Dec 1, 2012

SCIENTISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang SCIENTISM, konek ke berikut ini:















Wss Wr Wb
Marsigit












10 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Saintisme memiliki kata dasar yaitu 'sains', yaitu salah satu pandangan mengenai metode ilmiah sains memiliki kegunaan yang sangat dalam kehidupan manusia di bumi. Sains artinya adalah ilmu alam, sehingga perlu dipahami bahwa metode induksi ilmiah berguna dalam ilmu alam, dan bukan semua ilmu kehidupan. Sebagai contoh dalam ilmu sosial tidak bisa menggunakan metode ilmiah, karena semua tindakan sosial perlu ditindak dari penyebab atau niat dari tindakan tersebut. Perlu kebijaksanaan dalam mengidolakan metode sains, jangan sampai terlalu fanatik hingga berpikiran yang tidak rasional.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Scientisme adalah suatu paham bahwa pernyataan ilmu saja yang benar, yang selain ilmu tidak memiliki arti. Scientisme bisa mengacu pada penggunaan yang salah dari ilmu pengetahuan atau pemikiran bahwa metode atau kategorisasi dari filsafat alam membentuk satu-satunya metode yang sah dalam filsafat atau bidang pengetahuan yang lain, dan scientisme bisa memiliki jangkauan makna yang banyak. Dalam scientisme kebenaran yang dianut adalah kebenaran ilmiah. Kebenaran ilmiah ini mengalahkan kebenaran lainnya, bahkan (dalam versi yang kuat) kebenaran lain dianggap tidak bermakna. Sayangnya Scientisme ini sendiri memiliki kelemahan yang fatal. Kelemahan itu adalah bahwa Scientisme sendiri menghancurkan dirinya sendiri.


    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Saintisme berkaitan dengan sains yang merujuk kepada hal-hal yang bersifat ilmiah. Saintisme adalah istilah yang digunakan untuk kepercayaan bahwa metode da n pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Saintisme beranggapan bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar . Dengan cara ilmiah ini kita mampu menemukan suatu konsep pemahaman yang baru dan dapat kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari.

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Saintisme adalah suatu paham (isme) falsafati yang meyakini kebenaran pernyataan bahwa pengetahuan manusia yang benar itu hanya dapat diperoleh melalui metode sains dimana bersaranakan rasio dan sekaligus indra manusia. Yang masuk akal harus dibuktikan sebagai true knowledge berdasarkan hasil pengamatan dan pengukuranyang indrawi, sedangkan yang teramati secara indrawi harus bisa disimpulkan sebagai sesuatu yang ‘benar’ berdasarkan prosedur logika.

    ReplyDelete
  5. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Scientism adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penerapan metode dan pendekatan ilmiah secara universal, dan pandangan bahwa sains empiris merupakan pandangan dunia yang paling otoritatif atau bagian paling berharga dari pembelajaran manusia - dengan mengesampingkan sudut pandang lain. Oleh karena itu, filsuf Tom Sorell memberikan definisi tentang sains ini: "Ilmu pengetahuan adalah masalah menempatkan nilai ilmiah sains yang terlalu tinggi dibandingkan dengan cabang pembelajaran atau budaya lainnya."
    Sejarawan Richard G. Olson mendefinisikan saintisme sebagai "upaya untuk memperluas gagasan ilmiah, metode, praktik, dan sikap terhadap masalah-masalah kepedulian sosial dan politik manusia." (1) Tapi formulasi ini sangat luas sehingga hampir tidak berguna. Filsuf Tom Sorell menawarkan definisi yang lebih tepat: "Ilmu pengetahuan adalah masalah untuk memberi nilai ilmiah yang tinggi kepada ilmu pengetahuan dibandingkan dengan cabang pembelajaran atau budaya lainnya." (2) Ahli fisika MIT Ian Hutchinson menawarkan versi yang terkait erat, namun lebih ekstrem. : "Ilmu pengetahuan, yang meniru ilmu pengetahuan alam, adalah satu-satunya sumber pengetahuan sejati." (3) Dua definisi terakhir jauh lebih tepat dan akan membantu kita mengevaluasi kelebihan ilmu pengetahuan dengan lebih baik.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Saintisme adalah aliran pandangan yang menganggap ilmu sebagai satu-satunya jalan bagi pengetahuan manusia.
    Scientisme adalah suatu paham bahwa pernyataan ilmu saja yang benar, yang selain ilmu tidak memiliki arti.Dalam Scientisme kebenaran yang dianut adalah kebenaran ilmiah. Kebenaran ilmiah ini mengalahkan kebenaran lainnya.Menurut Scientisme, Ilmu empiris hanyalah satu-satunya sumber pengetahuan (Scientisme kuat) atau lebih moderat (scientisme lemah) sumber terbaik dari kepercayaan dari kepercayaan rasional tentang sesuatu adalah ilmu empiris.

    ReplyDelete
  7. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    Pendidikan Matematika A 2014

    Saintisme adalah istilah yang digunakan untuk menganggap bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan di segala hal, bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Saintisme telah didefinisikan sebagai "pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar.

    ReplyDelete
  8. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Istilah saintisme memiliki dua makna peyoratif:
    1. Untuk menunjukkan penggunaan istilah sains atau klaim ilmiah yang tidak tepat.
    2. Untuk merujuk kepada "kepercayaan bahwa metode sains alam, atau kategori dan hal yang diakui dalam sains alam, merupakan satu-satunya hal yang tepat dalam filsafat atau penyelidikan lainnya, atau bahwa sains, dan satu-satunya sains, yang mendeskripsikan dunia sebagaimana mestinya, independen dari sudut pandang seiring dengan "penghapusan dimensi psikologis pengalaman.

    ReplyDelete
  9. Nahrul Pintoko AjiApril 20, 2017 at 1:07 PM

    Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam istilah sehari hari sering kita mendengar kata saintisme. misalnya "orang itu saintis sekali", "aku seeneng sama orang yang saintis" dan lain sebagainya. Dengan sering mendengar kata ini dalam susunan kalimat kita dapat mengkonstruksikan sendiri definisi dari saintisme. Kesalahan seseorang dalam mengkonstruksikan sendiri kata saintisme terjadi karena kata yang ia dengar dari orang, berada pada susunan kata yang salah, atau orang yang mengatakan belum memahami kata saintisme. Maka perlu untuk membaca referensi yang terpercaya.

    ReplyDelete
  10. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Scientism adalah aliran pandangan yang menganggap ilmu sebagai satu-satunya jalan bagi pengetahuan manusia. Scientism adalah suatu paham bahwa pernyataan ilmu saja yang benar, yang selain ilmu tidak memiliki arti. Dalam scientism kebenaran yang dianut adalah kebenaran ilmiah. Kebenaran ilmiah ini mengalahkan kebenaran lainnya. Menurut scientism, ilmu empiris hanyalah satu-satunya sumber pengetahuan terbaik dari kepercayaan rasional tentang sesuatu.

    ReplyDelete