Dec 2, 2012

MONISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang MONISM, koneklah:





Wss Wr Wb
Marsigit

7 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Monisme (monism) berasal dari kata Yunani yaitu monos (sendiri, tunggal) secara istilah monisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/ Esa. Monisme adalah paham yang menolak adanya golongan-golongan di dalam masyarakat. Paham ini muncul dikarenakan pemikiran bahwa setiap golongan yang berlainan aliran pemikirannya akan mendatangkan perpecahan. Penganut paham ini cenderung memaksakan persatuan dan menindas oposisi.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Monism merupakan pandangan filosofis tentang sebuah keseragaman dari sesuatu yang ada dapat diterangkan dalam terminologi realitas atau substansi yang tunggal (satu). Konsep monism ini dikaitkan dengan sesuatu yang bersifat tunggal/satu/esa yang merupakan konsep Tuhan yang kekal.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Monisme juga berasal dari Yunani, artinya satu. Aliran Monisme berpendapat, bahwa manusia terdiri dari satu asas. Jenis asas ini juga bermacam-macam, misalnya jiwa, materi, atom, dan sebagainya. Hal ini menimbulkan aliran spiritualisme, materialisme, atomisme. istilah ini diciptakan oleh Christian Wolf (1679-1 754). Monisme sering dilihat sebagai terbagi pada tiga tipe dasar:
    1.Monisme Substansial, yang percaya adanya satu substansi.
    2.Monisme Atributif, yang percaya bahwa walau hanya ada satu substansi, tetapi ada banyak realita individual berbeda dalam kategori ini.
    3.Monisme Absolut, yang percaya bahwa hanya ada satu substansi dan hanya satu realita. Monisme Absolut, dengan demikian menjadi jenis ideal

    ReplyDelete
  4. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Dalam dualisme terdapat dua substansi atau realita sementara dalam pluralisme terdapat banyak realita. Monisme lebih jauh ditetapkan berdasar tiga jenis:
    1.Idealisme, fenomenalisme, atau monisme mentalistik yang menganggap hanya budi yang nyata.
    2.Monisme netral, yang beranggapan bahwa mental dan fisik dapat direduksi menjadi sejenis substansi atau energi ketiga.
    3.Materialisme, yang percaya bahwa hanya materi yang nyata, dan mental dapat direduksi menjadi fisik.

    ReplyDelete
  5. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Monisme merupakan aliran yang menyatakan bahwa hanya ada satu kenyataan fundamental. Unsur dasariah ini bisa berupa materi, pikiran, Allah, energi dll. rang yang mula-mula menggunakan terminologi monisme adalah Christian Wolff (1679-1754). Dalam aliran ini tidak dibedakan antara pikiran dan zat. Mereka hanya berbeda dalam gejala disebabkan proses yang berlainan namun mempunyai subtansi yang sama.

    ReplyDelete
  6. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Monisme adalah pandangan yang mengaitkan kesatuan atau kelulusan (bahasa Yunani: μόνος) menjadi konsep (misalnya eksistensi). Zat monisme adalah pandangan filosofis bahwa berbagai hal yang ada dapat dijelaskan dalam hal realitas tunggal atau substansi. Definisi lain menyatakan bahwa semua hal yang ada kembali ke sumber yang berbeda dari mereka (misalnya, dalam Neoplatonisme semuanya berasal dari Satu). Hal ini sering disebut monisme prioritas, dan pandangan bahwa hanya satu hal yang secara ontologis dasar atau sebelum hal lainnya.
    Perbedaan lainnya adalah perbedaan antara substansi dan eksistensi monisme, atau hal monisme dan monisme hal . Zat monisme berpendapat bahwa hanya satu jenis barang (misalnya, materi atau pikiran) yang ada, walaupun banyak hal dapat dibuat dari barang ini. Eksistensi monisme berpendapat bahwa, secara tegas, hanya ada satu hal (misalnya alam semesta), yang hanya bisa secara artifisial dan sewenang-wenang terbagi dalam banyak hal.

    ReplyDelete
  7. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Monisme adalah kata serapan dari monism. Sedangkan akar kata “monisme” adalah monos dari bahasa Yunani yang berarti tunggal, sendiri. Selanjutnya kata isme sendiri menunjukkan bahwa monisme adalah sebuah paham berteorikan ketunggalan yang tumbuh dan berkembang dalam dinamika ilmu filsafat. Monisme dapat diartikan sebagai paham atau ajaran yang menjelaskan eksistensi segala realita dalam alam semesta berasal dari satu sumber kebenaran yang tunggal.

    ReplyDelete