Dec 2, 2012

VITALISM


Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang VITALISM, koneklah ke:





Wss Wr Wb
Marsigit

9 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Pada abad kedua puluh, mekanistik dan vitalis memperdebatkan hubungan antara materi dan kehidupan serta materi dan pikiran. saat ketika ahli biokimia mendefinisikan bidang mereka sebagai disiplin yang terpisah dari kimia atau fisiologi.Vitalisme adalah paham atau aliran dalam filsafat manusia yang beranggapan bahwa kenyataan sejati pada dasarnya adalah energi, daya, kekuatan, atau nafsu yang bersifat iirasional atau tidak rasional. Vitalisme percaya bahwa kenyataan sejati pada dasarnya adalah berupa adalah energi, daya, kekuatan, non fisik yang tidak rasional dan berdasar insting. Setiap keputusan atau perilaku mausia yang dianggap rasional pada dasarnya adalah rasionalisasi saja dari keputusan-keputusan yang tidak rasional tersebut. Menurut aliran ini rasio hanyalah alat yang berfungsi untuk merasionalisasikan hal-hal atau keputusan-keputusan yang sebetulnya tidak rasional.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Vitalisme adalah suatu doktrin yang mengatakan bahwa suatu kehidupan terletak di luar dunia materi dan karenanya kedua konsep ini, kehidupan dan materi, tidak bisa saling mengintervensi. Hal ini menunjukkan kehidupan dan materi, jiwa dan raga bergerak secara terpisah sehingga tidak saling berhubungan dan tidak saling mempengaruhi antara yang satu dengan yang lainnya. Kehidupan dianggap lebih dominan dari materi dan tidak saling berhubungan, raga dianggap lebih penting dari jiwa atau sebaliknya. Doktrin ini tentunya mendapat penolakan karena sejatinya ada kaitan antara kehidupan dan materi, begitu pula dengan jiwa dan raga, keduanya merupakan konsep yang penting dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Vitalisme adalah suatu doktrin yang mengatakan bahwa suatu kehidupan terletak di luar dunia materi dan karenanya kedua konsep ini, kehidupan dan materi, tidak bisa saling mengintervensi. Dimana doktrin ini menghadirkan suatu konsep energi yang menyokong suatu kehidupan dan energi ini bisa disamakan dengan keberadaan suatu jiwa. Pada awal perkembangan filosofi di dunia medis, konsep energi ini begitu kental sehingga seseorang dinyatakan sakit karena adanya ketidakseimbangan dalam energi vitalnya.

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Vitalisme merupakan suatu doktrin yang menyatakan adanya kekuatan di luar alam. Kekuatan tersebut memiliki peranan yang esensial mengatur segala sesuatu yang terjadi di alam semesta ini. Tokohnya ialah Henry Bergson. Pandangan aliran vitalisme yaitu manusia dikatakan baik apabila memiliki daya kekuatan hidup yang kuat sehingga memaksa manusia yang lemah untuk mengikutinya. Bisa berarti keburukan juga apabila manusia tidak memiliki daya kemampuan kuat yang memaksa manusia untuk mengikuti kehidupan orang lain. Pilihannya hanya diikuti atau mengikuti.

    ReplyDelete
  5. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Vitalisme adalah keyakinan bahwa "organisme hidup pada dasarnya berbeda dari entitas non-hidup karena mengandung beberapa unsur non-fisik atau diatur oleh prinsip-prinsip yang berbeda daripada benda-benda mati". Vitalisme eksplisit memanggil prinsip penting, elemen yang sering disebut sebagai "spark penting", "energi" atau " Elan penting ", yang beberapa menyamakan dengan jiwa . Dalam vitalisme abad ke-18 dan ke-19 telah dibahas di kalangan ahli biologi, dalam diskusi antara mereka yang merasa bahwa mekanika dikenal fisika akhirnya akan menjelaskan perbedaan antara hidup dan non-hidup dan vitalis yang berpendapat bahwa kehidupan tidak dapat dikurangi untuk proses mekanistik . Beberapa ahli biologi vitalis mengusulkan hipotesis diuji dimaksudkan untuk menunjukkan kekurangan dengan penjelasan mekanistik, tetapi percobaan ini gagal untuk memberikan dukungan untuk pandangan vitalis dan hari ini biologi menganggap vitalisme sebagai telah disangkal oleh bukti empiris, dan karenanya sebagai milik ranah agama daripada yang dari ilmu.

    Perdebatan antara “mechanists” dan “vitalis” tentang hubungan materi dan kehidupan serta materi dan pikiran, tumpah ke abad kedua puluh, terutama selama waktu itu ahli biokimia yang mendefinisikan bidang mereka sebagai disiplin yang terpisah dari kimia atau fisiologi. Empat buku yang diterbitkan sekitar 1930 menangkap rasa perdebatan (Woodger 1929; Haldane 1929, 1931; Hogben 1930). JS Haldane, seorang ahli fisiologi, menolak pengurangan fenomena biologis untuk penjelasan mekanistik, karena ia melihat struktur organisme biologis dan tindakan mereka menjadi disanalogous dengan apa yang terlihat di sistem fisik.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Vitalisme adalah suatu doktrin yang mengatakan bahwa suatu kehidupan terletak di luar dunia materi dan karenanya kedua konsep ini, kehidupan dan materi, tidak bisa saling mengintervensi. Vitalisme juga memandang bahwa kehidupan tidak sepenuhnya dijelaskan secara fisika, kimiawi, karena hakikatnya berbeda dengan yang tak hidup. Henry Bergson (1958-1941) menyebutkan Elan Vital. Dikatakan bahwa Elan Vital merupakan sumber dari sebab kerja dan perkembangan dalam alam. Asa hidup ini memimpin dan mengatur gejala hidup dan menyesuaikannya dengan tujuan hidup. Oleh karena itu Vitalisme sering juga dinamakan finalisme.

    ReplyDelete
  7. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Vitalisme merupakan doktrin yang seringkali digunakan sebagai acuan pada zaman dahulu. Akan tetapi sekarang doktrin ini ditolak oleh para ilmuan aliran utama. “organisme hidup secara mendasar berbeda dari wujud yang tidak hidup karena mereka mengandung beberapa elemen non-fisik atau dikendalikan oleh dasar yang berbeda yang mana bukan merupakan benda tidak bernyawa”. Secara eksplisit vitalisme membawa asas vital, yang mana elemen tersebut seringkali mengacu kepada vital spark, “energi”, atau “élan vital”, yang seringkali disamakan dengan “jiwa”. Vitalisme memiliki sejarah yang panjang dalam filosofi kedokteran. Kebanyakan praktik penyembuhan tradisional mengemukakan bahwa penyakit merupakan hasil dari ketidakseimbangan energi vital yang dapat menyebabkan masalah di antara hal-hal hidup dan tidak hidup.

    ReplyDelete
  8. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Jika dalam sehari hari kita sering mendengar kata vital, maka biasanya yang dimaksud vital adalah hal yang penting dan sulit ditiadakan. Misalnya organ vital, adalah jantung, otak, paru paru, hati, ginjal. Bagian vital dari komputer adalah, motherboard, software dll

    ReplyDelete
  9. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Vitalisme adalah paham atau aliran dalam filsafat manusia yang beranggapan bahwa kenyataan sejati pada dasarnya adalah energi, daya, kekuatan, atau nafsu yang bersifat iirasional atau tidak rasional. Setiap keputusan atau perilaku mausia yang dianggap rasional pada dasarnya adalah rasionalisasi saja dari keputusan-keputusan yang tidak rasional tersebut. Menurut aliran ini rasio hanyalah alat yang berfungsi untuk merasionalisasikan hal-hal atau keputusan-keputusan yang sebetulnya tidak rasional.

    ReplyDelete