Dec 3, 2012

IDEOLOGY and EDUCATION





Ass Wr Wb
Jika ingin mendalami Ideology dan Education, bisa baca berikut:


Wss Wr Wb
Marsigit

28 comments:

  1. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Ideologi adalah dasar pikiran atau landasan pikir terpenting yang mendasari suatu hal baik itu negara atau pendidikan. Pendidikan tidak bisa lepas dari ideologi karena ideologi adalah nyawa dari pendidikan. Pendidikan yang berkembang adalah pendidikan yang jelas ideologinya, tidak menyimpang, murni dalam pelaksanaannya berdasar ideologi. Pendidikan yang berlandaskan ideologi bertujuan mengarahkan pendidikan menggapai tujuan pendidikan yang lebih baik mencerdaskan kehidupan bangsa dan Negara .

    ReplyDelete
  2. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Ideologi dan pendidikan suatu bangsa tidak terlepas dari pengaruh perkembangan dunuia. Pengaruh tersebut seiring perkembangan dunia yang dibentuk atas dasar bagaimana pemikiran-pemikiran tokoh dunia dalam membangun dunia. Saat ini ideologi maupun pendidikan banyak dikendalikan oleh bangsa-bangsa kapitalisme. Indonesia salah satunya negara yang mengalami disorientasi dalam pendidikannya. Kita sudah tidak paham lagi bagaimana visi pendidikan dulu ditetapkan. Kita juga mungkin agak melupakan bahwa negara kita adalah negara demokrasi, sehingga seharusnya apapun itu yang berkaitan dengan pendidikan di Indonesia seperti tujuan, kurikulum, teori belajar dll mengarah pada demokrasi, sehingga bangsa kita punya jati diri sendiri dan sesuai dengan visi pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Berdasarkan salah satu sumber tersebut, sistem pendidikan direfleksikan dan dibentuk dengan proses ideologis dan terorganisasi pada level individu, kelompok, sosial, dan bahkan level dunia. Pada level dunia, proses ideologis tampak telah berhubungan dengan perluasan sistem pendidikan yang luar biasa setelah perang dunia II dan berhubungan dengan karakteristik sistem pendidikan nasional. Beberapa penelitian berusaha menilai karakter dan perubahan dalam proses ideologi dengan meguji secara tujuan pendidikan yang dinyatakan secara formal di negara-negara di seluruh dunia. Tujuannya adalah menyajikan sebagai indikator, tidak hanya ideologi pendidikan pada level sosial dan level dunia, melainkan juga indikator kurikulum tujuan utama dari materi sekolah. Selain itu, terdapat juga link yang berisi artikel tentang ideologi yang membunuh pendidikan dan berbagai aspek yang lainnya.

    ReplyDelete
  4. Muhammad Fendrik
    18706261001
    S3 Dikdas 2018
    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Ideologi merupakan sistem nilai atau keyakinan yang diterima sebagai fakta atau kebenaran oleh kelompok tertentu. Sedangkan pendidikan sebagai anggota ilmu pengetahuan yang tidak terlepas dari pengaruh berbagai sudut pandang para tokoh pemikir pendidikan. Pendidikan berupaya untuk melegitimasi atau melanggengkan tatanan/ struktur pendidikan yang juga mempunyai tugas untuk melakukan perubahan sosial dan transformasi menuju dunia yang lebih baik. Pendidikan mempunyai tugas agar individu mampu menghadapi perubahan sosial tersebut. Untuk sampai pada pemilihan posisi mana yang akan dijalankan (apakah melanggengkan struktur atau merubah struktur) dapat dicapai melalui ideologi pendidikan mana yang akan dianut. Sedangkan Ideologi pendidikan merupakan kelanjutan dari ideologi politik yang dominan di suatu wilayah tertentu sehingga bisa dikatakan ideologi pendidikan itu lahir dari induknya yaitu ideologi politik yang akan mewarnai sistem kebijakan, kurikulum yang digunakan dan pembelajaran yang akan di implementasikan di suatu wilayah tertentu.

    ReplyDelete
  5. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Perang ideologi, perang pemikiran, sebegitu pentingnya karena ideologi merupakan suatu nilai yang diyakini oleh seseorang. Pendidikan merupakan suatu proses penanaman nilai dimana didalamnya memuat ideologi-ideologi sebagai landasar berpikir. Kuatnya ideologi membuat seseorang menjadi memiliki karakter berpikir yang kuat sehingga tidak mudah terombang-ambing.

    ReplyDelete
  6. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Secara etimologis, ideologi berasal dari kata “ideo” dan “logos”. Ideo berarti gagasan-gagasan, sementara logos adalah ilmu. Jadi, secara etimologis (asal-usul bahasa) ideologi berarti ilmu tentang gagasan-gagasan atau ilmu yang mempelajari asal-usul ide. Ada pula yang menyatakan ideologi sebagai seperangkat gagasan dasar tentang kehidupan dan masyarakat, misalnya pendapat yang bersifat agama atau pun politik. Kemudian cara yang paling mudah untuk menyebarkan virus-virus ideologi adalah menggunakan dunia pendidikan. Karena pendidikan merupakan salah satu harapan masyarakat yang diyakini bisa menumbuhkan sikap moral yang baik atau dalam sisi pragmatisnya bisa digunakan untuk mencari kesejahteraan.Itu bisa saja terjadi jika ideologi yang digunakan dalam dunia pendidikan itu jelas, namun ideologi yang digunakan tidak jelas maka secara otomatis akan muncul generasi-generasi yang lahir-pun akan tidak jelas.

    ReplyDelete
  7. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, ideologi adalah suatu kumpulan gagasan, ide-ide dasar, keyakinan serta kepercayaan yang bersifat sistematis dengan arah dan tujuan yang hendak dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara. Seperti yang kita ketahui bahwa ideologi negara indonesia adalah ideologi pancasila. Namun, pada kenyataannya banyak sekali rakyat indonesia yang tidak paham arti dari pancasila, sehingga dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari tidak ada, malahan pada isu-isu sekarang ini, ada yang ingin mengganti ideologi pancasila. Hal itu bisa-bisa akan ada perpecahan rakyat indonesia, malahan bisa-bisa ada sebagian daerah yang akan memecahkan diri dari indonesia membuat negara sendiri. Oleh karena itu, mari kita jaga ideologi pancasila sebagai pemersatu bangsa indonesia.

    ReplyDelete
  8. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, antara ideologi dan pendidikan punya kaitan. Ideologi negara kita yaitu ideologi pancasila. Nah, untuk memahami idelogi tersebut, sangat dibutuhkan kerja keras dari paea pendidika untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan yang terkandung dalam pancasila. Harapannya, dengan memberikan pendidikan tentang ideologi, siswa dapat mempertahankan keseimbangan rakyat indonesia. Hal itu karena seperti yang kita ketahui bahwa anak-anak sekarang sudah menjadi generasi milenial. Berita apapun akan mudah di terima anak-anak kita. Apabila kita sebagai pendidik tidak dapat mengontrol pikiran siswa, siswa bisa-bisa menerima dan meyakini berita-berita itu yang merupakan berita yang kurang baik atau berita hoax. Semoga kesatuan negara kita tetap bersatu. Aamiin.

    ReplyDelete
  9. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Berbicara mengenai ideologi dan pendidikan, kedua hal tersebut merupakan dua hal yang melengkapi, kedua hal tersebut sangat berpengaruh dalam perkembangan dunia. Ideologi memiliki dua pengertian , yaitu secara fungsional dan struktural, secara fungsional ideologi berarti pemikiran yang digunakan demi kebaikan bersama dan secara struktural diartikan sebagai alat pembenaran bagi suatu kebijakan dan tindakan kaum penguasa. Cara yang paling mudah untuk menyebarkan ideologi-ideologi adalah melalui pendidikan kerena pendidikan merupakan salah satu harapan bangsa agar bisa menumbuhkan sikap-sikap moral yang baik dalam sisi pragmatisnya yang dapat digunakan untuk mencari kesejahteraan.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  10. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Ideologi adalah ilmu tentang gagasan-gagasan atau ilmu yang mempelajari asal-usul ide. Ideologi selalu menentukan arah hidup Pendidikan menurut UU sisdiknas bab I pasal 1 adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spriritual, keagamaan, pengendaliandiri, kepribadian, kecerdasan, akhlaq mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat dan bangsanya. Ideologi menjadi landasan dalam rangka untuk mencapai tujuan pendidikan. ideologi pendidikan Indonesia adalah Pancasila. Pancasila menjadi landasan dan arahan yang tepat mengenai bagaimana pendidikan seharusnya berjalan sehingga tercapai tujuan pendidikan.

    ReplyDelete
  11. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Ideologi adalah falsafah dasar yang harus dibangun sesuai dengan jatidiri dan arah/visi organisasi/negara. Sebagai NKRI ideologi kita dalah Pancasila dimana didalamnya terdapat sila sila yang menjadi landasan dalam bernegara. Termasuk di dalamnya pendidikan yang tersirat hampir diseluruh sila Pansacila. Dalam implementasiannya diharapkan pendidikan dijalankan sesuai dengan ideologi awal. Setiap kebijakan atau keputusan yang diambil harus dirumuskan atau diambil yang sesuai dengan ideologi dasar sebuah negara.sama halnya dalam pembelajaran, dalam menberikan pengetahuan atau mencari pengetahuan harus mempunyai dasar atau langkah-langkah yang sesuai dengan aturan.

    ReplyDelete
  12. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Ideologi mengkaji ide-ide mengenai suatu hal yang diperoleh manusia dari pengalaman serta terorganisir dalam benak untuk kemudian kesadaran yang mempengaruhi tingkah laku.Pendidikan merupakan kebutuhan dasar karena adanya perubahan dinamis dalam tatanan kehidupan. Sehingga adanya ideologi dan pendidikan yang berjalan beriringan secara seimbang akan menghasilkan sumber daya manusia dalam sebuah negara menjadi berkualitas, karean kesadarn yang dibangunnya.

    ReplyDelete
  13. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Ideologi ialah nilai ataupun peraturan yang berlaku secara universa dan sebagai suatu acuan dalam melakukan suatu tindakan. Ideologi diperoleh berdasarkan pengalaman. Dalam dunia pendidikan, ideologi pendidikan tidak dapat dipisahkan dari beberapa tokoh dan pandangan para tokoh ini dimaksudkan untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik. Ideologi pendidikan juga diwujudkan dalam beberapa hal seperti kebijakan yang berlaku dalam dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  14. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Ideology merupakan suatu ide atau gagasan. Ideology dianggap sebagai visi yang komprehensif yaitu suatu cara memandang sesuatu. Ideology dan pendidikan mempunyai korelasi untuk mengembangkan bahkan merubah paradigma lama ke paradigma yang baru. Tidak semua ideology berkorelasi positif dengan pendidikan, bisa saja sebaliknya. Pendidikan pada umumnya bertugas untuk memperkuat struktur kultur sosial dan transformasi dunia ke arah yang lebih baik. Oleh sebab itu hakekat pendidikan yaitu membangun generasi bangsa yang unggul menjadi sumber daya yang berkualitas.

    ReplyDelete
  15. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Pendidikan merupakan salah satu harapan masyarakat yang diyakini bisa menumbuhkan sikap moral yang baik atau dalam sisi pragmatisnya bisa digunakan untuk mencari kesejahteraan. ideologi dalam pendidikan, memang merupakan masalah yang rumit, karena terkait dengan sistem nilai atau pola gagasan yang menjadi keyakinan seseorang atau kelompok

    ReplyDelete
  16. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Semua pengetahuan manusia dikonstruksi secara sosial, yaitu tidak ada bidang usaha manusia yang dapat netral atau bebas nilai karena selalu didukung oleh nilai-nilai dan kepercayaan, baik yang sadar maupun tidak, dari para pendukungnya. Seperangkat kepercayaan atau pandangan dunia semacam itu adalah contoh dari apa yang oleh para sosiolog disebut sebagai ideologi. Secara historis, istilah 'ideologi' telah sering digunakan untuk menggambarkan seperangkat keyakinan yang dengannya seseorang tidak setuju, baik politik, ekonomi atau filosofis. Namun, di sini, saya menggunakan definisi ideologi yang lebih luas dan lebih membantu sebagai makna sistem kepercayaan yang berbeda, seperti yang didefinisikan oleh Meighan & Harber dalam A Sociology of Educating (2007). terimakasih

    ReplyDelete
  17. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Ideologi memiliki peranan penting bagi pendidikan baik formal maupun informal. Dalam pembentukan dan perumusan yang dikehendaki, ideologi sangat mempengaruhi pendidikan. Pada bidang pendidikan informal, khususnya media massa, surat kabar, perfilman, radio dan televisi, sama halnya pada pendidikan formal seperti sekolah yang menciptakan kurikulum terselubung dan kurikulum resmi, program yang nyata. Ideologi yang berorientasi pada tindakan, lebih diutamakan daripada yang berasaskan teori semata, digunakan untuk mengarahkan kebijakan politik, sosial, ekonomi dan pendidikan. Dilembaga pendidikan formal, yakni sekolah, digunakan sebagai alat dalam mencapai kebijakan tersebut, pendidikan mengikuti tujuan ideologi.

    ReplyDelete
  18. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Berdasarkan sumber Wikipedia, menggambarkan paham yang dianut di AS. Warga di AS umumnya mengklasifikasikan diri mereka pada posisi di sepanjang spektrum politik sebagai liberal, progresif, moderat, atau konservatif. Kondisi lain dapat digambarkan pula dalam diagram yang menunjukkan multiaxis spectrum politil . kecednerungan tiap warga berbeda oreintasi, cultutal focus on individual cenderung left-ism dan individualism, cultural focus on community cenderung communitarianism dan right-ism, economic ocus on individual cenderung individualism dan right-ism, dan economic focs on cimmunity cenderung communitarianism dan left-ism. Paham dan spectrum politik berpengaruh terhadap pendidikan yang mereka tempuh dan hasil dari pendidikan ada ranahnya masing-masing. Secara umum, pendidikan dan kemakmuran meningkatkan peluang seseorang untuk aktif secara politik.

    ReplyDelete
  19. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Ideologi berasal dari kata ‘ide’ dan ‘logis’ yang berarti ideologi merupakan suatu aturan atau hukum tentang ide. Ideologi pendidikan tentunya bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Sehingga ideologi yang diterapkan di dunia pendidikan haruslah jelas, agar tujuannya tercapai dengan baik.

    ReplyDelete
  20. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Ideology merupakan pemikiran yang digunakan untuk kebaikan bersama (Commod Good) dan Education (pendidikan) adalah wadah penyebaran untuk membesarkan ideology. Jadi dapat disimpulan Ideologi Education adalah cara untuk membentuk Karakter yang signifikan bermoral menyambut zaman.

    ReplyDelete
  21. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Sistem pendidikan saat ini salah satunya terbentuk karena ideologi. Sistem pendidikan pasti akan berbeda antar satu daerah dengan daerah lainnya. Hal ini dikarenakan ideologi satu negara dengan lainnya pasti akan berbeda.

    ReplyDelete
  22. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    The formal educational ideology has applied the general
    philosophical system since 1950, whereas the process or problematic perspective
    using the semantic, rational, and empirical methods has refused the former since
    1960.

    ReplyDelete
  23. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Ideologi dan pendidikan jika dipadukan maka akan menjadi ideology pendidikan. Pada link pertama yang berjudul “educational ideology and the school curriculum” menggambarkan bahwa sebuah system pendidikan terbentuk oleh ideology dan proses – proses yang terdapat dalam sebuah organisasi baik itu secara individu, kelompok, masyarakat bahkan dalam tingkat level dunia. Dalam level dunia sendiri pengembangan system pendidikan dihubungkan dengan karakter atau ciri dalam system pendidikan national. Namun saat ini, berbagai macam penelitian dilakukan dalam rangka melakukan perubahan terhadap ideology tersebut. Prinsip atau tujuannya adalah melayani adalah indikator utama tanpa melihat level apapun.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  24. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, terimakasih bapak atas ilmu yang diberikan lewat link tersebut. Menurut yang saya pahami dari yang diberikan. Ideologi adalah suatu kumpulan gagasan, ide-ide dasar, keyakinan serta kepercayaan yang bersifat sistematis dengan arah dan tujuan yang hendak dicapai dalam suatu hal. Dalam kaitannya dengan Pendidikan berarti bagaimana dan apa gagasan atau ide yang dipakai yang dijalankan untuk arah pembangunan manusia (SDM) yakni melalui Pendidikan. Dalam meyakini sesuatu maka kita harus terdidik, mempunyai pemahaman terhadap sesuatu melalui didikan akan mantap dalam menjalankan ideologi. Begitu pula, Pendidikan akan terarah apabila dibangun dengan ideologi yang kokoh. Terimakasih.

    ReplyDelete
  25. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 PMD 2019

    Berdasarkan sumber yang saya baca, ideologi artinya memuat ide atau gagasan. bagaimana manusia bertindak dan menjalankan kehidupan berdasarkan ideologi yang digunakan. Ideologi berpengaruh dalam Pendidikan karena pada dasarnya sistem Pendidikan dibentuk oleh ideologi itu sendiri. Sistem Pendidikan yang telah disepakati oleh organisasi, negara atau bahkan dunia akan tetap bergantung dengan ideologi masing-masing kelompok tersebut. Dengan mempunyai Sumber Daya Manusia yang bagus akan memperkuat sistem Pendidikan tersebut.

    ReplyDelete
  26. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, berikutnya saya mencoba menambahkan mengenai ideologi pendidikan di negara kita. Pada abad 21, pembangunan pada aspek pendidikan mestinya ditilik dan dirancang secara komprehensif dan holistic dengan meletakan dasar Ideology Pendidikan sebagai rujukan paradigmatic dalam mendesain kebijakan-kebijakan pendidikan pada tingkat nasional maupun regional. Adalah penting untuk dipertanyakan kembali apa Ideology Pendidikan di Indonesia? Sejauh mana ideology menjadi pedoman dalam merumuskan kebijakan pendidikan? Adakah pendidikan di Indonesia berpedoman pada ideologi sosialisme, kapitalisme atau Islam? Jika dikatakan bahwa tidak terjadi proses import ideology, Kenapa kebijakan pendidikan di Indonesia terlihat lebih akomodatif pada agenda neoliberalisme yang dikemas dalam banyak peraturan dan Undang-Undang yang hubungannya dengan pendidikan? Lalu bagaimana dengan pancasila? Apakah pancasila juga merupakan finalisasi dari ideology kebangsaan dengannya bersemayam ideology pendidikan didalamnya? Kemudian bagaimana implikasinya terhadap wajah pedidikan di indonesia? tentu akan banyak lagi pertanyaan berkenaan dengan pendidikan jika tidak dirumuskan pedoman dasar dalam bentuk ideology yang akan diterjemahkan dalam semua aspek pendidikan. Terimakasih

    ReplyDelete
  27. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Ideologi merupakan suatu nilai atau aturan yang bersifat universal dan dapat dijadikan sebagai rujukan bagi manusia dalam bertindak. Ideologi ini bisa terbentuk dari ide-ide berdasarkan pengalaman yang diperoleh manusia. Jika dikaitkan dengan pendidikan, ideologi pendidikan sebnenarnya tidak terlepas dari pengaruh sudut pandang tokohnya, dimana terdapat perubahan-perubahan yang terjadi menuju pendidikan yang lebih baik. Perubahan-perubahan ini bisa diwujudkan dalam bentuk kebijakan-kebijakan pendidikan yang disesuaikan dengan kondisi guru, siswa dan situasi dan kondisi dari sistem pendidikan itu sendiri.

    ReplyDelete
  28. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete