Dec 2, 2012

MONISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang MONISM, koneklah:





Wss Wr Wb
Marsigit

36 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Monisme (monism) berasal dari kata Yunani yaitu monos (sendiri, tunggal) secara istilah monisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/ Esa. Monisme adalah paham yang menolak adanya golongan-golongan di dalam masyarakat. Paham ini muncul dikarenakan pemikiran bahwa setiap golongan yang berlainan aliran pemikirannya akan mendatangkan perpecahan. Penganut paham ini cenderung memaksakan persatuan dan menindas oposisi.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Monism merupakan pandangan filosofis tentang sebuah keseragaman dari sesuatu yang ada dapat diterangkan dalam terminologi realitas atau substansi yang tunggal (satu). Konsep monism ini dikaitkan dengan sesuatu yang bersifat tunggal/satu/esa yang merupakan konsep Tuhan yang kekal.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Monisme juga berasal dari Yunani, artinya satu. Aliran Monisme berpendapat, bahwa manusia terdiri dari satu asas. Jenis asas ini juga bermacam-macam, misalnya jiwa, materi, atom, dan sebagainya. Hal ini menimbulkan aliran spiritualisme, materialisme, atomisme. istilah ini diciptakan oleh Christian Wolf (1679-1 754). Monisme sering dilihat sebagai terbagi pada tiga tipe dasar:
    1.Monisme Substansial, yang percaya adanya satu substansi.
    2.Monisme Atributif, yang percaya bahwa walau hanya ada satu substansi, tetapi ada banyak realita individual berbeda dalam kategori ini.
    3.Monisme Absolut, yang percaya bahwa hanya ada satu substansi dan hanya satu realita. Monisme Absolut, dengan demikian menjadi jenis ideal

    ReplyDelete
  4. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Dalam dualisme terdapat dua substansi atau realita sementara dalam pluralisme terdapat banyak realita. Monisme lebih jauh ditetapkan berdasar tiga jenis:
    1.Idealisme, fenomenalisme, atau monisme mentalistik yang menganggap hanya budi yang nyata.
    2.Monisme netral, yang beranggapan bahwa mental dan fisik dapat direduksi menjadi sejenis substansi atau energi ketiga.
    3.Materialisme, yang percaya bahwa hanya materi yang nyata, dan mental dapat direduksi menjadi fisik.

    ReplyDelete
  5. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Monisme merupakan aliran yang menyatakan bahwa hanya ada satu kenyataan fundamental. Unsur dasariah ini bisa berupa materi, pikiran, Allah, energi dll. rang yang mula-mula menggunakan terminologi monisme adalah Christian Wolff (1679-1754). Dalam aliran ini tidak dibedakan antara pikiran dan zat. Mereka hanya berbeda dalam gejala disebabkan proses yang berlainan namun mempunyai subtansi yang sama.

    ReplyDelete
  6. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Monisme adalah pandangan yang mengaitkan kesatuan atau kelulusan (bahasa Yunani: μόνος) menjadi konsep (misalnya eksistensi). Zat monisme adalah pandangan filosofis bahwa berbagai hal yang ada dapat dijelaskan dalam hal realitas tunggal atau substansi. Definisi lain menyatakan bahwa semua hal yang ada kembali ke sumber yang berbeda dari mereka (misalnya, dalam Neoplatonisme semuanya berasal dari Satu). Hal ini sering disebut monisme prioritas, dan pandangan bahwa hanya satu hal yang secara ontologis dasar atau sebelum hal lainnya.
    Perbedaan lainnya adalah perbedaan antara substansi dan eksistensi monisme, atau hal monisme dan monisme hal . Zat monisme berpendapat bahwa hanya satu jenis barang (misalnya, materi atau pikiran) yang ada, walaupun banyak hal dapat dibuat dari barang ini. Eksistensi monisme berpendapat bahwa, secara tegas, hanya ada satu hal (misalnya alam semesta), yang hanya bisa secara artifisial dan sewenang-wenang terbagi dalam banyak hal.

    ReplyDelete
  7. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Monisme adalah kata serapan dari monism. Sedangkan akar kata “monisme” adalah monos dari bahasa Yunani yang berarti tunggal, sendiri. Selanjutnya kata isme sendiri menunjukkan bahwa monisme adalah sebuah paham berteorikan ketunggalan yang tumbuh dan berkembang dalam dinamika ilmu filsafat. Monisme dapat diartikan sebagai paham atau ajaran yang menjelaskan eksistensi segala realita dalam alam semesta berasal dari satu sumber kebenaran yang tunggal.

    ReplyDelete
  8. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Dalam konsep ini alam memiliki satu sunstansi saja. Apapun yang ada di alam dapat dijelaskan menjadi satu acuan saja.
    Segala sesuatu yang ada berawal dari awalan yang tunggal.

    ReplyDelete
  9. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Monism merupakan sebuah filosofi yang mendalalilkan kesatuan atas segala sesuatu, semua hal yang ada akan kembali ke sumber yang berbeda dari mereka. Monism berasal dari filsafat barat yang digunakan untuk menggambarkan posisi dalam masalah namun sering juga digunakan untuk membedakan tradisi keagamaan, seperti dalam hinduisme modern monism absolut untuk Advaita Vedanta. Perbedaan Dualism dan Monism terletak pada materi dan pikiran. Dalam Dualism materi dan pikiran kedudukannya seimbang dan bersifat turunan sedangkan materi dan pikiran dalam monism dibedakan menjadi Physicalism dimana materi lebih besar daripada pikiran, Idealism dimana materi lebih kecil dari pikiran dan neutral monism terdapat sesuatu yang besarnya lebih besar dari materi dan pikiran.

    ReplyDelete
  10. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Terdapat dua definisi mengenai monism, yaitu:
    1. Definisi dalam arti luas: suatu filsafat disebut monistik jika percaya asal dari segala sesuatu adalah satu. Segala sesuatu yang ada kembali ke sumber yang berbeda dari mereka.
    2. Definisi dalam arti terbatas: dalam hal ini tidak hanya asal segala sesuatu adalah satu namun juga kesatuan substansi dan esensi.
    Beberapa filosof atau tokoh yang tergolong pada aliran materialisme adalah Thales, Anaximenes, dan Anaximandris. Thales mengajarkan bahwa asal dari segla sesuatu adalah satu yaitu air. Anaximandros berpandangan bahwa asas pemula dari segala sesuatu adalah hanya satu, yaitu yang tidak terbatas (to aperion). Sedangkan Anaximenes memberikan pandangan bahwa asas pemula seluruh alam semesta dengan segala isinya adalah hawa atau udara. Paham monoisme kemudian terbagi ke dalam tiga kategori yaitu idealist, monism netral, dan monism material.

    ReplyDelete
  11. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Monisme yang berarti ketungaalan ini bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Dalam dualisme terdapat dua substansi atau realita sementara dalam pluralisme terdapat banyak realita.
    Dapat dilihat bahwasannya monisme hanya memiliki paham segala sesuatu yang ada hanya berawal dari kesatuan yang tunggal.

    ReplyDelete
  12. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarankan link https://plato.stanford.edu/entries/monism/ Hoffman dan Rosenkrantz (1997: 78)berpendapat bahwa Monisme ... tidak konsisten dengan sesuatu yang tampaknya merupakan pengalaman nyata, yaitu, bahwa ada banyak hal. Kita akan mengasumsikan bahwa sejumlah materi ada, dan karenanya monisme itu salah. Ada banyak monisma. Apa yang mereka bagikan adalah bahwa mereka mengaitkan kesatuan. Dimana perbedaannya adalah apa yang mereka anggap kesatuan (target), dan bagaimana mereka menghitung (unit). Jadi secara tegas hanya monisme yang ada pada target dan unit, di mana monisme untuk target yang dihitung oleh unit u adalah pandangan bahwa t dihitung oleh u adalah satu. Monisme berkorelasi dengan pluralisme dan nihilisme. Dimana monist untuk target yang dihitung oleh unit u berpendapat bahwa t dihitung oleh u adalah satu, pasangan majemuknya berpendapat bahwa jumlah yang dihitung oleh u banyak, dan rekan nihilistiknya berpendapat bahwa t dihitung oleh Anda bukan siapa-siapa. Di antara pluralis, berguna untuk memilih dualis: dualis untuk t dan u berpendapat bahwa t dihitung oleh u adalah dua.

    ReplyDelete
  13. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Monisme berasal dari kata mono yang artinya adalh tunggal. Sesuai dengan kata dasarnya, monisme berarti memandang segala sesuatu sebagai satu kesatuan yang bersifat tunggal. Misal ada ungkapan 'jadilah orang yang kuat seperti hujan, meski jatuh berkali-kali namun dia akan tetap ada', ungkapan tersebut menganut monisme, yaitu hujan adalah hujan. Meski pada detik bahkan hari yang berbeda, hujan yang turun adalah hujan yang dimaksud, meski tetesan air sudah berbeda, ada deras, ada rintik

    ReplyDelete
  14. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Monisme adalah kecenderungan untuk mengembalikan kejamakan dalam suatu bidang kepada suatu kesatuan atau menenangkan keanekaan dengan berpangkal pada suatu prinsip yang tunggal. Aliran Monisme berpendapat, bahwa manusia terdiri dari satu asas. Jenis asas ini juga bermacam-macam, misalnya jiwa, materi, atom, dan sebagainya. Hal ini menimbulkan aliran spiritualisme, materialisme, atomisme.

    ReplyDelete
  15. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    monisme adalah pandangan filosofis bahwa berbagai hal yang ada dapat dijelaskan dalam hal satu realitas atau substansi. Eksistensi monisme menargetkan benda-benda konkret dan dihitung dengan tanda. Inilah doktrin yang tepat satu tanda benda beton ada. Monisme prioritas juga menargetkan benda-benda konkret namun dihitung berdasarkan tanda dasar. Inilah doktrin yang tepat satu tanda benda beton itu mendasar, dan setara dengan doktrin klasik bahwa keseluruhannya adalah sebelum bagiannya yang tepat.

    ReplyDelete
  16. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Monisme (monism) berasal dari kata Yunani yaitu monos (sendiri, tunggal) secara istilah monisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/ Esa. Unsur dasariah ini bisa berupa materi, pikiran, Allah, energi dll. ). Dalam metafisika, penafsiran monisme mempunyai pendapat yang tidak membedakan antara pikiran dan zat, mereka hanya berbeda dalam gejala yang disebabkan proses yang berlainan namun mempunyai substansi yang sama (Suriasumantri:66). Dari hal ini dapat disederhanakan bahwa monism merupakan paham filsafat yang meyakini bahwa hanya ada satu substansi yang ada di alam

    ReplyDelete
  17. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Monism is the view that attributes oneness or singleness (Greek: μόνος) to a concept (e.g., existence).
    Substance monism is the philosophical view that a variety of existing things can be explained in terms of a single reality or substance. Another definition states that all existing things go back to a source that is distinct from them (e.g., in Neoplatonism everything is derived from The One). This is often termed priority monism, and is the view that only one thing is ontologically basic or prior to everything else.
    Another distinction is the difference between substance and existence monism, or stuff monism and thing monism. Substance monism posits that only one kind of stuff (e.g., matter or mind) exists, although many things may be made out of this stuff. Existence monism posits that, strictly speaking, there exists only a single thing (e.g., the universe), which can only be artificially and arbitrarily divided into many things.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Monism

    ReplyDelete
  18. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Monisme merupakan pandangan yang mengaitkan kesatuan ke sebuah konsep. Ada juga yang mengatakan bahwa semua hal yang ada kembali ke sumber yang berbeda dari mereka (misalnya, dalam Neoplatonisme semuanya berasal dari Satu). Hal ini sering disebut monisme prioritas, dan pandangan bahwa hanya satu hal yang secara ontologis dasar atau sebelum hal lainnya. Eksistensi monisme berpendapat bahwa, secara tegas, hanya ada satu hal (misalnya alam semesta), yang hanya bisa secara artifisial dan sewenang-wenang dibagi menjadi banyak hal.

    ReplyDelete
  19. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Berdasarkan pada link diatas terkaut maaslah monism, dapat kita ketahui bahwa monism adalah sebuah paham yang berteorikan ketunggalan yang tumbuh dan berkembang dalam dinamika ilmu filsafat. Dalam aliran ini tidak dibedakan antara pikiran dan zat. Mereka hanya berbeda dalam gejala disebabkan proses yang berlainan namun mempunyai subtansi yang sama. Ibarat zat dan energi dalam teori relativitas Einstein, energi hanya merupakan bentuk lain dari zat.Atau dengan kata lain bahwa aliran monisme menyatakan bahwa hanya ada satu kenyataan yang fundamental. Adapun para filsuf yang menjadi tokoh dalam aliran ini antara lain: Thales (625-545 SM), yang menyatakan bahwa kenyataan yang terdalam adalah satu subtansi yaitu air. Pendapat ini yang disimpulkan oleh Aristoteles (384-322 SM) , yang mengatakan bahwa semuanya itu air. Air yang cair itu merupakan pangkal, pokok dan dasar (principle) segala-galanya. Semua barang terjadi dari air dan semuanya kembali kepada air pula. Bahkan bumi yang menjadi tempat tinggal manusia di dunia, sebagian besar terdiri dari air yang terbentang luas di lautan dan di sungai-sungai. Bahkan dalam diri manusia pun, menurut dr. Sagiran, unsur penyusunnya sebagian besar berasal dari air. Tidak heran jika Thales, berkonklusi bahwa segala sesuatu adalah air, karena memang semua makhluk hidup membutuhkan air dan jika tidak ada air maka tidak ada kehidupan. Selain itu, monisme sering dilihat sebagai terbagi pada tiga tipe dasar: (1) Monisme Substansial, yang percaya adanya satu substansi. (2) Monisme Atributif, yang percaya bahwa walau hanya ada satu substansi, tapi ada banyak realita individual berbeda dalam kategori ini. (3) Monisme Absolut, yang percaya bahwa hanya ada satu substansi dan hanya satu realita. Monisme Absolut, dengan demikian menjadi jenis ideal.

    ReplyDelete
  20. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Monisme berasal dari bahasa Yunani “monos” yang artinya tunggal atau satu. Dalam filsafat Monisme adalah suatu pandangan filosofis bahwa berbagai hal yang ada dapat dijelaskan dalam satu realitas atau satu substansi. Kemudian terdapat definisi lain yang menyatakan bahwa semua hal yang ada kembali ke sumber yang berbeda dari mereka (misalnya, dalam Neoplatonisme semuanya berasal dari Satu). Monisme berpendapat bahwa hanya ada satu objek yaitu atau pikiran, kemudian yang lainnya termuat dalam pikiran.

    ReplyDelete
  21. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam, dengan kata lain aliran ini menyatakan bahwa hanya ada satu kenyataan yang fundamental. Terdapat tiga tipe dasar Monisme Substansial, yang percaya adanya satu substansi. Monisme Atributif, yang percaya bahwa walau hanya ada satu substansi, tetapi ada banyak realita individual berbeda dalam kategori ini. Monisme Absolut, yang percaya bahwa hanya ada satu substansi dan hanya satu realita. Monisme Absolut, dengan demikian menjadi jenis ideal.

    ReplyDelete
  22. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016


    Monoism adalah unsur pokok dalam penyusunan segala sesuatu pasti bersifat tunggal. Monoism ini berpandangan lebih jauh lagi dalam mengali konsep ketuhanan. Kepercayaan yang berkembang melahirkan banyak definisi tentang ketuhanan. Monoism meyakini bahwa Tuhan itu satu, terlihat jelas bahwa hal fundamental yang menjadi keyakinan monisi itu bersifat tunggal atau esa.

    ReplyDelete
  23. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Mono yang berarti “satu” dan ism “pandangan/paham”.sehingga Monisme adalah pandangan yang mengaitkan kesatuan atau kelulusan (bahasa Yunani: μόνος) ke sebuah konsep (mis., Eksistensi). Zat monisme adalah pandangan filosofis bahwa berbagai hal yang ada dapat dijelaskan dalam hal satu realitas atau substansi. (Cross & Livingstone 197) Definisi lain menyatakan bahwa semua hal yang ada kembali ke sumber yang berbeda dari mereka (misalnya, dalam Neoplatonisme semuanya berasal dari Satu). Hal ini sering disebut monisme prioritas, dan pandangan bahwa hanya satu hal yang secara ontologis dasar atau sebelum hal lainnya.

    ReplyDelete
  24. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Monisme atau monism berasal dari kata Yunani yaitu monos (sendiri, tunggal) secara istilah monisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal atau Esa. Unsur dasar ini bisa berupa materi, pikiran, Allah, energi dll. Dalam aliran ini tidak dibedakan antara pikiran dan zat. Mereka hanya berbeda dalam gejala disebabkan proses yang berlainan namun mempunyai subtansi yang sama. Ibarat zat dan energi dalam teori relativitas Enstein, energi hanya merupakan bentuk lain dari zat.

    ReplyDelete
  25. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya mendapatkan pemahaman baru daru paham filsafat yaitu monoisme. Dimana monoisme ini merpukan konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Jika di pandang dari namanya, karena setiap nama mempunyai makna, berarti mono yang artinya satu sehingga bertentangan dengan dualisme. Selain bertentangan dengan dualisme pun juga bertentangan dengan pluralisme. Monoisme ini juga sering berhubungan dengan serba tunggal. Jika di pandang dari segi spiritual maka kita meyakini adanya monoisme dimana terdapat adanya sang Pencipta yang tunggal dan maha Esa.

    ReplyDelete
  26. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Monisme berinduk kata dari bahasa Yunani yaitu “monos” yang memiliki arti sendiri atau tunggal. Dalam istilahnya monisme merupakan pemikiran yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu bersifat satu/esa. Sebagai perbandingan dengan kaum idealis, mereka menganggap unsur semua adalah jiwa atau ide. Sementara bagi kaum materialisme mennyampaikan unsur dari segala sesuatu adalah materi. Sementara itu, berdasarkan Wikipedia, Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Dalam dualisme terdapat dua substansi atau realita sementara dalam pluralisme terdapat banyak realita. Adapun, tokoh-tokoh yang menganut aliran monisme diantaranya Thales (642– 540 BC), Anaximandros (611 – 547 BC), Anaximenes (585 -528 BC).

    ReplyDelete
  27. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Monisme (monism) berasal dari kata Yunani yaitu monos (sendiri, tunggal) secara istilah monisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/ Esa. Unsur dasariah ini bisa berupa materi, pikiran, Allah, energi dll. Bagi kaum materialis unsur itu adalah materi, sedang bagi kaum idealis unsur itu roh atau ide. Dalam aliran ini tidak dibedakan antara pikiran dan zat. Mereka hanya berbeda dalam gejala disebabkan proses yang berlainan namun mempunyai subtansi yang sama.

    ReplyDelete
  28. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Ada tiga tipe dasar Monisme yaitu: 1) Monisme Substansial, yang percaya adanya satu substansi, 2) Monisme Atributif, yang percaya bahwa walau hanya ada satu substansi, tetapi ada banyak realita individual berbeda dalam kategori ini dan 3) Monisme Absolut, yang percaya bahwa hanya ada satu substansi dan hanya satu realita. Konsep monisme ini dikaitkan dengan sesuatu yang bersifat tunggal/satu/esa yang merupakan konsep Tuhan yang kekal.

    ReplyDelete
  29. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Berdasarkan makna secara etimologisnya, maka monisme berarti tunggal. Monisme juga bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Dalam dualisme terdapat dua substansi atau realita sementara dalam pluralisme terdapat banyak realita. Monisme ini secara luas dianggap sebagai kemajuan dibanding teori identitas sebelumnya mengenai jiwa dan raga, karena tidak mengharuskan bahwa seseorang harus bisa menyediakan metode aktual untuk mendeskripsikan ulang jenis entitas mental dalam istilah materi murni.

    ReplyDelete
  30. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Monisme berasal dari kata dan pengertian ‘monad’. Monad berasal dari kata Yunani "μόνος" atau "Mono" yang berarti tunggal dan tidak terbagi. Monisme adalah suatu paham yang tidak membedakan antara pikiran dan zat atau dengan kata lain hanya ada satu kenyataan yang fundamental dan ini tentunya bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Paham tersebut tidak dapat diterapkan pada semua aspek kehidupan. Untuk hal-hal yang bersifat Ketuhanan, maka monism mungkin tepat untuk diterapkan. Akan tetapi untuk makhluk ciptaan-Nya, paham ini tidak dapat diterapkan. Karena manusia diciptakan berbeda-beda, dan tidak ada yang sama. orang kembar pun pasti memiliki perbedaan.

    ReplyDelete
  31. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Monisme diartikan sebagai suatu pandangan filosofis bahwa berbagai hal yang ada dapat dijelaskan dalam hal realitas tunggal atau substansi. Definisi monoisme secara luas, monistik mendalilkan kesatuan asal segala sesuatu, segala sesuatu yang ada akan kembali ke sumber yang berbeda dari mereka. Sedangkan dalam definisi yang dibatasi, tidak hanya kesatuan asal tetapi juga kesatuan substansi dan esensi. Antara dualisme dan pluralisme terdapat hal yang bertentangan dengan monisme. Walaupun istilah monism berasal filsafat barat untuk melambangkan posisi dalam masalah pikiran-tubuh, namun juga telah digunakan untuk melambangkan tradisi keagamaan.

    ReplyDelete
  32. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika 2016

    Monisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal atau Esa unsur dasariah ini bisa berupa materi, pikiran dan lain-lain. Bagi kaum materialis unsur itu adalah materi sedangkan bagi kaum idealis unsur itu adalah roh atau ide. Orang yang mula-mula menggunkana terminologi monisme adalah Christian Wolff (1659-1754). Dalam aliran ini tidak dibedakan antara pikiran dan zat. Mereka hanya berbeda dalam gejala disebabkan proses yang berlainan namun mempunyai substansi yang sama. Ibarat zat dan energi dalam teorirelativisme Einsten. Energi merupakan bentuk lain dari zat atau dengan kata lain bahwa aliran monisme menyatakan bahwa hanya ada satu kenyataan yang fundamental.

    ReplyDelete
  33. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Monisme memiliki pandangan bahwa dunia terdiri dari satu substansi dan bahwa tidak ada pembagian pikiran dan tubuh. Monisme memiliki dua makna yang berbeda namun serupa. Pertama, monisme mengacu pada pandangan bahwa pada akhirnya hanya ada satu substansi di alam semesta. 'Zat' ini biasanya bersifat spiritual. Idealisme obyektif adalah contoh perspektif monist. Kedua, monisme mengacu pada pandangan yang bertentangan dengan tesis dualistik tentang pikiran dan tubuh. Monisme dalam pengertian ini menegaskan bahwa pikiran dan tubuh tidak berbeda pada intinya dan perbedaan itu adalah hasil susunan bahan umum. Bahan semacam itu bukanlah zat monistik tunggal melainkan bahan komposit. Atomisme logis adalah pandangan monistik dalam pengertian ini. Perlu dicatat bahwa tidak semua pandangan yang menentang dualisme badan pikiran bersifat monist, misalnya pendekatan dialektis bukanlah contoh monisme.

    ReplyDelete
  34. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Dalam dualisme terdapat dua substansi atau realita, sementara dalam pluralisme terdapat banyak realita.

    ReplyDelete
  35. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Lorens Bagus memberikan sejumlah bentuk pengertian mengenai monism, yaitu:(1) Teori bahwa segala hal dalam alam semesta dapat dijabarkan pada (atau dijelaskan dalam kerangka) kegiatan satu unsur dasariah. Misalnya, Allah, materi, pikiran, energi, bentuk, (2) Teori bahwa segala hal berasal dari satu sumber terakhir tunggal, (3) Keyakinan bahwa realitas adalah satu, dan segala sesuatu lainnya adalah ilusi, (4) Ajaran yang mempertahankan bahwa dasar pokok seluruh eksistensi adalah satu sumber. Bagi kaum materialis, materi merupakan dasar dunia. Sementara bagi kaum idealis, dasar dunia adalah roh, ide, (5) Ajaran tentang kesatuan (pertama kali digunakan Christian Wolff). Sehingga dapat dikatakan bahwa monism adalah sebuah paham berteorikan ketunggalan yang tumbuh dan berkembang dalam dinamika ilmu filsafat.

    ReplyDelete
  36. Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme ada yang terkait dengan spiritual, material, substansi. Masing-masing mempunyai kesamaan tentang yang tunggal. Tunggal yang dapat berarti materi atau tunggal secara spirit. Dalam islam dikenal tuhid yaitu bahwa Allah adalah tuhan yang harus disembah. Tidak perlu mempertanyakan tentang perwujudannya, karena jika sudah memeikirkan wujud maka akan masuk pada syirik.

    ReplyDelete