Dec 1, 2012

Analytic Philosophy


Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut Filsafat Analitik, bisa akses ke:




Wss Wr Wb

Marsigit

10 comments:

  1. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    filsafat analitik mendominasi filsafat akademik di berbagai daerah, terutama Inggris dan Amerika Serikat, sejak awal abad kedua puluh. Filsafat analitik dianggap telah berasal dari sebuah revolusi filosofis di grand skala-tidak hanya dalam pemberontakan terhadap Idealisme Inggris, tetapi melawan filsafat tradisional secara keseluruhan. Filsafat analitik sulit untuk menentukan dalam hal fitur intrinsik atau komitmen dasar filosofis. Akibatnya, ia selalu bergantung pada kontras dengan pendekatan lain untuk filsafat-terutama pendekatan yang menemukan dirinya menentang fundamental-untuk membantu memperjelas sifat sendiri.

    ReplyDelete
  2. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Filsafat analitik adalah kontradiksi dari metafisik. Filsafat analitik menolak setiap bentuk filsafat yang berkaitan dengan metafisik karena kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan. Paham filsafat analitik sendiri lebih mirip dengan filsafat itu yang merupakan bidang ilmu yang mempelajari hakikat ilmu, dasar-dasar ilmu , asumsi dan impilkasi dari ilmu yang termasukdidalamnya ilmu sosial dan ilmu alam. Dan pandangan ini berkaitan erat dengan bidang bahasa. Bahasa merupakan elemen penting dalam komunikasi dan pemecahan masalah.

    ReplyDelete
  3. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Berdasarkan informasi dari sumber yang Bapak berikan, dapat saya simpulkan bahwa filsafat analitik merupakan suatu gerakan filosof Abad ke 20, yang muncul di Inggris dan Amerika Serikat. Filsafat ini yang menitikberatkan pada bahasa untuk menganalisa pernyataan, konsep-konsep, atau bentuk-bentuk yang logis untuk menemukan bentuk yang paling logis dan sesuai dengan fakta-fakta atau makna-makna yang disajikan. Sehingga pembentukan definisi yang baik melalui bahasa merupakan hal yang pokok pada filsafat analitik.

    ReplyDelete
  4. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, filsafat analitik adalah filosofi atau ideologi yang mengambil proses analisis menjadi inti metode dan kemajuan berfilsafat. Pandangan umum para filsuf analitis adalah bahwa bentuk permukaan sebuah bahasa dapat menyembunyikan struktur logis yang tersembunyi, dan dengan struktur ini ada kemungkinan kita bisa tersesat. Hal ini dapat diungkap oleh sebuah proses yang dengan sendirinya memecahkan masalah secara filsafat, atau menunjukkannya sebagai keturunan dari bentuk permukaan bahasa yang tidak biasa.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  5. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Filsafat analitik merupakan aliran yang dicetus oleh Ludwig Wittgenstein, aliran ini berprinsip bahwa jangan katakan jika hal itu tidak dapat dikatakan “ batas-batas bahasaku adalah batas-batas duniaku”. Masalah-masalah filsafati seyogyanya dipecahkan melalui analisis bahasa, untuk mendapatkan atau tidak mendapatkan makna di balik bahasa yang digunakan, hanya dalam ilmu pengetahuan alam pernyataan memiliki makna, karena pernyataan tersebut bersifat faktual.(Maksum, 2012: 379)

    ReplyDelete
  6. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    "Filosofi analitik dimulai saat Moore dan kemudian Russell mulai mempertahankan realisme menyeluruh tentang apa yang disebut Moore sebagai "akal sehat" atau "biasa" melihat dunia" begitu yang tercantum dalam link http://www.iep.utm.edu/analytic/, disana juga dituliskan "filsafat analitik terkenal berasal dari sebuah revolusi filosofis dalam skala besar - tidak hanya dalam pemberontakan melawan Idealisme Inggris, namun bertentangan dengan filsafat tradisional secara keseluruhan" sedangkan link http://www.galilean-library.org/site/index.php/page/index.html/_/essays/introducingphilosophy/17-analytic-philosophy-r34 tidak dapat saya akses.

    ReplyDelete
  7. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Filsafat analitik lahir dalam suatu linguistik. Filsafat analitik erat kaitanya dengan pembahasan "bahasa" sebagai media dalam berfilsafat. Beberapa kali saya melihat penekanan pada linguistik dan bahasa sebagai unsur penting dalam filsafat analitik. Akan tetapi, saya juga menemui statement bahwa filsafat analitik sulit didefinisikan terkait dengan komitmen filosofis yang mendasarinya. Hal ini mengakibatkan, dalam perjalanannya, filsafat analitik selalu mengambil kontras atau pertentangan dari aliran filsafat lain. Saat ini, saya berupaya mensintesiskan temuan-temuan saya tersebut, saya berupaya mencari garis yang menghubungkan beberapa poin tersebut, agar saya dapat memahami seutuhnya filsafat analitik. Pertanyaan saya, apakah "bahasa" digunakan fisafat analitik dalam mendebat aliran filsafat lain? Bismillah, mari kita terus belajar

    ReplyDelete
  8. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    177092510005

    Assalamualaikum prof,
    Filsafat analitik adalah aliran dalam filsafat yang berpangkal pada sekelompok filsuf yang menyebut dirinya lingkaran Wina. Filsafat analitik menolak setiap bentuk filsafat yang berbau metafisik. Bagi mereka, metafisik tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Gerakan ini memusatkan perhatiannya pada bahasa dan upaya untuk menganalisis pernyataan seperti konsep, ungkapan kebahasaan, atau bentuk-bentuk logis. Tujuannya adalah untuk menemukan pernyataan-pernyataan yang berbentuk logis, ringkas, dan terbaik, yang cocok dengan fakta atau arti yang disajikan. Dengan kata lain, filsafat analitias merupakan suatu ungkapan yang merangkum semua karya filosofis abad ke 20 yang bersandar kuat pada teknik linguistik dan analisis logis.

    ReplyDelete
  9. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P. Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. terima kasih atas link yang bapak ssajikan. Berpikir analitik akan membawa kita pada objektifitas. Hal tersebut harus dilandasi dengan metodelogi atau paradigma yang jelas. Saya rasa ini sangat bermanfaat bagi kita sebagai mahasiswa matematika. Terlebih kita harus berhadapan dengan logika dan teori-teori yang rumit. Semoga apa yang bapak sajikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak ada yang sulit jika kita ingin belajar dengan giat.

    ReplyDelete
  10. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Analitik filsafat dapat dianalogikan sebagai paham yang berdasarkan logika sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara logis. Apabila saya kaitkan dengan pembelajran matematika analitik filsafat dapat dipandang memenuhi sifat matematika, hal ini dikarenakan matematika membuat siswa berpikir logis, dengan mengetahui cara mengerjakan, asal mula rumus, alasan pemilihan strategi, atau sering disebut kemampuan pemecahan masalah.Selain itu saat siswa terbiasa berpikir logis. Siswa tidak akan sembarangan dalam membuat keputusan karena harus dipikirkan terlebih dahulu, agar setelah mengambil keputusan tidak terdapat penyesalan.

    ReplyDelete