Dec 2, 2012

STRUCTURALISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang STRUCTURALISM, koneklah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Structuralism



Wss Wr Wb
Marsigit

29 comments:

  1. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Strukturalisme adalah metodologi bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Hal ini membentuk suatu keyakinan b bahwa struktulisme adalah fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Dengan memperhatikan keterkaitan tersebut dapat membentuk suatu pengetahuan.

    ReplyDelete
  2. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Strukturalisme merupakan pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan suatu kebudayaan memiliki struktur yang sama dan tetap, sehingga unsur-unsur budaya manusia dapat dipahami melalui hubungan mereka melalui sistem atau struktur dalam masyarakat. Dalam perkembangannya Strukturalisme erat kaitannya dengan ilmu bahasa atau linguistik.

    ReplyDelete
  3. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Strukturalisme merupakan paham yang memandang segala sesuatu yang ada di dunia saling berkaitan dan berhubungan. Unsur-unsur di dunia ini tidak bisa secara indivisual maupun mandiri bergerak dan berjalan sendiri. Untuk memaksimalkan potensi maka perlu adanya hbungan dan berkaitan sehingga membentuk struktur yang dapat bergerak secara maksimal. Begitu pula dalam pendidikan matematika, membelajari berbagai topik dalam matematika tidak mungkin tidak berkaitan dengan topik yang lainnya, sehingga pengetahuan yang telah ada harus dijaga dan diendapkan agar dapat digunakan untuk memahami topik yang lain.Terima Kasih

    ReplyDelete
  4. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa strukturalisme adalah metodologi dalam sosiologi, antropologi dan linguistik yang menyatakan bahwa elemen dari kebudayaan manusia harusnya dipahami dari hubungannya dengan sistem atau struktur yang lebih besar dan saling beririsan. Strukturalisme bertujuan untuk mengungkap struktur yang mendasari perilaku, pemikiran dan perasaan manusia.

    ReplyDelete
  5. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Berdasarkan sumber pertama yang direkommendasikan, saya mendapatkan bahwa dalam sosiologi, antropologi dan linguistik, strukturalisme merupakan metodologi bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Ia bekerja untuk menemukan struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan rasakan. Sebagai alternatif, seperti yang diringkas oleh filsuf Simon Blackburn, strukturalisme adalah "keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Hubungan ini merupakan struktur, dan dibalik variasi lokal dalam fenomena permukaan ada hukum budaya abstrak yang konstan".

    ReplyDelete
  6. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan referensi yang saya baca mengenai structuralisme, dapat diambil intisari bahwa strukturalisme adalah metodologi dalam sosiologi, antropologi dan linguistik di mana kebudayaan manusia harus dipahami dari berbagai hubungan yang ada dengan sistem atau struktur yang lebih besar dan saling beririsan. Strukturalisme bertujuan untuk mengungkap struktur yang mendasari perilaku, pemikiran, dan perasaan manusia. Begitu pula dalam pembelajaran matematika yang mempelajari berbagai macam topik materi pasti memiliki keterkaitan dengan materi yang lainnya, sehingga pengetahuan terhadap materi yang telah ada harus dijaga dan disusun dalam struktur yang sebagaimana mestinya agar dapat dijadikan pondasi untuk memahami materi berikutnya.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  7. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb
    Dalam sejarahnya, strukturalisme pada ilmu sosiologi, antropologi, dan linguistik, merupakan metodologi yang harus memahami unsur budaya manusia dalam hubungan mereka dengan yang lebih besar, sistem secara menyeluruh atau umum yang disebut dengan struktur. Ia bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan merasa. Atau, seperti yang dirangkum oleh filsuf Simon Blackburn, strukturalisme adalah "keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia yang tidak dimengerti kecuali melalui keterkaitan mereka. Hubungan ini merupakan struktur dan belakang variasi lokal dalam fenomena yang muncul di permukaan ada hukum konstan dari budaya abstrak".
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  8. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Strukturalisme merupakan aliran filsafat yang manusia “terkungkung” dalam berbagai struktur dalam kehidupannya.
    Strukturalisme adalah faham, keyakinan, atau pandangan bahwa manusia tidak bisa saling memahami tanpa adanya keterkaitan atau hubungan antara satu dengan lainnya. Hubungan ini merupakan struktur yang melatarbelakangi terjadinya suatu fenomena kehidupan baik dari segi budaya dan hal-hal lain yang berkaitan dengan hidup manusia.Ciri khas strukturalisme ialah pemusatan pada deskripsi keadaan aktual obyek melalui penyelidikan, penyingkapan sifat-sifat instrinsiknya yang tidak terikat oleh waktu dan penetapan hubungan antara fakta atau unsur-unsur sistem tersebut melalui pendidikan. Dalam beberapa link ada pembahasan yang tidak saya pahami yaitu mengenai tujuan strukturalisme yang dianggap melampaui ilmu tentang kemanusiaan, karena mengurangi dan mengabaikan peran dari manusia itu sendiri sebagai subjek strukturalisme.

    ReplyDelete
  9. Junianto
    PM C

    Dari salah satu suber di atas, strukturalism adalah metodologi bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Ia bekerja untuk menamukan struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan,lihat dan rasakan. Jadi, unsur-unsur budaya yang ada di lingkungan masyakarat harus dipahami dan dikaitkan dengan sistem yang ada dimasyakarat tersebut.

    ReplyDelete
  10. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Strukturalis memandang bahwa matematika bukanlah tentang beberapa himpunan tertentu dari objek abstrak melainkan matematika adalah ilmu tentang pola struktur, dan benda-benda tertentu yang relevan dengan matematika sejauh mereka memenuhi beberapa pola atau struktur. Strukturalis memandang bahwa matematika adalah suatu subyek atau bidang studi yang harus dipelajari dan dikuasai siswa. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  11. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Strukturalisme adalah metodologi bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas (en.wikipedia.org). Berdasarkan pengertian tersebut dapat dipahami bahwa dalam strukturalisme, setiap hal harus dipahami keterkaitannya dengan hal-hal lain dalam struktur yang lebih luas. Maka ketika kita mencoba memahami atau mempelajari sesuatu, kita seharusnya tidak hanya melihat dari satu hal atau satu sisi. Tetapi dari keseluruhan, melihat dengan menghubungkan suatu hal dengan hal lain yang lebih luas.

    ReplyDelete
  12. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Dalam kamus besar bahasa Indonesia. strukturalisme diartikan sebagai gerakan linguistik yang berpandangan bahwa hubungan antara unsur bahasa lebih penting daripada unsur itu sendiri, satu-satunya objek bahasa adalah sistem bahasa, dan penelitian bahasa dapat dilakukan secara sinkronis. Dalam sosiologi, antropologi dan linguistik, strukturalisme didefinisikan sebagai metodologi bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Simon Blackburn mengartikan strukturalisme adalah kepercayaan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Hubungan tersebut merupakan struktur, dan dibalik variasi lokal dalam fenomena permukaan ada hukum budaya abstrak yang konstan.

    ReplyDelete
  13. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Strukturalisme ialah suatu aliran atau juga gerakan filsafat yang menyatakan bahwa masyarakat dan kebudayaannya mempunyai struktur yang sama. Strukturalisme ini mengkaji pikiran/ide yang dikeluarkan manusia seperti adat-istiadat,tanda-tanda, bahasa, simbol-simbol, gagasan, itu semua sudah terstruktur. Intinya segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia (dalam hal ini ialah kebudayaan) adalah kajian dari strukturalisme.

    ReplyDelete
  14. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Berdasarkan web diatas, dapat dikatakan bahwa metodologi adalah suatu metode untuk mengetahui unsur-unsur budaya manusia melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Metodologi ini berkerja. Untuk menemukan struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan rasakan. Menurut Simon Blackburn, strukturalisme adalah "keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Hubungan ini merupakan struktur, dan dibalik variasi lokal dalam fenomena permukaan ada hukum budaya abstrak yang konstan"

