Dec 2, 2012

DIALECTICISM




Ass Wr Wb
Jika ingin mendalami DIALECTICISM, silahkan konek:

http://en.wikipedia.org/wiki/Dialectic

http://plato.stanford.edu/entries/dialectical-school/

http://plato.stanford.edu/entries/adorno/

http://www.newworldencyclopedia.org/entry/Dialectic

Wss Wr Wb
Marsigit

29 comments:

  1. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Ketika pertama kali mendengar istilah dialektika, di pikiran saya timbul konsep perdebatan wacana. Setelah membaca artikel pada link di atas saya memahami bahwa dialektika adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen yang beralasan. Dialektika memiliki peran yang penting karena dapat digunakan untuk mencari kebenaran, pemerdalam dalam memahami masalah dan dalam pemecahan masalah melalui diskusi. Melalui dialektika harapannya dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran baru yang segar dari suatu konsep pengetahuan.

    ReplyDelete
  2. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Dialektika, adalah cara dialog sesorang dengan orang lain. Hegel dalam pandangannya mengungkapkan dialektika ke dalam trilogi tesis, anti-tesis dan sintesis. Dalam pandangan Hegel, kita sebagai manusia haru selalu terus berpikir, berusaha agar tidak termakan oleh waktu, harus tetap berpikir untuk mengikuti jaman.

    ReplyDelete
  3. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Menurut Hegel, Dialektisme atau dialektika dapat dimaknai ke dalam trilogi tesis, anti-tesis dan sintesis. Menurut Hegel tidak ada satu kebenaran yang absolut karena berlaku hukum dialektik, yang absolut hanyalah semangat revolusionernya (perubahan/pertentangan atas tesis oleh anti-tesis menjadi sintesis). Dialektika bukanlah hasil penemuan dari pemikiran manusia tapi muncul secara independen dari pemikiran alam dan masyarakat. Dialektika menemukan maksud dari fungsi dan perkembangan suatu materi, dan metode dialektis memberikan inti pengertian akan perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran.

    ReplyDelete
  4. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Merujuk pada pa sumber bacaan, saya mamahami dialektika sebagai diskusi bersama atau kelompok untuk menemukan jawaban dari masalah tersebut.Dialektika tidak juga dipahami sebagai suatu perdebatan yang menimbulkan suatu perselisihan bahkan petengkaran fisik.Perbedabatan menurut saya lebih cenderung mempertahankan pendapat dan mengedepankan emosional atau rasa ego.Terkadang perdebatan saling menjatuhkan satu sama lain.Maka makna dilektika lebih kepada seni berbicara bagaimana memainkan gaya bahasa sehingga dapat menghipnotis para audiens atau penonton. Dialektika berbicara lebih mengerucutkan dalam menggunakan logika untuk berpikir rasional.

    ReplyDelete
  5. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Berdadarkan bacaan diatas bahwa heleg menyampaikan bahwa konsep dialektika disajikan dalam tesis, anti-tesis dan sintesis. Menurut hegel tidak ada satu kebenaran yang absolut karena yang absolut hanya pertentangan tesis dan anti-tesis sehingga mengahasilkan sintesis. Dialektisme dapat mengembangkan proses berpikir yang dinamis dan memecahkan permasalahan yang muncul karena adanya argument-argumen yang saling kontradiktif sehingga dicapainya kesepakatan yang rasional.Teima Kasih

    ReplyDelete
  6. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Dialegtisisme bearti aliran yang menganut dialektik. Dimana Dialektik (Dialektika) berasal dari kata dialog yang berarti komunikasi dua arah, istilah ini telah ada sejak masa yunani kuno ketika diintrodusir pemahaman bahwa segala sesuatu berubah (panta rei). Dialektik atau dialektika adalah hal berbahasa dan bernalar dengan dialog sebagai cara untuk menyelidiki suatu masalah. Dialektika merupakan ajaran Hegel yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang terdapat di alam semesta itu terjadi dari hasil pertentangan antara dua hal dan yang menimbulkan hal lain lagi.

    ReplyDelete
  7. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa dialektisisme merujuk pada dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai satu subjek dan mencoba bersama-sama untuk mencapai kebenaran melalui argumentasi yang rasional. Dalam filsafat, dialektik digunakan untuk menguji dan memahami objek filsafat.

    ReplyDelete
  8. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan sumber pada https://id.wikipedia.org/wiki/Dialektik, dialektik (dialektika) berasal dari kata dialog yang berarti komunikasi dua arah. Kemudian, Hegel menyempurnakan konsep dialektika dan menyederhanakannya dengan memaknai dialektika ke dalam trilogi tesis, anti-tesis dan sintesis. Menurut Hegel tidak ada satu kebenaran yang absolut karena berlaku hukum dialektik, yang absolut hanyalah semangat revolusionernya (perubahan/pertentangan atas tesis oleh anti-tesis menjadi sintesis). Dengan demikian pemikiran dialekticism ini bertentangan dengan pemikiran absolutism
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  9. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Tujuan dasar dari dialektika adalah untuk menganalisis realitas pada dirinya sendiri. Konsep inti di dalam metode dialektika Hegel adalah negasi atas negasi (negation of the negation), atau yang ia sebut juga sebagai Aufhebung. Konsep ini diawali dengan sebuah premis sederhana, bahwa segala sesuatu menjadi apa adanya, karena selalu berada di dalam relasi dengan yang lainnya, yang bukan sesuatu itu. Meja bisa ada dan diketahui oleh manusia, karena ada segala sesuatu yang bukan meja. Meja menegasi segala sesuatu yang bukan meja, sehingga ia menjadi dirinya sendiri.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  10. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum..
    Menurut website https://en.wikipedia.org/wiki/Dialectic dialektika adalah percakapan antara dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang topik tetapi ingin membangun kebenaran melalui argumen yang masuk akal. Dialektika tidak bersinonim dengan debat. Tujuan dari metode dialektika penalaran adalah penyelesaian perbedaan pendapat melalui diskusi rasional, dan pada akhirnya, pencarian kebenaran. Konsep dialektika terdapat dalam filsafat Heraclitus dari Efesus, yang mengusulkan bahwa segala sesuatu dalam perubahan yang konstan, sebagai akibat dari perselisihan bagian dalam (inner strife) dan oposisi. Disebutkan di halaman web bahwa sejarah metode dialektika merupakan sejarah filsafat. Itu tadi yang dapat saya tangkap mengenai dialektika. Mohon koreksi Prof. Marsigit bila terdapat kesalahan. Terimakasih. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  11. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas dapat saya pahami bahwa dialektika merupakan suatu metode untuk menyelesaikan suatu perselisihan dengan cara menyampaikan argumen yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih yang membahas suatu objek pembicaraan untuk memperoleh suatu kebenaran dengan argumen dari masing-masing pihak. Socrates mengatakan bahwa kebenaran sebagai nilai tertinggi bisa ditemukan melalui akal dan logika dalam diskusi. Menurut Socrates diskusi merupakan sarana yang tepat untuk persuasi, penemuan kebenaran, dan penentu tindakan seseorang.

    ReplyDelete
  12. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Dialektika atau dialektika (bahasa Yunani: διαλεκτική, dialektikḗ), juga dikenal sebagai metode dialektis, adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen beralasan (https://en.wikipedia.org/wiki/Dialectic). Dari pengertian tersebut dialektika tersebut, dapat dipahami bahwa dialektika dapat dipandang sebagai suatu diskusi atau debat dimana masing-masing pihak memiliki pemikirannya sendiri dan ingin menunjukkan bahwa pemikirannya benar. Dalam filsafat, metode dialektika merupakan metodologi yang digunakan untuk memeriksa objek filosofis.

    ReplyDelete
  13. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Sepengetahuan saya istilah dialek berhubungan erat dengan bahasa. Menurut situs wikipedia, dialektika atau dikenal juga sebagai metode dialektis, adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen beralasan. Dalam filsafat, metode dialektika atau dialektis menyiratkan metodologi yang digunakan untuk memeriksa dan mengkognisi objek filosofis.

    ReplyDelete
  14. Junianto
    PM C

    Dialecticism merupakan paham yang mengatakan bahwa argumen-argumen yang berasal dari sudut pandang orang-orang bisa dijadikan sarana untuk membuktikan suatu kebenaran. Argumen-argumen dari beberapa orang ini bisa dijadikan saran juga untuk pemecahan suatu masalah yang ada di masyarakat. Secara sederhana bisa kita kaitka juga dengan sebuah musyawarah yang sudah akrab dengan kehidupan kita dimana pendapat-pendapat masing-masing orang kemudian dijadikan pedoman dalam mengambil keputusan.

    ReplyDelete
  15. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dialektika adalah suatu tulisan dua orang atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen beralasan. Metode dialektis juga dikenal sebagai dialektika.
    Metode dialektika memiliki tiga bentuk utama yang sesuai dengan tiga tahap perkembangan. Dialektika naif, muncul dalam sejarah kuno, terutama mengandalkan intuisi dan pengalaman pribadi dengan bukti ilmiah pendukung terbatas. Dialektika idealistis, produk idealisme klasik Jerman dan mencapai puncaknya dalam karya Hegel, adalah bentuk metode dialektika pertama yang sistematis. Dialektika materialistis, yang dibangun terutama oleh Karl Marx, Friedrich Engels dan Vladimir Lenin, mengadaptasi dialektika Hegelian menjadi materialisme tradisional.

    ReplyDelete
  16. Latifah Fitriasari
    PM C

    Metode argumen untuk menyelesaikan perselisihan yang telah menjadi pusat filsafat. Hal tersebut juga bisa berarti bahwa untuk penyelesaian masalah digunakan cara dengan melalui perdebatan. Perdebatan ini tidak berarti debat usir yang emosional. Sehingga bisa juga dikenal sebagai wacana antara dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek atau objek tertentu namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen beralasan. Untuk memenangkan perdebatan di sini dapat dapat dilakukan dengan membujuk.

    ReplyDelete
  17. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Dialektika adalah Ilmu Pengetahuan tentang hukum yang paling umum yang mengatur perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran. Sedangkan metode dialektis berarti investigasi dan interaksi dengan alam, masyarakat dan pemikiran. Study tentang dialektika adalah menjawab pertanyaan: bagaimana materi tersebut berkembang, yang secara singkat dapat dijawab bahwa semua materi adalah saling berhubungan dan berkembang.

    ReplyDelete
  18. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Dialecticism merupakan cara penyelesaian masalah melalui perdebatan. Perdebatan yang dimaksudkan tidak selalu debat kusir yang penuh emosional. Perdebatan dapat dilakukan dengan memberikan argumen-argumen dengan cara yang baik dan disertai dengan fakta-fakta serta alasan yang ada. Perdebatan disini juga dapat diartikan sebagai dialog dengan tujuan mendapatkan sebuah solusi atas apa yang didiskusikan. Tidak selamanya perdebatan itu buruk, dia akan menjadi baik jika diniatkan untuk hal yang baik, dilakukan dengan cara yang baik, dan menghasilkan solusi yang terbaik dari rasionalisme-rasinalisme yang sudah diajukan.

    ReplyDelete
  19. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dialektika dapat diartikan sebagai kegiatan menyelidiki argumentasi-argumentasi yang bertitik tolak dari hipotesa atau putusan yang tidak pasti kebenarannya. Ketika ingin menemukan suatu kebenaran maka ada argumen yang diajukan. Argumen-argumen tersebut belum diketahui kebenarannya sehingga disebut hipotesa. Yang dimaksud oleh Hegel dengan dialektika adalah mendamaikan, mengompromikan hal-hal yang berlawanan. Karena dalam dialektika terdapat pro dan kontra artinya dipikirkan hal-hal yang mendukung argumen dan hal-hal yang berlawan atau kekurangan-kekurangan dari suatu argumen. Proses dialektika selalu terdiri atas tesis dihadapi antitesis dan akhirnya timbul sintesis.

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Socrates mengatakan bahwa dialestik merupakan cara untuk memahami mengenai pemikiran dari suatu objek itu melalui dialog. Dialog disini saya memberikan arti adalah dialog dua arah dimana akan mendapatkan hasil yang tidak merugikan antara dua belah pihak yang saling berdialog. Dialog disini bisa juga dikatakan sebagai diskusi. Jika suatu pemikiran ingin diketahui melalui diskusi, maka hasil yang diberikan akan lebih mendalam daripada kita hanya mencari informasi dari luar objek yang belum tentu kebenarannya.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  22. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Dialektisisme ialah proses yang terus menerus sehingga tidak akan tercipata keberhentian. Dalam filsafat dialektis ialah kegiatan analisis yang mempertentangkan tesis dan antitesis untuk menghasilkan sisntesis. Menurut Hegel, setiap tesis akan mendapat reaksi berupa antitesis dan pada akhirnya menghasilkan sintesis. Sintesis ialah tesis baru yang suatu ketika akan mendapatkan reaksi baru berupa antitesis dan kemudian akan menumbuhkan sintesis baru lagi. Demikian seterusnya langkah-langkah tadi berulang kembali. Contohnya terdapat sebua tesis yaitu bumi itu bulat dan merupakan pusat dari tata surya, kemudian ada antitesis yang menyanggah tesis tersebut yaitu matahari merupakan pusat tata surya, bukan bumi. Kemudian terciptalah sintesis berupa bumi itu bulan dan bukan merupakan pusat atta surya, pusat tata surya ialah matahari.

    ReplyDelete
  23. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Dialektika adalah Ilmu Pengetahuan tentang hukum yang paling umum yang mengatur perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran. Sedangkan metode dialektis berarti investigasi dan interaksi dengan alam, masyarakat dan pemikiran. Dialektika tumbuh dari logika formal di dalam perkembangan sejarah. Logika formal adalah sistem pengetahuan ilmiah besar pertama dari proses pemikiran. Dialektika menjelaskan alam suatu materi (benda). Khususnya mempelajari fenomena akan 'pergerakan' dan 'interelasi' mereka, bukannya keterasingan dan kestatisannya. 'Pergerakan' dan 'interrelasi' (saling berhubungan) adalah dua prinsip paling general dari dialektika.

    ReplyDelete
  24. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Dari referensi di atas, saya mendapatkan bahwa dialektika berarti sesuatu itu hanya benar apabila dilihat dengan seluruh hubungannya. Dialektika bisa juga dirumuskan sebagai teori tentang persatuan hal-hal yang bertentangan. Dengan kata lain, dialektisisme adalah percakapan antara dua atau lebih orang yang masihng-masing memegang sudut pandang berbeda, namun ingin membangun suatu kebenaran melalui argumen-argumen yang beralasan

    ReplyDelete
  25. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Dialektika atau dialektika berasal dari bahasa Yunani yang juga dikenal sebagai metode dialektis, merupakan wacana antara dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen. Dalam filsafat, metode dialektika atau dialektis merupakan metodologi yang digunakan untuk memeriksa dan mengkognisi kebenaran suatu objek filsafat.

    ReplyDelete
  26. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Dialecticism berasal dari bahasa Yunani, yaitu: διαλεκτική, dialektikḗ. Dialecticism atau dikenal juga sebagai metode dialecticism adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen beralasan. Dalam filsafat, metode dialecticism menyiratkan metodologi yang digunakan untuk memeriksa dan mengkognisi objek filosofis. Metode dialecticism menuntut pengguna untuk memeriksa objek dalam kaitannya dengan objek lain dan keseluruhan sistem serta memeriksa objek dalam lingkungan evolusioner yang dinamis. Metode dialecticism biasanya dikontraskan dengan metode metafisik, yang meneliti benda-benda di lingkungan yang terpisah, terisolasi dan statis.

    ReplyDelete
  27. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dialektisisme secara bahasa berakar dari kata dialek yang mengacu pada artian komunikasi dua arah atau dialog. Paham ini menyatakan gagasannya bahwa sifat kebenaran itu tidak ada yang absolut atau mutlak, karena setiap kebenaran bersifat dialektik. Paham ini kemudian dijadikan sebagai salah satu landasan dalam berkomunikasi di masyarakat saat ini, terutama dalam hal memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan banyak pihak. Dialektik dibutuhkan untuk dapat menemukan kebenaran dari berbagai sudut pandang dari pihak-pihak yang terkait.

    ReplyDelete
  28. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum Prof,
    Dialecticism berasal dari kata dialektika yaitu metode dialektis. Metode dialektis adalah wacana antara dua orang atau lebih yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen beralasan. Jadi dialektism adalah paham yang memandang sesuatu dengan perdebatan namun tetap dibuktikan kebenarannya. Jadi disini orang yang memiliki paham dialektisme selalu memiliki pendapat lain untuk sesuatu, sehingga selalu adanya perdebatan yang terjadi. Namun dengan perdebatan itu si paham dialektisme mencari bukti yang benar dengan alasan yang ia buat.

    ReplyDelete
  29. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Dialektika merupakan sebuah metode diskusi. Diskusi ini jauh dari yang namanya debat kusir. Diskusi yang dilakukan dua orang atau lebih dengan masing-masing bisa mengemukakan pendapat menurut sudut pandang masing-masing. Disini argumen harus mempunyai alasan dan landasan yang kuat, sehingga trhindar dari sifat subyektivitas masing-masing.

    ReplyDelete