Dec 1, 2012

SOCIO-CONSTRUCTIVISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang SOCIO-CONSTRUCTIVISM, bisa konek berikut:









Wss Wr Wb
Marsigit

26 comments:

  1. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Masalah yang begitu pelik yang sering terjadi di dalam kelas.Salah satunya siswa merasa malu untuk bertanya dan mengungkapkan gagasannya.Saya merasa bahwa kecenderungan guru yang selalu menginisiasi keaadan sehingga hal itu terjadi pada peserta didik.Berdasarkan hasil bacaan yang sebelumnya dan yang sekarang, bahwa kehadiran sosial kontruktivisme untuk mengkontruksi pemahaman anak dengan dikaitkan kehidupan sosialnya.Dalam sosial konstruktivisme, anak membentuk sebuah kelompok belajar dan berkolaborasi dengan teman-temannya di dalam melaksanakan diskusi.Jika menatap kembali dari sebelumnya bahwa sosial kontruktivisme identik dengan di abad ke 21.Yang berusaha merenovasi keadaan system pembelajran yang terjadi di abad 20.Dengan memberikan kemerdekaan kepada anak untuk bebas dalam berpikir guna mengembangkan pengetahuannya

    ReplyDelete
  2. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Socio-constructivism merupakan suatu pandangan konstruktivisme secara sosial, artinya pengetahuan individu sangat bergantung pada konstruksi sosiallnya. Dalam konteks pembelajaran, konstroktivisme sosial menekankan pada konteks sosial dari pembelajaran dan bahwa pengetahuan dibangun dan dikonstruksi secara bersama-sama. Keterlibatan orang lain akan membuka kesempatan bagi anak untuk mengevaluasi dan memperbaiki pemahamannya terkait dengan pembelajaran.

    ReplyDelete
  3. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Dalam pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas tidak terlepas dengan kegiatan interaksi baik yang dilakukan antar siswa,interaksi antar guru dan siswa, interaksi siswa dengan media pembelajaran dan lain sebagainya. Kegiatan interaksi-interaksi tersebut tentunya bertujuan untuk membangun pengetahuan. Dan pada Sosial-konstruktivisme menekankan dampak kolaborasi, dan negosiasi pemikiran dan pembelajaran. Menurut sosial konstruktivisme pengetahuan individu bergantung pada kegiatan sosial interaksi individu yang bersangkutan. ang terutama relevan dalam hal ini adalah proses komunikasi (learning dialogue) yang terjadi dalam situasi dimana setidaknya dua orang mencoba memecahkan suatu masalah.

    ReplyDelete
  4. 353. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Socio-contruktivisme barusaha membangun pemikiran dan gagasan manusia berdasarkan kontruksi sosialnya, unsur-unsur yang ada di kehidupan sosialnya. Oleh karena itu, memahami kehiduoan soa=sial individu maupun kelompok sangat penting., Berbicara soal pendidikan matematika, filsafat kontruktivisme sosial memandang bahwa kebenaran matematika tidak bersifat absolut serta mengidentifikasi matematika sebagai rutinitas kehidupan sehari-hari.Terima kasih

    ReplyDelete
  5. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Menurut Vygotsky, ada dua prinsip penting berkenaan dengan teori konstruktivisme sosial, yaitu:
    a. Mengenai fungsi dan pentingnya bahasa dalam komunikasi sosial yang dimulai proses pencanderaan terhadap tanda (sign) sampai kepada tukar menukar informasi dan pengetahuan,
    b. Zona of proximal development. Pendidik sebagai mediator memiliki peran mendorong dan menjembatani siswa dalam upayanya membangun pengetahuan, pengertian dan kompetensi.

    ReplyDelete
  6. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.Menurut Ernest filsafat konstruktivis sosial memandang kebenaran matematika tidak bersifat absolut dan mengidentifikasi matematika sebagai hasil dari pemecahan masalah dan pengajuan masalah oleh manusia. Dalam pembelajaran matematika dengan konstruktivisme sosio, siswa berinteraksi dengan guru, dengan siswa lainnya dan berdasarkan pada pengalaman informal siswa mengembangkan strategi-strategi untuk merespon masalah yang diberikan. Mohon dikoreksi apabila terdapat kesalahan. Wassalamu’alaikum.

    ReplyDelete
  7. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas, sosio konstruktivisme adalah suatu pendekatan yang menurut pengetahuan suatu individu bergantung pada kontruksi sosial. Pengetahuan merupakan suatu suatu hasil dari sebuah konstruksi pola pikir yang dibangun oleh manusia itu. Konstruksi berarti bersifat membangun. Pengetahuan bukanlah seperangkat fakta, konsep dan kaidah yang siap diambil dan diingat. Menurut penganut sosio-constructivism ini beranggapan bahwa ilmu pengetahuan yang diperoleh siswa dari proses belajar bergantung pada bagaimana guru mentrasfer ilmu dan membuat pembelajaran menjadi bermakna. paham ini menunjukkan adanya tingkat kebergantungan individu terhadap lingkungan.

    ReplyDelete
  8. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Dari link yang saya baca, teori tentang sosio-konstruktivis merupakan salah satu teori dalam pembelajaran konstruktivis. Istilah sosio-konstruktivis juga digunakan untuk merancang strategi pedagogi tertentu, model desain instruksional, dll. Teori sosio-konstruktibis ini menekankan pada konteks sosial dari pembeajaran dan bahwa pengetahuan ini dibangun dan dikonstruksi secara bersama. Maka sebagai seorang calon guru, perlu untuk kita mempelajari sosio-konstruktivis ini. Dengan mempelajari sosio-konstruktivis ini akan menambah pengetahuan kita tenang berbagai model dan strategi pembelajaran.

    ReplyDelete
  9. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Teori sosial-konstruktivis adalah varian teori pada pembelajaran konstruktivis. Istilah sosial-konstruktivis juga digunakan untuk merancang strategi pedagogik tertentu, model desain instruksional, dan lain-lain. Konstruktivisme adalah suatu filsafat pengetahuan yang memiliki anggapan bahwa pengetahuan adalah hasil dari konstruksi atau bentukan manusia itu sendiri. Menurut paham konstruktivisme, pengetahuan tidak dapat ditransfer begitu saja dari seseorang kepada yang lain, tetapi harus diinterpretasikan sendiri oleh tiap-tiap orang.

    ReplyDelete
  10. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Sosio Konstruktivisme adalah sebuah paham yang menekankan pada konteks sosial dari pembelajaran dan bahwa pengetahuan itu dibangun dan dikontruksi secara bersama (mutual). Disini meyakini bahwa segala sesuatu dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Interaksi sosial akan membantu membangun sebuah pemahaman. Dalam kegiatan sosial juga yang mampu mempengaruhi seseorang. Beberapa contoh secara sosial yang mempengaruhi yaitu lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan lainnya. Contoh, jika seorang anak berada dilingkungan yang buruk, maka ada kemungkinan sikap perbuatan yang tebentuk dari diri anak yaitu yang buruk juga. Oleh sebab itu adanya paham sosio kntruktivisme.

    ReplyDelete
  11. Junianto
    PM C

    Konsturktivisme sosial merupakan pandangan kontrukstivisme secara sosial yang berarti bahwa pengetahuan individu yang dibangun akan sangat bergantung dengan konstruksi sosialnya. Kaitannya dengan pembelajaran, pengetahuan siswa akan dikaitkan dengan kehidupan sosialnya. Sehingga dalam membangun pengetahuannya, siswa tetap bisa belajar dari lingkungan sosialnya.

    ReplyDelete
  12. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Konstruktivisme merupakan landasan berfikir (filosofi) pembelajaran konstektual. Pemikir konstruktivis, Vygotsky menekankan pentingnya peran konstruksi pengetahuan sebagai proses social dan kebersamaan. Dalam pembelajaran matematika, dengan konstruktivisme sosio (socio-constructivism) siswa berinteraksi dengan guru, sehingga lahirlah komunikasi yang interaktif antara siswa dan guru yang menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi hidup dan aktiv.

    ReplyDelete
  13. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Teori kontriktivisme didefinisikan sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, atau sering kira pahami yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari. Dengan demikian, socio contructivism (konstruktivisme sosio) merupakan proses belajar untuk menciptakan suatu pemahaman terhadap apa yang sedang dipelajari berdasarkan hasil interaksi sosial baik siswa berinteraksi dengan guru, maupun dengan siswa lainnya.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  14. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Konstruktivisme sosial itu adalah proses membangun pengetahuan dengan bantuan, atau pengaruh dari unsur lingkungan sosial yang ada di sekitar peserta didik (manusia). Konstruktivisme Radikal itu hanya dapat mengakui apa yang dibentuk oleh pikiran manusia. Pengikut pemahaman ini mengesampingkan hubungan antara pengetahuan dan kenyataan sebagai kriteria kebenaran.

    ReplyDelete
  15. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Sosial konstruktivisme adalah teori pengetahuan sosiologis dimana pembangunan manusia terletak dan pengetahuan sosial dibangun melalui interaksi dengan orang lain. Dalam pembelajaran yang menganut konstrukstivisme maka pengajaran dan pembelajaran secara jelas didasarkan pada proses konstruksi aktif peserta didik dan pada penciptaan struktur pengetahuan tingkat tinggi

    ReplyDelete
  16. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa socio-constructivism adalah salah satu teori belajar yang dapat didefinisikan sebagai pendekatan di mana pengetahuan seseorang bergantung pada konstruksi sosial. Banyak ahli yang menganggap teori ini berawal dari Vygotsly yang berfokus pada peran masyarakat atau sosial dalam perkembangan seseorang.

    ReplyDelete
  17. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Socio-constructivime adalah pandangan konstruktivisme yang menekankan pada konteks sosial. Konstruktivisme sosial memandang matematika sebagai suatu konstruksi sosial dimana konstruktivisme sosial menghubungkan pengetahuan subjektif dan objektif dalam sebuah siklus di mana masing-masing memberikan kontribusi dalam pembaruan satu sama lain. Pengetahuan subjektif adanya dalam diri siswa (persepsi) dengan pengetahuan objektif yang diperoleh siswa melalui proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  18. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Teori sosial-konstruktivis adalah salah satu jenis teori pembelajaran konstruktivis. Istilah ini juga digunakan untuk merancang strategi pedagogik tertentu, model desain instruksional, dan lain-lainnya. Sosial konstruktivis menekankan pada aspek sosial. Jika ditarik dalam bidang pembelajaran, sosial konstruktivis mengatakan bahwa ilmu pengetahuan dapat dibangun secara bersama-sama (mutualisme). Jadi, aspek sosial dapat mendorong seseorang untuk memperoleh pengetahuannya.

    ReplyDelete
  19. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Pendekatan konstruktivisme sosial menekankan pada konteks sosial dari pembelajaran dan bahwa pengetahuan itu dibangun dan dikontruksi secara bersama (mutual). Keterlibatan dengan orang lain membuka kesempatan bagi murid untuk mengevaluasi dan memperbaiki pemahaman mereka saat mereka bertemu dengan pemikiran orang lain dan saat mereka berpartisipasi dalam pencarian pemahaman bersama. Dengan cara ini, pengalaman dalam konteks sosial memberikan mekanisme penting untuk perkembangan pemikiran murid.

    ReplyDelete
  20. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Socio-constructivis (Konstruktivis sosial) menekankan pada pembuatan pengetahuan dengan komunitas individu, bukan oleh individu, seperti yang diklaim oleh konstruktivis individu. Pengetahuan dipandang sebagai konstruksi intersubjektif kolaboratif dan dialokasikan oleh individu dari praktek-praktek sosial terorganisir dari kelompok. Masyarakat socio constructivisme adalah masyarakat yang terus berusaha memperbaiki nilai-nilai kehidupan mereka dalam tataran social

    ReplyDelete
  21. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Konstruksivisme Sosial memandang bahwa antara seorang pembelajar dan kehidupan atau fenomena sosial terjadi hubungan yang tidak terpisahkan. Dalam paham atau sudut pandang ini, pemikiran atau pengetahuan dipandang sebagai interaksi sosial atau percakapan.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  22. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Sosio-constructivisme adalah aliran konstruksi sosial yang menekankan pada konteks sosial dari pembelajaran dan menegaskan bahwa pengetahuan itu dibangun dan dikonstruksikan bersama (mutual). Pendekatan konstruktivis sosial ini sangat dipengaruhi oleh teori perkembangan kognitif Vygotski. Dalam pembelajaran, konstruksivisme sosial terlihat saat proses scaffolding dan ZPD diberikan pada siswa. Dalam kehidupan, aliran ini diterapkan saat berinteraksi dengan orang lain dan mengkontruksikan pengetahuannya.

    ReplyDelete
  23. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Jika kita mengenal mengenai konstruktivisme yang fokus pada masing-masing indovidu, maka sosio construktivism ini tidak hanya fokus pada masing-masing individu saja namun lebih fokus terhadap suatu komunitas atau golongan. Sehingga pengetahuan itu diperoleh dari interaksi sosial antar individu datu dengan yang lainnya.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  24. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Socio-constructivism adalah varian teori pembelajaran konstruktivis. Istilah ini juga digunakan untuk merancang strategi pedagogik tertentu, model desain instruksional, dll. Socio-constructivism dilihat sebagai pendekatan yang mampu mendorong siswa untuk mengembangkan potensi-potensi dirinya secara aktif. Siswa tidak lagi dilihat sebagai kertas kosong, tetapi seorang yang memiliki bekal pengetahuan. Dalam prosesnya, bekal pengetahuan yang dimiliki siswa akan berinteraksi dengan pengalaman baru sehingga menghasilkan pengetahuan baru.

    ReplyDelete
  25. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Sosio konstruktivisme menganggap bahwa konstruksi sosial memegang peranan penting dalam membangun pengetahuan. Dalam pembelajaran terapan dari paham ini adalah pendekatan konstruktivisme sosial, yang memandang bahwa lingkungan sosial sangat berpengaruh terhadap bagaimana siswa mengkonstruksi konsep. Dalam mengkonstruksi suatu konsep, siswa berinteraksi dengan siswa lain atau dengan guru untuk mengembangkan strategi dalam penyelesaian masalah. Teori pembelajaran ini sebagaimana teori dari Vigotsky, namun dalam filsafat juga ada tokohnya.

    ReplyDelete
  26. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Penting kiranya dalam usaha memeroleh pengetahuan untuk dapat membangun sendiri pengetahuan yang sudah ada menjadi pengetahuan baru. Bentuk konstruksi ini menjadi dasar dalam pembelajaran yang cukup efisien karena dengan membangun pengetahuan sendiri, seseorang akan lebih memahami sesuatu secara mendalam. Constructivism berkembang menjadi socio-constructivism yang berakar dari kehidupan sosial manusia, dimana muncul klaim-klaim yang dibangun oleh hasil interaksi antar sesama manusia. Klaim yang terbentuk dari socio-constructivism ini dapat bernilai benar tergantung sudut pandang seseorang dalam memandangnya saja.

    ReplyDelete