    ReplyDelete
  15. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Strukturalisme merupakan suatu gerakan pemikiran filsafat yang mempunyai pokok pikiran bahwa semua masyarakat dan kebudayaan mempunyai suatu struktur yang sama dan tetap. Strukturalisme menyingkapkan dan melukiskan struktur inti dari suatu obyek (hirarkinya, kaitan timbal balik antara unsur-unsur pada setiap tingkat). Dalam strukturalisme matematika, apa yang penting bagi teori matematika bukanlah bersifat internal dari objek, seperti nomor, fungsi, set atau titik, tapi bagaimana benda-benda berhubungan satu sama lain. Strukturalisme sebagai aliran filsafat mempunyai ciri-ciri: a) “Desentralisasi” manusia. 2) “Kematian” manusia sebagai subjek. 3) Manusia dibicarakan dalam rangka struktur bahasa, sosial, ekonomi, dan politik.

    ReplyDelete
  16. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Seperti yang dirangkum oleh filsuf Simon Blackburn , strukturalisme adalah " keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia yang tidak dimengerti kecuali melalui keterkaitan mereka . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Strukturalisme adalah teori bahwa unsur-unsur dari kebudayaan manusia harus dipahami dalam hal hubungan mereka dengan yang lebih besar, sistem menyeluruh atau struktur. Ia bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan merasa.

    ReplyDelete
  17. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Berdasarkan sumber di atas, strukturalisme merupakan sebuah metodologi yang menyatakan bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Strukturalisme juga merupakan keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa unsur-unsur yang ada di dunia ini saling berhubungan satu sama lain dan membentuk suatu struktur. Oleh karena itu, seyogyanya kita memahami struktur-struktur yang ada terutama struktur yang ada di sekiar kita.

    ReplyDelete
  18. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dari sumber yang saya baca, dikatakan bahwa strukturalisme adalah suatu pola pandang yang mengatakan antara kebudayaan dan masyarakat memiliki kesamaan, yaitu struktur yang tetap. Beberapa bidang yang didalami oleh tokoh strukturalisme adalah strukturalisme dalam linguistik, masyarakat, kekristenan, dan psikologi. Dalam bidang filsafat, strukturalisme tepatnya pada masa modern menggunakan pendekatan subyektivitas, sehingga tergantung dengan pandangan orangyang terkait. Misalnya tindak kejahatan bukanlah sesuatu yang buruk, namun normal bagi mereka (penjahat). Jadi tergantung sudut pandang dari penjahat itu sendiri, mengapa melakukan kejahatan. Memang segala sesuatu yang ada di dunia itu memang bersifat relatif, tergantung dengan ruang dan waktunya, karena yang bersifat tetap hanyalah Allah Sang Pencipta

    ReplyDelete
  19. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Istilah structuralism banyak digunakan dalam berbagai bidang seperti dalam sosiologi, antropologi, linguistik dan matematika. Dalam sosiologi, antropologi dan linguistik, structuralism adalah metodologi bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Ia bekerja untuk menemukan struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan dan rasakan. Dengan kata lain structuralism merupakan keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Hubungan ini merupakan struktur, dan dibalik variasi lokal dalam fenomena permukaan ada hukum budaya abstrak yang konstan. Sedangkan structuralism dalam matematika adalah bahwa apa yang penting bagi teori matematika bukanlah sifat internal benda-bendanya, seperti bilangan, fungsi, himpunan, atau titik, tapi bagaimana benda-benda itu berhubungan satu sama lain.

    ReplyDelete
  20. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Strukturalisme memiliki pandangan bahwasannya antara masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang bisa dikatakan sama dan juga tetap. Kaitannya dengan pembelajaran pada mata pelajaran matematika, pendekatan stukturalisme memandang tentang matematisasi vertikal artinya dalam mempelajari matematika harus berawal dari soal kontekstual yang kemudian dibawa ke dalam ke hal yang abstrak, karena matematika mempunyai struktur yang memang harus dilakukan secara bertahap. Inilah perbedaan antara matematika pendidikan dan matematika murni.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  21. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Structuralism adalah pandangan atau paham yang mengandung unsur dari kebudayaan manusia merupakan sistem yang menyeluruh atau terstruktur dan hal ini harus dimengerti sebagai hubungan yang luas. Structuralism bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari setiap hal yang akan dilakukan, dipikirkan, maupun dipandang dan dipersepsikan oleh manusia. Sedangkan structuralism dalam matematika merupakan seuatu yang dianggap penting dalam matematika yaitu memiliki keterkaitan antar satu objek dengan yang lain dan terstruktur, misalnya hubungan titik dengan garis, garis dengan bidang, dst.

    ReplyDelete
  22. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PMA

    Strukturalisme adalah faham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap. Ciri-ciri Strukturalisme adalah pemusatan pada deskripsi keadaan aktual objek melalui penyelidikan, penyingkapan tabiat, sifat-sifat yang terkait dengan suatu hal melalui pendidikan. Ciri-ciri itu bisa dilihat dari beberapa hal; hirarki, komponen atau unsur-unsur, terdapat metode, model teoritis yang jelas dan distingsi yang jelas.

    ReplyDelete
  23. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Strukturalisme merupakan suatu gerakan pemikiran filsafat yang mempunyai pokok pikiran bahwa semua masyarakat dan kebudayaan mempunyai suatu struktur yang sama dan tetap. Ciri khas strukturalisme ialah pemusatan pada deskripsi keadaan aktual obyek melalui penyelidikan, penyingkapan sifat-sifat instrinsiknya yang tidak terikat oleh waktu dan penetapan hubungan antara fakta atau unsur-unsur sistem tersebut melalui pendidikan.

    ReplyDelete
  24. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Menurut Ferdinand de Saussure Strukturalisme memiliki pengertian bahwa strukturalisme adalah aliran filsafat yang hendak memahami manusia, sejarah dan kebudayaan serta hubungan kebudayaan dengan alam dengan memakai metode struktural. Strukturalisme menyelidiki pola-pola dasar yang tetap dalam berbgai realitas.

    ReplyDelete
  25. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Structuralism adalah paradigma teoritis dalam sosiologi, antropologi, linguistik yang menyatakan ahwa unsur-unsur dari keudayaan manusia harus dipahami dalam hal hubungan mereka yang lebih besar, sistem yang menyeluruh atau struktur. Strukturalisme berupaya mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan dan merasakan.

    ReplyDelete
  26. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Simon Blackburn mengatakan bahwa strukturalisme adalah keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dimengerti kecuali melalui keterkaitan mereka. Strukturalisme berkembang pada abad ke 20, muncul sebagai reaksi terhadap evolusionisme positivs dengan menggunakan metode-metode riset struktural yang dihasilkan oleh matematika, fisika, dan ilmu-ilmu lain.

    ReplyDelete
  27. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Structuralisme berasal dari kata struktur, berarti sebuah paham yang berpegang kuat dengan penstrukturan atau teratur. Orang yang memiliki paham structuralisme akan menjalani hidupnya secara teratur atau terstruktur. Seseorang yang memiliki kemampuan matematika yang lebih biasanya hidupnya lebih terstruktur. Terstruktur maksudnya mampu menyusun pertahap, perstep, dengan rapi secara runtun apa yang akan dijalaninya. Biasanya orang seperti ini selalu melakukan sesuatu dengan planning yang ia telah rencanakan dan urut sesuai planning tersebut.

    ReplyDelete
  28. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Struktualism merupakan apaham yang menempatkan struktur atau sistem bahasa dan budaya sebagai penentu perilaku dan kesadaran. Para filsuf yang mencetuskan paham ini percaya bahwa manusia pada dasarnya merupakan mahluk yang tidak bebas namun terstruktur oleh sistem bahasa dan budayannya. Sehingga menurut paham ini, keberadaan manusia itu tidak tergantung olrh dirinya sendiri, namun bergantung pada kedudukan dan fungsinya dalam suatu sistem. Terimakasih

    ReplyDelete
  29. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Selain memiliki dasar, dalam suatu kebudayaan atau masyarakat tentu memiliki struktur tertentu yang membangunnya. Struktur pembangun ini dapat sama atau justru berbeda satu dengan yang lainnya. Jika terjadi perubahan struktur, dapat dikatakan bahwa telah terjadi pergeseran perilaku karena struktur dipengaruhi oleh perilaku masyarakat di dalamnya.

    ReplyDelete