Dec 2, 2012

MONISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang MONISM, koneklah:





Wss Wr Wb
Marsigit

34 comments:

  1. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Monisme merupakan suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/ Esa. Unsur dasar ini bisa berupa materi, pikiran, Allah, energi, dll. Bagi kaum materialis unsur itu adalah materi, sedang bagi kaum idealis unsur itu roh atau ide. Dalam aliran ini tidak dibedakan antara pikiran dan zat. Mereka hanya berbeda dalam gejala disebabkan proses yang berlainan namun mempunyai subtansi yang sama.

    ReplyDelete
  2. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Monism merupakan pandangan filosofis tentang sebuah keseragaman dari sesuatu yang ada dapat diterangkan dalam terminologi realitas atau substansi yang tunggal (satu). Konsep monism ini dikaitkan dengan sesuatu yang bersifat tunggal/satu/esa yang merupakan konsep Tuhan yang kekal. Monoism merupakan bentuk pertentangan dengan dualisme dan pluralisme.

    ReplyDelete
  3. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Monoisme merupakan aliran yang mengajarkan bahwa unsur dalam relita alam semesta ini berasal dari satu sumber kebenaran yang tunggal. Monoisme (monism) berasal dari kata Yunani yaitu monos (sendiri, tunggal). Monoisme terbagi pada tiga tipe dasar: 1) Monisme Substansial, yang percaya adanya satu substansi, 2) Monisme Atributif, yang percaya bahwa walau hanya ada satu substansi, tapi ada banyak realita individual berbeda dalam kategori ini. 3) Monisme Absolut, yang percaya bahwa hanya ada satu substansi dan hanya satu realita. Monisme Absolut menjadi jenis ideal.

    ReplyDelete
  4. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Monoisme merupakan salah satu konsep metafisika dan teologi. Konsep ini bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Monoisme memiliki pandangan bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Dengan kata lain unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/esa sehingga hanya ada satu kenyataan yang fundamental. Unsur dasariah tersebutbisa berupa materi, pikiran, Tuhan, energi, dan lain-lain. Bagi kaum materialis, unsur tunggal tersebut adalah materi, sedangkan bagi kaum idealis unsur tunggal tersebut adala roh atau ide, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  5. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Monism merupakan paham yang memiliki pandangan dalam mengaitkan kesatuan ataupun kelulusan ke suatu konsep. Hal ini dapat juga diartikan sebagai teoru bahwa segala hal yang ada pada alam semesta dapat dijabarkan pada kegiatan satu unsur dasariah dimana segala hal berdasar pada satu sumber terakhir tunggal. Secara historis, terdapat dua jenis monis yaitu exintence monism dan priority monis. Pembedanya adalah jika exintence monism menargetkan pada benda-benda konkret dan dihitung dengan berbagai bukti, priority dihitung dengan bukti dasar.

    ReplyDelete
  6. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Monisme adalah suatu pandangan pandangan bahwa semesta itu merupakan satu satuan tunggal; pandangan bahwa materi dan alam pikiran itu satu. Monisme adalah paham atau ajaran yang menjelaskan eksistensi segala realita dalam alam semesta berasal dari satu sumber kebenaran yang tunggal. Dan sebenar-benarnya kebenaran yang tunggal hanyalah milik Allah S.W.T..

    ReplyDelete
  7. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Monisme merupakan suatu konsep metafisika dan teologi yang meyakini bahwa hanya terdapat substansi tunggal dalam alam semesta. Konsep ini sangat bertentangan dengan dualisme ataupun pluralisme. Monisme adalah suatu konsep ke KeTuhanan yang Esa dan kekal.
    Turunan paham monisme menjadi sebuah landasan berdirinya suatu negara. Menganggap sebuah negara memiliki kedudukan tertinggi dan memiliki otoritas sehingga tidak ada suatu negara di dalam negara. Paham inilah yang memberikan kontrol pada keberlangsungan pemerintahan sehingga terdapat hirarki kekuasaan yang mengatur siapa lebih tinggi daiap dibawahnya, sedangkan puncak kekuasaan tetap tunggal.

    ReplyDelete
  8. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, monism atau monisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/ Esa. Unsur dasariah ini bisa berupa materi, pikiran, Allah, energi dll. Bagi kaum materialis unsur itu adalah materi, sedang bagi kaum idealis unsur itu roh atau ide. Dalam pandangan Islam, adanya dua yang tunggal yakni zat dan ruh bertentangan dengan ajaran inti Islam, tauhid. Sebagaimana al-Ghazali yang menentang teori emanasi al-Farabi dengan adanya qadim selain Allah swt. Al-Ghazali konsekuen dengan keesaan Tuhan, menekankan bahwa jumlah hakikat itu esa adanya. Dan itulah Tuhan Yang Maha Esa. Dan Tuhan menciptakan alam sebagai makhluk-Nya. Alam itu dari tidak ada, diadakan-Nya. Dengan demikian alam tidaklah qadim.

    ReplyDelete
  9. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Monism berasal dari kata monos yang berarti sendiri atau tunggal. Monisme adalah aliran filsafat yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal. Monism berpusat pada satu hakekat saja, hakekat berdasarkan materi atau hakekat berdasarkan ide. Monoism menganggap bahwa hakekat yang berasal dari keseluruhan itu hanyalah satu saja, tidak mungkin dua. Haruslah satu hakekat saja sebagai sumber asal, baik yang asal tersebut berupa materi atau berupa suatu ide. Materi merupakan hasil dari ide yang berupa gagasan/pemikiran.

    ReplyDelete
  10. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Paham monism merupakan suatu paham yang menganut bahwa suatu unsur berasal dari unsure yang bersifat tunggal. Dalam kehidupan beragama umat islam, monisme sendiri ternyata mewarnai keyakinan umumnya umat Islam, Islam diyakini umatnya sebagai satu-satunya agama yang benar, satu-satunya agama yang diridhai oleh Allah SWT dan hanya menyembah kepada satu Dzat Yang Maha Tunggal/Esa yaitu Allah SWT

    ReplyDelete
  11. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Monisme secara historis berakar pada pengajaran filosofis Hellenik dari Pythagoras. Monad berasal dari kata Yunani "μόνος" atau "Mono" yang berarti tunggal dan tidak terbagi. Monisme merupakan sebuah konsep metafisika dan teologi yang mengatakan bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme sangat bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Dalam dualisme terdapat dua substansi atau realita sementara dalam pluralisme terdapat banyak realita. Konsep monisme ini seringkali dihubungkan dengan panteisme dan konsep Tuhan yang kekal.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  12. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Secara istilah, Monisme merupakan suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/esa. Unsur tersebut berupak materi, pikiran, Allah, energi, dll. Bagi kaum materialis unsur tersebut adalah materi, sedangkan bagi kaum idealis unsur tersebut adalah ro atau ide. Orang pertama yang menggunakan terminologi monisme adalah Christian Wolff. Dalam aliran monisme ini tidak ada perbedaan antara pikiran dan zat.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  13. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Monism atau dalam bahasa Indonesia disebut monism. Kata monisme sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu monos yang berarti tunggal, sendiri. Selanjutnya kata isme menunjukan monisme adalah sebuah pahan berteorikan. Ketunggalan yang tumbuh dan berkembang dalam dinamika ilmu filsafat. Sejarah tumbuhnya paham ini berawal dari filsafat alam atau naturalistik, yaitu upaya filsuf-filsuf dalam menggali kedalaman hakikat dari realita alam di depannya. Dengan demikian monism adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsru pokok dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggalEsa. Unsur dasar ini bisa berupa materi, pikiran, Alloh, energi, dll. Bagi kaum materialis unsur itu adalah materi sedangkan kaum idealis unsur itu adalah roh atau ide.

    ReplyDelete
  14. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Salah satu filsuf yang menjadi tokoh aliran ini yaitu Thales (625-545SM) yang menyatakan bahwa kenyataan yang terdalam adalah satu substansi yaitu air. Pendapat ini dapat disimpulkan oleh Aristoteles (384-322 SM), yang mengatakan bahwa semunya itu air. Air yang cair merupakan pangkal, pokok dan dasar (principle) segala-galanya. Semua barang terjadi dari air dan semuanya kembali kepada air pula.

    ReplyDelete
  15. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Monoisme adalah kontradiksi dari pluralisme. Monoisme adalah ketunggalan. Segala sesuatu berakhir tunggal dan berakhir kepada Allah. Allah itu satu dan tidak ada tandingannya. Allah tidak bisa diduakan atau ditigakan. Segala pencapaian hidup berakhir kepada Allah. monoisme adalah paham dimana kekuasaan tertinggi adalah Allah SWT, berbeda dengan Pluralisme yangmengandung banyak maksut, namun monoisme adalah tunggul yaitu hukum Allah

    ReplyDelete
  16. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Monism mengaitkan kesatuan dengan sebuah konsep. Prioritas monism menyatakan bahwa semua hal yang ada kembali ke sumber yang berbeda. Substansi monisme menegaskan bahwa berbagai hal yang ada dapat dijelaskan dalam satu realitas atau substansi tunggal. Kepercayaan monoism yaitu bahwa semesta berasal dari kebenaran tunggal. Kebenaran ini hanya berasal dari Yang Maha Esa, yaitu Allah SWT.

    ReplyDelete
  17. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Monisme adalah sikap filosofis dan kosmologis yang mengandaikan Kesatuan tertinggi dari semua hal, dan bahwa semua perbedaan, perbedaan, perpecahan, dan pemisahan yang nampak pada akhirnya hanyalah aspek-aspek yang tampak atau sebagian dari keseluruhan keseluruhan. Ini telah muncul dan berkembang dengan berbagai bentuk penekanan, dalam tradisi filosofis, mistik, agama dan ilmiah yang beragam dan berbeda.

    ReplyDelete
  18. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    terdapat dua definisi monism yaitu definisi yang luas sebuah filsafat bersifat monistik jika mendalilkan kesatuan asal segala sesuatu berarti semua benda yang ada kembali ke sumber yang berbeda dari mereka. Definisi terbatas yaitu tidak hanya membutuhkan kesatuan asal tetapi juga kesatuan substansi dan esensi. Para filsuf monism terdiri darti pre socratic misalnya Thales, post socrates misalnya stoics, dan modern seperti bradley. terimakasih

    ReplyDelete
  19. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Monisme meliputi pluralisme dan nihilism. Alasan yang mendasari untuk relativitas ganda ini adalah bahwa hal tsb adalah tesis dari predikasi numerik ('... adalah salah satu / banyak / tidak ada').
    Secara filsafat, monimse jjika mendalilkan kesatuan asal segala sesuatu; semua benda yang ada kembali ke sumber yang berbeda dari mereka dan tidak hanya membutuhkan kesatuan asal tetapi juga kesatuan substansi dan esensi.

    ReplyDelete
  20. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Keberadaan monisme mengandaikan bahwa, sesungguhnya, hanya ada satu hal di seemesta yang hanya dapat dibagi secara artifisisal menjadi banyak hal; substansi monisme menegaskan bahwa berbagai hal yang ada dapat dijelaskan dalam satu realitas atau substansi tunggal; dan substansi monisme menyatakan bahwa hanya ada satu jenis barang yang ada.

    ReplyDelete
  21. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Monisme berasal dari kata mono yang artinya satu atau tunggal. Paham ini menjelaskan tentang Alam semesta itu sifatnya tunggal, artinya yang menciptakan alam semesta hanya Allah (satu). Selain itu monisme juga memperjelas adanya kesatuan sebuah konsep. Lawan dari monoisme adalah pluralisme.

    ReplyDelete
  22. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Monisme berbeda dengan pluralism, yang memiliki makna bahwa sebuah paham beteorikan ketunggalan yang tumbuh dan berkembang dalam dinamika ilmu filsafat. Monisme juga dapat diartikan sebagai paham yang memiliki unsur pokok dari segala sesuatu yang bersifat tunggal atau esa. Unsur tersebut dapat berupa energy, pikiran, materi dan lain-lain. Hakekatnya hanyalah Allah SWT yang Esa sebagai pemiliki alam semesta.

    ReplyDelete
  23. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Monisme berasal dari kata ‘monos’ bermakna sendiri atau tunggal. Monisme bertentangan dengan konsep dualisme dan pluralisme yang terdapat lebih dari satu substansi. Dalam monisme terdapat konsep Tuhan yang kekal.

    ReplyDelete
  24. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Monisme mulai kehilangan popularitas karena kemunculan filsafat analitik pada awal abad ke-20, yang memberontak melawan neo-Hegelian. Carnap dan Ayer, yang merupakan pendukung kuat positivisme, "mencemooh seluruh pertanyaan sebagai mistisisme yang tidak koheren".

    ReplyDelete
  25. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Monisme adalah cara pandang yang mendasari apa yang disebut Totalitarianisme. Karena dalam Monisme, ada klaim kebenaran tunggal dan absolusitas kebenaran. Jika ada satu kebenaran yang sahih, maka secara langsung pendapat atau kebenaran lain menjadi tidak sahih.

    ReplyDelete
  26. Rizki Nisa Setyowati
    1970121013
    PEP S2 A

    Monisme meyakini bahwa unsur pokok dari segala sesuatu bersifat tunggal. Unsur dasar mungkin bermakna berbeda bagi tiap individu. Misalnya, unsur dasar bagi kaum kapitalis adalah modal dan unsur dasar bagi empirist adalah pengalaman. Konsep unsur dasar pertama kali dikenalkan oleh Thales yang menyatakan bahwa air adalah dasar segalanya. Dalam kehidupan modern, monisme sering dijumpai dalam ajaran agama yang meyakini bahwa unsur utama kehidupan adalah Tuhan yang bersifat Maha Esa.

    ReplyDelete
  27. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Dalam link yang pertama menjelaskan bahwa monism sendiri terdapat banyak. Kendati demikian dua jenis monism yang ditekankan adalah monism keberadaan atau eksistensi dan monism prioritas. monism keberadaan menekankan kepada objek nyata dan jumlah dari bukti. Sedangkan monism prioritas samal halnya dengan monism keberadaan yang juga menargetkan objek nyata namun lebih kepada jumlah bukti yang mendasari.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  28. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, monism dari maknanya adalah yang tunggal dan tidak terbagi merupakan konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Dalam dualisme terdapat dua substansi atau realita sementara dalam pluralisme terdapat banyak realita.konsep ini sering dihubungkan dengan panteisme dan konsep Tuhan yang kekal. Maka yang hanya satu dan tidak ada bandingannya, tidak ada yang menyamainya, yang tidak dapat terbagi-bagi adalah Allah Subhanawataala Tuhan semesta alam Tuhan Yang Maha Esa. Terimakasih.

    ReplyDelete
  29. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Monism merupakan konsep ketunggalan atau ke-esa-an. Monism berbeda dengan dualism dan pluralisme. Monism menolak adanya perbedaan atau dualitas. Terdapat berbagai monism, diantaranya adalah existence monism and priority monism. Existence monism menyatakan bahwa hanya adal satu hal yang ada (yaitu alam), dan dapat dibagi menjadi berbagai macam hal. Sedangkan priority monism adalah berbagai hal yang ada dapar dijelaskan dalam satu realitas atau substansi.

    ReplyDelete
  30. Rifki Rinaldo
    10709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Monoisme merupakan paham yang menyatakan bahwa hanya ada satu unsur sebagai esensi alam semesta ini. Monoisme disebut juga tunggal, kesatuan atau tidak terbagi. Ini tidak hanya membutuhkan kesatuan asal tetapi juga kesatuan substansi dan esensi. Sedangkan menurut Thomas van Aquino, monoisme merupakan sebuah filsafat yang menyatakan bahwa ada satu unsur yang menjadi sumber dari keagamaan adalah proses berpikir yang dimiliki oleh manusia. Dia menganggap bahwa manusia memiliki Tuhan karena ia mampu memiliki proses berpikir. Proses berpikir membuat manusia mencari tahu mengenai sebab akibat yang ada di dunia ini, termasuk bagaimana asal usul penciptaan. Proses berpikir demikianlah yang membuat manusia yakin bahwa ada penciptanya, yaitu Tuhan itu sendiri.

    ReplyDelete
  31. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Monism adalah pandangan yang mengaitkan kesatuan ke sebuah konsep. Dapat pula diartikan sebagai teori bahwa segala hal dalam alam semesta dapat dijabarkan pada kegiatan satu unsur dasariah, dimana segala hal berasal dari satu sumber terakhir tunggal. Terdapat dua jenis monism secara historis: exintence monism dan priority monism. Exintence monism menargetkan benda-benda konkret dan dihitung dengan bukti. Priority monism juga menargetkan benda-benda konkret namun dihitung dengan bukti dasar. Inilah doktrin yang tepat satu bukti benda konkret itu mendasar dan setara dengan doktrin klasik bahwa keseluruhannya adalah sebelum bagiannya yang tepat.

    ReplyDelete
  32. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pend matematika D 2019

    Monisme adalah konsep metafisika dan teologi bahwa hanya ada satu substansi dalam alam. Monisme bertentangan dengan dualisme dan pluralisme. Dalam dualisme terdapat dua substansi atau realita sementara dalam pluralisme terdapat banyak realita. Konsep monisme seringkali dihubungkan dengan panteisme dan konsep Tuhan yang kekal. Asal dari kata dan pengertian Monad secara historis berakar pada pengajaran filosofis Hellenik dari Pythagoras. Monad berasal dari kata Yunani "Mono" yang berarti tunggal dan tidak terbagi.

    ReplyDelete
  33. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Monism berarti doktrin bahwa realitas terdiri dari satu substansi atau unsur dasar tunggal. Doktrin itu yang merujuk semua fenomena kepada satu unsur atau pelaku utama tunggal. Doktrin bahwa alam semesta adalah makhluk kesatuan yang terorganisir atau struktur inklusif diri total.

    ReplyDelete
  34. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete