Dec 2, 2012

NIHILISM


Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang NIHILISM, koneklah ke:






Wss Wr Wb
Marsigit




32 comments:

  1. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Di dalam menyelesaikan suatu persoalan kita tentu memiliki banyak cara yang di tempuh.Yea bagaikan kehidupan ini yang memiliki banyak jalan dan kita harus memilih jalan mana yang sesuai kehendak kita .Sebab kita selalu di hadapkan dengan beberapa pilihan yang terkadang membuat kita bingung untuk memililh.Dengan memilih jalan yang sesuai dengan hasrat kita kemudian mengeliminasi pilihan yang lain.Saya mencoba mengaitkannya dengan pendapat humanisme yang mengatakan bahwa tidak cukup hanya dengan satu jalan untuk memahami kehidupan ini namun ada banyak jalan yang harus kita lewati

    ReplyDelete
  2. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Mendengar istilah Nihilisme saya jadi teringat akan ungkapan kontroversial Nietzsche bahwa “Tuhan Sudah Mati! tuhan-tuhan sudah mati”. Nihilisme merupakan sebuah pandangan filosofi menyatakan bahwa pada dirinya sendiri realitas akhirnya tidak mempunyai makna,bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Nihilis biasanya memiliki beberapa atau semua pandangan bahwa tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekular adalah tidak mungkin. Karena itu, kehidupan tidak memiliki arti, dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain.

    ReplyDelete
  3. WIsniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Nihilisme jika dilihat dari kalimatnya artinya suatu paham yang berpusat pada suatu ketiadaan. Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Nihilis biasanya memiliki beberapa atau semua pandangan ini: tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui dan etika sekuler adalah tidak mungkin.

    ReplyDelete
  4. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Nihilisme ini timbuldari hasil perkembangan dari sejarah, juga merupakan akibat dari timbulnya pemikiran-pemikiran NietzscheNihilisme berpandangan bahwa keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui dan etika sekuler adalah tidak mungkin. Karena itu, kehidupan tidak memiliki arti dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain. Terima Kasih.. mohon pencerahnnya Prof.

    ReplyDelete
  5. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Nihilisme bertumpu pada kehidupan manusia dan Tuhan. Dalam sisi kehidupan manusia, nihilisme melihat bagaimana sebuah ide atau benda dilihat dari sisi yang berbeda, bukan lagi hanya dalam sisi esensi, tapi juga eksistensinya. Nihilisme tidak melihat dari satu sisi saja, bahkan ia tidak netral, melainkan beyond. Nihilisme melihat pikiran manusia sebagai konstruksi yang dibentuk oleh manusia itu sendiri. Jika sesuatu bisa dilihat dari satu sisi, maka ia juga bisa dilihat dari sisi lain, bahkan ia juga tidak bisa dilihat. Itulah konstruksi pikiran manusia, namun sayangnya manusia jarang sampai pada sisi ini. Sisi yang tidak bisa dengan mudah diadopsi pada plihan-pilihan kehidupan. Banyak orang berkata takdir itu ada karena sudah ditentukan, apakah benar? Konstruksi yang sangat panjang, berturut-turut, dan terlampaui itulah yang membentuknya. Manusia tidak mampu untuk melihat konstruksi pikiran sedalam-dalamnya dan sejauh-jauhnya. Manusia itu terbatas, tapi ia juga tidak terbatas.

    ReplyDelete
  6. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa nihilisme yang berasal dari bahasa Latin yang berarti tidak ada adalah doktrin filsafat yang menyatakan kurangnya kepercayaan terhadap satu atau lebih aspek yang berarti dalam hidup. Nihilisme yang paling umum adalah dalam bentuk nihilisme eksistensial yang menyatakan bahwa hidup adalah tanpa makna, tujuan yang objektif.

    ReplyDelete
  7. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Nihilisme adalah paradigma yang dibangun oleh Friedrich Wilhelm Nietzsche yang melihat segala sesuatunya dengan nihil. Nihilisme tidak dibangun melalui suatu keadaan yang ada, melainkan pada dasarnya terkonstruksi oleh nilai-nilai nihil itu sendiri. Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Nihilis biasanya memiliki beberapa atau semua pandangan ini: tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekuler adalah tidak mungkin. Karena itu, kehidupan tidak memiliki arti, dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain.

    ReplyDelete
  8. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas,dari http://en.wikipedia.org/wiki/Nihilism: nihilisme adalah bentuk epistemologi yg bisa dipahami sebagai bentuk ekstrim dari keraguan dimana semua pengetahuan disangkal. Nihilisme adalah pandangan filosofis yang mengatakan bahwa dunia ini terutama keberadaan manusia didunia tidak memiliki suatu tujuan. Beberapa anggapan dari nihilisme ini adalah tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, kehidupan tidak memiliki arti, dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain.

    ReplyDelete
  9. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Nihilisme berasal dari bahasa Latin nihil yang artinya tidak ada. Nihilsme adalah doktrin filosofis yang menunjukkan kurangnya kepercayaan pada satu atau lebih aspek kehidupan yang terkenal. Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Maka menurut saya kita juga harus berhati-hati dalam memahami paham nihilisme ini. Bagi seseorang yang beragama, kita harus meyakini bahwa diciptakannya manusia di muka bumi ini pastilah disertai tujuan. Dalam islam, manusia diciptakan untuk menyembah Allah SWT, untuk menjadi khalifat dimuka bumi ini. Maka segala sesuatu terjadi karena ada suatu tujuan yang terkadang kita tidak mengetahuinya.

    ReplyDelete
  10. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Menurut sumber dari wikipedia, nihilisme merupakan sebuah pandangan yang mengatakan bahwa dunia ini, khususnya keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Nihilis biasanya memiliki beberapa atau semua pandangan ini: tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui dan etika sekuler adalah tidak mungkin. Oleh karena itu, kehidupan tidak memiliki arti dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  11. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Nihilisme adalah sebuah pandangan filosofi yang sering dihubungkan dengan Friedrich Nietzsche. Beberapa filsuf yang pernah menulis tentang nihilisme adalah Friedrich Nietzsche dan Martin Heidegger. Istilah nihilisme sendiri pertama dicetuskan oleh Ivan Turgenev dan diperkenalkan ke dunia filosofi oleh Friedrich Heinrich Jacobi (1743–1819). Sehingga Friedrich Heinrich Jacobi lebih dikenal bukan karena sebagai pencetus nihilism, akan tetapi karena ia lah yang berjasa dalam mempopulerkan nihilism.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  12. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Membaca referensi tersebut yang terlintas pertama kali dalam benak adalah kata nihil dalam papan absensi. Nihil dapat diartikan sebagai kosong atau tidak ada. Dalam filsafat, nihilisme berpendapat bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Menurut pendapat saya, nihilisme tidak sesuai dengan konsep agama. Sebagai seorang muslim saya percaya bahwa tujuan hidup saya adalah untuk beribadah kepada Allah hingga meraih surgaNya.

    ReplyDelete
  13. Junianto
    PM C

    Nihilism berasal dari bahasa latin “nihil” yang berarti tidak ada. Nihilism merupakan doktirn filosofis ang menunkukkan kurangnya kepercayaan dalam satu atau lebih aspek dalam kehidupan yang bermakna. Paling umum, nihilisme disajikan dalam bentuk nihilisme eksistensial, yang berpendapat bahwa hidup itu tanpa makna, tujuan, atau nilai intrinsik yang obyektif.

    ReplyDelete
  14. Latifah Fitriasari
    PPs PM C

    Nihilisme bertumpu pada kehidupan manusia dan Tuhan. Dalam sisi kehidupan manusia, nihilisme melihat bagaimana sebuah ide atau benda dilihat dari sisi yang berbeda, bukan lagi hanya dalam sisi esensi, tapi juga eksistensinya. NIhilism adalah suatu paham (aliran filsafat), kata kerjanya adalah annihalate, meniadakan, membasmi, memusnahkan, menghapuskan, melenyapkan. Pandangan ini tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekular adalah tidak mungkin. Karena itu, kehidupan tidak memiliki arti, dan
    tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain.

    ReplyDelete
  15. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Nihilis biasanya memiliki beberapa atau semua pandangan ini: tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekular adalah tidak mungkin. Karena itu, kehidupan tidak memiliki arti, dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain. salah satu tokoh nihilisme adalah Nietzsche. Nietzsche dengan tegas menolak adanya Tuhan, manusia harus bebas tanpa terikat dengan aturan-aturan Tuhan yang dalam anggapannya tidak rasional. Dalam mempelajari nihilisme kita harus fondasi spiritual yang kuat, karena jika tidak, kita dapat terpengaruh sifat korosi dari nihilisme ini.

    ReplyDelete
  16. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Nihilisme adalah sebuah doktrin filosofi dimana gagasan aspek nilai kehidupan luhur adalah hal yang (hampir) non-eksistensial. Nihilisme menolak ide putatif akan sebuah arti agung dari tujuan mulia hidup manusia. Nihilis menilai bahwa moralitas tidak secara inheren ada, bahwa nilai dan norma adalah sebuah hal artifisial.

    ReplyDelete
  17. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Nihilisme adalah keyakinan bahwa semua nilai tidak memiliki dasar dan tidak ada yang bisa diketahui atau dikomunikasikan. "Nihilisme" berasal dari bahasa Latin nihil, atau tidak, yang berarti tidak apapun, yang tidak ada. Itu muncul dalam kata kerja "memusnahkan," yang berarti tidak membawa apa-apa, untuk menghancurkan sepenuhnya.

    ReplyDelete
  18. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Nihilism merujuk pada paham tentang ketiadaan. Paham ini memandang hidup sebagai ketiadaan, yakni ketiadaan makna, hakekat, tujuan, dsb. Maka sebenar-benarnya keberadaan adalah ketiadaan dan keberadaan yang sejati hanya bisa didapatkan dengan ketiadaan. Ketiadaan ini sesungguhnya menjadi awal sesuatu yang ada dan pondasi dari keadaan.Sayangnya pada beberapa keadaan prinsip ini dikaitkan dengan ketidakberadaan Tuhan.

    ReplyDelete
  19. Nihilisme berasal dari bahasa Latin, yaitu menunjukkan kurangnya kepercayaan pada satu atau lebih aspek kehidupan yang familiar. Paling umum, nihilisme berpendapat bahwa hidup itu tanpa makna, tujuan, atau nilai intrinsik yang obyektif. Nihilisme juga dapat dikatakan sebagai paham yang meniadakan sesuatu. Sesuatu dapat dipandang sebagai nihilisme jika sesuai dengan ruang dan waktunya. Tetapi, sebenar-benarnya ketiadaan ialah ada.

    ReplyDelete
  20. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Sikap seseorang jika memiliki paham nihilism sebenarnya mereka adalah yang selalu menganggap bahwa logikalah yang menjadi nomor satu sehingga apa yang dapat dilogikakan maka itulah yang dipercaya. Mereka selalu menjunjung teori-teori yang dibuat oleh manusia namun dapat dilogikakan secara paksa dan akhirnya memiliki pengikut yang memandang bahwa logika adalah satu-satunya.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  21. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Nihilisme adalah sebuah doktrin filosofi dimana gagasan aspek nilai kehidupan luhur adalah hal yang (hampir) non-eksistensial. Nihilis menilai bahwa moralitas tidak secara inheren ada, bahwa nilai dan norma adalah sebuah hal artifisial. Dari hal tersebut dapat pula diartikan bahwa nihilisme cenderung tidak mengakui batasan moralitas dan dalam hal ini: agama.

    ReplyDelete
  22. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Nihilisme adalah sebuah pandangan filosofi yang sering dihubungkan dengan Friedrich Nietzsche. Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Dalam aliran filsafat, NIhilism adalah suatu paham (kata kerjanya adalah annihilate) yang artinya meniadakan, membasmi, memusnahkan, menghapuskan, melenyapkan. Maka akhir yang buruk dari pandangan ini bisa mengatakan bahwa tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta.

    ReplyDelete
  23. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Sebagai manusia perlu memberikan jawaban atas pertanyaan dari mana, untuk apa dan akan kemana menuju. Agama memberikan jawabnya secara pasti. Ketika Nihilis biasanya memiliki beberapa pandangan: tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, Agamawan menyakini adanya Sang Maha Pencipta. Inilah sebabnya para penganut nihilism menganggap bahwa kehidupan tidak memiliki arti.

    ReplyDelete
  24. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Aliran ini berpandangan bahwa kehidupan tidak memiliki arti dan tidak ada yang perlu dicapai di dunia ini.

    ReplyDelete
  25. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Nihilism berasal dari bahasa Latin (/naɪ.ɪlɪzəm/ atau /niː.ɪlɪzəm/) yang berarti tidak ada. Nihilism merupakan doktrin filosofis yang menunjukkan kurangnya kepercayaan pada satu atau lebih aspek kehidupan yang terkenal. Paling umum, nihilism disajikan dalam bentuk nihilism eksistensial, yang berpendapat bahwa hidup itu tanpa makna, tujuan, atau nilai intrinsik yang obyektif. Moral nihilism menegaskan bahwa tidak ada moralitas yang melekat dan bahwa nilai moral yang diterima secara abstrak dibikin. Nihilism juga bisa berbentuk epistemologis, ontologis, atau metafisik, yang berarti masing-masing, dalam beberapa aspek pengetahuan tidaklah mungkin atau kenyataan sebenarnya tidak ada.

    ReplyDelete
  26. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Nihilism adalah paham yang menganggap ketiadaan. Berasal dari kata nihil, kalau kita ketahui nihil berarti tidak ada. Jadi pada paham nihil adalah paham yang tidak tentu arah dalam artian tidak ada tujuan dalam hidup untuk paham ini

    ReplyDelete
  27. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Nihilisme adalah paham yang mengatakan bahwa keberadaan manusia dalam dunia ini tidak memiliki tujuan. Penganut aliran filsafat ini memahami bahwa dunia dan manusia dengan segala sesuatu yang ada padanya tidak lebih dari keburukan-keburukan. Bahkan Tuhan hanya dipahami sebagai sumber kekeliruan yang berkontribusi terhadap hadirnya fenomena yang bersifat individual. Bertolak dari pemahaman di atas maka corak pemikiran nihilisme yang beroerientasi pada individu memunculkan gagasan peri kehidupan yang militan. Artinya individu untuk memiliki kuasa sehinga dapat menjadi individu yang mengubah berbagai keburukan sebagai realitas.

    ReplyDelete
  28. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Nihil berarti tidak ada dan nihilism berarti tidak memiliki suatu tujuan. Gagasan nihilisme dicetuskan oleh Nietzsche dengan tujuan untuk menunjukkan bahwa apa saja yang dulu dianggap bernilai dan bermakna kini sudah mulai memudar dan menuju keruntuhan. Ini merupakan sebuah krisis yang akan terus berlangsung tanpa berkesudahan.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  29. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Kehidupan tidak memiliki arti, dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain. Ini sama seperti filosofi angka nol, bahwa angka nol itu tidak ada. Nihilisme merupakan syarat untuk menjamin orisinalitas dalam berkreasi sehungga kreasi itu benar-benar bermakna. Orang harus berani menolak nilai-nilai dan pemikiran yang ada sebelumnya.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  30. Dheni Nugroho
    17709251023
    PPs Pendidikan Matematika

    Menurut saya nihilisme tidak patut untuk digunakan, karena sudah jelas kita dapat mengetahui dari kitab suci bahwa kita diciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. dan kita sebagai manusia harus mempercayainya. selain itu jika kita berjuang keras maka kita dapat merasakan kesenangan dan bisa terus berkembang dan berguna bagi masyarakat lain

    ReplyDelete
  31. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    Pend. Matematika S2 Kelas C

    Nihilisme adalah suatu paham yang menyatakan bahwa hidup ini tidak bermakna dan tidak memiliki tujuan. Paham ini memiliki prinsip bahwa kenyataan atau realita yang ada di dunia ini adalah keburukan, seperti penderitaan, kemalangan, kemiskinan, dan kehancuran. Paham ini muncul karena banyak orang yang merasakan putus asa, memandang segala sesuatu dari sisi negatif, dan tingginya rasa pesimis

    ReplyDelete
  32. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Kebermaknaan hidup bersumber dari tujuan hidup itu sendiri. Contohnya jika salah satu tujuan hidup kita adalah untuk membahagiakan kedua orang tua, maka selama menjalani hidup, kita akan berusaha memperlakukan orang tua dengan sebaik mungkin, berusaha tidak mengecewakan, berusaha memahami dan menuruti nasihat kedua orang tua. Tujuan mulia tentu akan selalu direstui oleh semesta, sehingga dalam menjalani hidup hendalklah memiliki tujuan yang jelas agar hidup lebih bermakna.

    ReplyDelete