Dec 2, 2012

ROMANTICISM





Ass Wr Wb
 Jika ingin membaca lebih lanjut tentang ROMANTICISM, koneklah:





Wss Wr Wb
Marsigit

62 comments:

  1. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Romantisme ( era Romantis atau periode Romantis) adalah sebuah gerakan seni, sastra, dan intelektual yang berasal dari Eropa menjelang akhir abad ke-18 dan di sebagian besar wilayah mencapai puncaknya pada periode perkiraan dari tahun 1800 sampai 1850, Sekitar tahun itu romantisisme pertama kali diperkenalkan sebagai estetika. Romantisisme melihat segala hal dengan perasaan atau kedalaman emosi. Romantisme muncul ketika intuisi perasasan muncul, mencoba untuk menciptakan estetika dari suatu perasaan.

    ReplyDelete
  2. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Romanticism (also the Romantic era or the Romantic period) was an artistic, literary, musical and intellectual movement that originated in Europe toward the end of the 18th century and in most areas was at its peak in the approximate period from 1800 to 1850. Romanticism was characterized by its emphasis on emotion and individualism as well as glorification of all the past and nature, preferring the medieval rather than the classical.
    The movement emphasized intense emotion as an authentic source of aesthetic experience, placing new emphasis on such emotions as apprehension, horror and terror, and awe—especially that experienced in confronting the new aesthetic categories of the sublimity and beauty of nature. It elevated folk art and ancient custom to something noble, but also spontaneity as a desirable characteristic (as in the musical impromptu).
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Romanticism

    ReplyDelete
  3. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Romantisisme adalah gerakan artistik, sastra, musik dan intelektual yang berasal dari Eropa menjelang akhir abad ke-18 dan di sebagian besar wilayah berada pada puncaknya dalam periode perkiraan dari 1800 sampai 1850. Romantisisme Ditandai dengan penekanannya pada emosi dan individualisme serta pemuliaan semua masa lalu dan alam, lebih memilih abad pertengahan daripada klasik. Sebagian besar periode Romantisisme dikaitkan dengan liberalisme dan radikalisme, efek jangka panjangnya terhadap pertumbuhan nasionalisme mungkin lebih signifikan. Pergerakan tersebut menekankan emosi yang kuat sebagai sumber pengalaman estetika yang otentik, memberi penekanan baru pada emosi seperti ketakutan, ketakutan dan teror, dan kagum-terutama yang dialami dalam menghadapi kategori estetika baru tentang keagungan dan keindahan alam. Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Romanticism

    ReplyDelete
  4. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Romantisisme muncul sebagai sebuah gerakan seni, sastra dan intelektual dari Eropa Barat di abad ke-18. Romantisisme adalah salah satu paham filsafat yang banyak ditulis dalam karya sastra. Romantisisme meletakkan perasaan sebagai suatu nilai dan nilai tersebut bergantung pada pengarahan imajinasi. Sementara era romantisisme ditandai beberapa aspek, yaitu ketertarikan terhadap imajinasi khususnya penekanan pada perasaan, ketertarikan pada individu, ketertarikan pada alam dan rakyat jelata, dan ketertarikan pada masa lalu. Romanticism ini merupakan salah satu perbuatan oleh hati yang membuat seseorang meraskan kebahagiaa.

    ReplyDelete
  5. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Romantisisme memiliki pandangan yang berlawanan dengan Realisme. Romantisisme (adalah gerakan intelektual yang berasal dari Eropa menjelang akhir abad ke-18 dan di sebagian besar wilayah berada pada puncaknya dalam periode perkiraan dari 1800 sampai 1850. Romantisisme ditandai dengan penekanannya pada emosi dan individualisme serta pemuliaan semua masa lalu dan alam, lebih memilih abad pertengahan daripada klasik. Pergerakan tersebut menekankan emosi yang kuat sebagai sumber pengalaman estetika yang otentik. Dari penjelasan ini kita pahami bahwa Romantisisme merupakan aliran filsafat yang memandan suatu pengetahuan yang lebih menekankanpada kecerdasan emosi.

    ReplyDelete
  6. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Romantisme merupakan gerakan yang menekankan emosi yang kuat sebagai sumber otentik dari pengalaman estetis, menempatkan penekanan baru pada emosi seperti ketakutan, kengerian dan teror, dan menakjubkan terutama yang berpengalaman dalam menghadapi kategori estetika baru keagungan dan keindahan alam. Selain itu romantisme adalah sebuah gerakan seni, sastra dan intelektual.

    ReplyDelete
  7. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berbicara masalah romaticsm ini sangat menaraik utnuk dipahami. Romantisisme (era Romantis atau Periode Romantis) adalah gerakan artistik, sastra, musik dan intelektual yang berasal dari Eropa menjelang akhir abad ke-18 dan di sebagian besar wilayah berada pada puncaknya dalam periode perkiraan dari 1800 sampai 1850. Romantisisme Ditandai dengan penekanannya pada emosi dan individualisme serta pemuliaan semua masa lalu dan alam, lebih memilih abad pertengahan daripada klasik. Itu sebagian merupakan reaksi terhadap Revolusi Industri. Yang selalau berhubungan dengan estetika. Keindahan yang muncul. Bisa lewat music, gambar, seni yang lainnya.( Encyclopædia Britannica. "''Romanticism''. Retrieved 30 January 2008, from Encyclopædia Britannica Online". Britannica.com. Archived from the original on 2005-10-13. Retrieved 2010-08-24)

    ReplyDelete
  8. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Romantisme punya kecenderungan supaya manusia kembali ke zaman di mana mereka pernah hidup berdamai dengan alam tanpa eksplorasi tidak banyak ambisi. Fritjof Capra mungkin dapat disebut kaum romantis sebab dia banyak mengusung tema konservasi utamanya kearifan Timur. Pemikiran kritis adalah buah dari romantisme kehidupan manusia yang sangat seksi dan menggairahkan. Tidak mudah menjadi seseorang yang bisa memiliki pemikiran kritis.

