Dec 2, 2012

EPOCHE





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang EPOCHE, koneklah:





Wss Wr Wb
Marsigit

12 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Epoke adalah rumah atau tempat bagi semua yang tidak aku pikirkan. Apa yang tidak terpikirkan maka aku tempatkan di rumah epoke. Apa yang tidak ada dipikiranku dan apa yang tidak pernah aku pikirkan adalah penghuni rumah epoke. Agar kita terampil menembus ruang dan waktu maka kita harus terampil menggunakan rumah epoke. Sesuatu pikiran yang akan menghambat langkah kita menuju kebaikan, haruslah kita penjarakan kedalam rumah epoke karena syaitan dengan segala tipu muslihatnyamenghalangi kita amal kebaikan dan membisikkan kita untuk melakukan keburukan.Oleh karena itu agar kita terampil menembus ruang dan waktu yang bijak, maka kita harus terampil menggunakan rumah epoke.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Epoche adalah sebuah istilah dalam Yunani kuno yang kegunaannya dalam filsafat mendeskripsikan teoritis yang tepat dimana semua pendapat tentang adanya dunia luar, sebagai konsekuensi semua tindakan di dunia adalah penundaan. Epoche berkaitan dengan skeptisme (keragu-raguan) dan fenomenologi. Di mana setiap fenomena yang ada dan berkaitan dengan dunia luar itu seringkali diragukan kebenarannya, dan perlu dibuktikan dengan penemuan dan pemeriksaan. Dalam kehidupan kita epoche dapat diartikan sebagai penundaan keputusan yang diakibatkan oleh keragu-raguan kita dalam mengambil keputusan dan masih mempertimbangkan dengan keadaan yang dapat mendukung kita dalam mengambil keputusan yang tepat. Demikian pendapat saya Bapak dan mohon maaf jika ada kesalahan.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Epoche, dalam filsafat Yunani disebut juga dengan istilah “penangguhan keputusan,” prinsip awalnya didukung oleh Skeptis filosofis nondogmatic dari Akademi Yunani kuno yang melihat masalah dari segi pengetahuan yang mengusulkan bahwa, ketika kontroversi muncul, sikap noninvolvement harus diadopsi untuk mendapatkan ketenangan pikiran. Istilah ini digunakan dalam abad ke-20 oleh Edmund Husserl, pendiri fenomenologi yang kemudian ia menekankan epoche atau penangguhan putusan sebagai tahap dalam reduksi fenomenologis.

    ReplyDelete
  4. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    dari link di atas, wawasan Husserl adalah bahwa kita menjalani hidup kita dalam apa yang ia sebut sebagai “pikat-in-an-acceptedness,” yang mengatakan, kita menjalani hidup kita dalam semacam tidak perlu diragukan lagi dari jalan dengan menjadi sepenuhnya diambil dalam keyakinan-kinerja tak terputus kehidupan adat kita di dunia. Kami mengambil begitu saja tubuh kita, budaya, gravitasi, bahasa sehari-hari kita, logika dan segudang aspek lain dari keberadaan kita. Semua ini bersama-sama hadir untuk setiap individu dalam setiap saat dan membuat apa istilah Fink “imanensi manusia”; semua orang menerimanya dan penerimaan ini adalah apa yang membuat kita di penangkaran. EPOCHE adalah prosedur dimana kita tidak lagi menerimanya.

    ReplyDelete
  5. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Epoche merupakan tempat sesuatu yang tidak kita pikirkan. Hubungan pikiran dan hati adalah epoche. Contoh yang dekat dengan kehidupan kita yaitu dalam matematika misalnya ketika kita berbicara tentang suatu segitiga. Segitiga yang kita pikirkan hanya bentuknya. Warna, bau, dan sebagainya itu ditaruh dalam epoche. Ketika kita berdoa maka kita perlu lupa apa yang tidak terkait dengan doa, hal tersebut ditaruh dalam epoche ataupun godaan setan mengenai apa yang masih ada di pikiran yang dapat mengganggu fokus berdoa ditaruh di kotak epoche.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Epoche merupakan rumah dalam filsafat. Atau berarti mengosongkan diri dari keyakinan tertentu. Dengan epoche seseorang akan sampai pada hakikat dari fenomena yang ada di depannya ataupun dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian agar kehidupan kita bermanfaat maka kita harus selalu berusaha agar dapat mencapai hakikat dari sebuah fenomena.

    ReplyDelete
  8. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)

    Epoché ( ἐποχή epokhē , "suspension" ) adalah istilah Yunani kuno yang, dalam penggunaan filosofisnya, menggambarkan keadaan di mana semua penilaian tentang hal-hal yang tidak jelas ditangguhkan untuk menginduksi keadaan ataraxia (kebebasan dari kekhawatiran dan kegelisahan). Konsep ini dikembangkan oleh sekolah filsafat Pyrrhonisme.
    Epoch memainkan peran implisit dalam pemikiran skeptis berikutnya, seperti pada prinsip epistemis René Descartes tentang keraguan metodis . Istilah ini dipopulerkan dalam filsafat oleh Edmund Husserl . Husserl menguraikan gagasan 'epoché fenomenologis' atau ' bracketing ' dalam Ide I. Melalui prosedur sistematis 'pengurangan fenomenologis', seseorang diperkirakan dapat menunda penghakiman mengenai kepercayaan filosofis umum atau naif terhadap eksistensi dunia luar, dan dengan demikian memeriksa fenomena sebagaimana pada awalnya diberikan kepada kesadaran.
    Epoch memainkan peran penting dalam Pyrrhonism , filosofi skeptis yang dinamai Pyrrho . Pyrrhonisme memberi para praktisi teknik untuk mencapai epoché melalui penggunaan Sepuluh Mode Aenesidemus , Lima Mode Agrippa , dan maksim Pyrrhonist. Pyrrhisme sebagian besar dikenal saat ini melalui tulisan filsuf Pyrrhonist Sextus Empiricus yang karya-karyanya yang masih bertahan tampaknya merupakan ensiklopedia argumen Pyrrhonist untuk mendorong era esok di berbagai aspek filosofis dan intelektual kuno lainnya.

    ReplyDelete
  9. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Epoche berasal dari bahasa Yunani yang berarti menunda keputusan. Epoche diperkenalkan oleh Edmund Husserl, pendiri fenomenologi. Husserl memperkenalkan epoche sebagai teknik untuk melakukan reduksi yaitu mengabaikan sesuatu yang lain saat kita sedang mengerjakan atau memikirkan sesuatu. Misalnya saat melihat segiempat maka yang dipikirkan oleh kita hanyalah bentuk dan ukurannya. Warna, bahan, bau dan lain-lainnya tidak kita pikirkan. Hal-hal yang tidak kita pikirkan tersebut (warna, bahan, bau, dll) kita masukan ke dalam rumah epoke. Keberadaan epoche ini sagatlah penting karena jika kita tidak menggunakannya, kita akan merasa kesulitan untuk mempelajari sesuatu secar fokus.

    ReplyDelete
  10. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    epoche berasal dari bahasa Yunani, yang berarti: “menunda keputusan” atau “mengosongkan diri dari keyakinan tertentu”. Epoche bisa juga berarti tanda kurung (bracketing) terhadap setiap keterangan yang diperoleh dari suatu fenomena yang nampak, tanpa memberikan putusan benar salahnya terlebih dahulu. Fenomena yang tampil dalam kesadaran adalah benar-benar natural tanpa dicampuri oleh presupposisi pengamat. Epoche dalam usaha untuk menyingkirkan segala sesuatu untuk mencapai penyelidikan fenomena memiki tiga macam reduksi (penyaringan). Reduksi ini merupakan usaha untuk mencapai bagian hakikat segala sesuatu (fenomena) yang diselidiki. Yaitu reduksi fenomenologis, eidetis dan transendentalUntuk itu, Keputusan harus ditunda (epoche) atau dikurung dulu dalam kaitan dengan status atau referensi ontologis atau eksistensial objek kesadaran.

    ReplyDelete
  11. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Epoche dimaknai sebagai menunda keputusan. Menunda berarti berhenti untuk sementara. Agar keputusan yang diambil tidak beresiko, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yang pertama adalah harus menentukan tujuan. Jika tujuan sudah jelas, hidup akan terarah dan penuh dengan kejelasan. Selanjutnya, yang harus diperhatikan disaat menunda keputusan adalah mengetahui apa-apa yang harus diperbaiki dan ditingkatkan. Apapun nanti akibatnya, jika itu salah, maka perbaikan sangat penting disini agar hidup semakin maju. Dan setelah semua resiko yang akan terjadi setelah mengambil keputusan diketahui, maka segeralah bertindak mengambil keputusan, apapun yang terjadi hasilnya, kita serahkan kepada Allah.

    ReplyDelete
  12. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Epoche berasal istilah dalam Yunani kuno yang dalam filsafat mendeskripsikan teoritis yang tepat dimana semua pendapat tentang adanya dunia luar, sebagai konsekuensi semua tindakan di dunia adalah penundaan.
    Sehingga semua pendapat yang berasal dari luar tidak serta merta langsung diterima kana tetapi terjadi penundaan sampai semua bukti memberikan keyakinan bahwasannya pendapat yang ada benar adanya.

    ReplyDelete