Dec 1, 2012

SCIENTISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang SCIENTISM, konek ke berikut ini:















Wss Wr Wb
Marsigit












29 comments:

  1. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Saya mencoba memahami bahwa saintisme memiliki hubungan kedekatan dengan alam juga.llmu-ilmu sains telah berkembang melejut pesat di dalam kehidupan dan menjadi konsumsi khalayak umum.Seperti biologi, fisika dan matematika murni.Namun yang menjadi pertanyaan besar apakah benar hal tersebut dapat dikatakan suatu ilmu?Yang menjadi sebabnya adalah nilai kebenaran yang masih menimbulkan skeptis.Diamana kebenaran berdasarkan suatu penghakiman secara dogmatis dengan tidak didasarkan pada epistimologis dan ontologisms.Jikalau diamati saintisme terkadang cenderung mengabaikan sudut pandang dari paham yang lain.Dengan memegang prinsip terkait pada pernyataan umum.

    ReplyDelete
  2. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Scientism merupakan pandangan atau paham tentang sesuatu yang didasarkan secara ilmiah atau metode ilmiah. Banyak anggapan bahwa saintisme sebagai satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar. Namun sayangnya pemahaman manusia terhadap sains sering dibenturkan antara sains ilmu murni dengan ilmu-ilmu sosial dan agama, padalah sejatinya kedua hal yang dianggap bertentangan tersebut dapat saling mendukung satu dengan yang lainnya.

    ReplyDelete
  3. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Saintisme ini merupakan suatu paham bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Artinya Saintisme ini mempercayai bahwa ilmu pengetahuanlah yang paling benar sedangkan yang lain tidak memiliki arti. Menurut Scientisme, Ilmu empiris hanyalah satu-satunya sumber pengetahuan (Scientisme kuat) atau lebih moderat (scientisme lemah) sumber terbaik dari kepercayaan dari kepercayaan rasional tentang sesuatu adalah ilmu empiris.

    ReplyDelete
  4. 352. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Istilah Scientism (saintisme) erat kaitannya dengan metode dan pendekatan ilmiah yang dapat di terapkan di berbagai hal. Saintisme berkembang menjadi suatu system lama manusia yang dianggap penuh dengan keyakinan tidak rasional. Dalam hal ini , metode yang seringkali digunakan adalah metode induktif yang mampu mengahsilkan pengetahuan yang benar dan mampu dipahamai dan diterima masyarakat. Terima Kasih

    ReplyDelete
  5. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Saya tertarik untuk membuka link http://cns-alumni.bu.edu/~slehar/Scientism.pdf. Link tersebut berisi artikel tentang ilmu pengetahuan sebagai suatu sistem etika berdasarkan alasan tanpa bantuan keyakinan supranatural. Penulis tersebut adalah Steven Lehar. Steven menyatakan bahwa Ilmu pengetahuan adalah keyakinan bahwa sains dan metode penyelidikan skeptisnya itu adalah jalan yang paling dapat diandalkan menuju kebenaran.

    ReplyDelete
  6. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.
    Saintisme adalah suatu paham filsafat yang meyakini kebenaran pernyataan bahwa pengetahuan manusia yang benar itu hanya dapat diperoleh melalui suatu metode yang disebut metode sains. Saintisme adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penerapan universal metode ilmiah dan pendekatan, dan pandangan bahwa ilmu pengetahuan empiris merupakan cara pandang paling berwenang atau bagian paling berharga dari pembelajaran manusia -dengan mengesampingkan sudut pandang lain. Saintisme telah didefinisikan sebagai "pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar. Menurut paham ini, pengetahuan manusia disebut benar apabila memenuhi dua syarat pembuktian ; ialah masuk akal dan terdeteksi serta teridentifikasi secara indrawi.

    ReplyDelete
  7. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas, saintisme adalah sebuah pandangan yang mempercayai bahwa metode dan pendekatan ilmiah bisa diterapkan dalam berbagai aspek. Saintisme juga mendefinisikan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan dapat menghasilkan pengetahuan yang benar bagi manusia dan masyarakatnya. Metode induktif adalah suatu metode yang mengatakan bahwa pernyataan umum (teori) harus didasarkan pada pengamatan empiris yang kemudian digeneralisasi ke dalam laporan yang dapat dianggap benar atau mungkin benar.

    ReplyDelete
  8. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Scientism merupakan suatu kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal. Scientism didefinisikan sebagai pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar. Pendidikan di Indonesia sendiri pernah menganut keyakinan ini, yaitu diawal penerapan kurikulum 2013 dimana pendekatan saintifik merupakan suatu hal yang wajib. Padahal sebenarnya pendekatan saintifik tidak dapat diterapkan di semua materi.

    ReplyDelete
  9. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Saintisme adalah aliran yang memercayai bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Saintisme didefinisikan sebagai pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar. Pedidikan di Indonesia sendiri pada kurikulum 2013 telah mewajibkan penerapan metode saintifik untuk semua mata pelajaran.

    ReplyDelete
  10. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Sebelum scientism saya membaca mengenai naturalism. Terlihat sangat berbeda antara scientism dengan naturalism. Jika naturalism sebuah paham yang berpusat secara alami atau alam semesta, kalau scientism adalah sebuah opaham yang berpusat secara alamiah. Dalam artian, pada paham ini meyakini bahwa segala sesuatu berasal secara alamiah. Pandangan secara alamiah ini yang paling diunggulkan untuk menyingkirkan atau mengabaikan padangan lain.

    ReplyDelete
  11. Junianto
    PM C

    Paham ini menjunjung tinggi keilmiahan dalam segala hal terutama dalam hal memperoleh pengetahuan baru/ penelitian. Metode ilmiah seperti ontologi, epistimologi dan aksiologi menjadi hal yang utama dalam konsep ini. Penganut scientisicm juga menganggap bahwa ilmu pengetahuanlah yang paling benar karena memiliki metode yang ilmiah dan memiliki bukti empiris.

    ReplyDelete
  12. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Scientisme adalah suatu paham bahwa pernyataan ilmu saja yang benar, yang selain ilmu tidak memiliki arti. Paham ini bisa mengacu pada penggunaan yang salah dari ilmu pengetahuan atau pemikiran bahwa metode atau kategorisasi dari filsafat alam membentuk satu-satunya metode yang sah dalam filsafat atau bidang pengetahuan yang lain, dan scientisme bisa memiliki jangkauan makna yang banyak.

    ReplyDelete
  13. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Saintisme merupakan aliran pandangan yang menganggap ilmu sebagai satu-satunya jalan bagi pengetahuan manusia. Dalam scientisme, kebenaran yang dianut adalah kebenaran ilmiah. Kebenaran ilmiah ini mengalahkan kebenaran lainnya. Menurut Scientisme, Ilmu empiris hanyalah satu-satunya sumber pengetahuan (Scientisme kuat) atau lebih moderat (scientisme lemah) yang menjadi sumber terbaik dari kepercayaan dari kepercayaan rasional tentang sesuatu adalah ilmu empiris. Dengan demikian, scientisme merupakan aliran yang sering digunakan oleh para peneliti dalam melakukan percobaan atau penelitiannya.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  14. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Dalam Saintisme kebenaran yang dianut adalah kebenaran ilmiah. Kebenaran ilmiah ini mengalahkan kebenaran lainnya. Menurut Saintisme, Ilmu empiris hanyalah satu-satunya sumber pengetahuan (Saintisme kuat) atau lebih moderat (Saintisme lemah) sumber terbaik dari kepercayaan dari kepercayaan rasional tentang sesuatu adalah ilmu empiris.

    ReplyDelete
  15. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Scientisme adalah sebuah pandangan bahwa semua pengetahuan sebenarnya adalah pengetahuan ilmiah, tidak ada bentuk penyelidikan objektif dan rasional yang bukan cabang sains. Dalam filsafat sains, istilah "scientism" sering menyiratkan kritik terhadap ekspresi positivisme logis yang lebih ekstrem dan telah digunakan oleh ilmuwan sosial seperti Friedrich Hayek, filsuf sains seperti Karl Popper , dan filsuf seperti Hilary Putnam serta Tzvetan Todorov untuk menggambarkan dukungan dogmatis metodologi ilmiah dan pengurangan semua pengetahuan hanya pada yang diukur atau dikonfirmasikan.

    ReplyDelete
  16. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa scientism secara umum memiliki dua arti yaitu penggunaan sains ataupun klaim sains yang tidak benar. Misalnya ketika topik yang dibicarakan melebihi cakupan sains. Yang kedua adalah scientism dipandang sebagai kepercayaan mengenai metode sains membentuk satu-satunya elemenyang benar dalam filsafat atau bidang lain.

    ReplyDelete
  17. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Scientism adalah paham yang memandang satu-satunya sumber pengetahuan yang benar adalah pada sains. Paham yang memandang dunia dari ilmiah. Dimana dengan sains dapat menghasilakn pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar. Pendekatan ilmiah merupakan pendekatan dengan melakukan proses penelitian, penelitian disini tidak harus secara formal dengan menulis. Tetapi lebih cenderung pada investigasi terhadap fakta-fakta yang ada untuk memperoleh pengetahuan baru. Dari fakta-fakta tersebut kemudian dibuat dugaan sementara yang kemudian dibuktikan dalam proses penelitian, sehingga mendapat kesimpulan yang baik dan benar.

    ReplyDelete
  18. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Saintisme adalah sebuah sekte yang hanya membenarkan segala sesuatu, jika telah terbukti secara imliah. Cara yang digunakan untuk membuktikan suatu kebenaran adalah dengan menggunakan metode ilmiah dan penelitian. Dalam prosesnya, pembuktian pembenaran ini memerlukan pemikiran yang rasional. Terimakasih

    ReplyDelete
  19. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Scientism adalah istilah yang umumnya digunakan untuk menggambarkan proses sains. Scientisme juga merupakan suatu paham bahwa yang menyatakan bahwa ilmu yang diperoleh dengan proses sains saja yang benar, selain ilmu tidak memiliki arti apapun. Menurut saya, kita boleh saja mengagungkan ilmu, akan tetapi tidak boleh sampai melupakan aspek yang terpenting yakni aspek spiritual atau keberadaan Dzat yang kuasa (Tuhan YME), karena sebenar-benarnya ilmu yang luar biasa pun tidak akan ada tanpa seizin Allah SWT.

    ReplyDelete
  20. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Seorang saintis adalah intelektual yang berkiprah untuk memajukan dunia pengetahuan serta teknologi melalui alam. Sebagai seorang yang mengerti akan majunya dunia sains dan teknologi, saintis memiliki peranan penting untuk meningkatkan kecerdasan bangsa. Memiliki potensi besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan, saintis berupaya memperbaiki kualitas penelitian di berbagai bidang. Namun acapkali seorang saintis dihadapkan pada permasalahan ideologi yang mereka pegang. Mereka sering mendewakan akal pikiran mereka sendiri dan tidak mau kembali kepada ajaran ilmu pengetahuan yang seharusnya membuat mereka percaya kepada Tuhan. Semoga kita sebagai orang yang berkecimpung dalam sains tetap berpegang teguh pada pedoman agama.

    ReplyDelete
  21. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Scientism merupakan kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Saintis memiliki pandangan terhadap sesuatu secara ilmiah. Artinya adanya kegiatan iliah dalam membuktikan suatu kebenaran terhadap suatu hal.
    seorang saintis handal akan memanfaatkan alam sebagai sumber pemikirannya.

    ReplyDelete
  22. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Sepemahaman saya, scientism merupakan pemahaman yang memandang sains sebagai yang paling tinggi di dunia. Para penganutnya percaya bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Saya rasa, ini merupakan cikal bakal lahirnya ajaran scientology yang juga memuja ilmu pengetahuan dan teknologi.

    ReplyDelete
  23. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Saintisme merupakan istilah yang digunakan untuk kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Istilah saintisme memiliki dua makna peyoratif yaitu untuk menunjukkan penggunaan istilah sains atau klaim ilmiah yang tidak teapat dan untuk merujuk kepada kepercayaan bahwa metode sains alam atau kategori dan hal yang diakui dalam sains alam, merupakan satu-satunya hal yang tepat dalam filsafat atau penyelidikan lainnya. Sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Saintisme .

    ReplyDelete
  24. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    paham ini lebih condong memiliki keyakinan bahwa pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal yang ada di dunia ini tanpa terkecuali. Sehingga, dasar atas apa yang digunakan dalam segala hal yang ada dan yang mungkin ada adalah pendekatan ilmiah.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  25. Andi Gusmaulia Eka Putri.
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Saintisme adalah istilah yang digunakan untuk kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains merupakan cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga mampu menyingkirkan cara pandang lainnya.
    Istilah saintisme memiliki dua makna yaitu untuk menunjukkan penggunaan istilah sains yang tidak tepat atau untuk merujuk pada kepercayaan bahwa metode sains alam/ kategori dan hal yang diakui dalam sains lama yang merupakan satu-satunya hal yang tepat dalam filsafat. seorang yang saintisme meyakini bahwa adanya kebenaran objekstif dan pengetahuan diperoleh secara empiris.

    ReplyDelete
  26. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Scientisim merupakan pandangan bahwa semua pengetahuan sebenarnya adalah pengetahuan ilmiah, dimana tidak ada bentuk penyelidikan objektif dan rasional yang bukan cabang sains. Dalam filsafat sains, istilah "scientism" sering menyiratkan kritik terhadap ekspresi positivisme logis yang lebih ekstrem dan telah digunakan oleh ilmuwan sosial seperti Friedrich Hayek, filsuf sains seperti Karl Popper dan filsuf seperti Hilary Putnam dan Tzvetan Todorov untuk menggambarkan dukungan dogmatis metodologi ilmiah dan pengurangan semua pengetahuan hanya pada yang diukur atau dikonfirmasikan.

    ReplyDelete
  27. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Para penganut paham saintisme beranggapan bahwa segala sesuatu yang ada harus dapat dibuktikan kebenarannya menggunakan metode atau pendekatan ilmiah/ sains. Menurutnya, sains menjadi satu-satunya metode yang paling dapat dipercaya dan paling valid dalam menentukan kebenaran suatu fenomena. Adanya bukti-bukti empiris dinilai semakin memperkuat kebenaran suatu hal. Segala yang tidak dapat dibuktikan secara ilmiah, tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

    ReplyDelete
  28. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Saintisme mengarah kepada kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar sampai-sampai melahirkan saintologi.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  29. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Dapat juga diartikan sebagai kepercayaan bahwa metode sains alam, atau kategori dan hal yang diakui dalam sains alam, merupakan satu-satunya hal yang tepat dalam filsafat atau penyelidikan lainnya, bahwa sains, dan satu-satunya sains, yang mendeskripsikan dunia sebagaimana mestinya, independen dari sudut pandang, seiring dengan penghapusan dimensi psikologis pengalaman

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete