Dec 3, 2012

POLITIC AND EDUCATION





Ass Wr Wb
Jika ingin mmbaca lebih jauh tentang Politik Pendidikan, koneklah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Politics_in_education

Wss Wr Wb
Marsigit

37 comments:

  1. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Politik dan pendidikan adalah dua hal yang berkaitan. Dunia pendidikan tidak terlepas dari dunia politik dan dunia politik juga berperan dalam dunia pendidikan. Seperti yang dijelaskan dalam artikel Politics and Education bahwa politik dalam pendidikan mempunyai dua sumber yaitu pertama didasarkan pada teori-teori politik dan kedua merupakan pijakan dari teori organisasi. Hal ini berarti kedudukan politik dalam pendidikan dijadikan sebagai teori politik dan pijakan yang kuat sehingga kebijakan dalam pendidikan dapat terwujud dengan baik.

    ReplyDelete
  2. Ady Ferdian Noor
    S3 Pendidikan Dasar / 18706261004

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    Politik dalam pendidikan, saya lebih menekankan pada pilihan ini setelah membaca beberapa runjukkan dari yang telah dipilihkan. Politik dalam pendidikan memang terjadi di Indonesia. Bahwa banyak kebijakan politik yang berpengaruh mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan program pendidikan. Tujuan pendidikan seharusnya sesuai Pembukaan UUD NRI Tahun 1945, mencerdaskan kehidupan bangsa tetapi kenyataannya politik sedikit banyak mempengaruhi berbagai kebijakan. Pendidikan dibagi secara mikro yaitu pendidikan formal dan informal dan makro pendidikan sesuai kebijakan yang mempengaruhi baik kebijakan dari kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Politik sangat berpengaruh hingga pada kurikulum pada setiap tingkat sekolah. Dari politik inilah Indonesia memainkan peran sesuai politik bebas dan aktif yang dijalankan. Hubungan bilateral Indonesia dengan Amerika Serikat contohnya menghasilkan beberapa kesepakan yang menjadi fokus kerjasama yaitu hak asasi manusia, demokrasi yang dianut, perdagangan bebas, kebijakan investasi, keamanan, dan pemanasan global atau perubahan iklim (Bruce Vaughn, 2011). Dari hubungan inilah kebijakan yang dihasilkan akan berpengaruh seperti pada pendidikan Indonesia ini dapat dilihat dari berapa banyak lulusan magister atau doktor yang berasal dari sana. Yang terpenting yaitu kebijakan politik yang diambil tetap menuju mencerdaskan kehidupan bangsa dan pemerataan keadilan pendidikan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Berdasarkan salah satu sumber tersebut, banyak negara berkembang yang telah meningkatkan tujuan reformasi pendidikan pada skela yang besar dengan perluasan suplai pendidikan yang cepat, mencapai persamaan dalam pemberian pendidikan, dan secara signifikasn mengembangkan kualitas pendidikan. Beberapa bentuk reformas tersebut telah jauh mencapai transformasi prioritas anggaran pada banyak negara dan juga mengubah cara yang fundamental dimana pemerintah secara tradisional membuat pelayanan pendidikan reformasi politik dan bagaimana sektor publik dioperasikan melalui kerjasama dengan sektor pribadi. Reformasi tersebut telah memberikan dampak yang besar bagi seluruh kehidupannya, misalnya reformasi pendidikan telah memberikan pengaruh yang panjang terhadap distribusi kemiskinan dan pendapatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
      Besse Rahmi Alimin
      18709251039
      s2 Pendidikan Matematika 2018

      Mengutip pernyataan dari saudara Fabri bahwa "Reformasi tersebut telah memberikan dampak yang besar bagi seluruh kehidupannya, misalnya reformasi pendidikan telah memberikan pengaruh yang panjang terhadap distribusi kemiskinan dan pendapatan", hal tersebut sepertinya masih terdapat kontraversi di kalangan masyarakat, sebab perbedaan paham masih membelenggu banyak piihak. Jadi, signifikansi dari pernyataan tersebut masih belum mencapai akhir.

      Delete
  4. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Selal ada unsur politik dalam setiap hal. Seperti yang Prof. Marsigit sampaikan bahwa politik adalah kepentingan, dengan demikian maka wajar jika dalam setiap agenda selalu memiliki unsur kepentingan, termasuk dalam pendidikan. Dan politik tidak selalu buruk tergantung sudut pandang pelaku dan pengamat.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pendidikan dan politik, keduanya merupakan elemen penting dalam sistem sosial politik disetiap Negara, baik Negara maju maupun Negara berkembang. Keduanya sering dilihat sebagai bagian yang terpisah, yang satu sama lainnya tidak memiliki hubungan apa-apa, padahal saling bahu membahu dalam proses pembentukan karakteristik masyarakat disuatu Negara, lebih dari itu juga saling menunjang dan saling mengisi. Lembaga-lembaga dan proses pendidikan berperan penting dalam membentuk perilaku politik masyarakat disuatu Negara. Begitu juga sebaliknya, lembaga-lembaga dan proses politik disuatu Negara membawa dampak besar pada karakteristik pendidikannya. Jadi antara pendidikan dan politik itu mempunyai hubungan erat dan dinamis. Hubungan tersebut adalah realitas empiris yang telah terjadi sejak awal perkembangan peradaban manusia dan menjadi perhatian para ilmuan.

    ReplyDelete
  6. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, kita ketahui politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional. Di samping itu politik juga dapat ditilik dari sudut pandang berbeda, yaitu antara lain, politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles). Seperti yang kita ketahui, bahwa politik itu kejam, karena banyak orang yang ingin berkuasa dan berebut, cara apapun dilakukan untuk menjadi pemimpin. cara itu bisa baik atau buruk, namun kita sering melihat para calon pemimpin di sana saling menjatuhkan lawan politik untuk mendapatkan bangku politik.

    ReplyDelete
  7. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, seperti kita ketahui bahwa pendidikan merupakan pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Pendidikan itu sangat penting, karena dengan adanya pendidikan kita dapat tahu apa yang tidak kita ketahui. Jika ada orang yang anti pendidikan, maka sebenarnya dia telah tersesat dalam pikirannya. Ingat bahwa Allah menyukai orang yang berpendidikan, pendidikan yang baik. Dikatakan seseorang telah sukses dalam pendidikannya, apabila dia telah berbagi pendidikan kepada orang lain. Nah kita sebagai seorang calon guru atau dosen, seharusnya bangga, karena kita akan menjadi orang sukses dalam pendidikan. Sukses berbagi ilmu yang baik kepada orang lain. Semoga kita tidak patah dalam semangat untuk menjadi pendidik dan pengajar. Aamiin.

    ReplyDelete
  8. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, seperti kita ketahui bahwa politik dan pendidikan mempunyai kaitan yang erat. Dimana dalam politik juga perlu orang-orang yang terdidik. Maksud terdidik disini, yaitu orang yang baik dalam akhlak dan tingkah laku. Karena sekarang ini, sangat miris orang baik dalam politik. Sehingga politik butuh orang-orang yang berpendidikan baik. Berpendidikan disini, bukan hanya titel, tetapi seperti yang dikatakn sebelumnya, harus punya akhlak yang baik lahir dan bathin. Kemudian, didalam pendidikan kita juga belajar ilmu politik, hal itu karena kita di harapkan bisa menggantikan orang-orang terdahulu yang telah menjabat sebagai pemimpin. Kita boleh berpolitik, tetapi jangan sampe lupa daratan, maksdunya jangan lupa asal usul kita yang dahulu susah atau kurang baik dari sekarang. Jadilah pemimpin yang dapat menyelamatkan rakyat dari penindasan, bukan hanya pencitraan, tetapi benar-benar dari hati yang tulus. Semoga politik negara kita sekarang akan membaik. Aamiin

    ReplyDelete
  9. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Berbicara mengenai politik dan pendidikan, kedua hal tersebut merupakan elemen penting dalam sistem sosial suatu negara, baik itu negara maju maupun negara berkembang. Kedua elemen ini biasanya selalu dipisahkan sehingga seolah-olah tidak memiliki hubungan satu sama lain. Padahal kedua hal tersebut sangat berkaitan. Jika tidak ada pendidikan maka tdak ada orang-orang yang mampu menjalankan dan mengelola dunia pemerintahan maupun dunia politik, dan sebaliknya pula, jika tidak ada politik maka pendidikan tidak akan mampu berjalan dengan baik, karena kita kekurangan aspek pendukung seperti sarana dan prasarana.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  10. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Politik dan pendidikan merupakan dua bidang yang saling berkaitan. Politik dalam penddikan mempunyai dua hal yang mendasar. Yang pertama adalah didasarkan oada teori dari ilmu politik. Ilmu politik menjelaskan bagaimana masyarakat dan organisasi sosial menggunakan kekuasaam yang berkaitan dengan aturan dan alokasi sumber daya. Yang kedua adalah didasarkan pada teori organisasi. Teori organisasi lebih kepada teori-teori ilmiah manajemen terkait pemahaman dari fungsi organisasi. Ada dua jenis poolitik di sekolah yaitu mikropolitan dan makropolitan. Mikropolitan mengacu pada penggunaan kekuatan formal dan informal untuk pencapaian suatu tujuan. Sedangkan makropolitan mengacu kepada bagaimana kekuasaan digunakan dan pengambilan keputusan.

    ReplyDelete
  11. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Politik dan pendidikan memiliki kaitan yang erat. Sebagai contoh adalah politik dalam pendidikan. Kajian politik tentang pemahaman menjadi warga negara yang baik. Disini terjadi pendidikan politik dengan menntransfer nilai nilai politik. Dalam pengambilan kebijakan pendidikan, politik juga mempengaruhi arah kebijakan tersebut. Siapa yang berkuasa dan memimpin, sedikit banyak mempengaruhi keputusan atau kebijakan pendidikan. Seperti kurikulum, materi dan lain sebagainya. Politik dalam pendidikan adalah dimana cara-cara penyampaian atau cara menggerakkan suatu perangkat pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan

    ReplyDelete
  12. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Pendidikan dan politik merupakan dua elemen penting dalam sistem kenegaraan. Implementasi dari suatu kebijakan pendidikan berdampak pada kehidupan politik. Politik pendidikan sebagaimana terimplementasi dalam kebijakan-kebijakan strategis pemerintah dalam bidang pendidikan. Politik pendidikan yang diharapkan tentunya politik pendidikan yang berpihak pada rakyat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dita Aldila Krisma
      18709251012
      PPs Pendidikan Matematika A 2018

      Berdasarkan link yang telah saya buka, saya tertarik dengan sophist. Maka dari itu, 2 komentar sebelumnya saya menuliskan tentang sophist. Kaitannya sofisme dengan politik dan pendidikan adalah dalam politik dan pendidikan sama-sama harus menarik masa agar bisa mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan. Dalam politik dan pendidikan sama-sama harus mengeluarkan kebijakan untuk kesejahteraan bersama. Terlebih dahulu bahwa sofis menunjukkan sikap yang berpendapat bahwa kebenaran itu relatif adanya. Maka dari itu, sebenarnya masyarakat boleh berpendapat tentang apa pun mengenai kebijakan dari politik dan pendidikan, namun para pihak yang berwenang tetap menyampaikan ‘orasinya’ untuk menggaungkan tujuan dari suatu lembaga. Maka dari itu, para actor politik dan pendidikan harus memiliki kemampuan untuk membuat argumentasi-argumentasi yang meyakinkan para pendengar. Dengan begini, maka program kerja akan berjalan dengan mudah bila argumentasi mereka di dengar masyarakat umum. Semoga segala kebijakan yang telah dibuat oleh pihak yang berwenang benar-benar memberikan kebaikan untuk semua.