    ReplyDelete
  9. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Konsep utama dari pandangan romanticism ini adalah menciptkan sesuatu yang sifatnya baru dari sesuatu yang tidak pernah ada dipikiran orang lain. Romaniticism ini bebas dari emosi dan perasaan manusa. Romanticism ini begitu menyatu dengan ekspresi bebas dari sesorang misalnya saja karya seni seperti lukisan dan musik. Romanticism bisa memperngaruhi ranah pengetahuan karena seseorang telah mampu menciptakan sesuatu yang originila pada bidang pendidikan, hal tersebt bisa dikatakan sebagai wujud dari roanticism.

    ReplyDelete
  10. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya mendapatkan pemahaman baru dari paham filsafat yaitu romanticism. Dimana romanticism ini berhubungan dengan seni sastra. Dimana dalam romanticism yang berhubungan seni sastra sehingga berkaitan dengan seniman dimana romantisisme memiliki peran pencipta sejati yang mengabaikan aturan yang ditetapkan, yang menurut mereka terlalu ketat, formal, tradisional dan bahkan prosedural. Selain itu mereka juga beranggapan bahwa dalam imajinasi mereka imajinasi timbul alasan yang lebih unggul dan keindahan. Sehingga dapat dinikmati oleh semua orang yang melihatnya.

    ReplyDelete
  11. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Romantisme merupaka suatu aliran yang memandang bahwa kita hidup dan mengkonstruksi dunia melalui emosi kita. Romantisme juga malah menganggap segala macam sains itu dibentuk untuk mendegradasikan manusia. Menurut kaum romantis, astronomi dibangun dengan tahayul, ilmu geometri dikatakan ilmu yang lahir dari ketamakan manusia, seni berdebat atau dialektika adalah ilmu yang dipakai untuk mewujudkan ambisi, ilmu etika adalah konstruksi daripada kesombongan, ilmu fisika juga mereka sebut dilahirrkan dari kemalasan manusia. Menurut kaum romantis, emosi melampaui akal budi. Empirisme dan Romantisme sebenarnya sama-sama menganggap manusia hidup dalam cengkraman. Empirisme mencoba membebaskan manusia dari jeratan dengan mengajak mereka mengaktifkan akal budi, memberinya metode penalaran sehingga dapat menuntun mereka menemukan kebenaran. Sementara itu, romantisme berusaha menyadarkan manusia akan fitrah hakikinya sehingga mereka dapat hidup dengan baik dan layak tanpa menuai banyak masalah. Adapun kaum romantik itu kebanyakan adalah para seniman, baik mereka pelukis, penyair maupun pegiat seni lainnya.

    ReplyDelete
  12. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Romantisme sebenarnya mendahului idealisme secara kronologis. Romantisme adalah apa yang sering disebut sebagai tren filsafat atau suasana peradaban rasionalitas pada waktu itu, yang lebih mengedepankan perasaan, nafsu, hasrat, kehendak, passion, yang berhubungan dengan keindahan. Jadi romantisme di sini bukan soal seperti yang dipahami umum, yaitu yang berkaitan dengan percintaan.

    ReplyDelete
  13. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Romantisme merupakan salah satu kajian dalam filsafat. Romantisme ditandai dengan penekanannya pada emoticon dan individualisme serta pemuliaan semua masa lalu dan alam, lebih memilih abad pertengahan daripada klasik. Romantisisme dan sains memiliki hubungan yang kuat, pengetahuan hanya bisa dicapai oleh orang-orang yang benar-benar menghargai dan menghormati alam. Pemahaman diri merupakan aspek penting dari Romantisisme. Ini tidak ada hubungannya dengan membuktikan bahwa manusia mampu memahami alam (melalui kecerdasan utamanya) dan karena itu mengendalikannya, dan lebih berkaitan dengan daya tarik emosional untuk menghubungkan dirinya dengan alam dan memahaminya melalui koeksistensi yang harmonis.

    ReplyDelete
  14. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Romantisisme atau Romantisme adalah gerakan seni rupa yang muncul pada akhir abad ke-18. Dalam Romantisme, unsur emosi lebih diutamakan dari pada pikiran. Romantisme merupakan faham yang menggambarkan perasaan senang, gembira dan bertanya-tanya terkait dengan cinta. Bagi umat islam, sesungguhnya cinta sejati yang kekal abadi hanyalah cinta kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  15. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Secara filsafat, romantisisme diartikan secara lebih dalam dan luas yakni sebagai sebuah gerakan seni, sastra dan intelektual yang menekankan emosi yang kuat sebagai sumber dari pengalaman estetika, memberikan tekanan baru terhadap emosi-emosi seperti rasa takut, ngeri, dan takjub yang dialami ketika seseorang menghadapi yang sublim dari alam. Namun, dalam kehidupan sehari-hari romanticism identik dengan emosi-emosi dalam hal percintaan. Selain itu, juga identik dengan rasa bahagia akan cinta tersebut. padahal sejatinya tidak sebatas itu.

