Dec 3, 2012

WISDOM





 Ass Wr Wb
Jika ingin mempelajari lebih lanjut tentang WISDOM, bacalah berikut:

http://en.wikipedia.org/wiki/Wisdom









Wss Wr Wb
Marsigit

38 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Democracy guided by the inner wisdom in the unanimity arising out of deliberations amongst representatives. Wisdom atau kebijaksaan terdapat pada Pancasila sila ke-4. Kebijaksanaan yang tertuang dalam Pancasila dalam dikatakan bahwa kebijaksanaan adalah pemimpin yang berhatinurani, arif, bijaksana, jujur, adil, dsb pada hal-hal yang bersifat psikis/rohaniah. Hikmat kebijaksanaan berarti penggunaan pikiran yang sehat dengan selalu mempertimbangkan persatuan dan kesatuan bangsa, kepentingan rakyat dan dilaksanakan dengan sadar, jujur, adil, dan bertanggung jawab, serta didorong oleh itikad baik sesuai dengan hati nurani.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Kebijaksanaan yang dimaksud dalam artikel ini berkaitan dengan aplikasi kebijaksanaan dari pengetahuan. Di mana kebijaksanaan yang dimaksud adalah kemampuan dalam berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat dan wawasan. Kebijaksanaan pun diajarkan dalam berbagai perspektif yang pada hakikatnya merupakan keadaan di mana kita mampu untuk dapat menentukan sesuatu keputusan yang sekiranya sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan yang bermanfaat berdasarkan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat dan wawasan yang kita miliki.

    ReplyDelete
  3. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Dari sekian banyak kasus pelanggaran HAM tentang kebebasan beragama di Indonesia ternyata negara dan pemerintah belum benar-benar bisa mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam sila pertama dari Pancasila. Mulai dari aparat kepolisian yang seharusnya mengayomi masyarakat malah menjadi pelanggar HAM terbanyak. Negara juga kurang tegas dalam menangani kasus kasus pelanggaran tesebut maka dari itu bukan semakin berkurang kasus yang terjadi tetapi malah semakin bertambanhnya kasus pelanggaran HAM tentang kebebasan beragama, bukan hanya tentang kebebasan beragama tapi masih banyak juga aturan-aturan lain yang masih sering dilanggar.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    kebijaksanaan adalah pengetahuan yang dibawa masuk ke dalam hati seseorang untuk kemudian dirasakan atau dialami sebagai kebenaran. Kita tidak bisa mendapatkan kebijaksanaan dengan cara pasif menerima apa yang kita baca atau dengan mempercayai apa yang dikatakan orang lain kepada kita, sebelum informasi yang kita baca atau dapat dari orang lain itu diuji oleh pengalaman kita sendiri, tidak mungkin ada kebijaksanaan. Kebijaksanaan memerlukan perhatian terhadap kehidupan dan kesediaan untuk bertanya dan mengalami langsung apa yang benar. Kita tidak seharusnya mudah untuk mempercayai sesuatu hanya karena ia ditulis dalam sebuah buku, atau karena orang yang mengatakannya telah dikenal dengan baik, atau seorang guru, atau seorang yang lebih tua sekalipun. Kebijaksanaan hanya dapat dicapai dengan kesediaan untuk mengalami, melihat dan merasakan tentang suatu persoalan, dipikirkan dengan jiwa yang bersih dan direnungkan baru diambil keputusan. Dan Kebijaksanaan bukan merupakan sesuatu yang bisa direbut oleh seseorang dan disimpanya untuk diri sendiri, namun kebijaksanaan merupakan sebuah proses.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Wisdom (Kebijaksanaan atau cita rasa) adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak dengan menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. [1] Kebijaksanaan adalah kebiasaan atau disposisi untuk melakukan tindakan dengan tingkat tertinggi kecukupan dalam keadaan apapun yang diberikan dengan keterbatasan kesalahan dalam tindakan yang diberikan.

    ReplyDelete
  6. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Kebijaksanaan (wisdom) adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak dengan menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. Orang yang bijaksana mengetahui “apa yang penting”, “apa yang benar-benar bermanfaat bagi dirinya dan orang lain”, “apa yang terbaik”, dsb. Seseorang dikatakan bijak jika ia tahu banyak tentang alam semesta dan bumi tempat kita tinggal, ia mempunyai pengetahuan faktual dan teoritits yang luas dan mendalam. Selain itu, seseorang dikatakan bijak jika ia tahu bagaimana hidup dengan baik dan ia berhasil hidup dengan baik.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Wisdom artinya kebijaksanaan. Kebijaksanaan ini dibagi menjadi 5 yaitu kebijaksanaan sebagai epistemic kerendahan hati, kebijaksanaan sebagai epistemic akurasi, kebijaksanaan sebagai pengetahuan, hybrid teori, dan kebijaksanaan sebagai rasionalitas. Kebijaksanaan sebagai pengetahuan dibedakan menjadi kebijaksanaan sebagai pengetahuan faktual ekstensif, kebijaksanaan untuk mengetahui cara hidup yang baik, kebijaksanaan untuk mengetahui cara agar berhasil dengan kehidupan yang baik.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)

    Wisdom dalam bahasa Indonesia merujuk pada kebijaksanaan atau ketulusan adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan , pengalaman , pemahaman , akal sehat , dan wawasan . [1] Kebijaksanaan telah dianggap sebagai satu dari empat karena kebajikan Kardinal Petross; Dan sebagai sebuah kebajikan, adalah kebiasaan atau disposisi untuk melakukan tindakan dengan tingkat kecukupan tertinggi dalam situasi tertentu dengan batasan kesalahan dalam tindakan tertentu. Ini menyiratkan kepemilikan pengetahuan , atau pencarian pengetahuan untuk diterapkan pada keadaan tertentu. Ini melibatkan pemahaman orang, objek, kejadian, situasi, dan kemauan serta kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian, dan tindakan sesuai dengan pemahaman tentang tindakan optimal apa yang akan dilakukan. Seringkali membutuhkan kontrol terhadap reaksi emosional seseorang (" hasrat ") sehingga prinsip akal sehat berlaku untuk menentukan tindakan seseorang. Singkatnya, kebijaksanaan adalah disposisi untuk menemukan kebenaran ditambah dengan penilaian yang optimal mengenai tindakan apa yang harus dilakukan. Profesor Steels Universitas: 'Adalah baik untuk menjadi pintar tapi lebih bijak untuk kebijaksanaan adalah esensi inti dari Uni-ayat, dll'

    ReplyDelete
  10. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Berdasarkan Stanford Encyclopedia of Philosophy, terdapat beberapa teori mengenai bijaksana. Teori-teori tersebut diantaranya adalah: 1) seseorang disebut bijak jika dan hanya jika dia percaya bahwa dirinya tidak bijak, 2) seseorang disebut bijak jika dan hanya jika dia tidak mengetahui apapun, 3) seseorang disebut bijak jika dan hanya jika dia tahu bagaimana hidup dengan baik dan sukses hidup dengan baik, 4) seseorang disebut bijak jika dan hanya jika dia memiliki pengetahuan faktual yang luas mengenai sains, sejarah, filsafat, literatur dan musik, 5) seseorang disebut bijak jika dan hanya jika dia memiliki pengetahian faktual dan teoritis, tahau bagaimana cara hidup dengan baik, sukses hidup dengan baik, dan memiliki sangat sedikit kepercayaan yang tidak benar. Menurut saya, orang yang bijak adalah orang yang mampu berpikir melalui berbagai sudut pandang dan tidak hanya memikirkan kepentingan individu. Namun sejatinya, manusia hanya dapat berusaha untuk menjadi bijak. Satu-satunya dzat yang Maha Bijaksana adalah Allah SWT.

    ReplyDelete
  11. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Filsafat dalam bahasa Yunani philosiophia. Kata philosophia terdiri atas kata philein yang berarti cinta (love) dan Sophia yang berarti kebijaksanaan (Wisdom). Orang yang belajar filsafat harus harus merendah di hadapan kebenaran: menerimanya, mencintainya dan menginternalisasikan kebenaran itu. Sikap seperti ini adalah sikap bijaksana dan tegas sekalipun harus menanggung resiko penentangan dan pengucilan dari orang-orang yang tidak mencintai kebenaran. Kebijaksanaan mempunyai arti yang luas. Phythagoras dengan rendah hati mneyebut dirinya philosophos yakni pecinta kebijaksanaan.

    ReplyDelete
  12. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dalam artikel ini berkaitan dengan aplikasi kebijaksanaan dari pengetahuan. Kebijaksanaan dimaksudkan sebagai kemampuan dalam berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat dan wawasan.
    Manusia diharapkan mampu bijaksana dalam menggunakan kemampuan yang sudah dimilikinya.
    Karena banyak sekali yang ada sekarang kaum intelektual tetapi tidak bijaksana.

    ReplyDelete
  13. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Apa sebenarnya konsekuensi yang harus dipenuhi oleh orang yang belajar filsafat atau filosof? Jawabnya adalah ia harus merendah di hadapan kebenaran, menerimanya, mencintainya dan menginternalisasikan kebenaran itu. Buah dari sikap seperti ini adalah sikap bijaksana dan tegas sekalipun harus menanggung resiko penentangan dan pengucilan dari orang-orang yang tidak mencintai kebenaran. Pertama-tama untuk bijaksana, seseorang harus tahu kebenaran. Setelah tahu kebenaran, kau harus mencintai kebenaran itu. Tanda orang cinta adalah mau mengabdikan diri. Untuk bijaksana, kau mesti berpengetahuan. Untuk bijaksana kau juga harus benar. Bukan hanya berpengetahuan benar tapi juga harus bertindak, bersikap, bertekad dan berucap secara benar. Untuk bijaksana kau harus pandai bermain cinta. Kau harus cinta pengetahuan dan cinta kebenaran. Serta mencintai cinta itu sendiri.

    ReplyDelete
  14. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://plato.stanford.edu/entries/wisdom/ Apa itu kebijaksanaan? Secara khusus, kebijakan berfokus pada lima pendekatan umum untuk memahami apa yang diperlukan untuk menjadi bijak: (1) kebijaksanaan sebagai kerendahan hati epistemik, (2) kebijaksanaan sebagai akurasi epistemis, (3) kebijaksanaan sebagai pengetahuan, (4) teori hibrid hikmat , Dan (5) kebijaksanaan sebagai rasionalitas. Lonergen (http://www.kompasiana.com/12041989/filsafat-vs-ilmu-ilmu-pengetahuan_550ef86da33311ae2dba82ea) mengungkapkan bahwa dalam setiap tahap kegiatan mengetahui, perlu dikembangkan sikap epistemik yang akan lebih menjamin tercapainya penegasan putusan yang benar. Lonergen menjelaskan sikap epistemik tersebut ke dalam tahap-tahap berikut. Pada tahap pengalaman (experience), diperlukan sikap penuh perhatian dalam menyerap berbagai aspek kenyataan yang dialami (be attentive). Pada tahap pemahaman apa yang dialami (understanding) diperlukan kecerdasan (be intelligent) untuk dapat mengolah data pengalaman dengan mengklasifikasi, menganalisis, membandingkan, menghubung-hubungkan dan sebagainya sampai memperoleh pemahaman yang tepat tentang apa yang dialami. Kemudian pada tahap penegasan keputusan (judgement), diperlukan sikap reflektif dan realistik (be reflective and realistic) dengan memeriksa kembali secara teliti langkah-langkah penelitian yang telah dilakukan dan bukti-bukti yang dapat dikumpulkan. Terkait dengan kebenaran tindakan, sikap yang perlu ditumbuhkan adalah bertangung jawab dalam mengambil keputusan dan bertindak (be responsible). Sikap tidak bertanggungjawab berbahaya bagi terjadinya tindakan yang salah. Di sini tampak jelas bahwa sikap epistemik yang diungkapkan Lonergen tersebut melukiskan bagaimana seharusnya usaha filsafat dilakukan dalam usaha untuk setia pada kebenaran.


    ReplyDelete
  15. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Kebijaksanaan adalah kemampuan untuk secara optimal (efektif dan efisien) menerapkan persepsi dan pengetahuan sehingga menghasilkan hasil yang memuaskan atau sesuai yang diinginkan. Dengan kata lain kebijaksanaan merupakan disposisi untuk menemukan kebenaran ditambah dengan penilaian optimal untuk tindakan apa yang harus diambil dalam rangka untuk memberikan hasil yang benar. Kebijaksanaan ini menempatkan sesuatu sesuai dengan tempatnya dan bertindak dengan dasar yang benar dan jelas. Sebagai manusia kita harus mengambil keputusan secara bijaksana agar semuanya berjalan lancar, adil, dan baik sesuai dengan yang kita harapkan.

    ReplyDelete
  16. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    wisdom sendiri mempunyai arti kebijaksanaan yang merupakan kemampuan untuk berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. bagi saya, kebijaksanaan ini merupakan suatu pelajaran yang dapat diambil berdasarkan pengalaman seseorang. kebijaksaan dapat berkembang seiring dengan banyaknya ilmu seseorang. jadi sifat bijaksana ini dapat menjadi indikator seberapa banyak ilmu orang tersebut. karena ilmu akan membuat orang lain bijaksana dalam menyikapi suatu permasalahan.

    ReplyDelete
  17. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Kebijaksanaan dapat diartikan kemampuan menentukan sesuatu keputusan yang sekiranya sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan yang bermanfaat berdasarkan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat dan wawasan yang kita miliki.
    Sehingga seeorang dikatakan bijaksana ketika ia mampu mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan yang dimiliki sesuai dengan etika yang ada.

    ReplyDelete
  18. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Wisdom dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Wisdom adalah suatu pengertian dan pemahaman yang dalam mengenai orang, barang, kejadian atau situasi, yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian dan perbuatan sesuai pengertian tersebut (wikipedia.org). Saya tertarik dengan wisdom dalam agama Islam. Dalam Islam, wisdom atau hikmat dianggap salah satu karunia terbesar yang dapat dinikmati manusia. Al Qur'an menyatakan bahwa: "Allah menganugrahkan al-Hikmah (kefahaman yang dalam tentang al-Qur'an dan as-Sunnah) kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barang siapa yang dianugrahi al-hikmah itu, ia benar-benar telah dianugrahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah)."

    ReplyDelete
  19. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Bapak, karena melalui blog ini saya mendapatkan banyak referensi dari link-link yang bapak posting. Dan khususnya pada elegi ini, dapat kita ketahui bahwa wisdom memiliki banyak pengertian yang luas. Kebijaksanaan, kecerdasan, akal budi, akal sehat, kecerdikan adalah bagian dari wisdom. Jadi wisdom adalah kemampuan seseorang untuk mengelolah kehidupannya dengan cerdas dan berimbang. Wisdom juga dapat diartikan sebagai kecakapan seseorang dalam mengatur dan mengkondisikan suatu keadaan dengan berbagai pengalaman, pengetahuan, pemikiran dan kecerdasan yang dimiliki.

    ReplyDelete
  20. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Wisdom atau kebijaksanaan merupakan suatu keterampilan dalam menyikapi masalah-masalah dalam kehidupan, termasuk didalamnya adalah adanya pengetahuan mengenai masalah kehidupan itu sendiri dan bagaimana cara memecahkan masalah tersebut. Wisdom atau hikmat juga memiliki suatu pengertian dan pemahaman yang dalam mengenai orang, barang, kejadian atau situasi, yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian dan perbuatan sesuai pengertian tersebut. Sehingga wisdom lebih merujuk pada kemampuan yang dilakoni seseorang untuk menghadapi masalah-masalah kehidupan dengan bijaksan dan memandang hidup dengan penuh hikmah.

    ReplyDelete
  21. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Menurut link yang saya baca, wisdom disebut sebagai kebijaksanaan atau ketulusan. Kebijaksanaan atau ketulusan adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. Hal ini menyiratkan kepemilikan pengetahuan, atau pencarian pengetahuan untuk diterapkan pada keadaan tertentu. Ini melibatkan bagaimana pemahaman orang, objek, kejadian, situasi, dan kemauan serta kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian, dan tindakan sesuai dengan pemahaman tentang tindakan optimal apa yang akan dilakukan. Jadi kebijaksanaan adalah disposisi untuk menemukan kebenaran ditambah dengan penilaian yang optimal mengenai tindakan apa yang harus dilakukan.

    ReplyDelete
  22. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Wisdom or sapience is the ability to think and act using knowledge, experience, understanding, common sense, and insight. Wisdom has been regarded as one of four due to Petross cardinal virtues; and as a virtue, it is a habit or disposition to perform an action with the highest degree of adequacy under any given circumstance with a limitation of error in any given action. This implies a possession of knowledge, or the seeking of knowledge to apply to the given circumstance. This involves an understanding of people, objects, events, situations, and the willingness as well as the ability to apply perception, judgement, and action in keeping with the understanding of what is the optimal course of action. It often requires control of one's emotional reactions (the "passions") so that the universal principle of reason prevails to determine one's action. In short, wisdom is a disposition to find the truth coupled with an optimum judgement as to what actions should be taken. University Professor Steels: 'It is good to be clever but better to be wise for wisdom is the core essence of the Uni-verse, etc.'
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Wisdom

    ReplyDelete
  23. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Wisdom artinya kebijaksanaan. Kebijakan atau ketulusan adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. Orang bijak tentu mampu melaksanakan tugasnya dan sesuai dengan ruang dan waktu. Orang dikatakan bijak atau memiliki kebijakan apabila memilih dan melakukan sesuatu secara tepat dan masuk akal. Sebagai manusia, kita tidak hanya cukup sebatas memiliki ilmu dan menjadi orang cerdas. Namun kita harus juga memiliki kebijakan. Nyatanya sekarang ini banyak orang pintar dan memiliki kedudukan tidak bersifat demikian. Mereka tidak bersifat bijak dalam membuat keputusan. Sehingga orang yang berilmu dan ia juga memiliki kebijaksanaan maka ialah orang yang paling tinggi dimensinya.

    ReplyDelete
  24. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Wisdom memiliki arti kebijaksanaan. Kebijaksanaan adalah pemahaman tentang apa yang benar menggunakan penilaian secara optimal dalam bertindak yang meliputi kecerdasan, kearifan, atau wawasan. Kebijaksanaan juga sering digunakan untuk mengatasi emosi dari dalam diri, sehingga seseorang itu dapat tetap tenang dalam tindakannya.

    ReplyDelete
  25. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berbicara masalah wisdom atau kebijaksanaan maka perlu lah dikira kita pahami pengertian dari wisdom itu sendiri. Kebijaksanaan atau ketulusan adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. [1] Kebijaksanaan telah dianggap sebagai satu dari empat karena kebajikan Kardinal Petross; Dan sebagai sebuah kebajikan, adalah kebiasaan atau disposisi untuk melakukan suatu tindakan dengan tingkat kecukupan tertinggi dalam keadaan tertentu dengan batasan kesalahan dalam tindakan tertentu. Ini menyiratkan kepemilikan pengetahuan, atau pencarian pengetahuan untuk diterapkan pada keadaan tertentu. Ini melibatkan pemahaman orang, objek, kejadian, situasi, dan kemauan serta kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian, dan tindakan sesuai dengan pemahaman tentang tindakan optimal apa yang akan dilakukan. Seringkali membutuhkan kontrol terhadap reaksi emosional seseorang ("hasrat") sehingga prinsip akal sehat berlaku untuk menentukan tindakan seseorang. Singkatnya, kebijaksanaan adalah disposisi untuk menemukan kebenaran ditambah dengan penilaian yang optimal mengenai tindakan apa yang harus dilakukan. Kebijaksanan itu juga akan berhubungan dengan pengetahuan yang kita mili apakah kita menggunakan pengetahuan kita dengan cara bijaksana. Lain hal dengan soerang gurur yang menggunakan menggunakan pengetahuan mereka dengan bijaksana kepada murid.

    ReplyDelete
  26. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Wisdom atau kebijaksanaan adalah suatu ketrampilan dalam menyikapi masalah-masalah dalam kehidupan termasuk didalamnya adalah adanya pengetahuan mengenai masalah kehidupan itu sendiri dan bagaimana cara memecahkan masalah tersebut. Maka dari itu wisdom ini bisa dipelajari dan dapat diperoleh setiap orang di setiap usia walau pada umumnya terdapat pada sebagian kecil orang yang telah dewasa kondisi ini karena mereka telah melalui perjalanan hidup yang lebih panjang daripada sebagian besar orang lainnya sehingga mereka pun memperoleh pengalaman yang berguna.

    ReplyDelete
  27. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Untuk memahami diri sendiri bukanlah hal yang mudah dan tidak dapat dilakukan secara instan. Untuk memahami diri sendiri dibutuhkan proses eksplorasi diri yang cukup lama bahkan bisa sepanjang hidup. Bentuk wisdom adalah dengan dapat menyelesaikan segala tantang hidup dan menghormati diri atas pilihan-pilihan yang diambil. Karena kadangkala manusia sendiri mengabaikan perasaannya sendiri demi kepentingan hidup. Dalam pengambilan keputusan ada dua hal yang penting yaitu keputusan tersebut tidak menyakiti diri sendiri dan orang lain.

    ReplyDelete
  28. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Kebijaksanaan (wisdom) dapat berarti sifat seseorang yang mampu hidup seturut dengan kenyataan sebagaimana adanya. Ia tidak memaksakan keinginannya untuk terjadi ke dalam kenyataan. Untuk bisa mencapai ini, orang perlu melihat dan memahami kenyataan dunia sebagaimana adanya (Sosein), dan bukan sebagaimana ia inginkan. Ia tidak terjebak pada pandangan konseptual, teori ataupun tradisi yang mencoba memelintir kenyataan sesuai dengan pandangan dan kepentingannya semata. Selanjutny, setidaknya terdapat tujuh pilar kebijaksanaan Barat yaitu ekonomi pasar bebas, ilmu pengetahuan dan teknologi, meritokrasi, pragmatisme, budaya damai, aturan hukum, dan pendidikan.

    ReplyDelete
  29. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Kebijaksanaan berperan dalam eksistensi manusia. Perannya adalah sebagai arah untuk memilih secara akurat dan menolak secara cermat, serta memberi arti bagi eksistensi manusia. Eksistensinya berupa petunjuk dan penilaian mengenai ilmu pengetahuan lain yang sempurna. Di dalam kebijaksanan itu terkandung penyebab atau prinsip-prinsip utama dan nilai karena kebijaksanaan merupakan kepala ilmu pengetahuan. Hal ini menunjukkan bahwa kebijaksanaan itu lebih sempurna dari pengetahuan biasa. Sedangkan pengetahuan yang biasa tergantung pada lingkup tertentu dari objek ilmu itu sendiri.

    ReplyDelete
  30. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Berdasarkan salah satu referensi dalam link yang disebutkan dapat dipahami bahwa wisdom atau kebijaksanaan atau ketulusan adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. Dalam kaitannya dengan perspektif pendidikan, pengetahuan baru dan pengetahuan teknologi tentang meningkatkan kekuatan kita dalam bertindak, tanpa kebijaksanaan, dapat menyebabkan penderitaan manusia dan kematian. Kebijaksanaan adalah penerapan pengetahuan untuk mencapai tujuan positif dengan menerima instruksi dalam mengatur diri sendiri.

    ReplyDelete
  31. 16709251072
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Kebijaksanaan (Wisdom) menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kepandaian menggunakan akal budinya (pengalaman dan pengetahuan), kecakapan bertindak apabila menghadapi kesulitan, dan sebagainya. Wisdom merupakan perspektif kognitif-perkembangan yang telah terkait dengan proses pemikiran yang memungkinkan seseorang untuk beradaptasi terhadap situasi kehidupan terutama menghadapi kondisi yang tak terduga (pasti) dan berbagai kondisi alam. Adapun dimensi yang yang terdapat pada “Wisdom” berdasarkan temuan Aldert adalah ognitive yakni pemahaman tentang pemaknaan hidup dan keinginan untuk mengetahui kebenaran, yaitu untuk memahami arti dan makna. Terkati dengan fenomena dan peristiwa, terutama dengan yang berhubungan dengan intra dan interpersonal. Meliputi akan kemampuan pengetahun dan proses penerimaan. Reflective yakni persepsi terhadap suatu fenomena dan kejadian-kejadian dari berbagai perspektif, serta menghindari penilaian subjektif. Membutuhkan self-examination, self-awareness, dan self-insight. Affective yakni kemampuan yang meliputi empati dan rasa saling menyayangi yang disertai dengan motivasi untuk menjaga perasaan orang lain. Membutuhkan transendensi self-centeredness.

    ReplyDelete
  32. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Wisdom atau kebijaksanaan merupakan suatu pengertian dan pemahaman yang dalam mengenai orang, barang, kejadian atau situasi, yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian dan perbuatan sesuai pengertian tersebut. bijaksana itu ketika menyikapi segala sesuatu berdasarkan ruang dan waktunya. Penerapan bijaksana juga harus terstruktur dan berhierarki. Kebijaksanaan merupakan sikap yang mutlak bagi seorang pemimpin. Pemimpin yang bijaksana bisa menempatkan segala sesuatu sesuai dengan ruang dan waktunya. Jika seorang pemimpin memiliki sifat bijaksana, kemungkinan besar dia juga akan memiliki sifat jujur dan adil. Menurut saya, kedua sifat tersebut terangkum dalam kebijaksanaan. Adil juga diartikan sebagai menempatkan sesuatu atau menadang sesuatu sesuai dengan ruang dan waktunya. Orang yang bijaksana dan adil, biasanya dia juga merupakan orang yang jujur.

    ReplyDelete
  33. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Kebijaksanaan merupakan kemampuan seseorang utnuk berpikir dan bertindak sesuai dengan pengetahuan, pengalaman, akal sehat dan wawasannya. Kebijaksanaan sering diajarkan dalam berbagai perspektif kehidupan. orang yang bijaksana tahu bagaimana harus bertindak sesuai dengan ruang dan waktunya dan mampu mengambil keputusan yang dapat bermanfaat bagi semua pihak.

    ReplyDelete
  34. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Wisdom in Islam.
    Wisdom is knowledge and acting on that knowledge. The one who cannot combine them is not called Wise. (Elmalılı Hamdi Yazır)


    Wisdom is the most significant basis in all the fields including conveying the truths to people. Conveying or proclanmation (tabligh) carried out unwisely, that is to say not appropriately in terms of time and place, not suitably based on mercy, not seeking the assistance of science and especially not acting in accordance with what one preaches will not yield a good result.

    ReplyDelete
  35. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Kebijaksanaan adalah salah satu kualitas yang sulit didefinisikan, karena hal itu sangat luas. Namun orang-orang pada umumnya mengenalinya saat mereka menemukannya. Dan hal itu sangat sering dijumpai di ranah pengambilan keputusan. Psikolog cenderung setuju bahwa kebijaksanaan melibatkan integrasi pengetahuan, pengalaman, dan pemahaman mendalam yang mencakup toleransi terhadap ketidakpastian hidup dan juga pasang surutnya. Orang bijak umumnya berbagi optimisme bahwa masalah kehidupan dapat dipecahkan dan memiliki ketenangan dalam menghadapi keputusan yang sulit. Kemampuan untuk melihat gambaran besar, rasa proporsional, dan introspeksi yang cukup besar juga berkontribusi terhadap peningkatan kebijaksanaan.

    ReplyDelete
  36. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Wisdom merupakan pemahaman akan apa yang benar dikaitkan dengan penilaian optimal terhadap suatu perbuatan atau penggunaan suatu pengetahuan dengan benar. Wisdom sering diartikan sebagai kebijaksanaan. Lawan dari wisdom yaitu kebodohan.

    ReplyDelete
  37. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Wisdom adalah suatu pengertian dan pemahaman yang dalam mengenai orang, barang, kejadian atau situasi, yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian dan perbuatan sesuai pengertian tersebut.Wisdom adalah proses untuk memahami diri kita sendiri, yang diperoleh melalui proses eksplorasi diri sepanjang hidup, mengalahkan tantangan hidup, dan menghormati diri sendiri atas pilihan-pilihan pribadi yang diambil.

    ReplyDelete
  38. Kebijaksanaan digunakan untuk menakar atau menimbang suatu pengetahuan. Pengetahuan berkembang dengan pesat sesuai dengan dorongan dan dukungan dan SDA dan SDM. Pengetahuan seperti hal lainnya akan mempunyai dua sisi yaitu baik dan buruk yang berkebalikan dan bertolak belakang. Dengan kebijaksanaan maka pengetahuan akan selalu diarahkan untuk mencapai kebaikan untuk semuanya. Pengetahuan dan penelitian dilakukan dengan cara-cara yang beradab, terutama penelitian tentang manusia atau hewan. Pengetahuan tentang teknologi seyogyanya yang tidak mempunyai dampak buruk bagi lingkungan atau masyarakat.

    ReplyDelete