Dec 3, 2012

POLITIC AND EDUCATION





Ass Wr Wb
Jika ingin mmbaca lebih jauh tentang Politik Pendidikan, koneklah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Politics_in_education

Wss Wr Wb
Marsigit

73 comments:

  1. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Politik dan pendidikan memang sangat erat hubungannya. Karena siapa yang berkuasa pasti akan membuat kebijakan yang mungkin dibuat dengan dalih sebagai kemajuan pendidikan di Indonesia, namun tidak demikian adanya. Karena setiap ganti kekuasaan pasti akan ganti pula kebijakannya dalam dunia pendidikan. Ini semua memang akibat dari sistem pendidikan di Indonesia yang belum baik, sehingga setiap pemimpin kekuasaan yang menjabat akan dengan mudahnya mengeluarkan kebijakan baru untuk pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  2. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Politik dalam pendidikan sekarang sudah menjadi sesuatu yang sering ditemui. Seperti halnya pelaksanaan kurikulum 2013, banyak kontra dari pelaksanaan kurikulum 2013 karena pelaksanaan yang terburu-buru. Kurikulum 2013 bagus dalam pendekatan saintifiknya, namun buruk dalam penggantian kurikulum pada umumnya, banyak pendapat bahwa akan lebih baik jika kurikulum KTSP cukup diperbaiki dengan pendekatan saintifik. Penggantian kurikulum 2013 diyakini karena politik pendidikan, sehingga sistem persekolahan yang menjadi korban. Politik kementerian pendidikan agar dapat memenuhi target yaitu melakukan perubahan dalampendidikan Indonesia tanpa memikirkan kerugiannya karena terlalu terburu-buru dalam implementasinya.

    ReplyDelete
  3. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Meskipun pendidikan dan politik mempunyai posisi sebagai dua elemen penting dalam sistem sosial politik, namun sering dikaji sebagai bagian-bagian yang terpisah. Tentu saja hal demikian tidak tepat karena pendidikan dan politik bahu membahu dalam proses pembentukan karakteristik masyarakat di suatu negara. Lebih dari itu, satu sama lain saling menunjang dan saling mengisi. Karena kuatnya kaitan antara masalah pendidikan dan politik, setiap kebijakan pemerintah di bidang pendidikan pada umumnya merefleksikan pandangannya tentang masyarakat dan keyakinan politiknya. Masing-masing pemerintah menempatkan prioritas pendidikan yang berbeda-beda, dan menyukai kebijakan-kebijakan yang merefleksikan pandangan dasar dan kepentingan-kepentingan mereka. Dari waktu ke waktu pemerintah membuat kebijakan-kebijakan pendidikan atas dasar pertimbangan pertimbangan politik.

    ReplyDelete
  4. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari yang saya baca pada artikel, studi politik di bidang pendidikan memiliki dua akar utama. Akar yang pertama didasarkan pada teori – teori dari ilmu politik sedangkan akar yang kedua berakar pada teori organisasi. Ilmu politik mencoba menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuasaan untuk menetapkan peraturan dan mengalokasikan sumber daya. Teori organisasi menggunakan teori manajemen ilmiah untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai fungsi organisasi. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam memahami artikelnya.

    ReplyDelete
  5. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Politik pendidikan merupakan sikap yang konsisten dalam hal mengarahkan kontrol sosial, baik mengenai tujuan maupun metodenya terhadap sistem pendidikan. Keadaan masyarakat yang selalu berubah membuat sistem sosial pun selalu mengalami perubahan. Politik pendidikan menjadi suatu kebijakan dalam dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan sosial dan perubahan bangsa.

    ReplyDelete
  6. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Pendidikan dan politik merupakan elmen yang penting dalam subuah negara, hubungan antara pendidikan dan politik tak bias dipisahkan dalam arti antara pendidikan dan politik saling berkait.
    Pendidikan dalam hal ini memberikan pengajaran atau mendidikkan pelaku atau tokoh politik, sedangkan polotik posisinya sebagai pembuat sector kebijakan. Dalam hal ini pendidikan dan politik seirama dalam menciptakan sebuah peradaban baru. Akan tetapi apa bila politik dipegang oleh orang-orang yang tidak berkopenten tentu akan rusak, demikian juga dengan pendidikan yang membutuhkan kebijakan demi kemajuan juga akan kena dampaknya.
    Sumber: http://ariefsugianto503.blogspot.co.id/2014/12/pendidikan-dan-politik.html

    ReplyDelete
  7. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    dalam dunia pendidikan, pasti ada politiknya. dalam politik, juga ada pendidikannya. dalam dunia sekolah politik juga masuk didalamnya. Periset telah menarik perbedaan antara dua jenis politik di sekolah. Istilah micropolitics mengacu pada penggunaan kekuatan formal dan informal oleh individu dan kelompok untuk mencapai tujuan mereka dalam organisasi. Proses kooperatif dan konflik merupakan komponen integral dari mikropolitik. Macropolitik mengacu pada bagaimana kekuatan digunakan dan pengambilan keputusan dilakukan di tingkat kabupaten, negara bagian, dan federal. Macropolitik umumnya dianggap ada di luar sekolah, namun para periset telah mencatat bahwa mikro dan makropolitik mungkin ada pada setiap tingkat sistem sekolah tergantung pada keadaan.

    ReplyDelete
  8. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Berdasarkan link yang saya baca bahwa politics dan educatiaon adlaah suatu. Sebagai disiplin akademis, studi politik di bidang pendidikan memiliki dua akar utama. Akar pertama didasarkan pada teori-teori dari ilmu politik sedangkan akar kedua berakar pada teori organisasi. [1] Ilmu politik mencoba menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuasaan untuk menetapkan peraturan dan mengalokasikan sumber daya. Teori organisasi menggunakan teori manajemen ilmiah untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam mengenai fungsi organisasi.
    Periset telah menarik perbedaan antara dua jenis politik di sekolah. Istilah micropolitics mengacu pada penggunaan kekuatan formal dan informal oleh individu dan kelompok untuk mencapai tujuan mereka dalam organisasi. Proses kooperatif dan konflik merupakan komponen integral dari mikropolitik. Macropolitik mengacu pada bagaimana kekuatan digunakan dan pengambilan keputusan dilakukan di tingkat kabupaten, negara bagian, dan federal. Macropolitik umumnya dianggap ada di luar sekolah, namun para periset telah mencatat bahwa mikro dan makropolitik mungkin ada pada setiap tingkat sistem sekolah tergantung pada keadaan. Yanag mana kita harus juga memebedakan politics of educatioan dan politics in education dua hal itu berbeda dari segi tujuannya.

