Dec 3, 2012

POLITIC AND EDUCATION





Ass Wr Wb
Jika ingin mmbaca lebih jauh tentang Politik Pendidikan, koneklah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Politics_in_education

Wss Wr Wb
Marsigit

4 comments:

  1. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Pendidikan dan politik merupakan dua elemen yang penting dalam sistem sosial politik suatu Negara, baik Negara maju maupun berkembang. Pada umumnya kedua elemen ini selalu dipisahkan, sehingga seakan-akan tidak berhubungan satu dengan lain. Padahal keduanya sangatlah berkaitan.
    Bila tidak ada pendidikan tidak akan ada orang-orang yang mampu menjalankan dan mengelola dunia pemerintahan ataupun dunia politik, dan sebaliknya jika tidak ada politik, pendidikan tidak akan mampu berjalan karena kekurangan aspek-aspek pendukung seperti sarana dan prasana pendidikan yang disebabkan tidak adanya pengelola uang Negara maupun kebijakan-kebijakan yang mendukung terselenggaranya proses pendidikan.

    ReplyDelete
  2. Kebijakan politik menentukan berjalannya proses pendidikan. Selain saling berpengaruh, pendidikan dan politik juga memiliki hubungan fungsional.Lembaga-lembaga dan proses pendidikan menjalankan sejumlah fungsi politik yang signifikan. Mungkin yang terpenting dari fungsi-fungsi tersebut bahwa sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan lainnya menjadi agen-agen sosialisasi politik. Lembaga-lembaga pendidikan menjadi tempat dimana individu-individu, terutama anak-anak dan generasi muda, mempelajari sikap-sikap dan perasaan tentang sistem politik, dan sejenis peran politik yang diharapkan dari mereka. Keduanya memiliki hubungan yang dinamis.

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum wr.wb.

    Terima kasih, Pak atas link sumber belajarnya. Pendidikan dan politik adalah dua hal yang saling berkaitan. Jika suatu negara pendidikannya maju, maka pasti politiknya akan meningkat. Karena pemerintahan dipimpin oleh orang-orang yang cerdas dan berkarakter. Oleh karena itu pendidikan memiliki peranan penting dalam pemerintahan. Dalam mengajar, seorang guru harus menanamkan karakter yang kuat agar kelak siswa-siswa keluarannya dapat pemimpin pemerintahan dan membuat kemajuan terhadapnya.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  4. Politik dibagi menjadi dua kelompok aliran yaitu politik sayap kiri dan politik sayap kanan. Politik sayap kiri menganut aliran sosialis atau demokrasi sosial. Sedangkan sayap kanan adalah pendukung ekonomi kapitalis. Istilah politik sayap kiri dan politik sayap kanan sebenarnya muncul saat Revolusi Perancis yaitu disesuaikan dengan tepat duduk anggota legislatif saat itu.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete