Dec 2, 2012

ROMANTICISM





Ass Wr Wb
 Jika ingin membaca lebih lanjut tentang ROMANTICISM, koneklah:





Wss Wr Wb
Marsigit

10 comments:

  1. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Romantisisme merupakan gerakan dalam seni sastra, serta merupakan gerakan intelektual yang berasal dari pertengahan kedua pada abad 18 di eropa barat selama revolosi industri. Romantisisme menyebar dari seni ke sastra dan filsafat yang menekankan pada pendekatan emosional, spontan, dan imajinatif, dan kebebasan dengan cara subjektivitas dan individualisme.

    ReplyDelete
  2. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Romanticism berpandangan bahwa sesuatu yang bersifay baru yang tidak pernah dipikirkan orang lain. Romanticism begitu menyatu dengan ekspresi bebas dari sesorang misalnya musik, lukisan dan karya seni lainnya. Wujud dari romanticism misalnya seseorang mampu menicptakan ide baru dalam pendidikan, ini bisa jadi romanticism telah mempengaruhi ranah pengetahuan

    ReplyDelete
  3. Romantisisme adalah sebuah gerakan seni, sastra dan intelektual melawan norma-norma kebangsawanan, sosial dan politik dari periode Pencerahan dan reaksi terhadap rasionalisasi terhadap alam, dalam seni dan sastra. Nama "romantik" sendiri berasal dari istilah "romans" yaitu narasi heroik prosa atau puitis yang berasal dari sastra Abad Pertengahan. Mengingat kembali perjuangan-perjuangan dari kepahlawanan bangsa, negara yang terdahulu.

    ReplyDelete
  4. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof atas link-link yang dibagikan. Saya menemukan kesulitan dalam memahami romantisisme pada link-link tersebut, saya menyadari keterbatasan saya ini. Akan tetapi, mohon ijin berpendapat, pada masa menempuh pendidikan S1 dahulu saya pernah mendapatkan materi tentang dinamika dan perubahan. Seingat saya dahulu pernah dijelaskan tentang romantisme, disebutkan bahwa romantisme adalah perubahan yang arahnya selalu positif. Mohon maaf, jika pemahaman saya terkait ulasan di atas sangat melenceng dari makna yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  5. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Persepsi awal saya ternyata salah tentang romanticism. Nama "romantic" sendiri berasal dari istilah "romans" yaitu narasi, prosa atau sesuatu yang puitis yang berasal dari sastra Abad Pertengahan.Gerakan ini merupakan gerakan perlawanan terhadap norma dan aturan kebangsawanan, sosial dan politik. Selain itu, mereka menggap bahwa alam, dalam seni dan sastra merupakan suatu rasionalisasi dari kebenaran. Gerakan ini juga mengangkat seni rakyat, alam dan kebiasaa. Epistemologi dari romanticism didasarkan pada alam. Pendapat atau argumen pada gerakan ini cenderung kembali kepada sejarah dan alam.

    ReplyDelete
  6. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. Menurut saya, romantisisme adalah suatu paham yang mengarah pada suatu gerakan dalam dunia seni yang menekankan pada persepsi perasaan (emosi yang kuat dan menggebu-gebu) terhadap suatu entitas yang estetis. Sangat sulit untuk memahami aliran ini tanpa mengetahui sejarah estetika itu sendiri. dalam hal ini, saya masih sangat kurang dalam pemahaman aliran ini, sehingga saya membutuhkan referensi lebih dari hanya sekedar sumber-sumber minor seperti Wikipedia dll. Mohon pencerahannya, pak prof.

    ReplyDelete
  7. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami Romantisisme adalah gerakan yang menyebar di Eropa dan kemudian budaya Amerika antara tahun 1775 dan 1830, meskipun digembar-gemborkan oleh unsur-unsur sebelumnya di abad ke-18 (antiquarianisme, novel kepekaan, cita rasa yang agung dan indah, dan di atas semua ketinggian alam Rousseau dan sentimen di atas peradaban dan intelektualitas). Romantisisme sebagian merupakan reaksi terhadap rasionalitas yang kaku, pencerahan, statis, neo-klasik, yang mendukung secara spontan, tak terbatas, subyektif, imajinatif dan emosional, dan inspirasional dan heroik. Dalam filsafat, kaum Romantik mengambil dari pemikiran Kant baik penekanan pada kehendak bebas dan doktrin bahwa realitas pada akhirnya bersifat spiritual, dengan sifat itu sendiri merupakan cermin jiwa manusia. Menurut Schelling, alam menjadi semangat kreatif yang aspirasinya semakin lengkap dan realisasinya semakin lengkap. Pengetahuan tentang sifat semangat ini (Mutlak) tidak dapat diperoleh dengan cara rasional dan analitis, namun hanya dengan penyerapan emosional dan intuitif dalam prosesnya. Ketidakbersalahan spontan anak (dan kemanusiaan di masa kecilnya) rusak dengan dimulainya pemisahan intelektual dari alam, namun individu, dan sejarah manusia yang sama, dapat mengatasi pemisahan ini dengan proses spiral untuk mendapatkan kembali kesatuan yang hilang, meskipun disucikan dan diperbaiki oleh perjalanan. Seni romantis pada dasarnya merupakan salah satu gerakan, diincar dalam pencarian, perjalanan, dan ziarah yang bertujuan untuk kembali ke rumah atau tempat tinggal yang hilang. Coleridge dan de Staël adalah kendaraan utama transmisi Romantikisme filosofis Jerman ke Inggris. Meskipun gerakan kepentingan budaya yang lebih umum, Romantisisme memanfaatkan sumber intelektual dan emosional yang sama dengan idealisme Jerman, karena berujung pada filosofi Hegel dan idealisme mutlak.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  8. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Dalam link https://www.metmuseum.org/toah/hd/roma/hd_roma.htm disebutkan bahwa romantisme, yang pertama kali didefinisikan sebagai sebuah estetika dalam kritik sastra sekitar tahun 1800. ini berarti pada zaman romantisme didefiniskan estetika dalam kritik sastra, bukan sebagai kisah cinta atau bersifat mesra sebagaimana yang dikenal oleh kids jaman now. seiring berjalannya waktu makna romastis mulai bergeser hingga sekarang dlam KBBI Romantis diartikan sebagai bersifat seperti dalam cerita roman (percintaan) atau bersifat mesra atau mengasyikkan.

    ReplyDelete
  9. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Romanticism mengajarkan tentang bagaimana mengaplikasikan suatu keindahan, bentuk reaksi dari emosi dan pikiran manusia yang dituangkan dalam bentuk nyata (karya). Menurut paham ini, unsur emosi lebih diutamakan daripada pikiran. Dengan kata lain, paham ini lebih mempercayai intuisi daripada pikiran. Paham ini mendorang orang untuk menghayati perasaan melalui penghayatan indra.

    ReplyDelete
  10. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Romantisme merupakan salah satu aliran filsafat mengenai kasih sayang dan cinta. Apabila dalam pembelajaran dapat dianalogikan rasa cinta dan kasih sayang seorang guru kepada seluruh siswanya dengan membarikan pealyanan dan fasilitas terbaik untuk siswanya. Seperti mengajar dengan maksimal dengan selalu memberikan strategi, model, pemdekatan mengajar yang melibatkan siswanya. Agar siswa menyadari bahwa gurunya memang tulus dalam mengajar dan menyukai cara mengajar tersebut. Karena berdasarkan pengalaman saya, apabila saya menyukai cara guru mengajar maka saya juga akan menyukai pelajaran yang diajarkan.

    ReplyDelete