Dec 1, 2012

NATURALISM

Ass Wr Wb
Jika ingin mambaca labih lanjut tentang NATURALISM, silahkan konek berikut:











Wss Wr Wb
Marsigit





32 comments:

  1. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Dari bacaan di atas saya menangkap bahwa naturalisme merupakan paham yang melabuhkan kepercayaan atau keyakinan pada alam sepenuhnya.Menurut hukum naturalis yang memegang kendali struktur dan prilaku yaitu alam itu sendiri .Dan perubahan alam setiap waktu merupakan hasil dari suatu aturan yang ada.Naturlisme terbagi menjadi dua yaitu naturalisme metodologi dan naturalisme metafisik.Yang saya pahami naturalism metodologi merupakan suatu keyakinan yang tidak berdasar pada kebenaran absolut sedangkan kebenaran metafisik merupakan kepercayaan yang mempunyai unsur prinsip dan hubungan yang terjalin secara alami oleh ilmu alam.Di sisi lain naturalism metodologi mengacu pada metodologi sains yang dipahami sebagai kebenaran yang berdasarkan asumsi umum

    ReplyDelete
  2. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Dari bacaan di atas saya menangkap bahwa naturalisme merupakan paham yang melabuhkan kepercayaan atau keyakinan pada alam sepenuhnya.Menurut hukum naturalis yang memegang kendali struktur dan prilaku yaitu alam itu sendiri .Dan perubahan alam setiap waktu merupakan hasil dari suatu aturan yang ada.Naturlisme terbagi menjadi dua yaitu naturalisme metodologi dan naturalisme metafisik.Yang saya pahami naturalism metodologi merupakan suatu keyakinan yang tidak berdasar pada kebenaran absolut sedangkan kebenaran metafisik merupakan kepercayaan yang mempunyai unsur prinsip dan hubungan yang terjalin secara alami oleh ilmu alam.Di sisi lain naturalism metodologi mengacu pada metodologi sains yang dipahami sebagai kebenaran yang berdasarkan asumsi umum

    ReplyDelete
  3. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    NATURALISME merupakan teori yang memandang alam sebagai keseluruhan realitas. Istilah “nature” dalam filsafat memiliki bermacam-macam arti, mulai dari dunia fisik yang dapat dilihat oleh manusia, sampai kepada sistem total dari fenomena ruang dan waktu. Dalam pembelajaran, naturalisme mendorong anak untuk belajar melalui pengalamannya sendiri yang kemudian membentuk pengalaman dan pertumbuhan secara alami. Dalam hal ini tugas pendidik adalah menjaga iklim lingkungan belajar yang sehat dan menyenangkan bagi anak.

    ReplyDelete
  4. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Naturalisme disebut sebagai Paham Alami maksudnya adalah bahwa setiap manusia yang terlahir ke bumi ini pada dasarnya memiliki kecenderungan atau pembawaan yang baik, dan tak ada seorangpun terlahir dengan pembawaan yang buruk.Menurut naturalisme, alam itu berdiri sendiri menurut aturannya, menurut sebab dan musabab alam itu sendiri. Alam tidak bergantung pada kegiatan yang gaib atau suranatural. Jadi, menurut paham naturalis ini masa depan ditentukan mulai sekarang sesuai dnegan hukum-hukum alam yang tidak berubah-rubah itu.

    ReplyDelete
  5. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Naturalism merupakan teori yang menerima alam sebagai keseluruhan realitas. Istilah Naturalisme adalah sebaliknya dari istilah supernaturalisme yang mengandung pandangan dualistik terhadap alam dengan adanya kekuatan yang ada (wujud) diatas atau diluar alam (Harold H. Titus e.al. 1984). Naturalisme terbagi menjadi dua posisi filsafat (1) Naturalisme metodologis (ilmiah) yang berfokus pada epistemologi, (2) Naturalisme metafisika (ontologis/filosofis) yang berfokus pada ontologi. Gagasan dan asumsi mengenai naturalisme filosofis pertama kali ditemui pada karya filsuf-filsuf pra Socrates

    ReplyDelete
  6. 1. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Naturalistika merupakan gagasan dan keyakinan yang menerima bahwa hukum alamlah yang dapat beroperasi di dunia ini. Aliran filsafat ini bertentangan dengan supernaturalisme yang mengandung pandangan dualistic terhadap alam dengan adanya kekuatan yang ada (wujud) di atas atau diluar (Harold H. e. al. 1984). Istilah filsafat naturalisme sering kali digunakan pada pendidikan. pendidikan naturalism memandang bahwa pelayanan pendidikan kepada siswa harus di sesuaikan dengan perkembangan alam manusia dan kemampuan berpikirnya. Terima Kasih

    ReplyDelete
  7. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Mungkin kita tidak asing dengan kata “Natural”. Sepemahaman saya natural berarti apa adanya, tidak dibuat-buat. Jujur pada keadaan yang sedang dialami dan yang terjadi selain itu benar sesuai dengan kondisi. Sedangkan Naturalisme berarti teori yang menerima alam sebagai keseluruhan realitas. Aliran ini dipelopori oleh J.J Rosseau, filsuf Perancis yang hidup pada tahun 1712-1778. Rosseau berpendapat bahwa semua anak baru dilahirkan mempunyai pembawaan baik.

    ReplyDelete
  8. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa naturalisme adalah gagasan atau kepercayaan bahwa hanya hukum dan kekuatan alam (dan bukan supernatural atau spiritual) yang berlaku di dunia. Para naturalis percaya bahwa hukum alam mengatur struktur dan perilaku semesta alam, dan perubahan semesta di setiap fasenya merupakan akibat dari hukum alam tersebut.

    ReplyDelete
  9. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Naturalisme adalah keyakinan bahwa hanya hukum alam dan natural forces yang berlaku di dunia. Para naturalis menegaskan bahwa hukum alam adalah aturan yang mengatur struktur dan perilaku dari alam semesta, bahwa perubahan alam semesta pada setiap tahap merupakan hasil darihukum tersebut. Naturalisme secara intuitif dipisahkan menjadi komponen ontologis dan metodologis. Naturalisme metodologis yang berfokus pada epistemologi, sedangkan naturalisme ontologis yang berfokus pada ontologi. Wassalamualaikum

    ReplyDelete
  10. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link http://en.wikipedia.org/wiki/Naturalism_%28philosophy%29 yang diberikan diatas, Naturalisme adalah keyakinan filosofis bahwa segala sesuatu muncul dari sifat alami dan penyebab, dan penjelasan supranatural atau spiritual yang dikecualikan. Penganut naturalisme (yaitu, naturalis) menyatakan bahwa hukum-hukum alam adalah aturan yang mengatur struktur dan perilaku dari alam semesta, bahwa alam semesta berubah pada setiap tahap merupakan produk hukum tersebut. Naturalisme intuitif dapat dipisahkan menjadi metafisik dan komponen metodologis.Metafisik di sini merujuk pada studi filosofis tentang hakikat realitas. Beberapa filsuf menyamakan naturalisme dengan materialisme. Sebagai contoh, filsuf Paul Kurtz berpendapat bahwa alam paling diperhitungkan dengan mengacu pada prinsip-prinsip material. Prinsip-prinsip ini meliputi massa, energi, dan sifat fisik dan kimia lainnya diterima oleh komunitas ilmiah. Selanjutnya, hal ini naturalisme menyatakan bahwa roh, dewa, hantu dan tidak nyata dan bahwa tidak ada "tujuan" di alam. Seperti keyakinan mutlak dalam naturalisme sering disebut naturalisme sebagai metafisik.

    ReplyDelete
  11. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Naturalisme merupakan suatu gagasan atau keyakinan bahwa hanya hukum dan kekuatan alamiah (berlawanan dengan supranautral atau spiritual) yang beroperasi di dunia (https://en.wikipedia.org/wiki/Naturalism_%28philosophy%29). Naturalisme ini dapat dipahami sebagai suatu paham yang mengagungkan kekuatan alam. Paham naturalisme ini tidak mempercayai adanya roh, dan kehidupan lain selain yang ada di dunia yang kita lihat.

    ReplyDelete
  12. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Melalui bacaan dalam link tersebut dapat saya simpulkan bahwa dalam filsafat naturalisme didefinisikan sebagai gagasan atau keyakinan bahwa hanya hukum dan kekuatan alamiah yang beroperasi di dunia. Pengikut aliran naturalisme menyatakan bahwa hukum alam adalah peraturan yang mengatur struktur dan perilaku alam semesta, bahwa alam semesta yang berubah pada setiap tahap adalah hasil dari hukum tersebut.

    ReplyDelete
  13. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Naturalism adalah sebuah paham yang mempercayai bahwa segala sesuatu bergantung dengan hukum alam, segala sesuatu berasal dari alam. Dalam filosopinya naturalisme mempunyai paham yang bertolak belakang dengan epistemologi, etika, filsafat pikiran, filsafat bahasa, atau bidang lainnya. Karena naturalisme secara tradisional dipahami tidak terformulasikan dengan baik dan dapat dipecahkan atau dipindahkan oleh metode naturalistik yang tepat.

    ReplyDelete
  14. Junianto
    PM C

    Naturalism memiliki pandangan bahwa hukum alam lah yang berlaku di dunia. Alam dianggap sebagai konsep yang paling sempurna untuk dijadikan sebuah hukum karena sesuatu yang alamiah sudah menjadi sunatullah. Ketika alam ini tercipta maka hukum alam/ naturalis juga tercipta secara alami. Berbeda dengan hukum yang di buat manusia sendiri dan rawan akan kepentingan dan merugikan orang lain.

    ReplyDelete
  15. PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan referensi filsafat naturalisme yang saya baca, naturalisme merupakan teori yang menerima “nature” (alam) sebagai keseluruhan realitas. Istilah “nature” sendiri telah dipakai dalam filsafat dalam bermacam-macam arti, mulai dari dunia fisik yang dapat dilihat oleh manusia sampai sistem total dari fenomena ruang dan waktu. Dalam istilah lain, natura adalah dunia yang diungkapkan kepada kita oleh sains alam. Istilah naturalisme adalah kebalikan dari istilah supernaturalisme yang mengandung pandangan dualistik terhadap alam dengan adanya kekuatan yang ada (wujud) di atas atau di luar alam ( Harold H. Titus e.al. 1984).
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  16. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Dari segi bahasa, Naturalisme berasal dari 2 kata, yakni natural yang berarti alami dan isme yang berarti paham. Sehingga, aliran naturalisme dapat juga disebut sebagai pemahaman alami. Maksudnya, bahwa setiap manusia yang terlahir ke bumi ini pada dasarnya memiliki kecenderungan atau pembawaan yang baik dan tidak ada seorangpun yang terlahir dengan pembawaan yang buruk. Sehingga apabila ada orang yang memiliki sifat buruk itu karena faktor lingkungan luar darinya yang mempengaruhi perkembangannya baik fisik maupun psikisnya.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  17. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C
    Naturalisme dalam teology memiliki arti ilmu alam guna memahami ketuhanan. Naturalisme juga merupakan teori yang menerima “nature” (alam) sebagai keseluruhan realitas. Istilah nature telah dipakai dalam filsafat dengan bermacam-macam arti, mulai dari dunia fisik yang dapat dilihat oleh manusia, sampai kepada sistem total dari fenomena ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  18. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Naturalisme berasal dari dua kata natur yang berarti alam dan isme yang berarti pusatnya. Sehingga bisa berati pusatnya adalah alam. Naturalisme juga berupa paham. Pada paham naturalism Yang menjadi ukuran baik atau buruk atau benar salah adalah :”apakah sesuai dengan keadaan alam”, apabila sesuai dengan alam maka itu dikatakan baik, sedangkan apabila tidak sesuai dengan alam dipandang buruk. Naturalisme berarti berada di dunia bawah. Artinya yang dapat terlihat.

    ReplyDelete
  19. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Naturalisme berasal dari dua kata, “Natural” artinya “Alami” dan “Isme” artinya “Paham”. Aliran naturalisme dapat juga disebut sebagai “Paham Alami”. Maksudnya, bahwa setiap manusia yang terlahir ke bumi ini pada dasarnya memiliki kecenderungan atau pembawaan yang baik dan tak ada seorangpun terlahir dengan pembawaan yang buruk. Naturalisme lahir pada abad ke-17 dan mengalami perkembangan pada abad ke-18. Naturalisme berkembang dengan cepat di bidang sains. Ia berpandangan bahwa “Learned heavily on the knowledge reported by man’s sense” (pembelajaran yang hebat dalam ilmu pengetahuan berasal dari akal pikiran manusia). Naturalisme dalam filsafat pendidikan mengajarkan bahwa guru paling alamiah dari seorang anak adalah kedua orang tuanya. Oleh karena itu, pendidikan bagi naturalis dimulai jauh hari sebelum anak lahir.

    ReplyDelete
  20. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Naturalisme adalah sebuah pendekatan untuk masalah filosofis yang menafsirkan bahwa sebagai pengajaran harus dengan melalui metode ilmu-ilmu empiris. Naturalisme adalah kebalikan dari dari istilah supernaturalisme yang mengandung pandangan dualistik terhadap alam dengan adanya kekuatan atau ada (wujud) di atas atau di luar alam.

    ReplyDelete
  21. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Naturalisme adalah pendekatan terhadap masalah filosofis yang menafsirkannya sebagai penurut melalui metode sains empiris atau setidaknya, tanpa sebuah proyek apriori yang khas. Dalam filsafat, naturalisme adalah gagasan atau keyakinan bahwa hanya hukum dan kekuatan alamiah (berlawanan dengan supranatural atau spiritual) yang beroperasi di dunia. Penganutnya menyatakan bahwa hukum alam adalah peraturan yang mengatur struktur dan tingkah laku alam semesta, bahwa alam semesta yang berubah di setiap tahap adalah produk dari undang-undang ini.

    ReplyDelete
  22. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Naturalism adalah paham yang memandang dunia sebagai alam. Teori yang menerima alam sebagai kesuluruhan realitas. Paham naturalism bisa juga disebut dengan paham alami. Maksudnya bahwa setiap manusia yang terlahir di bumi memiliki kecenderungan yang baik, dan tidak ada seorangpun yang terlahir dengan pembawaan yang buruk. Tidak ada siswa yang terlahir bodoh, tidak ada siswa yang telahir nakal, dan sebagainya. Dalam dunia pendidikan, naturalisme memperhatikan pada strategi pembelajaran artinya faktor kemampuan siswa menjadi pusat kegiatan dalam proses belajar mengajar. Naturalisme dalam dunia pendidikan mengajarkan bahwa pendidikan harus menyesuaikan, harus berdasarkan aktivitas sisa, harus menyenangkan bagi siswa.

    ReplyDelete
  23. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Dalam filsafat, naturalisme adalah gagasan atau keyakinan bahwa hanya hukum dan kekuatan alamiah yang berlaku di dunia. Penganut naturalisme (yaitu, naturalis) menyatakan bahwa hukum alam adalah peraturan yang mengatur struktur dan perilaku alam semesta. Ini artinya, natrualisme lebih cenderung kepada sesuatu yang alamiah (berkaitan dengan alam semesta). Naturalisme jauh dari campur tangan manusia, semuanya mengalir sesuai dengan sifat alaminya. Sehingga, kita perlu memperhatika juga sifat-sifat alamiah dari seseorang atau peserta didik untuk merencanakan proses pembelajaran yang baik.

    ReplyDelete
  24. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Naturalisme dalam filsafat pendidikan mengajarkan bahwa guru paling alamiah dari seorang anak adalah kedua orang tuanya. Oleh karena itu, pendidikan bagi penganut paham naturalis perlu dimulai jauh hari sebelum proses pendidikan dilaksanakan. Sekolah merupakan dasar utama dalam keberadaan aliran filsafat naturalisme karena belajar merupakan sesuatu yang natural. Paham naturalisme memandang guru tidak mengajar subjek, melainkan mengajar murid.

    ReplyDelete
  25. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Naturalisme di dalam seni rupa adalah usaha menampilkan objek realistis dengan penekanan seting alam. Secara filsafat, Naturalism merupakan sebuah paham yang mempercayai bahwa segala sesuatu bergantung dengan hukum alam, segala sesuatu berasal dari alam maka bersifat alamiah. Jadi, yang menjadi ukuran (kriteria) baik dan buruknya perbuatan manusia menurut aliran etika naturalism, ialah perbuatan yang sesuai dengan fitrah

    ReplyDelete
  26. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Naturalisme adalah sebuah pendekatan untuk masalah filosofis yang menafsirkan mereka sebagai penurut melalui metode-metode ilmu empiris atau setidaknya, tanpa khas proyek apriori teori. Jadi naturalism itu hanya berorientasi pada hal-hal yang nyata, dan mengeampingkan hal-hal yang berkaitan dengan supranatural.

    ReplyDelete
  27. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    paham yang difokuskan pada paham ini adalah bahwa teori ini menerima bahwa alam itu merupakan keseluruhan realitas yang ada di dunia ini. Sehingga segala hal yang ada dan yang mungkin ada dikembalikan lagi kepada alam ini. Teori ini mempercayai bahwa jika asalnya dari alam, maka akan kembali ke alam juga. Karena alam merupakan keseluruhan dari realitas dari yang mungkin ada dan yang ada.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  28. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Naturalisme adalah keyakinan filosofis bahwa segala sesuatu muncul dari sifat alami dan penyebab dan penjelasan supranatural atau spiritual yang dikecualikan atau dengan potongan. Penganut naturalisme yaitu naturalis menyatakan bahwa hukum-hukum alam adalah aturan yang mengatur struktur dan perilaku dari alam semesta, bahwa alam semesta berubah pada setiap tahap merupakan produk hukum tersebut.

    ReplyDelete
  29. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Berdasarkan salah satu link di diketahui bahwa, aliran naturalisme secara intuitif dapat dipisahkan menjadi komponen dua komponen yaitu ontologis dan metodologis. Ontologis naturalisme mengacu pada studi filosofis tentang sifat realitas. Beberapa filsuf menyamakan naturalisme dengan materialisme. Misalnya, filsuf Paul Kurtz berpendapat bahwa alam paling baik dicatat dengan mengacu pada prinsip-prinsip material. Prinsip-prinsip ini meliputi massa, energi, dan sifat fisik dan kimia lainnya yang diterima oleh komunitas ilmiah. Selanjutnya, rasa naturalisme ini berpendapat bahwa roh, dewa, dan hantu tidak nyata dan tidak memiliki "tujuan" di alam. Keyakinan yang mutlak pada naturalisme ini biasa disebut sebagai naturalisme metafisik. Sedangkan, metodologis naturalsime yaitu asumsi naturalisme yang menjadi paradigma dengan dorongan filosofis bahwa tidak ada pertimbangan mendasar sebagai kebenaran absolut.

    ReplyDelete
  30. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Aliran filsafat naturalism disebut juga dengan “paham alami”. Artinya adalah bahwa naturalism ini merupakan hasi berlakunya hukum alam secara fisik dan terjadi menurut kodatnya. Dengan kata lain gagasan atau keyakinan bahwa hanya hukum dan kekuatan alamiah (berlawanan dengan supranatural atau spiritual) yang beroperasi di dunia. Penganut natruralism (naturalist) menyatakan bahwa hukum alam adalah peraturan yang mengatur struktur dan tingkah laku alam semesta, bahwa alam semesta yang berubah di setiap tahap.

    ReplyDelete
  31. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Para naturalis beranggapan bahwa pada dasarnya setiap yang terlahir di dunia memiliki sifat bawaan yang baik, semuanya baik. Hanya saja dalam perkembangannya lingkungan perpengaruh penting terhadap keberlanjutan sifat bawaan tersebut. Lingkungan yang salah dapat membuat fifat baik yang dibawa secara alami menjadi tertutup dan akhirnya lebih didominasi oleh sesuatu yang krang baik. Sebaliknya lingkungan yang tepat akan membantu sifat ini berkembang dan manusia tersebut tumbuh menjadi lebih baik dan lebih baik.

    ReplyDelete
  32. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Secara umum, segala sesuatu dapat dijelaskan secara ilmiah, nyata dan rasional. Paham ini menjabarkan fakta-fakta yang menguatkan bahwa pengetahuan bersumber dari alam sekitar sehingga dapat diamati dalam mempelajarinya. Banyak hal yang bisa dipelajari dari alam dan lingkungan sekitar dengan segala fenomena yang ada di dalamnya. Untuk itulah manusia semestinya dapat menghargai dan menjaga apa yang ada di sekitarnya demi kemaslahatan bersama.

    ReplyDelete