Dec 2, 2012

DIALECTICISM




Ass Wr Wb
Jika ingin mendalami DIALECTICISM, silahkan konek:

http://en.wikipedia.org/wiki/Dialectic

http://plato.stanford.edu/entries/dialectical-school/

http://plato.stanford.edu/entries/adorno/

http://www.newworldencyclopedia.org/entry/Dialectic

Wss Wr Wb
Marsigit

28 comments:

  1. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Dialektika merupakan istilah yang telah ada sejak masa yunani kuno ketika diperkenalkan pemahaman bahwa segala sesuatu berubah atau bersifat relatif. Menurut Hegel tidak ada satu kebenaran yang absolut karena berlaku hukum dialektik, yang absolut hanyalah semangat revolusionernya (perubahan/pertentangan atas tesis oleh anti-tesis menjadi sintesis). Hegel menyempurnakan konsep dialektika dan menyederhanakannya dengan memaknai dialektika ke dalam trilogi yaitu tesis, anti-tesis dan sintesis. Hal ini berarti bahwa kita dapat menggunakan argumen-argumen yang ada dalam pemikiran kita untuk mengatasi suatu permasalah, perselisihan atau perbedaan-perbedaan yang ada demi mencapai suatu pembenaran. Pembenaran-pembenaran dalam komunikasi dua arah tersebut dapat dicapai setelah kita mengemukakan tesis, antithesis dan sintesis yang ada.

    ReplyDelete
  2. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Secara terminologi, dialectism berasal dari bahasa Yunani yaitu dialektike. Dialectism didefinisikan sebagai wacana antara dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang bervariasi tentang suatu subjek namun ingin memberikan kebenaran dengan argumen yang beralasan. Secara filsafat, dialetism menuntut untuk memeriksa objek yang ada kaitanyya dengan objek lain dan keseluruhan sistem dan memeriksa objek dalam lingkungan evolusioner yang dinamis. Hal ini biasanya berlawanan dengan merafisik, yang meneliti benda-benda dengan terpisah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dita Aldila Krisma
      18709251012
      PPs Pendidikan Matematika A 2018

      Saat ini, dialektika juga dapat merujuk pada pemahaman tentang bagaimana seseorang dapat atau harus memandang dunia (epistemologi), pernyataan tentang sifat dunia yang saling berhubungan, kontradiktif, dan dinamis di luar persepsi mereka tentang itu (ontologi), atau metode presentasi ide atau kesimpulan.

      Delete
  3. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Dialektika secara sederhana adalah logika gerak, atau logika pemahaman umum dari para aktivis dalam gerakan. Dialektik (Dialektika) berasal dari kata dialog yang berarti komunikasi dua arah, istilah ini telah ada sejak masa yunani kuno ketika diintrodusir pemahaman bahwa segala sesuatu berubah (panta rei). Menurut Tan Malaka dalam bukunya yang berjudul Madilog (Materialisme, Dialektika, Logika) dialektika mengandung 4 hal : Waktu; Pertentangan; Timbal balik; danSeluk-beluk (pertalian). Dikutip dari afidburhanuddin.wordpress.com; dialektika dapat juga disebutsebagai proses berfikir secara totalitas yaitu setiap unsur saling bernegasi (mengingkari dan diingkari), saling berkontradiksi (melawan dan dilawan), serta saling bermediasi (memperantarai dan diperantarai).

    ReplyDelete
  4. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Dialektika berada dimana sebuah wacana dari dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang suatu subjek tetapi ingin menetapkan kebenaran melalui argumen yang beralasan. Dialektika menyerupai debat, tetapi konsep ini tidak memasukkan unsur-unsur subyektif seperti daya tarik emosional dan rasa retorika modern yang merendahkan. Dialektika terdiri dari tiga tahap pengembangan yaitu pertama, tesis atau pernyataan ide, yang menimbulkan langkah kedua, reaksi atau antitesis yang bertentangan atau meniadakan tesis, dan ketiga, sintesis, sebuah pernyataan yang melaluinya perbedaan antara dua poin diselesaikan.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  5. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Dialektika merupakan suatu sistem berpikir dalam mencari suatu kebenaran. Dialektika sendiri buka sebuah penjelasan, melainkan suatu metode untuk mencari nilai dari segala sesuatu. Pada awalnya dialektika merujuk pada penolakan-penolakan argumen. Dialog-dialog penolakan argumen tersebut menjadi suatu perbincangan yang mengarah pada suatu hakikat permasalahan melalui berbagai macam pernyataan dan kontradiksi. Filsuf karl mark memaknai dialetika sebagai sebuah metode penemuan nilai yang mengadopsi berbagai macam pemikiran Hegel. Oleh karena itu metode dialektika mengacu pada aspek fundamen dari berbagai eksistensi manusia.

    ReplyDelete
  6. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, dialektika adalah ilmu pengetahuan tentang hukum yang paling umum yang mengatur perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran. Sedangkan metode dialektis berarti investigasi dan interaksi dengan alam, masyarakat dan pemikiran. Nah, jika berbicara tentang hukum, kebanyakan para petinggi-petinggi negara kita tidak takut akan adanya hukum. Hal itu bisa ditunjukkan oleh banyaknya korupsi yang menjadi seperti hal biasa bagi para petinggi atau pejabat. Ingat, sesungguhnya Allah Maha Melihat, semoga para pemimpin-pemimpin negara kita mendapatkan hidayah dan inayah. Aamiin

    ReplyDelete
  7. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Dialektika berasal dari kata dialog yang artinya hubungan atau komunikasi dua arah. Dialektika memunculkan adanya suatu pembicaraan atau penyampaian argumen. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan proses berpikir sehingga muncul ide-ide yang dapat menyelesaikan suatu masalah.

    ReplyDelete
  8. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Dialektik merupakan pedoman dalam menganalisa hal-hal yang khusus dan kongkrit. Selain itu, dialektik juga sebagai pedoman untuk menemukan hukum-hukum dialektik yang khusus mengenai hal-hal tertentu tersebut. Sifat hukum Dialektik yang umum merupakan abstraksi dari hukum-hukum dialektika yang khusus dan kongkrit, dalam dunia kenyataan yang kongkrit. Maka dari itu, hukum umum Dialektik itu sebenarnya tidak ada, yang ada hanyalah hukum-hukum dialektik yang khusus dan kongkrit. Setiap suatu hal memiliki hukum dialektik yang khusus dan kongkrit masing masing. Oleh sebab itu, ketika hendak memecahkan suatu persoalan tertentu, berarti harus berupaya memecahkan atau menemukan dan memahami secara tepat hukum dialektikanya yang khusus mengenai persoalan itu.

    ReplyDelete
  9. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Dialektika merupakan suatu Ilmu Pengetahuan tentang hukum yang paling umum yang mengatur perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran. Sedangkan metode dialektis berarti investigasi dan interaksi dengan alam, masyarakat dan pemikiran. Metode dialektika dari Socrates merupakan metode atau cara memahami sesuatu dengan melakukan dialog. Dialog berarti komunikasi dua arah, ada seseorang berbicara dan ada seseorang lain yang mendengarkan. Dalam pembicaraan yang terus menerus dan mendalam diharapkan seseorang dapat menyelesaikan probelem yang ada. Ada proses pemikiran seseorang yang mengalami perkembangan karena mempertemukan ide yang satu dengan ide yang lain antara orang yang saling berdialog.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  10. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Dialektika tumbuh dari logika formal di dalam perkembangan sejarah. Logika formal merupakan suatu sistem pengetahuan ilmiah besar pertama dari proses pemikiran. Kemudian untuk mendapat pengetahuan yang dikemukakan benar atau logis ada tiga faktor yang diperhatikan yaitu memiliki pengetahuan (menguasai masalah), mengambil keputusan (menyampaikan pikiran dengan lancar), dan memberi pembuktian (argumentasi atas pendapat). Ketiga faktor tersebut merupakan bagian dari filsafat yang disebut logika formal atau berpikir logis. Dalam filsafat, logika formal disebut juga logika minor atau dialektika.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  11. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Dialektika menekankan pada dialog, komunikasi dua arah. Tokohnya adalah Hegel yang menyatakan bahwa tidak ada sesuatu di dunia ini yang bersifat mutlak karena kebenaran itu bersifat dialektik. Maka memang semua di dunia ini tidak ada yang absolut, karena hanya Allah SWT pemiliknya. dialektika dapat tercipta dengan komunikasi dua arah, ada stimulus dan ada respon. aktifnya kedua arah dalam komunikasi itu penyebab dialektika.

    ReplyDelete
  12. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dialetisisme merupakan pemikiran seorang filsuf Jerman pada abad 19 bernama Hegel. Hegel berhasil menemukan semua hukum dasar dialektika dengan studinya tentang logika. Dialetik atau dialektika sendiri berasal dari kata dialog yang berarti komunikasi dua arah. Kemudian, Hegel menyempurnakan konsep dialektika dan menyederhanakannya dengan memaknai dialektika ke dalam trilogi tesis, antithesis dan sintesis. Menurut Hegel tidak ada satu kebenaran yang absolut karena berlaku hukum dialektik, yang absoulut hanyalah semangat revolusionernya atau perubahan/pertentangan atas tesis oleh antithesis menjadi sintesis. Dengan demikian dialektisisme bertentangan dengan absolutism.

    ReplyDelete
  13. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Tujuan dasar dari dialektika adalah untuk menganalisis realitas pada dirinya sendiri. Konsep inti di dalam metode dialektika Hegel adalah negasi atas negasi (negation of the negation), atau yang ia sebut sebagai Aufhebung. Konsep ini diawali dengan sebuah premis sederhana dalam relasi dengan yang lainnya, yang bukan sesuatu itu. Meja bisa ada dan diketahui oleh manusia, karen ada segala sesuatu yang bukan meja. Meja menegasi segala sesuatu yang bukan meja, sehingga ia menjadi dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  14. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Dialektike berasal dari bahwa Yunani Dialektike yang berarti dialog atau dikenal dengan metode dialektik. Yaitu wacana dari dua orang yang mempunyai sudut pandang yang berbeda tentang suatu subjek yang ingin membangun kebenaran melalui argument yang beralasan. Dialektik atau dialog juga bisa dikatakan sebagai debat namun tidak mengandung unsur daya Tarik emosi, atau retorika, atau rasa saling merendahkan. Dialektik dikenal sebagai logika minor yaitu lawan dari kritik atau logika utama.

    ReplyDelete
  15. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Dialektika menyerupai debat, tetapi konsep ini tidak memasukkan unsur-unsur subyektif seperti daya tarik emosional dan rasa retorika modern yang merendahkan. hukum-hukum dialektik yang khusus dan kongkrit. Jadi, dialecticism adalah suatu perdebatan yang berlandaskan dari sesuatu yang nyata, tetap dan kongkrit.

    ReplyDelete
  16. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Dialektik (Dialektika) berasal dari kata dialog yang berarti komunikasi dua arah, istilah ini telah ada sejak masa yunani kuno ketika diintrodusir pemahaman bahwa segala sesuatu berubah. Menurut Hegel tidak ada satu kebenaran yang absolut karena berlaku hukum dialektik, yang absolut hanyalah semangat revolusionernya berupa perubahan/pertentangan atas tesis oleh anti-tesis menjadi sintesis. Terimakasih

    ReplyDelete
  17. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Secara filosois, dialektika merupakan bentuk penyampaian pendapat yang beralasa, menemukan tesis dan antitesis. Dialektika ini bertujuan untuk memperoleh kebenaran yang dapat membangun. Dengan kata lain, ketika dialektika dipandang terjadi dalam pikiran, pada dasarnya berarti itu adalah suatu proses di mana seseorang secara bertahap datang untuk mencapai wawasan tertentu.

    ReplyDelete
  18. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada link ini dijelaskan bahwa dialektika terdiri dari tiga tahap pengembangan: pertama, tesis atau pernyataan ide; kedua, reaksi atau antitesis yang bertentangan atau meniadakan tesis; dan ketiga, sintesis, pernyataan yang melaluinya perbedaan antara dua poin. Pemikiran dialektik mengacu pada kemampuan untuk melihat masalah dari berbagai perspektif dan untuk mencapai rekonsiliasi yang paling ekonomis dan masuk akal dari informasi dan yang tampaknya saling bertentangan.

    ReplyDelete
  19. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Terimakasih Prof atas link yang dibagikan. Dialektika juga dikenal dengan metode dialektika, pada dasarnya merupakan wacana antara dua orang atau lebih yang memiliki sudut pandang berbeda tentang suatu subjek tetapi ingin membangun kebenaran melalui argumen yang beralasan. Dialektika ini menyerupai debat, tetapi konsepnya tidak memasukkan unsur-unsur subjektif seperti daya tarik emosional dan retorika rasa merendahkan yang modern.

    ReplyDelete
  20. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Dialektika adalah suatu fakta empiris. Manusia melakukan penyelidikan tentang alam, dikuatkan oleh pengetahuan lebih lanjut tentang hubungan sebab-musabab yang dibawakan oleh ahli sejarah dan sains.

    ReplyDelete
  21. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Dialketisisme bertolak dari konsep bahwa sesuatu di dunia ini memiliki lawannya namun tidak selalu berlawanan dalam konteks ide. Dua hal yang berlawanan mungkin saling mensintesis dan menghasilkan satu hal baru. Prinsip dialektika yang dikemukakan oleh Hegel, menyatakan bahwa segala seuatu yang ada dapat dimengerti sejauh ia koeksis dengan ketiadaan. Lebih jauh Hegel mencontohkan suatu tesis sistem pemerintahan diktator di mana masyarakat suatu negara diatur dengan baik namun tidak memiliki kebebasan. Antitesisnya adalah pemerintahan anarki di mana masyarakat memiliki kebebasan tanpa batas namun mengakibatkan kekacauan. Dari keduanya muncul sintesis negara demokrasi yang menjamin kebebasan warga negara sekaligus membatasinya dengan undang-undang.

    ReplyDelete
  22. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, komunikasi dua arah berupa dialog dalam paham dialektisme. Pada ilmu debat misalnya, dialektika pada mulanya menunjuk pada tujuan utamanya yaitu menolak argumen lawan atau membawa lawan kepada kontradiksikontradiksi, dilema, atau paradoks. Sedangkan dialektika dalam dunia seni, dapat digunakan untuk bertukar pendapat, bagaimana caranya kita menggunakan gaya berbicara dengan mimik yang mudah dipahami oleh lawan bicara kita manakala kita bertukar pendapat sehingga lawan bicara tidak merasa diremehkan. Terimakasih

    ReplyDelete
  23. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Dialektika merupakan kata yang digunakan untuk mediskripsikan argumntasi filosofis yang mengandung kontradiksi. Sehingga dapat dikatakan dialektika merupakan konsep dimana kata/ hal yang berlawanan atau tidak sama, yang digabungkan menjadi sebuah kesatuan membentuk suatu hal baru (oposisi + pendukung = pemerintahan). Sehingga terdapat gerak perkembangan ide/gagasan yang terus menerus berkembang selama proses kehidupan manusia

    ReplyDelete
  24. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Berdasarkan dari salah satu link yang dibagikan, Dialektika biasa dikenal sebagai metode dialektik, pada dasarnya merupakan wacana antara dua orang atau lebih yang memiliki sudut pandang berbeda tentang suatu subjek tetapi ingin membangun kebenaran melalui argumen yang beralasan. Dialektika terdiri dari tiga tahap perkembangan: pertama, tesis atau pernyataan ide, yang menimbulkan langkah kedua, reaksi atau antitesis yang bertentangan atau meniadakan tesis, dan ketiga, sintesis, pernyataan yang melaluinya perbedaan antara dua poin terselesaikan.

    ReplyDelete
  25. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Dialektik (Dialektika) berasal dari kata dialog yang berarti komunikasi dua arah, istilah ini telah ada sejak masa yunani kuno ketika diintrodusir pemahaman bahwa segala sesuatu berubah (panta rei). Kemudian Hegel menyempurnakan konsep dialektika dan menyederhanakannya dengan memaknai dialektika ke dalam trilogi tesis, anti-tesis dan sintesis. Menurut Hegel tidak ada satu kebenaran yang absolut karena berlaku hukum dialektik yang absolut hanyalah semangat revolusionernya (perubahan/pertentangan atas tesis oleh anti-tesis menjadi sintesis). Menurut Tan Malaka dalam bukunya yang berjudul Madilog (Materialisme, Dialektika, Logika) dialektika mengandung 4 hal, yaitu: Waktu, Pertentangan, Timbal balik dan Seluk-beluk (pertalian).

    ReplyDelete
  26. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pend matematika D 2019

    Dialektika yaitu ilmu tentang hukum umum yang mengatur perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran. Dan Dialektisisme berarti ideologi filsafat yang menggunakan dialektika dan dialektis dalam pemikirannya. Sedangkan metode dialektis itu sendiri memiliki arti investigasi dan interaksi.

    ReplyDelete
  27. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete