Dec 2, 2012

DIALECTICISM




Ass Wr Wb
Jika ingin mendalami DIALECTICISM, silahkan konek:

http://en.wikipedia.org/wiki/Dialectic

http://plato.stanford.edu/entries/dialectical-school/

http://plato.stanford.edu/entries/adorno/

http://www.newworldencyclopedia.org/entry/Dialectic

Wss Wr Wb
Marsigit

24 comments:

  1. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Terimakasih atas refrensi yang di berikan Prof Marsigit, dari sini dapat menambah kata pengertian pham filsafat baru yaitu dialecticism. yang saya pahami tentang metode dialektika – dialog dari Socrates merupakan metode atau cara memahami suatu dengan melakukan dialog. Dalam pembicaraan yang terus menerus dan mendalam diharapkan orang dapat menyelesaikan masalah yang ada. Metode dialektika menurut Hegel adalah suatu metode atau cara memahami dan memecahkan persoalan atau problem berdasarkan tiga elemen yaitu tesa, antitesa dan sintesa. Metode ini bertujuan untuk mengembangkan proses berfikir yang dinamis dan memecahkan persoalan yang muncul karena adanya argumen yang kontradiktif atau berhadapan sehingga dicapai kesepakatan yang rasional.

    ReplyDelete
  2. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Sebelumnya terimakasih kepada Prof Marsigit, yang sudah memberikan referensi ini. Pada abad 19, seorang filsuf Jerman, Hegel, Berhasil menemukan semua hukum dasar dialektika, dengan studinya tentang Logika. Dari pandangan Hegel tentang dialektika, Marx tidak puas terhadap dialektika Hegel yang berpusat pada ide/roh. Marx kemudian membangun pemikiran yang lebih baik dari gurunya tersebut. Karena baginya dialekta Hegel terlalu abstrak dan tidak menyentuh realitas konkret. Dalam pandangannya, filsafat tidak boleh statis, tetapi harus aktif membuat perubahan-perubahan karena yang terpenting adalah perbuatan dan materi, bukan ide-ide. Marx membalik dialektika ide Hegel menjadi dialetika materi. sedangkan Menurut website https://en.wikipedia.org/wiki/Dialecticdialektika adalah percakapan antara dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang topik tetapi ingin membangun kebenaran melalui argumen yang masuk akal. Dialektika tidak bersinonim dengan debat. Tujuan dari metode dialektika penalaran adalah penyelesaianperbedaan pendapat melalui diskusi rasional, dan pada akhirnya, pencarian kebenaran. Konsep dialektika terdapat dalam filsafat Heraclitus dari Efesus, yang mengusulkan bahwa segala sesuatu dalam perubahan yang konstan, sebagai akibat dari perselisihan bagian dalam (inner strife) dan oposisi. Disebutkan di halaman web bahwa sejarah metode dialektika merupakan sejarah filsafat.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Dialektika adalah Ilmu Pengetahuan tentang hukum yang paling umum yang mengatur perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran. Sedangkan metode dialektis berarti investigasi dan interaksi dengan alam, masyarakat dan pemikiran. Jika study tentang materialisme berbicara tentang keunggulan 'benda\materi' dari 'ide', maka study tentang dialektika adalah menjawab pertanyaan: bagaimana materi tersebut berkembang, yang secara singkat dapat dijawab bahwa semua materi adalah saling berhubungan, dan berubah, dan berkembang secara konstan. Pada prinsipnya dialektika adalah pokok sangat penting untuk memepelajari filsafat Marxisme-Leninisme. Tapi banyak filsuf-filsuf yang berjuis dan oportunis telah merusak dan memutar balikkan arti dari konsep dialektika ini. Mereka melihat konsep ini hanya sebagai konsep yang berakar dari sihir, seperti sebuah tongkat sihirnya Marxisme yang bisa merubah begitu saja hitam jadi putih, siang jadi malam, dan kapitalisme jadi sosialisme. Padahal, pada kenyataannya, dengan jelas dialektika marxis menentang mystisisme, dan dialektika harus berakar (berfondasi) dari materialisme. Dialektika dimulai dengan materialisme, oleh karenanya, sangat tidak mungkin untuk mengerti dialektika tanpa mengerti dulu pandangan materialis. Dan tidak mungkin untuk mengerti cara berfungsi suatu materi tanpa mengerti dialektika. Dan tanpa dialektika, materialisme tidak dapat menerangkan dunia realis yang tidak idealis. Dialektika menjelaskan alam suatu materi (benda). Khususnya mempelajari fenomena akan 'pergerakan' dan 'interrelasi' mereka, bukannya keterasingan dan kestatisannya. 'Pergerakan' dan 'interrelasi' (saling berhubungan) adalah dua prinsip paling general dari dialektika

    ReplyDelete
  4. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Dialektika berasal dari kata dialog yang berarti komunikasi dua arah. Menurut Hegel tidak ada satu kebenaran yang absolut karena berlaku hukum dialektik, yang absolut hanyalah semangat revolusionernya (perubahan/pertentangan atas tesis oleh anti-tesis menjadi sintesis). Hegel menyempurnakan konsep dialektika dan menyederhanakannya dengan memaknai dialektika ke dalam trilogy yaitu tesis, anti-tesis dan sintesis. Hal ini berarti bahwa kita dapat menggunakan argument-arfumen yang ada dalam pemikiran kita untuk mengatasi suatu permasalah, perselisihan atau perbedaan-perbedaan yang ada demi mencapai suatu pembenaran. Pembenaran-pembenaran dalam komunikasi dua arah tersebut dapat dicapai setelah kita mengemukakan tesis, antithesis dan sintesis yang ada.

    ReplyDelete
  5. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dialektika (juga dialektika dan metode dialektik) adalah metode argumen untuk menyelesaikan perselisihan. Contoh yang tepat untuk menjelaskan dialektika adalah dialog. Menurut para filsuf seperti Heraclitus, Hegel, dan Marx, dialektika mengacu pada gerakan konfliktual yang melekat pada realitas. Sedangkan menurut Socrates, Plato, dan tradisi skolastik yang diprakarsai oleh Aristoteles, dialektika mengacu pada pergerakan pikiran dalam mencari kebenaran.

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Dialektika (Yunani: διαλεκτική) adalah garis pemikiran, yang berasal dalam filsafat Yunani kuno, yang menekankan pembangunan melalui bolak-balik gerakan antara proposisi yang berlawanan. Dengan demikian berdiri di kontras dengan penekanan umum filsafat Barat pada keabadian menjadi. Gerakan dialektika mengacu baik untuk proses mental atau proses diyakini terjadi di realitas objektif. Ketika gerakan dialektika dipandang sebagai terjadi di dalam pikiran, seperti dalam dialektika Sokrates, itu dasarnya berarti suatu proses dimana seseorang secara bertahap datang untuk mencapai wawasan tertentu.

    ReplyDelete
  7. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Dialektika atau dialektika (Yunani: διαλεκτική, dialektikḗ), juga dikenal sebagai metode dialektika, adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang subjek tetapi ingin membangun kebenaran melalui argumen beralasan.

    Dialektika Istilah ini juga tidak identik dengan retorika istilah, metode atau seni wacana yang berusaha untuk membujuk, menginformasikan, atau memotivasi penonton. Konsep, seperti "logos" atau daya tarik rasional, "pathos" atau daya tarik emosional, dan "etos" atau banding etika, yang sengaja digunakan oleh ahli retorika untuk membujuk penonton.

    ReplyDelete
  8. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Dialektisisme adalah cara penyelesaian masalah melalui perdebatan. Perdebatan ini tidak berarti debat kusir yang emosional. Untuk memenangkan perdebatan di sini dapat dapat dilakukan dengan membujuk lawan, membuktikan bahwa argumen kita benar dan argumen lawan adalah salah. Metode dialektik adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang suatu subjek, yang ingin menegakkan kebenaran dari materi dipandu oleh argumen beralasan.

    ReplyDelete
  9. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Menurut Socrates dialestik merupakan metode atau cara memahami suatu dengan melakukan dialog. Hal ini dapat diartikan bahwasannya untuk memahami sesuatu kita memerlukan lawan bicara atau lawan diskusi sehingga diperoleh pembicaraan yang terus menerus dan mendalam sehingga diharapkan mendapatkan menyelesaikan masalah yang ada.

    ReplyDelete
  10. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Dialectic merupakan wacana antara dua orang atau lebih yang mempunyai sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek namun berusaha untuk membangun kebenaran melalui argumen kuat yang dimilikinya. Menurut Sokrates, kebenaran merupakan kebaikan yang lebih besar dan setiap orang harus di atas segalanya serta mencari kebenaran untuk membimbing hidup seseorang. Dengan dmeikian Socrates menentang kaum Sofis sebagai pidato yang berdasarkan pada emosional yang tidak memerlukan logika maupun bukti.

    ReplyDelete
  11. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Metode dialektika menurut Hegel adalah suatu metode atau cara memahami dan memecahkan persoalan atau problem.
    Dalam metode ini cara penyelesaian masalah melalui adu pendapat atau bertukar pikiran. Dalam bertukar pikiran disini dapat dilakukan dengan membuktikan bahwa argumen yang kita utarakan benar.

    ReplyDelete
  12. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://plato.stanford.edu/entries/adorno/, Theodor W. Adorno adalah salah satu filsuf dan kritik sosial terpenting di Jerman setelah Perang Dunia II. Meski kurang terkenal di kalangan filsuf anglophone daripada Hans-Georg Gadamer kontemporer, Adorno memiliki pengaruh lebih besar pada ilmuwan dan intelektual di Jerman pascaperang. Pada tahun 1960 ia adalah penantang paling menonjol dari filosofi sains dan filsafat Martin Heidegger dari Sir Karl Popper. Jürgen Habermas, filsuf sosial terkemuka Jerman setelah tahun 1970, adalah murid dan asisten Adorno. Ruang lingkup pengaruh Adorno berasal dari karakter interdisipliner penelitiannya dan Sekolah Frankfurt tempat dia tinggal. Ini juga berasal dari ketelitian yang dengannya dia meneliti tradisi filosofis Barat, terutama dari Kant dan seterusnya, dan radikal terhadap kritiknya terhadap masyarakat Barat kontemporer. Dia adalah filsuf sosial dan anggota terkemuka Teori Kritis generasi pertama.

    ReplyDelete
  13. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://plato.stanford.edu/entries/dialectical-school/, 'Dialectical school' menunjukkan sekelompok filsuf Helenistik awal yang terhubung secara longgar dengan berfilsafat dalam tradisi Socrates - Eubulides of Miletus dan dengan minat mereka terhadap paradoks logis, logika proposisional dan keahlian dialektis. . Dua anggota yang paling terkenal, Diodorus Cronus dan Philo the Logician, memberi sumbangan inovatif untuk pengembangan teori kondisional dan logika modal. Philo memperkenalkan versi implikasi material; Diodorus menciptakan sebuah cikal bakal implikasi yang ketat. Masing-masing mengembangkan sistem gagasan modal yang memenuhi persyaratan logis dasar yang ditetapkan oleh teori modal standar modern. Di zaman kuno, Diodorus Cronus terkenal dengan apa yang disebutnya Master Argument, yang bertujuan untuk membuktikan bahwa hanya yang sebenarnya adalah mungkin.

    ReplyDelete
  14. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016(S2)
    Dialektika merupakan seni atau ilmu yang berawal dari suatu penarikan pembedaan-pembedaan yang sangat ketat, dialektika ini kiranya bisa kita jumpai pada awal munculnya yaitu dimulai oleh Zeno, kemudian Sokrates, dan dikembangkan oleh Plato. Walaupun arti awal dialektika sebatas seni atau ilmu tentang bagaimana berpidato, bagaimana kita berbicara atau bagaimana kita berdebat, namun perananya dari waktu ke waktu tidak bisa kita pungkiri sangatlah signifikan, karena interprestasi mengenai hakikatnya dan penghargaan atas kegunaanya sangat bervariasi sepanjang sejarah filsafat.

    ReplyDelete
  15. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Pada ilmu debat misalnya, dialektika pada mulanya menunjuk pada tujuan utamanya yaitu menolak argumen lawan atau membawa lawan kepada kontradiksi- kontradiksi, dilema, atau paradoks. Sedangkan dialektika dalam dunia seni, dapat digunakan untuk bertukar pendapat, bagaimana caranya kita menggunakan gaya berbicara dengan mimik yang mudah dipahami oleh lawan bicara kita, manakala kita bertukar pendapat sehingga lawan bicara tidak merasa diremehkan ataupun dipandang sebelah mata, jadi secara umum seorang dialektikawan adalah seorang yang tidak membiarkan sesuatu tidak dipersoalkan, akan tetapi mempersoalkan dengan gaya dan cara tertentu.

    ReplyDelete
  16. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Plekhanov dengan tepat menyindir upaya untuk mereduksi struktur dialektika Hegelian pada "Tritunggal kayu" tesis-antitesis-sintesis. Dialektika Hegel yang maju itu mengandung hubungan yang kurang-lebih sama terhadap dialektika Yunani, seperti hubungan ilmu kimia modern terhadap penyelidikan primitif yang dilakukan oleh para ahli alkimia tempo dulu. Benar bahwa para ahli alkimia itu menyiapkan landasan bagi berkembangnya ilmu kimia secara umum, tapi pernyataan bahwa "keduanya pada dasarnya sama" adalah pernyataannya yang konyol. Hegel kembali pada Heraclitus, tapi pada tingkatan kualitatif yang lebih tinggi, yang telah diperkaya oleh 2.500 tahun perkembangan filsafat dan ilmu pengetahuan. Perkembangan dialektika itu sendiri adalah proses yang dialektik.

    ReplyDelete
  17. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Dialektisisme berakar dari kata dialek yang artinya adalah komunikasi dua arah (dialog). Tokoh dari dialektisisme salah satunya ialah Hegel, yang menyatakan bahwa kebenaran tidak ada yang bersifat absolut atau mutlak, karena kebenaran bersifat dialektik. Memang benar adanya bahwa segala sesuatu tidak ada yang benar secara absolut, karena yang benar secara absolut adalah Allah SWT.

    ReplyDelete
  18. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Dialektik (Dialektika) berasal dari kata dialog yang berarti komunikasi dua arah, istilah ini telah ada sejak masa yunani kuno ketika diintrodusir pemahaman bahwa segala sesuatu berubah (panta rei). Kemudian Hegel menyempurnakan konsep dialektika dan menyederhanakannya dengan memaknai dialektika ke dalam trilogi tesis, anti-tesis dan sintesis. Menurut Hegel tidak ada satu kebenaran yang absolut karena berlaku hukum dialektik, yang absolut hanyalah semangat revolusionernya (perubahan/pertentangan atas tesis oleh anti-tesis menjadi sintesis. Menurut Tan Malaka dalam bukunya yang berjudul Madilog yaitu waktu, pertentangan, timbal balik dan seluk beluk.

    ReplyDelete
  19. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dialektika dalam bahasa Inggris dialectic, dalam bahasa Yunanai dialektos yang artinya pidato, pembicaraan, perdebatan. Dialektika pada mulanya menunjuk pada debat dengan tujuan utama menolak argumen lawan atau membawa lawan kepada kontradiksi, dilema atau paradoks. Atau seni bertukar pendapat. Secara umum, seorang dialektikawan adalah seorang yang tidak membiarkan sesuatu dipersoalkan. Bagi Kant Dialektika menjadi nama bagi upaya keliru manusia untuk menerapkan prinsip-prinsip pengatur fenomena-fenomena pada benda dalam dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  20. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Dialectic or dialectics (Greek: διαλεκτική, dialektikḗ), also known as the dialectical method, is a discourse between two or more people holding different points of view about a subject but wishing to establish the truth through reasoned arguments.
    The term dialectic is not synonymous with the term debate. While in theory debaters are not necessarily emotionally invested in their point of view, in practice debaters frequently display an emotional commitment that may cloud rational judgment. Debates are won through a combination of persuading the opponent, proving one's argument correct, and proving the opponent's argument incorrect. Debates do not necessarily require promptly identifying a clear winner or loser; however, clear winners are frequently determined by a judge, a jury or group consensus. The term dialectics is also not synonymous with the term rhetoric, a method or art of discourse that seeks to persuade, inform, or motivate an audience. Concepts, like "logos" or rational appeal, "pathos" or emotional appeal, and "ethos" or ethical appeal, are intentionally used by rhetoricians to persuade an audience.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Dialectic

    ReplyDelete
  21. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dialecticism adalah garis pemikiran, yang berasal dari filsafat Yunani kuno, yang menekankan perkembangan melalui gerakan maju dan mundur antara proposisi yang berlawanan. Dengan demikian, sangat kontras dengan penekanan umum filsafat Barat tentang keabadian keberadaan. Gerakan dialektika mengacu pada proses mental atau proses yang diyakini terjadi dalam realitas obyektif. Ketika gerakan dialektika dilihat seperti yang terjadi dalam pikiran, seperti dalam dialektika Sokrates, pada dasarnya berarti sebuah proses dimana seseorang secara bertahap datang untuk mencapai wawasan tertentu. Pemahaman dialektika ini umumnya sesuai dengan ontologi tradisional dan fokusnya pada makhluk abadi misalnya, gagasan Platonis.

    ReplyDelete
  22. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dialektisisme adalah paham yang menyatakan bahwa ilmu terbentuk dari interaksi dialog antara pertanyaan dan jawaban dari beberapa unsur tanpa adanya sintesis atas pengalaman, logika dan realita. Jadi dialektisisme memandang bahwa semua yang terjadi dalam interaksi pembicaraan itu benar. Dialektisisme menurut Aristoteles adalah “Menyelidiki argumentasi-argumentasi yang bertitik tolak dari hipotesa atau putusan yang tidak pasti kebenarannya. Metode dialektika menurut Hegel adalah suatu metode atau cara memahami dan memecahkan persoalan atau problem berdasarkan tiga elemen yaitu tesa, antitesa dan sintesa. Tesa adalah suatu persoalan atau problem tertentu, sedangkan antitesa adalah suatu reaksi, tanggapan, ataupun komentar kritis terhadap tesa (argumen dari tesa). Dari dua elemen tersebut diharapkan akan muncul sintesa, yaitu suatu kesimpulan.

    ReplyDelete
  23. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Dialetic atau dialektika merupakan istilah dari bahasa Yunani, yang artinya pembicaraan sekelompok orang yang mungkin memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek namun berharap untuk membangun kebenaran melalui argumen beralasan. Dialetic berarti juga tentang pemikiran banyak orang yang masuk akal dan memiliki sumber yang benar kemudian berdiskusi untuk mencari kebenaran. Atau dengan kata lain orang-orang ini ingin berusaha untuk mendapatkan kebenaran yang diakui oleh umum. Namun dialetic tidak identik dengan istilah debat. Istilah dialektika juga tidak identik dengan istilah retorika.

    ReplyDelete
  24. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Kita tahu dialecticism sering berhubngna dengan sastra atau bahasa. Istilah dialektika tidak identik dengan istilah debat. Sementara dalam teori debat tidak harus secara emosional diinvestasikan dalam sudut pandang mereka, dalam praktiknya, debat sering menampilkan komitmen emosional yang mungkin menghimpun penilaian rasional. Perdebatan dimenangkan melalui kombinasi membujuk lawan, membuktikan argumen seseorang benar, dan membuktikan argumen lawan benar. Perdebatan tidak selalu membutuhkan segera mengidentifikasi pemenang atau pecundang yang jelas; Namun, pemenang yang jelas sering ditentukan oleh hakim, dewan juri atau konsensus kelompok. Istilah dialektika juga tidak identik dengan istilah retorika, metode atau seni wacana yang berusaha membujuk, memberi informasi, atau memotivasi audiens. (Corbett, Edward P. J.; Robert J. Connors (1999). Classical Rhetoric For the Modern Student (4th ed.). New York: Oxford University Press. p. 1) Konsep, seperti "logo" atau daya tarik rasional, "pathos" atau daya tarik emosional, dan "etos" atau daya tarik etis, sengaja digunakan oleh para ahli retorika untuk meyakinkan audiens.

    ReplyDelete