Dec 3, 2012

IDEOLOGY and EDUCATION





Ass Wr Wb
Jika ingin mendalami Ideology dan Education, bisa baca berikut:


Wss Wr Wb
Marsigit

15 comments:

  1. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Setiap negara pasti memiliki ideologinya masing-masing. Ideology inilah yang menjadi dasar dalam penentuan berbagai kebijakan-kebijakan baik dalam pemerintahan maupun dalam pendidikan. Ideology digunakan sebagai landasan dalam pelaksanaan pendidikan sedangkan pendidikan yang berlandaskan ideology bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan Negara. pendidikan dapat dipandang sebagai proses untuk membangun kesadaran politik suatu bangsa sehingga ideology tidak dapat dipisahkan dari pendidikan.

    ReplyDelete
  2. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Secara epistimologis (asal-usul bahasa) ideologi berarti ilmu tentang gagasan-gagasan atau ilmu yang mempelajari asal-usul ide. Ada pula yang menyatakan ideologi sebagai seperangkat gagasan dasar tentang kehidupan dan masyarakat. Ideologi pendidikan merupakan sebuah gagasan yang mendasari bagaimana pendidikan disusun dan diimplementasikan.

    ReplyDelete
  3. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pendidikan harus dilaksanakan sesuai dengan ideologi (pandangan) bangsa. Agar dalam pelaksanaannya sesuai dengan pandangan dan gagasan masyarakat. Sehingga, tujuan bangsa yang berdasarkan ideologi setiap negara dapat terlaksana melalui pendidikan

    ReplyDelete
  4. Assalamu'alaikum wr.wb.

    Terima kasih, Pak atas link sumber belajarnya terkait ideologi dan pendidikan. Dua hal yang saling berkaitan. Saya mohon ijin untuk menyimpan link tersebut ya, Pak. Insya Alloh akan saya baca agar pengetahuan saya terkait ideologi pendidikan lebih baik lagi.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  5. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih sekali lagi terimakasih atas informasi dan ilmu yang secara suka rela bapak bagikan. Sama seperti pendapat saudari Dian Andarwati di atas, saya memohon ijin untuk menyimpan link-link tersebut untuk saya baca. Karena sejujurnya, saat ini saya baru membaca link yang teratas, dan saya akan berkomentar sedikit tentang yang sudah saya baca tersebut.
    Pertama, saya memperoleh pengetahuan tentang Ideologi pendidikan dan Kurikulum Sekolah menurut Robert Fiala. Saya tertarik dengan statement ini, "These aims serve as an indicator not only for an ideology of education at the societal and world level, but also an indicator of an intended curriculum of general goals for the content of schooling." Berarti tujuan pendidikan menjadi hal penting dan utama, bukan? Mungkin saya akan mengulang membaca dan melanjutkan membaca. Terimakasih

    ReplyDelete
  6. Atik Rodiawati
    17709251025
    PPS Pendidikan Matematika B 2017

    Ideologi merupakan representasi atau cerminan dari kualitas pendidikan. Semakain bagus tingkat pendidikan seseorang maka semakin bagus pula ideologi yang terbentuk. Sebaliknya, buruk/rendahnya tingkat pendidikan seseorang juga akan mempengaruhi tingkat ideologi seseorang. Ideologi dapat terbentuk dari lingkungan, tradisi, adat, agama dll. Contohnya saja di Indonesia, indonesia menganut ideologi pancasila, dimana ideologi ini terbentuk berdasarkan agama, budaya, lingkungan dll. Ideologi pancasila sangat tepat bagi NKRI tercinta kita ini. Karena dengan ideologi ini dapat menyatukan masyarakat di Indonesia dari semua kalangan dan perbedaan, baik perbedaan agama dan kebudayaan serta bahasa. seperti semboyan bangsa ini yaitu bhineka tunggal ika. Untuk menyamakan ideologi bangsa ini tentu harus adanya kualitas pendidikan yang baik dan merata, sehingga semua kalangan dapat memahami ideologi pancasila ini.
    Ideologi seseorang sangat dipengaruhi oleh tingkat pendidikan dan lingkungan, jika lingkungannya buruk maka akan mempengaruhi ideologinya sehingga akan menimbulkan perbedaan, pertentangan bahkan perpecahan dalam suatu masyarakat atau negara.

    ReplyDelete
  7. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2PEP B

    Terimasih banyak atas link yang diberikan pak, menjadi tambahan refrensi bagi saya pribadi yang masih sangat kurang bacaannya.

    ReplyDelete
  8. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Ideologi adalah falsafah dasar atau pondasi dimana ini harus dibangun sesuai dengan jatidiri dan arah/visi organisasi/negara. Sebagai NKRI ideologi kita dalah Pancasila dimana didalamnya terdapat sila sila yang menjadi landasan dalam bernegara. Termasuk di dalamnya pendidikan yang tersirat hampir diseluruh sila Pansacila. Dalam implementasiannya diharapkan pendidikan dijalankan sesuai dengan ideologi awal. Setiap kebijakan atau keputusan yang diambil harus dirumuskan atau diambil yang sesuai dengan ideologi dasar sebuah negara.sama halnya dalam pembelajaran, dalam menberikan pengetahuan atau mencari pengetahuan harus mempunyai dasar atau langkah-langkah yang sesuai dengan aturan.

    ReplyDelete
  9. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Pendidikan tidak terlepas dari ideologi yang berkembang pada masyarakat. Ideologi ini juga mewarnai pendidikan sehingga pendidikan memiliki karakteristik tertentu yang identik dengan ideologi tertentu pula. Namun tentu saja, setiap negara memiliki ideologi yang berbeda-beda pula. Karena ideologi tersebut berkaitan dengan bagaimana cara pandangan manusia terhadap apa yang dihadapinya. Hal ini juga akan berdampak pada metode dan cara pembelajaran yang diberikan. Karl Marx beranggapan bahwa ideologi merupakan kenyataan untuk menyembunyikan atau melindungi kepentingan kelas sosial pemikirnya. Menurut pengamatan saya, pendidikan di negara ini memang akan terus berjalan menuju arah yag lebih baik, namun tentu saja perjalan tersebut mengikuti ideologi yang sedang berjalan pula.

    ReplyDelete
  10. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. ideology dan pendidikan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Tanpa ideology, pendidikan hanyalah ruang hampa tanpa tujuan. Setiap proses pendidikan berdiri di atas ideology yang menopangnya. Sebagaimana Indonesia, kebijakan-kebijakan pendidikan berdiri di atas nilai-nilai pancasila sebagai ideology bangsa.

    ReplyDelete
  11. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Ideologi dan pendidikan. Sungguh sempitnya pengetahuan saya mengenai hal ini, terimaksih saya ucapkan untuk Pak Marsigit yang telah membagikan link untuk lebih mendalami mengenai ideologi dan pendidikan. Sedikit yang saya tangkap dari salah satu link yang baru saja saya baca berulang-ulang kali, bahwa ideologi besar-besaran terjadi pada jaman revolusi Amerika. Ideologi memiliki peran yang penting dalam pendidikan baik formal maupun informal. Dunia pendidikan informal yang dipengaruhi ideologi diantaranya media masa, surat kabar, perfilman, radio, dan televisi. Sedangkan pendidikan formalnya yaitu sekolah yang menciptakan kurikulum terselubung maupun resmi. Dalam dunia pendidikan yakni sekolah, ideologi yang berorientasi pada tindakan digunakan sebagai alat dalam mencapai suatu kebijakan pendidikan.

    ReplyDelete
  12. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Pada umumnya setiap bangsa dan negara memiliki sejarah dan masa perkembangannya masing-masing. Sehingga setiap negara pastilah memiliki ideologinya masing-masing dan ideologi masig-masing negara pasti berbeda. Ideologi negara ini pasti mempengaruhi pola pikir hampir seluruh warga negara tersebut dan pasti juga akan mempengaruhi pola pendidikan dan pembelajaran pada negara tersebut. Sebagai contoh di Negara Inggris, pendidikan ekonomu secara umum sudah mulai untuk diabaikan dalam sistem pendidikannya, kecuali untuk siswa-siswa yang memang berminat pada bidang tersebut.

    ReplyDelete
  13. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Berdasarkan salah satu sumber tersebut, sistem pendidikan direfleksikan dan dibentuk dengan proses ideologis dan terorganisasi pada level individu, kelompok, sosial, dan bahkan level dunia. Pada level dunia, proses ideologis tampak telah berhubungan dengan perluasan sistem pendidikan yang luar biasa setelah perang dunia II dan berhubungan dengan karakteristik sistem pendidikan nasional. Beberapa penelitian berusaha menilai karakter dan perubahan dalam proses ideologi dengan meguji secara tujuan pendidikan yang dinyatakan secara formal di negara-negara di seluruh dunia. Tujuannya adalah menyajikan sebagai indikator, tidak hanya ideologi pendidikan pada level sosial dan level dunia, melainkan juga indikator kurikulum tujuan utama dari materi sekolah. Selain itu, terdapat juga link yang berisi artikel tentang ideologi yang membunuh pendidikan dan berbagai aspek yang lainnya.

    ReplyDelete
  14. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Ideology and education is a unity used in the learning process. Even the main basis. This is what governs the rules and strengths of conditions in the education system. Looking at the empirical results of some of the articles distributed, I understand that intuition cultivation and curriculum goals are part of the essence depiction of educational institutions. Asked diletitly, how the impact if in reaching the educational process has the application of different curriculum? Is this an effective step in achieving educational goals? May I find the answer to my curiosity about this. Thank you, sir.

    ReplyDelete
  15. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Saya setuju dengan pendapat bahwa paham ideologi seseorang akan mempengaruhi proses pendidikannya. Perbedaan ideologi sah-sah saja asalkan tidak mengintervensi orang lain dan memaksa orang lain bahwa ideologi yang dia anut adalah ideologi yang paling benar dan menyalahkan ideologi lainnya. Hal ini tidaklah baik karena dalam proses pendidikan terdapat yang namanya selalu belajar. Apalagi ideologi tersbeut sudah tidak sesuai dengan kondisi pendidikan di Indonesia, lebih khususnya lagi kondisi siswa yang ada saat guru mengajar di kelasnya

    ReplyDelete