Dec 2, 2012

ROMANTICISM





Ass Wr Wb
 Jika ingin membaca lebih lanjut tentang ROMANTICISM, koneklah:





Wss Wr Wb
Marsigit

35 comments:

  1. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Romantisme disini dikaitkan dengan seni. Seni merupakan setiap segala sesuatu yang diciptakan, sehingga didalamnya terdapat kandungan atau unsur sebuah keindahan, serta dapat membangkitkan rasa tertarik dari orang yang melihat maupun menikmatinya. Seniman atau pelukis yang menorehkan karyanya dalam aliran romantisme ini memiliki pikiran yang sangat dalam, yang tidak terduga hasil indahnya lukisan itu, karenanya dia dapat mampu memperlihatkan emosi dan perasaannya dalam hasil akhir setiap lukisannya.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Romanticism adalah suatu seni, yang secara harafiah merupakan pegerakan musik dan intelektualitas, romanticism berasal dari belahan dunai Eropa di akhir abad ke 28, romanticism di karakteristikkan dengan penekanannya pada emosi dan individualisme yang merupakan bentuk pemujaan terhadap masa lampau dan alam. Dalam sumber diatas juga menyebutkan bahwa Romanticism condong terhadap asal-usul sejarah dibanding aspek klasikal. Hal tersebut diwujudkan secara tegas pada seni visual, musik dan literatur tetapi memiliki pengaruh yang kuat dalam historiografi.

    ReplyDelete
  4. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Romantisme berhubungan dengan cinta, seni dan estetika atau keindahan. Romantism merupakan istilah yang digambarkan sebagai perasaan menyenangkan atau kegembiraan karena cinta. Dalam konteks hubungan cinta romantis, romantisme biasanya menyiratkan satu ekspresi cinta, atau keinginan emosional seseorang yang dapat terhubung dengan orang lain. Romantism muncul dalam berbagai artefak seperti literatur: puisi, buku, dalam seni teater, dalam lagu, drama dan sebagainya.

    ReplyDelete
  5. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Romanticism mengajarkan tentang bagaimana mengaplikasikan suatu keindahan, bentuk reaksi dari emosi dan pikiran manusia yang dituangkan dalam bentuk nyata (karya). Menurut paham ini, unsur emosi lebih diutamakan daripada pikiran. Dengan kata lain, paham ini lebih mempercayai intuisi daripada pikiran. Paham ini mendorang orang untuk menghayati perasaan melalui penghayatan indra.

    ReplyDelete
  6. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Romantisisme (era romantis) merupakan gerakan artistik, sastra, musikal, dan intelektual yang berasal dari Eropa menjelang akhir abad ke-18. Menurut Isaiah Berlin, Romantisisme mewujudkan "semangat baru dan gelisah, berusaha keras menembus bentuk lama dan kejam, keasyikan gugup dengan kondisi batin yang terus berubah, kerinduan untuk yang tak terbatas dan tak dapat ditentukan, untuk gerakan dan perubahan abadi, upaya untuk kembali ke sumber kehidupan yang terlupakan, upaya yang penuh semangat pada penegasan diri baik individu maupun kolektif, pencarian setelah sarana mengungkapkan kerinduan yang tidak menyenangkan untuk tujuan yang tak mungkin dicapai.” Aliran romantisme pada konsepnya lebih menekankan pada kedalam emosi dari sang seniman.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  7. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Romantisme adalah apa yang sering disebut sebagai tren filsafat atau suasana peradaban rasionalitas pada waktu itu, yang lebih mengedepankan perasaan, nafsu, hasrat, kehendak, passion, yang berhubungan dengan keindahan. Dikutip dari laman (marcelliusarichristy.wordpress.com): Kita tahu bahwa Allah dimaknai sebagai tremendum et fascinosum. Tremendum artinya Tuhan itu menakutkan, menggentarkan, membuat manusia bergetar. Tetapi pada saat yang sama Tuhan adalah Dia yang memikat, Dia yang begitu indah, Dia yang jika memelukmu tak akan mau kamu lepaskan dan tak mau melepaskanmu. Dia adalah keindahan itu sendiri. Fascinosum adalah segala yang dirindukan oleh manusia. Maka kita tahu dengan baik bahwa Teologi pada masa romantisme itu mengurai relasi-relasi yang sangat kompleks dan mendalam antara manusia dengan Tuhan.

