Dec 1, 2012

Analytic Philosophy


Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut Filsafat Analitik, bisa akses ke:




Wss Wr Wb

Marsigit

25 comments:

  1. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Analytic philosophy atau Filsafat analitik adalah suatu gerakan filosofis abad ke-20, khususnya di Inggris dan Amerika Serikat yang memusatkan perhtiannya pada bahasa dan mencoba menganalisa pernyataan-pernyataan (konsep-konsep, ungkapan bahasa, dan betnuk-bentuk logis) supaya menemukan bentuk yang paling logis dan singkat yang cocok dengan fakta-fakta atau makna yang disajikan. Filsafat analitik merupakan perkembangan filsafat yang dominan dalam bidang bahasa yang menolak setiap bentuk filsafat yang berkaitan dengan teori metafisika. Aliran ini muncul dari kelompok yang menyebutnya lingkaran wina. Filsafat analitik digunakan sebagai upaya untuk menjawab pertanyaan filosofis melalui analisis, melihat konsep dalam penggunaan bahasa kemudian mengartikan sejelas mungin sebelum mencoba memberikan jawaban. Analisis bahasa yang diadakan guna memulihkan penggunaan bahasa untuk memecahkan kesalahpahaman yang dilakukan oleh filsafat terhadap logika bahasa. Wittgenstein menekankan makna kata atau kalimat amat ditentukan oleh penggunaan dalam bahasa, bukan oleh logika.

    ReplyDelete
  2. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Filsafat analitik adalah aliran dalam filsafat yang berpangkal pada sekelompok filsuf yang menyebut dirinya lingkaran Wina. Filsafat analitik menolak setiap bentuk filsafat yang berbau metafisik. Bagi mereka, metafisik tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Gerakan ini memusatkan perhatiannya pada bahasa dan upaya untuk menganalisis pernyataan seperti konsep, ungkapan kebahasaan, atau bentuk-bentuk logis. Tujuannya adalah untuk menemukan pernyataan-pernyataan yang berbentuk logis, ringkas, dan terbaik, yang cocok dengan fakta atau arti yang disajikan. Dengan kata lain, filsafat analitias merupakan suatu ungkapan yang merangkum semua karya filosofis abad ke 20 yang bersandar kuat pada teknik linguistik dan analisis logis.

    ReplyDelete
  3. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Didalam kamus populer filsafat, filsafat analitik adalah aliran dalam filsafat yang berpangkal pada lingkaran Wina. filsafat analitik menolak setiap bentuk filsafat yang berbau metafisik. Juga ingin menyerupai ilmu-ilmu alam yang empirik, sehingga kriteria yang berlaku dalam ilmu elsakta juga harus dapat diterapkan pada filsafat (misalnya harus dapat dibuktikan dengan nyata, istilah-istilah yang dipakai harus berarti tunggal, jadi menolak kemungkinan adanya analogi).

    ReplyDelete
  4. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Filsafat analitik menolak setiap bentuk filsafat yang berkaitan dengan metafisik karena kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan. Paham filsafat analitik sendiri lebih mirip dengan filsafat itu yang merupakan bidang ilmu yang mempelajari hakikat ilmu, dasar-dasar ilmu , asumsi dan impilkasi dari ilmu yang termasukdidalamnya ilmu sosial dan ilmu alam. Dan pandangan ini berkaitan erat dengan bidang bahasa. Bahasa merupakan elemen penting dalam komunikasi dan pemecahan masalah.

    ReplyDelete
  5. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Filsafat analitik merupakan aliran filsafat yang tumbuh di Inggris. Esensi daro aliran filsafat analitik adalah memberikan penolakan pada metafisika. Paham metafisika yang menuntun untuk mengkaji secara mendalam mengenai keberadaan suatu zat, hakikat suatu pikiran dan hakikan mengenai hubungan zat tersebut dengan pikiran yang ada dipandang sebagai sesuatu yang janggal. Penganggapan tersebut bermuara pada simpulan bahwa metafisika tidak bisa dibuktikan secara ilmiah.
    Aliran ini mencoba menganalisa pernyataan-pernyataan (konsep-konsep, ungkapan-ungkapan kebahasaan atau bentuk-bentuk yang logis) supaya menemukan bentuk-bentuk yang paling logis dan singkat yang cocok dengan fakta-fakta atau makna-makna yang disajikan.

    ReplyDelete
  6. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, filsafat analitik adalah aliran dalam filsafat yang memiliki pangkal pada lingkaran Wina. Filsafat analitik menolak setiap bentuk filsafat yang berbau metafisik. Dan filsafat analitik juga ingin menyerupai ilmu-ilmu alam yang empiris, sehingga kriteria yang berlaku dalam ilmu elsakta juga harus dapat diterapkan pada filsafat (misalnya harus dapat dibuktikan dengan nyata, istilah-istilah yang dipakai harus berarti tunggal, jadi menolak kemungkinan adanya analogi). Contohnya jikalau suatu kesimpulan sudah dianalisis terlebih dahulu, maka insyaallah kesimpulan akan lebih bermakna jikalau disampaikan.

    ReplyDelete
  7. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Filsafat analitik adalah aliran filsafat yang berkembang di Inggris dan merupakan aliran yang menolak adanya bentuk metafisik yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Paham ini menganalisa konsep, dan bentuk yang logis dari ilmu sosial dan ilmu alam. Paham ini diasajikan untuk membuktikan suatu teori atau ilmu.

    ReplyDelete
  8. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Filsafat analitik adalah pengungkapan secara sistematik tentang aturan-aturan logis dari konsep-konsep dan bahasa khususnya bahasa ilmu yang semata-mata formal. Filsafat analitik merupalan suatu upaya untuk menyelidiki atau memeriksa konsep-konsep dalam rangka mengetahui benar atau salah, baik atau buruk, logis atau tidak logis, bermakna atau tidak bermaknanya konsep-konsep tersebut. Konsep-konsep tersebut merupakan hasil pemikiran atau pandangan seseorang yang diungkapkan dalam bentuk bahasa.

    ReplyDelete
  9. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Filsafat analitik mempunyai pandangan utama yang bertolak belakang terhadap metafisika. Penganut filsafat analitik menganggap bahwa metafisika tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Sebagai permisalan, pada aliran filsafat analitik di Inggris, gerakan ini sangat dominan dalam bidang bahasa. Kemunculannya merupakan reaksi keras terhadap pengikut Hegel yang mengusung idealisme total. Dari pemikirannya, filsafat analitik merupakan pengaruh dari rasionalisme Prancis, empirisisme Inggris dan kritisisme Kant, (http://id.wikipedia.org/wiki/Filsafat_analitik).

    ReplyDelete
  10. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Filsafat Analitik merupakan suatu aliran filsafat yang muncul dari kelompok filsuf yang menyebut dirinya sebagai lingkaran Wina. Filsafat analitik lingkaran Wina itu berkembang dari Jerman hingga ke luar, yaitu Polandia dan Inggris. Pandangan utama dari filsafat ini adalah penolakan terhadap metafisika. Bagi mereka, metafisika tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Jadi filsafat analitik memang mirip dengan filsafat sains.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  11. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Di negara Inggris misalnya, gerakan filsafat analitik ini sangat dominan pada bidang bahasa. Kemunculan filsafat analitik merupakan reaksi keras terhadap pengikut Hegel yang mengusung idealisme total. Dari pemikirannya, filsafat analitik merupakan pengaruh dari rasionalisme Prancis, empirisisme Inggris dan kritisisme Kant. Salah satu tokoh yang mengembangkan filsafat ini adalah Ludwig Wittgenstein Wittgenstein menekankan bahwa makna kata atau kalimat amat ditentukan oleh penggunaan dalam bahasa, bukan oleh logika.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  12. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Filsafat analitik adalah filsafat yang menyebut dirinya sebagai lingkaran wina. Filsafat analitik wina itu berkembang dari jerman hingga keluar filsafat ini menolak tentang pandangan metafisika karena kebenarannya tidak mempunyai pembuktian. Padahal filsafat itu sendiri adalah suatu olah pikir atau pola pikir dimana pemikirannya itu selalu didasari dengan adanya pembuktian pembuktian ilmiah sehinggga kebenarannya dapat dibuktikan.

    ReplyDelete
  13. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Sekolah filsafat analitik telah mendominasi filsafat akademik di berbagai daerah, terutama Inggris dan Amerika Serikat, sejak awal abad ke-20. Filsafat analitik menolaj setiap bentuk filsafat yang berkaitan dengan metafisik karena keberadaannya tidak dapat dipertanggung jawabkan. Filsafat ini berkaitan erat dengan bidang bahasa, karena bahasa merupakan alat komunikasi dan merupakan elemen penting dalam memecahkan masalah.

    ReplyDelete
  14. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Pandangan utamanya dari analytic philosophy atau filsafat analitk adalah pandangan yang menolak metafisika. Bagi mereka, metafisika tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Filsafat analitik ini muncul dari kelompok filsuf yang menyebut dirinya lingkaran Wina. Salah satu tokoh filsafat analitik yatiu Ludwig Wittgenstein.

    ReplyDelete
  15. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Filsafat analitik adalah suatu gerakan filosof abad ke 20, khususnya di Inggris dan Amerika Serikat yang memusatkan perhatiannya pada bahasa dan mencoba menganalisa pernyataan-pernyataan (konsep-konsep, ungkaparn-ungkapan kebahasaan atau bentuk-bentuk yang logis) supaya menemukan bentuk-bentuk yang paling logis dan singkat yang cocok dengan fakta-fakta atau makna-makna yang disajikan. Pokok bagi filsafat anaitik adalah pembentukan definisi baik yang linguistic atau nonlinguistic nyata atau yang kontekstual.

    ReplyDelete
  16. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Filsafat analitik (kadang-kadang filsafat analitis) adalah istilah umum untuk gaya filsafat yang mendominasi negara-negara berbahasa Inggris pada abad ke-20. Di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Skandinavia, Australia, dan Selandia Baru, sebagian besar departemen filsafat universitas mengidentifikasi diri mereka sebagai departemen "analitik".

    ReplyDelete
  17. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    filsafat analitik mengacu pada perkembangan tertentu dalam filsafat awal abad ke-20 yang merupakan anteseden historis dari praktik saat ini. sebagai praktik filosofis, [1] [2] itu ditandai dengan penekanan pada kejelasan dan ketepatan argumentatif, sering menggunakan logika formal , analisis konseptual, dan, pada tingkat yang lebih rendah, matematika dan ilmu alam. terimakasih

    ReplyDelete
  18. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Analityc Philosophy atau filsafat analitik adalah aliran filsafat yang muncul dari kelompok filsuf yang menyebut dirinya lingkaran Wina. Filsafat analitik itu berkembang di Jerman hingga ke luar, yaitu olandia dan Inggris. Pandangan utamanya adalah penolakan terhadap metafisika. Bagi mereka metafisika tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Jadi filsafat analitik memang mirip dengan filsafat sains.

    ReplyDelete
  19. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Filsafat Analitis mirip dengan filsafat sains, aliran ini menolak terhadap pandangan metafisik. Aliran ini memusatkan perhatiannya pada bahasa dan menganalisis suatu pernyataan (konsep atau ungkapan-ungkapan logis). Tokoh yang mengembangkan aliran ini adalah Bertrand Russel dan Ludwig Wittgenstein.

    ReplyDelete
  20. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Filsafat analitik lebih tertarik pada pertanyaan konseptual (pertanyaan tentang makna kata-kata dan pernyataan dan hubungan logis mereka) daripada dalam masalah spiritual atau praktis seperti moralitas atau makna hidup. Para filosof analitik sangat bergantung pada kosakata, asumsi, dan persamaan logika simbolik dalam argumen mereka. Keuntungan membaca filsafat analitik adalah untuk memahami istilah-istilah penulis tertentu, dan kosa kata analisis logis maka argumen mereka harus jelas dan tepat.

    ReplyDelete
  21. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Dari artikel di atas, disimpulkan bahwasannya analytical philosophy merupakan filsafat tentang analisis. Filsafat ini cocok digunakan oleh siswa dalam menggunakan kemampuan berpikirnya. Menurut Russel, sasaran filsafat analitis adalah menerjemahkan secara gramatikal pernyataan-pernyataan yang menyesatkan dalam bentuk-bentuk yang tepat secara logis. Dengan demikian, filsafat analisis mengajarkan manusia untuk mampu menjabarkan secara logis hal-hal yang rancu menjadi jelas. Secara tidak langsung, manusiapun menggunakan aliran filsafat ini dalam hidup khususnya saat manusia menggunakan pikirannya. Apalagi selama manusia itu hidup proses berpikir akan terus berjalan sehingga filsafat ini akan menjadi bagian dari kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  22. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Filsafat analitik adalah aliran filsafat yang muncul dari kelompok filsuf yang menyebut dirinya lingkaran Wina. Filsafat analitik lingkaran Wina itu berkembang dari Jerman hingga ke luar, yaitu Polandia dan Inggris. Pandangan utamanya adalah penolakan terhadap metafisika. Bagi mereka, metafisika tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Jadi filsafat analitik memang mirip dengan filsafat sains.

    ReplyDelete
  23. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    berdasarkan artikel diatas, analytical philosophy biasa diartikan filsafat tentang analitik. Pengertian umum analytcal philosphy merupakan sebuah gerakan filosofis yang mencari solusi dari masalah filosofis dalam analisis proposisi atau kalimat. Analytical philosophy menolak adanya ilmu metafisik, karena pandangan ini cenderung menggunakan pada suatu pernyataan atau proporsi yang logis.

    ReplyDelete
  24. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    19709251073

    Salah satu tokoh filsafat analitik yang memiliki konsep yang lengkap dan inovatif adalah Ludwig Wittgeinstein. Seluruh filsafat menurut Ludwig Wittgeinstein hanya merupakan suatu metode yaitu critique of languange. Dengan metode itu akan semakin terbuka kemungkinan untuk melakukan kritik terhadap pemikiran filsafat dan akan semakin dapat diketahui kejelasan konsep-konsep yang bermakna atau tidak bermakna.

    ReplyDelete
  25. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete