Dec 1, 2012

SOCIO-CONSTRUCTIVISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang SOCIO-CONSTRUCTIVISM, bisa konek berikut:









Wss Wr Wb
Marsigit

7 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Sosio konstruktivisme adalah pendekatan pembelajaran yaitu pendekatan konstruktivisme sosial, yaitu dalam mengkonstruksi konsep, peserta didik juga dipengaruhi oleh lingkungan sosial.
    Dalam mengkonstruksi suatu konsep, siswa berinteraksi dengan siswa lain atau dengan guru untuk mengembangkan strategi dalam penyelesaian masalah (misal dalam PMRI). Teori pembelajaran diini adalah teori dari Vigotsky, namun dalam filsafat juga ada tokohnya.

    ReplyDelete
  2. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Sosio konstruktivisme didefinisikan sebagai pembelajaran yang bersifat generatif sosial , yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari. Konstruktivisme sebenarnya bukan merupakan gagasan yang baru, apa yang dilalui dalam kehidupan kita selama ini merupakan himpunan dan pembinaan pengalaman demi pengalaman dan dihubungkan dengan dunia sosial. Hal Ini yang menyebabkan seseorang mempunyai pengetahuan dan menjadi lebih dinamis dalam menajani kehidupan.


    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Teori sosial-kontruktivis merupakan varian dari teori belajar konstrutivis yang digunakan untuk merancang strategi pedagogik, desain model instruksional dll. Piaget, Doise dan Mugni mengemukakan bahwa bentuk pertama sosio konstruktivis dapat didefinisikan sebagai suatu pendekatan di mana pengetahuan individu bergantung pada konstruksi sosial. Hal ini berarti bahwa kemampuan manusia dalam melakukan berbagai hal bergantung kepada orang-orang yang ada di sekitarnya atau kaitan kehidupan sosialnya yang secara tidak langsung mempengaruhi manusia dalam melakukan apa yang hendak dilakukannya.

    ReplyDelete
  4. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Teori Konstruktivisme didefinisikan sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu kebermaknaan dari apa yang dipelajari. Filsafat konstruktivis sosial memandang kebenaran matematika tidak bersifat absolut dan mengidentifikasi matematika sebagai hasil dari pemecahan masalah dan pengajuan masalah (problem posing) oleh manusia (Ernest, 1991).

    ReplyDelete
  5. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Teori sosial-konstruktivis adalah varian dari konstruktivis teori belajar . Istilah ini juga digunakan untuk merancang tertentu strategi pedagogik , model desain instruksional , dll
    strategi pengajaran menggunakan konstruktivisme sosial sebagai rujukan sebuah termasuk mengajar dalam konteks yang mungkin secara pribadi bermakna untuk siswa, negosiasi diambil-sebagai-berbagi makna dengan siswa, diskusi kelas, kolaborasi-kelompok kecil, dan menilai kegiatan yang berarti lebih jawaban yang benar (Wood et al, 1995). Cobb (1994) kontras pendekatan memberikan matematika sebagai "konten" terhadap teknik membina munculnya ide-ide matematika dari praktek-praktek kolektif masyarakat kelas. Penekanan tumbuh pada penggunaan guru dari beberapa epistemologi, untuk menjaga ketegangan dialektis antara bimbingan guru dan eksplorasi siswa-diprakarsai, serta antara pembelajaran sosial dan pembelajaran individu.
    fungsi kunci dari lingkungan belajar sosial-konstruktivis adalah:
    • Refleksi & Efek
    • Perancah & Storyboard
    • Fasilitasi & Konten
    • Pemantauan & Assessment
    • Produksi, Investigasi dll
    • dukungan psikologis & Komunitas.

    References:
    http://edutechwiki.unige.ch/en/Socio-constructivism

    ReplyDelete
  6. Wahyu Lestari
    16709251024
    PPs P.Matematika Kelas D

    Vygotsky, yang menyatakan bahwa siswa dalam mengkonstruksi suatu konsep perlu memperhatikan lingkungan sosial. Konstruktivisme ini oleh Vygotsky disebut konstruktivisme sosialPendekatan yang mengacu pada konstruktivisme sosial (filsafat konstruktivis sosial) disebut pendekatan konstruktivis sosial. Filsafat konstruktivis sosial memandang kebenaran matematika tidak bersifat absolut dan mengidentifikasi matematika sebagai hasil dari pemecahan masalah dan pengajuan masalah (problem posing) oleh manusia (Ernest, 1991). Dalam pembelajaran matematika, Cobb, Yackel dan Wood (1992) menyebutnya dengan konstruktivisme sosio (socio-constructivism), siswa berinteraksi dengan guru, dengan siswa lainnya dan berdasarkan pada pengalaman informal siswa mengembangkan strategi-strategi untuk merespon masalah yang diberikan. Karakteristik pendekatan konstruktivis sosio ini sangat sesuai dengan karakteristik RME.

    ReplyDelete
  7. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Konstruktivisme sosial mengklaim bahwa peran guru (atau orang tua/teman) sangat penting dalam “scaffolding” pembelajaran. Karakteristik dari konstruktivisme sosial adalah pembelajaran kognitif dan sosial merupakan konstruksi aktif pengetahuan melalui interaksi dengan orang lain, guru membantu dan menuntun interaksi siswa serta membantu mereka membangun pemahaman dan gagasan mereka sendiri.

    ReplyDelete