Dec 2, 2012

INTUITIONISM





 Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang INTUITIONISM, koneklah:











Wss Wr Wb
Marsigit

12 comments:

  1. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Intuitionism merupakan sebuah teori meta-ethical yang menganggap bahwa moralitas memiliki fakta yang bernilai objektif. Nilai objektif yang ditekankan disini ditarik pada kondisi tiap–tiap manusia yang memiliki kesadaran intuitif (atau biasa disebut juga sebagai pengetahuan intuitif) namun value pada tiap–tiap kesadaran tersbeut dapat dievaluasi melalui putusan motif dari tindakan.

    ReplyDelete
  2. Intuitionism merupakan paham yang memiliki pandangan bahwa kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional atau pengalaman melalui panca indra dan intelektualitas. Suatu keputusan diambil tanpa melalui serangkaian pemikiran atau penyelidikan tetapi secara tiba-tiba diputuskan. Seperti memperoleh pemahaman secara tiba-tiba saja datangnya di luar kesadaran. Sehingga seringkali disama artikan bahwa intuisi merupakan kebenaran yang berasal dari hati.

    ReplyDelete
  3. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Intuisi merupakan sarana untuk mengetahui secara langsung dan seketika tentang matematika, intuitioism menyatakan bahwa matematika mengandalkan intuisi dalam mengkaji dan memahami matematika. Intuisi bersifat personal dan tidak dapat diramalkan. Menurut J Brouwer Matematika adalah sama dengan bagian eksak dari pemikiran manusia. Intuisi pada hakekatnya merupakan dasar suatu aktifitas berpikir yang tergantung pada pengalaman, bebas dari bahasa, dan simbolisme serta bersifat objektif.

    ReplyDelete
  4. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    S2 PM A

    Intuitionism merupakan suatu aliran filsafat yang menganggap adanya satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia, yang berup intuisi. Tokoh aliran ini diantaranya dalah Henri Bergson. Aliran Intuisionisme selalu bertentangan atau kontradiksi dengan paham rasionalisme yang mengandalkan akal dalam segala hal yang terjadi. Ukuran benar salahnya terletak pada niat dalam melakukan perbuatan tersebut. Intuisi juga berperan dalam pembelajaran, salah satunya matematika. Perntingnya intuisi dalam pembelajaran matematika dapat menentukan perilaku anak/ siswa dalam ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  5. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Intuitionism istilah psikologi dan filsafat untuk suatu proses pemahaman dan persepsi terhadap suatu fakta aktual. Kata intuisionism merupakan suatu sistem dalam filsafat yang menganggap intuisi sebagai suatu proses mendasar untuk memperoleh pengetahuan. Intuisi sebagai unsur dalam metode pendidikan diartikan sebagai cara memahami pengetahuan melalui sesuatu yang konkret, eksperimental, atau secara intelektual. perkembangan intuisi seseorang dipengaruhi oleh tingkat keahlianya di bidang tertentu. Secara kualitatif terdapat dua jenis intuisi, yaitu intuisi yang belum matang (Immature intuition) dan intuisi yang sudah matang (mature intuition). Intuisi yang belum matang sering dijumpai ketika seseorang masih berada pada tahap pemula dibidang tertentu, dimana pengetahuan analitiknya belum banyak mencampuri kemampuannya dalam menemukan wawasan-wawasan baru. Sedangkan intuisi yang sudah matang kebanyakan muncul ketika seseorang sudah mencapai keahliannya di bidang tertentu dengan modal struktur pengetahuan relevan yang sudah terbentuk dengan baik.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, Intuitionism adalah ideologi filsafat yang sangat erat hubungannya dengan intusi yaitu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki seseorang tapi dia tidak ingat sejak kapan dan bagaimana dia memperoleh pengetahuan dan keterampilan tersebut. Intuitionism merupaka filosofi matematika yang diperkenalkan oleh matematikawan Belanda LEJ Brouwer (1881-1966). Intuitionism didasarkan pada ide bahwa matematika merupakan ciptaan pikiran. Kebenaran pernyataan matematika hanya dapat dipahami melalui konstruksi mental yang membuktikan kebenaran dari pernyataan tersebut, dan komunikasi yang terjadi dalam matematika hanya berfungsi sebagai sarana untuk menciptakan proses mental yang sama dalam pikiran yang mungkin berbeda.

    ReplyDelete
  7. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof atas ilmu ilmu yang dibagikan
    Dalam pemahaman saya saat ini, Intuitionism adalah salah satu paham yang di dalamnya dihidupi oleh intuisi-intuisi. Intuisi sendiri merupakan kemampuan berpikir yang diperoleh tanpa melalui pengalaman fisik yang melibatkan panca indera. Intuisi bisa dibilang muncul tanpa sebab. Intuisi adalah penting dalam kehidupan ini, karena dengan berintuisi berarti kita telah memiliki cara berpikir yang tingkat tinggi. "Orang yang intuisinya tidak berfungsi dengan baik, maka hidupnya tidaklah efektif". Pernyataaan tersebut, adalah salah satu "materi penting" yang hingga saat ini terus saya renungkan. Begitu pentingnya intuisi.

    ReplyDelete
  8. Muhammad sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Intuisi merupakan pengetahuan tidak kita ketahu darimana, kapan dan dimana kita mengetahuinya. didalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dituliskan intuisi /in·tu·i·si/ berarti daya atau kemampuan mengetahui atau mema-hami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati. orang yang memiliki intuisi yang kuat cendrung lebih cepat menyelesaikan sebuah maslah, jika dikaitkan dengan dunia pendidikan dapat disimpulkan maka seorang yang memiliki intuisi yang kuat mengenai suatu bidang tertentu (misalnya intuisi matematis) maka dia kan lebih cepat memahami bidang tersebut (pelajaran matematika).

    ReplyDelete
  9. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Intuisi adalah aksi spontan. intuisi dibangun dari pengalaman-pengalaman dan pengetahuan-pengetahuan yangsudah didapat dan dihubungkan dalam keadaan baru sehingga menjadi suatu kegiatan yang spontan dilakukan. Dipengaruhi lingkungan, pengalaman dan lain lain. Intuisi mengembangkan kreatifitas siswa jika digabungkan dengan soal soal yang mendukung. Dalam pembelajaran matematika, intusisi diterapkan dalam pemecahan masalah, intuisi yang kuat dalam matematika dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan menghubungkansemua kompetensi yang sudah didapat untuk menyelesaikan permasalahan yang baru. Setiap orang mempunyai cara sendiri dalam menemukan solusi. Dan intuisi tidak sama dengan penalaran.

    ReplyDelete
  10. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P. Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. Intuisi selalu diperdebatkan dengan rasionalitas bahkan dianggap melampaui rasionalitas. Intuisi selalu dikaitkan dengan hati nurani. Dalam ilmu etika, hati nurani sering dianalogikan sebagai suara Tuhan sebab konon katanya hati nurani selalu berkata jujur dan benar. Manifestasi suara hati nurani dalam bentuk praktik dalam kehidupan sehari-hari mungkin dapat dikatakan sebagai perwujudan dari kecerdasan intuitif. Jarang manusia bisa menacapai kecerdasaan itu. Dalam islam, hanya orang-orang terpilih misalnya Nabi dan Rasul melalui mukjisatnya atau ulama-ulama dengan karumahnya. Tapi sebagai manusia, tentunya kita selalu berusaha menjadi insan yang berani mengatakan kebenaran meskipun itu pahit. Wallahualam bi shawab.

    ReplyDelete
  11. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Intuitionism menekankan pada kecenderungan untuk mengutamakan intuisi dalam pengetahuan manusia sebagai sumber yang paling lengkap. Secara epistemologi, pengetahuan intuitif berasal dari intuisi yang diperoleh melalui pengamatan langsung, tidak mengenai objek lahir melainkan mengenai kebenaran dan hakikat suatu objek. Intuisi merupakan sarana untuk mengetahui secara langsung dan seketika. Orang-orang yang menganut paham ini menganggap bahwa intuisi merupakan suatu jenis pengetahuan yang lebih tinggi. Intuisi dapat diartikan sebagai indera, tetapi tidak ada dalam struktur indera, sehingga sering disebut indera keenam yaitu indera yang lebih tinggi daripada indera yang lainnya. Biasanya aliran ini cenderung sangat anti-rasionalisme, anti-positivisme dan anti-materialis.

    ReplyDelete
  12. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Intuisi dapat dimaknai salah satu jenis pengetahuan selaun reflektif dimana siswa tidak tahu kapan, di mana, dan bagaimana pengetahuan tersebut berasal. Pengetahuan intuisi diperlukan bagi siswa dan setiap pengetahuan intuisi siswa yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Hal tersebut tergantung pada pengalaman yang dimiliki siswa tersebut. Oleh karena itu pengalaman matematika merupakan salah satu hal yang penting. Oleh karena itu pada pendekatan teacher center intuisi akan sulit untuk berkembang karena guru akan sulit untuk memberikan pengalaman kepada siswa. Semua berpusat pada guru. Namun apabila pendekatan menggunakan student center akan membuat siswa lebih banyak memiliki pengalamannya sehingga akan semakin mudah mengembangkan cara berpikir ituisinya.

    ReplyDelete