Dec 1, 2012

Analytic Philosophy


Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut Filsafat Analitik, bisa akses ke:




Wss Wr Wb

Marsigit

26 comments:

  1. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Saya mendapati dari hasil bacaan link di atas, dalam filsafat analitik letak penekanannya pada bahasa.Menurut pandangan tradisional, filsafat analitik lahir dalam linguistik dimana konsep linguistiknya dilhat sebagai novel di dalam sejarah filsafat.Terkait alasan ini, filsafat analitik melakukan pengejewantahan terhadap idealisme Inggris juga dengan filsafat tradisional secara menyeluruh.

    ReplyDelete
  2. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Munculnya filsafat analitik merupakan salah satu wujud dari perhatian filosof terhadap bahasa yang semakin besar. Mereka sadar bahwa dalam kenyataannya banyak persoalan-persoalan filsafat, konsep-konsep filosofis akan menjadi jelas dengan menggunakan analisis bahasa. Secara estimologi kata analitik berarti logis, mendalam, sistematis, tajam dan tersusun. Secara umum filsafat analitik merupakan upaya untuk menyelidiki atau memeriksa konsep-konsep dalam rangka mengetahui benar atau tidak, logis atau tidak logis, bermakna atau tidak bermaknanya konsep-konsep tersebut. Konsep dalam hal ini adalah hasil pemikiran atau pandangan seseorang yang diungkapkan dalam bentuk bahasa.

    ReplyDelete
  3. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Dari referensi yang dilinkkan pada halaman tersebut, Filsafat analitik ini memberi perhatian pada bahasa. Filsafat analitik ini untuk memulihkan penggunaan bahasa untuk memecahkan kesalahpahaman yang dilakukan oleh filsafat terhadap logika bahasa. Karena dalam kehidupan saat ini penggunaan bahasa sangat mempengaruhi seberapa paham atau seberapa mudah dimengerti oleh pembaca ataupun pendengar mengenai apa yang kita jelaskan mengenai suatu pengetahuan yang ingin dibangun.

    ReplyDelete
  4. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Filsafat analitik merupakan salah satu aliran filsafat yang berkembang di jerman. Aliran ini memiliki pandangan tentang penolakan adanya matafisika, karena metafisika tidak dapat dipertanggungjawabkan secara sains. Filsafat analitik dominan dan fokus terhadap bahasa. Aliran ini hendak mengklarifikasi makna dari penyataan dan konsep dengan menggunakan analisis bahasa. Terima Kasih

    ReplyDelete
  5. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017


    Filsafat analitik adalah aliran filsafat yang muncul dari kelompok filsuf yang menyebut dirinya lingkaran Wina. Tokoh yang mengembangkan filsafat ini adalah Bertrand Russell dan Ludwig Wittgenstein. Mereka mengadakan analisis bahasa untuk memulihkan penggunaan bahasa untuk memecahkan kesalahpahaman yang dilakukan oleh filsafat terhadap logika bahasa. Aliran ini berkembang di Inggris dan Amerika serikat.

    ReplyDelete
  6. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Pandangan utama filsafat analitik adalah penolakan terhadap metafisika. Penganut filsafat analitik mengangap metafisika tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Jadi filsafat analitik memang mirip dengan filsafat sains. Tokoh yang mengembangkan filsafat ini adalah Bertrand Russell dan Ludwig Wittgenstein. Mereka mengadakan analisis bahasa untuk memulihkan penggunaan bahasa untuk memecahkan kesalahpahaman yang dilakukan oleh filsafat terhadap logika bahasa.

    ReplyDelete
  7. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas yang dapat saya pahami adalah bahwa filsafat analitik adalah aliran filsafat yang muncul dari kelompok filsuf yang menyebut dirinya lingkaran Wina. Pandangan utamanya adalah penolakan terhadap metafisika. Bagi mereka, metafisika tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Metafisika adalah studi keberadaan atau realitas.

    ReplyDelete
  8. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Dari http://www.iep.utm.edu/analytic/, saya memperoleh bahwa awal mula filsafat analitik ini karena serang filsuf bernama Russell percaya bahwa tatabahasa bahasa alami seringkali secara filosofis menyesatkan, dan untuk memperbaikinya adalah dengan menggunakan bahasa formal logika simbolis yang ideal, sehingga mengungkapkan bentuk logis sejati mereka. Karena penekanan pada bahasa ini, filsafat analitik secara luas diambil untuk melibatkan belokan ke bahasa sebagai pokok bahasan filsafat. Aliran ini menekankan penggunaan Bahasa dalam filsafat atau merupakan cabang filsafat yang membahas tentang Bahasa.

    ReplyDelete
  9. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Pada postingann kali ini berbicara mengenai filsafat analitik. Telah kita ketahui sebelumnya bahwa filsafat adalah sebuah olah fikir para filsuf sesuai dengan sudut pandang mereka masing-masing sesuai dengan ruang dan waktu. Sedangkan filsafat analitik ini yaitu aliran filsafat yang muncul dari kelompok filsuf yang menyebut dirinya mempunyai pandangan utamanya adalah penolakan terhadap metafisika. Metafisika sendiri yaitu cabang filsafat yang berkaitan dengan proses analitis atas hakikat fundamental mengenai keberadaan dan realitas yang menyertainya. Jadi filsafat analitik akan berkaitan dengan metafisika.

    ReplyDelete
  10. Junianto
    PM C

    Filsafat analitik muncul sebagai bentuk perhatian para filsuf terhadap bahasa, maka dari itu filsafat ini juga sering disebut filsafat bahasa. Persoalan dalam filsafat diyakini bisa di atasi jika analisis yang dilakukan menggunakan bahasa yang baik dan ilmiah. Bahkan konsep yang bagus sekalipun jika tidak menggunakan bahwa yang baik dan benar akan menimbulkan salah makna. Maka dari itu, bahasa adalah ujung tombak karena menjadi sarana dalam menyampaikan berbagai hal termasuk filsafat.

    ReplyDelete
  11. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Filsafat analitik sangat dominan dalam bidang bahasa. Filsafat analitik menolak terhadap metafisika. Bagi penganut filsafat analitik, metafisika tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Dapat dikatakan bahwa filsafat analitik mirip dengan filsafat sains.

    ReplyDelete
  12. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Filsafat kritis itu kemudian oleh sebagian filsuf disebut filsafat analitik (analytical philosophy). Filsafat analitik memusatkan perhatiannya pada analisis secara cermat terhadap suatu makna. Filsafat analitik muncul dari kelompok filsuf yang menyebut dirinya lingkaran Wina. Filsafat analitik lingkaran Wina itu berkembang dari Jerman hingga ke luar, yaitu Polandia dan Inggris. Pandangan utamanya adalah penolakan terhadap metafisika.

    ReplyDelete
  13. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Pandangan utamanya dari analytic philosophy atau filsafat analitik adalah pandangan yang menolak metafisika. Bagi mereka, metafisika tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Filsafat analitik ini muncul dari kelompok filsuf yang menyebut dirinya lingkaran Wina. Filsafat analitik lingkaran Wina ini berkembang dari Jerman hingga ke luar, yaitu Polandia dan Inggris. Tokoh filsafat analitik salah satunya adalah Ludwig Wittgenstein.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  14. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Filsafat analitis merupakan upaya untuk mengklarifikasi, menggunakan analisis, makna dari kalimat dan konsep . dan filsafat analitik adalah aliran dalam filsafat yang berpangkal pada lingkaran Wina. Filsafat analitik menolak setiap bentuk filsafat yang berbau metafisik. Juga ingin menyerupai ilmu-ilmu alam yang empirik, sehingga kriteria yang berlaku dalam ilmu elsakta juga harus dapat diterapkan pada filsafat.

    ReplyDelete
  15. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Filosofi analitik (kadang-kadang filsafat analitis) adalah gaya filsafat yang menjadi dominan di negara-negara berbahasa Inggris pada awal abad ke-20. filsafat analitik diidentifikasi dengan ciri filosofis yang spesifik (banyak di antaranya ditolak oleh banyak filsuf analitik kontemporer). Tokoh sentral dalam perkembangan historis ini adalah Bertrand Russell, Ludwig Wittgenstein, G. E. Moore, Gottlob Frege, dan positivis logis.

    ReplyDelete
  16. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa filsafat analitik sebagai praktek filsafat dicirikan pada penekanan pada ketepatan argumen biasanya menggunakan logika formal, analisis konseptual dan matematika dan ilmu pengetahuan alam.

    ReplyDelete
  17. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Banyak orang yang telah memegang pandangan analitik inti tentang hakekat filsafat yang mengandalkan teori-teori makna yang berbeda dan kadang-kadang tersirat, tidak pernah cukup jelas, dan seringkali tidak masuk akal. Kegagalan internal positivisme logis yang dikombinasikan dengan kritik eksternal terhadap Wittgenstein dan Quine berkontribusi pada matinya pendekatan bahasa yang ideal.

    ReplyDelete
  18. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Filsafat analitik bukan suatu filafat sistematik sebagaimana idealism, realism, atau pragmatism. Kebanyakan ahli filsafat analitik bekerja dengan hati-hati untuk menanggalkan identitas sebagai filsafat sistematis, mereka berpendapat bahwa pendekatan sistem dalam filsafat lebih banyak membawa masalah daripada memberikan solusi kepada masalah-masalah manusia (Knight:1982).

    ReplyDelete
  19. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Filsafat analitis merupakan aliran filsafat yang muncul dari kelompok filsuf sekitar abad 20. Para penganutnya dengan melakukan analisa dalam bahasa. Bahasa dalah alat yang paling penting dari seorang filsuf serta perantara untuk menemukan ekspresi. Filsafat analitik timbul sebagai bentuk ketidakpuasan terhadap pemikiran filsafat modern kala itu. Perhatian filosof terhadap bahasa semakin besar. Mereka sadar bahwa dalam kenyataannya banyak persoalan-persoalan filsafat, konsep-konsep filosofis akan memerlukan bahasa.

    ReplyDelete
  20. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Menurut Filsuf analitis melihat filsafat Jerman, Gottlob Frege (1848-1925), sebagai pemikir yang paling berpengaruh sejak Kant. Frege menginginkan logika yang teliti sebagai jantung filsafat. Dia merupakan pengaruh bagi filsafat matematika, logika, dan bahasa. Ia berpikir bahwa dasar dari matematika dapat diturunkan dengan aman melalui logika dan analisis yang teliti tersebut merupakan dasar logika dari kalimat yang dapat membuat kita mampu menentukan kebenaran kalimat tersebut.

    ReplyDelete
  21. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Filsafat analitik dapat didefinisikan, kurang lebih, sebagai serangkaian pendekatan terhadap masalah-masalah filosofis yang menekankan studi bahasa dan analisa logis atas konsep yang terungkapkan lewat bahasa.

    ReplyDelete
  22. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Para filosof analitik dan linguistik sepakat bahwa aktivitas filsafat yang paling tepat adalah mengklarifikasi bahasa atau mengklarifikasi konsep. Tujuan aktivitas ini adalah menyelesaikan berbagai perselisihan filsafat dan memecahkan problem-problem filsafat yang dianggap bersumber dari kekacauan penggunaan bahasa.

    ReplyDelete
  23. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Sebenarnya pandangan analytic philosophy lebih pada paham yang menolak terhadap metafisika. Menurut paham ini, metafisikan itu tidak ilmiah sehingga untuk membuktiakn atau untuk dipertanggungjawabkan tidak lkuat. Jadi, inti dari pandangan ini adalah menganggap sesuatu itu berdasarkan pembuktian secara ilmiah
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  24. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Menganalisis berarti membagi sesuatu menjadi bagian yang terpisah yang saling berkaitan. Filsafat analitis merupakan upaya untuk mengklarifikasi, menggunakan analisis, makna dari kalimat dan konsep. Menurut Filsuf analitis melihat filsafat Jerman, Gottlob Frege (1848-1925), sebagai pemikir yang paling berpengaruh sejak Kant.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  25. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Frege menginginkan logika yang teliti sebagai jantung filsafat. Dia merupakan pengaruh bagi filsafat matematika, logika, dan bahasa. Ia berpikir bahwa dasar dari matematika dapat diturunkan dengan aman melalui logika dan analisis yang teliti tersebut merupakan dasar logika dari kalimat yang dapat membuat kita mampu menentukan kebenaran kalimat tersebut.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  26. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Secara sederhana, dapat dipahami bahwa filsafat analitik adalah sebuah cara pandang yang mengedepankan sifat keilmiahan dari sesuatu hal. Sehingga sangat diperlukan adanya kenyataan yang dapat dilihat dari sesuatu itu untuk mengungkap kebenarannya. Maka dari itu sesuatu yang tidak nyata dianggap tidak benar atau memiliki derajad kebenaran yang lemah. Seperti halnya dalam bahasa, pengertian analitik adalah pengertian dari apa yang ada atau apa yang menempel dari sesuatu yang akan diartikan tersebut.

    ReplyDelete