Dec 2, 2012

HERMENEUTICS





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang HERMENEUTICS, koneklah:





Wss Wr Wb
Marsigit

35 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Ketika membicarakan Hermeneutika, maka akan berkaitan erat dengan kegiatan menerjemahkan/diterjemakan sesuatu hal untuk memperoleh makna yang terkandung di baliknya. Jika hidup kita dikomandani oleh spiritual maka pada setiap titiknya akan terjadi hermenitika kehidupan yaitu titik awal, selanjutnya fenomena menajam (dengan saintifik), kemudian fenomena mendatar (membudayakan), dan fenomena mengembang (konstruksi-membangun hidup).

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Hermenetika merupakan sebuah istilah filsafat yang menginterpretasikan sebuah makna. Istilah ini pertama kali di gunakan oleh tokoh filsafat dunia yaitu Aristoteles. Empat tingkatan interpretasi yang berkembang di abad pertengahan, yaitu, literal eksegesis, allegoris eksegesis,tropologikal eksegegis, dan eskatologis eksegesis, direduksi menjadi Literal dan gramatikal eksegesis. Hermenitika dalam kehidupan berarti bagaimana kita mampu memberikan makna dan memahami setap makna yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Manusia hidup didunia ini memiliki dua tujuan yaitu masalah spritual dan material. Jika ditarik keatas maka berhuhungan dengan urusan spritual adalah berkaitan dengan tuhan. Dan gambar lingkaran untuk material berhubungan dengan lingkup duniawi. Gambar gelombang garis tersebut menggabarkan harus sejalannya hubungan antara arus formal dan normatif dalam menjalankan hidup dan ini diinterpretasikan bahwa semasa hidup kita harus mengejar keduanya dengan maksimal sehingga gambar gelombang tersebut semakin membesar. Namun pada akhirnya tujuan hidup itu lambat laun akan mengecil dan semakin tajam menuju satu titik yaitu kematian. Kematian harus dipersiapkan baik dari sisi spritual maupun material. Sehingga pada akhirnya akan berakhir pada tujuan yang satu yaitu mempersiapkan menuju Allah Swt Tuhan yang maha esa.
    Pendapat ini merupakan konversi dari link Blog Bapak Prof. Marsigit tentang “Hermeneutika Hidup” pada https://powermathematics.blogspot.co.id/2013/04/hermeneutika-hidupoleh-marsigit.html

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Istilah “hermeneutika” (bahasa Inggris: hermeneutics) berasal dari ”hermeneuein” (Yunani) yang diambil dari kata hermeneia yang secara harfiah berarti penafsiran/ interpretasi. Sedangkan, hermeneutes bermakna penafsir. Dengan diasosiasikan dengan Hermes, hermeneutika memiliki unsur triadik (tiga): pesan atau teks, penafsir (interpreter) yang diasosiakan dengan Hermes yang menyampaikan pesan kepada manusia, dan penyampaian pesan tersebut kepada manusia (audiens). Hermeneutika secara umum (baik yang diterapkan dalam kajian teks maupun yang diterapkan dalam ilmu-ilmu sosial) melihat “teks” sebagai sesuatu yang bisa dibaca, diamati, atau dipikirkan, sehingga “teks” mengandung dua pengertian: teks tertulis (seperti buku, dokume, kitab suci, dsb.) dan teks tak tertulis atau realitas, namun juga bisa dibaca, seperti realitas sosial.

    ReplyDelete
  4. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Hermeneutika istilah teori interpretasi ekspresi linguistik dan non-linguistik. Dengan munculnya romantisme Jerman dan idealisme status perubahan hermeneutika. Hermeneutika ternyata filosofis. Hermeneutika tidak hanya tentang komunikasi simbolik. Luas wilayahnya bahkan lebih mendasar yang kehidupan manusia dan keberadaan mereka.

    ReplyDelete
  5. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hermeneutika adalah menerjemahkan dan diterjemahkan. Segala sesuatu yang terjadi dalam hidup pasti mengalami hermeneutika. Untuk membangun hidup, kita memerlukan ilmu pengetahuan untuk menerjemahkan segala sesuatu yang kita hadapi, menerjemahkan pengalaman pribadi maupun pengalaman orang lain sehingga kita bisa belajar dari pengalaman tersebut, sehingga kita bisa eksplorasi sesuatu yang baik dan menghindari sesuatu yang berdampak buruk. Diterjemahkan artinya bagaimana ilmu dan pengalaman yang kita miliki bermanfaat tidak hanya untuk diri kita sendiri tapi juga untuk orang lain. Dalam proses pembelajaran matematika pun terjadi proses menerjemahkan dan diterjemahkan antara guru, siswa dan sumber belajar. Tak ada satu komponen pun dalam hidup ini yang terlepas dari berhermeneutika.

    ReplyDelete
  6. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Kata “hermeneutika”, dalam bahasa Indonesianya yang kita kenal, secara etimologi berasal dari istilah Yunani, dari kata kerja hermeneuein, yang berarti “menafsirkan”, dan kata benda hermeneia, “interpretasi. Hermeneutika merupakan studi tentang prinsip-prinsip metodologis interpretasi dan eksplanasi yang berarti juga menerjemahkan. Hermeneutika juga bisa dikatakan sebagai cabang dari filsafat dengan adanya perubahan dari “metafisika menjadi hermeneutika”. Hal ini terlihat dari sebuah kritik epistimologi Immanuel Kant. Kritik tersebut ditujukan atas metafisika. Dalam bukunya “Critique of Pure Reason”, Kant mengecam metafisika yang telah berumur lebih seribu tahun yang digunakan untuk memperoleh pengetahuan. Menurutnya metafisika hanya melahirkan pengetahuan yang subjektif. Pengetahuan itu dihasilkan atas dasar otoritas suatu konsep berpikir yang menghasilkan ide. Ia menawarkan sebuah terobosan metafisika baru yang berupa hermeneutika.

    ReplyDelete
  7. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Hermeneutika ( / h ɜːr m ə nj uː t ɪ k s / ) adalah teori dan metodologi penafsiran, terutama penafsiran teks alkitabiah , literatur kebijaksanaan , dan teks filosofis .
    Hermeneutika modern mencakup komunikasi verbal dan non-verbal serta semiotika , prasangka , dan pra-pemahaman. Hermeneutika telah diterapkan secara luas dalam humaniora, terutama dalam hukum, sejarah dan teologi.
    Hermeneutika pada awalnya diterapkan pada interpretasi, atau eksegesis , tulisan suci , dan kemudian diperluas ke pertanyaan-pertanyaan penafsiran umum. Istilah "hermeneutika" dan "tafsir" kadang-kadang digunakan secara bergantian. Hermeneutika adalah disiplin yang lebih luas yang mencakup komunikasi tertulis, lisan, dan non-verbal . Eksegesis berfokus terutama pada teks. Hermeneutik, sebagai kata benda tunggal, mengacu pada beberapa metode interpretasi tertentu

    ReplyDelete
  8. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Hermeneutics berasal dari bahasa Yunani kuno dan diambil dari nama dewa Hermes yang berarti menafsirkan, memberi pemahaman, menterjemahkan dan diterjemahkan. Hermeneutics merupakan cabang filsafat yang mempelajari tentang interprestasi makna. Lahirnya Hermeneutics memunculkan tindakan dalam pengambilan konsep logika dan rasionalitas. Pada awal penggunaannya para filsuf berpendapat bahwa hanya orang yang mempunyai penafsiran rasional yang dapat menentukan kebenaran atau kepalsuan suatu pesan.

    ReplyDelete
  9. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Hermeneutics adalah sebagai suatu penafsiran. Hal yang ditafsirkan meliputi karya-karya kuno. Seperti salah satunya adalah menafsirkan Al Quran. Setelah adanya ilmu penafsiran, maka sekelompok orang dapat menafsirkan Al Quran. Jika tidak ada suatu ilmu penafsiran atau hermeneutics, maka akan banyak sekali pertentangan-pertentangan. Ilmu hermeneutics sangatlah penting dalam penunjuk atau pencerah kehidupan manusia pada umumnya.

    ReplyDelete
  10. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hermenetika merupakan istilah filsafat yang menginterpretasikan sebuah makna. Makna yang ada dan yang mungkin ada.
    Layaknya kita harus dapat memaknai hidup yang kita jalani dan memberi makna dalam sehari-harinya, agar kita dapat memperoleh makna dan membuat hidup lebih bermakna.

    ReplyDelete
  11. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Hermeneutika sebagai metodologi penafsiran berkaitan dengan masalah yang timbul saat berhadapan dengan tindakan manusia yang berarti dan produk dari tindakan tersebut, yang terpenting adalah teks. Hermeneutika adalah teori dan metodologi penafsiran, Istilah "hermeneutika" dan "eksegesis" kadang-kadang digunakan secara bergantian. Hermeneutika adalah disiplin yang lebih luas yang mencakup komunikasi tertulis, lisan, dan non-verbal.

    ReplyDelete
  12. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hermenitika dalam hidup memberikan arti bagaimana kita dapat memaknai hidup secara horizontal dan vertical.
    Bagaimana hidup kit amenjadi bermakna ketika kita manjalani hubungan denganNya.
    Dan bagaimana hidup kita menjadi bermakna ketika kita menjalani hidup dengan sesama.

    ReplyDelete

  13. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link, http://en.wikipedia.org/wiki/Hermeneutics, hermeneutika merupakan salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Nama heremeneutika diambil dari kata kerja dalam bahasa yunani heremeneuien yang berarti menafsirkan, memberi pemahaman atau menerjemahkan. Salah satu ahli F D. Ernest Schleimacher mendefinisikan hermeneutika sebagai seni memahami dan menguasai, sehingga yang dharapkan adalah bahwa pembaca lebih memahami diri pengarang daripada pengarangnya sendiri dan juga lebih memahami karyanya daripada pengarang.

    ReplyDelete
  14. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Hermeneutika hidup adalah filsafat yang menginterpretasi makna hidup. Hermeneutika memiliki beberapa tokoh, seiring berkembangnya jaman, hermeneutika juga diperbaiki oleh tokoh-tokoh hermeneutika. Hermeneutika hidup memiliki berbagai bentuk, di antaranya lurus, melingkar, spiral melebar, spiral mengerucut. Setiap dari bentuk tersebut memiliki makna, seperti hermeneutika lururs artinya manusia tidak akan melakukan hal yang sama karena menembus ruang dan waktu, setiap detik yang ia lakukan akan berbeda. Hermeneutika melingkar artinya kehidupan itu berulang saling berhubungan, berbentuk melingkar, seperti guru di lingkaran bagian atas dan peserta didik di lingkaran bagian bawah, berhubungan dan saling membutuhkan. Begitu juga bentuk-bentuk hermeneutika yang lain juga memiliki makna tersendiri.

    ReplyDelete
  15. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Istilah hermeneutika berasal dari kata Yunani; hermencuein,yang artinya diterjemahkan "menafsirkan", kata bendanya: hermeneia artinya "tafsiran". Dalam tradisi Yunani kuno kata hermeneuein dipakai dalam tiga makna, yaitu mengatakan (to say), menjelaskan (to explain), dan menerjemahkan (to translate).Menurut istilah, hermeneutika biasa dipahami sebagai: "the art and science of interpreting especially authoritative writings; mainly in application to sacred scripture, and equivalent to exegesis" (seni dan ilmu menafsirkan khususnya tulisan-tulisan berkewenangan, terutama berkenaan dengan kitab suci dan sama sebanding dengan tafsir). Ada juga yang memahami bahwa hermeneutika merupakan sebuah filsafat yang memusatkan bidang kajiannya pada persoalan "understanding of understanding (pemahaman pada pemahaman)'' terhadap teks, terutama teks Kitab Suci, yang datang dari kurun, waktu, tempat, serta situasi sosial yang asing bagi paia pembacanya

    ReplyDelete
  16. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Hermeneutika memiliki dua unsur dasar, yaitu lurus dan melingkar. Lurus karena kita tidak pernah mengulangi hal yang sama semuanya menembus ruang dan waktu. Dan dikatakan melingkar karena adanya interaksi. Hermeneutika ini juga dapat diartikan bahwa suatu cara menerjemahkan dan diterjemahkan tentang segala hal apapun. Mengenai metode tersebut, terdapat nilai-nilai yang tersirat yang terkandung di dalamnya. Implementasi dari metode hermenetika dalam proses pembelajaran matematika ini diharapkan siswa dapat mengeksplor potensi kecerdasan maupun intelektualnya lebih mendalam, sehingga siswa dapat mandiri dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika.
    Sumber : http://retnowiranti.blogspot.co.id/2013/05/hermeneutika-hidup.html

    ReplyDelete
  17. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari salah satu link yang saya baca menjelaskan bahwa hermeneutika adalah teori dan metodologi penafsiran, terutama penafsiran teks alkitabiah, literatur kebijaksaan, dan teks filosofis. Hermeneutika modern mencakup komunikasi verbal dan non verbal serta semiotika, prasangka dan pra pemahaman. Hermeneutika adalah disiplin ilmu yang lebih luas yang mencakup komunikasi tertulis, lisan, dan non verbal. Sedangkan hermeneutik sebagai kata benda tunggal mengacu pada beberapa metode interpretasi tertentu.

    ReplyDelete
  18. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dari link dia atas dapat kita ketahui bahwa hermeneutika ialah suatu disiplin ilmu yang berkaitan dengan penafsiran, interpretasi, dan pemahaman teks. Kehidupan ini tidak terlepas dari apa yang namanya fenomena. Menurut hermeneutika, bahwa setiap fenomena yang terjadi dapat dianalisis dan diekstensif dan intensifkan secara mendalam baik secara ontologis ataupun epistemologis untuk mengungkap setiap informasi atau pengetahuan dari setiap fenomena yang terjadi yang kemudian diterjemahkan dan ditafsirkan. Inilah metode hermeneutika. Salah satu hal yang menggunakan metode hermeneutika adalah penafiran kitab suci. Kitab suci ditafsirkan atau diterjemahkan untuk mengungkap setiap fenomena yang berada di dalamnya sehingga dapat menjadi panduan spiritual ataupun panduan hidup manusia. Kitab suci tanpa diterjemahkan akan sangat sedikit sekali yang dapat memahaminya.

    ReplyDelete
  19. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Berdasarkan wikipedia di atas Hermeneutika adalah suatu teori dan metodologi penafsiran, terutama penafsiran teks alkitabilah, literatur kebijaksanaan, dan teks filosofis. Pada elegi sebelumnya Prof telah dijelaskan Hermeneutika Hidup. Dari sini saya lebih memahami lagi bahwa Hermeneutika Hidup adalah penafsiran. Arti penafsiran adalah gambaran berupa penjelasan secara jelas dan menyeluruh. Maka itulah yang disebut dengan Hermeneutika adalah sebuah penafsiran. Supaya kita dapat lebih memahami sesuatu. Dalam agama islam kitab Allah yaitu Al-quran diwajibkan untuk ditafsirkan supaya umat yang beragama islam memahaminya kemudian menerapkannya.

    ReplyDelete
  20. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Hermeneutika adalah suatu ilmu filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Hermeneutika berasal dari bahasa Yunani yaitu hermeneuien yang bermakna menafsirkan, memberi pemahaman, dan menerjemahkan. Sebagai istilah ilmiah, Hermeneutika diperkenalkan pertama kali sejak munculnya buku dasar-dasar logika,Peri Hermeneias karya Aristoteles. Sejak saat itu pula konsep logika dan penggunaan rasionalitas diperkenalkan sebagai dasar tindakan hermeneutis. Makna yang ada dalam hermeneutika yaitu berkaitan erat dengan dengan keigiatan dalam menerjemahkan sesuatu hal untuk memperoleh makna yang terkandung di dalamnya.

    ReplyDelete
  21. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070
    Kata “hermeneutika”, secara etimologi berasal dari istilah Yunani, dari kata kerja hermeneuein, yang berarti “menafsirkan”, dan kata benda hermeneia, yang berarti “interpretasi”. Dengan demikian hermenetika secara lebih sederhana dapat dipahami sebagai istilah untuk menggambarkan proses menterjemahkan dan menterjemahkan. Hermenetika matematika merupakan proses menterjemahkan dan diterjemahkannya matematika. Di sini hermenetika menterjemahkan hal-hal yang berkaitan dengan matematika. Filsafat berusaha memahami objek-objek abstrak yang ada di dalam matematika. Sebaliknya matematika juga berusaha diterjemahkan oleh filsafat. Proses menterjemahkan dan diterjemahkan ini terjadi secara terus menerus dan berkesinambungan.

    ReplyDelete
  22. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berbicara tentang hermeneuntis . maka Hermeneutika adalah teori dan metodologi penafsiran, terutama penafsiran teks alkitabiah, literatur kebijaksanaan, dan teks filosofis. Biasanya dalam hermeneuntics akan lebih cenderung membahasa tentanag ke rohanian atau agama. Empat tingkatan interpretasi yang berkembang di abad pertengahan, yaitu, literal eksegesis, allegoris eksegesis,tropologikal eksegegis, dan eskatologis eksegesis, direduksi menjadi Literal dan gramatikal eksegesis. Hermenitika dalam kehidupan berarti bagaimana kita mampu memberikan makna dan memahami setap makna yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari

    ReplyDelete
  23. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Secara luas, hermeneutika juga sering didefinisikan sebagai, pertama, teori penafsiran Kitab Suci (theory of biblical exegesis). Kedua, hermeneutika sebagai metodologi filologi umum (general philological methodology). Ketiga, hermeneutika sebagai ilmu tentang semua pemahaman bahasa (science of all linguistic understanding). Empat, hermeneutika sebagai landasan metodologis dari ilmu-ilmu kemanusiaan (methodological foundation of Geisteswissenschaften). Lima, hermeneutika sebagai pemahaman eksistensial dan fenomenologi eksistensi (phenomenology of existence dan of existential understanding). Dan enam, hermeneutika sebagai sistem penafsiran (system of interpretation). Hermeneutika adalah kaidah-kaidah yang membantu untuk memahami tanda-tanda. Martin Heidegger dan Hans George Gadamer yang disebut Hermeneutika adalah Suatu proses bertujuan untuk menjelaskan hakikat dari pemahaman.

    ReplyDelete
  24. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya mendapatkan pemahaman baru tentang paham filsafat yaitu hermeneutics. Dimana hermeneutika bisa juga dipandang sebuah model pemikiran dan perenungan filosofis yang bertujuan untuk menjelaskan pengertian pemahaman (verstehen understanding) dan ia berusaha menjawab pertanyaan, “Apa yang akan dibuat oleh sebuah makna kepada yang memiliki makna?” Bisa jadi sesuatu itu berupa bait syair atau teks undang-undang, perbuatan manusia, bahasa, kultur asing atau personal sehingga hal ini dapat mencermintan aksiologi atau hasil dari hermeneutucs sendiri.

    ReplyDelete
  25. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Secara umum, hermeneutika adalah jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna dan erat kaitannya dengan bahasa. Terdapat banyak tokoh dalam hermeneutika diantaranya F.D.E Schleiermarcher, Wilhelm Dilthey, Hans-Georg Gadamer, Jurgen Habermas, dan Paul Ricoeur. Dalam buku Hermeneutik sebuah Metode Filsafat (Sumaryono, 1993: 30-33) menjelaskan bahwa dasar dari semua objek itu netral, sebab objek adalah objek. Sebuah meja di sini atau bintang di angkasa berada begitu saja. Benda-benda itu tidak bermakna pada dirinya sendiri. Hanya subjeklah yang kemudian memberi ‘pakaian’ arti pada objek. Arti atau makna diberikan kepada objek oleh subjek, sesuai dengan cara pandang subjek. Jika tidak demikian, maka objek menjadi tidak bermakna sama sekali. Husserl menyatakan bahwa objek dan makna tidak pernah terjadi secara serentak atau bersama-sama, sebab pada mulanya objek itu netral. Meskipun arti atau makna muncul sesudah objek atau objek menurunkan maknanya atas dasar situasi objek, semuanya adalah sama saja.

    ReplyDelete
  26. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam elegi lain diterangkan mengenai gambaran hermenitika hidup berupa spiral, yang berarti bahwa perjalanan kehidupan manusia memanglah tidak lurus, tetapi berbentuk spiral yang menunjukkan adanya perubahan pada setiap perubahan ruang dan waktu pula. Hermeneutika adalah teori dan metodologi interpretasi, terutama penafsiran teks alkitabiah, literatur kebijaksanaan, dan teks filosofis. Disiplin hermeneutika muncul dengan pendidikan humanis pada abad ke-15 sebagai metodologi historis dan kritis untuk menganalisis teks.

    ReplyDelete
  27. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hermeneutika adalah satu disiplin yang berkepentingan dengan upaya memahami ma’na atau arti dan maksud dalam sebuah konsep pemikiran. Dalam hal tersebut, masalah apa makna sesungguhnya yang dikehendaki oleh teks belum bisa kita pahami secara jelas atau masih ada makna yang tersembunyi sehingga diperlukan penafsiran untuk menjadikan Makna itu transparan, terang, jelas, dan gamblang.

    ReplyDelete
  28. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Sebenarnya di dalam hidup tanpa disadari kita sudah berhermeneutika. Kita saling menerjemahkan satu sama lain dalam kehidupan. Terdapat istilah hermeneutika kehidupan. Istilah tersebut dipahami dengan pandangan bahwa kehidupan itu layaknya sebuah spiral yang direntangkan. Akan terus berjalan secara linear pada ruang dan waktu yang tidak pernah sama. artinya kita tidak akan mampu mengulangi waktu yang sudah berlalu walau satu detikpun. Tetapi kehidupan itu juga bagaikan roda yang berputar. Artinya bahwa kita akan melewati masa-masa yang dahulu pernah terlewati pada ruang dan waktu yang berbeda. Seperti halnya ketika kita kecil, kita tidak mampu berbuat apa-apa dan segalanya harus membutuhkan bantuan orang lain, nha hal ini akan sama keadaannya ketika kita tua kelak. Terkadang manusia itu berada di atas (dalam arti kesuksesan) dan terkadang berada di bawah. Begitu seterusnya yang dimulai dari awal zaman hingga akhir zaman.

    ReplyDelete
  29. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Hermeneutika muncul sebagai teori pemahaman manusia, dimulai pada akhir abad ke 19 melalui karya Friedrich Schleiermacher dan Wilhelm Dilthey. Hermeneutik ialah suatu disiplin ilmu yang berkaitan dengan penafsiran, interpretasi, dan pemahaman teks. Sebagai teori interpretasi, tradisi hermeneutik membentang sepanjang perjalanan kembali ke filsafat Yunani kuno. Konsistensi hermeneutik mengacu pada analisis teks untuk mencapai penjelasan yang koheren. Hermeneutika filosofis terutama mengacu untuk teori pengetahuan yang diprakarsai oleh Martin Heidegger dan dikembangkan oleh Hans-Georg Gadamer dan kadang-kadang mengacu pada teori Paul Ricoeur.

    ReplyDelete
  30. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Hermeneutics merupakan sebuah studi tentang prinsip metodologi interpretasi. Pendekatan hermeneutik berpendapat bahwa fakta kehidupan sosial yang paling mendasar adalah makna sebuah tindakan. Kehidupan sosial dibentuk oleh tindakan sosial, dan tindakan bermakna bagi para aktor dan peserta sosial lainnya. Selain itu, tindakan selanjutnya berorientasi pada makna tindakan sebelumnya; Jadi, memahami tindakan selanjutnya mengharuskan kita menafsirkan makna yang diberikan oleh berbagai peserta terhadap tindakan mereka sendiri dan tindakan orang lain.

    ReplyDelete
  31. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hermeneutics berasal dari bahasa Yunani yaitu hermeneuien yang berarti, menafsirkan, memberi pemahaman, atau menerjemahkan. Sehingga hermeneutics adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna.

    ReplyDelete
  32. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Kata “hermeneutika”, secara etimologi berasal dari istilah Yunani, dari kata kerja hermeneuein, yang berarti “menafsirkan”, dan kata benda hermeneia, “interpretasi. Dari asal kata itu berarti ada dua perbuatan yaitu menafsirkan dan hasilnya. Jadi hermeneutika ditujukan kepada suatu proses mengubah sesuatu atau situasi yang tidak bisa dimengerti sehingga dapat dimengerti (Richard E. Palmer). Ada tiga komponen dalam proses tersebut; mengungkapkan, menjelaskan, dan menerjemahkan.

    ReplyDelete
  33. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Hermeneutika merupakan salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Empat tingkatan interpretasi yang berkembang di abad pertengahan, yaitu, literal eksegesis, allegoris eksegesis,tropologikal eksegegis, dan eskatologis eksegesis, direduksi menjadi Literal dan gramatikal eksegesis. Hermenitika dalam kehidupan berarti bagaimana kita mampu memberikan makna dan memahami setap makna yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari .

    ReplyDelete
  34. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Hermeneutika berkaitan erat dengan kegiatan menerjemahkan/diterjemahkan suatu hal untuk memperoleh makna yang terkandung di dalamnya. Melakukan kegiatan hermeneutika berarti melakukan kegiatan menerjemahkan/diterjemahkan secara ekstrinsik dan instrinsik. Ketika kita melakukan hal tersebut seringkali kenyataan yang ada tidak sesuai dengan harapan kita. Jika pikiran kita dikomandani oleh hati yang ikhlas, maka dalam setiap titik hidup akan terjadi hermeneutika.

    ReplyDelete
  35. Hermeneutika adalah menerjemahkan dan diterjemahkan. Gejala-gejala fisik yang ada bisa dipikirkan untuk mencari penjelasannya. Manusia misalnya bisa diterjemahkan sebagai ciptaan Allah sama seperti ciptaan Allah lainnya. Kemudian manusia pun bisa menterjemahkan bahwa dirinya sebagai ciptaan harus menyembah kepada penciptnya. Segala sesuatu yang terjadi dalam hidup pasti mengalami hermeneutika. Begitupun pengetahuan digunakan untuk menterjemahkan dan atau pengetahuan itu sendiri yang perlu diterjemahkan.

    ReplyDelete