Dec 2, 2012

INTUITIONISM





 Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang INTUITIONISM, koneklah:











Wss Wr Wb
Marsigit

36 comments:

  1. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Intuisionisme ialah suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. Intuisi tidak dapat dilihat sebagai sesuatu yang nyata dan bisa dilihat jelas oleh mata, intuisi diartikan dengan bisikan hati, gerak hati atau daya batin untuk mengerti atau mengetahui sesuatu tidak dengan berpikir atau belajar. Sering kali sulit untuk membedakan antara intuisi dan firasat. Perbedaan intuisi dengan firasat atau feeling yaitu kata intuisi lebih banyak digunakan untuk hal-hal yang bersifat metafisika atau di luar jangkauan rasio, biasanya dipakai untuk menyebut indera keenam. Pada praktiknya intuisi muncul dalam bentuk pengetahuan yang tiba-tiba hadir dalam sadar tanpa melalui penalaran yang jelas, tidak analitik dan tidak selalu logis.

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Berdasarkan kajian filsafat matematika, intuisionism atau neointuisionism adalah suatu pendekatan dimana matematika dipertimbangkan menjadi hasil murni dari aktivitas konstruktivisme mental manusia, yang membuktikan sesuatu itu benar atau salah.Intuisionism juga mengakibatkan komunikasi yang tercipta antar matematikawan, yang berfungsi sebagai sarana dalam menciptakan proses mental yang sama dalam pikiran yang berbeda. Dan yang menjadi kesimpulan saya adalah Intuitionism didasarkan pada gagasan bahwa matematika adalah ciptaan pikiran yang didasari pada proses konstruktivisme mental.

    ReplyDelete
  3. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Dalam bahasa Inggris, Intuisionisme berasal dari kata Intuisi yang berarti gerak hati. Gerak hati atau disebut hati nurani antara manusia yang satu dengan manusia yang lain tentu saja berbeda. Dalam intuisionisme, baik atau buruk sesuatu perbuatan tidak diukur berdasarkan hasilnya tetapi berdasarkan niat seseorang dalam melaksanakan perbuatan tersebut. Hal ini berarti dalam melaksanakan perbuatan tertentu intuisi (gerak hati/hati nurani) yang berperan dalam pelaksanaan tersebebut. Intuisi berkaitan dengan pikiran terdalam manusia contohnya kita memikirkan suatu hal namun tidak mencapai suatu solusi, setelah kita beristirahat kemudia pikiran tersebut muncul beserta dengan solusinya. Intuisi adalah sikap belajar pada anak-anak. Setelah dewasa intuisi berkembang menjadi logika.

    ReplyDelete
  4. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Intuitionism menekankan pada kecenderungan untuk mengutamakan intuisi dalam pengetahuan manusia sebagai sumber yang paling lengkap. Secara epistemologi, pengetahuan intuitif berasal dari intuisi yang diperoleh melalui pengamatan langsung, tidak mengenai objek lahir melainkan mengenai kebenaran dan hakikat suatu objek. Intuisi merupakan sarana untuk mengetahui secara langsung dan seketika. Orang-orang yang menganut paham ini menganggap bahwa intuisi merupakan suatu jenis pengetahuan yang lebih tinggi. Intuisi dapat diartikan sebagai indera, tetapi tidak ada dalam struktur indera, sehingga sering disebut indera keenam yaitu indera yang lebih tinggi daripada indera yang lainnya. Biasanya aliran ini cenderung sangat anti-rasionalisme, anti-positivisme dan anti-materialis.

    ReplyDelete
  5. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Intuisionisme didasarkan pada gagasan bahwa matematika adalah ciptaan pikiran. Kebenaran dari pernyataan matematis hanya dapat dipahami melalui konstruksi mental yang membuktikan kebenarannya, dan komunikasi antara matematikawan hanya berfungsi sebagai sarana untuk menciptakan proses mental yang sama dalam pikiran yang berbeda. Ada dua tindakan intuisionisme. Pertama Sepenuhnya memisahkan matematika dari bahasa matematika dan karenanya dari fenomena bahasa yang dijelaskan oleh logika teoretis, mengakui bahwa matematika intuisionis pada dasarnya adalah kegiatan pikiran tanpa sadar yang memiliki asal-usulnya dalam persepsi pergerakan waktu. Tindakan kedua yaitu mengakui dua cara untuk menciptakan entitas matematika baru, pertama pertama dalam bentuk lebih atau kurang bebas melanjutkan urutan tak terbatas entitas matematika yang sebelumnya diperoleh dan kedua dalam bentuk spesies matematika, yaitu sifat-sifat yang dapat diambil untuk entitas matematika yang diperoleh sebelumnya.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  6. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Intuisi merupakan filsafat hidup, dalam hal ini intuisi merupakan sesuatu yang tidak terpengaruh oleh apapun yang mampu merenungkan dan memperluas objeknya. Intuisionisme merupakan aliran yang berbasis pada hati. Dalam perilakunya intuisi bergerak dengan hati, tanpa dipengaruhi oleh pikiran sehingga dalam beberapa kejadian sering dipandang sebagai sesuatu yang muncul secara tiba-tiba. Sumber intuisi adalah berbagai pengalaman yang ditangkap oleh hati sehingga kedepannya, hatilah yang perperan dalam berbagai masalah berkaitan dengan hal tersebut.
    Hati dipandang sebagai sebuah bagian bersih. Intuisi dipandang sebagai sesuatu yang utuh karena muncul tanpa melibatkan aspek pikiran yang kadang meracuni berbagai macam tindakan. Beraktifitas dengan basis intuisi maka kita akan dapat mengeksplorasi diri dengan lebih baik dan luas serta pengenalan terhadap diri sendiri menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, Intuisinisme berasal dari bahasa Latin yaitu intuitio yang berarti pemandangan. Intuisinisme adalah suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi . Para intusionis mengklaim bahwa matematika berasal dan berkembang di dalam pikiran manusia. Ketepatan dalil-dalil matematika tidak terletak pada simbol-simbol di atas kertas, tetapi terletak dalam akal pikiran manusia. Hukum-hukum matematika tidak ditemukan melalui pengamatan terhadap alam, tetapi mereka ditemukan dalam pikiran manusia.

    ReplyDelete
  10. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Intuitionism merupakan paham yang menekankan pada kecenderungan untuk mengutamakan intuisi. Intuisi merupakan kemampuan untuk memahami sesuatu spontan atau bisikan hati. Walaupun intuisi muncul secara spontan, namun intuisi juga tidak terjadi kepada semua orang karena intuisi muncul jika seseorang itu sudah berfikir keras mengenai suatu masalah. Apabila dikaitkan dengan pendidikan, intuisi memiliki peran penting dalam membangun pengetahuannya.

    ReplyDelete
  11. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Dalam bahasa Inggris Intuisionisme berasal kata Intuition yang berarti manusia memiliki gerak hati atau disebut hati nurani. Hati nurani inilah yang mampu membuat manusia melihat suatu hal bernilai benar atau salah, baik atau buruk. Dapat dikatakan , paham intuisionisme merupakan sistem etika yang tidak mengukur baik atau buruk sesuatu perbuatan berdasarkan hasil, namun lebih kepada niat yang mendasari perbuatan tersebut. Intuisionisme juga dapat melihat dan memahami sesuatu hal secara spontan dan intelek. Memang tidak diketahui secara jelas dan pasti terkait organ fiskal yang berkaitan dengan gerak hati (hati nurani) atau intuisi ini. Namun, beberapa filsuf menyebutkan jantung dan otak kanan merupakan organ fiskal yang menggerakan intuisi.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Ketika kita sepenuhnya sadar, bahwa kita tidak tahu, maka semuanya akan menjadi jelas. Inilah yang disebut sebagai ”pikiran tidak tahu”, yakni pikiran yang terbuka dan mungkin untuk beragam kemungkinan. Pikiran semacam ini jauh dari keyakinan akan kebenaran mutlak. Ketika kita hidup dengan ”pikiran tidak tahu ini”, maka intuisi kita secara tidak sadar akan terlatih. Intuisi adalah pengalaman langsung dengan kehidupan, tanpa bahasa dan tanpa konsep. Dengan kata lain, intuisi adalah pengalaman langsung dengan kehidupan, tanpa menggunakan pikiran.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  14. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Intuisionisme merupakan kata yang berasal dari bahasa Latin yaitu intuitio yang berarti pemandangan, dengan kata lain intuisionisme adalah suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki oleh manusia, yaitu intuisi. Tokoh aliran ini salah satunya dalah Henri Bergson. Paham Intuisionisme selalu berdebat dan bertentangan dengan paham rasionalisme, karena rasionalisme adalah paham yang menekankan pada akal, sehingga sangat berkebalikan dengan paham intuisionisme.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  15. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Intuisionisme secara etimologi berarti gerak hati, bisikan hati atau kemampuan memahami sesuatu tanpa harus dipikirkan. Berarti dapat diartikan secara terminologi, intuisionalisme adalah aliran atau paham yang mengutamakan intuisi atau gerak hai atau bisikan hati. Secara epistemologi, pengetahuan intuitif berasal dari intuisi yang diperoleh melalui pengamatan secara langsung, tidak mengenai objek lahir melainkan mengenai kebenaran dan hakikat suatu objek.

    ReplyDelete
  16. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Pelopor intuisionisme yaitu Henry Bergson (1859-1941). Menurutnya intuisi merupakan suatu sarana untuk mengetahui secara langsung dan seketika. Unsur utama bagi pengetahuan adalah kemungkinan adanya suatu bentuk penghayatan langsung (intuitif), di samping pengalaman oleh indera. Dalam intuisionisme tidak mengingkari nilai pengalaman inderawi, tetapi mengakui bahwa pengetahuan yang sempurna adalah yang diperoleh melalui intuisi.

    ReplyDelete
  17. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018


    Intuisi adalah aksi spontan. intuisi dibangun dari pengalaman-pengalaman dan pengetahuan-pengetahuan yangsudah didapat dan dihubungkan dalam keadaan baru sehingga menjadi suatu kegiatan yang spontan dilakukan. Dipengaruhi lingkungan, pengalaman dan lain lain. Intuisi mengembangkan kreatifitas siswa jika digabungkan dengan soal soal yang mendukung. Dalam pembelajaran matematika, intusisi diterapkan dalam pemecahan masalah, intuisi yang kuat dalam matematika dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan menghubungkansemua kompetensi yang sudah didapat untuk menyelesaikan permasalahan yang baru. Setiap orang mempunyai cara sendiri dalam menemukan solusi. Dan intuisi tidak sama dengan penalaran

    ReplyDelete
  18. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Intuitionism berasal dari bahasa Latin Intuitio yang berarti pemandangan. Yaitu suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki oleh manusia (Intuisi). Intuisionisme adalah sistem etika yang tidak mengukur baik atau buruk sesuatu perbuatan berdasarkan hasilnya tetapi berdasarkan niat dalam melaksanakan perbuatan tersebut. Intuitionism ini dikembangkan oleh Henri Bergson, Litzen Egbartus Jan Brouwer, Arend Heyting, dan Sir Michael Anthony Eardley Dummet. Intuisi merupakan pemikiran tingkat tinggi manusia yang dapat dilatih melalui banyak membaca dan berpikir kritis terhadap sesuatu sehingga mencapai suatu rasa atau etika tertentu. Intuisi dalam matematika ialah rasa terhadap matematika yang didapatkan melalui pemikiran yang logis, kritis, dan aktual.

    ReplyDelete
  19. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Intuisionisme adalah sistem etika yang tidak mengukur baik atau buruk sesuatu perbuatan berdasarkan hasilnya tetapi berdasarkan niat dalam melaksanakan perbuatan tersebut. Gerak hati mampu membuat manusia melihat suatu perkara benar atau salah, jahat atau baik. Intuisionisme juga merupakan suatu proses melihat dan memahami secara spontan dan intelek.

    ReplyDelete
  20. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Intuisionisme dalam bahasa yunani adalah suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. Intuisionisme berasal kata Intuiton yang berarti manusia memliki gerak hati atau disebut hati nurani. Intuisionisme dikembangkan oleh Henri Bergson di Barat. Namun, ia dipelopori oleh Luitzen Egbartus Jan Brouwer (1881-1966) yang berkebangsaaan Belanda. Aliran ini sejalan dengan falsafah umum yang dicetuskan oleh Immanuel Kant. terimakasih

    ReplyDelete
  21. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Intuisionisme adalah aliran filsafat dalam tradisi Kant bahwa semua pengetahuan manusia diawali oleh intuisi, menghasilkan konsep-konsep, dan diakhiri dengan ide-ide. Setidaknya untuk semua tujuan praktis, segala sesuatu, termasuk matematika, hanya ada dalam pikiran. L.E.J. Brouwer menyatakan bahwa matematika adalah kreasi pikiran manusia. Bilangan ibarat karakter dalam cerita dongeng, hanyalah entitas mental, yang tidak akan pernah ada, kecuali dalam pikiran manusia yang memikirkannya. Jadi, intuisionisme menolak keberadaan obyek-obyek dalam matematika. Aliran Intuisionisme tidak memandang kebenaran matematis sebagai struktur obyektif. Menurut aliran ini, matematika tidak akan dapat seluruhnya dilambangkan, berpikir matematis tidak tergantung pada bahasa tertentu yang digunakan untuk mengungkapkannya. Pengetahuan dari proses matematis haruslah sedemikian sehingga proses itu dapat diperluas hingga tak terbatas. Tesis aliran Intusionisme adalah matematika harus dibangun semata-mata atas dasar metode konstruktif finit (dalam sejumlah langkah yang hingga) dengan dasar barisan bilangan asli yang diketahui secara intuitif.

    ReplyDelete
  22. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Berdasar pada plato-stanford edu, Intuitionisme didasarkan pada gagasan bahwa matematika adalah ciptaan pikiran. Kebenaran pernyataan matematis hanya dapat dipahami melalui konstruksi mental yang membuktikannya benar, dan komunikasi antara matematikawan hanya berfungsi sebagai sarana untuk menciptakan proses mental yang sama di pikiran yang berbeda. Menurut Brouwer, matematika adalah a languageless creation of the mind. Dua sifat paling khas dari intuitionisme adalah prinsip-prinsip logis dari penalaran yang memungkinkan adanya bukti dan konsepsi penuh.

    ReplyDelete
  23. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada link ini dijelaskan intuisi sebagai kekuatan pikiran manusia yang sangat bermanfaat. Intuisi membantu kita memuat keputusan tanpa berpikir panjang. Intuisi membantu para ahli menemukan penemuan canggih mereka, dan hebatnya seringkali kebenaran intuisi ini akurat. Lebih lanjut dijelaskan bahwa syarat intuisi adalah pengalaman. Semakin banyak pengalaman dalam sebuah bidang, kemampuan intuitif kita dalam bidang tersebut semakin tinggi. Sebaliknya, semakin sedikit pengalaman kita dalam bidang itu, maka semakin rendah pula kemampuan intuitif kita dalam bidang tersebut.

    ReplyDelete
  24. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Intuitionism adalah filosofis matematika yang diperkenalkan oleh matematikawan LEJ Belanda Brouwer.
    Intuitionism didasarkan pada gagasan bahwa matematika adalah ciptaan pikiran. Kebenaran dari pernyataan matematika hanya dapat dipahami melalui kontruksi mental yang membuktikan itu benar, dan komunikasi antara matematika hanya berfungsi sebagai sarana untuk menciptakan proses mental yang sama dalam pikiran yang berebeda.

    ReplyDelete
  25. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Intuitionism berpandangan bahwa baik buruk suatu perbuatan bukan berdasarkan hasilnya, tetapi berdasarkan niat dari si pelaku. Tokoh dalam aliran ini adalah Henri Bergson. Bergson berpendapat bahwa intuisi adalah suatu sarana untuk mengetahui sesuatu secara langsung atau spontan.

    ReplyDelete
  26. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Intutionisme dalam filsafat matematika menekankan pada logika dan matematika tidak dianggap kegiatan analitik di mana sifat-sifat mendalam dari realitas objektif diungkapkan dan diterapkan tetapi sebaliknya dianggap sebagai penerapan metode yang konsisten secara internal yang digunakan untuk mewujudkan konstruksi mental yang lebih kompleks, terlepas dari kemungkinan keberadaannya yang independen dalam realitas objektif.

    ReplyDelete
  27. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Dalam filsafat matematika, intuitionism, atau neointuitionism adalah sebuah pendekatan di mana matematika dianggap murni hasil dari aktivitas mental manusia yang konstruktif daripada penemuan prinsip-prinsip dasar yang diklaim ada dalam realitas objektif. Artinya, logika dan matematika tidak dianggap kegiatan analitik di mana sifat-sifat mendalam dari realitas objektif diungkapkan dan diterapkan tetapi sebaliknya dianggap sebagai penerapan metode yang konsisten secara internal yang digunakan untuk mewujudkan konstruksi mental yang lebih kompleks, terlepas dari kemungkinan keberadaannya yang independen dalam realitas objektif.

    ReplyDelete
  28. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Intuisi adalah sumber pengetahuan dan pembenaran, demikian intuisionisme menempatkan intuisi dalam kegiatan berpikir. Hanya saja, intuisi tidak didasarkan pada pengalaman dan bersifat non analitik sehingga sering bercampur aduk dengan perasaan. Intuisi juga sering diasosiasikan dengan ilham atau inspirasi. Pengetahuan mungkin hadir melalui intuisi secara tiba-tiba, namun sesungguhnya intuisi muncul setelah seseorang berpikir maksimal dengan mengerahkan semua daya pikirnya namun masih menemui kebuntuan.

    ReplyDelete
  29. Mira Amalia Yudhanti
    19701251014
    S2 PEP A

    Intuisionism adalah sistem etika yang bukan menilai baik buruk seseorang berdasarkan apa yang dilakukannya tetapi berdasarkan niat dalam meelakukan perbuatan tersebut. Dalam bahasa Inggris Intuisionisme berasal kata Intuiton yang berarti manusia yang memliki hati nurani. Hati nurani ini mampu membuat seseorang melihat suatu perkara benar atau salah, jahat atau baik . Intuisionism juga merupakan suatu proses melihat dan memahami secara spontan dan logis.

    ReplyDelete
  30. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Dari sini saya memahami bahwa kemampuan dalam memecahkan persoalan adalah intuisi yang didapatkan dari pengalaman yang berulang. Intuisi terbentuk karena adanya struktur, dan struktur tersebut lahir dari pengulangan yang disebut pola. Sehingga kemampuan menyelesaikan persoalan seperti persoalan perhitungan matematika mudah dipecahkan ketika sudah tahu apa polanya. Jadi walaupun tingkatan atau level yang lebih tinggipun, mudah dipecahkan pula. Walaupun terdapat dasar definitif untuk pemecahan persoalan matematika seperti aljabar, dibalik itu ada hal yang lebih dasar lagi yaitu intuisi.

    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  31. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, Intuitionism didasarkan pada gagasan bahwa matematika adalah ciptaan pikiran. Kebenaran dari pernyataan matematika hanya dapat dipahami melalui konstruksi mental yang membuktikan itu benar, dan komunikasi antara matematika hanya berfungsi sebagai sarana untuk menciptakan proses mental yang sama dalam pikiran yang berbeda. Pandangan ini pada matematika telah jauh mencapai implikasi untuk praktek sehari-hari matematika. Dalam pandangan tersebut intuitionalisme digeneralkan menjadi Intuisionisme adalah suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. Terimakasih

    ReplyDelete
  32. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Instuisi merupakan sumber pemikiran, pengetahuan dan pembenaran yang didasarakan pada kontruksi mental manusia, dan tidak terlalu mementingkan prinsip dasar suatu fenomena. Intuisi juga dipengaruhi oleh hati Nurani seseorang. Pada awalnya intuisi berkaitan erat dengan matematika. Intuitionism didasarkan dari pemikiran bahwa matematika adalah buatan/ ciptaan pikiran. Kebenaran dalam statemen matematika hanya bisa dipahami melalui kosntuksi mental pikiran dan dibuktikan.

    ReplyDelete
  33. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Dalam filsafat matematika, intuitionism adalah suatu pendekatan di mana matematika dianggap murni hasil dari aktivitas mental manusia yang konstruktif daripada penemuan prinsip-prinsip dasar yang diklaim ada dalam realitas objektif. Artinya, logika dan matematika tidak dianggap sebagai kegiatan analitik di mana sifat-sifat mendalam dari realitas objektif diungkapkan dan diterapkan tetapi sebaliknya dianggap sebagai penerapan metode yang konsisten secara internal yang digunakan untuk mewujudkan konstruksi mental yang lebih kompleks, terlepas dari kemungkinan keberadaannya yang independen dalam realitas objektif. Intuitionism didasarkan pada gagasan bahwa matematika adalah ciptaan pikiran. Kebenaran pernyataan matematis hanya dapat dipahami melalui konstruksi mental yang membuktikannya benar, dan komunikasi antara matematikawan hanya berfungsi sebagai sarana untuk menciptakan proses mental yang sama di pikiran yang berbeda.

    ReplyDelete
  34. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Intuitionism atau neointuitionism adalah sebuah pendekatan dimana matematika dianggap murni hasil dari aktivitas mental manusia yang konstruktif daripada penemuan prinsip-prinsip dasar yang diklaim ada dalam realitas objektif. Artinya, logika dan matematika tidak dianggap sebagai kegiatan analitik di mana sifat-sifat mendalam dari realitas objektif diungkapkan dan diterapkan tetapi sebaliknya dianggap sebagai penerapan metode yang konsisten secara internal yang digunakan untuk mewujudkan konstruksi mental yang lebih kompleks, terlepas dari kemungkinan keberadaannya yang independen dalam realitas objektif.

    ReplyDelete
  35. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pend matematika D 2019

    Intuitionism adalah ideologi filsafat yang sangat erat hubungannya dengan intusi yaitu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki seseorang tapi dia tidak ingat sejak kapan dan bagaimana dia memperoleh pengetahuan dan keterampilan tersebut. Intuitionism merupaka filosofi matematika yang diperkenalkan oleh matematikawan Belanda LEJ Brouwer (1881-1966). Intuitionism didasarkan pada ide bahwa matematika merupakan ciptaan pikiran. Kebenaran pernyataan matematika hanya dapat dipahami melalui konstruksi mental yang membuktikan kebenaran dari pernyataan tersebut, dan komunikasi yang terjadi dalam matematika hanya berfungsi sebagai sarana untuk menciptakan proses mental yang sama dalam pikiran yang mungkin berbeda.

    ReplyDelete
  36. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete