Dec 2, 2012

STRUCTURALISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang STRUCTURALISM, koneklah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Structuralism



Wss Wr Wb
Marsigit

64 comments:

  1. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Strukturalisme adalah faham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap. Strukturalis, khususnya dalam bidang antropologi, sosiologi, dan linguistik, menggunakan teknik metodologis dalam risetnya guna menyingkapkan struktur tersembunyi dari objek-objek yang dipelajarinya. https://id.wikipedia.org/wiki/Strukturalisme. Sederhananya, strukturalisme merupakan paham yang menganggap struktur yang sama atau tetap disetiap objeknya. Struktur yang menjadi fundamental dan pembangun objeknya.

    ReplyDelete
  2. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Structuralism adalah metodologi yang mengandung unsur dari kebudayaan manusia yang harus dimengerti sebagai hubungan yang luas, sistem yang menyeluruh atau terstruktur. Structuralism bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang dilakukan, dipikirkan, dipersepsikan dan dirasakan manusia. Seorang filsuf Simon Blackburn menilai strukturalisme merupakan keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia yang tidak dimengerti kecuali melalui keterkaitan mereka, dimana didalamnya terdapat hukum mengenai budaya antar manusia tersebut.

    ReplyDelete
  3. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Broadly speaking, Structuralism holds that all human activity and its products, even perception and thought itself, are constructed and not natural, and in particular that everything has meaning because of the language system in which we operate. It is closely related to Semiotics, the study of signs, symbols and communication, and how meaning is constructed and understood.
    There are four main common ideas underlying Structuralism as a general movement: firstly, every system has a structure; secondly, the structure is what determines the position of each element of a whole; thirdly, "structural laws" deal with coexistence rather than changes; and fourthly, structures are the "real things" that lie beneath the surface or the appearance of meaning.
    Sumber: http://www.philosophybasics.com/movements_structuralism.html

    ReplyDelete
  4. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Strukturalisme adalah metodologi bahwa unsur – unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Strkturalisme mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan. Seperti yang diungkapkan oleh filsuf Simon Blackburn, strukturalisme adalah kepercayaan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Hubungan ini merupakan struktur, dan dibalik variasi lokal dalam fenomena permukaan ada hukum budaya abstrak yang konstan. Antropolog Perancis, Claude L. S bisa dikatakan sebagai cendekiawan pertama yang memicu minat luas terhadap strukturalisme.

    ReplyDelete
  5. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dapat kita pahami bahwa strukturalisme adalah faham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap. Menurut Ferdinand de Saussure Strukturalisme memiliki dua pengertian, yaitu: Strukturalisme adalah metode atau metodologi yang digunakan untuk mempelajari ilmu-ilmu kemanusiaan dengan bertitik tolak dari prinsip-prinsip Linguistik. Dan Strukturalisme adalah aliran filsafat yang hendak memahami manusia, sejarah dan kebudayaan serta hubungan kebudayaan dengan alam dengan memakai metode. Dengan adanya aliran strukturalisme ini maka segala sesuatu dilakukan haruslah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, haruslah sesuai dengan aturan yang berlaku, sistematis dan koheren struktural.

    ReplyDelete
  6. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Strukturalisme merupakan aliran filsafat yang memberikan pandangan bahwa semua yang ada atau objek filsafat memiliki keterkaitan di antaranya. Dimana pada awalnya Strukturalisme dianggap sebagai pewaris eksistensialisme. Sehingga berdasarkan aliran ini filsafat memandang semua fenomena maupun pengetahuan yang satu dan lainnya memiliki suatu hubungan. Dan dari hubungan inilah muncul suatu yang baru juga.

    ReplyDelete
  7. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Strukturalisme adalah metodologi yang unsur budaya manusia harus dipahami dalam hal hubungan mereka dengan yang lebih besar, sistem secara menyeluruh atau umum disebut struktur. Metodologi ini bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan merasa. Strukturalisme juga merupakan sebuah pembedaan secara tajam mengenai masyarakat dan ilmu kemanusiaan dari tahun 1950 hingga 1970, khususnya terjadi di Perancis. Strukturalisme berasal dari bahasa Inggris, structuralism; latin struere (membangun), structura berarti bentuk bangunan. Strukturalisme berkembang pada abad 20, muncul sebagai reaksi terhadap evolusionisme positivis dengan menggunakan metode-metode riset struktural yang dihasilkan oleh matematika, fisika dan ilmu-ilmu lain.

    ReplyDelete
  8. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berdasarkan artikel link tersebut, bahwa Dalam sosiologi, antropologi dan linguistik, strukturalisme adalah metodologi bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Ia bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan rasakan. Sebagai alternatif, seperti yang diringkas oleh filsuf Simon Blackburn, strukturalisme adalah "kepercayaan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Hubungan ini merupakan struktur, dan dibalik variasi lokal dalam fenomena permukaan ada hukum budaya abstrak yang konstan" maksudnya bahwa strukturalisme itu selalau berkaitan dengan struktur. Abwha kita tahu struktur adalah tepola, terstruktur, dari awal samapi akhir.

    ReplyDelete
  9. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Strukturalisme merupakan aliran filsafat yang berpendapat bahwa masyarakat dan kebudayaan memiliki struktur yang sama dan tetap. Struktur yang juga dapat berarti susunan memiliki makna bahwa antara masyrakat dan kebudayaan memiliki susunan yang teratur. Teori stukturalisme murni hampir seluruh bidang kehidupan manusia baik itu dalam laju perkembangan IPTEK, dalam menunjang sarana pra sarana penelitian secara global, dan dalam bidang sastra memicu berkembangnya genre sastra dan lainnya.

    ReplyDelete
  10. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Structuralism ini memiliki dasar dalam suatu kebudayaan tertentu untuk membangun kebudayaan tersebtu. Struktur pembangun ini bisa sama atau berbeda dengan yang lain. Jika terjadi perubahan struktur pada kebudayaan atau masyarakat bisa dikatakan telah terjadi pergeseran perilaku manusia karena struktur besar dipengaruhi oleh perilaku masyarakat didalamnya.

    ReplyDelete
  11. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya mendapatkan pemahaman baru tentang paham filsafat yaitu structuralism. Dimana structuralism ini sebuah pendekatan studi terhadap unsur budaya yang memiliki struktur dan saling berkaitan satu sama lain. Sehingga dari sini berdampak baik dalam meneruskan warisan budaya dan warisan sejarah melalui pengetahuan inti yang terakumulasi dan telah bertahan dalam kurun waktu yang lama, serta merupakan suatu kehidupan yang telah teruji oleh waktu dan dikenal oleh semua orang.

    ReplyDelete
  12. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Struktualisme merupakan suatu gerakan pemikiran filsafat yang mempunyai pokok pikiran bahwa semua masyarakat dan kebudayaan mempunyai suatu struktur yang sama dan tetap. Ciri khas strukturalisme ialah pemusatan pada deskripsi keadaan aktual obyek melalui penyelidikan, penyingkapan sifat-sifat instrinsiknya yang tidak terikat oleh waktu dan penetapan hubungan antara fakta atau unsur-unsur sistem tersebut melalui pendidikan. Strukturalisme menyingkapkan dan melukiskan struktur inti dari suatu obyek (hierarkinya, kaitan timbal balik antara unsur-unsur pada setiap tingkat) (Bagus, 1996: 1040).

    ReplyDelete
  13. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Menurut teori strukturalisme, kebenaran itu adalah apa yang diajarkan oleh struktur yang telah di ciptakan dan di gunakan oleh semua masyarakat. Dalam pandangan strukturalis manusia terjebak dalam suatu struktur budaya yang dijalani dan di ciptakannya sendiri. Ketika manusia lahir ia sudah ada dalam suatu struktur, ia memiliki peran, meskipun kemudian mampu memilih atau membuat sendiri sebuah struktur, tapi ia kembali akan terjebak di dalamnya.

    ReplyDelete
  14. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Strukturalit memandang bahwa matematika bukanlah tentang beberapa himpunan tertentu dari objek abstrak melainkan matematika adalah ilmu tentang pola struktur, dan benda-benda tertentu yang relevan dengan matematika sejauh mereka memenuhi beberapa pola atau struktur. Secara metafisik, pertanyaan yang paling mendesak adalah apakah ada atau bisa menjadi objek yang "tidak lengkap" yang tidak memiliki sifat intrinsik, atau apakah strukturalisme memerlukan penolakan terhadap keberadaan objek matematis sama sekali. Masing-masing pilihan ini menghasilkan pertanyaan epistemis yang khas mengenai bagaimana matematika diketahui.

    ReplyDelete
  15. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Menurut teori strukturalisme, kebenaran itu adalah apa yang diajarkan oleh strukturyang telah di ciptakan dan di gunakan oleh semua masyarakat. Strukturalisme berasal dari bahasa Inggris, structuralism ; latin struere (membangun), structura berarti bentuk bangunan.Dalam pandangan strukturalis manusia terjebak dalam suatu struktur budaya yang dijalani dan di ciptakannya sendiri. Ketika manusia lahir ia sudah ada dalam suatu struktur, ia memiliki peran, meskipun kemudian mampu memilih atau membuat sendiri sebuah struktur, tapi ia kembali akan terjebak di dalamnya.

    ReplyDelete
  16. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Merupakan salah satu filsafat pendidikan matematika selain mecanistic, empiricism, dan realistics. Strukturalisme menekankan pada penggunaan metode struktural. Strukturalisme merupakan suatu paham yang bertujuan mencari struktur terdalam dari realitas yang tampak kacau dan beraneka ragam di permukaan. Di dalam pendidikan matematika, para strukturalis mengajarkan matematika dengan cara menekankan bahwa matematika itu merupakan sebuah struktur yang saling berhubungan antara yang satu dengan lain. Seperti yang kita ketahui bahwa matematika itu terdiri dari konsep yang satu dengan yang lain. Sehingga dalam pembelajaran, siswa harus sadar atau memahami hubungan-hubungan tersebut, sehingga pengetahuan tentang matematika tidak terpecah atau terpartisi. Dengan demikian, maka pembelajaran matematika yang dilakukan akan menjadi lebih bermakna. Dan siswa dapat memahami matematika dengan lebih mudah.

    ReplyDelete
  17. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Strukturalisme adalah paradigma teoritis dalam sosiologi, antropologi, linguistik dan semiotika bahwa unsur-unsur dari kebudayaan manusia harus dipahami dalam hubungan yang lebih luas, sistem yang menyeluruh atau struktur. Strukturalisme bekerja mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan merasa. Simon Blackburn telah merangkum bahwa strukturalisme adalah keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dimengerti kecuali melalui keterkaitan mereka.

    ReplyDelete
  18. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Jean Piaget dalam bukunya Structuralism menyatakan bahwa strukturalisme adalah sebuah pendekatan studi terhadap unsur budaya yang memiliki struktur dan saling berkaitan satu sama lain. Dalam buku Hermeneutik, sebuah metode filsafat karya Sumaryono bahwa strukturalisme adalah reaksi langsung terhadap manusia sebagai struktur dan jika struktur tersebut ditemukan maka suatu benda pada manusia akan hilang unsurnya. Strauss juga mengemukakan bahwa semua unsur seni, budaya, bahasa, dll. memilki struktur.

    ReplyDelete
  19. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Strukturalisme adalah paham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap. Tujuan Strukturalisme adalah mencari struktur terdalam dari realitas yang tampak kacau dan beraneka ragam di permukaan secara ilmiah. Struktur yang ada tersebut hendaknya dapat dipahami sehingga tidak lagi menghasilkan realita yang kacau dan beraneka ragam. Strukturalisme juga adalah sebuah pembedaan secara tajam mengenai masyarakat dan ilmu kemanusiaan.

    ReplyDelete
  20. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Strukturalisme dapat dianggap sebagai suatu pendekatan ilmu humanis yang mencoba untuk menganalisis bidang tertentu sebagai sistem kompleks yang saling berhubungan. Contoh dari bidang tersebut adalah mitologi. Strukturalisme merupakan paham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memilki suatu struktur yang sama dan tetap. Strukturalisme sebagai aliran filsafat yang bereaksi terhadap subjektivisme yang didewakan oleh Eksistensialisme mempunyai ciri-ciri: Desentralisasi manusia, Kematian manusia sebagai subjek, dan manusia dibicarakan dalam rangka struktur bahasa, sosial, ekonomi, dan politik.

    ReplyDelete
  21. Strukturalisme bekerja mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan alami. Adanya struktur masyarakat, dari pemimpin adan anggota. dalam negara struktur berarti ketatanegaraan. Struktur ada dalam diri seseorang mulai dari individu sampai pada dunia. Struktur individu sebagai petani, pekerja, pengajar, pemerintah.

    ReplyDelete
  22. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Entah kebetulan atau tidak. Beberapa waktu lalu (sudah agak lama), saya menggunakan wikipedia sebagai rujukan untuk mencari pengertian tentang strukturalisme,

    "Dalam sosiologi, antropologi dan linguistik, strukturalisme adalah metodologi bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Ia bekerja untuk menemukan struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan rasakan. Sebagai alternatif, seperti yang diringkas oleh filsuf Simon Blackburn, strukturalisme adalah "keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Hubungan ini merupakan struktur, dan dibalik variasi lokal dalam fenomena permukaan ada hukum budaya abstrak yang konstan" (wikipedia)

    "Hubungan manusia denga sistem dan struktur" menjadi frasa kunci yang saya gunakan untuk memahami tentang strukturalisme. Dan ternyata dua link yang menyertai wikipedia pada postingan ini menjadi rujukan baru dalam pembelajaran saya. Terimakasih

    ReplyDelete
  23. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dari sumber yang saya peroleh, secara sederhana strukturalisme memandang segala sesuatu memiliki struktur dan saling berkaitan satu sama lain. Ada empat ide umum utama yang mendasari Strukturalisme sebagai paham atau gerakan umum : pertama , setiap sistem memiliki struktur ; kedua, struktur yang menentukan posisi setiap elemen dari keseluruhan; ketiga, " struktural hukum " kesepakatan dengan koeksistensi daripada perubahan ; dan keempat , struktur adalah " hal yang nyata " yang terletak di bawah permukaan atau penampilan makn

    ReplyDelete
  24. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Strukturalism merupakan suatu pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama. Strukturalisme sebagai metode berpikir dalam memahami realitas, memiliki ciri khas yaitu deskripsi dari keadaan nyata obyek dipusatkan melalui penyelidikan yang tidak terikat oleh waktu. Hal yang dibahas berupa perbedaan secara tajam mengenai masyarakat dan ilmu kemanusiaan. Sehingga, para ahli strukturalisme menentang eksistensialisme dan fenomenologi yang mereka anggap terlalu individualistis dan kurang ilmiah.

    ReplyDelete
  25. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami strukturalism merupakan sebuah gerakan intelektual umum yang berpusat berada di Prancis, dan yang masa jayanya di tahun 1960an. Ciri umum dari posisi strukturalis adalah kepercayaan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Hubungan ini merupakan struktur, dan dibalik variasi lokal dalam fenomena permukaan ada hukum struktur abstrak yang konstan. Jadi beragam mitos, karya seni, atau praktik pernikahan yang berbeda, dapat dinyatakan sebagai pola yang sama. Strukturalisme berawal dari karya Saussure dalam linguistik, dan satu bentuk doktrin berpendapat bahwa semua sistem tanda bersifat linguistik (Blackburn, 1996). Salah satu keberhasilan awal penyelidikan strukturalis dalam linguistik adalah penemuan bahwa unit fonetik mendapatkan ciri-ciri identitasnya melalui jaringan hubungan (oposisi, perbedaan) antara suara dan bukan melalui sifat fisik yang kasar dari suara yang diberikan.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  26. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. menurut hasil pembacaan saya, strukturalisme adalah suatu paham atau metodelogi yang mencoba untuk memahami haikat kehidupan melalui pendektan strktural yaitu bahwa realitas kehidpan ini tak mungkin dapat dimengerti/dipahami tanpa mengetahui unsru-unsur yang saling terkait sebagai unsur-unsur pembentuk realitas tersebut (realitas merupakan suatu sistem/kesatuan yang terdiri dari struktur-struktrur/unsur-unsur yang berperan sesuai dengan fungsinya masing-masing).

    ReplyDelete
  27. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Strukturalisme adalah teori yang menyatakan bahwa seluruh organisasi manusia ditentukan secara luas oleh struktur sosial atau psikologi yang mempunyai logika independen yang menarik, berkaitan dengan maksud, keingianan, maupun tujuan manusia. bagi Freud, strukturnya adalah psyche; bagi Marx, strukturnya adalah ekonomi; bagi Saussure, strukturnya adalah bahasa. Kesemuanya itu mendahului subjek manusia individual atau human agent dan menentukan apa yang akan dilakukan manusia pada semua keadaan.(Sobur dalam Maksum, 2012:380)

    ReplyDelete
  28. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Sebagaimana tertulis dalam link https://en.wikipedia.org/wiki/Structuralism, structuralism is the methodology that elements of human culture must be understood by way of their relationship to a larger, overarching system or structure (strukturalisme adalah metodologi bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas). sedangkan jika dikaitkan dengan matematika, maka perlu dicatat bahwa apa yang penting bagi teori matematika bukanlah sifat internal benda-bendanya, seperti bilangan, fungsi, himpunan, atau titik, tapi bagaimana benda-benda itu berhubungan satu sama lain, seperti yang tertulis dalam link http://www.iep.utm.edu/m-struct/.

    ReplyDelete
  29. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Strukturalisme berarti paham mengenai unsur-unsur, yaitu struktur itu sendiri, dengan mekanisme antar hubungannya, di satu pihak antarhubungan unsur yang satu dengan unsur lainnya, di pihak yang lain hubungan antara unsur (unsur) dengan totalitasnya. Strukturalisme memiliki pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap. Ciri khas paham ini ialah pemusatan pada deskripsi keadaan aktual obyek melalui penyelidikan, penyingkapan sifat-sifat instrinsiknya yang tidak terikat oleh waktu, penetapan hubungan tersebut melalui pendidikan. Gagasan-gagasan strukturalisme mempunyai metodologi tertentu dalam mengembangkan studi interdisipliner tentang gejala-gejala budaya dan mendekatkan ilmu-ilmu kemanusiaan dengan ilmu-ilmu alam.

    ReplyDelete
  30. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Dalam kehidupan masyarakat kadang kita menemukan bahwa dalam masyarakat terdapat kebudayaan yang memiliki struktur yang sama dan tetap atau hal ini dapat disebut sebagai strukturalisme. Hal ini dapat dijadikan kajian tersendiri untuk diteliti apa yang menyebabkan terjadi struktur yag sama dari objek-objek masyarakat tersebut. Sama halnya dengan pembelajaran matematika. Saat mayoritas siswa merasa kesulitan dengan pembelajaran matematika hal ini berarti terdapat struktur yang sama yang terjadi sehingga hal tersebut terjadi seperti dari sikap guru dalam mengajar atau strategi, model, dna pendektan yang digunakan guru tersebut. Sehingga sebaiknya setiap pembelajaran bukan hanya siswa yang melakukan refleksi namun juga gurunya.

    ReplyDelete
  31. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B


    Struktualism merupakan anggapan bahwa semua yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini berstruktur. Segala yang ada dan yang mungkin ada yang terpenting adalah mempelajari strukturnya. Setiap dari sesuatu pasti diawali dengan sesuatu yang lain dan saling berkaitan. Strukturalisme matematis berarti bahwa dalam matematika yang paling penting adalah mempelajari tentang hubungan dan pola-pola. Struktualism menganggap bahwa dalam belajar matematika bukanlah tentang bilangan, fungsi, himpunan, titik secara terpisah tetapi tentang hubungan yang satu dengan lainnya.

    ReplyDelete
  32. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Struktur merupakan unsur yang dapat membuat suatu sistem yang ada menjadi lebih terarah. Saya menyadari bahwa struktur tersebut terjadi pada sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. Dalam bentuk nyatanya sebelumnya saya memaknai adanya tingkatan-tingkatan yang memiliki proses yang saling terkait. Layaknya struktur sebuah organisasi. Namun setelah memiliki beberapa referensi bacaan ternyata saya memakna struktur tidaklah hanya berperan dalam situasi yang nyata saja. Lebih dari itu yang tidak nyata ataupun disebalik yang nyata memiliki struktur. Seperti struktur dalam ilmu pengetahuan yang mana memiliki struktur yang sifatnya sempit sebatas definisi sampai pada struktur yang sifatnya luas mencakup berbagai penjelasan lainnya.

    ReplyDelete
  33. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Bismillah...

    Strukturalism adalah sebuah pandangan filsafat yang menyatakan bahwa masyarakat dan kebudayaan memiliki struktur yang sama dan tetap. Strukturalism juga dapat dikatakan sebuah metode yang unsur-unsur budaya manusia dipahami dengan sistem dan jangkauan yang lebih luas. Terstruktur dapat dikatakan secara sistematis, sehingga menemukan stuktur yang menjadi dasar budaya dari masyarakat adalah dengan menemukan semua hal yang ada. Karena hubungan antar manusia mempunyai hubungan yang terstruktur dan tersistem, sehingga pandangan ini mempelajari semua hubungan yang ada dalam masyarakat.

    ReplyDelete
  34. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Sepahaman saya, teori strukturalisme memandang kebenaran itu tentang apa yang diajarkan oleh struktur yang telah di ciptakan dan di gunakan oleh semua masyarakat. Dalam pandangan strukturalis manusia terjebak dalam suatu struktur budaya yang dijalani dan di ciptakannya sendiri. Ketika manusia lahir ia sudah ada dalam suatu struktur, ia memiliki peran, meskipun kemudian mampu memilih atau membuat sendiri sebuah struktur.

    ReplyDelete
  35. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Beradasarkan bacaan saya, menangkap bahwa strukturalisme merupakan suatu keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali dengan memahami keterkaitan dengan strukturnya.Hubungan struktur ini didasarkan pada suatu budaya yang konstan.Saya juga mendapatkan bahwa makna strukturalisme juga mengerucut pada bahasa dan para penulis.Karena sebagian pendukung strukturalisme berpendapat bahwa wilayah budaya tertentu dapat dipahami melalui struktur yang dirangkai dalam bahasa.

    ReplyDelete
  36. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Strukturalisme adalah metodologi bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Hal ini membentuk suatu keyakinan b bahwa struktulisme adalah fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Dengan memperhatikan keterkaitan tersebut dapat membentuk suatu pengetahuan.

    ReplyDelete
  37. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Strukturalisme merupakan pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan suatu kebudayaan memiliki struktur yang sama dan tetap, sehingga unsur-unsur budaya manusia dapat dipahami melalui hubungan mereka melalui sistem atau struktur dalam masyarakat. Dalam perkembangannya Strukturalisme erat kaitannya dengan ilmu bahasa atau linguistik.

    ReplyDelete
  38. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Strukturalisme merupakan paham yang memandang segala sesuatu yang ada di dunia saling berkaitan dan berhubungan. Unsur-unsur di dunia ini tidak bisa secara indivisual maupun mandiri bergerak dan berjalan sendiri. Untuk memaksimalkan potensi maka perlu adanya hbungan dan berkaitan sehingga membentuk struktur yang dapat bergerak secara maksimal. Begitu pula dalam pendidikan matematika, membelajari berbagai topik dalam matematika tidak mungkin tidak berkaitan dengan topik yang lainnya, sehingga pengetahuan yang telah ada harus dijaga dan diendapkan agar dapat digunakan untuk memahami topik yang lain.Terima Kasih

    ReplyDelete
  39. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa strukturalisme adalah metodologi dalam sosiologi, antropologi dan linguistik yang menyatakan bahwa elemen dari kebudayaan manusia harusnya dipahami dari hubungannya dengan sistem atau struktur yang lebih besar dan saling beririsan. Strukturalisme bertujuan untuk mengungkap struktur yang mendasari perilaku, pemikiran dan perasaan manusia.

    ReplyDelete
  40. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Berdasarkan sumber pertama yang direkommendasikan, saya mendapatkan bahwa dalam sosiologi, antropologi dan linguistik, strukturalisme merupakan metodologi bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Ia bekerja untuk menemukan struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan rasakan. Sebagai alternatif, seperti yang diringkas oleh filsuf Simon Blackburn, strukturalisme adalah "keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Hubungan ini merupakan struktur, dan dibalik variasi lokal dalam fenomena permukaan ada hukum budaya abstrak yang konstan".

    ReplyDelete
  41. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan referensi yang saya baca mengenai structuralisme, dapat diambil intisari bahwa strukturalisme adalah metodologi dalam sosiologi, antropologi dan linguistik di mana kebudayaan manusia harus dipahami dari berbagai hubungan yang ada dengan sistem atau struktur yang lebih besar dan saling beririsan. Strukturalisme bertujuan untuk mengungkap struktur yang mendasari perilaku, pemikiran, dan perasaan manusia. Begitu pula dalam pembelajaran matematika yang mempelajari berbagai macam topik materi pasti memiliki keterkaitan dengan materi yang lainnya, sehingga pengetahuan terhadap materi yang telah ada harus dijaga dan disusun dalam struktur yang sebagaimana mestinya agar dapat dijadikan pondasi untuk memahami materi berikutnya.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  42. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb
    Dalam sejarahnya, strukturalisme pada ilmu sosiologi, antropologi, dan linguistik, merupakan metodologi yang harus memahami unsur budaya manusia dalam hubungan mereka dengan yang lebih besar, sistem secara menyeluruh atau umum yang disebut dengan struktur. Ia bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan merasa. Atau, seperti yang dirangkum oleh filsuf Simon Blackburn, strukturalisme adalah "keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia yang tidak dimengerti kecuali melalui keterkaitan mereka. Hubungan ini merupakan struktur dan belakang variasi lokal dalam fenomena yang muncul di permukaan ada hukum konstan dari budaya abstrak".
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  43. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Strukturalisme merupakan aliran filsafat yang manusia “terkungkung” dalam berbagai struktur dalam kehidupannya.
    Strukturalisme adalah faham, keyakinan, atau pandangan bahwa manusia tidak bisa saling memahami tanpa adanya keterkaitan atau hubungan antara satu dengan lainnya. Hubungan ini merupakan struktur yang melatarbelakangi terjadinya suatu fenomena kehidupan baik dari segi budaya dan hal-hal lain yang berkaitan dengan hidup manusia.Ciri khas strukturalisme ialah pemusatan pada deskripsi keadaan aktual obyek melalui penyelidikan, penyingkapan sifat-sifat instrinsiknya yang tidak terikat oleh waktu dan penetapan hubungan antara fakta atau unsur-unsur sistem tersebut melalui pendidikan. Dalam beberapa link ada pembahasan yang tidak saya pahami yaitu mengenai tujuan strukturalisme yang dianggap melampaui ilmu tentang kemanusiaan, karena mengurangi dan mengabaikan peran dari manusia itu sendiri sebagai subjek strukturalisme.

    ReplyDelete
  44. Junianto
    PM C

    Dari salah satu suber di atas, strukturalism adalah metodologi bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Ia bekerja untuk menamukan struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan,lihat dan rasakan. Jadi, unsur-unsur budaya yang ada di lingkungan masyakarat harus dipahami dan dikaitkan dengan sistem yang ada dimasyakarat tersebut.

    ReplyDelete
  45. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Strukturalis memandang bahwa matematika bukanlah tentang beberapa himpunan tertentu dari objek abstrak melainkan matematika adalah ilmu tentang pola struktur, dan benda-benda tertentu yang relevan dengan matematika sejauh mereka memenuhi beberapa pola atau struktur. Strukturalis memandang bahwa matematika adalah suatu subyek atau bidang studi yang harus dipelajari dan dikuasai siswa. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  46. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Strukturalisme adalah metodologi bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas (en.wikipedia.org). Berdasarkan pengertian tersebut dapat dipahami bahwa dalam strukturalisme, setiap hal harus dipahami keterkaitannya dengan hal-hal lain dalam struktur yang lebih luas. Maka ketika kita mencoba memahami atau mempelajari sesuatu, kita seharusnya tidak hanya melihat dari satu hal atau satu sisi. Tetapi dari keseluruhan, melihat dengan menghubungkan suatu hal dengan hal lain yang lebih luas.

    ReplyDelete
  47. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Dalam kamus besar bahasa Indonesia. strukturalisme diartikan sebagai gerakan linguistik yang berpandangan bahwa hubungan antara unsur bahasa lebih penting daripada unsur itu sendiri, satu-satunya objek bahasa adalah sistem bahasa, dan penelitian bahasa dapat dilakukan secara sinkronis. Dalam sosiologi, antropologi dan linguistik, strukturalisme didefinisikan sebagai metodologi bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Simon Blackburn mengartikan strukturalisme adalah kepercayaan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Hubungan tersebut merupakan struktur, dan dibalik variasi lokal dalam fenomena permukaan ada hukum budaya abstrak yang konstan.

    ReplyDelete
  48. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Strukturalisme ialah suatu aliran atau juga gerakan filsafat yang menyatakan bahwa masyarakat dan kebudayaannya mempunyai struktur yang sama. Strukturalisme ini mengkaji pikiran/ide yang dikeluarkan manusia seperti adat-istiadat,tanda-tanda, bahasa, simbol-simbol, gagasan, itu semua sudah terstruktur. Intinya segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia (dalam hal ini ialah kebudayaan) adalah kajian dari strukturalisme.

    ReplyDelete
  49. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Berdasarkan web diatas, dapat dikatakan bahwa metodologi adalah suatu metode untuk mengetahui unsur-unsur budaya manusia melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Metodologi ini berkerja. Untuk menemukan struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan rasakan. Menurut Simon Blackburn, strukturalisme adalah "keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Hubungan ini merupakan struktur, dan dibalik variasi lokal dalam fenomena permukaan ada hukum budaya abstrak yang konstan"

    ReplyDelete
  50. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Strukturalisme merupakan suatu gerakan pemikiran filsafat yang mempunyai pokok pikiran bahwa semua masyarakat dan kebudayaan mempunyai suatu struktur yang sama dan tetap. Strukturalisme menyingkapkan dan melukiskan struktur inti dari suatu obyek (hirarkinya, kaitan timbal balik antara unsur-unsur pada setiap tingkat). Dalam strukturalisme matematika, apa yang penting bagi teori matematika bukanlah bersifat internal dari objek, seperti nomor, fungsi, set atau titik, tapi bagaimana benda-benda berhubungan satu sama lain. Strukturalisme sebagai aliran filsafat mempunyai ciri-ciri: a) “Desentralisasi” manusia. 2) “Kematian” manusia sebagai subjek. 3) Manusia dibicarakan dalam rangka struktur bahasa, sosial, ekonomi, dan politik.

    ReplyDelete
  51. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Seperti yang dirangkum oleh filsuf Simon Blackburn , strukturalisme adalah " keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia yang tidak dimengerti kecuali melalui keterkaitan mereka . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Strukturalisme adalah teori bahwa unsur-unsur dari kebudayaan manusia harus dipahami dalam hal hubungan mereka dengan yang lebih besar, sistem menyeluruh atau struktur. Ia bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan merasa.

    ReplyDelete
  52. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Berdasarkan sumber di atas, strukturalisme merupakan sebuah metodologi yang menyatakan bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Strukturalisme juga merupakan keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa unsur-unsur yang ada di dunia ini saling berhubungan satu sama lain dan membentuk suatu struktur. Oleh karena itu, seyogyanya kita memahami struktur-struktur yang ada terutama struktur yang ada di sekiar kita.

    ReplyDelete
  53. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dari sumber yang saya baca, dikatakan bahwa strukturalisme adalah suatu pola pandang yang mengatakan antara kebudayaan dan masyarakat memiliki kesamaan, yaitu struktur yang tetap. Beberapa bidang yang didalami oleh tokoh strukturalisme adalah strukturalisme dalam linguistik, masyarakat, kekristenan, dan psikologi. Dalam bidang filsafat, strukturalisme tepatnya pada masa modern menggunakan pendekatan subyektivitas, sehingga tergantung dengan pandangan orangyang terkait. Misalnya tindak kejahatan bukanlah sesuatu yang buruk, namun normal bagi mereka (penjahat). Jadi tergantung sudut pandang dari penjahat itu sendiri, mengapa melakukan kejahatan. Memang segala sesuatu yang ada di dunia itu memang bersifat relatif, tergantung dengan ruang dan waktunya, karena yang bersifat tetap hanyalah Allah Sang Pencipta

    ReplyDelete
  54. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Istilah structuralism banyak digunakan dalam berbagai bidang seperti dalam sosiologi, antropologi, linguistik dan matematika. Dalam sosiologi, antropologi dan linguistik, structuralism adalah metodologi bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Ia bekerja untuk menemukan struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan dan rasakan. Dengan kata lain structuralism merupakan keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Hubungan ini merupakan struktur, dan dibalik variasi lokal dalam fenomena permukaan ada hukum budaya abstrak yang konstan. Sedangkan structuralism dalam matematika adalah bahwa apa yang penting bagi teori matematika bukanlah sifat internal benda-bendanya, seperti bilangan, fungsi, himpunan, atau titik, tapi bagaimana benda-benda itu berhubungan satu sama lain.

    ReplyDelete
  55. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Strukturalisme memiliki pandangan bahwasannya antara masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang bisa dikatakan sama dan juga tetap. Kaitannya dengan pembelajaran pada mata pelajaran matematika, pendekatan stukturalisme memandang tentang matematisasi vertikal artinya dalam mempelajari matematika harus berawal dari soal kontekstual yang kemudian dibawa ke dalam ke hal yang abstrak, karena matematika mempunyai struktur yang memang harus dilakukan secara bertahap. Inilah perbedaan antara matematika pendidikan dan matematika murni.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  56. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Structuralism adalah pandangan atau paham yang mengandung unsur dari kebudayaan manusia merupakan sistem yang menyeluruh atau terstruktur dan hal ini harus dimengerti sebagai hubungan yang luas. Structuralism bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari setiap hal yang akan dilakukan, dipikirkan, maupun dipandang dan dipersepsikan oleh manusia. Sedangkan structuralism dalam matematika merupakan seuatu yang dianggap penting dalam matematika yaitu memiliki keterkaitan antar satu objek dengan yang lain dan terstruktur, misalnya hubungan titik dengan garis, garis dengan bidang, dst.

    ReplyDelete
  57. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PMA

    Strukturalisme adalah faham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap. Ciri-ciri Strukturalisme adalah pemusatan pada deskripsi keadaan aktual objek melalui penyelidikan, penyingkapan tabiat, sifat-sifat yang terkait dengan suatu hal melalui pendidikan. Ciri-ciri itu bisa dilihat dari beberapa hal; hirarki, komponen atau unsur-unsur, terdapat metode, model teoritis yang jelas dan distingsi yang jelas.

    ReplyDelete
  58. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Strukturalisme merupakan suatu gerakan pemikiran filsafat yang mempunyai pokok pikiran bahwa semua masyarakat dan kebudayaan mempunyai suatu struktur yang sama dan tetap. Ciri khas strukturalisme ialah pemusatan pada deskripsi keadaan aktual obyek melalui penyelidikan, penyingkapan sifat-sifat instrinsiknya yang tidak terikat oleh waktu dan penetapan hubungan antara fakta atau unsur-unsur sistem tersebut melalui pendidikan.

    ReplyDelete
  59. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Menurut Ferdinand de Saussure Strukturalisme memiliki pengertian bahwa strukturalisme adalah aliran filsafat yang hendak memahami manusia, sejarah dan kebudayaan serta hubungan kebudayaan dengan alam dengan memakai metode struktural. Strukturalisme menyelidiki pola-pola dasar yang tetap dalam berbgai realitas.

    ReplyDelete
  60. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Structuralism adalah paradigma teoritis dalam sosiologi, antropologi, linguistik yang menyatakan ahwa unsur-unsur dari keudayaan manusia harus dipahami dalam hal hubungan mereka yang lebih besar, sistem yang menyeluruh atau struktur. Strukturalisme berupaya mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan dan merasakan.

    ReplyDelete
  61. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Simon Blackburn mengatakan bahwa strukturalisme adalah keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dimengerti kecuali melalui keterkaitan mereka. Strukturalisme berkembang pada abad ke 20, muncul sebagai reaksi terhadap evolusionisme positivs dengan menggunakan metode-metode riset struktural yang dihasilkan oleh matematika, fisika, dan ilmu-ilmu lain.

    ReplyDelete
  62. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Structuralisme berasal dari kata struktur, berarti sebuah paham yang berpegang kuat dengan penstrukturan atau teratur. Orang yang memiliki paham structuralisme akan menjalani hidupnya secara teratur atau terstruktur. Seseorang yang memiliki kemampuan matematika yang lebih biasanya hidupnya lebih terstruktur. Terstruktur maksudnya mampu menyusun pertahap, perstep, dengan rapi secara runtun apa yang akan dijalaninya. Biasanya orang seperti ini selalu melakukan sesuatu dengan planning yang ia telah rencanakan dan urut sesuai planning tersebut.

    ReplyDelete
  63. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Struktualism merupakan apaham yang menempatkan struktur atau sistem bahasa dan budaya sebagai penentu perilaku dan kesadaran. Para filsuf yang mencetuskan paham ini percaya bahwa manusia pada dasarnya merupakan mahluk yang tidak bebas namun terstruktur oleh sistem bahasa dan budayannya. Sehingga menurut paham ini, keberadaan manusia itu tidak tergantung olrh dirinya sendiri, namun bergantung pada kedudukan dan fungsinya dalam suatu sistem. Terimakasih

    ReplyDelete
  64. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Selain memiliki dasar, dalam suatu kebudayaan atau masyarakat tentu memiliki struktur tertentu yang membangunnya. Struktur pembangun ini dapat sama atau justru berbeda satu dengan yang lainnya. Jika terjadi perubahan struktur, dapat dikatakan bahwa telah terjadi pergeseran perilaku karena struktur dipengaruhi oleh perilaku masyarakat di dalamnya.

    ReplyDelete