Dec 2, 2012

STRUCTURALISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang STRUCTURALISM, koneklah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Structuralism



Wss Wr Wb
Marsigit

33 comments:

  1. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Strukturalisme mengkaji pikiran-pikiran yang terjadi dalam diri manusia. Strukturalisme menganalisa proses berpikir manusia dari mulai konsep hingga munculnya simbol-simbol atau tanda-tanda, sehingga membentuk sistem bahasa. Bahasa yang diungkapkan dalam percakapan sehari-hari juga mengenai proses kehidupan yang ada dalam kehidupan manusia, dianalisa berdasarkan strukturnya melalui petanda dan penanda.

    ReplyDelete
  2. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Strukturalisme adalah faham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap. . Tujuan Strukturalisme adalah mencari struktur terdalam dari realitas yang tampak kacau dan beraneka ragam di permukaan secara ilmiah (obyektif, ketat dan berjarak). Strukturalisme juga adalah sebuah pembedaan secara tajam mengenai masyarakat dan ilmu kemanusiaan. Struktur yang ada tersebut hendaknya dapat dipahami sehingga dapat tidak lagi menghasilkan realita yang kacau dan beraneka ragam. Paham ini dalam matematika yaitu strukturalisme matematis yang menyatakan bahwa yang penting bagi teori matematika bukanlah sifat internal objeknya, seperti angka-angka, fungsi, set, atau poinnya, tetapi bagaimana objek-objek itu saling berhubungan.

    ReplyDelete
  3. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Strukturalisme berarti paham mengenai unsur-unsur, yaitu struktur itu sendiri, dengan mekanisme antar hubungannya, di satu pihak antarhubungan unsur yang satu dengan unsur lainnya, di pihak yang lain hubungan antara unsur (unsur) dengan totalitasnya. Strukturalisme memiliki pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap. Ciri khas paham ini ialah pemusatan pada deskripsi keadaan aktual obyek melalui penyelidikan, penyingkapan sifat-sifat instrinsiknya yang tidak terikat oleh waktu, penetapan hubungan tersebut melalui pendidikan. Gagasan-gagasan strukturalisme mempunyai metodologi tertentu dalam mengembangkan studi interdisipliner tentang gejala-gejala budaya dan mendekatkan ilmu-ilmu kemanusiaan dengan ilmu-ilmu alam.

    ReplyDelete
  4. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Structualism merupakan istilah yang banyak digunakan dalam berbagai bidang ilmu seperti sosiologi, antropologi, linguistik dan matematika. Dalam ilmu sosiologi, antropologi dan linguistik, structualism adalah metodologi yang menyatakan bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan dengn sistem serta struktur yang lebih luas. Bekerja untuk menemukan struktir yang mendasari setiap yang manusia kerjakan, pikirkan dan rasakan. Sehingga dapat dikatakan bahwa structualism adalah keyakinan tentang kehidupan manusia yang tidak dapat dipahami kecuali dengan keterkaitannya. Structualism dalam matematika adalah hal yang penting dalam teori matematika bukan hanya sifat-sifat internal bendanya tapi bagaimana teori tersebut berhubungan satu dengan yang lain.

    ReplyDelete
  5. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Strukturalisme adalah metodologi yang menyiratkan unsur-unsur budaya manusia harus dipahami dengan cara hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas dan menyeluruh. Strukturalisme berpendapat bahwa harus ada struktur dalam setiap teks, yang menjelaskan mengapa lebih mudah bagi pembaca yang berpengalaman daripada pembaca yang tidak berpengalaman untuk menafsirkan sebuah teks. Oleh karena itu, segala sesuatu yang ditulis tampaknya diatur oleh aturan-aturan khusus, atau "tata bahasa sastra", yang dipelajari di lembaga-lembaga pendidikan dan yang harus dibuka kedoknya. Segala sesutau yang terstruktur akan lebih mudah dipahami sedangkan yang tidak terstruktur akan lebih sulit untuk dipahami. Misalnya saja dalam mengerjakan soal uraian matematika. Jika siswa hanya menuliskan jawabannya saja karena dia ingat bahwa pernah mengerjakannya maka hal tersebut akan menyulitkan guru dalam mengoreksinya, namun jika dia menuliskan caranya secara terstruktur itu dapat membuat guru lebih mudah untuk mengetahui apakah anak tersebut benar-benar bisa atau hanya kebetulan saja tebakannya benar.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  6. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Strukturalisme merupakan salah satu aliran filsafat yang berpendapat bahwa masyarakat dan kebudayaan memiliki struktur yang sama dan tetep. Menurut Ferdinand de Saussure, strukturalisme memiliki dua pengertian. Pertama; strukturalisme adalah metode atau metodologi yang digunakan untuk mempelajari ilmu-ilmu kemanusiaan dengan bertitik tolak dari prinsip-prinsip Linguistik. Kedua; strukturalisme adalah aliran filsafat yang hendak memahami manusia, sejarah dan kebudayaan serta hubungan kebudayaan dengan alam dengan memakai metode struktural. Strukturalisme menyelidiki pola-pola dasar yang tetap dalam berbgai realitas.

