Dec 2, 2012

NIHILISM


Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang NIHILISM, koneklah ke:






Wss Wr Wb
Marsigit




30 comments:

  1. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Nihilisme sering dihubungkan dengan Friedrich Nietzsche. Nihilisme adalah paham yang mengemukakan bahwa keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Hal ini berarti bahwa kehidupan manusia tidak memiliki arti dan berbagai tindakan yang dilakukan manusia merupakan sesuatu yang sia-sia karena tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain. Sebagai manusia perlu memberikan jawaban atas pertanyaan tentang dari mana, untuk apa dan mau kemana. Untuk pertanyaan ini maka agama dapat memberikan jawaban yang dapat dipahami. Nihilisme beranggapan bahwa tidak ada bukti yang mendukung keberadaan Tuhan. Namun, pada prinsipnya kita percaya bahwa manusia hidup selalu membutuhkan pegangan yang selalu diidentikan dengan Tuhan

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Secara terminologinya, nihilism berasal dari bahasa latin yang dapat bermakna tidak ada. Nihilism adalah doktrin filosofis yang menunjukkan kurangnya kepercayaan pada satu atau lebih aspek kehidupan. Nihilism eksistensial menyatakan bahwa hidup itu tanpa makna, tujuan ataupun nilai intrinstik obyektif. Sedangkan dari aspek moral nihilsm menyatakan tidak ada moralitas yang melekat dan nilai moral yang secara abstrak diciptakan. Dalam kajiannya, nihilsm dapat dilihat secara epistomoologis, ontologis ataupun metafisik.

    ReplyDelete
  3. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Nihilism merupakan sudut pandang filosofis yang menunjukkan penolakan atau kurangnya kepercayaan terhadap aspek kehidupan yang bermakna. Selain itu nihilisme juga merupakan keyakinan bahwa semua nilai tidak berdasar dan tidak ada yang dapat diketahui atau dikomunikasikan. Seorang nihilis sejati tidak akan percaya pada apapun, tidak memiliki loyalitas, dan tidak ada tujuan lain selain dorongan untuk menghancurkan semua keyakinan moral, agama, metafisis, serta mengendapkan krisi terbesar dalam sejarah manusia. Namun, jika kita selamat dari proses menghancurkan semua interpretasi dunia, kita mungkin bisa menemukan jalan yang benar bagi umat manusia.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  4. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Nihilisme merupakan sebuah doktrin filosofis yang beranggapan bahwa gagasan aspek nilai kehidupan luhur adalah hal yang hampir non-eksistensial, gagasan nilai kehidupan luhur dikonstruksi oleh nilai-nilai nihil itu sendiri. Nihilisme menolak ide putatif tentang sebuah arti agung dari tujuan mulia hidup manusia. Kaum nihilis menilai bahwa moralitas tidak secara inheren ada, nilai dan norma adalah sebuah hal artifisial. Dari hal tersebut dapat pula diartikan bahwa nihilisme cenderung tidak mengakui batasan moralitas.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018


    Nihilisme adalah suatu pandangan filosofi yang sering dihubungkan dengan salah seorang tokohnya yang bernama Friedrich Nietzsche. Dalam pandangan nihilisme dikatakan bahwa dunia ini terutama keberadaan manusia di dunia tidak memiliki suatu tujuan. Dari hal tersebut dapat pula diartikan bahwa nihilisme cenderung tidak mengakui batasan moralitas dan dalam hal ini yaitu agama. Jadi mungkin dapat disimpulkan bahwa nihilisme adalah tentang eksistensi manusia yang tidak berarti.

    ReplyDelete
  6. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Nihilisme merupakan paham filosofi yang sangat erat dengan Friedrich Nietzsche seorang filsuf Jerman dan seorang ahli ilmu filologi yang meneliti teks-teks kuno. Paham nihilism menganggap sebuah kehidupan tidak memiliki arti. Dalam perjalanan hidup setiap manusia tidak dapat dikomparasikan antara tindakan satu dengan yang lain karena tindakan-tindakan tersebut tidak bernilai. Tidak ada yang lebih baik dan tidak ada yang lebih buruk, semua nihil. Nilai-nilai dan tujuan-tujuan itu semua adalah ilusi yang ia pakai, ia terima, sekaligus ia sadari sebagai sementara.
    Dalam menghadapi kenihilan, atau runtuhnya nilai-nilai dari kehidupan manusia harus bergerak aktif. Sikap pasif meneripa keadaan berarti membiarkan keadaan mendekte kita. Manusia merupakan subjek masa kid an masa depan oleh karena itu bergerak aktif adalah syarat mutlak.

    ReplyDelete
  7. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, kita ketahui bahwa nihilisme adalah sebuah pandangan filsafat yang sering dikaitkan dengan Friedrich Nietzsche. Dalam nihilisme dikatakan bahwa dunia ini, khususnya keberadaan manusia di dunia tidak memiliki suatu tujuan. Nah, menurut saya dari pengertian ini, orang yang mempunyai paham nihilisme sungguh membahayakan, karena kita sebagai manusia ciptaan Allah Subhanahuwata'ala pasti ada tujuannya, salah satu contohnya mungkin untuk mencari amal sebanyak-banyaknya. Hidup ini ujian, dengan adanya ujian, apabila kita menghadapi dengan sabar, insyaallah akan mendapat pahala dari Allah Subhanahuwata'ala. Aamiin

    ReplyDelete
  8. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Nihilism adalah aliran filsafat yang menyatakan bahwa realitas pada akhirnya tidak mempunyai makna dan keberadaan manusia di dunia ini tidak memiliki suatu tujuan. Nihilisme juga berarti meniadakan, membasmi, memusnahkan, menghapuskan, dan melenyapkan segala eksistensi. Artinya sesuatu yang bernilai dan bermakna menjadi memudar. Sesuatu yang bernilai dan bermakna meliputi seluruh bidang kehidupan manusia yaitu nilai-nilai kesusilaan, kemanusiaan, keindahandan ilmu pengetahuan

    ReplyDelete
  9. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Nihilisme berkeyakinan bahwa yang ada itu tidak ada, dan bila ada pun tidak dapat diketahui. Oleh karena itu mereka juga menyangkal kebenaran, dan bila terdapat kebenaran pun menurutnya juga tak dapat dibuktikan. Dari pendirian inilah lahir nihilsme etis sebagai pandangan, pendirian, atau paham etis bahwa kebenaran etis itu tidak ada. Hal tersebut menyebabkan nilai etis tidak ada

    ReplyDelete
  10. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Nihilisme merupakan sebuah pandangan filosofi yang mengatakan bahwa dan keberadaan manusia di dunia tidak memiliki suatu tujuan. Nihilis biasanya memiliki beberapa pandangan sebagai berikut, tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui dan etika sekuler adalah tidak mungkin. Maka dari itu, kehidupan tidak memiliki arti dan tidak ada. Pada dasarnya, manusia hidup selalu membutuhkan pegangan, jika suatu ketika manusia telah kehilangan peganganya, maka baginya kehidupan sudah tidak ada. Secara garis besar, pegangan itu biasanya diidentikan dengan tuhan. Jika kemudian ada wacana bahwa tuhan itu telah mati, maka secara tidak langsung manusia akan tetap mencari pegangan itu. Oleh sebab itu, bibit-bibit nihilisme lahir.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  11. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Jika dilihat dari bentuk kata kerjanya, nihilisme berarti meniadakan, membasmi, menghapuskan, melenyapkan, dan memusnahkan segala eksistensi. Terminologi ini dipakai oleh Nietzche untuk menggambarkan bahwa apa saja yang dahulu dianggap bernilai dan bermakna kini sudah memudar dan menuju keruntuhan. Paham ini berpendapat bahwa dunia terutama keberadaan manusia tidak memiliki tujuan akhir sama sekali.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  12. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Istilah nihilism pertama dicetuskan oleh Ivan Turgenev dan diperkenalkan ke dunia filosofi oleh Fredrich Heinrich Jacobi (1743-1819). Berdasarkan dari salah satu sumber yang direkomendasikan dalam postingan ini, nihilism adalah keyakinan bahwa semua nilai tidak berdasr dan tidak ada yang dapat diketahui atau dikomunikasikan. Ini sering dikaitkan dengan pesimisme ekstrem dan skeptisisme radikal yang mengutuk keberadaa. Seorang nihilis sejati tidak akan percaya pada apapun, tidak memiliki kesetiaan, dan tidak memiliki tujuan lain, mungkin dorongan untuk menghancurkan.

    ReplyDelete
  13. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Nihilisme sangat bertentangan dengan agama. Ketika nihilis biasanya memiliki beberapa pandangan seperti tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, Agamawan meyakni adanya Sang Maha Pencipta. Moral sejati tidak diketahui, agamawan menyadari adanya akhlaq mulia dan etika secular adalah tidak mungkin. Agamawan punya teladan yang utama yaitu nabi Muhammad SAW. Karena itu, kehidupan tidak memiliki arti bagi para nihilis. Namun, agamawan tau dari mana dia berasal dari Alloh Maha Pencipta, untuk apa dia ada untuk ibadah kepada Alloh dan akan kemana dia? Menuju akan kembali kepada Alloh dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain. Bagi kaum nihilisme terjangkit penyakit pesimisme sedangkan bagi agamawan termotivasi optimisme.

    ReplyDelete
  14. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Nihilism berasal dari bahwa Latin, Nihil yang berarti tidak ada. Nihilism didefinisikan sebagai sudut pandang filosofis yang menunjukkan penolakan atau kurangnya kepercayaan terhadap aspek kehidupan. Nihilisme juga merupakan keyakinan bahwa semua nilai tidak berdasar dan tidak ada yang dapat diketahui atau dikomunikasikan. Seorang nihilis sejati tidak akan percaya pada apa pun, tidak memiliki kesetiaan, dan tidak memiliki tujuan selain, mungkin, dorongan untuk menghancurkan. Sementara beberapa filsuf akan mengklaim sebagai nihilis, nihilisme paling sering dikaitkan dengan Friedrich Nietzsche yang berpendapat bahwa efek korosif pada akhirnya akan menghancurkan semua keyakinan moral, agama, dan metafisik dan memicu krisis terbesar dalam sejarah manusia.

    ReplyDelete
  15. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Nihilisme umumnya dipandang sebagai sikap filosofis yang menekankan pada suatu hal yang ilmiah. Nihilisme merupakan aliran-aliran Filsafat yang menyatakan bahwa pada dirinya sendiri realitas akhirnya tidak mempunyai makna,bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan.

    ReplyDelete
  16. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini terutama keberadaan manusia, tidak memiliki suatu tujuan. Nihilis biasanya memiliki beberapa atau semua pandangan ini, tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui dan etika sekuler adalah tidak mungkin. filsuf yang pernah menulis mengenai nihilisme adalah Friedrich Nietzsche dan Martin Heidegger. Istilah nihilisme sendiri pertama dicetuskan oleh Ivan Turgenev dan diperkenalkan ke dunia filosofi oleh Friedrich Heinrich Jacobi (1743–1819)

    ReplyDelete
  17. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Epistemology dari nihilisme adalah suatu bentuk skeptisisme di mana semua pengetahuan diterima sebagai kemungkinan tidak ketidakbenaran atau tidak dapat dikonfirmasi kebenarannya. Sementara nihilisme secara moral adalah pandangan bahwa moralitas tidak melekat pada realitas objektif.

    ReplyDelete
  18. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Nihilism berasal dari bahasa latin yang artinya tidak ada. Nihilsm adalah sudut pandang filosofis yang menunjukkan penolakan atau kurangnya kepercayaan terhadap aspek kehidupan yang konon bermakna. Yang paling umum, nihilisme disajikan dalam bentuk eksistensial yang berpendapat bahwa kehidupan tanpa makna objektif, tujuan atau nilai intrinsik. Nihilism moral menyatakan bahwa tidak ada moralitas yang melekat, dan bahwa nilai-nilai moral yang diterima dibuat secara abstrak.

    ReplyDelete
  19. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Nihilsm merupakan aliran yang mempercayai bahwa tidak adanya keberadaan Sang Pencipta, dan juga tidak mengakui batasan mortalitas yaitu agama. Nihilisme dikenal pada era 70an hingga 90an. Filsuf yang berkontribusi adalah Friedrich Nietzsche dan Martin Heidegger.

    ReplyDelete
  20. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada link di atas disampaikan bahwa kebanyakan orang melihat dunia dalam kategori biner. Mereka percaya bahwa ada kebaikan moral yang melekat yang harus kita semua patuhi, atau tidak ada aturan dan hidup adalah anarki yang tidak berguna. Nihilisme berargumen untuk jalan tengah: kita tidak memiliki keteraturan yang melekat, tetapi ditentukan oleh pilihan kita, yang berarti bahwa kita harus mulai membuat pilihan yang lebih cerdas dengan memahami realitas di mana kita hidup lebih dari realitas sosial manusia yang telah kita gunakan untuk menggantikannya dalam pikiran kita.

    ReplyDelete
  21. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Nihilisme menunjukkan penolakan atau kurangnya kepercayaan terhadap aspek kehidupan yang konon bermakna. Paling umum, nihilisme disajikan dalam bentuk nihilisme eksistensial, yang berpendapat bahwa kehidupan tanpa makna objektif, tujuan, atau nilai intrinsik.

    ReplyDelete
  22. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Nihilisme adalah filsafatnya kosong. Kosong artinya tidak ada, bahkan 0. Dalam hal lain, nihilsme bisa diartikan tidak mempunyai tujuan, tidak mengakui nilai nilai kesusilaan, kemanusiaan dan lain sebagainya. Konsep ini memandang keberadaan manusia itu tidak ada artinya, tidak ada komunikasi dan tujuan. sesuatu kegiatan atau usaha yang tidak membuahkan hasil serta hubungan komunikasi yang tidak ada.

