Dec 1, 2012

NATURALISM

Ass Wr Wb
Jika ingin mambaca labih lanjut tentang NATURALISM, silahkan konek berikut:











Wss Wr Wb
Marsigit





36 comments:

  1. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Naturalisme di dalam seni rupa adalah usaha menampilkan objek realistis dengan penekanan seting alam. Hal ini merupakan pendalaman lebih lanjut dari gerakan realisme pada abad 19 sebagai reaksi atas kemapanan romantisme. Salah satu perupa naturalisme di Amerika adalah William Bliss Baker, yang lukisan pemandangannya dianggap lukisan realis terbaik dari gerakan ini. Salah satu bagian penting dari gerakan naturalis adalah pandangan Darwinisme mengenai hidup dan kerusakan yang telah ditimbulkan manusia terhadap alam. Naturalisme melukiskan segala sesuatu sesuai dengan nature atau alam nyata, artinya disesuaikan dengan tangkapan mata kita. Basuki Abdullah melukis seorang perawan desa dengan pakaian lusuh justru tampak seperti bidadari. Tokoh Natularisme di Indonesia selain Basuki Abdullah adalah Raden Saleh. Saat ini semisal Choirun Sholeh.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Naturalisme adalah kepercayaan filsafat bahwa segala sesuatu muncul dari sifat-sifat natural dan penyebabnya, penjelasan supernatural atau spiritual adalah dikeluarkan atau diabaikan. Naturalisme melukiskan segala sesuatu sesuai dengan keadaan natural atau alam nyata disesuaikan dengan tangkapan mata kita dan terbentuk secara alamiah, tanpa dibuat-buat.

    ReplyDelete
  3. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Aliran naturalisme dapat juga disebut sebagai “Paham Alami”. Maksudnya, bahwa setiap manusia yang terlahir ke bumi ini pada dasarnya memiliki kecenderungan atau pembawaan yang baik dan tak ada seorangpun terlahir dengan pembawaan yang buruk. Sehingga para naturalis menganut paham teori yang menerima alam sebagai keseluruhan realitas. Paham ini bertentangan dengan paham supernaturalisme.

    ReplyDelete
  4. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Naturalisme adalah gerakan sastra yang menekankan pengamatan dan metode ilmiah dalam penggambaran fiksi realitas. Novelis menulis dalam modus naturalis termasuk Émile Zola (pendirinya), Thomas Hardy , Theodore Dreiser , Stephen Crane , dan Frank Norris
    Istilah “naturalisme” tidak memiliki arti yang sangat tepat dalam filsafat kontemporer. Ini hanya penggunaan saat ini berasal dari perdebatan di Amerika pada paruh pertama abad lalu. Memproklamirkan diri “naturalis” dari periode yang termasuk John Dewey, Ernest Nagel, Sidney Hook dan Roy Wood Sellars. filsuf ini bertujuan untuk sekutu filsafat lebih dekat dengan ilmu pengetahuan. Mereka mendesak bahwa realitas habis oleh alam, yang berisi apa-apa “supranatural”, dan bahwa metode ilmiah harus digunakan untuk menyelidiki semua bidang realitas, termasuk “roh manusia” Jadi dipahami, “naturalisme” bukan istilah yang sangat informatif diterapkan filsuf kontemporer. Sebagian besar dari filsuf kontemporer akan dengan senang hati menerima naturalisme sebagai hanya ditandai-yaitu, mereka berdua akan menolak “supranatural” entitas, dan memungkinkan ilmu itu adalah rute yang mungkin (jika tidak selalu satu-satunya) untuk kebenaran penting tentang “roh manusia ”.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Naturalisme adalah teori yang menerima 'natura' (alam) sebagai keseluruhan realitas. Istilah 'natura' telah dipakai dalam filsafat dengan bermacam- macam arti, dari dunia fisika yang dapat dilihat oleh manusia, sampai kepada sistem total dari fenomena ruang dan waktu. Sistem nilai yang bersumber pada paham Naturalisme, berorientasi kepada naturo-centris (berpusat pada alam), kepada tubuh jasmaniah, kepada pancaindra, kepada hal-hal yang bersifat aktual (nyata), kepada kekuatan, kepada kemampuan mempertahankan hidup, dan kepada organisme (makhluk hidup). Oleh karena itu, Naturalisme berpandangan menolak hal-hal yang bersifat spiritual dan moral, sebab kenyataan yang hakiki adalah alam semesta yang bersifat fisik (jasmaniah). Jiwa dapat menurun kualitasnya menjadi kenyataan yang berunsurkan materi. Naturalisme dekat dengan paham materialisme yang menafikan nilai-nilai moral manusia. Tidak ada kenyataan di balik kenyataan alam fisik, hingga tak ada alam metafisis

    ReplyDelete
  6. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Naturalisme terbagi menjadi dua posisi filsafat:

    1. Naturalisme metodologis (atau naturalisme ilmiah) yang berfokus pada epistemologi.
    2. Naturalisme metafisika (atau naturalisme ontologis atau naturalisme filosofis) yang berfokus pada ontologi.

    Gagasan dan asumsi mengenai naturalisme filosofis pertama kali ditemui pada karya filsuf-filsuf pra-Socrates.

    ReplyDelete
  7. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam istilah sehari hari sering kita mendengar kata naturalis. misalnya "orang itu naturalis sekali", "aku seeneng sama orang yang naturalis" dan lain sebagainya. Dengan sering mendengar kata ini dalam susunan kalimat kita dapat mengkonstruksikan sendiri definisi dari naturalisme. Kesalahan seseorang dalam mengkonstruksikan sendiri kata naturalisme terjadi karena kata yang ia dengar dari orang, berada pada susunan kata yang salah, atau orang yang mengatakan belum memahami kata naturalisme. Maka perlu untuk membaca referensi yang terpercaya.

    ReplyDelete
  8. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Naturalism adalah teori yang menerima alam sebagai keseluruhan realitas. Natural adalah dunia yang diungkapkan ke kita oleh sains dan alam. Sehingga, aliran naturalism dapat juga disebut sebagai paham alam. Maksudnya setiap manusia yang terlahir ke bumi ini pada dasarnya memiliki kecenderungan atau pembawaan yang baik, dan tak ada seorang pun terlahir dengan pembawaan yang buruk.

    ReplyDelete
  9. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Naturalisme merupakan teori yang menerima “nature” (alam) sebagai keseluruhan realitas.
    Sehingga segala sesuatu yang ada dan mungkin ada akan dikembalikan lagi kepada alam.
    Segala yang ada berawal dari alam dan berakhir pula ke alam. Sehingga alam sebagai keseluruhan realitas atau kenyataan yang ada dan yang mungkin ada.

    ReplyDelete
  10. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Menurut Paul Draper, naturalism merupakan hipotesis yang menyatakan bahwa alam adalah sistem yang tertutup atau tidak ada sesuatu yang bukan bagian dari dunia alami yang mempengaruhinya. Sedangkan dalam ilmu filsafat, naturalism merupakan keyakinan bahwa hanya ada hukum dan kekuatan alamiah yang dapat beroperasi di dunia. Dari beberapa pengertian diatas, filsafat memperoleh pengetahuan berdasarkan paradigma yang telah di asumsikan. Naturalism artinya sesuatu yang belum terkontaminasi sama sekali dengan apapun, sehingga masih alamiah.

    ReplyDelete
  11. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Naturalisme berasal dari dua kata, “Natural” artinya “Alami” dan “Isme” artinya “Paham”. Aliran naturalisme dapat juga disebut sebagai “Paham Alami”. Maksudnya, bahwa setiap manusia yang terlahir ke bumi ini pada dasarnya memiliki kecenderungan atau pembawaan yang baik dan tak ada seorangpun terlahir dengan pembawaan yang buruk. Naturalisme lahir pada abad ke-17 dan mengalami perkembangan pada abad ke-18. Naturalisme berkembang dengan cepat di bidang sains. Ia berpandangan bahwa “Learned heavily on the knowledge reported by man’s sense” (pembelajaran yang hebat dalam ilmu pengetahuan berasal dari akal pikiran manusia). Naturalisme dalam filsafat pendidikan mengajarkan bahwa guru paling alamiah dari seorang anak adalah kedua orang tuanya. Oleh karena itu, pendidikan bagi naturalis dimulai jauh hari sebelum anak lahir.

    ReplyDelete
  12. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Menurut Harold H. Titus e.al. (1984) naturalisme adalah sebaliknya dari istilah supernaturalisme yang mengandung pandangan dualistik terhadap alam dengan adanya kekuatan yang ada (wujud) di atas atau di luar alam.
    Sehingga segala yang ada dan yang mungkin secara keseluruhan merupakan nature/alam.

    ReplyDelete
  13. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://plato.stanford.edu/entries/naturalism/ Jadi dipahami, "naturalisme" bukanlah istilah yang sangat informatif seperti yang diterapkan pada filsuf kontemporer. Sebagian besar filsuf kontemporer dengan senang hati akan menerima naturalisme seperti yang dicirikan - yaitu, keduanya menolak entitas supranatural, dan membiarkan sains itu adalah jalur yang mungkin (jika tidak harus satu-satunya) untuk kebenaran penting tentang "semangat manusia ".Naturalisme (seni rupa) Naturalisme di dalam seni rupa adalah usaha menampilkan objek realistis dengan penekanan seting alam. Hal ini merupakan pendalaman lebih lanjut dari gerakan realisme pada abad 19 sebagai reaksi atas kemapanan romantisme.

    ReplyDelete
  14. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Seperti yang didefinisikan oleh filsuf Paul Draper, naturalisme adalah "hipotesis bahwa alam adalah sistem tertutup" dalam arti bahwa "tidak ada yang bukan merupakan bagian dari alam mempengaruhi itu." Lebih sederhana, itu adalah penolakan keberadaan penyebab supranatural. Dalam menolak realitas peristiwa supranatural, kekuatan, atau badan. Dalam memanfaatkan naturalisme metodologis, ilmu pengetahuan dan sejarah jangan menganggap apriori bahwa, sebagai Sebenarnya, penyebab supranatural tidak benar-benar ada.

    ReplyDelete
  15. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Tidak ada konflik konseptual antara berlatih ilmu pengetahuan atau sejarah dan percaya pada supranatural. Namun, karena beberapa dari penulis kami berpendapat bawah (misalnya, Agustinus, Fales, Forrest, dan Oppy), naturalisme metodologis tidak akan seperti memukau sukses karena memiliki sebenarnya sudah jika naturalisme metafisik adalah palsu. Dengan demikian keberhasilan de facto naturalisme metodologis memberikan bukti empiris yang kuat bahwa naturalisme metafisik mungkin benar.

    ReplyDelete
  16. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Naturalisme mempunyai beberapa pengertian, yaitu dari segi bahasa, Naturalisme berasal dari dua kata, “Natural” artinya “Alami” dan “Isme” artinya “Paham”. Aliran naturalisme dapat juga disebut sebagai “Paham Alami”. Maksudnya, bahwa setiap manusia yang terlahir ke bumi ini pada dasarnya memiliki kecenderungan atau pembawaan yang baik dan tak ada seorangpun terlahir dengan pembawaan yang buruk. Naturalisme merupakan teori yang menerima “nature” (alam) sebagai keseluruhan realitas. Istilah “nature” telah dipakai dalam filsafat dengan bermacam-macam arti, mulai dari dunia fisik yang dapat dilihat oleh manusia, sampai kepada sistem total dari fenomena ruang dan waktu. Natura adalah dunia yang diungkapkan kepada kita oleh sains alam. Istilah naturalisme adalah kebalikan dari istilah supernaturalisme yang mengandung pandangan dualistik terhadap alam dengan adanya kekuatan yang ada (wujud) di atas atau di luar alam (Titus dalam makalah Ahmad, 2012).

    ReplyDelete
  17. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Aliran ini menganggap bahwa kebahagiaan manusia didapat dengan menurutkan panggilan natur (fitrah) dari kejadian manusia itu sendiri. Perbuatan yang baik (susila) menurut aliran ini ialah perbuatan-perbuatan yang sesuai dengan natur manusia. Baik mengenai fitrah lahir ataupun mengenai fitrah batin. Kalau lebih memberatkan pada fitrah lahirnya dinamakan aliran etika materialisme. Tetapi pada aliran naturalisme ini faktor lahir batin itu sama beratnya sebab kedua-duanya adalah fitrah (natur) manusia.

    ReplyDelete
  18. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    In philosophy, naturalism is the "idea or belief that only natural (as opposed to supernatural or spiritual) laws and forces operate in the world."Adherents of naturalism (i.e., naturalists) assert that natural laws are the rules that govern the structure and behavior of the natural universe, that the changing universe at every stage is a product of these laws.
    "Naturalism can intuitively be separated into an ontological and a methodological component."Ontological" refers to the philosophical study of the nature of reality. Some philosophers equate naturalism with materialism. For example, philosopher Paul Kurtz argues that nature is best accounted for by reference to material principles. These principles include mass, energy, and other physical and chemical properties accepted by the scientific community. Further, this sense of naturalism holds that spirits, deities, and ghosts are not real and that there is no "purpose" in nature. Such an absolute belief in naturalism is commonly referred to as metaphysical naturalism.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Naturalism_(philosophy)

    ReplyDelete
  19. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dalam filsafat, naturalisme adalah gagasan atau keyakinan bahwa hanya hukum dan kekuatan alamiah (berlawanan dengan supranatural atau spiritual) yang beroperasi di dunia. Penganut naturalisme (yaitu, naturalis) menyatakan bahwa hukum alam adalah peraturan yang mengatur struktur dan tingkah laku alam semesta, bahwa alam semesta yang berubah di setiap tahap adalah produk dari aturan ini. Istilah naturalisme tidak memiliki makna yang sangat tepat dalam filsafat kontemporer. Penggunaannya saat ini berasal dari perdebatan di Amerika pada paruh pertama abad yang lalu. Naturalis yang diproklamirkan sendiri dari periode itu termasuk John Dewey, Ernest Nagel, Sidney Hook dan Roy Wood Sellars. Para filsuf ini bertujuan untuk lebih memfokuskan filsafat dengan sains. Mereka mendesak agar kenyataan itu kehabisan akal, yang tidak mengandung supernatural, dan metode ilmiah harus digunakan untuk menyelidiki semua bidang realitas, termasuk semangat manusia.

    ReplyDelete
  20. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Naturalisme sebagai aliran filsafat maupun aliran filsafat pendidikan, memiliki kelebihan maupun kelemahan. Kelebihan utama aliran ini adalah penghargaannya yang tinggi terhadap alam, termasuk anak yang lahir secara alamiah akan cenderung baik. Paham ini bisa melahirkan manusia-manusia demokratis, sebab segala sesuatu dikembalikan pribadi masing-masing.
    Empat percikan pemikiran filsafat pendidikan Naturalisme, yaitu Pertama urgensi kesesuaian proses pendidikan dengan tahap-tahap perkembangan alam. Kedua belajar merupakan kegiatan melalui indra. Ketiga urgensi pemahaman akan sesuatu melalui observasi di alam. Keempat pendidikan dapat bersal dari alam, barang dan manusia. Namun kelemahan utama aliran ini adalah bahwa anak yang lahir juga dipengaruhi oleh lingkungannya. Jika lingkungan di sekitar baik, maka anak tersebut cenderung baik. Sebaliknya, jika kehidupan di sekitarnya buruk, anak cenderung berkembang ke arah buruk.

    ReplyDelete
  21. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Aliran ini menganggap bahwa kebahagiaan manusia didapat dengan menurutkan panggilan natur (fitrah) dari kejadian manusia itu sendiri. Perbuatan yang baik (susila) menurut aliran ini ialah perbuatan-perbuatan yang sesuai dengan natur manusia. Baik
    mengenai fitrah lahir ataupun mengenai fitrah batin. Kalau lebih memberatkan pada fitrah lahirnya dinamakan aliran etika materialisme. Tetapi pada aliran naturalisme ini faktor lahir batin itu sama beratnya sebab kedua-duanya adalah fitrah (natur) manusia. Aliran ini cara pemikirannya tentang etika adalah sebagai berikut : di dalam dunia ini segala sesuatu menuju satu tujuan saja. Dengan memenuhi panggilan naturnya masing-masing mereka menuju kebahagiannya yang sempurna. Benda-benda dan tumbuhan-tumbuhan menuju pada tujuan itu secara otomatis yakni tanpa pertimbangan atau perasaan. Kalau hewan-hewan menuju tujuan itu dengan instict (nalurinya) maka manusia menuju tujuan itu dengan akalnya

    ReplyDelete
  22. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Aliran filsafat naturalisme didukung oleh tiga aliran besar yaitu realisme, empirisme dan rasionalisme. Pada dasarnya, semua penganut naturalisme merupakan penganut realisme, tetapi tidak semua penganut realisme merupakan penganut naturalisme. Naturalisme berpendapat bahwa yang menerima alam sebagai keseluruhan pada kenyataannya. Aliran naturalisme dapat juga disebut sebagai “Paham Alami”. Maksudnya, bahwa setiap manusia yang terlahir ke bumi ini pada dasarnya memiliki kecenderungan atau pembawaan yang baik dan tak ada seorangpun terlahir dengan pembawaan yang buruk. Sedangkan Paul Draper mendefinisikan naturalisme sebagai hipotesis bahwa dunia secara alamiah merupakan sistem yang tertutup. Lebih sederhana, pandangan ini menolak eksistensi penyebab-penyebab supernatural. Karena menolak realita dari peristiwa, kekuatan dan entitas supernatural, naturalisme merupakan anti tesis dari supernaturalisme.

    ReplyDelete
  23. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Menurut pandangan naturalisme hanya hukum dan kekuatan alamiah (berlawanan dengan supranatural atau spiritual) yang beroperasi di dunia. Penganut naturalisme (yaitu, naturalis) menyatakan bahwa hukum alam adalah peraturan yang mengatur Struktur dan perilaku alam semesta, bahwa alam semesta yang berubah di setiap tahap adalah produk dari undang-undang ini.

    ReplyDelete
  24. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya mendapatkan pengertian paham filsafat baru yaitu naturalisme. Dimana sebelum melihat refrensi saya menebak bahwasanya ada hubungannya dengan alami/natural. Setelah saya memahami refrensinya saya mendapatkan pemahaman bahwa naturalisme merupakan teori yang menerima "nature" (alam) sebagai keseluruhan realitas. Memandang segala keseluruhan sesuatu ini berasal dari alam. Bila di kaitkan dengan dunia pendidikan, fenomena menarik di bidang pendidikan saat ini adalah lahirnya berbagai model pendidikan yang menjadikan alam sebagai tempat dan pusat kegiatan pembelajarannya. Misalnya dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang. Siswa diajak keluar kelas untuk mencari dan mengamati bangun ruang seperti kubus, balok, bola, dll yang ada disekitar sekolah (alam). Sehingga para siswa menyatu dengan alam sebagai tempat belajar memuaskan keingintahuan mereka. Sebab secara langsung berhadapan dengan sumber dan materi pembelajaran secara rill.

    ReplyDelete
  25. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Paham naturalism ini menjabarkan fakta-fakta yang menguatkan bahwa pengetahuan bersumber dari alam sehingga mudah untuk diamati dan dipelajari. Banyak hal yang bisa dipelajari dari alam dan lingkungan sekitar dengan segala fenomena yang terjadi. Maka dari itu semestinya manusia dpat lebih menghargai dan menjaga yang ada disekitarnya demi kemsalahatan bersama.

    ReplyDelete
  26. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Naturalisme merupakan teori yang menerima “nature” (alam) sebagai keseluruhan realitas. Istilah “nature” telah dipakai dalam filsafat dengan bermacam-macam arti, mulai dari dunia fisik yang dapat dilihat oleh manusia, sampai kepada sistem total dari fenomena ruang dan waktu. Natura adalah dunia yang diungkapkan kepada kita oleh sains alam. Istilah naturalisme adalah sebaliknya dari istilah supernaturalisme yang mengandung pandangan dualistik terhadap alam dengan adanya kekuatan yang ada (wujud) di atas atau di luar alam

    ReplyDelete
  27. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Naturalisme adalah "gagasan atau keyakinan bahwa hanya hukum dan kekuatan alamiah (berlawanan dengan supranatural atau spiritual) yang beroperasi di dunia." Penganut naturalisme (yaitu, naturalis) menyatakan bahwa hukum alam adalah peraturan yang mengatur Struktur dan tingkah laku alam semesta, bahwa alam semesta yang berubah di setiap tahap maksudnya kita hidup di alam semesta ini sudah ada yang mengataur. Kita melakukan ada yang mengatur ini dan itu.

    ReplyDelete
  28. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Naturalisme merupakan paham yang menganggap dunia empiris ini merupakan keseluruhan realita. Adanya alam tidak membutuhkan adanya bantuan dari luar. Semua kejadian di alam tidak membutuhkan berada dalam satu siklus yang terus berjalan hal inilah yang lebih mirip dengan pengertian deisme. Sehingga naturalisme ini tidak membutuhkan kehadiran pihak lain untuk memahami alam istilah naturalism adalah sebaliknya istilah supernaturalisme yang mengandung pandangan dualistic terhadap alam dengan adanya kekuatan atau ada wujud. Materialisme adalah sesuatu istilah yang sempit dan merupakan bentuk naturalism yang lebih terbatas, materialisme pada umumnya mengatakan bawa dunia ini tidak ada selain materi, atau natur (alam) dan dunia fisik adalah satu.

    ReplyDelete
  29. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Naturalisme merupakan teori yang menerima “nature” (alam) sebagai keseluruhan realitas. Istilah “nature” telah dipakai dalam filsafat dengan bermacam-macam arti, mulai dari dunia fisik yang dapat dilihat oleh manusia, sampai kepada sistem total dari fenomena ruang dan waktu. Naturalisme dalam kaitannya dengan filsafat pendidikan mengajarkan bahwa guru paling alamiah dari seorang anak adalah kedua orang tuanya. Oleh karena itu, pendidikan bagi naturalis dimulai jauh hari sebelum anak lahir, yakni sejak kedua orang tuanya memilih jodohnya.

    ReplyDelete
  30. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Aliran filsafat naturalisme lahir sebagai reaksi terhadap aliran filsafat pendidikan Aristotalian-Thomistik. Naturalisme lahir pada abad ke 17 dan mengalami perkembangan pada abad ke 18. Naturalisme berkembang dengan cepat di bidang sains. Ia berpandangan bahwa "Learned heavily on the knowledge reported by man's sense". Pada dasarnya, naturalisme memandang bahwa manusia diciptakan agar dapat belajar dan berpikir untuk kembali kepada penciptaNya. Dalam konteks pendidikan, sekolah merupakan basis utama dalam keberadaan aliran naturalisme karena belajar merupakan sesuatu yang natural. Oleh karena itu, fakta bahwa hal itu memerlukan pengajaran juga merupakan sesuatu yang natural juga sehingga paham naturalisme memandang bahwa guru tidak mengajar subjek, melainkan mengajar murid.

    ReplyDelete
  31. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Merupakan sebuah pendekatan untuk masalah filosofis yang menafsirkannya melalui metode ilmu-ilmu empiris atau tanpa melalui teori proyek apriori. Naturalisme dalam dunia pendidikan memandang bahwa guru paling alamiah bagi seorang adak adalah kedua orang tuanya. Seperti yang kita ketahui bahwa pendidikan keluarga merupakan yang paling utama. Sebelum anak memasuki jenjang pendidikan, keluargalah yang paling berperan untuk mendidik anak tersebut. dan ketika anak sudah memasuki jenjang pendidikan pun, maka keluarga juga lah yang berperan penting. apakah mereka mendukung anak tersebut atau bahkan mengacuhkannya. Terkadang keberhasilan seorang anak dalam pendidikan ditentukan oleh keluarganya.

    ReplyDelete
  32. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Naturalisme diartikan sebagai keyakinan filosofis bahwa segala sesuatu muncul atau bersumber dari sifat alami dan penyebabnya, kecuali penjelasan supranatural atau spiritual. Penganut naturalisme disebut sebagai naturalis. Para naruralis ini menyatakan bahwa berbagai hukum alam merupakan aturan yang mengatur struktur dan perilaku dari alam semesta, bahwa alam semesta berubah pada setiap tahap merupakan produk hukum tersebut. Aliran naturalisme juga disebut paham alami. Naturalisme merupakan teori yang menerima alam sebagai keseluruhan realitas.

    ReplyDelete
  33. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Berdasarkan makna epitemologinya, maka naturalisme paham tentang kealamian. Secara Ontologis mengacu pada studi filosofis tentang sifat realitas. Beberapa filsuf menyamakan naturalisme dengan materialisme. Naturalis ini merupakan langkah awal menuju humanisme. Naturalisme memberikan prediksi dan kontrol yang superior terhadap lingkungan kita dan diri kita sendiri, karena dalam menjatuhkan jiwa dan kehendak bebas kita menyingkirkan agen supranatural fiktif yang menghalangi penjelasan fenomena yang sebenarnya. Ini memberi kita kekuatan.

    ReplyDelete
  34. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dalam artikel mengenai naturalisme ini lebih memfokuskan pada 2 hal yakni ontological naturalism dan methodological naturalism. Ontological naturalism secara khusus memperhatikan pandangan tentang isi realitas umum yang dimotivasi oleh argumen dan analisis filosofis. Dan methodological naturalism , berfokus secara khusus pada perdebatan metodologis yang didasarkan pada praktik filosofis, dan terutama pada hubungan antara filsafat dan sains. Pikiran pokok dalam naturalisme ontologis adalah bahwa semua entitas spatiotemporal harus identik atau secara metafisik dibentuk oleh entitas. Banyak naturalis ontologis dengan demikian mengadopsi sikap fisik terhadap masalah subjek mental, biologis dan hal-hal khusus lainnya. Mereka berpendapat bahwa tidak ada yang lebih ke alam mental, biologi dan sosial daripada pengaturan entitas fisik. Pemikir kontemporer mengadopsi pandangan fisik dari alam mental karena mereka berpikir bahwa jika tidak, kita tidak dapat menjelaskan bagaimana proses mental dapat mempengaruhi tubuh kita dan item fisik lainnya. Pertimbangan serupa memotivasi pandangan naturalistik ontologis tentang alam biologis, wilayah sosial, dan sebagainya. Sementara itu, naturalisme metodologis dipahami sebagai pandangan tentang praktik filosofis. Ahli naturalis metodologis melihat filsafat dan sains yang terlibat dalam usaha yang sama, mengejar tujuan yang sama dan menggunakan metode yang serupa.

    ReplyDelete
  35. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Naturalisme memiliki berbagai makna dari definisi mengutuk supranatural atau etis, melalui advokasi perkembangan evolusi bentuk kehidupan, hingga penggambaran seni dan sastra tentang subjek sehari-hari. Naturalisme adalah konsep yang sangat licin karena kebanyakan makna di berbagai bidang. Istilah naturalistik dan alam tidak selalu terkait erat dengan konsep naturalisme seperti pada awalnya. Naturalisme terkadang disalah artikan dengan istilah naturalistik.

    ReplyDelete
  36. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Naturalism adalah teori yang menerima natura sebagai keseluruhan realitas. Istilah natura telah dipakai dalam filsafat dengan macam-macam arti, dari dunia fisika yang dapat dilihat oleh manusia, sampai kepada sistem total dari fenomena-fenomanruang dan waktu. Natura adalah dunia yang diungkapkan kepada kita oleh sains dan alam. Istilah naturalism adalah sebaliknya istilah supernaturalisme yang mengandung pandangan dualistic terhadap alam dengan adanya kekuatan atau ada (wujud) di atas atau di luar alam. Materialisme adalah sesuatu istilah yang sempit dan merupakan bentuk naturalism yang lebih terbatas, materialisme pada umumnya mengatakan bawa dunia ini tidak ada selain materi, atau natur (alam) dan dunia fisik adalah satu.

    ReplyDelete