Dec 1, 2012

HEDONISM



Ass Wr Wb
Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang  HEDONISM, BECALAH DI LINK BERIKUT:


Wss Wr Wb
Marsigit

30 comments:

  1. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Berdasarkan link yang ditautkan pada tulisan ini, yang dapat saya simpulkan mengenai hedonisme ialah, secara terminologi hedonisme diambil dari bahasa Yunani yang artinya kesenangan, hal ini merujuk pada beberapa teori yang mengatakan hedonisme adalah sesuatu yang bersifat bersenang-senang, yang mempengaruhi manusia cenderung hidup sesuka hati. Dapat saya simpulkan bahwa seluruh teori tentang hedonistik mengidentifikasikan kesenangan sebagai satu-satunya elemen penting dalam fenomena apapun yang dijelaskan. Sedangkan secara filosofis, hedonist cenderung fokus terhadap nilai dan kesejahteraan. Pandangan tentang hedonis yang selalu mengutamakan gaya hidup mewah dan hura-hura juga semakin berkembang di abad 21.

    ReplyDelete
  2. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PM A PPs UNY 2018

    Hedonisme diambil dari bahasa yunani hedone yang berarti kesenangan. Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan (pain). Hal ini berarti bahwa kenikmatan dan kesenangan adalah tujuan manusia dalam memaknai hidupnya. Banyak pandangan bahwa gaya hidup hedonisme berdasarkan nafsu belaka. Ini berkaitan dengan harta kekayaan duniawi, kenikmatan batin, kenikmatan seksual, kebebasan dan kekuasaan. Manusia akan senantiasa berusaha melakukan apa saja demi mencapai kepuasan dalam kebahagiaan dan kesenangan hidupnya. Namun, kesenangan hendaknya memiliki batasan yang berarti kesenangan janganlah menjadikan manusia untuk berupaya mencapai kepuasan yang bernilai negatif. Kesenangan yang bersifat negative tentunya kurang bermanfaaat dan dapat merugikan manusia itu sendiri.

    ReplyDelete
  3. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Hedonism adalah aliran filsafat yang memiliki pandangan hidup bahwa orang-orang akan bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Menurut pandangan hedonism, kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Dalam mencapai kebahagian tersebut, gaya hidupnya serba glamour, mewah, lux, dll. Seorang hedonis akan cenderung mengutamakan materi dan memandang dunia adalah segalanya, sedangkan akhirat hanyalah impian kosong yang menjadi racun kenikmatan dunia. Segala yang dimiliki akan dikorbankan demi nafsu yang terus menggelora. Inilah fenomena yang saat ini sangat menjamur.

    ReplyDelete
  4. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Hedonisme adalah suatu pola hidup yang aktivitasnya untuk mencari kesenangan hidup, seperti lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah, lebih banyak bermain, sebang dengan keramaian kota, senang membeli barang mahal yang disenanginya, serta selalu ingin menjadi pusat perhatian. Hedonisme adalah derivasi dari liberalisme. Sebuah pandangan hidup bahwa kesenangan adalah segalanya, bahkan kehidupan itu sendiri. Bagi kaum hedonis , hidup adalah meraih kesenangan materi : sesuatu yang bersifat semu, sesaat, dan artifisial. Pandangan ini lahir di Barat, yang memuja kebebasan berperilaku. Jika perilaku hedonisme dibiarkan saja maka ini akan menjadi racun bagi duunia pendidikan, terutama pendidikan tinggi. Membiarkan racun bersarang dalam tubuh kampus sama artinya menyediakan pembunuhan karakter intelektual atas mahasiswa dan sivitas akademika. Budaya negatif ini telah mengikis sense of crisis generasi muda terhadap berbagai permasalahan bangsa.

    ReplyDelete
  5. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Hedonisme mengacu pada kesenangan dan rasa sakit. Hedonisme merupakan pandangan yang menganggap bahwa orang akan bahagia jika mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan menghindari kesedihan. Para filsuf hedonis cenderung berfokus pada nilai hedonistik terutama mengenai kesejahteraan dalam hidup. Teori hedonisme menyatakan bahwa semua kesenangan merupakan sesuatu yang berharga dan semua rasa sakit merupakan sesuatu yang tidak berharga. Paham ini akan selalu mengutamakan kesenangan dan kenikmatan di atas segala-galanya dan akan selalu berusaha untuk mendapatkan kesenangan itu karena kesenangan merupakan tujuan hidupnya. Hedonisme terdiri dari beberapa jenis yaitu folk hedonism, value hedonism and prudential hedonism, motivational hedonism, normative hedonism, hedonistic egoism, dan hedonistic utilitarianism.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  6. Anggoro Yugo Pamungkas
    18709251026
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan judul diatas, kita ketahui hedonisme adalah pandangan hidup seseorang yang menganggap bahwa orang akan bahagia apabila terus mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Namun kita harus hati-hati dalam memahami hedonisme ini, karena jika salah, maka memang kelihatannya senang, tetapi kita telah masuk kedalam jurang. Misalnya, menggunakan narkoba untuk mendapatkan ketenangan, nah padahal hal itu merusak diri, tetapi karena sudah kecanduan dan pandangannya enak, maka terus dia lakukan. Nah, makanya harus hati-hati.

    ReplyDelete
  7. Janu Arlinwibowo
    18701261012
    PEP 2018

    Hedonism adalah suatu paham yang meniktik beratkan pada keberadaan materi sebagai sumber kebahagiaan. Dalam kehidupan materi dunia dijadikan sebagai parameter untuk mengukur suatu kesuksesan dan keberhasilan. Sukses adalah kaya, Berhasil adalah banyak harta. Dengan demikian maka paham tersebut menempatkan dunia sebagai aspek penilaian hidup yang paling tinggi, lebih tinggi dari aspek religi.

    Hedonism pada dasarnya melekat pada semua orang, namun kedewasaan dari setiap orang tersebutlah yang akan menentukan seberapa besar jiwanya dikuasai oleh hedonism. Kedewasaan seseorang yang akan memberikan sikap bijaksana dalam menakar sikap hedonism dalam perilaku.

    ReplyDelete
  8. Tiara Cendekiawaty
    18709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Seseorang yang menganut hedonisme selalu mementingkan urusan duniawinya. Ia merasa kebahagiaan akan didapatkannya ketika ia berhura-hura dengan materi yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  9. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Hedonisme mempunyai pemikiran bahwa segala kenikmatan, terlebih kenikmatan pribadi dalam hal ini, merupakan ‘nilai’ tertinggi dan tujuan akhir kehidupannya. Mereka hanya berfokus pada kenikmatan sebagai kenyataan kehidupan. Na’udzubillahimindzalik. Namun, setiap orang mempunyai kenikmatan dengan bentuk, kadar dan frekuensi yang berbeda beda. Semisal bagi para ilmuwan, perkara intelektual merupakan kenikmatan utama bagi mereka. Di sisi lain kenikmatan estetis merupakan kenikmatan utama dari pencinta seni

    ReplyDelete
  10. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Hedonisme merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti untuk kesenangan, yang kemudian mengacu pada beberapa teori yang berhubungan tentang apa yang baik untuk kita, tentang bagaimana kita harus berperilaku, dan tentang apa saja yang memotivasi kita untuk berperilaku dengan cara yang kita lakukan. Semua teori mengenai hedonisme selalu mengidentifikasi tentang kesenangan dan kesakitan sebagai satu-satunya elemen dari fenomena apapun. Akan tetapi, klaim tersebutlah yang membuat hedonisme secara filosofis dipandang menarik oleh banyak kalangan.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  11. Nani Maryani
    18709251008
    S2 Pendidikan Matematika (A) 2018
    Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Para filsuf hedonis cenderung berfokus pada teori nilai hedonistik, terutama pada hal kesejahteraan hidup. Hedonisme menyatakan bahwa semua jenis kesenangan adalah berharga, dan semua rasa sakit adalah tidak berharga dalam kehidupan. Hedonis biasanyamendefinisikan kesenangan dan rasa sakit secara luas, sehingga fenomena fisik dan mental terkadang dimasukan. Akan tetapi, dalam suatu diskusi atau dalam pertemuan, banyak yang tidak mendukung dari paham ini, dan beberapa juga menyesalkan bahwa fokus dari kehidupan hanya tentang kesenangan saja.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  12. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Dalam masyarakat hedonism dikenal dengan gaya hidup glamour, hura-hura dan penuh dengan kesenangan. Seiring perkembangan zaman, pada masa posmodernisme ini hidup bersenang-senang sudah menjadi bagian dari masyarakat. Seiring dengan tuntutan zaman seperti pekerjaan, gaya hidup, dan lain sebagainya, hidup hedon seperti sebuah kebutuhan baru bagi masyarakat sosial. Mekipun hedonisme memberikan dampak negative, namun di sisi lain untuk mendefiniskan hedonisme harus memperhatikan indikator-indikator yang lain, karena setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda maka jelas bagaimana cara setiap orang mendefinisikan hedonisme juga pasti akan bervariasi.

