Dec 2, 2012

ROMANTICISM





Ass Wr Wb
 Jika ingin membaca lebih lanjut tentang ROMANTICISM, koneklah:





Wss Wr Wb
Marsigit

38 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Romantisisme pertama kali didefinisikan sebagai keindahan dalam kritik sastra dan mendapatkan momentum sebagai gerakan seni. dengan penekanan pada imajinasi dan emosi, romantisisme muncul sebagai respon kekecewaan terhadap nilai-nilai oencerahan alasan dan ketertiban pasca revolusi Perancis.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Romantisme erat kaitannya dengan cinta, seni dan estetika atau keindahan. Romantism merupakan faham yang menggambarkan sebagai perasaan menyenangkan kegembiraan dan bertanya-tanya terkait dengan cinta. Dalam konteks hubungan cinta romantis, romantisme biasanya menyiratkan satu ekspresi cinta, atau keinginan emosional seseorang yang dapat terhubung dengan orang lain.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Romantisme merupakan aliran tertua di dalam sejarah seni lukis modern Indonesia. Lukisan dengan aliran ini berusaha membangkitkan kenangan romantis dan keindahan di setiap objeknya. Pemandangan alam adalah objek yang sering diambil sebagai latar belakang lukisan. Romantisme dirintis oleh pelukis-pelukis pada zaman penjajahan Belanda dan ditularkan kepada pelukis pribumi untuk tujuan koleksi dan galeri di zaman kolonial. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Raden Saleh.

    ReplyDelete
  4. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    dari link di atas, Romantisisme, pertama kali didefinisikan sebagai estetika dalam kritik sastra sekitar 1800, mendapatkan momentum sebagai gerakan seni di Perancis dan Inggris pada awal dekade abad kesembilan belas dan berkembang sampai pertengahan abad ke-. Dengan penekanan pada imajinasi dan emosi, Romantisisme muncul sebagai respon terhadap kekecewaan dengan nilai-nilai Pencerahan alasan dan ketertiban pasca Revolusi Perancis 1789.

    ReplyDelete
  5. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Romantisisme atau Romantisme adalah gerakan seni rupa yang muncul pada akhir abad ke-18. Dalam Romantisme unsur emosi lebih diutamakan dari pada pikiran, tetapi seniman Romantis tidak hanya bekerja dalam satu gaya saja. Aliran ini mendorong orang untuk menghayati perasaan melalui penghayatan indera serta lebih mempercayai intuisi dari pada pikiran. Cintanya berfilsafat adalah romantis. Romanticism yang mengandung nilai etik, estettik, dan idealis.

    ReplyDelete
  6. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Romantisisme (juga era Romantis atau Periode Romantis ) adalah gerakan artistik, sastra, musik dan intelektual yang berasal dari Eropa menjelang akhir abad ke-18 dan di sebagian besar wilayah berada pada puncaknya dalam periode perkiraan dari 1800 sampai 1850. Romantisisme Ditandai dengan penekanannya pada emosi dan individualisme serta pemuliaan semua masa lalu dan alam, lebih memilih abad pertengahan daripada klasik. Itu sebagian merupakan reaksi terhadap Revolusi Industri , norma sosial dan politik aristokrat dari Era Pencerahan , dan rasionalisasi ilmiah tentang alam - semua komponen modernitas . Ini diwujudkan paling kuat dalam seni visual, musik, dan sastra, namun memiliki dampak besar pada historiografi, pendidikan, dan ilmu alam . Ini memiliki efek yang signifikan dan kompleks terhadap politik, dan sementara untuk sebagian besar periode Romantis dikaitkan dengan liberalisme dan radikalisme , efek jangka panjangnya terhadap pertumbuhan nasionalisme mungkin lebih signifikan.
    Pergerakan tersebut menekankan emosi yang kuat sebagai sumber pengalaman estetika yang otentik, memberikan penekanan baru pada emosi seperti ketakutan , ketakutan dan teror , dan kagum - terutama yang dialami dalam menghadapi kategori estetika baru tentang keagungan dan keindahan alam. Ini mengangkat kesenian rakyat dan kebiasaan kuno menjadi sesuatu yang mulia, tapi juga spontanitas sebagai karakteristik yang diinginkan (seperti dalam musik dadakan ). Berbeda dengan Rasionalisme dan Klasisisme Pencerahan , Romantisisme menghidupkan kembali abad pertengahan dan unsur-unsur seni dan narasi dianggap otentik abad pertengahan dalam upaya untuk melepaskan diri dari pertumbuhan penduduk, urban sprawl awal, dan industrialisme .

    ReplyDelete
  7. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Romantisisme merupakan gerakan dalam seni sastra, serta merupakan gerakan intelektual. Romantisisme menyebar dari seni ke sastra dan filsafat yang menekankan pada pendekatan emosional, spontan, dan imajinatif, dan kebebasan dengan cara subjektivitas dan individualisme. Mereka menyelidiki sifat manusia dan kepribadian, budaya rakyat, asal-usul nasional dan etnis era abad pertengahan. Mereka juga percaya bahwa imajinasi adalah alasan yang lebih utama dan indah.

    ReplyDelete
  8. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Romantism menggambarkan perasaan menyenangkan, kegembiraan, dan kagum yang erat terkait dengan cinta. Cinta kepada sesuatu hal yang dianggapnya dapat menjadikan dirinya bahagia.
    Cinta kepada segala ciptaanNya dan Sang Pencipta. Cinta yang hakiki adalah cinta kepadaNya.

    ReplyDelete
  9. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Romanticism dalam epistemologi berasal dari bahasa Inggris yang romantique yang digunakan sebagai kata sifat pujian untuk fenomena alam yang terjadi di kehidupan manusia. Romanticism merupakan gerakan artistik, sastra, musik dan intelektual yang berasal dari Eropa. Romanticism sering dikaitkan dengan liberalisme dan radikalisme yang berimbas pada pertumbuhan nasionalisme. Pertumbuhan tersebut menimbulkan emosi yang kuat dan memberi penekanan baru terhadap ketakutan yang dialami dalam suatu fenomena.

    ReplyDelete
  10. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    ketika membaca atau mendengar kata romanticism yang lansung terbayang yaitu seni, cinta, kasing sayang, dan hal-hal yang sejenis dengan perasaan senang. berdasarkan wikipedia Romantisisme adalah gerakan artistik, sastra, musik dan intelektual yang berasal dari Eropa menjelang akhir abad ke-18. Konsep jenius, atau seniman yang mampu menghasilkan karya asalnya sendiri melalui proses penciptaan ini dari ketiadaan, adalah kunci Romantisisme, Ide ini sering disebut "orisinalitas romantis."

    ReplyDelete
  11. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Romantisme erat kaitannya dengan cinta, seni dan estetika atau keindahan. Cintai tidak dapat diartikan secara absolut.
    Banyak sekali definisi cinta yang ada. Cinta dapat diartikan sebagai suatu seni, suatu estetika ataupun sebagai keindahan.
    Seperti halnya dengan cinta, romantismepun sulit untuk didefinisikan, karena artinya sangatlah subjektif.

    ReplyDelete
  12. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016


    Berdasarkan link https://en.wikipedia.org/wiki/Romanticism, secara etimologi kata "Roman" dalam berbagai bahasa Eropa, seperti "romansa" dan "romantik", memiliki sejarah yang rumit, namun pada pertengahan abad ke 18 "romantis" dalam bahasa Inggris dan romantique dalam bahasa Prancis keduanya Digunakan secara umum sebagai kata sifat pujian untuk fenomena alam seperti pandangan dan matahari terbenam, dalam arti dekat dengan penggunaan bahasa Inggris modern namun tanpa konotasi seksual. Penerapan istilah sastra pertama kali menjadi umum di Jerman, di mana lingkaran seputar saudara-saudara Schlegel, para kritikus Agustus dan Friedrich, mulai berbicara tentang romantisme Poesie ("puisi romantis") pada tahun 1790-an, kontras dengan "klasik" namun dalam Istilah spirit bukan sekedar berkencan. Friedrich Schlegel menulis dalam Dialogue on Poetry (1800), "Saya mencari dan menemukan romantisme di antara orang-orang modern yang lebih tua, di Shakespeare, di Cervantes, dalam puisi Italia, di usia ksatria, cinta dan dongeng, dari mana fenomena dan Kata itu sendiri diturunkan.

    ReplyDelete
  13. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Romantisisme adalah tanggapan setelah adanya rasionalisme terhadap alam semesta. Memperhatikan alam semesta dengan seksama, hingga menggunakan emosi dalam mendalami alam. Telah kita ketahui bahwa dari alam terdapat musik, keindahan (estetika), irama, sastra, serta hal yang menyangkut seni. 'Romantis' yang dikenal pada umumnya terkait tindakan yang dapat meluluhkan hati sehingga sangat indah, begitu pula romantisisme emosional dalam seni

    ReplyDelete
  14. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Salah satu aliran sastra yang termasuk ke dalam aliran karya sastra idealisme adalah romantisme. Aliran romantisme menekankan kepada ungkapan perasaan sebagai dasar perwujudan pemikiran pengarang sehingga pembaca dapat tersentuh emosinya. Aliran romantisme biasanya dikaitkan dengan masalah cinta karena masalah cinta memang membangkitkan emosi.

    ReplyDelete
  15. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Romantisme ( era Romantis atau periode Romantis) adalah sebuah gerakan seni, sastra, dan intelektual yang berasal dari Eropa menjelang akhir abad ke-18 dan di sebagian besar wilayah mencapai puncaknya pada periode perkiraan dari tahun 1800 sampai 1850, Sekitar tahun itu romantisisme pertama kali diperkenalkan sebagai estetika. Romantisisme melihat segala hal dengan perasaan atau kedalaman emosi. Romantisme muncul ketika intuisi perasasan muncul, mencoba untuk menciptakan estetika dari suatu perasaan.

    ReplyDelete
  16. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Romanticism (also the Romantic era or the Romantic period) was an artistic, literary, musical and intellectual movement that originated in Europe toward the end of the 18th century and in most areas was at its peak in the approximate period from 1800 to 1850. Romanticism was characterized by its emphasis on emotion and individualism as well as glorification of all the past and nature, preferring the medieval rather than the classical.
    The movement emphasized intense emotion as an authentic source of aesthetic experience, placing new emphasis on such emotions as apprehension, horror and terror, and awe—especially that experienced in confronting the new aesthetic categories of the sublimity and beauty of nature. It elevated folk art and ancient custom to something noble, but also spontaneity as a desirable characteristic (as in the musical impromptu).
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Romanticism

    ReplyDelete
  17. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Romantisisme adalah gerakan artistik, sastra, musik dan intelektual yang berasal dari Eropa menjelang akhir abad ke-18 dan di sebagian besar wilayah berada pada puncaknya dalam periode perkiraan dari 1800 sampai 1850. Romantisisme Ditandai dengan penekanannya pada emosi dan individualisme serta pemuliaan semua masa lalu dan alam, lebih memilih abad pertengahan daripada klasik. Sebagian besar periode Romantisisme dikaitkan dengan liberalisme dan radikalisme, efek jangka panjangnya terhadap pertumbuhan nasionalisme mungkin lebih signifikan. Pergerakan tersebut menekankan emosi yang kuat sebagai sumber pengalaman estetika yang otentik, memberi penekanan baru pada emosi seperti ketakutan, ketakutan dan teror, dan kagum-terutama yang dialami dalam menghadapi kategori estetika baru tentang keagungan dan keindahan alam. Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Romanticism

    ReplyDelete
  18. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Romantisisme muncul sebagai sebuah gerakan seni, sastra dan intelektual dari Eropa Barat di abad ke-18. Romantisisme adalah salah satu paham filsafat yang banyak ditulis dalam karya sastra. Romantisisme meletakkan perasaan sebagai suatu nilai dan nilai tersebut bergantung pada pengarahan imajinasi. Sementara era romantisisme ditandai beberapa aspek, yaitu ketertarikan terhadap imajinasi khususnya penekanan pada perasaan, ketertarikan pada individu, ketertarikan pada alam dan rakyat jelata, dan ketertarikan pada masa lalu. Romanticism ini merupakan salah satu perbuatan oleh hati yang membuat seseorang meraskan kebahagiaa.

    ReplyDelete
  19. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Romantisisme memiliki pandangan yang berlawanan dengan Realisme. Romantisisme (adalah gerakan intelektual yang berasal dari Eropa menjelang akhir abad ke-18 dan di sebagian besar wilayah berada pada puncaknya dalam periode perkiraan dari 1800 sampai 1850. Romantisisme ditandai dengan penekanannya pada emosi dan individualisme serta pemuliaan semua masa lalu dan alam, lebih memilih abad pertengahan daripada klasik. Pergerakan tersebut menekankan emosi yang kuat sebagai sumber pengalaman estetika yang otentik. Dari penjelasan ini kita pahami bahwa Romantisisme merupakan aliran filsafat yang memandan suatu pengetahuan yang lebih menekankanpada kecerdasan emosi.

    ReplyDelete
  20. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Romantisme merupakan gerakan yang menekankan emosi yang kuat sebagai sumber otentik dari pengalaman estetis, menempatkan penekanan baru pada emosi seperti ketakutan, kengerian dan teror, dan menakjubkan terutama yang berpengalaman dalam menghadapi kategori estetika baru keagungan dan keindahan alam. Selain itu romantisme adalah sebuah gerakan seni, sastra dan intelektual.

    ReplyDelete
  21. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berbicara masalah romaticsm ini sangat menaraik utnuk dipahami. Romantisisme (era Romantis atau Periode Romantis) adalah gerakan artistik, sastra, musik dan intelektual yang berasal dari Eropa menjelang akhir abad ke-18 dan di sebagian besar wilayah berada pada puncaknya dalam periode perkiraan dari 1800 sampai 1850. Romantisisme Ditandai dengan penekanannya pada emosi dan individualisme serta pemuliaan semua masa lalu dan alam, lebih memilih abad pertengahan daripada klasik. Itu sebagian merupakan reaksi terhadap Revolusi Industri. Yang selalau berhubungan dengan estetika. Keindahan yang muncul. Bisa lewat music, gambar, seni yang lainnya.( Encyclopædia Britannica. "''Romanticism''. Retrieved 30 January 2008, from Encyclopædia Britannica Online". Britannica.com. Archived from the original on 2005-10-13. Retrieved 2010-08-24)

    ReplyDelete
  22. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Romantisme punya kecenderungan supaya manusia kembali ke zaman di mana mereka pernah hidup berdamai dengan alam tanpa eksplorasi tidak banyak ambisi. Fritjof Capra mungkin dapat disebut kaum romantis sebab dia banyak mengusung tema konservasi utamanya kearifan Timur. Pemikiran kritis adalah buah dari romantisme kehidupan manusia yang sangat seksi dan menggairahkan. Tidak mudah menjadi seseorang yang bisa memiliki pemikiran kritis.

    ReplyDelete
  23. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Konsep utama dari pandangan romanticism ini adalah menciptkan sesuatu yang sifatnya baru dari sesuatu yang tidak pernah ada dipikiran orang lain. Romaniticism ini bebas dari emosi dan perasaan manusa. Romanticism ini begitu menyatu dengan ekspresi bebas dari sesorang misalnya saja karya seni seperti lukisan dan musik. Romanticism bisa memperngaruhi ranah pengetahuan karena seseorang telah mampu menciptakan sesuatu yang originila pada bidang pendidikan, hal tersebt bisa dikatakan sebagai wujud dari roanticism.

    ReplyDelete
  24. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya mendapatkan pemahaman baru dari paham filsafat yaitu romanticism. Dimana romanticism ini berhubungan dengan seni sastra. Dimana dalam romanticism yang berhubungan seni sastra sehingga berkaitan dengan seniman dimana romantisisme memiliki peran pencipta sejati yang mengabaikan aturan yang ditetapkan, yang menurut mereka terlalu ketat, formal, tradisional dan bahkan prosedural. Selain itu mereka juga beranggapan bahwa dalam imajinasi mereka imajinasi timbul alasan yang lebih unggul dan keindahan. Sehingga dapat dinikmati oleh semua orang yang melihatnya.

    ReplyDelete
  25. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Romantisme merupaka suatu aliran yang memandang bahwa kita hidup dan mengkonstruksi dunia melalui emosi kita. Romantisme juga malah menganggap segala macam sains itu dibentuk untuk mendegradasikan manusia. Menurut kaum romantis, astronomi dibangun dengan tahayul, ilmu geometri dikatakan ilmu yang lahir dari ketamakan manusia, seni berdebat atau dialektika adalah ilmu yang dipakai untuk mewujudkan ambisi, ilmu etika adalah konstruksi daripada kesombongan, ilmu fisika juga mereka sebut dilahirrkan dari kemalasan manusia. Menurut kaum romantis, emosi melampaui akal budi. Empirisme dan Romantisme sebenarnya sama-sama menganggap manusia hidup dalam cengkraman. Empirisme mencoba membebaskan manusia dari jeratan dengan mengajak mereka mengaktifkan akal budi, memberinya metode penalaran sehingga dapat menuntun mereka menemukan kebenaran. Sementara itu, romantisme berusaha menyadarkan manusia akan fitrah hakikinya sehingga mereka dapat hidup dengan baik dan layak tanpa menuai banyak masalah. Adapun kaum romantik itu kebanyakan adalah para seniman, baik mereka pelukis, penyair maupun pegiat seni lainnya.

    ReplyDelete
  26. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Romantisme sebenarnya mendahului idealisme secara kronologis. Romantisme adalah apa yang sering disebut sebagai tren filsafat atau suasana peradaban rasionalitas pada waktu itu, yang lebih mengedepankan perasaan, nafsu, hasrat, kehendak, passion, yang berhubungan dengan keindahan. Jadi romantisme di sini bukan soal seperti yang dipahami umum, yaitu yang berkaitan dengan percintaan.

    ReplyDelete
  27. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Romantisme merupakan salah satu kajian dalam filsafat. Romantisme ditandai dengan penekanannya pada emoticon dan individualisme serta pemuliaan semua masa lalu dan alam, lebih memilih abad pertengahan daripada klasik. Romantisisme dan sains memiliki hubungan yang kuat, pengetahuan hanya bisa dicapai oleh orang-orang yang benar-benar menghargai dan menghormati alam. Pemahaman diri merupakan aspek penting dari Romantisisme. Ini tidak ada hubungannya dengan membuktikan bahwa manusia mampu memahami alam (melalui kecerdasan utamanya) dan karena itu mengendalikannya, dan lebih berkaitan dengan daya tarik emosional untuk menghubungkan dirinya dengan alam dan memahaminya melalui koeksistensi yang harmonis.

    ReplyDelete
  28. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Romantisisme atau Romantisme adalah gerakan seni rupa yang muncul pada akhir abad ke-18. Dalam Romantisme, unsur emosi lebih diutamakan dari pada pikiran. Romantisme merupakan faham yang menggambarkan perasaan senang, gembira dan bertanya-tanya terkait dengan cinta. Bagi umat islam, sesungguhnya cinta sejati yang kekal abadi hanyalah cinta kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  29. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Secara filsafat, romantisisme diartikan secara lebih dalam dan luas yakni sebagai sebuah gerakan seni, sastra dan intelektual yang menekankan emosi yang kuat sebagai sumber dari pengalaman estetika, memberikan tekanan baru terhadap emosi-emosi seperti rasa takut, ngeri, dan takjub yang dialami ketika seseorang menghadapi yang sublim dari alam. Namun, dalam kehidupan sehari-hari romanticism identik dengan emosi-emosi dalam hal percintaan. Selain itu, juga identik dengan rasa bahagia akan cinta tersebut. padahal sejatinya tidak sebatas itu.

    ReplyDelete
  30. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Pertama kali romantisisme didefinisikan sebagai estetika dalam kritik sastra sekitar 1800. Romantisisme mendapatkan momentum sebagai gerakan artistik di Prancis dan Inggris pada awal dekade abad ke 19. Dengan penekanan pada imajinasi dan emosi, romantisme muncul sebagai respon terhadap kekecewaan terhadap nilai-nilai pencerahan akal dan ketertiban pasca Revolusi Perancis tahun 1789. Gerakan ini sebagian merupakan revolusi melawan norma-norma kebangsawanan, sosial dan politik dari periode Pencerahan dan reaksi terhadap rasionalisasi terhadap alam, dalam seni dan sastra. Gerakan ini menekankan emosi yang kuat sebagai sumber dari pengalaman estetika, memberikan tekanan baru terhadap emosi-emosi seperti rasa takut, ngeri, dan takjub yang dialami ketika seseorang menghadapi yang sublim dari alam.

    ReplyDelete
  31. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika 2016

    Romantisisme adalah sebuah gerakan seni, sastra dan intelektual yang berasal dari Eropa Barat abad ke-18 pada masa Revolusi Industri. Gerakan ini sebagian merupakan revolusi melawan norma-norma kebangsawanan, sosial dan politik dari periode Pencerahan dan reaksi terhadap rasionalisasi terhadap alam, dalam seni dan sastra. Gerakan ini menekankan emosi yang kuat sebagai sumber dari pengalaman estetika, memberikan tekanan baru terhadap emosi-emosi seperti rasa takut, ngeri, dan takjub yang dialami ketika seseorang menghadapi yang sublim dari alam. Gerakan ini mengangkat seni rakyat, alam dan kebiasaan, serta menganjurkan epistemologi yang didasarkan pada alam, termasuk aktivitas manusia yang dikondisikan oleh alam dalam bentuk bahasa, kebiasaan dan tradisi. Ia dipengaruhi oleh gagasan-gagasan Pencerahan dan mengagungkan medievalisme serta unsur-unsur seni dan narasi yang dianggap berasal dari periode Pertengahan. Nama "romantik" sendiri berasal dari istilah "romans" yaitu narasi heroik prosa atau puitis yang berasal dari sastra Abad Pertengahan dan Romantik.

    ReplyDelete
  32. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih atas sumber-sumber yang Bapak berikan. Romantisme merupakan reaksi terhadap Revolusi Industri, itu juga pemberontakan terhadap norma-norma sosial dan politik aristokrat Abad Pencerahan dan reaksi terhadap rasionalisasi ilmiah alam. Hal ini diwujudkan paling kuat dalam seni visual, musik, dan sastra, tetapi memiliki dampak yang besar pada historiografi, pendidikan, dan ilmu-ilmu alam.

    ReplyDelete
  33. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Romantisisme adalah gerakan artistik, sastra, musik dan intelektual yang berasal dari Eropa menjelang akhir abad ke-18 dan di sebagian besar wilayah berada pada puncaknya dalam periode perkiraan dari 1800 sampai 1850. Romantisisme ditandai dengan penekanannya pada emosi dan individualisme serta pemuliaan semua masa lalu dan alam, lebih memilih abad pertengahan daripada klasik. Dalam konteks hubungan cinta, romantisme biasanya menyiratkan satu ekspresi cinta atau keinginan emosional seseorang yang dapat terhubung dengan orang lain.

    ReplyDelete
  34. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Romantisisme adalah gerakan filosofis, historis, politis dan artistik idealis abad 18 dan 19 awal. Romantisisme sangat terkait dengan gagasan transendental, diri, imajinasi dan, dalam beberapa manifestasi, dengan supremasi seni. Romatisisme adalah reaksi empirisme dan rasionalisme Pencerahan. Secara filosofis, romantisme diinformasikan oleh idealisme transendental, walaupun banyak penyair romantis Inggris (Coleridge, Wordsworth, Shelley) dipengaruhi oleh idealisme transendental ideal Schelling. Goethe dianggap sebagai perwujudan ide romantis yang patut dicontoh.

    ReplyDelete
  35. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Romanticism merupakan filsafat seni sehingga mengandung nilai etik, estetik, dan idealis. Dalam Romanticism banyak kebebasan yang terjadi antara lain kebebasan dalam berekspresi dan kebebasan individu. Dalam romanticism sastra atau bahasa yang diucapkan merupakan sebuah aspirasi.

    ReplyDelete
  36. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Romantisisme merupakan gerakan dalam seni sastra, serta merupakan gerakan intelektual yang berasal dari pertengahan kedua pada abad 18 di eropa barat selama revolosi industri. Romantisisme menyebar dari seni ke sastra dan filsafat yang menekankan pada pendekatan emosional, spontan, dan imajinatif, dan kebebasan dengan cara subjektivitas dan individualisme.

    ReplyDelete
  37. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Romanticism berpandangan bahwa sesuatu yang bersifay baru yang tidak pernah dipikirkan orang lain. Romanticism begitu menyatu dengan ekspresi bebas dari sesorang misalnya musik, lukisan dan karya seni lainnya. Wujud dari romanticism misalnya seseorang mampu menicptakan ide baru dalam pendidikan, ini bisa jadi romanticism telah mempengaruhi ranah pengetahuan

    ReplyDelete
  38. Romantisisme adalah sebuah gerakan seni, sastra dan intelektual melawan norma-norma kebangsawanan, sosial dan politik dari periode Pencerahan dan reaksi terhadap rasionalisasi terhadap alam, dalam seni dan sastra. Nama "romantik" sendiri berasal dari istilah "romans" yaitu narasi heroik prosa atau puitis yang berasal dari sastra Abad Pertengahan. Mengingat kembali perjuangan-perjuangan dari kepahlawanan bangsa, negara yang terdahulu.

    ReplyDelete