Dec 2, 2012

HERMENEUTICS





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang HERMENEUTICS, koneklah:





Wss Wr Wb
Marsigit

52 comments:

  1. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam elegi lain diterangkan mengenai gambaran hermenitika hidup berupa spiral, yang berarti bahwa perjalanan kehidupan manusia memanglah tidak lurus, tetapi berbentuk spiral yang menunjukkan adanya perubahan pada setiap perubahan ruang dan waktu pula. Hermeneutika adalah teori dan metodologi interpretasi, terutama penafsiran teks alkitabiah, literatur kebijaksanaan, dan teks filosofis. Disiplin hermeneutika muncul dengan pendidikan humanis pada abad ke-15 sebagai metodologi historis dan kritis untuk menganalisis teks.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hermeneutika adalah satu disiplin yang berkepentingan dengan upaya memahami ma’na atau arti dan maksud dalam sebuah konsep pemikiran. Dalam hal tersebut, masalah apa makna sesungguhnya yang dikehendaki oleh teks belum bisa kita pahami secara jelas atau masih ada makna yang tersembunyi sehingga diperlukan penafsiran untuk menjadikan Makna itu transparan, terang, jelas, dan gamblang.

    ReplyDelete
  3. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Sebenarnya di dalam hidup tanpa disadari kita sudah berhermeneutika. Kita saling menerjemahkan satu sama lain dalam kehidupan. Terdapat istilah hermeneutika kehidupan. Istilah tersebut dipahami dengan pandangan bahwa kehidupan itu layaknya sebuah spiral yang direntangkan. Akan terus berjalan secara linear pada ruang dan waktu yang tidak pernah sama. artinya kita tidak akan mampu mengulangi waktu yang sudah berlalu walau satu detikpun. Tetapi kehidupan itu juga bagaikan roda yang berputar. Artinya bahwa kita akan melewati masa-masa yang dahulu pernah terlewati pada ruang dan waktu yang berbeda. Seperti halnya ketika kita kecil, kita tidak mampu berbuat apa-apa dan segalanya harus membutuhkan bantuan orang lain, nha hal ini akan sama keadaannya ketika kita tua kelak. Terkadang manusia itu berada di atas (dalam arti kesuksesan) dan terkadang berada di bawah. Begitu seterusnya yang dimulai dari awal zaman hingga akhir zaman.

    ReplyDelete
  4. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Hermeneutika muncul sebagai teori pemahaman manusia, dimulai pada akhir abad ke 19 melalui karya Friedrich Schleiermacher dan Wilhelm Dilthey. Hermeneutik ialah suatu disiplin ilmu yang berkaitan dengan penafsiran, interpretasi, dan pemahaman teks. Sebagai teori interpretasi, tradisi hermeneutik membentang sepanjang perjalanan kembali ke filsafat Yunani kuno. Konsistensi hermeneutik mengacu pada analisis teks untuk mencapai penjelasan yang koheren. Hermeneutika filosofis terutama mengacu untuk teori pengetahuan yang diprakarsai oleh Martin Heidegger dan dikembangkan oleh Hans-Georg Gadamer dan kadang-kadang mengacu pada teori Paul Ricoeur.

    ReplyDelete
  5. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Kata “hermeneutika”, secara etimologi berasal dari istilah Yunani, dari kata kerja hermeneuein, yang berarti “menafsirkan”, dan kata benda hermeneia, “interpretasi. Dari asal kata itu berarti ada dua perbuatan yaitu menafsirkan dan hasilnya. Jadi hermeneutika ditujukan kepada suatu proses mengubah sesuatu atau situasi yang tidak bisa dimengerti sehingga dapat dimengerti (Richard E. Palmer). Ada tiga komponen dalam proses tersebut; mengungkapkan, menjelaskan, dan menerjemahkan.

    ReplyDelete
  6. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Hermeneutika merupakan salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Empat tingkatan interpretasi yang berkembang di abad pertengahan, yaitu, literal eksegesis, allegoris eksegesis,tropologikal eksegegis, dan eskatologis eksegesis, direduksi menjadi Literal dan gramatikal eksegesis. Hermenitika dalam kehidupan berarti bagaimana kita mampu memberikan makna dan memahami setap makna yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari .

    ReplyDelete
  7. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Hermeneutika berkaitan erat dengan kegiatan menerjemahkan/diterjemahkan suatu hal untuk memperoleh makna yang terkandung di dalamnya. Melakukan kegiatan hermeneutika berarti melakukan kegiatan menerjemahkan/diterjemahkan secara ekstrinsik dan instrinsik. Ketika kita melakukan hal tersebut seringkali kenyataan yang ada tidak sesuai dengan harapan kita. Jika pikiran kita dikomandani oleh hati yang ikhlas, maka dalam setiap titik hidup akan terjadi hermeneutika.

    ReplyDelete
  8. Hermeneutika adalah menerjemahkan dan diterjemahkan. Gejala-gejala fisik yang ada bisa dipikirkan untuk mencari penjelasannya. Manusia misalnya bisa diterjemahkan sebagai ciptaan Allah sama seperti ciptaan Allah lainnya. Kemudian manusia pun bisa menterjemahkan bahwa dirinya sebagai ciptaan harus menyembah kepada penciptnya. Segala sesuatu yang terjadi dalam hidup pasti mengalami hermeneutika. Begitupun pengetahuan digunakan untuk menterjemahkan dan atau pengetahuan itu sendiri yang perlu diterjemahkan.

    ReplyDelete
  9. Nama : iLania Eka Andari
    Kelas : PM C 2017 (S2)
    NIM : 17709251050

    Hermeneutics cycle itu seperti gelombang longitudinal yang terjadi/terbentuk di slinky, dia mempunyai start-end point (fase horizontal) dan titik terndah-tertinggi (fase vertical).
    Ketika kita membicarakan tentang hermeneutics cycle, ini mengingatkan kita dengan pendekatan gunung es dalam pembelajaran matematika, dalam pendekatan tersebut fase horizontal adalah matematika horizontal, sedangkan fase vertical adalah matematika professional/vertikal. Matematika horizontal adalah matematika yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti perkalian, penjumlahan, pembagian, pengurangan, dll. Sedangkan matematika professional adalah “matematikanya para dewa”.

    Dari diagram heremeneutics cycle , dapat kita lihat bahwa matematika vertical hanyalah untuk mereka yang benar-benar ahli di bidang matematika, dengan kata lain matematika vertical bukan untuk sembarang orang. Untuk melewati matematika horizontal kita hanya perlu berjalan maju, bukankah itu mudah? Tetapi untuk melewati matematika vertical adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Kita harus melewati berbagai macam rintangan untuk mencapai titik tertinggi. Untuk orang-orang yang tidak mencintai/menyukai matematika, mereka pada akhirnya bisa jadi hanya akan berakhir di titik bawah.

    Akan tetapi menurut saya, selama kita masih terus belajar dan belajar, meskipun kita bukan “dewa” di bidang matematika, suatu hari nanti kita bisa berada di titik tertinggi matematika vertical.

    ReplyDelete
  10. Assalamu'alaikum wr.wb.

    Hermeneutika merupakan salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Hermeneutika diperkenalkan pertama kali sejak munculnya buku dasar-dasar logika.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  11. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Rupanya ini dia kawan baik noumena. Kedua-duanya sama-sama membuatku bingung. Hasil terawangan google (sama seperti cerita sebelumnya, ku gunakan google untuk sedikit mengenal hermeneutika. Ya sama juga dengan cerita sebelumnya, secara senagaja atau tidak, ku membuka postingan yang mengajak serta hermeneutika), dan hasil terawangan google, salah satunya: "Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna."

    Nah, dari ketiga link di atas, ku coba baca baca baca, dan interpretasiku hapir mirip dengan interpretasi sebelumnya (awalnya terawangan google, yang lama-lama membuatku jadi mitos si google). Tapi sungguh, janjiku dalam hati, ku akan berusaha melawan malas untuk membaca lebih dalam dan tajam. Ya Tuhan tetapkan diri ini sebagai seorang yang haus akan ilmu.

    ReplyDelete
  12. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Hermeneutika secara umum didefinisikan sebagai suatu teori atau filsafat mengenai penafsiran/interpretasi makna. Manusia senantiasa melakukan penafsiran dalam berinteraksi dengan sesamanya baik secara objektif maupun subjektif. Secara prinsipil hermeneutika mengajak kita semua untuk menyadari bahwa pemahaman yang benar harus senantiasa dicari terus menerus dan diperbaiki seiring dengan putaran sang waktu, sebab pemahaman dan pencarian kebenaran merupakan proses yang tak pernah selesai dan tetap terbuka untuk setiap perbaikan dan pembaharuan.

    ReplyDelete
  13. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Hermeneutika adalah studi mengenai pemahaman yang berupa mengintepretasikan tindakan dan teks. Tujuan dari hermeutika adalah membuat suatu pemahaman tentang karya dan tindakan manusia dengan cara menginterpretasikan sifat-sifat dan makna pentingnya. Hal Ini dapat berupa memahami perasaan dan maksud orang lain, memhami makna suatu peristiwa, menerjemahkan tindakan suatu kelompok tertentu, atau mengungkap makna dari suatu tulisan. Studi ini mencakup pula filsafat umum pengkajian terhadap pemahaman itu sendiri. Pemaknaan tersebut menurut saya tentu memiliki arti yang berbeda-beda, sehingga dari hermeneutika ini akan lahir berbagai macam pendapat yang kemungkinan memiliki banyak penafsiran.

    ReplyDelete
  14. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami hermeneutika merupakan suatu cabang ilmu filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna atau memahami makna atau arti sesuatu dan biasanya berupa teks. Istilah hermeneutika sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yaitu hermeneuien yang artinya menafsirkan, memberi pemahaman, dan menerjemahkan. Sehingga bisa juga dikatakan hermeneutika adalah menerjemahkan dan menyampaikan gagasan kita mengenai penerjemahan tersebut.

    ReplyDelete
  15. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. dari yang saya ketahui (mohon diluruskan jika salah), hermeunitikan adalah suatu metode penafsiran yang lahir dari tradisi yunani. Metode ini menekankan pada rasionalitas suatu teks yang berisi konteks. Di Indonesia sendiri, kita pernah dihebohkan dengan lahirnya gerakan Islam Liberal yang menggunakan hermeunitika sebagai metode dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Quran. Mereka beranggapan bahwa ayat-ayat yang sudah tidak sesuai dengan konteks zamannya secara otomatis sudah tidak logis dan rasional lagi untuk diterapkan. Akbiatnya, JIL (Jringan Islam Liberal) dianggap sebagai suatu ajaran yang menyesatkan oleh sebagaian besar pemuka agama di Indonesia.

    ReplyDelete
  16. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Istilah Hermeneutika sudah tidak asing bagi saya, dulu saya sering mendengar istilah tersebut dari kakak saya karena kedua kakak saya S1 ambil jurusan tafsir hadist dan salah satu dari mereka skripsinya berkaitan dengan hermeneutika, jadi saya sering mendengar mereka mendiskusikan istilah tersebut. namun jujur saja belum paham tentang istilah tersebut karena saya sering mendengarnya saja tapi tidak pernah mencari tau lebih dalam. dalam link https://plato.stanford.edu/entries/hermeneutics/ diatas disebutkan bahwa "Hermeneutics as the methodology of interpretation is concerned with problems that arise when dealing with meaningful human actions and the products of such actions, most importantly texts", yaitu hermeneutika merupakan salah satu metode penafsiran atau istilah dari Prof. Dr. Marsigit,M.A. Hermeneutika adalah terjemah dan diterjemahkan.

    ReplyDelete
  17. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Hermeneutics merupakan salah satu cabang filsafat yang mempelajari tentang penafsiran atau interpretasi makna. Hermenetika paling banyak dikenali oleh masyarakat sebagai penafsiran kitab suci. Namun hermenetika bukan merupakan isi penafsiran, tetapi merupakan metodenya. Hermenetika juga dapat dipandang sebagai metode penafsiran yang lain, yaitu penafsiran pada sesuatu yang sulit untuk ditafsirkan, seperti filologi umum, bahasa, ilmu kemanusiaan, fenomenologi, makna yang terkandung dalam simbol maupun mitos, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  18. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Hermeneutika adalah metode dalam menterjemahkan. Hermeneutika telah diterapkan secara luas dalam beberapa ilmu seperti humaniora, terutama dalam hukum, sejarah dan teologi. Aliran hermeneutika ada 2 yaitu aliran obyektif (makna secara gramatikal kata-kata serta variasi-variasi historisnya) dan subyektif (maksud dari pengarang). Namun dari beberapa sumber mengatakan kalau hermeneutika berbeda dengan tafsir. Salah satu ulama besar Indonesa menyatakan bahwa lmu tafsir kita jauh lebih kaya dari metode hermeneutika. Selain itu banyak metode-metode yang datang dari Barat yang berbenturan keras dengan hal-hal aksioma dalam agama Islam. Oleh karena itu perlu dipertimbangkan tentang kelayakan hermeneutika untuk menafsirkan Al Qur’an.

