Dec 2, 2012

METAPHYSICS





 Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang METAPHYSICS, koneklah:






Wss Wr Wb
Marsigit

13 comments:

  1. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Menurut Kant metafisika dipahami sebagai suatu ilmu tentang batas-batas rasionalitas manusia. Dalam diri manusia, menurut Kant, ada fakultas yang berperan dalam menghasilkan pengetahuan yaitu sensibilitas yang berperan dalam menerima berbagai kesan inderawai yang tertata dalam ruang dan waktu dan understanding yang memiliki kategori-kategori yang mengatur dan menyatukan kesan-kesan inderawi menjadi pengetahuan. Kant membagi metafisika menjadi empat bagian penting, yaitu (1) Ontology, (2) Rational Physiology, (3) Rational cosmology, dan (4) Rational theology. Metafisika juga merupakan ilmu pengetahuan mengenai sesuatu yang nonfisik baik itu yang ada atau yang mungkin ada. filsafat merupakan refleksi, elegi dibuat salah satu tujuannya adalah supaya para pembaca mampu untuk merefleksikan dirinya, pembaca mampu untuk menerjemahkan hal-hal yang ada di sekitarnya, danjuga untuk menumbuhkan sikap berpikir kritis akan sesuatu.

    ReplyDelete
  2. Metafisik mengkaji sifat-sifat dari suatu fisik tertentu. Misal warna, apa sifat-sifat yang dimiliki warna? Warna merah menunjukkan keberanian. Warna putih kesucian. Atau bentuk geometri, segitiga berarti kokoh, tegas, memimpin. Atau bilangan satu menunjukkan keEsaan. Atau fenomena alam tertentu dapat dicari metafisiknya.

    ReplyDelete
  3. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Metafisika adalah cabang filsafat yang mengeksplorasi sifat dasar realitas. Metafisika berusaha untuk menjawab dua pertanyaan mendasar: (1) Akhirnya, apa yang ada? (2) Seperti apa itu? Topik penyelidikan metafisik meliputi eksistensi, objek dan sifat, ruang dan waktu, sebab dan akibat, dan kemungkinan. Cabang utama metafisika adalah ontologi, penyelidikan terhadap kategori dasar keberadaan dan bagaimana hubungan mereka satu sama lain. Jadi semua objek yang ada untuk dipelajari dapat dipandang dari berbagai sudut pandang beberapa pengamat.

    ReplyDelete
  4. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof atas link-link yang diberikan
    Berdasarkan beberapa sumber bacaan di atas, saya melihat pengertian metafisik yaitu sebagai studi filosofis yang objeknya adalah untuk menentukan sifat sebenarnya dari sesuatu - untuk menentukan makna, struktur, dan prinsip apa pun sejauh itu.
    Sedikit sulit saya pahai. Sebut saja salah satu poin nya, yaitu studi filosofis yang objeknya adalah untuk menentukan sifat sebenarnya dari sesuatu. Hal itu menimbulkan pertanyaan pada diri saya, apakah selama ini saya memandang suatu objek belum pada sifat sebenarnya?
    Setelah itu barulah saya teringat dengan elegi yang pernah saya baca ditambah dengan penjelasan perkuliahan Filsafat Ilmu lewat contoh kasus yang diberikan, misalkan daun itu berwarna hijau. Maka warna sebenarnya daun itu adalah selain ijuau. Mohon maaf jika saya salah mengartikan.

    ReplyDelete
  5. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Apa yang tampak mata bisa jadi bukanlah hal yang sebenarnya. Seperti objek dalam filsafat yang terdiri dari objek material dan objek formal. Objek ini merupakan sesuatu yang dijadikan sebagai bahan untuk diteliti dalam proses pembentukan pengetahuan. Sehingga, setiap ilmu pengetahuan pastilah memiliki objek. Hal ini juga berkaitan dengan bagaimana seseorang memandang objek tersebut . Metafisik berkaitan dengan objek formal dalam filsafat, yang melihat secara keseluruhan untuk mendapatkan hakikat dari obyek materialnya. Objek formal akan membahasnya sampai pada esensi abstrak tentang apa yang dihadapinya. Seperti pada bahasan perkuliahan beberapa waktu lalu, ketika Bapak menanyakan apa warna dari sebuah handphone. Jika dilihat secara inderawi, warnanya adalah hitam. Namun secara metafisik, warnanya adalah selain hitam.

    ReplyDelete
  6. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Metafisik adalah suatu kajian filsafat yang mempelajari sesuatu yang ada disekitar manusia yang tampak secara keseluruhan oleh panca indra manusia. Dengan memahami metafisik seseorang bisa mengkaji secara mendalam suatu objek. Metafisik meliputi eksistensi suatu objek berdasarkan sebab akibat dan sifanya yang sesuai dengan ruang dan waktu. Di dalam proses pembelajaran metafisik adalah karakter siswa yang harus dipelajari oleh guru agar tujuan pembelajaran yang telah direncanakan dapat tercapai dengan baik, selain itu dengan memahami metafisik dari peserta didik guru lebih mudah dalam memilih dan menerapkan suatu metode pembelajaran.

    ReplyDelete
  7. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. Metafisikan adalah salah-satu unsur dalam kajian filsafat yang beridiri di atas pertanyaan-pertanyaan fundamental terkait dengan keberadaan dan realitas yang menyertainya (Wikipedia). Dalam hal ini, saya tidak terlalu begitu paham kerna rumitnya penjelasan tentang metafisika secara spesifik. Tapi itu membuat saya tertarik untuk terus mempelajarinya.

    ReplyDelete
  8. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Metafisika adalah salah satu cabang Filsafat yang mempelajari dan berusaha memahami mengenai penyebab segala sesuatu sehingga suatu hal menjadi ada. Pemahaman saya mengenai metafisik yaitu misalkan saya melihat meja, meja tersebut terbuat dari katu, berwarna cokelat, berkaki empat, bagian atasnya berbentuk persegi panjang, memiliki laci dan lemari, maka deskripsi tersebut adalah fisik meja yang saya tangkap. Akan tetapi, tentu saja masih ada sifat-sifat yang belum saya ketahui seperti berat meja tersebut berapa, harganya berapa, di dalam laci dan lemari isinya apa. Hal-hal yang belum saya ketahui ini lah yang saya pahami sebagai metafisik

    ReplyDelete
  9. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Menurut Plato, Metaphysics disebut sebagai "a hopeless muddle" not to be made sense of by any "ingenuity of conjecture." ("kekacauan yang tak berujung" tidak dapat dipahami oleh "kecerdikan berspekulasi"). Ini dimuat dalam link http://www.iep.utm.edu/aris-met/ yang didapat dari link http://www.iep.utm.edu/category/m-and-e/metaphysics/. sedangkan dalam KBBI metafisika/me·ta·fi·si·ka/ /m├ętafisika/ diartikan sebagi ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan hal-hal yang nonfisik atau tidak kelihatan.

    ReplyDelete
  10. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, terimakasih prof. Marsigit atas link-link yang anda berikan di atas. Metafisik adalah disebalik yang fisik. Artinya Apa yang tampak mata bisa jadi bukanlah hal yang sebenarnya. Lebih jelasnya metafisika adalah salah satu cabang ilmu filsafat yang mempelajari dan berusaha memahami mengenai penyebab segala sesuatu sehingga suatu hal menjadi ada. Metafisika juga merupakan ilmu pengetahuan mengenai sesuatu yang nonfisik baik itu yang ada atau yang mungkin ada. filsafat merupakan refleksi, elegi dibuat salah satu tujuannya adalah supaya para pembaca mampu untuk merefleksikan dirinya, pembaca mampu untuk menerjemahkan hal-hal yang ada di sekitarnya, danjuga untuk menumbuhkan sikap berpikir kritis akan sesuatu. Dan yang terpenting dalam membahas metafisik adalah apakah disebalik kita membaca elegi dan menulis komentar terdapat keikhlasan yang benar-benar tulus untuk mempelajari dan mengambil hikmah dari belajar filsafat ini? saya pun sedang dalam proses dan tahap belajar ikhlas dalam mengerjakan segala sesuatunya. Wallahu'alam bishowab

    ReplyDelete
  11. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Metafisika merupakan salah satu cabang tradisional filsafat yang mempelajari dan memahami penyebab segala sesuatu sehingga hal tertentu menjadi ada. Dengan kata lain metafisika menjelaskan sifat dasar dari keberadaan di dunia. . Misalnya, keberadaan, benda dan sifat, ruang dan waktu, sebab dan akibat, dan kemungkinan. Metafisika berkaitan dengan sifat manusia dan hubungannnya secara kontekstual dan individu dengan realita dalam alam semesta; sifat dan fakta bagi tujuan, perilaku, penyebab, dan aturan; problem pilihan, khususnya kebebasan versus determinisme pada perilaku manusia. Metafisika berusaha menjawab pertanyaan, apakah ada? Dan seperti apa? Cabang utama metafisika ada dua yaitu otologi dan kosmologi. Otologi menekankan pada bagaimana mereka berhubungan satu sama lain. sedangakan kosmologi menekankan pada studi tentang totalitas dari semua fenomena dalam alam semesta

    ReplyDelete
  12. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Metafisik adalah cabang filsafat yang mengeksplorasi pertanyaan mendasar untuk menemukan sifat-sifat dari suatu objek, ruang dan waktu, eksistensi dan kemungkinan. Cabang utamany aadalah penyelidikan terhadap keberadaan objek dan hubungan objek tersebut dengan yang lain. Metafisik adalah melihat suatu objek secara menyeluruh untuk mendapatkan hakikat dari objek materialnya. Sehingga dapat diartikan metafsisik adalah ilmu pengetahuan yang melihat sesuatu yang tak terlihat, karena metafisik itu apa yang ada dibalik sebuah fisik dari suatu objek.

    ReplyDelete
  13. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Metafisik dapat dimaknai sebagai aplikasi dari penyebab sesuatu menjadi ada. Aplikasi dari metafisika dalam pembelajaran dapat berupa kaitan pemikiran siswa berupa pengetahuan, akal, yang bekerjasama dalam menyampaikan pemikirannya tersebut dalam komunikasi agar menjadi tampak pemikirannya. Hal ini dpat ditunjang dengan proses diskusi, karena saat diskusi siswa akan lebih nyaman menyampaikan pendapatnya di depan teman-temannya. Oleh karena itu dalam membuat LKS untuk dikerjakan secara diskusi seorang guru dapat membuat konten dalam LKS yang lebih menantang sehingga terdapat dan terciptanya diskusi lebih kondusif dan semua siswa lebih dapat berpartisipasi.

    ReplyDelete