Dec 2, 2012

PLURALISM





Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang PLURALISM, konek berikut:

http://en.wikipedia.org/wiki/Pluralism



Wss Wr Wb
Marsigit

9 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Pluralisme (Pluralism) berasal dari kata Pluralis yang artinya jamak. Aliran ini menyatakan bahwa realitas tidak terdiri dari satu substansi atau dua substansi tetapi banyak substansi yang bersifat independen satu sama lain. Aliran ini tidak mengakui adanya satu substansi atau dua substansi melainkan banyak substansi, karena menurutnya manusia tidak hanya terdiri dari jasmani dan rohani tetapi juga tersusun dari api, tanah dan udara yang merupakan unsur substansial dari segala wujud. Pluralism merupakan kebalikan dari monism, Pandangan ini dipelopori oleh Leibniz dan Russel. Di Inggris pluralisme semakin populer pada awal abad 20 melalui para tokoh seperti F. Maitland, S.G. Hobson, Harold Laski, R.H. Tawney dan GDH Cole.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Pluralism digunakan dalam arti yang berbeda berdasarkan keberanekaragaman konsep atau pemahaman yang ada yang tidak bersifat tunggal atau lebih dari dua (banyak). Pluralisme merupakan paham yang mengakui ada begitu banyak keanegaragaman atau kemajemukan dalam kehidupan. Pluralism merupakan lawan dari keseragaman “monism”. Pluralism biasanya digunakan pada istilah keberagaman faham, agama, suku dan budaya.

    ReplyDelete
  3. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Pluralisme berasal dari kata “plural” yang berarti kemajemukan atau keanekaragaman dan “isme” yang berarti paham, jadi pluralism adalah paham kemajemukan. Dalam rangka membentuk masyarakat beragama yang rukun dan damai, para ahli banyak menekankan tentang pluralisme. Paham ini menitik beratkan pada aspek persamaan, dimana semua agama itu sama.dalam artian banyak jalan menuju surga. Sebenarnya paham pluralism merupakan paham yang sudah cukup lama. Paham ini muncul bersamaan dengan modernisasi Negara-negara barat. Dengan kata lain paham ini pada awalnya muncul dari belahan dunia barat,yakni Eropa. Dalam paham pluralisme agama yang berkembang di Barat sendiri terdapat sekurang-kurangnya dua aliran yang berbeda: yaitu paham yang dikenal dengan program teologi global (global theology) dan paham kesatuan transenden agama-agama (Transcendent Unity of Religions). Kedua aliran ini telah membangun gagasan, konsep dan prinsip masing-masing yang akhirnya menjadi paham yang sistemik. Karena itu yang satu menyalahkan yang lain.

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pluralisme (Pluralism) berasal dari kata Pluralis (jamak). Aliran ini menyatakan bahwa realitas tidak terdiri dari satu substansi atau dua substansi tetapi banyak substansi yang bersifat independen satu sama lain. Para filsuf yang termasuk dalam aliran ini antara lain: Empedakles (490-430 SM), yang menyatakan hakikat kenyataan terdiri dari empat unsur, yaitu api, udara, air dan tanah. Anaxogoras (500-428 SM), yang menyatakan hakikat kenyataan terdiri dari unsur-unsur yang tidak terhitung banyaknya, sebab jumlah sifat benda dan semuanya dikuasai oleh suatu tenaga yang dinamakan nodus yaitu suatu zat yang paling halus yang memiliki sifat pandai bergerak dan mengatur.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Pluralisme adalah suatu paham atau pandangan hidup yang mengakui dan menerima adanya “kemajemukan” atau “keanekaragaman” dalam suatu kelompok masyarakat. Kemajemukan dimaksud misalnya dilihat dari segi agama, suku, ras, adat-istiadat, dll.

    ReplyDelete
  6. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Pluralisme menunjukkan keragaman pandangan atau pendirian daripada pendekatan atau metode tunggal. Pluralisme atau pluralis mungkin mengacu pada: Isi trekait 1 Politik dan hukum 2 Filsafat 3 Agama. Dalam Politik dan hukum, pluralism terkait dengan Pluralisme (filsafat politik) yaitu pengakuan akan keragaman sistem politik , Pluralisme (teori politik) yaitu percaya bahwa harus ada pusat kekuasaan yang beragam dan bersaing di masyarakat , Pluralisme hukum yakni adanya sistem hukum yang berbeda dalam suatu populasi atau daerah Demokrasi pluralis , sistem politik dengan lebih dari satu pusat kekuasaan. Dalam Filsafat pluarsime terkait dengan : Pluralisme (filsafat) , sebuah doktrin yang menurutnya banyak zat dasar membentuk realitas, Sekolah pluralis , sebuah sekolah filsafat filsuf Yunani pra-Sokrates Pluralisme epistemologis atau pluralisme metodologis, pandangan bahwa beberapa fenomena memerlukan banyak metode untuk menjelaskan sifatnya dan Nilai pluralisme , gagasan bahwa beberapa nilai mungkin sama benar namun bertentangan satu sama lain. Dalam Agama Pluralisme agama , penerimaan semua jalan religius sama validnya, mempromosikan koeksistensi Memegang beberapa kantor gerejawi, lihat "Pluralisme" di Benefice

    ReplyDelete
  7. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Pluralisme adalah sebuah paham yang mendoktrinkan bahwa kebenaran itu bersifat banyak atau tidak tunggal. Ada pluralisme dalam agama, hukum, moral, filsafat dan lain sebagainya. Pluralisme dapat juga diartikan sebagai suatu paham atau pandangan hidup yang mengakui dan menerima adanya “kemajemukan” atau “keanekaragaman” dalam suatu kelompok masyarakat. Kemajemukan yang dimaksud misalnya dari segi agama, suku, ras, adat-istiadat, dll. Segi-segi inilah yang biasanya menjadi dasar pembentukan aneka macam kelompok, terbatas dan khas, serta yang mencirikhaskan dan membedakan kelompok yang satu dengan kelompok yang lain. Misalnya masyarakat Indonesia yang majemuk, yang terdiri dari berbagai kelompok umat beragama, suku, dan ras, yang memiliki aneka macam budaya atau adat-istiadat.

    ReplyDelete
  8. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Pluralisme adalah suatu paham atau pandangan hidup yang mengakui dan menerima adanya “KEMAJEMUKAN” atau “KEANEKARAGAMAN”.
    Dalam paham ini keberagaman sangatlah dihargai. Karena memang di dunia ini sangatlah banyak keanekaragaman yang ada. Dengan keberagaman yang ada tidak menjadikan tidak bisa bersatu. Tetapi keberagaman untuk menjadi tunggal.

    ReplyDelete
  9. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Pluralism dalam ilmu filsafat berarti doktrin keberagaman yang sering digunakan untuk menentang monism (doktrin mengenai kesatuan) dan dualisme (doktrin mengenai dualitas). Pluralism memiliki arti yang berbeda-beda, seperti pada metafisika, pluralism merupakan doktrin yang menyatakan lebih dari satu kenyataan sedangkan monism berpendapat bahwa hanya ada satu kenyataan yang mungkin memiliki ontologi objektif tunggal atau jamak. Dalam intologi, pluralism mengacu pada berbagai cara, jenis, dan keberadaan mengenai segala sesuatu. Dalam epistemogi, pluralism meyakini tidak ada satu cara konsisten untuk mendekati kebenaran mengenai dunia. Sedangkan dalam ilmu logika, pluralism mendukung bahwa tidak ada logika yang benar.

    ReplyDelete