Dec 3, 2012

POLITIC AND EDUCATION





Ass Wr Wb
Jika ingin mmbaca lebih jauh tentang Politik Pendidikan, koneklah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Politics_in_education

Wss Wr Wb
Marsigit

20 comments:

  1. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Politik dalam pendidikan mempunyai dua sumber yaitu pertama didasarkan pada teori-teori politik dan kedua merupakan pijakan dari teori organisasi. Hal ini berarti kedudukan politik dalam pendidikan dijadikan sebagai teori politik dan pijakan yang kuat sehingga kebijakan dalam pendidikan dapat terwujud dengan baik. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa dunia pendidikan tidak terlepas dari dunia politik dan dunia politik juga berperan dalam dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  2. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Dalam buku yang ditulis oleh Paul Friere, disebutkan bahwa pemerintah di Brazil pada saat itu memberlakukan aturan bahwa masyarakat yang mengikuti pemilu terbatas pada masyarakat yang melek aksara. Dengan demikian, mereka mengajarkan aksara pada masyarakat yang ada sehingga masyarakat yang melek aksara dapat memiliki pengetahuan politik yang lebih baik. Dengan demikian, politik dan pendidikan tidak dapat dipisahkan. Idealnya, pendidikan di Indonesia lebih mengarah kepada problem educator. Public educator, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai dasar awal sistem pendidikan, agar tercapai cita-cita bangsa yaitu terwujudnya Demokrasi Pancasila. Namun, sistem pendidikan di negeri kita belum menggambarkan wajah dan tubuh yang konsisten bagi dipromosikannya pendidikan yang lebih demokratis.

    ReplyDelete
  3. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Pendidikan dan politik merupakan dua elemen yang penting dalam sistem sosial politik suatu Negara, baik Negara maju maupun berkembang. Pada umumnya kedua elemen ini selalu dipisahkan, sehingga seakan-akan tidak berhubungan satu dengan lain. Padahal keduanya sangatlah berkaitan.
    Bila tidak ada pendidikan tidak akan ada orang-orang yang mampu menjalankan dan mengelola dunia pemerintahan ataupun dunia politik, dan sebaliknya jika tidak ada politik, pendidikan tidak akan mampu berjalan karena kekurangan aspek-aspek pendukung seperti sarana dan prasana pendidikan yang disebabkan tidak adanya pengelola uang Negara maupun kebijakan-kebijakan yang mendukung terselenggaranya proses pendidikan.

    ReplyDelete
  4. Kebijakan politik menentukan berjalannya proses pendidikan. Selain saling berpengaruh, pendidikan dan politik juga memiliki hubungan fungsional.Lembaga-lembaga dan proses pendidikan menjalankan sejumlah fungsi politik yang signifikan. Mungkin yang terpenting dari fungsi-fungsi tersebut bahwa sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan lainnya menjadi agen-agen sosialisasi politik. Lembaga-lembaga pendidikan menjadi tempat dimana individu-individu, terutama anak-anak dan generasi muda, mempelajari sikap-sikap dan perasaan tentang sistem politik, dan sejenis peran politik yang diharapkan dari mereka. Keduanya memiliki hubungan yang dinamis.

    ReplyDelete
  5. Assalamu'alaikum wr.wb.

    Terima kasih, Pak atas link sumber belajarnya. Pendidikan dan politik adalah dua hal yang saling berkaitan. Jika suatu negara pendidikannya maju, maka pasti politiknya akan meningkat. Karena pemerintahan dipimpin oleh orang-orang yang cerdas dan berkarakter. Oleh karena itu pendidikan memiliki peranan penting dalam pemerintahan. Dalam mengajar, seorang guru harus menanamkan karakter yang kuat agar kelak siswa-siswa keluarannya dapat pemimpin pemerintahan dan membuat kemajuan terhadapnya.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  6. Politik dibagi menjadi dua kelompok aliran yaitu politik sayap kiri dan politik sayap kanan. Politik sayap kiri menganut aliran sosialis atau demokrasi sosial. Sedangkan sayap kanan adalah pendukung ekonomi kapitalis. Istilah politik sayap kiri dan politik sayap kanan sebenarnya muncul saat Revolusi Perancis yaitu disesuaikan dengan tepat duduk anggota legislatif saat itu.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  7. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Pendidikan dan politik menjadi dua aspek yang berkaitan. Judul pada postingan ini membawa saya pada memori perkuliahan s1 saya, tepatnya pada saat semester 1. Kala itu, saya mendapatkan mata kuliah politik pendidikan. Dan ternyata perkuliahan tersebut belum cukup. Saya membaca The Politics of Education: An Interview with Benjamin Barber pada link http://www.scottlondon.com/interviews/barber.html. Memang benar, banyak hal baru yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya. Pendapat-pendapat Benjamin Barber seakan-akan membawa saya menjadi pendengar opini-opininya, bahkan seakan-akan saya duduk tepat di sampingnya. Saya tertarik ketika dia berbicara tentang demokrasi, multikultural, dan konflik. Salah satunya adalah ini:

    "Well, there is, and there isn't. (That's a typical evasive answer.) But it's true, just look at Yugoslavia. On the one hand, the tribes and the nations of ex-Yugoslavia were on the verge of joining the new Europe, Sarajevo and Belgrade were becoming great consumer centers, they wanted to join the Common Market, Bosnians and Herzegovinians and Croats were becoming Europeans, and many young people saw themselves as Europeans — that was just two years ago. And yet in the last year or so we see them slaughtering one another in the name of tribal identities that most people would have thought were dead before the second World War. Young Croats giving Nazis salute again, Serbs engaged in a program of exterminating Croats, both Serbs and Croats coming together to exterminate Muslims, all of which suggest that yes there is a new man, a new woman out there, but scratch the surface of the new man and the new woman and maybe you'll find all too close to that surface the old man and the old woman of the warring tribes, the bloody factions, the willingness to kill one another..."

    ReplyDelete
  8. Atik Rodiawati
    17709251025
    PPS Pendidikan Matematika B 2017

    Ilmu politik menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuasaan untuk menetapkan peraturan dan mengalokasikan sumber daya. Politik erat kaitannya dengan kekuasaan. Bahkan terkadang untuk mendapatkan kekuasaan seorang politikus rela melakukan apa saja demi kekuasaan.
    Kekuasaan politik bila dimasukkan ke dalam dunia pendidikan dapat menjadi dua sisi yang berbeda, tergantung pada tujuan para politikus itu sendiri. Jika mereka arogan dalam menggunakan kekuasaannya, tentu pendidikan pada negara tersebut akan morat-marit. Sebaliknya, jika kekuasaan politik yang berpengaruh berpihak pada pendidikan, untuk memajukan kepentingan pendidikan terutama kemajuan anak didik, tentu akan menjadikan kuat suatu bangsa. Hal ini karena kunci keberhasilan bangsa salah satunya dinilai dari kualitas pendidikan bangsanya.

    ReplyDelete
  9. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Politik dan pendidikan sangat erat kaitannya. Contoh ril dalam pengajaran politik dalam pendidikan. Kajian politik memberikan pemahaman menjadi warga negara yang baik. Disini terjadi pendidikan politik dengan menntransfer nilai nilai politik. Dalam pengambilan kebijakan pendidikan, politik juga mempengaruhi arah kebijakan tersebut. Siapa yang berkuasa dan memimpin, sedikit banyak mempengaruhi keputusan atau kebijakan pendidikan. Seperti kurikulum, materi dan lain sebagainya. Politik dalam pendidikan adalah dimana cara-cara penyampaian atau cara menggerakkan suatu perangkat pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan.

    ReplyDelete
  10. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Menarik rasanya jika membahas antara politik dan pendidikan. Pendidikan dan politik merupakan dua hal penting dalam sistem sosial politik suatu Negara. Pada umumnya kedua hal ini selalu dipisahkan, sehingga seakan-akan tidak berhubungan satu dengan lain. Padahal keduanya sangatlah berkaitan. Jika tidak ada pendidikan maka tidak akan ada orang-orang yang mampu menjalankan dan mengelola dunia pemerintahan ataupun dunia politik, dan sebaliknya jika tidak ada politik, pendidikan tidak akan mampu berjalan karena kekurangan aspek-aspek pendukung seperti sarana dan prasana pendidikan yang disebabkan tidak adanya pengelola uang Negara maupun kebijakan-kebijakan yang mendukung terselenggaranya proses pendidikan. Namun hal tersebut menurut pandangan saya akan tidak saling melengkapi ketika politik “menguasai” pendidikan. Maksudnya adalah politik yang mengatur sistem pendidikan. Segala sesuatu tentang pendidikan diatur dan diputuskan berdasarkan kepentingan politik saja.

    ReplyDelete
  11. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Politik dan pendidikan merupakan dua aspek yang sangat berbeda. Namun pada zaman sekarang banyak yang menjadikan pendidikan sebagai salah satu wadah untuk menjalankan aksi politik. Padahal seharusnya politik menjadi salah satu cara atau aspek untuk memajukan sistem pendidikan di negara ini, namun sekarang malah sebaliknya banyak kegiatan-kegiatan politik yang dapat merusak sistem pendidikan yang ada, bahkan saat ini pendidikan merupakan salah satu cara berpolitik untuk mendapatkan keuntungan baik secara finansial maupun non finansial. Jadi agar sistem pendidikan di Indonesia bisa sesuai dengan kualitas maupun kuantitasnya sebaiknya jangan di campur adukan dengan sistem politik yang ada tetapi pendidikan benar-benar menjadi pengajaran untuk menciptkan individu yang memiiliki dedikasi dan prestasi serta menjadi SDM Indonesia yang cendikiawan.

    ReplyDelete
  12. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Setiap bangsa dan negara pasti memiliki masalah dalam pendidikannya, dan yag terjadi di Indonesia adalah permasalahan hubungan antara politik dan pendidikan. Tampak bahwa dalam pendidikan Indonesia, sistem pendidikannya selalu berubah mengikuti perubahan politik yang terjadi, sehingga banyak pernyataan di masyarakan yang mengatakan bahwa “ganti menteri, ganti kurikulum” sehingga bisa dikatakan pergantian kurikulum cukup sering terjadi. Hal ini sebenarnya kurang baik akan tetapi sulit atau bahkan cukup tidak mungkin untuk dihindari karena setiap orang yang memiliki kebijakan dan wewenang memiliki pola pikir masing-masing, akan tetapi kita sebagai warga negara tetap seharusnya mentaati kebijakan-kebijakan yang ada, dan apabila hendak mengkritisi kebijakan yang dirasa kurang tepat, hendaknya mengkritisi dengan cara yang benar dan sesuai dengan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  13. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. saya meyakini bahwa pendidikan adalah perihal keberpihakan (keberpihakan pada kemanusiaan). Kata kunci pendidikan adalah moral, sehingga yang diperjuangkan oleh pendidikan adalah menegakkan moralitas. Karena pendidikan adalah suatu proses yang sistematis, maka proses itu membutuhkan nilai-nilai politis untuk mencapai tujuannya. Tentunya, bukan politik yang dipahami sebagai suatu yang penuh intrik dan kelicikan. Politik dalam hal ini adalah politik pendidikan sebagai instrument pembebasan.

    ReplyDelete
  14. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Dunia politik sanat epengaruhi perkebangan pendidikan. Politik tidak selalu memperhatikkan pendidikan, naun pendidikan sangat bergantung kepada politk. Setiap kebijakan dala sebuah negara sangat tergantung dari aliran politik yang memiliki kekuasaan diwaktu itu, terkadang para pengampu kebijakan tersebut emmbuat peraturan yang bisa membingungkan dunia pendidikan, contoh pemilihan menteri pendidikan, pada saat terjadinya pergantian kekukaasan, terkadang pun bisa melahirkan kebijakan yang berbeda. Sehingga terkadang membingungkan pelaksana kebijakan.

    ReplyDelete
  15. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, thank you prof. Marsigit for an interesting article that is on the first link. Politics and education if collaborated will produce some meaning and purpose. One of them is if the political concept is put into a field in education, then it would be nice tricks and tips to be a politician is to avoid cheating and injustice. The behavior and speech of a politician should reflect the form of good and clean power, not full of cheating and wickedness, not full of imposing will and injustice. However, so far I myself also do not know what students are studying political science majors on their campus. Hopefully, between politics and education can be a unity of branches of science that benefits the nation and state, rather than dropping and destroying our own nation and state. Amin, Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  16. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Berdasarkan salah satu sumber tersebut, banyak negara berkembang yang telah meningkatkan tujuan reformasi pendidikan pada skela yang besar dengan perluasan suplai pendidikan yang cepat, mencapai persamaan dalam pemberian pendidikan, dan secara signifikasn mengembangkan kualitas pendidikan. Beberapa bentuk reformas tersebut telah jauh mencapai transformasi prioritas anggaran pada banyak negara dan juga mengubah cara yang fundamental dimana pemerintah secara tradisional membuat pelayanan pendidikan reformasi politik dan bagaimana sektor publik dioperasikan melalui kerjasama dengan sektor pribadi. Reformasi tersebut telah memberikan dampak yang besar bagi seluruh kehidupannya, misalnya reformasi pendidikan telah memberikan pengaruh yang panjang terhadap distribusi kemiskinan dan pendapatan.

    ReplyDelete
  17. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Menurut saya politik dan pendidikan tidak bisa disamakan ataupun disatukan Karena kedua hal tersebut berbeda, dan menurut saya sama sekali tidak ada benang merahnya. Oleh karena itu ketika ingin membangun pendiidkan yang baik di Indonesia bukan maslaah siapa yang memimpin baik mentri maupun oresidennya (karena masih ada pemikiran bahwa ketika presiden atau mentrinya ganti maka kebijakan mengenai pendiidkan di Inodensia akan berubah) namun bahgaimana mengelola pendidikan di Indonesia untuk sukses menghadapai abad 21 ini. Tentu saja tidak bisa dipikirkan dalam satu hari namun benar-benar di susun oleh orang ahli dalam bidang penndidikan.

    ReplyDelete
  18. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Politik dan pendidikan keduanya saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Politik akan mengarahkan kemanakah pendidikan bertujuan. Begitu pula pendidikan akan mengarahkan orang-orang yang kelak akan memegang kekuasaan politik bersikap. Pendidikan dari sejak usia dini siswa harus ditanamkan perilaku jujur dan adil agar nantinya menjadi pemimpin-pemimpin politik yang jujur dan adil pula serta tidak menyalahgunakan kekuasaannya untuk berbuat hal-hal yang merugikan orang banyak, bangsa, dan negara.

    ReplyDelete
  19. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Politik dan pendidikan adalah dua hal yang tak terpisahkan dan saling berkaitan. Ilmu politik menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuasaan untuk menetapkan peraturan dan mengalokasikan sumber daya. Tanpa ada pendidikan yang baik, maka sebuah organisasi tidak akan membuat sebuah peraturan. Ilmu pendidikan adalah menjelaskan bagaimana masyarakat atau manusia mendapatkan sebuah ilmu atau pengetahuan untuk dapat membedakan yng baik dan benar serta yang salah.

    Menurut saya, jika didalam dunia pendidikan ada diajarkan politik maka itu baik untuk siswa, karena dari dunia pendidikan siswa sudah melakukan sebuah organisasi, maka siswa sudah diajarkan berpolitik yang baik, jujur, dan adil serta bertanggung jawab dengan segala resiko keputusan yang diambil. Karena seperti yang diketahui, politik di negara ini hanya menginginkan sebuah jabatan dan gaji yang tinggi, bukan politik yang membangun negeri.

    ReplyDelete
  20. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Politik dan pendidikan saling berkesinambungan. Politik berperan dalam menentukan strategi belajar individu. Saya menyadari bahwa belajar dapat dilakukan di manapun dan kapanpun merupakan salah satu kontribusi politik dalam lingkup pendidikan. Ini juga termasuk dalam bagian mikropolitik. Penetatapan gagasan dan sistem yang ada tentulah berkaitan dengan makropolitik. Selama ini saya hanya mengetahui ilmu politik dalam lingkup yang makro. Melalui berbagai link yang sudah Bapak berikan pandangan saya terhadap politik kini sudah mulai berubah. Semula hanya beranggapan politik hanya terkait dengan kegiatan para aktivis dan elit politik. Namun ternyata dalam pendidikan juga membutuhkannya.

    ReplyDelete