Dec 1, 2012

HEDONISM



Ass Wr Wb
Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang  HEDONISM, BECALAH DI LINK BERIKUT:


Wss Wr Wb
Marsigit

12 comments:

  1. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.

    ReplyDelete
  2. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Istilah hedon tentu sudah merupakan sesuatu yang familier saat ini. Secara sederhana istilah ini sering dipahami sebagai sebuah kegiatan atau aktivitas untuk mencari kesenangan dengan melakukan sesuatu hal yang umumnya berhubungan dengan material, misalnya belanja berlebihan dengan hanya menuruti keinginan bukan semata karena kebutuhan. Sementara itu istilah hedonisme, menurut ilmu filsafat dari sumber yang saya baca, adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.

    ReplyDelete
  3. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Hedonisme merupakan cara atau pandangan seseorang bahwa tujuan hidup hanya untuk kesenangan semata. Filsuf telah lebih tertarik pada catatan motivational hedonism kuat, yang berpendapat bahwa semua perilaku diatur oleh keinginan untuak menghadapi kesenangan dan menghindari rasa sakit. Hal yang demikian kurang tepat diterapkan dalam kehidupan kita sebagai umat yang beragama, karena kita hidup tidak hanya untuk bersenang-senang semata, namun kita hidup untuk menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

    ReplyDelete
  4. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Berdasarkan sumber yang bapak berikan, menurut pandangan hedonism, kesenangan dan rasa sakit didefinisikan secara luas, sehingga fenomena fisik dan mental ikut disertakan. Fokus dan tujuan utama dalam hidup ialah kesenangan semata. Bahkan,hedonisme menyatakan bahwa semua hanya kesenangan secara intrinsik berharga dan semua hanya rasa sakit secara intrinsik tidak berharga. Rasa sakit yang tertutupi oleh kesenangan membuat aliran ini tetap menikmati hal tersebut. Dalam pandangan agama, hidup untuk bersenang-senang merupakan hal yang paling merugi. Karena sejatinya hidup adalah untuk beribadah kepadaNya.

    ReplyDelete
  5. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, hedonisme merupakan ideologi yang mengejar kesenangan seseorang sebagai tujuan utama, dalam etika, pandangan bahwa pencarian semacam itu adalah tujuan yang tepat dari semua tindakan. Karena ada konsepsi kesenangan yang berbeda, ada variasi hedonisme yang berbeda. Kecuali kesenangan seseorang dapat diidentifikasikan dengan kepercayaan orang lain, hedonisme bertentangan dengan perhatian orang lain yang umumnya dianggap sebagai unsur penting moralitas, walaupun ada berbagai cara untuk mencoba menyelaraskan pencarian kesenangan egois dengan beberapa tingkat perhatian orang lain.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  6. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Hedonism adalah pandangan yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan dari hidup adalah dengan cara berfoya-foya melalui materi (Uang). Bagi penganut paham ini, bersenang-senang, berpesta ria, dan menghambur-hamburkan uang adalah tujuan utama dari hidup, entah itu bermanfaat bagi orang lain ataupun tidak. Penganut dari paham ini menganggap bahwa hidup terjadi hanya satu kali di dunia ini. Padahal di dalam Al-qur’an dinyatakan bahwa kita mempunyai kehidupan setelah kematian sehingga kita harus mempersiapkan diri untuk kehidupan setelah kematian. Di dalam kehidupan penganut paham ini, hidup harus dijalani dengan sebebas-bebasnya agar bisa memenuhi segala keinginan hawa nafsu.

    ReplyDelete
  7. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Hedonisme merupakan suatu paham atau teori etika, teori baik-buruk dari hedonisme mengajarkan bahwa sesuatu yang dianggap baik bila mengandung hedone (kenikmatan, kepuasan) bagi manusia, tujuan hidup dari seorang hedonis adalah mengejar kenikmatan.
    Dalam segi agama, perilaku/ gaya hedonisme ini perlu dihindari karena dianggap membawa pengaruh buruk, karena penganut hedonisme itu liberal dan mengutamakan nafsu/kepentingan duniawi yang pada akhirnya akan membawa seseorang menuju kesesatan sehingga terjebak dan terjerumus dalam gemerlapnya kehidupan “liberalisme” misalnya pergaulan bebas, narkoba,dll.

    ReplyDelete
  8. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Hedonisme. Sering kali saya membaca, sering kali pula saya mengucapkan. Akan tetapi, ketika tiba saatnya untuk menyampaikan, butuh beberapa waktu bagi saya untuk membaca kembali. Yang saya pahami, hedonism adalah suatu paham yang menjunjung nilai kebenaran pada suatu "kesenangan". Adalah benar jika suatu hal mendatangkan "kesenangan" bagi manusia. Maka dalam kehidupan sehari-hari, terkadang hedonism dikaitkan dengan perilaku konsumerisme. Karena bagi sebagain orang, konsumerisme merupakan suatu perilaku yang menghadirkan "kesenangan" dalam hidup. Maka, saya berpikir bahwa hedonism bisa jadi menjadikan manusia sebagai serigala yang akan memangsa sesamanya. Karena bisa jadi tingkat kesenagan seseorang adalah dengan melanggar yang menjadi hak orang yang lainnya. Bismillah, semoga kita senantiasa dalam lindungan-Nya. Amin

    ReplyDelete
  9. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Hedonisme berkaitan dengan keduniaan. Gaya hidup hedonis adalah suatu pola hidup yang aktivitasnya untuk mencari kesenangan hidup, seperti lebih banyak menghabiskan waktu diluar rumah, lebih banyak bermain, senang pada keramaian kota, senang membeli barang mahal yang disenanginya, serta selalu ingin menjadi pusat perhatian. Sebagai umat beragama, haruslah menyadari bahwa dunia adalah sementara. Kita tidak boleh mengikuti hawa nafsu. Hedonisme berdampak menjadikan seseorang individualistis, konsumtif dan materialistis. kesenangan dunia memang menjadi primadona manusia, kesenangan dengan berbagai barang, kebiasaan. Sebagai umat beragama harus tau apa yang dibutuhkan dengan apa yang menjadi sesuatu kesenagan saja tetapi harus mempunya kegunaan.

    ReplyDelete
  10. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Setahu saya, hedonisme adalah suatu paham yang menyatakan bahwa hakikat kehidupan adalah kesenangan semata. Tidak peduli itu benar atau salah secara moril selama kesenangan dapat menciptakan kebahagiaan manusia maka itu sah-sah saja dalam pemikiran ini. Dalam kontkes moril, pemikiran ini ditentang karena bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan. Dalam konteks agama, pemikiran tersebut juga bertentangan dengan ajaran-ajaran yang bersumber dari wahyu Tuhan yang memerintahkan kita untuk dapat mengendalikan hawa nafsu. Sesungguhnya hawa nafsu adalah Rahim dari kesenangan yang berlebih-lebihan. Misalnya: kesenangan dalam bermaksiat dan kesenangan dalam melakukan hal-hal yang dilaknak oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
  11. Muhammad sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Istilah "hedonisme", dari kata Yunani ἡδονή (hēdonē) untuk kesenangan, mengacu pada beberapa teori terkait tentang apa yang baik bagi kita, bagaimana kita harus bersikap, dan apa yang memotivasi kita untuk berperilaku seperti yang kita lakukan, Begitu yang tertulis dalam link http://www.iep.utm.edu/hedonism/. jika dilihat dari segi bahasa hedonisme berarti pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup. sebagaiman tertulis dalam kamus besar bahsa indonesia.

    ReplyDelete
  12. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    177092510005

    Assalamualaikum prof,
    Hedonism adalah aliran filsafat yang memiliki pandangan hidup bahwa orang-orang akan bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Menurut pandangan hedonism, kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Dalam mencapai kebahagian tersebut, gaya hidupnya serba glamour, mewah, lux, dll. Seorang hedonis akan cenderung mengutamakan materi dan memandang dunia adalah segalanya, sedangkan akhirat hanyalah impian kosong yang menjadi racun kenikmatan dunia. Segala yang dimiliki akan dikorbankan demi nafsu yang terus menggelora. Inilah fenomena yang saat ini sangat menjamur.

    ReplyDelete