Dec 2, 2012

INTUITIONISM





 Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang INTUITIONISM, koneklah:











Wss Wr Wb
Marsigit

31 comments:

  1. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Intuisi merupakan pengetahuan yang diperoleh tanpa melalui proses penalaran tertentu sehingga ia lebih bersifat personal dan tidak dapat diramalkan. Membangun pengetahuan adalah salah satu contoh penggunaan intuisi. Mulai dari pengalaman, seseorang akan membentuk pengetahuannya untuk kemudian dengan menggunakan intuisi akan menghasilkan konsep dan pengetahuan. Termasuk proses analisis, berpikir adalah sebuah pengalaman dalam pemerolehan pengetahuan.

    ReplyDelete
  2. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Intuisi, adalah sesuatu yang ada hanya dala pikiran kita. Terkadang biasa disebut dengan hati nurani. Bagaimana seseorang menanggapi sebuah pemikiran berdasarkan hati nuraninya, berdasarkan kemampuan intuisinya. Ketika seseorang mendapati suatu kejadian, secara spontan ia akan berpikir menggunakan perasaan dan hati nuraninya dalam menyikapi kejadian tersebut.

    ReplyDelete
  3. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Intuisionisme adalah sistem etika yang tidak mengukur baik atau buruk sesuatu perbuatan berdasarkan hasilnya tetapi berdasarkan niat dalam melaksanakan perbuatan tersebut.Intuisi menunjukkan kecenderungan untuk mengutamakan intusi dalam pengetahuan manusia. Intuitisme tidak mempertentangkan intusi logika.

    ReplyDelete
  4. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Kekhawatirannya terkait masalah intuisi takutnya salah menempatkan intuisi di dalam matematika.Kita menyadari bahwa intuisi berasal dari suatu pengalaman.Jadi otomotis dipahami bahwa intuisi di dalam matematika merupakan refleksi dari pangalaman sabelumnya dimana kebenarannya tanpa perlu mengetahui seluk beluk objek tersebut.Saya kembali lagi ingin mengutarakan bahwa mungkin matematika menempatkan intuisi pada wadah atau domain yang keliru . Nilai kebenaran ini telah terpenjara oleh suatu dogma dan terlanjur dikonsumsi oleh banyak orang.

    ReplyDelete
  5. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Intuisionisme merupakan suatu aliran filsafat yang meyakini adanya kemampuan tingakat tinggi dalam diri manusia yang biasa disebut intuisi. Intuisi dalam KBBI diartikan sebagai bisikan hati, gerakan hati ataupun daya batin untuk mengerti atau memahami sesuatu. Intuisi tidak diperoleh dengan cara belajar ataupun berpikir, namun lebih menekankan tentang apa yang diperoleh dari sebuah pengalaman.Meskipun intuisis datang secara tiba-tiba dan sejalan dengan pengalaman yang dimiliki, namun tidak semua orang mampu menggunakan intuisi dengan tepat, hanya orang yang berpikir dengan keraslah tentang permasalahan yang mungkin bisa memiliki intuisis yang tepat. Terima Kasih

    ReplyDelete
  6. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Berdasarkan link kedua, Intuisiisme adalah filosofi matematika yang diperkenalkan oleh matematikawan Belanda L.E.J. Brouwer (1881-1966). Intuisiisme didasarkan pada gagasan bahwa matematika adalah ciptaan pikiran. Kebenaran dari sebuah pernyataan matematis hanya dapat dipahami melalui konstruksi mental yang membuktikan hal itu benar, dan komunikasi antara matematikawan hanya berfungsi sebagai sarana untuk menciptakan proses mental yang sama dalam pikiran yang berbeda.

    ReplyDelete
  7. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa intuisionisme adalah pendekatan dalam filsafat matematika di mana matematika dianggap murni sebagai hasil aktivitas mental yang konstruktif dari manusia dan bukan hasil penemuan prinsip dasar yang diklaim terdapat pada realitas yang objektif.

    ReplyDelete
  8. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas dapat saya pahami bahwa intuisionisme merupakan proses mental yang bermula dari memahami dengan konteks intelektualitas yang kemudian dikembalikan lagi pada intuisi (hati nurani) sehingga penilaian tidak semata-mata berakhir pada hasil, tetapi juga proses mencapai hasil tersebut. Menurut Bergson, intuisi adalah suau sarana untuk mengetahui secara langsung dan seketika. Analisa, atau pengetahuan yang diperoleh dengan jalan pelukisan, tidak akan dapat menggantikan hasil pengenalan secara langsung dari pengetahuan intuitif. Dalam pembelajaran matematika intuisi mutlak diperlukan dalam prosesnya.

    ReplyDelete
  9. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Intuisionisme adalah suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. Tokoh aliran ini diantaranya adalah Henri Bergson. Salah satu tokoh dalam intuisionisme ialah Luitzen Egbartus Jan Brouwer. Menurut Brouwer, dasar dari Intuisionisme adalah pikiran.Matematika didefinisaikan oleh Brouwer sebagai aktivitas berfikir secara bebas, namun matematika adalah suatu aktivitas yang ditemukan dari intusi pada saat tertentu. Menurut pandangan intuisionisme tidak ada penentu kebenaran matematika di luar aktivitas berpikir.Brouwer mengungkapkan bahwa tiada kebenaran tanpa dilakukan pembuktian. Wassalamu’alaikum

    ReplyDelete
  10. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Tentu kita tidak asing lagi mendengar kata intuisi, termasuk saya. Namun tak banyak yang paham betul mengenai pengertian intuisi atau intuitionism sebagai pemikirannya. Beberapa ahli bahasa mengatakan bahwa secara bahasa, intuisionisme (berasal dari bahasa Latin, intuitio yang berarti pemandangan. Sedangkan ahli yang lain mengatakan bahwa intuisionisme, berasal dari perkataan Inggris yaitu intuition yang bermakna gerak hati atau disebut hati nurani. Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, intuisi diartikan dengan bisikan hati, gerak hati atau daya batin untuk mengerti atau mengetahui sesuatu tidak dengan berpikir atau belajar.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  11. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Intuisionisme dipelopori dan dipopulerkan oleh Henry Bergson (1859-1941). Intuisionisme sebagai ilmu pengetahuan menurutnya adalah sarana untuk mengetahui secara langsung dan seketika. Unsur utama bagi pengetahuan adalah kemungkinan adanya suatu bentuk penghayatan langsung (intuitif), di samping pengalaman oleh indera. Intuisionisme tidak mengingkari nilai pengalaman inderawi, meskipun menurut pandangan ini pengetahuan yang sempurna adalah yang diperoleh melalui intuisi.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  12. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Dalam filsafat matematika, intuisi adalah suatu pendekatan dimana matematika dianggap sebagai akibat aktivitas mental manusia yang konstruktif daripada penemuan prinsip-prinsip fundamental yang diklaim ada dalam realitas yang objektif. Artinya, logika dan matematika dianggap sebagap senerapan metode yang digunakan untuk mewujudkan konstruksi mental yang lebih kompleks. Dalam matematika sekolah, intuisi ini dianggap sebagai salah satu kemampuan penting yang harus dikembangkan. Intuisi ini dapat dikembangkan melalui aktivitas matematika yang memberikan pengalaman bermatematika kepada anak-anak.

    ReplyDelete
  13. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Intuisionisme ialah suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. Menurut kamus besar bahasa Indonesia intuisi dimaknai sebagai kemampuan untuk mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari. Dalam filsafat matematika intuisi adalah sebuah pendekatan dimana matematika dianggap sebagai hasil murni dari aktivitas mental manusia yang konstruktif daripada penemuan prinsip-prinsip fundamental yang diklaim ada dalam kenyataan obyektif. Artinya, logika dan matematika tidak dianggap sebagai kegiatan analitik dimana sifat realitas objektif yang dalam diungkapkan dan diterapkan namun dianggap sebagai penerapan metode konsisten internal yang digunakan untuk mewujudkan konstruksi mental yang lebih kompleks, terlepas dari kemungkinan keberadaan independen mereka dalam realitas yang obyektif.

    ReplyDelete
  14. Junianto
    PM C

    Intuisi menjadi hal yang sering diperbincangan. Intuisi bisa dikatakan sebagai segala sesuatu yang ada dalam pikiran dan menjadi dasar penalaran kita akan sesuatu hal secara spontan. Spontan dalam hal ini bisa terjadi karena kita sudah mempelajari dan memahami tentang hal itu sebelumnya sehingga ketika dimunculkan kembali respon otak kita menjadi cepat dan secar refleks. Intuisi dari masing-masing orang tentu berbeda-beda karena masing-masing orang punya pengetahuan dan cara belajar yang berbeda.

    ReplyDelete
  15. Latifah Fitriasari
    PM C

    Intuisionisme menunjukkan kecenderungan untuk mengutamakan intuisi dalam pengetahuan manusia. Intuisionisme tidak mengingkari nilai pengalaman indrawi yang biasa dan pengetahuan yang di simpulkan darinya. Dalam pandangan intuisionisme tidak ada realisme terhadap objek-objek dan tidak ada bahasa yang menjembatani dan mengklaim bahwa matematika berasal dan berkembang di dalam pikiran manusia. Ketepatan dalil-dalil matematika tidak terletak pada symbol-simbol di atas kertas.

    ReplyDelete
  16. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dalam filsafat matematika, intuisi adalah sebuah pendekatan di mana matematika dianggap murni akibat aktivitas mental manusia yang konstruktif daripada penemuan prinsip-prinsip fundamental yang diklaim ada dalam realitas yang obyektif. Artinya, logika dan matematika tidak dianggap sebagai kegiatan analitik dimana sifat realitas objektif yang dalam diungkapkan dan diterapkan namun dianggap sebagai penerapan metode konsisten internal yang digunakan untuk mewujudkan konstruksi mental yang lebih kompleks, terlepas dari kemungkinan keberadaan independen mereka dalam realitas yang obyektif.

    ReplyDelete
  17. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Menurut Bergson, intuisi adalah suau sarana untuk mengetahui secara langsung dan seketika. Intuisionism berbentrokan dengan rasionalism. Intuisi adalah suatu bentuk pemikiran akal, sebab pemikiran intuisi bersifat dinamis. Sedangkan menurut Henri Bergson, Intuisionism adalah suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi.

    ReplyDelete
  18. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Intuisi merupakan pengetahuan yang diperoleh tanpa harus menggunakan penalaran dan logika. Intuisi mempunyai ciri tidak tahu kapan dan dimana pengetahuan tersebut diingat atau dilupakan. Intuisi dapat berkembang seiring dengan pengalaman yang dimiliki oleh seseorang. Intuisi sangat berguna dalam sesmua segi kehidupan, termasuk dalam proses pemebelajaran matematika. Oleh karena itu, intuisi seseorang sebaiknya terus ditingkatkan dan dikembangkan dengan cara menambah pengalaman dan pengetahuan.

    ReplyDelete
  19. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Intuisi merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Intuisi memanusiakan manusia. Manusia yang tidak mempunyai intuisi akan menjadi manusia yang hanya mengandalkan rasio, tanpa mempunyai perasaan, robot. Intuisi sudah dimiliki oleh manusia sejak kecil. Bahkan anak kecil belajarnya sebagian besar menggunakan intuisi. Oleh karena itu dalam pembelajaran matematika khususnya untuk siswa sekolah dasar dan menengah, guru harus memperhatikan intuisi siswa agar intuisi siswa tidak hilang

    ReplyDelete
  20. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Memiliki sebuah intuisi ini akan membuat kemampuan kita akan berpikir dan memilih suatu keputusan itu secara cerdas. Seseorang dengan intusisi yang tajam akan memberikan dampak kepada kecerdasan mereka memutuskan suatu pilihan. Jika seseorang tidak memiliki intuisi dan tidak bisa mengambil keputusan dengan tegas, maka orang tersebut akan mudah terombang-ambing oleh pendapat orang lain yang sebenarnya bisa membuat diri mereka terperosok kepada ketidaknyamanan dalam kehidupan.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  21. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Intuisionisme adalah system etika yang tidak mengukur baik atau buruk suatu perbuatan berdasarkan hasilnya tetapi berdasarkan niat dalam melaksanakan perbuatan tersebut. Menurut John M. Echols (1997:329) intuisionisme berasal dari perkataan Inggris yaitu intuition yang artinya gerak hati. Maksudnya adalah bahwa manusia memiliki gerak hati atau disebut hati nurani. Gerak hati mampu membuat manusia melihat secara langsung suatu perkara benar atau salah, jahat atau baik, buruk atau baik secara moral. Pengetahuan intuitif ini merupakan pengetahuan langsung tentang suatu hal tanpa melalui proses pemikiran rasional. Namun kemampuan seperti ini bergantung kepada usaha manusia itu sendiri.

    ReplyDelete
  22. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Dalam filsafat matematika, intuitionism adalah suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yaitu intuisi. Berdasarkan sumber yang ada, tokoh aliran ini diantaranya dalah Henri Bergson. Intuisionism ini selalu berdebat dengan paham rasionalisme, yang lebih memandang sesuatu secara rasional dan beralasan. Berbeda halnya jika hanya menggunakan intuisi yang belum tentu kebenarannya.

    ReplyDelete
  23. Metia Novianti
    17709251021
    PPs PM A

    Sumber epistemologi dalam prespektif barat diklasifikasikan menjadi tiga yakni rasionalisme, empirisme, dan Intuisionisme. Intuisionisme diperkenalkan Henry Bergson (Henri-Louis Bergson). Intuisionisme, berasal dari bahasa Inggris: intuition, adalah pandangan bahwa manusia memiliki sebuah kacakapan, yang biasa disebut hati nurani, yang memampukan mereka untuk melihat secara langsung apa yang disebut benar atau salah, jahat atau baik secara moral. Secara epistemologi, intuisi adalah proses mengetahui secara langsung, bukan sekedar objek tapi kebenaran atau hakikat suatu objek.

    ReplyDelete
  24. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Intuitionism pertama kali dikenalkan oleh matematikawa Belanda L.E.J. Brouwer (1881-1966). Intuitionism didasarkan pada gagasan bahwa matematika adalah ciptaan pikiran. Kebenaran dari sebuah pernyataan matematis hanya dapat dipahami melalui konstruksi mental yang membuktikan hal itu benar dan komunikasi antara matematikawan hanya berfungsi sebagai sarana untuk menciptakan proses mental yang sama dalam pikiran yang berbeda.

    ReplyDelete
  25. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dalam filosofi matematika, intuitionism adalah sebuah pendekatan dimana matematika dianggap murni hasil dari aktivitas mental yang lebih mengkonstruktif manusia daripada penemuan prinsip-prinsip dasar. Artinya logika dan matematika tidak dianggap kegiatan analitik dimana sifat mendalam realitas obyektif yang terungkap dan diterapkan tetapimalah dianggap sebagai penerapan metode internal yang konsisten dan digunakan untuk mewujudkan konstruksi mental yang lebih kompleks.

    ReplyDelete
  26. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Logika intuisi terkadang dikenal juga dengan logika konstruktif, logika intuisi ini mengacu pada sistem logika simbolis yang berbeda dari sistem yang digunakan untuk logika klasik dengan lebih dekat mencerminkan konsep bukti konstruktif. Sistem logika intuisi secara khusus tidak memasukkan hukum eliminasi negasi dan double eliminasi negasi, yang merupakan aturan inferensi mendasar dalam logika klasik.
    Logika intuisi merupakan salah satu bagian dari pendekatan konstruktivisme dalam matematika. Penggunaan logika konstruktivisme pada umumnya menadi topik kotroversial dikalangan ahli matematika dan filsuf misalnya kontroversi Brouwer.

    ReplyDelete
  27. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb
    Intuitionism adalah paham dimana seseorang mempunyai pemikiran tingkat tinggi. Intuisiisme dalam filosofi matematika didasarkan pada gagasan bahwa matematika adalah ciptaan pikiran. Paham intuitionism membahas mengenai kemampuan matematis. Setiap orang memiliki tingkat pemikiran yang berbeda-beda. Intuitionisme berasal dari kata intuisi yaitu istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Biasanya intuisi merupakan kecerdasan spontan, dimana ketika seseorang memiliki kecerdasan intuisi maka seseorang itu akan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi secara spontan, tanpa berfikir panjang tentang kebenaran dari jawaban yang diberikan.

    ReplyDelete
  28. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Intuisionisme memandang hidup sebagai sebuah intuisi. Intuisi sendiri dapat dimaknai sebagai kemampuan manusia dalam berpendapat atau meilihat segala sesuatu sesuatu tanpa menggunakan pikiran yang rasional. Intuisi muncul dari pengalaman hidup, dari pengalaman dari menghadapi dan menyelesaikan masalah, dari sana seseorang akan dapat melakukan hal yang sama dilain waktu secara otomatis. Begitulah hidup, terus mengalir demikian menurut pandangan intuisionisme.

    ReplyDelete
  29. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Intuism adalah paham yang menganggap bahwa intuisi atau naluri adalah sumber pengetahuan dan kebenaran. Intuisi termasuk dalam kegiatan berpikir spontan yang tidak mempertimbangkan penealaran. Sehingga, intuisi merupakan pikiran yang non analitik dan tidak didasarkan oleh pola berpikir tertentu. Bahkan kadang-kadang, intuisi sering dipengaruhi oleh perasaan. Terimakasih

    ReplyDelete
  30. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Kadangkala, kita dapat menilai dan menentukan sesuatu secara langsung dengan menggunakan intuisi yang kita miliki. Kemampuan ini bukan tanpa dasar yang jelas. Intuisi berangkat dari kontruksi mental yang sudah tertanam dalam pikiran dan alam bawah sadar sehingga seringkali intuisi dianggap sebagai bagian yang tidak dapat terpisahkan dari manusia dan segala yang ia pikirkan.

    ReplyDelete
  31. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Dalam pembelajaran matematika dikenal dua tipe kecerdasan siswa yaitu intuitif dan reflektif. Siswa yang intuitif biasanya lebih menonjol kepintarannya dibanding siswa yang reflektif. Siswa intuitif sudah mempunyai fondasi yang kuat terhadap suatu materi atau punya pengalaman lebih pada materi tertentu, sehingga mereka dalam pembelajaran akan antusias karena memang sudah paham.

    ReplyDelete