pertama. Phenomenology berkaitan dengan ontology, epistemology, logic dan ethics. Fenomenologi adalah sebuah tradisi yang digunakan untuk memaknai sebuah fenomena secara mendalam. Dalam hal ini manusia merupakan subjek dalam suatu fenomena. Proses pemaknaan akan menekankan pada suatu pengkajian secara mendalam terhadap tiap bagian dari fenomena yang selalu memberikan arti.

    ReplyDelete
  12. Junianto
    PM C

    Fenomenologi merupakan cabang dari ilmu filsafat yang mempelajari manusia sebagai sebuah fenomena. Kaitannya dengan matematika maka fenomenologi bisa dilihat sebagai salah satu usaha untuk memahami objek matematika secara sadar melalui sebuah pengalaman. Kata kunci utama dalam hal ini adalah “pengalaman” dimana belajar matematika tidak bisa berjalan dengan baik jika tidak ada pengalaman yang terjadi. Maka dari itu, ketika siswa belajar ia harus mengalami sendiri pembelajaran itu bukan hanya mendengar penjelasan dari guru. Siswa juga diharapkan aktif melakukan kegiatan untuk membangun konsep mereka.

    ReplyDelete
  13. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Fenomenologi dapat didefinisikan pada awalnya sebagai studi tentang struktur pengalaman, atau kesadaran. Fenomenologi dapat diartikan sebagai studi tentang fenomena yaitu penampilan sesuatu, atau hal-hal seperti yang muncul dalam pengalaman kita, atau cara kita mengalami banyak hal, jadi makna ada pada pengalaman kita. Fenomenologi mempelajari pengalaman sadar yang dialami dari sudut pandang subjektif atau orang pertama. Fenomenologi ini merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif. Penelitian fenomenologi bertujuan untuk menginterpretasikan tindakan sosial yang bermakna dalam kehidupan sosial.

    ReplyDelete
  14. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Fenomenologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang peristiwa ataupun gejala yang terjadi pada alam semesta ini pada umumnya, dan manusia untuk yang lebih khususnya, sehingga merupakan sumber ilmu bagi manusia untuk mempelajarinya lebih lanjut. Ilmu tersebut memuat bagaimana terjadinya fenomena itu sendri, mengapa bisa terjadi, sebabnya bagaimana, akibatnya seperti apa, apa hikmah yang terkandung didalamnya dan lainnya.

    ReplyDelete
  15. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Pada dasarnya fenomenologi adalah suatu tradisi pengkajian yang digunakan untuk mengeksplorasi pengalaman manusia. Kaum fenomenologi memandang bahwa perilaku manusia bahwa apa yang dikatakan dan dilakukan orang sebagai produk dari cara orang tersebut menafsirkan dunianya. Asumsi pokok fenomenologi adalah manusia secara aktif menginterpretasikan pengalamannya dengan memberikan makna atas sesuatu yang dialaminya. Oleh karena itu interpretasi merupakan proses aktif untuk memberikan makna atas sesuatu yang dialami manusia.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  16. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Fenomenologi merupakan bagian dari metodologi kualitatif yang mengandung nilai sejarah dalam perkembangannya. Fenomenolog memegang teguh prinsip bahwa periset harus memfokuskan diri pada sesuatu yang disebut `menemukan permasalahan` sebagaimana yang diarahkan kepada objek dan pembetulannya terhadap objek sebegaimana ditemukan permasalahannya. Sehingga dapat saya simpulkan bahwa fenomenologi merupakan metodologi kualitatif yang berfokus untuk menemukan permasalahan terhadap fenomena atau kejadian yang sedang terjadi.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  17. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Fenomenologi dalam konsepsi Husserl, terutama berkaitan dengan refleksi yang sistematis dan studi tentang struktur kesadaran dan fenomena yang muncul dalam tindakan kesadaran. Ontologi ini ( studi realitas ) dapat jelas dibedakan dari metode Cartesian analisis yang melihat dunia sebagai obyek, set objek, dan objek bertindak dan bereaksi terhadap satu sama lain.

    ReplyDelete
  18. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Fenomenologi merupakan sebuah studi dalam bidang filsafat yang mempelajari manusia sebagai sebuah fenomena. Fenomonologi dalam filsafat dihubungkan dengan ilmu hermeneutik, yaitu ilmu yang mempelajari arti daripada fenomena ini. Untuk mempelajari manusia sebagai fenomenea, maka perlu dilakukan berulang-ulang kali (hermeneutik). Manusia memang menjadi objek yang sangat menarik untuk diteliti dan diperhatikan dengan keunikan dan semua rahasianya. Sehingga sebenarnya, objek-objek untuk penelitian tidak akan habis topiknya.

    ReplyDelete
  19. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Phenomenology pertama kali ditemukan oleh Edmund Hussrel. Phenomenology merupakan studi tentang struktur kesadaran yang dialami dari sudut pandang orang pertama. Phenomenology menggunakan metode khusus untuk mempelajari ciri-ciri struktural pengalaman dan hal-hal seperti yang dialami. Hal ini dilakukan dengan cara yang sebagian besar tidak bergantung pada penjelasan ilmiah. Topik yang dibahas dalam tradisi phenomenology meliputi sifat intensionalitas, persepsi, kesadaran waktu, kesadaran diri, kesadaran tubuh dan kesadaran orang lain.

    ReplyDelete
  20. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Gejala-gejala dan objek-objek yang nampak di dunia ini merupaka kajian yang dibahas oleh fenomenologi. Gejala-gejala yang dikaji oleh fenomena disini biasa kita kenal dengan sebutan fenomena. Objek-objek kajian dalam fenomena disini merupakan turunan dari sifat transendental yang merupakan idea teologis, idea psikologi, serta idea kosmos. Dimana ketiganya saling berhubungan satu sama lainnya.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  21. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Sebagai pendiri aliran fenomenologi, Edmun Husserl mengatakan bahwa fenomenologi adalah aliran (logos) pengetahuan tentang apa yang tampak (phainomenon). Jadi fenomenologi adalah ilmu yang mempelajari yang tampak atau apa yang menampakkan diri atau fenomenon. Sebagai filsafat, fenomenologi menurut Husserl memberi pengetahuan yang perlu dan esensial mengenai apa yang ada.

    ReplyDelete
  22. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Secara harfiah, fenomenologi fenomenalisme adalah aliran atau paham yang menganggap bahwa fenomenalisme (gejala) adalah sumber pengetahuan dan kebenaran. Salah seorang tokoh fenomenologi adalah Endmund Husserl (1859-1938), ia selalu berupaya ingin mendekati realitas tidak melalui argumen-argumen, konsep-konsep, atau teori ilmu "zuruck zu den sachen seibst", kembali kepada benda-benda itu sendiri merupakan inti dari pendekatan yang dipakai untuk mendeskripsikan realitas menurut apa adanya.

    ReplyDelete
  23. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Yang saya pahami dari bacaan diatas adalah dalam filsafat, fenomenologi adalah sebuah kajian filsafat yang mempelajari struktur pengalaman dan kesadaran. Menurut Edmund Husserl, fenomenologi adalah suatu analisis deskriptif serta introspektif mengenai kedalaman dari semua bentuk kesadaran dan pengalaman-pengalaman langsung; religius, moral, estetis, konseptual, serta indrawi.

    ReplyDelete
  24. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Fenomenologi umumnya dipahami dalam salah satu dari dua cara yaitu sebagai bidang disiplin dalam filsafat, atau sebagai gerakan dalam sejarah filsafat. Disiplin fenomenologi awalnya didefinisikan sebagai studi tentang struktur pengalaman atau kesadaran.

    ReplyDelete
  25. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Secara harfiah, fenomenologi adalah studi tentang fenomena, hal-hal yang muncul berdasarkan pengalaman, atau cara kita mengalami suatu hal sehingga makna hal tersebut ada dalam pengalaman. Dalam bidang filsafat kemudian dibedakan dan dikaitkan dengan bidang utama lainnya dalam filsafat yaitu ontologi, epistemologi, logika, etika dan lainnya.

    ReplyDelete
  26. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Fenomenologi adalah studi tentang struktur kesadaran yang dialami dari sudut pandang orang pertama. Jadi dikatakan fenomenologi dilihat dari pendapat pertama dari seseorang. Fenomenologi berasal dari kata fenomena. Fenomena adalah hal-hal yang dapat disaksikan dengan pancaindra dan dapat diterangkan serta dinilai secara ilmiah. Fenomenologi berarti sudut pandang untuk sesuatu yang pernah dialami.

    ReplyDelete
  27. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Berbicara tentang pendekatan, maka kita dapat melihatnya dari sudut pandang yang beragam. Tergantung bagaimana menyikapinya dan melihatnya lebih dalam. Biasanya kita dapat mengamati banyak hal dari pengalaman. Belajar dari pengalaman justru mampu mengajarkan banyak hal secara langsung yang biasanya akan lebih bermakna. Lebih jauh, hakikat manusia sebagai individu dan makhluk sosial ini berkaitan terhadap bagaimana memposisikan diri baik dalam tananan masyarakat atau dalam menghargai diri sendiri.

    ReplyDelete
  28. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    Dari referensi tersebut dapat diketahui bahwa fenomenologi umumnya dipandang dalam 2 hal yaitu sebagai disiplin ilmu filsafat dan juga gerakan dalam sejaran filsafat. jika didefinisikan sebagai ilmu filsafat, maka fenomenologi dapat diartikan sebagai studi tentang struktur pengalaman sadar, atau kesadaran yang dialami dari sudut pandang orang pertama. dengan kata lain, fenomenologi merupakan studi tentang fenomena, dapat berupa penampilan sesuatu, hal-hal yang muncul dalam pengalamna atau cara kita mengalami banyak hal. contohnya : saya melihat seekor kucing berjalan didepan rumah, saya ingin memiliki sebuah apartemen, dan sebagainya.

    ReplyDelete