Dec 2, 2012

INTUITIONISM





 Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang INTUITIONISM, koneklah:











Wss Wr Wb
Marsigit

39 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Intuitionism adalah suatu aliran dalam filsafat yang menganggap tidak hanya indera yang terbatas, akal juga terbatas. Bergson mengembangkan satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. Intuisi ini menangkap obyek secara langsung tanpa melalui pemikiran. Jadi, indera dan akal hanya mampu menghasilkan pengetahuan yang tidak utuh (spatial), sedangkan intuisi dapat menghasilkan pengetahuan yang utuh, tetap.

    ReplyDelete
  2. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Menurut buku yang pernah saya baca, pengetahuan intuitif adalah pengetahuan langsung tentang sesuatu hal tanpa lewat proses logika baik deduktif maupun induktif. Secara umum intuisionisme adalah paham yang mengajarkan bahwa dalam hidup ada kebenaran-kebenaran pokok yang dapat diketahui dan dipahami secara langsung dan tanpa lewat proses logika.

    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Intuisionisme adalah suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. Dalam bahasa Inggris Intuisionisme berasal dari kata Intuisi yang berarti gerak hati. Gerak hati atau disebut hati nurani antara manusia yang satu dengan manusia yang lain tentu saja berbeda. Dalam intuisionisme, baik atau buruk sesuatu perbuatan tidak diukur berdasarkan hasilnya tetapi berdasarkan niat seseorang dalam melaksanakan perbuatan tersebut. Hal ini berarti dalam melaksanakan perbuatan tertentu intuisi (gerak hati/hati nurani) yang berperan dalam pelaksanaan tersebebut.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Intuisionisme (berasal dari bahasa Latin: intuitio yang berarti pemandangan) adalah suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi . Tokoh aliran ini diantaranya dalah Henri Bergson. Intuisionisme selalu berdebat dengan paham rasionalisme. Intuisionisme adalah sistem etika yang tidak mengukur baik atau buruk sesuatu perbuatan berdasarkan hasilnya tetapi berdasarkan niat dalam melaksanakan perbuatan tersebut. Dalam bahasa Inggris Intuisionisme berasal kata Intuiton yang berarti manusia memliki gerak hati atau disebut hati nurani. Gerak hati mampu membuat manusia melihat suatu perkara benar atau salah, jahat atau baik. Intuisionisme juga merupakan suatu proses melihat dan memahami secara spontan dan intelek.

    ReplyDelete
  5. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Intuisionis sebagai gerak hati,bisikan hati,atau kemampuan memahami sesuatu tanpa harus di fikirkan berarti kalau intuisionisme adalah aliran atau paham yang mengutamakan intuisi atau gerak hati atau bisikan hati. Setidaknya untuk semua tujuan praktis, segala sesuatu, termasuk matematika, hanya ada dalam pikiran. Ini merupakan satu dari tiga arus utama filsafat matematika, yang lainnya adalah logisisme dan formalisme.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Intuitionism adalah aliran yang mengangkat persoalan moral berdasarkan intuisi. Menurut Intuitionism, kebenaran tidak dapat didefinisikan.

    ReplyDelete
  7. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Beberapa ahli bahasa mengatakan bahwa secara bahasa, intuisionisme (berasal dari bahasa Latin, intuitio yang berarti pemandangan Sedangkan ahli yang lain mengatakan bahwa intuisionisme, berasal dari perkataan Inggris yaitu intuition yang bermakna gerak hati atau disebut hati nurani Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, intuisi diartikan dengan bisikan hati, gerak hati atau daya batin untuk mengerti atau mengetahui sesuatu tidak dengan berpikir atau belajar. Perbedaannya dengan firasat atau feeling, kata intuisi lebih banyak digunakan untuk hal-hal yang bersifat metafisika atau di luar jangkauan rasio, biasanya dipakai untuk menyebut indera keenam. Jujun S. Sumantri menggambarkan intuisi pada, suatu masalah yang sedang kita pikirkan yang kemudian kita tunda karena menemui jalan buntu, tiba-tiba muncul di benak kita yang lengkap dengan jawabannya. Kita merasa yakin bahwa memang itulah jawaban yang kita cari namun kita tidak bisa menjelaskan bagaimana caranya kita sampai di sana. Pengertian diatas memberi penjelasan bahwa manusia memiliki gerak hati atau disebut hati nurani. Gerak hati mampu membuat manusia melihat secara langsung suatu perkara benar atau salah, jahat atau baik, buruk atau baik secara moral. Ia dirujuk sebagai suatu proses melihat dan memahami masalah secara spontan juga merupakan satu proses melihat dan memahami suatu masalah secara intelek. Pengetahuan intuitif ini merupakan pengetahuan langsung tentang suatu hal tanpa melalui proses pemikiran rasional. Namun kemampuan seperti ini bergantung kepada usaha manusia itu sendiri.

    ReplyDelete
  8. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Intuisionisme adalah paham yang berlandaskan pikiran, berasal dan berkembang di dalam pikiran manusia sehingga tidak ada penentu kebenaran diluar aktivitas berpikir. Intuisionisme menunjukkan kecenderungan untuk mengutamakan intuisi dalam pengetahuan manusia. Umumnya para pembela pandangan ini melebih-lebihkan nilai pengetahuan intuitif. Disini yang dimaksud intuisi bukan intuisi dalam arti biasa, melainkan tindakan-tindakan pengetahuan yang lebih tinggi yang mendekati kesiapan dan kepenuhan intuisi rohani. Pendekatan semacam ini kurang lebih terjadi dalam individu-individu yang mendapat karunia yang tinggi.

    ReplyDelete
  9. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Intuitionism merupakan paham yang memiliki pandangan bahwa kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas.
    Sehingga dasar yang digunakan dalam paham ini tidak berdasar pikiran ataupun kemampuan/ intelegensi seseorang.
    Seringkali terjadi jika sesuatu dipahami dengan akal dan kemampuan seseorang tidak dapat diterima tetapi secara intuisi dapat diterima.

    ReplyDelete
  10. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Intuitionism dicetuskan oleh L.E.J. Brouwer yang berpendapat bahwa berdasarkan intuitionism, matematika berasal dari pikiran. Sedangkan kebenaran dari pernyataan matematis dipahami melalui konstruksi dan komunikasi yang terjadi berfungsi sebagai proses terciptanya mental yang sama dalam pemikiran yang berbeda. Prinsip penting dari intuitionism ialah prinsip penalaran logis berdasarkan bukti dan konsepsi mengenai intuisi. Sistem intuitionism merupakan etika yang tidak mengukur baik atau buruknya mengenai suatu perbuatan berdasarkan hasilnya tetapi berdasarkan niat dalam melaksanakannya. Semua yang kita lakukan haruslah berdasarkan pada niat yang ikhlas agar yang kita lakukan dapat mencapai tujuan yang memuaskan sesuai ridho Allah SWT.

    ReplyDelete
  11. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Intuisi sering kali tidak dapat dipikirkan secara akal/rasional. Seperti memperoleh pemahaman secara tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran.
    Sehingga seringkali disama artikan bahwa intuisi merupakan kebenaran yang berasal dari hati.
    Kebenaran yang dirasa dengan nurani benar, walau secara logika tidak benar.

    ReplyDelete
  12. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Untuk sebuah intuisionis, klaim bahwa obyek dengan sifat tertentu ada adalah klaim bahwa sifat-sifat obyek tersebut dapat dikonstruksi. Setiap objek matematika dianggap produk dari konstruksi pikiran, dan oleh karena itu, keberadaan obyek setara dengan kemungkinan konstruksi. Hal ini kontras dengan pendekatan klasik, yang menyatakan bahwa keberadaan suatu entitas dapat dibuktikan dengan menyangkal non-eksistensinya. Untuk intuisionis, hal tersebut tidaklah valid; sanggahan dari non-eksistensi tidak berarti dapat menemukan konstruksi dari objek yang diduga, yangmana diperlukan untuk menegaskan keberadaannya. Keberadaan konstruksi, tidak dengan cara menyanggah atau membuktikan non-eksistensinya. Dengan demikian, intuitionism adalah berbagai konstruktivisme matematika; tetapi hal tersebut bukanlah satu-satunya yang menjadi klaim intusionisme

    ReplyDelete
  13. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Intuisionisme menunjukkan kecenderungan untuk mengutamakan intuisi dalam pengetahuan manusia. Umumnya para pembelah pandangan ini melebih-lebihkan nilai pengetahuan intuitif bahkan mempertalikan manusia dengan cara-cara mengetahui kemungkinan-kemungkinan kodrat manusia. Di sini yang dimaksud intuisi bukan intuisi dalam arti biasa, melainkan tindakan-tindakan pengetahuan yang lebih tinggi yang sungguh atau diandaikan mendekati kesiapan dan kepenuhan intuisi rohani. Pendekatan semacam ini kurang lebih terjadi dalam pemahaman kreatif mengenai hubungan-hubungan di antara hal-hal, khususnya kadang-kadang pendekatan ini terjadi dalam individu-individu yang mendapat karunia yang tinggi. Namun demikian, sebagian besar, intuisi ini mengandaikan keakraban dengan obyek dalam waktu lama dan melalui pertimbangan dan karenanya intuisi dibenarkan melalui pemikiran metodis dikaitkan irasionalisme.

    ReplyDelete
  14. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Intuisionisme yang berasal dari kata intuisi ini berarti pandangan filsafat mengenai intuisi itu sendiri. Intuisi adalah kemampuan manusia dalam berpendapat atau memandang sesuatu tanpa menggunakan pikiran yang rasional. Intuisi seseorang muncul karena pengalaman, atau seringnya menghadapi permasalahan, dan orang yang berintuisi akan menganggap intuisinya benar berdasarkan hati meski tidak dapat dijelaskan secara masuk akal. Seperti halnya dalam menghadapi permasalahan matematika yang sering dihadapi oleh peserta didik, terkadang intuisinya muncul dalam menyelesaikan permasalahan meski sulit jika dituntut alasan rasionalnya. Terlepas dari akibat intuisinya, yang penting niatnya adalah benar menggunakan intuisi tersebut. Bahkan matematikawan juga sering menggunakan intuisisnya karena pengalaman dalam menghadapi matematika.

    ReplyDelete
  15. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Intuisionisme adalah sistem etika yang tidak mengukur baik atau buruk sesuatu perbuatan berdasarkan hasilnya tetapi berdasarkan niat dalam melaksanakan perbuatan tersebut. Dalam bahasa Inggris Intuisionisme berasal kata Intuiton yang berarti manusia memliki gerak hati atau disebut hati nurani. Gerak hati mampu membuat manusia melihat suatu perkara benar atau salah, jahat atau baik. Intuisionisme juga merupakan suatu proses melihat dan memahami secara spontan dan intelek.

    ReplyDelete
  16. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Tokoh aliran intuisionisme adalah Henry Bergson(1859-1941).ia menganggap tidak hanya indra yang terbatas ,akan tetapi akal juga terbatas.objek-objek yang kita tangkap itu adalah objek yang selalu berubah.jadi,pengetahuan kita tentangnya tidak pernah tetap.intelek atau akal juga terbatas.akal hanya dapat memahami suatu objek bila ia mengonsentrasikan dirinya pada objek itu.jadi dalam hal seperti itu manusia tidak mengetahui keseluruhan,tidak juga dapat memahami sifat-sifat yang tetap pada objek.akal hanya mampu memahami bagian-bagian dari obyek,kemudian bagian-bagian itu di gabungkan oleh akal.itu tidak sama dengan pengetahuan menyeluruh tentang obyek itu. Intuisionisme tidak mengingkari nilai pengalaman indrawi yang biasa dan pengetahuan yang di simpulkan darinya.

    ReplyDelete
  17. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://plato.stanford.edu/entries/intuitionism/, Brouwer mengemukakan dua pengertian intuitionisme. Yang pertama mengatakan bahwa intuisi memisahkan matematika dari bahasa matematika dan karenanya dari fenomena bahasa yang digambarkan oleh logika teoritis, mengakui bahwa matematika intuisiistik adalah aktivitas pikiran yang pada dasarnya tidak ada lagi yang berawal dari persepsi perpindahan waktu. Persepsi tentang perpindahan waktu ini dapat digambarkan sebagai perpecahan dari momen kehidupan menjadi dua hal yang berbeda, salah satunya memberi jalan kepada yang lain, namun dipertahankan oleh ingatan. Jika ketiganya terlahir didivestasikan dari semua kualitas, ia lolos ke dalam bentuk kosong substratum umum dari semua dua orang. Dan inilah landasan umum, bentuk kosong ini, yang merupakan dasar intuisi matematika. Yang kedua, Brouwer mengatakan bahwa dua cara untuk menciptakan entitas matematika baru: pertama dalam bentuk yang kurang lebih bebas menjalankan urutan entitas matematika yang tak terbatas yang sebelumnya diperoleh ...; Kedua, dalam bentuk spesies matematis, yaitu sifat yang dapat diandalkan untuk entitas matematika yang sebelumnya diperoleh, memenuhi kondisi bahwa jika mereka memegang entitas matematis tertentu, mereka juga memegang semua entitas matematika yang telah didefinisikan sebagai "sama" dengannya ....

    ReplyDelete
  18. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Intuisionisme merupakan salah satu aliran dalam filsafat matematika yang menganggap bahwa intuisi murni dari berhitung merupakan titik tolak tentang matematika bilangan. Logika intuitionistic mencakup prinsip-prinsip penalaran logis yang digunakan oleh LEJ Brouwer dalam mengembangkan matematika intuitionistic nya, dimulai pada 1907. Disisi lain intuisi merupakan dorongan atau rasa yang muncul lebih didominasi dari hati dengan pikiran terhadap suatu kejadian yang akan terjadi atau sedang terjadi. Pikiran tidak dapat masuk untuk menelaah bagaimana intuisi tersebut bisa hadir didlam diri manusia.

    ReplyDelete
  19. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    In the philosophy of mathematics, intuitionism, or neointuitionism (opposed to preintuitionism), is an approach where mathematics is considered to be purely the result of the constructive mental activity of humans rather than the discovery of fundamental principles claimed to exist in an objective reality. That is, logic and mathematics are not considered analytic activities wherein deep properties of objective reality are revealed and applied but are instead considered the application of internally consistent methods used to realize more complex mental constructs, regardless of their possible independent existence in an objective reality.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Intuitionism

    ReplyDelete
  20. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Intuitionism adalah filosofi matematika yang diperkenalkan oleh matematikawan Belanda L.E.J. Brouwer (1881-1966). Intuisiisme didasarkan pada gagasan bahwa matematika adalah ciptaan pikiran. Kebenaran dari sebuah pernyataan matematis hanya dapat dipahami melalui konstruksi mental yang membuktikan hal itu benar, dan komunikasi antara matematikawan hanya berfungsi sebagai sarana untuk menciptakan proses mental yang sama dalam pikiran yang berbeda. Ketergantungan intuisi tepat waktu sangat penting, pernyataan dapat dibuktikan seiring bejalannya waktu dan oleh karena itu mungkin menjadi intuisi yang valid meski tidak pernah terjadi sebelumnya.

    ReplyDelete
  21. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dapat kita ketahui bahwa Intuisionisme merupakan salah satu aliran filsafat yang menganggap bahwa intiusi merupakan kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki oleh manusia. Intuisionisme merupakan sistem etika yang tidak mengukur baik atau buruknya suatu perbuatan berdasarkan hasilnya tetapi niat dalam melaksanakan perbuatan tersebut. Intuisi erat hubungannya dengan dunia matematika, karena matematika merupakan pola proses berpikir seseorang dalam menentukan pola hubungan, menyelesaikan masalah, penggunaan strategi, menggunakan logika dan mengkomunikasikan dalam bentuk matematis. Hal ini sangat memerlukan adanya intuisi, karena matematika yang sifatnya tidak semata-mata menghitung bilangan saja, Matematika memerlukan strategi untuk dapat menyelesaikannya. Untuk membangun intuisi yang baik dalam matematika harus disertai dengan pengalaman matematika yang baik pula.
    Dalam pembelajaran matematika, intuisi sangat berperan untuk bisa memahami struktur yang ada dalam matematika. Dimana intuisi sebagai modal dasar yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika.

    ReplyDelete
  22. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Intuisionism merupakan aliran yang memandang bahwa suatu pengetahuan diperoleh dari intuisi. Intuisi berarti suatu pikiran seseorang. Dalam filsafat matematika, dikenal istilah intuisi sebagai salah satu cara untuk memperoleh pengetahuan. Intuisi dikenalkan oleh filsuf yaitu Immanuel Kant. Dimana intuisi dianggap sebagai aktivitas mental manusia yang menghasilkan pengetahuan. Artinya, logika dan matematika tidak dianggap sebagai kegiatan analitik namun dianggap sebagai penerapan metode konsisten internal yang digunakan untuk mewujudkan konstruksi mental yang lebih kompleks.

    ReplyDelete
  23. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Untuk dapat menilai dan menentukan sesuatu secara langsung dengan menggunakan intuisi yang kita miliki. Intuisi sendiri berangkat dari konstruksi menta yang sudah tertanam dalam pikiran dan bawah sadar sehingga seringkali intuisi sendiri dianggap sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pikiran manusia.

    ReplyDelete
  24. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berbicara tentang intuitionism maka kita sering juga membahasa dan memebicarakan di artikel ataupu elegi-elegi sebelumnya. Sehingga alam filsafat matematika, intuisi, atau neointuitionism adalah pendekatan dimana matematika dianggap murni hasil dari aktivitas mental manusia yang konstruktif daripada penemuan prinsip-prinsip fundamental yang diklaim ada dalam realitas yang obyektif. Artinya, logika dan matematika tidak dianggap sebagai kegiatan analitik dimana sifat-sifat dalam realitas obyektif terungkap dan diterapkan namun dianggap sebagai penerapan metode konsisten internal yang digunakan untuk mewujudkan konstruksi mental yang lebih kompleks, terlepas dari kemungkinan keberadaan independen mereka dalam realitas yang obyektif. (https://en.wikipedia.org/wiki/Intuitionism )

    ReplyDelete
  25. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya mendapatkan pemahaman filsafat baru yaitu intuitionism. Dimana intuitionism ini berkaitan dengan ciptaan pikiran. Intuitionism ini juga dapat dipahami bahwa sangat menyimpang dari matematika klasik dalam konsepsi kontinum, yang di bekas pengaturan memiliki properti bahwa semua fungsi total di dalamnya adalah kontinu. Jadi, tidak seperti beberapa teori lain matematika konstruktif, intuitionism bukanlah pembatasan penalaran klasik bertentangan matematika klasik secara mendasar.

    ReplyDelete
  26. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Intuisionisme adalah suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. Intuisionisme adalah sistem etika yang tidak mengukur baik atau buruk sesuatu perbuatan berdasarkan hasilnya tetapi berdasarkan niat dalam melaksanakan perbuatan tersebut. Dalam bahasa Inggris, Intuisionisme berasal kata Intuiton yang berarti manusia memliki gerak hati atau disebut hati nurani. Gerak hati mampu membuat manusia melihat suatu perkara benar atau salah, jahat atau baik. Intuisionisme juga merupakan suatu proses melihat dan memahami secara spontan dan intelek.

    ReplyDelete
  27. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Intuisionisme adalah suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia yaitu intuisi. Intuisionisme dipelopori dan dipopulerkan oleh Henry Bergson (1859-1941). Menurutnya, intuisi merupakan suatu sarana untuk mengetahui secara langsung dan seketika. Unsur utama bagi pengetahuan adalah kemungkinan adanya suatu bentuk penghayatan langsung atau intuitif, di samping pengalaman oleh indera setidaknya dalam beberapa hal intuisionisme tidak mengingkari nilai pengalaman inderawi, kendati diakui bahwa pengetahuan yang sempurna adalah yang diperoleh melalui intuisi.

    ReplyDelete
  28. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Dalam bahasa inggris intusionisme berasal dari kata intuition yang berarti manusia memiliki gerak hati atau disebut hati nurani. Intuisionisme merupakan sistem etika yang tidak mengukur baik atau buruknya sessuatu perbuatan berdasarkan hasil namun berdasarkan niat dalam melaksanakan perbuatan tersebut.

    ReplyDelete
  29. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Menurut John M. Echols (1997:329) intuisionisme berasal dari perkataan Inggris yaitu intuition yang berarti intuisi. Intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; gerak hati. Gerak hati mampu membuat manusia melihat secara langsung suatu perkara benar atau salah, jahat atau baik, buruk atau baik secara moral. Ia dirujuk sebagai suatu proses melihat dan memahami masalah secara spontan juga merupakan satu proses melihat dan memahami suatu masalah secara intelek. Pengetahuan intuitif ini merupakan pengetahuan langsung tentang suatu hal tanpa melalui proses pemikiran rasional, namun kemampuan seperti ini bergantung kepada usaha manusia itu sendiri. Dengan demikian, yang dimaksud dengan intuisionisme adalah sistem etika yang tidak mengukur baik atau buruk suatu perbuatan berdasarkan hasilnya tetapi berdasarkan niat dalam melaksanakan perbuatan tersebut. Adapun, tokoh-tokoh aliran intuisionisme diantaranya Luitzen Egbertus Jan Brouwer (1881-1966), Arend Heyting (1898-1980), Sir Michael Anthony Eardly Dummett.

    ReplyDelete
  30. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Intuitionism diperkenalkan oleh matematikawan Belanda LEJ Brouwer (1881-1966). Intuitionism didasarkan pada gagasan bahwa matematika adalah ciptaan pikiran. Kebenaran dari pernyataan matematika hanya dapat dipahami melalui konstruksi mental yang membuktikan itu benar, dan komunikasi antara matematika hanya berfungsi sebagai sarana untuk menciptakan proses mental yang sama dalam pikiran yang berbeda. Dalam filosofi matematika, intuitionism merupakan pendekatan dimana matematika dianggap murni hasil dari aktivitas mental konstruktif manusia daripada penemuan prinsip-prinsip dasar yang ada dalam realitas objektif. Maksudnya bahwa logika dan matematika tidak dianggap sebagai kegiatan analitik dimana sifat mendalam realitas objektif yang terungkap dan diterapkan tetapi dianggap penerapan metode internal konsisten yang digunakan untuk mewujudkan konstruksi mental yang lebih kompleks, terlepas dari keberadaan independen mereka dalam realitas objektif.

    ReplyDelete
  31. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam elegi lain juga telah disebutkan bahwa intuisi merupakan pondasi epistemologi dari matematika. Membangun pengetahuan dan ilmu pengetahuan, salah satunya adalah dengan intuisi. Berangkat dari pengalaman, seseorang akan membentuk pengetahuannya untuk kemudian dengan menggunakan intuisi akan menghasilkan konsep dan pengetahuan. Termasuk proses analisis, berpikir adalah sebuah pengalaman dalam pemerolehan pengetahuan. Dalam link yang tertera diatas juga diterangkan mengenai intuisi moral. Beberapa filsuf mendefinisikan intuisi moral sebagai pandangan struktural yang ada. Ada banyak nilai atau persyaratan moral tanpa penyatuan atau rangking sistematis. Filsuf lain melihat intuisi moral sebagai pandangan metafisik bahwa sifat moral tidak alami.

    ReplyDelete
  32. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Intuisi merupakan salah satu kemampuan tingkat tinggi. Intuisi itu hidup, berkembang, dan mati. Hidup adalah intuisi, berkembang adalah intuisi, matipun intuisi. Ciri-ciri intuisi ialah jika kita tidak tahu kapan dan dimana mengertinya. Seperti besar kecil, tinggi rendah, cinta, kasih sayang, dll, itu semua merupakan intuisi. Intuisionisme juga ada di dalam matematika, yang diperkenalkan oleh matematikawan Belanda L.E.J. Brouwer (1881-1966). Di dalam matematika, intuisi sangat dibutuhkan untuk melatih kemampuan berpikir kristis dan kreatif. Immanuel Kant juga mengatakan bahwa matematika itu berkembang dari intuisi ruang dan waktu. Matematika untuk anak kecil merupakan pengetahuan intuitif.

    ReplyDelete
  33. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Diambil dari philosophybasics.com,

    Intuitionism adalah pendekatan dalam logika dan filsafast matematika yang menganggap matematika sebagai aktivitas mental konstruktif manusia. Dengan demikian, logika dan matematika tidak terdiri dari aktivitas analitik dimana sifat eksistensi dalam terungkap dan diterapkan, namun penerapannya adalah metode yang konsisten secara internal untuk mewujudkan konstruksi mental yang lebih kompleks.

    ReplyDelete
  34. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Intuisi merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Intuisi memanusiakan manusia. Manusia yang tidak mempunyai intuisi akan menjadi manusia yang hanya mengandalkan rasio, tanpa mempunyai perasaan, robot. Intuisi sudah dimiliki oleh manusia sejak kecil. Bahkan anak kecil belajarnya sebagian besar menggunakan intuisi. Oleh karena itu dalam pembelajaran matematika khususnya untuk siswa sekolah dasar dan menengah, guru harus memperhatikan intuisi siswa agar intuisi siswa tidak hilang.

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Dalam intuisisme, kebenaran sebuah pernyataan setara dengan perkataan matematikawan yang mampu menguraikan pernyataan tersebut, dan tidak harus sesuai dengan provokasinya. Hal ini membutuhkan penerapan logika intuisi (atau logika konstruktivis), yang mempertahankan justifikasi, bukan kebenaran, untuk proposisi yang diturunkan. Setiap objek matematis dianggap sebagai produk konstruksi pikiran, sehingga jika bisa dibangun maka benda itu ada. Oleh karena itu, Intuitionisme adalah berbagai Konstruktivisme Matematika karena menegaskan bahwa perlu ditemukan (atau "membangun") objek matematis untuk membuktikan bahwa benda itu ada.

    ReplyDelete
  37. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Intuitionism berasal dari bahasa Latin: intuitio yang berarti pemandangan. Intuitionism adalah suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi.

    ReplyDelete
  38. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Intuitionism merupakan sebuah teori meta-ethical yang menganggap bahwa moralitas memiliki fakta yang bernilai objektif. Nilai objektif yang ditekankan disini ditarik pada kondisi tiap–tiap manusia yang memiliki kesadaran intuitif (atau biasa disebut juga sebagai pengetahuan intuitif) namun value pada tiap–tiap kesadaran tersbeut dapat dievaluasi melalui putusan motif dari tindakan.

    ReplyDelete
  39. Intuitionism merupakan paham yang memiliki pandangan bahwa kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional atau pengalaman melalui panca indra dan intelektualitas. Suatu keputusan diambil tanpa melalui serangkaian pemikiran atau penyelidikan tetapi secara tiba-tiba diputuskan. Seperti memperoleh pemahaman secara tiba-tiba saja datangnya di luar kesadaran. Sehingga seringkali disama artikan bahwa intuisi merupakan kebenaran yang berasal dari hati.

    ReplyDelete