Dec 3, 2012

IDEOLOGY and EDUCATION





Ass Wr Wb
Jika ingin mendalami Ideology dan Education, bisa baca berikut:


Wss Wr Wb
Marsigit

22 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Pada tingkat dunia, proses ideologi tampaknya telah dikaitkan dengan ekspansi yang luar biasa dari sistem pendidikan setelah Perang Dunia Kedua, dan dengan berbagai karakteristik yang terkait sistem pendidikan nasional (Ramírez dan Boli 1987; Meyer, Ramirez dan Soysal 1992; Wong 1991; McNeely 1995). Hal ini dapat dilihat dari dari jurnal Springer yang ditulis oleh Robert Fiala dengan judul “Educational Ideology and the School Curriculum” menerangkan bahwa Sistem pendidikan mencerminkan dan dibentuk oleh proses ideologi dan organisasi pada tingkat individu, kelompok, masyarakat dan bahkan tingkat dunia. Penelitian tersebut merupakan upaya untuk menilai karakter dan perubahan proses-proses ideologis dengan memeriksa tujuan resmi menyatakan pendidikan di negara-negara di seluruh dunia pada paruh kedua abad kedua puluh.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Ideologi dan pendidikan memang tak dapat dipisahkan. Ideologi dapat digunakan sebagai landasan dalam pelaksanaan pendidikan. Pendidikan yang berlandaskan ideologi bertujuan mengarahkan pendidikan menggapai tujuan pendidikan yang lebih baik mencerdaskan kehidupan bangsa dan Negara.

    ReplyDelete
  3. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Pendidikan bagi masyarakat merupakan arena sebuah perjuangan politik, jadi pendidikan itu digunakan sebagai wahana untuk menyebarkan paham politik dan secara otomatis pendidikan itu mempunyai tujuan sesuai dengan politik yang mempengaruhinya. Jika kaum konservatif pendidikan digunakan untuk menjaga kelanggengan status-quo, sedangkan kaum liberal pendidikan diarahkan untuk perubahan secara moderat, maka ideologi kritis radikal menginginkan dunia pendidikan digunakan untuk perubahan struktural secara fundamental, baik dalam ekonomi, gender dan politik.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Pendidikan tidak bisa dilepaskan dari ideologi sebuah negara. Karena dalam pendidikan ideologi itu sangat berpengaruh dalam menentukan tujuan pendidikan sebuah negara. Makanya menurut saya pendidikan itu tidak bisa disamakan dengan negara lain. Karena setiap negara menganut ideologi yang berbeda-beda. Misalnya pendidikan di Amerika tidak akan bisa disamakan dengan pendidikan di Indonesia, karena ideologinya berbeda. Maka ketika mengadopsi suatu paham tentang pendidikan maka sebelum diterapkan, terlebih dahulu dikaji secara mendalam apakah cocok dengan ideologi dalam negara itu.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    fungsi ideologi dan dampaknya pada bidang pendidikan, kita dapat menggunakan konsep ” rangkaian ideologi.” Rangkaian Ideologi meliputi: (1) berasal dari sitem kepercayaan yang umumnya berdasar pada pandangan masa lalu seperti sejarah atau dongeng; atau kombinasi kedua-duanya; ( 2) suatu penafsiran sebagai keinginan masa lalu untuk memastikan rencana dalam mencapai keberhasilan; usaha untuk menerapkan ideologi membuat rancangan kebijakan menyempurnakan beberapa tindakan sekarang dan masa depan; dan ( 3) tindakan yang berdasar pada arah kebijakan , menuju hasil yang diinginkan.
    Kebijakan dirancang sebagai pendukung perubahan bidang pendidikan. Keberhasilan dalam menerapkan kebijakan ini diantisipasi dengan meningkatkan ilmu pengetahuan dan matematika serta kompetensi, pencapaian prestasi akademis yang tinggi.

    ReplyDelete
  6. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Ideologi negara Indonesia menjadi salah satu landasan bagi pendidikan negeri ini. Tujuan pendidikan disusun berdasarkan ideologi negara kita. Pendidikan merupakan cara terbesar untuk memajukan negeri ini. Sehingga pendidikan suatu negara harus dilandaskan dengan ideologi negaranya masing-masing. Kemudian ideologi antar negara pasti berbeda-beda walaupun mungkin memiliki beberapa persamaan. Maka dalam mengadopsi sesuatu hal tentang pendidikan kita negara Indonesia harus benar-benar ditelaah terlebih dahulu. Apakah hal itu dapat diterapkan dinegeri kita ini.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Tujuan pendidikan moral adalah pe;atihan anak-anak untuk menjadi bagian dari masyarakat yang baik di Yunani Kuno, ini yang melibatkan pergeseran nilai-nilai siswa dari yang awalnya mementingkan diri sendiri menjadi mementingkan keluarga dan masyarakat. Dimana anak-anak diajarkan berkehidupan dalam kelompok, diajarkan cara menghormati adat, tradisi dan anak hanya menerima aturan norma-norma dari guru dan orangtua. Sedangkan Piaget menolak ajaran ini karena anak seharusnya masih dalam tahap aktif membangun moralitas melalui penemuan pribadi dan bermain dalam kelompok.

    ReplyDelete
  8. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)

    Berdasarkan salah satu rujukan di atas, Ideologi politik di Amerika Serikat mengacu pada berbagai ideologi dan demografi ideologis di Amerika Serikat. Warga negara di AS umumnya mengklasifikasikan diri mereka sebagai pemeluk posisi sepanjang spektrum politik baik liberal , progresif , moderat , atau konservatif . Liberalisme Amerika modern bertujuan untuk pelestarian dan perluasan hak asasi manusia, sosial dan sipil serta pemerintah menjamin pemberian hak-hak positif . Ini menggabungkan progresivisme sosial dan sampai batas tertentu, ordoliberalisme dan sangat mirip dengan liberalisme sosial Eropa. Konservatisme Amerika umumnya mengacu pada kombinasi liberalisme ekonomi dan libertarianisme , dan sampai batas tertentu, konservatisme sosial . Ini bertujuan untuk melindungi konsep pemerintahan kecil dan kebebasan individu, sambil mempromosikan nilai tradisional pada beberapa masalah sosial.

    ReplyDelete
  9. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Antoine Destutt de Tracy (1754-1836M), seorang bangsawan yang bersimpati pada revolusi prancis (1789), pengikut rasional gerakan pancerahan, yang menciptakan istilah ideologi Pada 1796. Ia memandang ”ideologi” sebagai ilmu tentang pikiran manusia yang mampu menunjukkan arah yang benar menuju masa depan. Ideologi adalah suatu konsep yang paling sukar di pahami dalam ilmu sosial secara keseluruan. Pendidikan sebagai anggota ilmu pengetahuan sosial tidak terlepas dari pengaruh berbagai sudut pandang para tokoh pemikir pendidikan. Pendidikan mempunyai tugas agar individu mampu menghadapi perubahan sosial tersebut. Dalam perubahan sosial untuk bertransformasi menuju ke arah yang lebih baik, dapat dicapai melalui ideologi pendidikan mana yang akan dianut.

    ReplyDelete
  10. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Ideologi dan pendidikan merupakan dua hal yang berjalan beriringan dan tidak dapat dipisahkan.
    Ideologi digunakan sebagai landasan dalam pelaksanaan pendidikan. Pelaksanaan pendidikan yang ada berlandasakan ideologi yang sudah dirumuskan dengan matang dan teliti.
    Sedangakn ideologi tanpa penerapan tidak akan dapat dikatakan ideologi atau dalam artian tidak ada manfaatnya.

    ReplyDelete
  11. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Ideologi memiliki peranan penting bagi pendidikan baik formal maupun informal. Ideologi berpengaruh pada pendidikan informal, khususnya media massa, surat kabar, perfilman, radio dan televisi, sama halnya pada pendidikan formal seperti sekolah yang menciptakan kurikulum terselubung dan kurikulum resmi, program yang nyata. Sejak munculnya bangsa modern, ideologi telah mempengaruhi pembuatan kebijakan dan pelaksanaan kebijakan di berbagai bidang seperti pendidikan. Kebijakan di bidang pendidikan, program dan pelatihan, menyebabkan pengaruh langsung pada pendidikan di sekolah. Dampak ideologi pada pendidikan modern sangat fundamental, yaitu filosofi, psikologi, dan sosiologi.

    ReplyDelete
  12. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link http://link.springer.com/chapter/10.1007%2F978-1-4020-5736-6_2?LI=true, Sistem pendidikan dibentuk oleh sebuah proses ideologis dan sebuah organisasi di tingkat individu, kelompok, masyarakat dan bahkan dunia. Di tingkat dunia, proses ideologis tampaknya dikaitkan dengan perluasan sistem pendidikan yang luar biasa menyusul Perang Dunia Kedua, dan dengan serangkaian karakteristik sistem pendidikan nasional yang terkait (Ramírez dan Boli 1987; Meyer, Ramírez dan Soysal 1992; Wong 1991; McNeely 1995). Link ini mengatakan bahwa upaya untuk menilai karakter dan perubahan dalam proses ideologis dengan memeriksa tujuan pendidikan yang dinyatakan secara formal di negara-negara di seluruh dunia pada paruh kedua abad ke-20. Tujuan ini berfungsi sebagai indikator tidak hanya untuk ideologi pendidikan di tingkat masyarakat dan dunia, namun juga merupakan indikator kurikulum tujuan umum yang ditetapkan untuk isi sekolah.

    ReplyDelete
  13. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    sebagai salah satu negara adidaya, amerika dalam hal ideologi politik mengacu pada berbagai ideologi dan demografi. Posisi ideologis yang diambil seseorang atau pihak dapat dijelaskan dalam hal kebijakan sosial dan ekonomi. Posisi ideologis yang diasumsikan untuk artikel ini adalah dibidang pendidikan. dimana ideologi pendidikan indonesia mengacu pada landasan negara. sehingga tujuan dari suatu pendidikan untuk satu negara sama.

    ReplyDelete
  14. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Pendidikan yang berlandaskan ideologi maka dalam pelaksanaannya tidak akan kehilangan arah.
    Dalam perjalanannya ideologi akan mengarahkan pendidikan menggapai tujuan pendidikan. Sehingga tidak aka kehilangan arah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan Negara yang lebih baik.

    ReplyDelete
  15. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Ideologi dan pendidikan adalah dua hal yang berjalan beriringan. Untuk memajukan pendidikan tidak terlepas dari visi dan misi pendidikan itu sendri. Ideologi merupakan suatu komponen yang sangat penting didalamnya. Ideologi digunakan sebagai landasan dalam pelaksanaan pendidikan. Namun untuk Indonesia, keterpurukan pendidikan Indonesia merupakan kurang yakinnya bangsa Indonesia tentang pancasila sebagai ideologinya. Bangsa Indonesia sendiri untuk saat ini masih pada tahap mencari jati diri.

    ReplyDelete
  16. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Ideologi merupakan suatu pandangan yang digunakan oleh seseorang sebagai pandangan hidupnya. Hubungannya dengan pendidikan adalah ketika dalam suatu negara memiliki ideologi yang mendasar maka semua sistem dalam suatu negara pasti memiliki dasar atau pijakan sesuai dengan pandangan atau ideolgi suatu negara tersebut. Pandangan pendidikan yang sesuai dengan pendidikan di Indonesia sebenarnya telah dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantara sebagai bapak pendidikan. Hal tersebut yang seharusnya dianut oleh bangsa Indonesia, bukannya malah melihat pandangan pendidikan orang asing mengenai pendidikan. Jika pendidikan ini sudah seperti apa yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara maka Indonesia dapat memiliki pendidikan yang memang sesuai dengan karakteristik dan ideologi dasar negara.

    ReplyDelete
  17. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Ideologi dapat diartikan sebagai pandangan hidup. Setiap masyarakat modern mempunyai ideologi yang menjadi panutan yang membimbing arah perkembangan masyarakat. Sehubungan dengan pendidikan, ideologi diartikan sebagai seperangkat aturan yang diyakini dan dijadikan landasan bagi pendidikan dalam rangka mencapai tujuan. Mayoritas masyarakat memiliki keinginan untuk maju berkembang menjadi lebih baik. Keinginan tersebut selalu diupayakan melalui berbagai cara, salah satunya adalah melalui kegiatan pendidikan. Di samping itu ada banyak macam ideologi dalam pendidikan, di antaranya ideologi pendidikan liberal, ideologi pendidikan kritis, ideologi pendidikan islam ,dan sebagainya. Keberadaan ideologi pendidikan yang beraneka macam dengan penganut dan pengikut masing-masing, sebenarnya hadir sesuai dengan konteks kebutuhan masyarakat pengikutnya. Kehadiran ideologi-ideologi pendidikan bagi masing-masing masyarakat sebenarnya mempunyai fungsi dan peranan penting.

    ReplyDelete
  18. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Ideologi memang berkaitan dengan pendidikan. Pendidikan membutuhkan ideologi untuk mengembangkannya. Ideologi mungkin dapat digunakan sebagai dasar dalam bidang pendidikan. Namun yang paling penting menurut saya adalah bagaimana menggunakan ideologi menjadi sesuatu hal yang tepat untuk mengembangkan pendidikan di negara – negara, karena pendidikan di setiap negara pastilah berbeda. Maka pendidikan hendaknya mampu memanfaatkan ideologi untuk perkembangannya menuju ke arah yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  19. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Ideologi politik yang dianut Amerika Serikat bervariasi tetapi orang di AS umumnya mengklasifikasikan diri mereka sebagai orang yang patuh terhadap liberal / progresif, moderat, atau konservatif. Liberalisme modern Amerika bertujuan untuk melestarikan dan memperpanjang hak asasi manusia, sosial dan sipil. Hal ini bertujuan untuk melindungi konsep pemerintah kecil dan kebebasan individu, sementara mempromosikan nilai-nilai tradisional pada beberapa isu-isu sosial.

    ReplyDelete
  20. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Ideologi merupakan pandangan politik dari sekelompok golongan/organisasi/negara. Dalam membangun ideologi yang benar dan tepat maka perlunya pendidikan yang berkesinambungan agar tercipta ideologi yang adil dalam masyarakat. Karena ideologi setiap kelompok berbeda-beda, maka yang terpenting adalah bagaimana cara memandang ideologi yang beragam tersebut menjadi kelebihan/keunikan bukan untuk saling menjatuhkan satu sama lain. Dan yang lebih penting lagi bagaimana kita menghargai ideologi dari segolongan kelompok yang berbeda agar tercipta rasa aman dan nyaman serta terus berkembang ke arah yang lebih baik tentunya.

    ReplyDelete
  21. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berdasarkan salah satu sumber yang saya baca yanag telah diberikan oleh pak prof. Bahawa Ideologi politik di Amerika Serikat mengacu pada berbagai ideologi dan demografi ideologis di Amerika Serikat. Warga di A.S. umumnya mengklasifikasikan diri mereka sebagai pemeluk pada posisi di sepanjang spektrum politik baik liberal, progresif, moderat, atau konservatif. Liberalisme Amerika modern bertujuan untuk pelestarian dan perluasan hak asasi manusia, sosial dan sipil serta pemerintah menjamin pemberian hak-hak positif. Ini menggabungkan progresivisme sosial dan sampai batas tertentu, ordoliberalisme dan sangat mirip dengan liberalisme sosial Eropa. Konservatisme Amerika umumnya mengacu pada kombinasi liberalisme ekonomi dan libertarianisme, dan sampai batas tertentu, konservatisme sosial. Ini bertujuan untuk melindungi konsep pemerintahan kecil dan kebebasan individu, sambil mempromosikan nilai tradisional pada beberapa masalah sosial.
    kita tahu juga bahwa ideologi dan education adalah hal yang berbeda tetapi sama. Ideologi bisanya mengacu pada kepemerintahan yang subjeknya adlaah dunia politik itu sendiri .sedangkan education mengacu pada dunia pendididkan yang mana subjeknya itu adalah guru dan siswa

    ReplyDelete
  22. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Pendidikan adalah sesuatu yang universal dan berlangsung terus tidak terputus dari generasi ke generasi dimanapun di dunia ini. Upaya memanusiakan manusia melalui pendidikan itu diselenggarakan sesuai dengan pandangan hidup dan dalam latar sosial-kebudayaan setiap masyarakat tertentu. bangsa Indonesia belum jelas dalam menganut ideologi pendidikan yang ada atau bahkan belum mampu mengembangkan ideologi negara ini sendiri (ideologi Pancasila) ke dalam dunia pendidikan. Maka Problem solving yang hendak ditawarkan tidak lepas dari perumuskan ideologi Negara (Pancasila) kedalam dunia pendidikan yakni dengan perwujudan dan pengembangan konsep ideologi pendidikan Pancasila yang sudah dibahas oleh beberapa pakar pendidikan maupun ketatanegaraan.

    ReplyDelete