Dec 2, 2012

EPOCHE





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang EPOCHE, koneklah:





Wss Wr Wb
Marsigit

33 comments:

  1. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Epoche adalah salah satu prinsip netral dalam penelitian fenomena keagmaan dengan cara menangguhkan terlebih dahulu persepsi awal, penilaian normative agama dan sudut pandang peneliti sebagai pemeluk agama, guna memperleh hasil penelitian yang objektif. Epoche memiliki sifat netral dalam penelitian keagamaan, terhindari dari penilaian yang dikonsepkan sebelumnya oleh seorang pemeluk agama yang meneliti fenomena dikonsepkan sebelumnya oleh seorang pemeluk agama yang meneliti fenomena keagamaan. Sehingga seorang fenomenolo dituntut untuk mendeskripsikan dan menjelaskan secara emprisme suatu fenomena keagamaan tanpa sudut pandang subjektif fenomenolog sebagai pemeluk agama. Epoche berada pada wilayah filsafat sekaligus teologi, namun fakta bahwa manusia religious dapat mempengaruhi tindakan-tindakan dan tingkah lakunya, sehingga ketika ungkapan keagaam tersebut muncul maka akan memasuki wilayah faktua. Artinya seorang fenomenolog tetap perlu mempertanyakan hakikat sebenarnya sebuah fenomena keagamaan melalui prinsip epoche tanpa harus terlibat untuk merumuskan baik buruknya religious atau moral suatu kasus (Wikipedia). Dalam penelitian terutama penelitian keagaam sangat dibutuhkan deep understanding, bukan hanya menghargai adanya perbedaan tetapi lebih mengerti secara mendalam adanya perbedaan keagamaan.

    ReplyDelete
  2. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Epoche merupakan suatu istilah dalam Yunani kuno. Epoche memiliki arti penundaan sementara. Epoche memiliki kegunaan dalam filsafat untuk mendeskripsikan secara teoritis yang tepat dimana semua pendapat tentang adanya dunia luar, sebagai konsekuensi semua tindakan di dunia adalah penundaan. Epoche berkaitan dengan skeptisme (keragu-raguan) dan fenomenologi. Di mana setiap fenomena yang ada dan berkaitan dengan dunia luar itu seringkali diragukan kebenarannya, dan perlu dibuktikan dengan penemuan dan pemeriksaan. Dalam kehidupan kita epoche dapat diartikan sebagai penundaan keputusan yang diakibatkan oleh keragu-raguan kita dalam mengambil keputusan dan masih mempertimbangkan dengan keadaan yang dapat mendukung kita dalam mengambil keputusan yang tepat.

    ReplyDelete
  3. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018


    Epoche merupakan istilah pada zaman yunani kuno. Epoche diartikan sebagai gambaran suatu keadaan saat dimana semua keputusan tentang keberadaan dunia luar dan akibat dari semua tindakan di dunia ditangguhkan. Epoche bisa juga berarti tanda kurung (bracketing) terhadap setiap keterangan yang diperoleh dari suatu fenomena yang nampak, tanpa memberikan putusan benar salahnya terlebih dahulu. Maksud dari konsep Epoche ini adalah kita hanya memfokuskan satu masalah dan membiarkan terlebih dahulu semua hal yng tidak berkaitan dengan masalah tersebut. Konsep ini dikembangkan oleh Rene Descartes yang kemudian dipopulerkan oleh Edmund Husserl.

    ReplyDelete
  4. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Dalam bahasa Yunani Epoche berasal dari istilah "suspension of judgment" ataupun pemberhentian penghakiman. Sejak awal kemunculan epoch telah didukung oleh prinsip dari seorang filsuf nondogmatik dari akademi Yunani kuo yang memandang masalah pengetahuan yang tidak terpecahkan, yang muncul ketika terjadi kontroversi, maka diperlukan ketenangan pikiran dalam menanggapinya. Hal ini memberi penangguhan agar hal yang belum jelas tidak memunculkan kekhawatiran dan kegelisahan.

    ReplyDelete
  5. Ady Ferdian Noor
    S3 DikDas / 18706261004

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.

    Dunia merupakan ruang dan waktu antara ada dan mungkin ada. Epoche Dalam penggunaan filosofisnya "epoché" mendeskripsikan negara di mana semua penilaian tentang hal-hal yang tidak jelas ditangguhkan untuk menginduksi keadaan ataraxia (kebebasan dari kekhawatiran dan kecemasan). Konsep ini dikembangkan oleh aliran filsafat Pyrrhonis dan juga digunakan dalam Skeptisisme Akademik. Epoché memainkan peran implisit dalam pemikiran skeptis berikutnya, seperti dalam prinsip epistemik René Descartes tentang keraguan metodis. Istilah ini dipopulerkan dalam filsafat modern oleh Edmund Husserl. Husserl menguraikan pengertian 'fenomenologi epoché' atau 'bracketing' di Ideas (Wikipedia). Fenomena keraguanlah yang menyebabkan penangguhan penilaian terhadap sesuatu, hal tersebut sering terjadi dalam dunia pendidikan bila seorang pendidik ragu akan memberi penilaian bisanya lama baru memasukkan nilai akademik makanya indikator-indikator penilaian dibuat tetapi juga disesuaikan dengan tingkat jenjang pendidikan formal tersebut. Hal tersebut dilakukan karena seharusnya kita tidak dapat menggunakan indikator yang sama pada setiap jenjang pendidikan karena ada perbedaan materi, isi materi, struktur materi, model pembelajaran, pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran, jenjang pendidikan (SD, SMP, SMA, dan PT (S1,S2, dan S3)sesuai perkembangan peserta didik secara psikologi biarpun ranah yang dinilai kognitif, afektif, dan psikomotor. Ketidakjelasan menimbulkan penangguhan, ada atau mungkin ada. penangguhan atau kehati-hatian. Terima kasih.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Menurut Creswell (1998:54), pendekatan fenomenologi menunda semua penilaian tentang sikap yang alami sampai ditemukan dasar tertentu. Penundaan ini biasa disebut epoche (jangka waktu). Konsep epoche adalah membedakan wilayah data (subjek) dengan interpretasi peneliti. Husserl mengatakan, bahwa epoche merupakan thesis of natural standpoints (tesis tentang pendirian yang natural), dalam arti bahwa fenomena yang tampil dalam kesadaran adalah benar-benar natural tanpa dicampuri oleh presupposisi pengamat.

    ReplyDelete
  8. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Dalam sebuah penilaian terhadap suatu masalah kita harus melepas aspek-aspek yang sekiranya akan memberikan dampak berlebih dalam proses tersebut. Bahkan dalam sebuah keinginan untuk mencapai kemurnian kita harus mengesampingkan pengalaman dan pengetahuan yang telah kita miliki. Epoche akan membuahkan sikap dan mental menuju kebebasan pemahaman tanpa dipagari oleh berbagai aspek lain.

    ReplyDelete
  9. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, Kata epoche berasal dari bahasa Yunani, yang berarti: menunda putusan atau mengosongkan diri dari keyakinan tertentu. Epoche bisa juga berarti tanda kurung terhadap setiap keterangan yang diperoleh dari sesuatu fenomena yang tampil, tanpa memberikan putusan benar salahnya terlebih dahulu. Dalam hal ini  Husserl mengatakan, bahwa epoche merupakan tesis tentang pendirian yang natural, dalam arti bahwa fenomena yang tampil dalam kesadaran adalah benar-benar natural tanpa dicampuri oleh hasil pengamat. Tujuan epoche adalah mengembalikan sikap kita kepada dunia, yakni sikap yang menghayati, bukan memikirkan benda-benda. Contohnya, saat makan, saya tidak memikirkan secara teoritis (menyendokkan makanan, menggigit, menguyah) melainkan menghayatinya sebagai aktivitas saat makan karena dipengaruhi faktor lapar.

    ReplyDelete
  10. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Epoche berasal dari bahasa Yunani yang berarti menunda putusan atau mengosongkan diri dari keyakinan tertentu. Epoche merupakan salah satu pandangan dalam fenomenologi yang sangat penting. Ada dua langkah dalam metode epoche. Langkah pertama untuk mencapai essensi fenomena dengan menunda putusan lebih dulu. Langkah kedua adalah membuat ide (ideation). Membuat ide maka diperlukan adanya reduksi atau penyaringan fenomena sampai pada intisarinya.

    ReplyDelete
  11. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Epoche / penangguhan, menurut istilah Yunani Kuno, kata ini diartikan sebagai “penangguhan dpenghakiman”, selain itu juga dapat diartikan sebagai “penahanan persetujuan”. Secara filosofis, epoche menggambarkan mengenai keadaan dimana semua penilaian tentang hal-hal yang tidak jelas ditangguhkan untuk memicu keadaan ataraxia. Ataraxia merupakan kebebasan dari kekhawatiran dan kecemasan. Konsep epoche ini dikembangkan oleh filsafat Pyrrhonist dan digunakan dalam skeptisisme akademik.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  12. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Epoche biasanya memainkan peran implisit dalam pemikiran skeptis berikutnya, misalnya pada prinsip Rene Descartes tentang metode keraguan. Istilah tersebut kemudian dipopulerkan dalam filsafat modern Edmund Hussert yang menguraikan gagasan mengenai zaman fenomenologis. Melalui prosedur sistematis “reduksi fenomenologis”, seseorang dianggap dapat menunda penilaian tentanfg kepercayaan filosofis umum terhadap keberadaan dunia luar atau eksternal, yang kemudian untuk memeriksa suatu fenomena harus menggunakan kesadaran.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  13. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Epoche merupakan prinsip yang memberikan gambaran menunda keputusan dan mengosongkan keyakinan dalam pengambilan keputusan yang dilakukan. Hal ini dilakukan dengan maksud agar keputusan yang diambil tidak tergesa-gesa dan memberikan hasil keputusan yang baik dan bermanfaat. Realitas yang ada serta pemikiran yang sesuai dalam suatu perkara diperlukan untuk pengambilan keputusan secara akurat dan cermat. Sehingga perlu adanya pemikiran yang matang dalam pengambilan sebuah keputusan yang baik ke depannya

    ReplyDelete
  14. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Epoche merupakan istilah yang berasal dari Yunani Kuno yang artinya penangguhan penghakiman tetapi juga diartikan penahanan persetujuan. Dalam penggunaan filosofisnya yaitu "zaman" yang menggambarkan keadaan di mana semua penilaian tentang hal-hal yang tidak jelas ditangguhkan untuk memicu keadaan ataraxia (kebebasan dari kekhawatiran dan kecemasan). Salah satu contoh dari epoche adalah Jika kita sedang melakukan ibadah maka focus kita adalah ibadah tersebut, bukan memikirkan hal yang lain seperti makanan, barang dan lain-lain. Contoh yang lain yakni jika kita sedang belajar di kelas, maka yang seharusnya menjadi perhatian utama kita adalah membaca buku, menulis, atau mendengarkan penjelasan guru atau dosen di kelas, bukan memikirkan atau mengkhawatirkan hal lain yang sedang tidak kita lakukan saat itu. Sehingga secara garis besar epoche merupakan gambaran tentang keadaan saat ini diluar perhatian kita terhadap hal lainnya.

    ReplyDelete
  15. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Epoche adalah membedakan wilayah data (subjek) dengan interpretasi peneliti. Konsep epoche menjadi pusat dimana peneliti menyusun dan mengelompokkan dugaan awal tentang fenomena untuk mengerti tentang apa yang dikatakan oleh responden.Epoche memiliki sifat netral dalam penelitian keagamaan, terhindar dari penilaian yang dikonsepkan sebelumnya oleh seorang pemeluk agama yang meneliti fenomena keagamaan.

    ReplyDelete
  16. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Menurut Creswell (1998), Pendekatan fenomenologi menunda semua penilaian tentang sikap yang alami sampai ditemukan dasar tertentu. Penundaan ini biasa disebut epoche (jangka waktu). Konsep epoche adalah membedakan wilayah data (subjek) dengan interpretasi peneliti. Konsep epoche menjadi pusat dimana peneliti menyusun dan mengelompokkan dugaan awal tentang fenomena untuk mengerti tentang apa yang dikatakan oleh responden. Terimakasih

    ReplyDelete
  17. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Epoche merupakan penangguhan. Prinsi epoche digunakan dalam keadaan di mana semua penilaian tentang hal-hal yang tidak jelas ditangguhkan untuk agar keadaan tetap tenang dan damai. Saya membaca dari salah satu sumber bahwa Husserl sebenarnya menggunakan dua versi epoché yang berbeda, yaitu: "zaman universal" dan "zaman lokal" yang lebih lemah (seperti satu bisa memberi label) di sisi lain. Kedua versi itu menarik tapi saya belum terlalu memahaminya. Saya membutuhkan referensi yang bisa langsung merujuk ke

    ReplyDelete
  18. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Pada link ini, Epoché memainkan peran implisit dalam pemikiran skeptis, seperti dalam prinsip René Descartes tentang metode keraguan. Pada zaman modern manusia dianggap sebagai substansi yang berdiri sendiri, keberadaannya sangat mutlak dibandingkan dengan peng-ada lainnya. Pada zaman ini yang dipandang sebagai sumber pengetahuan hanya apa yang secara alamiah dapat dipakai manusia, yaitu akal (rasio) dan empiris (pengalaman), padahal ada kecenderungan orang memakai salah satu dari keduanya, maka dari itu di abad modern timbul pertentangan diantara kedua aliran ini.

    ReplyDelete
  19. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Terimakasih atas link yang dibagikan Prof. Poche adalah salah satu prinsip netral dalam penelitian fenomena keagamaan dengan cara menangguhkan terlebih dahulu persepsi awal, penilaian normatif agama dan sudut pandang peneliti sebagai makhluk pemeluk agama, guna memperoleh penelitan yang objektif. Epoche pada mulanya digunakan oleh aliran Pyrrhonisme yaitu aliran filsafat Yunani sekitar aba 272 SM yang dibangun oleh seorang filsuf yang bernama Pyrrhon untuk mengungkapkan keraguan dalam ilmu pengetahuan, maka ia pun dianggap sebagai pendiri skeptisisme Yunani Kuno.

    ReplyDelete
  20. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Epoche berasal dari bahasa yunani yang berarti pembatalan. Epoche sendiri merupakan menunda suatu keputusan. Pada sekitar abad 272 SM epoche digunakan untuk mengungkapkan suatu keraguan terhadap ilmu pengetahuan. Tokoh yang mempelopori epoche pada saat itu yaitu Pyrrhon.

    ReplyDelete
  21. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Epoche membahas tentang penundaan keputusan. Menunda-nunda dalam mengambil keputusan merupukan suatu hal yang dilakukan agar tidak tergesa gesa atau salah dalam bertindak, sehingga adanya rasa keyakinan dan terhindar dari rasa kegelisahan, bahasan ini menekankan pada menangguhkan terlebih dahulu persepsi awal.

    ReplyDelete
  22. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Epoche can be translated as suspension of judgment. Suspension of judgment is caused by the lack of evidence. This means that every judgment should be based form the evidence.

    ReplyDelete
  23. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Epoché adalah istilah Yunani kuno yang biasanya diterjemahkan sebagai "penangguhan penghakiman" tetapi juga sebagai "penahanan persetujuan". Dalam penggunaan filosofisnya "epoché" menggambarkan keadaan di mana semua penilaian tentang hal-hal yang tidak jelas ditangguhkan untuk memicu keadaan ataraxia (kebebasan dari kekhawatiran dan kecemasan). Konsep ini dikembangkan oleh aliran filsafat Pyrrhonist dan juga digunakan dalam Skeptisisme Akademik.

    ReplyDelete
  24. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Epoche berarti “Suspension of judgement” yang berarti penundaan keputusan atau penundaan penilaian. Dalam perkembanganya Pyrrhonist mendeskripsikan epoche sebagai suatu keadaan dimana semua penilaian yang belum berdasarkan bukti, ditunda terlebih dahulu, dengan tujuan memperoleh keadaan ataraxia (bebas dari keadaan tertekan dan khawatir). Sehingga dalam melihat suatu fenomena atau kejadian dapat bersikap “non involment” atau bersikap netral untuk mendapat ketenangan. Dalam penelitian, epoche berarti meninggalkan terlebih dahulu persepsi awal terhadap suatu keadaan, sehingga dapat menilai secara netral dan didapatkan hasil yang objektif.

    ReplyDelete
  25. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Epoche secara harfiah berarti penundaan penilaian. Sementara dalam kajian filsafat, epoche mendeskripsiakan penundaan terhadap penilaian tentang segala hal yang belum terbukti untuk mencapai ataraxia (keadaan di mana manusia terbebas dari rasa takut, cemas, dan gelisah). Epoche dalam filsafat modern sering dikaitkan dengan fenomenologi karena dalam proses berpikir secara fenomenologis manusia harus mengesampingkan pengalaman personalnya, bias, serta gagasan-gagasan yang diperoleh dari proses berpikir sebelumnya. Sehingga seseorang mampu melihat sebuah fenomena sebagaimana secara obyektif.

    ReplyDelete
  26. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Sejujurnya istilah epoche ini terasa asing namun jika melihat lebih jauh akan maknanya dan aliran filsafat yang mendasarinya maka kita tentu akan memperoleh penjelasan yang mengarahkan kita untuk merenungkan apakah pengikut aliran – aliran ini saat ini masih exist. Epoche berlandaskan pada aliran Pyrrhonisme yaitu aliran filsafat Yunani yang sudah exist sejak abad 272SM yang dibangun oleh filsuf ternama yaitu Pyrrhon. Sosok filsuf ini digambarkan sebagai seorang filsuf bijak yang berusaha menghindari perselihan dalam berbagai ilmu pengetahuan. Dalam hal ini adalah tidak melakukan penilaian tanpa adanya penelitian atau pembuktian terdahulu.
    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  27. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, sebuah studi tentang struktur kesadaran yang memungkinkan kesadaran-kesadaran tersebut menunjuk kepada objek-objek di luar dirinya.[4] Namun, semua itu tetap membutuhkan refleksi dari peneliti mengenai fenomena tersebut dengan mengenyampingkan segalanya. Epoche adalah salah satu prinsip netral dalam penelitian fenomena keagamaan dengan cara menangguhkan terlebih dahulu persepsi awal, penilaian normatif agama dan sudut pandang peneliti sebagai pemeluk agama, guna memperoleh hasil penelitian yang objektif. Ciri khas didalamnya adalah kecermatan dalam memahami masalah dan kecermatan memahami solusi dari masalah itu. Terimakasih

    ReplyDelete
  28. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Epoche berasal dari istilah Yunani “suspension of jugdment” atau penghentian penghakiman. Dimana saat awal munculnya istilah epoche ini berasal dari sebuah prinsip yang awalnya didukung oleh filsuf filosofis nondogmatik dari Akademi Yunani kuno yang melihat masalah pengetahuan yang tidak terpecahkan, untuk mengusulkan ketika timbul kontroversi, sikap tidak terikat harus diadopsi untuk mendapatkan ketenangan pikiran untuk kehidupan sehari-hari. Epoche menggambarkan keadaan di mana semua penilaian tentang hal-hal yang tidak jelas ditangguhkan untuk menginduksi keadaan yang bebas dari rasa khawatir dan gelisah.

    ReplyDelete
  29. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika

    Berdasarkan artikel yang telah saya baca. Epoché memiliki arti prosedur di mana kita tidak lagi menerimanya. Menurut Husserl Epoche adalah bahwa kita menjalani hidup kita dalam apa yang dia sebut sebagai "penahanan dalam penerimaan"; artinya, kita menjalani hidup kita dengan cara yang tidak perlu dipertanyakan lagi dengan diambil sepenuhnya dalam kinerja keyakinan yang tak terputus dari kehidupan adat kita di dunia. Kita menerima begitu saja tubuh kita, budaya, gravitasi, bahasa kita sehari-hari, logika dan segudang aspek lain dari keberadaan kita.

    ReplyDelete
  30. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    19709251073

    Epoche merupakan suatu kemampuan seseorang untuk bertindak sesuai dengan kemampuan yang dia miliki untuk menghadapi suatu keadaan saat itu. Epoche mendorong seseorang untuk fokus terhadap suatu keadaan yang sedang dihadapi untuk mencapai tujuan tertentu.

    ReplyDelete
  31. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pend matematika D 2019

    Dari artikel yang saya baca, istilah epoche pada awalnya digunakan pada filsafat yang berideologi Pyrrhonisme untuk mengungkapkan suatu keraguan dalam ilmu pengetahuan, dan merupakan awal dari ideologi skeptisisme. Pada dasarnya epoche merupakan sutau prinsip netral dalam suatu hal dalam artian ketika kita melihat sesuatu kita tidak langsung memberkan komentar atau menilai hal tersebut dengan kata lain kita menunda untuk mengambil keputusan untuk hal tersebut.

    ReplyDelete
  32. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Epoché memiliki sifat netral dalam penelitian keagamaan, terhindar dari penilaian yang dikonsepkan sebelumnya oleh seorang pemeluk agama yang meneliti fenomena keagamaan. Sehingga seorang fenomenolog dituntut untuk mendeskripsikan dan menjelaskan secara empiris suatu fenomena keagamaan, tanpa sudut pandang subjektif fenomenolog sebagai pemeluk agama. Epoché berada pada wilayah filsafat sekaligus teologi, namun fakta bahwa manusia religius dapat memengaruhi tindakan-tindakan dan tingkah lakunya, sehingga ketika ungkapan keagamaan tersebut muncul maka akan memasuki wilayah yang faktual. Artinya seorang fenomenolog tetap perlu mempertanyakan hakikat sebenarnya sebuah fenomena keagamaan melalui prinsip epoché tanpa harus terlibat untuk merumuskan baik-buruknya religius atau moral suatu kasus.

    ReplyDelete
  33. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete