Dec 3, 2012

WISDOM





 Ass Wr Wb
Jika ingin mempelajari lebih lanjut tentang WISDOM, bacalah berikut:

http://en.wikipedia.org/wiki/Wisdom









Wss Wr Wb
Marsigit

13 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Democracy guided by the inner wisdom in the unanimity arising out of deliberations amongst representatives. Wisdom atau kebijaksaan terdapat pada Pancasila sila ke-4. Kebijaksanaan yang tertuang dalam Pancasila dalam dikatakan bahwa kebijaksanaan adalah pemimpin yang berhatinurani, arif, bijaksana, jujur, adil, dsb pada hal-hal yang bersifat psikis/rohaniah. Hikmat kebijaksanaan berarti penggunaan pikiran yang sehat dengan selalu mempertimbangkan persatuan dan kesatuan bangsa, kepentingan rakyat dan dilaksanakan dengan sadar, jujur, adil, dan bertanggung jawab, serta didorong oleh itikad baik sesuai dengan hati nurani.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Kebijaksanaan yang dimaksud dalam artikel ini berkaitan dengan aplikasi kebijaksanaan dari pengetahuan. Di mana kebijaksanaan yang dimaksud adalah kemampuan dalam berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat dan wawasan. Kebijaksanaan pun diajarkan dalam berbagai perspektif yang pada hakikatnya merupakan keadaan di mana kita mampu untuk dapat menentukan sesuatu keputusan yang sekiranya sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan yang bermanfaat berdasarkan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat dan wawasan yang kita miliki.

    ReplyDelete
  3. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Dari sekian banyak kasus pelanggaran HAM tentang kebebasan beragama di Indonesia ternyata negara dan pemerintah belum benar-benar bisa mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam sila pertama dari Pancasila. Mulai dari aparat kepolisian yang seharusnya mengayomi masyarakat malah menjadi pelanggar HAM terbanyak. Negara juga kurang tegas dalam menangani kasus kasus pelanggaran tesebut maka dari itu bukan semakin berkurang kasus yang terjadi tetapi malah semakin bertambanhnya kasus pelanggaran HAM tentang kebebasan beragama, bukan hanya tentang kebebasan beragama tapi masih banyak juga aturan-aturan lain yang masih sering dilanggar.

    ReplyDelete
  4. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    kebijaksanaan adalah pengetahuan yang dibawa masuk ke dalam hati seseorang untuk kemudian dirasakan atau dialami sebagai kebenaran. Kita tidak bisa mendapatkan kebijaksanaan dengan cara pasif menerima apa yang kita baca atau dengan mempercayai apa yang dikatakan orang lain kepada kita, sebelum informasi yang kita baca atau dapat dari orang lain itu diuji oleh pengalaman kita sendiri, tidak mungkin ada kebijaksanaan. Kebijaksanaan memerlukan perhatian terhadap kehidupan dan kesediaan untuk bertanya dan mengalami langsung apa yang benar. Kita tidak seharusnya mudah untuk mempercayai sesuatu hanya karena ia ditulis dalam sebuah buku, atau karena orang yang mengatakannya telah dikenal dengan baik, atau seorang guru, atau seorang yang lebih tua sekalipun. Kebijaksanaan hanya dapat dicapai dengan kesediaan untuk mengalami, melihat dan merasakan tentang suatu persoalan, dipikirkan dengan jiwa yang bersih dan direnungkan baru diambil keputusan. Dan Kebijaksanaan bukan merupakan sesuatu yang bisa direbut oleh seseorang dan disimpanya untuk diri sendiri, namun kebijaksanaan merupakan sebuah proses.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Wisdom (Kebijaksanaan atau cita rasa) adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak dengan menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. [1] Kebijaksanaan adalah kebiasaan atau disposisi untuk melakukan tindakan dengan tingkat tertinggi kecukupan dalam keadaan apapun yang diberikan dengan keterbatasan kesalahan dalam tindakan yang diberikan.

    ReplyDelete
  6. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Kebijaksanaan (wisdom) adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak dengan menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. Orang yang bijaksana mengetahui “apa yang penting”, “apa yang benar-benar bermanfaat bagi dirinya dan orang lain”, “apa yang terbaik”, dsb. Seseorang dikatakan bijak jika ia tahu banyak tentang alam semesta dan bumi tempat kita tinggal, ia mempunyai pengetahuan faktual dan teoritits yang luas dan mendalam. Selain itu, seseorang dikatakan bijak jika ia tahu bagaimana hidup dengan baik dan ia berhasil hidup dengan baik.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Wisdom artinya kebijaksanaan. Kebijaksanaan ini dibagi menjadi 5 yaitu kebijaksanaan sebagai epistemic kerendahan hati, kebijaksanaan sebagai epistemic akurasi, kebijaksanaan sebagai pengetahuan, hybrid teori, dan kebijaksanaan sebagai rasionalitas. Kebijaksanaan sebagai pengetahuan dibedakan menjadi kebijaksanaan sebagai pengetahuan faktual ekstensif, kebijaksanaan untuk mengetahui cara hidup yang baik, kebijaksanaan untuk mengetahui cara agar berhasil dengan kehidupan yang baik.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)

    Wisdom dalam bahasa Indonesia merujuk pada kebijaksanaan atau ketulusan adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan , pengalaman , pemahaman , akal sehat , dan wawasan . [1] Kebijaksanaan telah dianggap sebagai satu dari empat karena kebajikan Kardinal Petross; Dan sebagai sebuah kebajikan, adalah kebiasaan atau disposisi untuk melakukan tindakan dengan tingkat kecukupan tertinggi dalam situasi tertentu dengan batasan kesalahan dalam tindakan tertentu. Ini menyiratkan kepemilikan pengetahuan , atau pencarian pengetahuan untuk diterapkan pada keadaan tertentu. Ini melibatkan pemahaman orang, objek, kejadian, situasi, dan kemauan serta kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian, dan tindakan sesuai dengan pemahaman tentang tindakan optimal apa yang akan dilakukan. Seringkali membutuhkan kontrol terhadap reaksi emosional seseorang (" hasrat ") sehingga prinsip akal sehat berlaku untuk menentukan tindakan seseorang. Singkatnya, kebijaksanaan adalah disposisi untuk menemukan kebenaran ditambah dengan penilaian yang optimal mengenai tindakan apa yang harus dilakukan. Profesor Steels Universitas: 'Adalah baik untuk menjadi pintar tapi lebih bijak untuk kebijaksanaan adalah esensi inti dari Uni-ayat, dll'

    ReplyDelete
  10. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Berdasarkan Stanford Encyclopedia of Philosophy, terdapat beberapa teori mengenai bijaksana. Teori-teori tersebut diantaranya adalah: 1) seseorang disebut bijak jika dan hanya jika dia percaya bahwa dirinya tidak bijak, 2) seseorang disebut bijak jika dan hanya jika dia tidak mengetahui apapun, 3) seseorang disebut bijak jika dan hanya jika dia tahu bagaimana hidup dengan baik dan sukses hidup dengan baik, 4) seseorang disebut bijak jika dan hanya jika dia memiliki pengetahuan faktual yang luas mengenai sains, sejarah, filsafat, literatur dan musik, 5) seseorang disebut bijak jika dan hanya jika dia memiliki pengetahian faktual dan teoritis, tahau bagaimana cara hidup dengan baik, sukses hidup dengan baik, dan memiliki sangat sedikit kepercayaan yang tidak benar. Menurut saya, orang yang bijak adalah orang yang mampu berpikir melalui berbagai sudut pandang dan tidak hanya memikirkan kepentingan individu. Namun sejatinya, manusia hanya dapat berusaha untuk menjadi bijak. Satu-satunya dzat yang Maha Bijaksana adalah Allah SWT.

    ReplyDelete
  11. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Filsafat dalam bahasa Yunani philosiophia. Kata philosophia terdiri atas kata philein yang berarti cinta (love) dan Sophia yang berarti kebijaksanaan (Wisdom). Orang yang belajar filsafat harus harus merendah di hadapan kebenaran: menerimanya, mencintainya dan menginternalisasikan kebenaran itu. Sikap seperti ini adalah sikap bijaksana dan tegas sekalipun harus menanggung resiko penentangan dan pengucilan dari orang-orang yang tidak mencintai kebenaran. Kebijaksanaan mempunyai arti yang luas. Phythagoras dengan rendah hati mneyebut dirinya philosophos yakni pecinta kebijaksanaan.

    ReplyDelete
  12. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dalam artikel ini berkaitan dengan aplikasi kebijaksanaan dari pengetahuan. Kebijaksanaan dimaksudkan sebagai kemampuan dalam berpikir dan bertindak menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat dan wawasan.
    Manusia diharapkan mampu bijaksana dalam menggunakan kemampuan yang sudah dimilikinya.
    Karena banyak sekali yang ada sekarang kaum intelektual tetapi tidak bijaksana.

    ReplyDelete
  13. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Apa sebenarnya konsekuensi yang harus dipenuhi oleh orang yang belajar filsafat atau filosof? Jawabnya adalah ia harus merendah di hadapan kebenaran, menerimanya, mencintainya dan menginternalisasikan kebenaran itu. Buah dari sikap seperti ini adalah sikap bijaksana dan tegas sekalipun harus menanggung resiko penentangan dan pengucilan dari orang-orang yang tidak mencintai kebenaran. Pertama-tama untuk bijaksana, seseorang harus tahu kebenaran. Setelah tahu kebenaran, kau harus mencintai kebenaran itu. Tanda orang cinta adalah mau mengabdikan diri. Untuk bijaksana, kau mesti berpengetahuan. Untuk bijaksana kau juga harus benar. Bukan hanya berpengetahuan benar tapi juga harus bertindak, bersikap, bertekad dan berucap secara benar. Untuk bijaksana kau harus pandai bermain cinta. Kau harus cinta pengetahuan dan cinta kebenaran. Serta mencintai cinta itu sendiri.

    ReplyDelete