Dec 2, 2012

INDUCTIVISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang INDUCTIVISM, koneklah:







Wss Wr Wb

38 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Induktivisme merupakan bagian dari empirik dengan cara pandang atau cara mengetahui pengetahuan yang berdasarkan pengalaman. Adapun proses mendapatkan pengetahuan tersebut dengan menggunakan metode induksi, yaitu prosedur yang berpangkal dari peristiwa khusus sebagai hasil pengamatan empirik dan berakhir pada suatu kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat umum. Kemunculan pemikiran ini adalah atas tidak adanya kesamaan pemahaman tentang sumber pengetahuan berasal dari akal, yaitu pemahaman dari kelompok rasionalisme. Dalam induksi, tidak ada kesimpulan yang memiliki nilai kebenaran yang pasti. Yang ada hanyalah kesimpulan dengan probabilitas benar atau peluang kebenaran.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Induktif merupakam model tradisional dalam metode saintifik yang diterangkan pada tahun 1620 oleh Francis Bacon. Induktivisme dipandang sebagai aliran yang menggunakan landasan berpikir induktif adalah yang ingin dikaji karena kedudukannya yang sangat penting dalam metode ilmiah. Penalaran induktif merupakan prosedur yang berpangkal dari peristiwa khusus sebagai hasil pengamatan empirik dan berakhir pada suatu kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat umum.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Induksi adalah cara mempelajari sesuatu yang bertolak dari hal-hal atau peristiwakhusus untuk menentukan hukum yang umum. Induksi merupakan cara berpikir dimana ditarik suatu kesimpulan yang bersifat umum dari berbagai kasus yang bersifat individual. Penalaran secara induktif dimulai dengan mengemukakan pernyataan-pernyataan yang mempunyai ruang lingkup yang khas dan terbatas dalam menyusun argumentasi yang diakhiri dengan pernyataan yang bersifat umum.

    ReplyDelete
  4. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    induktifisme terbagi atas 2 bagian yaitu Versi naif dan versi modern. Contoh versi naif adalah seperti yang dinyatakan David Hume bahwa pernyataan umum (teori) harus didasarkan pada pengamatan empiris, yang kemudian digeneralisasi ke dalam laporan yang baik dapat dianggap sebagai benar atau mungkin benar.Contoh klasik berangkat dari serangkaian pengamatan: angsa pertama adalah putih, angsa kedua putih ... angsa ketiga putih ... dengan pernyataan umum: Semua angsa berwarna putih.begitulah pernyataan umum dengan menyimpulkan secara induktif

    ReplyDelete
  5. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Induktivisme dan empirisme sebagai aliran yang menggunakan landasan berpikir induktif adalah yang ingin dikaji karena kedudukannya yang sangat penting dalam metode ilmiah. Dalam induksi, tidak ada kesimpulan yang memiliki nilai kebenaran yang pasti. Yang ada hanyalah kesimpulan dengan probabilitas benar atau peluang kebenaran. Menurut Chalmer (1983), kondisi yang harus dipenuhi agar generalisasi atau kesimpulan dianggap benar dan sah oleh induktivis disebutkan sebagai berikut : makin besar jumlah observasi yang membentuk dasar induksi, makin besar variasi kondisi dimana observasi dilakukan, dan keterangan observasi yang sudah diterima tidak boleh bertentangan dengan hukum universal yang menjadi simpulannya.