    ReplyDelete
  9. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Politik dan pendidikan saling berkaitan salah satu peran pendidikan yaitu memasyarakatkan ideologi dan nilai-nilai sosio-kultural bangsa kepada warga negara. Sedangkan politik, salah satu unsurnya adalah pengambilan keputusan dan pendidikan tidak lepas dari keputusan yang dibuat politik. Salah satu keputusan politik yang diambil di dunia pendidikan adalah adanya Ujian Nasional dengan standar tertentu yang telah ditetapkan terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  10. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Politik dan Pendidikan sangatlah erat hubungannya, politik adalah mereka yang berkuasa para pemimpin, para pemimpin bisa secara hierarki mengatur pendidikan di negri ini. yang sangat terlihat jelas saat ini pada pendidikan adalah kurikulum yang berganti seiringnya waktu karena kebijakan para pemimpin. Selalu ada segi baik dan buruknya dalam pergantian.

    ReplyDelete
  11. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari bacaan link-link tersebut, saya mendapatkan pemahaman bahwa ada keterkaitan antara pendidikan dan politik. Maksud dari ilmu politik di sini merupakan ilmu yang mencoba menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuasaan sehingga dengan adanya hal ini kita dapat menetapkan peraturan dan mengalokasikan sumber daya yang ada. Tentunya setiap sekolah memiliki kepolitakan yang berbeda. Karena pada setiap sekolah tentu mengalami perbedaan dalam mengambil keputusan yang dilakukan di tingkat kabupaten, kota, propinsi, dan negara bagian.

    ReplyDelete
  12. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Politik dan pendidikan adalah dua elemen yang berbeda dan memiliki kaitan yang kuat. Kuatnya kaitan antara masalah pendidikan dan politik, menjadikan setiap kebijakan pemerintah di bidang pendidikan pada umumnya merefleksikan pandangannya tentang masyarakat dan keyakinan politiknya. Adapun, politik pendidikan merupakan kajian tentang relasi antara proses munculnya berbagai tujuan pendidikan dengan cara–cara penyampaiannya. Kajian politik pendidikan terkonsentrasi pada peranan Negara dalam bidang pendidikan, sehingga dapat menjelaskan asumsi dan maksud dari berbagai strategi perubahan pendidikan dalam suatu masyarakat secara lebih baik. Kontrol negara terhadap pendidikan umumnya dilakukan melalui empat cara yaitu (1) sistem pendidkan diatur secara legal, (2) sistem pendidikan dijalankan sebagai birokrasi (menekankan ketaatan pada aturan dan objektivitas), (3) penerapan wajib pendidikan, (4) reproduksi politik dan ekonomi yang berlangsung di sekolah berlangsung dalam konteks tertentu.

    ReplyDelete
  13. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Politik pendidikan adalah sikap yang konsisten dalam hal mengarahkan kontrol sosial, baik mengenai tujuan maupun metodenya terhadap sistem pendidikan. Masyarakat selalu berubah. Karena itu, sistem sosial pun selalu mengalami perubahan. Oleh karena sistem pendidikan itu merupakan suatu unsur dalam sistem sosial, maka sistem pendidikan pun selalu mengalami perubahan. Di sanalah tampak tugas politik pendidikan.

    ReplyDelete
  14. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Saya menggarisbawahi bahwa studi tentang politik di bidang pendidikan memiliki dua akar utama. Akar pertama didasarkan pada teori-teori dari ilmu politik sedangkan akar kedua berakar pada teori organisasi. Yang pertama berakar dari ilmu politik yang mencoba menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuasaan untuk menetapkan peraturan dan mengalokasikan sumber daya. Yang kedua, teori organisasi menggunakan teori manajemen ilmiah untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam mengenai fungsi organisasi. Kemudian, pendidikan telah melaksanakan pembelajaran mandiri, pengajaran individual, dan penemuan, dan pembelajaran berbasis outcome. Konsep-konsep ini adalah dasar asumsi yang benar secara politik, namun faktual, bahwa anak-anak buta huruf karena mereka adalah korban masyarakat dan oleh karena itu masyarakat harus dipastikan agar "semua anak dapat mulai belajar untuk belajar."

    ReplyDelete
  15. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Pendidikan dan politik, keduanya merupakan elemen penting dalam sosial politik suatu negara, baik negara majun maupun negara berkembang. Keduanya sering dilihat sebagai bagaian yang terpisah, yang satu sama lain tidak memiliki hubungan apa-apa, padahal saling bahu membahu dalam proses pembentukan karakteristik masyarakat di suatu negara, lebih dari itu juga saling menjunjung dan saling mengisi.

    ReplyDelete
  16. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Politik dan pendidikan menurut saya merupakan dua hal yang sangat berbeda akan tetapi saling berkaitan. Keduanya juga saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. Namun, tingkat kebutuhan tersebut harus sesuai dengan proporsinya masing-masing, artinya sesuai dengan ruang dan waktunya. Pendidikan membutuhkan politik untuk menentukan atau membuat kebijakan-kebijakan di dalam pemerintahan seperti kurikulum, pemerataan pendidikan, dan lain sebagainya sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk melaksanakan pendidikan di sebuah negara yang berdaulat. Sedangkan politik membutuhkan pendidikan, artinya adalah orang-orang yang berpolitik juga tentunya haruslah orang-orang yang berpendidikan. Itu yang dinamakan sesuai dengan ruang dan waktu. Jika politik sebuah negara tidak diserahkan kepada ahlinya, maka kita hanya menunggu waktu kehancurannya. Sedangkan yang dimaksud dengan proporsi kebutuhkan adalah segala sesuatu baik politik maupun pendidikan harus ada batasannya yang jelas. Jika politik terlalu menguasai pendidikan, maka itu hanya kana menghancurkan dunia pendidikan tersebut. begitupula dengan pendidikan. Ketika menguasai politik, yang ditakutkan adalah justru akan terkena mitos-mitos yang juga akan menghancurkan dirinya sendiri.

    ReplyDelete
  17. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih pak Prof atas berbagai referensi yang diberikan. Akan say abaca lbih dalam lagi jika ada kesempatan. Jika berbicara mengenai politic dan pendidikan sunggu seperti ironi. Karena dalam politik, tujuan dari pendidikan akan dianggap sebelah mata. Karena polik mempunya sistemnya sendiri. Mungkin kebijakan yang keluar dari polik kelihatannya bagus namun dalam pelaksanaan itu hany sebuah formalitas mungkin nol dipelaksaanaanya. Seperti itulah yang dapat saya gambarkan bagai mana politik dan pendidikan saling mempengaruhi dari pandangan saya atas negeri ini.

