Dec 2, 2012

ROMANTICISM





Ass Wr Wb
 Jika ingin membaca lebih lanjut tentang ROMANTICISM, koneklah:





Wss Wr Wb
Marsigit

29 comments:

  1. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Romantisisme pertama kali didefinisikan sebagai estetika dalam kritik sastra. Romantisisme dicirikan oleh penekanannya pada emosi dan imajinasi. Paham Romantisme ini dituangkan dalam bentuk suatu karya seni. Pemikiran-pemikiran para ahli terlihat dari artistik yang tergambar secara indah dalam suatu karya yang berestetika. Emosi dan imajinasi ahli tersebut dapat ditemukan dalam karya yang telah dibuat sebelum-sebelumnya.

    ReplyDelete
  2. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Romantisisme merupakan pandangan yang menekankan emosi sebagai sumber dari pengalaman estetika, sehingga dapat memberikan tekanan baru terhadap emosi-emosi seperti rasa takut, dan takjub yang dialami ketika seseorang menghadapi kekuatan alam. Romantisisme pada awalnya digunakan sebagai pemantik revolusi dalam melawan norma-norma kebangsawanan, sosial dan politik dari periode Pencerahan. Selain itu Romantisisme juga merupakan reaksi terhadap rasionalisasi terhadap alam, dalam seni dan sastra.

    ReplyDelete
  3. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Romanticism adalah paham tentang ungakapan isi hati seseorang. Bagaimana Cara seseorang tersebut mengkungkapkan isi hatinya kepada orang lain. Romantisme adalah pendekatan dalam bentuk seni. agar bagaimana uangkapan hati tersbeut bisa diterima dengan baik oleh orang yang diaksud. Romantis bisa dilihat tergantung dari sudut pandang masing-maisng individu. Dikarenakan jiwa seni setiap individu berbeda, akan banyak memunculkan cara yang berbeda dalam mengutarakan isi hati dan pemikirannya.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Tak disangka di sisi lain filsafatbada romantisme. Berdasarkan link-likn diatas bahwa romantism merupakan aliran filsafat yang lebih mengedepankan perasaan, nafsu, hasrat, kehendak, passion, yang berhubungan dengan keindahan. Aliran ini bisa masuk di berbagai bidang dalam kehidupan seperti seni, sastra serta musik. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  6. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Saya menjadi tersenyum sendiri ketika membaca artikel ini.Membawa saya pada suatu kenangan yang telah lama terlupakan.Para remaja sangat menyukai kata ini.Biasanya kata romantisme sering disimbolkan bagi orang yang sedang dimabuk cinta.Berbicara tentang romantisme suatu yang sangat sulit untuk diungkapkan. Manurut saya ini merupakan sesuatu yang sangat misterius.Tidak dapat ditebak apa maunya.Karena pada dasarnya ia tak berwujud Romantisme identik dengan perasaan.Romantisme merupakan sesuatu yang memiliki nilai estetika.Beradasarkan bacaan, romantisme awal mulanya didefinisikan sebagai estetika terahdap kritikan sastra.

    ReplyDelete
  7. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa Romanticism atau Romantic Period adalah pergerakan artistik, sastra, musikal dan intelektual yang berasal dari Eropa menjelang akhir abad ke-18. Romanticism memiliki karakter yaitu penekanan pada emosi dan individualisme dari masa lampau dan alam, lebih kepada masa pertengahan daripada masa klasik.

    ReplyDelete
  8. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Sebagai kaum muda, berbicara tentang romantisme terkadang membuat kita berpikir terkait dengan cinta. Tapi sebenarnya apa sih romantis itu?bagaimana asal usulnya? Ternyata setelah saya membaca link yang bapak berikan, Romantisisme/roamntis adalah gerakan artistik, sastra, musikal dan intelektual yang berasal di Eropa menjelang akhir abad ke-18, dan di sebagian besar wilayah berada pada puncaknya dalam periode perkiraan dari tahun 1800 sampai 1850. Romantisisme dicirikan oleh penekanannya pada emosi dan individualisme serta pemuliaan semua masa lalu dan alam, lebih memilih abad pertengahan daripada klasik.

    ReplyDelete
  9. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan beberapa sumber yang saya baca, romantisisme merupakan gerakan dalam seni sastra serta gerakan intelektual. Romantisisme menyebar dari seni ke sastra dan filsafat yang menekankan pada pendekatan emosional, spontan, dan imajinatif serta kebebasan dengan cara subjektivitas dan individualisme. Romantisme mulai di Jerman dan Inggris pada 1770 dan telah menyebar ke seluruh Eropa pada 1820-an. Kemudian tidak lama setelah itu, pengaruhnya telah menyebar di luar negeri ke Amerika Serikat.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  10. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas dapat saya pahami bahwa romantisme disini bukanlah romantisme yang dipahami banyak orang pada umumnya. Romantisme adalah suasana peradaban rasionalitas yang lebih mengedepankan perasaan, nafsu, hasrat, kehendak, passion, yang berhubungan dengan keindahan. Romantisme masuk dalam berbagai bidang seni, termasuk musik, lukisan, pahatan, dan sastra. Romantisme mencetuskan sebuah filsafat yang menjadi tak lain keterlibatan pengalaman dan kapasitas rasa manusia. Dalam romantisme, cita-cita menjadi begitu penting. Mimpi-mimpi menjadi urutan pertama dalam filsafat. Kemarahan, kesedihan, pengalaman cemas, ketakutan itu dihargai.

    ReplyDelete
  11. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Romantitisme merupakan reaksi terhadap rasionalisme dan klasisisme. Menurut penganut romantisisme, seseorang bebas sepenuhnya untuk menafsirkan kehidupan dengan caranya sendiri. Hal tersebut mendorong timbulnya sikap mengagung-agungkan jenius kesenian. Ciri khas dari romantisisme bahwa pada umumnya alam dianggap sebagai suatu organisme, atau dengan kata lain, suatu kesatuan yang selalu mengembangkan potensi-potensi bawaannya. Terdapat dua bentuk romantisisme, yaitu: romantisisme universal, yang mengacu pada kaum romantik yang asyik menggeluti alam, jiwa dunia, dan jenis kesenian; dan romantisisme nasional, yang tertarik pada sejarah rakyat, bahasa rakyat, dan kebudayaan rakyat. Romantitisme dipelopori oleh seorang filsuf besar bernama Jean-Jaques Rousseau. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  12. Junianto
    PM C

    Romantisme pertama kali didefinisikan sebagai estetika dalam kritik sastra pada tahun 1800an dengan menekankan pada imajinasi dan emosi. Romantisme juga muncul sebagai respon terhadap kekecewaan dengan nilai-nilai tentang penalaran dan ketertiban. Dari pengertian ini, saya menjadi paham bahwa sebenarnya romantisme bukan hanya seperti yang dipahami saat ini simana lebih dikaitkan dengan perasaan. Romantisme ternyata juga memiliki makna yang lebih luas daripada itu.

    ReplyDelete
  13. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Romantisisme (juga era Romantis atau Periode Romantis) adalah gerakan artistik, sastra, musikal dan intelektual yang berasal di Eropa menjelang akhir abad ke-18. Romantisme ternyata bukan hanya tentang keindahan, musik, dan sastra, tetapi juga tentang intelektual. Dari yang saya baca, romantisme adalah tentang emosi yang kuat sebagai sumber dari pengalaman estetika, memberikan tekanan baru terhadap emosi-emosi seperti rasa takut, ngeri, dan takjub yang dialami ketika seseorang menghadapi yang sublim dari alam. Maka romantisme ini bukan semata-mata tentang emosi yang menyenangkan, tentang cinta, tetapi juga terkait dengan rasa takut, kengerian.

    ReplyDelete
  14. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Romatisme menitikberatkan pada emosi atau perasaan dan mempunyai kecenderungan untuk secara emosional mengidentikkan diri dengan proses dan kekuatan alam. Selama ini saya selalu mengaitkan romantisme dengan cinta dan kasih sayang. Ternyata romantisme pun berkaitan dengan ilmu filsafat. Terima kasih untuk ilmu baru yang telah Prof bagikan melalui tautan-tautan tersebut.

    ReplyDelete
  15. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Romantisme merupakan suatu aliran dalam karya sastra yang mengutamakan perasaan. Romantisme dapat timbul sebagai reaksi terhadap rasionalisme yang menganggap segala rahasia alam bisa diselidiki dan diterangkan oleh akal manusia. Romantisme dapat dianggap sebagai aliran yang lebih mementingkan penggunaan bahasa yang indah, mengawang ke alam mimpi. Pengalaman romantisme adalah pengalaman yang hanya terjadi dalam angan-angan.

    ReplyDelete
  16. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Romantisisme pertama kali didefinisikan sebagai estetikaserta menekankan pada imajinasi dan emosi. Romantisisme (juga era Romantis atau Periode Romantis) adalah gerakan artistik, sastra, musikal dan intelektual yang berasal di Eropa menjelang akhir abad ke-18, dan di sebagian besar wilayah berada pada puncaknya dalam periode perkiraan dari tahun 1800 sampai 1850. Romantisisme dicirikan oleh penekanannya pada emosi dan individualisme serta pemuliaan semua masa lalu dan alam, lebih memilih abad pertengahan daripada klasik.

    ReplyDelete
  17. Latifah Fitriasari
    PM C

    Pandangan paham romantic mengutamakan rasa, sebagai lawan aliran realisme. Hal ini merupakan revolusi melawan norma-norma kebangsawanan, sosial dan politik dari periode Pencerahan dan reaksi terhadap rasionalisasi terhadap alam. Pandangan ini memiliki gerakan kompleks dalam seni dan sastra, serta merupakan gerakan intelektual. Pandangan ini muncul ketika menjadi sebagai reaksi terhadap aliran positivisme dan juga karena didorong oleh gerakan nasionalisme, sehingga muncullah apa yang disebut dengan aliran romatisisme.

    ReplyDelete
  18. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Romanticism adalah hal yang berhubungan dengan keindaan atau nilai estetika suatu hal di dunia ini. Dalam filsafat kita memerlukan adanya paham romantisism agar kita mampu menganggap keindahan sebagai proses berpikir kita sendiri, sehingga pikiran kita menjadi semakin berkembang dan mencoba hal-hal yang baru bagi kita sebagai suatu pengalaman yang dapat menambah wawasan bagi kita.

    ReplyDelete
  19. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Romantisisme merupakan gerakan artistik, sastra, musikal dan intelektual yang berasal di Eropa menjelang akhir abad ke-18. Romantisisme dicirikan oleh penekanannya pada emosi dan individualisme. Sehingga, romantisisme tidak hanya sekedar menekankan pada perasaan saja, tetapi lebih dari itu. Sehingga, seyogyanyalah romantisisme masuk ke dalam pembahasan filsafat.

    ReplyDelete
  20. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Romanticism adalah gerakan artistik, sastra, musikal dan intelektual yang berasal di Eropa menjelang akhir abad ke-18 dan di sebagian besar wilayah berada pada puncaknya dalam periode perkiraan dari tahun 1800 sampai 1850. Romanticism merupakan corak dalam seni rupa yang berusaha menampilkan unsur fantasi, irasional, absurd dan indah. Aliran ini mencoba menggambarkan sesuatu dari sudut pandang yang romantis. Ciri-ciri dari romanticism ini adalah mengandung cerita yang dahsyat dan emsional, penuh gerak dan dinamis, warna bersifat kontras dan meriah, pengaturan komposisi dinamis, mengandung kegetiran dan menyentuh perasaan serta kedahsyatan melebihi kenyataan.

    ReplyDelete
  21. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Romantisme biasa atau sangat sering sekali dikaitkan dengan cinta, perpaduan dalam seni dan estetika atau keindahan dari berbagai macam perbedaan yang bercampur menjadi satu seperti lukisan yang bisa membuat hasil yang indah karena perpaduan dari banyak warna cat yang berbeda. Namun, sebenarnya cinta tidak dapat diartikan secara absolut. Karena pada hakikatnya cinta itu dapat dimaknai oleh mereka yang sedang mengalami cinta, namun tidak bagi mereka yang jauh dengan conta. Jadi, disini sifat cinta pada hakikatnya merupakan sifat subjektif yang tidak dapat didefinisikan secara absolut dan universal. Hal inipun sama dengan makna atau definisi dari romantisme, sebenarnya romantisme tidak bisa didefinisikan secara universal. Karena romantisme dapat diarikan bagi mereka yang sedang melakukan interaksi antar sesama dan mereka menikmatinya.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  22. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Hidup manusia, khususnya dalam hal kehidupan sosialnya tidak akan pernah berada dalam suatu kepastian. Pasti berubah-ubah setiap saat. Kadang dua orang saling membenci tetapi kadang juga saling saying. Maka kehidupannya diantara benci dan saying. Kadang toleransi kadang otoriter, maka kehidupannya berada di antara memberi kuasa dan berkuasa. Bahkan benci pun juga ada rentangnya ada yang benci sekali da nada yang benci karena suka. Saying juga memiliki rentang, antara sangat saying dan saying yang sedikit sekali.
    Semua sifat atau perasaan manusia itu ada di interval bukan di suatu titik pasti. Maka apabila dua orang sedang bermusuhan, maka kedua-duanya sedang dalam interval yang mendekati titik kebencian. Apabila dua orang saling cinta, maka keduanya ada dalam interval mendekati cinta. Romasntis juga berada di interval, maka kehidupan kita ini adalah romantis juga. Namun, romantis yang seimbang ialah apabila keduanya di interval yang seimbang. Jika ada yang berkuasa maka ada yang memberi kuasa. Jika ada yang cinta maka kadang muncul benci juga. Sehingga seimbang dan tidak monoton.

    ReplyDelete
  23. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Romantisisme dibentuk sebagai pemberontakan melawan Neoclassicism yang disebabkan oleh perubahan sosial tiba-tiba yang terjadi selama Revolusi Perancis dan era Napoleon. Romantisme mulai di Jerman dan Inggris pada 1770 dan telah menyebar ke seluruh Eropa pada 1820-an. Kemudian tidak lama setelah itu, pengaruhnya telah menyebar di luar negeri ke Amerika Serikat. Romantisisme merupakan gerakan dalam seni sastra, serta merupakan gerakan intelektual yang berasal dari pertengahan kedua pada abad 18 di eropa barat selama revolosi industri. Romantisisme menyebar dari seni ke sastra dan filsafat yang menekankan pada pendekatan emosional, spontan, dan imajinatif, dan kebebasan dengan cara subjektivitas dan individualisme.

    ReplyDelete
  24. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Romantisisme merupakan gerakan yang menganut seni, sastra, musik, dan intelektual yang berasal dari Eropa yang muncul menjelang akhir abad ke-18 dan mencapai puncaknya pada sekitar tahun 1800-1850. Romantisismw ini muncul sebagai respon dari ketertiban pasca revolusi Prancis. Romantic sering kita dengar sebagai sesuatu yang bernuansa kasih sayang. Artinya dipandang sebagai segi positif, romantisme akan menciptakan kedamaian dan kesenangan serta kegembiraan karena didasari dengan rasa kasih sayang tadi.

    ReplyDelete
  25. Metia Novianti
    17709251021
    PPs PM A

    Romantisisme adalah gerakan dalam seni sastra, dan gerakan intelektual yang berasal dari pertengahan kedua pada abad 18 di Eropa Barat selama revolusi industri. Romantisisme menyebar dari seni ke sastra dan filsafat yang menekankan pada pendekatan emosional, spontan, imajinatif, dan kebebasan dengan cara subjektivitas dan individualisme. Romantisisme dibentuk sebagai pemberontakan melawan Neoclassicism yang disebabkan oleh perubahan sosial tiba-tiba yang terjadi selama Revolusi Perancis dan era Napoleon.

    ReplyDelete
  26. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Romantisme adalah sebuah gerakan yang bergerak di bidang kesusteraan, kebudayaan, seni , filsafat, dan mengutamakan segi emosional, kepekan daripada rasional. Dalam filsafat, romantisme memiliki kecenderungan supaya manusia kembali ke zaman di mana mereka pernah hidup berdamai dengan alam, tanpa eksplorasi, tidak banyak ambisi. Romantisme adalah aliran yang beranggapan bahwa manusia harus menyadari akan fitrah hakikinya sehingga mereka dapat hidup dengan baik dan layak tanpa menuai banyak masalah.

    ReplyDelete
  27. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Romantisisme adalah sebuah gerakan seni, sastra dan intelektual yang berasal dari Eropa Barat abad ke-18. Gerakan ini merupakan revolusi melawan norma-norma kebangsawanan, sosial dan politik dari periode pencerahan dan rekasi terhadap terhadap rasionalisasi terhadap alam dalam seni dan sastra. Menekankan emosi yang kuat sebagai sumber dari pengalaman estetika. Gerakan ini mengangkat seni rakyat, alam dan kebiasaan, serta menganjurkan epistemologi yang didasarkan pada alam, termasuk aktivitas manusia yang dikondisikan oleh alam dalam bentuk bahasa, kebiasaan dan tradisi.

    ReplyDelete
  28. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Romantisisme dicirikan oleh penekanannya pada emosi dan individualisme serta pemuliaan semua masa lalu dan alam, lebih memilih abad pertengahan daripada klasik. Romantisisme ini adalah sebuah paham yang memegang sebuah kesenian. Orang yang dikatakan romantis, biasanya mempunyai suatu cara yang diluar dugaan, ini berarti ia mempunyai ide dan inovasi yang bisa menjadi seni keindahan yang baru ataupun memang yang telah ada sebelumnya. Orang yang memiliki paham inilah yang biasanya suka berinovasi sekreatif mungkin demi memuaskan pemikiran seninya.

    ReplyDelete
  29. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Romanticism dapat dikatakan begitu dekat dengan ekspresi bebas dari emosi dan perasaan manusia. Konsep utama dari romantics adalah dapat menciptakan sesuatu yang sifatnya baru dari sesuatu yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain sebelumnya. Sehingga Romanticsm begitu menyatu dengan ekspresi bebas dari seseorang bisa berupa karya seni seperti lukisan, musik, puisi dan lain-lain. Selain itu, Romanticism ternyata turut memengaruhi ranah pengetahuan (intelektual/sains) karena saat seseorang telah mampu menciptakan sesuatu secara original dibidang pendidikan, bisa dikatakan merupakan salah satu wujud romanticism.

    ReplyDelete