Dec 3, 2012

POLITIC AND EDUCATION





Ass Wr Wb
Jika ingin mmbaca lebih jauh tentang Politik Pendidikan, koneklah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Politics_in_education

Wss Wr Wb
Marsigit

41 comments:

  1. Annisa Hasanah 16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Berbicara mengenai politik dan pendidikan, sekarang ini sudah menjadi hal yang lumrah, bahwa pendidikan sekarang telah diselubungi oleh politik. Selama ini sistem pendidikan di Indonesia belum menggambarkan wajah dan tubuh yang konsisten bagi dipromosikannya pendidikan yang lebih demokratis. Seharusnya pendidikan di Indonesia lebih mengarah kepada public educator karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai dasar awal sistem pendidikan, agar terwujudnya Demokrasi Pancasila sesuai dengan cita-cita bangsa.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Setelah membaca artikel “Politics in Education” saya berpendapat bahwa dunia pendidikan tidak terlepas dari dunia politik dan dunia politik juga berperan dalam dunia pendidikan. Seperti yang dijelaskan dalam artikel “Politics in Educational” bahwa politik dalam pendidikan mempunyai dua sumber yaitu pertama didasarkan pada teori-teori politik sains dan kedua merupakan pijakan dari teori organisasi. Hal ini berarti kedudukan politik dalam pendidikan dijadikan sebagai teori politik sains dan pikajan yang kuat sehingga kebijaksanaan dalam pendidikan dapat terwujud dengan baik. Demikian pendapat saya Pak, mohon maaf jika ada kesalahan.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Politik suatu negara berpengaruh terhadap pendidikan, sebagaimana di Indonesia politik mempengaruh pendidikan, sehingga pendidikan itu sering dipakai untuk politik, kita bisa lihat dalam era sekarang ini pendidikan sudah dibuat ladang politik yang subur terbukti dengan bergantinya pemimpin, maka besar kemungkinan pendidikan juga akan mulai bergeser kearah yang diinginkan politik tersebut. Menurut saya hal tersebut tidak masalah selagi membawa kepada kemajuan pendidikan, namu sayangnya tidak selamanya demikian, banyak kita lihat pendidikan itu dibuat menjadi sebuah proyek. Dengan pemikiran proyek tersebut berjalan tapi tidak memikirkan apakah hal tersebut menjadikan pendidikan maju atau tidak karena sudah masuk dalam area politik yang kebanyakan akan menguntungkan segolongan saja.

    ReplyDelete
  4. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Hubungan erat antara pendidikan dengan politik dapat memberikan dampak positif dan negatif bagi perkembangan pendidikan. Dampak positif yang dapat dihasilkan dari hubungan keduanya adalah pemerintah sebagai pemegang peranan penting dalam politik dapat memberikan subsidi kepada pendidikan. Dengan adanya subsidi tersebut pendidikan bisa berkembang sebagaimana mestinya. Jika pemegang tanggung jawab pendidikan dalam politik tidak mempunyai kompeten dalam bidang pendidikan, maka pasti ini sangat membahayakan pendidikan. Akan tetapi jika orang yang memegang amanah untuk mengembangkan pendidikan dalam sistem pemerintahan suatu negara adalah orang yang amanah serta mempunyai kapabilitas di bidang pendidikan maka ini sangat memungkinkan untuk memberikan kontribusi besar dalam pengembangan pendidikan, khususnya di Indonesia.

    ReplyDelete
  5. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Pendidikan dan politik merupakan dua elemen yang penting dalam sistem sosial politik suatu Negara, baik Negara maju maupun berkembang. Keduanya sangat berkaitan. Pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa. Bila tidak ada pendidikan tidak akan ada orang-orang yang mampu menjalankan dan mengelola dunia pemerintahan ataupun dunia politik, dan sebaliknya jika tidak ada politik, pendidikan tidak akan mampu berjalan karena kekurangan aspek-aspek pendukung seperti sarana dan prasana pendidikan maupun kebijakan-kebijakan yang mendukung terselenggaranya proses pendidikan. Kebijakan politik menentukan berjalannya proses pendidikan.

    ReplyDelete
  6. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Memang ada sisi positif dan negatif pengaruh politik pada Pendidikan atau pun sebaliknya. Di Indonesia sendiri, Pendidikan sekarang telah diselubungi tujuan-tujuan politik. Selalu terjadi tarik-ulur antara dua kutup sentralisasi-desentralisasi di atas kepentingan politik. Kurikulum di Indonesia yang sering kali berganti dan masalah pro kontra UN merupakan salah satu bentuk adanya pengaruh politik pada Pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  7. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Politik merupakan salah satu cabang ilmu atau disebut ilmu politik. Sebagai disiplin akademis studi politik dalam pendidikan memiliki dua akar utama. Akar pertama didasarkan pada teori-teori dari ilmu politik sedangkan akar kedua dasar teori organisasi. Ilmu politik menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuatan untuk membangun peraturan dan mengalokasikan sumber daya. Teori organisasi menggunakan teori-teori ilmiah manajemen untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang fungsi organisasi. Maka dalam pendidikan terdapat organisasi yang bertugas mengurusi segala urusan pendidikan demi kemajuannya maka ada politik pendidikan. Kita sebagai guru juga sangat membutuhkan ilmu politik. Namun berbeda dengan politik dalam pendidikan. Hal ini merujuk ada suatu kelompok yang melakukan sesuatu demi mencapai tujuan kelompoknya saja.

    ReplyDelete
  8. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Disiplin politik dalam dunia pendidikan mempunyai dua akar yaitu didasarkan pada ilmu-ilmu politik yang menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuatannya untuk membangun peraturan dan mengalokasikan sumber daya yang ada dan didasarkan dari teori organisasi yang digunakan untuk mengembangkan pemahaman tentang fungsi suatu organisasi. Politik dalam sekolah dibedakan menjadi micropolitik yang merujuk pada penggunaan kekuasaan formal dan informal oleh siswa serta macropolotik yang mengacu pada bagaimana kekuasaan digunakan dalam pengambilan keputusan dari tingkat pemerintahan yang rendah ke pemerintahan yang lebih tinggi yang kesemuanya tergantung dengan keadaan yang ada di sekolah.

    ReplyDelete
  9. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)

    Sebagai disiplin akademis , studi politik di bidang pendidikan memiliki dua akar utama. Akar pertama didasarkan pada teori-teori dari ilmu politik sementara akar kedua berakar pada teori organisasi . Ilmu politik mencoba menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuasaan untuk menetapkan peraturan dan mengalokasikan sumber daya. Teori organisasi menggunakan teori manajemen ilmiah untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam mengenai fungsi organisasi.
    Periset telah menarik perbedaan antara dua jenis politik di sekolah . Istilah micropolitics mengacu pada penggunaan kekuatan formal dan informal oleh individu dan kelompok untuk mencapai tujuan mereka dalam organisasi. Proses kooperatif dan konflik merupakan komponen integral dari mikropolitik. Macropolitik mengacu pada bagaimana kekuatan digunakan dan pengambilan keputusan dilakukan di tingkat kabupaten, negara bagian, dan federal. Macropolitik umumnya dianggap ada di luar sekolah, namun para periset telah mencatat bahwa mikro dan makropolitik mungkin ada pada setiap tingkat sistem sekolah tergantung pada keadaan.
    Ada perbedaan yang signifikan antara "Politics of Education" dan "Politics in Education". Lebih banyak perdebatan tentang perbedaan prasangka diminta dari dunia akademis untuk mendefinisikan politik secara pendidikan.

    ReplyDelete
  10. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pendidikan adalah salah satu bentuk interaksi manusia sebagai suatu tindakan sosial yang pelaksanaanya dimungkinkan melalui suatu jaringan hubungan- hubungan kemanusiaan. Jika politik dipahami sebagai “ praktik kekuatan, kekuasaan dan otoritas dalam masyarakat dan pembuatan keputusan- keputusan otoritatif tentang alokasi sumberdaya dan nilai- nilai sosial”. Hal ini menegaskan bahwa pendidikan dan politik adalah dua hal yang saling berhubungan erat dan saling mempengaruhi. Hal itu bisa dipahami mengingat semakin tinggi kesempatan seseorang atau masyarakat mengenyam pendidikan, semakin tinggi pula seseorang atau masyarakat memiliki kesempatan membaca, membandingkan, mengevaluasi, sekaligus mengkritisi ruang idealitas dan realitas politik.

    ReplyDelete
  11. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Politics and Education menjelaskan politik dan pendidikan saling berhubungan dan saling membutuhkan.
    Dalam pendidikan diperlukan politik akan tujuan pendidikan dapat tercapai dengan maksimal.
    Akan tetapi yang perlu ditegaskan politik dan pendidikan saling berhubungan dan saling membutuhkan tetapi tidak saling menyatu menjadi satu atau lebur menjadi satu, karena hal ini dapat merubah tujuan pendidikan yang sudah baik

    ReplyDelete
  12. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Hubungan antara pendidikan dan politik bukan sekedar hubungan saling memengaruhi, tetapi juga hubungan fungsional. Lembaga-lembaga dan proses pendidikan menjalankan sejumlah fungsi politik yang signifikan. Lembaga-lembaga pendidikan menjadi tempat dimana individu-individu, terutama anak-anak dan generasi muda, mempelajari sikap-sikap dan perasaan tentang sistem politik, dan sejenis peran politik yang diharapkan dari mereka. Berbagai institusi pendidikan yang ada dalam masyarakat dapat berfungsi sebagai alat kekuasaan dalam upaya membentuk sikap dan keyakinan politik yang dikehendaki. Berbagai aspek pembelajaran, terutama kurikulum dan bahan-bahan bacaan, sering kali diarahkan pada kepentingan politik tertentu. Di banyak negara totaliter dan negara berkembang, pemimpin politik sangat menyadari fungsi pendidikan dalam mencapai tujuan-tujuan politik. Mengingat besarnya peluang untuk mengarahkan berbagai unsur kependidikan pada kebutuhan politik tertentu, tidak heran apabila pendidikan sering kali memainkan peran sentral dalam menentukan arah perubahan politik.

    ReplyDelete
  13. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link http://ro.uow.edu.au/cgi/viewcontent.cgi?article=1101&context=apme Sosialisasi politik terjadi melalui media massa dan cara lain seperti keluarga, sekolah, kelompok sebaya, kelompok afiliasi dan partai politik itu sendiri. Media massa sering dianggap sebagai sarana sosialisasi politik yang efektif efeknya meluas. Pengaruh konsumsi media terhadap partisipasi politik kurang signifikan dibanding faktor lain di kalangan mahasiswa, Yang dilihat di Indonesia sebagai sosial yang kritis, rasional pada sebuah sektor yang matang. Penelitian yang diperoleh dari link ini telah dilakukan di kalangan ilmuwan universitas,Yang telah berada di garis depan gerakan menuju sosial politis Perubahan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

    ReplyDelete
  14. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link http://en.wikipedia.org/wiki/Politics_in_education, Sebagai disiplin akademis, studi politik di bidang pendidikan memiliki dua akar utama. Akar pertama didasarkan pada teori-teori dari ilmu politik sedangkan akar kedua berakar pada teori organisasi. [1] Ilmu politik mencoba menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuasaan untuk menetapkan peraturan dan mengalokasikan sumber daya. Teori organisasi menggunakan teori manajemen ilmiah untuk mengembangkan pemahaman lebih dalam mengenai fungsi organisasi.

