Dec 2, 2012

MONISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang MONISM, koneklah:





Wss Wr Wb
Marsigit

13 comments:

  1. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Lorens Bagus memberikan sejumlah bentuk pengertian mengenai monism, yaitu:(1) Teori bahwa segala hal dalam alam semesta dapat dijabarkan pada (atau dijelaskan dalam kerangka) kegiatan satu unsur dasariah. Misalnya, Allah, materi, pikiran, energi, bentuk, (2) Teori bahwa segala hal berasal dari satu sumber terakhir tunggal, (3) Keyakinan bahwa realitas adalah satu, dan segala sesuatu lainnya adalah ilusi, (4) Ajaran yang mempertahankan bahwa dasar pokok seluruh eksistensi adalah satu sumber. Bagi kaum materialis, materi merupakan dasar dunia. Sementara bagi kaum idealis, dasar dunia adalah roh, ide, (5) Ajaran tentang kesatuan (pertama kali digunakan Christian Wolff). Sehingga dapat dikatakan bahwa monism adalah sebuah paham berteorikan ketunggalan yang tumbuh dan berkembang dalam dinamika ilmu filsafat.

    ReplyDelete
  2. Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme ada yang terkait dengan spiritual, material, substansi. Masing-masing mempunyai kesamaan tentang yang tunggal. Tunggal yang dapat berarti materi atau tunggal secara spirit. Dalam islam dikenal tuhid yaitu bahwa Allah adalah tuhan yang harus disembah. Tidak perlu mempertanyakan tentang perwujudannya, karena jika sudah memeikirkan wujud maka akan masuk pada syirik.

    ReplyDelete
  3. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Istilah monisme berasal dari bahasa yunani, monos yang berarti tunggal atau sendiri. Ada beberapa pengertian tentang istilah monisme : 1) teori yang mengatakan bahwa segala hal dalam alam semesta dapat dijabarkan pada (atau dijelaskan dalam kerangka) kegiatan satu unsur dasariah. Misalnya, Allah, materi, pemikiran, energi, bentuk; 2) teori yang menyatakan bahwa segala hal berasal dari satu sumber terakhir tunggal; 3) keyakinan bahwa realitas adalah satu, dan segala sesuatu lainnya adalah ilusi; 4) ajaran yang mempertahankan bahwa dasar pokok seluruh eksitensi adalah satu sumber. Jadi, monisme berpandangan bahwa realitas secara mendasar adalah satu dari segi proses, struktur, substansi, atau landasannya. (Zaprulkhan, 2016: 50-51).

    ReplyDelete
  4. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Monisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/Esa. Aliran monisme menyatakan bahwa hanya ada satu kenyataan yang fundamental. Thales menyatakan bahwa kenyataan yang terdalam adalah satu substansi yaitu air. Berbeda dengan gurunya, Anaximandros menyatakan bahwa dasar alam memang satu akan tetapi prinsip dasar tersebut bukanlah dari jenis benda alam seperti air, karena menurutnya segala yang tampak (benda) terasa dibatasi oleh lawannya seperti panas dibatasi oleh dingin. Sedangkan Anaximenes menyatakan bahwa barang yang asal itu mestilah satu yang ada dan tampak yaitu udara.

    ReplyDelete
  5. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof atas link-link yang telah dibagikan
    Membaca ulasan sumber-sumber yang dibagikan tersebut, saya teringat dengan perkuliahan filsafat ilmu yang menjelaskan tentang suatu hal jika makin ke "atas" makin tunggal. Dianalogikan dengan resep nasi goreng. Resepnya hanya satu, tidak berubah, tetapi bisa digunakan untuk membuat berpiring-piring nasi goreng. Saya melihat penjelasan tersebut menjadi bagian dari monoisme, di mana segala sesuatu berasal dari sesuatu yang tunggal.

    ReplyDelete
  6. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Monisme kontradiktif dengan dualisme dan pluralisme. Jika dalam dualisme terdapat dua substansi atau realita sementara dalam pluralisme terdapat banyak realita makan monisme hanya terdapat satu/ tunggal. Ketunggalan inilah yang biasanya dihubungkan dengan ke Esa an Tuhan. Kenyataan yang ada merupakan hal yang tunggal adanya. Sebagai contohnya adalah energi dan zat yang sebetulnya adalah dua hal yang sama. Karena, energi adalah bentuk lain dari zat.

    ReplyDelete
  7. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. Menurut Wikipedia, monism adalah suatu aliran yang menyatakan bahwa substansi dalam kehidupan ini hanya terdiri dari satu entitas tunggal yang absolut (alam beserta isinya dalah suatu kesatuan). Aliran ini memiliki esensi yang hamper sama denga panteisme yang menyatakan bahwa alam semesta dalah manifestasi dari Tuhan (alam beserta isi-isinya dalah Tuhan itu sendiri).

    ReplyDelete
  8. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Monisme menemukan satu kebanarn di mana dualisme menemukan dua kebenaran (Blackburn, 1996). Salah satu ideologi dalam filsafat yaitu fisikisme merupakan ideologi yang meyakini bahwa segala sesuatu yang ada itu bersifat fisik, dan ideologi ini merupakan monisme yang sangat berbeda dengan dualisme pada manusia misalnya yang besifat tubuh (fisik)-pikiran (rohani); contoh monisme yang lain adalah Idealisme absolut merupakan ideologi yang meyakini bahwa satu-satunya realitas terdiri dari modifikasi yang Absolut. Parmenides dan Spinoza masing-masing percaya bahwa ada alasan filosofis untuk menduga bahwa hanya ada satu jenis self-subsistent, kenyataan yang benar-benar nyata dan absolut.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  9. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Paham monism hanya menitikberatkan bahwa yang benar itu hanya ada satu sumber. Paham ini membagi dunia menjadi dua yaitu dunia kenyataan dan dunia logika. Dunia kenyataan disebut dengan ungkapan sintesis sedangkan dunia logika disebut dengan ungkapan analitik, artinya jika ada teori pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya diperbolehkan namun hanya sebagai pendukung dari teori pertama, karena pada dasarnya teori pertamalah yang benar sehingga dunia kenyataan bersifat mengalir terus dan hanya satu yang benar.

    ReplyDelete
  10. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Istilah MONISM masih terasa asing bagi saya, di link http://www.newadvent.org/cathen/10483a.htm disebutkan bahwa Monisme adalah istilah filosofis yang, dalam berbagai maknanya, bertentangan dengan Dualisme atau Pluralisme. sehingga mugkin dapat dikatakan bahwa Monism merupakan anti-tesis dari Dualisme atau Pluralisme. sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia monisme /mo·nis·me/ berarti pandangan bahwa semesta itu merupakan satu satuan tunggal.

    ReplyDelete
  11. Anisa Safitri
    17701251038
    PEPB

    Monoisme adalah kontradiksi dari pluralisme. Monoisme adalah ketunggalan. Segala sesuatu berakhir tunggal dan berakhir kepada Allah. Allah itu satu dan tidak ada tandingannya. Allah tidak bisa diduakan atau ditigakan. Segala pencapaian hidup berakhir kepada Allah. monoisme adalah paham dimana kekuasaan tertinggi adalah Allah SWT, berbeda dengan Pluralisme yangmengandung banyak maksut, namun monoisme adalah tunggul yaitu hukum Allah.

    ReplyDelete
  12. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Monoisme merupakan salah satu konsep metafisika dan teologi. Konsep ini bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Monoisme memiliki pandangan bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Dengan kata lain unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/esa sehingga hanya ada satu kenyataan yang fundamental. Unsur dasariah tersebutbisa berupa materi, pikiran, Tuhan, energi, dan lain-lain. Bagi kaum materialis, unsur tunggal tersebut adalah materi, sedangkan bagi kaum idealis unsur tunggal tersebut adala roh atau ide, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  13. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Monoisme dapat dimaknai sebagai unsur yang bersifat dan berasal dari sesuatu yang tunggal. Dalam dunia ini menurut pendapat saya tidak ada yang benar-benar tunggal karena semuanya saling berkaitan. Bahkan air saja terdiri dari oksigen dan hidrogen, yang saling menyatu untuk menjadi air. Masih banyak lagi hal yang lain. Karena menurut saya tunggal hanya ada pada Tuhan, tidak ada sekutu bagi-Nya. Sehingga dengan meimaknai ketunggalan maka tidak ada alasan bagi manusia baik logika, maupun pengalamannya bahwa untuk meragukan Tuhan. Betapa banyak bukti-bukti yang terpampang nyata namun, hal it tersingkap dengan sifat manusia yang dipenuhi dengan sifat tercela.

    ReplyDelete