Dec 2, 2012

PLURALISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang PLURALISM, konek berikut:

http://en.wikipedia.org/wiki/Pluralism



Wss Wr Wb
Marsigit

34 comments:

  1. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Secara umum, Pluralisme merupakan pandangan tentang keberagaman. Pluralisme adalah pandangan yang menekankan pada unsur pokok hakikat kenyataan ini adalah beragam artinya bahwa dalam memandang realitas haruslah multidimensi dan multiperspektif. Pandangan ini percaya bahwa unsur yang menyusun manusia terdiri dari beragam unsur seperti jasmani, rohani, dan dimensi lainnya. Dalam ralitas kehidupan masyarakat, bersikap plural sangat dibutuhkan, hal ini membuat diri kita sebagai sifat dapat diterima oleh seluruh masyarakat dan komunitas.

    ReplyDelete
  2. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Pluralisme merupakan suatu paham atau pandangan yang mengakui dan menerima adanya keberagaman. Artinya, untuk hidup secara toleran pada tatanan masyarakat yang berbeda suku, gologan, agama,adat, hingga pandangan hidup. Pluralisme mengimplikasikan pada tindakan yang bermuara pada pengakuan kebebasan beragama, kebebasan berpikir, atau kebebasan mencari informasi, sehingga untuk mencapai pluralisme diperlukan adanya kematangan dari kepribadian seseorang dan/atau sekelompok orang.

    ReplyDelete
  3. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    PLURALISME di era saat ini meajdi salah satu tantangan besar bagi sebuah negara, dimana penjajah bukan lagi seseorang yang ada di depan kita, tapi ada dalam diri kita. Pluralisme adalah suatu paham atau pandangan hidup yang mengakui dan menerima adanya “KEMAJEMUKAN” atau “KEANEKARAGAMAN” dalam suatu kelompok masyarakat. Kemajemukan dimaksud misalnya dilihat dari segi agama, suku, ras, adat-istiadat, dll. Di Negara kita Indonesia, memiliki banyak sekali keanekaragaman dalam segala hal, ooleh karena itu sebaiknya kita selalu memiliki keteguhan hati dan tidak mudah percaya dengan sebuah issu.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Pluralisme merupakan salah satu pandangan dalam filsafat yang memandang adanya keragaman dalam kehidupan. Pluralisme tidak mengakui adanya satu substansi atau dua substansi melainkan banyak substansi, karena menurutnya manusia tidak hanya terdiri dari jasmani dan rohani tetapi juga tersusun dari api, tanah dan udara yang merupakan unsur substansial dari segala wujud. Agar terwujud pluralisme yang ideal maka harus diiringi dengan sikap toleransi dalam berbagai bidang. Membahas pluralisme, K.H Abdurahman Wahid merupakan salah satu tokoh yang nyata bagi kita untuk bersikap toleran ditengah keragaman bahasa, suku, agama, budaya bangsa Indonesia. Tidak menjelek-jelekkan suatu kelompok ataupun mendiskriminasi kelompok minoritas. Oleh karena itu, patut bagi kita untuk meneladani sikap-sikap seperti. Dan terakhir bahwa keragaman merupakan salah satu anugerah dari Tuhan. Terima Kasih

    ReplyDelete
  6. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Bumi ini sifatnya plural.Meliputi berbagai macam golongan dan ras.Ada beragam para ilmuwan yang ahli dalam bidangnya masing –masing dengan membawa atributnya sebagai lambang paham atau teori yang dianutnya .Salah satu yang menjadi masalah paling krusial bagi para ilmuwan bagaimana membuktikan suatu kebenaran teori.Munculnya aliran pluralisme untuk mendinginkan suasana.Menurut paham ini, memahami kenyataan tidak mungkin terbelenggu hanya pada satu cara.Pandangannya ada cara yang berbeda untuk memandang kebenaran.Pluralisme menurut saya menjadi netral diantara pemahaman yang lain dan mencoba mengerti pandangan paham-paham yang lain seperti: subjektivisme, kontektulisme, relativisme, atau atau yang memahami kebenaran sebagai sesuatu yang nihil.

    ReplyDelete
  7. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Pluralism menunjukkan keberagaman dari suatu pandangan. Pluralism memandang bahwa kebenaran tidak hanya berasal dari satu pemikiran atau satu subjek saja. Pluralism menghargai suatu perbedaan pendapat, opini, masukan, pemikiran sebelum menarik kesimpulan suatu kebenaran. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pluralism terkait dengan toleransi antar suku, ras, dan umat beragama. Pluralism di Indonesia melahirkan suatu semboyan Bhineka Tunggal Ika, yang artinya walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu Indonesia.

    ReplyDelete
  8. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017
    Pluralisme menunjukkan keragaman pandangan atau pendirian daripada pendekatan atau metode tunggal. Pluralisme juga dapat berarti kesediaan untuk menerima keberagaman (pluralitas), artinya, untuk hidup secara toleran pada tatanan masyarakat yang berbeda suku, gologan, agama,adat, hingga pandangan hidup. Pluralisme mengimplikasikan pada tindakan yang bermuara pada pengakuan kebebasan beragama, kebebasan berpikir, atau kebebasan mencari informasi, sehingga untuk mencapai pluralisme diperlukanadanya kematangan dari kepribadian seseorang dan/atau sekelompok orang.

    ReplyDelete
  9. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi dari wikipedia yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa pluralisme menyatakan keragaman dalam pandangan atau posisi dan bukan pendekatan atau metode tunggal. Dalam filsafat, pluralisme adalah doktrin yang berdasarkan substansi dasar yang membangun kebenaran atau realitas. Dalam politik dan hukum, pluralisme adalah pengakuan diversiti atau keberagaman sistem politik. Sedangkan dalam agama, pluralisme adalah penerimaan semua jalan agama sebagai sesuatu yang semuanya valid.

    ReplyDelete
  10. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Menurut The Random House Dictionary of the English Language, kata ‘plural’ berarti “pertaining or involving a plurality of persons or things” (berkenaan atau melibatkan banyak orang atau hal). Kata ‘plurality’ (pluralitas) berarti “state or fact of being plural” (keadaan atau fakta yang bercorak majemuk). Kata ‘pluralism’ (pluralisme) berarti “a theory that reality consists of two or more independent elements” (suatu teori bahwa realitas terdiri atas dua unsur independen atau lebih).
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  11. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Aliran pluralisme bertentangan dengan aliran monism. Aliran ini merupakan suatu paham tentang keberagaman. Dalam kehidupan bermasyarakat, paham ini menjadi suatu acuan adanya interaksi dari beberapa kelompok masyarakat untuk bisa saling menghormati satu sama lain. Pluralisme merupakan salah satu ciri dari masyarakat modern yang menjunjung tinggi keberlangsungan suatu sistem kehidupan yang harus saling berjalan dalam proporsinya masing-masing. Pemahaman yang berbeda tidak perlu dipusingkan justru dengan adanya perbedaan, bermacam-macam paham, membuat wawasan menjadi luas. Walau berbeda sebagian besar pemahaman memiliki isi dan tunjuanya yang sama, yaitu setiap ide dijadikan sebagai titik tolak untuk mengartikulasikan pandangan.

    ReplyDelete
  12. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Pluralisme (Pluralism) berasal dari kata Pluralis yang artinya jamak. Aliran ini menyatakan bahwa realitas tidak terdiri dari satu substansi atau dua substansi tetapi banyak substansi yang bersifat independen satu sama lain. Aliran ini tidak mengakui adanya satu substansi atau dua substansi melainkan banyak substansi, karena menurutnya manusia tidak hanya terdiri dari jasmani dan rohani tetapi juga tersusun dari api, tanah dan udara yang merupakan unsur substansial dari segala wujud. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    ReplyDelete
  13. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Pluralisme (bahasa Inggris: pluralism), terdiri dari dua kata plural (=beragam) dan isme (=paham) yang berarti paham atas keberagaman. Pluralisme dapat diartikan pula sebagai kesediaan menerima keberagaman. Dalam ilmu sosial, pluralisme diartikan sebagai kerangka dimana terdapat interaksi antar kelompok yang saling menghormati. Maka dalam kehidupan sosial kita seharusnya menghormati kelompok lain.

    ReplyDelete
  14. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Pluralisme ialah sebagai paham atau pandangan mengenai kesediaan untu menerima keberagaman atau kemajemukan.Kemajemukan dimaksud misalnya dilihat dari segi agama, suku, ras, adat-istiadat.Menerima kemajemukan berarti menerima adanya perbedaan. Menerima perbedaan bukan berarti menyamaratakan, tetapi justeru mengakui bahwa ada hal atau ada hal-hal yang tidak sama.

    ReplyDelete
  15. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Pluralisme terdiri dari dua kata plural yang artinya beragam dan isme yang artinya paham. Paham pluralisme dapat diartikan sebagai paham yang menitikberatkan pada keberagaman pandangan atau pendirian daripada pendekatan atau metode tunggal. Indonesia adalah bangsa pluralisme yang terdiri dari macam-macam suku, bahasa daerah, dan agama. Maka dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita harus bertoleransi dan menghormati orang lain sehingga persatuan, kesatuan dan kedamaian di Indonesia dapat tercapai.

    ReplyDelete
  16. Junianto
    PM C

    Pluralisme merupakan paham yang menerima dan mengakui adanya keberagaman dan perbedaan. Dalam paham ini keberagaman sangatlah dihargai. Karena memang di dunia ini sangatlah banyak keanekaragaman yang ada. Keberagaman merupakan keniscayaan yang tidak bisa dipungkiri adanya dan ini sudah menrupakan sunatullah. Kewajiban kita sebagai manusia adalah menghargai dan menjadikannya sebagia sebuah kekayaan dan kita bisa bersatu dalam keberagaman.

    ReplyDelete
  17. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Plurarisme berarti kesediaan untuk menerima keberagaman (pluralitas), artinya, untuk hidup secara toleran pada tatanan masyarakat yang berbeda suku, gologan, agama, adat, hingga pandangan hidup. Pluralisme dapat diaplikasikan pada tindakan yang bermuara pada pengakuan kebebasan beragama, kebebasan berpikir, atau kebebasan mencari informasi, sehingga untuk mencapai pluralisme diperlukanadanya kematangan dari kepribadian seseorang dan/atau sekelompok orang.

    ReplyDelete
  18. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Pluralisme (Pluralism) berasal dari kata Pluralis (jamak). Aliran ini menyatakan bahwa realitas tidak terdiri dari satu substansi atau dua substansi tetapi banyak substansi yang bersifat independen satu sama lain. Pluralisme berpandangan bahwa segenap macam bentuk merupakan kenyataan. Para filsuf yang termasuk dalam aliran ini antara lain Empedakles dan Anaxogoras. Empedakles menyatakan bahwa hakikat kenyataan terdiri dari empat unsur, yaitu api, udara, air dan tanah. Anaxogoras menyatakan bahwa hakikat kenyataan terdiri dari unsur-unsur yang tidak terhitung banyaknya, sebab jumlah sifat benda dan semuanya dikuasai oleh suatu tenaga yang dinamakan nous yaitu suatu zat yang paling halus yang memiliki sifat pandai bergerak dan mengatur.

    ReplyDelete
  19. Latifah Fitriasari
    PM C

    Pluralisme dalam hidup keseharian masyarakat berarti mengerti adanya korelasi baik dan benar pada personal by personal atau tiap individu dan kelompok dengan kelompok. Sehingga pandangan seseorang tentang ragam kehidupan di dunia, ataupun kebijakan kebudayaan yang menekankan tentang penerimaan terhadap realitas keragaman, dan berbagai macam budaya (multikultural) yang ada dalam lingkup dalam lingkungan sekitarnya.

    ReplyDelete
  20. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Pluralisme merupakan pemahaman yang lebih dari satu, artinya memiliki berbagai macam pemahaman didalamnya, setiap manusia hidup dengan memahami berbagai macam hal yang ada didunia sebagai sumber pengalaman dan pengetahuan dalam menjalaninya. Setiap manusia selalu memiliki ide-ide atau pendapat yang berbeda-beda mengenai suatu hal misalnya perbedaan dalam berargumen, dan berpendapat.

    ReplyDelete
  21. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Pluralisme menunjukkan keragaman pandangan atau pendirian daripada pendekatan atau metode tunggal. Tidak bisa kita pungkiri bahwa Tuhan dengan semua kuasanya telah menciptakan setiap yang ada di dunia ini unik (berbeda) satu sama lainnya. Sehingga, seyogyanyalah kita tidak bisa memaksakan semuanya untuk sama atau sesuai dengan kehendak kita. Karena sudah fitrahnya bahwa setiap yang ada di dunia ini bersifat pluralisme.

    ReplyDelete
  22. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Pluralism terdiri dari dua kata yaitu plural dan ism. Dimana prular berarti ragam sedangan ism merupakan paham atau pusat dari suatu hal, atau sebagai pusatnya. Maka, pluralism
    adalah suatu paham menganggap suatu keberagaman atau perbedaan. Mengakui adanya perbedaan yang ada pada kehidupan ini. Sehingga dikatakan juga bahwa kaum yang menganut paham ini sifat kebenaran di dunia ini bersifat plural sedangkan benar di akhirat bersifat tunggal yaitu Kuasa Tuhan.

    ReplyDelete
  23. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Pluralism adalah paham yang memandang dunia yang mengakui dan menerima adanya kemajemukan atau kenaekaragaman. Kenaekaragaman ada bermacam-macam, dari kenaekaragaman pemikiran, kenaekaragaman sikap, kenaekaragaman bahasa, kenaekaragaman agama, kenaekaragaman suku, dan masih banyak lagi. Menerima adanya keanekaragaman bukan berarti menyamaratakan, tetapi mengakui bahwa memang ada hal-hal yang tidak sama. Contohnya di Indonesia, Indonesia itu plural, memiliki berbagai macam kebudayaan dengan berbagai macam suku, budaya, ras, adat istiadat, bahasanya, dll. Jika di dalam pembelajaran, siswa di dalam kelas itu juga beragam karakter, maka dibutuhkan toleransi dan saling menghormati kenaekaragaman itu. Olea karenaa itu, guru dalam pembelajaran menggunakan metode yang inovatif untuk memfasilitasi keanekaragaman itu. Sehingga siswa menjadi dihargai.

    ReplyDelete
  24. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Pluralism dalam filsafat adalah sebuah doktrin yang menurutnya banyak hal dasar yang membentuk suatu realitas. Pluralism merupakan suatu kebenaran yang memaknai tesis bahwa ada lebih dari satu cara menjadi kenyataan. Pluralism ini mempunyai pandangan hidup untuk mengakui dan menerima adanya kemajemukan atau keanekaragaman.

    ReplyDelete
  25. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Dalam hidup di dunia ini dimana setiap manusia memiliki ciri khas yang berbeda serta memiliki karakter yang unik, menurut saya paham pluralisme sangatlah cocok diterapkan guna menanamkan sifat toleransi akan adanya perbedaan satu dengan yang lainnya. Sekarnag ini Asia sedang gencar-gencarnya menanamkan sifat pluralism yaitu dengan mengadakan Diversity and Inclusion Youth Conference guna mengenalkan kepada pemuda mengenai hal yang bisa mendamaikan dunia ini adalah adanya sifat kebinekaan dan kesetaraan antara satu dengan yang lainnya
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  26. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PMA

    Pada era globalisasi ini pluralisme (pemahaman yang menyeragamkan suatu ideologi atau pun keyakinan) berkembang dengan pesat. Para ilmuan hingga masyarakat awan terbius dengan paham tersebut. Sejatinya pluralisme tidak bisa diterapkan pada semua aspek kehidupan karena mengedepankan kemajemukan.

    ReplyDelete
  27. Pluralism merupakan paham yang memandang adanya keragaman pandangan atau pendirian. Berbeda halnya dengan monoism yang hanya mutlak pada satu zat tunggal. Misalnya pluralism filsafat politik artinya pengakuan terhadap adanya keragaman sistem politik. Dalam filsafat, pluralism epistemologi atau pluralism metodologis merupakan pandangan bahwa beberapa fenomena memerlukan banyak metode untuk menjelaskan sifat-sifatnya

    ReplyDelete
  28. Metia Novianti
    17709251021
    PPs PM A

    Pluralisme (Pluralism) berasal dari kata Pluralis (jamak). Aliran ini menyatakan bahwa realitas tidak terdiri dari satu substansi atau dua substansi tetapi banyak substansi yang bersifat independen satu sama lain. Sebagai konsekuensinya alam semesta pada dasarnya tidak memiliki kesatuan, kontinuitas, harmonis dan tatanan yang koheren, rasional, fundamental. Didalamnya hanya terdapat berbagai jenis tingkatan dan dimensi yang tidak dapat direduksi. Pandangan demikian mencangkup puluhan teori, beberapa diantaranya teori para filsuf yunani kuno yang menganggap kenyataan terdiri dari udara, tanah, api dan air.

    ReplyDelete
  29. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Yang dapat saya ambil dari referensi di atas adalah pluralisme berasal dari kata Pluralis atau jamak. Aliran ini menyatakan bahwa realitas tidak terdiri dari satu substansi atau dua substansi tetapi banyak substansi yang bersifat independen satu sama lain. Aliran ini tidak mengakui adanya satu substansi atau dua substansi melainkan banyak substansi.

    ReplyDelete
  30. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Pluralisme menyatakan bahwa terdapat banyak substansi dalam alam. Pluralism dalam ilmu sosial, pluralisme adalah sebuah kerangka dimana ada interaksi beberapa kelompok-kelompok yang menunjukan rasa saling menghormati dan toleransi satu sama lain. Pluralisme dalam ilmu pengetahuan bisa diargumentasikan sebagai faktor utama dalam pertumbuhan pesat ilmu. Pluralisme juga menunjukan hak-hak individu dalam memutuskan kebenaran.

    ReplyDelete
  31. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,
    Pluralisme adalah suatau paham atau pandangan hidup yang mengakui dan menerima
    adanya kemajemukan atau keanekaragaman dalam suatu kelompok masyarakat.
    keanekaragaman di sini misalnya agama, suku, ras, adat-istiadat, dan lain lain. Hal-ha;
    inila yang biasanya membentuk berbagai macam kelompok kecil masyarakat yang
    memiliki ciri khas yang membedakan antara satu dengan lainnya. Paham pluralisme
    ini tercermin pada semboyan Negara kita yaitu ‘Bhineka Tunggal Ika’ artinya walau
    berbeda-beda tetapi kita tetap satu yaitu bangsa Indonesia. Meyakini adanya
    keanekaragaman tentu harus disertai dengan adanya sifat toleransi dan persatuan. Agar
    masyarakat yang beragam seperti Indonesia dapat hidup dengan rukun.

    ReplyDelete
  32. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Pluralism berasal dari plural artinya banyak/majemuk. Pluralisme sendiri adalah sebuah paham yang didasari dengan keberagaman. Jadi paham ini memaknai segala sesuatu pasti adanya perbedaan. Dengan perbedaan ini maka adanya keberagaman. Keanekaragaman ini yang menjadi pegangan mereka. Keragaman bisa berupa ragam dari segi suku, bahasa, agama dll. Namun dengan berbagai keragaman inilah yang menyatukan setiap manusia.

    ReplyDelete
  33. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Pluralism. Berasal dari dua kata yaitu plural yang artinya beragam. Dan isme yang artinya paham. Jadi pluralism itu artinya paham atas keberagaman. Atau dapat juga diartikan sebagai kesediaan untuk menerima keberagaman. Hal itu dapat diartikan sebagai hidup secara toleran terhadap tatanan masyarakat yang beragam. Beragam suku dan budaya, golongan, agaman dan pandangan hidup. Muara dari pluralism dalam kehidupan adalah adanya pengakuan pada kebebasan beragama, berpikir, mencari informasi. Untuk itu dalam menanggapi suatu keberagaman diperlukan kematangan dan kedewasaan berpikir dari setiap individu dan kelompok. Terimakasih

    ReplyDelete
  34. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Menerima kebhinekaan merupakan salah satu bentuk pluralism yang sudah diajarkan sejak bangku sekolah dasar. Ini merujuk pada bagaimana kita dapat menerima perbedaan yang ada. Perbedaan merupakan hal yang tidak dapat dihindari, sehingga jadikanlah perbedaan suatu bagian dari keberagaman hidup. Menerima perbedaan bukan berarti menyamaratakan namun lebih kepada pengakuan bahwa banyak hal yang sifatnya tidak sama. Proses menerima ini tentu mengajarkan banyak hal seperti toleransi, sikap menghargai dan menghormati.

    ReplyDelete