    ReplyDelete
  8. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Romantisme merupakan suatu bagian aliran suatu karya. Romantisme hidup dengan sebuah kehalusan paparan. Aliran ini menitik beratkan pada rasa sehingga mampu memabukan penikmatnya melalui berbagai objek yang telah dirasuki keromamtisan. Bahkan seolah-olah romantisma dapat membawa kita ke dalam suatu dunia lain, dunia indah yang akan memberikan kebahagiaan sempurna.
    Jika digunakan secara dewasa dan bijaksana makan aliran ini dapat memberikan imbas baik pada penikmatnya. Romantisme dapat digunakan sebagai sarana untuk memberikan aura positif pada penikmat sehingga akan merasakan sesuatu yang memberikan berbagai semangat dan harapan.

    ReplyDelete
  9. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Berdasarkan topik bahasan mengenai Romantisme, maka dikatakan bahwa "Romantisisme dicirikan oleh penekanannya pada emosi dan individualisme serta pemuliaan semua masa lalu dan alam, lebih memilih abad pertengahan daripada klasik. Itu sebagian merupakan reaksi terhadap Revolusi Industri, norma-norma sosial dan politik aristokrat dari Zaman Pencerahan, dan rasionalisasi ilmiah alam — semua komponen modernitas. Itu diwujudkan paling kuat dalam seni visual, musik, dan sastra, tetapi memiliki dampak besar pada historiografi, pendidikan, ilmu sosial, dan ilmu alam", maksud dari pernyataan tersebut bahwa pada dasarnya Romantisme lebih meniitik beratkan pada hal-hal yang berkaitan dengan rasa atau emosi, lalu kemudian diwujudkan pada sejumlah bidang sebagai aplikasi dari teori yang ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
      Besse Rahmi Alimin
      18709251039
      s2 Pendidikan Matematika 2018

      Selanjutnya, juga dijelaskan bahwa Romantisme, pertama kali didefinisikan sebagai estetika dalam kritik sastra sekitar tahun 1800, memperoleh momentum sebagai gerakan artistik di Prancis dan Inggris pada dekade awal abad kesembilan belas dan berkembang hingga pertengahan abad. Dalam seni Romantis, alam — dengan kekuatannya yang tak terkendali, tidak dapat diprediksi, dan berpotensi menimbulkan bencana ekstrem — menawarkan alternatif bagi dunia pemikiran Pencerahan yang teratur. Gambar-gambar alam yang penuh kekerasan dan menakutkan yang disulap oleh seniman-seniman Romantis mengingatkan estetika abad ke-18 dari Yang Sublim. Dalam keragaman gaya dan jangkauan subjek, Romantisisme menentang kategorisasi sederhana. Seperti yang ditulis oleh penyair dan kritikus Charles Baudelaire pada tahun 1846, Romantisisme secara tepat tidak terletak pada pilihan subjek maupun kebenaran yang pasti, tetapi dalam suatu cara perasaan. Narasi ini didapat dari link yang di cantumkan pada pembahasan ini.

      Delete
  10. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, romantisisme adalah suatu gerakan perlawanan atas rasionalisme dengan membuat suatu negativitas atas keunggulan rasio, kelompok ini menentukan yang alamiah, pengalaman sehari-hari sebagai sumber kebijaksanaan dan kebenaran. Lalu, memilih intuisi sebagai cara memahami dan mendekati realitasnya. orang yang paham romantisisme, meyakini kodrat awal manusia pada dasarnya baik, dimana dalam diri orang-orang yang sederhana itu tersimpan kearifan sejati.

    ReplyDelete
  11. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Romantisme identik dengan suatu keindahan. Karena berkaitan dengan keindahan maka romantisme lebih menekankan pada unsur emosi daripada pikiran. Romantisme mendorong seseorang untuk menghayati perasaanya dan lebih mempercayai intuisi. Intuisi digunakan untuk memahami dan mendekati realitasnya bersama-sama dengan meyakini alam sebagai sumber kebenarannya.

    ReplyDelete
  12. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Berdasarkan referensi yang Saya baca, romantisisme adalah sebuah gerakan seni, sastra dan intelektual yang berasal dari Eropa Barat abad ke-18 pada masa revolusi industry. Gerakan ini sebagian merupakan revolusi melawan norma-norma kebangsawanan, sosial dan politik dari periode pencerahan dan reaksi terhadap rasionalisasi terhadap alam, dalam seni dan sastra. Gerakan ini menekankan emosi yang kuat sebagai sumber dari pengalaman estetika, memberikan tekanan baru terhadap emosi-emosi seperti rasa takut, ngeri, dan takjub yang dialami ketika seseorang menghadapi alam. Romantisisme menyebar dari seni ke sastra dan filsafat yang menekankan pada pendekatan emosional, spontan, dan imajinatif serta kebebasan dengan cara subjektivitas dan individualisme.

    ReplyDelete
  13. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Seniman romantisisme terpesona oleh alam, nafsu mereka, perjuangan batin, suasana hati mereka, potensi mental, dan pahlawn. Mereka menyelidiki sifat manusia dan kepribadian, budaya rakyat, asal-usul nasional dan etnis, era abad pertengahan, yang eksotis, yang misterius, okultisme, yang sakit, dan bahkan setan. Seniman romantisisme memiliki peran pencipta sejati yang mengabaikan aturan yang ditetapkan, yang menurut mereka terlalu ketat, formal, tradisonal, dan bahkan prosedural. Mereka juga percaya bahwa imajinasi adalah alasan yang lebih unggul dan keindahan. Dengan demikian romatisisme yang dimiliki oleh setiap orang berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang laiinya, bahkan tingkatan romantisme setiap orang juga berbeda-beda.

    ReplyDelete
  14. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Romantisisme merupakan sebuah gerakan seni, sastra dan intelektual yang berasal dari Eropa Barat pada masa Revolusi Industri. Gerakan romantisme ini merupakan gerakan yang dilakukan untuk melawan norma-norma kebangsawanan, sosial, dan politik dari periode pencerahan. Gerakan romantisme juga merupakan reaksi terhadap rasionalisasi terhadap alam, dalam seni dan sastra. Gerakan ini menekankan pada emosi yang kuat sebagai sumber dari pengalaman estetika, memberikan tekanan baru terhadap emosi-emosi seperti rasa takut, ngeri, dan takjub yang dialami saat seseorang menghadapi permasalahan dari alam.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  15. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Romantisme merupakan suatu gerakan perlawanan atas rasionalisme dengan caramembuat suatu negativitas atas keunggulan rasio itu, kelompok ini menentukan “yang alamiah”, pengalaman sehari-hari digunakan sebagai sumber kebijaksanaan dan kebenaran. Kemudian, intuisi sebagai cara memahami dan mendekati realitasnya. Kaum romantik adalah kaum yang selalu gelisah, tidak puas, dan terus penasaran jika ada sesuatu yang menjanggal atau tidak semestinya.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  16. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Romantisme itu sendiri sebenarnya lebih mementingkan kepekaan emosi dan kehalusan jiwa dari pada penalaran logika dan rasionalitas. Ia lebih mengarah kepada karya yang mengandung nilai estetika. Namun di jaman modernisasi ini, telah mengubah sisi romantisme secara drastis. Romantisme kuno pada era terdahulu dituntut untuk menyesuaikan diri dengan budaya modern

    ReplyDelete
  17. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Romanticism adalah gerakan kompleks dalam seni dan sastra, serta merupakan gerakan intelektual yang berasal dari pertengahan kedua pada abad 18 di Eropa Barat, dan memperoleh kekuatan selama Revolusi Industri. Gerakan ini menekankan emosi yang kuat sebagai sumber dari pengalaman estetika, lalu menempatkan penekanan pada rasa kegemparan, kengerian dan kekaguman, terutama pada pengalaman menghadapi keelokan alam yang indah dan berkualitas. Epistemology romantisisime ini adlah aktivitas manusia yang dikondisiskan oleh alam dalam bentuk bahasa, kebiasaan, dan tradisi. Contoh dari romantisisme ini yaitu seni arsitektur tahun 18-an berupa seni bangunan eropa barat.Saat ini mungkin terjadi sedikit pergeseran romantisisme ini yaitu mengikuti perkembangan zaman modern sehingga masyarakat sedikit-demi-sedikit mulai meninggalkan tradisi masyarakatnya karena dianggap tidak sesuai dengan zaman saat ini.

