Dec 1, 2012

HEDONISM



Ass Wr Wb
Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang  HEDONISM, BECALAH DI LINK BERIKUT:


Wss Wr Wb
Marsigit

43 comments:

  1. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Menurut buku yang pernah saya baca, yang ditulis oleh A. Mangunhardjana hedonisme berpendirian bahwa kenikmatan lebih khusus lagi kenikmatan pribadi, merupakan nilai hidup tertinggi dan tujuan utama serta terakhir hidup manusia.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Kata hedonisme diambil dari Bahasa Yunani hēdonismos dari akar kata hēdonē, artinya "kesenangan". Paham ini berusaha menjelaskan adalah baik apa yang memuaskan keinginan manusia dan apa yang meningkatkan kuantitas kesenangan itu sendiri. Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.

    ReplyDelete
  3. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Menurut Jeremy Bentham mengatakan bahwasanya hedonism ialah kesenangan dan kesedihan itu adalah satu satunya motif yang memerintah manusia, dan beliau mengatakan juga bahwa kesenangan dan kesedihan seseorang adalah tergantung kepada kebahagiaan dan kemakmuran pada umumnya dari seluruh masyarakat. Sehingga ia menempatkanya kebahagiaan pada yang tertinggi.

    ReplyDelete
  4. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hal ini berarti bahwa tujuan manusia dalam memaknai hidupnya adalah semata-mata untuk mencari kesenangan atau kenikmatan. Manusia akan senantiasa berusaha melakukan apa saja demi mencapai kepuasan dalam kebahagiaan dan kesenangan hidupnya. Namun, kesenangan hendaknya memiliki batasan yang berarti kesenangan janganlah menjadikan manusia untuk berupaya mencapai kepuasan yang bernilai negatif. Kesenangan yang bersifat negative tentunya kurang bermanfaaat dan dapat merugikan manusia itu sendiri.

    ReplyDelete
  5. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Ketika filsuf membahas hedonisme, mereka kemungkinan besar akan mengacu pada hedonisme tentang nilai, dan terutama sedikit lebih spesifik teori, hedonisme tentang kesejahteraan. Hedonisme sebagai teori tentang nilai (terbaik disebut sebagai Nilai hedonisme) menyatakan bahwa semua dan hanya kesenangan secara intrinsik berharga dan semua dan hanya rasa sakit secara intrinsik disvaluable. Istilah "intrinsik" merupakan bagian penting dari definisi dan terbaik dipahami berbeda dengan istilah "instrumental." Ada yang secara intrinsik berharga jika itu adalah berharga untuk kepentingan sendiri. Kesenangan dianggap intrinsik berharga karena, bahkan jika itu tidak menyebabkan manfaat lain, masih akan baik untuk mengalami. Uang adalah contoh dari yang baik berperan; nilainya bagi kita berasal dari apa yang bisa kita lakukan dengan itu (apa yang bisa kita beli dengan itu). Fakta bahwa jumlah berlebihan uang tidak memiliki nilai jika tidak ada yang pernah menjual apa pun mengungkapkan bahwa uang tidak memiliki nilai intrinsik. Nilai Hedonisme mengurangi segala sesuatu dari nilai kesenangan. Misalnya, Nilai Hedonis akan menjelaskan nilai instrumental uang dengan menjelaskan bagaimana hal-hal yang bisa kita beli dengan uang, seperti makanan, tempat tinggal, dan barang-barang status menandakan, membawa kita kesenangan atau membantu kita untuk menghindari rasa sakit.

    ReplyDelete
  6. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

    Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan.[1] Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.[2] Terdapat tiga aliran pemikiran dalam hedonis yakni Cyrenaics, Epikureanisme, dan Utilitarianisme.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Hedonisme dikembangkan oleh dua orang filosof Yunani, Epicurus (341-270 SM) dan Aristippus of Cyrine (435-366 SM). Mereka berdualah yang dikenal sebagai perintis paham Hedonisme.Sebenarnya, dua filosof ini menganut aliran yang berbeda. Bila Aristippus lebih menekankan kepada kesenangan badani atau jasad seperti makan, minum, seksualitas, maka Epicurus lebih menekankan kepada kesenangan rohani seperti bebas dari rasa takut, bahagia, tenang batin, dan lain sebagainya. Namun, kedua-duanya berpendapat sama yaitu kesenangan yang diraih adalah kesenangan yang bersifat privat atau pribadi. Paham hedonisme sendiri berarti suatu pemikiran yang menjadikan tujuan hidupnya adalah kesenangan materi. Kesenangan yang memuaskan jiwa dan batin setiap manusia. Epicurus berpendapat bahwa kenikmatan materi adalah tujuan utama dalam hidup. Filsafatnya menitikberatkan pada etika yang memberikan ketenangan batin. Hedone (kenikmatan atau kesenangan) diperoleh dengan memuaskan keinginannya. Manusia harus bisa memilih keinginannya agar dapat mencapai kepuasan yang mendalam. Hedonisme yang hanya mencari kenikmatan materi demi kepuasan jiwa tidaklah sempurna sampai seseorang terjauh dari kehidupan spiritual yang dianggap mengekang manusias.

    ReplyDelete
  8. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Hedonism diambil dari bahasa Yunani artinya kesenangan, maksudnya adalah pandangan yang menganggap bahwa menjadi bahagia adalah dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan menghindari hal-hal yang menyakitkan. Hedonism berpendapat bahwa kesenangan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Aristippos memaparkan bahwa manusia sejak masa kecilnya selalu mencari kesenangan, didukung oleh Epikuros yang mengatakan bahwa mencari kesenangan adalah kodrat alamiah. Kesenangan tidak hanya kesenangan dunia atau lahir saja, tetapi kesenangan rohani atau batin juga bisa disebut kesenangan atau kebahagiaan.

    ReplyDelete
  9. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Hedonism merupakan pandangan hidup manusia yang menganggap bahwa seseorang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sebisa mungkin menghindarkan perasaan-perasaan yang menyakitkan. Kaum hedonis biasanya didominasi oleh orang yang hidup diperkotaan, dimana mereka akan menghabiskan atau menghambur-hamburkan uang yang mereka punyai guna memuaskan dirinya agar mendapatkan kebahagiaan yang maksimal. Hal yang demikian sebenarnya tidak baik dilakukan karena berfoya-foya atau mengejar kebahagiaan duniawi sangat tidak disukai oleh Allah SWT. Semoga kita selalu dihindarkan dari perilaku yang demikian agar mendapatkan ridho Allah SWT dan diberikan kebahagiaan yang sebenarnya yaitu di akhirat.

    ReplyDelete
  10. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Hedonisme muncul pada awal sejarah filsafat sekitar tahun 433 SM. Hedonisme ingin menjawab pertanyaan filsafat “apa yang menjadi hal terbaik bagi manusia?” Hal ini diawali dengan Sokrates yang menanyakan tentang apa yang sebenarnya menjadi tujuan akhir manusia. Lalu Aristippos menjawab bahwa yang menjadi hal terbaik bagi manusia adalah kesenangan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Karakteristik hedonisme adalah kebendaan dengan ukuran fisik harta, atau apa saja yang tampak, yang dapat dinilai dengan uang. Jadi disini orang yang sudah senang karena harta bendanya yang banyak, sudah sama artinya dengan orang yang bahagia atau dengan kata lain bahagia sama dengan kesenangan

    ReplyDelete
  11. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hedonisme merupakan pandangan yang menganggap kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.
    Sehingga tujuan manusia hidup di dunia ini untuk mencari kesenangan dan kenikmatan.
    Segala tindakan dan usaha yang dilakukan hanya untuk mencapai kesenangan dan kenikmatan.

    ReplyDelete
  12. Nurwanti Adi Rahayu
    16709251067
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hedonisme merupakan pandangan hidup yang menganggap bahwa seseorang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan.
    Sehingga dalam menggapai kebahagian segala cara dan teknik digunakan.
    Dan perasaan-perasaan yang mungkin tidak mendukung bahkan menghambat akan dihindarinya.

    ReplyDelete
  13. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Hedonisme dalam bahasa Yunani, hedone berarti kegembiraan, kesenangan, atau kenikmatan. Secara sederhana, pengertian hedonisme adalah paham atau etika yang diwujudkan dengan gaya hidup yang menjadikan kenikmatan atau kebahagiaan sebagai tujuan utama dalam hidup. Menurut penganut hedonisme, suatu perbuatan disebut baik sejauh menyebabkan kesenangan, memberi kenikmatan, kekayaan, dan kekuasaan. Saat segala kebutuhan tidak terpenuhi, akan mengalami ketegangan dan penderitaan

    ReplyDelete
  14. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Hedonisme merupakan pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mugkin dan sebisa mungkin menghindari hal-hal yang menyakitkan. Namun jika dalam kehidupan ini hanya mengejar kebahagiaan saja, saat kita mendapati masalah dalam kehidupan kita pasti kita akan mudah terpuruk dan susah dalam memecahkannya. Karena ketidakbahagiaan pasti juga akan memberikan pelajaran agar kita bisa mendapatkan hal yang baik dikemudian hari.

    ReplyDelete
  15. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Kenikmatan, kesenangan, dan kegembiraan bagi para penganut hedonisme menduduki posisi tertinggi dalam hidup mereka. sebagi manusia sudah menjadi keinginan naluriah untuk menggapai kesenangan di dunia, namun kita harus juga mengingat posisi kita sebagai seorang hamba yang bertugas untuk senantiasa beribadah kepadaNya.

    ReplyDelete
  16. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link http://www.iep.utm.edu/hedonism/, Istilah "hedonisme", dari kata Yunani ἡδονή (hēdonē) untuk kesenangan, mengacu pada beberapa teori terkait tentang apa yang baik untuk kita, bagaimana kita harus bersikap, dan apa yang memotivasi kita untuk berperilaku seperti kita. Semua teori hedonistik mengidentifikasi kesenangan dan rasa sakit sebagai satu-satunya elemen penting dari fenomena apa pun yang mereka rancang untuk dideskripsikan. Jika teori hedonistik mengidentifikasi kesenangan dan rasa sakit hanya sebagai dua elemen penting, alih-alih satu-satunya elemen penting dari apa yang mereka gambarkan, maka teori itu tidak akan hampir tidak populer seperti semuanya. Namun, klaim bahwa kesenangan dan rasa sakit adalah satu-satunya hal yang paling penting adalah apa yang membuat hedonisme menjadi khas dan menarik secara filosofis. Dan berdasarkan link https://id.wikipedia.org/wiki/Hedonisme Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.

    ReplyDelete
  17. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Hedonisme berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata “Hedone” yang artinya Kesenangan. Hedonisme adalah suatu pandangan hidup yang menganggap bahwa kenikmatan & kesenangan adalah tujuan utama dalam hidup. Orang yang menganut paham ini akan berusaha mencari kesenangan sebanyak mungkin untuk menghindari perasaan yang menyakitkan. Mereka menganggap bahwa hidup ini hanya satu kali, maka nikmatilah hidup senikmat nikmatnya demi memenuhi nafsu dalam diri.

    ReplyDelete
  18. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Hedonism is a sub-philosophy of utilitarianism, which says to act in a way that maximizes utility. Hedonists equate pleasure with utility and believe that pleasure is the master of all humankind, and acts as the ultimate life goal. Hedonists believe that there are only two motivators of human action, pleasure and pain, and that decisions should only be made that further our pleasurable experiences and minimize or completely eliminate our painful ones.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Hedonism

    ReplyDelete
  19. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Hedonisme dari kata Yunani yang berarti untuk kesenangan, mengacu pada beberapa teori terkait tentang apa yang baik untuk kita, bagaimana kita harus bersikap, dan apa yang memotivasi kita untuk berperilaku seperti kita. Semua teori hedonistik mengidentifikasi kesenangan dan rasa sakit sebagai satu-satunya elemen penting dari fenomena apa pun yang mereka rancang untuk dideskripsikan. Klaim bahwa kesenangan dan rasa sakit adalah satu-satunya hal yang paling penting adalah apa yang membuat hedonisme menjadi khas dan menarik secara filosofis.

    ReplyDelete
  20. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Banyak pelajar dengan gaya hidup hedonisme yang mereka sadur lewat budaya hedo dari barat, terinspirasi oleh model-model atlit dan artis yang info perkembangannya selalu mereka update tiap saat. Kemudian gaya hidup hedo (hedonisme) juga diperkaya oleh suguhan majalah pop remaja dan belasan stasiun televisi swasta yang bernuansa sekuler dengan gaya hidup figur yang penuh glamour dan kepalsuan. Namun ada bedanya, yaitu tokoh-tokoh yang bergaya hidup hedonisme dari dunia Barat dan dari Indonesia sendiri, mereka memperoleh gaya hidup hedonisme lewat kerja keras. Sementara remaja dan juga mahasiswa (juga banyak terjebak dalam gaya hedonisme) menjadi hedonism dengan cara bermimpi, kadang-kadang tampil keren karena memakai baju dan celana pinjam atau hidup dengan gaya hedonisme lewat menggunakan fasilitas orang tua, inilah yang dikatakan sebagai hedonisme picisan.

    ReplyDelete
  21. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Memilih gaya hidup hedonime, tidak akan pernah memberikan kepuasan dan kebahagiaan. Ibarat minum air garam, makin diminum makin haus. Bagi yang belum terlanjur menjadi pengidola hedonisme maka segeralah balik kiri, berubah seratus delapan puluh derajat. Bahwa kebahagian hidup ada pada hati yang bening, saatnya bagi kita kembali untuk menyuburkan akar-akar spiritual- kembali ke jalan Ilahi, tumbuhkan jiwa peduli pada sesama- buang jauh jauh karakter mementingkan diri sendiri, dan miliki multi kekuatan – kuat otak, kuat otot, kuat kemampuan berkomunikasi, kuat beribadah, dan kuat mencari rezeki.

    ReplyDelete
  22. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Rasa gengsi tinggi yang diperoleh dari menonjolkan merek-merek terkenal dan mahal, atau simbol-simbol kemewahan lainnya adalah merupakan gejala umum hedonisme.

    ReplyDelete
  23. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Di kota-kota besar, hedonisme bukan hanya sekedar pandangan, tetapi telah menjadi gaya hidup. Kaum hedonis lebih memillih untuk shopping barang-barang branded, makan di restoran berbintang, clubbing, dan kegiatan lain yang serba mewah dan eksklusif. Hal ini mengakibatkan kaum hedonis juga konsumtif. Semakin banyak barang yang dibeli, mereka semakin senang. Agar dapat terhindar dari gaya hidup hedonis, kita harus perbanyak bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang diberikan Allah SWT, membersihkan hati dari sifat sombong dan iri, serta senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kepada Nya.

    ReplyDelete
  24. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2


    Berdasarkan link di atas, dapat kita ketahui bahwa hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Bagi para penganut paham ini, bersenang-senang, pesta-pora, dan pelesiran merupakan tujuan utama hidup, entah itu menyenangkan bagi orang lain atau tidak. Karena mereka beranggapan hidup ini hanya sekali, sehingga mereka merasa ingin menikmati hidup senikmat-nikmatnya. di dalam lingkungan penganut paham ini, hidup dijalani dengan sebebas-bebasnya demi memenuhi hawa nafsu yang tanpa batas. Orang-orang dengan gaya hidup hedonisme biasanya mereka suka menghambur-hamburkan uangnya dalam rangka memenuhi kebutuhan rasa senang. Yang penting senang itulah semboyangnya. Orang-orang dengan gaya hidup seperti ini biasanya juga sangat memperhatikan gengsi.
    Dan pada paham ini juga bertentangan dengan ajaran dalam agama, dimana kita dilarang dalam berlebih-lebihan, berpora-pora dsb. Maka perlu kehati-hatian dalam menerima paham-paham yang berkembang dalam dunia ilmu pengetahuan dan sain.

    ReplyDelete
  25. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Berdasarkan sumber tersebut: istilah "hedonisme", dari kata Yunani yang artinya untuk kesenangan, mengacu pada beberapa teori terkait tentang apa yang baik untuk kita, bagaimana kita harus bersikap, dan apa yang memotivasi kita untuk berperilaku seperti kita. Dalam filsafat, Hedonis cenderung berfokus pada teori nilai hedonistik, dan terutama kesejahteraan (kehidupan yang baik bagi orang yang menghidupinya). Sebagai teori nilai, hedonisme menyatakan bahwa semua dan hanya kesenangan secara intrinsik berharga dan semua dan hanya rasa sakit pada dasarnya tidak berharga. Hedonists biasanya mendefinisikan kesenangan dan rasa sakit secara luas, sehingga fenomena fisik dan mental disertakan.

    ReplyDelete
  26. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Paham hedonisme sendiri berarti suatu pemikiran yang menjadikan tujuan hidupnya adalah kesenangan materi. Kesenangan yang memuaskan jiwa dan batin setiap manusia. Hedonisme bisa dimaknai sebagai pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme juga berarti ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Kenikmatan tersebut haruslah membawa kepuasan jiwa dan batin seseorang. Tidak peduli apakah kenikmatan itu bertentangan dengan nilai-nilai moral dan agama atau tidak. Yang pasti, kenikmatan adalah segala-galanya.

    ReplyDelete
  27. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Hedonisme menurut wikipedia adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme ini sering dikaitkan dengan kepuasan yang sia-sia. Menurut saya hedonism bisa berarti positif, misalnya saja seseorang penguasaha telah berjuang dalam usahanya kemudian dia melakukan kegiatan yang menyenangkan dirinya semacam rewards pada dirinya atas kerja kerasnya dengan tidak merugikan dirinya. rewards terhadap diri sendiri menyenangkan dirinya sendiri selagi tidak merugikan orang lain.

    ReplyDelete
  28. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Hedonisme bisa didefinisikan sebagai sebuah pandangan yang berpegangan bahwa tingkah laku itu digerakkan oleh keinginan atau hasrat terhadap kesenangan. Dengan demikian para hedonisme adalah orang-orang yang menghindarkan penderitaan dan boleh jadi adalah orang yang mencapai kesenangan meskipun membuat orang lain menderita. Perilaku hedonisme inilah yang sebenarnya banyak dipegang secara sengaja atau tidak oleh manusia zaman sekarang. Kesenangan (pleasure) dianggap oleh filsuf Aristoteles sebagai pandangan yang menjadikan manusia sebagai budak dari keinginannya.

    ReplyDelete
  29. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Hedonisme berasal dari kata dasar 'hedone' yang artinya adalah kesenangan. Hedonisme adalah aliran filsafat yang memiliki pandangan bahwa tujuan dan kegiatan dari manusia hidup adalah untuk kesenangan. Kesenangan tidak hanya kesenangan jasmani dalam bentuk material saja, namun juga kesenangan rohani. Misalnya dengan memiliki banyak sahabata maka hidup akan menyenangkan secara batin. Kesenangan yang dimaksud adalah tidak secara berlebihan, menurut Rasulullah SAW segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, selain itu jika kesenangan didapat secara berlebihan justru akan terasa tidak nikmat. Orang yang mencari kesenangan secara berlebihan cenderung menjadi 'hedon', boros dalam belanja barang yang tidak penting misalnya. Oleh karena itu perlu suatu pengendalian dalam meraih kesenangan dalam hidup.

    ReplyDelete
  30. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari link tersebut dapat menambah pengetahuan saya tentang pandangan filsafat yang belum saya ketahui. Dimana membahas tentang hedonosm yang berarti bahwa ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Tentunya hal ini sering kita rasakan pada diri kita. Karena salah satu sifat manusia adalah tidak gampang puas sehingga terus menerus mencari kesenangan dan kenikmatan dalam hidup ini. Namun yang perlu kita perhatikan bahwa dalam mencari kesenangan atau kenikmatan tersebut tidak boleh merugikan orang di sekitar kita.

    ReplyDelete
  31. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Hedonisme muncul pada awal sejarah filsafat sekitar tahun 433 SM.Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hal ini diawali dengan Sokrates yang menanyakan tentang apa yang sebenarnya menjadi tujuan akhir manusia.Lalu Aristippos dari Kyrene(433-355 SM) menjawab bahwa yang menjadi hal terbaik bagi manusia adalah kesenangan.

    ReplyDelete
  32. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Epicuros (341—270) menyatakan bahwa kalau kamu mau bahagia, hindarilah perasaan sakit dan usahakan rasa nikmat. Pandangan inilah aturan dasar moralitas yang paling rasional dalam filsafat yang disebut hedonisme (dari kata Yunani hedone berarti nikmat kegembiraan). Hedonisme adalah aliran dalam filsafat yang mengajar bahwa sebagai aturan paling dasar hidup kita hendaknya menghindar dan rasa sakit dan mengusahakan rasa nikmat. Pertimbangan dasar hedonisme adalah bahwa menghindar dan rasa sakit dan mengejar perasaan merupakan tujuan pada dirinya sendiri (F. Magnis-Suseno, 2013).

    ReplyDelete
  33. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam sejarah pemikiran dan pemaknaan hedonisme, ada pergeseran makna mengenai hedonisme yang dicetuskan oleh Epicuros dan penerapannya oleh sebagian kaum Epicurean. Kaum Epicurean yang mendasarkan pemikirannya pada Epicuros menyikapi kebahagiaan atau kesenangan hendaknya tanpa aturan (yang membatasi) dikarenakan kebebasan yang bebas dianggap sebagai salah satu tujuan manusia dalam mencapai kesenangan atau kebahagiaan. Mungkin dari pergeseran makna hedonisme itulah, masyarakat awam menganggap dan mengaitkan hedon dengan hidup bebas dan materialistik (Azhar Jo, 2016).

    ReplyDelete
  34. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    istilah "hedonisme", dari kata Yunani ἡδονή (hēdonē) untuk kesenangan, mengacu pada beberapa teori terkait tentang apa yang baik bagi kita, bagaimana kita harus bersikap, dan apa yang memotivasi kita untuk berperilaku seperti kita.
    Hedonis filosofis cenderung berfokus pada teori nilai hedonistik, dan terutama kesejahteraan (kehidupan yang baik bagi orang yang menghidupinya). Sebagai teori nilai, hedonisme menyatakan bahwa semua dan hanya kesenangan secara intrinsik berharga dan semua dan hanya rasa sakit pada dasarnya tidak berharga. Hedonists biasanya mendefinisikan kesenangan dan rasa sakit secara luas, sehingga fenomena fisik dan mental disertakan.

    ReplyDelete
  35. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Hedonisme berasal dari bahasa Yunani yang artinya kesenangan. Kata tersebut sangatlah terkena. Orang-orang saling berlomba untuk mencapai kesenangan di dunia dengan kemewahan. Kata hedonisme identik dengan gaya hidup yang tinggi. Padahal di dalam ajaran agama Islam, kita diperintahkan untuk hidup zuhud, yaitu tidak mendewakan kemewahan dunia. Hidup berkecukupan dan sederhana, begitulah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Lagipula, untuk apa kita megejar kemewahan dunia, padahal harta tidak akan dibawa mati. Dan harta juga tidak akan dapat menyelamatkan kita dari panasnya api neraka. Justru hal yang paling banyak menjerumuskan manusia ke dalam api neraka adalah hartanya. Orang sombong karenanya, dan banyak perbuatan yang tidak terpuji karena seseorang memiliki harta yang lebih dari lainnya. Oleh karena itu, maka hendaknya kita selalu mengingat Allah SWT. agar harta yang kita miliki walaupun sedikit ataupun banyak, tetap diberkahi oleh Allah Swt.

    ReplyDelete
  36. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Hedonisme ini merupakan istilah yang mengacu pada beberapa teori terkait tentang hal apa dan bagaimana yang baik untuk diri kita, bagaimana kita harus bersikap, dan motivasi apa yang kita butuhkan untuk berperilaku. Semua teori hedonistik mengidentifikasi kegembiraan dan rasa sakit sebagai satu-satunya unsur penting dari fenomena apa pun. Kegembiraan dan rasa sakit merupakan hal penting yang membuat hedonisme khas dan filosofis yang menarik. Hedonis filosofis cenderung berfokus pada teori hedonistik nilai, terutama pada kesejahteraan. Hedonisme diartikan sebagai hanya kegembiraan secara intrinsik berharga berdasarkan teori nilai.

    ReplyDelete
  37. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Hedonisme merupakan paham berupa pola hidup yang aktivitasnya untuk mencari kesenangan hidup, seperti lebih banyak bermain, senang memberi barang mahal dan selalu ingin jadi pusat perhatian. Jika hedonism terjadi dalam dunia pendidikan, maka yang terjadi adalah berkembangnya budaya konsumtif yang mengakibatkan perlahan-lahan berkurangnya atau hilangnya daya pikir, logika, nalar dan analisisnya. Untuk itu, perlu dilakukan upaya untuk mengatasinya. Diantaranya yaitu berlaku arif dalam menentukan kebutuhan shingga tidak terjebak dalam konsumerisme.

    ReplyDelete
  38. Agus Cahyanto
    14301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut Pospoprodijo, Hedonisme adalah kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan akhir hidup dan yang baik yang tertinggi. Namun kaum hedonis memiliki kata kesenangan menjadi kebahagiaan.

    ReplyDelete
  39. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika 2016

    Hedonisme merupakan pandangan hidup yang mengganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan berusaha menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Menurut ajaran hedonisme bahwa kesenangan atau kenikmatan adalah yang paling utama dan merupakan tujuan hidup manusia.


    ReplyDelete
  40. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Motivasi Hedonisme (lebih sering disebut dengan "Hedonisme Psikologis") adalah teori bahwa keinginan untuk menemukan kesenangan dan untuk menghindari rasa sakit membimbing semua perilaku kita. Memang hedonisme bisa bersifat positif, jika itu kesenangan dalam hal kebaikan, namun jika itu bersifat negatif atau hanya untuk kesenangan yang sementara, akan sangat lebih baik jika keinginan tersebut ditahan.

    ReplyDelete
  41. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Hedonism adalah pandangan yang menyatakan bahwa manusia hidup untuk mencari kesenangan sebanyak mungkin dan menghindari perasaan menyakitkan sebisa mungkin. Dengan kata lain, tujuan manusia adalah untuk mencari kesenangan semata. Hal ini sangat membahayakan karena dengan demikian manusia akan melakukan segala cara untuk mencapai kepuasan dan kesenangan dirinya. Mencari kesenangan perlu, semua orang mencari kebahagiaan dan kepuasaan dalam hidup. Namun, jika dalam proses untuk mencari hal tersebut manusia menggunakan segala cara dan akhirnya merugikan orang lain hal itu sangat disayangkan.

    ReplyDelete
  42. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Hedonisme adalah filosofi bahwa kesenangan adalah pengejaran terpenting manusia, dan satu-satunya hal yang baik bagi seseorang. Hedonist berusaha untuk memaksimalkan kesenangan total mereka (setelah dikurangi kesenangan apapun tanpa rasa sakit atau penderitaan). Mereka percaya bahwa kesenangan adalah satu-satunya kebaikan dalam hidup, dan rasa sakit adalah satu-satunya yang jahat, dan tujuan hidup kita adalah memaksimalkan kesenangan dan meminimalkan rasa sakit.

    ReplyDelete
  43. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.

    ReplyDelete