Dec 2, 2012

NIHILISM


Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang NIHILISM, koneklah ke:






Wss Wr Wb
Marsigit




39 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Nihilisme memiliki kata dasar nihil. Nihil artinya tidak ada atau kosong. Kekosongan yang dimaksud yaitu tujuan dari manusia hidup adalah kosong atau tidak ada. Jika manusia tidak memiliki tujuan hidup, manusia akan hidup dengan cara mengalir apa adanya, pasrah mengikuti apa yang terjadi. Manusia yang kurang bijaksana dalam mengikuti aliran filsafat nihilisme ini, bisa jadi jia merasa bosan akan melakukan bunuh diri karena apalah arti manusia hidup jika tidak memiliki tujuan. Aliran atau pandangan apapun, dibutuhkan kebijaksanaan dalam menghadapinya.

    ReplyDelete
  2. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Nihil adalah kata Latin yang berarti 'tiada apa pun','tak sesuatu pun'. Dari kata itu muncul istilah "nihilisme". Nihilisme merupakan pendirian atau paham yang berporod pada 'tiada apa-apa pun'. Sebagai isme, nihilisme dapat dimengerti dalam beberapa arti. Secara umum nihilisme berarti pandangan bahwa keberadaan dan hidup di dunia sama sekali tidak berarti dan sama sekali tidak bermanfaat (A Mangunhardjana, 1997).

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Nihilisme adalah sebuah pandangan filosofi yang sering dihubungkan dengan Friedrich Nietzsche. Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Nihilis biasanya memiliki beberapa atau semua pandangan ini, tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekuler adalah tidak mungkin. Karena itu, kehidupan tidak memiliki arti.

    ReplyDelete
  4. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Nihilisme adalah paham yang mengemukakan bahwa keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Hal ini berarti bahwa kehidupan manusia tidak memiliki arti dan berbagai tindakan yang dilakukan manusia merupakan sesuatu yang sia-sia karena tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain. Nihilisme juga beranggapan bahwa tidak ada bukti yang mendukung keberadaan Tuhan. Namun, pada prinsipnya kita percaya bahwa manusia hidup selalu membutuhkan pegangan yang selalu diidentikan dengan Tuhan.

    ReplyDelete
  5. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Nihilisme merupakan istilah umum untuk aliran-aliran Filsafat yang menyatakan
    bahwa pada dirinya sendiri realitas akhirnya tidak mempunyai makna, bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia tidak memiliki suatu tujuan. Jika seseorang dengan paham yang seperti ini, tentu saja orang tersebut cenderung bermental pesimis terhadap dunia dan kehidupan, serta suka mengacau dan membuat perusakan dalam masyarakat.

    ReplyDelete
  6. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Nihilisme adalah sebuah doktrin filosofi dimana gagasan aspek nilai kehidupan luhur adalah hal yang (hampir) non-eksistensial. Nihilisme menolak ide putatif akan sebuah arti agung dari tujuan mulia hidup manusia. Nihilis menilai bahwa moralitas tidak secara inheren ada, bahwa nilai dan norma adalah sebuah hal artifisial. Dari hal tersebut dapat pula diartikan bahwa nihilisme cenderung tidak mengakui batasan moralitas dan dalam hal ini: agama. Jadi mungkin dapat disimpulkan bahwa Nihilisme adalah tentang eksistensi manusia yang tidak berarti. Bisa dibilang, not giving a shit. Istilah nihilisme mulai dikenal khalayak umum pada era 70an hingga 90an, dimana tengah ada suatu gap atau kekosongan yang besar dalam kultur pada masyarakat. Dimulai dari era 70an. Setelah lewat gairah berontak rock 'n roll ala generasi Chuck Berry dan The Beatles, dan bahkan rock 'n roll pada masa itu dapat dikatakan sebagai musik populer, perlahan mulai surut.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Nihilis biasanya memiliki beberapa atau semua pandangan ini: tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekuler adalah tidak mungkin. Nihilist adalah orang yang percaya bahwa ini tidak dimaksudkan untuk kehidupan manusia. Mereka juga percaya bahwa akhlak tidak ada dan tidak ada yang dapat menampung orang lain untuk dirasakan moral.

    ReplyDelete
  8. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam referensi yang telah saya baca mengatakan bahwa nihilisme adalah ketiadaan tujuan bagi dunia ini, terutama manusianya.

    ReplyDelete
  9. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Saya tidak setuju dengan pandangan Nihilisme bahwa manusia tidak ada tujuan. Manusia memiliki tujuan mutlak yang harus diwujudkan, yaitu mencapai kesempurnaan, yaitu kembali kepada Allah dengan keadaan saling mencintai, tentunya juga mendapat ridhonya.
    Menurut saya Kenihilan yang seharusnya diungkapkan adalah kenihilan atau ketiadaan makhluk, bukan ketiadaan tujuan. Karena sesungguhnya makhluk itu fana, ia adalah peroyeksi tuhan.

    ReplyDelete
  10. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Nihilism merupakan paham bahwa pada dirinya sendiri realitas akhirnya tidak mempunyai makna, sehingga di dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Nihilism biasanya memiliki beberapa atau semua pandangan ini: tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekular adalah tidak mungkin. Karena itu, kehidupan tidak memiliki arti, dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain. Nihilism apabila dilihat dari bentuk kata kerjanya berarti meniadakan, membasmi, memusnahkan, menghapuskan, dan melenyapkan segala eksistensi.

    ReplyDelete
  11. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Nihilisme memandang bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Sehingga apapun yang dilakukan manusia dalam bentuk usaha apapun maka dianggap tidak memiliki tujuan,.
    Hingga dapat diartika apapun yang dikerjakan akan berujung nihil tanpa tujuan tanpa hasil.
    Sehingga yang dilakukan hanya kesia-siaan semata.

    ReplyDelete
  12. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Nihilism dalam bahasa latin berarti tidak ada. Menurut filsuf, pandangan nihilism merupakan pandangan dari orang-orang skeptis (keragu-raguan) karena mereka menolak kemungkinan kepastian sedangkan skeptisism bisa mengecam kebenaran sebagai opini yang tidak dapat dibenarkan. Nihilism dalam moral yaitu menolak kemungkinan nilai moral atau etika absolut sedangkan nihilism eksistensial menganggap bahwa hidup tidak memiliki makna atau nilai intrinsik dan tidak dapat diragukan lagi.

    ReplyDelete
  13. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Nihilis biasanya memiliki beberapa atau semua pandangan ini: tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekular adalah tidak mungkin. Karena itu, kehidupan tidak memiliki arti, dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain. salah satu tokoh nihilisme adalah Nietzsche. Nietzsche dengan tegas menolak adanya Tuhan, manusia harus bebas tanpa terikat dengan aturan-aturan Tuhan yang dalam anggapannya tidak rasional. Dalam mempelajari nihilisme kita harus fondasi spiritual yang kuat, karena jika tidak, kita dapat terpengaruh sifat korosi dari nihilisme ini.

    ReplyDelete
  14. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Nihilis biasanya memandang bahwa tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekuler adalah tidak mungkin.
    Artinya kehidupan tidak memiliki arti, dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain.
    Sehingga apapun yang dilakukan tidakakan pernah ada yang baik dan lebih baik. Karean melakukan suatu tindakan dengan tidak melakukan suatu tindakan sama saja dianggap nihil atau tidak berarti.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link http://www.iep.utm.edu/nihilism/, Nihilisme adalah keyakinan bahwa semua nilai tidak berdasar dan tidak ada yang bisa diketahui atau dikomunikasikan. Hal ini sering dikaitkan dengan pesimisme ekstrim dan skeptisisme radikal yang mengutuk eksistensi. Seorang nihilis sejati tidak akan mempercayai apa-apa, tidak memiliki loyalitas, dan tidak ada tujuan selain, mungkin, dorongan untuk menghancurkan. Sementara beberapa filsuf mengklaim sebagai nihilis, nihilisme paling sering dikaitkan dengan Friedrich Nietzsche yang berpendapat bahwa efek korosifnya pada akhirnya akan menghancurkan semua keyakinan moral, religius, dan metafisik dan memicu krisis terbesar dalam sejarah manusia. Pada abad ke-20, tema nihilistik - kegagalan epistemologis, penghancuran nilai, dan kepunahan kosmik - telah menyibukkan seniman, kritik sosial, dan filsuf. Pertengahan abad, misalnya, para eksistensialis membantu mempopulerkan nihilisme dalam usaha mereka untuk menumpulkan potensi destruktifnya. Pada akhir abad ini, keputusasaan eksistensial sebagai respon terhadap nihilisme memberi jalan kepada sikap acuh tak acuh, sering dikaitkan dengan antifoundasionalisme. Sumber lainpun mengatakan hal yang sama bahwa Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Nihilis biasanya memiliki beberapa atau semua pandangan ini: tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekuler adalah tidak mungkin.

    ReplyDelete
  17. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Nihilism adalah salah satu pandangan filsafat mengenai ketiadaan. Sederhanya bahwa nihilisme adalah satu aliran filsafat yang menganggap bahwa ketidakadaan sebagai tesis utamanya. Nihilisme (/naɪ.ɨlɪzəm/ atau /niː.ɨlɪzəm/; dari bahasa Latin nihil, tidak ada) adalah doktrin filosofis yang menunjukkan kurangnya kepercayaan dalam satu atau lebih aspek yang bermakna kehidupan. Ketidak adaan dalam dunia ini adalah salah satu hal yang pasti dan mungkin terjadi, tidak ada dalam kehidupan, tidak ada dalam pikiran adalah bagian dari paham nihilism itu sendiri.

    ReplyDelete
  18. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    Nihilisme (dari bahasa Latin nihil, tidak ada) adalah doktrin filosofis yang menunjukkan kurangnya kepercayaan pada satu atau lebih aspek kehidupan yang terkenal. Paling umum, nihilisme disajikan dalam bentuk nihilisme eksistensial, yang berpendapat bahwa hidup itu tanpa makna, tujuan, atau nilai intrinsik yang obyektif.Moral nihilis menegaskan bahwa tidak ada moralitas yang melekat, dan bahwa nilai moral yang diterima secara abstrak dibikin. Nihilisme juga bisa berbentuk epistemologis, ontologis, atau metafisik, yang berarti masing-masing, dalam beberapa aspek, pengetahuan tidak mungkin, atau kenyataan sebenarnya tidak ada.

    ReplyDelete
  19. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    Nihilisme merupakan istilah umum untuk aliran-aliran Filsafat yang menyatakan bahwa pada dirinya sendiri realitas akhirnya tidak mempunyai makna, Nihilisme apabila dilihat dari bentuk kata kerjanya berarti meniadakan, membasmi, memusnahkan, menghapuskan, dan melenyapkan segala eksistensi. Terminology ini dipakai Nietzsche untuk menggambarkan bahwa apa saja yang dulu dianggap bernilai dan bermakna kini sudah mulai memudar dan menuju keruntuhan. Dunia ini terutama keberadaan manusia di dunia tidak memiliki tujuan.

    ReplyDelete
  20. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Nihilism (/ˈnaɪ.ᵻlɪzəm/ or /ˈniː.ᵻlɪzəm/; from the Latin nihil, nothing) is a philosophical doctrine that suggests the lack of belief in one or more reputedly meaningful aspects of life. Most commonly, nihilism is presented in the form of existential nihilism, which argues that life is without objective meaning, purpose, or intrinsic value. Moral nihilists assert that there is no inherent morality, and that accepted moral values are abstractly contrived. Nihilism may also take epistemological, ontological, or metaphysical forms, meaning respectively that, in some aspect, knowledge is not possible, or reality does not actually exist.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Nihilism

    ReplyDelete
  21. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Nihilisme adalah keyakinan bahwa semua nilai tidak berdasar dan tidak ada yang bisa diketahui atau dikomunikasikan. Hal ini sering dikaitkan dengan pesimisme ekstrim dan skeptisisme radikal yang mengutuk eksistensi. Nihilisme juga bisa berbentuk epistemologis, ontologis, atau metafisik, yang berarti masing-masing, dalam beberapa aspek, pengetahuan tidak mungkin, atau kenyataan sebenarnya tidak ada. Nihilisme disajikan dalam bentuk nihilisme eksistensial, yang berpendapat bahwa hidup itu tanpa makna, tujuan, atau nilai intrinsik yang obyektif. Nihilisme juga merupakan doktrin filosofis yang menunjukkan kurangnya kepercayaan pada satu atau lebih aspek kehidupan yang terkenal.

    ReplyDelete
  22. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Filsafat nihilisme bertujuan untuk memutuskan dan mengakhiri semua klaim terhadap kebenaran pemikiran metafisis tradisional, dalam suatu proses yang melompat hanya ketika ia mencapai titik di mana “kebenaran-kebenaran” prasangka tersebut seperti Tuhan dan jiwa diperlihatkan sebagai nilai yang tidak kurang subjektif dan tidak lebih dari “kekeliruan-kekeliruan” ketimbang keyakinan dan pendapat manusia lainnya. Gagasan nihilisme Nietzsche menelanjangi tradisi pemikiran-metafisika Barat yang saling bergantung. Pemikiran nihilistic berusaha meradikalkan kebenaran metafisis hanyalah ungkapan subjektif individu maupun kelompok social tertentu, bukan yang tak terbantah, hakikat dunia Tuhan, manusia dan alam yang tak berubah, yang ada menurut Nietzsche hanyalah kehendak untuk berkuasa setelah ia menihilkan dan merelatifkan segala sesuatu.

    ReplyDelete
  23. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berdasarkan sumber pada elegi di atas, dapat kita ketahui bahwa nihilism merupakan pandangan filosofi yang sering dihubunngkan dengan Freidrich Nietzsche. Dalam aliran nihilism ini menganggap bahwa keberadaan manusia di dunia ini tidak memiliki tujuan yang mendasar. Dalam aliran nihilsm ini tidak menemukan bukti-bukti pendukung dengan keberadaan sang pencipta, adanya etika adalah tidak mungkin, sehingga aliran nihilism ini membuat kesimpulan bahwa kehidupan ini tidak memiliki arti. Paham ini menganggap bahwa manusia tidak diciptakan oleh Tuhan. Paham ini percaya bahwa tidak ada kehidupan setelah kematian, yang ada hanyalah hasrat untuk bertahan hidup. Kelemahan dari paham mihilism adalah bahwa nihilist tidak memiliki pertanggungjawaban secara moral untuk segala perilaku yang dilakukan, khususnya berkaitan dengan hal-hal negatif.
    Paham ini, apa bila kita kaitkan dalam ajaran agama maka ini sangat bertentangan, khususnya dalam ajaran agama Islam yang memandang bahwa tujuan manusia hidup di dunia ini adalah untuk beribadah kepada Allah dan menjadi khalifah di muka bumi ini.

    ReplyDelete
  24. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Nihilisme berasal dari bahasa latin nihil yang artinya tidak ada. Nihilisme adalah paham yang para kaumnya menunjukkan kurang kepercayaan pada satu atau lebih aspek kehidupan yang terkenal. Paling umum, nihilisme disajikan dalam bentuk nihilisme eksistensial, yang berpendapat bahwa hidup itu tanpa makna, tujuan, atau nilai intrinsik yang obyektif. Moral nihilis menegaskan bahwa tidak ada moralitas yang melekat, dan bahwa nilai moral yang diterima secara abstrak dibikin. Nihilisme juga bisa berbentuk epistemologis, ontologis, atau metafisik, yang berarti masing-masing, dalam beberapa aspek, pengetahuan tidak mungkin, atau kenyataan sebenarnya tidak ada.

    ReplyDelete
  25. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kebermaknaan hidup bisa dilihat dari tujuan hidup itu sendiri. Misalnya saja jika tujuan hidup kita adalah memabahgiakan orang tua, maka selama kita menjalani hidup,kita akan berusaha memperlakukan orang tua sebaik mungkin dan tidak menecewakannya, berusaha memahami segala nasehatnya dan patuh dalam segala perintah orang tua. Tujuan ini termasuk dalam tujuan yang mulia dan tentu di restui oleh semesta, sehingga dalam menjalani hidup haruslah memiliki tujuan yang jelas dan mulia agar hidup lebih bermakna untuk orang sekitar.

