Dec 3, 2012

WISDOM





 Ass Wr Wb
Jika ingin mempelajari lebih lanjut tentang WISDOM, bacalah berikut:

http://en.wikipedia.org/wiki/Wisdom









Wss Wr Wb
Marsigit

34 comments:

  1. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Banyak referensi yang menjelaskna mengenai kebijaksanaan. Kebijaksanaan juga dijelaskan dari berbagai aspek. Urain-uraian itu ada pada link-link yang pak Marsigit Posting di atas. Berbicara mengenai kebijaksanaan yang terpikir dalam benak saya yaitu kebijakan dalam mengambil keputusan. Kebijakan dalam mengambil keputusan jika berpegang teguh dengan kebijaksanaan maka keputusan yang diambil tidak serta merta memberikan jawaban. Karena dengan tidak memberikan jawaban tersebut berarti seseorang terseut telah bijaksana. Jawaban yang bijaksana bukan sekedar dapat menjawab, tetapi juga menjawab dengan tepat waktu,tepat lingkungan dan tepat sasaran.

    ReplyDelete
  2. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Wisdom atau kebijaksanaan merupakan kemampuan sesorang untuk dapat berpikir dan bertindak dengan akal sehat yang dapat diterima baik oleh banyak orang. Kebijakan merupakan proses yang didapat oleh pengalaman yang matang, tidak terlembaga dan terikat oleh waktu. Biasanya, media penyampaian pesan-pesan kebijaksanaan dekat dengan syair, musik, puisi, dongeng atau pun dalam ajaran-ajaran lontar kuno. Budaya-budaya kuno di Indonesia, lekat dengan nilai-nilai kebijaksanaan, seperti kejawen dalam budaya Jawa, dan Dharma dalam budaya Bali.

    ReplyDelete
  3. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Wisdom (Kebijaksanaan) merupakan salah satu makna dari kata pembentuk istilah filsafat. Kebijaksanaan merupakan salah satu sifat terpuji yang berharap selalu dimiliki oleh setiap insan manusia. Untuk itu menumbuhkan sifat kebijaksanaan tidak mudah, menumbuhkan sifat kebijaksanaan juga tidak cukup dipelajari dalam bangku kuliah maupun sekolah. Namun, pertumbuhannya seiring dengan pengalaman dan pengetahuan dari individu itu sendiri. Pemimpin yang bijak akan melahirkan kebijakan-kebijakan yang insyaAllah adil dan sesuai dengan kondisi rakyatnya. Guru yang bijak yakni guru yang mempu memandang potensi diri siswanya dan mampu mengembangkan proses pembelajaran yang tepat. Terima Kasih

    ReplyDelete
  4. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Berdsarkan salah atu alamat web diatas, saya menangkap bahwa terdapat teori mengenai kebijaksanaan. Teori tersebut tidak menjanjkan namun dapat memberikan kita beberapa karakter penting yang terkait dengan orang bijak. Orang bijak memiliki kepercayaan diri epistemis, namun tidak memiliki kesombongan epistemis. Orang bijak cenderung mengakui kesalahan mereka, dan bersikap reflektif, introspektif, dan toleran terhadap ketidakpastian. Setiap teori yang dapat diterima seharusnya sesuai dengan sifat-sifat tersebut.

    ReplyDelete
  5. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa Wisdom atau kebijaksanaan adalah kemampun untuk berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat serta wawasan. Dua sup tipe utama dari kebijaksanaan adalah phronesis dan Sophia. Phronesis merujuk pada pengetahuan praktis yaitu menggunakan pengetahuan untuk keadaan yang diberikan. Sedangkan Sophia merujuk pada kebijaksanaan transenden atau kebenaran yang utama.

    ReplyDelete
  6. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Mungkin dari beberapa komen sebelumnya telah mendefinisikan tentang "wisdom". Wisdom atau kebijaksanaan atau juga dapat di sama artikan dengan kearifan, digunakan dalam berbagai bidang. Mungkin kita juga mengenal tentang local wisdom atau kearifan lokal. Pendidikan berbasis kearifan lokal adalah pendidikan yang lebih didasarkan kepada pengayaan nilai- nilai cultural. Pendidikan ini mengajarkan peserta didik untuk selalu dekat dengan situasi konkrit yang mereka hadapi sehari-hari. Dengan kata lain model pendidikan ini mengajak kepada kita semua untuk selalu dekat dan menjaga keadaan sekitar yang bersifat nilai yang berada di dalam lokal masayarakat tersebut.

    ReplyDelete
  7. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Orang yang bijaksana adalah orang yang pemikiran dan perilakunya sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang diterapkan secara adil dan pada tempatnya. Dengan kebijaksanaan, maka aspek kehidupan akan berjalan lancar, dan sebaliknya, tanpa kebijaksanaan maka akan terjadi perselisihan. Oleh sebab itu, pemimpin haruslah memiliki sikap yang bijaksana dan memiliki pemikiran yang terbuka dan perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku baik secara tertulis maupun yang tidak secara tertulis.

    ReplyDelete
  8. Berdasarkan salah satu referensi yang saya baca (https://en.wikipedia.org/wiki/Wisdom), definisi dari wisdom atau kebijakan adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. Menurut https://plato.stanford.edu/entries/wisdom/ , untuk menjadi bijak , ada lima pendekatan umum untuk memahami apa yang diperlukan untuk menjadi bijak, yaitu (1) wisdom as epistemic humility (kebijaksanaan sebagai kerendahan hati epistemik), (2) wisdom as epistemic accuracy (kebijaksanaan sebagai akurasi epistemis), (3) wisdom as knowledge (kebijaksanaan sebagai pengetahuan), (4) a hybrid theory of wisdom (teori hibrid hikmat), dan (5) wisdom as rationality (kebijaksanaan sebagai rasionalitas).


    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  9. Setelah membaca referensi tersebut, menurut saya wisdom atau kebijakan adalah suatu pandangan hidup atau falsafah hidup, atau filsafat hidup yang dianut oleh suatu negara atau suatu etnis.Filosofi Timur mencakup berbagai filosofi Asia Selatan dan Timur, termasuk filsafat Cina, filsafat India, filsafat Buddhis (dominan di Tibet, Bhutan, Sri Lanka dan Asia Tenggara), filsafat Korea, dan filsafat Jepang. Indonesia menganut falsafah pancasila. Dalam suku jawa, ada kepercayaan yang diberi nama kejawen.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  10. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan komentar-komentar sebelumnya, telah diketahui bahwa wisdom adalah kebijaksanaan. Saya mencoba mengomentari dalam perspektif psikologi. Menurut Takahashi dan Overton (2002) wisdom dipahami sebagai "Ekspresi" dari fungsi yang terpadu dari beberapa proses psikologis dalam konteks tertentu. Sedangkan pada Labouvie-Vief (Sternberg, 2002) mendefinisikan wisdom sebagai landasan operasi intelektual dan biasanya dikaitkan dengan "logos" (alasan) dalam "mitos" (inti dari proses inter dan intrapersonal). Sehingga wisdom dapat dikatakan memiliki pengertian yang bervariasi, baik kebijaksanaan, kearifan, maupun ekspresi. Tinggal bagaimana pandangan atau perspektif kita dalam menggunakan wisdom dengan kata lain harus sesuai ruang dan waktu.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  11. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Dalam perspektif psikologi, Aldert membagi wisdom ke dalam tiga dimensi. Pertama adalah dimensi kognitif, dimensi ini merupakan pemahaman tentang makna hidup dan keinginan untuk mengetahui kebenaran. Kedua yaitu dimensi reflektif, merupakan persepsi terhadap fenomena dan kejadian-kejadian dari berbagai perspektif serta menghindari penilaian subyektif. Dan yang terakhir adalah dimensi afektif, yaitu kemampuan yang meliputi empati dan rasa saling menyayangi yang disertai dengan motivasi untuk menjaga perasaan orang lain.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  12. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Wisdom dalam bahasa indonesia diartikan sebagai kebijaksanaan. Wikipedia mengartikan kebijaksanaan sebagai kemampuan untuk berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. Sedangkan pada situs plato.stanford.edu mengemukakan cara untuk menggapai kebijaksanaan melalui lima pendekatan yakni wisdom as epistemic humility, wisdom as epistemic accuracy, wisdom as knowledge, a hybrid theory of wisdom, dan wisdom as rationality. Menurut saya pribadi, seseorang dikatakan bijaksana apabila orang tersebut mampu untuk menggunakan akal dan budinya untuk menempatkan sesuatu sesuai ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  13. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link http://en.wikipedia.org/wiki/Javanese_beliefs wisdom adalah hikmat,yang mengartikan wisdom adalah suatu pengertian dan pemahaman yang dalam mengenai orang, barang, kejadian atau situasi, yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian dan perbuatan sesuai pengertian tersebut. Mencakup pula bagaimana seseorang mengendalikan emosi. Kebijaksanaan merupakan sesuatu hal yang berhubungan dengan hati. Pengertian ini jelas berbeda dengan apa yang pada umumnya orang pelajari yaitu tentang kebijaksanaan. Sedangkan dari link http://en.wikipedia.org/wiki/Sophia_%28wisdom%29 bahwa Wisdom atau sopia adalah ide pokok yang menjadi dasar filosofis kebijaksanaan dan konsep teologis mengenai Tuhan yang tercantum dalam alkitab. Sedangkan dalam sudut pandang islam http://www.islamicbulletin.org/newsletters/issue_26/wisdom.aspx, kebijaksanaan adalah suatu cahaya yang membawa umat manusia kejalan yang benar dan di rahmati oleh ALLAH SWT, ini adalah karunia sang pencipta yang senantiasa memberikan pengampunan dan bimbingan bagi umatnya agar kita menjalani hidup yang di ridhoi Allah. Jika dilihat dari dua sudut pandang muslim dan nonmuslim tersebut, maksud dan tujuannya adalah sama-sama untuk memberikan pandangan hidup yang baik bagi manusia.

    ReplyDelete
  14. Junianto
    PM C
    Kebijaksanaan menurut salah satu sumber tersebut adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. Yang saya pahami selama ini kebijaksanaan merupakan perilaku yang bisa menempatkan diri sesuai dengan kondisi lingkungan sosial. Dengan adanya sumber ini, saya menjadi paham bahwa kebijaksanaan yang saya pahami saat bisa dibilang sebagai pengertian dalam makna yang sempit. Kebijaksanaan juga lebih mengedepankan kepentigan umum diatas kepentingan pribadi dan golongan, itulah sebabnya orang yang bijaksana selalu disegani oleh masyarakat umum.

    ReplyDelete
  15. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Kebijaksanaan atau ketulusan adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan (https://en.wikipedia.org/wiki/Wisdom). Maka agar kita memiliki kebijaksanaan kita harus terlebih dahulu memiliki pengetahuan, pemahaman, dan wawasan yang luas. Dengan memiliki pengetahuan, pemahaman, dan wawasan yang luas, kita tidak akan memandang sesuatu hanya dari satu sisi, tetapi dari berbagai sudut pandang. Selain itu pengalaman juga berperan penting untuk membentuk kebijaksanaan. Dengan memiliki pengalaman yang banyak, kita dapat sebanyak mungkin mencocokkan antara teori dalam pengetahuan yang kita miliki dengan pengalaman yang kita peroleh agar lebih bijaksana dalam memandang maupun memutuskan sesuatu.

    ReplyDelete
  16. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Wisdom atau kebijaksanaan bisa diartikan sebagai suatu ketrampilan dalam menyikapi masalah-masalah dalam kehidupan, termasuk didalamnya ialah adanya pengetahuan mengenai masalah kehidupan itu sendiri dan bagaimana cara untuk memecahkan masalah tersebut. Maka dari itu wisdom ini bisa dipelajari dan dapat diperoleh setiap orang di setiap usia.

    ReplyDelete
  17. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Menurut berbagai sumber yang saya dapatkan kata Wisdom atau dalam bahasa Indonesia dapat di artikan sebagai kebijaksanaan memiliki banyak skali pengertian atau makna. Namun secara umum, wisdom mengarah pada sebuah kemampuan atau sikap seseorang dalam berpikir dan bertindak dengan menggunakan ilmu pengetahuan, pengalaman, akal sehat, serta wawasan yang telah dimiliki sebelumnya untuk menghadapi suatu masalah. Misalnya ketika seseorang sudah pernah melewati suatu permasalahan dalam hidupnya, maka ia tentu akan banyak belajar dari masalah tersebut baik dari pengalamannya maupun mencari pengetahuan dalam rangka menyelesaikan masalah tersebut. Dengan demikian, ketika ia menghadapi masalah yang sama dimasa yang akan datang ia sudah dapat berlaku bijaksana.

    ReplyDelete
  18. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Berdasarkan Stanford Encyclopedia of Philosophy, terdapat beberapa teori mengenai bijaksana. Teori-teori tersebut diantaranya adalah: 1) seseorang disebut bijak jika dan hanya jika dia percaya bahwa dirinya tidak bijak, 2) seseorang disebut bijak jika dan hanya jika dia tidak mengetahui apapun, 3) seseorang disebut bijak jika dan hanya jika dia tahu bagaimana hidup dengan baik dan sukses hidup dengan baik, 4) seseorang disebut bijak jika dan hanya jika dia memiliki pengetahuan faktual yang luas mengenai sains, sejarah, filsafat, literatur dan musik, 5) seseorang disebut bijak jika dan hanya jika dia memiliki pengetahian faktual dan teoritis, tahau bagaimana cara hidup dengan baik, sukses hidup dengan baik, dan memiliki sangat sedikit kepercayaan yang tidak benar. Menurut saya, orang yang bijak adalah orang yang mampu berpikir melalui berbagai sudut pandang dan tidak hanya memikirkan kepentingan individu. Namun sejatinya, manusia hanya dapat berusaha untuk menjadi bijak. Satu-satunya dzat yang Maha Bijaksana adalah Allah SWT.

    ReplyDelete
  19. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Pengetahuan adalah apa saja yang terserap secara baik dalam jiwa sehingga menjadi landasan dalam memandang dunia dan bersikap atau merespon dunia internal atau eksternal. Untuk dapat berpengetahuan bisa melalui beberapa cara seperti mengalami dan membaca. Dengan berpengetahuan seseorang dapat bertindak tidak dengan gegabah.

    ReplyDelete
  20. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Kebijaksanaan atau ketulusan adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. Bijaksana ialah sesuai dengan ruang dan waktunya. Seseorang dikatakan bijaksana jika dapat mempertimbangkan ruang dan waktu dalam bertindak. Seseorang yang bijaksana dapat menjadi magnet bagi orang-orang sekitarnya karena dianggap dapat menjadi penyeimbang bagi lingkungan sekitar.

    ReplyDelete
  21. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Wisdom atau kebijaksanaan adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. Wisdom mempunyai subtipe utama yaitu phronesis dan sophia. Phronesis mengacu pada pengetahuan praktis, atau pencarian pengetahuan untuk diterapkan pada keadaan tertentu seperti pemahaman orang, benda, kejadian, situasi, dan kemauan serta kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian, dan tindakan sesuai dengan memahami apa tindakan yang optimal. Sedangkan sophia di sisi lain mengacu pada "kebijaksanaan transenden" atau "sifat akhir dari realitas".

    ReplyDelete
  22. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Keputusan yang sesuai dengan apa yang diinginkan dan sesuai dengan diri yang diputuskan maka hal tersebut dikatakan sebagai suatu kebijaksanaan seseorang dalam memutuskan. Orang tidak akan mudah memutuskan secara bijak jika mereka tidak cerdas. Oleh karena itu, kebijaksanaan sangat erat hubungannnya dengan ekcerdasan yang dimiliki. Selain itu, kecerdasan juga merupakan suatu cerminan dari intuisi yang tajam. Oleh karenanya, mengasah intuisi agar dapat menjadi tajam dalam berintuisi itu sangatlah penting sekali bagi peserta didik.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  23. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Bijaksana adalah kemampuan untuk berfikir dan bertindak berdasarkan pengalaman, pengetahuan, pemahaman, dan akal sehat. Seiring bertambahnya usia, manusia biasanya akan semakin bijak. Hal tersebut dikarenakan semakin bertambah usia maka semakin banyak pengetahuan yang ia dapatkan dan didukung juga dengan pengalaman yang bertambah. Sifat bijaksana ini juga berkaitan dengan pertimbangan-pertimbangan hidup terutama saat mengambil keputusan baik keputusan individu maupun bersama.

    ReplyDelete
  24. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Wisdom atau bijaksana adalah bertindak sesuai dengan pikiran, akal sehat sehingga menghasilkan perilaku yang tepat, sesuai dan pas. Orang yang bijak tahu mana yang harus dia lakukan dan mana yang tidak sehingga tidak bertindak sembrono dalam menghadapi suatu permasalahan. Ia bisa memilih mana yang menjadi prioritasnya dengan tepat. Bijaksana perlu dimiliki oleh setiap orang agar dia dapat memanage atau mengatur hidupnya dengan benar.

    ReplyDelete
  25. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Wisdom adalah suatu pengertian dan pemahaman yang dalam mengenai orang, barang, kejadian atau situasi, yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian dan perbuatan sesuai pengertian tersebut. alam perspektif psikologi, Menurut Takahashi dan Overton (2002) wisdom dipahami sebagai "Ekspresi" dari fungsi yang terpadu dari beberapa proses psikologis dalam konteks tertentu.Sedangkan pada Labouvie-Vief (Sternberg, 2002) mendefinisikan wisdom sebagai landasan operasi intelektual dan biasanya dikaitkan dengan "logos" (alasan) dalam "mitos" (inti dari proses inter dan intrapersonal).

    ReplyDelete
  26. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Untuk mencapai kebijaksanaan, kita perlu mengetahui dan mencitai kebenaran. Selain itu, untuk bijaksana juga diperlukan pengetaahuan. Untuk memperoleh pengetahuan, diperlukan pengalaman-pengalaman. Maka dari itu, tak jarang ditemmui, semakin berpengalaman seseorang, akan semakin bijaksana pula dirinya.

    ReplyDelete
  27. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Wisdom atau kebijaksanaan (sophia) adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak dengan menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. Sebagai suatu kebajikan, bijaksana dianggap sebagai suatu tindakan dengan tingkatan yang tinggi dalam menghadapi suatu keadaan.

    ReplyDelete
  28. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Bijaksana juga dapat diartikan sebagai penerapan pengetahuan yang dimilikinya dalam keadaan yang tepat. Untuk menjadi orang yang bijaksana membutuhkan kontrol terhadap emosi atau nafsu dalam melakukan sesuatu, sehingga tindakan yang dilakukan merupakan suatu tindakan yang tepat.

    ReplyDelete
  29. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Wisdom aatau yang dalam bahasa Indonesia bisa di artikan dengan kebikjaksanaan. Kebijaksanaan adalah ketika manusia dalam menjalan kehidupannya menggunakan pengetahuan/pikirannya, pengalaman, serta hati,. Seorang manusia jika ia hidup hanya menggunakan pengetahuannya tapi tidak disertai dengan hati ikhlas, maka ia belum bijaksana.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  30. Assalamualaikum, wr.wb.
    Mejadi orang yang bijaksana bukan hal yang mudah, mungkin orang bijaksana seperti di dalam elegi-elegi dapat digambarkan sebagai orang tua berambut putih, yang pada setiap akhir elegi dia memberikan pandangan/solusi tidak hanya berdasarkan pengetahuan saja tapi juga dihubungkan dengan hati serta keimanan kepada Tuhan.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  31. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Wisdom dalam bahasa Indonesa artinya kebijaksanaan. Wisdom/kebijaksanaan adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. Seseorang dikatakan bijak jika mampu memutuskan sesuatu, bertindak sesuatu sesuai akal fikir yang seharusnya. Orang yang bijak maka akan disegani orang. Disegani dalam arti orang akan percaya, dan hormat kepadanya.

    ReplyDelete
  32. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Bentuk wisdom adalah dengan dapat menyelesaikan segala tantangan hidup, dan menghormati diri atas pilihan-pilihan yang telah diambil. Memahami diri kita sendiri tidak dapat dilakukan secara instan. Dibutuhkan proses eksplorasi diri yang lama bahkan bisa hingga sepanjang hidup. Karena kadang kala manusia sering mengabaikan perasaannya sendiri demi kepentingan hidupnya. Sehingga bijaksanalah dalam mengambil keputusan tanpa menyakiti diri sendiri dan orang lain.

    ReplyDelete
  33. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    wisdom atau kebijaksanaan adalah kemampuan seseorang untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan ruang dan waktu. saya pernah menanyakan apa yang dimaksud dengan bijaksana kepada prof.Marsigit dan ternyata kebijaksanaan itu bergantung ruang dan waktunya. dicontohkan bahwa bijaksana orang barat adalah dengan ilmu, semakin berilmu, semakin bijaksana. sedangkan orang timur bijaksananya adalah memberi. semakin banyak yang ia beri kepada orang lain maka akan dikatakan semakin bijaksana. saya sendiri mengartikan bijaksana ini adalah ketika kita mampu meposisikan diri dimanapun kita berada, menjadi tauladan/panutan di lingkungan kita.

    ReplyDelete
  34. Wisdom adalah suatu pengertian dan pemahaman yang dalam mengenai orang, barang, kejadian atau situasi, yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian dan perbuatan sesuai pengertian tersebut

    ReplyDelete