    ReplyDelete
  7. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Strukturalism merupakan pemahaman dan paradigma bahwa dalam suatu koloni dengan suatu kebudayaan tertentu memiliki kesamaan struktur. Dalam paham ini meyakini bahwa segala sesuatu terstruktur dengan baik, walaupun terdapat beberapa kasus yang menunjukan ketidakteraturan namun dalam penelusuran lebih mendalam, ketidakteraturan hanya ada di permukaan selanjutnya maka akan disusun oleh materi generatif yang kurang lebih tersusun indah berdasar pola.
    Paham ini memusatkan pemikiran terhadap deskripsi keadaan aktual melalui berbagai penelusuran sistematik, penyingkapan tabiat, dan menelaah sifat-sifat yang terkait melalui pola edukasi. Sistem ini menentang paham fenomonelogi, dimana faham tersebut kurang memiliki struktur yang ilmiah. Pounty menekankan bahwa hal yang fundamental dalam identitas manusia adalah bahwa kita adalah objek-objek fisik yang masing-masing memiliki kedudukan yang berbeda-beda dan unik dalam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  8. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, strukturalisme adalah sebuah faham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan semua kebudayaan memilki suatu struktur yang sama dan tetap. Struktur adalah tata ukur, tata hubung, tata letak dalam suatu system yang membentuk satuan kerja. Dalam ilmu arsitektur, struktur berhubungan dengan sistem penyaluran atau distribusi gaya-gaya eksternal maupun internal ke dalam bumi. Nah, menurut saya dalam hal ini, tidak adanya perbedaan struktur pasa semua orang,mungkin bisa di contohkan bahwa manusia diciptakan Allah Subhanahuwata'ala sama-sama terstruktur dari proses yang sama.

    ReplyDelete
  9. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Strukturalisme merupakan suatu pemikiran filsafat yang mempunyai menekankan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan mempunyai suatu struktur yang sama dan tetap. Strukturalisme mengkaji pikiran-pikiran yang terjadi dalam diri manusia. Strukturalisme membenarkan pemikiran-pemikiran yang dibuat oleh manusia tetapi pada akhirnya menghancurkan peran manusia itu sendiri akibat pemikiran-pemikiran yang telah dibuat tersebut.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Dalam sosiologi antropologi dan linguistik, strukturalisme merupakan suatu metodologi dimana unsur budaya manusia harus dipahami dalam hal hubungan mereka dengan yang lebih besar, sistem secara menyeluruh atau struktur. Strukturalisme bekerja untuk mengungkap suatu struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, dan rasakan. Menurut Simon B, strukturalisme adalah keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dimengerti kecuali melalui keterkaitan mereka.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  12. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Strukturalisme dapat dilihat dari beberapa hal, yaitu hierarki, komponen, atau unsur-unsur, metode , dll. Para ahli strukturalisme kebanyakan menentang meksistensialisme dan fenomenologi yang mereka anggap terlalu individualis dan kurang ilmiah. Maurice M juga menekankan bahwa bahwa hal yang fundamental dalam identitas manusia adalah bahwa kita adalah objek-objek fisik yang masing-masing memiliki kedudukan yang berbeda-beda dan unik dalam ruang dan waktu.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  13. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Struktualisma merupakan metodolgi dalam sosiologi, antropologi dan linguistik dimana kebudayaan manusia harus dipahami dari berbagai hubungan yang ada dengan sistem atau struktur yang lebih besar dan saling beririsan. Struktualisme bertujuan untuk mengungkap struktur yang mendasari perilaku, pemikiran dan perasaan manusia. Dalam pembelajaran matematika yang memperlajasi berbagai macam topik materi pasti memiliki keterkaitan dengan materi yang lainnya, sehingga pengetahuan terhadap materi yang telah ada harus dijaga dan disusun dalam struktur yang sebagaimana mestinya agar dapat dijadikan pondasi untuk memahami materi berikutnya.

    ReplyDelete
  14. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Adapun apabila kita lihat dari sejarahnya, strutualisme pada ilmu sosiologi, antropologi, dan linguistik, merupakan metodologi yang harus memahami unsur budaya manusia dalam hubungan mereka dengan yang lebih besar, sistem secara menyeluruh atau umum yang disebut dengan struktur. Ia bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan meras. Atau, seperti yang dirangkum oleh fisuf Simon Blackburn, struktualisme adalah keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia yang tidak dimengerti kecuali melalui keterkaitan mereka. Hubungan ini merupakan struktur dan belakang variasi lokal dalam fenomena yang muncul di permukaan ada hukum konstan dari budaya abstrak.

    ReplyDelete
  15. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Strukturalisme merupakan paham filsafat yang mengajarkan bahwa pola berpikir dari mulai konsep hingga munculnya simbol-simbol atau tanda-tanda, sehingga membentuk sistem bahasa. Bahasa dalam percakapan sehari-hari juga mengenai proses kehidupan yang ada dalam kehidupan manusia, dianalisa berdasarkan strukturnya. Semua realitas sosial dapat dianalisa berdasarkan analisa struktural yang tidak terlepas dari kebahasaan.

    ReplyDelete
  16. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Strukturalisme adalah sebuah faham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memilki suatu struktur yang sama dan tetap. Strukturalisme berasal dari bahasa Inggris structuralism, latin struere (membangun), structura berarti bentuk bangunan. Sedangkan menurut filsuf Simon Blackburn, strukturalisme adalah kepercayaan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui interelasi manusia itu sendiri.

    ReplyDelete
  17. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Strukturalisme adalah nama yang diberikan kepada berbagai wacana yang mempelajari struktur yang mendasari makna. Signifikasi terjadi di mana pun ada peristiwa yang berarti atau dalam praktik tindakan yang bermakna. Karena itu, frasa, "menandakan praktik." Strukturalisme pertama kali muncul sebagai wacana khusus dengan karya ahli bahasa Swiss, Ferdinand de Saussure, yang mengembangkan cabang linguistik yang disebut "Struktural Linguistik."

    ReplyDelete
  18. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Strukturalisme adalah salah satu aliran filsafat yang berusaha untuk memahami manusia, sejarah, kebudayaan serta hubungan kebudayaan dengan alam dengan memakai metode struktural. Strukturalisme menyelidki pola-pola dasar yang tetap (pattern) dalam berbagai realitas.Claude Levi Strauss merupakan pemikir Perancis yang erat kaitannya dengan Strukturalisme. Karena melalui karya-karya tokoh ini Strukturalisme menjadi suatu aliran yang mendapat identitas sendiri.Strauss dalam buku tersebut berusaha menganalisa dan menjelaskan sistem-sistem kekerabatan primitive dengan memakai metode strukturalistik. Kekerabatan sebagaimana bahasa memiliki sistem-sistem tertentu yang terdiri atas relasi-relasi dan oposisi-oposisi, seperti: suami-isteri, bapak-anak, saudara laki-laki, saudara perempuan. Kekerabatan sama seperti bahasa merupakan system komunikasi karena klen-klen, famili-famili, suku-suku sling menukar wanita mereka.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  19. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Sturkturalisme merupakan aliran filsafat yang berkembang di Perancis pada pertengahan abada ke-20. Strukturalisme sebagai aliran filsafat yang bereakasi terhadap subjektivisme yang didewakan oleh Eksistensialisme mempunyai cirri-ciri "Desentralisasi" manusia,"Kematian" manusia sebagai subjek. Manusia dibicarakan dalam rangka struktur bahasa, sosial, ekonomi, dan politik. Dengan demikian, strukturalisme memiliki sikap atau pandangan yang anti subjektivitas, anti humanism, dan anti historisisme.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  20. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    strukturalisme adalah metodologi yang menyiratkan unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungannya dengan sistem atau struktur yang lebih luas dan menyeluruh. Istilah "strukturalisme" adalah istilah terkait yang menggambarkan gerakan atau momen filosofis / sastra tertentu. Istilah ini muncul dalam karya antropolog Prancis Claude Lévi-Strauss dan memunculkan di Perancis "gerakan strukturalis", yang memengaruhi pemikiran para penulis lain seperti Louis Althusser, psikoanalis Jacques Lacan, serta Marxisme struktural Nicos. Poulantzas, yang sebagian besar mengingkari diri mereka sebagai bagian dari gerakan ini. terimakasih

    ReplyDelete
  21. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Tokoh yang berpengaruh dalam filsafat structuralism adalah Michel Foucault. Strukturalisme dalam filsafat memandang bahwa kebenaran timbul dari struktur yang diciptakan dan digunakan oleh masyarakat. Dan terkadang kita sebagai manusia terjebak dalam struktur masyarakat yang kita ciptakan sendiri.

    ReplyDelete
  22. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Strukturalisme merupakan gerakan intelektual umum yang berpusat di Perancis, dan mencapai puncaknya pada tahun 1960-an. Ciri umum kaum strukturalis adalah keyakinan tentang fenomena hidup manusia yang tidak bisa dipahamikecuali dengan keterhubungan mereka.

    ReplyDelete
  23. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    From this sentence from Simon Blackburn, structuralism is "the belief that phenomena of human life is not intelligible except through their interrelations. These relations constitute a structure, and behind local variations in the surface phenomena there are constant laws of abstract culture", we can conclude that the relation between one another can tell us about the phenomena. Without interaction, the phenomena cannot be known.

    ReplyDelete
  24. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018
    Ciri-ciri struktualisme adalah pemusatan pada deskripsi keadaan aktual objek melalui penyelidikan, penyingkapan tabiat, sifat-sifat yang terkait dengan suatu hal melalui pendidikan. Ciri-ciri itu bisa dilihat dari beberapa hal, hierarki komponen atau unsur-unsur, terdapat metode model teoritis yang jelas dan distingsi yang jelas. Para ahli struktualisme menentang eksistensialisme dan fenomenologi yang mereka anggap terlalu individualistis dan kurang ilmiah. Salah satu yang terkenal adalah pandangan Maurice Merleau-Ponty yang menentang fenomenologi dan eksistensialisme tubuh manusia. Merleau-Ponty menekankan bahwa hal yang fundamental dalam identitas manusia adalah bahwa kita adalah objek-objek fisik yang masing-maisng memiliki kedudukan yang berbeda-beda dan unik dalam ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  25. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Pokok pikiran strukturalisme ialah kebudayaan manusia dan hubungannya dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Tujuannya adalah mengurai struktur dari realitas yang namak beranekaragam dan tidak teratur secara ilmiah. Konsep strukturalisme yang luas dan menyeluruh berimplikas pada fleksibilitasnya sehingga dapat digunakan untuk menjelaskan fenomena keilmuan baik ilmu alam dan ilmu sosial humaniora.

    ReplyDelete
  26. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Struktualisme yang terkandung dalam sosiologi, antropologi dan linguistic mengandung nilai budaya yang harus dipahami. Nilai budaya yang terkandung di dalamnya menggiring manusia kepada hal apa yang akan dilakukan, dipikirkan dan dirasakan. Struktualisme juga adalah sebuah pembeda yang secara tajam mengenai masyarakat dan ilmu kemanusiaan dari tahun 1950 hingga 1970 (salah satu contohnya di Prancis). Dalam bidang linguistic, bahasa sansekerta adalah adalah contoh bahasa yang dianggap bahasa sempurna. Tatabahasa ini adalah tata Bahasa normative atau preskriptif yang mengatur bagaimana cara pemakaian Bahasa yang baku.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  27. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, metodologi yang unsur budaya manusia harus dipahami dalam hal hubungan mereka dengan yang lebih besar diartikan sebagai makna dari structuralism, sistem secara menyeluruh atau umum disebut struktur. Struktur tersebut mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan merasa. Atau, seperti yang dirangkum oleh filsuf Simon Blackburn, strukturalisme adalah "keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia yang tidak dimengerti kecuali melalui keterkaitan mereka. Hubungan ini merupakan struktur, dan belakang variasi lokal dalam fenomena yang muncul di permukaan ada hukum konstan dari budaya abstrak. Terimakasih.

    ReplyDelete
  28. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A
    Stukturalisme merupakan paham yang dikembangkan mulai 1970. Stukrturalisme merupaka metodologi yang menyatakan bahwa teradapat hubungan, interkasi, atau system dari kejadian atau fenomena. Dijelaskan bahwa terdapat bagian bagian yang saling berkaitan, hal ini tentu tidak dapat dilihat secara nyata namun harus mempelajari dan menelaahnya (metafisik). Strukturalisme digunakan untuk memecahkan berbagi macam permasalahan, salahsatunya digunakan dalam memecahkan masalah dalam filsafat, ilmu alam, dan social humaniora.

    ReplyDelete
  29. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika 2019 D

    Berdasarkan beberapa artikel di atas yang telah say a baca, dari sisi sosiologi, antropologi, dan linguistik, strukturalism adalah metodologi yang menyiratkan unsur-unsur budaya manusia harus dipahami dengan cara hubungannya dengan sistem atau struktur yang lebih luas dan menyeluruh. Sedangkan dalam matematika, strukturalisme adalah bahwa yang penting bagi teori matematika bukanlah sifat internal objeknya, seperti angka, fungsi, set, atau poinnya, tetapi bagaimana objek-objek itu saling berhubungan.

    ReplyDelete
  30. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Istilah structuralism banyak digunakan dalam berbagai bidang seperti dalam sosiologi, antropologi, linguistik dan matematika. Dalam sosiologi, antropologi dan linguistik, structuralism adalah metodologi bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Ia bekerja untuk menemukan struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan dan rasakan. Dengan kata lain structuralism merupakan keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Hubungan ini merupakan struktur, dan dibalik variasi lokal dalam fenomena permukaan ada hukum budaya abstrak yang konstan. Sedangkan structuralism dalam matematika adalah bahwa apa yang penting bagi teori matematika bukanlah sifat internal benda-bendanya, seperti bilangan, fungsi, himpunan, atau titik, tapi bagaimana benda-benda itu berhubungan satu sama lain.

    ReplyDelete
  31. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pend matematika D 2019

    Sepemahaman saya strukturalism merupakan sebuah gerakan intelektual umum yang berpusat berada di Prancis, dan yang masa jayanya di tahun 1960an. Ciri umum dari posisi strukturalis adalah kepercayaan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Hubungan ini merupakan struktur, dan dibalik variasi lokal dalam fenomena permukaan ada hukum struktur abstrak yang konstan. Jadi beragam mitos, karya seni, atau praktik pernikahan yang berbeda, dapat dinyatakan sebagai pola yang sama. Strukturalisme berawal dari karya Saussure dalam linguistik, dan satu bentuk doktrin berpendapat bahwa semua sistem tanda bersifat linguistik (Blackburn, 1996). Salah satu keberhasilan awal penyelidikan strukturalis dalam linguistik adalah penemuan bahwa unit fonetik mendapatkan ciri-ciri identitasnya melalui jaringan hubungan (oposisi, perbedaan) antara suara dan bukan melalui sifat fisik yang kasar dari suara yang diberikan.

    ReplyDelete
  32. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Strukturalisme adalah teori yang menyatakan bahwa berbagai gejala budaya dan alamiah sebagai bangun teoritis (abstrak) yang terdiri atas unsur-unsur yang berhubungan satu sama lain relasi sintagmatis dan paradigmatis. Strukturalisme juga beranggapan bahwa seluruh organisasi manusia ditentukan secara luas oleh struktur sosial atau psikologi yang mempunyai logika independen yang menarik, berkaitan dengan maksud, keinginan, maupun tujuan manusia.

    ReplyDelete
  33. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete