Dec 2, 2012

NIHILISM


Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang NIHILISM, koneklah ke:






Wss Wr Wb
Marsigit




11 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Nihilisme memiliki kata dasar nihil. Nihil artinya tidak ada atau kosong. Kekosongan yang dimaksud yaitu tujuan dari manusia hidup adalah kosong atau tidak ada. Jika manusia tidak memiliki tujuan hidup, manusia akan hidup dengan cara mengalir apa adanya, pasrah mengikuti apa yang terjadi. Manusia yang kurang bijaksana dalam mengikuti aliran filsafat nihilisme ini, bisa jadi jia merasa bosan akan melakukan bunuh diri karena apalah arti manusia hidup jika tidak memiliki tujuan. Aliran atau pandangan apapun, dibutuhkan kebijaksanaan dalam menghadapinya.

    ReplyDelete
  2. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Nihil adalah kata Latin yang berarti 'tiada apa pun','tak sesuatu pun'. Dari kata itu muncul istilah "nihilisme". Nihilisme merupakan pendirian atau paham yang berporod pada 'tiada apa-apa pun'. Sebagai isme, nihilisme dapat dimengerti dalam beberapa arti. Secara umum nihilisme berarti pandangan bahwa keberadaan dan hidup di dunia sama sekali tidak berarti dan sama sekali tidak bermanfaat (A Mangunhardjana, 1997).

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Nihilisme adalah sebuah pandangan filosofi yang sering dihubungkan dengan Friedrich Nietzsche. Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Nihilis biasanya memiliki beberapa atau semua pandangan ini, tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekuler adalah tidak mungkin. Karena itu, kehidupan tidak memiliki arti.

    ReplyDelete
  4. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Nihilisme adalah paham yang mengemukakan bahwa keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Hal ini berarti bahwa kehidupan manusia tidak memiliki arti dan berbagai tindakan yang dilakukan manusia merupakan sesuatu yang sia-sia karena tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain. Nihilisme juga beranggapan bahwa tidak ada bukti yang mendukung keberadaan Tuhan. Namun, pada prinsipnya kita percaya bahwa manusia hidup selalu membutuhkan pegangan yang selalu diidentikan dengan Tuhan.

    ReplyDelete
  5. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Nihilisme merupakan istilah umum untuk aliran-aliran Filsafat yang menyatakan
    bahwa pada dirinya sendiri realitas akhirnya tidak mempunyai makna, bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia tidak memiliki suatu tujuan. Jika seseorang dengan paham yang seperti ini, tentu saja orang tersebut cenderung bermental pesimis terhadap dunia dan kehidupan, serta suka mengacau dan membuat perusakan dalam masyarakat.

    ReplyDelete
  6. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Nihilisme adalah sebuah doktrin filosofi dimana gagasan aspek nilai kehidupan luhur adalah hal yang (hampir) non-eksistensial. Nihilisme menolak ide putatif akan sebuah arti agung dari tujuan mulia hidup manusia. Nihilis menilai bahwa moralitas tidak secara inheren ada, bahwa nilai dan norma adalah sebuah hal artifisial. Dari hal tersebut dapat pula diartikan bahwa nihilisme cenderung tidak mengakui batasan moralitas dan dalam hal ini: agama. Jadi mungkin dapat disimpulkan bahwa Nihilisme adalah tentang eksistensi manusia yang tidak berarti. Bisa dibilang, not giving a shit. Istilah nihilisme mulai dikenal khalayak umum pada era 70an hingga 90an, dimana tengah ada suatu gap atau kekosongan yang besar dalam kultur pada masyarakat. Dimulai dari era 70an. Setelah lewat gairah berontak rock 'n roll ala generasi Chuck Berry dan The Beatles, dan bahkan rock 'n roll pada masa itu dapat dikatakan sebagai musik populer, perlahan mulai surut.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Nihilis biasanya memiliki beberapa atau semua pandangan ini: tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekuler adalah tidak mungkin. Nihilist adalah orang yang percaya bahwa ini tidak dimaksudkan untuk kehidupan manusia. Mereka juga percaya bahwa akhlak tidak ada dan tidak ada yang dapat menampung orang lain untuk dirasakan moral.

    ReplyDelete
  8. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam referensi yang telah saya baca mengatakan bahwa nihilisme adalah ketiadaan tujuan bagi dunia ini, terutama manusianya.

    ReplyDelete
  9. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Saya tidak setuju dengan pandangan Nihilisme bahwa manusia tidak ada tujuan. Manusia memiliki tujuan mutlak yang harus diwujudkan, yaitu mencapai kesempurnaan, yaitu kembali kepada Allah dengan keadaan saling mencintai, tentunya juga mendapat ridhonya.
    Menurut saya Kenihilan yang seharusnya diungkapkan adalah kenihilan atau ketiadaan makhluk, bukan ketiadaan tujuan. Karena sesungguhnya makhluk itu fana, ia adalah peroyeksi tuhan.

    ReplyDelete
  10. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Nihilism merupakan paham bahwa pada dirinya sendiri realitas akhirnya tidak mempunyai makna, sehingga di dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Nihilism biasanya memiliki beberapa atau semua pandangan ini: tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekular adalah tidak mungkin. Karena itu, kehidupan tidak memiliki arti, dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain. Nihilism apabila dilihat dari bentuk kata kerjanya berarti meniadakan, membasmi, memusnahkan, menghapuskan, dan melenyapkan segala eksistensi.

    ReplyDelete
  11. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Nihilisme memandang bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Sehingga apapun yang dilakukan manusia dalam bentuk usaha apapun maka dianggap tidak memiliki tujuan,.
    Hingga dapat diartika apapun yang dikerjakan akan berujung nihil tanpa tujuan tanpa hasil.
    Sehingga yang dilakukan hanya kesia-siaan semata.

    ReplyDelete