Dec 2, 2012

NOUMENA





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang NOUMENA, silahkan konek:






Wss Wr Wb
Marsigit

4 comments:

  1. SUPIANTO
    S3 PEP A 2016

    Noumena adalah segala sesuatu yang diterima oleh panca indera manusia. menurut Husserl, noumena itu tetap dan disertai bukti-bukti yang akurat. sebagai contoh, buku tidak akan tertukar dengan kursi, karena kita paham betul bentuk buku dan kursi. jadi deskripsi noumena adalah deskripsi objektif, berdasarkan bagaimana objek tersebut tampak dalam pada panca indera kita.

    ReplyDelete
  2. SUPIANTO
    S3 PEP A 2016

    lawan dari noumena adalah noesis, yaitu keadaran kita akan makna. antara noumena dan noesis berkaitan erat walaupun secara prinsip keduanya berbeda. noumena akan membimbing kita pada noesis. jad pengetahuan itu ada sebelum kita berpikir mengenaiknya (a priori)

    ReplyDelete
  3. SUPIANTO
    S3 PEP A 2016

    ajakan husserl untuk kembali kepada yang sebenarnya dari fenomena adalah melihat fenomena itu sebagai noesis (berdasarkan makna yang aa adanya), bukan berdasarkan ciri-ciri fisik yang ada padanya.

    ReplyDelete
  4. SUPIANTO
    S3 PEP A 2016

    akan tetapi, untuk sampai pada hakikat fenomena, kita harus melihat keduanya (noumena dan noesis). melalui harmoni keduanya lah dapat ditemukan esensi yang sebenarnya dari fenomena.

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.