Dec 3, 2012

POLITIC AND EDUCATION





Ass Wr Wb
Jika ingin mmbaca lebih jauh tentang Politik Pendidikan, koneklah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Politics_in_education

Wss Wr Wb
Marsigit

28 comments:

  1. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Pendidikan dan politik merupakan dua elemen yang penting dalam sistem sosial politik suatu Negara, baik Negara maju maupun berkembang. Pada umumnya kedua elemen ini selalu dipisahkan, sehingga seakan-akan tidak berhubungan satu dengan lain. Padahal keduanya sangatlah berkaitan. Bila tidak ada pendidikan tidak akan ada orang-orang yang mampu menjalankan dan mengelola dunia pemerintahan ataupun dunia politik, dan sebaliknya jika tidak ada politik, pendidikan tidak akan mampu berjalan karena kekurangan aspek-aspek pendukung seperti sarana dan prasana pendidikan yang disebabkan tidak adanya pengelola uang Negara maupun kebijakan-kebijakan yang mendukung terselenggaranya proses pendidikan. Jika kita melihat realitas politik di Indonesia saat ini, maka hendaknya pendidikan dijadikan satu hal yang netral, khususnya jika kita melihat kondisi politik di Indonesia saat ini. Ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan lembaga pendidikan sebagai penyalur dari kepentingan politik tertentu. Selain itu, jika pendidikan tidak dinetralisir dari dunia politik, maka kepentingan politik akan dimasukkan ke dalam lembaga pendidikan. Dan ini akan memecahkan konsentrasi lembaga terhadap pendidikan, yang pada akhirnya akan merusak nilai-nilai mulia pendidikan

    ReplyDelete
  2. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Politik dalam pendidikan digunakan untuk mengatur pendidikanitu sendiri. Pertama dari ilmu politik, masyarakat dan organisasi menggunakan kekuasaan untuk menetapkan peraturan dan mengalokasikan sumber daya. Kedua dari teori organisasi menggunakan teori manajemen ilmiah untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam mengenai fungsi organisasi. hal ini terkadang diasalah artikan dengan menetapkan peraturan yang membuatu untung sendiri individu yang mengatur pendidikan tersebut. Sehingga perlu adanya pengawasan dari rakyat yang bekerja dibidang pendidikan dalam menentukan kebijakan pendidikan.

    ReplyDelete
  3. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Politik pada pendidikan berakar pada dua hal yaitu berakar pada teori politik dan pada teori organisasi. Di dalam ilmu politik berkaitan dengan masyarakat dalam menggunakan kekuasaannya untuk menetapkan peraturan sedangkan teori organisasi berkaitan dengan pengembangan secara mendalam tentang fungsi organisasi. Di dalam pendidikan melibatkan banyak pihak sehingga berkaitan dengan organisasi dan struktur. Dalam struktur pasti ada yang letaknya di atas dan di bawah sehingga di dalam pendidikan aturan itu berada di atas yang berfungsi untuk mengatur. Selain itu dalam pelaksanaan pendidikan setiap anggota organisasi pendidikan memainkan peran dan fungsinya masing-masing.

    ReplyDelete
  4. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017

    Upaya pendidikan politik merupakan sarana vital dalam pembentukan warga negara atau setiap individu untuk mendapatkan informasi, wawasan, serta memahami sistem politik yang berimplikasi pada persepsi mengenai politik dan peka terhadap gejala-gejala politik yang terjadi di sekitarnya. Selanjutnya, warga negara diharapkan memiliki keterampilan politik sehingga memiliki sikap yang kritis dan mampu mengambil alternatif pemecahan masalah dari masalah-masalah poitik yang ada. Kaitannya dengan pendidikan, dengan memiliki keterampilan politik ini harapannya para pelaku dunia pendidikan dapat bersikap kritis serta kreatif dalam menghadapi/menyelesaikan problema dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  5. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Politik dan Pendidikan merupakan dua unsur utama dalam Negara yang tidak dapat dipisahkan, jika tidak ada pendidikan maka Negara tidak akan bisa menciptakan generasi yang pandai dalam mengelola Negara, begitu juga sebaliknya, jika tidak ada politik maka tujuan-tujuan pendidikan akan sulit untuk dicapai. Melihat judul artikel Politik dan Pendidikan ini membuat saya teringat kepada Paulo Friere, saya memahami bahwa relasi politik dan pendidikan haruslah sebagai suatu relasi yang saling mendukung dan menguntungkan, bukan malah menjalin relasi penindas dan tertindas. Relasi yang tidak sehat ini tercermin dari pola pendidikan gaya ‘bank’ yang menempatkan anak sebagai komoditi ekonomi, bukan justru mengedepankan kemerdekaan anak dalam belajar dan berpikir. Melalui fenomena ini dapat dilihat bahwa Politik justru menjadikan Pendidikan sebagai instrument kuasa.

    ReplyDelete
  6. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Membahas personal politik dan pendidikan memang tidak akan ada habisnya, Keduanya memiliki hubungan yang sangat erah bahkan linear. Baik negara maju maupun berkembang pastilah tidak bisa melepaskan antara keduanya. Tidak ada pendidikan maka tidak akan ada orang yang mampu menjalankan dan mengelola pemerintahan melalui politik, dan sebaliknya jika tidak ada politik maka pendidikan tidak akan mampu berjalan dengan baik karena kekurangan aspek pendukung. Namun, sepertinya pendidikan sekarang ini sering kali digunakan ajang politik yang menguntungkan sebagian pihak. Oleh karena itu, pemegang kekuasaan politik haruslah orang yang bertanggung jawab dan kompeten dalam bidang politik dan pendidikan agar dalam pemerintahannya , pendidikan dapat berjalan dan berkembang menuju tujuan yang telah ditentukan sesuai ideologinya. Terima Kasih

    ReplyDelete
  7. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Yaa... politik.. berbicara tentang politik dan pendidikan. Keduanya sangat menarik diperbincangkan. Sebenarnya saya tidak menyukai politik, tetapi sebagai orang pendidikan kita perlu tau kaitan keduanya. sebagai disiplin akademis studi politik dalam pendidikan memiliki dua akar utama. Akar pertama didasarkan pada teori-teori dari ilmu politik sedangkan akar kedua dari teori organisasi. Ilmu politik mencoba untuk menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuatan untuk membangun peraturan dan mengalokasikan sumber daya. teori organisasi menggunakan teori-teori ilmiah manajemen untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang fungsi organisasi.

    ReplyDelete
  8. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Pendidikan dan politik merupakan dua hal yang seiring sejalan dalam memajukan suatu bangsa. Keduanya memiliki hubungan yang fungsional. Kedua-duanya tidak berjalan sendiri-sendiri akan tetapi saling berhubungan atau berkaitan dan saling berkontribusi memberikan manfaat. Pendidikan berperan menyiapkan sumber daya manusia untuk mengurus politik dan negara. Kemudian negara mengalokasikan biaya untuk mendukung kelancaran proses pendidikan.

    ReplyDelete
  9. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Terimakasih prof atas linknya. Berdasarkan artikel yang saya baca, hubungan antara politik dengan pendidikan dapat memberikan dampak negatif atau positif bergantung pada pemegang peranan penting dalam politik tersebut. Jika pemegang tanggung jawab pendidikan dalam politik tidak kompeten dalam bidang pendidikan, maka pasti ini sangat membahayakan pendidikan. Akan tetapi jika orang yang memegang amanah untuk mengembangkan pendidikan dalam sistem pemerintahan suatu negara adalah orang yang amanah serta mempunyai kapabilitas di bidang pendidikan maka ini sangat memungkinkan untuk memberikan kontribusi besar dalam pengembangan pendidikan, khususnya di Indonesia.

    ReplyDelete
  10. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Politik adalah sesuatu yang sering diributkan dinegara ini. hal ini karena yang bisa berkuasa dinegara ini adalah orang yang berkecimpung didunia politik. oleh karena itu orang yang memegang wewenang dalam pendidikan tentu saja orang politik atau yang ditunjuk oleh orang politik. sebagai warga negara yang belum bisa ikut berkecimpung dalam dunia tersebut kita harus belajar agar bisa memperbaiki pendidikan dalam lingkup kita. karena sebenarnya pendidikan adalah tanggung jawab kita semua.

    ReplyDelete
  11. Junianto
    PM C

    Politik dan pendidikan memiliki kaitan dan tidak bisa dipisahkan. Yang saya pahami adalah bahwa politik merupakan sekumpulan perangkat yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu, sedangkan pendidikan adalah salah satu dari perangkat itu. Politik akan menghasilkan kebijakan-kebijakan dalam sistem pendidikan sebuah negara. Tanpa kebijakan-kebijakan ini maka sistem pendidikan tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Bahkan, dengan adanya kebijakan yang baik pun belum tentu sistem pendidikan juga akan baik apalagi jika kebijakan tidak berpihak pada rakyat.

    ReplyDelete
  12. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs PMC

    Terdapat dua jenis politik di sekolah, yaitu mikropolitik dan makropolitik (Wikipedia.org). Mikropolitik mengacu pada penggunaan kekuatan formal dan informal oleh individu dan kelompk untuk mencapai tujuan mereka dalam organisasi. Menurut saya mikropolitik ini terdapat di sekolah swasta dimana yayasan sekolah pastilah memiliki tujuan yang ingin dicapai. Sedangkan makripolitik mengacu pada pengambilan keputusan di tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional. Makropolitik ini sangat berpengaruh terghadap pendidikan secara luas. Seringkali kita mendengar bahwa setiap pergantian menteri pastilah terdapat perubahan kurikulum. Hal ini tidaklah salah jika perubahan tersebut didasarkan pada evaluasi yang mendalam.

    ReplyDelete
  13. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Politik pendidikan merupakan kebijakan strategis pemerintah dalam bidang pendidikan. Politik pendidikan dimaksud disini ialah politik pendidikan yang berpihak pada rakyat kecil. Semakin tinggi kesempatan seseorang atau masyarakat mengenyam pendidikan, semakin tinggi pula seseorang atau masyarakat memiliki kesempatan membaca, membandingkan, mengevalonsi, dan sekaligus mengkritisi ruang idealitas dan realitas politik.

    ReplyDelete
  14. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Politik dan pendidikan sebenarnya dua elemen yang tidak bisa dipisahkan dan saling berkaitan satu sama lain. Bila tidak ada pendidikan, maka tidak ada orang yang mampu menjalankan dunia pemerintahan atau dunia politik. Jika tidak ada politik, pendidikan tidak mampu berjalan karena tidak ada aspek-aspek pendukung seperti sarana dan prasarana karena tidak adanya pengelolaan uang negara dan kebijakan-kebijakan tentang terselenggaranya pendidikan. Kebijakan-kebijakan politik akan mempengaruhinya jalannya proses pendidikan. Akan tetapi, perlu ditekankan bahwa pendidikan tidak boleh menjadi alat politik bagi pihak-pihak yang mempunyai kepentingan tertentu karena sesungguhnya pendidikan mempunyai tugas mulia untuk mencerdaskan bangsa.

    ReplyDelete
  15. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Pendidikan dan politik mempunyai arti yang kompleks. Akan lebih baik jika diartikan pendidikan politik, karena pendidikan politik akan lebih baik diberikan dinegeri ini dimana politikus politikus kita harus mendapat pendidikan politik yang baik agar dapat berpolitik dengan santun sehingga kehidupan bernegara akan berjalan dengan lancar. Kalau politik pendidikan akan berarti lain lagi karena sesungguhnya pendidikan memang tidak harus dipolitisir karena pendidikan menjadi hak setiap warga negara dan bukan kebutuhan sesaat para politikus.

    ReplyDelete
  16. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Kenyataan yang terjadi pada dunia sekarang adalah dunia ini merupakan pertunjukkan. Dimana ada penonton yang biasanya hanya menjadikan yang ditontonnya sebagai hiburan, penonton pasif. Ada juga yang berperan sebagai pengamat, yang tugasnya mengawal dan mengawasi juga mengomentari apa yang terjadi pada sebuah pertunjukkan. Lalu ada pemain, dimana menjadi wayang yang hanya bisa memainkan peran dari yang berkuasa. Yang berkuasa yaitu dalang, dimana ini diduduki oleh orang yang memiiki kekuatan, tahta, dan kekayaan, mereka akan mampu menghasilkan kebijakan entah itu yang aneh ataupun yang lebih aneh lagi. Hal-hal seperti ini mungkin terlihat jelas pada perkembangan politik di negeri kita, namun bagaimana jika pendidikan yang seharusnya berisi ilmuwan-ilmuwan yang mampu berfikir logis, mulai terintervensi dengan politik. Sehingga pendidikan sekarang mampu dipolitisi. Yang saya ingin tanyakan, apakah memang nasib pendidikan untuk dipolitisi namun baru sekarang saja itu terlihat lebih jelas lagi, atau sebenarnya baru sekarang pendidikan dipolitisi karena semakin pudarnya hati nurani manusia?

    ReplyDelete
  17. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Politik dalam bidang pendidikan mempunyai dua akar utama. Yang pertama akar yang berdasarkan pada teori-teori dari ilmu politik sedangkan yang kedua adalah akar yang berlandaskan pada teori organisasi. Akan tetapi sebenarnya antara politik dan pendidikan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Keduanya saling menunjang dan saling mengisi. Contohnya lembaga-lembaga dan proses dalam pendidikan berperan penting dalam membentuk perilaku politik suatu masyarakat. Sedangkan lembaga-lembaga dan proses politik juga akan membawa dampak bagi pendidikan suatu masyarakat. Dengan demikian terlihat jelas bahwa antara politik dan pendidikan saling berhubungan erat dan berjalan secara dinamis untuk masyarakat.

    ReplyDelete
  18. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Politik dan pendidikan adalah dua aspek yang saling berkaitan. Politik dalam pandangan pendidikan berkaitan dengan pendidikan kepemimpinan yang berkaitan dengan bagaimana seseorang dapat membentuk birokrasi yang sehat, menjaga kedisiplinan, kebebasan mengemukakan pendapat, membuat kebijakan yang mensejahterakan rakyat, dan tidak terlibat korupsi. Namun sayangnya banyak politikus mengaku berpendidikan namun tidak mampu mengemban amanahnya dengan baik.

    ReplyDelete
  19. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Politik dan pendidikan adalah dua hal yang sangat dekat dengan kehidupan, keduanya sama-sama penting, dan keduanya dapat saling berkaitan. Pendidikan sedikit banyak memiliki hubungan dengan sistem pemerintahan yang sedang berjalan. Sehingga pemerintahan akan memiliki peran penting dalam proses perkembangan pendidikan. Dengan kata laik, politik yang berkembang akan mempengaruhi sistem pendidikan. Sebaliknya pendidikan juga memiliki andil besar dalam membentuk pembentukan pola politik di suatu masyarakat.

    ReplyDelete
  20. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Zaman sekarang ini sangatlah sulit jika ingin membuat pendidikan yang terbebas dari dunia politik yang memang saat ini sudah menjadi teman dalam kegiatan kita sehari-hari. Politik merupakan sesuatu yang mempengaruhi dunia pendidikan. disini, sebagai lingkungan pendidikan, harus gesit dalam memilah politik yang cocok untuk mengembangkan pendidikan. bukan politik yang bagus atau buruk. Karena pada dasarnya politik itu bersifat subjektif. Karenanya, sebagai pendidik harus hati-hati, karena jika tidak hati-hati maka akan membuat pendidik lupa tugas mereka yaitu untuk mendidik peserta didik mereka.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  21. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Hubungan antara pendidikan dan politik bukan sekedar hubungan saling mempengaruhi tetapi juga merupakan hubungan fungsional. Para pendidik selalu memelihara politik karena proses pendidikan yang memberikan sumber nilai dan memberikan kontribusi terhadap politik. Pendidikan menyiapkan sumber daya manusia untuk mengurus politik dan negara. Negara mengalokasikan biaya untuk mendukung proses pendidikan. Sehingga pendidikan dan politik merupakan dua hal yang seiring sejalan dalam mencerdasakan kehidupan bangsa.
    Tetapi sebenarnya hubungan antara keduanya ini bisa juga berdampak negaitf, misalnya saja sekarang ini adanya penyalahgunaan lembaga pendidikan seebagai penyalur dari kepentingan politik tertentu.

    ReplyDelete
  22. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Menurut saya, politik dan pendidikan memiliki hubungan satu sama lain. Dengan adanya politik, maka ada suatu kebijakan dalam dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan sosial dan perubahan bangsa. Artinya politik yang baik bagi pendidikan adalah, mengusahakan dalam mewujudkan bagaimana mendukung tercapainya tujuan pendidikan, seperti dengan adanya infrastrustur yang memadai dan penempatan guru yang terkualifikasi.

    ReplyDelete
  23. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Pendidikan dan politik adalah dua bidang yang berbeda, namun sebenarnya apabila diimplementasikan dengan benar, keduanya selalu menyangkut tujuan-tujuan dari seluruh masyarakat. Namun yang seringkali terjadi saat ini di negara kita, bukannya politik untuk pendidikan tapi politik yang menunggangi pendidikan sehingga banyak fasilitas-fasilitas atau dana yang semestinya digunakan untuk kepentingan pendidikan justru lari ke rekening-rekening pribadi. Sesungguhnya, apabila yang terjadi adalah pendidikan untuk politik dan politik untuk pendidikan, maka akan tercipta suatu kolaborasi yang bermanfaat bagi kehidupan bangsa.

    ReplyDelete
  24. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Politik dan pendidikan telah menjadi istilah yang sering kita dengar. Hubungan antara pendidikan dan politik bukan sekedar hubungan saling memengaruhi, tetapi juga hubungan fungsional. Lembaga-lembaga dan proses pendidikan menjalankan sejumlah fungsi politik yang signifikan. Hubungan antara pendidikan dan politik bukan sekedar hubungan saling memengaruhi, tetapi juga hubungan fungsional. Lembaga-lembaga dan proses pendidikan menjalankan sejumlah fungsi politik yang signifikan. Mungkin yang terpenting dari fungsi-fungsi tersebut bahwa sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan lainnya menjadi agen-agen sosialisasi politik. Lembaga-lembaga pendidikan menjadi tempat dimana individu-individu, terutama anak-anak dan generasi muda, mempelajari sikap-sikap dan perasaan tentang sistem politik, dan sejenis peran politik yang diharapkan dari mereka.

    ReplyDelete
  25. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Politik dan pendidikan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam suatu bangsa. Melalui pendidikan akan menentukan karakteristik kader-kader politik yang akan menjadi calon penerus dan penguasa bangsa ini. Kebijakan kebijakan pendidikan diambil oleh para penguasa, para penguasa di negeri ini adalah orang yang berkecimpun di dunia politik. Di negeri ini jika ingin berkuasa, maka harus berkicimpung di dunia politik. Maka tidak dapat dielakkan jika politik dan pendidikan memang saling berhubungan. Terimaksih

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Politik, adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Sedangkan pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Walaupun mereka berbeda proses, namun tujuan politik dan pendidikan sama sama untuk kemajuan negara. Agar negara menjadi lebih baik. Maka, berpolitiklah dan berpendidikanlah sesuai dengan akidahnya. Orang yang berpolitik pun haruslah yang berpendidikan.

    ReplyDelete
  28. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    Politik dapat diartikan sebagai segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik. Jika dikaitkan dengan dunia pendidikan maka politik pendidikan adalah segala sesuatu yang mengatur ataupun membuat kebijakan pendidikan. politik dan pendidikan keduanya merupakan elemen penting bagi kemajuan suatu negara. ketika membicarakan politik, pikiran saya langsung tertuju pada kekuasaan. kekuasaan berarti memiliki kewenangan untuk mengatur. kemajuan pendidikan sebuah negara sangat bergantung pada si pemegang kuasa/pemimpin. pemimpin yang profesional mampu melihat kebutuhan pendidikan sehingga menetapkan kebijakan-kebijakan sesuai dengan kebutuhan di lapangan, tidak hanya melihat tuntutan zaman.

    ReplyDelete