Dec 1, 2012

NATURALISM

Ass Wr Wb
Jika ingin mambaca labih lanjut tentang NATURALISM, silahkan konek berikut:











Wss Wr Wb
Marsigit





33 comments:

  1. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM

    Naturalisme atau paham alami adalah kepercayaan filsafat bahwa segala sesuatu muncul dari sifat-sifat natural dan penyebabnya, penjelasan supernatural atau spiritual adalah dikeluarkan atau diabaikan. Naturalisme melukiskan segala sesuatu sesuai dengan keadaan natural atau alam nyata disesuaikan dengan tangkapan mata kita dan terbentuk secara alamiah, tanpa dibuat-buat.

    ReplyDelete
  2. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Naturalisme adalah sebuah ide atau kepercayaan yang dibentuk secara alamiah. Paham naturalisme merupakan paham yang tidak mencampur adaukkan dengan paham-paham yang lainnya. Maksud tersirat dari paham naturalisme adalah setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang hanya dimiliki olehnya dan juga orang lain, dan juga terdapat pembawaan dalam diri masing-masing individu sejak lahir yang berbeda-beda. Tentu hal ini sangat berkaitan dengan ruang dan waktu, karena orang dapat melihat sifat atau karakter lain seseorang karena diikat oleh ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  3. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Naturalism adalah suatu paham "alami", yang dapat diartikan hasil yang berlaku pada hukum alam atay secara fisik terjadi menurut kodratnya. Dapat dikatakan bahwa ide atau kepercayaan tentang hukum dan kekuatan alamiah ini berlawanan dengan aaspek religius ataupun spiritual yang berlaku di dunia. Naturialist berpendapat bahwa hukum alam adalah peraturan yang mengorganisir struktur dan perilaku alam semesta. Bahwa alam semesta yang menentukan setiap proses yang terjadi.

    ReplyDelete
  4. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Naturalisme merupakan gagasan atau keyakinan bahwa hanya hukum dan kekuatan yang alami yang beroperasi di dunia. Kaum naturalis menegaskan bahwa hukum alam adalah aturan yang mengatur struktur dan perilaku alam semesta dan perubahan alam semesta di setiap tahap adalah produk dari hukum-hukum ini. Rasa naturalisme menyatakan bahwa roh, dewa, dan hantu tidak nyata dan tidak ada tujuan di alam. Mereka meyakini bahwa tidak ada hal ghoib yang ada hanya hal-hal yang nyata. Oleh karena itu, naturalisme menolak pandangan bahwa ada atau bisa ada entitas yang pada prnsipnya berada di luar lingkup penjelasan ilmiah. Sehingga kaum naturalisme menolak adanya sesuatu yang tidak nyata. Hal ini berkebalikan dengan pendapat alkitabiah yang bahwa adanya sesuatu di ruang lingkup yang lain, jadi tidak hanya yang ada dan terlihat oleh alat indra saja tapi ada juga hal-hal yang tidak dapat dijangkau oleh kemampuan manusia.
    Wasssalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  5. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Naturalisme merupakan salah satu aliran filsafat yang mengambil makna dari alam. Menurut kaum naturalis, selain sudah memiliki hukum-hukum yang pasti, alam semesta ini sudah sempurna dan tidak perlu ada campur tangan Tuhan. Alam semesta terjadi dengan sendirinya berdasarkan hukum sebab akibat, alam semesta dan manusia bergerak atau berjalan dengan sendirinya dan semuanya bersifat kekal. Menurut paham ini, kehidupan manusia yang baik dan benar merupakan kehidupan manusia yang dalam perbuatan dan prilakunya harus sesuai dengan kodrat alamiah manusia itu sendiri.

    ReplyDelete
  6. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Naturalisme merupakan teori yang menerima “nature” (alam) sebagai keseluruhan realitas. Istilah “nature” telah dipakai dalam filsafat dengan bermacam-macam arti, mulai dari dunia fisik yang dapat dilihat oleh manusia, sampai kepada sistem total dari fenomena w. Natural adalah dunia yang diungkapkan kepada kita oleh sains alam. Naturalisme dalam filsafat pendidikan mengajarkan bahwa guru paling alamiah dari seorang anak adalah kedua orang tuanya. Oleh karena itu, pendidikan bagi naturalis dimulai jauh hari sebelum anak lahir, yakni sejak kedua orang tuanya memilih jodohnya. Salah satu tokoh filsafat pendidikan naturalisme, Herbert, menyatakan bahwa sekolah merupakan dasar dalam keberadaan naturalisme. Sebab, belajar merupakan sesuatu yang natural, oleh karena itu fakta bahwa hal itu memerlukan pengajaran juga merupakan sesuatu yang natural juga. Paham naturalisme memandang guru tidak mengajar subjek, melainkan mengajar murid.

    ReplyDelete
  7. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Naturalisme merupakan paham yang menerima bahwa alam semesta merupakan keseluruhan realitas. Aliran filsafat naturalisme didukung oleh tiga aliran besar yaitu realisme, empirisme dan rasionalisme. Pada dasarnya, semua penganut naturalisme merupakan penganut realisme, tetapi tidak semua penganut realisme merupakan penganut naturalisme. Imam Barnadib menyebutkan bahwa realisme merupakan anak dari naturalisme. Oleh sebab itu, banyak ide-ide pemikiran realisme sejalan dengan naturalisme. Salah satunya adalah nilai estetis dan etis dapat diperoleh dari alam, karena di alam tersedia kedua hal tersebut.

    ReplyDelete
  8. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, kita ketahui bahwa filsafat naturalisme merupakan hasil berlakunya hukum alam fisik dan terjadinya menurut kodrat atau menurut wataknya sendiri. Prinsip naturalisme yang dapat di terapkan dalam pembelajaran yaitu siswa belajar melalui pengalaman sendiri, guru hanya menyediakan lingkungan belajar yang menyenangkan, dan program pendidikan di sekolah harus disesuaikan dengan minat dan bakat siswa dengan menyediakan lingkungan belajar yang beorientasi pada pola belajarnya.

    ReplyDelete
  9. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Naturalism berasal dari kata nature yang berarti alami. Naturalism adalah suatu paham yang menerima sesuatu yang alami sebagai keseluruhan realitas. Naturalism menganggap bahwa setiap manusia yang terlahir itu suci tanpa noda, artinya setiap yang terlahir pada dasarnya memiliki kecenderungan atau pembawaan yang baik, dan tak ada seorangpun terlahir dengan pembawaan yang buruk.

    ReplyDelete
  10. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018


    Naturalisme menyatakan bahwa hukum-hukum alam adalah aturan yang mengatur struktur dan perilaku dari alam semesta, bahwa alam semesta berubah pada setiap tahap merupakan produk hukum tersebut. Naturalisme metodologis merupakan naturalisme ilmiah yang berfokus pada epistemologi. Naturalisme metafisika merupakan naturalisme ontologis atau naturalisme filosofis yang berfokus pada ontologi.

    ReplyDelete
  11. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Naturalisme dalam ranah seni rupa merupakan lukisan dari segala sesuatu dengan nature atau alam nyata, artinya disesuaikan dengan tangkapan mata kita. Usaha menampilkan obyek yang realistis dengan penekanan setting alam merupakan pendalaman lebih lanjut dari gerakan realisme pada abad ke-19 sebagai reaksi atas kemapanan romantisme. Salah satu bagian penting dari gerakan naturalis adalah pandangan Darwinisme mengenai hidup dan kerusakan yang telah ditimbulkan manusia terhadap alam. Beberapa toko naturalisme di Indonesia adalah Basuki Abdullah dan Raden Saleh.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  12. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Dalam filsafat, naturalisme merupakan teori yang menerima adalam sebagai keseluruhan realitas. Istilah “nature” sendiri telah dipakai dalam filsafat dengan bergam arti, mulai dari dunia fisik yang dapat dilihat oleh manusia sampai kepada sistem total dari suatu fenomena ruang dan waktu.Nature adalah suatu dunia yang diungkapkan kepada kita oleh sains alam.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  13. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Aliran naturalism disebur juga sebagai pemahaman alami. Dalam aliran naturalisme berpandangan bahwa setiap manusia terlahir ke bumi ini pada dasarnya memiliki kecenderungan atau pembawaan yang baik dan tidak ada seorangpun yang terlahir dengan pembawaan yang buruk. Sehingga apabila ada orang yang memiliki sifat buruk itu karena faktor lingkungan luar darinya yang mempengaruhi perkembangan baik fisik maupun psikisnya.

    ReplyDelete
  14. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Naturalisme dalam filsafat pendidikan mengajarkan bahwa guru paling alamiah dari seorang anak adalah kedua orang tuanya. Oleh karena itu, pendidkan bagi naturalis dimulai jauh dari sebelum anak lahir, yakni sejak kedua orang tuanya memilih jodohnya. Tokoh filsafat pendidikan naturalism adalah John Dewey, Herbet Spencer dan masih banyak lagi. Menurut Herbet tujuan pendidikan paham naturalisme yaitu pemeliharaan diri, mengamankan kebutuhan hidup, meningkatkan anak didik, memelihara hubungan sosial dan politik dan menikmati waktu luang.

    ReplyDelete
  15. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Naturalism merupakan teori yang menerima nature (alam) sebagai suatu realitas. Naturalisme adalah suatu pendekatan terhadap masalah-masalah filosofis yang menafsirkannya sebagai hal yang dapat ditelusuri melalui metode-metode ilmu empiris atau paling tidak, tanpa proyek teoretis yang khusus tentang teori. naturalisme berusaha menunjukkan bahwa masalah-masalah filosofis seperti yang dipahami secara tradisional dirumuskan dengan buruk dan dapat diselesaikan atau dipindahkan dengan metode-metode naturalistik yang tepat.

    ReplyDelete
  16. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Menurut wikipedia, naturalisme melukiskan segala sesuatu sesuai dengan nature atau alam nyata, artinya disesuaikan dengan tangkapan mata kita. Naturalisme bukan hanya tentang alam saja, namun naturalisme tampak mudah dikenali seperti keadaan saat mata manusia memandang objek tersebut secara nyata.

    ReplyDelete
  17. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    naturalisme terbagi menjadi dua dalam filsafat yaitu naturalisme metodologis dan naturalisme metafisika. Naturalisme metodologis berfokus pada epistemologi. Sedangakan naturalisme metafisika atau biasa disebut naturalisme ontologi berfokus pada ontologi. terimakasih

    ReplyDelete
  18. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Aliran filsafat naturalisme lahir sebagai reaksi terhadap aliran filasafat pendidikan Aristotalian-Thomistik. Secara definitif naturalisme berasal dari kata “nature.” Kadang pendefinisikan “nature” hanya dalam makna dunia material saja, sesuatu selain fisik secara otomatis menjadi “supranatural.” Tetapi dalam realita, alam terdiri dari alam material dan alam spiritual, masing-masing dengan hukumnya sendiri. Naturalisme merupakan teori yang menerima “nature” (alam) sebagai keseluruhan realitas. Istilah “nature” telah dipakai dalam filsafat dengan bermacam-macam arti, mulai dari dunia fisik yang dapat dilihat oleh manusia, sampai kepada sistem total dari fenomena ruang dan waktu. Aliran filsafat naturalisme memandang bahwa manusia diciptakan agar dapat belajar dan berpikir untuk kembali kepada pencipta-Nya.

    ReplyDelete
  19. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Naturalism merupakan aliran dengan gagasan yang mengakui bahwa hokum alam beroperasi di dunia. Hukum alam ini merupakan aturan yang mengatur struktur alam. Apabila ada suatu perubahan di alam maka hal tersebut merupakan produk atau hasil dari hokum-hukum alam yang ada. Secara ontologis, "naturalism merpakan pandangan dunia filosofis dan sistem kepercayaan yang menyatakan bahwa tidak ada yang lain kecuali unsur alamiah, prinsip, dan hubungan sejenis yang dipelajari oleh ilmu-ilmu alam.

    ReplyDelete
  20. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Dalam filsafat naturalisme adalah gagasan atau kepercayaan bahwa hanya hukum dan kekuatan alam yang beroperasi di dunia. Penganut naturalism menyatakan bahwa hukum alam adalah aturan yang mengatur struktur dan perilaku alam semesta, bahwa alam semesta yang berubah pada setiap tahap adalah produk dari hukum-hukum ini. Naturalism secara intuitif dapat dipisahkan menjadi komponen ontologis dan metodologis. Ontologis mengacu pada studi filosofis tentang sifat makhluk.

    ReplyDelete
  21. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Naturalisme merupakan suatu aliran filsafat yang menganggap alam sebagai keseluruhan realistis. Alam (nature) yang dimaksud adalah berupa dunia fisik yang dapat dilihat oleh mata manusia, maupun fenomena ruang dan waktu. Aliran ini lahir pada abad ke-17 dan berkembang pesat dibidang sains. Salah satu took aliran ini adalah JJ Rosseau.

    ReplyDelete
  22. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Karl Popper menyamakan naturalisme dengan teori sains induktif. Dia menolaknya berdasarkan kritik umumnya tentang induksi, namun mengakui kegunaannya sebagai sarana untuk menciptakan dugaan. Metodologi naturalistik memiliki nilai, tidak diragukan lagi. Karl Popper menolak pandangan naturalistik: Itu tidak kritis. Pendukungnya gagal untuk memperhatikan bahwa setiap kali mereka percaya telah menemukan fakta, mereka hanya mengusulkan konvensi. Karenanya konvensi ini cenderung berubah menjadi dogma. Kritik terhadap pandangan naturalistik ini berlaku tidak hanya pada kriteria maknanya, tetapi juga pada gagasannya tentang sains, dan konsekuensinya pada gagasannya tentang metode empiris.

    ReplyDelete
  23. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Naturalism adalah sebuah alat yang seharusnya kita gunakan dalam menjawab sebuah masalah filosofi adalah sebuah metode dan pencarian mengenai ilmu yang sudah siap di terima oleh semua kalangan (Rosemberg : 2005). Sebuah pandangan Naturalism dapat mempertahankan unsur kebudayaan kita yang kaya moral. Naturalism hadir ketika filosofi positivisme dianggap sudah tidak ideal lagi. Dalam hal ini, Naturalisme adalah lawan dari Supranaturalim.

    ReplyDelete
  24. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Naturalisme merupakan kepercayaan bahwa hanya hukum dan kekuatan alam yang berlaku di dunia. Penganut naturalisme (yaitu, naturalis) menyatakan bahwa hukum alam adalah aturan yang mengatur struktur dan perilaku alam semesta, bahwa alam semesta yang berubah pada setiap tahap adalah produk dari hukum-hukum ini.

    ReplyDelete
  25. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Natural artinya alam, alami. Paham atau aliran ini menunjukkan bahwa sesuatu itu harus alami, murni dan tidak ada intervensi atau tambahan dari lainnya. Paham naturalisme memandang bahwa segala sesuatu yang ada di dunia dan yang mungkin ada selalu berkaitan dengan alam sehingga segala sesuatunya di dasarkan pada aturan alam. natural merupakan sesuatu hal yang memandang alam dan kegiatan yang kembali kealam dengan bantuan alam dan menjaga alam untuk mendapatkan pemanfaatnya dan mengerti hukum alam bekerja.

    ReplyDelete
  26. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Dunia sejatinya adalah sebuah sistem tertutup yang hanya bisa dipengaruhi oleh hukum alam yang ada di dalamnya, sementara entitas, kejadian, dan hukum-hukum di luar sistem tidak berlaku. Bertolak dari konsep tersebut, naturalisme lahir sebagai aliran yang meyakini bahwa realitas adalah alam semesta dan segala kejadian di dalamnya. Naturalist beranggapan bahwa alam semesta ini sudah sempurna dengan hukum-hukum pasti dan bersifat kekal sehingga kehidupan yang baik adalah yang sesuai dengan kodrat alamiah.

    ReplyDelete
  27. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Naturalisme mempunyai pengertian, yaitu : dari segi bahasa, Naturalisme berasal dari 2 kata, yakni Natural : alami dan Isme : paham. Aliran filsafat naturalisme disebut sebagai Paham Alami maksudnya adalah bahwa setiap manusia yang terlahir ke bumi ini pada dasarnya memiliki kecenderungan atau pembawaan yang baik, dan tak ada seorangpun terlahir dengan pembawaan yang buruk. Secara garis besar dapat diartikan bahwa filsafat naturalisme merupakan hasil berlakunya hukum alam fisik dan terjadinya menurut kodrat atau menurut wataknya sendiri

    ReplyDelete
  28. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Naturalism merupakan pandangan yang menampilkan objek realistis yang sesuai dengan setting alam. Dalam pemebelajaran ada tiga prinsip naturalism yaitu siswa belajar melalui pengalaman, guru menyediakan lingkungan belajar yang menyenangkan, dan pembelajaran harus disesuaikan dnegan minat dan bakat siswa. Naturalism mengacu pada strategi pembelejaran yang berpusat pada kemampuan peserta didik dalam proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  29. Zuari Anzar
    19701251006
    S2 PEP A 2019

    Paham naturalisme berpendirian bahwa setiap bayi lahir dalam keadaan suci dan dianugerahi dengan potensi insaniyah yang dapat berkembang secara alamiah. Karena itu, pendidikan pada dasarnya sekedar merupakan suatu proses pemberian kemudahan agar anak berkembang sesuai dengan kodrat alamiahnya. Pandangan ini diidentifikasikan sebagai konsepsi pendidikan yang cenderung pesimistik.

    ReplyDelete
  30. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 PMD 2019

    Naturalisme adalah suatu pendekatan terhadap masalah-masalah filosofis yang menafsirkannya yang dapat ditelusuri melalui metode-metode ilmu empiris atau paling tidak, tanpa proyek teoretis yang khusus tentang teori. Untuk sebagian besar sejarah filsafat, telah banyak diyakini bahwa filsafat melibatkan metode khusus, dan dapat mencapai pengetahuan yang berbeda dari yang dicapai oleh ilmu-ilmu khusus. Naturalisme sering memberikan peran kunci pada metode dan hasil dari ilmu empiris.

    ReplyDelete
  31. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Berdasarkan beberapa artikel di atas, dijelaskan bahwasannya naturalism, berangkat dari kata natural yang berarti alami, apa adanya, belum dimanipulasi, dan polos. Istilah naturalism banyak digunakan dalam beberapa bidang ilmu salah satunya seni lukis. Paham naturalisme mengarahkan pelukis untuk melukiskan segala sesuatu sesuai dengan nature atau alam nyata sehingga hasil lukisannya disesuaikan dengan tangkapan mata kita tanpa pemanipulasian dari fakta yang tertangkap mata. Dalam kehidupan, naturalism dapat diterapkan agar manusia bisa berlaku sederhana dan bisa mengerti arti dari kata “prihatin”. Naturalism juga bisa digunakan untuk alam, karena sejatinya Allah telah menciptakan alam dengan porsi yang pas sehingga sudah sepatautnya kita menjaga kealamiannya.

    ReplyDelete
  32. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pendidikan matematika D 2019

    Masalah utama naturalisme adalah menentukan apa yang dianggap sebagai akomodasi yang memuaskan antara ilmu-ilmu pilihan dan unsur-unsur yang dihadapinya tidak memiliki tempat di dalamnya. Alternatifnya meliputi instrumentalisme, reduksionisme, dan eliminativisme, serta berbagai saran anti-realis lainnya. Istilah naturalisme kadang-kadang digunakan untuk versi spesifik dari pendekatan ini di bidang-bidang tertentu.

    ReplyDelete