Dec 2, 2012

DIALECTICISM




Ass Wr Wb
Jika ingin mendalami DIALECTICISM, silahkan konek:

http://en.wikipedia.org/wiki/Dialectic

http://plato.stanford.edu/entries/dialectical-school/

http://plato.stanford.edu/entries/adorno/

http://www.newworldencyclopedia.org/entry/Dialectic

Wss Wr Wb
Marsigit

54 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Dialektisisme berakar dari kata dialek yang artinya adalah komunikasi dua arah (dialog). Tokoh dari dialektisisme salah satunya ialah Hegel, yang menyatakan bahwa kebenaran tidak ada yang bersifat absolut atau mutlak, karena kebenaran bersifat dialektik. Memang benar adanya bahwa segala sesuatu tidak ada yang benar secara absolut, karena yang benar secara absolut adalah Allah SWT.

    ReplyDelete
  2. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Dialektik (Dialektika) berasal dari kata dialog yang berarti komunikasi dua arah, istilah ini telah ada sejak masa yunani kuno ketika diintrodusir pemahaman bahwa segala sesuatu berubah (panta rei). Kemudian Hegel menyempurnakan konsep dialektika dan menyederhanakannya dengan memaknai dialektika ke dalam trilogi tesis, anti-tesis dan sintesis. Menurut Hegel tidak ada satu kebenaran yang absolut karena berlaku hukum dialektik, yang absolut hanyalah semangat revolusionernya (perubahan/pertentangan atas tesis oleh anti-tesis menjadi sintesis. Menurut Tan Malaka dalam bukunya yang berjudul Madilog yaitu waktu, pertentangan, timbal balik dan seluk beluk.

    ReplyDelete
  3. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dialektika dalam bahasa Inggris dialectic, dalam bahasa Yunanai dialektos yang artinya pidato, pembicaraan, perdebatan. Dialektika pada mulanya menunjuk pada debat dengan tujuan utama menolak argumen lawan atau membawa lawan kepada kontradiksi, dilema atau paradoks. Atau seni bertukar pendapat. Secara umum, seorang dialektikawan adalah seorang yang tidak membiarkan sesuatu dipersoalkan. Bagi Kant Dialektika menjadi nama bagi upaya keliru manusia untuk menerapkan prinsip-prinsip pengatur fenomena-fenomena pada benda dalam dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  4. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Dialectic or dialectics (Greek: διαλεκτική, dialektikḗ), also known as the dialectical method, is a discourse between two or more people holding different points of view about a subject but wishing to establish the truth through reasoned arguments.
    The term dialectic is not synonymous with the term debate. While in theory debaters are not necessarily emotionally invested in their point of view, in practice debaters frequently display an emotional commitment that may cloud rational judgment. Debates are won through a combination of persuading the opponent, proving one's argument correct, and proving the opponent's argument incorrect. Debates do not necessarily require promptly identifying a clear winner or loser; however, clear winners are frequently determined by a judge, a jury or group consensus. The term dialectics is also not synonymous with the term rhetoric, a method or art of discourse that seeks to persuade, inform, or motivate an audience. Concepts, like "logos" or rational appeal, "pathos" or emotional appeal, and "ethos" or ethical appeal, are intentionally used by rhetoricians to persuade an audience.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Dialectic

    ReplyDelete
  5. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dialecticism adalah garis pemikiran, yang berasal dari filsafat Yunani kuno, yang menekankan perkembangan melalui gerakan maju dan mundur antara proposisi yang berlawanan. Dengan demikian, sangat kontras dengan penekanan umum filsafat Barat tentang keabadian keberadaan. Gerakan dialektika mengacu pada proses mental atau proses yang diyakini terjadi dalam realitas obyektif. Ketika gerakan dialektika dilihat seperti yang terjadi dalam pikiran, seperti dalam dialektika Sokrates, pada dasarnya berarti sebuah proses dimana seseorang secara bertahap datang untuk mencapai wawasan tertentu. Pemahaman dialektika ini umumnya sesuai dengan ontologi tradisional dan fokusnya pada makhluk abadi misalnya, gagasan Platonis.

    ReplyDelete
  6. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dialektisisme adalah paham yang menyatakan bahwa ilmu terbentuk dari interaksi dialog antara pertanyaan dan jawaban dari beberapa unsur tanpa adanya sintesis atas pengalaman, logika dan realita. Jadi dialektisisme memandang bahwa semua yang terjadi dalam interaksi pembicaraan itu benar. Dialektisisme menurut Aristoteles adalah “Menyelidiki argumentasi-argumentasi yang bertitik tolak dari hipotesa atau putusan yang tidak pasti kebenarannya. Metode dialektika menurut Hegel adalah suatu metode atau cara memahami dan memecahkan persoalan atau problem berdasarkan tiga elemen yaitu tesa, antitesa dan sintesa. Tesa adalah suatu persoalan atau problem tertentu, sedangkan antitesa adalah suatu reaksi, tanggapan, ataupun komentar kritis terhadap tesa (argumen dari tesa). Dari dua elemen tersebut diharapkan akan muncul sintesa, yaitu suatu kesimpulan.

    ReplyDelete
  7. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Dialetic atau dialektika merupakan istilah dari bahasa Yunani, yang artinya pembicaraan sekelompok orang yang mungkin memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek namun berharap untuk membangun kebenaran melalui argumen beralasan. Dialetic berarti juga tentang pemikiran banyak orang yang masuk akal dan memiliki sumber yang benar kemudian berdiskusi untuk mencari kebenaran. Atau dengan kata lain orang-orang ini ingin berusaha untuk mendapatkan kebenaran yang diakui oleh umum. Namun dialetic tidak identik dengan istilah debat. Istilah dialektika juga tidak identik dengan istilah retorika.

    ReplyDelete
  8. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Kita tahu dialecticism sering berhubngna dengan sastra atau bahasa. Istilah dialektika tidak identik dengan istilah debat. Sementara dalam teori debat tidak harus secara emosional diinvestasikan dalam sudut pandang mereka, dalam praktiknya, debat sering menampilkan komitmen emosional yang mungkin menghimpun penilaian rasional. Perdebatan dimenangkan melalui kombinasi membujuk lawan, membuktikan argumen seseorang benar, dan membuktikan argumen lawan benar. Perdebatan tidak selalu membutuhkan segera mengidentifikasi pemenang atau pecundang yang jelas; Namun, pemenang yang jelas sering ditentukan oleh hakim, dewan juri atau konsensus kelompok. Istilah dialektika juga tidak identik dengan istilah retorika, metode atau seni wacana yang berusaha membujuk, memberi informasi, atau memotivasi audiens. (Corbett, Edward P. J.; Robert J. Connors (1999). Classical Rhetoric For the Modern Student (4th ed.). New York: Oxford University Press. p. 1) Konsep, seperti "logo" atau daya tarik rasional, "pathos" atau daya tarik emosional, dan "etos" atau daya tarik etis, sengaja digunakan oleh para ahli retorika untuk meyakinkan audiens.

    ReplyDelete
  9. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Dialektika dapat diartikan sebagai kegiatan menyelidiki argumentasi-argumentasi yang bertitik tolak dari hipotesa atau putusan yang tidak pasti kebenarannya. Untuk menjelaskan filsafatnya, Hegel menggunakan dialektika sebagai metode. Yang dimaksud oleh Hegel dengan dialektika adalah mendamaikan, mengompromikan hal-hal yang berlawanan. Proses dialektika selalu terdiri atas tiga fase. Fase pertama (tesis) dihadapi antitesis (fase kedua), dan akhirnya timbul fase ketiga (sintesis).

    ReplyDelete
  10. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Dialektika adalah ilmu tentang hukum yang paling umum yang mengatur perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran. Metode dialektis berarti investigasi dan interaksi dengan alam, masyarakat dan pemikiran. Metode dialektika dialog dari Socrates merupakan metode atau cara memahami suatu dengan melakukan dialog. Dialog memiliki arti yaitu komunikasi dua arah, ada seseorang berbicara dan ada seseorang lain yang mendengarkan. Dari dua orang yang saling berkomunikasi maka akan tercipta sebuah penyelesaian dari suatu masalah.

    ReplyDelete
  11. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Istilah dialektik (dialektika) telah ada sejak masa Yunani Kuno yang dipahami sebagai segala sesuatu berubah (panta rei). Dialektika dalam bahasa Yunani adalah dialesthai yang artinya dialog, yang bermakna adanya komunikasi dan interaksi antara dua hal yang berbeda, sehingga menghasilkan pengetahuan yang baru. Dialektika bisa juga dirumuskan sebagai teori tentang persatuan hal-hal yang bertentangan. Contoh yang tepat untuk menjelaskan dialektika adalah dialog. Dalam setiap dialog, terdapat sebuah tesis, yang kemudian melahirkan anti-tesis, dan selanjutnya muncul sintesis. Proses demikian berulang terus menerus. Selain itu, aliran dialektisisme dikenal juga dengan sebutan mahzab nama nama. Aliran-aliran ini dipelopori oleh orang orang yang ahli dalam debat pidato. Mereka menyalurkan kepandaian kepada rakyat. Ajarannya dimaksudkan untuk mempengaruhi pandangan agar orang dapat dengan mudah untuk memberikan nama pada sesuatu objek.

    ReplyDelete
  12. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Terjadinya dialog berarti adanya saling komunikasi antar dua orang atau lebih. Dialektik disini berkaitan dengan yang namanya debat. Jika dikaitkan dalam pembelajaran, ada beberapa konsep komunikasi atau dialektik yang terjadi. Yang pertama dialog antara siswa dengan guru. Hal ini berarti pembelajaran berlangsung dua arah, antara siswa dan guru saling menanggapi. Pembelajaran seperti inilah yang lebih efektif daripada hanya satu arah guru saja yang menjelaskan sedangkan siswa pasif menerima informasi. Yang kedua yaitu dialog yang terjadi antarsiswa. Hal ini bisa terjadi dalam pembelajaran kooperatif misalnya, dimana ada kegiatan diskusi yang memungkinkan siswa untuk bertukar pendapat.

    ReplyDelete
  13. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Dialektism merupakan paham yang mengatakan bahwa untuk memperoleh suatu ilmu pengetahuan dapat melalui dialektika atau dialog yang berarti komunikasi dua arah. Lebih jauh lagi dialektisme merupakan pemahaman yang menganggap bahwa untuk memperoleh suatu pengetahuan dengan mempertimbangkan ide-ide bersama-sama atau ide-ide yang berlawanan melalui komunikasi dari dua orang atau lebih. Dari komunikasi ini akan terjadi asimilasi dan akomodasi berbagai ide sehingga pengetahuan yang diperoleh akan lebih jelas. Terkadang seseorang memperoleh pengetahuan melalui orang lain. Tidak semua pengetahuan dapat dimengertinya secara sendiri. seperti ketika kita memperoleh pengetahuan melalui buku, karena buku tersebut yang menulis orang lain maka pengetahuan tersebut berasal dari orang lain. Akan tetapi dialektik tidak melalui media atau perantara, tetapi dengan dialog secara langsung.

    ReplyDelete
  14. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Dialektika (juga dialektika dan metode dialektik) adalah metode argumen untuk menyelesaikan perselisihan yang telah menjadi pusat filsafat Eropa dan India sejak jaman dahulu. Dialecticism adalah cara penyelesaian masalah melalui perdebatan. Perdebatan ini tidak berarti debat usir yang emosional. Untuk memenangkan perdebatan di sini dapat dapat dilakukan dengan membujuk lawan, membuktikan bahwa argumen kita benar dan argumen lawan adalah salah.

    ReplyDelete
  15. Dialektika dapat diartikan sebagai kegiatan menyelidiki argumentasi-argumentasi yang bertitik tolak dari hipotesa atau putusan yang tidak pasti kebenarannya. Ketika ingin menemukan suatu kebenaran maka ada argumen yang diajukan. Argumen-argumen tersebut belum diketahui kebenarannya sehingga disebut hipotesa. Yang dimaksud oleh Hegel dengan dialektika adalah mendamaikan, mengompromikan hal-hal yang berlawanan. Karena dalam dialektika terdapat pro dan kontra artinya dipikirkan hal-hal yang mendukung argumen dan hal-hal yang berlawan atau kekurangan-kekurangan dari suatu argumen. Proses dialektika selalu terdiri atas tesis dihadapi antitesis dan akhirnya timbul sintesis.

    ReplyDelete
  16. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Berdasarkan link yang Bapak berikan dijelaskan bahawa ajaran dialektisme dengan jelas menentang metafisika. Dialektisme mengakui interrelasi (saling berhubungan), perubahan, perkembangan, dan revolusi. Kita harus memahami bahaimana berpikir secara dialektis bila ingin memahami alam. Contohnya, binatang berhubungan dengan lingkungan tetapi juga berbeda dari lingkungan, oleh karena itu dalam arti-arti tertentu mereka saling terpisah dan terasing. Beberapa perubahan pada lingkungan akan mempengaruhi binatang, tapi tidak bagi yang lain.

    ReplyDelete
  17. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Setelah membaca uraian tentang dialecticism, dapat saya simpulkan bahwa dialecticism adalah cara penyelesaian masalah melalui perdebatan yang berupa argumen-argumen.. Dalam hal ini perdebatan tersebut tidak dilakukan secara emosional, namun perdebatan ini dilakukan untuk membuktikan suatu kebenaran. Unsur dialektis sangan kental dalam dialectism, karena memang pendapat lah yang digunakan pada metode ini.

    ReplyDelete
  18. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Menurut Hegel dunia selalu dalam proses perkembangan, dimana proses perkembangan atau perubahan tersebut bersifat dialektis. Dialektis berarti perubahan-perubahan yang berlangsung itu melalui tahap afirmasi (tesis), pengingkaran (antitesis) dan akhirnya sampai pada tahap integrasi atau sintesis. Segala perkembangan, baik itu dalam benda atau dalam ide, terjadi dengan cara mengalahkan kontradiksi misalnya ide tentang ada memunculkan ide tentang tidak ada.

    ReplyDelete
  19. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, Dialektika yaitu ilmu tentang hukum umum yang mengatur perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran. Dan Dialektisisme berarti ideologi filsafat yang menggunakan dialektika dan dialektis dalam pemikirannya. Sedangkan metode dialektis itu sendiri memiliki arti investigasi dan interaksi

    ReplyDelete
  20. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Sebelum membaca link-link yang dibagikan di atas, "dialektisem" dalam gambaran saya adalah suatu proses pencarian kebenaran dengan mengujikan teori kebenaran dari beberapa pihak. Sama halnya dengan dialog, tentu dialektisem memang mencakup beberapa subjek. Sering kali saya berpikiran apakah dialektisem bisa memicu perdebatan? Jawabannya ternyata tidak (berdasarkan salah satu link di atas), dialektisem berbeda dengan perdebatan. Karena "debat" melibatkan aspek emosional dalam mempertahankan pendapat-pendapat rasional. Dalam dialektisem, tidak dikenal istilah si juara dan si pecundang. Banyak ilmu baru yang saya dapat dari link-link tersebut, salah satu di antaranya yaitu tentang metode dialektika naif yang mengandalkan intuisi dan pengalaman pribadi dengan bukti ilmiah pendukung terbatas. Selain itu ada juga dialektika idealistis dan materialistis. Melalui bahan bacaan di atas, saya menjadi terbuka, utamanya yaitu tentang perspektif saya terdahulu yang menyamakan dialektika dengan "debat".

    ReplyDelete
  21. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Ketika membaca kata Dialektika yang terlintas dipikiran saya adalah sebuah kegiatan komunikasi atau saling tukar pendapat. supaya lebih yakin mengenai kebenaran dari apa yang etrlintas dipikiran saya saya membuka kamus besar bahasa indonesia ternya disana dialektika /di·a·lek·ti·ka/ /dialéktika/ berarti (1) hal berbahasa dan bernalar dengan dialog sebagai cara untuk menyelidiki suatu masalah; (2) ajaran Hegel yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang terdapat di alam semesta itu terjadi dari hasil pertentangan antara dua hal dan yang menimbulkan hal lain lagi. agak sedikit berbeda dengan apa ang tertulis dalam link http://www.newworldencyclopedia.org/entry/Dialectic, disana tertulis bahwa Dialektika (bahasa Yunani: διαλεκτική) adalah garis pemikiran, yang berasal dari filsafat Yunani kuno, yang menekankan perkembangan melalui gerakan mundur antara proposisi yang berlawanan.

    ReplyDelete
  22. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Dialektika menekankan pada dialog, komunikasi dua arah. Tokohnya adalah Hegel yang menyatakan bahwa tidak ada sesuatu di dunia ini yang bersifat mutlak karena kebenaran itu bersifat dialektik. Maka memang semua di dunia ini tidak ada yang absolut, karena hanya Allah SWT pemiliknya. dialektika dapat tercipta dengan komunikasi dua arah, ada stimulus dan ada respon. aktifnya kedua arah dalam komunikasi itu penyebab dialektika.

    ReplyDelete
  23. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Dialektika merupakan suatu cara berpikir yang berpotensi menghasilkan penjelasan, tetapi dialektika itu sendiri bukan merupakan penjelasan. Dengan kata lain, dialektika adalah salah satu metode untuk mencapai penjelasan, tetapi bukan penjelasan itu sendiri. Dialektika ialah metode argumen untuk menyelesaikan perselisihan yang telah menjadi pusat filsafat Eropa dan India sejak jaman dahulu. Metode dialektika ialah wacana antara dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang suatu subjek, yang ingin menegakkan kebenaran dari materi dipandu oleh argumen beralasan. Dialektika memandang agama-agama lain beserta para penganutnya pada saat yang bersamaan secara negatif dan positif. Pandangan ini menganggap dalam semua agama terkandung unsur-unsur kebaikan dan kejahatan; kebenaran dan kesalahan; keagungan dan kenistaan.

    ReplyDelete
  24. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Dialektika dalam pembelajaran dapat dimaknai sebagai proses pemecahan masalah. Di mana masalah yang akan diselesaikan diberi tanggapan, komentar, dan pendapat untuk disusun strateginya kemudian dilanjutkan dengan membuat kesimpulan. Dialektika cocok dengan matematika karena matematika memamg identik dengan pemecahan masaah, sehingga siswa akan terbiasa berpikir secar terstruktur dan sistematis Sebaiknya juga digabungkan dengan diskusi kelas agar siswa semakin aktif dalam berkomunikasi serta dapat mencari kesepakatan atau kesimpulan dari hasil diskusi.

    ReplyDelete
  25. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Dialek erat kaitannya dengan komunikasi atau pola interaksi antara satu orang dengan orang lain. Seseorang dapat berkomunikasi jika menguasai bahasa. Penting sekali mengenali berbagai bahasa agar dialek dapat dilakukan secara efektif, konsisten, dan komunikatif. Dalam dialek itu sendiri membutuhkan gagasan yang tepat. Kita juga perlu memahami lawan bicara kita. Contoh sederhana saja seseorang dapat berdialek dengan anggota tubuh tanpa bersuara seperti orang yang tuna wicara. Kemudian, kita dapat memahami lawan bicara kita dengan mendengarkan dan memperhatikannya. Sejatinya masih banyak lagi bahasa yang ada di dunia ini dan bahasa dapat dikontrol dengan logika.

    ReplyDelete
  26. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Ketika pertama kali mendengar istilah dialektika, di pikiran saya timbul konsep perdebatan wacana. Setelah membaca artikel pada link di atas saya memahami bahwa dialektika adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen yang beralasan. Dialektika memiliki peran yang penting karena dapat digunakan untuk mencari kebenaran, pemerdalam dalam memahami masalah dan dalam pemecahan masalah melalui diskusi. Melalui dialektika harapannya dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran baru yang segar dari suatu konsep pengetahuan.

    ReplyDelete
  27. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Dialektika, adalah cara dialog sesorang dengan orang lain. Hegel dalam pandangannya mengungkapkan dialektika ke dalam trilogi tesis, anti-tesis dan sintesis. Dalam pandangan Hegel, kita sebagai manusia haru selalu terus berpikir, berusaha agar tidak termakan oleh waktu, harus tetap berpikir untuk mengikuti jaman.

    ReplyDelete
  28. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Menurut Hegel, Dialektisme atau dialektika dapat dimaknai ke dalam trilogi tesis, anti-tesis dan sintesis. Menurut Hegel tidak ada satu kebenaran yang absolut karena berlaku hukum dialektik, yang absolut hanyalah semangat revolusionernya (perubahan/pertentangan atas tesis oleh anti-tesis menjadi sintesis). Dialektika bukanlah hasil penemuan dari pemikiran manusia tapi muncul secara independen dari pemikiran alam dan masyarakat. Dialektika menemukan maksud dari fungsi dan perkembangan suatu materi, dan metode dialektis memberikan inti pengertian akan perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran.

    ReplyDelete
  29. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Merujuk pada pa sumber bacaan, saya mamahami dialektika sebagai diskusi bersama atau kelompok untuk menemukan jawaban dari masalah tersebut.Dialektika tidak juga dipahami sebagai suatu perdebatan yang menimbulkan suatu perselisihan bahkan petengkaran fisik.Perbedabatan menurut saya lebih cenderung mempertahankan pendapat dan mengedepankan emosional atau rasa ego.Terkadang perdebatan saling menjatuhkan satu sama lain.Maka makna dilektika lebih kepada seni berbicara bagaimana memainkan gaya bahasa sehingga dapat menghipnotis para audiens atau penonton. Dialektika berbicara lebih mengerucutkan dalam menggunakan logika untuk berpikir rasional.

    ReplyDelete
  30. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Berdadarkan bacaan diatas bahwa heleg menyampaikan bahwa konsep dialektika disajikan dalam tesis, anti-tesis dan sintesis. Menurut hegel tidak ada satu kebenaran yang absolut karena yang absolut hanya pertentangan tesis dan anti-tesis sehingga mengahasilkan sintesis. Dialektisme dapat mengembangkan proses berpikir yang dinamis dan memecahkan permasalahan yang muncul karena adanya argument-argumen yang saling kontradiktif sehingga dicapainya kesepakatan yang rasional.Teima Kasih

    ReplyDelete
  31. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Dialegtisisme bearti aliran yang menganut dialektik. Dimana Dialektik (Dialektika) berasal dari kata dialog yang berarti komunikasi dua arah, istilah ini telah ada sejak masa yunani kuno ketika diintrodusir pemahaman bahwa segala sesuatu berubah (panta rei). Dialektik atau dialektika adalah hal berbahasa dan bernalar dengan dialog sebagai cara untuk menyelidiki suatu masalah. Dialektika merupakan ajaran Hegel yang menyatakan bahwa segala sesuatu yang terdapat di alam semesta itu terjadi dari hasil pertentangan antara dua hal dan yang menimbulkan hal lain lagi.

    ReplyDelete
  32. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa dialektisisme merujuk pada dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai satu subjek dan mencoba bersama-sama untuk mencapai kebenaran melalui argumentasi yang rasional. Dalam filsafat, dialektik digunakan untuk menguji dan memahami objek filsafat.

    ReplyDelete
  33. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Berdasarkan sumber pada https://id.wikipedia.org/wiki/Dialektik, dialektik (dialektika) berasal dari kata dialog yang berarti komunikasi dua arah. Kemudian, Hegel menyempurnakan konsep dialektika dan menyederhanakannya dengan memaknai dialektika ke dalam trilogi tesis, anti-tesis dan sintesis. Menurut Hegel tidak ada satu kebenaran yang absolut karena berlaku hukum dialektik, yang absolut hanyalah semangat revolusionernya (perubahan/pertentangan atas tesis oleh anti-tesis menjadi sintesis). Dengan demikian pemikiran dialekticism ini bertentangan dengan pemikiran absolutism
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  34. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Tujuan dasar dari dialektika adalah untuk menganalisis realitas pada dirinya sendiri. Konsep inti di dalam metode dialektika Hegel adalah negasi atas negasi (negation of the negation), atau yang ia sebut juga sebagai Aufhebung. Konsep ini diawali dengan sebuah premis sederhana, bahwa segala sesuatu menjadi apa adanya, karena selalu berada di dalam relasi dengan yang lainnya, yang bukan sesuatu itu. Meja bisa ada dan diketahui oleh manusia, karena ada segala sesuatu yang bukan meja. Meja menegasi segala sesuatu yang bukan meja, sehingga ia menjadi dirinya sendiri.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  35. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum..
    Menurut website https://en.wikipedia.org/wiki/Dialectic dialektika adalah percakapan antara dua atau lebih orang yang memegang sudut pandang yang berbeda tentang topik tetapi ingin membangun kebenaran melalui argumen yang masuk akal. Dialektika tidak bersinonim dengan debat. Tujuan dari metode dialektika penalaran adalah penyelesaian perbedaan pendapat melalui diskusi rasional, dan pada akhirnya, pencarian kebenaran. Konsep dialektika terdapat dalam filsafat Heraclitus dari Efesus, yang mengusulkan bahwa segala sesuatu dalam perubahan yang konstan, sebagai akibat dari perselisihan bagian dalam (inner strife) dan oposisi. Disebutkan di halaman web bahwa sejarah metode dialektika merupakan sejarah filsafat. Itu tadi yang dapat saya tangkap mengenai dialektika. Mohon koreksi Prof. Marsigit bila terdapat kesalahan. Terimakasih. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  36. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas dapat saya pahami bahwa dialektika merupakan suatu metode untuk menyelesaikan suatu perselisihan dengan cara menyampaikan argumen yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih yang membahas suatu objek pembicaraan untuk memperoleh suatu kebenaran dengan argumen dari masing-masing pihak. Socrates mengatakan bahwa kebenaran sebagai nilai tertinggi bisa ditemukan melalui akal dan logika dalam diskusi. Menurut Socrates diskusi merupakan sarana yang tepat untuk persuasi, penemuan kebenaran, dan penentu tindakan seseorang.

    ReplyDelete
  37. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Dialektika atau dialektika (bahasa Yunani: διαλεκτική, dialektikḗ), juga dikenal sebagai metode dialektis, adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen beralasan (https://en.wikipedia.org/wiki/Dialectic). Dari pengertian tersebut dialektika tersebut, dapat dipahami bahwa dialektika dapat dipandang sebagai suatu diskusi atau debat dimana masing-masing pihak memiliki pemikirannya sendiri dan ingin menunjukkan bahwa pemikirannya benar. Dalam filsafat, metode dialektika merupakan metodologi yang digunakan untuk memeriksa objek filosofis.

    ReplyDelete
  38. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Sepengetahuan saya istilah dialek berhubungan erat dengan bahasa. Menurut situs wikipedia, dialektika atau dikenal juga sebagai metode dialektis, adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen beralasan. Dalam filsafat, metode dialektika atau dialektis menyiratkan metodologi yang digunakan untuk memeriksa dan mengkognisi objek filosofis.

    ReplyDelete
  39. Junianto
    PM C

    Dialecticism merupakan paham yang mengatakan bahwa argumen-argumen yang berasal dari sudut pandang orang-orang bisa dijadikan sarana untuk membuktikan suatu kebenaran. Argumen-argumen dari beberapa orang ini bisa dijadikan saran juga untuk pemecahan suatu masalah yang ada di masyarakat. Secara sederhana bisa kita kaitka juga dengan sebuah musyawarah yang sudah akrab dengan kehidupan kita dimana pendapat-pendapat masing-masing orang kemudian dijadikan pedoman dalam mengambil keputusan.

    ReplyDelete
  40. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dialektika adalah suatu tulisan dua orang atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen beralasan. Metode dialektis juga dikenal sebagai dialektika.
    Metode dialektika memiliki tiga bentuk utama yang sesuai dengan tiga tahap perkembangan. Dialektika naif, muncul dalam sejarah kuno, terutama mengandalkan intuisi dan pengalaman pribadi dengan bukti ilmiah pendukung terbatas. Dialektika idealistis, produk idealisme klasik Jerman dan mencapai puncaknya dalam karya Hegel, adalah bentuk metode dialektika pertama yang sistematis. Dialektika materialistis, yang dibangun terutama oleh Karl Marx, Friedrich Engels dan Vladimir Lenin, mengadaptasi dialektika Hegelian menjadi materialisme tradisional.

    ReplyDelete
  41. Latifah Fitriasari
    PM C

    Metode argumen untuk menyelesaikan perselisihan yang telah menjadi pusat filsafat. Hal tersebut juga bisa berarti bahwa untuk penyelesaian masalah digunakan cara dengan melalui perdebatan. Perdebatan ini tidak berarti debat usir yang emosional. Sehingga bisa juga dikenal sebagai wacana antara dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek atau objek tertentu namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen beralasan. Untuk memenangkan perdebatan di sini dapat dapat dilakukan dengan membujuk.

    ReplyDelete
  42. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Dialektika adalah Ilmu Pengetahuan tentang hukum yang paling umum yang mengatur perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran. Sedangkan metode dialektis berarti investigasi dan interaksi dengan alam, masyarakat dan pemikiran. Study tentang dialektika adalah menjawab pertanyaan: bagaimana materi tersebut berkembang, yang secara singkat dapat dijawab bahwa semua materi adalah saling berhubungan dan berkembang.

    ReplyDelete
  43. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Dialecticism merupakan cara penyelesaian masalah melalui perdebatan. Perdebatan yang dimaksudkan tidak selalu debat kusir yang penuh emosional. Perdebatan dapat dilakukan dengan memberikan argumen-argumen dengan cara yang baik dan disertai dengan fakta-fakta serta alasan yang ada. Perdebatan disini juga dapat diartikan sebagai dialog dengan tujuan mendapatkan sebuah solusi atas apa yang didiskusikan. Tidak selamanya perdebatan itu buruk, dia akan menjadi baik jika diniatkan untuk hal yang baik, dilakukan dengan cara yang baik, dan menghasilkan solusi yang terbaik dari rasionalisme-rasinalisme yang sudah diajukan.

    ReplyDelete
  44. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dialektika dapat diartikan sebagai kegiatan menyelidiki argumentasi-argumentasi yang bertitik tolak dari hipotesa atau putusan yang tidak pasti kebenarannya. Ketika ingin menemukan suatu kebenaran maka ada argumen yang diajukan. Argumen-argumen tersebut belum diketahui kebenarannya sehingga disebut hipotesa. Yang dimaksud oleh Hegel dengan dialektika adalah mendamaikan, mengompromikan hal-hal yang berlawanan. Karena dalam dialektika terdapat pro dan kontra artinya dipikirkan hal-hal yang mendukung argumen dan hal-hal yang berlawan atau kekurangan-kekurangan dari suatu argumen. Proses dialektika selalu terdiri atas tesis dihadapi antitesis dan akhirnya timbul sintesis.

    ReplyDelete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  46. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Socrates mengatakan bahwa dialestik merupakan cara untuk memahami mengenai pemikiran dari suatu objek itu melalui dialog. Dialog disini saya memberikan arti adalah dialog dua arah dimana akan mendapatkan hasil yang tidak merugikan antara dua belah pihak yang saling berdialog. Dialog disini bisa juga dikatakan sebagai diskusi. Jika suatu pemikiran ingin diketahui melalui diskusi, maka hasil yang diberikan akan lebih mendalam daripada kita hanya mencari informasi dari luar objek yang belum tentu kebenarannya.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  47. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Dialektisisme ialah proses yang terus menerus sehingga tidak akan tercipata keberhentian. Dalam filsafat dialektis ialah kegiatan analisis yang mempertentangkan tesis dan antitesis untuk menghasilkan sisntesis. Menurut Hegel, setiap tesis akan mendapat reaksi berupa antitesis dan pada akhirnya menghasilkan sintesis. Sintesis ialah tesis baru yang suatu ketika akan mendapatkan reaksi baru berupa antitesis dan kemudian akan menumbuhkan sintesis baru lagi. Demikian seterusnya langkah-langkah tadi berulang kembali. Contohnya terdapat sebua tesis yaitu bumi itu bulat dan merupakan pusat dari tata surya, kemudian ada antitesis yang menyanggah tesis tersebut yaitu matahari merupakan pusat tata surya, bukan bumi. Kemudian terciptalah sintesis berupa bumi itu bulan dan bukan merupakan pusat atta surya, pusat tata surya ialah matahari.

    ReplyDelete
  48. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Dialektika adalah Ilmu Pengetahuan tentang hukum yang paling umum yang mengatur perkembangan alam, masyarakat dan pemikiran. Sedangkan metode dialektis berarti investigasi dan interaksi dengan alam, masyarakat dan pemikiran. Dialektika tumbuh dari logika formal di dalam perkembangan sejarah. Logika formal adalah sistem pengetahuan ilmiah besar pertama dari proses pemikiran. Dialektika menjelaskan alam suatu materi (benda). Khususnya mempelajari fenomena akan 'pergerakan' dan 'interelasi' mereka, bukannya keterasingan dan kestatisannya. 'Pergerakan' dan 'interrelasi' (saling berhubungan) adalah dua prinsip paling general dari dialektika.

    ReplyDelete
  49. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Dari referensi di atas, saya mendapatkan bahwa dialektika berarti sesuatu itu hanya benar apabila dilihat dengan seluruh hubungannya. Dialektika bisa juga dirumuskan sebagai teori tentang persatuan hal-hal yang bertentangan. Dengan kata lain, dialektisisme adalah percakapan antara dua atau lebih orang yang masihng-masing memegang sudut pandang berbeda, namun ingin membangun suatu kebenaran melalui argumen-argumen yang beralasan

    ReplyDelete
  50. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Dialektika atau dialektika berasal dari bahasa Yunani yang juga dikenal sebagai metode dialektis, merupakan wacana antara dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen. Dalam filsafat, metode dialektika atau dialektis merupakan metodologi yang digunakan untuk memeriksa dan mengkognisi kebenaran suatu objek filsafat.

    ReplyDelete
  51. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Dialecticism berasal dari bahasa Yunani, yaitu: διαλεκτική, dialektikḗ. Dialecticism atau dikenal juga sebagai metode dialecticism adalah wacana antara dua atau lebih orang yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen beralasan. Dalam filsafat, metode dialecticism menyiratkan metodologi yang digunakan untuk memeriksa dan mengkognisi objek filosofis. Metode dialecticism menuntut pengguna untuk memeriksa objek dalam kaitannya dengan objek lain dan keseluruhan sistem serta memeriksa objek dalam lingkungan evolusioner yang dinamis. Metode dialecticism biasanya dikontraskan dengan metode metafisik, yang meneliti benda-benda di lingkungan yang terpisah, terisolasi dan statis.

    ReplyDelete
  52. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dialektisisme secara bahasa berakar dari kata dialek yang mengacu pada artian komunikasi dua arah atau dialog. Paham ini menyatakan gagasannya bahwa sifat kebenaran itu tidak ada yang absolut atau mutlak, karena setiap kebenaran bersifat dialektik. Paham ini kemudian dijadikan sebagai salah satu landasan dalam berkomunikasi di masyarakat saat ini, terutama dalam hal memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan banyak pihak. Dialektik dibutuhkan untuk dapat menemukan kebenaran dari berbagai sudut pandang dari pihak-pihak yang terkait.

    ReplyDelete
  53. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum Prof,
    Dialecticism berasal dari kata dialektika yaitu metode dialektis. Metode dialektis adalah wacana antara dua orang atau lebih yang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu subjek namun ingin membuktikan kebenaran melalui argumen beralasan. Jadi dialektism adalah paham yang memandang sesuatu dengan perdebatan namun tetap dibuktikan kebenarannya. Jadi disini orang yang memiliki paham dialektisme selalu memiliki pendapat lain untuk sesuatu, sehingga selalu adanya perdebatan yang terjadi. Namun dengan perdebatan itu si paham dialektisme mencari bukti yang benar dengan alasan yang ia buat.

    ReplyDelete
  54. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Dialektika merupakan sebuah metode diskusi. Diskusi ini jauh dari yang namanya debat kusir. Diskusi yang dilakukan dua orang atau lebih dengan masing-masing bisa mengemukakan pendapat menurut sudut pandang masing-masing. Disini argumen harus mempunyai alasan dan landasan yang kuat, sehingga trhindar dari sifat subyektivitas masing-masing.

    ReplyDelete