Dec 3, 2012

WISDOM





 Ass Wr Wb
Jika ingin mempelajari lebih lanjut tentang WISDOM, bacalah berikut:

http://en.wikipedia.org/wiki/Wisdom









Wss Wr Wb
Marsigit

36 comments:

  1. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Wisdom merupakan proses untuk memahami diri kita sendiri, yang diperoleh melalui proses eksplorasi diri sepanjang hidup, mengalahkan tantangan hidup, dan menghormati diri sendiri atas pilihan-pilihan pribadi yang diambil. Individu yang baik adalah individu yang dapat memahami dirinya sendiri. Individu tersebut mengetahui kelemahan dan kekuatan dirinya sendiri. Namun, hal itu tidak mudah. Individu harus bergelut dengan banyak pengalaman agar dapat memaami dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  2. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    The Oxford English Dictionary mendefinisikan kebijaksanaan sebagai kapasitas menilai dengan benar dalam hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan dan perilaku, kesehatan penilaian dalam pilihan sarana dan tujuan, kadang-kadang, kurang ketat, akal sehat, terutama dalam urusan praktis. Nicholas Maxwell, seorang filsuf kontemporer di Inggris, menganjurkan bahwa akademisi harus mengubah fokusnya dari perolehan pengetahuan untuk mencari dan mempromosikan kebijaksanaan yang ia definisikan sebagai kapasitas untuk mewujudkan apa yang bernilai dalam kehidupan, untuk dirinya sendiri. dan lainnya. Dia juga mengajarkan bahwa pengetahuan yang baru dan pengetahuan teknologi jika tanpa kebijaksanaan dapat menyebabkan penderitaan manusia dan kematian serta manfaat manusia. Kebijaksanaan adalah aplikasi pengetahuan untuk mencapai tujuan positif dengan menerima instruksi dalam mengatur diri sendiri.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  3. Ady Ferdian Noor
    S3 DikDas / 18706261004

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    Wisdom, tidak banyak orang yang mampu memahami dan memaknai satu kata ini biarpun orang itu telah memiliki tingkat pendidikan tertinggi sekalipun dan penghargaan gelar yang tertinggi pun atau pangkat tertinggi pun didunia ini. Wisdom, bagaimana kita berpikir, bertindak, dan mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan, pengalaman, akal sehat, dan wawasan. Tetapi dalam tradisi Yunani klasik ada sophia "kebijaksanaan/wisdom" dan phronesis "kehati-hatian, kecerdasan praksis". memang dilihat dari pengertian wisdom ada pendekatan berpikir yaitu berpikir menghasilkan keputusan melalui pemilihan berbagai alternatif tindakan dan pikiran berdasarkan pengetahuan, pengalaman, akal sehat dan wawasan. Wisdom bisa juga terkait dengan keadilan kesamarataan, hal tersebut karena keputusan yang diputuskan harus mengandung keadilan dan kesamarataan. Ada orang yang berpikir bahwa bisa berkuasa dan memberontak adalah kebahagiaan dan menjadi karakter dirinya terkadang orang bersikap mengalah dan menunggu. Berarti wisdom bagaimana pikiran dan tindakan sesuai ruang dan waktu disertai bertakwakal kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sesuai kemampuan seseorang dalam memaknai wisdom itu sendiri. terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Wisdom atau kebijaksanaan adalah suatu ketrampilan dalam menyikapi masalah-masalah dalam kehidupan, termasuk didalamnya adalah adanya pengetahuan mengenai masalah kehidupan itu sendiri dan bagaimana cara memecahkan masalah tersebut. Wisdom bisa dipelajari dan dapat diperoleh setiap orang di setiap usia, namun biasanya semakin seseorang berumur maka ia dianggap semakin banyak memperoleh pengalaman yang berguna.

    ReplyDelete
  5. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Wisdom adalah sesuatu yang telah terjadi dan akan memberikan dampak pada yang akan terjadi. Wisdom dalam dimensi masa depan dapat dipandang melalui sudut pandang hikmah. Wisdom adalah suatu proses untuk mengenal lebih jauh diri kita yang diperoleh dengan menghikmahi segala proses yang telah terjadi. Masalah pada wisdom adalah kebijakan tiap individu dalam menghikmahinya. Jika proses penghikmahan tidak dilakukan secara dewasa maka akan muncul sebuah dampak kurang menguntungkan karena mau tidak mau banyak part of wisdom yang menunjukan ketidaksempurnaan atau bahkan lugas menampilkan keteledoran.

    ReplyDelete
  6. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik bahasan mengenai Wisdom, bahwa "Kebijaksanaan telah didefinisikan dalam berbagai cara, berbagai skala pengukuran telah dikembangkan, dan beberapa subtipe kebijaksanaan telah diusulkan. Dari ini, phronesis dan sophia adalah dua subtipe kunci dari kebijaksanaan. Dalam tradisi Yunani klasik, ada perbedaan antara sophia "kebijaksanaan" dan phronesis "kehati-hatian, kecerdasan praktis", serta Suatu pendekatan alternatif untuk kebijaksanaan berfokus pada gagasan yang lebih positif bahwa orang-orang bijak adalah orang-orang yang sangat berpengetahuan. Ada banyak pandangan dalam literatur filsafat historis dan kontemporer tentang kebijaksanaan yang memiliki pengetahuan, yang bertentangan dengan kerendahan hati atau keakuratan, setidaknya kondisi kearifan yang diperlukan.

    ReplyDelete
  7. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, wisdom atau hikmat adalah suatu pengertian dan pemahaman yang dalam mengenai orang, barang, kejadian atau situasi, yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian dan perbuatan sesuai pengertian tersebut. Dalam Islam, Hikmat dianggap salah satu karunia terbesar yang dapat dinikmati manusia. Al Qur'an menyatakan Allah Subhanahuwata'ala menganugrahkan al-Hikmah (kefahaman yang dalam tentang al-Qur'an dan as-Sunnah) kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barang siapa yang dianugrahi al-hikmah itu, ia benar-benar telah dianugrahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).

    ReplyDelete
  8. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Wisdom adalah kebijaksanaan. Wisdom merupakan kerampilan dalam menyikapi masalah-masalah dalam kehidupan, termasuk adanya pengetahuan mengenai masalah kehidupan itu sendiri dan bagaimana cara memecahkan masalah tersebut. Menurut Eldert dimensi wisdom terbagi menjadi tiga yaitu kognitif, reflektif, dan afektif. Kognitif untuk memahami arti dan makna, reflektif untuk menghindari adanya penilaian yang subjektif, dan afektif berhubungan dengan rasa empati dan saling menyayangi.

    ReplyDelete
  9. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Kebijaksanaan merupakan suatu kemampuan untuk berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. Kebijaksanaan sering dikaitkan dengan hal yang berbau kasih sayang, pengetahuan yang dilewati atau dialami oleh diri sendiri, dan kebajikan seperti etika dan kebaikan. Banyak sekali definisi-definisi lain mengenai kebijaksanaan, beberapa pendekatan juga digunakan untuk menilai karakteristik seseorang yang dikaitkan dengan kebijaksanaan.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  10. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Berdasarkan Wikipedia, wisdom mengartikan dalam bahasa Indonesia sebagai hikmat atau hikmah. Wisdom adalah suatu pengertian dan pemahaman yang dalam mengenai orang, barang, kejadian atau situasi, yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian dan perbuatan sesuai pengertian tersebut. Seringkali membutuhkan penguasaan reaksi emosional seseorang (passions) supaya prinsip, pertimbangan dan pengetahuan universal dapat menentukan tindakan seseorang. Hikmat juga berarti peahaman akan apa yang benar dikaitkan dengan penilaian optimal terhadap suatu perbuatan.

    ReplyDelete
  11. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Menurut Takashi dan Overton (2002) wisdom dipahami sebagai “ekspresi” dari fungsi yang terpadu dari beberapa proses psikologis dalam konteks tertentu. Sedangkan pada Labouvie-Vief (Sternberg, 2002) mendefinisikan wisdom sebagai landasan operasi intelektual dan biasanya dikaitkan dengan “logos” (alasan) dalam “mitos” (inti dari proses interpersonal dan intrapersonal). Sehingga wisdom dapat dikatakan memiliki pengertian yang bervariasi, baik kebijaksanaan, kearifan, maupun ekspresi. Tinggal bagiaman pandangan atau perspektif kita dalam menggunakan wisdom dengan kata lain harus sesuai ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  12. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dalam prespektif psikologi, Aldert membagi wisdom ke dalam tiga dimensi. Pertama adalah dimensi kognitif, dimensi ini merupakan pemahaman tentang makna hidup dan keiinginan untuk mengetahui kebenaran. Kedua yaitu dimensi reflektif, merupakan persepsi terhadap fenomena dan kejadian-kejadian dari berbagai perspektif serta menghindari penilaian subjektif. Dan yang terakhir adalah dimensi afektif, yaitu kemampuan yang meliputi empati dan rasa saling menyayangi yan disertai dengan motivasi untuk menjaga perasaan orang lain.

    ReplyDelete
  13. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Wisdom diartikan sebagai kebijaksanaan. Sebuah karakter yang menunjukkan tindakan atau sikap kelas tinggi bahkan tertinggi. Ia mampu berpikir, menghargai ruang dan waktu, menunaikan hak dan kewajibannya serta menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman mendalam tentang orang,kejadian atau situasi apapun. Kebijaksanaan dalam berperilaku dan bertindak adalah penggunaan pengethuan dan pengetahuan yang diiliki oleh seseorang, sehingga bijak dalam menepatkan diri juga hal yang penting. Orang orang bijaksana adalah orang yang bisa berfikir luas dan mendalam. Semoga kita termasuk orang orang bijak. Aamin.

    ReplyDelete
  14. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Wisdom mempunyai arti kebijaksanaan yang melibatkan hati nurani yang ditampilkan sebagai perilaku. Bijaksana lebih dari sekedar kecerdasaan. Bisa saja kecerdasan tersebut tidak diimbangi dengan pengendalian hawa nafsu yang baik. Hal tersebut dapat menyebabkan penyimpangan karena tidak dapat menempatkan kecerdasan sesuai dengan ruang dan waktu. Seharusnya kita dapat menginstrospeksi untuk diambil pelajaran agar tidak terulang lagi dan sebagai bahan refleksi untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

    ReplyDelete
  15. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Wisdom yaitu hikmat atau kebijaksanaan. Menurut kamus Oxford, Wisdom adalah suatu pengertian dan pemahaman yang dalam mengenai orang, barang, kejadian atau situasi, yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian dan perbuatan sesuai pengertian tersebut. Sinonimnya adalah kebijaksanaan, kecerdasan, akal budi, akal sehat, kecerdikan. Wisdom dapat dipelajari oleh masing-masing individu yang mana hasil yang didaptkan pun akan berbeda pada setiap individu. Tergantung sudut pandang dan bagaimana menyikapi sifat ini.

    ReplyDelete
  16. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Wisdom atau kebijaksanaan adalah suatu ketrampilan dalam menyikapi masalah-masalah dalam kehidupan, termasuk didalamnya adalah adanya pengetahuan mengenai masalah kehidupan itu sendiri dan bagaimana cara memecahkan masalah tersebut. Selain memang keterampilan dari lahir atau turunan, wisdom juga dapat diperoleh dari pengalaman-pengalaman dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  17. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Dalam bahasa Indonesia, Wisdom dapat diartikan sebagai hikmat atau hikmah. Hikmah atau hikmat adalah suatu pengertian dan pemahaman yang dalam mengenai orang, barang, kejadian atau situasi, yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian, dan perbuatan sesuai pengertian tersebut. Secara harfiah, filsafat adalah cinta akan Hikmat. Aristoteles mendefinisikan Hikmat sebagai pemahaman sebab akibat, yaitu mengetahui mengapa suatu hal itu seperti itu, yang lebih dalam dari sekedar mengetahui bahwa suatu hal itu seperti itu. Dalam islam, Hikmat dianggapp sebagai salah satu karunia terbesar yang dapat dinikmati manusia. Dalam AlQuran sendiri Hikmah dijelaskan dalam beberapa ayat seperti ayat 269 surah AlBaqoroh, surah AlHajj, dan Surat Al-An’am ayat 151. Hikmah biasanya dikaitnya denga sebuah takdir, dan nampaknya hikmah dan takdir mempunyai hubungan sebab akibat. Dimana setiap takdir atau kejadian pasti tersimpah Hikmah dibaliknya. Hikmah adalah akibat yang baik, jika akibat dari sebuah kejadian nampak tidak baik maka bukan itulah hikmahnya. Hikmah selalu berbentuk baik, karena itu merupakan janji Allah.

    ReplyDelete
  18. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Wisdom adalah tujuan dalam hidup, sangat banyak seseorang yang tidak memahami bahwa wisdom adalah hal yang harus dicari dan dikejar. Wisdom ini akan sangat terkait dengan karakter yang positif semisal keikhlasan, jiwa menolong, semangat untuk berprestasi, dan banyak sekali nilai2 yang berdekatan dengan upaya mengejar wisdom ini. Terimakasih

    ReplyDelete
  19. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Wisdom. Kaitan antara bijaksana dan pengetahuan adalah bahwa orang yang bijaksana adalah orang yang berpengetahuan. Berdasarkan Wisdom as Extensive Factual Knowledge (WFK), orang bijak adalah orang yang tahu banyak tentang alam semesta dan tempat kita di dalamnya. Sementara menurut Wisdom as Knowing How To Live Well (KLW), orang bijak adalah prang mengetahui bagaimana hidup dengan baik yang mana mengatahui tujuan hidupnya. Dan terakhir, Wisdom as Knowing How To, and Succeeding at, Living Well (KLS), orang yang bijak adalah orang yang menerapkan pengetahuannya ke dalam praktik.

    ReplyDelete
  20. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada link ini mengkaitkan kebenaran dan kebijaksanaan dengan pendekatan pendidikan karakter. Pemikir abad kedelapan belas seperti Benjamin Franklin, menyebut ini sebagai pelatihan kebijaksanaan dan kebajikan. Secara tradisional, sekolah berbagi tanggung jawab untuk membangun karakter dan kebijaksanaan bersama dengan orang tua dan masyarakat. Membangun karakter tidaklah segampang membalikkan telapak tangan, meskipun tidak mudah tetapi membangun karakter sangat penting, apalagi bagi generasi muda yang merupakan komponen bangsa Indonesia yang paling rentan dalam menghadapi terpaan arus globalisasi. Karena bagaimanapun juga generasi muda kita adalah cerminan karakter bangsa Indonesia. Apabila generasi muda kita tidak menjunjung tinggi nilai dan norma menurut falsafah Pancasila maka dapat dikatakan karakter bangsa kita memudar dan hilang, bila karakter suatu bangsa hilang maka tidak ada lagi nama bangsa Indonesia di peta dunia.

    ReplyDelete
  21. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Terimakasih atas link-link yang dibagikan Prof. Dari salah satu link yang saya buka diketahuan bahwa Kebijaksanaan dapat diartikan sebagai kapasitas menilai dengan benar dalam hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan dan perilaku, penilaian dalam memilih cara dan tujuan. Robert I. Sutton dan Andrew Hargadon mendefinisikan sikap kebijaksanaan sebagai bertindak dengan pengetahuan sambil meraguan apa yang diketahui. Disisi lain wisdom dapat juga diartikan keterampilan dalam menyikapi masalah-masalah dalam kehidupan, termasuk di dalamnya adalah adanya pengetahuan mengenai masalah kehidupan itu sendiri dan bagaimana cara memecahkan masalah tersebut. Oleh karena itu wisdom dapat dipelajari dan dapat diperoleh setiap orang disetiap usia.

    ReplyDelete
  22. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Kebijaksanaan merupakan sifat yang diinginkan oleh setiap manusia untuk menjadi lebih baik. Keinginan tersebut diikuti dengan kemampuan berpikir untuk mencapainya. Kebijaksanaan dapat berupa kata-kata bijak yang indah ataupun perbuatan yang dapat terpuji. Menjadi orang yang bijak tidak semudah yang dibayangkan, namun berusaha untuk menjadi bijak bisa dilakukan. Selalu menjernihkan hati dan pikiran sehingga akan melahirkan kebijaksanaan.

    ReplyDelete
  23. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Wisdom dalam bahasa indonesia berarti kebijaksanaan merupakan kemampuan untuk berpikir dan bertindak berdasarkan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. Kebijaksanaan merupakan salah satu dari beberapa kebajikan utama. Kebijaksaan sendiri erat kaitannya dengan kepemimpinan. Seorang pemimpin hendaklah harus memiliki kebijaksaanaan dalam mengambil sebuah keputusan.

    ReplyDelete
  24. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Wisdom artinya bijaksana, kebijaksanaan sendiri termasuk sifat kebaikan atau kebajikan yang ingin dimiliki setiap orangm. Kebijaksanaan adalah kemampuan seseorang dalam bertindak atau melakukan sesuatu untuk menghasilkan hasil yang maksimal berdasarkan pemahaman, pengetahuan dan pengalaman.

    ReplyDelete
  25. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Wisdom should come from people who has knowledge, experience, understanding, common sense, and also insight about something. If you talk or do something without these things, then it cannot be categorized as wisdom. These things help you to make unbiased judgment for sure.

    ReplyDelete
  26. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Wisdom dapat diartikan sebagai "bertindak dengan pengetahuan sambil meragukan apa yang diketahui". dalam hal ini sebuah tindakan yang hati-hati dan bijaksana dalam menyikapi suatu hal maupun kondisi tertentu.

    ReplyDelete
  27. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001


    The first site describes wisdom from various perspectives, and and I try to understand the wisdom from mythological and philosophical perspectives. Wisdom had been exist long ago since the ancient greeks area. It had important role as a virtue and used to personified Gods. And even nowdays when gave birth we consider the meaning behind a name is important enough. therefore we are very wise in determining the right name and hope that meaning will bring many good things happened in life. From this perspective I understand wisdom as the ability to know yourself meaning your wisdom determines about you and who you are.

    Thank you Prof.

    ReplyDelete
  28. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Wisdom dilihat dari educational perspective menerapkan pendekatan pendidikan karakter sebagai pelatihan kebijaksanaan dan kebajikan. Artinya karakter individu yang baik menjadikannya bijaksana dalam hal apapun. Maxwell mengatakan bahwa pengetahuan tanpa kebijaksanaan akan merusak kebaikan yang ada dalam individu tersebut. Jika melihat situasi pendidikan di Indonesia, hal ini merupakan tantangan yang sama yang saat ini tengah dihadapi. Berbagai kebijakan telah diupayakan pemerintah untuk mewujudkan pendidikan yang berkarakter. Tentu saja untuk mewujudkan hal ini maka orang tua dan masyarakat diharapkan bekerja sama turut bahu – membahu membangun karakter generasi muda yang juga merupakan generasi penerus bangsa.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  29. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Filsafat adalah love of wisdom, cinta kepada kebijaksanaan. Kebijaksanaan adalah kemampuan berfikir dan mencari ilmu sekaligus menjalankan ilmunya. Maka, semua pengetahuan akan melahirkan kebijaksanaan jika pengetahuan tersebut menjadi rumus praksis hidup manusia dalam rangka mencapai tujuan hidup yang lebih baik. Karakter utama manusia yang membedakan manusia dengan makhluk lain, menurut Carollus Lineus, adalah kebijaksanaan. Sebelum memiliki kebijaksanaan manusia belum memiliki kemanusiaan yang utuh. Demikian, manusia yang memperlajari filsafat dan menerapkan ilmu filsafat dalam hidup adalah manusia yang utuh.

    ReplyDelete
  30. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Kebijaksanaan merupakan kemampuan seseorang bertindak, bersikap, memecahkan masalah dengan menggunakan pengalaman, akal sehat, wawasan yang mengandung keadilan, kasih sayang, dan ketidakberpihakan. Dalam agama islam, kata kata ini mencakup tujuan yang harus diperjuangkan yang disertai dengan belas kasih, pengampunan dan petunjuk. Kebijaksanaan juga terdapat pada ajaran agama (Christianity, Hinduism), dan kebudayaan (kejawen).
    Dari bacaan yang diberikan dapat dikatakan kebijaksaanaan diajarkan dalam setiap agama, kebudayaan, dan adat. Hal ini menunjukan pentingnya kebijaksanaan dalam diri manusia untuk bersikap dan berfikir. Tanpa kebijaksaaan dalam pengetahuan maka pengetahuan tersebut bisa merusak.

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Rifki Rinaldo
    19709251070
    PMD S2 2019

    Wisdom atau dalam Bahasa Indonesia yang kita sebut kebijaksanaan adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. Kebijaksanaan dikaitkan dengan atribut seperti penilaian yang tidak memihak, kasih sayang, pengetahuan diri berdasarkan pengalaman, transendensi-diri dan ketidakterikatan, dan kebajikan seperti etika dan kebajikan. Selain dari pada itu, kamus Bahasa Inggris Oxford mendefinisikan Wisdom sebagai kapasitas menilai dengan benar dalam hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan dan perilaku; kesehatan penilaian dalam memilih cara dan tujuan; kadang-kadang, kurang ketat, masuk akal, terutama dalam urusan praktis: menentang kebodohan; juga pengetahuan, pencerahan, pembelajaran, pengetahuan.

    ReplyDelete
  33. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, Wisdom atau kebijaksanaan adalah suatu ketrampilan dalam menyikapi masalah-masalah dalam kehidupan, termasuk didalamnya adalah adanya pengetahuan mengenai masalah kehidupan itu sendiri dan bagaimana cara memecahkan masalah tersebut. Maka dari itu wisdom ini bisa dipelajari dan dapat diperoleh setiap orang di setiap usia, walau pada umumnya terdapat pada sebagian kecil orang yang telah berusia lanjut. Kondisi ini karena lansia telah melalui perjalanan hidup yang lebih panjang daripada sebagian besar orang lainnya, sehingga mereka pun memperoleh pengalaman yang berguna. Terimakasih

    ReplyDelete
  34. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Wisdom atau kebijaksanaan adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan.Wisdom mempunyai subtipe utama yaitu phronesis dan sophia. Phronesis mengacu pada pengetahuan praktis, atau pencarian pengetahuan untuk diterapkan pada keadaan tertentu seperti pemahaman orang, benda, kejadian, situasi, dan kemauan serta kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian, dan tindakan sesuai dengan memahami apa tindakan yang optimal. Sedangkan sophia di sisi lain mengacu pada "kebijaksanaan transenden" atau "sifat akhir dari realitas".

    ReplyDelete
  35. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pend matematika D 2019

    Dari yang saya pahami Hikmat atau hikmah (bahasa Inggris: Wisdom adalah suatu pengertian dan pemahaman yang dalam mengenai orang, barang, kejadian atau situasi, yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian dan perbuatan sesuai pengertian tersebut. Seringkali membutuhkan penguasaan reaksi emosional seseorang (passions) supaya prinsip, pertimbangan dan pengetahuan universal dapat menentukan tindakan seseorang. Hikmat juga berarti pemahaman akan apa yang benar dikaitkan dengan penilaian optimal terhadap suatu perbuatan. Sinonimnya termasuk: kebijaksanaan, kecerdasan, akal budi, akal sehat dan kecerdikan.

    ReplyDelete
  36. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete