Dec 2, 2012

MONISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang MONISM, koneklah:





Wss Wr Wb
Marsigit

60 comments:

  1. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Monisme (monism) berasal dari kata Yunani yaitu monos (sendiri, tunggal) secara istilah monisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/ Esa. Unsur dasariah ini bisa berupa materi, pikiran, Allah, energi dll. Bagi kaum materialis unsur itu adalah materi, sedang bagi kaum idealis unsur itu roh atau ide. Dalam aliran ini tidak dibedakan antara pikiran dan zat. Mereka hanya berbeda dalam gejala disebabkan proses yang berlainan namun mempunyai subtansi yang sama.

    ReplyDelete
  2. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Ada tiga tipe dasar Monisme yaitu: 1) Monisme Substansial, yang percaya adanya satu substansi, 2) Monisme Atributif, yang percaya bahwa walau hanya ada satu substansi, tetapi ada banyak realita individual berbeda dalam kategori ini dan 3) Monisme Absolut, yang percaya bahwa hanya ada satu substansi dan hanya satu realita. Konsep monisme ini dikaitkan dengan sesuatu yang bersifat tunggal/satu/esa yang merupakan konsep Tuhan yang kekal.

    ReplyDelete
  3. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Berdasarkan makna secara etimologisnya, maka monisme berarti tunggal. Monisme juga bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Dalam dualisme terdapat dua substansi atau realita sementara dalam pluralisme terdapat banyak realita. Monisme ini secara luas dianggap sebagai kemajuan dibanding teori identitas sebelumnya mengenai jiwa dan raga, karena tidak mengharuskan bahwa seseorang harus bisa menyediakan metode aktual untuk mendeskripsikan ulang jenis entitas mental dalam istilah materi murni.

    ReplyDelete
  4. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Monisme berasal dari kata dan pengertian ‘monad’. Monad berasal dari kata Yunani "μόνος" atau "Mono" yang berarti tunggal dan tidak terbagi. Monisme adalah suatu paham yang tidak membedakan antara pikiran dan zat atau dengan kata lain hanya ada satu kenyataan yang fundamental dan ini tentunya bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Paham tersebut tidak dapat diterapkan pada semua aspek kehidupan. Untuk hal-hal yang bersifat Ketuhanan, maka monism mungkin tepat untuk diterapkan. Akan tetapi untuk makhluk ciptaan-Nya, paham ini tidak dapat diterapkan. Karena manusia diciptakan berbeda-beda, dan tidak ada yang sama. orang kembar pun pasti memiliki perbedaan.

    ReplyDelete
  5. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Monisme diartikan sebagai suatu pandangan filosofis bahwa berbagai hal yang ada dapat dijelaskan dalam hal realitas tunggal atau substansi. Definisi monoisme secara luas, monistik mendalilkan kesatuan asal segala sesuatu, segala sesuatu yang ada akan kembali ke sumber yang berbeda dari mereka. Sedangkan dalam definisi yang dibatasi, tidak hanya kesatuan asal tetapi juga kesatuan substansi dan esensi. Antara dualisme dan pluralisme terdapat hal yang bertentangan dengan monisme. Walaupun istilah monism berasal filsafat barat untuk melambangkan posisi dalam masalah pikiran-tubuh, namun juga telah digunakan untuk melambangkan tradisi keagamaan.

    ReplyDelete
  6. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika 2016

    Monisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal atau Esa unsur dasariah ini bisa berupa materi, pikiran dan lain-lain. Bagi kaum materialis unsur itu adalah materi sedangkan bagi kaum idealis unsur itu adalah roh atau ide. Orang yang mula-mula menggunkana terminologi monisme adalah Christian Wolff (1659-1754). Dalam aliran ini tidak dibedakan antara pikiran dan zat. Mereka hanya berbeda dalam gejala disebabkan proses yang berlainan namun mempunyai substansi yang sama. Ibarat zat dan energi dalam teorirelativisme Einsten. Energi merupakan bentuk lain dari zat atau dengan kata lain bahwa aliran monisme menyatakan bahwa hanya ada satu kenyataan yang fundamental.

    ReplyDelete
  7. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Lorens Bagus memberikan sejumlah bentuk pengertian mengenai monism, yaitu:(1) Teori bahwa segala hal dalam alam semesta dapat dijabarkan pada (atau dijelaskan dalam kerangka) kegiatan satu unsur dasariah. Misalnya, Allah, materi, pikiran, energi, bentuk, (2) Teori bahwa segala hal berasal dari satu sumber terakhir tunggal, (3) Keyakinan bahwa realitas adalah satu, dan segala sesuatu lainnya adalah ilusi, (4) Ajaran yang mempertahankan bahwa dasar pokok seluruh eksistensi adalah satu sumber. Bagi kaum materialis, materi merupakan dasar dunia. Sementara bagi kaum idealis, dasar dunia adalah roh, ide, (5) Ajaran tentang kesatuan (pertama kali digunakan Christian Wolff). Sehingga dapat dikatakan bahwa monism adalah sebuah paham berteorikan ketunggalan yang tumbuh dan berkembang dalam dinamika ilmu filsafat.

    ReplyDelete
  8. Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme ada yang terkait dengan spiritual, material, substansi. Masing-masing mempunyai kesamaan tentang yang tunggal. Tunggal yang dapat berarti materi atau tunggal secara spirit. Dalam islam dikenal tuhid yaitu bahwa Allah adalah tuhan yang harus disembah. Tidak perlu mempertanyakan tentang perwujudannya, karena jika sudah memeikirkan wujud maka akan masuk pada syirik.

    ReplyDelete
  9. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Istilah monisme berasal dari bahasa yunani, monos yang berarti tunggal atau sendiri. Ada beberapa pengertian tentang istilah monisme : 1) teori yang mengatakan bahwa segala hal dalam alam semesta dapat dijabarkan pada (atau dijelaskan dalam kerangka) kegiatan satu unsur dasariah. Misalnya, Allah, materi, pemikiran, energi, bentuk; 2) teori yang menyatakan bahwa segala hal berasal dari satu sumber terakhir tunggal; 3) keyakinan bahwa realitas adalah satu, dan segala sesuatu lainnya adalah ilusi; 4) ajaran yang mempertahankan bahwa dasar pokok seluruh eksitensi adalah satu sumber. Jadi, monisme berpandangan bahwa realitas secara mendasar adalah satu dari segi proses, struktur, substansi, atau landasannya. (Zaprulkhan, 2016: 50-51).

    ReplyDelete
  10. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Monisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/Esa. Aliran monisme menyatakan bahwa hanya ada satu kenyataan yang fundamental. Thales menyatakan bahwa kenyataan yang terdalam adalah satu substansi yaitu air. Berbeda dengan gurunya, Anaximandros menyatakan bahwa dasar alam memang satu akan tetapi prinsip dasar tersebut bukanlah dari jenis benda alam seperti air, karena menurutnya segala yang tampak (benda) terasa dibatasi oleh lawannya seperti panas dibatasi oleh dingin. Sedangkan Anaximenes menyatakan bahwa barang yang asal itu mestilah satu yang ada dan tampak yaitu udara.

    ReplyDelete
  11. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof atas link-link yang telah dibagikan
    Membaca ulasan sumber-sumber yang dibagikan tersebut, saya teringat dengan perkuliahan filsafat ilmu yang menjelaskan tentang suatu hal jika makin ke "atas" makin tunggal. Dianalogikan dengan resep nasi goreng. Resepnya hanya satu, tidak berubah, tetapi bisa digunakan untuk membuat berpiring-piring nasi goreng. Saya melihat penjelasan tersebut menjadi bagian dari monoisme, di mana segala sesuatu berasal dari sesuatu yang tunggal.

    ReplyDelete
  12. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Monisme kontradiktif dengan dualisme dan pluralisme. Jika dalam dualisme terdapat dua substansi atau realita sementara dalam pluralisme terdapat banyak realita makan monisme hanya terdapat satu/ tunggal. Ketunggalan inilah yang biasanya dihubungkan dengan ke Esa an Tuhan. Kenyataan yang ada merupakan hal yang tunggal adanya. Sebagai contohnya adalah energi dan zat yang sebetulnya adalah dua hal yang sama. Karena, energi adalah bentuk lain dari zat.

    ReplyDelete
  13. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. Menurut Wikipedia, monism adalah suatu aliran yang menyatakan bahwa substansi dalam kehidupan ini hanya terdiri dari satu entitas tunggal yang absolut (alam beserta isinya dalah suatu kesatuan). Aliran ini memiliki esensi yang hamper sama denga panteisme yang menyatakan bahwa alam semesta dalah manifestasi dari Tuhan (alam beserta isi-isinya dalah Tuhan itu sendiri).

    ReplyDelete
  14. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Monisme menemukan satu kebanarn di mana dualisme menemukan dua kebenaran (Blackburn, 1996). Salah satu ideologi dalam filsafat yaitu fisikisme merupakan ideologi yang meyakini bahwa segala sesuatu yang ada itu bersifat fisik, dan ideologi ini merupakan monisme yang sangat berbeda dengan dualisme pada manusia misalnya yang besifat tubuh (fisik)-pikiran (rohani); contoh monisme yang lain adalah Idealisme absolut merupakan ideologi yang meyakini bahwa satu-satunya realitas terdiri dari modifikasi yang Absolut. Parmenides dan Spinoza masing-masing percaya bahwa ada alasan filosofis untuk menduga bahwa hanya ada satu jenis self-subsistent, kenyataan yang benar-benar nyata dan absolut.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  15. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Paham monism hanya menitikberatkan bahwa yang benar itu hanya ada satu sumber. Paham ini membagi dunia menjadi dua yaitu dunia kenyataan dan dunia logika. Dunia kenyataan disebut dengan ungkapan sintesis sedangkan dunia logika disebut dengan ungkapan analitik, artinya jika ada teori pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya diperbolehkan namun hanya sebagai pendukung dari teori pertama, karena pada dasarnya teori pertamalah yang benar sehingga dunia kenyataan bersifat mengalir terus dan hanya satu yang benar.

    ReplyDelete
  16. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Istilah MONISM masih terasa asing bagi saya, di link http://www.newadvent.org/cathen/10483a.htm disebutkan bahwa Monisme adalah istilah filosofis yang, dalam berbagai maknanya, bertentangan dengan Dualisme atau Pluralisme. sehingga mugkin dapat dikatakan bahwa Monism merupakan anti-tesis dari Dualisme atau Pluralisme. sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia monisme /mo·nis·me/ berarti pandangan bahwa semesta itu merupakan satu satuan tunggal.

    ReplyDelete
  17. Anisa Safitri
    17701251038
    PEPB

    Monoisme adalah kontradiksi dari pluralisme. Monoisme adalah ketunggalan. Segala sesuatu berakhir tunggal dan berakhir kepada Allah. Allah itu satu dan tidak ada tandingannya. Allah tidak bisa diduakan atau ditigakan. Segala pencapaian hidup berakhir kepada Allah. monoisme adalah paham dimana kekuasaan tertinggi adalah Allah SWT, berbeda dengan Pluralisme yangmengandung banyak maksut, namun monoisme adalah tunggul yaitu hukum Allah.

    ReplyDelete
  18. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Monoisme merupakan salah satu konsep metafisika dan teologi. Konsep ini bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Monoisme memiliki pandangan bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Dengan kata lain unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/esa sehingga hanya ada satu kenyataan yang fundamental. Unsur dasariah tersebutbisa berupa materi, pikiran, Tuhan, energi, dan lain-lain. Bagi kaum materialis, unsur tunggal tersebut adalah materi, sedangkan bagi kaum idealis unsur tunggal tersebut adala roh atau ide, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  19. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Monoisme dapat dimaknai sebagai unsur yang bersifat dan berasal dari sesuatu yang tunggal. Dalam dunia ini menurut pendapat saya tidak ada yang benar-benar tunggal karena semuanya saling berkaitan. Bahkan air saja terdiri dari oksigen dan hidrogen, yang saling menyatu untuk menjadi air. Masih banyak lagi hal yang lain. Karena menurut saya tunggal hanya ada pada Tuhan, tidak ada sekutu bagi-Nya. Sehingga dengan meimaknai ketunggalan maka tidak ada alasan bagi manusia baik logika, maupun pengalamannya bahwa untuk meragukan Tuhan. Betapa banyak bukti-bukti yang terpampang nyata namun, hal it tersingkap dengan sifat manusia yang dipenuhi dengan sifat tercela.

    ReplyDelete
  20. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Monisme merupakan pandangan tentang kesatuan atau tunggal. Membaca kata tunggal, sesuatu yang tunggal mutlak hanyalah Kuasa Tuhan. karena semua yang ada di dunia ini diciptakan dengan plural dan bermacam-macam. Monisme yang ada di dunia ini bersifat relatif. Segala sesuatu yang tunggal adalah aturannya karena aturan berlaku sama di setiap yang dikenai aturan. Semua yang ada dan yang mungkin ada pasti terletak di bawahnya sesuatu yang letaknya tertinggi. Dunia ini merupakan struktur, struktur dari yang paling atas bersifat tunggal dan semakin ke bawah semakin plural. Segala hal yang tunggal dapat mempengaruhi dan mengatur setiap hal yang berada di bawahnya.

    ReplyDelete
  21. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Monism merupakan kontradiksi dari pluralism. Paham monism memandang bahwa kebenaran hanya menitikberatkan pada satu sumber ilmu saja atau satu realitas saja. Paham ini bersifat egois karena tidak mau menerima kebenaran dari sumber-sumber ilmu yang lain. Padahal di dalam belajar filsafat dinyatakan bahwa sumber keberan itu bisa berasal dari mana saja. Semua tergantung pada indivualnya bagaimana bersikap bijak di dalam memilih dan memilah kebenaran.

    ReplyDelete
  22. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Sesuai dengan asal katanya yakni “mono”, yang memiliki arti sendiri atau tunggal, monisme merupakan pemikiran yang berpendpat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu bersifat satu/esa. Sebagai perbandingan dengan kaum idealis, mereka menganggap unsur semua adalah jiwa atau ide.

    ReplyDelete
  23. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Monism dalam filsafat dapat dilihat pada kedudukan Kuasa Tuhan. Jika dianalogikan hal tersebut berada pada dunia langit. Hanya Kuasa Tuhanlah yang mampu bersifat mutlak dan tunggal dalam kehidupan manusia. Sifat Keesaan-Nya patut diyakini oleh seseorang. Sebenar-benar yang ada di dunia sejatinya bersifat relatif dan plural. Tiadalah yang benar-benar tunggal bahkan diri kita sendiri terdiri dari berbagai komponen penyusun lainnya. Antara satu komponen dengan komponen lainnya saling berinteraksi dan berfungsi sebagaimana fungsinya masing-masing.

    ReplyDelete
  24. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Monism dengan kata dasarnya mono yang artinya satu. Pada filsafat yang bersifat mono hanyalah satu yaitu Tuhan. Karena berkaitan dengan Tuhan, maka bekaitan pula pada spiritual. Kaum yang meyakini aliran monism adalah spiritualis. Para kaum spiritualis meyakini bahwa kebenaran hanyalah satu yaitu atas kuasa Tuhan. Jadi para monism sangat mempercayai ke Esaan Tuhan, kehendak yang diberikan Tuhan, dan juga takdir Tuhan.

    ReplyDelete
  25. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Monisme memiliki pandangan bahwa manusia terdiri dari satu asas. Jenis asas ini juga bermacam-macam, misalnya jiwa, materi, atom, dan sebagainya. Hal ini menimbulkan aliran spiritualisme, materialisme, atomisme. Monisme dianggap sering bertentangan terhadap konsep panteisme terutama terkait pandangan tentang keTuhanan. Jika panteisme memandang bahwa segala sesuatu itu Tuhan, Tuhan dan alam manunggal, monism justru memandang bahwa segala sesuatu dapat dikembalikan kepada kesatuan yang tunggal.

    ReplyDelete
  26. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Artinya berbagai hal dapat dijelaskan dalam sesuatu yang tunggal. Contohnya saja terdapat pernyataan yang menyatakan bahwa setiap apapun yang ada di muka bumi ini terbentuk dari satu atom yang membelah. Atau makhluk hidup berasal dari satu sel yang membelah. Konsep monoisme seringkali dihubungkan dengan konsep Tuhan, sehingga timbulah konsep spiritualisme.

    ReplyDelete
  27. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Monisme adalah suatu paham yang menggunggulkan suatu keesaan. Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Dalam dualisme terdapat dua substansi atau realita sementara dalam pluralisme terdapat banyak realita. Konsep monisme seringkali dihubungkan dengan panteisme dan konsep Tuhan yang kekal.

    ReplyDelete
  28. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Monoisme dalam filsafat memandang bahwa dalam alam semesta ini hanya ada satu substansi. Oleh karena itu konsep monoisme bertentangan dengan dualisme ataupun pluralisme. Monoisme selalu menyangkal filsafat dualistik yang membedakan obyek dan subyek , materi dan semangat, ataupun tubuh dan jiwa. Namun, sejujurnya masih banyak pertanyaan yang ingin kami tanyakan tentang ini Prof. Terima Kasih

    ReplyDelete
  29. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Monisme bertolak belakang dengan dualisme atau pluralism e.Monisme juga menyangkal adanya manifoid.Monisme juga dikatakan sebagai murni idealis.Dalam teologi monoteisme memiliki makna yang sama dengan monisme dimana mengganggap hanya ada satu Tuhan.Dan menurut paham ini bahwa alam semesta adalah manifestasi dari Tuhan.

    ReplyDelete
  30. 221. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Monism adalah istilah yang berkaitan dengan ketunggalan. Istilah monism diperkenalkan pada abad ke 18 oleh Christian von Wolff. Pada bukunya Logic (1728), untuk mendesain tipe-tipe pemikiran filosofis yang menghilangkan dikotomi antara badan dan pikiran. Dalam dimensi spiritualitas monism erat kaitannya dengan keesaan Tuhan (Tuhan Yang Maha Esa) yang juga bersifat mutlak (absolutism).

    ReplyDelete
  31. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa monisme adalah pandangan yang mengatributkan ke-satu-an pada suatu konsep (misalnya, keberadaan). Beberapa jenis monisme, yaitu : Priority monisme (segala sesuatu bersumber dari satu sumber yang berbeda dari benda itu), existence monisme (hanya ada satu benda, yaitu semesta, yang dapat diklasifikasi menjadi banyak hal) serta substance monisme(berbagai macam hem dapat dijelakan dengan satu hal tunggal)

    ReplyDelete
  32. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Monism atau Monisme, yaitu pandangan yang mengaitkan kesatuan atau kelulusan ke sebuah konsep. Ada beberapa monisme, yaitu monisme keberadaan (Existence Monism), monisme prioritas (Priority Monism), dan Monisme Substansi (Substance monism). Monisme prioritas menyatakan bahwa semua hal yang ada kembali ke sumber yang berbeda dari mereka, Monisme Substansi menegaskan bahwa berbagai hal yang ada dapat dijelaskan dalam hal realitas tunggal atau substansi

    ReplyDelete
  33. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Dalam buku kamus filsafat ilmu milik Bagus Lorens, monisme adalah kata serapan dari monism. Sedangkan akar kata “monisme” adalah monos dari bahasa Yunani yang berarti tunggal, sendiri. Selanjutnya kata isme sendiri menunjukkan bahwa monisme adalah sebuah paham berteorikan ketunggalan yang tumbuh dan berkembang dalam dinamika ilmu filsafat. Sejarah tumbuhnya paham ini berawal dari filsafat alam atau naturalistik, yaitu upaya filosof-filosof dalam menggali kedalaman hakikat dari realita alam di depannya.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Salah satu filosof yang berpandangan monism yaitu Thales. Mikirkan soal alam besar, yaitu dari mana terjadinya alam, Thales (625-545 SM) berpendapat bahwa semuanya itu air. Air itu adalah pangkal, pokok dan dasar segala-galanya. Semua benda terjadi dari air dan semuanya kembali kepada air pula. Jadi semuanya itu satu, berasal dari air. Kemudian Anaximandros, murid Thales yang hidup dari 610-547 SM—berpendapat bahwa yang menjadi dasar alam dinamai dengan Apeiron.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  36. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas dapat saya pahami bahwa monisme yaitu filosofis yang dapat dijelaskan dalam hal realitas tunggal. Istilah monisme diperkenalkan pada abad ke-18 oleh Christian von Wolff menjelaskan fenomena oleh satu prinsip. Tidak hanya satu prinsip, subtansi dan esensinya pun harus sama.Istilah monism sering diungkapkan dengan istilah serba tunggal, serba esa. Monoisme itu tunggal dan esa. Sesungguhnya di alam semesta ini yang tunggal atau esa hanyalah Tuhan. Monoisme seharusnya konsekuen dengan keesaan Tuhan.

    ReplyDelete
  37. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Monisme (monism) berasal dari kata Yunani yaitu monos (sendiri, tunggal) secara istilah monisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/ Esa. Monisme adalah paham yang menolak adanya golongan-golongan di dalam masyarakat. Paham ini muncul dikarenakan pemikiran bahwa setiap golongan yang berlainan aliran pemikirannya akan mendatangkan perpecahan. Penganut paham ini cenderung memaksakan persatuan dan menindas oposisi. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  38. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme ini merupakan konsep yang berkebalikan dengan dualisme dan pluralisme. Salah satu tokoh dari monisme ini adalah Thales. Monisme ini terbagi menjadi tiga yaitu monisme substansial, monisme atributif, dan monisme absolut. Monisme substansial adalah paham yang mempercayai bahwa hanya ada satu substansi. Monisme atributif adalah paham yang meskipun juga hanya mempercayai satu substansi tetapi masih mempercayai bahwa ada banyak realita individual. Sedangkan monisme absolut ialah paham yang percaya bahwa hanya ada satu substansi dan satu realita.

    ReplyDelete
  39. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Monisme ialah sebuah pemikiran yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu bersifat satu. Sebagai perbandingan dengan kaum idealis, mereka menganggap semua unsur adalah jiwa atau ide. Sementara bagi kaum materialisme mennyampaikan unsur dari segala sesuatu adalah materi.Penganut aliran ini tak memberikan perbedaan antara jiwa dan zat. Kedua hal tersebut adalah hal yang berbeda dalam penyebab dan proses,perbedaan hanya pada substansi-nya saja.

    ReplyDelete
  40. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Konsep monisme seringkali dihubungkan dengan panteisme dan konsep Tuhan yang kekal. Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Monisme dapat dibedakan menjadi monisme substansial, monisme atributif, dan monisme absolut. Monisme substansial memiliki kepercayaan adanya satu substansi. Sementara monisme atributif percaya bahwa walau hanya ada satu substansi, tetapi ada banyak realita individual berbeda dalam kategori ini. Sedangkan monisme absolut percaya bahwa hanya ada satu substansi dan hanya satu realita. Monisme Absolut, dengan demikian menjadi jenis ideal.

    ReplyDelete
  41. Junianto
    PM C

    Monisme adalah konsep metafisika dan teologi yang menjelasakan bahwa hanya ada satu substasi di alam dan dengan satu substansi tersebut bisa digunakan untuk menjelaskan segala sesuatu. Selain itu, konsep ini juga mengatakan bahwa segala sesuatu yang ada berawal dari awalan yang tunggal. Konsep ini juga sering dihubungan dengan konsep ketuhanan dan timbul paham spiritualisme.

    ReplyDelete
  42. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Monism adalah pandangan yag mengaitkan tentang kesatuan. Ada banyak jenis monism, beberapa diantaranya adalah monism keberadaan dan monism prioritas. Adanya monisme berpendapat bahwa, secara tegas, hanya ada satu hal (mis., Alam semesta), yang hanya bisa secara artifisial dan sewenang-wenang dibagi menjadi banyak hal. Monisme adalah istilah filosofis yang dalam berbagai maknanya, bertentangan dengan Dualisme atau Pluralisme.

    ReplyDelete
  43. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terdapat dua definisi mengenai monism, yaitu:
    1. Definisi dalam arti luas: suatu filsafat disebut monistik jika percaya asal dari segala sesuatu adalah satu. Segala sesuatu yang ada kembali ke sumber yang berbeda dari mereka.
    2. Definisi dalam arti terbatas: dalam hal ini tidak hanya asal segala sesuatu adalah satu namun juga kesatuan substansi dan esensi.
    Beberapa filosof atau tokoh yang tergolong pada aliran materialisme adalah Thales, Anaximenes, dan Anaximandris. Thales mengajarkan bahwa asal dari segla sesuatu adalah satu yaitu air. Anaximandros berpandangan bahwa asas pemula dari segala sesuatu adalah hanya satu, yaitu yang tidak terbatas (to aperion). Sedangkan Anaximenes memberikan pandangan bahwa asas pemula seluruh alam semesta dengan segala isinya adalah hawa atau udara. Paham monoisme kemudian terbagi ke dalam tiga kategori yaitu idealist, monism netral, dan monism material.

    ReplyDelete
  44. Latifah Fitriasari
    PM C

    Yang dimaksud dengan monisme adalah kata serapan dari monism. Sedangkan akar kata monisme adalah monos dari bahasa Yunani yang berarti tunggal, sendiri. Selanjutnya kata isme sendiri menunjukkan bahwa monisme adalah sebuah paham berteorikan ketunggalan yang tumbuh dan berkembang dalam dinamika kehidupan seseorang. Sehingga jika dijabarkan lebih detail adalah bahwa paham monisme beranggapan jika hanya ada satu sistem hukum di dunia yang mengatur kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  45. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Monisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/ Esa. Unsur dasar ini bisa berupa materi, pikiran, Allah, energi dll. Aliran monisme menyatakan bahwa hanya ada satu kenyataan yang fundamental.Bagi kaum materialis unsur itu adalah materi, sedang bagi kaum idealis unsur itu roh atau ide. Sebagai contoh dalam teori relativitas Enstein, energi hanya merupakan bentuk lain dari zat.

    ReplyDelete
  46. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Monisme merupakan pandangan yang mengaitkan kesatuan atau kelulusan ke sebuah konsep. Monisme juga dapat dikaitkan dengan konsep keTuhanan yang esa atau tunggal. Monisme juga dapat dikaitkan dengan konsep kehidupan dimana walaupun kita berbeda-beda baik itu backgroundnya, sosialnya, maupun intelektualnya. Semuanya akan dapat bersatu karena sesungguhnya kita semua sama dihadapan Tuhan YME.

    ReplyDelete
  47. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    “Ism” berarti pusatnya. Sehingga jika terdapat kata monism berarti yang menjadi pusatnya yaitu mono, atau ketunggalan. Sebagai lawan kata dari pluralism maka, dikatakan bahwa kebenaran akhirat itu bersifat monism atau tunggal yang disebut Kuasa Tuhan. Atau dapat dikatakan pula kebenaran Tuhan itu bersifat tunggal atau mutlak atau absolut.

    ReplyDelete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Monism adalah pandangan yang mengaitkan kesatuan atau kelulusan ke sebuah konsep. Bisa juga diartikan sebagai teori bahwa segala hal dalam alam semesta dapat dijabarkan pada kegiatan satu unsur dasariah, dimana segala hal berasal dari satu sumber terakhir tunggal. Terdapat dua jenis monism secara historis: exintence monism dan priority monism. Exintence monism menargetkan benda-benda konkret dan dihitung dengan bukti. Priority monism juga menargetkan benda-benda konkret namun dihitung dengan bukti dasar. Inilah doktrin yang tepat satu bukti benda konkret itu mendasar dan setara dengan doktrin klasik bahwa keseluruhannya adalah sebelum bagiannya yang tepat.

    ReplyDelete
  50. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Pada pembahasan sebelumnya, dikenal yang namanya dualism dimana pemahaman tersebut memandang dunia dari dua sisi yang berbeda. Namun, disini monism bersifat sebaliknya, pemahaman ini menjelaskan bahwa sudut pandang terhadap dunia ini hanya satu. Hal ini tidak bisa diterapkan seutuhnya pada dunia yang berbatas akan ruang dan waktu. Karena pada dasarnya monism lebih meyakinkan bahwa sesuatu itu bersifat identitas, A=A ya intinga A yang di kiri sama dengan A yang di kanan. Jadi, pandangan monoisme bisa diterapkan hanya pada dunia yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu saja.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  51. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Paham monism berpendapat, bahwa antara hukum internasional dengan hukum nasional merupakan satu kesatuan system hukum yang tak terpisahkan secara bulat dan utuh. Pendapat kaum monisme bertitik tolak dari konsep hukum kekuasaan atau perintah, baik hukum internasional maupun hukum nasional tidak ada persoalan, karena keduanya berdiri diatas konsep hukum yang tidak membedakan antara keduanya. Alasan lain adalah, antara hukum internasional dengan hukum nasional mempunyai suubjek dan sumber hukum yang sama, yaitu individu dan kemauan Negara (state-will).

    ReplyDelete
  52. Monism adalah pandangan yang mengaitkankesatuan ke dalam sebuah konsep. Menurut paham monism hanya ada satu hal yang bersifat ontologis sebelum muncul hal lainnya, misalnya alam semesta. Jadi berbagai hal yang ada dijelaskan ke dalam hal realitas tunggal atau substansinya. Walaupun banyak hal yang dapat dibuat namun hanya ada satu zat tunggal yang ada misalnya sebuah materi atau pikiran

    ReplyDelete
  53. Metia Novianti
    17709251021
    PPs PM A

    Berbeda dengan pluralism yang menganggap bahwa unsur pokok itu banyak, monism menganggam realitas itu satu. Monisme (monism) berasal dari kata Yunani yaitu monos (sendiri, tunggal) secara istilah monisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/ Esa. Unsur dasar ini bisa berupa materi, pikiran, Allah, energi dll. Dalam aliran ini tidak dibedakan antara pikiran dan zat. Mereka hanya berbeda dalam gejala yang disebabkan proses yang berlainan, namun mempunyai subtansi yang sama. Ibarat zat dan energi dalam teori relativitas Enstein, energi merupakan bentuk lain dari zat. Aliran monisme menyatakan bahwa hanya ada satu kenyataan yang fundamental.

    ReplyDelete
  54. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Secara harfiah, monisme berarti paham yang percaya bahwa unsur pokok segala sesuatu bersifat tunggal. Monisme dapat dibagi menjadi 3 tipe. Monisme yang percaya tentang adanya satu substansi (substansial). Monisme yang percaya bahwa selain hanya ada 1 substansi, namun masih terdapat banyak kategori dari substansi tersebut (atributif). Dan yang terakhir adalah monisme yang percaya bahwa hanya ada satu substansi dan satu realita. Monisme ini disebut dengan monisme absolut atau monisme yang ideal.

    ReplyDelete
  55. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Monisme adalah konsep metafisika dan teologi yang menyatakan bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme bertentangan dengan dualisme yang menyatakan bahwa ada dua substansi atau realita dan pluralisme yang menyatakan terdapat banyak substansi. Konsep monisme seringkali dihubungkan dengan panteisme dan konsep Tuhan yang kekal.

    ReplyDelete
  56. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,
    Monoisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa ada satu substansi dalam alam.
    Konsep ini sering dikaitkan dengan panteisme dan konsep Tuhan yang kekal. Dengan
    kata lain, konsep ini bertentangan dengan pluralisme dan duaisme. Dalam pluralisme
    terdapat banyak substansi atau realita di alams emesta, sedangkan dualism terdapat dua
    substansi di alam semesta. Teri ini meyakini bahwa segala hal berasal dari satu sumber.
    Misalnya segala benda hidup maupun benda mati di alam semesta ini adalah ciptaan
    Tuhan. Karena realitanya hanya satu maka yang lain dianggap sebagai ilusi. Contohnya
    filsuf yang meyaini bahwa manusia itu hanya tubuhnya saja, maka pikirannya dianggap
    ilusi. Sebaiknya, para filsuf yang meyakini bahwa manusia hanya pikirannya saja
    menganggap tubuh itu adalah ilusi.

    ReplyDelete
  57. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Monisme adalah paham yang mengaitkan dengan ketunggalan, atau kesatuan. Jadi orang yang memiliki paham ini selalu mengaitkan segala sesuatu dengan kesatuan ketuhanan YME. Sesuai hakekatnya satu yaitu Allah SWT. Jadi apapun yang terjadi didasarkan dengan keyakinan terhadapNya. Segala sesuatu dikaitkan dengan ciptan-Nya, yang kekal abadi.

    ReplyDelete
  58. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Monism, berasal dari bahasa Yunani monos yang berarti tunggal. Monism itu keyakinan bahwa realitas itu adalah satu. Sehingga monism ini bertolak belakang dengan dualisme dan pluralisme.Terimakasih

    ReplyDelete
  59. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Unsur pokok dari penyusun segala sesuatu bersifat tunggal, inilah yang disebut monoism. Pandangan ini lebih jauh lagi menggali konsep ketuhanan. Kepercayaan yang berkembang melahirkan banyak definisi tentang ketuhanan, dimana Monoism meyakini bahwa Tuhan itu adalah satu. Monoism hanya meyakini bahwa hal fundamental bersifat tunggal atau esa.

    ReplyDelete
  60. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    Pend. Matematika S2 Kelas C

    Istilah monism sering diungkapkan dengan istilah serba tunggal, serba esa. Monoisme itu tunggal dan esa. Sesungguhnya di alam semesta ini yang tunggal atau esa hanyalah Tuhan. Monoisme seharusnya konsekuen dengan keesaan Tuhan, menekankan bahwa jumlah hakikat itu esa adanya. Dan itulah Tuhan Yang Maha Esa. Dan Tuhan menciptakan alam sebagai makhluk-Nya. Alam itu dari tidak ada, lalu diadakan-Nya. Dengan demikian alam tidaklah tunggal. Yang tunggal adalah penciptanya, Tuhan Yang Maha Esa. Tuhan itu satu, namun sifatnya yang banyak. Tuhan Yang Maha Esa juga sekaligus Tuhan Yang Maha Kuasa, dan sifat-sifat Allah yang lainnya.

    ReplyDelete