      Delete
  13. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Dalam dunia pendidikan, politik memiliki dua landasan, yang pertama politik yang berlandaskan pada teori ataupun ilmu politik. Sedangkan yang kedua berlandaskan pada teori organisasi. Namun hal ini tidak berarti bahwa politik dan dunia pendidikan adalah dua hal yang tidak bisa beriringan. Politik dan dunia pendidikan pada dasarnya dapat saling mendukung. Misalnya saja, pendidikan dapat menjadi sarana dalam mendidik perilaku politik masyarakat, dan lembaga politik dapat memberikan pengaruh pada kebijakan-kebijakan di dunia pendidikan, sehingga pendidikan dan dunia politik bukanlah dua hal yang tidak berkaitan satu dengan yang lain.

    ReplyDelete
  14. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Politik dan pendidikan merupakan dua hal yang berkaitan. Meskipun dalam penerapannya terkadang tidak disadari bahwa keduanya memilki hubungan, namun keterikatakn keduanya sangat erat dan real. Hubungan timbal balik antara politik dan pendidikan terletak pada pembentukan sikap kelompok, masalah pengangguran, dan peranan politik kaum cendekia. Dampak positif yang dapat dihasilkan adalah pemerintah sebagai pemegang peranan penting dalam politik dapat memberikan subsidi kepada pendidikan. Dengan adanya subsidi tersebut, pendidikan bisa berkembang sebagaimana mestinya. Dampak negatifnya, pendidikan menjadi ajang permainan politik misalnya perubahan kurikulum dan pengadaan buku sekolah. Adanya unsur politik yang mempengaruhi content buku pelajaran, yang dapat merusak kenetralan sebuah ilmu penegtahuan. Sehingga tercipta doktrin-doktrin politik yang mempengaruhi pola pikir para pelajar. Meskipun begitu kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan karena saling memberikan pengaruh di dalamnya.

    ReplyDelete
  15. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Pendidikan adalah hak asasi manusia, kunci pembangunan berkelanjutan, perdamaian dan stabilitas dalam negeri. Pendidikan juga harus dilindungi dan dipenuhi oleh negara. Politik dan pendidikan berada dalam suatu sistem yang saling berhubungan dekat. Keduanya sering dilihat sebagai bagian yang terpisahkan, yang satu sama lain tidak tidak memiliki hubungan apa-apa. Padahal, keduanya bahu-membahu dalam proses pembentukan karakteristik masyarakat disuatu negara. Lebih dari itu, keduanya satu sama lain saling menunjang dan saling mengisi.

    ReplyDelete
  16. Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Assalamu Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Seperti yang telah diutarakan oleh saudari Agnes bahwa "pendidikan dapat menjadi sarana dalam mendidik perilaku politik masyarakat, dan lembaga politik dapat memberikan pengaruh pada kebijakan-kebijakan di dunia pendidikan, sehingga pendidikan dan dunia politik bukanlah dua hal yang tidak berkaitan satu dengan yang lain", pernyataan tersebut sepertinya mengarah pada relasi antara politik dengan pendidikan.
    Terima Kasih
    Warohmatullahi Wabarokatuh Wassalamu Alaikum

    ReplyDelete
  17. Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Assalamu Alimin
    18709251039
    S2 Pendidikan Matematika 2018
    Seperti yang telah diutarakan oleh Anggoro bahwa "bahwa politik itu kejam, karena banyak orang yang ingin berkuasa dan berebut, cara apapun dilakukan untuk menjadi pemimpin. cara itu bisa baik atau buruk, namun kita sering melihat para calon pemimpin di sana saling menjatuhkan lawan politik untuk mendapatkan bangku politik", maksud dari pernyataan tersebut sepertinya mengarah pada kejahatan politik.
    Terima Kasih
    Warohmatullahi Wabarokatuh Wassalamu Alaikum

    ReplyDelete
  18. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Para peneliti telah menarik perbedaan antara dua jenis politik di sekolah. Istilah Micropolitics mengacu pada penggunaan kekuatan formal dan informal oleh individu dan kelompok untuk mencapai tujuan mereka dalam organisasi. Proses kooperatif dan konflik merupakan komponen integral dari mikropolitik. Makropolitik mengacu pada bagaimana kekuasaan digunakan dan pengambilan keputusan dilakukan di tingkat distrik, negara bagian, dan federal. Makropolitik umumnya dianggap ada di luar sekolah, tetapi para peneliti telah mencatat bahwa mikro dan makropolitik mungkin ada di setiap tingkat sistem sekolah tergantung pada keadaan. terimakasih

    ReplyDelete
  19. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Berdasarkan banyak link yang disampaikan beragam sekali pembahasan mengenai politik dalam pendidikan. Di Indonesia wacana hubungan antara politik dan pendidikan maupun pokok-pokok pikiran tentang politik dan pendidikan mulai berkembang, baik melalui seminar maupun karya-karya tulis. Namun demikian, harus diakui hingga saat ini kajian politik pendidikan masih merupakan barang langka di negeri ini. Bahkan, kajian politik pendidikan masih jarang terdengar di pusat-pusat studi kependidikan. Disiplin ilmu politik dan ilmu pendidikan masih cenderung di lihat sebagai dua bidang kajian yang tidak memiliki hubungan apa-apa.

    ReplyDelete
  20. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Salah satu filsuf sophist adalah Protagoras. Protagoras paling terkenal karena kisah relativistiknya tentang kebenaran - khususnya klaim bahwa 'manusia adalah ukuran dari semua hal' - dan agnostisismenya mengenai para Dewa. Agnostisisme Protagoras terkenal diartikulasikan dalam klaim bahwa ‘mengenai para dewa saya tidak dalam posisi untuk mengetahui apakah itu (atau bagaimana) mereka atau bagaimana (atau bagaimana) mereka tidak, atau seperti apa mereka dalam penampilan; karena ada banyak hal yang mencegah pengetahuan, ketidakjelasan materi dan singkatnya kehidupan manusia’.

    ReplyDelete
  21. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Protagoras adalah orang pertama yang masuk dalam golongan sofis, juga dikenal sebagai orator dan pendebat ulung. Saya mendambah sumber dari Wikipedia bahwa Protagoras menyatakan bahwa “Tentang semua hal terdapat dua pendirian yang bertentangan". Seorang orator haruslah berhasil meyakinkan para pendengarnya mengenai kebenaran yang dianutnya. Dengan demikian, diperlukan kemampuan untuk membuat argumentasi-argumentasi yang meyakinkan para pendengar.

    ReplyDelete
  22. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Pendidikan dan politik lokal tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Menurut Piltch dan Fredericks (2015), mengambil contoh seorang kepala sekolah tidak mampu menghindari situasi dimana pertimbangan politik selalu mempengaruhi setiap pengambilan keputusan. Hal tersebut merupakan salah satu contoh kasus yang mana politik mampu berkuasa terhadap sistem sekolah. Namun hakekatnya politik adalah kepentingan, kepentingan yang berkuasa adalah yang benar. Menurut saya kepentingan yang baik adalah kepentingan yang mencakup orang banyak dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  23. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Politik pendidikan mengarahkan sistem pendidikan yang selalu berubah-ubah. Politik pendidikan bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan tujuan bangsa Indonesia. Politik dan pendidikan itu sendiri memiliki keterkaitan. Dimana proses pendidikan memberikan pengaruh terhadap politik. Politik sendiri berperan dalam membuat peraturan-peraturan yang mengatur proses pendidikan.

    ReplyDelete
  24. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    One link from wikipedia told us that there are two types of politics in education namely micropolitics and macropolitics. Micropolitics means that the power which is used for achieving the goals of organizations while macropolitics means the wider region for the power like deciding the rule for one region for example.

    ReplyDelete
  25. Jefri Mailool
    PEP 18701261002

    Politik dalam pendidikan berkaitan erat dengan intervensi dalam hal kebijakan-kebijakan yang diarahkan untuk bidang pendidikan. proses ini menentukan arah dan tujuan serta hasil dari pelaksanaan suatu program pendidikan dalam suatu negara atau daerah tertentu.

    ReplyDelete
  26. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    S2 PEP A 2019

    Kita tidak dapat memungkiri fakta bahwa politik selalu dan akan selalu melekat pada setiap aspek kehidupan masyarakat bahkan dalam kelompok masyarakat terkecil sekalipun. Selama kelompok tersebut memiliki tujuan dan usaha untuk mencapainya bersama, proses politik pasti terjadi di dalamnya. Politik dan pendidikan berada dalam satu sistem yang saling berhubungan dan keberadaannya saling menunjang satu dengan yang lain. Dinamika politik suatu wilayah memiliki peran penting dalam keberhasilan sistem pendidikan di wilayah tersebut. Ketika para pemangku kebijakan, yang dalam prosesnya juga dipilih melalui proses politik, memiliki concern terhadap pendidikan maka semakin besar kemungkinan munculnya kebijakan-kebijakan strategis yang menunjang tercapainya tujuan pendidikan. Sedangkan lembaga pendidikan, baik sekolah atau masyarakat, sering kali menjadi sarana pengenalan ideologi-ideologi dan sarana simulasi politik praktis. Dengan demikian, mustahil menempatkan sistem pendidikan yang sepenuhnya lepas dari sistem politik.

    ReplyDelete
  27. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Dalam link pertama yang berjudul “politics in education” dijelaskan bahwa dalam politik pendidikan terdapat dua macam politik di sekolah yakni politik micro dan politik makro. Penelitian membuktikan bahwa kedua jenis politik ini terdapat dalam dunia pendidikan di negara kita di setiap jenjang pendidikan akan tetapi perbedaan dan permasamaan kedua pilitik ini bergantung kepada keadaan tersebut.

    Terima kasih prof.

    ReplyDelete
  28. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C
    Pendidikan dan politik merupakan dua elemen yang penting dalam sistem sosial politik suatu Negara, baik Negara maju maupun berkembang. Pada umumnya kedua elemen ini selalu dipisahkan, sehingga seakan-akan tidak berhubungan satu dengan lain. Padahal keduanya sangatlah berkaitan.

    ReplyDelete
  29. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C
    Bila tidak ada pendidikan tidak akan ada orang-orang yang mampu menjalankan dan mengelola dunia pemerintahan ataupun dunia politik, dan sebaliknya jika tidak ada politik, pendidikan tidak akan mampu berjalan karena kekurangan aspek-aspek pendukung seperti sarana dan prasana pendidikan yang disebabkan tidak adanya pengelola uang Negara maupun kebijakan-kebijakan yang mendukung terselenggaranya proses pendidikan.

    ReplyDelete
  30. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C
    Kebijakan politik menentukan berjalannya proses pendidikan. Selain saling berpengaruh, pendidikan dan politik juga memiliki hubungan fungsional.Lembaga-lembaga dan proses pendidikan menjalankan sejumlah fungsi politik yang signifikan. Mungkin yang terpenting dari fungsi-fungsi tersebut bahwa sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan lainnya menjadi agen-agen sosialisasi politik. Lembaga-lembaga pendidikan menjadi tempat dimana individu-individu, terutama anak-anak dan generasi muda, mempelajari sikap-sikap dan perasaan tentang sistem politik, dan sejenis peran politik yang diharapkan dari mereka. Keduanya memiliki hubungan yang dinamis.

    ReplyDelete
  31. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, Politik pendidikan adalah sikap yang konsisten dalam hal mengarahkan kontrol sosial, baik mengenai tujuan maupun metodenya terhadap sistem pendidikan. Masyarakat selalu berubah. Karena itu, sistem sosialpun selalu mengalami perubahan. Oleh karena sistem pendidikan itu merupakan suatu unsur dalam sistem sosial, maka sistem pendidikan pun selalu mengalami perubahan. Di sanalah tampak tugas politik pendidikan. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. Semua aktivitas institusi pendidikan bermuara pada pencapaian tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, dan mandiri sebagai warga negara demokratis dan bertanggung jawab (UU Nomor 20 Tahun 2003). Pendidikan adalah hak asasi manusia, kunci pembangunan berkelanjutan, dan perdamaian dan stabilitas dalam negeri. Pendidikan juga harus dilindungi dan dipenuhi oleh negara. Terimakasih

    ReplyDelete
  32. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, Pemahaman terhadap politik pendidikan amat penting dilakukan, baik sebagai wacana maupun sebagai bahan untuk dipertimbangkan oleh pengelola dan pengambil kebijakan dalam bindang pendidikan. Dengan mengetahui politik pendidikan ini akan memudahkan untuk mengetahui arah kegiatan pendidikan maupun kebijakan pendidikan nantinya. Ada hubungan erat dan dinamis antara pendidikan dan politik disetiap Negara. Hubungan tersebut adalah realitas empiris yang telah terjadi sejak awal perkembangan peradaban manusia dan menjadi perhatian para ilmuan. Terimakasih

    ReplyDelete
  33. Lovie Adikayanti
    19709251068
    S2 Pendidikan Matematika D
    Assalamualaikum wr.wb
    Politik dalam bidang pendidikan mempunyai dua akar utama. Yang pertama akar yang berdasarkan pada teori-teori dari ilmu politik sedangkan yang kedua adalah akar yang berlandaskan pada teori organisasi. Akan tetapi sebenarnya antara politik dan pendidikan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Keduanya saling menunjang dan saling mengisi. Contohnya lembaga-lembaga dan proses dalam pendidikan berperan penting dalam membentuk perilaku politik suatu masyarakat. Sedangkan lembaga-lembaga dan proses politik juga akan membawa dampak bagi pendidikan suatu masyarakat. Dengan demikian terlihat jelas bahwa antara politik dan pendidikan saling berhubungan erat dan berjalan secara dinamis untuk masyarakat.

    ReplyDelete
  34. Syaiful Syamsuddin
    19701261002
    S3 PEP 2019

    Assalamu alaikum wr.wb
    Pendidikan dan politik adalah dua elemen penting dalam sistem sosial politik di setiap negara, baik negara maju maupun negara berkembang. Meskipun pendidikan dan politik mempunyai posisi sebagai dua elemen penting dalam sistem sosial politik, namun sering dikaji sebagai bagian-bagian yang terpisah. Tentu saja hal demikian tidak tepat karena pendidikan dan politik bahu membahu dalam proses pembentukan karakteristik masyarakat di suatu negara. Lebih dari itu, satu sama lain saling menunjang dan saling mengisi. Karena kuatnya kaitan antara masalah pendidikan dan politik, setiap kebijakan pemerintah di bidang pendidikan pada umumnya merefleksikan pandangannya tentang masyarakat dan keyakinan politiknya. Masing-masing pemerintah menempatkan prioritas pendidikan yang berbeda-beda, dan menyukai kebijakan-kebijakan yang merefleksikan pandangan dasar dan kepentingan-kepentingan mereka. Dari waktu ke waktu pemerintah membuat kebijakan-kebijakan pendidikan atas dasar pertimbangan pertimbangan politik. Keputusan-keputusan tentang pendidikan sering dipengaruhi oleh faktor-faktor keuangan pemerintah. Menurut M. Sirozi (2010: 1) gambaran jelas tentang keterkaitan antara pendidikan dan politik dapat kita telusuri di dunia Islam, di mana sejarah peradaban Islam banyak ditandai oleh kesungguhan para ulama dalam memperhatikan persoalan pendidikan sebagai upaya untuk memperkuat posisi sosial politik kelompok dan pengikutnya.

    ReplyDelete
  35. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete