Dec 1, 2012

SCIENTISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang SCIENTISM, konek ke berikut ini:















Wss Wr Wb
Marsigit












39 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Saintisme memiliki kata dasar yaitu 'sains', yaitu salah satu pandangan mengenai metode ilmiah sains memiliki kegunaan yang sangat dalam kehidupan manusia di bumi. Sains artinya adalah ilmu alam, sehingga perlu dipahami bahwa metode induksi ilmiah berguna dalam ilmu alam, dan bukan semua ilmu kehidupan. Sebagai contoh dalam ilmu sosial tidak bisa menggunakan metode ilmiah, karena semua tindakan sosial perlu ditindak dari penyebab atau niat dari tindakan tersebut. Perlu kebijaksanaan dalam mengidolakan metode sains, jangan sampai terlalu fanatik hingga berpikiran yang tidak rasional.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Scientisme adalah suatu paham bahwa pernyataan ilmu saja yang benar, yang selain ilmu tidak memiliki arti. Scientisme bisa mengacu pada penggunaan yang salah dari ilmu pengetahuan atau pemikiran bahwa metode atau kategorisasi dari filsafat alam membentuk satu-satunya metode yang sah dalam filsafat atau bidang pengetahuan yang lain, dan scientisme bisa memiliki jangkauan makna yang banyak. Dalam scientisme kebenaran yang dianut adalah kebenaran ilmiah. Kebenaran ilmiah ini mengalahkan kebenaran lainnya, bahkan (dalam versi yang kuat) kebenaran lain dianggap tidak bermakna. Sayangnya Scientisme ini sendiri memiliki kelemahan yang fatal. Kelemahan itu adalah bahwa Scientisme sendiri menghancurkan dirinya sendiri.


    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Saintisme berkaitan dengan sains yang merujuk kepada hal-hal yang bersifat ilmiah. Saintisme adalah istilah yang digunakan untuk kepercayaan bahwa metode da n pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Saintisme beranggapan bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar . Dengan cara ilmiah ini kita mampu menemukan suatu konsep pemahaman yang baru dan dapat kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari.

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Saintisme adalah suatu paham (isme) falsafati yang meyakini kebenaran pernyataan bahwa pengetahuan manusia yang benar itu hanya dapat diperoleh melalui metode sains dimana bersaranakan rasio dan sekaligus indra manusia. Yang masuk akal harus dibuktikan sebagai true knowledge berdasarkan hasil pengamatan dan pengukuranyang indrawi, sedangkan yang teramati secara indrawi harus bisa disimpulkan sebagai sesuatu yang ‘benar’ berdasarkan prosedur logika.

    ReplyDelete
  5. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Scientism adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penerapan metode dan pendekatan ilmiah secara universal, dan pandangan bahwa sains empiris merupakan pandangan dunia yang paling otoritatif atau bagian paling berharga dari pembelajaran manusia - dengan mengesampingkan sudut pandang lain. Oleh karena itu, filsuf Tom Sorell memberikan definisi tentang sains ini: "Ilmu pengetahuan adalah masalah menempatkan nilai ilmiah sains yang terlalu tinggi dibandingkan dengan cabang pembelajaran atau budaya lainnya."
    Sejarawan Richard G. Olson mendefinisikan saintisme sebagai "upaya untuk memperluas gagasan ilmiah, metode, praktik, dan sikap terhadap masalah-masalah kepedulian sosial dan politik manusia." (1) Tapi formulasi ini sangat luas sehingga hampir tidak berguna. Filsuf Tom Sorell menawarkan definisi yang lebih tepat: "Ilmu pengetahuan adalah masalah untuk memberi nilai ilmiah yang tinggi kepada ilmu pengetahuan dibandingkan dengan cabang pembelajaran atau budaya lainnya." (2) Ahli fisika MIT Ian Hutchinson menawarkan versi yang terkait erat, namun lebih ekstrem. : "Ilmu pengetahuan, yang meniru ilmu pengetahuan alam, adalah satu-satunya sumber pengetahuan sejati." (3) Dua definisi terakhir jauh lebih tepat dan akan membantu kita mengevaluasi kelebihan ilmu pengetahuan dengan lebih baik.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Saintisme adalah aliran pandangan yang menganggap ilmu sebagai satu-satunya jalan bagi pengetahuan manusia.
    Scientisme adalah suatu paham bahwa pernyataan ilmu saja yang benar, yang selain ilmu tidak memiliki arti.Dalam Scientisme kebenaran yang dianut adalah kebenaran ilmiah. Kebenaran ilmiah ini mengalahkan kebenaran lainnya.Menurut Scientisme, Ilmu empiris hanyalah satu-satunya sumber pengetahuan (Scientisme kuat) atau lebih moderat (scientisme lemah) sumber terbaik dari kepercayaan dari kepercayaan rasional tentang sesuatu adalah ilmu empiris.

    ReplyDelete
  7. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    Pendidikan Matematika A 2014

    Saintisme adalah istilah yang digunakan untuk menganggap bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan di segala hal, bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Saintisme telah didefinisikan sebagai "pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar.

    ReplyDelete
  8. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Istilah saintisme memiliki dua makna peyoratif:
    1. Untuk menunjukkan penggunaan istilah sains atau klaim ilmiah yang tidak tepat.
    2. Untuk merujuk kepada "kepercayaan bahwa metode sains alam, atau kategori dan hal yang diakui dalam sains alam, merupakan satu-satunya hal yang tepat dalam filsafat atau penyelidikan lainnya, atau bahwa sains, dan satu-satunya sains, yang mendeskripsikan dunia sebagaimana mestinya, independen dari sudut pandang seiring dengan "penghapusan dimensi psikologis pengalaman.

    ReplyDelete
  9. Nahrul Pintoko AjiApril 20, 2017 at 1:07 PM

    Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam istilah sehari hari sering kita mendengar kata saintisme. misalnya "orang itu saintis sekali", "aku seeneng sama orang yang saintis" dan lain sebagainya. Dengan sering mendengar kata ini dalam susunan kalimat kita dapat mengkonstruksikan sendiri definisi dari saintisme. Kesalahan seseorang dalam mengkonstruksikan sendiri kata saintisme terjadi karena kata yang ia dengar dari orang, berada pada susunan kata yang salah, atau orang yang mengatakan belum memahami kata saintisme. Maka perlu untuk membaca referensi yang terpercaya.

    ReplyDelete
  10. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Scientism adalah aliran pandangan yang menganggap ilmu sebagai satu-satunya jalan bagi pengetahuan manusia. Scientism adalah suatu paham bahwa pernyataan ilmu saja yang benar, yang selain ilmu tidak memiliki arti. Dalam scientism kebenaran yang dianut adalah kebenaran ilmiah. Kebenaran ilmiah ini mengalahkan kebenaran lainnya. Menurut scientism, ilmu empiris hanyalah satu-satunya sumber pengetahuan terbaik dari kepercayaan rasional tentang sesuatu.

    ReplyDelete
  11. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Scientism atau ilmu pengetahuan sebagai upaya untuk memperluas gagasan ilmiah, metodem praktekm dan sikap terhadap masalah-masalah yang berhubungan dengan semua aspek dalam kehidupan manusia seperti aspek sosial, budaya, politik dan lain sebagainya. Penjelasan fenomena yang terjadi dalam kehidupan manusia dapat dideskripsikan secara ilmiah atau menggunakan scientism. Apapun usaha yang manusia lakukan haruslah ada batasan secara umum agar ketika mendapatkan kritik dan saran dari orang lain agar apapun yang dilakukannya ke depan akan lebih baik dari yang telah dilakukannya kemaren.

