Dec 3, 2012

SCIENTIFIC METHOD (METODE ILMIAH)





 Ass Wr Wb
Jika ingin mendalami tenteng SCIENTIFIC METHOD (METODE ILMIAH), yaitu Epistemology Contemporer, bacalah berikut:


Wss Wr Wb
Marsigit

34 comments:

  1. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Metode ilmiah merupakan suatu cara untuk mencari atau merevisi pengetahuan baru. Metode ilmiah ini memiliki karakteristik yang cermat atas subjektivitas. Hal ini agar pengetahuan yang dibentuk melalui metode ilmiah dapat digunakan secara umum tidak hanya dapat digunakan oleh subjek tertentu saja. Link-link di atas menghubungkan ke web atau halaman yang mendukung bagaimana metode ilmiah tersebut dapat digunakan serta tokoh-tokoh yang berperan dalam metode-metode ilmiah. Metode ilmiah sangat amat penting bukan saja dalam proses penemuan pengetahuan namun lebih-lebih lagi dalam mengkomunikasikan penemuan ilmiah tersebut kepada kalangan ilmuan.

    ReplyDelete
  2. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Untuk memperoleh pengetahuan dan melakukan revisi terhadap pengetahuan yang ada maka diperlukan metode. Metode tersebut dinamakan metode ilmiah. Langah-langkah yang digunakan dalam metode ilmiah dapat diawali dengan melakukan pengamatan, kemudian berpikir tentang pertanyaan berkaitan dengan hal yang diamati, menyusun hipotesis, mengembangkan prediksi yang bisa diuji, mengumpulkan data kemudian diperoleh teori umum yang disebut pengetahuan. Langkah-langkah tersebut berputar membentuk siklus. Sehingga dalam pencarian pengetahuan tidak akan sampai pada titik akhir atau berhenti.

    ReplyDelete
  3. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Metode ilmiah merupakan proses pembelajaran yang berkelanjutan, pada umumnya dimulai dengan pengamatan tentang alam atau dunia nyata, kemudian dilanjutkan dengan observasi maka akan muncul dugaan atau hipotesis yang akan diuji kebenarannya menggunakan eksperimen. Hasil eksperimen inilah yang kemudian akan dianalisis untuk kemudian menghasilkan kesimpulan yang dapat menjawab hipotesis. Ketika melakukan analisis, maka seseorang dapat dikatakan berpikir secara ilmiah.

    ReplyDelete
  4. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Metode ilmiah sangat penting , terlebih dapat memperoleh pengetahuan karena metode ilmiah merupakan serangkaian teknik yang digunakan untuk menelusuri fonomena-fenomena agar fenomena tersebut dapat diyakini secara jelas sebagai pengetahuan yang baru dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dengan adanya metode ilmiyah , seseorang tidak boleh mengatakan sesuatu tanpa dasarnya terlebih tidak ada bukti. Jika seseorang guru ingin mengatakan kelas yang diajarnya memiliki kemampuan yang tinggi maupun sedang maka harus ada bukti secara ilmiyah juga. Terima Kasih

    ReplyDelete
  5. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Filsafat dan ilmu adalah dua kata yang saling terkait, baik secara substansial maupun historis karena kelahiran ilmu tidak lepas dari peranan filsafat, sebaliknya perkembangan ilmu memperkuat keberadaan filsafat. Dari kalimat tersebut dapat dikatakan bahwa filsafat tidak hanya terkaitdengan matematika saja namun juga dengan ilmu, sehingga filsafat itu terkait dengan banyak hal. Filsafat memberikan keinginan bagi perkembangan dan kemajuan ilmu serta nilai nilai moral yang terkandungnya untuk berkembang.

    ReplyDelete
  6. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    maaf pak yang atas salah komen, yang betul yang ini.
    Metode ilmiyah adalah sekumpulan teknik unutk menyelidiki fenomena, memperoleh pengetahuan baru, atau mengoreksi dan mengintegrasikan pengetahuan sebelumnya. Agar disbut ilmiyah, maka metode ini dilandsakan pada bukti empiris terukur. Metode ini terdiri dari pengamatan, pengukuran, dan eksperimen sistematis, dan perumusan, pengujian, dan modifikasi hipotesis.

    ReplyDelete
  7. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Metode Saintifik merupakan pembelajaran yang terpadu dan bisa dipadu-padankan dengan model pembelajaran yang lain. Namun ada kesulitan yang menjadi tantangan bagi para pendidik untuk mampu berkreasi lebih. Pendidik harus bisa menginovasikan model pembelajaran juga membawa pembelajaran menyenangkan dan ramah anak. Ramah anak yang dimaksud adalah tidak sulit untuk dilaksanakan namun tetap pada esensi yang sesungguhnya.

    ReplyDelete
  8. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Metode saintifik merupakan salah satu metode pembelajaran yang direkomendasikan pada penerapan k13 karena memiliki relevansi dengan tujuan pembelajaran. Memang diperlukan suatu adaptasi untuk menerapkan pendekatan saintifik bagi siswa yang terbiasa belajar dengan menggunakan pendekatan konvensional karena dari yang siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru menjadi siswa yang dituntut untuk berpikir ilmiah memerlukan sebuah proses dan persiapan yang matang dari seluruh komponen pendidikan.

    ReplyDelete
  9. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Scientific method atau metode ilmiah diarttikan sebagai proses keilmuan untuk mendapatkan pengetahuan secara sistematis melalui bukti fisis. Metode ilmiah mempunyai langkah-langkah yang tersusun secara sistematis yaitu merumuskan masalah, hipotesis, eksperimen, analisis dara, dan membuat kesimpulan. Metode ilmiah atau metode saintifik adalah pembelajaran yang diharuskan dilaksanakan pada kurikulum 2013. Tujuannya agar menumbuhkan rasa ingin tahu, keaktifan dan kemandirian siswa untuk berpikir dan menyeselaikan masalah ilmiah sehingga pengetahuan baru yang didapat menjadi lebih bermakna.

    ReplyDelete
  10. Junianto
    PM C

    Metode ilmiah merupakan metode atau cara yang digunakan untuk menemukan sebuah pengetahuan baru. Metode ilmiah yang dipercaya dan teruji diharapkan akan menghasilkan penelitian yang kredibel. Pengetahuan baru yang diperoleh akan menjadi landasan bagi penelitian-penelitian berikutnya dna begitu seterusnya. Inilah yang menjadi alasan bahwa ilmu pengetahuan itu tidak pernah ada habisnya jika dipelajari. Karena hal ini pula, maka metode ilmiah juga harus senantiasa dikaji dan disesuaikan dengan kemajuan jaman.

    ReplyDelete
  11. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Berdasarkan link http://en.wikipedia.org/wiki/Outline_of_scientific_method, metode ilmiah merupakan sebuah metode yang digunakan untuk menyelidiki fenomena untuk memperoleh fenomena baru, serta untuk mengoreksi dan mengintegrasikan pengetahuan sebelumnya. Hal ini didasarkan pada pengamatan, empiris, bukti terukur dan tunduk pada hokum penalaran baik deduktif maupun induktif. Saat melakukan pengamatan, disusun sebuah hipotesis sebagai prediksi awal. Hipotesis kemudian diuji dengan melakukan eksperimen. Pengujian hipotesis sebaiknya tidak hanya sekali, hipotesis yang lolos uji berkali-kali dapat menjadi suatu teori ilmiah. Pada kurikulum 2013 metode ilmiah ini meliputi kegiatan mengamati, menanya, mencoba, mngasosiasi, dan mengomunikasikan. Metode ini memungkinkan siswa untuk melakukan eksplorasi secara lebih mendalam terhadap fakta – fakta dan fenomena yang terjadi untuk dijadikan bahan pembelajaran.

    ReplyDelete
  12. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Metode ilmiah sebagai "metode atau prosedur yang telah ditandai ilmu alam sejak abad ke-17, yang terdiri dalam pengamatan sistematis, pengukuran, dan percobaan, dan perumusan, pengujian, dan modifikasi hipotesis."
    Metode ilmiah meliputi
    1. Karakterisasi dari pengalaman dan pengamatan
    2. Hipotesis atau dugaan berdasarkan pengetahuan yang diperoleh saat merumuskan pertanyaan.
    3. Prediksi dari hipotesis
    4. Test dan eksperimen dengan menguji hipotesis.
    Tujuan dari percobaan ini untuk menentukan apakah pengamatan atau observasi setuju atau bertentangan dengan prediksi yang berasal dari hipotesis.

    ReplyDelete
  13. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Berdasarkan link yang bapak berikan, saya memperoleh bahwa metode ilmiah adalah sekumpulan teknik untuk menyelidiki fenomena, memperoleh pengetahuan baru, atau mengoreksi dan mengintegrasikan pengetahuan sebelumnya. Maka metode ilmiah ini tidak hanya untuk memperoleh sesuatu yang baru atau menyelidiki sesuatu, tetapi juga untuk mengoreksi pengetahuan sebelumnya. Maka untuk melakukan metode ilmiah diperlukan sikap kritis. Tetapi bukan sebarang sikap kritis, sikap kritis tersebut harus didasarkan pada bukti empiris dan terukur. Maka untuk melakuakn metode ilmiah kita juga harus banyak membaca agar memperoleh pengetahuan yang luas.

    ReplyDelete
  14. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Metode ilmiah yaitu metode yang tersusun atas langkah-langkah yang sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah. Adapun tujuan dari metode ilmiah ialah mendapatkan pengetahuan ilmiah (yang rasional, yang teruji) sehingga merupakan pengetahuan yang dapat diandalkan.Langkah-langkah metode ilmiah dapat dilakukan sebagai berikut: Menentukan dan merumuskan masalah, mengumpulkan data, membuat hipotesis, melakukakan eksperimen dan terahir menarik kesimpulan.

    ReplyDelete
  15. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Pendekatan ilmiah adalah proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis. Ilmuwan melakukan pengamatan serta membentuk hipotesis dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam. Prediksi yang dibuat berdasarkan hipotesis tersebut diuji dengan melakukan eksperimen. Pada kurikulum 2013, dimana memuat pendekatan saintifik sebagai pendekatan pembelajarannya, dengan ini siswa dilatih untuk terbiasa meneliti segala sesuatu sebelum itu digunakan.

    ReplyDelete
  16. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Metode ilmiah merupakan langkah-langkah yang dilakukan oleh para ahli dalam menemukan sesuatu dengan langkah-langkah ilmiah seperti observasi, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, mengolah data dan menarik kesimpulan. Metode ilmiah merupakan salah satu metode yang dipercayai dalam menemukan fakta-fakta baru. Pendekatan saintifik yang diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas sebenarnya mengadopsi metode ilmiah ini agar siswa dalam proses pembelajaran melakukan tahap-tahap saintifik ini dalam menemukan dan mengkonstruk pengetahuan baru.

    ReplyDelete
  17. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan sumber dari wikipedia, saya memperoleh bahwa metode ilmiah adalah set metodologi dan teknik keilmuan yang berupaya untuk mencari atau merevisi pengetahuan baru dengan sistem ketat investigasi fenomena. Suatu metode untuk mencari pengetahuan baru dapat disebut sebagai pengetahuan ilmiah jika melibatkan metode inkuiri yang berdasarkan pengamatan rigor pada bukti empiris atau data terukur sesuai prinsip penalaran yang berlaku. Eksperimen sebagai suatu prosedur ilmiah mesti dilakukan untuk menguji hipotesis atau eksplanasi awal dari problem yang muncul. Oleh karena itu, eksperimentasi dinilai penting sebagai instrumen utama dalam metode ilmiah.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  18. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Melanjutkan komentar saya sebelumnya, metode ilmiah memiliki beberapa kriteria, yaitu diantaranya: berdasarkan fakta, bebas dari prasangka, menggunakan prinsip-prinsip analisis, perumusan masalah atau pembuatan hipotesis, menggunakan ukuran objektif, menggunakan teknik kuantitatif atau ditambah kualitatif. Selain itu, metode ilmiah juga memiliki karakteristik bersifat kritis dan analitis, logis, obyektif, empiris, dan konseptual. Kriteria dan karakteristik inilah yang harus dipegang oleh para peneliti-peneliti ilmiah agar karyanya diakui sebagai karya ilmiah.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  19. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Sebagai seorang pendidik yang juga manusia, guru memiliki batas kemampuan. Batas kemampuannya adalah sampai Tuhan menentukannya. Seorang guru harus terus berusaha menggapai batasnya. Serta seorang guru harus menggapai logosnya. Guru sebagai seorang yang berilmu tidak boleh memihak pada satu paham saja tanpa melalui berbagai observasi atas referensi-referensi yang ada. Karena jika guru hanya mengkuti spekulasi tanpa ada pembuktian ilmiah, guru akan terancam terjebak dalam mitosnya sendiri.

    ReplyDelete
  20. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Metode ilmiah adalah sekumpulan teknik untuk menyelidiki fenomena, memperoleh pengetahuan baru, atau mengoreksi dan mengintegrasikan pengetahuan sebelumnya. Untuk disebut ilmiah, metode penyelidikan umumnya didasarkan pada bukti empiris atau terukur yang tunduk pada prinsip penalaran tertentu. Metode ini merupakan proses berkesinambungan yang dimulai dengan pengamatan. Misalnya seseorang secara alami ingin tahu, jadi ia sering mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang dilihat atau didengar dan ia mengembangkan gagasan atau hipotesis tentang mengapa keadaannya seperti apa adanya. Hipotesis terbaik mengarah pada prediksi yang bisa diuji dengan berbagai cara. Tes hipotesis terkuat berasal dari percobaan yang dikendalikan dengan hati-hati yang mengumpulkan data empiris.

    ReplyDelete
  21. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dari apa yang saya dapatkan, yang saya pahami mengenai metode ilmiah adalah suatu cara atau metode untuk mendapatkan suatu teori melalui serangkaian proses yang sistematis dengan melibatkan fakta-fakta atau bukti empiris. Sistematis disini, maksudnya adalah berdasarkan hipotesis atau dugaan,kemudian dilakukan eksperimen atau percobaan berulang-ulang untuk mendapatkan suatu kesimpulan tertentu dari pola percobaan yang diamati. Jika eksperimennya dilakukan dengan baik, maka dari proses itu akan diperoleh sebuah teori yang benar dan dapat dipertanggung jawabkan serta memiliki bukti yang kuat..

    ReplyDelete
  22. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Saintifik metode yang digunakan di Indonesia sebenarnya itu tidak cocok sekali. Karena pendapat dari metode saintifik, religius ditaruh di paling bawah. Padahal sebenarnya, spiritual itu seharusnya ditaruh di paling atas. Pada dasarnya guru yang menggunakan metode saintifik ini sering sekali menganggapilmu yang mereka bagikan itu benar dan sesuai dengan yang diinginkan pendidikan itu secara hakiki. Namun, mereka lupa bahwa kita hidup harus mendahulukan spiritual dan tidak boleh merendahkannya. Jadi, kebanyakan mereka lupa bahwa masih ada Tuhan yang menentukan segala hal, bukan metode saintifik satu-satunya yang membuat peserta didik itu berhasil dalam pembelajaran.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  23. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Metode ilmiah yang sedang diadaptasi ke dalam kurikulum 2013 saat ini berawal mula dari aliran positivism yang mana segala sesuatu haruslah terbukti dengan diuji secara ilmiah. Aliran yang mengatakan juga bahwa untuk membangun dunia tidak perlu dengan agama, suatu kebahayaan yang harus diketahui oleh semua guru agar dapat mengetahui bagai mana cara memfasilitasi dengan benar. Dalam kurikulum 2013 ini sering dikenal dengan pendekatan pembelajaran yaitu pendekatan saintifik yang memiliki 5 sintaks mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan. Kemudian terdapat pula model pembelajarannya dengan inquiry, discovery, PBL ataupun PJBL. Yang kesemuanya adalah merupakan metode yang digunakan ilmuan untuk menemukan.

    ReplyDelete
  24. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Untuk menyelidiki suatu fenomena dapat menggunakan suatu metode ilmiah sehingga nantinya akan memperoleh pengetahuan baru, atau memperbaiki dan mengintegrasikan pengetahuan sebelumnya. Sehingga nantinya akan dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Scientific method diperoleh dari pengumpulan data hal yang diamati, empiris dan bukti untuk prinsip-prinsip penalaran tertentu, pengumpulan data melalui observasi dan eksperimen. Sedangkan langkah-langkah atau prosedur dalam pelaksanaan metode ilmiah ini yang bevariasi. Variasinya berdasarkan dari bidang penelitiannya.

    ReplyDelete
  25. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Metode ilmiah merupakan langkah-langkah yang dilalui seorang dalam kegiatan ilmiah. Langkah-langkah yang dilakukan dalam metode ilmiah ini yaitu dengan melakukan pengamatan terlebih dulu, menyusun hipotesis, mengumpulkan data kemudian diperoleh teori umum yang disebut pengetahuan. Adanya kegiatan mengolah data yang diperoleh, artinya dilakukan analisis terhadap data tersebut. Maka kegiatan menganalisis hingga sampai pada tingkat mencipta adalah merupakan kegiatan ilmiah yang sebetulnya bisa dilakukan oleh semua orang jika ia optimis dalam mengambil keputusan.

    ReplyDelete
  26. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Metode ilmiah adalah suatu tahap-tahap ilmiah yang dilalui oleh ahli atau peneliti dalam menemukan sesuatu yang baru, menguji, atau meneliti suatu fenomena. Dalam melakukan penelitian, sebuah hasil penelitian dianggap kredibel jika telah melalui serangkaian metode ilmiah dalam merumuskan suatu hasil penelitian. Didalam metode ilmiah mencakup landasan teori dimana, landasan teori ini menjadi pijakan peneliti dalam mengembangkan penelitiannya.

    ReplyDelete
  27. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Metode ilmiah merupakan gabungan dari dua aliran pemikiran yaitu rasionalism dan empirism. Dalam metode ilmiah, pengetahuan diperoleh melalui penelitian yang sistematis, objektif, terkontrol dan dapat diuji. Untuk dapat disebut ilmiah, metode penyelidikan harus didasarkan pada pengumpulan bukti empiris dan terukur dengan prinsip-prinsip penalaran tertentu.

    ReplyDelete
  28. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Metode ilmiah merupakan sebuah metode dengan teknik menyelidiki fenomena, berusaha memperoleh pengetahuan baru, atau memperbaiki dan mengintegrasikan pengetahuan sebelumnya untuk memperoleh pengetahuan yang baru.

    ReplyDelete
  29. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Metode atau prosedur dalam metode ilmiah terdiri dari pengamatan sistematis, pengukuran, percobaan, perumusan, pengujian dan modifikasi hipotesis. Meskipun dalam pelaksanaannya menggunakan prosedur yang bervariasi, namun secara kesuluruhan dalam metode ilmiah melibatkan pembuatan dugaan (hipotesis), memprediksi hasilnya secara logis dan melakukan percobaan berdasarkan prediksi tersebut.

    ReplyDelete
  30. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Metode ilmiah atau scientific method yang dikembangkan oleh Francis Bacon yang sering disebut sebagai metode induktif telah digunakan oleh para peneliti untuk memecahkan masalah masalah yang ada. Capat dikatakan juga bahwa metode ilmiah adalah cara para saintis untuk memecahkan masalah yang dihadapi melalui tahapan tahapan tertentu, antara lain meliputi melakukan pengamatan, penyusun hipotesis, melakukan percobaan, dan menarik kesimpulan. Metode ilmiah biasanya dimulai dengan melakukan pengamatan atau observasi dari sebuah kejadian yang terjadi secara berulang ulang. Pengamatan yang cermat sangat penting bagi para peneliti atau saintis. Seluruh informasi yang didapatkan tersebut dinamakan petunjuk empiris.

    ReplyDelete
  31. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Metode ilmiah merupkan cara ilmu yang berupaya untuk mervisi atau mencari pengetahuan baru melalui investigasi fenomena yang ketat. Unsur pembentuk metode ilmiah itu memiliki prinsip pengulangan. Yaitu awalnya dimulai dari pengamatan dan pengukuran, kemudian munculah dugaan hasil pengamatan yang dihubungkan dengan teori yang ada, prediksi kemudian dilakukan pengujian. Unsur-unsur tersebut selalu berulang dalam metode ilmiah. Terimaksih

    ReplyDelete
  32. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Metode ilmiah biasanya dilakukan oleh seorang ilmuwan. Metode ilmiah adalah metodologi dan teknik keilmuan yang bertujuan untuk mencari pengetahuan baru, dan untuk merevisi pengetahuan dengan sistem ketat investigasi fenomena atau sesuai dengan keadaan nyata yang terjadi. Ilmiah sendiri adalah ssebuah ilmu yang memenuhi syarat (kaidah) ilmu pengetahuan. Jadi metode ilmiah akan bercerita mengenai metodologi keilmuan.

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    dalam melakukan penyelidikan terkait fenomena alam, seorang peneliti harus menggunakan metode ilmiah agar hasil penelitiannya valid dan reliabel. Metode ilmiah merupakan langkah-langkah dalam penelitian yang dimulai dari pengamatan, perumusan hipotesis, pengukuran, sampai menarik kesimpulan.

    ReplyDelete