Dec 2, 2012

INDUCTIVISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang INDUCTIVISM, koneklah:







Wss Wr Wb

10 comments:

  1. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Dalam filsafat ilmu inductivism seperti pemikirannya David Hume, mengatakan bahwa pernyataan umum (teori) harus didasarkan pada pengamatan empiris, yang kemudian menjadi pernyataan umum yang dapat dianggap sebagai benar atau mungkin benar. Sehingga yang benar atau yang mungkin benar itu berdasar pada pengamatan empiris.

    ReplyDelete
  2. Induktivisme merupakan cara pikir untuk memperoleh kesimpulan berdasarkan pada pernyataan-pernyataan yang berlaku khusus kemudian disimpulkan penyataan umumnya. Misal air laut dipanaskan mendidih, air sungai dipanaskan mendidih, air danau dipanaskan mendidih, air hujan dipanaskan mendidih maka diperoleh kesimpulan bahwa air ketika dipanasakan, darimanapun asalnya, akan mendidih. Kemudian akan ada pertanyaan berikutnya pada suhu berapa titik didihnya. Jadi pengetahuan akan terus berkembang tanpa henti dari pengetahuan yang telah ada. Bila pembelajaran yang dilakukan secara saintifik. Jangan langsung percaya dengan perkataan guru atau bacaan tetapi silahkan dicoba dan dibuktikan sehingga akan ada pertanyaan berikutnya dan memancing rasa ingin tahu.

    ReplyDelete
  3. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof ataslink-link yang dibagikan
    Melalui beberapa sumber yang saya baca saya melihat bahwa metode berpikir induktif hadir untuk memberikan pemecahan suatu masalah yang tidak cukup lewat pengalaman, tetapi juga lewat pikiran. Hal itu merupakan buah pikir dari Imanuel Kant yang menyebutkan bahwa kebutuhan untuk menjembatani dunia dengan pengalaman manusia adalah pikiran, yang konstanta bawaannya menentukan ruang, waktu, dan substansi dan menentukan teori ilmiah yang benar.

    Penalaran induktif dimulai dari hal-hal yang sifatnya khusus terlebih dahulu. Maka metode berpikir induktif dimulai dengan mengemukakan pernyataan-pernyataan yang mempunyai ruang lingkup yang khas dan terbatas dalam menyusun argumentasi kemudian diakhiri dengan pernyataan yang bersifat umum

    ReplyDelete
  4. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Inductivism adalah pandangan yang berpendapat bahwa pengetahuan ilmiah diturunkan secara induktif dari pengamatan. Inductivist ingin membuat perbedaan yang antara pengamatan langsung dan teori yang harus dibenarkan berdasarkan dukungan secara induktif. Hal ini diharapkan dapat membentuk pengetahuan dasar yang aman untuk pengetahuan ilmiah. Induktifitas ini secara lebih jauh memandang bahwa teori hanya memiliki makna sejauh mereka dapat diverifikasi dengan pengamatan langsung. Sehingga, apa yang menjadi pernyataan yang dihasilkan dari pengamatan akan diserap oleh sutu teori.

    ReplyDelete
  5. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Inductivism adalah suatu metode ilmiah yang melihat suatu permasalahan dari hal-hal yang bersifat khusus, kemudian di tarik kesimpulannya sebagai suatu suatu permasalahan yang bersifat umum. Biasanya metode ini digunakan untuk mengamati alam, dan membuat suatu aturan mutlak yang dapat jadikan pola atau aturan yang berbentuk struktural dan sistematis untuk melakukan sebuah pengamatan terhadap suatu penelitian ilmiah yang akan dilakukan, metode ini bersifat tidak terbatas dalam membantu peneliti untuk mengamati kejadian-kejadian yang terjadi di alam, sehingga metode ini mempunyai kajian dan cakupan teori yang sangat luas.

    ReplyDelete
  6. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami induktivisme merupakan suatu ideologi yang meyakini bahwa kebenaran sesuatu bisa dicapai dengan cara penalaran induktif. Penalaran induktif merupakan prosedur penalaran yang berpangkal dari peristiwa khusus sebagai hasil pengamatan empiris dan yang kemudian dianalisi dan dipelajari lalu dihasilkan kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat umum. Dalam mencari data empiris ke lapangan dan melakukan penelitian kita tidak harus memiliki konsep yang mendalam tetapi cukup mengamati lapangan dan dari pengamatan lapangan tersebut didapat suatu data atau pengalaman empiris yang kemudian dapat ditarik generalisasi (kesimpulan) dari suatu gejala. Dalam ideologi ini, teori bukanlah syarat mutlak tetapi kecermatan dalam mengamati gejala/mengumpulkan informasi dan memahami gejala merupakan kunci sukses untuk dapat melakukan generalisasi yang tepat.

    ReplyDelete
  7. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. induktivism adalah kebalikan dari deduktivism. Induksi merupakan cara penarikan kesimpulan dari hal yang bersifat khusus ke hal yang bersifat umum. Misal: dari hal-hal yang bersifat khusus seperti, UNY memiliki rektor, UGM memiliki rektor, UIN memiliki rektor, UNHAS memiliki rektor, sehingga dari pernyataan-pernyataan tersebut dapat kita tarik sebuah kesimpulan umum bahwa semua universitas memiliki rektor.

    ReplyDelete
  8. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Kata dasar dari kata DEDUCTIVISM adalah deduksi dimana Induksi itu sendiri dalam KBBI berarti metode pemikiran yang bertolak dari kaidah (hal-hal atau peristiwa) khusus untuk menentukan hukum (kaidah) yang umum atau penarikan kesimpulan berdasarkan keadaan yang khusus untuk diperlakukan secara umum, sehingga INDUCTIVISM dapat diartikan sebagai aliran yang menggunkan alur berpikir indeduksi atau menyimpulkan sesuatu keadaan dari keadaan yang khusus ke yang umum.

    ReplyDelete
  9. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Induktivisme merupakan bagian dari empirisme yang sangat menghargai pengamatan empiris. Induktivisme adalah aliran yang menggunakan landasan berpikir induktif, yaitu ilmu pengetahuan yang berasal dari fakta-fakta observasi. Hasil dari observasi tersebut digunakan sebagai berpikir secara induktif. Induktif juga dapat diartikan sebagai prosedur yang berpangkal dari peristiwa khusus sebagai pengamatan empirik dan berakhir pada suatu kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat umum. Hasil penarikan kesimpulan sebagai salah satu bentuk kebenaran yang diperoleh dengan kajian ilmiah, sangat ditentukan oleh pemikiran induktif.

    ReplyDelete
  10. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Induksi merupakan salah satu pembuktian selain deduktif. Namun bedanya pada induktif pengambilan kesimpulan berdasarkan pengamatan dalam beberapa kejadian. Contohnya saat menjumlahkan a+b+c maka dapat dikerjakan (a+b)+c atau a+(b+c) hal ini berdasarkan pengamatan fenomena penjumlahan dari tiga angka. Dalam matematika khususnya pada pelajaran dengan materi induksi matematika, akan banyak orang beranggapan dari namanya maka induksi matematika termasuk jenis induktif. Namun kenyataannya pembuktiannya merupakan pembutian deduktif. Karena menggunakan rumus-rumus yang telah ada untuk membuktikan suatu rumus terssebut.

    ReplyDelete