    ReplyDelete
  12. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Saintisme merupakan istilah yang digunakan untuk kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal.
    Dalam paham ini pendekatan ilmiah sebagai dasar yang digunakan dalam segala hal yang ada dan mungkin ada di dunia ini.

    ReplyDelete
  13. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Saintisme didefinisikan sebagai pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar.
    Semua pengetahuan yang ada diperoleh dari hal-hal di sekitar sebagai hasil pengalaman.

    ReplyDelete
  14. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link http://www.kompasiana.com/agus.arianto10/aliran-aliran-dalam-epistemologi_552ff0c56ea834976e8b4580 Scientisme adalah suatu paham bahwa pernyataan ilmu saja yang benar, yang selain ilmu tidak memiliki arti. Kadang k ata ini digunakan oleh sosiolog seperti Friedrich Hayek atau filsuf seperti Karl Popper, kadang digunakan untuk merujuk pada perkembangan ilmu alam yang condong menjadi ideologi. Scientisme bisa mengacu pada penggunaan yang salah dari ilmu pengetahuan atau pemikiran bahwa metode atau kategorisasi dari filsafat alam membentuk satu-satunya metode yang sah dalam filsafat atau bidang pengetahuan yang lain, dan scientisme bisa memiliki jangkauan makna yang banyak.

    ReplyDelete
  15. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://en.wikipedia.org/wiki/Scientism Ilmu pengetahuan bisa merujuk pada sains yang diterapkan "secara berlebihan". Istilah saintisme dapat diterapkan dalam dua pengertian: Untuk menunjukkan penggunaan sains atau klaim ilmiah yang tidak tepat. Penggunaan ini berlaku sama dalam konteks di mana sains mungkin tidak berlaku, seperti ketika topik dianggap berada di luar cakupan penyelidikan ilmiah, dan dalam konteks di mana tidak ada cukup bukti empiris untuk membenarkan sebuah kesimpulan ilmiah. Ini mencakup penghormatan yang berlebihan terhadap klaim yang dibuat oleh para ilmuwan atau keinginan yang tidak kritis untuk menerima hasil yang digambarkan sebagai ilmiah. Ini bisa menjadi counterargument untuk menarik otoritas ilmiah. Hal ini juga dapat mengatasi upaya untuk menerapkan metodologi "pengetahuan sains keras" dan klaim kepastian terhadap ilmu sosial, yang oleh Friedrich Hayek dijelaskan dalam The Counter-Revolution of Science (1952) sebagai sesuatu yang tidak mungkin, karena metodologi tersebut melibatkan usaha untuk menghilangkan "manusia Faktor ", sedangkan bidang ilmu sosial (termasuk bidang ekonominya sendiri) hampir sepenuhnya bergantung pada tindakan manusia. Untuk merujuk pada "keyakinan bahwa metode ilmu pengetahuan alam, atau kategori dan hal-hal yang diakui dalam ilmu pengetahuan alam, membentuk satu-satunya unsur yang tepat dalam penyelidikan filosofis atau lainnya",atau bahwa "sains, dan hanya sains, menggambarkan Dunia seperti itu sendiri, terlepas dari perspektif “dengan" eliminasi dimensi psikologis [dan spiritual] pengalaman "bersamaan.

    ReplyDelete
  16. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Saintisme dapat dipandang sebagai "upaya untuk memperluas ide-ide ilmiah, metode, praktik, dan sikap untuk hal kepedulian sosial dan politik manusia". Tetapi formulasi ini begitu luas, sehingga filsuf Tom Sorell menawarkan definisi yang lebih tepat: "Saintisme adalah masalah yang menempatkan nilai pada ilmu alam/ide ilmiah sebagai yang tertinggi dibandingkan dengan cabang ilmu lain.

    ReplyDelete
  17. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Selanjutnya seorang fisikawan Ian Hutchinson menawarkan definisi yang berkaitan erat dengan definisi sebelumnya, namun lebih ekstrim, yaitu bahwa saintisme adalah ilmu berpusat pada ilmu alam yang bersifat imiah dan merupakan satu-satunya sumber pengetahuan yang nyata

    ReplyDelete
  18. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Saintisme adalah istilah yang digunakan untuk (biasanya secara peyoratif) kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Saintisme telah didefinisikan sebagai "pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar."

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Scientism is a term used to describe the universal applicability of the scientific method and approach, and the view that empirical science constitutes the most authoritative worldview or the most valuable part of human learning—to the exclusion of other viewpoints. It has been defined as "the view that the characteristic inductive methods of the natural sciences are the only source of genuine factual knowledge and, in particular, that they alone can yield true knowledge about man and society".
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Scientism

    ReplyDelete
  21. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Scientism adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penerapan metode dan pendekatan ilmiah secara universal, dan pandangan bahwa sains empiris merupakan pandangan dunia yang paling otoritatif atau bagian paling berharga dari pembelajaran manusia - dengan mengesampingkan sudut pandang lain. Ini telah didefinisikan sebagai pandangan bahwa metode induktif karakteristik ilmu pengetahuan alam adalah satu-satunya sumber pengetahuan faktual sejati dan, khususnya, bahwa mereka sendiri dapat menghasilkan pengetahuan sejati tentang manusia dan masyarakat. Istilah scientism juga digunakan oleh sejarawan, filsuf, dan kritikus budaya untuk menyoroti kemungkinan bahaya penyimpangan terhadap reduksionisme yang berlebihan di semua bidang pengetahuan manusia.

    ReplyDelete
  22. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Saintisme adalah suatu paham (isme) falsafati yang meyakini kebenaran pernyataan bahwa pengetahuan manusia yang benar itu hanya dapat diperoleh melalui suatu metode – satu-satunya metode! – yang disebut metode sains. Inilah metode yang harus digunakan tatkala orang melakukan pencarian (searching and researching) guna menemukan pengetahuan baru bersaranakan rasio dan sekaligus indra manusia. Menurut paham ini, pengetahuan manusia itu baru boleh disebut benar (‘benar’ dalam arti true, danbukan right) apabila memenuhi dua syarat pembuktian ; ialah masuk akal dan terdeteksi serta teridentifikasi secara indrawi. Yang masuk akal harus dibuktikan sebagai true knowledge berdasarkan hasil pengamatan dan pengukuranyang indrawi, sedangkan yang teramati secara indrawi harus bisa disimpulkan sebagai sesuatu yang ‘benar’ berdasarkan prosedur logika.

    ReplyDelete
  23. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Sains hanyalah alat kita untuk memahami cara alam semesta bekerja. Masing-masing dari kita dapat saja menemui fakta-fakta yg berbeda yang pada akhirnya menggiring kita kepada kesimpulan yang berbeda-beda. Bahkan seringkali, dengan basis data yg sama, kita dapat mencapai kesimpulan yang berbeda bila menggunakan metode analisa yang berbeda.
    Oleh karena itu, bila seorang ilmuwan ingin hipotesa/teorinya mendekati benar, mau tidak mau ia harus mendengarkan pendapat-pendapat yg berbeda yg dapat menunjukkan kelemahan dalam hipotesa/teorinya. Ia kemudian harus menyempurnakan atau bahkan mengganti hipotesanya.

    ReplyDelete
  24. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Saintisme telah didefinisikan sebagai "pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar." Istilah ini biasanya digunakan sebagai kritik terhadap positivisme logika ekstrem dan telah digunakan oleh beberapa tokoh seperti ilmuwan sosial Friedrich Hayek, filsuf sains Karl Popper, dan filsuf Hilary Putnam dan Tzvetan Todorov untuk mendeskripsikan sokongan dogmatik terhadap metodologi sains dan pereduksian pengetahuan menjadi hal-hal yang dapat diukur saja. Ilmu pengetahuan dalam paham ini merupakan salah satu cara dalam menemukan hakikat kebenaran secara lebih rasional, objektif, dan empiris. saintisme mirip dengan rasionalitas. Paham ini sering ditentang dan dibandingkan dengan intuisi. Pertentangan itu muncul karena adanya pendapat yang tidak boleh mengeksklusifkan rasionalitas.

