Dec 2, 2012

NIHILISM


Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang NIHILISM, koneklah ke:






Wss Wr Wb
Marsigit




13 comments:

  1. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Nihilisme adalah sebuah doktrin filosofi dimana gagasan aspek nilai kehidupan luhur adalah hal yang (hampir) non-eksistensial. Nihilisme menolak ide putatif akan sebuah arti agung dari tujuan mulia hidup manusia. Nihilis menilai bahwa moralitas tidak secara inheren ada, bahwa nilai dan norma adalah sebuah hal artifisial. Dari hal tersebut dapat pula diartikan bahwa nihilisme cenderung tidak mengakui batasan moralitas dan dalam hal ini: agama. Jadi mungkin dapat disimpulkan bahwa Nihilisme adalah tentang eksistensi manusia yang tidak berarti. Bisa dibilang, not giving a shit.

    ReplyDelete
  2. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Nihil berarti tidak ada. Secara harfiahnya berarti ketiadaan. Istilah nihilism digunakan untuk menyebut aliran-aliran filsafat yang menyatakan bahwa keberadaan manusia di dunia tidak memiliki suatu tujuan. Segala sesutau yang dulu dianggap bernilai dan bermakna kini sudah mulai memudar dan runtuh. Sedangkan menurut kamus besar bahasa indonesia nihilsm merupakan aliran filsafat sosial yang tidak mengakui nilai kesusilaan, kemanusian, dan keindahan. Nihilis menilai bahwa moralitas tidak secara inheren ada, nilai dan norma adalah sebuah hal artifisial. Dari penilaian Nihilis tersebut dapat diartikan bahwa nihilisme cenderung tidak mengakui batasan moralitas. Kemungkinan dapat disimpulkan bahwa nihilisme adalah tentang eksistensi manusia yang tidak berarti.

    ReplyDelete
  3. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Menurut saya nihilisme tidak patut untuk digunakan, karena sudah jelas kita dapat mengetahui dari kitab suci bahwa kita diciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. dan kita sebagai manusia harus mempercayainya. selain itu jika kita berjuang keras maka kita dapat merasakan kesenangan dan bisa terus berkembang dan berguna bagi masyarakat lain

    ReplyDelete
  4. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Istilah nihilisme berasal dari bahasa Latin yang secara harfiah berarti tidak ada atau ketiadaan. Secara umum, nihilisme berarti pandangan bahwa keberadaan dan hidup di dunia sama sekali tidak berarti dan sama sekali tidak bermanfaat, orang yang menganut ajaran dan kepercayaan ini cenderung bermental pesimis terhadap dunia dan kehidupan, serta suka mengacau dan membuat perusakan dalam masyarakat. Sedangkan secara filosofis, nihilisme berkeyakinan bahwa yang ada itu tidak ada, dan bila ada, tidak dapat diketahui. Dari keyakinan ini, nihilisme juga menyangkal adanya kebenaran apapun, dan bila ada, menurutnya juga tidak dapat dibuktikan. Secara rasional tentu pandangan nihilisme memiliki sejumlah kesalahan fatal, sebab dalam setiap aspek kehidupan manusia pasti mempunyai makna, nilai, dan tujuan-tujuan ideal yang dibungkus dalam norma-norma etis atau moral. (Zaprulkhan, 2016: 59-60).

    ReplyDelete
  5. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Nihil merupakan tidak ada, ketiadaan atau bahkan dalam matematis adalah nol. Sehingga nihilism dapat diartikan sebagai salah satu paham yang menyatakan ketiadaan, hidup ini tiada artinya karena tidak bermakna dan tidak memiliki tujuan. Nihilism menyatakan bahwa kenyataan di dunia ini hanyalah keburukan semata, seperti penderitaan yang tiada akhir, kesedihan, kemiskinan, kelaparan, dan sebagainya. Maka kita sebagai manusia yang memiliki agama hendaknya selalu berdoa dan bersyukur kepada Tuhan agar terhindar dari sikap nihilisme.

    ReplyDelete
  6. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    “Ah, nggak ada gunanya” begitulah kurang kebih cuplikan kalimat Bapak ketika perkuliahan beberapa waktu lalu ketika membahas nihilism. Dapat saya fahami bahwa nihilism menganggap keberadaan manusia di dunia tidak memiliki suatu tujuan. Selain itu, anggapan terhadap dirinya sendiri yaitu manusia yang tidak bermakna. Bahkan menganggap bahwa tuhan sudah tidak ada. Sehingga, apa yang dahulu dianggap memiliki nilai dan makna, kini sudah hilang dan menuju suatu keruntuhan.

    ReplyDelete
  7. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, Nihilisme adalah teori yang menawarkan atau meyakini keadaan percaya pada ketiadaan, atau tidak memiliki kesetiaan dan tanpa tujuan. Istilah ini sering salah digunakan untuk mengkarakterisasi/menghakimi seseorang yang tidak memberikan/mengutarakan beberapa keyakinan tertentu atau seperangkat nilai absolut tertentu.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  8. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Nihilism merupakan suatu paham yang menyatakan bahwa tidak ada satuhal apapun yang kita peroleh dari suatu kegiatan yang kita laksanakan. Hal ini bertentangan dengan ajaran agama islam bahwa apapun yang kita lakukan maka kita akan memperoleh dari apa yang telah kita kerjakan. Karena kata nihilism berarti sama saja dengan Nolisasi. Jika kegiatan yang akan kita kerjakan dipikirkan secara mantang maka meskipun hasilnya tidak optimal tetapi tetap saja ada hasil yang kita dapat meskipun hanya sebagian kecil dari sekian banyak hasil yang kita harapkan dan tidak mungkin mendapat hasil yang tidak ada sama sekali nilainya, kecuali kita memang tidak berniat dari awal untuk mengerjakan kegiatan tersebu. Yang terpenting adalah kita harus selalu yakin untuk menjalani suatu aktivitas hidup dan langkah kehidupan yang akan kita pilih.

    ReplyDelete
  9. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof atas link link yang dibagikan
    Sejauh yang saya pahami, nihilisme adalah paham atau pendapat yang menyatakan ketidakberadaan makna dan tujuan pada suatu kehidupan. Nihil sendiri berarti tidak ada. Nihilisme, juga menyebutkan bahwa pengetahuan itu tidaklah ada. Sampai pada pernyataan ini, kebingungan saya bertambah-tambah. Saya berpikir, lantas di mana paham ini diaplikasikan? Bagaimana orang-orang penganut paha nihilisme menjalankan kehidupannya?
    Tapi sedikit lega ketika menjumpai "skeptisisime" dalam beberapa sumber materi nihilisme yang saya baca. Apakah wujud skeptisisme yang teramat sangat mendalam akan membawa kita dala keadaan nihilisme?
    Refleksiku: pertanyaanku, awalku harus belajar dan membaca lebih giat lagi

    ReplyDelete
  10. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Sepemahaman saya Nihil adalah sesuatu yang tidak mungkin, sesuatu yang tidak ada, secara fisik. arti formal ayng tercantum didalam KBBI adalah (1) kosong sama sekali; tidak ada apa-apa (hasilnya Nihil) (2) tidak ada yang tidak hadir, kemudian nihilisme /ni·hil·is·me/ diartikan sebagai paham aliran filsafat sosial yang tidak mengakui nilai-nilai kesusilaan, kemanusiaan, keindahan, dan sebagainya, juga segala bentuk kekuasaan pemerintahan, semua orang berhak mengikuti kemauannya sendiri. agak sedikit berbeda dengan apa yang dicantumkan didalam link http://www.iep.utm.edu/nihilism/ disana ditulis, Nihilisme adalah keyakinan bahwa semua nilai tidak berdasar dan tidak ada yang bisa diketahui atau dikomunikasikan.

    ReplyDelete
  11. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Nihilisme adalah filsafatnya kosong. Kosong artinya tidak ada, bahkan 0. Dalam hal lain, nihilsme bisa diartikan tidak mempunyai tujuan, tidak mengakui nilai nilai kesusilaan, kemanusiaan dan lain sebagainya. Konsep ini memandang keberadaan manusia itu tidak ada artinya, tidak ada komunikasi dan tujuan. sesuatu kegiatan atau usaha yang tidak membuahkan hasil serta hubungan komunikasi yang tidak ada.

    ReplyDelete
  12. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P. Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. Nihilisme selalu dihubungkan dengan pernyataan nietczhe bahwa “Tuhan telah mati”. Oleh karena itu, dalam pandangan ini, tidak ada lagi nilai moral yang dapat dijadikan pegangan untuk menjalani kehidupan. Nihiliseme, sama seperti fatalisme, memang bertolakbelakang dengan nilai-nilai ketuhanan di dalam ajaran-ajaran agama samawi termasuk Islam. Mungkin, nihilisme adalah jurang menuju ketidakpercayaan kepada Tuhan (ateisme).

    ReplyDelete
  13. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    177092510005

    Assalamualaikum prof,
    Nihilisme merupakan sebuah doktrin filosofis yang beranggapan bahwa gagasan aspek nilai kehidupan luhur adalah hal yang hampir non-eksistensial, gagasan nilai kehidupan luhur dikonstruksi oleh nilai-nilai nihil itu sendiri. Nihilisme menolak ide putatif tentang sebuah arti agung dari tujuan mulia hidup manusia. Kaum nihilis menilai bahwa moralitas tidak secara inheren ada, nilai dan norma adalah sebuah hal artifisial. Dari hal tersebut dapat pula diartikan bahwa nihilisme cenderung tidak mengakui batasan moralitas.

    ReplyDelete