Dec 2, 2012

VITALISM


Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang VITALISM, koneklah ke:





Wss Wr Wb
Marsigit

40 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Pada abad kedua puluh, mekanistik dan vitalis memperdebatkan hubungan antara materi dan kehidupan serta materi dan pikiran. saat ketika ahli biokimia mendefinisikan bidang mereka sebagai disiplin yang terpisah dari kimia atau fisiologi.Vitalisme adalah paham atau aliran dalam filsafat manusia yang beranggapan bahwa kenyataan sejati pada dasarnya adalah energi, daya, kekuatan, atau nafsu yang bersifat iirasional atau tidak rasional. Vitalisme percaya bahwa kenyataan sejati pada dasarnya adalah berupa adalah energi, daya, kekuatan, non fisik yang tidak rasional dan berdasar insting. Setiap keputusan atau perilaku mausia yang dianggap rasional pada dasarnya adalah rasionalisasi saja dari keputusan-keputusan yang tidak rasional tersebut. Menurut aliran ini rasio hanyalah alat yang berfungsi untuk merasionalisasikan hal-hal atau keputusan-keputusan yang sebetulnya tidak rasional.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Vitalisme adalah suatu doktrin yang mengatakan bahwa suatu kehidupan terletak di luar dunia materi dan karenanya kedua konsep ini, kehidupan dan materi, tidak bisa saling mengintervensi. Hal ini menunjukkan kehidupan dan materi, jiwa dan raga bergerak secara terpisah sehingga tidak saling berhubungan dan tidak saling mempengaruhi antara yang satu dengan yang lainnya. Kehidupan dianggap lebih dominan dari materi dan tidak saling berhubungan, raga dianggap lebih penting dari jiwa atau sebaliknya. Doktrin ini tentunya mendapat penolakan karena sejatinya ada kaitan antara kehidupan dan materi, begitu pula dengan jiwa dan raga, keduanya merupakan konsep yang penting dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Vitalisme adalah suatu doktrin yang mengatakan bahwa suatu kehidupan terletak di luar dunia materi dan karenanya kedua konsep ini, kehidupan dan materi, tidak bisa saling mengintervensi. Dimana doktrin ini menghadirkan suatu konsep energi yang menyokong suatu kehidupan dan energi ini bisa disamakan dengan keberadaan suatu jiwa. Pada awal perkembangan filosofi di dunia medis, konsep energi ini begitu kental sehingga seseorang dinyatakan sakit karena adanya ketidakseimbangan dalam energi vitalnya.

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Vitalisme merupakan suatu doktrin yang menyatakan adanya kekuatan di luar alam. Kekuatan tersebut memiliki peranan yang esensial mengatur segala sesuatu yang terjadi di alam semesta ini. Tokohnya ialah Henry Bergson. Pandangan aliran vitalisme yaitu manusia dikatakan baik apabila memiliki daya kekuatan hidup yang kuat sehingga memaksa manusia yang lemah untuk mengikutinya. Bisa berarti keburukan juga apabila manusia tidak memiliki daya kemampuan kuat yang memaksa manusia untuk mengikuti kehidupan orang lain. Pilihannya hanya diikuti atau mengikuti.

    ReplyDelete
  5. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Vitalisme adalah keyakinan bahwa "organisme hidup pada dasarnya berbeda dari entitas non-hidup karena mengandung beberapa unsur non-fisik atau diatur oleh prinsip-prinsip yang berbeda daripada benda-benda mati". Vitalisme eksplisit memanggil prinsip penting, elemen yang sering disebut sebagai "spark penting", "energi" atau " Elan penting ", yang beberapa menyamakan dengan jiwa . Dalam vitalisme abad ke-18 dan ke-19 telah dibahas di kalangan ahli biologi, dalam diskusi antara mereka yang merasa bahwa mekanika dikenal fisika akhirnya akan menjelaskan perbedaan antara hidup dan non-hidup dan vitalis yang berpendapat bahwa kehidupan tidak dapat dikurangi untuk proses mekanistik . Beberapa ahli biologi vitalis mengusulkan hipotesis diuji dimaksudkan untuk menunjukkan kekurangan dengan penjelasan mekanistik, tetapi percobaan ini gagal untuk memberikan dukungan untuk pandangan vitalis dan hari ini biologi menganggap vitalisme sebagai telah disangkal oleh bukti empiris, dan karenanya sebagai milik ranah agama daripada yang dari ilmu.

    Perdebatan antara “mechanists” dan “vitalis” tentang hubungan materi dan kehidupan serta materi dan pikiran, tumpah ke abad kedua puluh, terutama selama waktu itu ahli biokimia yang mendefinisikan bidang mereka sebagai disiplin yang terpisah dari kimia atau fisiologi. Empat buku yang diterbitkan sekitar 1930 menangkap rasa perdebatan (Woodger 1929; Haldane 1929, 1931; Hogben 1930). JS Haldane, seorang ahli fisiologi, menolak pengurangan fenomena biologis untuk penjelasan mekanistik, karena ia melihat struktur organisme biologis dan tindakan mereka menjadi disanalogous dengan apa yang terlihat di sistem fisik.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Vitalisme adalah suatu doktrin yang mengatakan bahwa suatu kehidupan terletak di luar dunia materi dan karenanya kedua konsep ini, kehidupan dan materi, tidak bisa saling mengintervensi. Vitalisme juga memandang bahwa kehidupan tidak sepenuhnya dijelaskan secara fisika, kimiawi, karena hakikatnya berbeda dengan yang tak hidup. Henry Bergson (1958-1941) menyebutkan Elan Vital. Dikatakan bahwa Elan Vital merupakan sumber dari sebab kerja dan perkembangan dalam alam. Asa hidup ini memimpin dan mengatur gejala hidup dan menyesuaikannya dengan tujuan hidup. Oleh karena itu Vitalisme sering juga dinamakan finalisme.

    ReplyDelete
  7. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Vitalisme merupakan doktrin yang seringkali digunakan sebagai acuan pada zaman dahulu. Akan tetapi sekarang doktrin ini ditolak oleh para ilmuan aliran utama. “organisme hidup secara mendasar berbeda dari wujud yang tidak hidup karena mereka mengandung beberapa elemen non-fisik atau dikendalikan oleh dasar yang berbeda yang mana bukan merupakan benda tidak bernyawa”. Secara eksplisit vitalisme membawa asas vital, yang mana elemen tersebut seringkali mengacu kepada vital spark, “energi”, atau “élan vital”, yang seringkali disamakan dengan “jiwa”. Vitalisme memiliki sejarah yang panjang dalam filosofi kedokteran. Kebanyakan praktik penyembuhan tradisional mengemukakan bahwa penyakit merupakan hasil dari ketidakseimbangan energi vital yang dapat menyebabkan masalah di antara hal-hal hidup dan tidak hidup.

    ReplyDelete
  8. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Jika dalam sehari hari kita sering mendengar kata vital, maka biasanya yang dimaksud vital adalah hal yang penting dan sulit ditiadakan. Misalnya organ vital, adalah jantung, otak, paru paru, hati, ginjal. Bagian vital dari komputer adalah, motherboard, software dll

    ReplyDelete
  9. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Vitalisme adalah paham atau aliran dalam filsafat manusia yang beranggapan bahwa kenyataan sejati pada dasarnya adalah energi, daya, kekuatan, atau nafsu yang bersifat iirasional atau tidak rasional. Setiap keputusan atau perilaku mausia yang dianggap rasional pada dasarnya adalah rasionalisasi saja dari keputusan-keputusan yang tidak rasional tersebut. Menurut aliran ini rasio hanyalah alat yang berfungsi untuk merasionalisasikan hal-hal atau keputusan-keputusan yang sebetulnya tidak rasional.

    ReplyDelete
  10. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016


    Vitalisme adalah suatu doktrin yang mengatakan bahwa suatu kehidupan terletak di luar dunia dan materi. kedua konsep ini, kehidupan dan materi, tidak bisa saling mengintervensi. Sehingga antara keduanya tidak saling berhubungan ataupun saling mencampuri.
    Antara kehidupan dan materi berdiri sendiri-sendiri, tanpa ada timbal balik atau hubungan yang lainnya.

    ReplyDelete
  11. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Vitalism merupakan keyakinan manusia yang menganggap bahwa mahluk hidup pada dasarnya berbeda karena mengandung unsur non-fisik atau unsur yang berbeda dari yang dipunyai benda mati. Vitalism mempunyai sejarah di bidnagn filsafat medis bahwa penyembuhan secara tradisional yang diakibatkan adanya penyakit dikarenakan ketidakseimbangan kekuatan vital yang ada. Berdasarkan pengertian dari vitalism di atas, masih banyak pengetahuan yang harus kita gali terus menerus agar menjadi manusia yang bermanfaat bagi semua.

    ReplyDelete
  12. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Vitalisme adalah suatu doktrin yang mengatakan bahwa suatu kehidupan terletak di luar dunia materi dan karenanya, kehidupan dan materi tidak bisa saling mengintervensi. Vitalisme menyatakan bahwa makhluk hidup berbeda dengan makhluk tak hidup karena perbedaan unsur-unsurnya, salah satunya elemen/unsur yang disebut dengan vital/jiwa. Menurut kaum Vitalis kehidupan tak dapat sepenuhnya dijelaskan secara kimiawi dan fisika, karena hakikatnya berbeda dari yang tak hidup. Vitalisme juga menganggap bahwa orang yang dapat hidup adalah orang yang benar-benar memiliki daya untuk hidup, dan orang yang kuat adalah orang yang dapat menekankan keinginannya agar berlaku dan ditaati oleh orang yang lemah.

    ReplyDelete
  13. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Vitalisme yang merupakan doktrin menghadirkan suatu konsep energi, elan vital, yang menyokong suatu kehidupan dan energi ini bisa disamakan dengan keberadaan suatu jiwa. Konsep energi ini begitu kental sehingga seseorang dinyatakan sakit karena adanya ketidakseimbangan dalam energi vitalnya.
    Terjadi ketidakseimbangan energi vital menyebabkan tubuh tidak bisa memprosesnya dengan semestinya sehingga terjadilah sakit.

    ReplyDelete
  14. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Kehidupan tidak dipengaruhi oleh adanya materi, namun dipengaruhi oleh hal yang bersifat non materi. Seringkali disebutkan bahwa organ vital dari manusia di antaranya adalah jantung dan otak, mengapa disebut organ vital? Karena sifatnya penting dan utama, begitu pula jiwa dan energi manusia adalah vitalnya suatu kehidupan. Sampai saat ini pandangan sejenis ini masih sering digunakan, dalam pengobatan alternatif yang menggunakan siraman rohani, atau motivasi. Namun bagi para ilmuwan ilmiah, hal tersebut tentu bertentangan karena bersifat tidak ilmiah. Kebenara itu relatif, begitu pula kebenaran dari vitalisme ini. Tergantung dari sudut pandang yang mana, sehingga tidak bisa saling menyalahkan.

    ReplyDelete
  15. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Mitologi terkait dekat dengan legenda maupun cerita rakyat. Mitologi dapat mencakup kisah penciptaan dunia sampai asal mula suatu bangsa. Tidak seperti mitologi, pada cerita rakyat, waktu dan tempat tidak spesifik dan ceritanya tidak dianggap sebagai kisah suci yang dipercaya kebenarannya. Sedangkan pada legenda, pelaku-pelakunya adalah manusia dan meskipun kejadiannya dianggap benar-benar terjadi, dapat mengandung kisah makhluk supranatural (dewa, setan, dsb.) dan kejadian luar biasa (kutukan, keajaiban, dsb.) seperti pada mitologi. Biasanya latar pada legenda adalah masa-masa pada saat manusia sudah ada dan dikaitkan dengan sejarah dan asal mula suatu tempat.

    ReplyDelete
  16. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Vitalisme adalah suatu doktrin yang mengatakan bahwa suatu kehidupan terletak di luar dunia materi dan karenanya kedua konsep ini, kehidupan dan materi, tidak bisa saling mengintervensi. Dimana doktrin ini menghadirkan suatu konsep energi, elan vital, yang menyokong suatu kehidupan dan energi ini bisa disamakan dengan keberadaan suatu jiwa. Vitalisme merupakan doktrin yang seringkali digunakan sebagai acuan pada zaman dahulu. Akan tetapi sekarang doktrin ini ditolak oleh para ilmuan aliran utama. “organisme hidup secara mendasar berbeda dari wujud yang tidak hidup karena mereka mengandung beberapa elemen non-fisik atau dikendalikan oleh dasar yang berbeda yang mana bukan merupakan benda tidak bernyawa”.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://en.wikipedia.org/wiki/Vitalism ,Vitalisme adalah keyakinan bahwa "organisme hidup pada dasarnya berbeda dari entitas yang tidak hidup karena mengandung unsur non-fisik atau diatur oleh prinsip yang berbeda daripada benda mati". [1] A Dimana vitalisme secara eksplisit memanggil sebuah prinsip penting, elemen itu sering disebut sebagai "percikan vital", "energi" atau "vital vital", yang beberapa sama dengan jiwa. Pada abad ke 18 dan ke-19 vitalisme dibahas di antara ahli biologi, dalam sebuah diskusi antara mereka yang merasa bahwa mekanika fisika yang diketahui pada akhirnya akan menjelaskan perbedaan antara kehidupan dan non-kehidupan dan vitalis yang berpendapat bahwa kehidupan tidak dapat dikurangi menjadi proses mekanistik. . Beberapa ahli biologi vitalis mengajukan hipotesis yang dapat diuji yang dimaksudkan untuk menunjukkan kekurangan dengan penjelasan mekanistik, namun percobaan ini gagal memberikan dukungan untuk vitalisme. Ahli biologi sekarang menganggap vitalisme telah dibantah oleh bukti empiris, dan karenanya tergolong dalam ranah agama dan bukan ilmu pengetahuan.



    ReplyDelete
  19. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Vitalisme merupakan salah satu paham yang memandang bahwa Orang-orang yang mempercayai adanya kekuatan atau energi tertentu dalam setiap tubuh makhluk hidup beranggapan bahwa kehidupan dimulai atau diawali dari kombinasi zat yang sangat kompleks. Dengan demikian, doktrin vitalisme ini bertolak belakang dengan doktrin materialisme mekanistik yang mengatakan bahwa alam semesta (jagat raya) ini hanya berawal dan terdiri dari satu zat, yakni zat fisikal, empiris, atau materi. Artinya, jagat raya ini hanya berawal dan terdiri dari zat yang dapat dilihat dan dirasakan secara fisik, melalui indera manusia. Nama lain dari doktrin materialisme mekanistik adalah fisikalisme.

    ReplyDelete
  20. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Vitalisme merupakan hipotesis ilmiah yang tidak mempercayai bahwa organisme hidup pada dasarnya berbeda dari benda tidak hidup karena mengandung beberapa unsur non-fisik yang diatur oleh prinsip-prinsip yang berbeda daripada prinsip benda-benda mati. Selain itu vitslisme merupakan paham atau aliran dalam filsafat manusia yang beranggapan bahwa kenyataan sejati pada dasarnya adalah energi, daya, kekuatan, atau nafsu yang bersifat iirasional atau tidak rasional.

    ReplyDelete
  21. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Vitalism is the belief that "living organisms are fundamentally different from non-living entities because they contain some non-physical element or are governed by different principles than are inanimate things". Where vitalism explicitly invokes a vital principle, that element is often referred to as the "vital spark", "energy" or "élan vital", which some equate with the soul. In the 18th and 19th century vitalism was discussed among biologists, in a discussion between those who felt that the known mechanics of physics would eventually explain the difference between life and non-life and vitalists who argued that life could not be reduced to a mechanistic process. Some vitalist biologists proposed testable hypotheses meant to show inadequacies with mechanistic explanations, but these experiments failed to provide support for vitalism. Biologists now consider vitalism to have been refuted by empirical evidence, and hence as belonging to the realm of religion rather than that of science.
    Vitalism has a long history in medical philosophies: most traditional healing practices posited that disease results from some imbalance in vital forces.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Vitalism

    ReplyDelete
  22. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Vitalisme adalah keyakinan bahwa organisme hidup pada dasarnya berbeda dari entitas yang tidak hidup karena mengandung unsur non-fisik atau diatur oleh prinsip yang berbeda daripada benda mati. Pada abad ke 18 dan ke-19 vitalisme dibahas di antara ahli biologi, dalam sebuah diskusi antara mereka yang merasa bahwa mekanika fisika yang diketahui pada akhirnya akan menjelaskan perbedaan antara kehidupan dan non-kehidupan dan vitalis yang berpendapat bahwa kehidupan tidak dapat dikurangi menjadi proses mekanistik. Doktrin vitalisme menegaskan bahwa fungsi organisme hidup tidak dapat dihasilkan dari kekuatan fisik dan kimia saja.

    ReplyDelete
  23. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Vitalisme merupakan suatu doktrin yang menyatakan adanya kekuatan di luar alam. Kekuatan itu memiliki peranan yang esensial mengatur segala sesuatu yang terjadi di alam semesta ini ( misalnya Tuhan ). Pendapat ini ditantang oleh beberapa orang lain, karena dalam ilmu alamiah dikatakan bahwa segala sesuatunya harus dapat dianalisis secara eksperimen atau harus cocok dengan metode ilmiah.

    ReplyDelete
  24. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dari link di atas dapat kita ketahui bahwa vitalisme adalah suatu paham yang mengatakan bahwa suatu kehidupan terletak di luar dunia materi dan karenanya kedua konsep ini, kehidupan dan materi, tidak bisa saling mengintervensi. Vitalisme percaya bahwa seluruh aktivitas atau perilaku manusia pada dasarnya merupakan perwujudan dari energi-energi atau kekuatan-kekuatan yang tidak rasional dan instingtif.Manusia merasa bahwa perilakuya seolah-olah dilandasi oleh keputusan-keputusan yang rasional, tetapi sesungguhnya didasari oleh energi, naluri, atau nafsu yang tidak rasional. Rasio hanyalah alat yang berfungsi untuk merasionalisasikan hal-hal atau keputusan-keputusan yang sebetulnya tidak rasional. Acuan vitalisme terutama adalah ilmu biologi dan sejarah. Biologi mengajarkan bagaimana kehidupan ditentukan bukan oleh rasio, melainkan oleh kekuatan untuk bertahan hidup (survive) yang sifatnya tidak rasional dan instingtif.

    ReplyDelete
  25. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Vital artinya sangat penting atau tepat. Vitalisme dalam filsafat adalah padangan atau keyakinan bahwa organisme hidup pada dasarnya berbeda dari entitas yang tidak hidup karena mengandung unsur non-fisik atau diatur oleh prinsip yang berbeda daripada benda mati. A Dimana vitalisme secara eksplisit memanggil sebuah prinsip penting, elemen itu sering disebut sebagai "percikan vital", "energi" atau "vital", yang beberapa sama dengan jiwa.

    ReplyDelete
  26. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Vitalisme adalah pandangan bahwa makhluk hidup berbeda dengan benda material mati yang lain karena memiliki suatu zat yang membuat makhluk itu hidup. Suatu kehidupan terletak di luar dunia materi, kehidupan dan materi, tidak bisa saling mengintervensi. Menurut kaum Vitalis hanya dari sudut fisik dan kimia tidak bisa menjelaskan fungsi hidup, tetapi menghadirkan suatu konsep energi yang menyokong suatu kehidupan dan energi ini bisa disamakan dengan keberadaan suatu jiwa.

    ReplyDelete
  27. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Vitalisme adalah keyakinan bahwa "organisme hidup pada dasarnya berbeda dari entitas yang tidak hidup karena mengandung unsur non-fisik atau diatur oleh prinsip yang berbeda daripada benda mati" dari hal demikian maka dapat lah kita mengerti bahwa vitalsm adalah suatu paham atau kepercayaan yang mengatakan bahwa hidup itu terdiri dari unsur biologi.

    ReplyDelete
  28. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Vitalisme adalah paham atau aliran dalam filsafat manusia yang beranggapan bahwa kenyataan sejati pada dasarnya adalah energi, daya, kekuatan, atau nafsu yang bersifat irasional atau tidak rasional. Vitalisme merupakan suatu doktrin yang menyatakan adanya kekuatan di luar alam. Kekuatan tersebut memiliki peranan yang esensial mengatur segala sesuatu yang terjadi di alam semesta. Pendapat ini ditantang oleh beberapa orang lain karena dalam ilmu alamiah dikatakan bahwa segala sesuatunya harus dapat dianalisis secara eksperimen.

    ReplyDelete
  29. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Vitalism ini berpandangan bahwa antara kehidupan dan materi tidak bisa disamakan, sma hanya dengan jiwa dan tubu yang berbeda namun saling mempengaruhi satu dengan yang lan. Vitalism mempercayai, kehidupan berada diluar dunia materi dan mempercayai bahwa kenyataan sejati pada dasarnya berupa energi, daya dan kekuatan. Namun secara logika, jiwa dan raga sendiri tidak bisa dipisahkan, keduanya mutlak diperlukan bagi seseorang individu dalam memahami diri secara utuh.

    ReplyDelete
  30. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya mendapatkan pengertian paham baru dalam filsafat yaitu tentang vitalism. Dimana vitalism ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan dan materi. Kehidupan dan materi ini dikatakan dalam paham ini bahwa tidak bisa saling mengintervensi. Memahami hal ini (kehidupan dan materi) jangan sampai kita terlena karenanya. Kita juga punya kewajiban dalam aspek spiritual kita dan lebih-lebih untuk dapat memikirkan lebih dalam aspek spiritual kita.

    ReplyDelete
  31. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Vitalisme adalah pandangan bahwa makhluk hidup berbeda dengan benda material mati yang lain karena memiliki suatu zat yang membuat makhluk itu hidup. Aliran Vitalisme ini juga menganggap sebuah perbuatan baik jika orang yang kuat dapat memaksakan dan menekankan kehendaknya agar berlaku dan ditaati oleh orang-orang yang lemah. Tokoh-tokoh yang menganut aliran vitalisme diantaranya adalah Henry Bergson, Nicholas Lemery, Antoine Laurent Lavoisier.

    ReplyDelete
  32. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Sebenarnya, saya susah memahami istilah vitalisme. Dari yang saya peroleh, vitalisme adalah paham atau aliran dalam filsafat yang beranggapan bahwa kenyataan sejati pada dasarnya adalah energi, daya, kekuatan, atau nafsu yang bersifat irrasional atau tidak rasional. Setiap keputusan manusia dalam berperilaku dianggap rasional pada dasarnya adalah rasionalisasi saja dari keputusan-keputusan yang tidak rasional tersebut. Menurut aliran ini rasio hanyalah alat yang berfungsi untuk merasionalisasikan hal-hal atau keputusan-keputusan yang sebetulnya tidak rasional. Kita ketahui bahwa manusia dicipatakan oleh Tuhan Yang Maha Esa beserta akal atau rasio yang dapat digunakan untuk berpikir. Itulah yang menjadikan manusia disebut sebagai makhluk sempurna, karena memiliki akal dan hati.

    ReplyDelete
  33. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Paham vitalisme merupakan paham bahwa pada dasarnya organisme hidup berbeda dari entitas non-hidup, karena mengandung beberapa unsur non-fisik atau diatur oleh prinsip-prinsip yang berbeda dari hal-hal mati. Vitalisme memiliki sejarah panjang dalam filsafat medis. Praktek dalam penyembuhan paling tradisional menyatakan bahwa penyakit mencerminkan beberapa ketidakseimbangan pada energi vital mereka yang membedakan hidup dengan materi yang tidak hidup. Dalam tradisi Barat yaitu dapat diperoleh dari adanya kekuatan penting yang diidentifikasi yaitu sebagai humor. Sedangkan dalam tradisi Timur diusulkan kekuatan yang sama, seperti qi dalam akupunktur dan prana dalam Yoga.

    ReplyDelete
  34. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Berdasarkan artikel dalam link di atas, terdapat perbedaan mendasar antara makhluk hidup dan non-hidp, yaitu mengenai vitalitas. Vitalisme adalah keyakinan bahwa "organisme hidup pada dasarnya berbeda dari entitas yang tidak hidup karena mengandung unsur non-fisik atau diatur oleh prinsip yang berbeda daripada benda mati. Keyakinan inilah yang mengakibatkan perbedaan pada pola pikir makhluk hidup yang berbeda karena vitalitasnya juga berbeda pula. Seperti dari cara berpikir secara rasionalnya, karena rasio setiap makhluk berbeda-beda. Berbeda pula pemerolehan pengetahuannya karena daya serap atau kapasitas otak setiap orang juga berbeda-beda.

    ReplyDelete
  35. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika 2016

    Vitalisme adalah pandangan bahwa makhluk hidup berbeda dengan bendamaterial mati yang lain karena memiliki suatu zat yang membuat makhluk itu hidup.Aliran Vitalisme ini juga menganggap sebuah perbuatan baik jika orang yang kuat dapatmemaksakan dan menekankan kehendaknya agar berlaku dan ditaati oleh orang orang yang lemah. Manusia hendaknya mempunyai daya hidup atau vitalitas untuk menguasaidunia dan keselamatan manusia tergantung daya hidupnya

    ReplyDelete
  36. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Hidup sering didefinisikan dalam buku teks biologi dasar sebagai sifat khas yang membedakan sistem kehidupan dari orang yang tidak hidup. Meskipun ada beberapa tumpang tindih, definisi ini seringkali berbeda, tergantung pada kepentingan penulis. Setiap usaha pada definisi terkait erat dengan teori yang darinya ia memperoleh maknanya (Benner 2010). Beberapa ahli biologi dan filsuf bahkan menolak keseluruhan gagasan bahwa ada kebutuhan untuk sebuah definisi, karena kehidupan untuk mereka adalah fakta yang tak dapat direduksikan tentang dunia alami. Yang lain melihat hidup hanya seperti yang dipelajari oleh para ahli biologi. Ada tiga pendekatan filosofis utama terhadap masalah mendefinisikan kehidupan yang tetap relevan saat ini yaitu pandangan Aristoteles tentang kehidupan sebagai animasi, sifat-sifat alam yang mendasar dan tak dapat direduksi. Pandangan Descartes tentang kehidupan sebagai mekanisme. Dan pandangan Kant tentang kehidupan sebagai organisasi, yang perlu ditambahkan konsep Darwin tentang variasi dan evolusi melalui seleksi alam (Gayon 2010; Morange 2008). Selain itu, kita dapat menambahkan gagasan untuk mendefinisikan kehidupan sebagai sifat yang muncul dari jenis sistem tertentu yang kompleks.

    ReplyDelete
  37. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Kata-kata terakhir yang ditulis oleh Shelley dalam puisi yang belum selesai The Triumph of Life adalah "Lalu, apa itu kehidupan? Saya berteriak. "Jelas Shelley berarti dalam hal ini makna kehiduapn ini merupakan penggunaan teknis dari apa yang membedakan yang bernyawa dari benda mati. C.U.M Smith (1976) dalam The Problem of Life menetapkan untuk menjawab pertanyaan Shelley masalahnya tidak hanya tentang bagaimana materi bisa tetap hidup tetapi juga sadar. Meski sadar, materi hidup adalah masalah bagi para filsuf Democritean. "Fenomena yang tampaknya [Aristoteles] paling mendasar dalam fluks nyata dunia adalah persatuan dan persistensi makhluk hidup individu" (Smith 1976, hal 72). Memang, biologi Aristoteles dan filosofi yang dikembangkannya dari itu canggih dan abadi (Lennox 2001). Jadi untuk Aristoteles tidak ada masalah kehidupan, meski ada masalah bagi pandangan atomis tentang alam yang nampaknya tidak sesuai dengan fenomena biologis (Rosen 1991). Descartes secara radikal mengkonseptualisasikan masalah tersebut oleh dualisme materi dan pikirannya. Hidup adalah masalah dimana sebuah penjelasan harus dicari dalam interaksi mekanistik materi, dan ada pertanyaan tentang bagaimana pikiran berhubungan dengan masalah makhluk hidup. Seiring perkembangan kimia sebagai disiplin pada abad kedelapan belas dan kesembilan belas, tujuan pemikir paling maju adalah mengembangkan teori penjelasan tentang makhluk hidup dalam hal materi dan mekanisme kimia. Upaya semacam itu mengenai apa yang harus diakui sebagai pengurangan dini ditentang oleh kritikus, termasuk beberapa tokoh vitalis, yang posisinya mencakup beragam anti-materialis romantis, melalui ahli kimia yang mencari jenis gaya Newton baru ("kekuatan vital") di alam, terhadap materialis yang memiliki intuisi tentang pentingnya keseluruhan yang terorganisir (Fruton 1972, 1999).

    ReplyDelete
  38. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Vitalisme adalah paham yang menyatakan bahwa kehidupan dan materi tidak saling berhubungan dan tidak bisa saling mengintervensi. Kehidupan dan materi adalah dua hal yang tidak saling berhubungan dan tidak saling mempengaruhi satu dngan yang lainnya. Hal ini sangat bertentangan sehingga akhirnya mendapat penolakan karena kehidupan dan materi merupakan konsep penting dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  39. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Vitalisme merupakan pandangan yang berlawanan dengan reductionism. Vitalism mengklaim bahwa proses kehidupan tidak dapat dijelaskan oleh hukum fisika dan kimia saja dan bahwa kehidupan ada dalam beberapa bagian yang menentukan sendiri dan karena sebuah prinsip penting yang berbeda dari kekuatan fisik-kimia.

    ReplyDelete
  40. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Vitalisme adalah paham atau aliran dalam filsafat manusia yang beranggapan bahwa kenyataan sejati pada dasarnya adalah energi, daya, kekuatan, atau nafsu yang bersifat iirasional atau tidak rasional. Vitalisme percaya bahwa kenyataan sejati pada dasarnya adalah berupa adalah energi, daya, kekuatan, non fisik yang tidak rasional dan instingtif (liar). Setiap keputusan atau perilaku mausia yang dianggap rasional pada dasarnya adalah rasionalisasi saja dari keputusan-keputusan yang tidak rasional tersebut. Menurut aliran ini rasio hanyalah alat yang berfungsi untuk merasionalisasikan hal-hal atau keputusan-keputusan yang sebetulnya tidak rasional. Tokoh dalam aliran ini adalah Nietzsche, Arthur Schopenheur.

    ReplyDelete