    ReplyDelete
  15. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Antara politik dan pendidikan berada dalam satu sistem yang saling berhubungan. Keterkaitan atau huubungan tersebut sangat dekat. Para pendidik selalu memelihara politik karena proses pendidikan yang memberikan sumber nilai dan memberikan kontribusi terhadap politik. Pandangan politik mengacu terhadap hubungan politik dengan kebijakan pemerintah sebagai hasil dari sistem. Terdapat beberapa bukti politik yaitu adanya berbagai peraturan, keputusan, aturan-aturan, tata tertib, tindakan administratif. Pandangan lain mengenai politik bahwa politik sebagai proses, cara sistem politik itu bekerja. Masyarakat selalu berubah oleh sebab itu sistem sosial pun selalu mengalami perubahan. Tugas politik pendidikan adalah saat terjadi perubahan sistem pendidikan yang merupakan suatu unsur dalam sistem sosial.

    ReplyDelete
  16. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    pada saat ini sudah banyak pendidikan yang dimasuki oleh para politikus. dimana politik dalam pendidikan sudah menjadi sesuatu yang dijadikan ranah baru tempat berkembangnya.Periset telah menarik perbedaan antara dua jenis politik di sekolah. Istilah micropolitics mengacu pada penggunaan kekuatan formal dan informal oleh individu dan kelompok untuk mencapai tujuan mereka dalam organisasi.Macropolitik mengacu pada bagaimana kekuatan digunakan dan pengambilan keputusan dilakukan di tingkat kabupaten, negara bagian, dan federal. tapi macropolitik disini pada umumnya terjadi diluar sekolah, tapi tidak menutup kemungkinan akan merambah kedalam sekolah, hal ini tergantung pada keadaan.

    ReplyDelete
  17. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Dalam “Politics in Educational” bahwa politik dalam pendidikan mempunyai dua sumber yaitu pertama didasarkan pada teori-teori politik sains dan kedua merupakan pijakan dari teori organisasi.
    Hal ini menjelaskan bahwasannya pendidikan mengguankan teori politik sains yang dapat digunakan dalam dunia pendidikan yang berdasarkan keilmiahan sedangkan teori organisasi menjadikan pendidikan sebagai organisasi yang memiliki tujuan untuk dicapai.

    ReplyDelete
  18. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Politik dan pendidikan memang sangat erat hubungannya. Karena siapa yang berkuasa pasti akan membuat kebijakan yang mungkin dibuat dengan dalih sebagai kemajuan pendidikan di Indonesia, namun tidak demikian adanya. Karena setiap ganti kekuasaan pasti akan ganti pula kebijakannya dalam dunia pendidikan. Ini semua memang akibat dari sistem pendidikan di Indonesia yang belum baik, sehingga setiap pemimpin kekuasaan yang menjabat akan dengan mudahnya mengeluarkan kebijakan baru untuk pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  19. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Politik dalam pendidikan sekarang sudah menjadi sesuatu yang sering ditemui. Seperti halnya pelaksanaan kurikulum 2013, banyak kontra dari pelaksanaan kurikulum 2013 karena pelaksanaan yang terburu-buru. Kurikulum 2013 bagus dalam pendekatan saintifiknya, namun buruk dalam penggantian kurikulum pada umumnya, banyak pendapat bahwa akan lebih baik jika kurikulum KTSP cukup diperbaiki dengan pendekatan saintifik. Penggantian kurikulum 2013 diyakini karena politik pendidikan, sehingga sistem persekolahan yang menjadi korban. Politik kementerian pendidikan agar dapat memenuhi target yaitu melakukan perubahan dalampendidikan Indonesia tanpa memikirkan kerugiannya karena terlalu terburu-buru dalam implementasinya.

    ReplyDelete
  20. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Meskipun pendidikan dan politik mempunyai posisi sebagai dua elemen penting dalam sistem sosial politik, namun sering dikaji sebagai bagian-bagian yang terpisah. Tentu saja hal demikian tidak tepat karena pendidikan dan politik bahu membahu dalam proses pembentukan karakteristik masyarakat di suatu negara. Lebih dari itu, satu sama lain saling menunjang dan saling mengisi. Karena kuatnya kaitan antara masalah pendidikan dan politik, setiap kebijakan pemerintah di bidang pendidikan pada umumnya merefleksikan pandangannya tentang masyarakat dan keyakinan politiknya. Masing-masing pemerintah menempatkan prioritas pendidikan yang berbeda-beda, dan menyukai kebijakan-kebijakan yang merefleksikan pandangan dasar dan kepentingan-kepentingan mereka. Dari waktu ke waktu pemerintah membuat kebijakan-kebijakan pendidikan atas dasar pertimbangan pertimbangan politik.

    ReplyDelete
  21. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari yang saya baca pada artikel, studi politik di bidang pendidikan memiliki dua akar utama. Akar yang pertama didasarkan pada teori – teori dari ilmu politik sedangkan akar yang kedua berakar pada teori organisasi. Ilmu politik mencoba menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuasaan untuk menetapkan peraturan dan mengalokasikan sumber daya. Teori organisasi menggunakan teori manajemen ilmiah untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai fungsi organisasi. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam memahami artikelnya.

    ReplyDelete
  22. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Politik pendidikan merupakan sikap yang konsisten dalam hal mengarahkan kontrol sosial, baik mengenai tujuan maupun metodenya terhadap sistem pendidikan. Keadaan masyarakat yang selalu berubah membuat sistem sosial pun selalu mengalami perubahan. Politik pendidikan menjadi suatu kebijakan dalam dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan sosial dan perubahan bangsa.

    ReplyDelete
  23. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Pendidikan dan politik merupakan elmen yang penting dalam subuah negara, hubungan antara pendidikan dan politik tak bias dipisahkan dalam arti antara pendidikan dan politik saling berkait.
    Pendidikan dalam hal ini memberikan pengajaran atau mendidikkan pelaku atau tokoh politik, sedangkan polotik posisinya sebagai pembuat sector kebijakan. Dalam hal ini pendidikan dan politik seirama dalam menciptakan sebuah peradaban baru. Akan tetapi apa bila politik dipegang oleh orang-orang yang tidak berkopenten tentu akan rusak, demikian juga dengan pendidikan yang membutuhkan kebijakan demi kemajuan juga akan kena dampaknya.
    Sumber: http://ariefsugianto503.blogspot.co.id/2014/12/pendidikan-dan-politik.html

    ReplyDelete
  24. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    dalam dunia pendidikan, pasti ada politiknya. dalam politik, juga ada pendidikannya. dalam dunia sekolah politik juga masuk didalamnya. Periset telah menarik perbedaan antara dua jenis politik di sekolah. Istilah micropolitics mengacu pada penggunaan kekuatan formal dan informal oleh individu dan kelompok untuk mencapai tujuan mereka dalam organisasi. Proses kooperatif dan konflik merupakan komponen integral dari mikropolitik. Macropolitik mengacu pada bagaimana kekuatan digunakan dan pengambilan keputusan dilakukan di tingkat kabupaten, negara bagian, dan federal. Macropolitik umumnya dianggap ada di luar sekolah, namun para periset telah mencatat bahwa mikro dan makropolitik mungkin ada pada setiap tingkat sistem sekolah tergantung pada keadaan.

    ReplyDelete
  25. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berdasarkan link yang saya baca bahwa politics dan educatiaon adlaah suatu. Sebagai disiplin akademis, studi politik di bidang pendidikan memiliki dua akar utama. Akar pertama didasarkan pada teori-teori dari ilmu politik sedangkan akar kedua berakar pada teori organisasi. [1] Ilmu politik mencoba menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuasaan untuk menetapkan peraturan dan mengalokasikan sumber daya. Teori organisasi menggunakan teori manajemen ilmiah untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam mengenai fungsi organisasi.
    Periset telah menarik perbedaan antara dua jenis politik di sekolah. Istilah micropolitics mengacu pada penggunaan kekuatan formal dan informal oleh individu dan kelompok untuk mencapai tujuan mereka dalam organisasi. Proses kooperatif dan konflik merupakan komponen integral dari mikropolitik. Macropolitik mengacu pada bagaimana kekuatan digunakan dan pengambilan keputusan dilakukan di tingkat kabupaten, negara bagian, dan federal. Macropolitik umumnya dianggap ada di luar sekolah, namun para periset telah mencatat bahwa mikro dan makropolitik mungkin ada pada setiap tingkat sistem sekolah tergantung pada keadaan. Yanag mana kita harus juga memebedakan politics of educatioan dan politics in education dua hal itu berbeda dari segi tujuannya.

    ReplyDelete
  26. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Politik dan pendidikan saling berkaitan salah satu peran pendidikan yaitu memasyarakatkan ideologi dan nilai-nilai sosio-kultural bangsa kepada warga negara. Sedangkan politik, salah satu unsurnya adalah pengambilan keputusan dan pendidikan tidak lepas dari keputusan yang dibuat politik. Salah satu keputusan politik yang diambil di dunia pendidikan adalah adanya Ujian Nasional dengan standar tertentu yang telah ditetapkan terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  27. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Politik dan Pendidikan sangatlah erat hubungannya, politik adalah mereka yang berkuasa para pemimpin, para pemimpin bisa secara hierarki mengatur pendidikan di negri ini. yang sangat terlihat jelas saat ini pada pendidikan adalah kurikulum yang berganti seiringnya waktu karena kebijakan para pemimpin. Selalu ada segi baik dan buruknya dalam pergantian.

    ReplyDelete
  28. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari bacaan link-link tersebut, saya mendapatkan pemahaman bahwa ada keterkaitan antara pendidikan dan politik. Maksud dari ilmu politik di sini merupakan ilmu yang mencoba menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuasaan sehingga dengan adanya hal ini kita dapat menetapkan peraturan dan mengalokasikan sumber daya yang ada. Tentunya setiap sekolah memiliki kepolitakan yang berbeda. Karena pada setiap sekolah tentu mengalami perbedaan dalam mengambil keputusan yang dilakukan di tingkat kabupaten, kota, propinsi, dan negara bagian.

    ReplyDelete
  29. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Politik dan pendidikan adalah dua elemen yang berbeda dan memiliki kaitan yang kuat. Kuatnya kaitan antara masalah pendidikan dan politik, menjadikan setiap kebijakan pemerintah di bidang pendidikan pada umumnya merefleksikan pandangannya tentang masyarakat dan keyakinan politiknya. Adapun, politik pendidikan merupakan kajian tentang relasi antara proses munculnya berbagai tujuan pendidikan dengan cara–cara penyampaiannya. Kajian politik pendidikan terkonsentrasi pada peranan Negara dalam bidang pendidikan, sehingga dapat menjelaskan asumsi dan maksud dari berbagai strategi perubahan pendidikan dalam suatu masyarakat secara lebih baik. Kontrol negara terhadap pendidikan umumnya dilakukan melalui empat cara yaitu (1) sistem pendidkan diatur secara legal, (2) sistem pendidikan dijalankan sebagai birokrasi (menekankan ketaatan pada aturan dan objektivitas), (3) penerapan wajib pendidikan, (4) reproduksi politik dan ekonomi yang berlangsung di sekolah berlangsung dalam konteks tertentu.

    ReplyDelete
  30. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Politik pendidikan adalah sikap yang konsisten dalam hal mengarahkan kontrol sosial, baik mengenai tujuan maupun metodenya terhadap sistem pendidikan. Masyarakat selalu berubah. Karena itu, sistem sosial pun selalu mengalami perubahan. Oleh karena sistem pendidikan itu merupakan suatu unsur dalam sistem sosial, maka sistem pendidikan pun selalu mengalami perubahan. Di sanalah tampak tugas politik pendidikan.

    ReplyDelete
  31. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Saya menggarisbawahi bahwa studi tentang politik di bidang pendidikan memiliki dua akar utama. Akar pertama didasarkan pada teori-teori dari ilmu politik sedangkan akar kedua berakar pada teori organisasi. Yang pertama berakar dari ilmu politik yang mencoba menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuasaan untuk menetapkan peraturan dan mengalokasikan sumber daya. Yang kedua, teori organisasi menggunakan teori manajemen ilmiah untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam mengenai fungsi organisasi. Kemudian, pendidikan telah melaksanakan pembelajaran mandiri, pengajaran individual, dan penemuan, dan pembelajaran berbasis outcome. Konsep-konsep ini adalah dasar asumsi yang benar secara politik, namun faktual, bahwa anak-anak buta huruf karena mereka adalah korban masyarakat dan oleh karena itu masyarakat harus dipastikan agar "semua anak dapat mulai belajar untuk belajar."

    ReplyDelete
  32. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Pendidikan dan politik, keduanya merupakan elemen penting dalam sosial politik suatu negara, baik negara majun maupun negara berkembang. Keduanya sering dilihat sebagai bagaian yang terpisah, yang satu sama lain tidak memiliki hubungan apa-apa, padahal saling bahu membahu dalam proses pembentukan karakteristik masyarakat di suatu negara, lebih dari itu juga saling menjunjung dan saling mengisi.

    ReplyDelete
  33. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Politik dan pendidikan menurut saya merupakan dua hal yang sangat berbeda akan tetapi saling berkaitan. Keduanya juga saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. Namun, tingkat kebutuhan tersebut harus sesuai dengan proporsinya masing-masing, artinya sesuai dengan ruang dan waktunya. Pendidikan membutuhkan politik untuk menentukan atau membuat kebijakan-kebijakan di dalam pemerintahan seperti kurikulum, pemerataan pendidikan, dan lain sebagainya sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk melaksanakan pendidikan di sebuah negara yang berdaulat. Sedangkan politik membutuhkan pendidikan, artinya adalah orang-orang yang berpolitik juga tentunya haruslah orang-orang yang berpendidikan. Itu yang dinamakan sesuai dengan ruang dan waktu. Jika politik sebuah negara tidak diserahkan kepada ahlinya, maka kita hanya menunggu waktu kehancurannya. Sedangkan yang dimaksud dengan proporsi kebutuhkan adalah segala sesuatu baik politik maupun pendidikan harus ada batasannya yang jelas. Jika politik terlalu menguasai pendidikan, maka itu hanya kana menghancurkan dunia pendidikan tersebut. begitupula dengan pendidikan. Ketika menguasai politik, yang ditakutkan adalah justru akan terkena mitos-mitos yang juga akan menghancurkan dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  34. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih pak Prof atas berbagai referensi yang diberikan. Akan say abaca lbih dalam lagi jika ada kesempatan. Jika berbicara mengenai politic dan pendidikan sunggu seperti ironi. Karena dalam politik, tujuan dari pendidikan akan dianggap sebelah mata. Karena polik mempunya sistemnya sendiri. Mungkin kebijakan yang keluar dari polik kelihatannya bagus namun dalam pelaksanaan itu hany sebuah formalitas mungkin nol dipelaksaanaanya. Seperti itulah yang dapat saya gambarkan bagai mana politik dan pendidikan saling mempengaruhi dari pandangan saya atas negeri ini.

    ReplyDelete
  35. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    dapat dikatakan bahwa pendidikan dan politik terdapat hubungan secara tidak langsung, jadi pendidikan tidak secara keseluruhan membentuk perilaku politik. Akan tetapi pendidikan memberikan dasar-dasar kepada calon perilaku politik. Jika dasar-dasarnya kokoh, maka akan lahir pelaku-pelaku yang baik. Sedangkan jika dasar-dasar yang diberikan oleh pendidikan jelek dan rapuh, maka besar kemungkinan akan muncul pelaku politik yang jelek dan rapuh.

    ReplyDelete
  36. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Politik dan pendidikan tidak dapat dipisahkan. Kebijakan pendidikan yang dibuat di Indonesia mesti melewati jalur politik terlebih dahulu. Entah bagaimana bentuknya, politik mempengaruhi jalannya pendidikan di Indonesia, atau bahkan di negara lain. Apabila tujuannya baik, akan baik pula pendidikan yang terjadi. Namun hal ini bisa berlaku sebaliknya

    ReplyDelete
  37. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih pak Prof atas link yang dibagikan. Semoga kami dapat mengambil ilmu dari beberapa artikel diatas sehingga kami dapat terbuka pikiran dan wawasannya mengenai apa sebenarnya hubungan antara politik dan pendidikan

    ReplyDelete
  38. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ada pembagian antara tipe politik di sekolah, yaitu mikropolitik dan makropolitik. Makropolitik yaitu penggunaan kekuatan formal dan informal dari individu atau kelompok dalam mencapai tujuan organisasi tertentu. Sedangkan makropolitik diartikan sebagai kekuatan dalam pembuatan kebijakan di tingkat kota, wilayah, atau sebuah negara. Kedua tipe tersebut dapat terjadi di berbagai level sesuai kondisi dan sistem tertentu

    ReplyDelete
  39. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Pendidikan itu sendiri tidak akan pernah 'netral' atau 'bebas nilai'. Sehingga sangat penting untuk memahami ideologi politik yang mendukung pandangan dunia terkini serta perbedaan pandangan tentang pendidikan. Sehingga menjadikan penting untuk memahami ideologi pandangan dunia yang dimiliki oleh sejumlah besar orang. Sikap dan pandangan individu kita mencerminkan ideologi politik / pandangan dunia yang lebih luas dan mendalam secara sosial dan budaya sejak lahir dan seterusnya. Hal ini sangat mempengaruhi bagaimana kita melihat dunia dan masyarakat, termasuk pendidikan.

    ReplyDelete
  40. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Politik dalam pendidikan mempunyai dua sumber yaitu pertama didasarkan pada teori-teori politik dan kedua merupakan pijakan dari teori organisasi. Hal ini berarti kedudukan politik dalam pendidikan dijadikan sebagai teori politik dan pijakan yang kuat sehingga kebijakan dalam pendidikan dapat terwujud dengan baik. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa dunia pendidikan tidak terlepas dari dunia politik dan dunia politik juga berperan dalam dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  41. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Dalam buku yang ditulis oleh Paul Friere, disebutkan bahwa pemerintah di Brazil pada saat itu memberlakukan aturan bahwa masyarakat yang mengikuti pemilu terbatas pada masyarakat yang melek aksara. Dengan demikian, mereka mengajarkan aksara pada masyarakat yang ada sehingga masyarakat yang melek aksara dapat memiliki pengetahuan politik yang lebih baik. Dengan demikian, politik dan pendidikan tidak dapat dipisahkan. Idealnya, pendidikan di Indonesia lebih mengarah kepada problem educator. Public educator, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai dasar awal sistem pendidikan, agar tercapai cita-cita bangsa yaitu terwujudnya Demokrasi Pancasila. Namun, sistem pendidikan di negeri kita belum menggambarkan wajah dan tubuh yang konsisten bagi dipromosikannya pendidikan yang lebih demokratis.

    ReplyDelete