Dec 2, 2012

STRUCTURALISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang STRUCTURALISM, koneklah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Structuralism



Wss Wr Wb
Marsigit

13 comments:

  1. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Jean Piaget dalam bukunya Structuralism menyatakan bahwa strukturalisme adalah sebuah pendekatan studi terhadap unsur budaya yang memiliki struktur dan saling berkaitan satu sama lain. Dalam buku Hermeneutik, sebuah metode filsafat karya Sumaryono bahwa strukturalisme adalah reaksi langsung terhadap manusia sebagai struktur dan jika struktur tersebut ditemukan maka suatu benda pada manusia akan hilang unsurnya. Strauss juga mengemukakan bahwa semua unsur seni, budaya, bahasa, dll. memilki struktur.

    ReplyDelete
  2. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Strukturalisme adalah paham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap. Tujuan Strukturalisme adalah mencari struktur terdalam dari realitas yang tampak kacau dan beraneka ragam di permukaan secara ilmiah. Struktur yang ada tersebut hendaknya dapat dipahami sehingga tidak lagi menghasilkan realita yang kacau dan beraneka ragam. Strukturalisme juga adalah sebuah pembedaan secara tajam mengenai masyarakat dan ilmu kemanusiaan.

    ReplyDelete
  3. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Strukturalisme dapat dianggap sebagai suatu pendekatan ilmu humanis yang mencoba untuk menganalisis bidang tertentu sebagai sistem kompleks yang saling berhubungan. Contoh dari bidang tersebut adalah mitologi. Strukturalisme merupakan paham atau pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memilki suatu struktur yang sama dan tetap. Strukturalisme sebagai aliran filsafat yang bereaksi terhadap subjektivisme yang didewakan oleh Eksistensialisme mempunyai ciri-ciri: Desentralisasi manusia, Kematian manusia sebagai subjek, dan manusia dibicarakan dalam rangka struktur bahasa, sosial, ekonomi, dan politik.

    ReplyDelete
  4. Strukturalisme bekerja mengungkap struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan alami. Adanya struktur masyarakat, dari pemimpin adan anggota. dalam negara struktur berarti ketatanegaraan. Struktur ada dalam diri seseorang mulai dari individu sampai pada dunia. Struktur individu sebagai petani, pekerja, pengajar, pemerintah.

    ReplyDelete
  5. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Entah kebetulan atau tidak. Beberapa waktu lalu (sudah agak lama), saya menggunakan wikipedia sebagai rujukan untuk mencari pengertian tentang strukturalisme,

    "Dalam sosiologi, antropologi dan linguistik, strukturalisme adalah metodologi bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas. Ia bekerja untuk menemukan struktur yang mendasari semua hal yang manusia lakukan, pikirkan, rasakan, dan rasakan. Sebagai alternatif, seperti yang diringkas oleh filsuf Simon Blackburn, strukturalisme adalah "keyakinan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Hubungan ini merupakan struktur, dan dibalik variasi lokal dalam fenomena permukaan ada hukum budaya abstrak yang konstan" (wikipedia)

    "Hubungan manusia denga sistem dan struktur" menjadi frasa kunci yang saya gunakan untuk memahami tentang strukturalisme. Dan ternyata dua link yang menyertai wikipedia pada postingan ini menjadi rujukan baru dalam pembelajaran saya. Terimakasih

    ReplyDelete
  6. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dari sumber yang saya peroleh, secara sederhana strukturalisme memandang segala sesuatu memiliki struktur dan saling berkaitan satu sama lain. Ada empat ide umum utama yang mendasari Strukturalisme sebagai paham atau gerakan umum : pertama , setiap sistem memiliki struktur ; kedua, struktur yang menentukan posisi setiap elemen dari keseluruhan; ketiga, " struktural hukum " kesepakatan dengan koeksistensi daripada perubahan ; dan keempat , struktur adalah " hal yang nyata " yang terletak di bawah permukaan atau penampilan makn

    ReplyDelete
  7. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Strukturalism merupakan suatu pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama. Strukturalisme sebagai metode berpikir dalam memahami realitas, memiliki ciri khas yaitu deskripsi dari keadaan nyata obyek dipusatkan melalui penyelidikan yang tidak terikat oleh waktu. Hal yang dibahas berupa perbedaan secara tajam mengenai masyarakat dan ilmu kemanusiaan. Sehingga, para ahli strukturalisme menentang eksistensialisme dan fenomenologi yang mereka anggap terlalu individualistis dan kurang ilmiah.

    ReplyDelete
  8. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami strukturalism merupakan sebuah gerakan intelektual umum yang berpusat berada di Prancis, dan yang masa jayanya di tahun 1960an. Ciri umum dari posisi strukturalis adalah kepercayaan bahwa fenomena kehidupan manusia tidak dapat dipahami kecuali melalui keterkaitannya. Hubungan ini merupakan struktur, dan dibalik variasi lokal dalam fenomena permukaan ada hukum struktur abstrak yang konstan. Jadi beragam mitos, karya seni, atau praktik pernikahan yang berbeda, dapat dinyatakan sebagai pola yang sama. Strukturalisme berawal dari karya Saussure dalam linguistik, dan satu bentuk doktrin berpendapat bahwa semua sistem tanda bersifat linguistik (Blackburn, 1996). Salah satu keberhasilan awal penyelidikan strukturalis dalam linguistik adalah penemuan bahwa unit fonetik mendapatkan ciri-ciri identitasnya melalui jaringan hubungan (oposisi, perbedaan) antara suara dan bukan melalui sifat fisik yang kasar dari suara yang diberikan.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  9. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. menurut hasil pembacaan saya, strukturalisme adalah suatu paham atau metodelogi yang mencoba untuk memahami haikat kehidupan melalui pendektan strktural yaitu bahwa realitas kehidpan ini tak mungkin dapat dimengerti/dipahami tanpa mengetahui unsru-unsur yang saling terkait sebagai unsur-unsur pembentuk realitas tersebut (realitas merupakan suatu sistem/kesatuan yang terdiri dari struktur-struktrur/unsur-unsur yang berperan sesuai dengan fungsinya masing-masing).

    ReplyDelete
  10. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Strukturalisme adalah teori yang menyatakan bahwa seluruh organisasi manusia ditentukan secara luas oleh struktur sosial atau psikologi yang mempunyai logika independen yang menarik, berkaitan dengan maksud, keingianan, maupun tujuan manusia. bagi Freud, strukturnya adalah psyche; bagi Marx, strukturnya adalah ekonomi; bagi Saussure, strukturnya adalah bahasa. Kesemuanya itu mendahului subjek manusia individual atau human agent dan menentukan apa yang akan dilakukan manusia pada semua keadaan.(Sobur dalam Maksum, 2012:380)

    ReplyDelete
  11. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Sebagaimana tertulis dalam link https://en.wikipedia.org/wiki/Structuralism, structuralism is the methodology that elements of human culture must be understood by way of their relationship to a larger, overarching system or structure (strukturalisme adalah metodologi bahwa unsur-unsur budaya manusia harus dipahami melalui hubungan mereka dengan sistem atau struktur yang lebih luas). sedangkan jika dikaitkan dengan matematika, maka perlu dicatat bahwa apa yang penting bagi teori matematika bukanlah sifat internal benda-bendanya, seperti bilangan, fungsi, himpunan, atau titik, tapi bagaimana benda-benda itu berhubungan satu sama lain, seperti yang tertulis dalam link http://www.iep.utm.edu/m-struct/.

    ReplyDelete
  12. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Strukturalisme berarti paham mengenai unsur-unsur, yaitu struktur itu sendiri, dengan mekanisme antar hubungannya, di satu pihak antarhubungan unsur yang satu dengan unsur lainnya, di pihak yang lain hubungan antara unsur (unsur) dengan totalitasnya. Strukturalisme memiliki pandangan yang menyatakan bahwa semua masyarakat dan kebudayaan memiliki suatu struktur yang sama dan tetap. Ciri khas paham ini ialah pemusatan pada deskripsi keadaan aktual obyek melalui penyelidikan, penyingkapan sifat-sifat instrinsiknya yang tidak terikat oleh waktu, penetapan hubungan tersebut melalui pendidikan. Gagasan-gagasan strukturalisme mempunyai metodologi tertentu dalam mengembangkan studi interdisipliner tentang gejala-gejala budaya dan mendekatkan ilmu-ilmu kemanusiaan dengan ilmu-ilmu alam.

    ReplyDelete
  13. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Dalam kehidupan masyarakat kadang kita menemukan bahwa dalam masyarakat terdapat kebudayaan yang memiliki struktur yang sama dan tetap atau hal ini dapat disebut sebagai strukturalisme. Hal ini dapat dijadikan kajian tersendiri untuk diteliti apa yang menyebabkan terjadi struktur yag sama dari objek-objek masyarakat tersebut. Sama halnya dengan pembelajaran matematika. Saat mayoritas siswa merasa kesulitan dengan pembelajaran matematika hal ini berarti terdapat struktur yang sama yang terjadi sehingga hal tersebut terjadi seperti dari sikap guru dalam mengajar atau strategi, model, dna pendektan yang digunakan guru tersebut. Sehingga sebaiknya setiap pembelajaran bukan hanya siswa yang melakukan refleksi namun juga gurunya.

    ReplyDelete