Dec 3, 2012

IDEOLOGY and EDUCATION





Ass Wr Wb
Jika ingin mendalami Ideology dan Education, bisa baca berikut:


Wss Wr Wb
Marsigit

66 comments:

  1. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Ideologi merupakan suatu pandangan yang digunakan oleh seseorang sebagai pandangan hidupnya. Hubungannya dengan pendidikan adalah ketika dalam suatu negara memiliki ideologi yang mendasar maka semua sistem dalam suatu negara pasti memiliki dasar atau pijakan sesuai dengan pandangan atau ideolgi suatu negara tersebut. Pandangan pendidikan yang sesuai dengan pendidikan di Indonesia sebenarnya telah dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantara sebagai bapak pendidikan. Hal tersebut yang seharusnya dianut oleh bangsa Indonesia, bukannya malah melihat pandangan pendidikan orang asing mengenai pendidikan. Jika pendidikan ini sudah seperti apa yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara maka Indonesia dapat memiliki pendidikan yang memang sesuai dengan karakteristik dan ideologi dasar negara.

    ReplyDelete
  2. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Ideologi dapat diartikan sebagai pandangan hidup. Setiap masyarakat modern mempunyai ideologi yang menjadi panutan yang membimbing arah perkembangan masyarakat. Sehubungan dengan pendidikan, ideologi diartikan sebagai seperangkat aturan yang diyakini dan dijadikan landasan bagi pendidikan dalam rangka mencapai tujuan. Mayoritas masyarakat memiliki keinginan untuk maju berkembang menjadi lebih baik. Keinginan tersebut selalu diupayakan melalui berbagai cara, salah satunya adalah melalui kegiatan pendidikan. Di samping itu ada banyak macam ideologi dalam pendidikan, di antaranya ideologi pendidikan liberal, ideologi pendidikan kritis, ideologi pendidikan islam ,dan sebagainya. Keberadaan ideologi pendidikan yang beraneka macam dengan penganut dan pengikut masing-masing, sebenarnya hadir sesuai dengan konteks kebutuhan masyarakat pengikutnya. Kehadiran ideologi-ideologi pendidikan bagi masing-masing masyarakat sebenarnya mempunyai fungsi dan peranan penting.

    ReplyDelete
  3. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Ideologi memang berkaitan dengan pendidikan. Pendidikan membutuhkan ideologi untuk mengembangkannya. Ideologi mungkin dapat digunakan sebagai dasar dalam bidang pendidikan. Namun yang paling penting menurut saya adalah bagaimana menggunakan ideologi menjadi sesuatu hal yang tepat untuk mengembangkan pendidikan di negara – negara, karena pendidikan di setiap negara pastilah berbeda. Maka pendidikan hendaknya mampu memanfaatkan ideologi untuk perkembangannya menuju ke arah yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  4. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Ideologi politik yang dianut Amerika Serikat bervariasi tetapi orang di AS umumnya mengklasifikasikan diri mereka sebagai orang yang patuh terhadap liberal / progresif, moderat, atau konservatif. Liberalisme modern Amerika bertujuan untuk melestarikan dan memperpanjang hak asasi manusia, sosial dan sipil. Hal ini bertujuan untuk melindungi konsep pemerintah kecil dan kebebasan individu, sementara mempromosikan nilai-nilai tradisional pada beberapa isu-isu sosial.

    ReplyDelete
  5. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Ideologi merupakan pandangan politik dari sekelompok golongan/organisasi/negara. Dalam membangun ideologi yang benar dan tepat maka perlunya pendidikan yang berkesinambungan agar tercipta ideologi yang adil dalam masyarakat. Karena ideologi setiap kelompok berbeda-beda, maka yang terpenting adalah bagaimana cara memandang ideologi yang beragam tersebut menjadi kelebihan/keunikan bukan untuk saling menjatuhkan satu sama lain. Dan yang lebih penting lagi bagaimana kita menghargai ideologi dari segolongan kelompok yang berbeda agar tercipta rasa aman dan nyaman serta terus berkembang ke arah yang lebih baik tentunya.

    ReplyDelete
  6. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berdasarkan salah satu sumber yang saya baca yanag telah diberikan oleh pak prof. Bahawa Ideologi politik di Amerika Serikat mengacu pada berbagai ideologi dan demografi ideologis di Amerika Serikat. Warga di A.S. umumnya mengklasifikasikan diri mereka sebagai pemeluk pada posisi di sepanjang spektrum politik baik liberal, progresif, moderat, atau konservatif. Liberalisme Amerika modern bertujuan untuk pelestarian dan perluasan hak asasi manusia, sosial dan sipil serta pemerintah menjamin pemberian hak-hak positif. Ini menggabungkan progresivisme sosial dan sampai batas tertentu, ordoliberalisme dan sangat mirip dengan liberalisme sosial Eropa. Konservatisme Amerika umumnya mengacu pada kombinasi liberalisme ekonomi dan libertarianisme, dan sampai batas tertentu, konservatisme sosial. Ini bertujuan untuk melindungi konsep pemerintahan kecil dan kebebasan individu, sambil mempromosikan nilai tradisional pada beberapa masalah sosial.
    kita tahu juga bahwa ideologi dan education adalah hal yang berbeda tetapi sama. Ideologi bisanya mengacu pada kepemerintahan yang subjeknya adlaah dunia politik itu sendiri .sedangkan education mengacu pada dunia pendididkan yang mana subjeknya itu adalah guru dan siswa

    ReplyDelete
  7. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Pendidikan adalah sesuatu yang universal dan berlangsung terus tidak terputus dari generasi ke generasi dimanapun di dunia ini. Upaya memanusiakan manusia melalui pendidikan itu diselenggarakan sesuai dengan pandangan hidup dan dalam latar sosial-kebudayaan setiap masyarakat tertentu. bangsa Indonesia belum jelas dalam menganut ideologi pendidikan yang ada atau bahkan belum mampu mengembangkan ideologi negara ini sendiri (ideologi Pancasila) ke dalam dunia pendidikan. Maka Problem solving yang hendak ditawarkan tidak lepas dari perumuskan ideologi Negara (Pancasila) kedalam dunia pendidikan yakni dengan perwujudan dan pengembangan konsep ideologi pendidikan Pancasila yang sudah dibahas oleh beberapa pakar pendidikan maupun ketatanegaraan.

    ReplyDelete
  8. Desy Dwi Frimadani
    1670925100
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Sebuah ideologi dalam pendidikan sebagai suatu rujuakan paradigma dalam mendesign suatu kebijakan dalam pendidikan yang ada. Sehingga penting kiranya ideologi pendidikan harusah kuat untuk langkah kedepannya. Ideolohi sendiri harus bisa meayungi pendidikan secara kesuluruhan karena ideologi adalah dasar yang harus ada. ehingga dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan tentang pendidikan harus ada relevansi untuk peningkatan mutu pendidikan nasional berdasarkan standar pendidikan dan berpedoman pada ideologi atau dasar pendidikan.

    ReplyDelete
  9. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Selain berhubungan dengan politik, Pendidikan juga berhubungan dengan idiologi. Dengan adanya idiologi, pendidikan harus beralih dari transmisi ke transformasi dimana kita harus meninjau ulang definisi pengetahuan kita. Di sini kita perlu mengupayakan sebuah sistem penilaian yang mengharuskan siswa untuk berpikir kritis dan menerapkan pengetahuan dalam konteks yang beragam. Untuk semua perubahan dalam pembelajaran, pedagogi dan penilaian ini, penting bagi kita untuk meninjau kembali ideologi kita tentang tujuan pendidikan.

    ReplyDelete
  10. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Ideologi sebagai konsep istilah adalah serangkaian kepercayaan yang menjadi orientasi bagi sebuah tindakan. Kaitannya dengan pendidikan, ideologi pendidikan membahas dan mengkaji sistem nilai atau pola gagasan yang menggerakkan tindakan pendidikan inilah yang sering dalam posisi out side kesadaran kita (pendidikan). Ideologi pendidikan tersebut dapat berimplikasi pada teori pendidikan yang digunakan maupun pilihan dalam teknik dan proses belajar-mengajar. Adapun, ideologi yang berkembang dalam dunia pendidikan dapat diklasifikasikan menjadi tiga aliran yaitu konservatisme, liberalisme, dan kritis.

    ReplyDelete
  11. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Pendidikan sebagai anggota ilmu pengetahuan sosial tidak terlepas dari pengaruh berbagai sudut pandang para tokoh pemikir pendidikan. Pendidikan berupaya untuk melegitimasi atau melanggengkan tatanan/ struktur pendidikan juga mempunyai tugas untuk melakukan perubahan sosial dan transformasi menuju dunia yang lebih adik. Pendidikan mempunyai tugas agar individu mampu menghadapi perubahan sosial tersebut. Untuk sampai pada pemilihan posisi mana yang akan dijalankan (apakah melanggengkan struktur atau merubah struktur) dapat dicapai melalui ideologi pendidikan mana yang akan dianut.

    ReplyDelete
  12. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam filsafat, ideologi merupakan pandangan yang dianut oleh seseorang atau sekelompok orang yang menjadi dasar dirinya dalam melakukan suatu tindakan. Pendidikan pun tidak terlepas dari ideologi dalam pengembangan nya. Termasuk di Indonesia, wajah pendidikan di Indonesia merupakan gambaran ideologi yang dianut pendidikan di Indonesia. Akan dibawa kemana pendidikan ini juga berdasarkan atas ideologi. Entah itu di Amerika yang menganut ideologi liberal, atau negara lainnya, tentu ini disesuaikan dengan ideologi mereka masing-masing.

    ReplyDelete
  13. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Ideologi pendidikan dapat diklasifikasikan menjadi 3 aliran: 1. Ideologi Konservatif yakni stratifikasi masyarakat merupakan hukum alam (ketentuan sejarah atau hukum Tuhan); perubahan sosial bukan merupakan sesuatu yang harus diperjuangkan, karena perubahan akan membuat kesengsaraan; masyarakat tidak bisa merencanakan perubahan, hanya Tuhan lah yang mampu menentukan keadaan masyarakat; masyarakat tidak memiliki kekuatan atau kekuasaan untuk merubah kondisi mereka; orang-orang miskin, buta huruf, tertindas adalah nasib yang mereka buat sendiri (karena salah mereka sendiri), karena masih banyak orang lain yang ternyata bisa bekerja keras dan sukses; Harmoni / keseimbangan penting dalam masyarakat untuk menghindari konflik. 2. Ideologi liberal yakni Pandangan yang dianutnya : meyakini bahwa ada masalah (sosial, politik dan ekonomi) dalam kehidupan masyarakat, tetapi pendidikan tidak berkait dengan itu semua; pendidikan tidak memiliki tugas yang berkaitan dengan persoalan politik dan ekonomi. 3. Ideologi kritis yang didasarkan pada pemikiran Paolo Freire, terutama tentang kesadaran manusia.

    ReplyDelete
  14. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Ideologi merupakan ilmu yang meliputi kajian tentang asal usul dan hakikat ide atau gagasan. Sedangkan pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi melalui pengajaran, pelatihan atau penelitian. Jika kit amenggabungkan keduanya, yaitu ideologi pendidikan, maka kita dapat mendefinisikan sebagai hakikat ide atau gagasan dilaksanakannya sebuah pendidikan. Di Indonesia, ideologi bangsa adalah Pancasila. Dengan demikian, pancasila juga digunakan sebagai ideologi pendidikan di Indonesia. Artinya adalah pendidikan yang berlangsung harus berasaskan pancasila. Pancasila tidak hanya sekedar pernyataan lima sila yang termuat di dalamnya, akan tetapi lebih dari itu. Jika kita dapat menggali sifat-sifatnya baik secara intensi maupun ekstensi, maka kita akan menemukan apa sejatinya pancasila tersebut.

    ReplyDelete
  15. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Menurut Ramires dkk., sistem pendidikan mencerminkan dan dibentuk oleh proses ideologis dan organisasi di tingkat individu, kelompok, masyarakat dan dunia. Pada tingkat dunia, proses ideologis tampaknya dikaitkan dengan perluasan sistem pendidikan yang luar biasa menyusul Perang Dunia Kedua, dan dengan serangkaian karakteristik sistem pendidikan nasional yang terkait. Sehingga dalam perkembangannya pendidikan akan memepengaruhi ideology seseorang.

    ReplyDelete
  16. ka Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pengertian ideologi lainnya diajukan oleh Teun A. van Dijk dalam studi mengenai analisis wacana. Dijk menyatakan bahwa “… ideologi adalah sebuah sistem yang merupakan basis pengetahuan sosio-politik suatu kelompok. Sebab itu, ideologi mampu mengorganisir perilaku kelompok yang terdiri atas opini menyeluruh yang tersusun secara skematis seputar isu-isu sosial yang relevan seperti aborsi, enerji nuklir ataupun affirmative action.” Bagi Dijk, istilah organisasi dapat digunakan guna menjelaskan ideologi-ideologi post-materialism seperti feminism, environmentalisme, racism, dan sebagainya.

    Pendidikan termasuk wilayah muamalah duniawi-yah, maka menjadi tugas manusia untuk memikirkannya terus menerus seirama dengan perubahan zaman.
    Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa Ideologi dan Pendidikan merupakan dua aspek yang saling beriringan

    ReplyDelete
  17. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Setiap negara pasti memiliki ideologinya masing-masing. Ideology inilah yang menjadi dasar dalam penentuan berbagai kebijakan-kebijakan baik dalam pemerintahan maupun dalam pendidikan. Ideology digunakan sebagai landasan dalam pelaksanaan pendidikan sedangkan pendidikan yang berlandaskan ideology bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan Negara. pendidikan dapat dipandang sebagai proses untuk membangun kesadaran politik suatu bangsa sehingga ideology tidak dapat dipisahkan dari pendidikan.

    ReplyDelete
  18. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Secara epistimologis (asal-usul bahasa) ideologi berarti ilmu tentang gagasan-gagasan atau ilmu yang mempelajari asal-usul ide. Ada pula yang menyatakan ideologi sebagai seperangkat gagasan dasar tentang kehidupan dan masyarakat. Ideologi pendidikan merupakan sebuah gagasan yang mendasari bagaimana pendidikan disusun dan diimplementasikan.

    ReplyDelete
  19. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pendidikan harus dilaksanakan sesuai dengan ideologi (pandangan) bangsa. Agar dalam pelaksanaannya sesuai dengan pandangan dan gagasan masyarakat. Sehingga, tujuan bangsa yang berdasarkan ideologi setiap negara dapat terlaksana melalui pendidikan

    ReplyDelete
  20. Assalamu'alaikum wr.wb.

    Terima kasih, Pak atas link sumber belajarnya terkait ideologi dan pendidikan. Dua hal yang saling berkaitan. Saya mohon ijin untuk menyimpan link tersebut ya, Pak. Insya Alloh akan saya baca agar pengetahuan saya terkait ideologi pendidikan lebih baik lagi.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  21. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih sekali lagi terimakasih atas informasi dan ilmu yang secara suka rela bapak bagikan. Sama seperti pendapat saudari Dian Andarwati di atas, saya memohon ijin untuk menyimpan link-link tersebut untuk saya baca. Karena sejujurnya, saat ini saya baru membaca link yang teratas, dan saya akan berkomentar sedikit tentang yang sudah saya baca tersebut.
    Pertama, saya memperoleh pengetahuan tentang Ideologi pendidikan dan Kurikulum Sekolah menurut Robert Fiala. Saya tertarik dengan statement ini, "These aims serve as an indicator not only for an ideology of education at the societal and world level, but also an indicator of an intended curriculum of general goals for the content of schooling." Berarti tujuan pendidikan menjadi hal penting dan utama, bukan? Mungkin saya akan mengulang membaca dan melanjutkan membaca. Terimakasih

    ReplyDelete
  22. Atik Rodiawati
    17709251025
    PPS Pendidikan Matematika B 2017

    Ideologi merupakan representasi atau cerminan dari kualitas pendidikan. Semakain bagus tingkat pendidikan seseorang maka semakin bagus pula ideologi yang terbentuk. Sebaliknya, buruk/rendahnya tingkat pendidikan seseorang juga akan mempengaruhi tingkat ideologi seseorang. Ideologi dapat terbentuk dari lingkungan, tradisi, adat, agama dll. Contohnya saja di Indonesia, indonesia menganut ideologi pancasila, dimana ideologi ini terbentuk berdasarkan agama, budaya, lingkungan dll. Ideologi pancasila sangat tepat bagi NKRI tercinta kita ini. Karena dengan ideologi ini dapat menyatukan masyarakat di Indonesia dari semua kalangan dan perbedaan, baik perbedaan agama dan kebudayaan serta bahasa. seperti semboyan bangsa ini yaitu bhineka tunggal ika. Untuk menyamakan ideologi bangsa ini tentu harus adanya kualitas pendidikan yang baik dan merata, sehingga semua kalangan dapat memahami ideologi pancasila ini.
    Ideologi seseorang sangat dipengaruhi oleh tingkat pendidikan dan lingkungan, jika lingkungannya buruk maka akan mempengaruhi ideologinya sehingga akan menimbulkan perbedaan, pertentangan bahkan perpecahan dalam suatu masyarakat atau negara.

    ReplyDelete
  23. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2PEP B

    Terimasih banyak atas link yang diberikan pak, menjadi tambahan refrensi bagi saya pribadi yang masih sangat kurang bacaannya.

    ReplyDelete
  24. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Ideologi adalah falsafah dasar atau pondasi dimana ini harus dibangun sesuai dengan jatidiri dan arah/visi organisasi/negara. Sebagai NKRI ideologi kita dalah Pancasila dimana didalamnya terdapat sila sila yang menjadi landasan dalam bernegara. Termasuk di dalamnya pendidikan yang tersirat hampir diseluruh sila Pansacila. Dalam implementasiannya diharapkan pendidikan dijalankan sesuai dengan ideologi awal. Setiap kebijakan atau keputusan yang diambil harus dirumuskan atau diambil yang sesuai dengan ideologi dasar sebuah negara.sama halnya dalam pembelajaran, dalam menberikan pengetahuan atau mencari pengetahuan harus mempunyai dasar atau langkah-langkah yang sesuai dengan aturan.

    ReplyDelete
  25. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Pendidikan tidak terlepas dari ideologi yang berkembang pada masyarakat. Ideologi ini juga mewarnai pendidikan sehingga pendidikan memiliki karakteristik tertentu yang identik dengan ideologi tertentu pula. Namun tentu saja, setiap negara memiliki ideologi yang berbeda-beda pula. Karena ideologi tersebut berkaitan dengan bagaimana cara pandangan manusia terhadap apa yang dihadapinya. Hal ini juga akan berdampak pada metode dan cara pembelajaran yang diberikan. Karl Marx beranggapan bahwa ideologi merupakan kenyataan untuk menyembunyikan atau melindungi kepentingan kelas sosial pemikirnya. Menurut pengamatan saya, pendidikan di negara ini memang akan terus berjalan menuju arah yag lebih baik, namun tentu saja perjalan tersebut mengikuti ideologi yang sedang berjalan pula.

    ReplyDelete
  26. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. ideology dan pendidikan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Tanpa ideology, pendidikan hanyalah ruang hampa tanpa tujuan. Setiap proses pendidikan berdiri di atas ideology yang menopangnya. Sebagaimana Indonesia, kebijakan-kebijakan pendidikan berdiri di atas nilai-nilai pancasila sebagai ideology bangsa.

    ReplyDelete
  27. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Ideologi dan pendidikan. Sungguh sempitnya pengetahuan saya mengenai hal ini, terimaksih saya ucapkan untuk Pak Marsigit yang telah membagikan link untuk lebih mendalami mengenai ideologi dan pendidikan. Sedikit yang saya tangkap dari salah satu link yang baru saja saya baca berulang-ulang kali, bahwa ideologi besar-besaran terjadi pada jaman revolusi Amerika. Ideologi memiliki peran yang penting dalam pendidikan baik formal maupun informal. Dunia pendidikan informal yang dipengaruhi ideologi diantaranya media masa, surat kabar, perfilman, radio, dan televisi. Sedangkan pendidikan formalnya yaitu sekolah yang menciptakan kurikulum terselubung maupun resmi. Dalam dunia pendidikan yakni sekolah, ideologi yang berorientasi pada tindakan digunakan sebagai alat dalam mencapai suatu kebijakan pendidikan.

    ReplyDelete
  28. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Pada umumnya setiap bangsa dan negara memiliki sejarah dan masa perkembangannya masing-masing. Sehingga setiap negara pastilah memiliki ideologinya masing-masing dan ideologi masig-masing negara pasti berbeda. Ideologi negara ini pasti mempengaruhi pola pikir hampir seluruh warga negara tersebut dan pasti juga akan mempengaruhi pola pendidikan dan pembelajaran pada negara tersebut. Sebagai contoh di Negara Inggris, pendidikan ekonomu secara umum sudah mulai untuk diabaikan dalam sistem pendidikannya, kecuali untuk siswa-siswa yang memang berminat pada bidang tersebut.

    ReplyDelete
  29. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Berdasarkan salah satu sumber tersebut, sistem pendidikan direfleksikan dan dibentuk dengan proses ideologis dan terorganisasi pada level individu, kelompok, sosial, dan bahkan level dunia. Pada level dunia, proses ideologis tampak telah berhubungan dengan perluasan sistem pendidikan yang luar biasa setelah perang dunia II dan berhubungan dengan karakteristik sistem pendidikan nasional. Beberapa penelitian berusaha menilai karakter dan perubahan dalam proses ideologi dengan meguji secara tujuan pendidikan yang dinyatakan secara formal di negara-negara di seluruh dunia. Tujuannya adalah menyajikan sebagai indikator, tidak hanya ideologi pendidikan pada level sosial dan level dunia, melainkan juga indikator kurikulum tujuan utama dari materi sekolah. Selain itu, terdapat juga link yang berisi artikel tentang ideologi yang membunuh pendidikan dan berbagai aspek yang lainnya.

    ReplyDelete
  30. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Ideology and education is a unity used in the learning process. Even the main basis. This is what governs the rules and strengths of conditions in the education system. Looking at the empirical results of some of the articles distributed, I understand that intuition cultivation and curriculum goals are part of the essence depiction of educational institutions. Asked diletitly, how the impact if in reaching the educational process has the application of different curriculum? Is this an effective step in achieving educational goals? May I find the answer to my curiosity about this. Thank you, sir.

    ReplyDelete
  31. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Saya setuju dengan pendapat bahwa paham ideologi seseorang akan mempengaruhi proses pendidikannya. Perbedaan ideologi sah-sah saja asalkan tidak mengintervensi orang lain dan memaksa orang lain bahwa ideologi yang dia anut adalah ideologi yang paling benar dan menyalahkan ideologi lainnya. Hal ini tidaklah baik karena dalam proses pendidikan terdapat yang namanya selalu belajar. Apalagi ideologi tersbeut sudah tidak sesuai dengan kondisi pendidikan di Indonesia, lebih khususnya lagi kondisi siswa yang ada saat guru mengajar di kelasnya

    ReplyDelete
  32. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Bismillah...

    Ideology mempunyai arti sebagai falsafah atau landasan yang menjadi karakteristik sebuah bangsa dan negaradalam pengambilan sebuah kebijakan atau keputusan. Education memiliki arti pendidikan, yang dalam sebuah negara nilai dari mutu pendidikan juga akan memberikan nilai terhadap kemajuan sebuah negara. Ideology dan pendidikan tidak akan terpisahkan, karena kedua hal tersebut saling terikat. Sebuah ideology yang dibentuk pasti berdasarkan nilai pendidikan atau pemikiran yang ada demi kebaikan bersama. Indonesia memiliki ideology pancasila, sehingga kebijakan atau pemikiran pendidikan yang ada di Indonesia juga berdasarkan kepada pancasila.

    ReplyDelete
  33. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Ideologi memperoleh makna tertentu melalui wacana dan konteks. Ia bisa bermakna sebagai sesuatu yang positif, netral yang bersumber dari ide-ide tertentu, namun juga ia bisa dimaknai sebagaiyang negatif.

    ReplyDelete
  34. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Persoalan ideologi dalam pendidikan, memang merupakan masalah yang rumit, karena terkait dengan sistem nilai atau pola gagasan yang menjadi keyakinan seseorang atau kelompok bahkan menurut O Neill, upaya untuk mengetahui ideologi pendidikan seseorang biasanya tidak cukup untuk membuat kita tahu apa yang paling mungkin untuk dilakukan.

    ReplyDelete
  35. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Idiologi dan Pendidikan. Dua hal yang saling memiliki ketergantungan. Di dalam sebuah negara pasti memiliki pehaman idiologi masing-maisng. Perkembangan idiologi sangat erat kaitannya dengan politik. Dimana pemangku jabatan akan mengeleluarkan kebijakan kebijakan yang terkadang bisa memberika dampak positif ataupun bisa negatif terhadap pendidikan. Semoga pendidika di negara kita selalu berkembang dengan baik dan bisa seiring sejalan dengan idiologi bangsa.

    ReplyDelete
  36. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Ideologi merupakan kumpulan ide atau gagasan, pemahaman-pemahaman, pendapat-pendapat, atau pengalaman-pengalaman. Pendidikan juga merupakan kegiatan mengumpulkan pemahaman-pemahaman serta pengalaman-pengalaman untuk membangun suatu pengetahuan. Ideologi dan pendidikan merupakan suatu hal yang sangat erat kaitannya. Ideologi adalah sesuatu yang mendukung pendidikan pada suatu daerah. Ideologi mencerminkan pendidikan yang seharusnya dilakukan dalam suatu daerah. Indonesia yang memiliki ideologi pancasila merupakan ideologi yang memang sudah sesuai dengan gambaran masyarakat Indonesia itu sendiri.

    ReplyDelete
  37. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Ideologi merupakan ide dan gagasan yang digunakan sebagai landasan. Setiap negara memiliki ideologi yang digunakan untuk mendasari setiap penyusunan kebijakan dan peraturan bangsa tersebut sehingga ideologi yang dianut oleh suatu negara disesuaikan dengan keadaan masing-masing. dalam pendidikan juga memerlukan ideologi. Ideologi dalam pendidikan yang menjadi dasar dalam perumusan kebijakan-kebijakan pendidikan. Ideologi pendidikan hendaknya juga disesuaikan dengan setiap siswa, guru, dan keadaan di suatu sistem pendidikan. Sehingga dalam pendidikan perlu adanya ideologi.

    ReplyDelete
  38. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Di salah satu link tersebut mengatakan bahwa sistem pendidikan merupakan refleksi serta dibentuk dari ideology dan proses pengorganisasian di level individu hingga level dunia. Hal ini mengindikasikan bahwa ideology mempengaruhi pendidikan suatu negara.

    ReplyDelete
  39. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Sekedar mau melaporkan pak, link dibawah ini sudah tidak bisa dibuka https://mywebspace.wisc.edu/pjengle/web/Fed%20Ed%20Issue%20%284-15%29-1.pdf
    http://www.teaching4abetterworld.co.uk/teaching/T4BWsession4.pdf
    http://www.jceps.com/wp-content/uploads/PDFs/*08-1-02.pdf
    namun yang lainnya masihbisa dibuka.
    Terimakasih pak :)

    ReplyDelete
  40. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Dalam suatu komunitas masyarakat, ideology merupakan hal yang sangat penting sebagai landasan dari tindakan dan kebijakan dalam sistem sosialnya. Pengaruh ideologi dalam suatu Negara tidak bisa lepas dari system pendidikan yang dianutnya. Pendidikan dianggap sebagai instrument strategis dalam mencapai tujuan ideologis suatu Negara. Maka di Indonesia, pendidikan kita tidak jauh dari nilai-nilai bangsa dan Negara yaitu pancasila. Namun, yang menjadi permasalahan di era sekarang adalah, ideologi selalu didasarkan pada doktrin bukan pendekatan emosional ideologis. Seperti contoh dalam indikator penumbuhan nilai-nilai pancasila pada siswa selalu ditafsirkan dalam nilai ujian dan soal, sementara keteladanan ideologis di lingkungan pendidikan sangat minim.

    ReplyDelete
  41. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Semua hal memiliki ideology, sekecil apapun perkara itu pasti memiliki gagasan acuan untuk bertindak, begitu juga pendidikan. Ideologi dari sebuah system pendidikan merupakan kesepakatan bersama yang disesuaikan dengan nilai-nilai kebangsaan, spiritual dan kebudayaan. Ideologi pendidikan harus sesuao denga paradigm pendidikan itu sendiri, keselarasan keduanya dan pelaksanaan yang maksimal inyaAllah akan melahirkan subyek-subyek pembelajar dengan potensi yang maksimal. Terima Kasih

    ReplyDelete
  42. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    berbicara tentang ideologi dan pendidikan adalah dua hal yang saling berkaitan. Sistem pendidikan mencerminkan dan dibentuk oleh proses ideologi dan organisasi pada tingkat individu, kelompok, masyarakat dan tingkat dunia bahkan. Di tingkat dunia, proses ideologis Tampil telah dikaitkan dengan ekspansi yang luar biasa dari sistem pendidikan setelah Perang Dunia Kedua, dan dengan berbagai karakteristik yang terkait sistem pendidikan nasional. Banyak pendidikan memiliki tujuan yang berlawanan. Mereka mengikuti Progresif (yaitu, Sosialis) ajaran John Dewey. Mereka percaya penyamarataan; mereka bekerja untuk mencapai "kesetaraan hasil."
    Padahal seharusnya pencapaian seseorang itu tidak bisa disamaratakan.

    ReplyDelete
  43. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Ideologi berasal dari cara pandang suatu bangsa. Ideologi setiap negara bisa saja berbeda-beda karena setiap negara memiliki tujuan dan pandangan hidup yang berbeda-beda pula. Ideologi baik secara langsung maupun tidak langsung tentunya akan mempengaruhi seluruh aspek-aspek kehidupan bernegara, baik pendidikan, kesejahteraan, hukum, undang-undang, dan lain-lain. Aspek paling mendasar adalah pendidikan, karena baik atau tidaknya suatu bangsa dapat dilihat dari kualitas pendidikannya.

    ReplyDelete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. Ide atau gagasan dapat mempengaruhi cara pandang kita. bisa jadi itu hal yang kreatif dan bisa juga merupakan sesuatu yang menyulitkan. Ide dari pendidikan indonesia menurut saya tercantum dalam visi dan misi, akan tetapi masih harus disempurnakan sedikit demi sedikit. kalau menurut saya, pendidikan matematika di Indonesia harus diarahkan kepada bagaimana siswa pada akhirnya bisa berkarya, jadi siswa tidak akan takut jika lulus dan tidak bekerja. mereka akan memiliki keyakinan bahwa mereka akan dapat hidup dengan karyanya. sama seperti pendapat saya di artikel paradigma pendidikan.

    ReplyDelete
  46. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Ideologi merupakan arah pandang dan tujuan yang mendasari suatu hal. Ideologi mempengaruhi pendidikan karena ideologi lah yang menjadi pandangan dan dasar dari kebijakan dunia pendidikan. Ideologi bangsa Indonesia adalah pancasila maka dari itu dunia pendidikan Indonesia haruslah mencerminkan pacasila dari sila ke satu yaitu tentang ketuhanan hingga sila kelima yakni keadilan sosial.

    ReplyDelete
  47. Junianto
    PM C

    Ideologi adalah landasan atau pedoman dalam melakukan tindakan. Ideologi dalam berbangsa dan bernegara dianggap sebagai pedoman hidup. Kemudian, pendidikan merupakan sarana yang bisa digunakan untuk menyebarkan sebuah ideologi. Pendidikan juga merupakan ujung tombak kemajuan suatu bangsa. Maka dari itu, ideologi tidak bisa dilepaskan dari dunia pendidikan, karena tanpa pendidikan ideologi hanya akan menjadi kata yan tidak diketahui makna dan tujuannya. Tetapi dengan pendidikan, maka ideologi itu akan melekat dalam hati sanubari manusia dan menjadi landasan hidup berbangsa dan bernegara.

    ReplyDelete
  48. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pend. Matematika C

    Berdasarkan salah satu artikel yang saya baca dari link tersbut dijelaskan bahwa ideologi pendidikan terbagi dua, yaitu market dan commonwealth. Dalam ideologi market, pendidikan dipandang sebagai suatu transfer pengetahuan dan skil yang bermanfaat secara ekonomi. Maka pendidikan haruslah dapat membuat peserta didik nantinya memiliki kemampuan yang dapat diterapkan untuk memperoleh uang. Sedangkan ideologi commonwealth memandang pendidikan sebagai suatu proses untuk menanamkan nilai, keyakinan, dan kebiasaan bagi peserta didik. Menurut saya kedua ideologi ini tidaklah ada yang salah. Kedua ideologi ini harus diterapkan dengan seimbang agar siswa tidak hanya dapat memperoleh pekerjaan yang berpenghasilan baik tetapi juga menjadi pekerja yang memiliki kepribadian yang baik.

    ReplyDelete
  49. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Ideologi ialah sebagai ilmu yang mempelajari ide-ide manusia, atau ilmu tentang ide-ide, sedangkan pendidikan dapat diartikan sebagai suatu upaya mewariskan nilai, yang bisa menjadi penolong dan penuntun umat manusia dalam menjalani hidup, dan sekaligus untuk memperbaiki nasib dan peradaban manusia.Sehubungan dengan pendidikan, ideologi diartikan sebagai seperangkat aturan yang diyakini dan dijadikan landasan bagi pendidikan untuk mencapai sebuah tujuan.

    ReplyDelete
  50. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Ideologi merupakan suatu ide atau gagasan. Ideologi juga dapat dikatakan suatu kumpulan gagasan, ide, keyakinan serta kepercayaan yang bersifat sistematis yang mengarahkan tingkah laku seseorang dalam berbagai bidang kehidupan. Sedangkan pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan belajar. Dengan demikian, iedeologi dan pendidikan saling berhubungan satu sama lain. Pendidikan dilandasi dengan ideologi dan ideologi melandasi pendidikan. Bagaiamna pendidikan itu berlangsung sesuai dengan ideologi yang dianut. Oleh karena itu, baiknya pendidikan kita di Indonesia menganut ideologi yang sesuai dengan nilai-nilai dasar negara Indonesia.

    ReplyDelete
  51. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Sejatinya pendidikan memberikan pelayanan maksimal bagi para siswa. Sejauh mana mereka dapat diusahakan berkembang, sejauh itu pula usaha pelayanan yang seharusnya diberikan. Tetapi terutama pada ideologi kiri (far-left idiology) asas sama rata sama rasa menjadikan setiap siswa dengan potensi yang berbeda diperlakukan sama. Ini akan "membunuh" siswa yang mempunyai potensi lebih. Mereka tidak mendapatkan pelayanan sesuai kebutuhan mereka. Maka jika ada siswa yang secara mempunyai nilai IQ tinggi tetapi hasil belajarnya tidak signifikan dengan nilai IQnya, sangat mungkin karena dia tidak mendapatkan apa yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
  52. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Setiap negara pasti memiliki ideologinya masing-masing. Ideologi inilah yang menjadi dasar dalam penentuan berbagai kebijakan-kebijakan baik dalam pemerintahan maupun dalam pendidikan. Ideologi digunakan sebagai landasan dalam pelaksanaan pendidikan sedangkan pendidikan yang berlandaskan ideologi bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan Negara. pendidikan dapat dipandang sebagai proses untuk membangun kesadaran politik suatu bangsa sehingga ideologi tidak dapat dipisahkan dari pendidikan.

    ReplyDelete
  53. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Ideologi merupakan suatu nilai atau aturan yang bersifat universal dan dapat dijadikan sebagai rujukan bagi manusia dalam bertindak. Ideologi ini bisa terbentuk dari ide-ide berdasarkan pengalaman yang diperoleh manusia. Jika dikaitkan dengan pendidikan, ideologi pendidikan sebnenarnya tidak terlepas dari pengaruh sudut pandang tokohnya, dimana terdapat perubahan-perubahan yang terjadi menuju pendidikan yang lebih baik. Perubahan-perubahan ini bisa diwujudkan dalam bentuk kebijakan-kebijakan pendidikan yang disesuaikan dengan kondisi guru, siswa dan situasi dan kondisi dari sistem pendidikan itu sendiri.

    ReplyDelete
  54. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Pada dasarnya, untuk setiap negara di dunia ini memiliki tujuan pendidikan yang sama yakni untuk membuat suatu perbaikan. Namun dalam penafsiran arti perbaikan tersebut, setiap negara memiliki cara dan pemikiran masing - masing. Tujuan utama pendidikan tersebut kemudian dijabarkan menjadi hal - hal yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing - masing. Sementara itu, dalam pelaksanaannya pun tentunya ada keberagaman yang dipengaruhi oleh budaya dan ideologi masing - masing negara.

    ReplyDelete
  55. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Ideologi menjadi dasar dari suatu penyelenggaraan pendidikan. Ideologi adalah sekumpulan ide dan gagasan yang menjadi basis dari pendidikan itu sendiri. Pendidikan di Indonesia harus mengacu pada pendidikan yang berbasis pada ideology Pancasila. Pendidikan di Indonesia tidak boleh berseberangan bahkan tidak boleh bertentangan dengan asas-asas dalam Pancasila seperti Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan.

    ReplyDelete
  56. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Bismillah...

    Ideologi dan pendidikan adalah dua hal yang sangat penting dalam berkehidupan di era saat ini. Ideologi merupakan sebuah pemahaman, dasar pemikiran, landansan kehidupan, pegangan dalam berpendapat. Sementara pendidikan, adalah sebuah media yang dengannya bisa mengetahui dan membedakan mana yang salah dan benar, mana yang baik dan buruk. Maka agar tak jauh dalam ke hal yang bernilai negatif, maka kedua hal tersebut adalah penting dalam kehidupan bermasyarakat dan berkehidupan.

    ReplyDelete
  57. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Dalam dunia pendidikan, tidak mungkin bisa tidak dipengaruhi oleh ideologi. Karena pada dasarnya ideologi itu berhubungan erat juga dengan dunia pendidikan. dunia pendidikan memerlukan landasan salah satunya yaitu dengan ideologi. Ideologi sesungguhnya tidaklah akan berjalan jika tidak ada yang menerapkan ideologi tersebut. oleh karenannya, ideologi juga tidak mungkin dapat berjalan sendirian tanpa adanya aspek yang menggunakan ideologi tersebut sebagai anutannya.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  58. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017
    Ideologi adalah sebuah konsep dasar. Ideologi dipandang sebagai ilmu yang mampu menunjukkan arah yang benar menuju masa depan. Ideologi juga merupakan pola gagasan yang mengarahkan tindakan dalam pendidikan. Ilmu yanng memandang sebagai sistem nilai yang menggerakkan suatu tindakan sosial. Dengan demikian, idologi pendidikan membahas dan mengkaji sistem nilai atau pola gagasan sebagai acuan ke arah mana pendidikan ini dikembangkan.

    ReplyDelete
  59. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Link ideology dan juga pendidikan yang telah diberikan menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara ideologi dan pendidikan. Ideologi merupakan konsep bersistem yang dijadikan asa kejadian yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup, atau dengan kata lain ideologi adalah landasan, dan pendidikan juga memiliki landasan sehingga munculah ideologi pendidikan yaitu ideologi yang mengatur arah pendidikan itu sendiri.

    ReplyDelete
  60. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Ideology dan pendidikan memiliki fungsi yang mirip. Ideology adalah nilai-nilai yang dianut oleh berbagai negara dan dijadikan sebagai dasar pijakan sebuah negara. Sedangkan pendidikan merupakan salah satu kunci utama yang akan mengantarkan kemajuan bangsa dan mencerdaskan anak bangsa. Maka sebaiknya ideology tidak hanya berdiri sendiri namun juga harus mengandung pendidikan di dalanya. Begitupun pendidikan juga harus memiliki dasar yang jelas agar pelaksanaannya pun juga lancer.

    ReplyDelete
  61. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Ideologi dan pendidikan merupakan dua hal yang saling berkaitan satu sama lain. Ideologi yang merupakan ide-ide, pemahaman dan landasan dapat mempengaruhi pendidikan. Ideologi suatu bangsa dapat mempengaruhi segala aspek-aspek kehidupan suatu bangsa, tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Sistem pendidikan yang dipengaruhi ideologi neoliberasmi mungkin akan berbeda dengan sistem pendidikan yang dipeangurhi oleh ideologi demokrasi.

    ReplyDelete
  62. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Ideology and education can walk together to improve the education. Ideology is an idea to achieve the goal. In their journey, education also requires ideology to achieve his goal. If ideology goes in line with the paradigm of education then it will makes it easy to make realization of the purpose of the education

    ReplyDelete
  63. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Ideologi merupakan konsep yang mendasari berbagai sudut pandang. Berkaitan dengan pendidikan, ideologi diartikan sebagai seperangkat aturan yang diyakini dan dijadikan landasan bagi pendidikan dalam rangka mencapai tujuan. Dengan adanya ideologi pendidikan maka struktur pendidikan akan terbentuk, selain itu ideologi pendidikan juga mempunyai andil dalam perubahan sosial untuk bertransformasi menuju ke arah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  64. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Ideologi adalah landasan dasar yang dijadikan pedoman untuk menetukan arah dan tujuan. Pendidikan juga harus memiliki idiologi agar memilikilandasan yang jelas, sehingga dalam prosesnya tidak akan menyimpang dengan dari apa yang dicita-citakan. Sudah selayaknya ideologi itu sesuai dengan karakter dan jati diri bangsa. Sehingga idiologi pendidikan di Indonesia, tentaunya harus mengacu pada idiologi pancasila yang merupakan jati diri bangsa Indonesia. Terimakasih

    ReplyDelete
  65. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Ideologi merupakan suatu ide atau gagasan. Education adalah pendidikan. Ideologi dan edukasi saling berhubungann. Karena edukasi dilandaskan dan didasarkan dengan ideologi. Karena ilmu pendidikan tentunya ada ide dan gagasan yang tersirat didalamnya. Sehingga terbentuk suatu pengetahuan baru yang bisa termasuk pendidikan baru. Tanpa adanya ide/gagasan maka informasi berupa pengetahuan baru tidaklah ada, begitu juga sebaliknya. Tanpa adanya pendidikan maka seseorang tidak akan mampu beragumen memberikan ide dan gagasannya.

    ReplyDelete
  66. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    ideologi berasal dari kata "ide" dan "logis" yang dapat diartikan sebagai aturan/hukum tentang ide. terdapat beragam ideologi, salah satunya adalah ideologi pendidikan. ideologi tersebut berkembang sesuai dengan kepentingan tiap-tiap negara/daerah. Seperti halnya di Indonesia yang memiliki ideologi pancasila sehingga dalam pendidikannya terdapat nilai-nilai pancasila yang menonjolkan toleransi, demokrasi dan kerja sama/gotong royong. walaupun terdapat perbedaan ideologi pendidikan, namun secara garis bahwa tujuan pendidikan di dunia adalah sama bahwa pendidikan harus memfasilitasi pengembangan individu (siswa).

    ReplyDelete