    ReplyDelete
  19. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Hermenutika mengajarkan kepada kita bahwa hidup ini akan terus berjalan atau selalu berproses yang tidak ada habis-habisnya sampai kita meninggal. Oleh karena itu segala kejadian di dunia yang telah terjadi tidak akan pernah terjadi lagi atau sama persis segala kejadiannya dengan masa lalu atau hanya terjadi sekali seumur hidup. Oleh karena itu, hal yang dapat dilakukan manusia adalah dengan melakukan segala perbuatan dengan sebaik-baiknya. Karena apabila pada masa lalu kita melakukan keburukan maka pada suatu saat nanti keburukan itu akan berdampak langsung pada kita dan tidak dapat dihindari. Sebaliknya apabila di masa lalu kita melakukan keburukan maka suatu saat nanti kebaikan kita akan berdampak positif bagi kita.

    ReplyDelete
  20. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Bismillah...

    Menurut beberapa link yang telah dibagikan, hermenetika adalah salah satu ilmu filsafat yang mempelajari tentang penafsiran atau menerjemahkan dan interpretasi sebuah makna atau teks filosofis. Hermeneutika adalah menterjemahkan dan diterjemahkan, dengan begitu akan terjadi keharmonian dalam berkehidupan sosial. Dalam kehidupan ini sudah keharusan manusia dalam menterjemahkan dan diterjemahkan, setiap manusia saling melakukan menterjemahkan dan diterjemahkan sesuatu hal agar memudahkan untuk manusia yang satu dengan yang lain dalam berinteraksi dan saling mengerti.

    ReplyDelete
  21. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Setelah membaca isi daripada link yang Bapak berikan, saya menjadi lebih tahu ternyata hermenitika bukanlah hanya saling menginterpretasikan saja. Namun lebih dari itu dapat dijadikan sebagai metode dalam kajian ilmiah dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Saya dapat menyimpulkan bahwa sebenar-benar hidup adalah memiliki pemaknaannya masing-masing.

    ReplyDelete
  22. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Ada beberapa definis mengenai hermeneutika seperti ilmu tentang penafsiran, metodologi filologi umum, landasan metodologis dari ilmu-ilmu kemanusiaan, pemahaman eksistensial, fenomenologi eksistensi dan ilmu tentang semua pemahaman bahasa. Dari beberapa definisi tersebut kita bisa melihat bahwa cakupan dari hermeneutika ini sangat luas. Eperti penjelasan Prof Marsigit yang bisa saya simpulkan adalah hermeneutika adlaah tentang interkasi dan silaturahmi sesama manusia.

    ReplyDelete
  23. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Hermenitika merupakan salah satu jenis filsafat tentang interpretasi makna yang berarti menafsirkan, memberi pemahaman, dan menerjemahkan. Hermenitika diambil dari nama seorang dewa pengetahuan dalam mitologi Yunani yang bertugas sebagai pemberi pemahaman kepada manusia terkait pesan yang disampaikan oleh para dewa-dewa di Olympus. Hermenitika erat kaitannya dengan kehidupan manusia karena sebenar-benarnya hidup adalah hermenitika. Hermenitika juga dapat diartikan sebagai interaksi/bergaul antara manusia dengan manusia maupun manusia dengan lingkungannya.

    ReplyDelete
  24. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Saya meliha semut-semut datang bergerombol dan berbaris mencicipi manisnya kopi.Sayapun tidak menggagunya karena saya pikir semut-semut tersebut memiliki alasan mengapa melakukan demikian.Kemudian saya menatap di bilik jendela hujan jatuh berkali-kali hingga membuat lubang-lubang kecil.Seiring dengan kehadiran angin yang membelai pepohonan hingga menciptakan aluna musik yang syahdu.Saya mencoba memahami apa sebenarnya maksud dari semua ini?Setelah saya mambaca postingan link di atas,jangan –jangan ini yang dinamakan hermneutika yaitu diterjemahkan dan menerjemahkan.Karena kenyataannya bukan hanya manusia saja yang berhermeneutika namun mahluk hidup lain atau benda mati sekalipun berhermeneutika.Batu terjun dari tebing-tebing yang menuju ke dasar seolah –olah memberikan isyarat.Yang pastinya itu merupakan kuasannya Tuhan.

    ReplyDelete
  25. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Hermeutika merupakan kemampuan untuk menafsirkan sesuatu sehingga memiliki makna dan dapat membantu dalam membangun suatu pengetahuan. Hermeneutika menurut saya merupakan salah satu kemampuan berpikir yang harus dimiliki oleh manusia. Hermeneutika dan metafisik memiliki hubungan yang sangat erat. Metafisika hanya melahirkan pengetahuan yang subjektif. Pengetahuan itu dihasilkan atas dasar otoritas suatu konsep berpikir yang menghasilkan ide. Ia menawarkan sebuah terobosan metafisika baru yang berupa hermeneutika.

    ReplyDelete
  26. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Hermeneutika dekat kaitannya dengan interpretasi, atau eksegesis, tulisan suci, dan kemudian diperluas ke pertanyaan-pertanyaan penafsiran umum. Namun, seiring dengan perkembangannya, Hermeneutika terdapat dalam beberapa pembahasan salah satunya sebagai pendekatan dalam ilmu-ilmu sosial. Hermeneutika biasanya digunakan untuk memahami realitas, terutama realitas sosial, seperti unsur teks dalam sejarah dan tradisi suatu kebudayaan.

    ReplyDelete
  27. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Belajar hermeunetika berarti belajar bagaimana menginterpetasi dengan benar tentang makna-makna yang terkandung dalam suatu obyek dan subyek agar tidak salah dipahami dan diartikan. Tidak mudah untuk menggali makna dari sebuah obyek maupun subyek, oleh karena itu penting sekali mempelajari hermeunetika. Hermeunetika tidak hanya dalam filsafat saja, sekarang ini banyak yang menggunakan istilah ini seperti dalam ilmu tafsir, sosial, agama dan lainnya. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  28. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Berdasarkan sumber Wikipedia, Hermeneutics atau hermeneutika adalah teori dan metodologi penafsiran, terutama penafsiran teks alkitabiah, literatur kebijaksanaan, dan teks filosofis. Hermeneutika modern mencakup komunikasi verbal dan non-verbal serta semiotika, prasangka, dan pra-pemahaman. Hermeneutika telah diterapkan secara luas dalam humaniora, terutama dalam hukum, sejarah dan teologi. Istilah "hermeneutika" dan "eksegesis" kadang-kadang digunakan secara bergantian. Hermeneutika adalah disiplin yang lebih luas yang mencakup komunikasi tertulis, lisan, dan non-verbal, sedangkan eksegesis berfokus terutama pada kata dan tata bahasa teks. Hermeneutik, sebagai kata benda tunggal, mengacu pada beberapa metode interpretasi tertentu. Jadi dapat disimpulkan bahwa segala yang ada dan yang mungkin ada dapat diinterpretasikan dengan hermeneutika.

    ReplyDelete
  29. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa hermeneutika adalah teori dan metodologi mengenai interpretasi, khususnya interpretasi teks bibel, literatur mengenai kebijaksanaan dan teks filsafat. Adapun dalam filsafat, hermenetika merupakan metode yang digunakan dalam pendidikan humas dalam menginterpretasikan bacaan filsafat.

    ReplyDelete
  30. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Hermeneutika memiliki keterkaitan dengan pembelajaran matematika. Unsur dasar dari gambaran hermeneutika adalah lurus dan melingkar. Lurus karena dalam kehidupan ini ada beberapa hal yang tidak mungkin terjadi kembali artinya hal yang sama dari masa lalu ada yang tidak mungkin terulang kembali, kesemuannya bersifat menembus ruang dan waktu. Dalam hal ini yang dinyatakan sebagai “ruang” ternyata berdimensi-dimensi demikian juga “waktu”. Gambaran melingkar berarti berinteraksi. Sebagai contoh, yang diatas guru yang di bawah murid, yang di atas akhiran yang dibawah dunia, dan sebagainya. Maka hermeneutika meliputi dari yang ada dan mungkin yang ada.

    ReplyDelete
  31. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Hermeneutika merupakan salah satu aspek materi dalam filsafat ilu yang saya minati. Hermeutika merupakan kemampuan untuk menafsirkan sesuatu sehingga memiliki makna dan dapat membantu dalam membangun suatu pengetahuan. Dalam pembelajaran matematika hermeneutika dapat digambarkan lurus dan melingkar. Lurus karena dalam kehidupan ini terdapat beberapa hal yang tidak mungkin terjadi kembali misalnya kita menjadi anak usia 8 tahun lagi. Hal tersebut tidak mungkin karena alur kehidupan itu lurus ke depan dan tidak kembali ke belakang lagi. Sedangkan gambaran melingkar berarti berinteraksi. Sebagai contoh, yang diatas guru yang di bawah murid, yang di atas akhiran yang dibawah dunia, dan sebagainya. Maka hermeneutika meliputi segala sesuatu yang ada dan mungkin yang ada. Dengan hermeneutika kita dapat menjalani hidup dengan lebih harmonis.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  32. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Seperti ilmu lain, Hermeneutika juga memiliki sejarah sendiri. Istilah hermeneutika secara historits muncul pertama kali dalam karya Johan Konrad Dannhauer, seorang teolog Jerman, yang berjudul Hermeneutica Sacra, Sive Methodeus Exponendarums Sacrarum Litterarum yang ditulis pada tahun 1654. Sebagai teolog, hermeneutika dalam buku ini masih terbatas pada pembahasan metode menafsirkan teks-teks Bibel. Dalam perkembangan saat ini, hermeneutika dipahami sebagai sebuah teori, metodologi, dan praksis penafsiran, yang digerakkan ke arah penangkapan makna dari sebuah teks atau sebuah analog teks, yang secara temporal atau kultural berjarak jauh, atau dikaburkan oleh ideologi dan kesadaran palsu.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  33. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari beberapa link yang ada diatas, yang dapat saya pahami adalah bahwa hermeneutika merupakan ilmu tentang penafsiran atau interpretasi yang menjadi landasan metodologis dalam ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan manusia. Hermeneutika ini digunakan untuk memahami makna yang terkandung dalam kitab suci ataupun naskah-naskah yang berupa simbol dan juga fenomena-fenomena yang terjadi dalam kehidupan manusia. Dijelaskan pula sejarah perjalanan hermeneutika oleh para ahli filsuf. Pengertian hermeneutika menurut Heidegger yaitu bukanlah masalah pemahaman komunikasi linguistik. Juga bukan tentang memberikan dasar metodologis untuk ilmu manusia, melainkan tentang kondisi paling mendasar dari manusia berada di dunia. Hermeneutika juga mencakup seni, interpretasi ekspresi linguistik dan non-linguistik. Hermeneutika dapat diaplikasikan dalam bidang arkeologi dan arsitektur. Dalam arkeologi istilah hermeneutika diartikan sebagai penafsiran dan pemahaman materi melalui analisis kemungkinan arti dan manfaat sosial.

    ReplyDelete
  34. Junianto
    PM C

    Hermenetika adalah teori dan metodologi penafsiran terutama dalam menafsirkan teks-teks alkitab, wisdom literature dan teks filosofis. Dari pengertian ini, bisa saya pahami bahwa hermenetika merupakan sarana yang digunakan untuk menafsirkan, memahami dan menginterpretasikan sesuatu agar sesuai denga makna yang sebenarnya. Maka dari itu, hermenetika bisa digunakan untuk berbagai cabang ilmu agar kita bisa memahami makna yang sebenarnya dan tidak salah dalam menerjemahkan.

    ReplyDelete
  35. Nur Dwi Laili
    17709251059
    PPs PM C

    Hermenetika adalah teori dan metodologi penafsiran (wikipedia.org). Dari pengertian tersebut dapat dipahami bahwa hermenetika dapat dipandang sebagai suatu teori dan sebagai suatu cara atau metodologi. Sebagai suatu teori, hermenetika merupakan teori tentang penafsiran. Sedangkan sebagai suatu metodologi, hermenetika merupakan cara untuk menafsirkan sesuatu. Sebagai cata untuk menafsirkan sesuatu, hermenetika dapat diartikan sebagai terjemah dan diterjemahkan. Artinya ketika kita ingin menafsirkan sesuatu, kita harus saling terjemah dan diterjemahkan, harus ada interaksi.

    ReplyDelete
  36. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Istilah hermenitika sering terdengar dalam perkuliahan ilmu filsafat. Suami-istri, guru-murid, orang tua-anak harus berhermenetika. Hermenetika diterjemahkan sebagai teori dan metodologi penafsiran. Hermeneutika sebagai metodologi penafsiran berkaitan dengan persoalan yang timbul saat berhadapan dengan perilaku manusia.

    ReplyDelete
  37. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Hermeneutik ialah sebuah metode,teori ataupun ilmu yang berkaitan dengan interpretasi atau penafsiran. Ilmu hermeneutik tidak hanya menafsirkan apa yang ada di buku teks namun bisa juga menafsirkan yang non-teks seperti mempelajari dibalik segala fenomena yang terjadi di alam semesta ini, hakikat terjadinya seperti apa, apa yang bisa dipahami dari fenomena itu, bagaimana cara untuk memahaminya, bagaimana pemahaman itu bisa terwujud.

    ReplyDelete
  38. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dalam web diatas dikatakan bahwa hermeneutika berarti teori penafsiran, yaitu teori yang digunakan untuk mencapai pemahaman tentang teks, ucapan, dan sebagainya. Ada juga yang menyatakan bahwa hermeneutika sebagai metode penafsiran berkaitan dengan masalah yang timbul di kehidupan manusia. Karena hermeneutika dipandang sebagi metodologi, maka hermeneutika sendiri menyediakan toolbox unutk memperlakukan masalah interpretasi tindakan manusia, teks dan materi penting lainnya secara efisien.

    ReplyDelete
  39. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Hermeneutika merupakan suatu proses menerjemahkan dan diterjemahkan. Yang diterjemahkan dan menerjemahkan yaitu segala hal yang ada dalam kehidupan ini. Menerjemahkan dan diterjemahkan adalah suatu kesatuan yang harus dilaksanakan secara seimbang. Menerjemahkan apa yang ada dikehidupan bisa berarti memahami atau merefleksi apa yang ada kemudian dibawa kediri kita dihayati dan diambil manfaatnya.

    ReplyDelete
  40. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Hermeneutika merupakan sebuah proses untuk menafsirkan, menginterpretasikan, dan memahami sesuatu. Di dalam hermeneutika terdapat dua unsur dasar yaitu lurus dan melingkar. Lurus karena kita tidak akan bisa mengulangi hal yang sama. Melingkar karena kita melakukan interaksi. Hermeneutika ini juga dapat diartikan sebagai suatu cara untuk menerjemahkan hal apapun. Oleh karena itu, hermeneutika dalam hal apapun termasuk dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan. Melalui hermeneutika dalam proses pembelajaran matematika, diharapkan siswa dapat berinteaksi lebih banyak dengan matematika sehingga dapat memahami matematika dan mengeksplor potensi kecerdasan matematikanya lebih mendalam.

    ReplyDelete
  41. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Hermeneutik adalah ilmu filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Hermenutika menekankan pemahaman dan komunikasi yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman dan interpretasi terhadap suattu hal. Jika di dalam pembelajaran, guru bisa menggunakan metode dialog. Dialog guru dengan siswa, siswa dengan siswa lainnya yang secara jelas guru yang pemimpin siswa agar tercipta suatu proses pembelajaran yang efektif. Dimana guru membelajarkan suatu materi harus berdasarkan pada konteks terlebih dahulu agar ilmu yang diperoleh siswa dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari.

    ReplyDelete
  42. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027
    Hermeneutika hidup adalah tentang bagaiman menginterpretasi makna hidup. Hermeneutika memiliki banyak tokoh, maka dari itu dengan perkembangan, makna dari hermeneutika juga terus berkembang, diperbaiki dan disempurnakan oleh tokoh-tokoh hermeneutika. Hermeneutika hidup ada berbagai bentuk, misalnya saja lurus, melingkar, spiral melebar, spiral mengerucut. Tiap bentuk memiliki makna sendiri, seperti misalnya hermeneutika lurus dapat diartikan manusia tidak akan pernah melakukan hal yang sama, karena manusia menembus ruang dan waktu, setiap saat yang ia lakukan pastilah akan berbeda. Hermeneutika melingkar dapat diartikan bahwa kehidupan itu cyclic, berulang saling berhubungan, berbentuk lingkaran, seperti guru di lingkaran bagian atas dan siswa ada di bagian bawah, keduanya berhubungan dan saling membutuhkan. Bentuk-bentuk lain juga memiliki artinya masing-masing.

    ReplyDelete
  43. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Hermeneutics merupakan metodologi penafsiran yang berkaitan dengan masalah yang timbul saat berhadapan dengan tindakan manusia, terutama penafsiran teks dan literatur filosofis. Hermeneutics pada awalnya diterapkan pada interpretasi, atau eksegesis, tulisan suci, dan kemudian diperluas ke pertanyaan-pertanyaan penafsiran umum. Istilah " hermeneutics " dan "eksegesis" kadang-kadang digunakan secara bergantian. Hermeneutics adalah disiplin yang lebih luas yang mencakup komunikasi tertulis, lisan, dan non-verbal, sedangkan eksegesis berfokus terutama pada kata dan tata bahasa teks. Seiring perkembangannya hermeneutics modern telah mencakup komunikasi verbal dan non-verbal, serta semiotika, prasangka, dan pra-pemahaman. Dan kini hermeneutika telah diterapkan secara luas dalam humaniora, terutama dalam hukum, sejarah dan teologi.

    ReplyDelete
  44. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Hermeneutiks itu sangat dibutuhkan oleh segala kalangan manusia baik itu yang bersangkutan dengan yang ada maupun dengan yang mungkin ada. Hal ini karena sesungguhnya hermeneutika dalam hidup itu memberikan bantuan terhadap subyek untuk selalu mencari dan mencari tanpa adanya kepuasan dalam mencari. Jika seseorang tidak melakukan hermeneutika dalam hidup, maka orang tersebut akan mengalami keyakinan yang hampa karena hanya condong pada satu aspek saja.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  45. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Hermeneutika yang saya kenal selama perkuliahan ini merupakan suatu proses menerjemahkan dan diterjemahkan. Apa yang diterjemahkan dan apa yang menerjemahkan ? yang diterjemahkan dan menerjemahkan yaitu segala hal yang ada dalam kehidupan ini. Menerjemahkan apa yang ada dikehidupan bisa berarti memahami atau merefleksi apa yang ada kemudian dibawa kediri kita dihayati dan diambil manfaatnya. Menerjemahkan dan diterjemahkan adalah suatu kesatuan yang harus dilaksanakan secara seimbang.

    ReplyDelete
  46. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Hermeneutika disampaikan oleh Immanuel Kant sebagai penengah paham teori logika dan pengalaman. Namun, hermeneutika tidak hanya satu itu saja. Hermeneutika juga dapat dipandang sebagai penengah dari paham spiritual dan material. Paham spiritual mempercayai bahwa tuhan itu ada dan segala sesuatu yang kita lakukan berdasarkan kuasa tuhan. Tuhan menciptakan akal manusia sehingga kita mampu berpikir. Maka pikiran sangat menentukan bagaimana manusia itu dalam kehidupannya. Sedangkan paham materialistis ialah paham dimana material (uang, tahta, dll) merupakan tujuan utama manusia dalam menjalani kehidupan. Jika dinaikkan lagi maka menjadi paham nirmatif yaitu apa yang telah dilaukan oleh manusia atau pengelaman manusia yang menentukan bagaimana manusia itu hidup di dunia. Oleh karena itu hermeneutika sebagai penengah diantara keduanya. Hermeneutika artinya kita sebagai manusia hendanya memikirkan atau merefleksikan apa yang dijalani, serta menjalani apa yang telah dipikirkan atau dipertimbangkan sebelumnya.

    ReplyDelete
  47. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Hermeneutika (dalam bahasa Ingris hermeneutics; dalam bahasa Yunani hermeneutine dan hermeneia) yang artinya menafsirkan dan penafsiran. Dalam tradisi Yunani, istilah hermeneutika dikaitkan dengan Hermes (Hermeios), yaitu seorang utusan dewa yang bertugas menterjemahkan pesan dewa kedalam bahasa manusia. Jika dikaitkan dengan matematika, maka hermenitika merupakan proses menterjemahkan dan diterjemahkan mengenai matematika sehingga matematika mudah dipahami. Contoh penerapannya dalam pembelajaran dapat dengan cara mengajarkan peluang melalui contoh nyata pemilihan presiden.

    ReplyDelete
  48. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Hermeneutika adalah aliran filsafat yang bisa didefiniskan sebagai teori interpretasi dan penafiran sebuah naskah melalui percobaan. Hermeneutika mencakup dua hal yaitu yang pertama adalah seni dan yang kedua adalah teori pemahaman dan interpretasi ekspresi linguistik dan non-linguistik. Jadi, hermeneutika adalah proses menerjemahkan dan diterjemahkan. Menerjemahkan dan diterjemahkan ini berlaku untuk apa saja dan kapan saja.

    ReplyDelete
  49. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Istilah hermeneutika diambil dari kata kerja dalam bahasa Yunani yang berarti menafsirkan, memberi pemahaman atau menerjemahkan.

    ReplyDelete
  50. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Nama hermeneutika diambil dari kata kerja dalam bahasa Yunani hermeneuein yang berarti, menafsirkan, memberi pemahaman, atau menerjemahkan. Jadi hermenetika itu terjemah dan menterjemahkan. Dalam hidup kita selalu berhemenetika. Karena untuk memahami orang lain kita harus berhemenetika. Kalau tidak berhemenetika maka kita tidak akan mampu berkomunikasi dengan orang lain.

    ReplyDelete
  51. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Intrepretasi makna berarti mampu menerjemahkan dan diterjemahkan. Untuk itulah diharapkan dapat secara kritis memaknainya lebih dalam. Lebih dari itu, dalam memaknai yang terpenting adalah dapat melihatnya dari berbagai sisi, jangan cepat menilai sesuatu saja secara gamblang. Hal yang paling mendasar dari itu adalah agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam memaknai.

    ReplyDelete