Dec 2, 2012

INDUCTIVISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang INDUCTIVISM, koneklah:







Wss Wr Wb

60 comments:

  1. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Induktivis merupakan cara berpikir dengan melihat sesuat yang bersifat khusus kemudian terarah pada sesuatu yang sifatnya lebih umum. Diawali dengan berpikir dengan hal-hal khusus yang kemudian dapat diperoleh penggeneralisasian. Dalam matematika misalnya dengan contoh-contoh yang kemudian dari contoh yang dikerjakan oleh siswa, siswa mampu menemukan suatu kesimpulan yang dapat berlaku secara umum pada suatu materi tertentu. Pemikiran induktif dari sifat kecil kemudian dapat menemukan konteks pemikiran yang lebih luas.

    ReplyDelete
  2. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    At 1740, David Hume found multiple obstacles to use of experience to infer causality. Hume noted the illogicality of enumerative induction—unrestricted generalization for particular instances to all instances, and stating a universal law—since humans observe sequence of sensory events, not cause and effect. Humans thus perceive neither logical nor natural necessity or impossibility among events. Later philosophers would select, highlight, and nickname Humean principles—Hume's fork, problem of induction, and Hume's law—although Hume accepted the empirical sciences as inevitably inductive, after all.
    Alarmed by Hume's seemingly radical empiricism, Immanuel Kant identified its apparent opposite, rationalism, as favored by Descartes and by Spinoza. Seeking middle ground, Kant identified that the necessity bridging the world in itself to human experience is the mind, whose innate constants thus determine space, time, and substance and determine the correct scientific theory. Though protecting both metaphysics and Newtonian physics, Kant discarded scientific realism by restricting science to tracing appearances (phenomena), not unveiling reality (noumena). Kant's transcendental idealism launched German idealism—increasingly speculative metaphysics—while philosophers continued awkward confidence in empirical sciences as inductive.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Inductivism

    ReplyDelete
  3. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Inductivism adalah model tradisional metode ilmiah yang dikaitkan dengan Francis Bacon. Inductivism juga merupakan metode yang digunakan untuk memprediksi atau menyimpulkan. Metode seperti ini sangat penting dalam penalaran ilmiah dan juga dalam menyelesaikan masalah sehari – hari sehingga metode ini mempunyai ruang lingkup yang luas dalam kontribusinya terhadap ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  4. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Pada elegi sebelumnya telah dibahas terkait deduktivism yang tentunya berkaitan dengan induktivism. Dimana telah kita ketahui bahwa Induktivisme merupakan antitesis dari deduktivisme, di mana kebenaran dalam pernyataan yang bersifat khusus digeneralisasikan menjadi suatu kesimpulan yang bersifat umum. Menurut Bacon, metode induksi yang tepat adalah induksi yang bertitik pangkal pada pemeriksaan yang diteliti dan telaten mengenai data-data partikular, yang pada tahap selanjutnya rasio dapat bergerak maju menuju penafsiran terhadap alam. Untuk mencari dan menemukan kebenaran dengan metode induksi, Bacon mengemukakan ada dua cara yang harus dilakukan, yaitu:(1) Rasio yang digunakan harus mengacu pada pengamatan inderawi yang partikular, kemudian mengungkapnya secara umum. (2) Rasio yang berpangkal pada pengamatan inderawi yang partikular digunakan untuk merumuskan ungkapan umum yang terdekat dan masih dalam jangkauan pengamatan itu sendiri, kemudian secara bertahap mengungkap yang lebih umum di luar pengamatan.

    ReplyDelete
  5. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Inductivism merupakan kontradiksi dari deductivism. Dimana Inductivism adalah suatu aliran dalam filsafat yang memandang bahwa metode berpikir kita itu secara induktif. Induktif artinya kita memulai dari premis khusus kemudian ke premis umum. Atau dengan kata lain kesimpulan berada di akhir. Dalam matematika saya berikan contoh, seperti dari contoh-contoh kemudian memperoleh bentuk umumnya/rumus umum.

    ReplyDelete
  6. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Penalaran induktif merupakan prosedur yang berpangkal dari peristiwakhusus sebagai hasil pengamatan empirik dan berakhir pada suatu kesimpulanatau pengetahuan baru yang bersifat umum. Hal ini berkebalikan dengan penalaran deduktif. Tidak perlu konsep yang canggih dalam melakukan pengamatan penelitian di lapangan, namun penelitian ini dapat ditarik dari generalisasi dari suatu gejala. Dalam hal ini konteks ini, teori bukan merupakan syarat mutlak, namun hal penting adalah dapat melakukan generalisasi.

    ReplyDelete
  7. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Untuk memaknai sesuatu hal ada banyak cara diantaranya deduktif yang menarik kesimpulan yang khusus menuju ke kesimpulan umum. Dalam induktif, penarikan kesimpulan biasanya berawal dari contoh-contoh yang kemudian digeneralisasi menjadi suatu konsep yang nantinya akan dipahami lebih jauh lagi.

    ReplyDelete
  8. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Sedangkan inductivism menyimpulkan pengamatan serupa terhadap penyebab yang sama, dan menggeneralisasikan secara tak terbatas-yaitu, dengan induksi pencacahan - ke hukum universal. [5] Memperluas inductivism, positivisme Comtean secara eksplisit bertujuan untuk menentang metafisika, menghindari pemikiran imajinatif, menekankan pengamatan, lalu membuat prediksi, mengkonfirmasikannya, dan menyatakan undang-undang. Induktif disini berarti berawal dari khusus menuju ke umum. Kebalikan dari deduktif. Sehingga hal-hal yang khusus menuju ke hal-hala yang umu. Sehingga matematika itu diajarkan dengan cara induktif.

    ReplyDelete
  9. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    logika induktif merupakan cara penarikan kesimpulan dari kasus individual nyata menjadi kesimpulan yang bersifat umum. Logika induktif, merupakan cara berpikir untuk menarik kesimpulan dari kasus khusus atau contoh menuju kasus umum atau dalil atau hukum atau kesimpulan umum. Orientasi filosofis dari logika induktif adalah lebih mengarah ke aliran empirisme. Dalam matematika Karakteristik berpikir induktif antara lain, dasar teori statistik adalah teori peluang oleh karena itu statistik merupakan pengetahuan yang memungkinkan manusia untuk menarik kesimpulan secara induktif. Jadi, statistik adalah salah satu cara menarik kesimpulan induktif secara valid.

    ReplyDelete
  10. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya mendapatkan pemahaman baru tentang paham filsafat yaitu inductivism. Dimana inductivism ini menyimpulkan dari pengamatan efek yang mirip dengan penyebab yang sama. Misalnya dalam pembelajaran matematika induktiv ini sangat ditekankan pada level anak sekolah dasar dimana mereka tidak terlalu menekankan proses abstraksi. sehingga pembelajarannya berawal dari contoh-contoh yang kemudian di universalkan keaslian ilmunya. Namun untuk level pendidikan yang tinggi, induktif ini semakin berkurang karena diperlukannya dalam deduktif.

    ReplyDelete
  11. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Induktivisme adalah model tradisional dari metode ilmiah yang dikaitkan terhadap Francis Bacon dimana Bacon merumuskan dasar-dasar berpikir induktif. Pendekatan induktif Bacon adalah dengan memulai bagian-bagian yang bisa diamati (khusus) dan kemudian berpikir ke dalam pernyataan-pernyataan umum ataupun hukum-hukum, bertolak belakang dengan pendekatan scholastik Aristotelian, karena induksi tersebut menuntut verifikasi bagian-bagian spesifik sebelum sebuah keputusan dibuat. Adapun, induktivisme tidak dimaksudkan untuk menimbulkan keraguan tentang peranan induksi dalam pembentukan pengetahuan melalui metode ilmiah. Adanya keterbatasan dalam induksi sebagai salah satu prosedur dari metode ilmiah, memberi gambaran kepada kita bahwa kebenaran dalam ilmu pengetahuan bukanlah satu-satunya kebenaran yang ada. Dengan demikian, kebenaran ilmu pengetahuan tidak bisa berjalan sendiri, tetapi di dalam membangun keharmonisan dan keseimbangan hidup, kebenaran ilmu pengetahuan perlu berdampingan dengan kebenaran-kebenaran dari pengetahuan lain, seperti seni, etika dan agama.

    ReplyDelete
  12. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Dalam filsafat, ilmu inductivism seperti pemikirannya David Hume, mengatakan bahwa pernyataan umum (teori) harus didasarkan pada pengamatan empiris, yang kemudian menjadi pernyataan umum yang dapat dianggap sebagai benar atau mungkin benar. Sehingga yang benar atau yang mungkin benar itu berdasar pada pengamatan empiris.

    ReplyDelete
  13. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Berpikir induktif memang kerap kali masih digunakan dalam pembelajaran, biasanya pada anak tingkatan Sekolah Dasar. Pendekatan induktif menekankan pada pengamatan dahulu,lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut. Metode ini sering disebut sebagai sebuah pendekatan pengambilan kesimpulan dari khusus menjadi umum. Bisa jadi guru memberikan pengertian atau definisi melalui pemberian contoh-contoh yang menuju ke satu pengertian atau konsep. Penalaran induktif dilakukan pada pengamatan dan pengalaman ada kelemahannya, yaitu tidak dapat menjamin kesimpulan berlaku umum. Oleh karenanya, matematika hanya dipakai induksi lengkap atau induksi matematika.

    ReplyDelete
  14. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Inductivism merupakan model tradisional pada metode ilmiah yang bertujuan untuk mematahkan pemikiran tradisional yang telah diduga pada zaman Francis Bacon. Perluasan inductivism, menurut positivisme Comtean secara eksplisit bertujuan menentang metafisika, menghindari pemikiran imajinatif, menekankan pengamatan, lalu membuat prediksi, dan mengkonfirmasikannya. Hal ini salah satunya berdasarkan penyataan David Hume yang menyatakan bahwa sesuatu benar atau mungkin benar itu berdasarkan pada pengamatan empiris.

    ReplyDelete
  15. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Inductivism merupakan paham yang menganut aliran pola pikir induktif. Pola pikir induktif dimulai dari hal-hal yang bersifat khusus kemudian diambil sebuah kesimpulan yang bersifat umum. Di dalam matematika, berpikir induktif merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Biasanya diterapkan dalam pembuktian-pembuktian secara induktif. Pada jenjang pendidikan, pembuktian tersebut baru diajarkan ketika anak memasuki jenjang pendidikan menengah atas (SMA). Pemikiran induktif juga lebih condong kepada matematika murni atau true mathematics, bukan matematika sekolah. Karenanya, pemikiran tersebut baru dikenalkan untuk anak pada jenjang sekolah atas.

    ReplyDelete
  16. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Penalaran induktif adalah penalaran dimana berusaha untuk menyediakan bukti kuat untuk kebenaran kesimpulan. Inductivism adalah model tradisional metode ilmiah dijelaskan pada tahun 1620 oleh Francis Bacon. Induktivism atau inductive reasoning memiliki pernyataan yang diperoleh dari hasil pengamatan yaitu keterangan-keterangan observasi. Terdapat banyak sumber atau referensi yang mendefinisikan penalaran induktif sebagai penalaran yang berasal prinsip-prinsip umum dari pengamatan tertentu, meskipun beberapa sumber tidak setuju dengan penggunaan ini.

    ReplyDelete
  17. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika 2016

    Induktif adalah cara mempelajari sesuatu yang bertolak dari hal-hal atau peristiwa khusus untuk menentukan hukum yang umum. Induktif merupakan cara berpikir dimana ditarik suatu kesimpulan yang bersifat umum dari berbagai kasus yang bersifat individual. Penalaran secara induktif dimulai dengan mengemukakan pernyataan-pernyataan yang mempunyai ruang lingkup yang khas dan terbatas dalam menyusun argumentasi yang diakhiri dengan pernyataan yang bersifat umum (filsafat ilmu.hal 48 Jujun.S.Suriasumantri Pustaka Sinar Harapan. 2005). Berpikir induktif adalah metode yang digunakan dalam berpikir dengan bertolak dari hal-hal khusus ke umum. Hukum yang disimpulkan difenomena yang diselidiki berlaku bagi fenomena sejenis yang belum diteliti. Generalisasi adalah bentuk dari metode berpikir induktif. (www.id.wikipedia.com)

    ReplyDelete
  18. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan sumber yang saya baca dari http://plato.stanford.edu/entries/rationalism-empiricism/ bahwa seorang Rasionalis umumnya mengembangkan pandangan mereka dalam dua cara. Pertama, mereka berpendapat bahwa ada kasus di mana isi dari konsep-konsep atau pengetahuan kami outstrips informasi bahwa pengalaman akal dapat menyediakan. Kedua, mereka membangun rekening tentang bagaimana alasan dalam beberapa bentuk atau lain menyediakan bahwa informasi tambahan tentang dunia

    ReplyDelete
  19. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Dalam filsafat ilmu inductivism seperti pemikirannya David Hume, mengatakan bahwa pernyataan umum (teori) harus didasarkan pada pengamatan empiris, yang kemudian menjadi pernyataan umum yang dapat dianggap sebagai benar atau mungkin benar. Sehingga yang benar atau yang mungkin benar itu berdasar pada pengamatan empiris.

    ReplyDelete
  20. Induktivisme merupakan cara pikir untuk memperoleh kesimpulan berdasarkan pada pernyataan-pernyataan yang berlaku khusus kemudian disimpulkan penyataan umumnya. Misal air laut dipanaskan mendidih, air sungai dipanaskan mendidih, air danau dipanaskan mendidih, air hujan dipanaskan mendidih maka diperoleh kesimpulan bahwa air ketika dipanasakan, darimanapun asalnya, akan mendidih. Kemudian akan ada pertanyaan berikutnya pada suhu berapa titik didihnya. Jadi pengetahuan akan terus berkembang tanpa henti dari pengetahuan yang telah ada. Bila pembelajaran yang dilakukan secara saintifik. Jangan langsung percaya dengan perkataan guru atau bacaan tetapi silahkan dicoba dan dibuktikan sehingga akan ada pertanyaan berikutnya dan memancing rasa ingin tahu.

    ReplyDelete
  21. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof ataslink-link yang dibagikan
    Melalui beberapa sumber yang saya baca saya melihat bahwa metode berpikir induktif hadir untuk memberikan pemecahan suatu masalah yang tidak cukup lewat pengalaman, tetapi juga lewat pikiran. Hal itu merupakan buah pikir dari Imanuel Kant yang menyebutkan bahwa kebutuhan untuk menjembatani dunia dengan pengalaman manusia adalah pikiran, yang konstanta bawaannya menentukan ruang, waktu, dan substansi dan menentukan teori ilmiah yang benar.

    Penalaran induktif dimulai dari hal-hal yang sifatnya khusus terlebih dahulu. Maka metode berpikir induktif dimulai dengan mengemukakan pernyataan-pernyataan yang mempunyai ruang lingkup yang khas dan terbatas dalam menyusun argumentasi kemudian diakhiri dengan pernyataan yang bersifat umum

    ReplyDelete
  22. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Inductivism adalah pandangan yang berpendapat bahwa pengetahuan ilmiah diturunkan secara induktif dari pengamatan. Inductivist ingin membuat perbedaan yang antara pengamatan langsung dan teori yang harus dibenarkan berdasarkan dukungan secara induktif. Hal ini diharapkan dapat membentuk pengetahuan dasar yang aman untuk pengetahuan ilmiah. Induktifitas ini secara lebih jauh memandang bahwa teori hanya memiliki makna sejauh mereka dapat diverifikasi dengan pengamatan langsung. Sehingga, apa yang menjadi pernyataan yang dihasilkan dari pengamatan akan diserap oleh sutu teori.

    ReplyDelete
  23. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Inductivism adalah suatu metode ilmiah yang melihat suatu permasalahan dari hal-hal yang bersifat khusus, kemudian di tarik kesimpulannya sebagai suatu suatu permasalahan yang bersifat umum. Biasanya metode ini digunakan untuk mengamati alam, dan membuat suatu aturan mutlak yang dapat jadikan pola atau aturan yang berbentuk struktural dan sistematis untuk melakukan sebuah pengamatan terhadap suatu penelitian ilmiah yang akan dilakukan, metode ini bersifat tidak terbatas dalam membantu peneliti untuk mengamati kejadian-kejadian yang terjadi di alam, sehingga metode ini mempunyai kajian dan cakupan teori yang sangat luas.

    ReplyDelete
  24. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami induktivisme merupakan suatu ideologi yang meyakini bahwa kebenaran sesuatu bisa dicapai dengan cara penalaran induktif. Penalaran induktif merupakan prosedur penalaran yang berpangkal dari peristiwa khusus sebagai hasil pengamatan empiris dan yang kemudian dianalisi dan dipelajari lalu dihasilkan kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat umum. Dalam mencari data empiris ke lapangan dan melakukan penelitian kita tidak harus memiliki konsep yang mendalam tetapi cukup mengamati lapangan dan dari pengamatan lapangan tersebut didapat suatu data atau pengalaman empiris yang kemudian dapat ditarik generalisasi (kesimpulan) dari suatu gejala. Dalam ideologi ini, teori bukanlah syarat mutlak tetapi kecermatan dalam mengamati gejala/mengumpulkan informasi dan memahami gejala merupakan kunci sukses untuk dapat melakukan generalisasi yang tepat.

    ReplyDelete
  25. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. induktivism adalah kebalikan dari deduktivism. Induksi merupakan cara penarikan kesimpulan dari hal yang bersifat khusus ke hal yang bersifat umum. Misal: dari hal-hal yang bersifat khusus seperti, UNY memiliki rektor, UGM memiliki rektor, UIN memiliki rektor, UNHAS memiliki rektor, sehingga dari pernyataan-pernyataan tersebut dapat kita tarik sebuah kesimpulan umum bahwa semua universitas memiliki rektor.

    ReplyDelete
  26. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Kata dasar dari kata DEDUCTIVISM adalah deduksi dimana Induksi itu sendiri dalam KBBI berarti metode pemikiran yang bertolak dari kaidah (hal-hal atau peristiwa) khusus untuk menentukan hukum (kaidah) yang umum atau penarikan kesimpulan berdasarkan keadaan yang khusus untuk diperlakukan secara umum, sehingga INDUCTIVISM dapat diartikan sebagai aliran yang menggunkan alur berpikir indeduksi atau menyimpulkan sesuatu keadaan dari keadaan yang khusus ke yang umum.

    ReplyDelete
  27. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Induktivisme merupakan bagian dari empirisme yang sangat menghargai pengamatan empiris. Induktivisme adalah aliran yang menggunakan landasan berpikir induktif, yaitu ilmu pengetahuan yang berasal dari fakta-fakta observasi. Hasil dari observasi tersebut digunakan sebagai berpikir secara induktif. Induktif juga dapat diartikan sebagai prosedur yang berpangkal dari peristiwa khusus sebagai pengamatan empirik dan berakhir pada suatu kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat umum. Hasil penarikan kesimpulan sebagai salah satu bentuk kebenaran yang diperoleh dengan kajian ilmiah, sangat ditentukan oleh pemikiran induktif.

    ReplyDelete
  28. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Induksi merupakan salah satu pembuktian selain deduktif. Namun bedanya pada induktif pengambilan kesimpulan berdasarkan pengamatan dalam beberapa kejadian. Contohnya saat menjumlahkan a+b+c maka dapat dikerjakan (a+b)+c atau a+(b+c) hal ini berdasarkan pengamatan fenomena penjumlahan dari tiga angka. Dalam matematika khususnya pada pelajaran dengan materi induksi matematika, akan banyak orang beranggapan dari namanya maka induksi matematika termasuk jenis induktif. Namun kenyataannya pembuktiannya merupakan pembutian deduktif. Karena menggunakan rumus-rumus yang telah ada untuk membuktikan suatu rumus terssebut.

    ReplyDelete
  29. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Penalaran induktif berhubungan erat dengan paham empirisme. Secara empirisme, ilmu memisahkan antara semua pengetahuan yang sesuai fakta dan yang tidak. Sebelum teruji secara empiris, semua penjelasan yang diajukan hanyalah bersifat sementara. Penalaran induktif ini berpangkal pada empiris untuk menyusun suatu teori atau kaedah yang berlaku umum.

    ReplyDelete
  30. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Inductivism dapat diartikan sebagai pusatnya pengetahuan yang diperoleh dari fenomena yang spesifik namun dapat ditarik kesimpulan secara umum. Jika dilihat dari metode pendekatan maka induktif sering digunakan pada pendekatan kualitatif. Meski dapat ditarik kesimpulan secara umum namun pola induktif hanya dapat diterapkan pada situasi tertentu saja. Bahkan kesimpulan yang dibuat cenderung berasal dari asumsi-asumsi yang sifatnya subyektif. Melalui sifat induktif sesuatu yang unik dan langka dapat dilihat secara ilmiah.

    ReplyDelete
  31. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Sepemahaman saya berdasarkan beberapa sumber diatas, sesuai dengan definisi induktif sendiri yakni dari hal-hal khusus ke hal-hal general, Inductivism adalah pendekatan logika dimana hukum ilmiah disimpulkan dari fakta atau bukti pengamatan tertentu. Pendekatan ini juga dapat diterapkan pada pengembangan teori dalam ilmu sosial, dengan teori disimpulkan oleh penalaran dari fakta tertentu hingga prinsip umum.

    ReplyDelete
  32. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Saya memprediksikan berdasarkan hasi bacaan, bahwa paham induktivisme membatasi diri pada aksioma, definisi, dan kesimpulan.Kebenaran yang direduksi dari pengalaman .Induktif jelas mengalami pertentangan dengan deduktif.Sifat indukifisme dapat mengeneralkan pengalaman dimana pengalaman satu orang diperuntukkan bagi semau orang.Ini merupakan suatu hal yang mustahil meski sebagian orang menirunya.Tentu akan membawa kebenaran yang palsu.Maka wajar jika Khant mewanti-wanti terkait masalah ini karena akan membawa efek yang buruk bagi keberlangsungan pengetahuan di masa mendatang.

    ReplyDelete
  33. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Tokoh filsuf yang terkenal mengenai induktivisme adalah David Hume. Pemikiran David Hume terkait induktivisme yaitu bahwa teori harus bedasarkan pada pengamatan empiris, sehingga pernyataan yang berdasarkan teori dapat dipercaya kebenarannya dengan melakukan pengamatan. Contoh dari hal yang diamati adalah tedapat sekelompok ikan di akuarium, ikan yang satu bewarna hitam, ikan yang kedua juga bewana hitam, ikan yang ketiga pun bewarna hitam, dan seterusnya. Maka terdapat pernyataan umumnya yaitu semua ikan berwarna hitam, itulah pernyataan umu yang dapat menyimpulkan suatu kejadian secaa induktif.

    ReplyDelete
  34. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Paham Induksi dapat dilihat dengan kegiatan seseorang mengamati alam, mengusulkan sebuah undang-undang sederhana untuk menggeneralisasi pola yang teramati, membenarkannya dengan banyak pengamatan, menobatkan undang-undang yang sedikit lebih luas, dan mengkonfirmasikannya juga, oleh lebih banyak pengamatan, sambil membuang undang-undang yang diputuskan. Itu merupakan beberapa kalimat dari halaman yang terkait pada postingan ini. Dengan kata lain Induktivisme merupakan paham yang berpusat pada suatu pengamatan-pengamatan khusus yang dapat digenerelalisasikan sehingga setiap orang dapat menggunakan paham tersebut dalam menjawab pertanyaan yang ada dalam kehidupannya.

    ReplyDelete
  35. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Induktif adalah penalaran yang menjelaskan permasalahan-permasalahan khusus kemudian diakhiri dengan kesimpulan yang berupa pernyataan umum. Dalam penalaran Induktif diawali dengan pengamatan baru kemudiam menyimpulkan, sehingga penalaran induktif lebih sering digunakan pada anak-anak. Namun, penalaran induktif memiliki kelemahan yaitu kesimpulan yang dihasilkan tidak bisa berlaku secara general.

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Induktivisme merupakan pemikiran yang diawali dengan menganlisis gejala-gejala yang ada atupun contoh-contoh yang khusus untuk kemudian ditarik kesimpulan secara umum. Metode ini biasanya digunakan dalam metode penelitian kualitatif, yakni mengkaji fenomena-fenomena sosial yang kemudian bisa menghasilkan teori. Dalam dunia pendidikan, khusus matematika berfikir induktif sangat baik untuk mengembangkan pembelajaran inquiri yakni melalui contoh-contoh yang ada , siswa diminta untuk menyimpulkan materi. Terima Kasih

    ReplyDelete
  38. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa induktivisme adalah metode saintifik tradisional yang dalam prosesnya, seseorang mengamati suatu objek kebenaran dari sifat atau karakteristik dasarnya kemudian menggeneralisasi pola atau sifat umum yang diamati.

    ReplyDelete
  39. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Induktivisme merupakan kebalikan dari deduktivisme.
    Berdasarkan reverensi http://en.wikipedia.org/wiki/Inductive_reasoning, inductive reasoning atau alasan induktif (berlawanan dengan penalaran deduktif atau alasan abduktif) adalah metode penalaran dimana premis dipandang sebagai bukti kuat untuk membuktikan kebenaran kesimpulan. Sementara kesimpulan dari argumen deduktif sudah pasti, kebenaran kesimpulan argumen induktif mungkin saja terjadi, berdasarkan bukti yang diberikan

    ReplyDelete
  40. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Induktivism adalah lawan dari deduktivism. Inductivism merupakan proses berpikir yang diawali dengan menganlisis gejala-gejala yang ada maupun contoh-contoh yang khusus untuk kemudian ditarik kesimpulan secara umum. Jika deduktivism biasa digunakan dalam penelitian kuantitatif, maka inductivism biasa digunakan dalam metode penelitian kualitatif, yaitu dengan mengkaji fenomena-fenomena sosial yang kemudian bisa menghasilkan teori. Pada matematika, berfikir induktif sangat baik untuk mengembangkan pembelajaran yang berbasis penemuan, siswa diminta untuk memberi contoh-contoh yang ada kemudian menyimpulkan apa yang telah dipelajari.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  41. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Penalaran induktif merupakan prosedur yang berpangkal dari peristiwa khusus sebagai hasil pengamatan empirik dan berakhir pada suatu kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat umum. Dalam studi-studi ilmiah yang dilakukan dengan teknik eksperimen, penggunaan metode induksi sangat dominan dan memberi pengaruh yang kuat. Hasil penarikan kesimpulan sebagai salah satu bentuk kebenaran yang diperoleh dengan kajian ilmiah, sangat besar ditentukan oleh pemikiran empiris.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  42. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas dapat saya pahami bahwa Induktivisme merupakan aliran filsafat kebalikan dari aliran deduktivism. Inductivism merupakan paham atau cara berpikir seseorang dalam memahami sesuatu yang diawali dengan gejala-gejala khusus selanjutnya dari temuan-temuan yang diproleh dibuat kesimpulan secara umum. Induktif dalam mengambil keputusan atau menyimpulkan dengan melakukan pengamatan atau berdasarkan pengalaman yang telah dialami serta berusaha mencari kebenaran (walaupun temuan tersebut belum tentu kebenaran sesungguhnya). Hal ini menunjukkan pemikaran induktif harus berdasarkan pembuktian empiris dan tidak timbul secara langsung dalam pengetahuan manusia.

    ReplyDelete
  43. Junianto
    PM C

    Induktivism merupakan kebalikan dari deduktif dimana induktif merupakan metode penarikan kesimpulan yang diawali dengan permsalahan khusus kemudian digeneralisasikan ke permasalahan umum. Dalam metode ini, penelitian diawali dengan pengamatan terhadap fenomena yang ada terlebih dahulu. Setelah fenomena teramati kemudian diarahkan untuk menarika kesimpulan secara umum dari hasil pengamatan.

    ReplyDelete
  44. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Secara umum induksi dijelaskan sebagai proses berpikir dari khusus ke umum. Induksi bisa mengantarkan manusia pada tingkatan inderawi dan individual menuju ke tingkatan intelektual dan universal. David Hume menyatakan bahwa argumentasi yang bersifat induktif bersandar pada suatu keaneka ragaman, kebiasaan dan pengalaman. MenurutFrancis Bacon, metode induksi adalah induksi yang bertitik pangkal pada pemeriksaan yang diteliti dan telaten mengenai data-data partikular, yang pada tahap selanjutnya rasio dapat bergerak maju menuju penafsiran terhadap alam (interpretatio natura). Untuk mencari dan menemukan kebenaran dengan metode induksi, Bacon mengemukakan ada dua cara yang harus dilakukan, yaitu: rasio yang digunakan harus mengacu pada pengamatan inderawi yang partikular, kemudian mengungkapnya secara umum; dan rasio yang berpangkal pada pengamatan inderawi yang partikular digunakan untuk merumuskan ungkapan umum yang terdekat dan masih dalam jangkauan pengamatan itu sendiri, kemudian secara bertahap mengungkap yang lebih umum di luar pengamatan. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  45. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Dari link yang saya baca, induktivism merupakan salah satu metode ilmiah tradisional. Salah satu tokoh dari induktivism adalah Francis Bacon. Metode imduktivism merupakan suatu metode dimana kita mengamati alam atau suatu objek dan menggeneralisasi pola yang diamati, serta mengkonfirmasinya. Maka dalam metode induktivism tidaklah cukup jika kita hanya mengamati dan menggeneralisasi pola yang diamati. Setelah menggeneralisir kita tidak boleh lupa untuk mengkonfirmasinya dengan teori-teori yang sudah ada sebelumnya.

    ReplyDelete
  46. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Induktif merupakan kebalikan dari deduktif. Metode induktif bertolak dari hal-hal khusus ke umum atau disebut juga sebagai generalisasi. Penalaran induktif merupakan prosedur yang berpangkal dari peristiwa khusus dari pengamatan empirik kemudian menghasilkan suatu kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat umum.

    ReplyDelete
  47. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Induktivisme adalah bagian dari empirisme yang sangat menghargai pengamatan empiris. Empirisme dan Induktif, artinya segala sesuatu yang dibicarakan dan cara penyelesaiannya harus bersumber pada hal-hal yang empiris. Pemikiran empirisme lahir sebagai suatu sanggahan terhadap aliran filsafat rasionalisme, yaitu yang mengutamakan akal sebagai sumber pengetahuan.

    ReplyDelete
  48. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Induktivism adalah metode ilmiah yang dikaitkan dengan salah satu tokohnya yaitu Fancis Bacon (1620).
    Metode seperti itu sangat penting dalam penalaran ilmiah dan juga dalam urusan sehari-hari kita. Inductivism berasal dari pengamatan efek serupa terhadap penyebab yang serupa, dan menggeneralisasi secara tak terbatas-yaitu, dengan induksi pencacahan - ke hukum universal.

    ReplyDelete
  49. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Penalaran Induksi adalah menjabarkan hal khusus ke hal yang umum. Menurut Bacon, metode induksi yang tepat adalah induksi yang bertitik pangkal pada pemeriksaan yang diteliti dan telaten mengenai data-data partikular, yang pada tahap selanjutnya rasio dapat bergerak maju menuju penafsiran terhadap alam (interpretatio natura).

    ReplyDelete
  50. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Jika deduktif merupakan metode brfikir dari hal-hal yang bersifat umum ke khusus, maka induktif merupakan metode berfikir dari hal-hal yang khusus ke umum. Dalam metode induktif, kita dapat melihat hal-hal yang bersifat khusus kemudian menariknya menjadi sebuah kesimpulan. Dalam pembelajaran matematika, induktif dapat dijadikan sebagai salah satu proses untuk mengkonstruk pengetahuan siswa. Misalnya, siswa menganalisis contoh-contoh tentang persamaan kuadrat dan menemukan konsep persamaan kuadrat.

    ReplyDelete
  51. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Pola pemikiran induktivisim berasal dari hal-hal yang bersifat khusus menuju ke hal yang lebih umum. Dalam membangun pemikiran induktif seseorang perlu mengkaji suatu kekhususan secara mendetail. Karena tanpa pengkajian yang jelas maka generalisasi atau kesimpulan umum yang diambil tidaklah kuat atau bahkan dapat menimbulkan kesesatan.

    ReplyDelete
  52. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Inductivism adalah model tradisional dari sebuah metode ilmiah. Inductivism sebenarnya berlawanan dengan deductivism yaitu metode penalaran dimana premis dipandang sebagai bukti kuat untuk membuktikan kebenaran kesimpulan. Definisi filosofis penalaran inductivism lebih bernuansa daripada perkembangan sederhana dari kasus tertentu / individu ke generalisasi yang lebih luas. Sebaliknya, premis dari argumen logis inductivism menunjukkan beberapa tingkat dukungan (probabilitas inductive) untuk kesimpulan tetapi tidak memerlukannya. Dalam arti kata, mereka menyarankan kebenaran tapi tidak memastikannya. Dengan cara ini, ada kemungkinan pindah dari pernyataan umum ke kasus individu (misalnya, silogisme statistik, yang dibahas di bawah).

    ReplyDelete
  53. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Jika kita mengenal deduktif merupakan suatu penjelasan dari hal yang umum menuju hal yang khusus, maka induktif disini merupakan lawan dari deduktif. Induktif lebih ke menjelaskan sesuatu dari yang khusus diketahui menuju sesuatu yang umum. Penjelasan ini merupakan selalu mengumpulkan bukti-bukti dari yang khusus untuk dijadikan penjelasan yang universal/umum.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  54. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Dalam pembuktian matematika, selain adanya pembuktian dari umum ke khusu (deduktif) juga ada yang dari khusus ke umum (induktif). Artinya kesimpulan diambil dengan menggenarilsasikan beberapa pernyataan yang bersifat khusu ke dalam bentuk umum dan kesimpulan tersebut dapat berlaku juga bagi yang lain. Pembuktian seperti ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk bidang matematika, namun daam sains juga demikian. Seorang induktivis memiliki pernyataan yang diperoleh dari hasil pengamatan berupa keterangan-keterangan observasi yang mengungkapkan sifat atau perilaku beberapa aspek dari alam semesta.

    ReplyDelete
  55. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Induktivisme merupakan bagian dari empirik dengan cara pandang atau cara mengetahui pengetahuan yang berdasarkan pengalaman. Adapun proses mendapatkan pengetahuan tersebut dengan menggunakan metode induksi, yaitu prosedur yang berpangkal dari peristiwa khusus sebagai hasil pengamatan empirik dan berakhir pada suatu kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat umum. Kemunculan pemikiran ini adalah atas tidak adanya kesamaan pemahaman tentang sumber pengetahuan berasal dari akal, yaitu pemahaman dari kelompok rasionalisme.

    ReplyDelete
  56. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Penalaran Induksi adalah menjabarkan hal khusus ke hal yang umum. Menurutnya Bacon, metode induksi yang tepat adalah induksi yang bertitik pangkal pada pemeriksaan yang diteliti dan telaten mengenai data-data partikular, yang pada tahap selanjutnya rasio dapat bergerak maju menuju penafsiran terhadap alam (interpretatio natura).
    Menurut pandangan Hume, penalaran induksi sering pula dikaitkan dengan sebuah korelasi atau hubungan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap dua buah kejadian yang berbeda

    ReplyDelete
  57. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Induktif merupakan sebuah penalaran yang melakukan penjelasan dengan diawali dengan permasalahan-permasalahan khusus (pembuktian dan contoh-contoh fakta) yang diakhiri dengan kesimpulan yang berupa pernyataan umum. Penalaran deduktif menghubungkan semua bukti dengan kesimpulan. Jika semua bukti benar, istilahnya sudah jelas, dan aturan logika deduktif diikuti, maka kesimpulannya tentu akan benar.

    ReplyDelete
  58. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Penalaran induktif memiliki definisi yang berlawanan dari penalaran deduktif. Penalaran induktif adalah metode penalaran dimana premis dipandang sebagai bukti yang kuat untuk membuktikan kebenaran dari suatu kesimpulan. Secara filosofis, penalaran induktif lebih memiliki nuansa dibandingkan perkembangan sederhana dari kasus tertentu ke generalisasi yang lebih luas. Sebaliknya, premis dari argumen logis induktif menunjukkan probabilitas induktif yaitu beberapa tingkat dukungan untuk kesimpulan namun hal itu tidak dibutuhkan. Contohnya silogisme statistik.

    ReplyDelete
  59. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Inductivism berasal dari kata induktif, yaitu sesuatu yang berawal dari yang khusus menjadi kesimpulan yang umum. Jadi inductivism adalah sebuah paham yang memandang segalanya dari hal yang khsusus dan akhirnya meluas dengan adanya sumber-sumber dan pembuktian sehingga akan menghasilkan sebuah kesimpulan yang sifatnya umum. Umum disini berarti kesimpulan yang ada, berlaku untuk semua kategori yang senada.

    ReplyDelete
  60. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Banyak cara yang dapat digunakan dalam memaknai sesuatu. Seperti Induktif yang menarik kesimpulan dari khusus ke umum. Dalam induktif, penarikan kesimpulan dapat berawal dari contoh-contoh yang kemudian digeneralisasi menjadi suatu konsepp yang nantinya akan dipahami lebih jauh.

    ReplyDelete