tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post7200476287001661240..comments2023-12-05T12:14:52.538+07:00Comments on Philosophy, Psychology, Spiritual, Math Education, Lesson Study, Indonesia: Prof Dr Marsigit MA : SOCIO-CONSTRUCTIVISMMarsigithttp://www.blogger.com/profile/00400957216266693823noreply@blogger.comBlogger26125tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-82020325826441140112020-01-08T08:08:26.348+07:002020-01-08T08:08:26.348+07:00Ngaenun Nangim
19709251058
S2 Pendidikan Matematik...Ngaenun Nangim<br />19709251058<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Berdasarkan beberapa sumber di atas, disimpulkan bahwasannya sosio-constructivisme adalah aliran konstruksi sosial yang menekankan pada konteks sosial dari pembelajaran dan menegaskan bahwa pengetahuan itu dibangun dan dikonstruksikan bersama (mutual). Pendekatan konstruktivis sosial ini sangat dipengaruhi oleh teori Ngaenun Nangimhttps://www.blogger.com/profile/09254710155312410961noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-13083904305508044852020-01-01T09:55:47.218+07:002020-01-01T09:55:47.218+07:00Rifki Rinaldo
19709251070
S2 Pendidikan Matematika...Rifki Rinaldo<br />19709251070<br />S2 Pendidikan Matematika<br /><br />Konstruktivisme sosial menekankan bahwa semua fungsi kognitif termasukpembelajaran bergantung pada interaksi dengan orang lain (misalnya guru, teman sebaya, dan orang tua). Oleh karena itu pembelajaran sangat tergantung pada kualitas proses kolaboratif dalam komunitas pendidikan, yang merupakan situasi spesifik dan terikat Rifki Rinaldohttps://www.blogger.com/profile/01429357594401288965noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-65637497409009044272020-01-01T06:41:12.726+07:002020-01-01T06:41:12.726+07:00Zuari Anzar
19701251006
S2 PEP A 2019
Istilah kon...Zuari Anzar<br />19701251006<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Istilah konstruktivisme dikenal mengacu pada teori perkembangan struktur kognitif dari Piaget. Konstruktivisme yang dikenal dari kerja Piaget yang menyatakan bahwa pengetahuan konseptual tidak dapat ditransfer dari seseorang ke orang lainnya, melainkan harus dikonstruksi oleh setiap orang berdasar pengalaman mereka sendiri. Zuari Anzarhttps://www.blogger.com/profile/11231404800503042096noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-91562895993710772282019-12-29T23:36:47.812+07:002019-12-29T23:36:47.812+07:00Sri Ningsih
19709251064
S2 Pendidikan Matematika ...Sri Ningsih <br />19709251064<br />S2 Pendidikan Matematika kelas D<br /><br />Konstruktivis sosial menekankan pada pembuatan pengetahuan dengan komunitas individu, bukan oleh individu, seperti yang diklaim oleh konstruktivis individu. Pengetahuan dipandang sebagai konstruksi intersubjektif kolaboratif dan dialokasikan oleh individu dari praktek-praktek sosial terorganisir dari kelompok di mana Sri Ningsihhttps://www.blogger.com/profile/02896347110502401197noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-82918541351526372432019-11-11T07:43:58.818+07:002019-11-11T07:43:58.818+07:00Rizki Nisa Setyowati
19701251013
PEP S2 A
Sosio-k...Rizki Nisa Setyowati<br />19701251013<br />PEP S2 A<br /><br />Sosio-konstruktivisme sebagai turunan dari teori belajar konstruktivisme, menekankan bahwa pengetahuan dibangun secara mutual dari pengetahuan-pengetahuan yang telah dimiliki dan interaksi dengan lingkungan sosial dan budaya peserta didik. Vygotsky, salah satu tokoh konstruktivimse, mengemukakan bahwa pengetahuan yang dimiliki seorangnisarizkhttps://www.blogger.com/profile/08607348734608734447noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-85554014895177119122019-01-15T06:56:18.800+07:002019-01-15T06:56:18.800+07:00Diana Prastiwi
18709251004
S2 P. Mat A 2018
Kontr...Diana Prastiwi<br />18709251004<br />S2 P. Mat A 2018<br /><br />Kontruktivisme memandang bahwa manusia mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dengan interaksi social dan pengalaman social. Jadi konstruktivisme sosial berfokus pada pembelajaran individu yang terjadi karena interaksi mereka dalam kelompok. Kelompok mempengaruhi perkembangan individu. Denga interaksi satu dengan yang lain akan Dianahttps://www.blogger.com/profile/17483040393210978190noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-86262105281091083732019-01-06T01:07:52.540+07:002019-01-06T01:07:52.540+07:00Sintha Sih Dewanti
18701261013
PPs S3 PEP UNY
Jik...Sintha Sih Dewanti<br />18701261013<br />PPs S3 PEP UNY<br /><br />Jika dikaitkan dengan pembelajaran, strategi pengajaran menggunakan konstruktivisme sosial sebagai referensi mengajar dalam konteks yang mungkin secara individu bermakna bagi siswa, menegosiasikan makna yang diambil sebagai bagian dengan siswa, diskusi kelas, kolaborasi kelompok kecil, dan menilai kegiatan yang bermakna atas Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/01601728478598500956noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-86373188197465442902019-01-05T22:57:39.046+07:002019-01-05T22:57:39.046+07:00Kartianom
18701261001
S3 PEP 2018
Dalam Socio-Con...Kartianom<br />18701261001<br />S3 PEP 2018<br /><br />Dalam Socio-Constructivism berpandangan bahwa pengetahuan individu diperoleh dari hasil interaksi sosial dengan individu yang lain, bukan pengalaman yang hanya dihasilkan seorang diri. Dalam pembelajaran, dunia sosial siswa adalah orang-orang yang secara langsung mempengaruhi siswa, seperti guru, siswa lain, teman. Sehingga dalam proses KARTIANOMhttps://www.blogger.com/profile/02454845429616706705noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-1061708871534235722019-01-05T17:01:55.637+07:002019-01-05T17:01:55.637+07:00Elsa Apriska
18709251005
S2 PM A 2018
Pendekatan ...Elsa Apriska<br />18709251005<br />S2 PM A 2018<br /><br />Pendekatan sosial konstruktivisme merupakan bagian dari pendekatan konstruktivisme. Pada pendekatan konstruktivisme siswa secara individu aktif membangun pengetahuan dan pemahamannya berdasarkan informasi-informasi yang diterimanya dengan melakukan aktifitas-aktifitas. Pada pendekatan sosial-konstruktivisme siswa membangun pengetahuan danElsa Apriska Bloghttps://www.blogger.com/profile/16187923001638596780noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-708499318609126942019-01-05T08:24:50.734+07:002019-01-05T08:24:50.734+07:00Dini Arrum Putri
18709251003
S2 P Math A 2018
K...Dini Arrum Putri <br />18709251003<br />S2 P Math A 2018 <br /><br />Kontruktiv sosial dikemukakan oleh vygotsky yang memfokuskan bahwa pada proses pembelajaran siswa di sekolah tidak dapat dipisahkan dengam adanya interaksi atau proses sosial yang terjadi. Dengan adanya proses sosial yang ada, siswa akan sama sama membangun pengetahuannya sendiri dibantu dengan bimbingan guru. Sehingga pada Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06929271158453882959noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-52675241793565784272019-01-02T19:44:46.150+07:002019-01-02T19:44:46.150+07:00Dita Aldila Krisma
18709251012
PPs Pendidikan Mate...Dita Aldila Krisma<br />18709251012<br />PPs Pendidikan Matematika A 2018<br /><br />Kaitan antara sosio-konstruktivisme dengan teori. Sosio-konstruktivisme pertama dapat didefinisikan sebagai suatu pendekatan yang mana pengetahuan individu bergantung pada konstruksi sosialnya. Dalam ranah pembelajara, sosio-kontstruktivisme meliputi orang-orang yang secara langsung mempengaruhi orang itu, Dita Aldila Krismahttps://www.blogger.com/profile/08660002387758309609noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-39074281696008416272019-01-01T14:50:28.223+07:002019-01-01T14:50:28.223+07:00Nur Afni
18709251027
S2 Pendidikan Matematika B 20...Nur Afni<br />18709251027<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /> <br />Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.<br />Konstruktivisme sosial adalah teori pengetahuan sosiologis yang dengannya perkembangan manusia ditempatkan secara sosial dan pengetahuan dibangun melalui interaksi dengan orang lain. karakteristik konstruktivisme sosial adalah menolak peran kebutuhan manusia super dalam Nur Afni Yusrinhttps://www.blogger.com/profile/15105792521758487552noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-46573939511304888772018-12-30T16:12:15.105+07:002018-12-30T16:12:15.105+07:00Rosi Anista
18709251040
S2 Pendidikan Matematika B...Rosi Anista<br />18709251040<br />S2 Pendidikan Matematika B<br /><br />Konstruktivisme sosial menyatakan bahwa orang bekerja bersama untuk membangun artefak. Sementara konstruksionisme sosial berfokus pada sesuatu yang diciptakan melalui interaksi sosial suatu kelompok, konstruktivisme sosial berfokus pada pembelajaran individu yang terjadi karena interaksinya dalam suatu kelompok.Rosi Anistahttps://www.blogger.com/profile/08762797426722719629noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-21745084079076371572018-12-29T16:19:05.033+07:002018-12-29T16:19:05.033+07:00Septia Ayu Pratiwi
18709251029
S2 Pendidikan Mate...Septia Ayu Pratiwi <br />18709251029<br />S2 Pendidikan Matematika 2018<br /><br />Socio-Constructivism merupakan varian dari teori pembelajaran konstruktivisme. Istilah pembelajaran ini digunakan untuk merancang strategi pedagogik, desain pembelajaran instruksional, dan lain sebagainya. Pendekatan ini diterapkan oleh Jean Piaget dan Lev Vygotsky bahwa anak bukanlah sebuah kertas kosong yang Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/08203432380887905199noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-43830271018039711552018-12-29T08:08:36.837+07:002018-12-29T08:08:36.837+07:00Aizza Zakkiyatul Fathin
18709251014
Pps Pendidikan...Aizza Zakkiyatul Fathin<br />18709251014<br />Pps Pendidikan Matematika A<br /><br />Socio-construktivism atau kontruktivis sosial secara umum menekankan pada konteks sosial dari pembelajaran dan bahwa pengetahuan itu dibangun dan dikonstrukikan bersama. Pendekatan konstruktivis sosial ini sangat dipengaruhi oleh teori perkembangan kognitif Vygotsky. Vygotsky mengatakan bahwa perkembangan anak Aizza'shttps://www.blogger.com/profile/00358038077919523720noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-33826371768791052482018-12-26T17:02:41.472+07:002018-12-26T17:02:41.472+07:00Nani Maryani
18709251008
S2 Pendidikan Matematika...Nani Maryani <br />18709251008<br />S2 Pendidikan Matematika (A) 2018<br />Assalamu'alaikum Wr.Wb<br /><br />Pada awalnya bentuk sosio-konstruktivisme dapat didefinisikan sebagai suatu pendekatan dimana pengetahuan individu bergantung pada konstruksi sosialnya. Contoh khusus yang relevan dalam hal ini adalah proses komunikasi (dialog pembelajaran) yang terjadi dalam situasi di mana setidaknyaAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/06012026052190180314noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-78599546271167711252018-12-26T16:59:28.777+07:002018-12-26T16:59:28.777+07:00Nani Maryani
18709251008
S2 Pendidikan Matematika...Nani Maryani <br />18709251008<br />S2 Pendidikan Matematika (A) 2018<br />Assalamu'alaikum Wr.Wb<br /><br />Dengan menggabungkan pengaruh yang secara tradisional terkait dengan sosiologi dan antropologi, sosial-konstruktivisme lebih menekankan pada dampak dari kolaborasi, dan negosiasi pada pemikiran dan pembelajaran. Gagasan sentral dalam sosio-konstruktivisme adalah pembelajaran yang Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06012026052190180314noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-12134977681665429562018-12-23T23:51:05.394+07:002018-12-23T23:51:05.394+07:00Amalia Nur Rachman
18709251042
S2 Pendidikan Matem...Amalia Nur Rachman<br />18709251042<br />S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018<br /><br />Dalam lingkup global, konstruktivisme merupakan sebuah teori sosial yang menjelaskan tindakan-tindakan yang diambil oleh negara dan aktor-aktor besar lain, serta juga identitas yang memandu negara dan aktor-aktor ini. Sedangkan konstruktivisme sosial mencakup serangkaian teori pula yang bertujuan menjawab Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/14084511649584158372noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-47804174348517929022018-12-13T12:52:28.520+07:002018-12-13T12:52:28.520+07:00Anggoro Yugo Pamungkas
18709251026
S2 Pend.Matemat...Anggoro Yugo Pamungkas<br />18709251026<br />S2 Pend.Matematika B 2018<br /><br />Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.<br />Berdasarkan judul diatas, konstruktivisme sosial dikembangkan oleh Vigotsky, dia menyatakan bahwa belajar bagi anak dilakukan dalam interaksi dengan lingkungan sosial maupun fisik. Suatu penemuan atau discovery dalam belajar lebih mudah diperoleh dalam konteks sosial Anggoro Yugo Pamungkashttps://www.blogger.com/profile/16992614964855161232noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-43218380192798201212018-12-12T13:27:21.871+07:002018-12-12T13:27:21.871+07:00Janu Arlinwibowo
18701261012
PEP 2018
Konstruktiv...Janu Arlinwibowo<br />18701261012<br />PEP 2018<br /><br />Konstruktivisme sosial yang dikembangkan oleh Vigotsky adalah bahwa belajar bagi anak dilakukan dalam interaksi dengan lingkungan sosial maupun fisik. Penemuan atau discovery dalam belajar lebih mudah diperoleh dalam konteks sosial budaya seseorang. Dalam penjelasan lain mengatakan bahwa inti konstruktivis Vigotsky adalah interaksi antaraJanu Arlinwibowohttps://www.blogger.com/profile/06413979938601416925noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-51663549919740210532018-12-12T05:10:52.212+07:002018-12-12T05:10:52.212+07:00Diana Prastiwi
18709251004
S2 P. Mat A 2018
Konst...Diana Prastiwi<br />18709251004<br />S2 P. Mat A 2018<br /><br />Konstruktivisme sosial merupakan pendekatan pembelajaran dimana pengetahuan bisa dibangun melalui proses sosial. Pengetahuan di sini merupakan hasil dari interaksi sosial, penggunaan bahasa serta pengalaman yang dihasilkan dari kesempatan bertukar pendapat dengan orang lain khususnya dengan orang dewasa atau orang yang lebih ahli Dianahttps://www.blogger.com/profile/17483040393210978190noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-91030471286125686962018-12-11T05:23:42.162+07:002018-12-11T05:23:42.162+07:00Aan Andriani
18709251030
S2 Pendidikan Matematika ...Aan Andriani<br />18709251030<br />S2 Pendidikan Matematika B<br /><br />Assalamualaikum wr.wb.<br />Gagasan sentral dalam sosio-konstruktivisme adalah pembelajaran terpandu. Ada banyak varian sosio- konstruktivisme baik dalam pembelajaran teori dan desain pedagogis. Bentuk sosio-konstruktivisme pertama dapat didefinisikan sebagai pendekatan yang sesuai dengan pengetahuan individu yang bergantungAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/18030152295452015631noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-59477476088990373002018-12-10T14:51:17.798+07:002018-12-10T14:51:17.798+07:00Herlingga Putuwita Nanmumpuni
18709251033
S2 Pend...Herlingga Putuwita Nanmumpuni <br />18709251033<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Konstruktivisme bukan merupakan gagasan baru, apa yang dilalui dalam kehidupan kita selama ini merupakan himpunan dan pembinaan pengalaman demi pengalaman. Ini menyebabkan seseorang mempunyai pengetahuan dan menjadi lebih dinamis. Secara umum, pendekatan konstruktivisme sosial menekankan pada konteks Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12385734455895341243noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-62389439495239879542018-12-06T11:22:49.669+07:002018-12-06T11:22:49.669+07:00Fabri Hidayatullah
18709251028
S2 Pendidikan Matem...Fabri Hidayatullah<br />18709251028<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Socio Constructivisme merupakan landasan filosofi pembelajaran. Salah satu prinsip kunci dalam teori ini adalah penekanan pada hakikat sosial dalam pembelajaran. Pengetahuan dibangun sedikit demi sedikit karena pengetahuan bukanlah seperangkat fakta-fakta, konsep, atau kaidah yang siap untuk diambil dan diingat. fabrihttps://www.blogger.com/profile/03496361897749715407noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-82939341727621674282018-12-02T06:22:52.198+07:002018-12-02T06:22:52.198+07:00Agnes Teresa Panjaitan
S2 Pendidikan Matematika A ...Agnes Teresa Panjaitan<br />S2 Pendidikan Matematika A 2018<br />18709251013<br /> <br />socio-constructivsm merupakan varian dari teori pembelajaran konstruktivis. Istilah ini digunakan untuk menyusun suatu strategi pedagogik, model desain instruksional, dsb. Socio-constructivism dapt dikaji sebahai suatu pendekatan yang mampu memotivasi siswa dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada didalamAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/11925957528088907246noreply@blogger.com