    ReplyDelete
  16. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Pertama kali romantisisme didefinisikan sebagai estetika dalam kritik sastra sekitar 1800. Romantisisme mendapatkan momentum sebagai gerakan artistik di Prancis dan Inggris pada awal dekade abad ke 19. Dengan penekanan pada imajinasi dan emosi, romantisme muncul sebagai respon terhadap kekecewaan terhadap nilai-nilai pencerahan akal dan ketertiban pasca Revolusi Perancis tahun 1789. Gerakan ini sebagian merupakan revolusi melawan norma-norma kebangsawanan, sosial dan politik dari periode Pencerahan dan reaksi terhadap rasionalisasi terhadap alam, dalam seni dan sastra. Gerakan ini menekankan emosi yang kuat sebagai sumber dari pengalaman estetika, memberikan tekanan baru terhadap emosi-emosi seperti rasa takut, ngeri, dan takjub yang dialami ketika seseorang menghadapi yang sublim dari alam.

    ReplyDelete
  17. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika 2016

    Romantisisme adalah sebuah gerakan seni, sastra dan intelektual yang berasal dari Eropa Barat abad ke-18 pada masa Revolusi Industri. Gerakan ini sebagian merupakan revolusi melawan norma-norma kebangsawanan, sosial dan politik dari periode Pencerahan dan reaksi terhadap rasionalisasi terhadap alam, dalam seni dan sastra. Gerakan ini menekankan emosi yang kuat sebagai sumber dari pengalaman estetika, memberikan tekanan baru terhadap emosi-emosi seperti rasa takut, ngeri, dan takjub yang dialami ketika seseorang menghadapi yang sublim dari alam. Gerakan ini mengangkat seni rakyat, alam dan kebiasaan, serta menganjurkan epistemologi yang didasarkan pada alam, termasuk aktivitas manusia yang dikondisikan oleh alam dalam bentuk bahasa, kebiasaan dan tradisi. Ia dipengaruhi oleh gagasan-gagasan Pencerahan dan mengagungkan medievalisme serta unsur-unsur seni dan narasi yang dianggap berasal dari periode Pertengahan. Nama "romantik" sendiri berasal dari istilah "romans" yaitu narasi heroik prosa atau puitis yang berasal dari sastra Abad Pertengahan dan Romantik.

    ReplyDelete
  18. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih atas sumber-sumber yang Bapak berikan. Romantisme merupakan reaksi terhadap Revolusi Industri, itu juga pemberontakan terhadap norma-norma sosial dan politik aristokrat Abad Pencerahan dan reaksi terhadap rasionalisasi ilmiah alam. Hal ini diwujudkan paling kuat dalam seni visual, musik, dan sastra, tetapi memiliki dampak yang besar pada historiografi, pendidikan, dan ilmu-ilmu alam.

    ReplyDelete
  19. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Romantisisme merupakan gerakan dalam seni sastra, serta merupakan gerakan intelektual yang berasal dari pertengahan kedua pada abad 18 di eropa barat selama revolosi industri. Romantisisme menyebar dari seni ke sastra dan filsafat yang menekankan pada pendekatan emosional, spontan, dan imajinatif, dan kebebasan dengan cara subjektivitas dan individualisme.

    ReplyDelete
  20. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Romanticism berpandangan bahwa sesuatu yang bersifay baru yang tidak pernah dipikirkan orang lain. Romanticism begitu menyatu dengan ekspresi bebas dari sesorang misalnya musik, lukisan dan karya seni lainnya. Wujud dari romanticism misalnya seseorang mampu menicptakan ide baru dalam pendidikan, ini bisa jadi romanticism telah mempengaruhi ranah pengetahuan

    ReplyDelete
  21. Romantisisme adalah sebuah gerakan seni, sastra dan intelektual melawan norma-norma kebangsawanan, sosial dan politik dari periode Pencerahan dan reaksi terhadap rasionalisasi terhadap alam, dalam seni dan sastra. Nama "romantik" sendiri berasal dari istilah "romans" yaitu narasi heroik prosa atau puitis yang berasal dari sastra Abad Pertengahan. Mengingat kembali perjuangan-perjuangan dari kepahlawanan bangsa, negara yang terdahulu.

    ReplyDelete
  22. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof atas link-link yang dibagikan. Saya menemukan kesulitan dalam memahami romantisisme pada link-link tersebut, saya menyadari keterbatasan saya ini. Akan tetapi, mohon ijin berpendapat, pada masa menempuh pendidikan S1 dahulu saya pernah mendapatkan materi tentang dinamika dan perubahan. Seingat saya dahulu pernah dijelaskan tentang romantisme, disebutkan bahwa romantisme adalah perubahan yang arahnya selalu positif. Mohon maaf, jika pemahaman saya terkait ulasan di atas sangat melenceng dari makna yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  23. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Persepsi awal saya ternyata salah tentang romanticism. Nama "romantic" sendiri berasal dari istilah "romans" yaitu narasi, prosa atau sesuatu yang puitis yang berasal dari sastra Abad Pertengahan.Gerakan ini merupakan gerakan perlawanan terhadap norma dan aturan kebangsawanan, sosial dan politik. Selain itu, mereka menggap bahwa alam, dalam seni dan sastra merupakan suatu rasionalisasi dari kebenaran. Gerakan ini juga mengangkat seni rakyat, alam dan kebiasaa. Epistemologi dari romanticism didasarkan pada alam. Pendapat atau argumen pada gerakan ini cenderung kembali kepada sejarah dan alam.

    ReplyDelete
  24. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. Menurut saya, romantisisme adalah suatu paham yang mengarah pada suatu gerakan dalam dunia seni yang menekankan pada persepsi perasaan (emosi yang kuat dan menggebu-gebu) terhadap suatu entitas yang estetis. Sangat sulit untuk memahami aliran ini tanpa mengetahui sejarah estetika itu sendiri. dalam hal ini, saya masih sangat kurang dalam pemahaman aliran ini, sehingga saya membutuhkan referensi lebih dari hanya sekedar sumber-sumber minor seperti Wikipedia dll. Mohon pencerahannya, pak prof.

    ReplyDelete
  25. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami Romantisisme adalah gerakan yang menyebar di Eropa dan kemudian budaya Amerika antara tahun 1775 dan 1830, meskipun digembar-gemborkan oleh unsur-unsur sebelumnya di abad ke-18 (antiquarianisme, novel kepekaan, cita rasa yang agung dan indah, dan di atas semua ketinggian alam Rousseau dan sentimen di atas peradaban dan intelektualitas). Romantisisme sebagian merupakan reaksi terhadap rasionalitas yang kaku, pencerahan, statis, neo-klasik, yang mendukung secara spontan, tak terbatas, subyektif, imajinatif dan emosional, dan inspirasional dan heroik. Dalam filsafat, kaum Romantik mengambil dari pemikiran Kant baik penekanan pada kehendak bebas dan doktrin bahwa realitas pada akhirnya bersifat spiritual, dengan sifat itu sendiri merupakan cermin jiwa manusia. Menurut Schelling, alam menjadi semangat kreatif yang aspirasinya semakin lengkap dan realisasinya semakin lengkap. Pengetahuan tentang sifat semangat ini (Mutlak) tidak dapat diperoleh dengan cara rasional dan analitis, namun hanya dengan penyerapan emosional dan intuitif dalam prosesnya. Ketidakbersalahan spontan anak (dan kemanusiaan di masa kecilnya) rusak dengan dimulainya pemisahan intelektual dari alam, namun individu, dan sejarah manusia yang sama, dapat mengatasi pemisahan ini dengan proses spiral untuk mendapatkan kembali kesatuan yang hilang, meskipun disucikan dan diperbaiki oleh perjalanan. Seni romantis pada dasarnya merupakan salah satu gerakan, diincar dalam pencarian, perjalanan, dan ziarah yang bertujuan untuk kembali ke rumah atau tempat tinggal yang hilang. Coleridge dan de Staël adalah kendaraan utama transmisi Romantikisme filosofis Jerman ke Inggris. Meskipun gerakan kepentingan budaya yang lebih umum, Romantisisme memanfaatkan sumber intelektual dan emosional yang sama dengan idealisme Jerman, karena berujung pada filosofi Hegel dan idealisme mutlak.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  26. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Dalam link https://www.metmuseum.org/toah/hd/roma/hd_roma.htm disebutkan bahwa romantisme, yang pertama kali didefinisikan sebagai sebuah estetika dalam kritik sastra sekitar tahun 1800. ini berarti pada zaman romantisme didefiniskan estetika dalam kritik sastra, bukan sebagai kisah cinta atau bersifat mesra sebagaimana yang dikenal oleh kids jaman now. seiring berjalannya waktu makna romastis mulai bergeser hingga sekarang dlam KBBI Romantis diartikan sebagai bersifat seperti dalam cerita roman (percintaan) atau bersifat mesra atau mengasyikkan.

    ReplyDelete
  27. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Romanticism mengajarkan tentang bagaimana mengaplikasikan suatu keindahan, bentuk reaksi dari emosi dan pikiran manusia yang dituangkan dalam bentuk nyata (karya). Menurut paham ini, unsur emosi lebih diutamakan daripada pikiran. Dengan kata lain, paham ini lebih mempercayai intuisi daripada pikiran. Paham ini mendorang orang untuk menghayati perasaan melalui penghayatan indra.

    ReplyDelete
  28. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Romantisme merupakan salah satu aliran filsafat mengenai kasih sayang dan cinta. Apabila dalam pembelajaran dapat dianalogikan rasa cinta dan kasih sayang seorang guru kepada seluruh siswanya dengan membarikan pealyanan dan fasilitas terbaik untuk siswanya. Seperti mengajar dengan maksimal dengan selalu memberikan strategi, model, pemdekatan mengajar yang melibatkan siswanya. Agar siswa menyadari bahwa gurunya memang tulus dalam mengajar dan menyukai cara mengajar tersebut. Karena berdasarkan pengalaman saya, apabila saya menyukai cara guru mengajar maka saya juga akan menyukai pelajaran yang diajarkan.

    ReplyDelete
  29. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Setelah membaca link di atas, semua yang berkaitan dengan seni dan emosional dapat dikatakan sebagai romanticism. Pengekspresian seni pada tiap-tiap negara tentunya berbeda-beda. Kehidupan akan lebih bernuansa indah saat dilengkapi dengan seni. Bentuk-bentuk seni juga bermacam-macam mulai dari seni musik, seni tari, seni gambar, seni lukis, seni klasik dan modern, seni budaya dan sebagainya. Melalui seni juga dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis seseorang. Seni dapat pula dijadikan sebagai psikoterapi bagi orang-orang yang menderita gangguan psikologis tertentu. Dalam filsafat itu sendiri seni dapat dikatakan sebagai ruangnya bahasa. Semua yang ada dan yang mungkin ada tentunya memiliki seni tersendiri.

    ReplyDelete
  30. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Dalam aliran romantisme unsur emosi sangat ditekankan dibanding pikiran, aliran ini kerap kali dikaitkan dengan seniman. seniman Romantisisme tidak hanya bekerja dalam satu gaya saja. Tidak seperti Neo-Klasikisme, yang dapat disebut sebagai gaya, Romantisisme lebih merupakan falsafah atau pandangan. Aliran ini mendorong orang untuk menghayati perasaan melalui penghayatan indera serta lebih mempercayai intuisi dari pada pikiran. Romantisisme muncul dalam beberapa gaya dalam seni lukis.

    ReplyDelete
  31. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Saya menjadi tersenyum sendiri ketika membaca artikel ini.Membawa saya pada suatu kenangan yang telah lama terlupakan.Para remaja sangat menyukai kata ini.Biasanya kata romantisme sering disimbolkan bagi orang yang sedang dimabuk cinta.Berbicara tentang romantisme suatu yang sangat sulit untuk diungkapkan.Manurut saya ini merupakan sesuatu yang sangat misterius.Tidak dapat ditebak apa maunya.Karena pada dasarnya ia tak berwujud Romantisme identik dengan perasaan.Romantisme merupakan sesuatu yang memiliki nilai estetika.Beradasarkan bacaan, romantisme awalnya mulanya didefinisikan sebagai estetika terahdap kritikan sastra.

    ReplyDelete
  32. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Romantisisme pertama kali didefinisikan sebagai estetika dalam kritik sastra. Romantisisme dicirikan oleh penekanannya pada emosi dan imajinasi. Paham Romantisme ini dituangkan dalam bentuk suatu karya seni. Pemikiran-pemikiran para ahli terlihat dari artistik yang tergambar secara indah dalam suatu karya yang berestetika. Emosi dan imajinasi ahli tersebut dapat ditemukan dalam karya yang telah dibuat sebelum-sebelumnya.

    ReplyDelete
  33. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Romantisisme merupakan pandangan yang menekankan emosi sebagai sumber dari pengalaman estetika, sehingga dapat memberikan tekanan baru terhadap emosi-emosi seperti rasa takut, dan takjub yang dialami ketika seseorang menghadapi kekuatan alam. Romantisisme pada awalnya digunakan sebagai pemantik revolusi dalam melawan norma-norma kebangsawanan, sosial dan politik dari periode Pencerahan. Selain itu Romantisisme juga merupakan reaksi terhadap rasionalisasi terhadap alam, dalam seni dan sastra.

    ReplyDelete
  34. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Romanticism adalah paham tentang ungakapan isi hati seseorang. Bagaimana Cara seseorang tersebut mengkungkapkan isi hatinya kepada orang lain. Romantisme adalah pendekatan dalam bentuk seni. agar bagaimana uangkapan hati tersbeut bisa diterima dengan baik oleh orang yang diaksud. Romantis bisa dilihat tergantung dari sudut pandang masing-maisng individu. Dikarenakan jiwa seni setiap individu berbeda, akan banyak memunculkan cara yang berbeda dalam mengutarakan isi hati dan pemikirannya.

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Tak disangka di sisi lain filsafatbada romantisme. Berdasarkan link-likn diatas bahwa romantism merupakan aliran filsafat yang lebih mengedepankan perasaan, nafsu, hasrat, kehendak, passion, yang berhubungan dengan keindahan. Aliran ini bisa masuk di berbagai bidang dalam kehidupan seperti seni, sastra serta musik. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  37. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Saya menjadi tersenyum sendiri ketika membaca artikel ini.Membawa saya pada suatu kenangan yang telah lama terlupakan.Para remaja sangat menyukai kata ini.Biasanya kata romantisme sering disimbolkan bagi orang yang sedang dimabuk cinta.Berbicara tentang romantisme suatu yang sangat sulit untuk diungkapkan. Manurut saya ini merupakan sesuatu yang sangat misterius.Tidak dapat ditebak apa maunya.Karena pada dasarnya ia tak berwujud Romantisme identik dengan perasaan.Romantisme merupakan sesuatu yang memiliki nilai estetika.Beradasarkan bacaan, romantisme awal mulanya didefinisikan sebagai estetika terahdap kritikan sastra.

    ReplyDelete
  38. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa Romanticism atau Romantic Period adalah pergerakan artistik, sastra, musikal dan intelektual yang berasal dari Eropa menjelang akhir abad ke-18. Romanticism memiliki karakter yaitu penekanan pada emosi dan individualisme dari masa lampau dan alam, lebih kepada masa pertengahan daripada masa klasik.

    ReplyDelete
  39. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Sebagai kaum muda, berbicara tentang romantisme terkadang membuat kita berpikir terkait dengan cinta. Tapi sebenarnya apa sih romantis itu?bagaimana asal usulnya? Ternyata setelah saya membaca link yang bapak berikan, Romantisisme/roamntis adalah gerakan artistik, sastra, musikal dan intelektual yang berasal di Eropa menjelang akhir abad ke-18, dan di sebagian besar wilayah berada pada puncaknya dalam periode perkiraan dari tahun 1800 sampai 1850. Romantisisme dicirikan oleh penekanannya pada emosi dan individualisme serta pemuliaan semua masa lalu dan alam, lebih memilih abad pertengahan daripada klasik.

    ReplyDelete
  40. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan beberapa sumber yang saya baca, romantisisme merupakan gerakan dalam seni sastra serta gerakan intelektual. Romantisisme menyebar dari seni ke sastra dan filsafat yang menekankan pada pendekatan emosional, spontan, dan imajinatif serta kebebasan dengan cara subjektivitas dan individualisme. Romantisme mulai di Jerman dan Inggris pada 1770 dan telah menyebar ke seluruh Eropa pada 1820-an. Kemudian tidak lama setelah itu, pengaruhnya telah menyebar di luar negeri ke Amerika Serikat.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  41. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Seniman romantisisme terpesona oleh alam, jenius, nafsu mereka, perjuangan batin, suasana hati mereka, potensi mental, dan pahlawan. Mereka menyelidiki sifat manusia dan kepribadian, budaya rakyat, asal-usul nasional dan etnis, era abad pertengahan, yang eksotis, remote, yang misterius, okultisme, yang sakit, dan bahkan setan. Seniman romantisisme memiliki peran pencipta sejati yang mengabaikan aturan yang ditetapkan, yang menurut mereka terlalu ketat, formal, tradisional dan bahkan prosedural. Mereka juga percaya bahwa imajinasi adalah alasan yang lebih unggul dan keindahan. Dengan demikian romantisme yang dimiliki oleh setiap orang berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lainnya, bahkan tingkatan romantisme setiap orang juga berbeda-beda.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  42. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas dapat saya pahami bahwa romantisme disini bukanlah romantisme yang dipahami banyak orang pada umumnya. Romantisme adalah suasana peradaban rasionalitas yang lebih mengedepankan perasaan, nafsu, hasrat, kehendak, passion, yang berhubungan dengan keindahan. Romantisme masuk dalam berbagai bidang seni, termasuk musik, lukisan, pahatan, dan sastra. Romantisme mencetuskan sebuah filsafat yang menjadi tak lain keterlibatan pengalaman dan kapasitas rasa manusia. Dalam romantisme, cita-cita menjadi begitu penting. Mimpi-mimpi menjadi urutan pertama dalam filsafat. Kemarahan, kesedihan, pengalaman cemas, ketakutan itu dihargai.

    ReplyDelete
  43. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Romantitisme merupakan reaksi terhadap rasionalisme dan klasisisme. Menurut penganut romantisisme, seseorang bebas sepenuhnya untuk menafsirkan kehidupan dengan caranya sendiri. Hal tersebut mendorong timbulnya sikap mengagung-agungkan jenius kesenian. Ciri khas dari romantisisme bahwa pada umumnya alam dianggap sebagai suatu organisme, atau dengan kata lain, suatu kesatuan yang selalu mengembangkan potensi-potensi bawaannya. Terdapat dua bentuk romantisisme, yaitu: romantisisme universal, yang mengacu pada kaum romantik yang asyik menggeluti alam, jiwa dunia, dan jenis kesenian; dan romantisisme nasional, yang tertarik pada sejarah rakyat, bahasa rakyat, dan kebudayaan rakyat. Romantitisme dipelopori oleh seorang filsuf besar bernama Jean-Jaques Rousseau. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  44. Junianto
    PM C

    Romantisme pertama kali didefinisikan sebagai estetika dalam kritik sastra pada tahun 1800an dengan menekankan pada imajinasi dan emosi. Romantisme juga muncul sebagai respon terhadap kekecewaan dengan nilai-nilai tentang penalaran dan ketertiban. Dari pengertian ini, saya menjadi paham bahwa sebenarnya romantisme bukan hanya seperti yang dipahami saat ini simana lebih dikaitkan dengan perasaan. Romantisme ternyata juga memiliki makna yang lebih luas daripada itu.

    ReplyDelete
  45. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Romantisisme (juga era Romantis atau Periode Romantis) adalah gerakan artistik, sastra, musikal dan intelektual yang berasal di Eropa menjelang akhir abad ke-18. Romantisme ternyata bukan hanya tentang keindahan, musik, dan sastra, tetapi juga tentang intelektual. Dari yang saya baca, romantisme adalah tentang emosi yang kuat sebagai sumber dari pengalaman estetika, memberikan tekanan baru terhadap emosi-emosi seperti rasa takut, ngeri, dan takjub yang dialami ketika seseorang menghadapi yang sublim dari alam. Maka romantisme ini bukan semata-mata tentang emosi yang menyenangkan, tentang cinta, tetapi juga terkait dengan rasa takut, kengerian.

    ReplyDelete
  46. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Romatisme menitikberatkan pada emosi atau perasaan dan mempunyai kecenderungan untuk secara emosional mengidentikkan diri dengan proses dan kekuatan alam. Selama ini saya selalu mengaitkan romantisme dengan cinta dan kasih sayang. Ternyata romantisme pun berkaitan dengan ilmu filsafat. Terima kasih untuk ilmu baru yang telah Prof bagikan melalui tautan-tautan tersebut.

    ReplyDelete
  47. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Romantisme merupakan suatu aliran dalam karya sastra yang mengutamakan perasaan. Romantisme dapat timbul sebagai reaksi terhadap rasionalisme yang menganggap segala rahasia alam bisa diselidiki dan diterangkan oleh akal manusia. Romantisme dapat dianggap sebagai aliran yang lebih mementingkan penggunaan bahasa yang indah, mengawang ke alam mimpi. Pengalaman romantisme adalah pengalaman yang hanya terjadi dalam angan-angan.

    ReplyDelete
  48. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Romantisisme pertama kali didefinisikan sebagai estetikaserta menekankan pada imajinasi dan emosi. Romantisisme (juga era Romantis atau Periode Romantis) adalah gerakan artistik, sastra, musikal dan intelektual yang berasal di Eropa menjelang akhir abad ke-18, dan di sebagian besar wilayah berada pada puncaknya dalam periode perkiraan dari tahun 1800 sampai 1850. Romantisisme dicirikan oleh penekanannya pada emosi dan individualisme serta pemuliaan semua masa lalu dan alam, lebih memilih abad pertengahan daripada klasik.

    ReplyDelete
  49. Latifah Fitriasari
    PM C

    Pandangan paham romantic mengutamakan rasa, sebagai lawan aliran realisme. Hal ini merupakan revolusi melawan norma-norma kebangsawanan, sosial dan politik dari periode Pencerahan dan reaksi terhadap rasionalisasi terhadap alam. Pandangan ini memiliki gerakan kompleks dalam seni dan sastra, serta merupakan gerakan intelektual. Pandangan ini muncul ketika menjadi sebagai reaksi terhadap aliran positivisme dan juga karena didorong oleh gerakan nasionalisme, sehingga muncullah apa yang disebut dengan aliran romatisisme.

    ReplyDelete
  50. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Romanticism adalah hal yang berhubungan dengan keindaan atau nilai estetika suatu hal di dunia ini. Dalam filsafat kita memerlukan adanya paham romantisism agar kita mampu menganggap keindahan sebagai proses berpikir kita sendiri, sehingga pikiran kita menjadi semakin berkembang dan mencoba hal-hal yang baru bagi kita sebagai suatu pengalaman yang dapat menambah wawasan bagi kita.

    ReplyDelete
  51. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Romantisisme merupakan gerakan artistik, sastra, musikal dan intelektual yang berasal di Eropa menjelang akhir abad ke-18. Romantisisme dicirikan oleh penekanannya pada emosi dan individualisme. Sehingga, romantisisme tidak hanya sekedar menekankan pada perasaan saja, tetapi lebih dari itu. Sehingga, seyogyanyalah romantisisme masuk ke dalam pembahasan filsafat.

    ReplyDelete
  52. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Romanticism adalah gerakan artistik, sastra, musikal dan intelektual yang berasal di Eropa menjelang akhir abad ke-18 dan di sebagian besar wilayah berada pada puncaknya dalam periode perkiraan dari tahun 1800 sampai 1850. Romanticism merupakan corak dalam seni rupa yang berusaha menampilkan unsur fantasi, irasional, absurd dan indah. Aliran ini mencoba menggambarkan sesuatu dari sudut pandang yang romantis. Ciri-ciri dari romanticism ini adalah mengandung cerita yang dahsyat dan emsional, penuh gerak dan dinamis, warna bersifat kontras dan meriah, pengaturan komposisi dinamis, mengandung kegetiran dan menyentuh perasaan serta kedahsyatan melebihi kenyataan.

    ReplyDelete
  53. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Romantisme biasa atau sangat sering sekali dikaitkan dengan cinta, perpaduan dalam seni dan estetika atau keindahan dari berbagai macam perbedaan yang bercampur menjadi satu seperti lukisan yang bisa membuat hasil yang indah karena perpaduan dari banyak warna cat yang berbeda. Namun, sebenarnya cinta tidak dapat diartikan secara absolut. Karena pada hakikatnya cinta itu dapat dimaknai oleh mereka yang sedang mengalami cinta, namun tidak bagi mereka yang jauh dengan conta. Jadi, disini sifat cinta pada hakikatnya merupakan sifat subjektif yang tidak dapat didefinisikan secara absolut dan universal. Hal inipun sama dengan makna atau definisi dari romantisme, sebenarnya romantisme tidak bisa didefinisikan secara universal. Karena romantisme dapat diarikan bagi mereka yang sedang melakukan interaksi antar sesama dan mereka menikmatinya.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  54. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Hidup manusia, khususnya dalam hal kehidupan sosialnya tidak akan pernah berada dalam suatu kepastian. Pasti berubah-ubah setiap saat. Kadang dua orang saling membenci tetapi kadang juga saling saying. Maka kehidupannya diantara benci dan saying. Kadang toleransi kadang otoriter, maka kehidupannya berada di antara memberi kuasa dan berkuasa. Bahkan benci pun juga ada rentangnya ada yang benci sekali da nada yang benci karena suka. Saying juga memiliki rentang, antara sangat saying dan saying yang sedikit sekali.
    Semua sifat atau perasaan manusia itu ada di interval bukan di suatu titik pasti. Maka apabila dua orang sedang bermusuhan, maka kedua-duanya sedang dalam interval yang mendekati titik kebencian. Apabila dua orang saling cinta, maka keduanya ada dalam interval mendekati cinta. Romasntis juga berada di interval, maka kehidupan kita ini adalah romantis juga. Namun, romantis yang seimbang ialah apabila keduanya di interval yang seimbang. Jika ada yang berkuasa maka ada yang memberi kuasa. Jika ada yang cinta maka kadang muncul benci juga. Sehingga seimbang dan tidak monoton.

    ReplyDelete
  55. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Romantisisme dibentuk sebagai pemberontakan melawan Neoclassicism yang disebabkan oleh perubahan sosial tiba-tiba yang terjadi selama Revolusi Perancis dan era Napoleon. Romantisme mulai di Jerman dan Inggris pada 1770 dan telah menyebar ke seluruh Eropa pada 1820-an. Kemudian tidak lama setelah itu, pengaruhnya telah menyebar di luar negeri ke Amerika Serikat. Romantisisme merupakan gerakan dalam seni sastra, serta merupakan gerakan intelektual yang berasal dari pertengahan kedua pada abad 18 di eropa barat selama revolosi industri. Romantisisme menyebar dari seni ke sastra dan filsafat yang menekankan pada pendekatan emosional, spontan, dan imajinatif, dan kebebasan dengan cara subjektivitas dan individualisme.

    ReplyDelete
  56. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Romantisisme merupakan gerakan yang menganut seni, sastra, musik, dan intelektual yang berasal dari Eropa yang muncul menjelang akhir abad ke-18 dan mencapai puncaknya pada sekitar tahun 1800-1850. Romantisismw ini muncul sebagai respon dari ketertiban pasca revolusi Prancis. Romantic sering kita dengar sebagai sesuatu yang bernuansa kasih sayang. Artinya dipandang sebagai segi positif, romantisme akan menciptakan kedamaian dan kesenangan serta kegembiraan karena didasari dengan rasa kasih sayang tadi.

    ReplyDelete
  57. Metia Novianti
    17709251021
    PPs PM A

    Romantisisme adalah gerakan dalam seni sastra, dan gerakan intelektual yang berasal dari pertengahan kedua pada abad 18 di Eropa Barat selama revolusi industri. Romantisisme menyebar dari seni ke sastra dan filsafat yang menekankan pada pendekatan emosional, spontan, imajinatif, dan kebebasan dengan cara subjektivitas dan individualisme. Romantisisme dibentuk sebagai pemberontakan melawan Neoclassicism yang disebabkan oleh perubahan sosial tiba-tiba yang terjadi selama Revolusi Perancis dan era Napoleon.

    ReplyDelete
  58. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Romantisme adalah sebuah gerakan yang bergerak di bidang kesusteraan, kebudayaan, seni , filsafat, dan mengutamakan segi emosional, kepekan daripada rasional. Dalam filsafat, romantisme memiliki kecenderungan supaya manusia kembali ke zaman di mana mereka pernah hidup berdamai dengan alam, tanpa eksplorasi, tidak banyak ambisi. Romantisme adalah aliran yang beranggapan bahwa manusia harus menyadari akan fitrah hakikinya sehingga mereka dapat hidup dengan baik dan layak tanpa menuai banyak masalah.

    ReplyDelete
  59. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Romantisisme adalah sebuah gerakan seni, sastra dan intelektual yang berasal dari Eropa Barat abad ke-18. Gerakan ini merupakan revolusi melawan norma-norma kebangsawanan, sosial dan politik dari periode pencerahan dan rekasi terhadap terhadap rasionalisasi terhadap alam dalam seni dan sastra. Menekankan emosi yang kuat sebagai sumber dari pengalaman estetika. Gerakan ini mengangkat seni rakyat, alam dan kebiasaan, serta menganjurkan epistemologi yang didasarkan pada alam, termasuk aktivitas manusia yang dikondisikan oleh alam dalam bentuk bahasa, kebiasaan dan tradisi.

    ReplyDelete
  60. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Romantisisme dicirikan oleh penekanannya pada emosi dan individualisme serta pemuliaan semua masa lalu dan alam, lebih memilih abad pertengahan daripada klasik. Romantisisme ini adalah sebuah paham yang memegang sebuah kesenian. Orang yang dikatakan romantis, biasanya mempunyai suatu cara yang diluar dugaan, ini berarti ia mempunyai ide dan inovasi yang bisa menjadi seni keindahan yang baru ataupun memang yang telah ada sebelumnya. Orang yang memiliki paham inilah yang biasanya suka berinovasi sekreatif mungkin demi memuaskan pemikiran seninya.

    ReplyDelete
  61. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Romanticism dapat dikatakan begitu dekat dengan ekspresi bebas dari emosi dan perasaan manusia. Konsep utama dari romantics adalah dapat menciptakan sesuatu yang sifatnya baru dari sesuatu yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain sebelumnya. Sehingga Romanticsm begitu menyatu dengan ekspresi bebas dari seseorang bisa berupa karya seni seperti lukisan, musik, puisi dan lain-lain. Selain itu, Romanticism ternyata turut memengaruhi ranah pengetahuan (intelektual/sains) karena saat seseorang telah mampu menciptakan sesuatu secara original dibidang pendidikan, bisa dikatakan merupakan salah satu wujud romanticism.

    ReplyDelete
  62. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete