Dec 1, 2012

NATURALISM

Ass Wr Wb
Jika ingin mambaca labih lanjut tentang NATURALISM, silahkan konek berikut:











Wss Wr Wb
Marsigit





9 comments:

  1. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Naturalism adalah teori yang menerima natura sebagai keseluruhan realitas. Istilah natura telah dipakai dalam filsafat dengan macam-macam arti, dari dunia fisika yang dapat dilihat oleh manusia, sampai kepada sistem total dari fenomena-fenomanruang dan waktu. Natura adalah dunia yang diungkapkan kepada kita oleh sains dan alam. Istilah naturalism adalah sebaliknya istilah supernaturalisme yang mengandung pandangan dualistic terhadap alam dengan adanya kekuatan atau ada (wujud) di atas atau di luar alam. Materialisme adalah sesuatu istilah yang sempit dan merupakan bentuk naturalism yang lebih terbatas, materialisme pada umumnya mengatakan bawa dunia ini tidak ada selain materi, atau natur (alam) dan dunia fisik adalah satu.

    ReplyDelete
  2. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Dilihat dari sudut pandang filsafat, Naturalisme merupakan faham dimana hanya hukum dan kekuatan alamiah (berlawanan dengan supranatural atau spiritual) yang terjadi di dunia. Penganut naturalisme (naturalis) menyatakan bahwa hukum alam adalah peraturan yang mengatur struktur dan tingkah laku alam semesta. Alam semesta yang berubah di setiap tahap adalah produk dari undang-undang ini (https://en.wikipedia.org/wiki/Naturalism_%28philosophy%29). Setiap manusia yang terlahir ke bumi ini memiliki pembawaan yang baik dan tak ada seorangpun terlahir dengan pembawaan yang buruk. Jika dikaitkan dengan dunia pendidikan, naturalisme perlu dimulai sebelum proses pendidikan dilaksanakan. Sekolah (guru) merupakan dasar utama dalam belajar, karena belajar merupakan sesuatu yang natural. Namun, guru paling alamiah dari seorang anak tetaplah ada pada kedua orang tuanya

    ReplyDelete
  3. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, secara umu naturalisme merupakan rasa simpati dengan pandangan bahwa pada akhirnya tidak ada yang menolak penjelasan, dengan metode karakteristik ilmu alam. Seorang naturalis akan menentang, misalnya, dengan dualisme pikiran-tubuh, karena meninggalkan sisi mental dari hal-hal di luar pemahaman jelas tentang biologi atau fisika; bertentangan dengan penerimaan angka atau konsep sebagai penghuni nyata namun non-fisik di dunia; dan menentang menerima tugas dan hak moral yang nyata sebagai aspek absolut dan berdiri sendiri dari tatanan alam. Masalah utama naturalisme adalah menentukan apa yang dianggap sebagai akomodasi yang memuaskan antara ilmu-ilmu pilihan dan unsur-unsur yang dihadapinya tidak memiliki tempat di dalamnya. Alternatifnya meliputi instrumentalisme, reduksionisme, dan eliminativisme, serta berbagai saran anti-realis lainnya. Istilah naturalisme kadang-kadang digunakan untuk versi spesifik dari pendekatan ini di bidang-bidang tertentu.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  4. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dari beberapa sumber yang saya baca mengenai aliran Naturalisme, ada sebuah pendapat yang menurut saya sangat menarik. Dimana pendapat tersebut mengatakan bahwa Aliran naturalisme dapat juga disebut sebagai Paham Alami. Maksudnya, bahwa setiap manusa yang terlahir ke Bumi ini pada dasarnya memiliki kecenderungan atau pembawaan yang baik, dan tak ada seorangpun terlahir dengan pembawaan yang buruk. Lingkungan, situasi, dan kondisi sekitarlah yang memiliki peran besar dalam perkembangan manusia untuk tetap menjadi baik atau justru berubah menjadi buruk.Kaitannya dengan pembelajaran di kelas, maka sebaik-baik guru adalah yang mampu memfasilitasi terciptanya lingkungan pembelajaran di kelas yang baik. Dengan demikian siswa akan mampu belajar dan berkembang dengan optimal menuju ke arah yang baik.

    ReplyDelete
  5. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Sejauh pengetahuan saya Natural berarti alami atau apa adanya, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ditulisakan natural /na·tu·ral/ berarti (1) bersifat alam, alamiah, (2) bebas dari pengaruh, bukan buatan, asli, (3) dapat dipakai untuk warna apa saja (tentang semir dan sebagainya). seperti halnya kata natural kata naturalisme juga memiliki banya arti dalam KBBI (1) usaha untuk menerapkan pandangan ilmiah tentang dunia alamiah pada filsafat dan seni, (2) aliran dalam seni yang menggambarkan sesuatu sebagaimana adanya, (3) karya seni rupa yang memiliki sifat kebenaran fisik dari alam (4) ajaran yang tidak mengakui adanya kekuatan lain selain alam; 5 teknik atau cara menampilkan pandangan objektif tentang manusia secara teliti dan jujur (baik atau buruk).
    Merujuk pada link yang Bp. berikan (https://infidels.org/library/modern/nontheism/naturalism/) Naturalisme menurut Paul Draper adalah "hipotesis bahwa alam adalah sistem tertutup" dalam arti bahwa "tidak ada sesuatu yang bukan bagian dari dunia alami yang memengaruhinya." sedangkan link lainnya (http://www.iep.utm.edu/naturali/) menyebutkan Naturalisme adalah pendekatan terhadap masalah filosofis yang menafsirkannya sebagai penurut melalui metode sains empiris atau setidaknya, tanpa sebuah proyek apriori yang khas.

    ReplyDelete
  6. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Naturalisme. Pusatnya pada "natural". Hal ini tentu memberi gambaran bahwa hukum alamlah yang beroperasi pada dunia dan kehidupan ini. Penganut naturalisme (yaitu, naturalis) menyatakan bahwa hukum alam adalah peraturan yang mengatur struktur dan tingkah laku alam semesta. Segala perilaku manusia kebenarannya berdasarkan hukum alam yang berlaku. Akan tetapi, saya pernah beberapa kali memikirkan tentang hukum alam seperti apa yang dimaksutkan? Apakah hukum alam ini lahir dengan sendirinya, atau hanya analogi yang diciptakan manusia. Bismillah, saya akan terus belajar.

    ReplyDelete
  7. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Natural artinya alam, alami. Paham atau aliran ini menunjukkan bahwa sesuatu itu harus alami, murni dan tidak ada intervensi atau tambahan dari lainnya. Paham naturalisme memandang bahwa segala sesuatu yang ada di dunia dan yang mungkin ada selalu berkaitan dengan alam sehingga segala sesuatunya di dasarkan pada aturan alam. natural merupakan sesuatu hal yang memandang alam dan kegiatan yang kembali kealam dengan bantuan alam dan menjaga alam untuk mendapatkan pemanfaatnya dan mengerti hukum alam bekerja.

    ReplyDelete
  8. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P. Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. Naturalisme adalah suatu paham yang menyatakan bahwa alam adalah suatu kesatuan yang memiliki kekuatan untuk mengatur jalannya kehidupan makhluk. Naturalisme erat kaitannya dengan panteisme dalam ajaran spinosa. Dalam filsafat pendidikan, naturalisme menekankan bahwa setiap anak memiliki bakat alam yang mesti dikembangkan (manusia tidak serta merata adalah kertas kosong yang harus ditulisi sebagaimana ajaran dalam teori tabularasa). Pandangan ini melihat manusia sebagai entitas yang unik dengan beragam potensi yang berbeda-beda.

    ReplyDelete
  9. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    177092510005

    Assalamualaikum prof,
    Naturalisme merupakan salah satu aliran filsafat yang mengambil makna dari alam. Menurut kaum naturalis, selain sudah memiliki hukum-hukum yang pasti, alam semesta ini sudah sempurna dan tidak perlu ada campur tangan Tuhan. Alam semesta terjadi dengan sendirinya berdasarkan hukum sebab akibat, alam semesta dan manusia bergerak atau berjalan dengan sendirinya dan semuanya bersifat kekal. Menurut paham ini, kehidupan manusia yang baik dan benar merupakan kehidupan manusia yang dalam perbuatan dan prilakunya harus sesuai dengan kodrat alamiah manusia itu sendiri.

    ReplyDelete