    ReplyDelete
  26. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070
    Nihilisme apabila dilihat dari bentuk kata kerjanya berarti meniadakan, membasmi, memusnahkan, menghapuskan, dan melenyapkan segala eksistensi. Terminology ini dipakai Nietzsche untuk menggambarkan bahwa apa saja yang dulu dianggap bernilai dan bermakna kini sudah mulai memudar dan menuju keruntuhan. Dunia ini terutama keberadaan manusia di dunia tidak memiliki tujuan. Renungan tentang nihilisme pada intinya adalah sebuah renungan tentang krisis kebudayaan

    ReplyDelete
  27. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berdasarkan artikel diatas tentang nihilsm, maka nihilsm adalah sebuah doktrin filosofis yang menunjukkan kurangnya kepercayaan pada satu atau lebih aspek kehidupan yang terkenal. Paling umum, nihilisme disajikan dalam bentuk nihilisme eksistensial, yang berpendapat bahwa hidup itu tanpa makna, tujuan, atau nilai intrinsik yang obyektif. [1] Moral nihilis menegaskan bahwa tidak ada moralitas yang melekat, dan bahwa nilai moral yang diterima secara abstrak dibikin. Nihilisme juga bisa berbentuk epistemologis, ontologis, atau metafisik, yang berarti masing-masing, dalam beberapa aspek, pengetahuan tidak mungkin, atau kenyataan sebenarnya tidak ada.

    ReplyDelete
  28. Ardeniyansah 78
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Nihilisme adalah sebuah doktrin filosofi dimana gagasan aspek nilai kehidupan luhur adalah hal yang hampir non-eksistensial. Nihilisme menolak ide putatif akan sebuah arti agung dari tujuan mulia hidup manusia. Nihilis menilai bahwa moralitas tidak secara inheren ada bahwa nilai dan norma adalah sebuah hal artifisial. Dari hal tersebut dapat pula diartikan bahwa nihilisme cenderung tidak mengakui batasan moralitas dan dalam hal ini, agama. paham ini jelas menolak adanya Allah yang berkuasa dalam menciptakan alam semesta dan berusaha untuk menghilangkan eksistensi dunia ini, secara khusus eksistensi manusia tentang makna, tujuan, kebenaran yang komprehensif dan nilai yang esensial.

    ReplyDelete
  29. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya mendapatkan pengertian paham filsafat baru yaitu nihilism. Dimana sebelum melihat refrensi saya menebak bahwasanya ada hubungannya dengan tidak ada. Setelah saya memahami refrensinya saya mendapatkan pemahaman bahwa nihilism ini merupakan keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Nihilis biasanya memiliki beberapa atau semua pandangan ini: tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekuler adalah tidak mungkin. Dari sini dapat kita katakan bahwa hampir mirip dengan atheis dimana tidak mempercayai tuhan di alirannya. Mungkin dalam bentuk spiritual ini nihilism tidak perlu kita tiru. Namun pada aspek yang lain ada kebermaknaan dari aliran ini. Namun saya masih belum bisa memikirkannya.

    ReplyDelete
  30. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Nihilisme adalah sebuah pandangan filsafat dimana gagasan aspek nilai kehidupan luhur adalah hal yang (hampir) non-eksistensial (tidak ada). Secara sederhana, nihilisme Nietzsche bertujuan untuk mengakhiri semua klaim terhadapkebenaran. Menurutnya, kebenaran itu tidak lebih dari 'kekeliruan-kekeliruan' ketimbangkeyakinan dan pendapat manusia lainnya. Nihilis menilai bahwa moralitas tidak secara inheren ada, bahwa nilai dan norma adalah sebuah hal artifisial. Dari hal tersebut dapat pula diartikan bahwa nihilisme cenderung tidak mengakui batasan moralitas dan dalam hal ini: agama

    ReplyDelete
  31. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Menurut Kamus Teologia (1996), nihilisme merupakan istilah umum untuk aliran filsafat yang menyatakan bahwa pada dirinya sendiri realitas akhirnya tidak mempunyai makna. Nihilisme menolak adanya Tuhan yang berkuasa dalam menciptakan alam semesta dan berusaha untuk menghilangkan eksistensi dunia ini, secara khusus eksistensi manusia tentang makna, tujuan, kebenaran yang komprehensif dan nilai yang esensial. Paham ini menganggap bahwa manusia tidak diciptakan oleh Tuhan, tetapi melalui evolusi dari seekor kera. Paham ini juga percaya bahwa tidak ada kehidupan setelah kematian, yang ada hanyalah hasrat untuk bertahan hidup.

