Dec 1, 2012

UTILITARIANISM

Ass Wr Wb

Jika ingin membaca lebih lanjut tentang UTILITARIANISM, silahkan konek ke:










Wss Wr Wb

Marsigit





34 comments:

  1. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Utilitarianisme merupakan pandangan yang menilai baik buruknya sesuatu dari kegunaan dan manfaatnya. Utilitarianisme tidak menganggap penting hal-hal yang lain selain manfaat dan kegunaan yang ditimbulkan. Penganut paham utilitarianisme cenderung untuk mencari hal-hal yang bermanfaat dan memaksimalkan kebahagiaan serta mengurangi penderitaan. Bermanfaat yang dimaksud dalam paham ini adalah bermanfaat bagi banyak pihak. Bukan mengambil manfaat secara individu dan merugikan yang lainnya.

    ReplyDelete
  2. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Utilitarianisme, asal katanya adalah utilis yang memiliki arti berguna, bermanfaat atau berfaedah. Tokoh yang mengusung teoi ini adalah David Hume. Beliau mencetuskan teori ini dengan tujuan untuk dapat menjawab moralitas yang sedang diterpa keraguan yang besar. Tetapi, teori dari utilitarianisme ini lebih dikenal dengan “the greatest happiness theori” yang artinya teori kebahagiaan terbesar. Sehingga dapat dikatakan bahwa utilitarianisme adalah teori terkait etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang tepat adalah sindakan yang memaksimalkan penggunaannya dalam artian memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan.

    ReplyDelete
  3. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Melalui bacaan, saya mengamati bahwa utilitarianisme penekanannya pada moral.Dengan bertindak sesuai dengan aturan moral tidak akan merugikan orang lain.Paham ini menginginkan mencari kebahagiaan yang juga dapat menyenangkan orang lain dengan memegang kepercayaan bahwa semua ini telah menjadi anjuran dan perintah Tuhan.Tidak menimbulkan perbedaan dengan kehidupan kita.Kita menginginkan bagaimana kehidupan kita bermanfaat juga buat orang lain.Karena sebenar-benarnya hidup adalah yang bermanfaat buat orang lain.

    ReplyDelete
  4. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Utilitarianisme merupakan aliran yang memandang kebahagiaan terbesar sebagai landasan moral dan berpendapat bahwa tindakan benar sebanding dengan tindakan yang meningkatkan kebahagiaan. Utilitarianisme merupakan pandangantentang moralitas dan kebahagiaan atau kesejahteraan pemuasan secara harmonis atas hasrat-hasrat individu.

    ReplyDelete
  5. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    utilitarianisme sering didefinisikan sebagai upaya untuk mencapai kebaikan terbesar dalam jumlah terbesar.Pada zaman sekarang ini seseorang menghalalkan berbagai cara agar mendapatkan utilitas yang lebih besar. Utilitarianisme merupakan suatu paham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang berguna, berfaedah, dan menguntungkan. Sebaliknya, yang jahat atau buruk adalah yang tak bermanfaat, tak berfaedah, dan merugikan. Karena itu, baik buruknya perilaku dan perbuatan ditetapkan dari segi berguna, berfaedah, dan menguntungkan atau tidak. Dari prinsip ini, tersusunlah teori tujuan perbuatan.

    ReplyDelete
  6. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Berdasarkan referensi link diatas Utilitarianisme merupakan pandangan yang berusaha untuk memberikan jawaban atas pertanyaan praktis "Apa yang harus dilakukan manusia?" Jawabannya adalah bahwa dia harus bertindak untuk menghasilkan konsekuensi terbaik. Aliran ini memebrikan norma bahwa baik dan buruknya suatu tindakan merupakan akibat dari perbuatan individu sendiri. Oleh karena itu, seornag individu atau subyek berusaha untuk melakukan tindakan yang tepat untuk memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. Terima Kasih

    ReplyDelete
  7. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Utilitarianisme merupakan bagian dari etika filsafat yang berkembang sebagai kritik atas dominasi hukum alam. Selain itu, ada yang berpendapat utiliatarianisme merupakan suatu tindakan yang dilakukan dengan meminimalkan biaya dan mamaksimalkan keuntungan. Utilitarianisme dalam pengertian yang paling sederhana, menyatakan bahwa tindakan atau kebijaksanaan yang secara moral benar adalah yang menghasilkan kebahagiaan terbesar bagi warga masyarakat. “Utilitarianisme” berasal dari kata Latin, utilis yang berarti “bermanfaat”.

    ReplyDelete
  8. Contoh Utilitarianisme yaitu Kasus tentang Pewarna Pakaian yang digunakan pada makanan anak-anak. Sebagai contoh di satu sekolah ada penjual jajanan anak-anak yang menjual agar-agar dan gulali (harum manis) dan ternyata pewarna yang digunakan adalah pewarna pakaian dengan merek KODOK bukan pewarna pasta makanan. Secara etis hal ini sangat tidaklah beretika, karena akan merugikan orang lain namun dalam konsep utilitarinisme hal ini akan menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit bagi penjualnya karena dia mampu menggantikan pewarna yang mahal dengan pewarna yang murah.
    Dengan demikian, kasus ini akan menyebabkan kerugian dan telah mengesampingkan hak orang lain. Disinilah letak minus prinsip utilitarianisme walaupun menguntungkan pada salah seorangnya.

    ReplyDelete
  9. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum Prof,
    Terimakasih Prof atas postingannya. Postingan ini berisi mengenai UTILITARIANISM, Utilitarianism adalah suatu etis atau fikiran yang memaksimalkan utilitas, utilitas sendiri maksudnya kegunaan. Maksudnya utilitarianism adalah suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan, biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan (Wikipedia). Jadi disini, berupaya untuk memberikan hasil yang terbaik dengan kepraktisan namun hasil yang maksimal. Contoh kita berupaya membuat suatu produk, untuk apa kita membuat dengan bahan mahal jika ada bahan yang murah, dengan catatan hasil kualitas tetap terbaik. Jadi dengan seminim minim modal akan membuahkan hasil sebesar besarnya yang berkualitas.

    ReplyDelete
  10. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas yang dapat saya pahami adalah bahwa konsep dari utilitarianisme adalah aliran filsafat yang mampu memberi manfaat bagi orang banyak yang dapat memberikan kebahagiaan. Utilitarianisme memiliki tujuan untuk meminimalkan kerugian yang dihasilkan dalam suatu tindakan.Teori utilitarianisme menunjukkan bahwa tujuan akhir setiap tindakan manusia adalah untuk mencapai sebuah kebahagiaan. Prinsip dari teori ini adalah “the greatest good for the greatest number”, yaitu bertindaklah agar tindakanmu memberikan manfaat sebesar mungkin bagi sebanyak mungkin orang.

    ReplyDelete
  11. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Utilitarianisme sering didefinisikan sebagai upaya untuk mencapai kebaikan terbesar dalam jumlah terbesar. tilitarianisme merupakan suatu paham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang berguna, berfaedah, dan menguntungkan, sebaliknya yang jahat atau buruk adalah yang tak bermanfaat, tak berfaedah, dan merugikan. Menurut penganut utilitarianisme, tujuan perbuatan sekurang-kurangnya menghindari atau mengurangi kerugian yang diakibatkan oleh perbuatan yang dilakukan, baik bagi diri sendiri ataupun orang lain.

    ReplyDelete
  12. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Utilitarianesme berasal dari kata Latin utilis, yang berarti berguna, bermanfaat, berfaedah, atau menguntungkan. Utilitarian mencakup semua hal baik dan buruk yang dihasilkan oleh suatu tindakan, baik yang muncul setelah tindakan tersebut dilakukan atau selama kinerjanya. Utilitarianesme juga diartikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. Utilitarian ini sejenis dengan hedonism yang mengutamakan kesenangan dan kebaagiaan.

    ReplyDelete
  13. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Utilitarianisme merupakan suatu paham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang berguna, berfaedah, dan menguntungkan. Sebaliknya, yang jahat atau buruk adalah yang tak bermanfaat, tak berfaedah, dan merugikan. Karena itu, baik buruknya perilaku dan perbuatan ditetapkan dari segi berguna, berfaedah, dan menguntungkan atau tidak. Dari prinsip ini, tersusunlah teori tujuan perbuatan.

    ReplyDelete
  14. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Menurut penganut aliran utilitarianisme, tujuan perbuatan sekurang-kurangnya adalah untuk menghindari atau mengurangi kerugian yang diakibatkan oleh perbuatan yang dilakukan oleh diri sendiri ataupun orang lain. Perbuatan harus diusahakan agar mendatangkan kebahagiaan daripada penderitaan, manfaat daripada mudarat, keuntungan daripada kerugian, untuk sebagian besar orang.

    ReplyDelete
  15. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Utilitarianisme merupakan bagian dari etika filsafat mulai berkembang pada abad ke 19 sebagai kritik atas dominasi hukum alam. Utilitarianisme disebut sebagai teori kebahagiaan. Karena utilitarianisme merupakan suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan.

    ReplyDelete
  16. Junianto
    PM C

    Utilitarianism merupakan pandangan yang mengatakan bahwa segala sesuatu dianggap baik atau buruk berdasarkan keguanaan, manfaat dan faedahnya. Selain kegunaan dan manfaat maka tidaklah penting karena sebagus apapun sesuatu jika tidak memiliki manfaat bagi orang banyak tidaklah berguna. Penganut paham ini menjadikan manfaat atau kegunaan dari barang untuk memenuhi kebutuhan agar tercapai kebahagiaan.

    ReplyDelete
  17. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Utilitarianisme secara etimologi berasal dari bahasa Latin dari kata Utilitas, yang berarti useful, berguna, berfaedah dan menguntungkan. Sedangkan secara terminology utilitarianisme merupakan suatu paham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang berguna, berfaedah, dan menguntungkan. Sebaliknya, yang jahat atau buruk adalah yang tidak bermanfaat, tak berfaedah, merugikan. Karena itu, baik buruknya perilaku dan perbuatan ditetapkan dari segi berguna, berfaedah, dan menguntungkan atau tidak. Utilitarianisme mulai berkembang pada abad ke 19. Kemunculannya di latarbelakangi oleh keinginan besar untuk melepaskan diri dari belenggu doktrin hukum alam. David Hume dan Helvetius, dan Beccaria adalah arsitek utama doktrin Utilitarianisme tersebut. Namun, Jemery Betham lah yang berhasil merumuskannya dalam sebuah teori formal tentang refomasi sosial sehingga menjadi kiblat bagi kelas menengah. Utilitarianisme disebut sebagai teori kebahagiaan terbesar (the greatest happines theory). Karena utilitiarianisme dalam konsepsi Bentham berprinsip the greatest happiness of the greatest number. Kebahagiaan tersebut menjadi landasan moral utama kaum utilitarianisme, tetapi kemudian konsep tersebut di rekonstruksi Mill menjadi bukan kebahagiaan pelaku saja, melainkan demi kebahagiaan semua.

    ReplyDelete
  18. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Utilitarisme tidak mementingkan nilai benar melainkan nilai untung. Biasanya jika nilai untung yang menjadi tolak ukur suatu tindakan atau keputusan hanya akan menguntungkan orang-orang kaya dan akan menderitakan orang-orang miskin. Dan akan terjadi ketidakadilan dalam tindakan tersebut.

    ReplyDelete
  19. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Utilitarianism adalah usaha unutk memberikan jawaban atas pertanyaan "Apa yang harus dilakukan manusia?" Jawabannya adalah dia harus bertindak untuk menghasilkan konsekuensi terbaik. Utilitarianisme adalah salah satu pendekatan yang paling kuat dan persuasif terhadap etika normatif dalam sejarah filsafat.

    ReplyDelete
  20. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Menurut teori ini, suatu perbuatan adalah baik apabila memberikan manfaat, faedah, dan memiliki kegunaan. Tapi manfaatnya bukan saja untuk satu atau dua orang tapi bagi keseluruhan. Teori ini memberikan norma bahwa baik atau buruknya suatu tindakan oleh akibat dari perbuatan itu sendiri apakah memberikan manfaat atau malah mudarat.

    ReplyDelete
  21. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Perilaku baik maka akan menghasilkan suatu akibat yang baik, begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itu sebagai manusia dalam setiap tindakan harus dipikirkan baik atau buruk dampaknya. Karena dampak negatifnya akan ditanggung bukan hanya oleh diri sendiri masyarakat yang akan menilai dan mendapatkan dampak dari perilaku tersebut.

    ReplyDelete
  22. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa ulitarianisme adalah tradisi yang menyatakan bahwa sebuah tindakan benar jika tindakan tersebut cenderung membawa pada kebahagiaan dan salah jika menciptakan lawan dari kebahagiaan. Kebahagiaan di sini bukan hanya kebahagiaan bagi yang melakukan tindakan, namun juga orang-orang yang terkena dampak dari tindakan tersebut.

    ReplyDelete
  23. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Utilitarianisme adalah suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. Utilitarianisme sebagai teori sistematis pertama kali dipaparkan oleh Jeremy Bentham dan muridnya, John Stuart Mill.

    ReplyDelete
  24. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Utilitarianism adalah paham yang memaksimalkan suatu manfaat atau kegunaan yang menguntungkan. Paham memandang dunia dari kebermanfaatannya, apakah memberikan manfaat kepada oranglain atau tidak. Sehingga diperlukan usaha untuk dapat memberikan manfaat bagi oranglain. Usaha yang dilakukan harus sesuai dengan ruang dan waktunya.
    Usaha yang dilkukan juga harus dilandasi dengan rasa ikhlas, agar usaha yang kita berikan dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
  25. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Utilitarianisme merupakan suatu teori yang mengatakan bahwa sesuatu akan dianggap ada jika memiliki manfaat (utility). Sama halnya kita sebagai manusia. Kita sebagai manusia akan dianggap ada jika bermanfaat bagi orang lain. Kita akan dirasakan keberadaannya oleh orang lain jika bermanfaat bagi sesama. Oleh karena itu, jadilah sebaik-baik manusia, yakni manusia yang bermanfaat bagi sesama.

    ReplyDelete
  26. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Utilitarianisme merupakan paham yang menekankan prinsip manfaat atau kegunaan sebagai prinsip moral yang paling mendasar. Utilitarianisme memegang pendapat bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. Sebagai manusia, prinsip manfaat atau kegunaan mestinya tertanam dalam diri kita. Kita harus bisa menjadi manusia yang berguna bagi orang lain, itulah sebenar-benarnya hakekat hidup, apabila kita bisa membawa manfaat untuk orang banyak.

    ReplyDelete
  27. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Aliran Utilitarianisme mempunyai pandangan bahwa tujuan hukum adalah harus ditujukan untuk mencapai kebahagiaan tertinggi dengan cara melengkapi kehidupan, mengendalikan kelebihan, mengedepankan persamaan dan menjaga kepastian. Sehingga, hukum itu pada prinsipnya ditujukan untuk menciptakan ketertiban masyarakat, disamping untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada jumlah orang yang terbanyak.

    ReplyDelete
  28. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Utilitarianisme adalah suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. Dalam utilitarianisme aturan, tujuannya adalah untuk meminimalkan utilitas negatif – rasa sakit dan penderitaan – ketimbang memaksimalkan utilitas positif.

    ReplyDelete
  29. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Dalam aliran ini, manusia harus bertindak sebagaimana mungkin sehingga menghasilkan kemungkinan konsekuensi yang terbaik. Menurut A Mangunhardjana, Utilitarianisme adalah sebuah teori yang diusulkan oleh David Hume untuk menjawab moralitas yang saat itu mulai diterpa badai keraguan yang besar, tetapi pada saat yang sama masih tetap sangat terpaku pada aturan-aturan ketat moralitas yang tidak mencerminkan perubahan-perubahan radikal di zamannya.

    terimakash

    ReplyDelete
  30. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Utilitarianism adalah suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan, biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. Utilitarianisme merupakan suatu faham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang berguna, berfaedah dan menguntungkan, dan sebaliknya bahwa yang jahat atau buruk adalah yang tidak bermanfaat, tidak berfaedah dan merugikan. Dari prinsip ini tersusunlah teori tujuan perbuatan.

    ReplyDelete
  31. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Utilitarisme berasal dari kata Latin utilis yang berarti “bermanfaat”. Menurut teori ini, suatu perbuatan adalah baik jika membawa manfaat, berfaedah atau berguna, tapi menfaat itu harus menyangkut bukan saja satu dua orang melainkan masyarakat sebagai keseluruhan. Aliran ini memberikan suatu norma bahwa baik buruknya suatu tindakan oleh akibat perbuatan itu sendiri. Tingkah laku yang baik adalah yang menghasilkan akibat-akibat baik sebanyak mungkin dibandingkan dengan akibat-akibat buruknya.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  32. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Setiap tindakan manusia harus selalu dipikirkan, apa akibat dari tindakannya tersebut bagi dirinya maupun orang lain dan masyarakat. Utilitarisme mempunyai tanggung jawab kepada orang yang melakukan suatu tindakan, apakah tindakan tersebut baik atau buruk. Menurut suatu perumusan terkenal, dalam rangka pemikiran utilitarisme (utilitarianism) kriteria untuk menentukan baik buruknya suatu perbuatan adalah the greatest happiness of the greatest number, kebahagiaan terbesar dari jumlah orang terbesar.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  33. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Utilitarianisme merupakan aliran filsafat yang memandang atau memagang prinsip bahwa tujuan manusia hidup adalah melakukan hal yang berguna. Maka dari itu segala yang dilakukan idealnya harus berorientasi pada berguna atau tidak, bermanfaat atau tidak. Segala tindakan manusia yang baik adalah yang memiliki kegunaan, sedangkan yang bersifat tidak berguna atau merugikan adalah suatu tidak baik maka harus dihindari. Namun demikian, kebergunaan atau kebermanfaatan juga harus mempertimbangkan berbagai hal, dengan kata lain harus bijaksana. Sifat utilitarianisme harus diimbangi dengan rasa peduli dan menghormati kepentingan orang lain, serta menghindari membuat kerugian pada orang lain, pada intinya menghindari sikap egois.

    ReplyDelete
  34. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Penting tidaknya sesuatu dapat dinilai dari kebermanfaatannya atau kegunaan dalam kehidupan. Ini menjadi bentuk paham utilitarianism yang begitu menekankan pada azas kebermanfaatan sebagai prinsip dasar utama. Keadaan ini mungkin akan turut memengaruhi dalam pengambilan keputusan karena telah memiliki dasar kegunaan yang tentu akan membantu memperhitungkan dampaknya nanti.

    ReplyDelete