    ReplyDelete
  18. Ika Agustina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    dapat dikatakan bahwa pendidikan dan politik terdapat hubungan secara tidak langsung, jadi pendidikan tidak secara keseluruhan membentuk perilaku politik. Akan tetapi pendidikan memberikan dasar-dasar kepada calon perilaku politik. Jika dasar-dasarnya kokoh, maka akan lahir pelaku-pelaku yang baik. Sedangkan jika dasar-dasar yang diberikan oleh pendidikan jelek dan rapuh, maka besar kemungkinan akan muncul pelaku politik yang jelek dan rapuh.

    ReplyDelete
  19. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Politik dan pendidikan tidak dapat dipisahkan. Kebijakan pendidikan yang dibuat di Indonesia mesti melewati jalur politik terlebih dahulu. Entah bagaimana bentuknya, politik mempengaruhi jalannya pendidikan di Indonesia, atau bahkan di negara lain. Apabila tujuannya baik, akan baik pula pendidikan yang terjadi. Namun hal ini bisa berlaku sebaliknya

    ReplyDelete
  20. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih pak Prof atas link yang dibagikan. Semoga kami dapat mengambil ilmu dari beberapa artikel diatas sehingga kami dapat terbuka pikiran dan wawasannya mengenai apa sebenarnya hubungan antara politik dan pendidikan

    ReplyDelete
  21. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ada pembagian antara tipe politik di sekolah, yaitu mikropolitik dan makropolitik. Makropolitik yaitu penggunaan kekuatan formal dan informal dari individu atau kelompok dalam mencapai tujuan organisasi tertentu. Sedangkan makropolitik diartikan sebagai kekuatan dalam pembuatan kebijakan di tingkat kota, wilayah, atau sebuah negara. Kedua tipe tersebut dapat terjadi di berbagai level sesuai kondisi dan sistem tertentu

    ReplyDelete
  22. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Politik dalam pendidikan mempunyai dua sumber yaitu pertama didasarkan pada teori-teori politik dan kedua merupakan pijakan dari teori organisasi. Hal ini berarti kedudukan politik dalam pendidikan dijadikan sebagai teori politik dan pijakan yang kuat sehingga kebijakan dalam pendidikan dapat terwujud dengan baik. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa dunia pendidikan tidak terlepas dari dunia politik dan dunia politik juga berperan dalam dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  23. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Dalam buku yang ditulis oleh Paul Friere, disebutkan bahwa pemerintah di Brazil pada saat itu memberlakukan aturan bahwa masyarakat yang mengikuti pemilu terbatas pada masyarakat yang melek aksara. Dengan demikian, mereka mengajarkan aksara pada masyarakat yang ada sehingga masyarakat yang melek aksara dapat memiliki pengetahuan politik yang lebih baik. Dengan demikian, politik dan pendidikan tidak dapat dipisahkan. Idealnya, pendidikan di Indonesia lebih mengarah kepada problem educator. Public educator, karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai dasar awal sistem pendidikan, agar tercapai cita-cita bangsa yaitu terwujudnya Demokrasi Pancasila. Namun, sistem pendidikan di negeri kita belum menggambarkan wajah dan tubuh yang konsisten bagi dipromosikannya pendidikan yang lebih demokratis.

    ReplyDelete
  24. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Pendidikan dan politik merupakan dua elemen yang penting dalam sistem sosial politik suatu Negara, baik Negara maju maupun berkembang. Pada umumnya kedua elemen ini selalu dipisahkan, sehingga seakan-akan tidak berhubungan satu dengan lain. Padahal keduanya sangatlah berkaitan.
    Bila tidak ada pendidikan tidak akan ada orang-orang yang mampu menjalankan dan mengelola dunia pemerintahan ataupun dunia politik, dan sebaliknya jika tidak ada politik, pendidikan tidak akan mampu berjalan karena kekurangan aspek-aspek pendukung seperti sarana dan prasana pendidikan yang disebabkan tidak adanya pengelola uang Negara maupun kebijakan-kebijakan yang mendukung terselenggaranya proses pendidikan.

    ReplyDelete
  25. Kebijakan politik menentukan berjalannya proses pendidikan. Selain saling berpengaruh, pendidikan dan politik juga memiliki hubungan fungsional.Lembaga-lembaga dan proses pendidikan menjalankan sejumlah fungsi politik yang signifikan. Mungkin yang terpenting dari fungsi-fungsi tersebut bahwa sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan lainnya menjadi agen-agen sosialisasi politik. Lembaga-lembaga pendidikan menjadi tempat dimana individu-individu, terutama anak-anak dan generasi muda, mempelajari sikap-sikap dan perasaan tentang sistem politik, dan sejenis peran politik yang diharapkan dari mereka. Keduanya memiliki hubungan yang dinamis.

    ReplyDelete
  26. Assalamu'alaikum wr.wb.

    Terima kasih, Pak atas link sumber belajarnya. Pendidikan dan politik adalah dua hal yang saling berkaitan. Jika suatu negara pendidikannya maju, maka pasti politiknya akan meningkat. Karena pemerintahan dipimpin oleh orang-orang yang cerdas dan berkarakter. Oleh karena itu pendidikan memiliki peranan penting dalam pemerintahan. Dalam mengajar, seorang guru harus menanamkan karakter yang kuat agar kelak siswa-siswa keluarannya dapat pemimpin pemerintahan dan membuat kemajuan terhadapnya.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  27. Politik dibagi menjadi dua kelompok aliran yaitu politik sayap kiri dan politik sayap kanan. Politik sayap kiri menganut aliran sosialis atau demokrasi sosial. Sedangkan sayap kanan adalah pendukung ekonomi kapitalis. Istilah politik sayap kiri dan politik sayap kanan sebenarnya muncul saat Revolusi Perancis yaitu disesuaikan dengan tepat duduk anggota legislatif saat itu.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  28. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Pendidikan dan politik menjadi dua aspek yang berkaitan. Judul pada postingan ini membawa saya pada memori perkuliahan s1 saya, tepatnya pada saat semester 1. Kala itu, saya mendapatkan mata kuliah politik pendidikan. Dan ternyata perkuliahan tersebut belum cukup. Saya membaca The Politics of Education: An Interview with Benjamin Barber pada link http://www.scottlondon.com/interviews/barber.html. Memang benar, banyak hal baru yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya. Pendapat-pendapat Benjamin Barber seakan-akan membawa saya menjadi pendengar opini-opininya, bahkan seakan-akan saya duduk tepat di sampingnya. Saya tertarik ketika dia berbicara tentang demokrasi, multikultural, dan konflik. Salah satunya adalah ini:

    "Well, there is, and there isn't. (That's a typical evasive answer.) But it's true, just look at Yugoslavia. On the one hand, the tribes and the nations of ex-Yugoslavia were on the verge of joining the new Europe, Sarajevo and Belgrade were becoming great consumer centers, they wanted to join the Common Market, Bosnians and Herzegovinians and Croats were becoming Europeans, and many young people saw themselves as Europeans — that was just two years ago. And yet in the last year or so we see them slaughtering one another in the name of tribal identities that most people would have thought were dead before the second World War. Young Croats giving Nazis salute again, Serbs engaged in a program of exterminating Croats, both Serbs and Croats coming together to exterminate Muslims, all of which suggest that yes there is a new man, a new woman out there, but scratch the surface of the new man and the new woman and maybe you'll find all too close to that surface the old man and the old woman of the warring tribes, the bloody factions, the willingness to kill one another..."

    ReplyDelete
  29. Atik Rodiawati
    17709251025
    PPS Pendidikan Matematika B 2017

    Ilmu politik menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuasaan untuk menetapkan peraturan dan mengalokasikan sumber daya. Politik erat kaitannya dengan kekuasaan. Bahkan terkadang untuk mendapatkan kekuasaan seorang politikus rela melakukan apa saja demi kekuasaan.
    Kekuasaan politik bila dimasukkan ke dalam dunia pendidikan dapat menjadi dua sisi yang berbeda, tergantung pada tujuan para politikus itu sendiri. Jika mereka arogan dalam menggunakan kekuasaannya, tentu pendidikan pada negara tersebut akan morat-marit. Sebaliknya, jika kekuasaan politik yang berpengaruh berpihak pada pendidikan, untuk memajukan kepentingan pendidikan terutama kemajuan anak didik, tentu akan menjadikan kuat suatu bangsa. Hal ini karena kunci keberhasilan bangsa salah satunya dinilai dari kualitas pendidikan bangsanya.

    ReplyDelete
  30. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Politik dan pendidikan sangat erat kaitannya. Contoh ril dalam pengajaran politik dalam pendidikan. Kajian politik memberikan pemahaman menjadi warga negara yang baik. Disini terjadi pendidikan politik dengan menntransfer nilai nilai politik. Dalam pengambilan kebijakan pendidikan, politik juga mempengaruhi arah kebijakan tersebut. Siapa yang berkuasa dan memimpin, sedikit banyak mempengaruhi keputusan atau kebijakan pendidikan. Seperti kurikulum, materi dan lain sebagainya. Politik dalam pendidikan adalah dimana cara-cara penyampaian atau cara menggerakkan suatu perangkat pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan.

    ReplyDelete
  31. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Menarik rasanya jika membahas antara politik dan pendidikan. Pendidikan dan politik merupakan dua hal penting dalam sistem sosial politik suatu Negara. Pada umumnya kedua hal ini selalu dipisahkan, sehingga seakan-akan tidak berhubungan satu dengan lain. Padahal keduanya sangatlah berkaitan. Jika tidak ada pendidikan maka tidak akan ada orang-orang yang mampu menjalankan dan mengelola dunia pemerintahan ataupun dunia politik, dan sebaliknya jika tidak ada politik, pendidikan tidak akan mampu berjalan karena kekurangan aspek-aspek pendukung seperti sarana dan prasana pendidikan yang disebabkan tidak adanya pengelola uang Negara maupun kebijakan-kebijakan yang mendukung terselenggaranya proses pendidikan. Namun hal tersebut menurut pandangan saya akan tidak saling melengkapi ketika politik “menguasai” pendidikan. Maksudnya adalah politik yang mengatur sistem pendidikan. Segala sesuatu tentang pendidikan diatur dan diputuskan berdasarkan kepentingan politik saja.

    ReplyDelete
  32. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Politik dan pendidikan merupakan dua aspek yang sangat berbeda. Namun pada zaman sekarang banyak yang menjadikan pendidikan sebagai salah satu wadah untuk menjalankan aksi politik. Padahal seharusnya politik menjadi salah satu cara atau aspek untuk memajukan sistem pendidikan di negara ini, namun sekarang malah sebaliknya banyak kegiatan-kegiatan politik yang dapat merusak sistem pendidikan yang ada, bahkan saat ini pendidikan merupakan salah satu cara berpolitik untuk mendapatkan keuntungan baik secara finansial maupun non finansial. Jadi agar sistem pendidikan di Indonesia bisa sesuai dengan kualitas maupun kuantitasnya sebaiknya jangan di campur adukan dengan sistem politik yang ada tetapi pendidikan benar-benar menjadi pengajaran untuk menciptkan individu yang memiiliki dedikasi dan prestasi serta menjadi SDM Indonesia yang cendikiawan.

    ReplyDelete
  33. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Setiap bangsa dan negara pasti memiliki masalah dalam pendidikannya, dan yag terjadi di Indonesia adalah permasalahan hubungan antara politik dan pendidikan. Tampak bahwa dalam pendidikan Indonesia, sistem pendidikannya selalu berubah mengikuti perubahan politik yang terjadi, sehingga banyak pernyataan di masyarakan yang mengatakan bahwa “ganti menteri, ganti kurikulum” sehingga bisa dikatakan pergantian kurikulum cukup sering terjadi. Hal ini sebenarnya kurang baik akan tetapi sulit atau bahkan cukup tidak mungkin untuk dihindari karena setiap orang yang memiliki kebijakan dan wewenang memiliki pola pikir masing-masing, akan tetapi kita sebagai warga negara tetap seharusnya mentaati kebijakan-kebijakan yang ada, dan apabila hendak mengkritisi kebijakan yang dirasa kurang tepat, hendaknya mengkritisi dengan cara yang benar dan sesuai dengan ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  34. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas link yang bapak sajikan. saya meyakini bahwa pendidikan adalah perihal keberpihakan (keberpihakan pada kemanusiaan). Kata kunci pendidikan adalah moral, sehingga yang diperjuangkan oleh pendidikan adalah menegakkan moralitas. Karena pendidikan adalah suatu proses yang sistematis, maka proses itu membutuhkan nilai-nilai politis untuk mencapai tujuannya. Tentunya, bukan politik yang dipahami sebagai suatu yang penuh intrik dan kelicikan. Politik dalam hal ini adalah politik pendidikan sebagai instrument pembebasan.

    ReplyDelete
  35. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Dunia politik sanat epengaruhi perkebangan pendidikan. Politik tidak selalu memperhatikkan pendidikan, naun pendidikan sangat bergantung kepada politk. Setiap kebijakan dala sebuah negara sangat tergantung dari aliran politik yang memiliki kekuasaan diwaktu itu, terkadang para pengampu kebijakan tersebut emmbuat peraturan yang bisa membingungkan dunia pendidikan, contoh pemilihan menteri pendidikan, pada saat terjadinya pergantian kekukaasan, terkadang pun bisa melahirkan kebijakan yang berbeda. Sehingga terkadang membingungkan pelaksana kebijakan.

    ReplyDelete
  36. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, thank you prof. Marsigit for an interesting article that is on the first link. Politics and education if collaborated will produce some meaning and purpose. One of them is if the political concept is put into a field in education, then it would be nice tricks and tips to be a politician is to avoid cheating and injustice. The behavior and speech of a politician should reflect the form of good and clean power, not full of cheating and wickedness, not full of imposing will and injustice. However, so far I myself also do not know what students are studying political science majors on their campus. Hopefully, between politics and education can be a unity of branches of science that benefits the nation and state, rather than dropping and destroying our own nation and state. Amin, Wallahu'alam bishowab.

    ReplyDelete
  37. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Berdasarkan salah satu sumber tersebut, banyak negara berkembang yang telah meningkatkan tujuan reformasi pendidikan pada skela yang besar dengan perluasan suplai pendidikan yang cepat, mencapai persamaan dalam pemberian pendidikan, dan secara signifikasn mengembangkan kualitas pendidikan. Beberapa bentuk reformas tersebut telah jauh mencapai transformasi prioritas anggaran pada banyak negara dan juga mengubah cara yang fundamental dimana pemerintah secara tradisional membuat pelayanan pendidikan reformasi politik dan bagaimana sektor publik dioperasikan melalui kerjasama dengan sektor pribadi. Reformasi tersebut telah memberikan dampak yang besar bagi seluruh kehidupannya, misalnya reformasi pendidikan telah memberikan pengaruh yang panjang terhadap distribusi kemiskinan dan pendapatan.

    ReplyDelete
  38. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Menurut saya politik dan pendidikan tidak bisa disamakan ataupun disatukan Karena kedua hal tersebut berbeda, dan menurut saya sama sekali tidak ada benang merahnya. Oleh karena itu ketika ingin membangun pendiidkan yang baik di Indonesia bukan maslaah siapa yang memimpin baik mentri maupun oresidennya (karena masih ada pemikiran bahwa ketika presiden atau mentrinya ganti maka kebijakan mengenai pendiidkan di Inodensia akan berubah) namun bahgaimana mengelola pendidikan di Indonesia untuk sukses menghadapai abad 21 ini. Tentu saja tidak bisa dipikirkan dalam satu hari namun benar-benar di susun oleh orang ahli dalam bidang penndidikan.

    ReplyDelete
  39. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Politik dan pendidikan keduanya saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Politik akan mengarahkan kemanakah pendidikan bertujuan. Begitu pula pendidikan akan mengarahkan orang-orang yang kelak akan memegang kekuasaan politik bersikap. Pendidikan dari sejak usia dini siswa harus ditanamkan perilaku jujur dan adil agar nantinya menjadi pemimpin-pemimpin politik yang jujur dan adil pula serta tidak menyalahgunakan kekuasaannya untuk berbuat hal-hal yang merugikan orang banyak, bangsa, dan negara.

    ReplyDelete
  40. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Politik dan pendidikan adalah dua hal yang tak terpisahkan dan saling berkaitan. Ilmu politik menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuasaan untuk menetapkan peraturan dan mengalokasikan sumber daya. Tanpa ada pendidikan yang baik, maka sebuah organisasi tidak akan membuat sebuah peraturan. Ilmu pendidikan adalah menjelaskan bagaimana masyarakat atau manusia mendapatkan sebuah ilmu atau pengetahuan untuk dapat membedakan yng baik dan benar serta yang salah.

    Menurut saya, jika didalam dunia pendidikan ada diajarkan politik maka itu baik untuk siswa, karena dari dunia pendidikan siswa sudah melakukan sebuah organisasi, maka siswa sudah diajarkan berpolitik yang baik, jujur, dan adil serta bertanggung jawab dengan segala resiko keputusan yang diambil. Karena seperti yang diketahui, politik di negara ini hanya menginginkan sebuah jabatan dan gaji yang tinggi, bukan politik yang membangun negeri.

    ReplyDelete
  41. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Politik dan pendidikan saling berkesinambungan. Politik berperan dalam menentukan strategi belajar individu. Saya menyadari bahwa belajar dapat dilakukan di manapun dan kapanpun merupakan salah satu kontribusi politik dalam lingkup pendidikan. Ini juga termasuk dalam bagian mikropolitik. Penetatapan gagasan dan sistem yang ada tentulah berkaitan dengan makropolitik. Selama ini saya hanya mengetahui ilmu politik dalam lingkup yang makro. Melalui berbagai link yang sudah Bapak berikan pandangan saya terhadap politik kini sudah mulai berubah. Semula hanya beranggapan politik hanya terkait dengan kegiatan para aktivis dan elit politik. Namun ternyata dalam pendidikan juga membutuhkannya.

    ReplyDelete
  42. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Pendidikan dan politik adalah dua elemen penting dalam sistem sosial disetiap negara, baik negara maju maupun negara berkembang. Keduanya sering dilihat sebagai bagian yang terpisahkan, yang satu sama lain tidak tidak memiliki hubungan apa-apa. Padahal, keduanya bahu-membahu dalam proses pembentukan karakteristik masyarakat disuatu negara. Lebih dari itu, keduanya satu sama lain saling menunjang dan saling mengisi.

    ReplyDelete
  43. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Lembaga-Lembaga dan proses pendidikan berperan penting dalam membentuk perilaku politik masyarakat di setiap negara. Begitu juga sebaliknya, lembaga-lembaga dan proses politik disuatu negara membawa dampak besar pada karakteristik pendidikan di negara tersebut. Ada hubungan erat dan dinamis antara pendidikan dan politik disetiap negara. Hubungan tersebut adalah realitas empiris yang telah terjadi sejak awal perkembangan Peradaban manusia.

    ReplyDelete
  44. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Politik dan pendidikan merupakan dua bidang yang jelas berbeda, tetapi keduanya memiliki peran yang sangat penting bagi suatu negara. Banyak pendapat yang menyatakan bahwa keduanya tidak memiliki hubungan satu dengan yang lainnya, tetapi beberapa orang juga bependapat bahwa keduanya saling behubungan dan bahkan saling bahu-membahu satu dengan yang lainnya. Entah mengapa saya lebih setuju dengan yang saling bekaitan satu sama lain, karena untuk membentuk perilaku bepolitik yang benar sesuai dengan atuan membutuhkan pendidikan yang benar, maka jika suatu negara politiknya buruk kemungkinan sistem pendidikan negaa tesebut juga dinilai buruk. Oleh sebab itu, implementasi pendidikan dan politik harus realitas dan sejalan.

    ReplyDelete
  45. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Pendidikan dan politik merupakan dua elemen yang penting dalam sistem sosial politik suatu Negara, baik Negara maju maupun berkembang. Pada umumnya kedua elemen ini selalu dipisahkan, sehingga seakan-akan tidak berhubungan satu dengan lain. Padahal keduanya sangatlah berkaitan. Bila tidak ada pendidikan tidak akan ada orang-orang yang mampu menjalankan dan mengelola dunia pemerintahan ataupun dunia politik, dan sebaliknya jika tidak ada politik, pendidikan tidak akan mampu berjalan karena kekurangan aspek-aspek pendukung seperti sarana dan prasana pendidikan yang disebabkan tidak adanya pengelola uang Negara maupun kebijakan-kebijakan yang mendukung terselenggaranya proses pendidikan. Jika kita melihat realitas politik di Indonesia saat ini, maka hendaknya pendidikan dijadikan satu hal yang netral, khususnya jika kita melihat kondisi politik di Indonesia saat ini. Ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan lembaga pendidikan sebagai penyalur dari kepentingan politik tertentu. Selain itu, jika pendidikan tidak dinetralisir dari dunia politik, maka kepentingan politik akan dimasukkan ke dalam lembaga pendidikan. Dan ini akan memecahkan konsentrasi lembaga terhadap pendidikan, yang pada akhirnya akan merusak nilai-nilai mulia pendidikan

    ReplyDelete
  46. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Politik dalam pendidikan digunakan untuk mengatur pendidikanitu sendiri. Pertama dari ilmu politik, masyarakat dan organisasi menggunakan kekuasaan untuk menetapkan peraturan dan mengalokasikan sumber daya. Kedua dari teori organisasi menggunakan teori manajemen ilmiah untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam mengenai fungsi organisasi. hal ini terkadang diasalah artikan dengan menetapkan peraturan yang membuatu untung sendiri individu yang mengatur pendidikan tersebut. Sehingga perlu adanya pengawasan dari rakyat yang bekerja dibidang pendidikan dalam menentukan kebijakan pendidikan.

    ReplyDelete
  47. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Politik pada pendidikan berakar pada dua hal yaitu berakar pada teori politik dan pada teori organisasi. Di dalam ilmu politik berkaitan dengan masyarakat dalam menggunakan kekuasaannya untuk menetapkan peraturan sedangkan teori organisasi berkaitan dengan pengembangan secara mendalam tentang fungsi organisasi. Di dalam pendidikan melibatkan banyak pihak sehingga berkaitan dengan organisasi dan struktur. Dalam struktur pasti ada yang letaknya di atas dan di bawah sehingga di dalam pendidikan aturan itu berada di atas yang berfungsi untuk mengatur. Selain itu dalam pelaksanaan pendidikan setiap anggota organisasi pendidikan memainkan peran dan fungsinya masing-masing.

    ReplyDelete
  48. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017

    Upaya pendidikan politik merupakan sarana vital dalam pembentukan warga negara atau setiap individu untuk mendapatkan informasi, wawasan, serta memahami sistem politik yang berimplikasi pada persepsi mengenai politik dan peka terhadap gejala-gejala politik yang terjadi di sekitarnya. Selanjutnya, warga negara diharapkan memiliki keterampilan politik sehingga memiliki sikap yang kritis dan mampu mengambil alternatif pemecahan masalah dari masalah-masalah poitik yang ada. Kaitannya dengan pendidikan, dengan memiliki keterampilan politik ini harapannya para pelaku dunia pendidikan dapat bersikap kritis serta kreatif dalam menghadapi/menyelesaikan problema dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  49. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Politik dan Pendidikan merupakan dua unsur utama dalam Negara yang tidak dapat dipisahkan, jika tidak ada pendidikan maka Negara tidak akan bisa menciptakan generasi yang pandai dalam mengelola Negara, begitu juga sebaliknya, jika tidak ada politik maka tujuan-tujuan pendidikan akan sulit untuk dicapai. Melihat judul artikel Politik dan Pendidikan ini membuat saya teringat kepada Paulo Friere, saya memahami bahwa relasi politik dan pendidikan haruslah sebagai suatu relasi yang saling mendukung dan menguntungkan, bukan malah menjalin relasi penindas dan tertindas. Relasi yang tidak sehat ini tercermin dari pola pendidikan gaya ‘bank’ yang menempatkan anak sebagai komoditi ekonomi, bukan justru mengedepankan kemerdekaan anak dalam belajar dan berpikir. Melalui fenomena ini dapat dilihat bahwa Politik justru menjadikan Pendidikan sebagai instrument kuasa.

    ReplyDelete
  50. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Membahas personal politik dan pendidikan memang tidak akan ada habisnya, Keduanya memiliki hubungan yang sangat erah bahkan linear. Baik negara maju maupun berkembang pastilah tidak bisa melepaskan antara keduanya. Tidak ada pendidikan maka tidak akan ada orang yang mampu menjalankan dan mengelola pemerintahan melalui politik, dan sebaliknya jika tidak ada politik maka pendidikan tidak akan mampu berjalan dengan baik karena kekurangan aspek pendukung. Namun, sepertinya pendidikan sekarang ini sering kali digunakan ajang politik yang menguntungkan sebagian pihak. Oleh karena itu, pemegang kekuasaan politik haruslah orang yang bertanggung jawab dan kompeten dalam bidang politik dan pendidikan agar dalam pemerintahannya , pendidikan dapat berjalan dan berkembang menuju tujuan yang telah ditentukan sesuai ideologinya. Terima Kasih

    ReplyDelete
  51. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Yaa... politik.. berbicara tentang politik dan pendidikan. Keduanya sangat menarik diperbincangkan. Sebenarnya saya tidak menyukai politik, tetapi sebagai orang pendidikan kita perlu tau kaitan keduanya. sebagai disiplin akademis studi politik dalam pendidikan memiliki dua akar utama. Akar pertama didasarkan pada teori-teori dari ilmu politik sedangkan akar kedua dari teori organisasi. Ilmu politik mencoba untuk menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuatan untuk membangun peraturan dan mengalokasikan sumber daya. teori organisasi menggunakan teori-teori ilmiah manajemen untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang fungsi organisasi.

    ReplyDelete
  52. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Pendidikan dan politik merupakan dua hal yang seiring sejalan dalam memajukan suatu bangsa. Keduanya memiliki hubungan yang fungsional. Kedua-duanya tidak berjalan sendiri-sendiri akan tetapi saling berhubungan atau berkaitan dan saling berkontribusi memberikan manfaat. Pendidikan berperan menyiapkan sumber daya manusia untuk mengurus politik dan negara. Kemudian negara mengalokasikan biaya untuk mendukung kelancaran proses pendidikan.

    ReplyDelete
  53. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Terimakasih prof atas linknya. Berdasarkan artikel yang saya baca, hubungan antara politik dengan pendidikan dapat memberikan dampak negatif atau positif bergantung pada pemegang peranan penting dalam politik tersebut. Jika pemegang tanggung jawab pendidikan dalam politik tidak kompeten dalam bidang pendidikan, maka pasti ini sangat membahayakan pendidikan. Akan tetapi jika orang yang memegang amanah untuk mengembangkan pendidikan dalam sistem pemerintahan suatu negara adalah orang yang amanah serta mempunyai kapabilitas di bidang pendidikan maka ini sangat memungkinkan untuk memberikan kontribusi besar dalam pengembangan pendidikan, khususnya di Indonesia.

    ReplyDelete
  54. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Politik adalah sesuatu yang sering diributkan dinegara ini. hal ini karena yang bisa berkuasa dinegara ini adalah orang yang berkecimpung didunia politik. oleh karena itu orang yang memegang wewenang dalam pendidikan tentu saja orang politik atau yang ditunjuk oleh orang politik. sebagai warga negara yang belum bisa ikut berkecimpung dalam dunia tersebut kita harus belajar agar bisa memperbaiki pendidikan dalam lingkup kita. karena sebenarnya pendidikan adalah tanggung jawab kita semua.

    ReplyDelete
  55. Junianto
    PM C

    Politik dan pendidikan memiliki kaitan dan tidak bisa dipisahkan. Yang saya pahami adalah bahwa politik merupakan sekumpulan perangkat yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu, sedangkan pendidikan adalah salah satu dari perangkat itu. Politik akan menghasilkan kebijakan-kebijakan dalam sistem pendidikan sebuah negara. Tanpa kebijakan-kebijakan ini maka sistem pendidikan tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Bahkan, dengan adanya kebijakan yang baik pun belum tentu sistem pendidikan juga akan baik apalagi jika kebijakan tidak berpihak pada rakyat.

    ReplyDelete
  56. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs PMC

    Terdapat dua jenis politik di sekolah, yaitu mikropolitik dan makropolitik (Wikipedia.org). Mikropolitik mengacu pada penggunaan kekuatan formal dan informal oleh individu dan kelompk untuk mencapai tujuan mereka dalam organisasi. Menurut saya mikropolitik ini terdapat di sekolah swasta dimana yayasan sekolah pastilah memiliki tujuan yang ingin dicapai. Sedangkan makripolitik mengacu pada pengambilan keputusan di tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional. Makropolitik ini sangat berpengaruh terghadap pendidikan secara luas. Seringkali kita mendengar bahwa setiap pergantian menteri pastilah terdapat perubahan kurikulum. Hal ini tidaklah salah jika perubahan tersebut didasarkan pada evaluasi yang mendalam.

    ReplyDelete
  57. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Politik pendidikan merupakan kebijakan strategis pemerintah dalam bidang pendidikan. Politik pendidikan dimaksud disini ialah politik pendidikan yang berpihak pada rakyat kecil. Semakin tinggi kesempatan seseorang atau masyarakat mengenyam pendidikan, semakin tinggi pula seseorang atau masyarakat memiliki kesempatan membaca, membandingkan, mengevalonsi, dan sekaligus mengkritisi ruang idealitas dan realitas politik.

    ReplyDelete
  58. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Politik dan pendidikan sebenarnya dua elemen yang tidak bisa dipisahkan dan saling berkaitan satu sama lain. Bila tidak ada pendidikan, maka tidak ada orang yang mampu menjalankan dunia pemerintahan atau dunia politik. Jika tidak ada politik, pendidikan tidak mampu berjalan karena tidak ada aspek-aspek pendukung seperti sarana dan prasarana karena tidak adanya pengelolaan uang negara dan kebijakan-kebijakan tentang terselenggaranya pendidikan. Kebijakan-kebijakan politik akan mempengaruhinya jalannya proses pendidikan. Akan tetapi, perlu ditekankan bahwa pendidikan tidak boleh menjadi alat politik bagi pihak-pihak yang mempunyai kepentingan tertentu karena sesungguhnya pendidikan mempunyai tugas mulia untuk mencerdaskan bangsa.

    ReplyDelete
  59. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Pendidikan dan politik mempunyai arti yang kompleks. Akan lebih baik jika diartikan pendidikan politik, karena pendidikan politik akan lebih baik diberikan dinegeri ini dimana politikus politikus kita harus mendapat pendidikan politik yang baik agar dapat berpolitik dengan santun sehingga kehidupan bernegara akan berjalan dengan lancar. Kalau politik pendidikan akan berarti lain lagi karena sesungguhnya pendidikan memang tidak harus dipolitisir karena pendidikan menjadi hak setiap warga negara dan bukan kebutuhan sesaat para politikus.

    ReplyDelete
  60. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Kenyataan yang terjadi pada dunia sekarang adalah dunia ini merupakan pertunjukkan. Dimana ada penonton yang biasanya hanya menjadikan yang ditontonnya sebagai hiburan, penonton pasif. Ada juga yang berperan sebagai pengamat, yang tugasnya mengawal dan mengawasi juga mengomentari apa yang terjadi pada sebuah pertunjukkan. Lalu ada pemain, dimana menjadi wayang yang hanya bisa memainkan peran dari yang berkuasa. Yang berkuasa yaitu dalang, dimana ini diduduki oleh orang yang memiiki kekuatan, tahta, dan kekayaan, mereka akan mampu menghasilkan kebijakan entah itu yang aneh ataupun yang lebih aneh lagi. Hal-hal seperti ini mungkin terlihat jelas pada perkembangan politik di negeri kita, namun bagaimana jika pendidikan yang seharusnya berisi ilmuwan-ilmuwan yang mampu berfikir logis, mulai terintervensi dengan politik. Sehingga pendidikan sekarang mampu dipolitisi. Yang saya ingin tanyakan, apakah memang nasib pendidikan untuk dipolitisi namun baru sekarang saja itu terlihat lebih jelas lagi, atau sebenarnya baru sekarang pendidikan dipolitisi karena semakin pudarnya hati nurani manusia?

    ReplyDelete
  61. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Politik dalam bidang pendidikan mempunyai dua akar utama. Yang pertama akar yang berdasarkan pada teori-teori dari ilmu politik sedangkan yang kedua adalah akar yang berlandaskan pada teori organisasi. Akan tetapi sebenarnya antara politik dan pendidikan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Keduanya saling menunjang dan saling mengisi. Contohnya lembaga-lembaga dan proses dalam pendidikan berperan penting dalam membentuk perilaku politik suatu masyarakat. Sedangkan lembaga-lembaga dan proses politik juga akan membawa dampak bagi pendidikan suatu masyarakat. Dengan demikian terlihat jelas bahwa antara politik dan pendidikan saling berhubungan erat dan berjalan secara dinamis untuk masyarakat.

    ReplyDelete
  62. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Politik dan pendidikan adalah dua aspek yang saling berkaitan. Politik dalam pandangan pendidikan berkaitan dengan pendidikan kepemimpinan yang berkaitan dengan bagaimana seseorang dapat membentuk birokrasi yang sehat, menjaga kedisiplinan, kebebasan mengemukakan pendapat, membuat kebijakan yang mensejahterakan rakyat, dan tidak terlibat korupsi. Namun sayangnya banyak politikus mengaku berpendidikan namun tidak mampu mengemban amanahnya dengan baik.

    ReplyDelete
  63. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Politik dan pendidikan adalah dua hal yang sangat dekat dengan kehidupan, keduanya sama-sama penting, dan keduanya dapat saling berkaitan. Pendidikan sedikit banyak memiliki hubungan dengan sistem pemerintahan yang sedang berjalan. Sehingga pemerintahan akan memiliki peran penting dalam proses perkembangan pendidikan. Dengan kata laik, politik yang berkembang akan mempengaruhi sistem pendidikan. Sebaliknya pendidikan juga memiliki andil besar dalam membentuk pembentukan pola politik di suatu masyarakat.

    ReplyDelete
  64. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Zaman sekarang ini sangatlah sulit jika ingin membuat pendidikan yang terbebas dari dunia politik yang memang saat ini sudah menjadi teman dalam kegiatan kita sehari-hari. Politik merupakan sesuatu yang mempengaruhi dunia pendidikan. disini, sebagai lingkungan pendidikan, harus gesit dalam memilah politik yang cocok untuk mengembangkan pendidikan. bukan politik yang bagus atau buruk. Karena pada dasarnya politik itu bersifat subjektif. Karenanya, sebagai pendidik harus hati-hati, karena jika tidak hati-hati maka akan membuat pendidik lupa tugas mereka yaitu untuk mendidik peserta didik mereka.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  65. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Hubungan antara pendidikan dan politik bukan sekedar hubungan saling mempengaruhi tetapi juga merupakan hubungan fungsional. Para pendidik selalu memelihara politik karena proses pendidikan yang memberikan sumber nilai dan memberikan kontribusi terhadap politik. Pendidikan menyiapkan sumber daya manusia untuk mengurus politik dan negara. Negara mengalokasikan biaya untuk mendukung proses pendidikan. Sehingga pendidikan dan politik merupakan dua hal yang seiring sejalan dalam mencerdasakan kehidupan bangsa.
    Tetapi sebenarnya hubungan antara keduanya ini bisa juga berdampak negaitf, misalnya saja sekarang ini adanya penyalahgunaan lembaga pendidikan seebagai penyalur dari kepentingan politik tertentu.

    ReplyDelete
  66. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Menurut saya, politik dan pendidikan memiliki hubungan satu sama lain. Dengan adanya politik, maka ada suatu kebijakan dalam dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan sosial dan perubahan bangsa. Artinya politik yang baik bagi pendidikan adalah, mengusahakan dalam mewujudkan bagaimana mendukung tercapainya tujuan pendidikan, seperti dengan adanya infrastrustur yang memadai dan penempatan guru yang terkualifikasi.

    ReplyDelete
  67. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Pendidikan dan politik adalah dua bidang yang berbeda, namun sebenarnya apabila diimplementasikan dengan benar, keduanya selalu menyangkut tujuan-tujuan dari seluruh masyarakat. Namun yang seringkali terjadi saat ini di negara kita, bukannya politik untuk pendidikan tapi politik yang menunggangi pendidikan sehingga banyak fasilitas-fasilitas atau dana yang semestinya digunakan untuk kepentingan pendidikan justru lari ke rekening-rekening pribadi. Sesungguhnya, apabila yang terjadi adalah pendidikan untuk politik dan politik untuk pendidikan, maka akan tercipta suatu kolaborasi yang bermanfaat bagi kehidupan bangsa.

    ReplyDelete
  68. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Politik dan pendidikan telah menjadi istilah yang sering kita dengar. Hubungan antara pendidikan dan politik bukan sekedar hubungan saling memengaruhi, tetapi juga hubungan fungsional. Lembaga-lembaga dan proses pendidikan menjalankan sejumlah fungsi politik yang signifikan. Hubungan antara pendidikan dan politik bukan sekedar hubungan saling memengaruhi, tetapi juga hubungan fungsional. Lembaga-lembaga dan proses pendidikan menjalankan sejumlah fungsi politik yang signifikan. Mungkin yang terpenting dari fungsi-fungsi tersebut bahwa sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan lainnya menjadi agen-agen sosialisasi politik. Lembaga-lembaga pendidikan menjadi tempat dimana individu-individu, terutama anak-anak dan generasi muda, mempelajari sikap-sikap dan perasaan tentang sistem politik, dan sejenis peran politik yang diharapkan dari mereka.

    ReplyDelete
  69. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Politik dan pendidikan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam suatu bangsa. Melalui pendidikan akan menentukan karakteristik kader-kader politik yang akan menjadi calon penerus dan penguasa bangsa ini. Kebijakan kebijakan pendidikan diambil oleh para penguasa, para penguasa di negeri ini adalah orang yang berkecimpun di dunia politik. Di negeri ini jika ingin berkuasa, maka harus berkicimpung di dunia politik. Maka tidak dapat dielakkan jika politik dan pendidikan memang saling berhubungan. Terimaksih

    ReplyDelete
  70. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  71. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Politik, adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Sedangkan pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Walaupun mereka berbeda proses, namun tujuan politik dan pendidikan sama sama untuk kemajuan negara. Agar negara menjadi lebih baik. Maka, berpolitiklah dan berpendidikanlah sesuai dengan akidahnya. Orang yang berpolitik pun haruslah yang berpendidikan.

    ReplyDelete
  72. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    Politik dapat diartikan sebagai segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik. Jika dikaitkan dengan dunia pendidikan maka politik pendidikan adalah segala sesuatu yang mengatur ataupun membuat kebijakan pendidikan. politik dan pendidikan keduanya merupakan elemen penting bagi kemajuan suatu negara. ketika membicarakan politik, pikiran saya langsung tertuju pada kekuasaan. kekuasaan berarti memiliki kewenangan untuk mengatur. kemajuan pendidikan sebuah negara sangat bergantung pada si pemegang kuasa/pemimpin. pemimpin yang profesional mampu melihat kebutuhan pendidikan sehingga menetapkan kebijakan-kebijakan sesuai dengan kebutuhan di lapangan, tidak hanya melihat tuntutan zaman.

    ReplyDelete