Dec 1, 2012

SCIENTISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang SCIENTISM, konek ke berikut ini:















Wss Wr Wb
Marsigit












64 comments:

  1. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link http://www.kompasiana.com/agus.arianto10/aliran-aliran-dalam-epistemologi_552ff0c56ea834976e8b4580 Scientisme adalah suatu paham bahwa pernyataan ilmu saja yang benar, yang selain ilmu tidak memiliki arti. Kadang k ata ini digunakan oleh sosiolog seperti Friedrich Hayek atau filsuf seperti Karl Popper, kadang digunakan untuk merujuk pada perkembangan ilmu alam yang condong menjadi ideologi. Scientisme bisa mengacu pada penggunaan yang salah dari ilmu pengetahuan atau pemikiran bahwa metode atau kategorisasi dari filsafat alam membentuk satu-satunya metode yang sah dalam filsafat atau bidang pengetahuan yang lain, dan scientisme bisa memiliki jangkauan makna yang banyak.

    ReplyDelete
  2. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://en.wikipedia.org/wiki/Scientism Ilmu pengetahuan bisa merujuk pada sains yang diterapkan "secara berlebihan". Istilah saintisme dapat diterapkan dalam dua pengertian: Untuk menunjukkan penggunaan sains atau klaim ilmiah yang tidak tepat. Penggunaan ini berlaku sama dalam konteks di mana sains mungkin tidak berlaku, seperti ketika topik dianggap berada di luar cakupan penyelidikan ilmiah, dan dalam konteks di mana tidak ada cukup bukti empiris untuk membenarkan sebuah kesimpulan ilmiah. Ini mencakup penghormatan yang berlebihan terhadap klaim yang dibuat oleh para ilmuwan atau keinginan yang tidak kritis untuk menerima hasil yang digambarkan sebagai ilmiah. Ini bisa menjadi counterargument untuk menarik otoritas ilmiah. Hal ini juga dapat mengatasi upaya untuk menerapkan metodologi "pengetahuan sains keras" dan klaim kepastian terhadap ilmu sosial, yang oleh Friedrich Hayek dijelaskan dalam The Counter-Revolution of Science (1952) sebagai sesuatu yang tidak mungkin, karena metodologi tersebut melibatkan usaha untuk menghilangkan "manusia Faktor ", sedangkan bidang ilmu sosial (termasuk bidang ekonominya sendiri) hampir sepenuhnya bergantung pada tindakan manusia. Untuk merujuk pada "keyakinan bahwa metode ilmu pengetahuan alam, atau kategori dan hal-hal yang diakui dalam ilmu pengetahuan alam, membentuk satu-satunya unsur yang tepat dalam penyelidikan filosofis atau lainnya",atau bahwa "sains, dan hanya sains, menggambarkan Dunia seperti itu sendiri, terlepas dari perspektif “dengan" eliminasi dimensi psikologis [dan spiritual] pengalaman "bersamaan.

    ReplyDelete
  3. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Saintisme dapat dipandang sebagai "upaya untuk memperluas ide-ide ilmiah, metode, praktik, dan sikap untuk hal kepedulian sosial dan politik manusia". Tetapi formulasi ini begitu luas, sehingga filsuf Tom Sorell menawarkan definisi yang lebih tepat: "Saintisme adalah masalah yang menempatkan nilai pada ilmu alam/ide ilmiah sebagai yang tertinggi dibandingkan dengan cabang ilmu lain.

    ReplyDelete
  4. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Selanjutnya seorang fisikawan Ian Hutchinson menawarkan definisi yang berkaitan erat dengan definisi sebelumnya, namun lebih ekstrim, yaitu bahwa saintisme adalah ilmu berpusat pada ilmu alam yang bersifat imiah dan merupakan satu-satunya sumber pengetahuan yang nyata

    ReplyDelete
  5. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Saintisme adalah istilah yang digunakan untuk (biasanya secara peyoratif) kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Saintisme telah didefinisikan sebagai "pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar."

    ReplyDelete
  6. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Scientism is a term used to describe the universal applicability of the scientific method and approach, and the view that empirical science constitutes the most authoritative worldview or the most valuable part of human learning—to the exclusion of other viewpoints. It has been defined as "the view that the characteristic inductive methods of the natural sciences are the only source of genuine factual knowledge and, in particular, that they alone can yield true knowledge about man and society".
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Scientism

    ReplyDelete
  7. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Scientism adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penerapan metode dan pendekatan ilmiah secara universal, dan pandangan bahwa sains empiris merupakan pandangan dunia yang paling otoritatif atau bagian paling berharga dari pembelajaran manusia - dengan mengesampingkan sudut pandang lain. Ini telah didefinisikan sebagai pandangan bahwa metode induktif karakteristik ilmu pengetahuan alam adalah satu-satunya sumber pengetahuan faktual sejati dan, khususnya, bahwa mereka sendiri dapat menghasilkan pengetahuan sejati tentang manusia dan masyarakat. Istilah scientism juga digunakan oleh sejarawan, filsuf, dan kritikus budaya untuk menyoroti kemungkinan bahaya penyimpangan terhadap reduksionisme yang berlebihan di semua bidang pengetahuan manusia.

    ReplyDelete
  8. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Saintisme adalah suatu paham (isme) falsafati yang meyakini kebenaran pernyataan bahwa pengetahuan manusia yang benar itu hanya dapat diperoleh melalui suatu metode – satu-satunya metode! – yang disebut metode sains. Inilah metode yang harus digunakan tatkala orang melakukan pencarian (searching and researching) guna menemukan pengetahuan baru bersaranakan rasio dan sekaligus indra manusia. Menurut paham ini, pengetahuan manusia itu baru boleh disebut benar (‘benar’ dalam arti true, danbukan right) apabila memenuhi dua syarat pembuktian ; ialah masuk akal dan terdeteksi serta teridentifikasi secara indrawi. Yang masuk akal harus dibuktikan sebagai true knowledge berdasarkan hasil pengamatan dan pengukuranyang indrawi, sedangkan yang teramati secara indrawi harus bisa disimpulkan sebagai sesuatu yang ‘benar’ berdasarkan prosedur logika.

    ReplyDelete
  9. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Sains hanyalah alat kita untuk memahami cara alam semesta bekerja. Masing-masing dari kita dapat saja menemui fakta-fakta yg berbeda yang pada akhirnya menggiring kita kepada kesimpulan yang berbeda-beda. Bahkan seringkali, dengan basis data yg sama, kita dapat mencapai kesimpulan yang berbeda bila menggunakan metode analisa yang berbeda.
    Oleh karena itu, bila seorang ilmuwan ingin hipotesa/teorinya mendekati benar, mau tidak mau ia harus mendengarkan pendapat-pendapat yg berbeda yg dapat menunjukkan kelemahan dalam hipotesa/teorinya. Ia kemudian harus menyempurnakan atau bahkan mengganti hipotesanya.

    ReplyDelete
  10. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Saintisme telah didefinisikan sebagai "pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar." Istilah ini biasanya digunakan sebagai kritik terhadap positivisme logika ekstrem dan telah digunakan oleh beberapa tokoh seperti ilmuwan sosial Friedrich Hayek, filsuf sains Karl Popper, dan filsuf Hilary Putnam dan Tzvetan Todorov untuk mendeskripsikan sokongan dogmatik terhadap metodologi sains dan pereduksian pengetahuan menjadi hal-hal yang dapat diukur saja. Ilmu pengetahuan dalam paham ini merupakan salah satu cara dalam menemukan hakikat kebenaran secara lebih rasional, objektif, dan empiris. saintisme mirip dengan rasionalitas. Paham ini sering ditentang dan dibandingkan dengan intuisi. Pertentangan itu muncul karena adanya pendapat yang tidak boleh mengeksklusifkan rasionalitas.

    ReplyDelete
  11. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Scientism berasal dari istilah scientific yang digunakan untuk menggambarkan penerapan metode dan pendekatan ilmiah secara universal. Maka menurut padangan Scientism sains empiris merupakan pandangan dunia yang paling otoritatif atau bagian paling berharga dari pembelajaran manusia - dengan mengesampingkan sudut pandang lain. Ini telah didefinisikan sebagai pandangan bahwa metode induktif karakteristik ilmu pengetahuan alam adalah satu-satunya sumber.

    ReplyDelete
  12. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya mendapatkan pengetahuan baru tentang kata filsafat yaitu scientism. Dimana scientism jika belum membaca refrensinya, saya menebak-nebak pasti ada hubungannya dengan ilmiah. Setelah saya membaca refrensinya saya mendapatkan pemahaman bahwa dalam scientism ini menggunaan istilah sains atau klaim ilmiah yang tidak tepat. Namun makna ini juga berlaku dalam konteks ketika sains tidak dapat diterapkan, seperti saat topik dianggap berada di luar jangkauan penelitian ilmiah, dan dalam konteks ketika tidak ada bukti empiris yang cukup untuk menjustifikasi simpulan ilmiah. Definisi ini termasuk rasa hormat berlebih terhadap klaim yang dibuat oleh ilmiah atau ketidakkritisan dalam menerima begitu saja hasil penelitian apapun yang dianggap ilmiah. Maka, dalam kasus ini, istilah saintisme digunakan untuk menentang argumen berdasarkan otoritas sains.

    ReplyDelete
  13. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Saintisme telah didefinisikan sebagai pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar. Istilah ini biasanya digunakan sebagai kritik terhadap positivisme logika ekstrem untuk mendeskripsikan sokongan dogmatik terhadap metodologi sains dan pereduksian pengetahuan menjadi hal-hal yang dapat diukur saja. Saintisme juga diartika sebagai istilah yang digunakan untuk kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya.

    ReplyDelete
  14. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Scientism adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penerapan metode dan pendekatan ilmiah secara universal, dan pandangan bahwa sains empiris merupakan pandangan dunia yang paling otoritatif atau bagian paling berharga dari pembelajaran manusia - dengan mengesampingkan sudut pandang lain. Oleh karena itu, filsuf Tom Sorell memberikan definisi tentang sains ini: "Ilmu pengetahuan adalah masalah menempatkan nilai ilmiah sains yang terlalu tinggi dibandingkan dengan cabang pembelajaran atau budaya lainnya.( Sorell, Thomas 'Tom' (1994), Scientism: Philosophy and the Infatuation with Science, Routledge, pp. 1ff)

    ReplyDelete
  15. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Saintisme telah didefinisikan sebagai "pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar "sains" versi filsafat berangkat dari premis-premis transendental, karena berangkat dari premis transedental bisa muncul sebutan "sains" Barat, "sains" Bukan dari Barat, "sains" Ekonomi, "sains" Fisika, "sains" Biologi, "sains" Kimia, dan sebagainya. Keberhasilan sains dan teknologi dalam hal membangun kehidupan baru yang lebih rasional, sekular dengan segala kekayaan materinya ini telah mendorong terjadinya gerakan saintisme.

    ReplyDelete
  16. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Salah satu istilah dalam filsafat adalah saintisme yang menganggap ilmu alam merupakan hal yang paling tinggi dan segala seuatu harus memiliki suatu alasan yang ilmiah. Filsuf Tom Sorell menjelaskan bahwa Saintisme adalah masalah menempatkan terlalu tinggi nilai pada ilmu alam dibandingkan dengan cabang lain dari belajar atau budaya. Menurut Steven Lehar,Agama dan ilmu pengetahuan sering dipandang sebagai kutub yang berlawanan dalam pemahaman kita tentang dunia. Sainsberusahauntuk menggantikandogmadenganobservasi danalasan.

    ReplyDelete
  17. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Saintisme merupakan suatu aliran/paham filsafat yang menganggap bahwa sains adalah satu-satunya alat kebenaran yang bermakna. Dengan kata lain, saintisme merupakan suatu kepercayaan yang menganggap metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal. Sains menjadi cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Istilah saintisme biasanya digunakan sebagai kritik terhadap positivisme logika ekstrem dan telah digunakan oleh beberapa tokoh seperti ilmuwan sosial Friedrich Hayek, filsuf sains Karl Popper, dan filsuf Hilary Putnam dan Tzvetan Todorov untuk mendeskripsikan sokongan dogmatik terhadap metodologi sains dan pereduksian pengetahuan menjadi hal-hal yang dapat diukur saja.

    ReplyDelete
  18. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Scientism berpandangan bahwa segala sesuatu harus terbukti atau dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Orang yang sepenuhnya menganut paham tersebut, mereka tidak mempercayai adanya Tuhan. Karena tidak semua ilmu Tuhan itu dapat dibuktikan. Sejak tahun 2013, kata scientifik mulai populer di Indonesia, pasalnya perubahan kurikulum terbaru berasaskan scientifik. Namun demikian, banyak problema yang terjadi berkaitan dengan kurikulum berbasis scientifik tersebut. hingga saat ini tahun 2017, sudah terjadi beberapa kali perbaikan pada kurikulum 2013. Tentunya, harapan besar bagi dunia pendidikan bahwa kurikulum yang baru juga akan membawa perubahan besar dalam bidang pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  19. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Definisi dari saintisme ialah pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar. Saintisme telah digunakan oleh para ilmuwan sosial seperti Friedrich Hayek, filsuf ilmu seperti Karl Popper, dan filsuf seperti Hilary Putnam dan Tzvetan Todorov. Mereka menggunakan saintismen untuk menggambarkan dukungan dogmatis metodologi ilmiah dan pengurangan semua pengetahuan menjadi hal-hal yang hanya dapat diukur.

    ReplyDelete
  20. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Scientism menurut makna etimologinya berarti paham keilmiahan. Dalam hal ini scientism berarti pandangan atau paham tentang sesuatu yang didasarkan secara ilmiah atau metode ilmiah. Dalam elegi lain juga diterangkan mengenai metode ilmiah. Saya menyoroti bahwa saintisme memiliki dua makna peyoratif yaitu yang pertama Untuk menunjukkan penggunaan istilah sains atau klaim ilmiah yang tidak tepat.Makna ini juga berlaku dalam konteks ketika sains tidak dapat diterapkan,seperti saat topik dianggap berada di luar jangkauan penelitian ilmiah, dan dalam konteks ketika tidak ada bukti empiris yang cukup untuk menjustifikasi simpulan ilmiah. Definisi ini termasuk rasa hormat berlebih terhadap klaim yang dibuat oleh ilmiah atau ketidakkritisan dalam menerima begitu saja hasil penelitian apapun yang dianggap ilmiah. Maka, dalam kasus ini, istilah saintisme digunakan untuk menentang argumen berdasarkan otoritas sains. Yang kedua adalah untuk merujuk kepada "kepercayaan bahwa metode sains alam, atau kategori dan hal yang diakui dalam sains alam, merupakan satu-satunya hal yang tepat dalam filsafat atau penyelidikan lainnya,"atau bahwa "sains, dan satu-satunya sains, yang mendeskripsikan dunia sebagaimana mestinya, independen dari sudut pandang"seiring dengan "penghapusan dimensi psikologis pengalaman.

    ReplyDelete
  21. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Scientism adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penerapan metode dan pendekatan ilmiah secara universal, dan pandangan bahwa sains empiris merupakan pandangan dunia yang paling otoritatif atau bagian paling berharga dari pembelajaran manusia - dengan mengesampingkan sudut pandang lain. Ini telah didefinisikan sebagai "pandangan bahwa metode induktif karakteristik ilmu pengetahuan alam adalah satu-satunya sumber pengetahuan faktual sejati dan, khususnya, bahwa mereka sendiri dapat menghasilkan pengetahuan sejati tentang manusia dan masyarakat
    Istilah "scientism" juga digunakan oleh sejarawan, filsuf, dan kritikus budaya untuk menyoroti kemungkinan bahaya penyimpangan terhadap reduksionisme yang berlebihan di semua bidang pengetahuan manusia.

    ReplyDelete
  22. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Paul Feyerabend berpendapat dengan tegas bahwa sains tidak menggunakan monopoli eksklusif karena "berurusan dengan pengetahuan" dan bahwa para ilmuwan tidak pernah beroperasi dalam tradisi yang berbeda dan terpisah. Dia menggambarkan proses pendidikan ilmiah kontemporer sebagai bentuk indoktrinasi ringan, yang bertujuan untuk membuat sejarah ilmu pengetahuan kusam, lebih sederhana, lebih seragam, lebih objektif dan lebih mudah diakses dengan perlakuan dengan peraturan yang ketat dan tidak berubah.
    Science dapat berdiri di atas kakinya sendiri dan tidak memerlukan bantuan dari kaum rasionalis, humanis sekuler, Marxis dan gerakan keagamaan serupa. Dan ... budaya, prosedur dan asumsi non-ilmiah juga dapat berdiri di atas kaki mereka sendiri dan harus diijinkan melakukannya ... Sains harus dilindungi dari ideolog.; Dan masyarakat, khususnya masyarakat demokratis, harus dilindungi dari sains ... Dalam institusi ilmiah demokrasi, program penelitian, dan saran oleh karena itu harus dikenai kontrol publik, harus ada pemisahan negara dan sains sama seperti ada pemisahan antara Lembaga negara dan agama, dan sains harus diajarkan sebagai satu pandangan di antara banyak dan bukan sebagai satu-satunya jalan menuju kebenaran dan kenyataan.

    ReplyDelete
  23. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Scientisme adalah suatu paham bahwa pernyataan ilmu saja yang benar, yang selain ilmu tidak memiliki arti.Dalam scientisme kebenaran yang dianut adalah kebenaran ilmiah. Kebenaran ilmiah ini mengalahkan kebenaran lainnya, bahkan (dalam versi yang kuat) kebenaran lain dianggap tidak bermakna.Menurut scientisme, Ilmu empiris hanyalah satu-satunya sumber pengetahuan (scientisme kuat) atau lebih moderat (scientisme lemah) sumber terbaik dari kepercayaan rasional tentang sesuatu adalah ilmu empiris.

    ReplyDelete
  24. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Scientism merupakan suatu paham yang menyatakan bahwa pernyataan ilmu saja yang benar, selain ilmu tidak memiliki arti. Dalam scientism kebenaran yang dianut adalah kebenaran ilmiah. kebenaran ilmiah ini mengalahkan kebenarannya yang lain. bahkan dalam versi yang lain, kebenaran lain dianggap tidak bermakna. Paham scientism ini sendiri memiliki kelemahan, yaitu bahwa scientism sendiri menghancurkan dirinya sendiri. Menurut paham scientism, ilmu empiris hanyalah satu-satunya pengetahuan yang kuat. Garis besar dari paham scientism adalah ilmu merupakan satu-satunya jalan bagi pengetahuan manusia.

    ReplyDelete
  25. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Saintisme didefinisikan sebagai pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan sains dapat menghasilkan pengetahuan tentang manusia dan masyarakat yang benar. Sains dianggap sebagai cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling utama, sehingga menyingkirkan cara pandang lainnya (https://en.wikipedia.org/wiki/Scientism). Paham saintisme yang merupakan hasil dari penemuan ilmiah telah berkembang sehingga banyak menimbulkan perspektif tentang bagaimana memandang suatu kebenaran. Meskipun demikian, eksperimen yang dianggap hal paling bisa mengetahui nilai kebenaran, belum cukup untuk dapat membuktikan tingkat kebenaran secara menyeluruh. Pada kenyataannya, penemuan ilmiah dikembangkan menjadi suatu bentuk aliran pemikiran filsafat (scientism) yang dianggap sebagai satu-satunya jalan untuk memcahkan suatu masalah (mencari kebenaran). Hal ini sejalan dengan tidak dianggapnya lagi nilai-nilai lain seperti agama (spiritual) dalam proses menentukan kebenaran dari suatu ilmu.

    ReplyDelete
  26. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, Saintisme adalah ideologi yang memandang sebelah mata terhadap suatu kepercayaan, menurut ideologi bahwa metode ilmu pengetahuan alam, atau kategori dan hal-hal yang diakui dalam ilmu pengetahuan alam, membentuk satu-satunya unsur yang tepat dalam penyelidikan filosofis atau lainnya. Pernyataan klasik tentang saintisme adalah pemikiran fisikawan E. Rutherford yang mengatakan “there is physics and there is stamp-collecting”

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  27. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Dalam bahasa indonesia SCIENTISM berarti SAINS, sedangkan Sains itu sendiri dalam Kamus Besar bahasa Indonesia berarti (1) ilmu pengetahuan pada umumnya, (2) pengetahuan sistematis tentang alam dan dunia fisik, termasuk di dalamnya, botani, fisika, kimia, geologi, zoologi, dan sebagainya atau ilmu pengetahuan alam, (3) pengetahuan sistematis yang diperoleh dari sesuatu observasi, penelitian, dan uji coba yang mengarah pada penentuan sifat dasar atau prinsip sesuatu yang sedang diselidiki, dipelajari, dan sebagainya. sedangkan dalam link https://en.wikipedia.org/wiki/Scientism disebutkan Scientism adalah istilah yang umumnya digunakan untuk menggambarkan aplikasi kosmetik sains dalam situasi yang tidak beralasan yang tidak tercakup dalam metode ilmiah.

    ReplyDelete
  28. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terdapat hal menarik. Pada satu bacaan, saya membaca bahwa agama dan sains sering dipandang sebagai kutub yang berlawanan dalam pemahaman kita tentang dunia. Disebutkan pula perbedaan-perbedaan tentang agama dan sains. Hal ini benar-benar menarik bagi saya. Apakah benar-benar berlawanan kutub agama dan kutub sains? Jika memikirkan kepercayaan dan agama, kemudia saya mencoba memikirkan tentang sains yang berlawanan dengan itu semua, maka yang ada dalam pikiran saya bahwa sains menuntut sesuatu yang mutlak, sangat rasional, dan memiliki bukti empiris. Sains tidak menerima gagasan irasional dan tidak empiris. Pada pembelajaran kali ini, satu kali lagi, saya diingatkan bahwa "hati" dan "pikir" haruslah selalu ada. Karena bisa saja ada suatu pengetahuan baru yang menyeret "pikir" saya melayang jauh. Apa jadinya kira-kira jika "hati" tidak mengkuti? tentu akan terhempas.

    ReplyDelete
  29. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Saintisme berkaitan dengan ilmu. Aliran ini memandang bahwa ilmu adalah segalanya. Ilmu bisa diterapkan dalam setiap aspek kehidupan. Melalui ilmu kita bisa mendapatkan kebenaran ilmiah yang merupakan sumber pengetahuan. pada pembelajaran yang saat ini juga sekarng memakai scintifik yaitu berbasih pada pengetahuan. pengetahuan adalah sumber segalanya dengan mendapatkan pengetahuan sesuai dengan prosedur yang ada.

    ReplyDelete
  30. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P. Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. kalau boleh dikatakan, scientism adalah paham/pemikiran yang memiliki pengaruh besar dalam terciptanya zaman teknologi dan infomasi yang modern. Paham ini selalu dipertentangkan dengan paham tradisionil yang penuh dengan mitos-mitos yang tidak memiliki bukti. Scientism berdiri di atas bukti-bukti ilmiah. Suatu hal yang belum dapat dibuktikan (tidak memiliki bukti) belum dapat dikatakan ilmiah (kebenaran). Ada banyak saintis yang terjerumus ke dalam ateisme karena pandangan tersebut. Sebut saja fisikawan berpengaruh pada abad ini “Stephen Hawking” dan ilmuan biologi berpengaruh “Richard Dawkins” yang memiliki pandangan ateistik. Bagi mereka keberadaan Tuhan adalah tidak mungkin (tidak dapat dibuktikan secara ilmiah).

    ReplyDelete
  31. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    177092510005

    Assalamualaikum prof,
    Saintisme adalah suatu paham filsafat yg menganggap bahwa sains adalah satu-satunya alat kebenaran yang bermakna. Metode dan pendekatan ilmuah dapat diterapkan untuk segala hal dan sains merupakan cara pandang dunia yang paling otoratif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang yang lainnya. Metode ini harus digunakan ketika orang melakukan pencarian untuk menemukan pengetahuan baru berdasarkan rasio sekaligus indra manusia. Manurut paham ini, pengetahuan disebut benar jika memenuhi dua syarat pembuktian, yaitu masuk akal dan terdeteksi serta teridentifikasi secara inderawi. Agar masuk akal harus dibuktikan berdasarkan hasil pengamatan dan pengukuran inderawi, sedangkan yang teramati secara inderawi harus bisa disimpulkan sebagai sesuatu yang benar berdasarkan prosedur.

    ReplyDelete
  32. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dari berbagai sumber yang saya baca mengenai Saintisme, secara sederhana saintisme dapat pahami sebagai suatu paham yang mengedepankan sains dalam memandang segala hal dalam kehidupan. Sebenar-benarnya pengetahuan adalah yang diperoleh dengan serangkaian prosedur sains yang disebut dengan metode sains. Dengan kata lain, hanya dengan sains lah manusia dapat memperoleh pengetahuan - pengetahuan yang benar yang dibutuhkan dalam kehidupan. Segala sesuatu dianggap salah atau tidak ada artinya ketika tidak di dapat atau tidak dapat dibuktikan dengan menggunakan metode sains.

    ReplyDelete
  33. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Saintisme dapat dimaknai bahwa paham yang menyatakan bahwa metode atau pendekatan dapat digunakan untuk menghasilkan pengetahuan dan menjadi sumber yang benar. Apabila saya analogikan dengan pembelajaran maka saintisme mungkin sejenis dengan pendekatan saintifik di mana dalam melaksanakan pendekatan tersebut terdapat langkah-langkah ilmiah untuk mendapatkan kesimpulan. Paham ini juga telah digunakan dalam pembelajran sejak adanya kurikulum 2013, sebenarnya saya setuju dengan saintisme karena suatu pengetahuan atau ilmu memang harus dipastikan dulu kebenarnannya, karena ilmu dan pengetahuan tersebut akan diturunkan ke anak cucu kita, dan apabila ternyata ilmu dan pengetauan yang kita temukan tidak berdasar maka akan menjadi kesesatan untuk generasi selanjutnya.

    ReplyDelete
  34. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Saya mencoba memahami bahwa saintisme memiliki hubungan kedekatan dengan alam juga.llmu-ilmu sains telah berkembang melejut pesat di dalam kehidupan dan menjadi konsumsi khalayak umum.Seperti biologi, fisika dan matematika murni.Namun yang menjadi pertanyaan besar apakah benar hal tersebut dapat dikatakan suatu ilmu?Yang menjadi sebabnya adalah nilai kebenaran yang masih menimbulkan skeptis.Diamana kebenaran berdasarkan suatu penghakiman secara dogmatis dengan tidak didasarkan pada epistimologis dan ontologisms.Jikalau diamati saintisme terkadang cenderung mengabaikan sudut pandang dari paham yang lain.Dengan memegang prinsip terkait pada pernyataan umum.

    ReplyDelete
  35. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Scientism merupakan pandangan atau paham tentang sesuatu yang didasarkan secara ilmiah atau metode ilmiah. Banyak anggapan bahwa saintisme sebagai satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar. Namun sayangnya pemahaman manusia terhadap sains sering dibenturkan antara sains ilmu murni dengan ilmu-ilmu sosial dan agama, padalah sejatinya kedua hal yang dianggap bertentangan tersebut dapat saling mendukung satu dengan yang lainnya.

    ReplyDelete
  36. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Saintisme ini merupakan suatu paham bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Artinya Saintisme ini mempercayai bahwa ilmu pengetahuanlah yang paling benar sedangkan yang lain tidak memiliki arti. Menurut Scientisme, Ilmu empiris hanyalah satu-satunya sumber pengetahuan (Scientisme kuat) atau lebih moderat (scientisme lemah) sumber terbaik dari kepercayaan dari kepercayaan rasional tentang sesuatu adalah ilmu empiris.

    ReplyDelete
  37. 352. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Istilah Scientism (saintisme) erat kaitannya dengan metode dan pendekatan ilmiah yang dapat di terapkan di berbagai hal. Saintisme berkembang menjadi suatu system lama manusia yang dianggap penuh dengan keyakinan tidak rasional. Dalam hal ini , metode yang seringkali digunakan adalah metode induktif yang mampu mengahsilkan pengetahuan yang benar dan mampu dipahamai dan diterima masyarakat. Terima Kasih

    ReplyDelete
  38. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Saya tertarik untuk membuka link http://cns-alumni.bu.edu/~slehar/Scientism.pdf. Link tersebut berisi artikel tentang ilmu pengetahuan sebagai suatu sistem etika berdasarkan alasan tanpa bantuan keyakinan supranatural. Penulis tersebut adalah Steven Lehar. Steven menyatakan bahwa Ilmu pengetahuan adalah keyakinan bahwa sains dan metode penyelidikan skeptisnya itu adalah jalan yang paling dapat diandalkan menuju kebenaran.

    ReplyDelete
  39. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.
    Saintisme adalah suatu paham filsafat yang meyakini kebenaran pernyataan bahwa pengetahuan manusia yang benar itu hanya dapat diperoleh melalui suatu metode yang disebut metode sains. Saintisme adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penerapan universal metode ilmiah dan pendekatan, dan pandangan bahwa ilmu pengetahuan empiris merupakan cara pandang paling berwenang atau bagian paling berharga dari pembelajaran manusia -dengan mengesampingkan sudut pandang lain. Saintisme telah didefinisikan sebagai "pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar. Menurut paham ini, pengetahuan manusia disebut benar apabila memenuhi dua syarat pembuktian ; ialah masuk akal dan terdeteksi serta teridentifikasi secara indrawi.

    ReplyDelete
  40. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas, saintisme adalah sebuah pandangan yang mempercayai bahwa metode dan pendekatan ilmiah bisa diterapkan dalam berbagai aspek. Saintisme juga mendefinisikan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan dapat menghasilkan pengetahuan yang benar bagi manusia dan masyarakatnya. Metode induktif adalah suatu metode yang mengatakan bahwa pernyataan umum (teori) harus didasarkan pada pengamatan empiris yang kemudian digeneralisasi ke dalam laporan yang dapat dianggap benar atau mungkin benar.

    ReplyDelete
  41. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Scientism merupakan suatu kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal. Scientism didefinisikan sebagai pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar. Pendidikan di Indonesia sendiri pernah menganut keyakinan ini, yaitu diawal penerapan kurikulum 2013 dimana pendekatan saintifik merupakan suatu hal yang wajib. Padahal sebenarnya pendekatan saintifik tidak dapat diterapkan di semua materi.

    ReplyDelete
  42. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Saintisme adalah aliran yang memercayai bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Saintisme didefinisikan sebagai pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar. Pedidikan di Indonesia sendiri pada kurikulum 2013 telah mewajibkan penerapan metode saintifik untuk semua mata pelajaran.

    ReplyDelete
  43. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Sebelum scientism saya membaca mengenai naturalism. Terlihat sangat berbeda antara scientism dengan naturalism. Jika naturalism sebuah paham yang berpusat secara alami atau alam semesta, kalau scientism adalah sebuah opaham yang berpusat secara alamiah. Dalam artian, pada paham ini meyakini bahwa segala sesuatu berasal secara alamiah. Pandangan secara alamiah ini yang paling diunggulkan untuk menyingkirkan atau mengabaikan padangan lain.

    ReplyDelete
  44. Junianto
    PM C

    Paham ini menjunjung tinggi keilmiahan dalam segala hal terutama dalam hal memperoleh pengetahuan baru/ penelitian. Metode ilmiah seperti ontologi, epistimologi dan aksiologi menjadi hal yang utama dalam konsep ini. Penganut scientisicm juga menganggap bahwa ilmu pengetahuanlah yang paling benar karena memiliki metode yang ilmiah dan memiliki bukti empiris.

    ReplyDelete
  45. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Scientisme adalah suatu paham bahwa pernyataan ilmu saja yang benar, yang selain ilmu tidak memiliki arti. Paham ini bisa mengacu pada penggunaan yang salah dari ilmu pengetahuan atau pemikiran bahwa metode atau kategorisasi dari filsafat alam membentuk satu-satunya metode yang sah dalam filsafat atau bidang pengetahuan yang lain, dan scientisme bisa memiliki jangkauan makna yang banyak.

    ReplyDelete
  46. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Saintisme merupakan aliran pandangan yang menganggap ilmu sebagai satu-satunya jalan bagi pengetahuan manusia. Dalam scientisme, kebenaran yang dianut adalah kebenaran ilmiah. Kebenaran ilmiah ini mengalahkan kebenaran lainnya. Menurut Scientisme, Ilmu empiris hanyalah satu-satunya sumber pengetahuan (Scientisme kuat) atau lebih moderat (scientisme lemah) yang menjadi sumber terbaik dari kepercayaan dari kepercayaan rasional tentang sesuatu adalah ilmu empiris. Dengan demikian, scientisme merupakan aliran yang sering digunakan oleh para peneliti dalam melakukan percobaan atau penelitiannya.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  47. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Dalam Saintisme kebenaran yang dianut adalah kebenaran ilmiah. Kebenaran ilmiah ini mengalahkan kebenaran lainnya. Menurut Saintisme, Ilmu empiris hanyalah satu-satunya sumber pengetahuan (Saintisme kuat) atau lebih moderat (Saintisme lemah) sumber terbaik dari kepercayaan dari kepercayaan rasional tentang sesuatu adalah ilmu empiris.

    ReplyDelete
  48. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Scientisme adalah sebuah pandangan bahwa semua pengetahuan sebenarnya adalah pengetahuan ilmiah, tidak ada bentuk penyelidikan objektif dan rasional yang bukan cabang sains. Dalam filsafat sains, istilah "scientism" sering menyiratkan kritik terhadap ekspresi positivisme logis yang lebih ekstrem dan telah digunakan oleh ilmuwan sosial seperti Friedrich Hayek, filsuf sains seperti Karl Popper , dan filsuf seperti Hilary Putnam serta Tzvetan Todorov untuk menggambarkan dukungan dogmatis metodologi ilmiah dan pengurangan semua pengetahuan hanya pada yang diukur atau dikonfirmasikan.

    ReplyDelete
  49. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa scientism secara umum memiliki dua arti yaitu penggunaan sains ataupun klaim sains yang tidak benar. Misalnya ketika topik yang dibicarakan melebihi cakupan sains. Yang kedua adalah scientism dipandang sebagai kepercayaan mengenai metode sains membentuk satu-satunya elemenyang benar dalam filsafat atau bidang lain.

    ReplyDelete
  50. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Scientism adalah paham yang memandang satu-satunya sumber pengetahuan yang benar adalah pada sains. Paham yang memandang dunia dari ilmiah. Dimana dengan sains dapat menghasilakn pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar. Pendekatan ilmiah merupakan pendekatan dengan melakukan proses penelitian, penelitian disini tidak harus secara formal dengan menulis. Tetapi lebih cenderung pada investigasi terhadap fakta-fakta yang ada untuk memperoleh pengetahuan baru. Dari fakta-fakta tersebut kemudian dibuat dugaan sementara yang kemudian dibuktikan dalam proses penelitian, sehingga mendapat kesimpulan yang baik dan benar.

    ReplyDelete
  51. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Saintisme adalah sebuah sekte yang hanya membenarkan segala sesuatu, jika telah terbukti secara imliah. Cara yang digunakan untuk membuktikan suatu kebenaran adalah dengan menggunakan metode ilmiah dan penelitian. Dalam prosesnya, pembuktian pembenaran ini memerlukan pemikiran yang rasional. Terimakasih

    ReplyDelete
  52. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Scientism adalah istilah yang umumnya digunakan untuk menggambarkan proses sains. Scientisme juga merupakan suatu paham bahwa yang menyatakan bahwa ilmu yang diperoleh dengan proses sains saja yang benar, selain ilmu tidak memiliki arti apapun. Menurut saya, kita boleh saja mengagungkan ilmu, akan tetapi tidak boleh sampai melupakan aspek yang terpenting yakni aspek spiritual atau keberadaan Dzat yang kuasa (Tuhan YME), karena sebenar-benarnya ilmu yang luar biasa pun tidak akan ada tanpa seizin Allah SWT.

    ReplyDelete
  53. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Seorang saintis adalah intelektual yang berkiprah untuk memajukan dunia pengetahuan serta teknologi melalui alam. Sebagai seorang yang mengerti akan majunya dunia sains dan teknologi, saintis memiliki peranan penting untuk meningkatkan kecerdasan bangsa. Memiliki potensi besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan, saintis berupaya memperbaiki kualitas penelitian di berbagai bidang. Namun acapkali seorang saintis dihadapkan pada permasalahan ideologi yang mereka pegang. Mereka sering mendewakan akal pikiran mereka sendiri dan tidak mau kembali kepada ajaran ilmu pengetahuan yang seharusnya membuat mereka percaya kepada Tuhan. Semoga kita sebagai orang yang berkecimpung dalam sains tetap berpegang teguh pada pedoman agama.

    ReplyDelete
  54. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Scientism merupakan kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Saintis memiliki pandangan terhadap sesuatu secara ilmiah. Artinya adanya kegiatan iliah dalam membuktikan suatu kebenaran terhadap suatu hal.
    seorang saintis handal akan memanfaatkan alam sebagai sumber pemikirannya.

    ReplyDelete
  55. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Sepemahaman saya, scientism merupakan pemahaman yang memandang sains sebagai yang paling tinggi di dunia. Para penganutnya percaya bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Saya rasa, ini merupakan cikal bakal lahirnya ajaran scientology yang juga memuja ilmu pengetahuan dan teknologi.

    ReplyDelete
  56. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Saintisme merupakan istilah yang digunakan untuk kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. Istilah saintisme memiliki dua makna peyoratif yaitu untuk menunjukkan penggunaan istilah sains atau klaim ilmiah yang tidak teapat dan untuk merujuk kepada kepercayaan bahwa metode sains alam atau kategori dan hal yang diakui dalam sains alam, merupakan satu-satunya hal yang tepat dalam filsafat atau penyelidikan lainnya. Sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Saintisme .

    ReplyDelete
  57. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    paham ini lebih condong memiliki keyakinan bahwa pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal yang ada di dunia ini tanpa terkecuali. Sehingga, dasar atas apa yang digunakan dalam segala hal yang ada dan yang mungkin ada adalah pendekatan ilmiah.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  58. Andi Gusmaulia Eka Putri.
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Saintisme adalah istilah yang digunakan untuk kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains merupakan cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga mampu menyingkirkan cara pandang lainnya.
    Istilah saintisme memiliki dua makna yaitu untuk menunjukkan penggunaan istilah sains yang tidak tepat atau untuk merujuk pada kepercayaan bahwa metode sains alam/ kategori dan hal yang diakui dalam sains lama yang merupakan satu-satunya hal yang tepat dalam filsafat. seorang yang saintisme meyakini bahwa adanya kebenaran objekstif dan pengetahuan diperoleh secara empiris.

    ReplyDelete
  59. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Scientisim merupakan pandangan bahwa semua pengetahuan sebenarnya adalah pengetahuan ilmiah, dimana tidak ada bentuk penyelidikan objektif dan rasional yang bukan cabang sains. Dalam filsafat sains, istilah "scientism" sering menyiratkan kritik terhadap ekspresi positivisme logis yang lebih ekstrem dan telah digunakan oleh ilmuwan sosial seperti Friedrich Hayek, filsuf sains seperti Karl Popper dan filsuf seperti Hilary Putnam dan Tzvetan Todorov untuk menggambarkan dukungan dogmatis metodologi ilmiah dan pengurangan semua pengetahuan hanya pada yang diukur atau dikonfirmasikan.

    ReplyDelete
  60. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Para penganut paham saintisme beranggapan bahwa segala sesuatu yang ada harus dapat dibuktikan kebenarannya menggunakan metode atau pendekatan ilmiah/ sains. Menurutnya, sains menjadi satu-satunya metode yang paling dapat dipercaya dan paling valid dalam menentukan kebenaran suatu fenomena. Adanya bukti-bukti empiris dinilai semakin memperkuat kebenaran suatu hal. Segala yang tidak dapat dibuktikan secara ilmiah, tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

    ReplyDelete
  61. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Saintisme mengarah kepada kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal, dan bahwa sains adalah cara pandang dunia yang paling otoritatif atau paling berharga hingga menyingkirkan cara pandang lainnya. pandangan bahwa metode induktif sains adalah satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan terutama bahwa sains dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar sampai-sampai melahirkan saintologi.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  62. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Dapat juga diartikan sebagai kepercayaan bahwa metode sains alam, atau kategori dan hal yang diakui dalam sains alam, merupakan satu-satunya hal yang tepat dalam filsafat atau penyelidikan lainnya, bahwa sains, dan satu-satunya sains, yang mendeskripsikan dunia sebagaimana mestinya, independen dari sudut pandang, seiring dengan penghapusan dimensi psikologis pengalaman

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  63. Gandes Sih Mustika
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241015

    Saintisme merupakan pendekatan ilmiah yang dapat diterapkan dalam segala hal, sains merupakan cara pandang yang paling berharga hingga menyampingkan cara pandang lainnya. Saintisme dapat didefinisikan sebagai pandangan bahwa metode induktif sains merupakan sumber pengetahuan yang benar dan dapat menghasilkan pengetahuan mengenai manusia dan masyarakat yang benar.

    ReplyDelete