Dec 3, 2012

POLITIC AND EDUCATION





Ass Wr Wb
Jika ingin mmbaca lebih jauh tentang Politik Pendidikan, koneklah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Politics_in_education

Wss Wr Wb
Marsigit

12 comments:

  1. Annisa Hasanah 16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Berbicara mengenai politik dan pendidikan, sekarang ini sudah menjadi hal yang lumrah, bahwa pendidikan sekarang telah diselubungi oleh politik. Selama ini sistem pendidikan di Indonesia belum menggambarkan wajah dan tubuh yang konsisten bagi dipromosikannya pendidikan yang lebih demokratis. Seharusnya pendidikan di Indonesia lebih mengarah kepada public educator karena disana tercantum Politik Demokrasi sebagai dasar awal sistem pendidikan, agar terwujudnya Demokrasi Pancasila sesuai dengan cita-cita bangsa.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Setelah membaca artikel “Politics in Education” saya berpendapat bahwa dunia pendidikan tidak terlepas dari dunia politik dan dunia politik juga berperan dalam dunia pendidikan. Seperti yang dijelaskan dalam artikel “Politics in Educational” bahwa politik dalam pendidikan mempunyai dua sumber yaitu pertama didasarkan pada teori-teori politik sains dan kedua merupakan pijakan dari teori organisasi. Hal ini berarti kedudukan politik dalam pendidikan dijadikan sebagai teori politik sains dan pikajan yang kuat sehingga kebijaksanaan dalam pendidikan dapat terwujud dengan baik. Demikian pendapat saya Pak, mohon maaf jika ada kesalahan.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Politik suatu negara berpengaruh terhadap pendidikan, sebagaimana di Indonesia politik mempengaruh pendidikan, sehingga pendidikan itu sering dipakai untuk politik, kita bisa lihat dalam era sekarang ini pendidikan sudah dibuat ladang politik yang subur terbukti dengan bergantinya pemimpin, maka besar kemungkinan pendidikan juga akan mulai bergeser kearah yang diinginkan politik tersebut. Menurut saya hal tersebut tidak masalah selagi membawa kepada kemajuan pendidikan, namu sayangnya tidak selamanya demikian, banyak kita lihat pendidikan itu dibuat menjadi sebuah proyek. Dengan pemikiran proyek tersebut berjalan tapi tidak memikirkan apakah hal tersebut menjadikan pendidikan maju atau tidak karena sudah masuk dalam area politik yang kebanyakan akan menguntungkan segolongan saja.

    ReplyDelete
  4. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Hubungan erat antara pendidikan dengan politik dapat memberikan dampak positif dan negatif bagi perkembangan pendidikan. Dampak positif yang dapat dihasilkan dari hubungan keduanya adalah pemerintah sebagai pemegang peranan penting dalam politik dapat memberikan subsidi kepada pendidikan. Dengan adanya subsidi tersebut pendidikan bisa berkembang sebagaimana mestinya. Jika pemegang tanggung jawab pendidikan dalam politik tidak mempunyai kompeten dalam bidang pendidikan, maka pasti ini sangat membahayakan pendidikan. Akan tetapi jika orang yang memegang amanah untuk mengembangkan pendidikan dalam sistem pemerintahan suatu negara adalah orang yang amanah serta mempunyai kapabilitas di bidang pendidikan maka ini sangat memungkinkan untuk memberikan kontribusi besar dalam pengembangan pendidikan, khususnya di Indonesia.

    ReplyDelete
  5. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Pendidikan dan politik merupakan dua elemen yang penting dalam sistem sosial politik suatu Negara, baik Negara maju maupun berkembang. Keduanya sangat berkaitan. Pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa. Bila tidak ada pendidikan tidak akan ada orang-orang yang mampu menjalankan dan mengelola dunia pemerintahan ataupun dunia politik, dan sebaliknya jika tidak ada politik, pendidikan tidak akan mampu berjalan karena kekurangan aspek-aspek pendukung seperti sarana dan prasana pendidikan maupun kebijakan-kebijakan yang mendukung terselenggaranya proses pendidikan. Kebijakan politik menentukan berjalannya proses pendidikan.

    ReplyDelete
  6. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Memang ada sisi positif dan negatif pengaruh politik pada Pendidikan atau pun sebaliknya. Di Indonesia sendiri, Pendidikan sekarang telah diselubungi tujuan-tujuan politik. Selalu terjadi tarik-ulur antara dua kutup sentralisasi-desentralisasi di atas kepentingan politik. Kurikulum di Indonesia yang sering kali berganti dan masalah pro kontra UN merupakan salah satu bentuk adanya pengaruh politik pada Pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  7. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Politik merupakan salah satu cabang ilmu atau disebut ilmu politik. Sebagai disiplin akademis studi politik dalam pendidikan memiliki dua akar utama. Akar pertama didasarkan pada teori-teori dari ilmu politik sedangkan akar kedua dasar teori organisasi. Ilmu politik menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuatan untuk membangun peraturan dan mengalokasikan sumber daya. Teori organisasi menggunakan teori-teori ilmiah manajemen untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang fungsi organisasi. Maka dalam pendidikan terdapat organisasi yang bertugas mengurusi segala urusan pendidikan demi kemajuannya maka ada politik pendidikan. Kita sebagai guru juga sangat membutuhkan ilmu politik. Namun berbeda dengan politik dalam pendidikan. Hal ini merujuk ada suatu kelompok yang melakukan sesuatu demi mencapai tujuan kelompoknya saja.

    ReplyDelete
  8. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Disiplin politik dalam dunia pendidikan mempunyai dua akar yaitu didasarkan pada ilmu-ilmu politik yang menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuatannya untuk membangun peraturan dan mengalokasikan sumber daya yang ada dan didasarkan dari teori organisasi yang digunakan untuk mengembangkan pemahaman tentang fungsi suatu organisasi. Politik dalam sekolah dibedakan menjadi micropolitik yang merujuk pada penggunaan kekuasaan formal dan informal oleh siswa serta macropolotik yang mengacu pada bagaimana kekuasaan digunakan dalam pengambilan keputusan dari tingkat pemerintahan yang rendah ke pemerintahan yang lebih tinggi yang kesemuanya tergantung dengan keadaan yang ada di sekolah.

    ReplyDelete
  9. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)

    Sebagai disiplin akademis , studi politik di bidang pendidikan memiliki dua akar utama. Akar pertama didasarkan pada teori-teori dari ilmu politik sementara akar kedua berakar pada teori organisasi . Ilmu politik mencoba menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuasaan untuk menetapkan peraturan dan mengalokasikan sumber daya. Teori organisasi menggunakan teori manajemen ilmiah untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam mengenai fungsi organisasi.
    Periset telah menarik perbedaan antara dua jenis politik di sekolah . Istilah micropolitics mengacu pada penggunaan kekuatan formal dan informal oleh individu dan kelompok untuk mencapai tujuan mereka dalam organisasi. Proses kooperatif dan konflik merupakan komponen integral dari mikropolitik. Macropolitik mengacu pada bagaimana kekuatan digunakan dan pengambilan keputusan dilakukan di tingkat kabupaten, negara bagian, dan federal. Macropolitik umumnya dianggap ada di luar sekolah, namun para periset telah mencatat bahwa mikro dan makropolitik mungkin ada pada setiap tingkat sistem sekolah tergantung pada keadaan.
    Ada perbedaan yang signifikan antara "Politics of Education" dan "Politics in Education". Lebih banyak perdebatan tentang perbedaan prasangka diminta dari dunia akademis untuk mendefinisikan politik secara pendidikan.

    ReplyDelete
  10. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pendidikan adalah salah satu bentuk interaksi manusia sebagai suatu tindakan sosial yang pelaksanaanya dimungkinkan melalui suatu jaringan hubungan- hubungan kemanusiaan. Jika politik dipahami sebagai “ praktik kekuatan, kekuasaan dan otoritas dalam masyarakat dan pembuatan keputusan- keputusan otoritatif tentang alokasi sumberdaya dan nilai- nilai sosial”. Hal ini menegaskan bahwa pendidikan dan politik adalah dua hal yang saling berhubungan erat dan saling mempengaruhi. Hal itu bisa dipahami mengingat semakin tinggi kesempatan seseorang atau masyarakat mengenyam pendidikan, semakin tinggi pula seseorang atau masyarakat memiliki kesempatan membaca, membandingkan, mengevaluasi, sekaligus mengkritisi ruang idealitas dan realitas politik.

    ReplyDelete
  11. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Politics and Education menjelaskan politik dan pendidikan saling berhubungan dan saling membutuhkan.
    Dalam pendidikan diperlukan politik akan tujuan pendidikan dapat tercapai dengan maksimal.
    Akan tetapi yang perlu ditegaskan politik dan pendidikan saling berhubungan dan saling membutuhkan tetapi tidak saling menyatu menjadi satu atau lebur menjadi satu, karena hal ini dapat merubah tujuan pendidikan yang sudah baik

    ReplyDelete
  12. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Hubungan antara pendidikan dan politik bukan sekedar hubungan saling memengaruhi, tetapi juga hubungan fungsional. Lembaga-lembaga dan proses pendidikan menjalankan sejumlah fungsi politik yang signifikan. Lembaga-lembaga pendidikan menjadi tempat dimana individu-individu, terutama anak-anak dan generasi muda, mempelajari sikap-sikap dan perasaan tentang sistem politik, dan sejenis peran politik yang diharapkan dari mereka. Berbagai institusi pendidikan yang ada dalam masyarakat dapat berfungsi sebagai alat kekuasaan dalam upaya membentuk sikap dan keyakinan politik yang dikehendaki. Berbagai aspek pembelajaran, terutama kurikulum dan bahan-bahan bacaan, sering kali diarahkan pada kepentingan politik tertentu. Di banyak negara totaliter dan negara berkembang, pemimpin politik sangat menyadari fungsi pendidikan dalam mencapai tujuan-tujuan politik. Mengingat besarnya peluang untuk mengarahkan berbagai unsur kependidikan pada kebutuhan politik tertentu, tidak heran apabila pendidikan sering kali memainkan peran sentral dalam menentukan arah perubahan politik.

    ReplyDelete