Dec 2, 2012

NOUMENA





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang NOUMENA, silahkan konek:






Wss Wr Wb
Marsigit

10 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Filsafatnya arwah adalah noumena. Transendennya filsafat adalah noumena. Menurut Immanuel Kant segala sesuatu yang bisa terlihat oleh panca indra itu disebut fenomena sedangkan segala keberadaannya hanya bisa dirasakan oleh fikiran disebut sebagai noumena. Noumena itu di luar dari fenomena. Sesuatu yang dapat dipegang, dilihat, didengar, difikirkan merupakan fenomena, sementara itu ruh dan arwah dianggap noumena. Salah satu contoh noumena adalah Tuhan dan arwah keduanya bisa kita fikirkan tapi tidak bisa di panca indera yakni diraba, dilihat, dan, didengar. Jadi keberadaan Tuhan itu ada meskipun kita tidak bisa melihat-Nya namun kita dapat mengimani-Nya dengan segala dzat Tuhan yang Tuhan tunjukkan kepada kita.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Noumena merupakan lawan dari istilah “fenomena” yang mengkaji tentang tentang gejala-gejala, objek-objek yang nampak. Objek-objek yang dikaji ini diturunkan dari 3 idea yang besifat a priori (transendental) yaitu Allah (Idea teologis), Jiwa (idea psikologis), dan Dunia (idea kosmologis). Tiga idea inilah objek kajiannya “noumena” yaitu tealitas akal budi murni. “Noumena” ini digunakan sebagai prasyarat yang memungkinkan kita untuk dapat memahami objek (Fenomena).

    Refrensi : Yusuf Lubis, Akhyar. 2016. Filsafat ilmu klasik hingga kontemporer. Jakarta : Rajawali Press. Hal 134

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Noumena adalah sesuatu dalam dirinya sendiri. Sedangkan apa yang menjadi citra atau bayangan dari noumena atau IDEA (dalam bahasa plato) oleh kant disebut sebagai fenoumena. Pengetahuan empiris lewat penelitian-penelitian sains merupakan pengetahuan dari fenoumena. Segala sesuatu yang kita tangkap melalui indera kita baik itu perasaan, emosi, gambaran lewat mata, suara dari telinga, rasa dari sentuhan lidah atau kulit, dan segala sesuatunya hanyalah merupakan entitas fenoumena. Waktu, jarak, ruang, benda dan segala sesuatu yang kita cerna hanyalah entitas fenoumena. Yang noumena tak akan pernah dapat kita ketahui. Menurut kant noumena merupakan entitas entitas (jamak) yang menyebabkan adanya fenoumena- fenoumena.

    ReplyDelete
  4. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    noumenon adalah objek mengemukakan atau peristiwa yang ada tanpa rasa atau persepsi. noumenon Istilah umumnya digunakan dalam kontras dengan atau dalam kaitannya dengan fenomena, yang mengacu pada sesuatu yang dapat ditangkap oleh atau merupakan obyek indra. filsafat modern umumnya telah skeptis tentang kemungkinan independen pengetahuan indera, dan Immanuel Kant memberi titik ini melihat ekspresi kanonik nya: bahwa dunia nomenal mungkin ada, tapi itu benar-benar tidak dapat diketahui melalui sensasi manusia.

    ReplyDelete
  5. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Immanuel kant membagi segala sesuatu dalam hidup ini menjadi dua bagian yaitu noumena dan fenoumena. Segala sesuatu yang bisa terlihat oleh panca indra disebut dengan fenoumena dan segala sesuatu yang tidak bisa dilihat oleh panca indra serta keberadaannya hanya bisa dirasakan oleh fikiran disebut dengan noumena. Noumena merupakan entitas-entitas (jamak) yang menyebabkan adanya fenoumena- fenoumena. Contoh noumena yaitu Allah SWT, arwah, ruh, malaikat, dsb. Arwah itu ada tapi kita tidak bisa melihatnya, Allah SWT itu ada tetapi tidak bisa dilihat oleh manusia.

    ReplyDelete
  6. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Noumena adalah sesuatu yang berasal dari dalam diri individu tersebut dan yang menjadi bayangan dari noumena yaitu idea. Noumena digunakan untuk menyebutkan suatu objek dengan menggunakan panca indera. Menurut Immanuel Kant, Noumenon itu adalah yang dipikirkan atau yang tidak tampak, dunia gagasan, dunia batiniah. Kant memandang dunia noumena terdiri dari hal-hal dalam-dirinya sendiri (jamak) dan Kant menganggap noumena sebagai penyebab dari persepsi manusia.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Menurut Immanuel Kant, noumena merupakan sesuatu yang ada dalam dirinya sendiri. Sedangkan yang menjadi bayangan noumena ialah fenomena. Immanuel Kant menyebutkan lebih rinci bahwasannya noumena yang besar/banyak dapat menimbulkan adanya fenomena. Salah satu makalah Bapak mengenai Peran Intuisi Dalam Matematika Menurut Immanuel Kant, disebutkan bahwasanya selamanya manusia tidak akan pernah bisa mengungkap hakekat noumena suatu pengeahuan dibalik fenomena pengetahuan.

    ReplyDelete
  8. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)

    Dunia fenomena berbeda dengan dunia noumena, yang mana merupakan dunia pada dirinya sendiri yang disebut dalam Bahasa Jerman sebagai ‘das Ding an sich’ yang berada di luar perspektif kita. Sesuatu dalam sesuatu itu sendiri, berada melampaui pengalaman kita.
    Kant berpendapat, bahwa kita tidak akan bisa mengetahui dunia noumena. Hal ini selamanya tidak dapat diketahui, karena kita tidak dapat keluar dari perspektif kita tentang dunia.

    ReplyDelete
  9. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Nomena adalah suatu penyebab adanya fenomena. Nomena adalah sesuatu yang ada di dalam dirinya sendiri. Nomena tidak dapat di ketahui lewat panca indera, karena nomena bukanlah fenomena yang dapat diketahui melalui panca indera. Sebagai contoh yang nyata, misalnya fenomena yang terjadi di dunia ini seperti tsunami, maka nomenanya adalah mengapa hal itu bisa terjadi, hanya Allah yang tau. Sebagai manusia mungkin kita hanya menebak-nebak saja. Mungkin karena warganya sudah dzalim, durhaka dengan sang pencipta, atau semua itu karena kerusakan yang diperbuat oleh manusia.

    ReplyDelete
  10. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Noumena merupakan lawan dari istilah “fenomena” yang mengkaji tentang tentang gejala-gejala, objek-objek yang nampak.
    Sehingga dalam noumena yang dikaji merupakan gejala-gejala atau objek-objek yang tidak nampak. Tidak nampak diartikan tidak nampak secara fisik.
    Akan tetapi dapat dirasakan atau dipikirkan.

    ReplyDelete