Dec 2, 2012

HERMENEUTICS





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang HERMENEUTICS, koneklah:





Wss Wr Wb
Marsigit

27 comments:

  1. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Hermeutika merupakan kemampuan untuk menafsirkan sesuatu sehingga memiliki makna dan dapat membantu dalam membangun suatu pengetahuan. Hermeneutika menurut saya merupakan salah satu kemampuan berpikir yang harus dimiliki oleh manusia. Hermeneutika dan metafisik memiliki hubungan yang sangat erat. Metafisika hanya melahirkan pengetahuan yang subjektif. Pengetahuan itu dihasilkan atas dasar otoritas suatu konsep berpikir yang menghasilkan ide. Ia menawarkan sebuah terobosan metafisika baru yang berupa hermeneutika.

    ReplyDelete
  2. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Hermeneutika dekat kaitannya dengan interpretasi, atau eksegesis, tulisan suci, dan kemudian diperluas ke pertanyaan-pertanyaan penafsiran umum. Namun, seiring dengan perkembangannya, Hermeneutika terdapat dalam beberapa pembahasan salah satunya sebagai pendekatan dalam ilmu-ilmu sosial. Hermeneutika biasanya digunakan untuk memahami realitas, terutama realitas sosial, seperti unsur teks dalam sejarah dan tradisi suatu kebudayaan.

    ReplyDelete
  3. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Belajar hermeunetika berarti belajar bagaimana menginterpetasi dengan benar tentang makna-makna yang terkandung dalam suatu obyek dan subyek agar tidak salah dipahami dan diartikan. Tidak mudah untuk menggali makna dari sebuah obyek maupun subyek, oleh karena itu penting sekali mempelajari hermeunetika. Hermeunetika tidak hanya dalam filsafat saja, sekarang ini banyak yang menggunakan istilah ini seperti dalam ilmu tafsir, sosial, agama dan lainnya. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  4. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Berdasarkan sumber Wikipedia, Hermeneutics atau hermeneutika adalah teori dan metodologi penafsiran, terutama penafsiran teks alkitabiah, literatur kebijaksanaan, dan teks filosofis. Hermeneutika modern mencakup komunikasi verbal dan non-verbal serta semiotika, prasangka, dan pra-pemahaman. Hermeneutika telah diterapkan secara luas dalam humaniora, terutama dalam hukum, sejarah dan teologi. Istilah "hermeneutika" dan "eksegesis" kadang-kadang digunakan secara bergantian. Hermeneutika adalah disiplin yang lebih luas yang mencakup komunikasi tertulis, lisan, dan non-verbal, sedangkan eksegesis berfokus terutama pada kata dan tata bahasa teks. Hermeneutik, sebagai kata benda tunggal, mengacu pada beberapa metode interpretasi tertentu. Jadi dapat disimpulkan bahwa segala yang ada dan yang mungkin ada dapat diinterpretasikan dengan hermeneutika.

    ReplyDelete
  5. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa hermeneutika adalah teori dan metodologi mengenai interpretasi, khususnya interpretasi teks bibel, literatur mengenai kebijaksanaan dan teks filsafat. Adapun dalam filsafat, hermenetika merupakan metode yang digunakan dalam pendidikan humas dalam menginterpretasikan bacaan filsafat.

    ReplyDelete
  6. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Hermeneutika memiliki keterkaitan dengan pembelajaran matematika. Unsur dasar dari gambaran hermeneutika adalah lurus dan melingkar. Lurus karena dalam kehidupan ini ada beberapa hal yang tidak mungkin terjadi kembali artinya hal yang sama dari masa lalu ada yang tidak mungkin terulang kembali, kesemuannya bersifat menembus ruang dan waktu. Dalam hal ini yang dinyatakan sebagai “ruang” ternyata berdimensi-dimensi demikian juga “waktu”. Gambaran melingkar berarti berinteraksi. Sebagai contoh, yang diatas guru yang di bawah murid, yang di atas akhiran yang dibawah dunia, dan sebagainya. Maka hermeneutika meliputi dari yang ada dan mungkin yang ada.

    ReplyDelete
  7. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Hermeneutika merupakan salah satu aspek materi dalam filsafat ilu yang saya minati. Hermeutika merupakan kemampuan untuk menafsirkan sesuatu sehingga memiliki makna dan dapat membantu dalam membangun suatu pengetahuan. Dalam pembelajaran matematika hermeneutika dapat digambarkan lurus dan melingkar. Lurus karena dalam kehidupan ini terdapat beberapa hal yang tidak mungkin terjadi kembali misalnya kita menjadi anak usia 8 tahun lagi. Hal tersebut tidak mungkin karena alur kehidupan itu lurus ke depan dan tidak kembali ke belakang lagi. Sedangkan gambaran melingkar berarti berinteraksi. Sebagai contoh, yang diatas guru yang di bawah murid, yang di atas akhiran yang dibawah dunia, dan sebagainya. Maka hermeneutika meliputi segala sesuatu yang ada dan mungkin yang ada. Dengan hermeneutika kita dapat menjalani hidup dengan lebih harmonis.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  8. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Seperti ilmu lain, Hermeneutika juga memiliki sejarah sendiri. Istilah hermeneutika secara historits muncul pertama kali dalam karya Johan Konrad Dannhauer, seorang teolog Jerman, yang berjudul Hermeneutica Sacra, Sive Methodeus Exponendarums Sacrarum Litterarum yang ditulis pada tahun 1654. Sebagai teolog, hermeneutika dalam buku ini masih terbatas pada pembahasan metode menafsirkan teks-teks Bibel. Dalam perkembangan saat ini, hermeneutika dipahami sebagai sebuah teori, metodologi, dan praksis penafsiran, yang digerakkan ke arah penangkapan makna dari sebuah teks atau sebuah analog teks, yang secara temporal atau kultural berjarak jauh, atau dikaburkan oleh ideologi dan kesadaran palsu.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  9. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari beberapa link yang ada diatas, yang dapat saya pahami adalah bahwa hermeneutika merupakan ilmu tentang penafsiran atau interpretasi yang menjadi landasan metodologis dalam ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan manusia. Hermeneutika ini digunakan untuk memahami makna yang terkandung dalam kitab suci ataupun naskah-naskah yang berupa simbol dan juga fenomena-fenomena yang terjadi dalam kehidupan manusia. Dijelaskan pula sejarah perjalanan hermeneutika oleh para ahli filsuf. Pengertian hermeneutika menurut Heidegger yaitu bukanlah masalah pemahaman komunikasi linguistik. Juga bukan tentang memberikan dasar metodologis untuk ilmu manusia, melainkan tentang kondisi paling mendasar dari manusia berada di dunia. Hermeneutika juga mencakup seni, interpretasi ekspresi linguistik dan non-linguistik. Hermeneutika dapat diaplikasikan dalam bidang arkeologi dan arsitektur. Dalam arkeologi istilah hermeneutika diartikan sebagai penafsiran dan pemahaman materi melalui analisis kemungkinan arti dan manfaat sosial.

    ReplyDelete
  10. Junianto
    PM C

    Hermenetika adalah teori dan metodologi penafsiran terutama dalam menafsirkan teks-teks alkitab, wisdom literature dan teks filosofis. Dari pengertian ini, bisa saya pahami bahwa hermenetika merupakan sarana yang digunakan untuk menafsirkan, memahami dan menginterpretasikan sesuatu agar sesuai denga makna yang sebenarnya. Maka dari itu, hermenetika bisa digunakan untuk berbagai cabang ilmu agar kita bisa memahami makna yang sebenarnya dan tidak salah dalam menerjemahkan.

    ReplyDelete
  11. Nur Dwi Laili
    17709251059
    PPs PM C

    Hermenetika adalah teori dan metodologi penafsiran (wikipedia.org). Dari pengertian tersebut dapat dipahami bahwa hermenetika dapat dipandang sebagai suatu teori dan sebagai suatu cara atau metodologi. Sebagai suatu teori, hermenetika merupakan teori tentang penafsiran. Sedangkan sebagai suatu metodologi, hermenetika merupakan cara untuk menafsirkan sesuatu. Sebagai cata untuk menafsirkan sesuatu, hermenetika dapat diartikan sebagai terjemah dan diterjemahkan. Artinya ketika kita ingin menafsirkan sesuatu, kita harus saling terjemah dan diterjemahkan, harus ada interaksi.

    ReplyDelete
  12. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Istilah hermenitika sering terdengar dalam perkuliahan ilmu filsafat. Suami-istri, guru-murid, orang tua-anak harus berhermenetika. Hermenetika diterjemahkan sebagai teori dan metodologi penafsiran. Hermeneutika sebagai metodologi penafsiran berkaitan dengan persoalan yang timbul saat berhadapan dengan perilaku manusia.

    ReplyDelete
  13. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Hermeneutik ialah sebuah metode,teori ataupun ilmu yang berkaitan dengan interpretasi atau penafsiran. Ilmu hermeneutik tidak hanya menafsirkan apa yang ada di buku teks namun bisa juga menafsirkan yang non-teks seperti mempelajari dibalik segala fenomena yang terjadi di alam semesta ini, hakikat terjadinya seperti apa, apa yang bisa dipahami dari fenomena itu, bagaimana cara untuk memahaminya, bagaimana pemahaman itu bisa terwujud.

    ReplyDelete
  14. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dalam web diatas dikatakan bahwa hermeneutika berarti teori penafsiran, yaitu teori yang digunakan untuk mencapai pemahaman tentang teks, ucapan, dan sebagainya. Ada juga yang menyatakan bahwa hermeneutika sebagai metode penafsiran berkaitan dengan masalah yang timbul di kehidupan manusia. Karena hermeneutika dipandang sebagi metodologi, maka hermeneutika sendiri menyediakan toolbox unutk memperlakukan masalah interpretasi tindakan manusia, teks dan materi penting lainnya secara efisien.

    ReplyDelete
  15. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Hermeneutika merupakan suatu proses menerjemahkan dan diterjemahkan. Yang diterjemahkan dan menerjemahkan yaitu segala hal yang ada dalam kehidupan ini. Menerjemahkan dan diterjemahkan adalah suatu kesatuan yang harus dilaksanakan secara seimbang. Menerjemahkan apa yang ada dikehidupan bisa berarti memahami atau merefleksi apa yang ada kemudian dibawa kediri kita dihayati dan diambil manfaatnya.

    ReplyDelete
  16. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Hermeneutika merupakan sebuah proses untuk menafsirkan, menginterpretasikan, dan memahami sesuatu. Di dalam hermeneutika terdapat dua unsur dasar yaitu lurus dan melingkar. Lurus karena kita tidak akan bisa mengulangi hal yang sama. Melingkar karena kita melakukan interaksi. Hermeneutika ini juga dapat diartikan sebagai suatu cara untuk menerjemahkan hal apapun. Oleh karena itu, hermeneutika dalam hal apapun termasuk dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan. Melalui hermeneutika dalam proses pembelajaran matematika, diharapkan siswa dapat berinteaksi lebih banyak dengan matematika sehingga dapat memahami matematika dan mengeksplor potensi kecerdasan matematikanya lebih mendalam.

    ReplyDelete
  17. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Hermeneutik adalah ilmu filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Hermenutika menekankan pemahaman dan komunikasi yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman dan interpretasi terhadap suattu hal. Jika di dalam pembelajaran, guru bisa menggunakan metode dialog. Dialog guru dengan siswa, siswa dengan siswa lainnya yang secara jelas guru yang pemimpin siswa agar tercipta suatu proses pembelajaran yang efektif. Dimana guru membelajarkan suatu materi harus berdasarkan pada konteks terlebih dahulu agar ilmu yang diperoleh siswa dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari.

    ReplyDelete
  18. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027
    Hermeneutika hidup adalah tentang bagaiman menginterpretasi makna hidup. Hermeneutika memiliki banyak tokoh, maka dari itu dengan perkembangan, makna dari hermeneutika juga terus berkembang, diperbaiki dan disempurnakan oleh tokoh-tokoh hermeneutika. Hermeneutika hidup ada berbagai bentuk, misalnya saja lurus, melingkar, spiral melebar, spiral mengerucut. Tiap bentuk memiliki makna sendiri, seperti misalnya hermeneutika lurus dapat diartikan manusia tidak akan pernah melakukan hal yang sama, karena manusia menembus ruang dan waktu, setiap saat yang ia lakukan pastilah akan berbeda. Hermeneutika melingkar dapat diartikan bahwa kehidupan itu cyclic, berulang saling berhubungan, berbentuk lingkaran, seperti guru di lingkaran bagian atas dan siswa ada di bagian bawah, keduanya berhubungan dan saling membutuhkan. Bentuk-bentuk lain juga memiliki artinya masing-masing.

    ReplyDelete
  19. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Hermeneutics merupakan metodologi penafsiran yang berkaitan dengan masalah yang timbul saat berhadapan dengan tindakan manusia, terutama penafsiran teks dan literatur filosofis. Hermeneutics pada awalnya diterapkan pada interpretasi, atau eksegesis, tulisan suci, dan kemudian diperluas ke pertanyaan-pertanyaan penafsiran umum. Istilah " hermeneutics " dan "eksegesis" kadang-kadang digunakan secara bergantian. Hermeneutics adalah disiplin yang lebih luas yang mencakup komunikasi tertulis, lisan, dan non-verbal, sedangkan eksegesis berfokus terutama pada kata dan tata bahasa teks. Seiring perkembangannya hermeneutics modern telah mencakup komunikasi verbal dan non-verbal, serta semiotika, prasangka, dan pra-pemahaman. Dan kini hermeneutika telah diterapkan secara luas dalam humaniora, terutama dalam hukum, sejarah dan teologi.

    ReplyDelete
  20. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Hermeneutiks itu sangat dibutuhkan oleh segala kalangan manusia baik itu yang bersangkutan dengan yang ada maupun dengan yang mungkin ada. Hal ini karena sesungguhnya hermeneutika dalam hidup itu memberikan bantuan terhadap subyek untuk selalu mencari dan mencari tanpa adanya kepuasan dalam mencari. Jika seseorang tidak melakukan hermeneutika dalam hidup, maka orang tersebut akan mengalami keyakinan yang hampa karena hanya condong pada satu aspek saja.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  21. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Hermeneutika yang saya kenal selama perkuliahan ini merupakan suatu proses menerjemahkan dan diterjemahkan. Apa yang diterjemahkan dan apa yang menerjemahkan ? yang diterjemahkan dan menerjemahkan yaitu segala hal yang ada dalam kehidupan ini. Menerjemahkan apa yang ada dikehidupan bisa berarti memahami atau merefleksi apa yang ada kemudian dibawa kediri kita dihayati dan diambil manfaatnya. Menerjemahkan dan diterjemahkan adalah suatu kesatuan yang harus dilaksanakan secara seimbang.

    ReplyDelete
  22. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Hermeneutika disampaikan oleh Immanuel Kant sebagai penengah paham teori logika dan pengalaman. Namun, hermeneutika tidak hanya satu itu saja. Hermeneutika juga dapat dipandang sebagai penengah dari paham spiritual dan material. Paham spiritual mempercayai bahwa tuhan itu ada dan segala sesuatu yang kita lakukan berdasarkan kuasa tuhan. Tuhan menciptakan akal manusia sehingga kita mampu berpikir. Maka pikiran sangat menentukan bagaimana manusia itu dalam kehidupannya. Sedangkan paham materialistis ialah paham dimana material (uang, tahta, dll) merupakan tujuan utama manusia dalam menjalani kehidupan. Jika dinaikkan lagi maka menjadi paham nirmatif yaitu apa yang telah dilaukan oleh manusia atau pengelaman manusia yang menentukan bagaimana manusia itu hidup di dunia. Oleh karena itu hermeneutika sebagai penengah diantara keduanya. Hermeneutika artinya kita sebagai manusia hendanya memikirkan atau merefleksikan apa yang dijalani, serta menjalani apa yang telah dipikirkan atau dipertimbangkan sebelumnya.

    ReplyDelete
  23. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Hermeneutika (dalam bahasa Ingris hermeneutics; dalam bahasa Yunani hermeneutine dan hermeneia) yang artinya menafsirkan dan penafsiran. Dalam tradisi Yunani, istilah hermeneutika dikaitkan dengan Hermes (Hermeios), yaitu seorang utusan dewa yang bertugas menterjemahkan pesan dewa kedalam bahasa manusia. Jika dikaitkan dengan matematika, maka hermenitika merupakan proses menterjemahkan dan diterjemahkan mengenai matematika sehingga matematika mudah dipahami. Contoh penerapannya dalam pembelajaran dapat dengan cara mengajarkan peluang melalui contoh nyata pemilihan presiden.

    ReplyDelete
  24. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Hermeneutika adalah aliran filsafat yang bisa didefiniskan sebagai teori interpretasi dan penafiran sebuah naskah melalui percobaan. Hermeneutika mencakup dua hal yaitu yang pertama adalah seni dan yang kedua adalah teori pemahaman dan interpretasi ekspresi linguistik dan non-linguistik. Jadi, hermeneutika adalah proses menerjemahkan dan diterjemahkan. Menerjemahkan dan diterjemahkan ini berlaku untuk apa saja dan kapan saja.

    ReplyDelete
  25. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Istilah hermeneutika diambil dari kata kerja dalam bahasa Yunani yang berarti menafsirkan, memberi pemahaman atau menerjemahkan.

    ReplyDelete
  26. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Hermeneutika adalah salah satu jenis filsafat yang mempelajari tentang interpretasi makna. Nama hermeneutika diambil dari kata kerja dalam bahasa Yunani hermeneuein yang berarti, menafsirkan, memberi pemahaman, atau menerjemahkan. Jadi hermenetika itu terjemah dan menterjemahkan. Dalam hidup kita selalu berhemenetika. Karena untuk memahami orang lain kita harus berhemenetika. Kalau tidak berhemenetika maka kita tidak akan mampu berkomunikasi dengan orang lain.

    ReplyDelete
  27. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Intrepretasi makna berarti mampu menerjemahkan dan diterjemahkan. Untuk itulah diharapkan dapat secara kritis memaknainya lebih dalam. Lebih dari itu, dalam memaknai yang terpenting adalah dapat melihatnya dari berbagai sisi, jangan cepat menilai sesuatu saja secara gamblang. Hal yang paling mendasar dari itu adalah agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam memaknai.

    ReplyDelete