    ReplyDelete
  6. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Inductivism adalah model tradisional metode ilmiah yang dikaitkan dengan Francis Bacon , yang pada tahun 1620 berjanji untuk menumbangkan pemikiran tradisional yang diduga. Dalam model Baconian, seseorang mengamati alam, mengusulkan sebuah undang-undang sederhana untuk menggeneralisasi pola yang teramati, membenarkannya dengan banyak pengamatan, menghasilkan hukum yang lebih rendah, dan mengonfirmasikannya juga, oleh lebih banyak pengamatan, sambil membuang undang-undang yang diputuskan. Undang-undang tumbuh semakin luas namun tidak pernah jauh melebihi pengamatan yang cermat dan cermat. Dengan demikian terbebas dari prasangka, para ilmuwan secara bertahap mengungkap struktur sebab-akibat dan material alami.
    Pada 1740, David Hume menemukan banyak hambatan untuk menggunakan pengalaman untuk menyimpulkan kausalitas. Hume mencatat ketidaktahuan induksi enumeratif - generalisasi yang tidak pasti untuk kasus tertentu terhadap semua kejadian, dan menyatakan sebuah hukum universal - sejak manusia mengamati urutan kejadian sensorik, bukan sebab dan akibat. Oleh karena itu, manusia memandang baik kebutuhan logis maupun alami atau kemustahilan di antara berbagai peristiwa. Kemudian para filsuf akan memilih, menyoroti, dan menjuluki prinsip Humean - garpu Hume , masalah induksi , dan hukum Hume - meskipun Hume menerima ilmu empiris sebagai sesuatu yang pasti bersifat induktif.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Inductivism merupakan model tradisional pada metode ilmiah yang bertujuan untuk mematahkan pemikiran tradisional yang telah diduga pada zaman Francis Bacon. David Hume menemukan banyak hambatan dalam penggunaan pengalaman guna menyimpulkan kausalitas. Hume mencatat ketidaktahuan dari induksi induksi-generalisasi tak terbatas untuk kasus tertentu terhadap semua kejadian, dan menyatakan hukum universal bukan sebab dan akibat. Inductivism berasal dari pengamatan akibat terhadap penyebab yang serupa, dan menggeneralisasi secara tak terbatas dengan induksi pencacahan - terhadap hukum universal. Perluasan inductivism, menurut positivisme Comtean secara eksplisit bertujuan menentang metafisika, menghindari pemikiran imajinatif, menekankan pengamatan, lalu membuat prediksi, mengkonfirmasikannya.

    ReplyDelete
  8. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Induktivisme mengatakan bahwa pernyataan umum (teori) harus didasarkan pada pengamatan empiris, yang kemudian menjadi pernyataan umum yang dapat dianggap sebagai benar atau mungkin benar. Sehingga yang benar atau yang mungkin benar itu berdasar pada pengamatan empiris. Menurut induktivisme, ilmu adalah pengetahuan yang diturunkan dari fakta-fakta pengalaman. Teori-teori ilmiah diturunkan dari fakta-fakta pengalaman yang diperoleh melalui observasi dan eksperimen. Ilmu pengetahuan didasarkan pada apa yang dapat kita lihat, dengar dan raba.

    ReplyDelete
  9. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Metode induktif berawal dari hal khusus ke hal umum. Bisa juga diperoleh dengan metode coba-coba dengan berdasarkan pada penalaran (pengalaman indra/empirik).
    Sehingga dari berbagai penalaran yang diperoleh dari pengalaman secara indra wi digeneralisasikan.

    ReplyDelete
  10. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Definisi filosofis penalaran induktif lebih bernuansa daripada perkembangan sederhana dari kasus tertentu / individual ke generalisasi yang lebih luas. Sebaliknya, premis argumen logis induktif menunjukkan beberapa tingkat dukungan (probabilitas induktif) untuk kesimpulan tetapi tidak memerlukannya. Banyak kamus mendefinisikan penalaran induktif sebagai turunan dari prinsip-prinsip umum dari pengamatan spesifik, meskipun beberapa sumber tidak setuju dengan penggunaan ini.

    ReplyDelete
  11. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dalam metode induktif dbutuh banyak fakta. Yang mana fakta ini diperoleh dari banyak pengalaman baik yang diperoleh secara audio maupun visual.
    Selanjutnya fakta-fakta yang diperoleh dihimpun dan digeneralisasikan untuk memperoleh hal yang umum.

    ReplyDelete
  12. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://en.wikipedia.org/wiki/Inductivism Inductivism adalah model tradisional metode ilmiah yang dikaitkan dengan Francis Bacon, yang pada tahun 1620 berjanji untuk menumbangkan pemikiran tradisional yang diduga. Dalam model Baconian, seseorang mengamati alam, mengusulkan sebuah ide sederhana untuk menggeneralisasi pola yang teramati, membenarkannya dengan banyak pengamatan, menghasilkan hukum yang lebih rendah, dan mengonfirmasikannya juga, oleh lebih banyak pengamatan, sambil membuang undang-undang yang diputuskan. Undang-undang tumbuh semakin luas namun tidak pernah jauh melebihi pengamatan yang cermat dan cermat. Dengan demikian terbebas dari prasangka, para ilmuwan secara bertahap mengungkap struktur sebab-akibat dan material alami.

    ReplyDelete
  13. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Induktivisme adalah penalaran secara induktif, yaitu pengetahuan yang berasal dari observasi-observasi atau pengamatan secara cermat. Induktivisme berasal dari kejadian-kejadian khusus yang kemudian disimpulkan dan bisa jadi kesimpulannya bersifat umum, meski asalnya dari observasi hal-hal khusus

    ReplyDelete
  14. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Strategi pembelajaran ini menghendaki penarikan kesimpulan didasarkan atas fakta-fakta yang kongkrit sebanyak mungkin. Semakin banyak fakta semakin mendukung hasil simpulan. Pada pendekatan induktif dimulai denganmemberikan bermacam-macam contoh. Dari contoh-contoh tersebut siswa mengerti keteraturan dan kemudian mengambil keputusan yang bersifat umum .Pendekatan induktif adalah suatu strategi yang direncanakan untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kreatif melalui observasi, membandingkan, penemuan pola, dan menggeneralisasikannya. Guru biasanya menciptakan suasana aktif belajar dengan mendorong siswa mengadakan pengamatan dan memfokuskan pengamatan melalui pertanyaan-pertanyaan.

    ReplyDelete
  15. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Pada pendekatan induktif ini seorang siswa harus lebih aktif. Biasanya pembelajaran dilakukan dengan cara eksperimen, diskusi, dan demonstrasi. Struktur sosial dalam pembelajaran menjadi ciri lingkungan kelas yang sangat dibutuhkan untuk belajar melalui strategi pembelajaran induktif. Pembelajaran induktif mensyaratkan sebuah lingkungan belajar yang mana di dalamnya siswa merasa bebas dan terlepas dari resiko takut dan malu saat memberikan pendapat, bertanya, membuat konklusi dan jawaban. Mereka harus bebas dari kritik tajam yang dapat menjatuhkan semangat belajar.

    ReplyDelete
  16. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Induktivis merupakan cara berpikir dengan melihat sesuat yang bersifat khusus kemudian terarah pada sesuatu yang sifatnya lebih umum. Diawali dengan berpikir dengan hal-hal khusus yang kemudian dapat diperoleh penggeneralisasian. Dalam matematika misalnya dengan contoh-contoh yang kemudian dari contoh yang dikerjakan oleh siswa, siswa mampu menemukan suatu kesimpulan yang dapat berlaku secara umum pada suatu materi tertentu. Pemikiran induktif dari sifat kecil kemudian dapat menemukan konteks pemikiran yang lebih luas.

    ReplyDelete
  17. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    At 1740, David Hume found multiple obstacles to use of experience to infer causality. Hume noted the illogicality of enumerative induction—unrestricted generalization for particular instances to all instances, and stating a universal law—since humans observe sequence of sensory events, not cause and effect. Humans thus perceive neither logical nor natural necessity or impossibility among events. Later philosophers would select, highlight, and nickname Humean principles—Hume's fork, problem of induction, and Hume's law—although Hume accepted the empirical sciences as inevitably inductive, after all.
    Alarmed by Hume's seemingly radical empiricism, Immanuel Kant identified its apparent opposite, rationalism, as favored by Descartes and by Spinoza. Seeking middle ground, Kant identified that the necessity bridging the world in itself to human experience is the mind, whose innate constants thus determine space, time, and substance and determine the correct scientific theory. Though protecting both metaphysics and Newtonian physics, Kant discarded scientific realism by restricting science to tracing appearances (phenomena), not unveiling reality (noumena). Kant's transcendental idealism launched German idealism—increasingly speculative metaphysics—while philosophers continued awkward confidence in empirical sciences as inductive.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Inductivism

    ReplyDelete
  18. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Inductivism adalah model tradisional metode ilmiah yang dikaitkan dengan Francis Bacon. Inductivism juga merupakan metode yang digunakan untuk memprediksi atau menyimpulkan. Metode seperti ini sangat penting dalam penalaran ilmiah dan juga dalam menyelesaikan masalah sehari – hari sehingga metode ini mempunyai ruang lingkup yang luas dalam kontribusinya terhadap ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  19. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Pada elegi sebelumnya telah dibahas terkait deduktivism yang tentunya berkaitan dengan induktivism. Dimana telah kita ketahui bahwa Induktivisme merupakan antitesis dari deduktivisme, di mana kebenaran dalam pernyataan yang bersifat khusus digeneralisasikan menjadi suatu kesimpulan yang bersifat umum. Menurut Bacon, metode induksi yang tepat adalah induksi yang bertitik pangkal pada pemeriksaan yang diteliti dan telaten mengenai data-data partikular, yang pada tahap selanjutnya rasio dapat bergerak maju menuju penafsiran terhadap alam. Untuk mencari dan menemukan kebenaran dengan metode induksi, Bacon mengemukakan ada dua cara yang harus dilakukan, yaitu:(1) Rasio yang digunakan harus mengacu pada pengamatan inderawi yang partikular, kemudian mengungkapnya secara umum. (2) Rasio yang berpangkal pada pengamatan inderawi yang partikular digunakan untuk merumuskan ungkapan umum yang terdekat dan masih dalam jangkauan pengamatan itu sendiri, kemudian secara bertahap mengungkap yang lebih umum di luar pengamatan.

    ReplyDelete
  20. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Inductivism merupakan kontradiksi dari deductivism. Dimana Inductivism adalah suatu aliran dalam filsafat yang memandang bahwa metode berpikir kita itu secara induktif. Induktif artinya kita memulai dari premis khusus kemudian ke premis umum. Atau dengan kata lain kesimpulan berada di akhir. Dalam matematika saya berikan contoh, seperti dari contoh-contoh kemudian memperoleh bentuk umumnya/rumus umum.

    ReplyDelete
  21. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Penalaran induktif merupakan prosedur yang berpangkal dari peristiwakhusus sebagai hasil pengamatan empirik dan berakhir pada suatu kesimpulanatau pengetahuan baru yang bersifat umum. Hal ini berkebalikan dengan penalaran deduktif. Tidak perlu konsep yang canggih dalam melakukan pengamatan penelitian di lapangan, namun penelitian ini dapat ditarik dari generalisasi dari suatu gejala. Dalam hal ini konteks ini, teori bukan merupakan syarat mutlak, namun hal penting adalah dapat melakukan generalisasi.

    ReplyDelete
  22. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Untuk memaknai sesuatu hal ada banyak cara diantaranya deduktif yang menarik kesimpulan yang khusus menuju ke kesimpulan umum. Dalam induktif, penarikan kesimpulan biasanya berawal dari contoh-contoh yang kemudian digeneralisasi menjadi suatu konsep yang nantinya akan dipahami lebih jauh lagi.

    ReplyDelete
  23. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Sedangkan inductivism menyimpulkan pengamatan serupa terhadap penyebab yang sama, dan menggeneralisasikan secara tak terbatas-yaitu, dengan induksi pencacahan - ke hukum universal. [5] Memperluas inductivism, positivisme Comtean secara eksplisit bertujuan untuk menentang metafisika, menghindari pemikiran imajinatif, menekankan pengamatan, lalu membuat prediksi, mengkonfirmasikannya, dan menyatakan undang-undang. Induktif disini berarti berawal dari khusus menuju ke umum. Kebalikan dari deduktif. Sehingga hal-hal yang khusus menuju ke hal-hala yang umu. Sehingga matematika itu diajarkan dengan cara induktif.

    ReplyDelete
  24. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    logika induktif merupakan cara penarikan kesimpulan dari kasus individual nyata menjadi kesimpulan yang bersifat umum. Logika induktif, merupakan cara berpikir untuk menarik kesimpulan dari kasus khusus atau contoh menuju kasus umum atau dalil atau hukum atau kesimpulan umum. Orientasi filosofis dari logika induktif adalah lebih mengarah ke aliran empirisme. Dalam matematika Karakteristik berpikir induktif antara lain, dasar teori statistik adalah teori peluang oleh karena itu statistik merupakan pengetahuan yang memungkinkan manusia untuk menarik kesimpulan secara induktif. Jadi, statistik adalah salah satu cara menarik kesimpulan induktif secara valid.

    ReplyDelete
  25. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya mendapatkan pemahaman baru tentang paham filsafat yaitu inductivism. Dimana inductivism ini menyimpulkan dari pengamatan efek yang mirip dengan penyebab yang sama. Misalnya dalam pembelajaran matematika induktiv ini sangat ditekankan pada level anak sekolah dasar dimana mereka tidak terlalu menekankan proses abstraksi. sehingga pembelajarannya berawal dari contoh-contoh yang kemudian di universalkan keaslian ilmunya. Namun untuk level pendidikan yang tinggi, induktif ini semakin berkurang karena diperlukannya dalam deduktif.

    ReplyDelete
  26. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Induktivisme adalah model tradisional dari metode ilmiah yang dikaitkan terhadap Francis Bacon dimana Bacon merumuskan dasar-dasar berpikir induktif. Pendekatan induktif Bacon adalah dengan memulai bagian-bagian yang bisa diamati (khusus) dan kemudian berpikir ke dalam pernyataan-pernyataan umum ataupun hukum-hukum, bertolak belakang dengan pendekatan scholastik Aristotelian, karena induksi tersebut menuntut verifikasi bagian-bagian spesifik sebelum sebuah keputusan dibuat. Adapun, induktivisme tidak dimaksudkan untuk menimbulkan keraguan tentang peranan induksi dalam pembentukan pengetahuan melalui metode ilmiah. Adanya keterbatasan dalam induksi sebagai salah satu prosedur dari metode ilmiah, memberi gambaran kepada kita bahwa kebenaran dalam ilmu pengetahuan bukanlah satu-satunya kebenaran yang ada. Dengan demikian, kebenaran ilmu pengetahuan tidak bisa berjalan sendiri, tetapi di dalam membangun keharmonisan dan keseimbangan hidup, kebenaran ilmu pengetahuan perlu berdampingan dengan kebenaran-kebenaran dari pengetahuan lain, seperti seni, etika dan agama.

    ReplyDelete
  27. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Dalam filsafat, ilmu inductivism seperti pemikirannya David Hume, mengatakan bahwa pernyataan umum (teori) harus didasarkan pada pengamatan empiris, yang kemudian menjadi pernyataan umum yang dapat dianggap sebagai benar atau mungkin benar. Sehingga yang benar atau yang mungkin benar itu berdasar pada pengamatan empiris.

    ReplyDelete
  28. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Berpikir induktif memang kerap kali masih digunakan dalam pembelajaran, biasanya pada anak tingkatan Sekolah Dasar. Pendekatan induktif menekankan pada pengamatan dahulu,lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut. Metode ini sering disebut sebagai sebuah pendekatan pengambilan kesimpulan dari khusus menjadi umum. Bisa jadi guru memberikan pengertian atau definisi melalui pemberian contoh-contoh yang menuju ke satu pengertian atau konsep. Penalaran induktif dilakukan pada pengamatan dan pengalaman ada kelemahannya, yaitu tidak dapat menjamin kesimpulan berlaku umum. Oleh karenanya, matematika hanya dipakai induksi lengkap atau induksi matematika.

    ReplyDelete
  29. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Inductivism merupakan model tradisional pada metode ilmiah yang bertujuan untuk mematahkan pemikiran tradisional yang telah diduga pada zaman Francis Bacon. Perluasan inductivism, menurut positivisme Comtean secara eksplisit bertujuan menentang metafisika, menghindari pemikiran imajinatif, menekankan pengamatan, lalu membuat prediksi, dan mengkonfirmasikannya. Hal ini salah satunya berdasarkan penyataan David Hume yang menyatakan bahwa sesuatu benar atau mungkin benar itu berdasarkan pada pengamatan empiris.

    ReplyDelete
  30. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Inductivism merupakan paham yang menganut aliran pola pikir induktif. Pola pikir induktif dimulai dari hal-hal yang bersifat khusus kemudian diambil sebuah kesimpulan yang bersifat umum. Di dalam matematika, berpikir induktif merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Biasanya diterapkan dalam pembuktian-pembuktian secara induktif. Pada jenjang pendidikan, pembuktian tersebut baru diajarkan ketika anak memasuki jenjang pendidikan menengah atas (SMA). Pemikiran induktif juga lebih condong kepada matematika murni atau true mathematics, bukan matematika sekolah. Karenanya, pemikiran tersebut baru dikenalkan untuk anak pada jenjang sekolah atas.

    ReplyDelete
  31. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Penalaran induktif adalah penalaran dimana berusaha untuk menyediakan bukti kuat untuk kebenaran kesimpulan. Inductivism adalah model tradisional metode ilmiah dijelaskan pada tahun 1620 oleh Francis Bacon. Induktivism atau inductive reasoning memiliki pernyataan yang diperoleh dari hasil pengamatan yaitu keterangan-keterangan observasi. Terdapat banyak sumber atau referensi yang mendefinisikan penalaran induktif sebagai penalaran yang berasal prinsip-prinsip umum dari pengamatan tertentu, meskipun beberapa sumber tidak setuju dengan penggunaan ini.

    ReplyDelete
  32. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika 2016

    Induktif adalah cara mempelajari sesuatu yang bertolak dari hal-hal atau peristiwa khusus untuk menentukan hukum yang umum. Induktif merupakan cara berpikir dimana ditarik suatu kesimpulan yang bersifat umum dari berbagai kasus yang bersifat individual. Penalaran secara induktif dimulai dengan mengemukakan pernyataan-pernyataan yang mempunyai ruang lingkup yang khas dan terbatas dalam menyusun argumentasi yang diakhiri dengan pernyataan yang bersifat umum (filsafat ilmu.hal 48 Jujun.S.Suriasumantri Pustaka Sinar Harapan. 2005). Berpikir induktif adalah metode yang digunakan dalam berpikir dengan bertolak dari hal-hal khusus ke umum. Hukum yang disimpulkan difenomena yang diselidiki berlaku bagi fenomena sejenis yang belum diteliti. Generalisasi adalah bentuk dari metode berpikir induktif. (www.id.wikipedia.com)

    ReplyDelete
  33. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan sumber yang saya baca dari http://plato.stanford.edu/entries/rationalism-empiricism/ bahwa seorang Rasionalis umumnya mengembangkan pandangan mereka dalam dua cara. Pertama, mereka berpendapat bahwa ada kasus di mana isi dari konsep-konsep atau pengetahuan kami outstrips informasi bahwa pengalaman akal dapat menyediakan. Kedua, mereka membangun rekening tentang bagaimana alasan dalam beberapa bentuk atau lain menyediakan bahwa informasi tambahan tentang dunia

    ReplyDelete
  34. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Inductivism adalah pandangan yang berpendapat bahwa pengetahuan ilmiah diturunkan secara induktif dari pengamatan. Inductivism muncul dalam karya Francis Bacon di abad ke-17. Metode penyelidikan baru Bacon (organum novumnya) pada intinya adalah pengenalan metode generalisasi induktif dimana pencacahan sistematis dari semua kejadian, atau fenomena tertentu, akan mengarah pada pencapaian generalisasi yang mencakup semua contoh. Hal tersebut digambarkan sebagai 'teori ember kosong tentang pikiran'.

    ReplyDelete
  35. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Inductivism adalah model tradisional dari metode ilmiah. Dalam inductivism, observasi atau pengamatan itu penting untuk menarik kesimpulan dan membangun sebuah ilmu yang didasarkan semua situasi dan kondisi. Jika hasil observasi hanya melihat dari situasi saja maka tidak bisa digunakan untuk membangun pengetahuan ilmiah.

    ReplyDelete
  36. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Paham induktivism yaitu penarikan suatu kesimpulan yang mana mengeneralisasikan sesuatu berdasarkan kejadian-kejadian khusus, pemikiran yang indkutif bagi seorang matematikawan tidak begitu dianjurkan karena bisa saja ketika sudah banyak kasus yang sesuai kemudian ada satu kasus saja yang tidak sesuai maka tidak bisa tarik kesimpulan secara umum.

    ReplyDelete
  37. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Dalam filsafat ilmu inductivism seperti pemikirannya David Hume, mengatakan bahwa pernyataan umum (teori) harus didasarkan pada pengamatan empiris, yang kemudian menjadi pernyataan umum yang dapat dianggap sebagai benar atau mungkin benar. Sehingga yang benar atau yang mungkin benar itu berdasar pada pengamatan empiris.

    ReplyDelete
  38. Induktivisme merupakan cara pikir untuk memperoleh kesimpulan berdasarkan pada pernyataan-pernyataan yang berlaku khusus kemudian disimpulkan penyataan umumnya. Misal air laut dipanaskan mendidih, air sungai dipanaskan mendidih, air danau dipanaskan mendidih, air hujan dipanaskan mendidih maka diperoleh kesimpulan bahwa air ketika dipanasakan, darimanapun asalnya, akan mendidih. Kemudian akan ada pertanyaan berikutnya pada suhu berapa titik didihnya. Jadi pengetahuan akan terus berkembang tanpa henti dari pengetahuan yang telah ada. Bila pembelajaran yang dilakukan secara saintifik. Jangan langsung percaya dengan perkataan guru atau bacaan tetapi silahkan dicoba dan dibuktikan sehingga akan ada pertanyaan berikutnya dan memancing rasa ingin tahu.

    ReplyDelete