Dec 2, 2012

STRUCTURALISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang STRUCTURALISM, koneklah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Structuralism



Wss Wr Wb
Marsigit

40 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Strukturalisme merupakan paham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memilki suatu struktur yang sama dan tetap.Strukturalisme juga dianggap sebagai suatu pendekatan ilmu humanis yang mencoba untuk menganalisis bidang tertentu (misalnya, mitologi) sebagai sistem kompleks yang saling berhubungan.Strukturalisme sebagai aliran filsafat yang bereaksi terhadap subjektivisme yang didewakan oleh Eksistensialisme mempunyai ciri-ciri: “Desentralisasi” manusia, “Kematian” manusia sebagai subjek, dan manusia dibicarakan dalam rangka struktur bahasa, sosial, ekonomi, dan politik.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Strukturalisme adalah faham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap. Strukturalisme juga adalah sebuah pembedaan secara tajam mengenai masyarakat dan ilmu kemanusiaan. Tujuan Strukturalisme adalah mencari struktur terdalam dari realitas yang tampak kacau dan beraneka ragam di permukaan secara ilmiah (obyektif, ketat dan berjarak). Struktur yang ada tersebut hendaknya dapat dipahami sehingga dapat tidak lagi menghasilkan realita yang kacau dan beraneka ragam.
    Strukturalis memandang bahwa matematika bukanlah tentang beberapa himpunan tertentu dari objek abstrak melainkan matematika adalah ilmu tentang pola struktur, dan benda-benda tertentu yang relevan dengan matematika sejauh mereka memenuhi beberapa pola atau struktur. Strukturalis memandang bahwa matematika adalah suatu subyek atau bidang studi yang harus dipelajari dan dikuasai siswa. Hal ini menunjukan kecenderungan tentang pemahaman matematika yang lebih formal, terstruktur, dan axiomatic deduktif. Operasi dalam sistem matematika merupakan bagian utama dari aktivitas matematika atau bisa dikatakan pembelajaran matematika lebih ke arah formal.

    Refrensi: Fruedenthal, H. (2002) Revisting Mathematics Education. New York: Kluwer Academic Publisher.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Strukturalisme adalah metodologi yang unsur budaya manusia harus dipahami dalam hal hubungan mereka dengan yang lebih besar. Sistem secara menyeluruh atau umum disebut struktur. Ia bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan merasa. Atau, seperti yang dirangkum oleh filsuf Simon Blackburn, strukturalisme adalah "keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia yang tidak dimengerti kecuali melalui keterkaitan mereka. Hubungan ini merupakan struktur, dan belakang variasi lokal dalam fenomena yang muncul di permukaan ada hukum konstan dari budaya abstrak". Tujuan Strukturalisme adalah mencari struktur terdalam dari realitas yang tampak kacau dan beraneka ragam di permukaan secara ilmiah.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    strukturalisme adalah metodologi bahwa unsur-unsur dari kebudayaan manusia harus dipahami dengan cara hubungan mereka ke yang lebih besar, sistem menyeluruh atau struktur. Ia bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan merasa.

    ReplyDelete
  6. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Strukturalisme merupakan salah satu aliran filsafat yang berpendapat bahwa masyarakat dan kebudayaan memiliki struktur yang sama dan tetap. Strukturalisme menyingkapkan dan melukiskan struktur inti dari suatu obyek (hirarkinya, kaitan timbal balik antara unsur-unsur pada setiap tingkat). Strukturalisme mengkaji pikiran-pikiran yang terjadi dalam diri manusia. Strukturalisme menganalisa proses berfikir manusia dari mulai konsep hingga munculnya simbol-simbol atau tanda-tanda (termasuk didalamnya upacara-upacara, dan sebagainya) sehingga membentuk sistem bahasa. Bahasa yang diungkapkan dalam percakapan sehari-hari juga mengenai proses kehidupan yang ada dalam kehidupan manusia. Sehingga memunculkan sifat sosialitas pada diri manusia dan membentuk sebuah struktur dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  7. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Strukturalisme adalah sebuah pendekatan yang mulai dikenal dan dikembangkan di Prancis pada tahun 1950-an dari pemikiran linguis Ferdinand deSaussure. Menurut Saussure, prinsip dasar strukturalisme adalah bahwa alam semesta terjadi dari relasi (forma) dan bukan benda (substansial). Di bidang antropologi dua tokoh strukturalis yang paling berpengaruh adalah Claude Lévi-Strauss (1908-2009) dan Roland Barthes (1915 – 1980). Perjumpaan Levi-Strauss dengan Roman Jakobson menentukan karir akademisnya, terutama dengan diperkenalkannya linguistik modern. Beberapa prinsip linguistik modern Levi-Strauss dipengaruhi oleh Ferdinand de Saussure. Saussure menganggap fenomena-fenomena umum bahasa (langage) selalu memiliki dua sisi, yaitu parole (speech, language use) dan langue.


    ReplyDelete
  8. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Dalam sosiologi , antropologi dan linguistik , strukturalisme adalah metodologi bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Ia bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan rasakan. Sebagai alternatif, seperti yang diringkas oleh filsuf Simon Blackburn , strukturalisme adalah "keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Hubungan ini merupakan struktur, dan dibalik variasi lokal dalam fenomena permukaan ada hukum budaya abstrak yang konstan".
    Strukturalisme di Eropa berkembang pada awal 1900-an, dalam linguistik struktural Ferdinand de Saussure dan Praha berikutnya, [2] Moskow [2] dan sekolah linguistik Kopenhagen. Pada akhir 1950-an dan awal 1960-an, ketika linguistik struktural menghadapi tantangan serius dari orang-orang seperti Noam Chomsky dan dengan demikian memudar dalam arti penting, sejumlah ilmuwan di bidang humaniora meminjam konsep Saussure untuk digunakan di bidang studi masing-masing. Antropolog Prancis Claude Lévi-Strauss bisa dibilang sebagai cendekiawan pertama, yang memicu minat luas terhadap strukturalisme.

    ReplyDelete
  9. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Structuralism membahas mengenai apa yang terpenting dari matematika bukanlah mengenai sifat benda-bendanya melainkan bagaimana benda-benda tersebut berhubungan satu sama lain. Structuralism mempunyai ciri-ciri pemusatan pada keadaan aktual objek melalui penyidikan sifat-sifat mengenai suatu hal melalui pendidikan. Para filsuf yang menganut Structuralism menentang ekistensialisme dan fenomenologi yang mereka anggap terlalu individualis dan kurang ilmiah.

    ReplyDelete
  10. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Strukturalis memandang bahwa matematika bukanlah tentang beberapa himpunan tertentu dari objek abstrak melainkan matematika adalah ilmu tentang pola struktur, dan benda-benda tertentu yang relevan dengan matematika sejauh mereka memenuhi beberapa pola atau struktur. Strukturalis memandang bahwa matematika adalah suatu subyek atau bidang studi yang harus dipelajari dan dikuasai siswa. Pernyataan ini menunjukan kecenderungan tentang pemahaman matematika yang lebih formal, terstruktur, dan aksiomatik deduktif.

    ReplyDelete
  11. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Strukturalisme memandangn masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap. Kaitannya dengan matematika pendekatan stukturalisme memandang matematisasi vertikal artinya dalam mempelajari matematika harus berawal dari soal kontekstual yang kemudian dibawa ke dalam ke hal yang abstrak, karena matematika mempunyai struktur

    ReplyDelete
  12. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Strukturalisme merupakan suatu gerakan pemikiran filsafat yang mempunyai pokok pikiran bahwa semua masyarakat dan kebudayaan mempunyai suatu struktur yang sama dan tetap. Strukturalisme menyingkapkan dan melukiskan struktur inti dari suatu obyek (hirarkinya, kaitan timbal balik antara unsur-unsur pada setiap tingkat). Dalam strukturalisme matematika, apa yang penting bagi teori matematika bukanlah bersifat internal dari objek, seperti nomor, fungsi, set atau titik, tapi bagaimana benda-benda berhubungan satu sama lain. Strukturalisme sebagai aliran filsafat mempunyai ciri-ciri:
    1. “Desentralisasi” manusia.
    2. “Kematian” manusia sebagai subjek.
    3. Manusia dibicarakan dalam rangka struktur bahasa, sosial, ekonomi, dan politik.

    ReplyDelete
  13. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    strukturalisme adalah metodologi bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. menurut filsuf Simon Blackburn, strukturalisme adalah "kepercayaan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya.Modus penalaran strukturalis telah diterapkan dalam beragam bidang, termasuk antropologi, sosiologi, psikologi, kritik sastra, ekonomi dan arsitektur.

    ReplyDelete
  14. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dalam pembelajaran di dalam kelas strukturalism menganggap siswa sudah memahami konsep yang akan digunakan dalam pembelajaran.
    Sehingga dalam pembelajaran siswa akan mempelajari materi konstektual yang penyelesaiannya terstruktur.

    ReplyDelete
  15. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link http://en.wikipedia.org/wiki/Structuralism, strukturalism merupakan metodologi yang unsur budaya manusia harus dipahami dalam hal hubungan mereka dengan yang lebih besar. Struktur merupakan hal yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan dan merasa. Menurut Treffers, Strukturalistik dalam pendidikan matematika bersifat vertikal dimana matematisasi vertikal matematisasi vertikal adalah membangun dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan matematika dalam dunia simbol. Guru yang cenderung memiliki paham ini akan secara langsung memberitahu bentuk rumus kepada siswa tanpa siswa tahu darimana rumus tersebut diturunkan.

    ReplyDelete
  16. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Strukturalisme adalah pandangan bahwa antara kebudayaan dan masyarakat memiliki kesamaan, yaitu struktur yang tetap. Beberapa bidang yang didalami oleh tokoh strukturalisme adalah strukturalisme dalam linguistik, masyarakat, kekristenan, dan psikologi. Dalam bidang filsafat, strukturalisme tepatnya pada masa modern menggunakan pendekatan subyektivitas, sehingga tergantung dengan pandangan orangyang terkait. Misalnya tindak kejahatan bukanlah sesuatu yang buruk, namun normal bagi mereka (penjahat). Jadi tergantung sudut pandang dari penjahat itu sendiri, mengapa melakukan kejahatan. Memang segala sesuatu yang ada di dunia itu memang bersifat relatif, tergantung dengan ruang dan waktunya, karena yang bersifat tetap hanyalah Allah Sang Pencipta.

    ReplyDelete
  17. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Kehidupan sosial hanya dari luarnya saja terlihat tak terduga (unpredictable) dan beraneka ragam (diverse). Namun, di bawah level kejadian-kejadian yang membingungkan dan unik tersebut terdapat suatu mekanisme yang generatif. Oleh karena itu, untuk memahami apa yang terjadi di permukaan, maka level yang lebih dalam harus dilihat juga. Bagian yang lebih dalam mampu menghasilkan mekanisme-mekanisme tersebut memang ada dan sangat berpengaruh, bagian dalam tersebut juga teratur dan berpola. Dalam pendekatan kebudayaan yang strukturalis, para ahli strukturalis cenderung melihat diri mereka sebagai pengamat yang terpisah dari objek dan ilmiah yang sedang menemukan beberapa kebenaran yang tidak diketahui oleh para pelaku sosial yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  18. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Strukturalisme adalah faham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap. Strukturalis, khususnya dalam bidang antropologi, sosiologi, dan linguistik, menggunakan teknik metodologis dalam risetnya guna menyingkapkan struktur tersembunyi dari objek-objek yang dipelajarinya. https://id.wikipedia.org/wiki/Strukturalisme. Sederhananya, strukturalisme merupakan paham yang menganggap struktur yang sama atau tetap disetiap objeknya. Struktur yang menjadi fundamental dan pembangun objeknya.

    ReplyDelete
  19. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Structuralism adalah metodologi yang mengandung unsur dari kebudayaan manusia yang harus dimengerti sebagai hubungan yang luas, sistem yang menyeluruh atau terstruktur. Structuralism bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang dilakukan, dipikirkan, dipersepsikan dan dirasakan manusia. Seorang filsuf Simon Blackburn menilai strukturalisme merupakan keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia yang tidak dimengerti kecuali melalui keterkaitan mereka, dimana didalamnya terdapat hukum mengenai budaya antar manusia tersebut.

    ReplyDelete
  20. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Broadly speaking, Structuralism holds that all human activity and its products, even perception and thought itself, are constructed and not natural, and in particular that everything has meaning because of the language system in which we operate. It is closely related to Semiotics, the study of signs, symbols and communication, and how meaning is constructed and understood.
    There are four main common ideas underlying Structuralism as a general movement: firstly, every system has a structure; secondly, the structure is what determines the position of each element of a whole; thirdly, "structural laws" deal with coexistence rather than changes; and fourthly, structures are the "real things" that lie beneath the surface or the appearance of meaning.
    Sumber: http://www.philosophybasics.com/movements_structuralism.html

    ReplyDelete
  21. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Strukturalisme adalah metodologi bahwa unsur – unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Strkturalisme mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan. Seperti yang diungkapkan oleh filsuf Simon Blackburn, strukturalisme adalah kepercayaan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Hubungan ini merupakan struktur, dan dibalik variasi lokal dalam fenomena permukaan ada hukum budaya abstrak yang konstan. Antropolog Perancis, Claude L. S bisa dikatakan sebagai cendekiawan pertama yang memicu minat luas terhadap strukturalisme.

    ReplyDelete
  22. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dapat kita pahami bahwa strukturalisme adalah faham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap. Menurut Ferdinand de Saussure Strukturalisme memiliki dua pengertian, yaitu: Strukturalisme adalah metode atau metodologi yang digunakan untuk mempelajari ilmu-ilmu kemanusiaan dengan bertitik tolak dari prinsip-prinsip Linguistik. Dan Strukturalisme adalah aliran filsafat yang hendak memahami manusia, sejarah dan kebudayaan serta hubungan kebudayaan dengan alam dengan memakai metode. Dengan adanya aliran strukturalisme ini maka segala sesuatu dilakukan haruslah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, haruslah sesuai dengan aturan yang berlaku, sistematis dan koheren struktural.

    ReplyDelete
  23. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Strukturalisme merupakan aliran filsafat yang memberikan pandangan bahwa semua yang ada atau objek filsafat memiliki keterkaitan di antaranya. Dimana pada awalnya Strukturalisme dianggap sebagai pewaris eksistensialisme. Sehingga berdasarkan aliran ini filsafat memandang semua fenomena maupun pengetahuan yang satu dan lainnya memiliki suatu hubungan. Dan dari hubungan inilah muncul suatu yang baru juga.

    ReplyDelete
  24. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Strukturalisme adalah metodologi yang unsur budaya manusia harus dipahami dalam hal hubungan mereka dengan yang lebih besar, sistem secara menyeluruh atau umum disebut struktur. Metodologi ini bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan merasa. Strukturalisme juga merupakan sebuah pembedaan secara tajam mengenai masyarakat dan ilmu kemanusiaan dari tahun 1950 hingga 1970, khususnya terjadi di Perancis. Strukturalisme berasal dari bahasa Inggris, structuralism; latin struere (membangun), structura berarti bentuk bangunan. Strukturalisme berkembang pada abad 20, muncul sebagai reaksi terhadap evolusionisme positivis dengan menggunakan metode-metode riset struktural yang dihasilkan oleh matematika, fisika dan ilmu-ilmu lain.

    ReplyDelete
  25. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berdasarkan artikel link tersebut, bahwa Dalam sosiologi, antropologi dan linguistik, strukturalisme adalah metodologi bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Ia bekerja untuk mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan rasakan. Sebagai alternatif, seperti yang diringkas oleh filsuf Simon Blackburn, strukturalisme adalah "kepercayaan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Hubungan ini merupakan struktur, dan dibalik variasi lokal dalam fenomena permukaan ada hukum budaya abstrak yang konstan" maksudnya bahwa strukturalisme itu selalau berkaitan dengan struktur. Abwha kita tahu struktur adalah tepola, terstruktur, dari awal samapi akhir.

    ReplyDelete
  26. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Strukturalisme merupakan aliran filsafat yang berpendapat bahwa masyarakat dan kebudayaan memiliki struktur yang sama dan tetap. Struktur yang juga dapat berarti susunan memiliki makna bahwa antara masyrakat dan kebudayaan memiliki susunan yang teratur. Teori stukturalisme murni hampir seluruh bidang kehidupan manusia baik itu dalam laju perkembangan IPTEK, dalam menunjang sarana pra sarana penelitian secara global, dan dalam bidang sastra memicu berkembangnya genre sastra dan lainnya.

    ReplyDelete
  27. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Structuralism ini memiliki dasar dalam suatu kebudayaan tertentu untuk membangun kebudayaan tersebtu. Struktur pembangun ini bisa sama atau berbeda dengan yang lain. Jika terjadi perubahan struktur pada kebudayaan atau masyarakat bisa dikatakan telah terjadi pergeseran perilaku manusia karena struktur besar dipengaruhi oleh perilaku masyarakat didalamnya.

    ReplyDelete
  28. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya mendapatkan pemahaman baru tentang paham filsafat yaitu structuralism. Dimana structuralism ini sebuah pendekatan studi terhadap unsur budaya yang memiliki struktur dan saling berkaitan satu sama lain. Sehingga dari sini berdampak baik dalam meneruskan warisan budaya dan warisan sejarah melalui pengetahuan inti yang terakumulasi dan telah bertahan dalam kurun waktu yang lama, serta merupakan suatu kehidupan yang telah teruji oleh waktu dan dikenal oleh semua orang.

    ReplyDelete
  29. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Struktualisme merupakan suatu gerakan pemikiran filsafat yang mempunyai pokok pikiran bahwa semua masyarakat dan kebudayaan mempunyai suatu struktur yang sama dan tetap. Ciri khas strukturalisme ialah pemusatan pada deskripsi keadaan aktual obyek melalui penyelidikan, penyingkapan sifat-sifat instrinsiknya yang tidak terikat oleh waktu dan penetapan hubungan antara fakta atau unsur-unsur sistem tersebut melalui pendidikan. Strukturalisme menyingkapkan dan melukiskan struktur inti dari suatu obyek (hierarkinya, kaitan timbal balik antara unsur-unsur pada setiap tingkat) (Bagus, 1996: 1040).

    ReplyDelete
  30. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Menurut teori strukturalisme, kebenaran itu adalah apa yang diajarkan oleh struktur yang telah di ciptakan dan di gunakan oleh semua masyarakat. Dalam pandangan strukturalis manusia terjebak dalam suatu struktur budaya yang dijalani dan di ciptakannya sendiri. Ketika manusia lahir ia sudah ada dalam suatu struktur, ia memiliki peran, meskipun kemudian mampu memilih atau membuat sendiri sebuah struktur, tapi ia kembali akan terjebak di dalamnya.

    ReplyDelete
  31. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Strukturalit memandang bahwa matematika bukanlah tentang beberapa himpunan tertentu dari objek abstrak melainkan matematika adalah ilmu tentang pola struktur, dan benda-benda tertentu yang relevan dengan matematika sejauh mereka memenuhi beberapa pola atau struktur. Secara metafisik, pertanyaan yang paling mendesak adalah apakah ada atau bisa menjadi objek yang "tidak lengkap" yang tidak memiliki sifat intrinsik, atau apakah strukturalisme memerlukan penolakan terhadap keberadaan objek matematis sama sekali. Masing-masing pilihan ini menghasilkan pertanyaan epistemis yang khas mengenai bagaimana matematika diketahui.

    ReplyDelete
  32. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Menurut teori strukturalisme, kebenaran itu adalah apa yang diajarkan oleh strukturyang telah di ciptakan dan di gunakan oleh semua masyarakat. Strukturalisme berasal dari bahasa Inggris, structuralism ; latin struere (membangun), structura berarti bentuk bangunan.Dalam pandangan strukturalis manusia terjebak dalam suatu struktur budaya yang dijalani dan di ciptakannya sendiri. Ketika manusia lahir ia sudah ada dalam suatu struktur, ia memiliki peran, meskipun kemudian mampu memilih atau membuat sendiri sebuah struktur, tapi ia kembali akan terjebak di dalamnya.

    ReplyDelete
  33. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Merupakan salah satu filsafat pendidikan matematika selain mecanistic, empiricism, dan realistics. Strukturalisme menekankan pada penggunaan metode struktural. Strukturalisme merupakan suatu paham yang bertujuan mencari struktur terdalam dari realitas yang tampak kacau dan beraneka ragam di permukaan. Di dalam pendidikan matematika, para strukturalis mengajarkan matematika dengan cara menekankan bahwa matematika itu merupakan sebuah struktur yang saling berhubungan antara yang satu dengan lain. Seperti yang kita ketahui bahwa matematika itu terdiri dari konsep yang satu dengan yang lain. Sehingga dalam pembelajaran, siswa harus sadar atau memahami hubungan-hubungan tersebut, sehingga pengetahuan tentang matematika tidak terpecah atau terpartisi. Dengan demikian, maka pembelajaran matematika yang dilakukan akan menjadi lebih bermakna. Dan siswa dapat memahami matematika dengan lebih mudah.

    ReplyDelete
  34. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Strukturalisme adalah paradigma teoritis dalam sosiologi, antropologi, linguistik dan semiotika bahwa unsur-unsur dari kebudayaan manusia harus dipahami dalam hubungan yang lebih luas, sistem yang menyeluruh atau struktur. Strukturalisme bekerja mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan merasa. Simon Blackburn telah merangkum bahwa strukturalisme adalah keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dimengerti kecuali melalui keterkaitan mereka.

    ReplyDelete
  35. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Strukturalisme adalah gerakan intelektual abad ke-20 dan pendekatan terhadap ilmu pengetahuan manusia (ia memiliki pengaruh mendalam pada linguistik, sosiologi, antropologi dan bidang lainnya selain filsafat) yang mencoba menganalisis bidang tertentu sebagai sistem kompleks dari bagian-bagian yang saling terkait. Para teoretikus struktural tertarik untuk mengidentifikasi dan menganalisis struktur yang mendasari semua fenomena budaya dan bukan hanya sastra. Strukturalis mendapat anggapan bahwa segala sesuatu dapat dianalisis dalam bentuk struktur yang dalam dari linguistis Ferdinand de Saussure. Dia mengemukakan gagasan bahwa bahasa adalah "sistem tanda" yang terdiri dari pola dan aturan yang tidak berubah.

    ReplyDelete
  36. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Structuralism mempunyai arti dasar yaitu membangun atau bentuk bangunan. Structuralism adalah faham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap.

    ReplyDelete
  37. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Jean Piaget dalam bukunya Structuralism menyatakan bahwa strukturalisme adalah sebuah pendekatan studi terhadap unsur budaya yang memiliki struktur dan saling berkaitan satu sama lain. Dalam buku Hermeneutik, sebuah metode filsafat karya Sumaryono bahwa strukturalisme adalah reaksi langsung terhadap manusia sebagai struktur dan jika struktur tersebut ditemukan maka suatu benda pada manusia akan hilang unsurnya. Strauss juga mengemukakan bahwa semua unsur seni, budaya, bahasa, dll. memilki struktur.

    ReplyDelete
  38. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Strukturalisme adalah paham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap. Tujuan Strukturalisme adalah mencari struktur terdalam dari realitas yang tampak kacau dan beraneka ragam di permukaan secara ilmiah. Struktur yang ada tersebut hendaknya dapat dipahami sehingga tidak lagi menghasilkan realita yang kacau dan beraneka ragam. Strukturalisme juga adalah sebuah pembedaan secara tajam mengenai masyarakat dan ilmu kemanusiaan.

    ReplyDelete
  39. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Strukturalisme dapat dianggap sebagai suatu pendekatan ilmu humanis yang mencoba untuk menganalisis bidang tertentu sebagai sistem kompleks yang saling berhubungan. Contoh dari bidang tersebut adalah mitologi. Strukturalisme merupakan paham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memilki suatu struktur yang sama dan tetap. Strukturalisme sebagai aliran filsafat yang bereaksi terhadap subjektivisme yang didewakan oleh Eksistensialisme mempunyai ciri-ciri: Desentralisasi manusia, Kematian manusia sebagai subjek, dan manusia dibicarakan dalam rangka struktur bahasa, sosial, ekonomi, dan politik.

    ReplyDelete
  40. Strukturalisme bekerja mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan alami. Adanya struktur masyarakat, dari pemimpin adan anggota. dalam negara struktur berarti ketatanegaraan. Struktur ada dalam diri seseorang mulai dari individu sampai pada dunia. Struktur individu sebagai petani, pekerja, pengajar, pemerintah.

    ReplyDelete