    ReplyDelete
  18. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Romantisme dianggap sebagai aliran yang lebih mementingkan penggunaan bahasa yang indah, mengawang ke alam mimpi. Pengalaman romantisme adalah pengalaman yang hanya terjadi dalam angan-angan. Romanticism tidak menghasilkan penyatuan gaya seni karena Romanticism bernilai ungkapan pribadi bukan ketaatan kepada konvensi yang ditetapkan. Romanticism lebih ke sebuah sikap pikiran, serta keinginan untuk menjelajahi kedalaman keinginan manusia yang diyakini akan ideal dan harmonis.

    ReplyDelete
  19. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    setelah membaca dari link yang diberikan, Romantisme atau biasa dikenal sebagai era Romantis adalah gerakan artistik, sastra, musik dan intelektual yang berasal dari Eropa menjelang akhir abad ke-18, dan di sebagian besar wilayah berada pada puncaknya pada periode perkiraan dari 1800 hingga 1850. Romantisme ditandai dengan penekanannya pada emosi dan individualisme serta pemuliaan semua masa lalu dan alam, lebih memilih abad pertengahan daripada klasik. terimakasih

    ReplyDelete
  20. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Romantisisme lahir sebagai reaksi perlawanan atas rationalism. Kebenaran itu tidak hanya (bahkan tidak dapat) diperoleh melalui pikiran (ratio). Dalam Romantisisme filsafat tercampur aduk dengan seni (baik sastra, puisi, seni rupa, seni plastis, drama). Ketika romantisisme berbicara tentang atau mengekspresikan apa yang terpendam dalam hati dan gelisah dalam jiwanya dalam bentuk karya seni, pada dasarnya ia sedang berfilsafat. Boleh juga dikatakan disini bahwa seni itu melampaui filsafat. Terutama ketika diyakini bahwa sumber dari seni itu adalah intuisi. Romantisisme itu merindukan sesuatu yang murni, sejati, dan fitri. Romantisisme meyakini kodrat awal manusia pada dasarnya baik. Bahwa dalam diri orang-orang yang sederhana itu tersimpan kearifan sejati. Begitu juga dalam bentuk-bentuk karya seni seperti folkrole, dongeng-dongeng dan mitologi-mitologi lokal tersimpan nilai-nilai luhur dan kebenaran.

    ReplyDelete
  21. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Romanticism identik dengan cinta dan kasih sayang. Sebuah pergerakan yang menggunakan emosi dalam hati dan pikiran manusia. Romanticism selalu terlihat indah dari setiap gerakan, sastra dan bentuk gerakan yang lain. Namun tidak ada romanticsm yang lebih indah selain romantic yang selalu mengingatkan kita kepada Allah SWT yang Maha Pengasih dan Meha Penyayang kepada hambanya.

    ReplyDelete
  22. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Romanticism berasal dari kata ‘romantis’. Aliran filsafat ini lebih menonjolkan sisi estetika dalam seni dan sastra, dengan menggunakan imajinasi. Selain itu lebih menekankan pada emosi dan individualisme. Aliran ini berasal dari Eropa yang muncul pada abad ke-18.

    ReplyDelete
  23. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Romantisme adalah gerakan artistik, sastra, musik dan intelektual yang berasal dari Eropa menjelang akhir abad ke-18, dan di sebagian besar wilayah berada pada puncaknya pada periode perkiraan dari 1800 hingga 1850. Romantisme ditandai dengan penekanannya pada emosi dan individualisme serta pemuliaan semua masa lalu dan alam.

    ReplyDelete
  24. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    romanticism emphasis on the emotion of individual. This means that this phylosophy put the attention more on the emotion.

    ReplyDelete
  25. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Membaca tentang romantisisme, saya memahami bahwa filsafat tidak selalu tentang pikiran rasional dan pengalaman. Romantisisme mengajak kita berfilsafat dengan intuisi, emosi, dan imajinasi untuk mengahyati dan menyelami pikiran serta perasaan manusia yang diyakini adalah harmonis dan ideal. Ekspresi romantisisme sering kali ditunjukkan dalam wujud karya seni. Sekali lagi, romantisisme mengubah persepsi saya bahwa berfilsafat tidak melulu perkara merenung dan berfikir.

    ReplyDelete
  26. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Romantisisme adalah sebuah era dimana dikenal sebagai era romantis. Era romantis ditandai oleh adanya artistic, sastra, music dan juga intelektual yang hingga saat ini kita nikmati keindahannya dalam kehidupan sehari – hari. Tentunya kita sadar bahwa romantisme menekankan pada emotional dan individualism. Emotional berupa ketakutan, kekaguman dan lain sebagainnya. Oleh karena itu, tidak dapat dipungkiri bahwa walaupun mengalami perubahan atau revolusi, romantisme dalam wujud music, seni, sastra tetap memiliki dampak dalam kehidupan manusia modern ini.

    Terima kasij Prof.

    ReplyDelete
  27. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, Romantisisme didefinisikan sebagai suatu gerakan perlawanan atas rasionalisme dengan membuat suatu negativitas atas keunggulan rasio itu, kelompok ini menentukan “yang alamiah”, pengalaman sehari-hari sebagai sumber kebijaksanaan dan kebenaran. Lalu, memilih intuisi sebagai cara memahami dan mendekati realitasnya. Seseorang yang berpaham romanistem memakai intuisi untuk menjadi dasar epistemologisnya dalam mendekati realitas, bersama-sama dengan meyakini alam sebagai sumber kebenarannya. Kaum romantik, selalu gelisah, tidak puas serta penasaran bila ada sesuatu yang tidak semestinya terjadi atau ada kenyataan yang membuatnya terobsesi. Mereka lalu mencari jawaban yang paling memuaskan. Terimakasih

    ReplyDelete
  28. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Romantisme merupakan pergerakan dieropa pada abad ke 18 yang berfokus kepada seni, literatur dan music. Romantisme berbeda dengan rationalism, karena romantisme berfokus pada perasaan dan individualisme sebagai kebanggaan. Pergerakan ini menekankan emosi/ perasaan sebagai sumber otentik dari pengalaman, menekankah perasaan prihatin, horror, ter ror sebagai suatu bentuk seni. Pergerakan ini muncul sebagai salah satu reaksi dari revolusi industry dan neoklasik yang terikat pada norma.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Romantisme merupakan gerakan ini menekankan emosi yang kuat sebagai sumber otentik pengalaman estetika, menempatkan penekanan baru pada emosi seperti ketakutan, ketakutan dan teror, dan kekaguman terutama yang berpengalaman dalam menghadapi kategori estetika baru dari keagungan dan keindahan alam. Dalam Romatisme ada unsur emosi, seni dan keindahan didalamya.

    ReplyDelete
  31. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Romanticism adalah gerakan artistik, sastra, musikal dan intelektual yang berasal di Eropa menjelang akhir abad ke-18 dan di sebagian besar wilayah berada pada puncaknya dalam periode perkiraan dari tahun 1800 sampai 1850.Romanticism merupakan corak dalam seni rupa yang berusaha menampilkan unsur fantasi, irasional, absurd dan indah. Aliran ini mencoba menggambarkan sesuatu dari sudut pandang yang romantis. Ciri-ciri dari romanticism ini adalah mengandung cerita yang dahsyat dan emsional, penuh gerak dan dinamis, warna bersifat kontras dan meriah, pengaturan komposisi dinamis, mengandung kegetiran dan menyentuh perasaan serta kedahsyatan melebihi kenyataan.

    ReplyDelete
  32. sintha fardu anggraeni
    S2 pend matematika D 2019
    19709251071

    Romanticism adalah gerakan kompleks dalam seni dan sastra, serta merupakan gerakan intelektual yang berasal dari pertengahan kedua pada abad 18 di Eropa Barat, dan memperoleh kekuatan selama Revolusi Industri. Gerakan ini menekankan emosi yang kuat sebagai sumber dari pengalaman estetika, lalu menempatkan penekanan pada rasa kegemparan, kengerian dan kekaguman, terutama pada pengalaman menghadapi keelokan alam yang indah dan berkualitas.

    ReplyDelete
  33. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Romantisme adalah aliran dalam karya sastra yang mengutamakan perasaan. Romantisme ini timbul sebagai reaksi terhadap rasionalisme yang menganggap segala rahasia alam bisa diselidiki dan diterangkan oleh akal manusia. Romantisme dianggap sebagai aliran yang lebih mementingkan penggunaan bahasa yang indah, mengawang ke alam mimpi. Pengalaman romantisme adalah pengalaman yang hanya terjadi dalam angan-angan, seperti lamunan muda-mudi dengan kekasihnya. Aliran romantisme ini menekankan kepada ungkapan perasaan sebagai dasar perwujudan.
    Sumber; Mine coins - make money: http://bit.ly/money_crypto

    ReplyDelete
  34. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete