Dec 1, 2012

HEDONISM



Ass Wr Wb
Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang  HEDONISM, BECALAH DI LINK BERIKUT:


Wss Wr Wb
Marsigit

34 comments:

  1. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Hedonisme merupakan pandangan yang menganggap bahwa tujuan hidup adalah mencari kesenangan. Hedonism menganggap bahwa di dalam hidup ini hanya ada dua hal yaitu mencari kesenangan dan menghindari rasa sakit. Kesenangan dan rasa sakit tersebut diartikan luas yang mencakup keadaan fisik dan mental. Menjadi hedonism dapat berbahaya karena mengabaikan yang lain demi kesenangan dan kenikmatan semata. Dan saat ini banyak yang meyakini pandangan hedonism. Pada dasarnya manusia hidup pasti mencari kebahagiaan dan menghindari rasa sakit. Namun apabila dalam mencari kebahagiaan dengan cara menyakiti orang lain dan bertentangan dengan spiritual maka hal tersebut juga tidak baik. Sebagai manusia dan makhluk ciptaan Allah maka hendaknya selalu menyadari bahwa segala sesuatu yang dilakukan harus dilandasi dengan spiritual.

    ReplyDelete
  2. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Yang terbayang –bayang dalam pikiran saya mendengar hedonisma sesuatu yang glamour.Kehidupan yang identik dengan menghambur-hamburkan atau hura –hura untuk tujuan meraih kesenangan dan menghilangkan kegalauan dan kegelisahan yang terjadi dari peliknya kehidupan.Melihat kehidupan sebagian ada yang terkontaminasi dengan keadaan ini.Tujuannya untuk mencari kebahagiaan dan kesejahteraan hidup namun justru sebaliknya terkadang membawa seseorang pada sesuatu yang negatif.Saya melihat di dalam bacaan, hedonisme menganggap abhwa uang dan harta merupakan segala-galanya .Seolah-olah menggambarkan bahwa kebahagiaan dapat dibeli dengan uang padahal tidak.Sebenarnya ,kebahagiaan itu sederhana kaitannya dengan hati.Ketenangan hati dengan mensyukuri apapun yang yang diberikann oleh Tuhan.

    ReplyDelete
  3. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Hedonisme merupakan pandangan hidup yang beranggapan bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Cara untuk mencapai tujuan utama tersebut adalah dengan cara bersenang-senang, dan pesta-pora. Konsep moral dari Hedonisme adalah menyamakan kebaikan dengan kesenangan, artinya semua kesenangan dan kenikmatan secara fisik selalu membawa kebaikan. Di era sekarang, hedonisme sangat rentan masuk ke dalam kehidupan masyarakat berkat adanya pemanfaatan sosial media yang sekedar digunakan untuk pamer akan gaya hidup semata.

    ReplyDelete
  4. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Dengan mencari kebahagiaan sebanyak-banyaknya dan menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan maka orang akan bahagia. Pernyataan ini sering disebut dengan hedonisme. Hedonisme merupakan sautu paham yang tujuannya mencari kesenangan-kesenangan. Seseorang dikatakan menganut hedonisme ketika mereka melakukan aktivitas fisik berupa mengejar modernitas dan menghabiskan banyak uang dan waktu yang dimiliki (aktivitas), memenuhi banyak keinginan dan objek apa saja yang dianggap menarik misalnya objek yang menekankan unsur kesenangan hidup seperti fashion, makanan, barang mewah, tempat nongkrong (minat), serta memberi jawaban atau respon positif terhadap kenikmatan hidup (pendapat).

    ReplyDelete
  5. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Moderenisme membawa reformasi di berbagai bidang yakni seni. Perdagangan , sastra dan juga filsafat. Postmoderenisme merupakan keadaan setelah adanya moderenisme sebagai salah sartu kritik yang ditimbulkan oleh adanya perang dunia II. Postmoderenisme mengacu pada keadaan yang tidak memiliki pusat, bersifat ambigu dan beragam , Terima Kasih

    ReplyDelete
  6. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Hedonisme, Aliran ini fokus pemikirannya adalah, bahwa tujuan hidup manusia adalah mencapai kenyamanan batin, dan kebebasan dari rasa sakit

    ReplyDelete
  7. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas yang dapat saya pahami adalah bahwa Istilah "hedonisme," dari kata Yunani ἡδονή (Hedone) untuk kesenangan, mengacu pada beberapa teori terkait tentang apa yang baik bagi kita, bagaimana kita harus bersikap, dan apa yang memotivasi kita untuk berperilaku dalam cara yang kita lakukan. Semua teori hedonistik mengidentifikasi kenikmatan dan rasa sakit sebagai satu-satunya unsur penting dari fenomena apa pun yang mereka dirancang untuk menggambarkan. Kesenangan dan rasa sakit adalah satu-satunya hal penting utama adalah apa yang membuat hedonisme khas dan filosofis yang menarik. Hedonis filosofis cenderung berfokus pada teori hedonistik nilai, dan terutama kesejahteraan (kehidupan yang baik untuk yang hidup itu). Sebagai teori nilai, hedonisme menyatakan bahwa semua dan hanya kesenangan secara intrinsik berharga dan semua dan hanya sakit secara intrinsik tidak berharga. Hedonis biasanya menentukan kenikmatan dan rasa sakit secara luas, sehingga termasuk dalam fenomena fisik dan mental.

    ReplyDelete
  8. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Hedonisme muncul dari pertanyaan Sokrates tentang apa yang sebenarnya menjadi tujuan akhir manusia. Lalu Aristippos menjawabnya dengan kesenangan. Aristippos memaparkan bahwa manusia sejak masa kecilnya selalu mencari kesenangan dan bila tidak mencapainya, manusia itu akan mencari sesuatu yang lain lagi. Hedonisme menyamakan kebaikan dengan kesenangan. Penganut hedonisme menggap bahwa kesenangan dan kenikmatan dunia harus dikejar, dan itulah tujuan hidup yang paling hakiki bagi manusia.

    ReplyDelete
  9. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Istilah hedonism memiliki arti kesenangan, untuk kesenangan, mengacu pada beberapa teori terkait tentang apa yang baik bagi kita, bagaimana kita harus bersikap, dan apa yang memotivasi kita untuk berperilaku seperti yang kita lakukan. Hedonism berfokus pada kesenangan dan menyatakan bahwa hanya kesenangan yang berharga sedangkan rasa sakit tidaklah berharga. Maka kita harus berhati-hati dengan paham hedonism ini. Jangan sampai kita mendewakan kesenangan duniawi dan menghalalkan segala cara untuk memperoleh kesenangan semu.

    ReplyDelete
  10. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan menghindari dari perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan yang berpusat pada kebahagiaan. Dan kebahagiaan itu akan menjadi tujuan hidup dan tindakan manusia. Jadi hedonis filosofis cenderung berfokus pada teori nilai hedonistik, yang mengutamakan kebahagiaan dalam hidupnya.

    ReplyDelete
  11. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Hedonisme merupakan paham yang mempunyai pengajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Semua teori hedonistik mengidentifikasi kesenangan dan rasa sakit sebagai satu-satunya unsur penting dari fenomena apa pun yang dirancang untuk dideskripsikan bahwa kesenangan adalah hal yang berharga sedangkan rasa sakit tidaklah berharga.

    ReplyDelete
  12. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Suatu pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup dapat dinamakan dengan hedonism. Kebahagiaan dan kesenangan adalah hak bagi setiap manusia. Bermacam-macam cara dilakukan untuk meraih yang namanya kebahagiaan. Bagi para penganut paham ini, bersenang-senang, pesta-pora, dan pelesiran merupakan tujuan utama hidup, entah itu menyenangkan bagi orang lain atau tidak, sehingga bersikap egois hanya memikirkan kesenangan secara individu.

    ReplyDelete
  13. Junianto
    PM C

    Hedonism merupakan paham yang manganggap bahwa hidup ini hanya bertujuan untuk mencari kesenangan saja. Manusia bekerja mencari materi hanyalah sebagai sarana untuk mencari kesenangan. Maka dari itu, tidak heran jika para penganut paham ini sering berfoya-foya menghabiskan uang hasil kerjakeras maupun dari hasil lainnya. Tidak perlu adanya persiapan untuk menyambut masa depan, yang terpenting adalah semua materi itu untuk bersenang-senang saja.

    ReplyDelete
  14. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Hedonisme muncul pada awal sejarah filsafat sekitar tahun 433 SM. Hedonisme ingin menjawab pertanyaan filsafat “apa yang menjadi hal terbaik bagi manusia?” Hal ini diawali dengan Sokrates yang menanyakan tentang apa yang sebenarnya menjadi tujuan akhir manusia. Lalu Aristippos menjawab bahwa yang menjadi hal terbaik bagi manusia adalah kesenangan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Karakteristik hedonisme adalah kebendaan dengan ukuran fisik harta, atau apa saja yang tampak, yang dapat dinilai dengan uang. Jadi disini orang yang sudah senang karena harta bendanya yang banyak, sudah sama artinya dengan orang yang bahagia atau dengan kata lain bahagia sama dengan kesenangan

    ReplyDelete
  15. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Mau bahagia? Cari bahagiamu dan jauhi perasaan-perasaan yang menyakitkan. Mungkin begitulah kira-kira yang bisa menggambarkan apa itu hedonism. Ya, hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Terdapat tiga aliran pemikiran dalam hedonis yakni Cyrenaics, Epikureanisme, dan Utilitarianisme.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  16. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Paham ini berusaha menjelaskan adalah baik apa yang memuaskan keinginan manusia dan apa yang meningkatkan kuantitas kesenangan itu sendiri. Para penganut paham hedonisme berprinsip bahwa kata kebahagiaan identik dengan kesenangan. Menurut penganut hedonisme, suatu perbuatan disebut baik sejauh menyebabkan kesenangan, memberi kenikmatan, kekayaan, dan kekuasaan.

    ReplyDelete
  17. Junianto
    PM C

    Perilaku hedonisme memang sudah berkembang dan bisa dikatakan menyerang berbagai kalangan baik kalangan atas maupun menengah ke bawah. Tentu tingkat kehedonan dua kalangan ini sangat berbeda, namun dari segi sifat dan perilakunya tetaplah sama. Tentu sebagai generasi muda wajib untuk tetap bisa menjaga perilaku dan bagaimana berpola hidup hemat dna sederhana. Hal ini disebabkan karena perilaku ini jika terus dibiarkan akan merusak genenrasi dan melemahkan semangat kerja keras.

    ReplyDelete
  18. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Istilah hedonism berarti untuk kesenangan, mengacu pada beberapa teori terkait tentang apa yang baik bagi kita, apa yang memotivasi kita untuk berperilaku seperti yang kita lakukan. Teori hedonistik mengidentifikasi kesenangan dan rasa sakit sebagai satu-satunya unsur penting dari fenomena apa pun yang mereka rancang untuk dideskripsikan.

    ReplyDelete
  19. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Para penganut paham ini berprinsip bahwa kebahagiaan identik dengan kesenangan. Menurut penganutnya suatu perbuatan yang membawa atau menghasilkan kesenangan, memberikan kenikmatan, kekayaan, dan kekuasaan apapun akan dilakukan agar dapat mencapainya. Saat segala keinginannya tidak terpenuhi maka akan mengalami layaknya penderitaan. Jadi kesenangan dan kegembiraan menjadi posisi tertinggi pada tingkat kebutuhan bagi penganut hedonism ini. Pada dasarnya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Semoga kita semua terhindar dari perbuatan yang berlebih-lebihan.

    ReplyDelete
  20. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa hedonisme yang berasal dari bahasa Latin, hedone yang berarti kesenangan. Semua teori hedonistik menyatakan kesenangan dan rasa sakit sebagai satu-satunya unsur yang penting dalam fenomena apapun yang sedang digambarkan. Kesenangan serta rasa sakit yang dimaksud di sini adalah secara luas, termasuk fenomena fisik dan mental.

    ReplyDelete
  21. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Ketika para filsuf mendiskusikan hedonisme, mereka kemungkinan besar mengacu pada hedonisme tentang nilai, dan terutama teori yang sedikit lebih spesifik, hedonisme tentang kesejahteraan. Hedonisme sebagai teori tentang nilai (paling baik disebut Nilai Hedonisme) berpendapat bahwa semua dan hanya kesenangan secara intrinsik berharga dan semua yang hanya menyebabkan rasa sakit pada dasarnya tidak berharga.

    ReplyDelete
  22. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Hedonisme merupakan pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan hidup merupakan tujuan utama dalam hidup. Hedonisme sebaiknya tidak diikuti. Hedonisem akan menuntut kita agar ingin selalu penuh kesenangan dengan menghalalkan segala cara tanpa memperhatikan hak orang lain dan tanggung jawab. Seyogyanya, tidak selamanya kehidupan ini penuh dengan kebahagiaan, ada kalanya kita berada di bawah (mengalami kecewa dan sedih). Hakikatnya, semua yang ada di dunia ini bersifat sementara. Sehingga, jalani hidup ini dengan apa adanya, bersyukur, dan kemudian akan bahagia.

    ReplyDelete
  23. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Hedonisme berasal dari kata hedone yang berarti "pleasure". Kesenangan dan rasa sakit merupakan elemen penting dari hedonisme. Saat ini, paham hedonisme bukan lagi dianngap sebagai pandangan, melainkan gaya hidup konsumtif yang banyak terjadi dalam kehidupan masyarakat. Gaya hidup yang menonjolkan kemewahan, kesenangan dan berfoya-foya. Sangat berbahaya karena para pelaku gaya hidup ini akan memiliki rasa gengsi yang sangat tinggi, mereka ingin dianggap sebagai orang yang memiliki segala kenikmatan dunia dan tidak segan untuk menghalalkan segala cara demi memenuhi gaya hidupnya.

    ReplyDelete
  24. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, hedonisme diartikan sebagai pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup. Pengajaran atau konsep moral dari Hedonisme adalah menyamakan kebaikan dengan kesenangan.Jadi semua kesenangan dan kenikmatan secara fisik selalu membawa kebaikan. Pandangan hidup ini mengajarkan pada pengikut atau mereka yang siap mengikutinya bahwa pemujaan terhadap kesenangan dan kenikmatan dunia harus dikejar.

    ReplyDelete
  25. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Hedonism adalah suatu aliran gaya hidup yang orientasi utamanya adalah untuk mencari kesenangan. Orang-orang dengan gaya hidup hedonism biasanya mereka suka menghambur-hamburkan uangnya dalam rangka memenuhi kebutuhan rasa senang. Semboyan bagi kaum hedonism adalah yang penting senang. Hedonis akan mencari berbagai cara agar memperoleh kenikmatan dan kebahagiaan yang hakiki menurut pandangannya.

    ReplyDelete
  26. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Melanjutkan pendapat mengenai hedonism. Bahwa para penganut hedonism yang mencari kebahagiaan dan kenikmatan sendiri, merupakan hal mendasar yang dimiliki manusia. namun sisi positif nilai dasar seorang hedonism adalah mencapai kenyamanan secukupnya (tidak berlebih-lebihan) dalam hal ini dengan disertai rasa bersyukur atas yang sudah diterima. Mencari kenikmatan di dunia semata akan membutakan hati dan pikiran kita. Misalnya seorang yang tidak berniat untuk korupsi akan terbutakan oleh cara yang tidak tepat karena ia melihat kebahagiaannya di depan mata. Perilaku korupsi tetap masih dilakukan, meskipun secara finansial kebutuhan hidupnya terpenuhi, namun karena nilai hedonism yang terlalu tinggi, maka koruptor merasa tidak berkecukupan dan selalu ingin melakukan perbuatan tersebut.

    ReplyDelete
  27. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Hedonisme adalah aliran atau pandangan hidup yang menganggap bahwa satu-satunya tujuan hiduo adalah mencari kebahagiaan atau kesenagna semata. Biasanya para penganut mudah menunjukan kesenangan dan rasa sakitnya. Dalam aliran ini, sesuatu itu bernilai ketika dapat dirasakan kemenarikannya.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  28. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Setiap manusia pasti menginginkan kebahagiaan dan kesenangan dalam hidupnya. Kebahagiaan dan kesenangan adalah hak bagi setiap manusia.

    ReplyDelete
  29. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Bermacam-macam cara dilakukan untuk meraih yang namanya kebahagiaan, baik itu dengan cara yang halal maupun cara yang haram. Bila kita melihat masyarakat disekeliling kita cenderung mencari dan mengutamakan kebahagiaan dirinya bagaimanapun caranya. Pada dasarnya. Masyarakat kita cenderung mencari kesenangan dan kebahagiaan dengan berbagai cara bahkan sampai menghalalkan seggala cara. Inilah yang biasa kita kenal dengan dengan masyarakat hedonis dan permisif.

    ReplyDelete
  30. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Hedonisme pada prinsipnya lebih menitikberatkan kepada kebutuhan jasmani daripada kebutuhan rohani. Sehingga sejak awal sejarah manusia, hedonism dengan berbagai versi dan aktualitasnya, sadar atau tidak sadar akan selalu muncul. Para Hedonis berpendapat bahwa ukuran dari makmur atau tidaknya suatu kehidupan, bahagia atau tidaknya suatu kehidupan seorang manusia, hanya dapat diidentifikasi dengan kesenangan materi semata.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  31. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Mereka ingin memenuhi keakuannya untuk mendapatkan kenikmatan. Apapun akan mereka lakukan untuk mengejar kenikmatan tersebut tanpa adanya rasa putus asa. Walaupin kebanyakan orang berfikir negative tentang hedonisme ini. hedonisme juga memiliki salah satu aspek positif atau nilai jual tinggi yaitu memiliki semangat kerja yang tinggi dan etos kerjanya yang tinggi.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  32. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Hedonisme merupakan suatu aliran yang mempercayai bahwa tujuan hidup manusia di dunia adalah untuk mencari kebahagiaan. Kebahagiaan ini akan dicapai ketika mereka merasa nyaman, senang, dan terhindar dari rasa sakit. Di era sekarang ini, istilah hedon sering kali dikaitkan dengan gaya hidup lebih memientingkan keinginan demi kesenangan, bukan semata gaya hidup yang mementingkan kebutuhan. Para hedonis merasa kebahagiaan mereka adalah segalanya, sehingga harus diperjuangkan.

    ReplyDelete
  33. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Sesuatu yang berlebih-lebihan memang dipandang tidak baik karena akan terkesan sombong dan ria. Dalam memenuhi kebutuhan, selayaknya mampu menahan diri untuk tidak berlebihan dan hanya mencukupi sesuai kebutuhan saja. Walau tidak dipungkiri bahwa kadang sikap pemenuhan kebutuhan yang berlebihan itu sering mendatangkan kebahagian.

    ReplyDelete
  34. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    Pend. Matematika S2 Kelas C

    Hedonisme merupakan suatu paham atau pandangan hidup manusia yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan pandangan atau paham bahwa kesenangan atau kenikmatan materi merupakan tujuan hidup dari tindakan manusia. Paham ini diwujudkan dengan mendewa - dewakan segala sesuatu yang menjadi kesenangan manusia. Jika seseorang sangat menggilai harta, maka kebahagiaannya diukur dengan harta, karena jika tidak memiliki harta berlimpah maka dia akan merasa khawatir dalam hidupnya. Paham ini sangat bertentangan dengan ajaran agama, karena kebahagiaan yang hakiki tidak bersumber dari materi tetapi dari ketaatan dan ketakwaan kita terhadap Tuhan.

    ReplyDelete