Dec 1, 2012

HEDONISM



Ass Wr Wb
Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang  HEDONISM, BECALAH DI LINK BERIKUT:


Wss Wr Wb
Marsigit

8 comments:

  1. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Menurut buku yang pernah saya baca, yang ditulis oleh A. Mangunhardjana hedonisme berpendirian bahwa kenikmatan lebih khusus lagi kenikmatan pribadi, merupakan nilai hidup tertinggi dan tujuan utama serta terakhir hidup manusia.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Kata hedonisme diambil dari Bahasa Yunani hēdonismos dari akar kata hēdonē, artinya "kesenangan". Paham ini berusaha menjelaskan adalah baik apa yang memuaskan keinginan manusia dan apa yang meningkatkan kuantitas kesenangan itu sendiri. Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.

    ReplyDelete
  3. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Menurut Jeremy Bentham mengatakan bahwasanya hedonism ialah kesenangan dan kesedihan itu adalah satu satunya motif yang memerintah manusia, dan beliau mengatakan juga bahwa kesenangan dan kesedihan seseorang adalah tergantung kepada kebahagiaan dan kemakmuran pada umumnya dari seluruh masyarakat. Sehingga ia menempatkanya kebahagiaan pada yang tertinggi.

    ReplyDelete
  4. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hal ini berarti bahwa tujuan manusia dalam memaknai hidupnya adalah semata-mata untuk mencari kesenangan atau kenikmatan. Manusia akan senantiasa berusaha melakukan apa saja demi mencapai kepuasan dalam kebahagiaan dan kesenangan hidupnya. Namun, kesenangan hendaknya memiliki batasan yang berarti kesenangan janganlah menjadikan manusia untuk berupaya mencapai kepuasan yang bernilai negatif. Kesenangan yang bersifat negative tentunya kurang bermanfaaat dan dapat merugikan manusia itu sendiri.

    ReplyDelete
  5. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Ketika filsuf membahas hedonisme, mereka kemungkinan besar akan mengacu pada hedonisme tentang nilai, dan terutama sedikit lebih spesifik teori, hedonisme tentang kesejahteraan. Hedonisme sebagai teori tentang nilai (terbaik disebut sebagai Nilai hedonisme) menyatakan bahwa semua dan hanya kesenangan secara intrinsik berharga dan semua dan hanya rasa sakit secara intrinsik disvaluable. Istilah "intrinsik" merupakan bagian penting dari definisi dan terbaik dipahami berbeda dengan istilah "instrumental." Ada yang secara intrinsik berharga jika itu adalah berharga untuk kepentingan sendiri. Kesenangan dianggap intrinsik berharga karena, bahkan jika itu tidak menyebabkan manfaat lain, masih akan baik untuk mengalami. Uang adalah contoh dari yang baik berperan; nilainya bagi kita berasal dari apa yang bisa kita lakukan dengan itu (apa yang bisa kita beli dengan itu). Fakta bahwa jumlah berlebihan uang tidak memiliki nilai jika tidak ada yang pernah menjual apa pun mengungkapkan bahwa uang tidak memiliki nilai intrinsik. Nilai Hedonisme mengurangi segala sesuatu dari nilai kesenangan. Misalnya, Nilai Hedonis akan menjelaskan nilai instrumental uang dengan menjelaskan bagaimana hal-hal yang bisa kita beli dengan uang, seperti makanan, tempat tinggal, dan barang-barang status menandakan, membawa kita kesenangan atau membantu kita untuk menghindari rasa sakit.

    ReplyDelete
  6. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

    Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan.[1] Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.[2] Terdapat tiga aliran pemikiran dalam hedonis yakni Cyrenaics, Epikureanisme, dan Utilitarianisme.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Hedonisme dikembangkan oleh dua orang filosof Yunani, Epicurus (341-270 SM) dan Aristippus of Cyrine (435-366 SM). Mereka berdualah yang dikenal sebagai perintis paham Hedonisme.Sebenarnya, dua filosof ini menganut aliran yang berbeda. Bila Aristippus lebih menekankan kepada kesenangan badani atau jasad seperti makan, minum, seksualitas, maka Epicurus lebih menekankan kepada kesenangan rohani seperti bebas dari rasa takut, bahagia, tenang batin, dan lain sebagainya. Namun, kedua-duanya berpendapat sama yaitu kesenangan yang diraih adalah kesenangan yang bersifat privat atau pribadi. Paham hedonisme sendiri berarti suatu pemikiran yang menjadikan tujuan hidupnya adalah kesenangan materi. Kesenangan yang memuaskan jiwa dan batin setiap manusia. Epicurus berpendapat bahwa kenikmatan materi adalah tujuan utama dalam hidup. Filsafatnya menitikberatkan pada etika yang memberikan ketenangan batin. Hedone (kenikmatan atau kesenangan) diperoleh dengan memuaskan keinginannya. Manusia harus bisa memilih keinginannya agar dapat mencapai kepuasan yang mendalam. Hedonisme yang hanya mencari kenikmatan materi demi kepuasan jiwa tidaklah sempurna sampai seseorang terjauh dari kehidupan spiritual yang dianggap mengekang manusias.

    ReplyDelete
  8. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Hedonism diambil dari bahasa Yunani artinya kesenangan, maksudnya adalah pandangan yang menganggap bahwa menjadi bahagia adalah dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan menghindari hal-hal yang menyakitkan. Hedonism berpendapat bahwa kesenangan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Aristippos memaparkan bahwa manusia sejak masa kecilnya selalu mencari kesenangan, didukung oleh Epikuros yang mengatakan bahwa mencari kesenangan adalah kodrat alamiah. Kesenangan tidak hanya kesenangan dunia atau lahir saja, tetapi kesenangan rohani atau batin juga bisa disebut kesenangan atau kebahagiaan.

    ReplyDelete