Dec 1, 2012

HEDONISM



Ass Wr Wb
Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang  HEDONISM, BECALAH DI LINK BERIKUT:


Wss Wr Wb
Marsigit

77 comments:

  1. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Hedonisme dalam bahasa Yunani, hedone berarti kegembiraan, kesenangan, atau kenikmatan. Secara sederhana, pengertian hedonisme adalah paham atau etika yang diwujudkan dengan gaya hidup yang menjadikan kenikmatan atau kebahagiaan sebagai tujuan utama dalam hidup. Menurut penganut hedonisme, suatu perbuatan disebut baik sejauh menyebabkan kesenangan, memberi kenikmatan, kekayaan, dan kekuasaan. Saat segala kebutuhan tidak terpenuhi, akan mengalami ketegangan dan penderitaan

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Hedonisme merupakan pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mugkin dan sebisa mungkin menghindari hal-hal yang menyakitkan. Namun jika dalam kehidupan ini hanya mengejar kebahagiaan saja, saat kita mendapati masalah dalam kehidupan kita pasti kita akan mudah terpuruk dan susah dalam memecahkannya. Karena ketidakbahagiaan pasti juga akan memberikan pelajaran agar kita bisa mendapatkan hal yang baik dikemudian hari.

    ReplyDelete
  3. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Kenikmatan, kesenangan, dan kegembiraan bagi para penganut hedonisme menduduki posisi tertinggi dalam hidup mereka. sebagi manusia sudah menjadi keinginan naluriah untuk menggapai kesenangan di dunia, namun kita harus juga mengingat posisi kita sebagai seorang hamba yang bertugas untuk senantiasa beribadah kepadaNya.

    ReplyDelete
  4. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link http://www.iep.utm.edu/hedonism/, Istilah "hedonisme", dari kata Yunani ἡδονή (hēdonē) untuk kesenangan, mengacu pada beberapa teori terkait tentang apa yang baik untuk kita, bagaimana kita harus bersikap, dan apa yang memotivasi kita untuk berperilaku seperti kita. Semua teori hedonistik mengidentifikasi kesenangan dan rasa sakit sebagai satu-satunya elemen penting dari fenomena apa pun yang mereka rancang untuk dideskripsikan. Jika teori hedonistik mengidentifikasi kesenangan dan rasa sakit hanya sebagai dua elemen penting, alih-alih satu-satunya elemen penting dari apa yang mereka gambarkan, maka teori itu tidak akan hampir tidak populer seperti semuanya. Namun, klaim bahwa kesenangan dan rasa sakit adalah satu-satunya hal yang paling penting adalah apa yang membuat hedonisme menjadi khas dan menarik secara filosofis. Dan berdasarkan link https://id.wikipedia.org/wiki/Hedonisme Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.

    ReplyDelete
  5. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Hedonisme berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata “Hedone” yang artinya Kesenangan. Hedonisme adalah suatu pandangan hidup yang menganggap bahwa kenikmatan & kesenangan adalah tujuan utama dalam hidup. Orang yang menganut paham ini akan berusaha mencari kesenangan sebanyak mungkin untuk menghindari perasaan yang menyakitkan. Mereka menganggap bahwa hidup ini hanya satu kali, maka nikmatilah hidup senikmat nikmatnya demi memenuhi nafsu dalam diri.

    ReplyDelete
  6. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Hedonism is a sub-philosophy of utilitarianism, which says to act in a way that maximizes utility. Hedonists equate pleasure with utility and believe that pleasure is the master of all humankind, and acts as the ultimate life goal. Hedonists believe that there are only two motivators of human action, pleasure and pain, and that decisions should only be made that further our pleasurable experiences and minimize or completely eliminate our painful ones.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Hedonism

    ReplyDelete
  7. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Hedonisme dari kata Yunani yang berarti untuk kesenangan, mengacu pada beberapa teori terkait tentang apa yang baik untuk kita, bagaimana kita harus bersikap, dan apa yang memotivasi kita untuk berperilaku seperti kita. Semua teori hedonistik mengidentifikasi kesenangan dan rasa sakit sebagai satu-satunya elemen penting dari fenomena apa pun yang mereka rancang untuk dideskripsikan. Klaim bahwa kesenangan dan rasa sakit adalah satu-satunya hal yang paling penting adalah apa yang membuat hedonisme menjadi khas dan menarik secara filosofis.

    ReplyDelete
  8. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Banyak pelajar dengan gaya hidup hedonisme yang mereka sadur lewat budaya hedo dari barat, terinspirasi oleh model-model atlit dan artis yang info perkembangannya selalu mereka update tiap saat. Kemudian gaya hidup hedo (hedonisme) juga diperkaya oleh suguhan majalah pop remaja dan belasan stasiun televisi swasta yang bernuansa sekuler dengan gaya hidup figur yang penuh glamour dan kepalsuan. Namun ada bedanya, yaitu tokoh-tokoh yang bergaya hidup hedonisme dari dunia Barat dan dari Indonesia sendiri, mereka memperoleh gaya hidup hedonisme lewat kerja keras. Sementara remaja dan juga mahasiswa (juga banyak terjebak dalam gaya hedonisme) menjadi hedonism dengan cara bermimpi, kadang-kadang tampil keren karena memakai baju dan celana pinjam atau hidup dengan gaya hedonisme lewat menggunakan fasilitas orang tua, inilah yang dikatakan sebagai hedonisme picisan.

    ReplyDelete
  9. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Memilih gaya hidup hedonime, tidak akan pernah memberikan kepuasan dan kebahagiaan. Ibarat minum air garam, makin diminum makin haus. Bagi yang belum terlanjur menjadi pengidola hedonisme maka segeralah balik kiri, berubah seratus delapan puluh derajat. Bahwa kebahagian hidup ada pada hati yang bening, saatnya bagi kita kembali untuk menyuburkan akar-akar spiritual- kembali ke jalan Ilahi, tumbuhkan jiwa peduli pada sesama- buang jauh jauh karakter mementingkan diri sendiri, dan miliki multi kekuatan – kuat otak, kuat otot, kuat kemampuan berkomunikasi, kuat beribadah, dan kuat mencari rezeki.

    ReplyDelete
  10. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Rasa gengsi tinggi yang diperoleh dari menonjolkan merek-merek terkenal dan mahal, atau simbol-simbol kemewahan lainnya adalah merupakan gejala umum hedonisme.

    ReplyDelete
  11. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Di kota-kota besar, hedonisme bukan hanya sekedar pandangan, tetapi telah menjadi gaya hidup. Kaum hedonis lebih memillih untuk shopping barang-barang branded, makan di restoran berbintang, clubbing, dan kegiatan lain yang serba mewah dan eksklusif. Hal ini mengakibatkan kaum hedonis juga konsumtif. Semakin banyak barang yang dibeli, mereka semakin senang. Agar dapat terhindar dari gaya hidup hedonis, kita harus perbanyak bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang diberikan Allah SWT, membersihkan hati dari sifat sombong dan iri, serta senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kepada Nya.

    ReplyDelete
  12. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2


    Berdasarkan link di atas, dapat kita ketahui bahwa hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Bagi para penganut paham ini, bersenang-senang, pesta-pora, dan pelesiran merupakan tujuan utama hidup, entah itu menyenangkan bagi orang lain atau tidak. Karena mereka beranggapan hidup ini hanya sekali, sehingga mereka merasa ingin menikmati hidup senikmat-nikmatnya. di dalam lingkungan penganut paham ini, hidup dijalani dengan sebebas-bebasnya demi memenuhi hawa nafsu yang tanpa batas. Orang-orang dengan gaya hidup hedonisme biasanya mereka suka menghambur-hamburkan uangnya dalam rangka memenuhi kebutuhan rasa senang. Yang penting senang itulah semboyangnya. Orang-orang dengan gaya hidup seperti ini biasanya juga sangat memperhatikan gengsi.
    Dan pada paham ini juga bertentangan dengan ajaran dalam agama, dimana kita dilarang dalam berlebih-lebihan, berpora-pora dsb. Maka perlu kehati-hatian dalam menerima paham-paham yang berkembang dalam dunia ilmu pengetahuan dan sain.

    ReplyDelete
  13. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Berdasarkan sumber tersebut: istilah "hedonisme", dari kata Yunani yang artinya untuk kesenangan, mengacu pada beberapa teori terkait tentang apa yang baik untuk kita, bagaimana kita harus bersikap, dan apa yang memotivasi kita untuk berperilaku seperti kita. Dalam filsafat, Hedonis cenderung berfokus pada teori nilai hedonistik, dan terutama kesejahteraan (kehidupan yang baik bagi orang yang menghidupinya). Sebagai teori nilai, hedonisme menyatakan bahwa semua dan hanya kesenangan secara intrinsik berharga dan semua dan hanya rasa sakit pada dasarnya tidak berharga. Hedonists biasanya mendefinisikan kesenangan dan rasa sakit secara luas, sehingga fenomena fisik dan mental disertakan.

    ReplyDelete
  14. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Paham hedonisme sendiri berarti suatu pemikiran yang menjadikan tujuan hidupnya adalah kesenangan materi. Kesenangan yang memuaskan jiwa dan batin setiap manusia. Hedonisme bisa dimaknai sebagai pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme juga berarti ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Kenikmatan tersebut haruslah membawa kepuasan jiwa dan batin seseorang. Tidak peduli apakah kenikmatan itu bertentangan dengan nilai-nilai moral dan agama atau tidak. Yang pasti, kenikmatan adalah segala-galanya.

    ReplyDelete
  15. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Hedonisme menurut wikipedia adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme ini sering dikaitkan dengan kepuasan yang sia-sia. Menurut saya hedonism bisa berarti positif, misalnya saja seseorang penguasaha telah berjuang dalam usahanya kemudian dia melakukan kegiatan yang menyenangkan dirinya semacam rewards pada dirinya atas kerja kerasnya dengan tidak merugikan dirinya. rewards terhadap diri sendiri menyenangkan dirinya sendiri selagi tidak merugikan orang lain.

    ReplyDelete
  16. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Hedonisme bisa didefinisikan sebagai sebuah pandangan yang berpegangan bahwa tingkah laku itu digerakkan oleh keinginan atau hasrat terhadap kesenangan. Dengan demikian para hedonisme adalah orang-orang yang menghindarkan penderitaan dan boleh jadi adalah orang yang mencapai kesenangan meskipun membuat orang lain menderita. Perilaku hedonisme inilah yang sebenarnya banyak dipegang secara sengaja atau tidak oleh manusia zaman sekarang. Kesenangan (pleasure) dianggap oleh filsuf Aristoteles sebagai pandangan yang menjadikan manusia sebagai budak dari keinginannya.

    ReplyDelete
  17. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Hedonisme berasal dari kata dasar 'hedone' yang artinya adalah kesenangan. Hedonisme adalah aliran filsafat yang memiliki pandangan bahwa tujuan dan kegiatan dari manusia hidup adalah untuk kesenangan. Kesenangan tidak hanya kesenangan jasmani dalam bentuk material saja, namun juga kesenangan rohani. Misalnya dengan memiliki banyak sahabata maka hidup akan menyenangkan secara batin. Kesenangan yang dimaksud adalah tidak secara berlebihan, menurut Rasulullah SAW segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, selain itu jika kesenangan didapat secara berlebihan justru akan terasa tidak nikmat. Orang yang mencari kesenangan secara berlebihan cenderung menjadi 'hedon', boros dalam belanja barang yang tidak penting misalnya. Oleh karena itu perlu suatu pengendalian dalam meraih kesenangan dalam hidup.

    ReplyDelete
  18. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari link tersebut dapat menambah pengetahuan saya tentang pandangan filsafat yang belum saya ketahui. Dimana membahas tentang hedonosm yang berarti bahwa ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Tentunya hal ini sering kita rasakan pada diri kita. Karena salah satu sifat manusia adalah tidak gampang puas sehingga terus menerus mencari kesenangan dan kenikmatan dalam hidup ini. Namun yang perlu kita perhatikan bahwa dalam mencari kesenangan atau kenikmatan tersebut tidak boleh merugikan orang di sekitar kita.

    ReplyDelete
  19. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Hedonisme muncul pada awal sejarah filsafat sekitar tahun 433 SM.Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hal ini diawali dengan Sokrates yang menanyakan tentang apa yang sebenarnya menjadi tujuan akhir manusia.Lalu Aristippos dari Kyrene(433-355 SM) menjawab bahwa yang menjadi hal terbaik bagi manusia adalah kesenangan.

    ReplyDelete
  20. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Epicuros (341—270) menyatakan bahwa kalau kamu mau bahagia, hindarilah perasaan sakit dan usahakan rasa nikmat. Pandangan inilah aturan dasar moralitas yang paling rasional dalam filsafat yang disebut hedonisme (dari kata Yunani hedone berarti nikmat kegembiraan). Hedonisme adalah aliran dalam filsafat yang mengajar bahwa sebagai aturan paling dasar hidup kita hendaknya menghindar dan rasa sakit dan mengusahakan rasa nikmat. Pertimbangan dasar hedonisme adalah bahwa menghindar dan rasa sakit dan mengejar perasaan merupakan tujuan pada dirinya sendiri (F. Magnis-Suseno, 2013).

    ReplyDelete
  21. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Dalam sejarah pemikiran dan pemaknaan hedonisme, ada pergeseran makna mengenai hedonisme yang dicetuskan oleh Epicuros dan penerapannya oleh sebagian kaum Epicurean. Kaum Epicurean yang mendasarkan pemikirannya pada Epicuros menyikapi kebahagiaan atau kesenangan hendaknya tanpa aturan (yang membatasi) dikarenakan kebebasan yang bebas dianggap sebagai salah satu tujuan manusia dalam mencapai kesenangan atau kebahagiaan. Mungkin dari pergeseran makna hedonisme itulah, masyarakat awam menganggap dan mengaitkan hedon dengan hidup bebas dan materialistik (Azhar Jo, 2016).

    ReplyDelete
  22. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    istilah "hedonisme", dari kata Yunani ἡδονή (hēdonē) untuk kesenangan, mengacu pada beberapa teori terkait tentang apa yang baik bagi kita, bagaimana kita harus bersikap, dan apa yang memotivasi kita untuk berperilaku seperti kita.
    Hedonis filosofis cenderung berfokus pada teori nilai hedonistik, dan terutama kesejahteraan (kehidupan yang baik bagi orang yang menghidupinya). Sebagai teori nilai, hedonisme menyatakan bahwa semua dan hanya kesenangan secara intrinsik berharga dan semua dan hanya rasa sakit pada dasarnya tidak berharga. Hedonists biasanya mendefinisikan kesenangan dan rasa sakit secara luas, sehingga fenomena fisik dan mental disertakan.

    ReplyDelete
  23. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Hedonisme berasal dari bahasa Yunani yang artinya kesenangan. Kata tersebut sangatlah terkena. Orang-orang saling berlomba untuk mencapai kesenangan di dunia dengan kemewahan. Kata hedonisme identik dengan gaya hidup yang tinggi. Padahal di dalam ajaran agama Islam, kita diperintahkan untuk hidup zuhud, yaitu tidak mendewakan kemewahan dunia. Hidup berkecukupan dan sederhana, begitulah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Lagipula, untuk apa kita megejar kemewahan dunia, padahal harta tidak akan dibawa mati. Dan harta juga tidak akan dapat menyelamatkan kita dari panasnya api neraka. Justru hal yang paling banyak menjerumuskan manusia ke dalam api neraka adalah hartanya. Orang sombong karenanya, dan banyak perbuatan yang tidak terpuji karena seseorang memiliki harta yang lebih dari lainnya. Oleh karena itu, maka hendaknya kita selalu mengingat Allah SWT. agar harta yang kita miliki walaupun sedikit ataupun banyak, tetap diberkahi oleh Allah Swt.

    ReplyDelete
  24. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Hedonisme ini merupakan istilah yang mengacu pada beberapa teori terkait tentang hal apa dan bagaimana yang baik untuk diri kita, bagaimana kita harus bersikap, dan motivasi apa yang kita butuhkan untuk berperilaku. Semua teori hedonistik mengidentifikasi kegembiraan dan rasa sakit sebagai satu-satunya unsur penting dari fenomena apa pun. Kegembiraan dan rasa sakit merupakan hal penting yang membuat hedonisme khas dan filosofis yang menarik. Hedonis filosofis cenderung berfokus pada teori hedonistik nilai, terutama pada kesejahteraan. Hedonisme diartikan sebagai hanya kegembiraan secara intrinsik berharga berdasarkan teori nilai.

    ReplyDelete
  25. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Hedonisme merupakan paham berupa pola hidup yang aktivitasnya untuk mencari kesenangan hidup, seperti lebih banyak bermain, senang memberi barang mahal dan selalu ingin jadi pusat perhatian. Jika hedonism terjadi dalam dunia pendidikan, maka yang terjadi adalah berkembangnya budaya konsumtif yang mengakibatkan perlahan-lahan berkurangnya atau hilangnya daya pikir, logika, nalar dan analisisnya. Untuk itu, perlu dilakukan upaya untuk mengatasinya. Diantaranya yaitu berlaku arif dalam menentukan kebutuhan shingga tidak terjebak dalam konsumerisme.

    ReplyDelete
  26. Agus Cahyanto
    14301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut Pospoprodijo, Hedonisme adalah kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan akhir hidup dan yang baik yang tertinggi. Namun kaum hedonis memiliki kata kesenangan menjadi kebahagiaan.

    ReplyDelete
  27. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika 2016

    Hedonisme merupakan pandangan hidup yang mengganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan berusaha menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Menurut ajaran hedonisme bahwa kesenangan atau kenikmatan adalah yang paling utama dan merupakan tujuan hidup manusia.


    ReplyDelete
  28. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Motivasi Hedonisme (lebih sering disebut dengan "Hedonisme Psikologis") adalah teori bahwa keinginan untuk menemukan kesenangan dan untuk menghindari rasa sakit membimbing semua perilaku kita. Memang hedonisme bisa bersifat positif, jika itu kesenangan dalam hal kebaikan, namun jika itu bersifat negatif atau hanya untuk kesenangan yang sementara, akan sangat lebih baik jika keinginan tersebut ditahan.

    ReplyDelete
  29. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.

    ReplyDelete
  30. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Istilah hedon tentu sudah merupakan sesuatu yang familier saat ini. Secara sederhana istilah ini sering dipahami sebagai sebuah kegiatan atau aktivitas untuk mencari kesenangan dengan melakukan sesuatu hal yang umumnya berhubungan dengan material, misalnya belanja berlebihan dengan hanya menuruti keinginan bukan semata karena kebutuhan. Sementara itu istilah hedonisme, menurut ilmu filsafat dari sumber yang saya baca, adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.

    ReplyDelete
  31. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Hedonisme merupakan cara atau pandangan seseorang bahwa tujuan hidup hanya untuk kesenangan semata. Filsuf telah lebih tertarik pada catatan motivational hedonism kuat, yang berpendapat bahwa semua perilaku diatur oleh keinginan untuak menghadapi kesenangan dan menghindari rasa sakit. Hal yang demikian kurang tepat diterapkan dalam kehidupan kita sebagai umat yang beragama, karena kita hidup tidak hanya untuk bersenang-senang semata, namun kita hidup untuk menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

    ReplyDelete
  32. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Berdasarkan sumber yang bapak berikan, menurut pandangan hedonism, kesenangan dan rasa sakit didefinisikan secara luas, sehingga fenomena fisik dan mental ikut disertakan. Fokus dan tujuan utama dalam hidup ialah kesenangan semata. Bahkan,hedonisme menyatakan bahwa semua hanya kesenangan secara intrinsik berharga dan semua hanya rasa sakit secara intrinsik tidak berharga. Rasa sakit yang tertutupi oleh kesenangan membuat aliran ini tetap menikmati hal tersebut. Dalam pandangan agama, hidup untuk bersenang-senang merupakan hal yang paling merugi. Karena sejatinya hidup adalah untuk beribadah kepadaNya.

    ReplyDelete
  33. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, hedonisme merupakan ideologi yang mengejar kesenangan seseorang sebagai tujuan utama, dalam etika, pandangan bahwa pencarian semacam itu adalah tujuan yang tepat dari semua tindakan. Karena ada konsepsi kesenangan yang berbeda, ada variasi hedonisme yang berbeda. Kecuali kesenangan seseorang dapat diidentifikasikan dengan kepercayaan orang lain, hedonisme bertentangan dengan perhatian orang lain yang umumnya dianggap sebagai unsur penting moralitas, walaupun ada berbagai cara untuk mencoba menyelaraskan pencarian kesenangan egois dengan beberapa tingkat perhatian orang lain.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  34. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Hedonism adalah pandangan yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan dari hidup adalah dengan cara berfoya-foya melalui materi (Uang). Bagi penganut paham ini, bersenang-senang, berpesta ria, dan menghambur-hamburkan uang adalah tujuan utama dari hidup, entah itu bermanfaat bagi orang lain ataupun tidak. Penganut dari paham ini menganggap bahwa hidup terjadi hanya satu kali di dunia ini. Padahal di dalam Al-qur’an dinyatakan bahwa kita mempunyai kehidupan setelah kematian sehingga kita harus mempersiapkan diri untuk kehidupan setelah kematian. Di dalam kehidupan penganut paham ini, hidup harus dijalani dengan sebebas-bebasnya agar bisa memenuhi segala keinginan hawa nafsu.

    ReplyDelete
  35. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Hedonisme merupakan suatu paham atau teori etika, teori baik-buruk dari hedonisme mengajarkan bahwa sesuatu yang dianggap baik bila mengandung hedone (kenikmatan, kepuasan) bagi manusia, tujuan hidup dari seorang hedonis adalah mengejar kenikmatan.
    Dalam segi agama, perilaku/ gaya hedonisme ini perlu dihindari karena dianggap membawa pengaruh buruk, karena penganut hedonisme itu liberal dan mengutamakan nafsu/kepentingan duniawi yang pada akhirnya akan membawa seseorang menuju kesesatan sehingga terjebak dan terjerumus dalam gemerlapnya kehidupan “liberalisme” misalnya pergaulan bebas, narkoba,dll.

    ReplyDelete
  36. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Hedonisme. Sering kali saya membaca, sering kali pula saya mengucapkan. Akan tetapi, ketika tiba saatnya untuk menyampaikan, butuh beberapa waktu bagi saya untuk membaca kembali. Yang saya pahami, hedonism adalah suatu paham yang menjunjung nilai kebenaran pada suatu "kesenangan". Adalah benar jika suatu hal mendatangkan "kesenangan" bagi manusia. Maka dalam kehidupan sehari-hari, terkadang hedonism dikaitkan dengan perilaku konsumerisme. Karena bagi sebagain orang, konsumerisme merupakan suatu perilaku yang menghadirkan "kesenangan" dalam hidup. Maka, saya berpikir bahwa hedonism bisa jadi menjadikan manusia sebagai serigala yang akan memangsa sesamanya. Karena bisa jadi tingkat kesenagan seseorang adalah dengan melanggar yang menjadi hak orang yang lainnya. Bismillah, semoga kita senantiasa dalam lindungan-Nya. Amin

    ReplyDelete
  37. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Hedonisme berkaitan dengan keduniaan. Gaya hidup hedonis adalah suatu pola hidup yang aktivitasnya untuk mencari kesenangan hidup, seperti lebih banyak menghabiskan waktu diluar rumah, lebih banyak bermain, senang pada keramaian kota, senang membeli barang mahal yang disenanginya, serta selalu ingin menjadi pusat perhatian. Sebagai umat beragama, haruslah menyadari bahwa dunia adalah sementara. Kita tidak boleh mengikuti hawa nafsu. Hedonisme berdampak menjadikan seseorang individualistis, konsumtif dan materialistis. kesenangan dunia memang menjadi primadona manusia, kesenangan dengan berbagai barang, kebiasaan. Sebagai umat beragama harus tau apa yang dibutuhkan dengan apa yang menjadi sesuatu kesenagan saja tetapi harus mempunya kegunaan.

    ReplyDelete
  38. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Setahu saya, hedonisme adalah suatu paham yang menyatakan bahwa hakikat kehidupan adalah kesenangan semata. Tidak peduli itu benar atau salah secara moril selama kesenangan dapat menciptakan kebahagiaan manusia maka itu sah-sah saja dalam pemikiran ini. Dalam kontkes moril, pemikiran ini ditentang karena bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan. Dalam konteks agama, pemikiran tersebut juga bertentangan dengan ajaran-ajaran yang bersumber dari wahyu Tuhan yang memerintahkan kita untuk dapat mengendalikan hawa nafsu. Sesungguhnya hawa nafsu adalah Rahim dari kesenangan yang berlebih-lebihan. Misalnya: kesenangan dalam bermaksiat dan kesenangan dalam melakukan hal-hal yang dilaknak oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
  39. Muhammad sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Istilah "hedonisme", dari kata Yunani ἡδονή (hēdonē) untuk kesenangan, mengacu pada beberapa teori terkait tentang apa yang baik bagi kita, bagaimana kita harus bersikap, dan apa yang memotivasi kita untuk berperilaku seperti yang kita lakukan, Begitu yang tertulis dalam link http://www.iep.utm.edu/hedonism/. jika dilihat dari segi bahasa hedonisme berarti pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup. sebagaiman tertulis dalam kamus besar bahsa indonesia.

    ReplyDelete
  40. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    177092510005

    Assalamualaikum prof,
    Hedonism adalah aliran filsafat yang memiliki pandangan hidup bahwa orang-orang akan bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Menurut pandangan hedonism, kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Dalam mencapai kebahagian tersebut, gaya hidupnya serba glamour, mewah, lux, dll. Seorang hedonis akan cenderung mengutamakan materi dan memandang dunia adalah segalanya, sedangkan akhirat hanyalah impian kosong yang menjadi racun kenikmatan dunia. Segala yang dimiliki akan dikorbankan demi nafsu yang terus menggelora. Inilah fenomena yang saat ini sangat menjamur.

    ReplyDelete
  41. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Hedonisme dapat dimaknai sebagai kenikmatan dunia seperti menginginkan hidup yang enak tanpamempedulikan akibatnya pada kemudian hari. Hedonisme pada abad ini memang semakin mudah untuk diaplikasikan dan sudah menjangkit beberapa orang termasuk saya. Apalagi sekarang apa yang kita lakukan dimudahkan oleh berbagai macam teknologi yang menunjang. Kita tidak direpotkan lagi dalam berbuat apa-apa yang sudah digantikan teknologi sehingga untuk daya juang semakin berkurang apabila saya terlena dengan kenikmatan ini. Hal ini juga berdampak pada cara berpikir sekarang yang ingin instant saja karena semuanya sudah memfasilitasi yang instant tersebut. Hanya selalu beryukur dan meningkatkan kualitas agamalah yang dapat membentingi kita dari hedonisme.

    ReplyDelete
  42. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015

    Hedonisme adalah paham yang memandang dunia dengan bersenang-senang atau kenikmatan dunia. Hedonisme lebih mengutamakan materi lebih dari apapun. Misalnya hura-hura, menghamburkan uang, boros, dll. Hedonisme hanya mementingkan kesenangan sesaat. Hal ini tentu saja sangat bertentangan dengan ajaran agama. Karena kebahagiaan yang sebenarnya bukan dari sisi materi tetapi dari ketaqwaan kita kepada Tuhan.

    ReplyDelete
  43. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Hedonisme merupakan pandangan yang menganggap bahwa tujuan hidup adalah mencari kesenangan. Hedonism menganggap bahwa di dalam hidup ini hanya ada dua hal yaitu mencari kesenangan dan menghindari rasa sakit. Kesenangan dan rasa sakit tersebut diartikan luas yang mencakup keadaan fisik dan mental. Menjadi hedonism dapat berbahaya karena mengabaikan yang lain demi kesenangan dan kenikmatan semata. Dan saat ini banyak yang meyakini pandangan hedonism. Pada dasarnya manusia hidup pasti mencari kebahagiaan dan menghindari rasa sakit. Namun apabila dalam mencari kebahagiaan dengan cara menyakiti orang lain dan bertentangan dengan spiritual maka hal tersebut juga tidak baik. Sebagai manusia dan makhluk ciptaan Allah maka hendaknya selalu menyadari bahwa segala sesuatu yang dilakukan harus dilandasi dengan spiritual.

    ReplyDelete
  44. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Yang terbayang –bayang dalam pikiran saya mendengar hedonisma sesuatu yang glamour.Kehidupan yang identik dengan menghambur-hamburkan atau hura –hura untuk tujuan meraih kesenangan dan menghilangkan kegalauan dan kegelisahan yang terjadi dari peliknya kehidupan.Melihat kehidupan sebagian ada yang terkontaminasi dengan keadaan ini.Tujuannya untuk mencari kebahagiaan dan kesejahteraan hidup namun justru sebaliknya terkadang membawa seseorang pada sesuatu yang negatif.Saya melihat di dalam bacaan, hedonisme menganggap abhwa uang dan harta merupakan segala-galanya .Seolah-olah menggambarkan bahwa kebahagiaan dapat dibeli dengan uang padahal tidak.Sebenarnya ,kebahagiaan itu sederhana kaitannya dengan hati.Ketenangan hati dengan mensyukuri apapun yang yang diberikann oleh Tuhan.

    ReplyDelete
  45. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Hedonisme merupakan pandangan hidup yang beranggapan bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Cara untuk mencapai tujuan utama tersebut adalah dengan cara bersenang-senang, dan pesta-pora. Konsep moral dari Hedonisme adalah menyamakan kebaikan dengan kesenangan, artinya semua kesenangan dan kenikmatan secara fisik selalu membawa kebaikan. Di era sekarang, hedonisme sangat rentan masuk ke dalam kehidupan masyarakat berkat adanya pemanfaatan sosial media yang sekedar digunakan untuk pamer akan gaya hidup semata.

    ReplyDelete
  46. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Dengan mencari kebahagiaan sebanyak-banyaknya dan menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan maka orang akan bahagia. Pernyataan ini sering disebut dengan hedonisme. Hedonisme merupakan sautu paham yang tujuannya mencari kesenangan-kesenangan. Seseorang dikatakan menganut hedonisme ketika mereka melakukan aktivitas fisik berupa mengejar modernitas dan menghabiskan banyak uang dan waktu yang dimiliki (aktivitas), memenuhi banyak keinginan dan objek apa saja yang dianggap menarik misalnya objek yang menekankan unsur kesenangan hidup seperti fashion, makanan, barang mewah, tempat nongkrong (minat), serta memberi jawaban atau respon positif terhadap kenikmatan hidup (pendapat).

    ReplyDelete
  47. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Moderenisme membawa reformasi di berbagai bidang yakni seni. Perdagangan , sastra dan juga filsafat. Postmoderenisme merupakan keadaan setelah adanya moderenisme sebagai salah sartu kritik yang ditimbulkan oleh adanya perang dunia II. Postmoderenisme mengacu pada keadaan yang tidak memiliki pusat, bersifat ambigu dan beragam , Terima Kasih

    ReplyDelete
  48. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Hedonisme, Aliran ini fokus pemikirannya adalah, bahwa tujuan hidup manusia adalah mencapai kenyamanan batin, dan kebebasan dari rasa sakit

    ReplyDelete
  49. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas yang dapat saya pahami adalah bahwa Istilah "hedonisme," dari kata Yunani ἡδονή (Hedone) untuk kesenangan, mengacu pada beberapa teori terkait tentang apa yang baik bagi kita, bagaimana kita harus bersikap, dan apa yang memotivasi kita untuk berperilaku dalam cara yang kita lakukan. Semua teori hedonistik mengidentifikasi kenikmatan dan rasa sakit sebagai satu-satunya unsur penting dari fenomena apa pun yang mereka dirancang untuk menggambarkan. Kesenangan dan rasa sakit adalah satu-satunya hal penting utama adalah apa yang membuat hedonisme khas dan filosofis yang menarik. Hedonis filosofis cenderung berfokus pada teori hedonistik nilai, dan terutama kesejahteraan (kehidupan yang baik untuk yang hidup itu). Sebagai teori nilai, hedonisme menyatakan bahwa semua dan hanya kesenangan secara intrinsik berharga dan semua dan hanya sakit secara intrinsik tidak berharga. Hedonis biasanya menentukan kenikmatan dan rasa sakit secara luas, sehingga termasuk dalam fenomena fisik dan mental.

    ReplyDelete
  50. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Hedonisme muncul dari pertanyaan Sokrates tentang apa yang sebenarnya menjadi tujuan akhir manusia. Lalu Aristippos menjawabnya dengan kesenangan. Aristippos memaparkan bahwa manusia sejak masa kecilnya selalu mencari kesenangan dan bila tidak mencapainya, manusia itu akan mencari sesuatu yang lain lagi. Hedonisme menyamakan kebaikan dengan kesenangan. Penganut hedonisme menggap bahwa kesenangan dan kenikmatan dunia harus dikejar, dan itulah tujuan hidup yang paling hakiki bagi manusia.

    ReplyDelete
  51. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Istilah hedonism memiliki arti kesenangan, untuk kesenangan, mengacu pada beberapa teori terkait tentang apa yang baik bagi kita, bagaimana kita harus bersikap, dan apa yang memotivasi kita untuk berperilaku seperti yang kita lakukan. Hedonism berfokus pada kesenangan dan menyatakan bahwa hanya kesenangan yang berharga sedangkan rasa sakit tidaklah berharga. Maka kita harus berhati-hati dengan paham hedonism ini. Jangan sampai kita mendewakan kesenangan duniawi dan menghalalkan segala cara untuk memperoleh kesenangan semu.

    ReplyDelete
  52. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan menghindari dari perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan yang berpusat pada kebahagiaan. Dan kebahagiaan itu akan menjadi tujuan hidup dan tindakan manusia. Jadi hedonis filosofis cenderung berfokus pada teori nilai hedonistik, yang mengutamakan kebahagiaan dalam hidupnya.

    ReplyDelete
  53. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Hedonisme merupakan paham yang mempunyai pengajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Semua teori hedonistik mengidentifikasi kesenangan dan rasa sakit sebagai satu-satunya unsur penting dari fenomena apa pun yang dirancang untuk dideskripsikan bahwa kesenangan adalah hal yang berharga sedangkan rasa sakit tidaklah berharga.

    ReplyDelete
  54. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Suatu pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup dapat dinamakan dengan hedonism. Kebahagiaan dan kesenangan adalah hak bagi setiap manusia. Bermacam-macam cara dilakukan untuk meraih yang namanya kebahagiaan. Bagi para penganut paham ini, bersenang-senang, pesta-pora, dan pelesiran merupakan tujuan utama hidup, entah itu menyenangkan bagi orang lain atau tidak, sehingga bersikap egois hanya memikirkan kesenangan secara individu.

    ReplyDelete
  55. Junianto
    PM C

    Hedonism merupakan paham yang manganggap bahwa hidup ini hanya bertujuan untuk mencari kesenangan saja. Manusia bekerja mencari materi hanyalah sebagai sarana untuk mencari kesenangan. Maka dari itu, tidak heran jika para penganut paham ini sering berfoya-foya menghabiskan uang hasil kerjakeras maupun dari hasil lainnya. Tidak perlu adanya persiapan untuk menyambut masa depan, yang terpenting adalah semua materi itu untuk bersenang-senang saja.

    ReplyDelete
  56. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Hedonisme muncul pada awal sejarah filsafat sekitar tahun 433 SM. Hedonisme ingin menjawab pertanyaan filsafat “apa yang menjadi hal terbaik bagi manusia?” Hal ini diawali dengan Sokrates yang menanyakan tentang apa yang sebenarnya menjadi tujuan akhir manusia. Lalu Aristippos menjawab bahwa yang menjadi hal terbaik bagi manusia adalah kesenangan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Karakteristik hedonisme adalah kebendaan dengan ukuran fisik harta, atau apa saja yang tampak, yang dapat dinilai dengan uang. Jadi disini orang yang sudah senang karena harta bendanya yang banyak, sudah sama artinya dengan orang yang bahagia atau dengan kata lain bahagia sama dengan kesenangan

    ReplyDelete
  57. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Mau bahagia? Cari bahagiamu dan jauhi perasaan-perasaan yang menyakitkan. Mungkin begitulah kira-kira yang bisa menggambarkan apa itu hedonism. Ya, hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Terdapat tiga aliran pemikiran dalam hedonis yakni Cyrenaics, Epikureanisme, dan Utilitarianisme.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  58. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Paham ini berusaha menjelaskan adalah baik apa yang memuaskan keinginan manusia dan apa yang meningkatkan kuantitas kesenangan itu sendiri. Para penganut paham hedonisme berprinsip bahwa kata kebahagiaan identik dengan kesenangan. Menurut penganut hedonisme, suatu perbuatan disebut baik sejauh menyebabkan kesenangan, memberi kenikmatan, kekayaan, dan kekuasaan.

    ReplyDelete
  59. Junianto
    PM C

    Perilaku hedonisme memang sudah berkembang dan bisa dikatakan menyerang berbagai kalangan baik kalangan atas maupun menengah ke bawah. Tentu tingkat kehedonan dua kalangan ini sangat berbeda, namun dari segi sifat dan perilakunya tetaplah sama. Tentu sebagai generasi muda wajib untuk tetap bisa menjaga perilaku dan bagaimana berpola hidup hemat dna sederhana. Hal ini disebabkan karena perilaku ini jika terus dibiarkan akan merusak genenrasi dan melemahkan semangat kerja keras.

    ReplyDelete
  60. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Istilah hedonism berarti untuk kesenangan, mengacu pada beberapa teori terkait tentang apa yang baik bagi kita, apa yang memotivasi kita untuk berperilaku seperti yang kita lakukan. Teori hedonistik mengidentifikasi kesenangan dan rasa sakit sebagai satu-satunya unsur penting dari fenomena apa pun yang mereka rancang untuk dideskripsikan.

    ReplyDelete
  61. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Para penganut paham ini berprinsip bahwa kebahagiaan identik dengan kesenangan. Menurut penganutnya suatu perbuatan yang membawa atau menghasilkan kesenangan, memberikan kenikmatan, kekayaan, dan kekuasaan apapun akan dilakukan agar dapat mencapainya. Saat segala keinginannya tidak terpenuhi maka akan mengalami layaknya penderitaan. Jadi kesenangan dan kegembiraan menjadi posisi tertinggi pada tingkat kebutuhan bagi penganut hedonism ini. Pada dasarnya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Semoga kita semua terhindar dari perbuatan yang berlebih-lebihan.

    ReplyDelete
  62. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa hedonisme yang berasal dari bahasa Latin, hedone yang berarti kesenangan. Semua teori hedonistik menyatakan kesenangan dan rasa sakit sebagai satu-satunya unsur yang penting dalam fenomena apapun yang sedang digambarkan. Kesenangan serta rasa sakit yang dimaksud di sini adalah secara luas, termasuk fenomena fisik dan mental.

    ReplyDelete
  63. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Ketika para filsuf mendiskusikan hedonisme, mereka kemungkinan besar mengacu pada hedonisme tentang nilai, dan terutama teori yang sedikit lebih spesifik, hedonisme tentang kesejahteraan. Hedonisme sebagai teori tentang nilai (paling baik disebut Nilai Hedonisme) berpendapat bahwa semua dan hanya kesenangan secara intrinsik berharga dan semua yang hanya menyebabkan rasa sakit pada dasarnya tidak berharga.

    ReplyDelete
  64. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Hedonisme merupakan pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan hidup merupakan tujuan utama dalam hidup. Hedonisme sebaiknya tidak diikuti. Hedonisem akan menuntut kita agar ingin selalu penuh kesenangan dengan menghalalkan segala cara tanpa memperhatikan hak orang lain dan tanggung jawab. Seyogyanya, tidak selamanya kehidupan ini penuh dengan kebahagiaan, ada kalanya kita berada di bawah (mengalami kecewa dan sedih). Hakikatnya, semua yang ada di dunia ini bersifat sementara. Sehingga, jalani hidup ini dengan apa adanya, bersyukur, dan kemudian akan bahagia.

    ReplyDelete
  65. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Hedonisme berasal dari kata hedone yang berarti "pleasure". Kesenangan dan rasa sakit merupakan elemen penting dari hedonisme. Saat ini, paham hedonisme bukan lagi dianngap sebagai pandangan, melainkan gaya hidup konsumtif yang banyak terjadi dalam kehidupan masyarakat. Gaya hidup yang menonjolkan kemewahan, kesenangan dan berfoya-foya. Sangat berbahaya karena para pelaku gaya hidup ini akan memiliki rasa gengsi yang sangat tinggi, mereka ingin dianggap sebagai orang yang memiliki segala kenikmatan dunia dan tidak segan untuk menghalalkan segala cara demi memenuhi gaya hidupnya.

    ReplyDelete
  66. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, hedonisme diartikan sebagai pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup. Pengajaran atau konsep moral dari Hedonisme adalah menyamakan kebaikan dengan kesenangan.Jadi semua kesenangan dan kenikmatan secara fisik selalu membawa kebaikan. Pandangan hidup ini mengajarkan pada pengikut atau mereka yang siap mengikutinya bahwa pemujaan terhadap kesenangan dan kenikmatan dunia harus dikejar.

    ReplyDelete
  67. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Hedonism adalah suatu aliran gaya hidup yang orientasi utamanya adalah untuk mencari kesenangan. Orang-orang dengan gaya hidup hedonism biasanya mereka suka menghambur-hamburkan uangnya dalam rangka memenuhi kebutuhan rasa senang. Semboyan bagi kaum hedonism adalah yang penting senang. Hedonis akan mencari berbagai cara agar memperoleh kenikmatan dan kebahagiaan yang hakiki menurut pandangannya.

    ReplyDelete
  68. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Melanjutkan pendapat mengenai hedonism. Bahwa para penganut hedonism yang mencari kebahagiaan dan kenikmatan sendiri, merupakan hal mendasar yang dimiliki manusia. namun sisi positif nilai dasar seorang hedonism adalah mencapai kenyamanan secukupnya (tidak berlebih-lebihan) dalam hal ini dengan disertai rasa bersyukur atas yang sudah diterima. Mencari kenikmatan di dunia semata akan membutakan hati dan pikiran kita. Misalnya seorang yang tidak berniat untuk korupsi akan terbutakan oleh cara yang tidak tepat karena ia melihat kebahagiaannya di depan mata. Perilaku korupsi tetap masih dilakukan, meskipun secara finansial kebutuhan hidupnya terpenuhi, namun karena nilai hedonism yang terlalu tinggi, maka koruptor merasa tidak berkecukupan dan selalu ingin melakukan perbuatan tersebut.

    ReplyDelete
  69. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Hedonisme adalah aliran atau pandangan hidup yang menganggap bahwa satu-satunya tujuan hiduo adalah mencari kebahagiaan atau kesenagna semata. Biasanya para penganut mudah menunjukan kesenangan dan rasa sakitnya. Dalam aliran ini, sesuatu itu bernilai ketika dapat dirasakan kemenarikannya.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  70. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Setiap manusia pasti menginginkan kebahagiaan dan kesenangan dalam hidupnya. Kebahagiaan dan kesenangan adalah hak bagi setiap manusia.

    ReplyDelete
  71. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Bermacam-macam cara dilakukan untuk meraih yang namanya kebahagiaan, baik itu dengan cara yang halal maupun cara yang haram. Bila kita melihat masyarakat disekeliling kita cenderung mencari dan mengutamakan kebahagiaan dirinya bagaimanapun caranya. Pada dasarnya. Masyarakat kita cenderung mencari kesenangan dan kebahagiaan dengan berbagai cara bahkan sampai menghalalkan seggala cara. Inilah yang biasa kita kenal dengan dengan masyarakat hedonis dan permisif.

    ReplyDelete
  72. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Hedonisme pada prinsipnya lebih menitikberatkan kepada kebutuhan jasmani daripada kebutuhan rohani. Sehingga sejak awal sejarah manusia, hedonism dengan berbagai versi dan aktualitasnya, sadar atau tidak sadar akan selalu muncul. Para Hedonis berpendapat bahwa ukuran dari makmur atau tidaknya suatu kehidupan, bahagia atau tidaknya suatu kehidupan seorang manusia, hanya dapat diidentifikasi dengan kesenangan materi semata.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  73. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Mereka ingin memenuhi keakuannya untuk mendapatkan kenikmatan. Apapun akan mereka lakukan untuk mengejar kenikmatan tersebut tanpa adanya rasa putus asa. Walaupin kebanyakan orang berfikir negative tentang hedonisme ini. hedonisme juga memiliki salah satu aspek positif atau nilai jual tinggi yaitu memiliki semangat kerja yang tinggi dan etos kerjanya yang tinggi.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  74. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Hedonisme merupakan suatu aliran yang mempercayai bahwa tujuan hidup manusia di dunia adalah untuk mencari kebahagiaan. Kebahagiaan ini akan dicapai ketika mereka merasa nyaman, senang, dan terhindar dari rasa sakit. Di era sekarang ini, istilah hedon sering kali dikaitkan dengan gaya hidup lebih memientingkan keinginan demi kesenangan, bukan semata gaya hidup yang mementingkan kebutuhan. Para hedonis merasa kebahagiaan mereka adalah segalanya, sehingga harus diperjuangkan.

    ReplyDelete
  75. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Sesuatu yang berlebih-lebihan memang dipandang tidak baik karena akan terkesan sombong dan ria. Dalam memenuhi kebutuhan, selayaknya mampu menahan diri untuk tidak berlebihan dan hanya mencukupi sesuai kebutuhan saja. Walau tidak dipungkiri bahwa kadang sikap pemenuhan kebutuhan yang berlebihan itu sering mendatangkan kebahagian.

    ReplyDelete
  76. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    Pend. Matematika S2 Kelas C

    Hedonisme merupakan suatu paham atau pandangan hidup manusia yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan pandangan atau paham bahwa kesenangan atau kenikmatan materi merupakan tujuan hidup dari tindakan manusia. Paham ini diwujudkan dengan mendewa - dewakan segala sesuatu yang menjadi kesenangan manusia. Jika seseorang sangat menggilai harta, maka kebahagiaannya diukur dengan harta, karena jika tidak memiliki harta berlimpah maka dia akan merasa khawatir dalam hidupnya. Paham ini sangat bertentangan dengan ajaran agama, karena kebahagiaan yang hakiki tidak bersumber dari materi tetapi dari ketaatan dan ketakwaan kita terhadap Tuhan.

    ReplyDelete
  77. Gandes Sih Mustika
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241015

    Hedonism berkaitan dengan apa yang baik bagi kita, apa yang seharusnya dilakukan, dan apa yang memotivasi kita untuk melakukan hal tersebut. hedonism merupakan gaya hidup yang menjadikan kesenangan dan kemewahan sebagai tujuan utama hidup. Sebagai manusia kita harus ingat bahwa hedonism tidak boleh dijadikan sebagai suatu panutan hidup. Hidup di dunia hanyalah sementara, jadi untuk apa kita hanya memikirkan hal-hal yang bersifat keduniawian saja.

    ReplyDelete