Dec 1, 2012

SOCIO-CONSTRUCTIVISM

Ass Wr Wb
Jika ingin membaca lebih lanjut tentang SOCIO-CONSTRUCTIVISM, bisa konek berikut:









Wss Wr Wb
Marsigit

10 comments:

  1. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Konstruktivis sosial menekankan pada pembuatan pengetahuan dengan komunitas individu, bukan oleh individu. Pengetahuan dipandang sebagai konstruksi intersubjektif kolaboratif dan dialokasikan oleh individu dari praktek-praktek sosial terorganisir dari kelompok di mana mereka berpartisipasi (Cobb, 1994). Dengan demikian, pengetahuan atau makna yang tertanam dalam bentuk partisipatif praktek sosial dan tunduk pada pengaruh penataan proses sejarah dan keyakinan sosial budaya yang mengelilingi praktek tersebut.

    ReplyDelete
  2. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Konstruktivisme sosial merupakan pendekatan pembelajaran dimana pengetahuan bisa dibangun melalui proses sosial. Jadi pengetahuan di sini merupakan hasil dari interaksi sosial, penggunaan bahasa serta pengalaman yang dihasilkan dari kesempatan bertukar pendapat dengan orang lain khususnya dengan orang dewasa atau orang yang lebih ahli atau teman sebaya yang lebih berpengetahuan dan berpengalaman. Konterksitivme sosial ini membentuk pola atua langkah-langkah pemikiran secara runtut dengan dibantu dari hasil interaksi sosial sehingga bermanfaat atau sebagai pembelajaran bermakna untuk diri sendiri dan oranglain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anisa Safitri
      17701251038
      PEP B

      Kontruktivisme memandang bahwa manusia mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dengan interaksi social dan pengalaman social. Jadi konstruktivisme sosial berfokus pada pembelajaran individu yang terjadi karena interaksi mereka dalam kelompok. Kelompok mempengaruhi perkembangan individu. Denga interaksi satu dengan yang lain akan membagi pembelajaran dan pengalaman dalam belajar.

      Delete
  3. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Socio-constructivism merupakan sebuah teori yang muncul untuk menjembatani antara teori rasionalis dengan teori reflektifis. Fokus teori ini pada aspek norma, budaya, identitas, institusi politik internasional terutama dalam pembuatan kebijakan asing. Makna kata constructivism itu sendiri adalah seluruh bagian dari kehidupan sosial merupakan sesuatu yang sengaja dibentuk oleh manusia dalam berinteraksi satu sama lain. Sedangkan makna kata social dalam konteks ini yaitu menekankan posisi dalam mengkritik dan memahami realitas dalam dunia politik internasioanl. Teori socio-constructivism ini mengembangkan berbagai asumsi-asumsi untuk menyikapi fenomena dalam hubungan internasional. Kelemahan dari teori ini yaitu banyak mendapatkan kritik dari teori-teori dasar hubungan internasional, sedangkan eksistensinya bertujuan untuk menggambarkan bahwa realitas sosial bukan terjadi secara alamiah dan independen, melainkan dari tindakan-tindakan masyarakat dalam berinteraksi.

    ReplyDelete
  4. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs PM A

    Socio Constructivism merupakan salah satu bagian dari constructivist learning theory. Socio yang berarti sosial dan contructivism yang berarti konstruktivisme. Socio Constructivism dapat didefinisikan sebagai sebuah pendekatan dimana pengetahuan individu bergantung pada konstruksi sosialnya. Hal yang paling utama dalam hal ini adalah proses komunikasi (learning dialogue) yang terjadi dalam situasi antaraa dua orang atau lenih yang mencoba memecahkan suatu masalah (http://edutechwiki.unige.ch/en/Socio-constructivism). Sehingga, peran sosial yang digunakan untuk mengkonstruk atau membangun pengetahuan yang dilakukan seorang individu secara sadar melalui pola interaksinya dalam lingkungan merupakan hal yang sangat penting. Jika dikaitkan dengan pendidikan, Socio Constructivism ini perlu dilakukan untuk membantu siswa membangun sendiri pengetahuannya, salah satunya melalui pola interaksi dengan lingkungannya.

    ReplyDelete
  5. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, konstruktivisme sosial adalah merupakan ideologi yang meyakini dan menyatakan bahwa pembangunan manusia secara sosial terletak dan pengetahuan yang dibangun melalui interaksi sosial dengan orang lain. Ideologi merupakan teori sosiologi dari pengetahuan yang menerapkan filsafat konstruktivisme ke dalam ranah sosial. Konsep ini memiliki sejarah panjang dalam pemikiran sosiologis dan filosofis, namun istilah ini telah diciptakan oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckmann dalam buku yang mereka tulis yaitu “The Social Construction of Reality”. Pada saat ini pembangunan manusia terjadi karena adanya interaksi sosial, dengan adanya interaksi sosial tersebut akan tercipta dan muncul banyak pemikiran dan ide-ide. Dari ide-ide yang terbentuk tersebut maka akan terjadi suatu perubahan yaitu terciptanya sebuah pembangunan manusia lagi dalam dimensi sosial.

    ReplyDelete
  6. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Teori sosial-konstruktivis adalah varian teori pembelajaran konstruktivisme. Istilah ini juga digunakan untuk merancang strategi pedagogik tertentu, model desain instruksional, begitu yang tertulis dalam link http://edutechwiki.unige.ch/en/Socio-constructivism. sedangkan konstruktivisme itu sendiri berarti aliran pementasan drama yang menolak pemakaian latar lukisan dan bentuk dekorasi realistik agar diganti dengan konstruksi lain, seperti tangga dan sebagainya. sebagai perbandingan saya membuka link http://www.grout.demon.co.uk/Barbara/chreods.htm, namun sayang link tersebut tidak dapat saya akses.

    ReplyDelete
  7. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Sosial-konstruktivisme merupakan suatu paham yang menekankan konteks sosial dan proses sosial sebagai hal penting. Jika dituangkan dalam pendekatan pembelajaran, pendekatan konstruktivisme sosial menekankan pada konteks sosial dari pembelajaran, pengetahuan dibangun dan dikontruksi secara bersama. Keterlibatan dengan orang lain memberikan kesempatan keoada siswa untuk berkembang lebih baik. Siswa akan lebih mudah meningkatkan pemahaman mereka saat mereka dipertemukan dengan pemikiran orang lain. Ditambah lagi dengan partisipasi mereka dalam pencarian suatu pemahaman bersama.

    ReplyDelete
  8. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    177092510005

    Assalamualaikum prof,
    Socio Constructivisme merupakan landasan filosofi pembelajaran. Salah satu prinsip kunci dalam teori ini adalah penekanan pada hakikat sosial dalam pembelajaran. Pengetahuan dibangun sedikit demi sedikit karena pengetahuan bukanlah seperangkat fakta-fakta, konsep, atau kaidah yang siap untuk diambil dan diingat. Manusia harus mengkontruksinya melalui pengalaman nyata. Menurut teori ini pengetahuan tersebut dibangun dan dikonstruksi secara bersama karena belajar lebih mudah diperoleh dalam konteks sosial budaya seseorang. Keterlibatan dengan orang lain membuka kesempatan bagi siswa untuk mengevaluasi dan memperbaiki pemahaman mereka ketika bertemu dengan pemikiran orang lain dan juga ketika mereka berpartisipasi dalam pencarian pemahaman bersama. Dengan cara ini, pengalaman dalam konteks sosial memberikan mekanisme penting untuk perkembangan pemikiran siswa.

    ReplyDelete
  9. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    P. Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb. terima kasih atas link yang bapak ssajikan. Social-construct atau konstruksi sosial adalah tatanan sosial yang tercipta melalui proses sosialisasi yang panjang dari generasi ke generasi. Ia terus direproduksi melalui interaksi sosial dalam masyarakat. Konstruksi sosial diikat oleh norma-norma yang diakui oleh suatu kebudayaan tertentu. salah-satu contoh: di salah-satu daerah di Sulawesi Selatan menganggap Bissu (waria) sebagai pendeta yang ditugaskan merawat kebudayaan asli. Hal tersebut merupakan konstruksi sosial yang telah diyakini secara turun-temurun. Kira-kira begitu pemahaman saya. Jika keliru mohon diluruskan

    ReplyDelete