    ReplyDelete
  25. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Scientism berasal dari istilah scientific yang digunakan untuk menggambarkan penerapan metode dan pendekatan ilmiah secara universal. Maka menurut padangan Scientism sains empiris merupakan pandangan dunia yang paling otoritatif atau bagian paling berharga dari pembelajaran manusia - dengan mengesampingkan sudut pandang lain. Ini telah didefinisikan sebagai pandangan bahwa metode induktif karakteristik ilmu pengetahuan alam adalah satu-satunya sumber.

    ReplyDelete
  26. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya mendapatkan pengetahuan baru tentang kata filsafat yaitu scientism. Dimana scientism jika belum membaca refrensinya, saya menebak-nebak pasti ada hubungannya dengan ilmiah. Setelah saya membaca refrensinya saya mendapatkan pemahaman bahwa dalam scientism ini menggunaan istilah sains atau klaim ilmiah yang tidak tepat. Namun makna ini juga berlaku dalam konteks ketika sains tidak dapat diterapkan, seperti saat topik dianggap berada di luar jangkauan penelitian ilmiah, dan dalam konteks ketika tidak ada bukti empiris yang cukup untuk menjustifikasi simpulan ilmiah. Definisi ini termasuk rasa hormat berlebih terhadap klaim yang dibuat oleh ilmiah atau ketidakkritisan dalam menerima begitu saja hasil penelitian apapun yang dianggap ilmiah. Maka, dalam kasus ini, istilah saintisme digunakan untuk menentang argumen berdasarkan otoritas sains.

    ReplyDelete
  27. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Saintisme telah didefinisikan sebagai pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar. Istilah ini biasanya digunakan sebagai kritik terhadap positivisme logika ekstrem untuk mendeskripsikan sokongan dogmatik terhadap metodologi sains dan pereduksian pengetahuan menjadi hal-hal yang dapat diukur saja. Saintisme juga diartika sebagai istilah yang digunakan untuk kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya.

    ReplyDelete
  28. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Scientism adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penerapan metode dan pendekatan ilmiah secara universal, dan pandangan bahwa sains empiris merupakan pandangan dunia yang paling otoritatif atau bagian paling berharga dari pembelajaran manusia - dengan mengesampingkan sudut pandang lain. Oleh karena itu, filsuf Tom Sorell memberikan definisi tentang sains ini: "Ilmu pengetahuan adalah masalah menempatkan nilai ilmiah sains yang terlalu tinggi dibandingkan dengan cabang pembelajaran atau budaya lainnya.( Sorell, Thomas 'Tom' (1994), Scientism: Philosophy and the Infatuation with Science, Routledge, pp. 1ff)

    ReplyDelete
  29. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Saintisme telah didefinisikan sebagai "pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar "sains" versi filsafat berangkat dari premis-premis transendental, karena berangkat dari premis transedental bisa muncul sebutan "sains" Barat, "sains" Bukan dari Barat, "sains" Ekonomi, "sains" Fisika, "sains" Biologi, "sains" Kimia, dan sebagainya. Keberhasilan sains dan teknologi dalam hal membangun kehidupan baru yang lebih rasional, sekular dengan segala kekayaan materinya ini telah mendorong terjadinya gerakan saintisme.

    ReplyDelete
  30. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Salah satu istilah dalam filsafat adalah saintisme yang menganggap ilmu alam merupakan hal yang paling tinggi dan segala seuatu harus memiliki suatu alasan yang ilmiah. Filsuf Tom Sorell menjelaskan bahwa Saintisme adalah masalah menempatkan terlalu tinggi nilai pada ilmu alam dibandingkan dengan cabang lain dari belajar atau budaya. Menurut Steven Lehar,Agama dan ilmu pengetahuan sering dipandang sebagai kutub yang berlawanan dalam pemahaman kita tentang dunia. Sainsberusahauntuk menggantikandogmadenganobservasi danalasan.

    ReplyDelete
  31. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Saintisme merupakan suatu aliran/paham filsafat yang menganggap bahwa sains adalah satu-satunya alat kebenaran yang bermakna. Dengan kata lain, saintisme merupakan suatu kepercayaan yang menganggap metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal. Sains menjadi cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Istilah saintisme biasanya digunakan sebagai kritik terhadap positivisme logika ekstrem dan telah digunakan oleh beberapa tokoh seperti ilmuwan sosial Friedrich Hayek, filsuf sains Karl Popper, dan filsuf Hilary Putnam dan Tzvetan Todorov untuk mendeskripsikan sokongan dogmatik terhadap metodologi sains dan pereduksian pengetahuan menjadi hal-hal yang dapat diukur saja.

    ReplyDelete
  32. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Scientism berpandangan bahwa segala sesuatu harus terbukti atau dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Orang yang sepenuhnya menganut paham tersebut, mereka tidak mempercayai adanya Tuhan. Karena tidak semua ilmu Tuhan itu dapat dibuktikan. Sejak tahun 2013, kata scientifik mulai populer di Indonesia, pasalnya perubahan kurikulum terbaru berasaskan scientifik. Namun demikian, banyak problema yang terjadi berkaitan dengan kurikulum berbasis scientifik tersebut. hingga saat ini tahun 2017, sudah terjadi beberapa kali perbaikan pada kurikulum 2013. Tentunya, harapan besar bagi dunia pendidikan bahwa kurikulum yang baru juga akan membawa perubahan besar dalam bidang pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  33. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Definisi dari saintisme ialah pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar. Saintisme telah digunakan oleh para ilmuwan sosial seperti Friedrich Hayek, filsuf ilmu seperti Karl Popper, dan filsuf seperti Hilary Putnam dan Tzvetan Todorov. Mereka menggunakan saintismen untuk menggambarkan dukungan dogmatis metodologi ilmiah dan pengurangan semua pengetahuan menjadi hal-hal yang hanya dapat diukur.

    ReplyDelete
  34. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Scientism menurut makna etimologinya berarti paham keilmiahan. Dalam hal ini scientism berarti pandangan atau paham tentang sesuatu yang didasarkan secara ilmiah atau metode ilmiah. Dalam elegi lain juga diterangkan mengenai metode ilmiah. Saya menyoroti bahwa saintisme memiliki dua makna peyoratif yaitu yang pertama Untuk menunjukkan penggunaan istilah sains atau klaim ilmiah yang tidak tepat.Makna ini juga berlaku dalam konteks ketika sains tidak dapat diterapkan,seperti saat topik dianggap berada di luar jangkauan penelitian ilmiah, dan dalam konteks ketika tidak ada bukti empiris yang cukup untuk menjustifikasi simpulan ilmiah. Definisi ini termasuk rasa hormat berlebih terhadap klaim yang dibuat oleh ilmiah atau ketidakkritisan dalam menerima begitu saja hasil penelitian apapun yang dianggap ilmiah. Maka, dalam kasus ini, istilah saintisme digunakan untuk menentang argumen berdasarkan otoritas sains. Yang kedua adalah untuk merujuk kepada "kepercayaan bahwa metode sains alam, atau kategori dan hal yang diakui dalam sains alam, merupakan satu-satunya hal yang tepat dalam filsafat atau penyelidikan lainnya,"atau bahwa "sains, dan satu-satunya sains, yang mendeskripsikan dunia sebagaimana mestinya, independen dari sudut pandang"seiring dengan "penghapusan dimensi psikologis pengalaman.

    ReplyDelete
  35. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Scientism adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penerapan metode dan pendekatan ilmiah secara universal, dan pandangan bahwa sains empiris merupakan pandangan dunia yang paling otoritatif atau bagian paling berharga dari pembelajaran manusia - dengan mengesampingkan sudut pandang lain. Ini telah didefinisikan sebagai "pandangan bahwa metode induktif karakteristik ilmu pengetahuan alam adalah satu-satunya sumber pengetahuan faktual sejati dan, khususnya, bahwa mereka sendiri dapat menghasilkan pengetahuan sejati tentang manusia dan masyarakat
    Istilah "scientism" juga digunakan oleh sejarawan, filsuf, dan kritikus budaya untuk menyoroti kemungkinan bahaya penyimpangan terhadap reduksionisme yang berlebihan di semua bidang pengetahuan manusia.

    ReplyDelete
  36. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Paul Feyerabend berpendapat dengan tegas bahwa sains tidak menggunakan monopoli eksklusif karena "berurusan dengan pengetahuan" dan bahwa para ilmuwan tidak pernah beroperasi dalam tradisi yang berbeda dan terpisah. Dia menggambarkan proses pendidikan ilmiah kontemporer sebagai bentuk indoktrinasi ringan, yang bertujuan untuk membuat sejarah ilmu pengetahuan kusam, lebih sederhana, lebih seragam, lebih objektif dan lebih mudah diakses dengan perlakuan dengan peraturan yang ketat dan tidak berubah.
    Science dapat berdiri di atas kakinya sendiri dan tidak memerlukan bantuan dari kaum rasionalis, humanis sekuler, Marxis dan gerakan keagamaan serupa. Dan ... budaya, prosedur dan asumsi non-ilmiah juga dapat berdiri di atas kaki mereka sendiri dan harus diijinkan melakukannya ... Sains harus dilindungi dari ideolog.; Dan masyarakat, khususnya masyarakat demokratis, harus dilindungi dari sains ... Dalam institusi ilmiah demokrasi, program penelitian, dan saran oleh karena itu harus dikenai kontrol publik, harus ada pemisahan negara dan sains sama seperti ada pemisahan antara Lembaga negara dan agama, dan sains harus diajarkan sebagai satu pandangan di antara banyak dan bukan sebagai satu-satunya jalan menuju kebenaran dan kenyataan.

    ReplyDelete
  37. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Saintisme adalah paham yang menyatakan bahwa ilmu benar dan semua selain ilmu tidak memiliki arti. Saintisme adalah istilah yang digunakan untuk kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Dalam saintisme kebenaran yang dianut adalah kebenaran ilmiah.

    ReplyDelete
  38. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Scientism adalah istilah yang merendahkan yang diterapkan oleh lawan kepada mereka yang berpendapat bahwa ilmu pengetahuan manusia tidak memerlukan metode selain ilmu pengetahuan alam. Ilmu pengetahuan juga digunakan dengan cara yang berbeda dan kurang tepat oleh 'konservatif ilmiah' untuk merujuk pada praktik yang berpura-pura ilmiah tapi yang mereka klaim tidak.

    ReplyDelete
  39. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Scientisme adalah suatu paham bahwa pernyataan ilmu saja yang benar, yang selain ilmu tidak memiliki arti.Dalam scientisme kebenaran yang dianut adalah kebenaran ilmiah. Kebenaran ilmiah ini mengalahkan kebenaran lainnya, bahkan (dalam versi yang kuat) kebenaran lain dianggap tidak bermakna.Menurut scientisme, Ilmu empiris hanyalah satu-satunya sumber pengetahuan (scientisme kuat) atau lebih moderat (scientisme lemah) sumber terbaik dari kepercayaan rasional tentang sesuatu adalah ilmu empiris.

    ReplyDelete