    ReplyDelete
  23. Yodel
    Bukan Mahasiswa
    Bukan Sarjanan

    "Hidup itu Tidak Berarti" , Pesimistic Nihilisme
    "Hidup tidak berarti apapun , karena kita yang memaknainya" , Optimistic Nihilisme

    Nihilist merupakan paham bahwa kita tidak memiliki suatu tujuan inheren untuk ada didunia ini. jadi , kita tidak memiliki tujuan dan arti . maka muncul absurditas untuk kita menjadi otentik sebab nihilisme.

    ReplyDelete
  24. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Nihilisme diyakini lahir setelah Tuhan "dibunuh" oleh Nietzsche untuk membebaskan manusia dari ikatan dogma dan moral yang selama ini membatasi dan memperbudak manusia. Jika direnungkan lebih jauh, "kematian" Tuhan sesungguhnya adalah kritik terhadap masyarakat yang sering terjebak dalam dogma dan doktrin tertentu sehingga lupa akan identititas diri dan kapasitasnya sebagai manusia. Begitupun prinsip nihilisme, bahwa adanya manusia di dunia ini adalah tidak berarti dan tanpa tujuan, adalah kritik terhadap masyarakat yang sepenuhnya tunduk pada moral. Maka, sesungguhnya, keberadaan manusia adalah untuk memberi arti dan tujuan bagi dirinya, membentuk moralnya sendiri untuk keluar dari selubung nihilisme.

    ReplyDelete
  25. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Nihilisme adalah sebuah pandangan filosofi yang sering dihubungkan dengan Friedrich Nietzsche. Nihilisme merupakan istilah umum untuk aliran-aliran Filsafat yang menyatakan bahwa pada dirinya sendiri realitas akhirnya tidak mempunyai makna, bahwadunia ini terutama keberadaan manusia di dunia tidak memiliki suatu tujuan. Nihilis biasanya memiliki beberapa atau semua pandangan ini: tidak ada bukti
    yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika
    sekular adalah tidak mungkin. Karena itu, kehidupan tidak memiliki arti, dan
    tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain. Nihilisme apabila dilihat dari
    bentuk kata kerjanya berarti meniadakan, membasmi, memusnahkan, menghapuskan,
    dan melenyapkan segala eksistensi. Terminology ini dipakai Nietzsche untuk
    menggambarkan bahwa apa saja yang dulu dianggap bernilai dan bermakna kini
    sudah mulai memudar dan menuju keruntuhan. Dunia ini terutama keberadaan
    manusia di dunia tidak memiliki tujuan

    ReplyDelete
  26. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    19709251073

    Nihilism mengatakan bahwa di dunia ini, keberadaan manusia tidak memiliki suatu tujuan. Paham ini berpandangan bahwa tidak ada bukti mengenai keberadaan sang pencipta, moral sejati tidak diketahui dan etika sekuler juga tidak mungkin. Karena itu, kehidupan tidak memiliki arti dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain. padahal, pada prinsipnya manusia hidup memerlukan suatu pedoman yang berasal dari Tuhan, dan semua yang terjadi di dunia ini adalah kuasa Tuhan.

    ReplyDelete
  27. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019


    Nihilisme adalah kepercayaan bahwa semua nilai tidak berdasar dan tidak ada yang dapat diketahui atau dikomunikasikan. Ini sering dikaitkan dengan pesimisme ekstrem dan skeptisisme radikal yang mengutuk keberadaan. Seorang nihilis sejati tidak akan percaya pada apa pun, tidak memiliki loyalitas, dan tidak memiliki tujuan selain, mungkin, dorongan untuk menghancurkan. Paham ini menganut bahwa kehidupan ini tidak ada artinya dan tidak punya tujuan.

    ReplyDelete
  28. Zuari Anzar
    19701251006
    S2 PEP A 2019

    Nihilisme adalah sebuah pandangan filosofi yang mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Pemeluk aliran ini merupakan orang-orang yang memahami bahwa realitas yang ada di alam ini hanyalah keburukan. Mereka beranggapan bahwa fenomena-fenomena yang ada pada manusia tidak lain adalah penderitaan, kemalangan, kemiskinan, dan kehancuran. Begitu pula segala mahluk selain manusia adalah buruk dan tidak bermanfaat bagi manusia. Secara umum, yang ada di alam hanyalah suara-suara keburukan dan atmosfir kepusasaan.

    ReplyDelete
  29. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pendidikan matematika D 2019

    Nihilisme adalah teori yang menawarkan atau meyakini keadaan percaya pada ketiadaan, atau tidak memiliki kesetiaan dan tanpa tujuan. Istilah ini sering salah digunakan untuk mengkarakterisasi/menghakimi seseorang yang tidak memberikan/mengutarakan beberapa keyakinan tertentu atau seperangkat nilai absolut tertentu.
    Sumber: Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete