Dec 1, 2012

UTILITARIANISM

Ass Wr Wb

Jika ingin membaca lebih lanjut tentang UTILITARIANISM, silahkan konek ke:










Wss Wr Wb

Marsigit





74 comments:

  1. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Utilitarianisme telah didefinisikan sebagai upaya untuk mencapai kebaikan terbesar dalam jumlah terbesar. Merupakan suatu paham yang menilai segala sesuatu dari manfaat atau kegunaanya. Sesuatu bernilai (baik) jika mendatangkan manfaat dan sebaliknya tidak bernilai jika tidak mempunyai manfaat apa-apa

    ReplyDelete
  2. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Manusia mungkin telah memiliki pikiran utilitarian untuk waktu yang sangat lama, tetapi dalam catatan tertulis, perumusan pertama konsep ini tercatat dilakukan oleh filsuf Yunani, Epicurus. Asal-usul utilitarianisme modern dapat ditelusuri ke abad ke-18 melalui filsuf Inggris, Jeremy Bentham. Bentham menyebut perumusannya sebagai “prinsip kebahagiaan terbesar.”

    ReplyDelete
  3. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://plato.stanford.edu/entries/utilitarianism-history/, Utilitarianisme adalah salah satu pendekatan yang paling kuat dan persuasif terhadap etika normatif dalam sejarah filsafat. Meskipun tidak sepenuhnya diartikulasikan sampai abad ke-19, posisi proto-utilitarian dapat dilihat sepanjang sejarah teori etis.Utilitarianisme juga dibedakan oleh ketidakberpihakan dan netralitas agen. Kebahagiaan setiap orang sama. Bila seseorang memaksimalkan kebaikan, itu adalah pertimbangan yang tidak memihak secara tepat. Jumlah baik saya tidak lebih dari orang lain baik. Lebih jauh lagi, alasan saya harus mempromosikan keseluruhan kebaikan adalah alasan yang sama sehingga orang lain harus mempromosikan kebaikan.

    ReplyDelete
  4. Yosepha Patricia Wua Laja
    16709251080
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan link https://www.utilitarianism.com/utilitarianism.html, Utilitarianisme adalah upaya untuk memberikan jawaban atas pertanyaan praktis "Apa yang harus dilakukan manusia?" Jawabannya adalah bahwa dia harus bertindak untuk menghasilkan konsekuensi terbaik. Dalam pengertian konsekuensi Utilitarian mencakup semua hal baik dan buruk yang dihasilkan oleh tindakan tersebut, baik yang muncul setelah tindakan tersebut dilakukan atau selama kinerjanya. Jika perbedaan konsekuensi tindakan alternatif tidak besar, beberapa Utilitarian tidak menganggap pilihan di antara mereka sebagai isu moral. Menurut Mill, tindakan harus diklasifikasikan sebagai benar atau salah secara moral hanya jika konsekuensinya sangat penting sehingga seseorang ingin melihat agen tersebut dipaksa, tidak hanya diyakinkan dan didesak, untuk bertindak dengan cara yang lebih disukai.

    ReplyDelete
  5. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Utilitarianisme merupakan bagian dari etika filsafat mulai berkembang pada abad ke 19 sebagai kritik atas dominasi hukum alam.Kemunculannya di latarbelakangi oleh keinginan besar untuk melepaskan diri dari belenggu doktrin hukum alam. Utilitarianisme terkadang disebut dengan Teori Kebahagiaan Terbesar yang mengajarkan tiap manusia untuk meraih kebahagiaan (kenikmatan) terbesar untuk orang terbanyak. Karena, kenikmatan adalah satu-satunya kebaikan intrinsik, dan penderitaan adalah satu-satunya kejahatan intrinsik.

    ReplyDelete
  6. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Utilitarianism is an ethical theory that states that the best action is the one that maximizes utility. "Utility" is defined in various ways, usually in terms of the well-being of sentient entities, such as human beings and other animals. Jeremy Bentham, the founder of utilitarianism, described utility as the sum of all pleasure that results from an action, minus the suffering of anyone involved in the action. Utilitarianism is a version of consequentialism, which states that the consequences of any action are the only standard of right and wrong. Unlike other forms of consequentialism, such as egoism, utilitarianism considers all interests equally.
    Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Utilitarianism

    ReplyDelete
  7. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Utilitarianisme adalah salah satu pendekatan yang paling kuat dan persuasif terhadap etika normatif dalam sejarah filsafat. Meskipun tidak sepenuhnya diartikulasikan sampai abad ke-19, posisi proto-utilitarian dapat dilihat sepanjang sejarah teori etis. Meskipun ada banyak variasi pandangan yang dibahas, utilitarianisme pada umumnya dianggap sebagai pandangan bahwa tindakan yang benar secara moral adalah tindakan yang menghasilkan yang paling baik. Pada pandangan utilitarian seseorang harus memaksimalkan kebaikan secara keseluruhan, yaitu mempertimbangkan kebaikan orang lain sebaik kebaikannya sendiri.

    ReplyDelete
  8. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Dapat kita ketahui bahwa teori utilitarianisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa tindakan dan kebijakan perlu dievaluasi berdasarkan manfaat dan biaya yang dibebankan pada masyarakat. Dalam situasi apa pun, tindakan atau kebijakan yang “benar” adalah yang memberikan manfaat paling besar atau biaya paling kecil (bila semua alternatif hanya membebankan biaya bersih). Sebuah prinsip moral yang mengklaim bahwa sesuatu dianggap benar apabila mampu menekan biaya sosial (social cost) dan memberikan manfaat sosial (social benefit). Dalam rangka pemikiran utilitarianisme, kriteria untuk menentukan baik buruknya suatu perbuatan adalah “the greatest happiness of the greatest number”, kebahagiaan terbesar dari jumlah orang yang terbesar. Utilitarianisme, dibedakan menjadi dua macam : Utilitarianisme Perbuatan (Act Utilitarianism) dan Utilitarianisme Aturan (Rule Utilitarianism. Prinsip dasar utilitarianisme (manfaat terbesar bagi jumlah orang terbesar) diterpakan pada perbuatan.Utilitarianisme aturan membatasi diri pada justifikasi aturan-aturan moral.

    ReplyDelete
  9. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Utilitarianisme adalah suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. "Utilitarianisme" berasal dari kata Latin utilis, yang berarti berguna, bermanfaat, berfaedah, atau menguntungkan. Ini adalah bagian dari anggota powernow saat ini.

    ReplyDelete
  10. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Utilitarianisme pada umumnya dianggap sebagai pandangan bahwa tindakan yang benar secara moral adalah tindakan yang menghasilkan yang paling baik. Ada banyak cara untuk menguraikan klaim umum ini. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa teori tersebut merupakan bentuk konsekuensialisme: tindakan yang benar sepenuhnya dipahami dalam hal konsekuensi yang dihasilkan. Yang membedakan utilitarianisme dari egoisme berkaitan dengan ruang lingkup konsekuensi yang relevan. Pada pandangan utilitarian seseorang harus memaksimalkan kebaikan secara keseluruhan yaitu mempertimbangkan kebaikan orang lain sebaik kebaikannya sendiri.

    ReplyDelete
  11. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Teori utilitarianisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa tindakan dan kebijakan perlu dievaluasi berdasarkan manfaat dan biaya yang dibebankan pada masyarakat. Dalam situasi apa pun, tindakan atau kebijakan yang “benar” adalah yang memberikan manfaat paling besar atau biaya paling kecil (bila semua alternatif hanya membebankan biaya bersih). Sebuah prinsip moral yang mengklaim bahwa sesuatu dianggap benar apabila mampu menekan biaya sosial (social cost) dan memberikan manfaat sosial ( social benefit). Utilitarianisme juga dimaknai sebagai suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan.

    ReplyDelete
  12. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Aliran Utilitarianisme merupakan reaksi terhadap ciri metafisis dan abstrak dari filsafat hukum pada abad ke delapan belas. Jeremy Bentham sebagai penemunya menunjuk banyak dari karyanya pada kecaman-kecaman yang hebat atas seluruh konsepsi hukum alam. Bentham tidak puas dengan kekaburan dan ketidaktetapan teori-teori tentang hukum alam, dimana Utilitarianisme mengetengahkan salah satu dari gerakan-gerakan periodik dari yang abstrak hingga yang konkret, dari yang idealitis hingga yang materialistis, dari yang apriori hingga yang berdasarkan pengalaman. Utilitarianisme terkadang disebut dengan Teori Kebahagiaan terbesar yang mengajarkan tiap manusia untuk meraih kebahagiaan (kenikmatan) terbesar untuk orang terbanyak. Karena, kenikmatan adalah satu-satunya kebaikan intrinsik, dan penderitaan adalah satu-satunya kejahatan intrinsik.

    ReplyDelete
  13. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Sesuatu hal dapat dikatakan bermanfaat atau penting bisa dilihat dari kebermanfaatannya dalam kehidupan. Utlitarianism menekankan pada azas kebermanfaatan sebagai prinsipnya. Mungkin hal seperti ini akan mempengaruhi dalam pengambilan keputusan karena telah memiliki dasar kegunaan tententu dan memperhitungkan dampaknya kelak.

    ReplyDelete
  14. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Utilitarianisme merupakan aliran filsafat dengan pandangan atau kepercayaan bahwa tujuan manusia hidup adalah melakukan hal yang berguna. Segala tindakan manusia yang baik adalah yang memiliki kegunaan, sedangkan yang bersifat tidak berguna atau merugikan adalah suatu keburukan. Sifat berguna itu relatif, oleh karena itu setiap manusia harus bijaksana jika menghadapi suatu tindakan orang lain yang mungkin berguna baginya namun merugikan anda. Sifat utilitarianisme harus diimbangi dengan rasa peduli dan menghormati kepentingan orang lain, serta menghindari membuat kerugian pada orang lain, pada intinya menghindari sikap egois.

    ReplyDelete
  15. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Jeremy Bentham (1748 – 1832) sebagai pendukung utama faham utilitarianisme ini menjelaskan bahwa moralitas adalah tindakan untuk memperoleh kebahagiaan di dunia dan tidak ada kaitannya dengan upaya untuk menyenangkan Tuhan atau mematuhi aturan-aturan yang bersifat abstrak. Ia mengatakan bahwa dalam proses pengambilan keputusan terhadap banyak pilihan, semestinya dipilih alternatif yang mempunyai konsekuensi yang secara menyeluruh paling baik bagi setiap orang yang terlibat atau dilibatkan di dalamnya. Menurut faham ini, suatu tindakan dikatakan benar apabila membawa manfaat bagi sebanyak-banyaknya anggota masyarakat dan dianggap pula bahwa setiap orang sama pentingnya.

    ReplyDelete
  16. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Dengan istilah: “the greatest happiness of the greatest numbers”. Ukuran baik-buruknya suatu tindakan dilihat dari akibat, konsekuensi dan tujuan dari tindakan itu. Oleh karena itu faham ini juga disebut sebagai faham teleologis, yang berarti tujuan. Teori ini mendapat dukungan luas karena mengkaitkan moralitas dengan kepentingan masyarakat luas maupun kelestarian alam. Teori ini juga menjadi dasar pijakan dalam ilmu ekonomi dan manajemen dengan adanya konsep biaya-manfaat maupun faham para pihak (stakeholders). Namun, ada kritik terhadap teori ini yaitu dapat hilangnya hak individual akibat kepentingan masyarakat luas atau kepentingan umum.

    ReplyDelete
  17. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Dari sini saya mendapatkan pemahaman kata ilsafat baru yaitu ultilitarianism, dimana ultilitarianism ini dapat berarti suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. Dari ilmu-ilmu yang kita dapatkan ini semoga kita dapat mengertinya dan dapat kita aplikasian tentunya yang bersifat baik bagi masyarakat kita. Sehingga dapat berdampak pada kita di terima di lingkungan masyarakat kita.

    ReplyDelete
  18. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016
    Utilitarianisme merupakan suatu paham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang berguna, berfaedah, dan menguntungkan. Menurut kaum utilitarianisme, tujuan perbuatan sekurang-kurangnya menghindari atau mengurangi kerugian yang diakibatkan oleh perbuatan yang dilakukan, baik bagi diri sendiri ataupun orang lain. Adapun maksimalnya adalah dengan memperbesar kegunaan, manfaat, dan keuntungan yang dihasilkan oleh perbuatan yang akan dilakukan. Oleh karena itu perbuatan yang kita lakukan harus diusahakan agar mendatangkan kebahagiaan daripada penderitaan, manfaat daripada kesia-siaan.

    ReplyDelete
  19. Cendekia Ad Dien
    16709251044
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Utilitarisme berasal dari kata Latin utills yang berarti “bermanfaat”. Menurut aliran ini suatu perbuatan adalah baik jika membawa manfaat. Tapi manfaat itu harus menyangkut bukan saja satu dua orang melainkan masyarakat sebagai keseluruhan. Jadi, utilitarisme ini tidak boleh dimengerti dengan cara egoistis. Menurut suatu perumusan terkenal, dalam rangka pemikiran utilitarisme (utilitarianism) kriteria untuk menentukan baik buruknya suatu perbuatan adalah the greatest happiness of the greatest number, kebahagiaan terbesar dari jumlah orang terbesar. Perbuatan yang sempat mengakibatkan paling banyak orang merasa senang dan puas adalah perbuatan yang terbaik (Kees Bertens, 2009). Adapun tokoh-tokoh penganut aliran utilitarianisme adalah Jeremy Bentham (1748-1783), John Stuart Mill (1806-1873), dan Rudolf von Jhering (1800-1889).


    ReplyDelete
  20. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    S2 Pendidikan Matematika D

    Utilitarianisme adalah salah satu pendekatan yang paling kuat dan persuasif terhadap etika normatif dalam sejarah filsafat. Meskipun tidak sepenuhnya diartikulasikan sampai abad ke-19, posisi proto-utilitarian dapat dilihat sepanjang sejarah teori etis.
    Beberapa pemikir utilitarian paling awal adalah utilitarian 'teologis' seperti Richard Cumberland (1631-1718) dan John Gay (1699-1745). Mereka percaya bahwa mempromosikan kebahagiaan manusia adalah kewajiban pada kita karena hal itu disetujui oleh Tuhan. Setelah menyebutkan cara-cara di mana manusia berada di bawah kewajiban (dengan memahami "konsekuensi alami dari segala sesuatu", kewajiban untuk menjadi saleh, kewajiban sipil kita yang timbul dari undang-undang, dan kewajiban yang timbul dari "otoritas Allah") John Gay menulis: "... dari pertimbangan keempat jenis kewajiban ini ... terbukti bahwa kewajiban penuh dan lengkap yang akan mencakup semua kasus, hanya dapat terjadi karena otoritas Allah; Karena Tuhan hanya bisa dalam semua kasus membuat seseorang bahagia atau menderita: dan oleh karena itu, karena kita selalu berkewajiban agar kesesuaian tersebut disebut kebajikan, jelaslah bahwa peraturan atau kriteria langsung darinya adalah kehendak Allah "(R, 412)

    ReplyDelete
  21. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Merupakan sebuah pandangan yang menyataka bahwa baik buruknya perbuatan manusia itu tergantung pada apakah perbuatan tersebut bermanfaat bagi orang lain. Jika kita mengamati, paham tersebut memang benar adanya. Tentu saja hal yang tidak bermanfaat untuk orang lain itu merupakan perbuatan yang tidak benar untuk dilakukan meskipun perbuatan tersebut bukan berarti sesuatu yang buruk. Lagipula, mengapa kita melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat?? Di dalam ajaran agama pun kita diajarkan untuk menghindarkan diri dari perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat. Lebih baik waktu kita yang singkat di dunia ini kita pergunakan semaksimal mungkin untuk beribadah kepada Alla Swt. daripada melakukan hal-hal yang belum tentu membawa kita ke syurga-Nya.

    ReplyDelete
  22. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Utilitarianisme merupakan suatu pendekatan yang paling kuat dan persuasif dengan etika normatif dalam sejarah filsafat. Utilitarianisme umumnya diartikan sebagai pandangan bahwa tindakan yang secara moral benar akan menghasilkan tindakan paling baik. Utilitarianisme merupakan suatu paham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang berguna, berfaedah, dan menguntungkan. Sebaliknya, yang jahat atau buruk adalah yang tak bermanfaat, tak berfaedah, dan merugikan.

    ReplyDelete
  23. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Utilitarianisme biasa disebut juga dengan Teori Kebahagiaan karena secara etimologis "Utilitarianisme" berasal dari kata Latin utilis, yang berarti berguna, bermanfaat, berfaedah, atau menguntungkan. Utilitarianisme adalah suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. Perbuatan yang benar secara moral ialah yang paling banyak memberikan jumlah kenikmatan dan kebahagiaan pada manusia.

    ReplyDelete
  24. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Dari alamat web yang diberikan di atas, saya menyimpulkan bahwa meskipun ada banyak variasi pandangan tentang utilitaranisme yang dibahas, pada umumnya utilitarianisme dianggap sebagai pandangan bahwa tindakan yang benar secara moral adalah tindakan yang menghasilkan yang paling baik.

    ReplyDelete
  25. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika

    Yang membedakan utilitarianisme dari egoisme berkaitan dengan ruang lingkup konsekuensi yang relevan. Pada pandangan utilitarian seseorang harus memaksimalkan kebaikan secara keseluruhan - yaitu mempertimbangkan kebaikan orang lain sebaik kebaikannya sendiri. Sedangkan egoisme yaitu hanya mengutamakan kepentingan pribadi dibandingkan orang lain.

    ReplyDelete
  26. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Utilitarianisme adalah suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan.Utilitarianisme sebagai teori sistematis pertama kali dipaparkan oleh Jeremy Bentham dan muridnya, John Stuart Mill.

    ReplyDelete
  27. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Utilitarianisme merupakan suatu paham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang berguna, berfaedah, dan menguntungkan. Sebaliknya, yang jahat atau buruk adalah yang tak bermanfaat, tak berfaedah, dan merugikan. Karena itu, baik buruknya perilaku dan perbuatan ditetapkan dari segi berguna, berfaedah, dan menguntungkan atau tidak. Dari prinsip ini, tersusunlah teori tujuan perbuatan.

    ReplyDelete
  28. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Utilitarianisme adalah suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. Utilitarianisme sebagai teori sistematis pertama kali dipaparkan oleh Jeremy Bentham dan muridnya, John Stuart Mill. Utilitarianisme merupakan suatu paham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang berguna, berfaedah, dan menguntungkan

    ReplyDelete
  29. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027
    Menyimpulkan secara sederhana dari beberapa sumber yang saya baca dan pahami, utilitarianisme menurut ilmu filsafat merupakan pandangan yang meyakini bahwa tujuan utama hidup adalah untuk memberikan manfaat atau faedah yang sebesar – besarnya bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Sebaik-baik orang menurut paham ini, adalah ia yang bermanfaat, berguna, dan berfaedah. Menjadi bermanfaat bagi sekitar memang merupakan suatu yang sangat penting. Dalam melakukannya seseorang bisa memulainya dengan melakukan hal-hal kecil dan melakukan hal-hal yang sesuai dengan kemampuannya. Dalam Islam diajarkan bahwa hal-hal sederhana seperti menyingkirkan duri atau rintangan di jalanan sudah bernilai kebaikan dan dicatat sebagai sesuatu yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  30. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Utilatiranisme merupakan aliran dengan prinsip kemanfaatan atau kebaikan sebagai tujuan utamanya, suatu tindakan dinilai benar dan baik adalah tindakan yang menghasilkan kebaikan pada lebih banyak orang yaitu tindakan yang memberikan pengaruh atau manfaat bagi orang lain. Utilitarian berpendapat bahwa tindakan benar adalah tindakan yang memberikan kebahagiaan, dimana rasa senang menjadi tujuan akhir moral baik dan utilitarian.

    ReplyDelete
  31. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, utilitarianisme merupakan teori etis yang diajukan dan dipelajari oleh Bentham, baik James dan J. S. Mill, Sidgwick, dan banyak lainnya. Teori ini menjawab semua pertanyaan tentang apa yang harus dilakukan, apa yang harus dikagumi, atau bagaimana menjalani hidup, dalam hal memaksimalkan utilitas atau kebahagiaan. Serta sebuah teori etis, utilitarianisme, pada dasarnya, pandangan hidup mensyaratkan perencanaan politik dan ekonomi paling modern, jika diharapkan bahwa kebahagiaan diukur dalam istilah ekonomi. Dalam pernyataan J. S. Mill mengenai doktrin tersebut, "tindakan benar dalam proporsi karena mereka cenderung mempromosikan kebahagiaan, salah karena mereka cenderung menghasilkan kebalikan dari kebahagiaan". Pandangan adalah bentuk konsekuensialisme, di mana konsekuensi yang relevan diidentifikasi dalam hal jumlah kebahagiaan. Konsep kebahagiaan yang berbeda memisahkan versi Mill ("lebih baik Socrates tidak puas dari pada babi yang puas"), yang mengenali perbedaan kualitatif antara berbagai jenis kesenangan, dari usaha terus terang Bentham untuk mengurangi semua pertanyaan tentang kebahagiaan atas adanya kesenangan atau rasa sakit ("hal lain sama, pushpin sama bagusnya dengan puisi "). Versi Bentham bertujuan untuk membuat konsep dasar etika rentan terhadap perbandingan dan pengukuran namun tujuan ini tidak akan terpenuhi dalam sistem Mill. Kritik terhadap aspek doktrin ini juga menanyakan apakah ada konsepsi tentang kebahagiaan manusia yang cukup berdiri terpisah dari konsepsi umum tentang berperilaku dan bertindak dengan baik, untuk bertindak sebagai sasaran aksi yang independen dan bebas.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  32. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Jika dikaitkan dengan pelajaran matematika Utilitarianism adalah pertanyaan praktis dari siswa yang diajukan kepada gurunya. Sikaf kita sebagai guru harus siap menampung segala pertanyaan yang diajukan siswa. Apakah pertanyaan itu bersifat logis atau sebaliknya, apakah pertanyaan tersebut benar atau sebaliknya. Dan kita sebagai guru juga harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan bahasa yang lembut dan mudah dimengerti siswa dan usahakan jangan mematahkan semangat siswa yang memberikan pertnyaan yang tidak logis dan bahkan pertnyaan yang salah.

    ReplyDelete
  33. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Utilitarianism menekankan nilai kebenaran pada hasil dari suatu tindakan. "Tindakan yang benar sepenuhnya dipahami dalam hal konsekuensi yang dihasilkan". Nilai kebenaran suatu tindakan adalah apabila tindakan tersebut mampu menghadirkan kebaikan, yaitu kebaikan bagi diri sendiri dan bagi orang lain. Maka paham ini selalu menegaskan agar manusia senantiasa berperilaku dan mengambil tindakan yang konsekuensi dari tindakan tersebut dapat menghadirkan kebaikan bagi khalayak ramai. Benar-benar menginspirasi.

    ReplyDelete
  34. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Utilitarisme disebut juga the greatest happiness theory. Pandangan ini menunjukkan bahwa suatu tindakan yang dilakukan dengan meminimalkan biaya, pengorbanan dan memaksimalkan manfaat, kegunaan, keuntungan. Utilitarianisme dalam pengertian yang paling sederhana, menyatakan bahwa tindakan atau kebijaksanaan yang secara moral benar adalah yang menghasilkan kebahagiaan terbesar bagi warga masyarakat. Suatu tindakan yang dilakukan manusia selalu mempunyai manfaat atau menimbulkan kebaikan bagi sesamanya.

    ReplyDelete
  35. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Setahu saya, utilitarianisme adalah suatu paham yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang baik/suatu hal yang baik adalah yang memberi manfaat/berguna/berfaedah yang biasanya dihubungan dengan hal-hal yang sifatnya ekonomistik. Utilitarian kadang mengabaikan aspek morallitas. Misalnya: pelacuran/lokalisasi tidak masalah selama memberikan pemasukan pajak kepada daerah (keuntungan ekonomi).

    ReplyDelete
  36. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Dalam link http://www.iep.utm.edu/hedonism/ dituliskan bahwa Utilitarianisme adalah salah satu pendekatan yang paling kuat dan persuasif terhadap etika normatif dalam sejarah filsafat. sedangkan dalam link http://sites.wofford.edu/kaycd/utilitarianism/ utilitarianisme disebutkan sebagai teori moral konsekuensial (konsekuensialisme) yang paling dikenal. Teori tersebut mendefinisikan moralitas dalam hal memaksimalkan utilitas diharapkan bersih untuk semua pihak yang terkena dampak keputusan atau tindakan.

    ReplyDelete
  37. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Utilitarisme berasal dari kata Latin, yaitu utilis yang berarti bermanfaat atau berfaedah. Aliran ini tidak mementingkan kebenaran melainkan nilai manfaat. Menurut aliran utilitarianisme, suatu perbuatan atau tindakan yang baik ialah jika membawa manfaat/berfaedah/ berguna. Sementara yang merugikan ialah buruk sehingga aliran ini memaksimalkan penggunaan dengan mengabaikan kebenaran. Namun, bagi aliran ini manfaat tersebut bukan saja menyangkut satu atau dua orang melainkan menyangkut kepentingan orang banyak sebagai keseluruhan. Aliran ini memberikan suatu norma bahwa baik buruknya suatu tindakan ditentukan oleh akibat perbuatan itu sendiri.

    ReplyDelete
  38. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Utilitarianisme merupakan paham yang digunakan untuk memperbaharui hukum pidana di Inggris. Dalam pengertiannya utilitarianisme dapat diartikan sebagai tindakan yang membuat orang lain menjadi bahagia. Apabila saya analogikan paham ini dalam kehidupan sehari-hari, dapat saya analogikan bahwa saat kita berbuat baik maka akan ada banyak orang yang berbahagia, pertama kita akan membuat orang bahagia atas pertolongan yang telah kita lakukan dan saat kita melihat kebahagian orang lain tersebut maka kita juga akan merasakan kebahagian yang mereka rasakan. Dan hal itu akan membuat kita semakin senang lagi untuk berbuat baik kepada orang lain.

    ReplyDelete
  39. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Dalam berinteraksi dengan sesama, Utilitarianisme pada umumnya dianggap sebagai pandangan bahwa tindakan yang benar yang memuat unsur moral,agar tindakan tersebut bisa diterima orang lain dengan baik. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa teori tersebut merupakan bentuk tindakan yang benar sepenuhnya dipahami dari hasilnya. Jadi Apabia kita melakukan suatu tindakan perlu kita pikirkan baik-buruknya dampak tindakan kita tersebut bagi orang lain.

    ReplyDelete
  40. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Utilitarianisme merupakan pandangan yang menilai baik buruknya sesuatu dari kegunaan dan manfaatnya. Utilitarianisme tidak menganggap penting hal-hal yang lain selain manfaat dan kegunaan yang ditimbulkan. Penganut paham utilitarianisme cenderung untuk mencari hal-hal yang bermanfaat dan memaksimalkan kebahagiaan serta mengurangi penderitaan. Bermanfaat yang dimaksud dalam paham ini adalah bermanfaat bagi banyak pihak. Bukan mengambil manfaat secara individu dan merugikan yang lainnya.

    ReplyDelete
  41. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Utilitarianisme, asal katanya adalah utilis yang memiliki arti berguna, bermanfaat atau berfaedah. Tokoh yang mengusung teoi ini adalah David Hume. Beliau mencetuskan teori ini dengan tujuan untuk dapat menjawab moralitas yang sedang diterpa keraguan yang besar. Tetapi, teori dari utilitarianisme ini lebih dikenal dengan “the greatest happiness theori” yang artinya teori kebahagiaan terbesar. Sehingga dapat dikatakan bahwa utilitarianisme adalah teori terkait etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang tepat adalah sindakan yang memaksimalkan penggunaannya dalam artian memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan.

    ReplyDelete
  42. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Melalui bacaan, saya mengamati bahwa utilitarianisme penekanannya pada moral.Dengan bertindak sesuai dengan aturan moral tidak akan merugikan orang lain.Paham ini menginginkan mencari kebahagiaan yang juga dapat menyenangkan orang lain dengan memegang kepercayaan bahwa semua ini telah menjadi anjuran dan perintah Tuhan.Tidak menimbulkan perbedaan dengan kehidupan kita.Kita menginginkan bagaimana kehidupan kita bermanfaat juga buat orang lain.Karena sebenar-benarnya hidup adalah yang bermanfaat buat orang lain.

    ReplyDelete
  43. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Utilitarianisme merupakan aliran yang memandang kebahagiaan terbesar sebagai landasan moral dan berpendapat bahwa tindakan benar sebanding dengan tindakan yang meningkatkan kebahagiaan. Utilitarianisme merupakan pandangantentang moralitas dan kebahagiaan atau kesejahteraan pemuasan secara harmonis atas hasrat-hasrat individu.

    ReplyDelete
  44. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    utilitarianisme sering didefinisikan sebagai upaya untuk mencapai kebaikan terbesar dalam jumlah terbesar.Pada zaman sekarang ini seseorang menghalalkan berbagai cara agar mendapatkan utilitas yang lebih besar. Utilitarianisme merupakan suatu paham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang berguna, berfaedah, dan menguntungkan. Sebaliknya, yang jahat atau buruk adalah yang tak bermanfaat, tak berfaedah, dan merugikan. Karena itu, baik buruknya perilaku dan perbuatan ditetapkan dari segi berguna, berfaedah, dan menguntungkan atau tidak. Dari prinsip ini, tersusunlah teori tujuan perbuatan.

    ReplyDelete
  45. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Berdasarkan referensi link diatas Utilitarianisme merupakan pandangan yang berusaha untuk memberikan jawaban atas pertanyaan praktis "Apa yang harus dilakukan manusia?" Jawabannya adalah bahwa dia harus bertindak untuk menghasilkan konsekuensi terbaik. Aliran ini memebrikan norma bahwa baik dan buruknya suatu tindakan merupakan akibat dari perbuatan individu sendiri. Oleh karena itu, seornag individu atau subyek berusaha untuk melakukan tindakan yang tepat untuk memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. Terima Kasih

    ReplyDelete
  46. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Utilitarianisme merupakan bagian dari etika filsafat yang berkembang sebagai kritik atas dominasi hukum alam. Selain itu, ada yang berpendapat utiliatarianisme merupakan suatu tindakan yang dilakukan dengan meminimalkan biaya dan mamaksimalkan keuntungan. Utilitarianisme dalam pengertian yang paling sederhana, menyatakan bahwa tindakan atau kebijaksanaan yang secara moral benar adalah yang menghasilkan kebahagiaan terbesar bagi warga masyarakat. “Utilitarianisme” berasal dari kata Latin, utilis yang berarti “bermanfaat”.

    ReplyDelete
  47. Contoh Utilitarianisme yaitu Kasus tentang Pewarna Pakaian yang digunakan pada makanan anak-anak. Sebagai contoh di satu sekolah ada penjual jajanan anak-anak yang menjual agar-agar dan gulali (harum manis) dan ternyata pewarna yang digunakan adalah pewarna pakaian dengan merek KODOK bukan pewarna pasta makanan. Secara etis hal ini sangat tidaklah beretika, karena akan merugikan orang lain namun dalam konsep utilitarinisme hal ini akan menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit bagi penjualnya karena dia mampu menggantikan pewarna yang mahal dengan pewarna yang murah.
    Dengan demikian, kasus ini akan menyebabkan kerugian dan telah mengesampingkan hak orang lain. Disinilah letak minus prinsip utilitarianisme walaupun menguntungkan pada salah seorangnya.

    ReplyDelete
  48. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum Prof,
    Terimakasih Prof atas postingannya. Postingan ini berisi mengenai UTILITARIANISM, Utilitarianism adalah suatu etis atau fikiran yang memaksimalkan utilitas, utilitas sendiri maksudnya kegunaan. Maksudnya utilitarianism adalah suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan, biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan (Wikipedia). Jadi disini, berupaya untuk memberikan hasil yang terbaik dengan kepraktisan namun hasil yang maksimal. Contoh kita berupaya membuat suatu produk, untuk apa kita membuat dengan bahan mahal jika ada bahan yang murah, dengan catatan hasil kualitas tetap terbaik. Jadi dengan seminim minim modal akan membuahkan hasil sebesar besarnya yang berkualitas.

    ReplyDelete
  49. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dari link yang diberikan diatas yang dapat saya pahami adalah bahwa konsep dari utilitarianisme adalah aliran filsafat yang mampu memberi manfaat bagi orang banyak yang dapat memberikan kebahagiaan. Utilitarianisme memiliki tujuan untuk meminimalkan kerugian yang dihasilkan dalam suatu tindakan.Teori utilitarianisme menunjukkan bahwa tujuan akhir setiap tindakan manusia adalah untuk mencapai sebuah kebahagiaan. Prinsip dari teori ini adalah “the greatest good for the greatest number”, yaitu bertindaklah agar tindakanmu memberikan manfaat sebesar mungkin bagi sebanyak mungkin orang.

    ReplyDelete
  50. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. Utilitarianisme sering didefinisikan sebagai upaya untuk mencapai kebaikan terbesar dalam jumlah terbesar. tilitarianisme merupakan suatu paham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang berguna, berfaedah, dan menguntungkan, sebaliknya yang jahat atau buruk adalah yang tak bermanfaat, tak berfaedah, dan merugikan. Menurut penganut utilitarianisme, tujuan perbuatan sekurang-kurangnya menghindari atau mengurangi kerugian yang diakibatkan oleh perbuatan yang dilakukan, baik bagi diri sendiri ataupun orang lain.

    ReplyDelete
  51. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PMC

    Utilitarianesme berasal dari kata Latin utilis, yang berarti berguna, bermanfaat, berfaedah, atau menguntungkan. Utilitarian mencakup semua hal baik dan buruk yang dihasilkan oleh suatu tindakan, baik yang muncul setelah tindakan tersebut dilakukan atau selama kinerjanya. Utilitarianesme juga diartikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. Utilitarian ini sejenis dengan hedonism yang mengutamakan kesenangan dan kebaagiaan.

    ReplyDelete
  52. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Utilitarianisme merupakan suatu paham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang berguna, berfaedah, dan menguntungkan. Sebaliknya, yang jahat atau buruk adalah yang tak bermanfaat, tak berfaedah, dan merugikan. Karena itu, baik buruknya perilaku dan perbuatan ditetapkan dari segi berguna, berfaedah, dan menguntungkan atau tidak. Dari prinsip ini, tersusunlah teori tujuan perbuatan.

    ReplyDelete
  53. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Menurut penganut aliran utilitarianisme, tujuan perbuatan sekurang-kurangnya adalah untuk menghindari atau mengurangi kerugian yang diakibatkan oleh perbuatan yang dilakukan oleh diri sendiri ataupun orang lain. Perbuatan harus diusahakan agar mendatangkan kebahagiaan daripada penderitaan, manfaat daripada mudarat, keuntungan daripada kerugian, untuk sebagian besar orang.

    ReplyDelete
  54. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Utilitarianisme merupakan bagian dari etika filsafat mulai berkembang pada abad ke 19 sebagai kritik atas dominasi hukum alam. Utilitarianisme disebut sebagai teori kebahagiaan. Karena utilitarianisme merupakan suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan.

    ReplyDelete
  55. Junianto
    PM C

    Utilitarianism merupakan pandangan yang mengatakan bahwa segala sesuatu dianggap baik atau buruk berdasarkan keguanaan, manfaat dan faedahnya. Selain kegunaan dan manfaat maka tidaklah penting karena sebagus apapun sesuatu jika tidak memiliki manfaat bagi orang banyak tidaklah berguna. Penganut paham ini menjadikan manfaat atau kegunaan dari barang untuk memenuhi kebutuhan agar tercapai kebahagiaan.

    ReplyDelete
  56. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Utilitarianisme secara etimologi berasal dari bahasa Latin dari kata Utilitas, yang berarti useful, berguna, berfaedah dan menguntungkan. Sedangkan secara terminology utilitarianisme merupakan suatu paham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang berguna, berfaedah, dan menguntungkan. Sebaliknya, yang jahat atau buruk adalah yang tidak bermanfaat, tak berfaedah, merugikan. Karena itu, baik buruknya perilaku dan perbuatan ditetapkan dari segi berguna, berfaedah, dan menguntungkan atau tidak. Utilitarianisme mulai berkembang pada abad ke 19. Kemunculannya di latarbelakangi oleh keinginan besar untuk melepaskan diri dari belenggu doktrin hukum alam. David Hume dan Helvetius, dan Beccaria adalah arsitek utama doktrin Utilitarianisme tersebut. Namun, Jemery Betham lah yang berhasil merumuskannya dalam sebuah teori formal tentang refomasi sosial sehingga menjadi kiblat bagi kelas menengah. Utilitarianisme disebut sebagai teori kebahagiaan terbesar (the greatest happines theory). Karena utilitiarianisme dalam konsepsi Bentham berprinsip the greatest happiness of the greatest number. Kebahagiaan tersebut menjadi landasan moral utama kaum utilitarianisme, tetapi kemudian konsep tersebut di rekonstruksi Mill menjadi bukan kebahagiaan pelaku saja, melainkan demi kebahagiaan semua.

    ReplyDelete
  57. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Utilitarisme tidak mementingkan nilai benar melainkan nilai untung. Biasanya jika nilai untung yang menjadi tolak ukur suatu tindakan atau keputusan hanya akan menguntungkan orang-orang kaya dan akan menderitakan orang-orang miskin. Dan akan terjadi ketidakadilan dalam tindakan tersebut.

    ReplyDelete
  58. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Utilitarianism adalah usaha unutk memberikan jawaban atas pertanyaan "Apa yang harus dilakukan manusia?" Jawabannya adalah dia harus bertindak untuk menghasilkan konsekuensi terbaik. Utilitarianisme adalah salah satu pendekatan yang paling kuat dan persuasif terhadap etika normatif dalam sejarah filsafat.

    ReplyDelete
  59. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Menurut teori ini, suatu perbuatan adalah baik apabila memberikan manfaat, faedah, dan memiliki kegunaan. Tapi manfaatnya bukan saja untuk satu atau dua orang tapi bagi keseluruhan. Teori ini memberikan norma bahwa baik atau buruknya suatu tindakan oleh akibat dari perbuatan itu sendiri apakah memberikan manfaat atau malah mudarat.

    ReplyDelete
  60. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Perilaku baik maka akan menghasilkan suatu akibat yang baik, begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itu sebagai manusia dalam setiap tindakan harus dipikirkan baik atau buruk dampaknya. Karena dampak negatifnya akan ditanggung bukan hanya oleh diri sendiri masyarakat yang akan menilai dan mendapatkan dampak dari perilaku tersebut.

    ReplyDelete
  61. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017
    Terima kasih atas postingannya, Prof. Berdasarkan referensi yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa ulitarianisme adalah tradisi yang menyatakan bahwa sebuah tindakan benar jika tindakan tersebut cenderung membawa pada kebahagiaan dan salah jika menciptakan lawan dari kebahagiaan. Kebahagiaan di sini bukan hanya kebahagiaan bagi yang melakukan tindakan, namun juga orang-orang yang terkena dampak dari tindakan tersebut.

    ReplyDelete
  62. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Utilitarianisme adalah suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. Utilitarianisme sebagai teori sistematis pertama kali dipaparkan oleh Jeremy Bentham dan muridnya, John Stuart Mill.

    ReplyDelete
  63. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Utilitarianism adalah paham yang memaksimalkan suatu manfaat atau kegunaan yang menguntungkan. Paham memandang dunia dari kebermanfaatannya, apakah memberikan manfaat kepada oranglain atau tidak. Sehingga diperlukan usaha untuk dapat memberikan manfaat bagi oranglain. Usaha yang dilakukan harus sesuai dengan ruang dan waktunya.
    Usaha yang dilkukan juga harus dilandasi dengan rasa ikhlas, agar usaha yang kita berikan dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
  64. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Utilitarianisme merupakan suatu teori yang mengatakan bahwa sesuatu akan dianggap ada jika memiliki manfaat (utility). Sama halnya kita sebagai manusia. Kita sebagai manusia akan dianggap ada jika bermanfaat bagi orang lain. Kita akan dirasakan keberadaannya oleh orang lain jika bermanfaat bagi sesama. Oleh karena itu, jadilah sebaik-baik manusia, yakni manusia yang bermanfaat bagi sesama.

    ReplyDelete
  65. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Utilitarianisme merupakan paham yang menekankan prinsip manfaat atau kegunaan sebagai prinsip moral yang paling mendasar. Utilitarianisme memegang pendapat bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. Sebagai manusia, prinsip manfaat atau kegunaan mestinya tertanam dalam diri kita. Kita harus bisa menjadi manusia yang berguna bagi orang lain, itulah sebenar-benarnya hakekat hidup, apabila kita bisa membawa manfaat untuk orang banyak.

    ReplyDelete
  66. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Aliran Utilitarianisme mempunyai pandangan bahwa tujuan hukum adalah harus ditujukan untuk mencapai kebahagiaan tertinggi dengan cara melengkapi kehidupan, mengendalikan kelebihan, mengedepankan persamaan dan menjaga kepastian. Sehingga, hukum itu pada prinsipnya ditujukan untuk menciptakan ketertiban masyarakat, disamping untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada jumlah orang yang terbanyak.

    ReplyDelete
  67. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Utilitarianisme adalah suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. Dalam utilitarianisme aturan, tujuannya adalah untuk meminimalkan utilitas negatif – rasa sakit dan penderitaan – ketimbang memaksimalkan utilitas positif.

    ReplyDelete
  68. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 2017

    Dalam aliran ini, manusia harus bertindak sebagaimana mungkin sehingga menghasilkan kemungkinan konsekuensi yang terbaik. Menurut A Mangunhardjana, Utilitarianisme adalah sebuah teori yang diusulkan oleh David Hume untuk menjawab moralitas yang saat itu mulai diterpa badai keraguan yang besar, tetapi pada saat yang sama masih tetap sangat terpaku pada aturan-aturan ketat moralitas yang tidak mencerminkan perubahan-perubahan radikal di zamannya.

    terimakash

    ReplyDelete
  69. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Utilitarianism adalah suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan, biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. Utilitarianisme merupakan suatu faham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang berguna, berfaedah dan menguntungkan, dan sebaliknya bahwa yang jahat atau buruk adalah yang tidak bermanfaat, tidak berfaedah dan merugikan. Dari prinsip ini tersusunlah teori tujuan perbuatan.

    ReplyDelete
  70. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Utilitarisme berasal dari kata Latin utilis yang berarti “bermanfaat”. Menurut teori ini, suatu perbuatan adalah baik jika membawa manfaat, berfaedah atau berguna, tapi menfaat itu harus menyangkut bukan saja satu dua orang melainkan masyarakat sebagai keseluruhan. Aliran ini memberikan suatu norma bahwa baik buruknya suatu tindakan oleh akibat perbuatan itu sendiri. Tingkah laku yang baik adalah yang menghasilkan akibat-akibat baik sebanyak mungkin dibandingkan dengan akibat-akibat buruknya.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  71. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Setiap tindakan manusia harus selalu dipikirkan, apa akibat dari tindakannya tersebut bagi dirinya maupun orang lain dan masyarakat. Utilitarisme mempunyai tanggung jawab kepada orang yang melakukan suatu tindakan, apakah tindakan tersebut baik atau buruk. Menurut suatu perumusan terkenal, dalam rangka pemikiran utilitarisme (utilitarianism) kriteria untuk menentukan baik buruknya suatu perbuatan adalah the greatest happiness of the greatest number, kebahagiaan terbesar dari jumlah orang terbesar.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  72. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Utilitarianisme merupakan aliran filsafat yang memandang atau memagang prinsip bahwa tujuan manusia hidup adalah melakukan hal yang berguna. Maka dari itu segala yang dilakukan idealnya harus berorientasi pada berguna atau tidak, bermanfaat atau tidak. Segala tindakan manusia yang baik adalah yang memiliki kegunaan, sedangkan yang bersifat tidak berguna atau merugikan adalah suatu tidak baik maka harus dihindari. Namun demikian, kebergunaan atau kebermanfaatan juga harus mempertimbangkan berbagai hal, dengan kata lain harus bijaksana. Sifat utilitarianisme harus diimbangi dengan rasa peduli dan menghormati kepentingan orang lain, serta menghindari membuat kerugian pada orang lain, pada intinya menghindari sikap egois.

    ReplyDelete
  73. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Penting tidaknya sesuatu dapat dinilai dari kebermanfaatannya atau kegunaan dalam kehidupan. Ini menjadi bentuk paham utilitarianism yang begitu menekankan pada azas kebermanfaatan sebagai prinsip dasar utama. Keadaan ini mungkin akan turut memengaruhi dalam pengambilan keputusan karena telah memiliki dasar kegunaan yang tentu akan membantu memperhitungkan dampaknya nanti.

    ReplyDelete
  74. Gandes Sih Mustika
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241015

    Utilitarianisme merupakan salah satu pandangan yang paling kuat dan persuasif terhadap etika normatif dalam sejarah filsafat. Secara umum utilitarianisme merupakan pandangan bahwa moral yang baik adalah yang menghasilkan kebaikan terbesar. Sleian itu, setiap tindakan yang benar adalah yang mengerti mengenai ketentuan konsekuensi yang akan dihasilkan.

    ReplyDelete