Dec 2, 2012

NOUMENA





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang NOUMENA, silahkan konek:






Wss Wr Wb
Marsigit

16 comments:

  1. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Noumena adalah sesuatu yang berasal dari dalam diri individu tersebut dan yang menjadi bayangan dari noumena yaitu idea. Noumena digunakan untuk menyebutkan suatu objek dengan menggunakan panca indera. Kant merumuskan lebih lanjut mengenai apa yang disebut sebagai NOUMENA. Noumena adalah sesuatu dalam dirinya sendiri. Sedangkan apa yang menjadi citra atau bayangan dari noumena atau IDEA (dalam bahasa plato) oleh kant disebut sebagai fenoumena. Yang noumena tak akan pernah dapat kita ketahui. Menurut kant noumena merupakan entitas entitas (jamak) yang menyebabkan adanya fenoumena- fenoumena.

    ReplyDelete
  2. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Noumena merupakan sebuah obyek atau kejadian yang dapat dirasakan tanpa menggunakan alat indra, tetapi dengan menggunakan olah pikir. Hal ini berarti noumena dapat dirasakan namun sulit untik diartikan. Noumena berkaitkan dengan bagaimana kita mampu berpikir mengemukakan ide-ide kita tanpa kita merasakannya. Kita mampu memahami noumena sesuai dengan apa yang ada dalam pemikiran kita.

    ReplyDelete
  3. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Menurut Immanuel Kant segala sesuatu yang bisa terlihat oleh panca indra itu disebut fenomena sedangkan segala keberadaannya hanya bisa dirasakan oleh pikiran disebut sebagai noumena. Segala sesuatu yang dapat dilihat, dipegang, diraba, didengar merupakan fenomena, roh dan arwah merupakan noumena. Keberadaan noumena hanya bisa dipikirkan namun tidak bisa diketahui melalui panca indera kita. Jadi, keberadaan Tuhan yang adalah Roh bisa kita imani meskipun tidak bisa kita lihat.

    ReplyDelete
  4. Noumena adalah arti hakiki dari benda itu sendiri yang tidak dapat kita jelaskan dengan persepsi panca indera. Noumena yang menyebabkan adanya fenomena. Hal ini menunjukan bahwa untuk menjelaskan suatu hal maka diperlukan istilah-istilah yang akan terus berkebang. Istilah tersbut mungkin hampir sama dengan yang dipakai oleh filsuf dimasa lalu. Misal empiris adalah fenomena dan idea adalah noumena.

    ReplyDelete
  5. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dari sini saya mendapatkan informasi baru yaitu noumena/noumenon. Dari literasi yang saya baca, Immanuel Kant menggambarkan benda secara fenomenon (penampakan benda) dan noumenon (Das Ding an Sich/ Benda pada dirinya) yang tidak kita ketahui.(Hardiman, 2007: 138). Yang kita tangkap sebagai penampakan merupakan sintesis dari efk subjek dan objek dan unsur a priori, yaitu formalitas ruang dan waktu yang sudah ada pada subjek.

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum wr.wb.

    Dalam filsafat, noumena adalah "the thing its self" benda itu sendiri yang tidak dapat kita jelaskan dalam persepsi panca indera. Sedangkan yang dapat dijelaskan dengan persepsi panca indera itu namanya fenomena.Menurut Immanuel Kant, pengalaman itu hanya terjadi pada fenomena.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  7. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Nah ini. Ini benar-benar baru bagiku. Oleh karenanya sering ku dibikin pusing olehnya. Lah gimana ndak pusing? beberapa kali ku baca elegi, muncul beberapa kali pula si neumena. Dan sebanyak kali-kali itulah ku dibuat pusing. Sama seperti cara-cara sebelumnya, ku tanya google, ku dapat jawaban, salah satunya bilang padaku noumena adalah "sesuatu dalam dirinya sendiri". Nah ternyata, makin ku baca, makin bingung aku diajaknya. Dan sekarang melalui link-link di atas, ku mulai membangun kembali pondasi rumahku, ku dapat pengertian (salah satunya):

    "noumenon (Das Ding an Sich) benda yang ada pada dirinya yang tidak kita ketahui"

    Sejujurnya, ini masih menahan saya dalam ruang kebingunngan, pak. Mohon pencerahan, misal denga elegi-elegi

    ReplyDelete
  8. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Noumena itu sebagai kebalikan dari fenomena. Kalau fenomena adalah sesuatu yang dapat diindera, sebaliknya noumena tidak dapt diindera. Jika fenomena dikaitkan dengan dunia alam lahir yang dapat di inderai, maka noumena adalah berkaitan pada dunia gaib metafisik yang keberadaannya di luar pengalaman inderawi. Noumena biasanya dicontohkan sebagai wahyu, arwah, dan lain-lain. Mohon maaf, saya belum terlalu jauh memahami apa itu noumena, apakah itu ruh, arwah, atau itu hanya implisit atau ada sesuatu dibalik itu,, saya masih belum memahami.

    ReplyDelete
  9. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Awalnya saya berpikir bahwa noumena sama dengan fenomena yang artinya kejadian atau peristiwa. Ternyata maksud dari keduanya berbeda namun memiliki keterkaitan. Noumena adalah sesuatu dalam dirinya sendiri. Sedangkan apa yang menjadi bayangan dari noumena oleh kant disebut sebagai fenomena. Segala sesuatu yang kita tangkap melalui indera yang berupa perasaan, emosi, apa yang dilihat mata, di dengar dari telinga, dan segala sesuatunya hanyalah merupakan penggambaran dari fenoumena. Menurut kant pula, noumena merupakan entitas-entitas (jamak) yang menyebabkan adanya fenomena- fenomena. Sehingga apa yang menjadi noumena tidak akan pernah dapat kita ketahui. Atau dengan kata lain, noumena dapat dirasakan namun tidak dapat diungkapkan secara inderawi manusia.

    ReplyDelete
  10. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Noumena adalah sesuatu yang tidak bisa dipahami dengan panca indera, jadi istilah noumena ini digunakan untuk menyebutkan sesuatu yang berkaitan dengan hal-hal ghoib misalnya seperti arwah, cara untuk memahaminya adalah melalui spiritual yaitu yang bisa kita pahami dan temukan maksudnya melalui penjelasan dalam Al-qur’an dan Hadis sehingga dari sanalah kita memahami dan percaya bahwa ada sesuatu atau istilah yang tidak bisa kita pahami melalui panca indera misalnya seperti alam kandungan, alam barzah, dll. Begitulah sepengetahuan saya tentang noumena yang saya peroleh melalui perkuliahan bapak sebelumnya.

    ReplyDelete
  11. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Manusia dikarunia dengan intuisi untuk membedakan mana yang termasuk fenomena ataupun neumena. Fenomena merupakan segala sesuatu yang dapat diamati dan dicermati melalui panca indra, sedangkan naumena merupakan kebalikan dari sebuah fenomena contonya seperti jiwa atau roh manusia, karena jiwa atau roh merupakan sesuatu hal yang tidak dapat di tangkap dengan kemampuan panca indra manusia.

    ReplyDelete
  12. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. Noumena adalah lawan kata dari fenomena (dalam filsafat, dua istilah ini saling diperhadadapkan). Fenomena dapat diartika sebagai segala sesuatu yang dapat dirasakan atau menjadi objek pengalaman dari pancaindera (segala suatu hal yang dapat dipersepsi oleh pencaindera). Sedangkan nomena adalah sesuatu yang melampaui kapasitas pancaindera (suatu hakikat yang berada di luar dari pengalaman material) seperti keberadaan Tuhan dan makhluk gaib lainnya. Wallahualam bisahwab!

    ReplyDelete
  13. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Istilah Noumena merupakan istilah yang baru bagi saya, ketika S1 saya juga pernah belajar Filsafat Ilmu namun belum pernah mendengar istilah ini, merujuk pada salah satu link yang Bp. berikan (http://www.newworldencyclopedia.org/entry/Noumenon), disana tertulis bahwa "In the philosophy of Immanuel Kant, noumenon, thing in itself (German Ding an sich), and transcendental object are nearly synonymous expressions used to refer to the unknowable, indescribable reality that, in some way, lies "behind" the world of observed phenomena". dapat disimpulkan bahwa menurut imanuel kant, Noumena merupakan realitas yang tidak dapat diketahui dan tak terlukiskan bahwa, entah bagaimana, terletak "di belakang" dunia fenomena yang teramati.

    ReplyDelete
  14. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Noumena bukan merupakan suatu paham, melainkan pembagian atau kriteria. Noumena merupakan makna hakiki dari segala sesuatu yang tidak bisa diketahui atau dipersepsi dengan panca indera. Menurut I Kant, noumena merupakan entitas yang menyebabkan adanya fenomena. Segala sesuatu yang tidak dapat dipersepsi oleh panca indera tersebut dipikirkan sehingga menjadi ada. Misalnya Tuhan. Tuhan tidak dapat dipersepsi melalui panca indera, tetapi sudah jelas sekali bahwa Tuhan itu ada. Jadi, Tuhan itu ada karena bisa dipikir tapi tak bisa dilihat dan itu merupakan noumena.

    ReplyDelete
  15. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Fenomena dan Noumena adalah dua kejadian atau peristiwa (objek) yang ada di dalam dunia ini. Noumena adalah suatu objek atau peristiwa yang terpisah atau diluar dari persepsi atau panca indra manusia. Sedangkan Fenomena adalah kebalikan dari Noumena, yaitu peristiwa atau objek yang dapat dirasakan oleh panca indra atau pengalaman manusia. Contoh dari Noumena adalah objek surga dan neraka, yang secara noumena itu ada dan diyakini oleh manusia, tapi fenomena belum dilihatkan secara langsung oleh manusia.

    ReplyDelete
  16. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Nomena secara sederhana dapat diartikan sebagai hal yang terdapat dalam diri sendiri dan tidak nampak. Hal inilah yang masih menjadi kendala guru dalam memahami siswanya, apabila guru tidak mau mendekati siswa dan menganali satu-satu psikologi siswa. Hal ini akan berpengaruh pada ketertarikan siswa dalam pembelajaran. Maksdunya apabila guru tidak mengenal nomena masing-masing atau secara garis besar siswa dikelasnya akan meemungkinkan strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran tidak sesuai dengan kondisi siswanya. Oleh karena itu menurut saya karena tugas seorang guru sebagai fasilitator maka dia wajib memfasilitasi siswanya dengan salah satu caranya mengetahui nomena siswanya.

    ReplyDelete