    ReplyDelete
  13. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Secara etimologi, hedonisme diambil dari bahasa Yunani yaitu “hedone” yang artinya kesenangan. Hedonism adalah pandangan hidup atau ideology yang diwujudkan dalam bentuk gaya hidup dimana kenikmatan atau kebahagiaan pribadi menjadi tujuan utama dalam menjalani hidup seseorang. Jadi orang yang menganut paham ini beranggapan bahwa kebahagiaan dan kesenangan bisa diraih dengan melakukan banyak kesenangan dan menghindari hal-hal yang menyakitkan di dunia.

    ReplyDelete
  14. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A
    Dampak hedonism bagai masyarakat lebih cenderung ke arah negatif. Beberapa dampak tersebut antara lain perilaku hedonisme cenderung individualis atau menganggap diri sendiri lebih penting dari orang lain, menjadi konsumtif, cenderung pemalas dan tidak menghargai waktu, serta kurang bertanggungjawab bahkan kepada dirinya sendiri. Oleh karena itu di jaman yang serba canggih ini sangat dekat dengan hedonism, kita harus bisa memfilter diri sendiri sehingga terhindar dari perilaku hedonism.

    ReplyDelete
  15. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Hedonisme mengacu pada paham kesenangan terhadap kenikmatan. Jadi, orang yang menganut paham ini beranggapan bahwa kebahagiaan dan kesenangan bisa diraih dengan melakukan banyak kesenangan dan menghindari hal-hal yang menyakitkan di dunia. Ketika membicarakan mengenai hedonism sangat erat kaitannya dengan pemborosan atau mengahmburkan sesuatu secara berlebihan ( seperti uang) untuk memperoleh kesenangan.

    ReplyDelete
  16. Seftika Anggraini
    18709251016
    S2 PM A 2018

    Hedonisme bisa diartikan sebuah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama dalam hidup. Pengajaran atau konsep moral dari hedonisme adalah menyamakan kebaikan dan kesenangan. Pandangan hidup ini mengajarkan pada pengikut atau mereka yang siap mengikutinya bahwa pemujaan terhadap kesenangan dan kenikmatan dunia harus dikejar, dan itulah tujuan hidup yang paling hakiki bagi manusia.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  17. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme ingin menjawab pertanyaan filsafat apa yang menjadi hal terbaik bagi manusia? Hal ini diawali dengan Sokrates yang menanyakan tentang apa yang sebenarnya menjadi tujuan akhir manusia. Terimakasih

    ReplyDelete
  18. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Hedonisme adalah suatu pandangan hidup yang menganggap bahwa seseorang akan menjadi bahagia apabila mencari kebahagiaan sebanyak-banyaknya dan menghindari semua perasaan menyakitkan. Dapat dikatakan juga kesenangan atau hidup merupakan sebagai tujuan akhir. Teori hedonisme muncul untuk menjawab pertanyaan “apa yang menjadi hal terbaik bagi manusia?”. Tokoh yang dibalik pandangan hedonisme ini adalah Aristippus, Epikuros.

    ReplyDelete
  19. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    G. E. Moore menawarkan eksperimen pemikiran dalam kritik kesenangan sebagai satu-satunya pembawa nilai: ia membayangkan dua dunia, yaitu satu dunia yang sangat indah dan yang lainnya tumpukan sampah. Tak satu pun dari dunia ini akan dialami oleh siapa pun. Maka, pertanyaannya adalah apakah lebih baik bagi dunia yang indah ini ada daripada tumpukan sampah. Dalam Moore ini tersirat bahwa keadaan memiliki nilai di luar kesenangan sadar, yang menentang validitas hedonism.

    ReplyDelete
  20. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Hedonisme berkaitan dengan keduniaan. Gaya hidup hedonis adalah suatu pola hidup yang aktivitasnya untuk mencari kesenangan hidup, seperti lebih banyak menghabiskan waktu diluar rumah, lebih banyak bermain, senang pada keramaian kota, senang membeli barang mahal yang disenanginya, serta selalu ingin menjadi pusat perhatian. Sebagai umat beragama, haruslah menyadari bahwa dunia adalah sementara. Kita tidak boleh mengikuti hawa nafsu. Hedonisme berdampak menjadikan seseorang individualistis, konsumtif dan materialistis. kesenangan dunia memang menjadi primadona manusia, kesenangan dengan berbagai barang, kebiasaan. Sebagai umat beragama harus tau apa yang dibutuhkan dengan apa yang menjadi sesuatu kesenagan saja tetapi harus mempunya kegunaan.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Ardhya Handayani
    19701251015
    S2 PEP 2019 A

    Hedonism berarti pleasure/ kesenangan, yang mengacu kepada beberapa teori mengenai apa yang baik (memberikan kesenangan) untuk seseorang, bagaimana berperilaku, dan apa yang memotivasi untuk berlaku demikian. Hedonism memiliki tipe diantaranya : Folk hedonism (banyak dipahami masyarakat), value hedonism, prudential hedonism, motivational hedoism, normative hedonism, hedonistic egoism, hedonistic utilitarianism. Dari hal tersebut dapat dilihat hampir seluruh teori hedonism mengidentifikasi pleasure (kesenangan) dan pain (kesakitan) merupakan dua elemen penting dalam hedonism. Hedonism menyatakan bahwa hal yang pernting adalah kebahagaiaan atau kesenangan, sedangakn kesedihan atau rasa sakit merupakan hal yang dihindari. Namun tipe-tipe hedonism memiliki perbedaan seperti pada motivational hedoisme mendapat kesenangan dan menghindari kesedihan adalah pemandu cara berperilaku, sedangkan pada normative hedonism, kebahagiaan sebagai kriteria satu-satunya untuk menentukan benar dan salah dalam bertindak.

    ReplyDelete
  23. Rizki Nisa Setyowati
    19701251013
    PEP S2 A

    Bagi hedonis, hidup adalah kebahagiaan. Pada mulanya, hakikat kebahagiaan yang ingin dicapai oleh hedonis tidak hanya kebahagiaan badaniah tetapi juga kebahagiaan spiritual dan intelektual yang dapat dicapai dengan menyederhanakan hasrat dan keinginan. Maka, hedonisme adalah menemukan kebahagiaan dalam kesederhanaan dan ketenangan. Saat ini, hedonisme justru dimaknai sebaliknya. Dalam benak awam, hedonisme muncul sebagai gambaran hidup mewah dan foya-foya. Sesungguhnya, mencapai kebahagiaan dengan kesederhanaan atau kemewahan, keduanya adalah hedonisme yang dirayakan dengan cara berbeda.

    ReplyDelete
  24. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Hedonism merupakan filsafatnya kenikmatan. Kenikmatan disini bisa dimaknai kenikmatan dunia dan kenikmatan akhirat. Sering kita mendengar nasehat yang berbunyi, “Jika kenikmatan dunia yang dicari, maka akan didapatlah kenikmatan itu tanpa kurang suatu apapun, namun jika kenikmatan akhirat yang dicari maka didapatkanlah kenikmatan akhirat dan kenikmatan dunia itu”. Jika hedonisme merupakan filsafat kenikmatan, maka dalam hiduppun hendaknya kita bertindak hedonisme dengan berpegang pada pemikiran “hiduplah kamu seperti kau akan hidup selamanya dan beribadahlah kamu seolah esok akan mati”.

    ReplyDelete
  25. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Artikel ini dimulai dengan mengklarifikasi berbagai jenis teori hedonistik dan label yang sering diberikan. Kemudian, asal-usul kuno hedonisme dan perkembangan selanjutnya ditinjau. Mayoritas artikel ini membahas tentang pembagian teoretis penting dalam Prudential Hedonism dan membahas kritik utama terhadap pendekatan ini.

    ReplyDelete
  26. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Menurut link yang dilampirkan di atas, hedonism ada bermacam-macam tipe, yaitu: Folk Hedonism, Value Hedonism and Prudential Hedonism, Motivational Hedonism, Normative Hedonism, Hedonistic Egoism dan Hedonistic Utilitarianism.

    Selanjutnya saya akan mencoba menganalisis ciri-ciri hedonisme di masyarakat, diantaranya:
    1. Mengesampingkan atau tidak peduli dengan perasaan, kebahagiaan, dan keadaan orang lain dalam memenuhi keinginan.
    2. Tujuan utama para hedonisme adalah kenikmatan pribadi.
    3.Pergaulan yang bebas.
    4.Konsumtif, dimana para pelaku hedonisme lebih mementingkan keinginan dalam mendapatkan sesuatu dan lebih mengesampingkan kebutuhan.
    5.Diskriminatif, kebanyakan orang dengan paham hedonisme lebih memilih teman ataupun individu berdasarkan kekayaan maupun sesuatu yang dapat memenuhi nafsunya.
    6. Sombong terhadap orang lain dan menganggap dirinya lebih baik.
    7. Materialis, selalu tidak bisa puas dengan pencapaiannya dan selalu mencari yang lebih untuk nafsu dan kenikmatannya sendiri.

    ReplyDelete
  27. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Hedonism berkaitan dengan apa yang baik bagi kita, apa yang seharusnya dilakukan, dan apa yang memotivasi kita untuk melakukan hal tersebut. hedonism merupakan gaya hidup yang menjadikan kesenangan dan kemewahan sebagai tujuan utama hidup. Sebagai manusia kita harus ingat bahwa hedonism tidak boleh dijadikan sebagai suatu panutan hidup. Hidup di dunia hanyalah sementara, jadi untuk apa kita hanya memikirkan hal-hal yang bersifat keduniawian saja.

    ReplyDelete
  28. Zuari Anzar
    19701251006
    S2 PEP A 2019

    Hedonisme memiliki arti kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama hidup. Anggapan awal paham ini adalah manusia selalu mengejar kesenangan hidupnya, baik jasmani ataupun rohani. Mereka melihat bahwa manusia melakukan setiap aktivitas pasti untuk mencari kesenangan dalam hidupnya. Apabila dipahami secara mendalam, ada beberapa kelemahan dari Hedonisme ini, pertama anggapan bahwa setiap aktivitas manusia adalah untuk mencari kesenangan pribadinya. Tapi tidaklah benar hal tersebut adalah tabiat manusia yang memotivasi setiap tingkah laku kita.

    ReplyDelete
  29. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Berdasarkan artikel diatas, dapat disimpulkan bahwa Hedonism merujuk pada beberapa teori terkait tentang apa yang baik untuk kita, bagaimana kita harus berperilaku, dan apa yang memotivasi kita untuk berperilaku dengan cara yang kita lakukan. Semua teori hedonistik mengidentifikasi kesenangan dan kesakitan sebagai satu-satunya elemen penting dari fenomena apa pun yang dirancang untuk digambarkan. Hedonisme cenderung berfokus pada teori nilai hedonistik, dan terutama kesejahteraan (kehidupan yang baik bagi orang yang menjalaninya). Sebagai teori nilai, hedonisme menyatakan bahwa semua dan hanya kesenangan secara intrinsik berharga serta semua dan hanya rasa sakit secara intrinsik tidak berharga.

    ReplyDelete