    ReplyDelete
  32. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Nihilis memiliki pandangan bahwa tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekuler adalah tidak mungkin sehingga menganggap kehidupan tidak memiliki arti, dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain. Jika kita mencermati falsafah dari paham tersebut, tentunya sebagai orang yang beriman, kita sangat bertolak belakang dengannya. Paham ini dapat menghancurkan peradaban dunia, karena menganggap bahwa kehidupan manusia tidaklah berarti. Sehingga segala bentuk kejahatan dibenarkannya. Dampak terbesar dari paham tersebut adalah adanya krisis kemanusiaan. Sebenarnya saya sendiri heran, kenapa ada seseorang yang memunculkan paham yang demikian? Dan apakah ada orang yang mengikuti paham tersebut? istilah-istilah yang diberikan dalam blog ini memberikan wawasan yang sangat luas kepada saya khususnya. Meskipun terdapat beberapa istilah yang tidak sependapat dengan kita, alangkah baiknya kita mengetahui agar terhindar darinya karena mungkin malah kita termasuk ke dalamnya.

    ReplyDelete
  33. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Eksistensial nihilisme yaitu sebuah keyakinan dimana kehidupan tidak memiliki arti intrinsik atau nilai. Hubungannya dengan alam semesta, eksistensial nihilisme berpendapat bahwa manusia tunggal atau bahkan seluruh manusia tidak signifikan, yang tidak memiliki tujuan dan tidak mungkin berubah dalam eksistensi totalitas. Disisi lain, nihilisme juga suatu keyakinan bahwa semua nilai-nilai yang tidak berdasar dan tidak ada yang dapat diketahui atau dikomunikasikan. Nihilis sejati akan percaya pada apa-apa, tidak punya loyalitas, dan tidak ada tujuan lain selain, mungkin dorongan untuk menghancurkan. Sementara beberapa filsuf akan mengklaim sebagai nihilis, nihilisme yang paling sering dikaitkan dengan Friedrich Nietzsche. Konsep dalam filosofi Friedrich Nietzsche yang mengatakan bahwa tidak memiliki suatu tujuan dapat bernilai pada arti, tujuan dan kebenaran.

    ReplyDelete
  34. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pada dasarnya, setiap makhluk hidup memiliki pegangan dalam melangsungkan hidupnya. Pegangan ini biasanya dikaitkan dengan Tuhan YME. Ketika seseorang tidak memiliki tujuan hidup, maka nihilisme berlaku. Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Nihilis biasanya memiliki beberapa atau semua pandangan ini: tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekuler adalah tidak mungkin. Karena itu, kehidupan tidak memiliki arti, dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain. Nihlisme ini biasa dikontraskan dengan realisme dalam science atau matematika. Gorgias (483-360 SM) yang memberikan 3 proposisi nihilisme tentang realitas yaitu: Pertama, tidak ada sesuatupun yang eksis, Kedua, bila sesuatu itu ada ia tidak dapat diketahui, Ketiga, sekalipun realitas itu dapat kita ketahui, ia tidak akan dapat kita beritahukan kepada orang lain.

    ReplyDelete
  35. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika 2016

    Dalam paham yang dilontarkan nihilisme mengsatakan bahwa dunia ini terutama keberadaan manusia di dunia ini tidak memiliki suatu tujuan. Nihilisme biasanya memiliki beberapa atau semua pandanagan ini, tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekuler adalah tidak mungkin. Karena itu, kehidupan tidak memiliki arti, dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain. Pemeluk aliran filsafat ini adalah orang-orang yang memahami bahwa realitas yang ada di alam ini hanyalah keburukan. Mereka beranggapan bahwa fenomena-fenomena yang ada pada manusia tidak lain adalah penderitaan, kemalangan, kemiskinan dan kehancuran. Begitu pula segala maujud selain manusia adalah buruk dan tak bermanfaat bagi manusia. Secara umu yang ada di alam adalah suara-suara keburukan dan atmosfir-atmosfir kepurus asaan.

    ReplyDelete
  36. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Nihil sering kita artikan sebagai ketiadaan atau tak ada apapun. Senada dengan kata yang membangunnya, Nihilsme ini juga memiliki makna secara umum tentang kekosongan atau kehampaan dalam berbagai aspek. Dapat dikatakan pula bahwa Nihilisme merupakan doktrin filosofis yang menunjukkan kurangnya kepercayaan pada satu atau lebih aspek kehidupan yang bermakna. Karena nihilisme ini terjadi pada satu atau lebih aspek kehidupan, maka aspek-aspek kehidupan tersebut diantaranya yang paling umum adalah dalam kehidupan itu sendri, bagaimana nihilisme mempengaruhi kehidupan sehingga hidup dalam nihilisme dipandang sebagai hidup yang tanpa makna maupun tujuan. Hal ini mentyebabkan hidup seseorang tidak ada artinya, dan apabila orang-orang sudah menganggap bahwa hidupnya tidak berarti, maka mereka akan berpikir bahwa entah itu hidup atau mati akan sama saja baginya, bahkan bagi sebagian orang ada yang lebih memilih mati karena merasa bahwa hidup mereka sudah tidak ada artinya lagi. Sejatinya hal ini dilarang ileh agama, barang siapa yang sengaja membunih dirinya sendiri berarti orang tersebut tidak menghargai kehidupan yang diberikan tuhan kepada dirinya, dan melawan atau tidak menerima cobaan yang diberikan kepadanya, sehingga mereka lebih memilih untuk tidak menjalani dan menerima cobaan tersebut dengan istiqomah melainkan melakukan berbagai cara agar terhindar dengan cobaan atau ujian yang diberikan tuhan kepadanya.

    ReplyDelete
  37. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Nihilisme dalam spek-aspek yang lain misalnya nihilisme moral, nihilisme epistimologi, nihilisme metafisika, dan lain sebagainya. Nihilisme moral memandang bahwa moralista tidak ada sebagai sesuatu yang melekat terhadap kenyataan objektif. Karennanya tidak ada aksi yang diperlukan terhadap yang lain. Secara sederhana, nihilisme moral ini tidak mengakui adanya moralitas dalam kehidupan, sehingga mereka bebas berprilaku apa saja terhadap yang lain tanpa dibatasi aturan-aturan tertentu yang sesuai dengan moral. Sebagai contoh, suatu nihilis moral akan mengatakan bahwa membunuh seseorang apapun alasannya, tidak dapat dikatakan benar atau salah. Sementara itu nihilisme epistimologi merupakan suatu bentuk keragu-raguan atau skeptisme dimana semua pengetahuan yang diterima sebagai suatu kemungkinan yang tidak benar atau tidak bisa ditetapkan benar. Nihilisme metafisika merupakan teori filosofi yang mengusulkan bahwa objek konkret dan gagasan atau konsep fisik itu mungkin tidak ada dalam dunia yang memungkinkan ini atau bahkan jika dunia itu ada maka akan berisi objek-objek yang konkret, dan hanya sedikit sekali berisi objek-objek yang abstrak.

    ReplyDelete
  38. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Nihilisme adalah posisi filosofis yang berpendapat bahwa “Being”, terutama eksistensi manusia masa lalu dan saat ini, tanpa makna, tujuan, kebenaran yang dapat dipahami, atau nilai esensial. Nihilisme menegaskan bahwa tidak ada bukti yang masuk akal tentang adanya penguasa atau pencipta yang lebih tinggi, bahwa "moralitas sejati" tidak ada, dan etika sekuler objektif itu tidak mungkin dilakukan. Oleh karena itu hidup memiliki, dalam arti tertentu, tidak ada kebenaran dan tidak ada tindakan yang secara objektif lebih baik daripada yang lain.

    ReplyDelete
  39. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Nihilisme adalah sebuah doktrin filosofi dimana gagasan aspek nilai kehidupan luhur adalah hal yang (hampir) non-eksistensial. Nihilisme menolak ide putatif akan sebuah arti agung dari tujuan mulia hidup manusia. Nihilis menilai bahwa moralitas tidak secara inheren ada, bahwa nilai dan norma adalah sebuah hal artifisial. Dari hal tersebut dapat pula diartikan bahwa nihilisme cenderung tidak mengakui batasan moralitas dan dalam hal ini: agama. Jadi mungkin dapat disimpulkan bahwa Nihilisme adalah tentang eksistensi manusia yang tidak berarti. Bisa dibilang, not giving a shit.

    ReplyDelete