Dec 1, 2012

UTILITARIANISM

Ass Wr Wb

Jika ingin membaca lebih lanjut tentang UTILITARIANISM, silahkan konek ke:










Wss Wr Wb

Marsigit





13 comments:

  1. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Utilitarianisme adalah suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan.Utilitarianisme sebagai teori sistematis pertama kali dipaparkan oleh Jeremy Bentham dan muridnya, John Stuart Mill.

    ReplyDelete
  2. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Utilitarianisme merupakan suatu paham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang berguna, berfaedah, dan menguntungkan. Sebaliknya, yang jahat atau buruk adalah yang tak bermanfaat, tak berfaedah, dan merugikan. Karena itu, baik buruknya perilaku dan perbuatan ditetapkan dari segi berguna, berfaedah, dan menguntungkan atau tidak. Dari prinsip ini, tersusunlah teori tujuan perbuatan.

    ReplyDelete
  3. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Utilitarianisme adalah suatu teori dari segi etika normatif yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility), biasanya didefinisikan sebagai memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan. Utilitarianisme sebagai teori sistematis pertama kali dipaparkan oleh Jeremy Bentham dan muridnya, John Stuart Mill. Utilitarianisme merupakan suatu paham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang berguna, berfaedah, dan menguntungkan

    ReplyDelete
  4. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027
    Menyimpulkan secara sederhana dari beberapa sumber yang saya baca dan pahami, utilitarianisme menurut ilmu filsafat merupakan pandangan yang meyakini bahwa tujuan utama hidup adalah untuk memberikan manfaat atau faedah yang sebesar – besarnya bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Sebaik-baik orang menurut paham ini, adalah ia yang bermanfaat, berguna, dan berfaedah. Menjadi bermanfaat bagi sekitar memang merupakan suatu yang sangat penting. Dalam melakukannya seseorang bisa memulainya dengan melakukan hal-hal kecil dan melakukan hal-hal yang sesuai dengan kemampuannya. Dalam Islam diajarkan bahwa hal-hal sederhana seperti menyingkirkan duri atau rintangan di jalanan sudah bernilai kebaikan dan dicatat sebagai sesuatu yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  5. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Utilatiranisme merupakan aliran dengan prinsip kemanfaatan atau kebaikan sebagai tujuan utamanya, suatu tindakan dinilai benar dan baik adalah tindakan yang menghasilkan kebaikan pada lebih banyak orang yaitu tindakan yang memberikan pengaruh atau manfaat bagi orang lain. Utilitarian berpendapat bahwa tindakan benar adalah tindakan yang memberikan kebahagiaan, dimana rasa senang menjadi tujuan akhir moral baik dan utilitarian.

    ReplyDelete
  6. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Sepemahaman kami, utilitarianisme merupakan teori etis yang diajukan dan dipelajari oleh Bentham, baik James dan J. S. Mill, Sidgwick, dan banyak lainnya. Teori ini menjawab semua pertanyaan tentang apa yang harus dilakukan, apa yang harus dikagumi, atau bagaimana menjalani hidup, dalam hal memaksimalkan utilitas atau kebahagiaan. Serta sebuah teori etis, utilitarianisme, pada dasarnya, pandangan hidup mensyaratkan perencanaan politik dan ekonomi paling modern, jika diharapkan bahwa kebahagiaan diukur dalam istilah ekonomi. Dalam pernyataan J. S. Mill mengenai doktrin tersebut, "tindakan benar dalam proporsi karena mereka cenderung mempromosikan kebahagiaan, salah karena mereka cenderung menghasilkan kebalikan dari kebahagiaan". Pandangan adalah bentuk konsekuensialisme, di mana konsekuensi yang relevan diidentifikasi dalam hal jumlah kebahagiaan. Konsep kebahagiaan yang berbeda memisahkan versi Mill ("lebih baik Socrates tidak puas dari pada babi yang puas"), yang mengenali perbedaan kualitatif antara berbagai jenis kesenangan, dari usaha terus terang Bentham untuk mengurangi semua pertanyaan tentang kebahagiaan atas adanya kesenangan atau rasa sakit ("hal lain sama, pushpin sama bagusnya dengan puisi "). Versi Bentham bertujuan untuk membuat konsep dasar etika rentan terhadap perbandingan dan pengukuran namun tujuan ini tidak akan terpenuhi dalam sistem Mill. Kritik terhadap aspek doktrin ini juga menanyakan apakah ada konsepsi tentang kebahagiaan manusia yang cukup berdiri terpisah dari konsepsi umum tentang berperilaku dan bertindak dengan baik, untuk bertindak sebagai sasaran aksi yang independen dan bebas.

    Sumber:
    Blackburn, S. (1996). The Oxford Dictionary of Philosophy Oxford Paperback Reference. Oxford: Oxford University Press.

    ReplyDelete
  7. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Jika dikaitkan dengan pelajaran matematika Utilitarianism adalah pertanyaan praktis dari siswa yang diajukan kepada gurunya. Sikaf kita sebagai guru harus siap menampung segala pertanyaan yang diajukan siswa. Apakah pertanyaan itu bersifat logis atau sebaliknya, apakah pertanyaan tersebut benar atau sebaliknya. Dan kita sebagai guru juga harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan bahasa yang lembut dan mudah dimengerti siswa dan usahakan jangan mematahkan semangat siswa yang memberikan pertnyaan yang tidak logis dan bahkan pertnyaan yang salah.

    ReplyDelete
  8. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Utilitarianism menekankan nilai kebenaran pada hasil dari suatu tindakan. "Tindakan yang benar sepenuhnya dipahami dalam hal konsekuensi yang dihasilkan". Nilai kebenaran suatu tindakan adalah apabila tindakan tersebut mampu menghadirkan kebaikan, yaitu kebaikan bagi diri sendiri dan bagi orang lain. Maka paham ini selalu menegaskan agar manusia senantiasa berperilaku dan mengambil tindakan yang konsekuensi dari tindakan tersebut dapat menghadirkan kebaikan bagi khalayak ramai. Benar-benar menginspirasi.

    ReplyDelete
  9. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Utilitarisme disebut juga the greatest happiness theory. Pandangan ini menunjukkan bahwa suatu tindakan yang dilakukan dengan meminimalkan biaya, pengorbanan dan memaksimalkan manfaat, kegunaan, keuntungan. Utilitarianisme dalam pengertian yang paling sederhana, menyatakan bahwa tindakan atau kebijaksanaan yang secara moral benar adalah yang menghasilkan kebahagiaan terbesar bagi warga masyarakat. Suatu tindakan yang dilakukan manusia selalu mempunyai manfaat atau menimbulkan kebaikan bagi sesamanya.

    ReplyDelete
  10. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Setahu saya, utilitarianisme adalah suatu paham yang menyatakan bahwa suatu tindakan yang baik/suatu hal yang baik adalah yang memberi manfaat/berguna/berfaedah yang biasanya dihubungan dengan hal-hal yang sifatnya ekonomistik. Utilitarian kadang mengabaikan aspek morallitas. Misalnya: pelacuran/lokalisasi tidak masalah selama memberikan pemasukan pajak kepada daerah (keuntungan ekonomi).

    ReplyDelete
  11. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Dalam link http://www.iep.utm.edu/hedonism/ dituliskan bahwa Utilitarianisme adalah salah satu pendekatan yang paling kuat dan persuasif terhadap etika normatif dalam sejarah filsafat. sedangkan dalam link http://sites.wofford.edu/kaycd/utilitarianism/ utilitarianisme disebutkan sebagai teori moral konsekuensial (konsekuensialisme) yang paling dikenal. Teori tersebut mendefinisikan moralitas dalam hal memaksimalkan utilitas diharapkan bersih untuk semua pihak yang terkena dampak keputusan atau tindakan.

    ReplyDelete
  12. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Utilitarisme berasal dari kata Latin, yaitu utilis yang berarti bermanfaat atau berfaedah. Aliran ini tidak mementingkan kebenaran melainkan nilai manfaat. Menurut aliran utilitarianisme, suatu perbuatan atau tindakan yang baik ialah jika membawa manfaat/berfaedah/ berguna. Sementara yang merugikan ialah buruk sehingga aliran ini memaksimalkan penggunaan dengan mengabaikan kebenaran. Namun, bagi aliran ini manfaat tersebut bukan saja menyangkut satu atau dua orang melainkan menyangkut kepentingan orang banyak sebagai keseluruhan. Aliran ini memberikan suatu norma bahwa baik buruknya suatu tindakan ditentukan oleh akibat perbuatan itu sendiri.

    ReplyDelete
  13. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Utilitarianisme merupakan paham yang digunakan untuk memperbaharui hukum pidana di Inggris. Dalam pengertiannya utilitarianisme dapat diartikan sebagai tindakan yang membuat orang lain menjadi bahagia. Apabila saya analogikan paham ini dalam kehidupan sehari-hari, dapat saya analogikan bahwa saat kita berbuat baik maka akan ada banyak orang yang berbahagia, pertama kita akan membuat orang bahagia atas pertolongan yang telah kita lakukan dan saat kita melihat kebahagian orang lain tersebut maka kita juga akan merasakan kebahagian yang mereka rasakan. Dan hal itu akan membuat kita semakin senang lagi untuk berbuat baik kepada orang lain.

    ReplyDelete